Splash Matic 2014: Owning Experience

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Ronodigdoyo
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: Sat Jan 28, 2017 23:36

Splash Matic 2014: Owning Experience

Post by Ronodigdoyo »

Hanya berbagi pengalaman orang awam. Mobil lama saya karko thn 2001, sebetulnya masih layak pakai apalagi hanya untuk ke kantor atau bepergian di dlm kota. Tapi namanya juga manusia ketika tabungan ada sktr 60 juta ingin juga ganti mobil yang lebih nyaman. Mengingat rumah hanya di RSS dengan tempat mobil terbatas pilihan nya hanya city car. Juga krn harus tukar tambah jadi beli mobilnya ke showroom mobkas. Ada 3 kandidat Yaris 2006 harga 95 juta, x over 2011 105 jt dan splash 2014 95 juta semuanya matic. Krn biasa naik karko maka nyoba Yaris terasa nyaman walaupun suara ban masih terdengar. Tarikan di putaran bawah sangat bagus rasanya lebih dari cukup untuk ukuran saya. Sayangnya interiornya kurang terawat dan ketika saya bawa ke bengkel, kata mekanik ada suara logam beradu di mesin jadi ya dicoret dari pilihan.

Lanjut ke x over 2011, rasanya lebih nyaman dan kedap dari Yaris. Hanya setir terasa lebih berat. Walau sedikit over budget tapi rasanya masih bisa diusahakan. Ajak istri tengok dan tes drive, nggak suka modelnya. Coba splash matic 2014, sebetulnya sy tdk terlalu suka modelnya tapi karena tahun relatif baru dan baru jalan 40 rb km dan servis recordnya ada maka jadi coba tes drive bareng istri. Tdk senyaman Yaris apalagi SX4, tapi krn istri suka ya dibeli saja. Satu bulan dipakai AC tdk dingin di bawa ke beres, evaporator bocor inden evaporator dr JKT 2 Minggu. Harga evaporator splash yang facelift 3 jt sedangkan tipe lama 2 jt. Krn katanya tipe lama bisa dipakai, pilih yg tipe lama. Service AC sekalian service rutin sesuai jadwal. Seminggu dipakai pas hari Minggu mobil overheat dan radiator pecah. Krn beres resmi tutup ke bengkel rumahan, ganti bagian atas radiator biaya total hanya 900 rb.

Kejadian ini kira2 2 minggu sblm lebaran. Ingin mudik ke Solo tapi tkt pswt mahal, jadi ingin coba Pekanbaru -Solo pakai Splash. Mobil saya bawa ke beres kata nya akibat overheat mobil hrs turun mesin dan siapkan dana 12 juta. Krn waktu sdh mepet dan kata beres kebocoran kompresi kecil jadi masih memungkinkan untuk dibawa mudik asal coolant rajin di cek dan ditambah jika kurang ya dicoba saja.

H-9 berangkat dari Pekanbaru jam 3 pagi. Saya, istri dan 1 orang anak. Ini pengalaman pertama saya nyetir jarak jauh. Alhamdulillah perjalan lancar sampai Jambi jam 13.00, krn puasa ya jalan terus. Tantangan muncul di lintas Jambi Palembang. Kondisi jalan sangat parah, beberapa kali mobil masuk lubang tapi ya bgmn lagi. Jam 20.00 masuk Betung lalulintas macet krn ada kecelakaan. Untung lokasi macet dekat hotel jadi malam itu menginap di Betung.

Keesokan harinya jam 5 pagi kami berangkat, kondisi jalan setelah Palembang sedikit lebih baik. Habis sholat Jum'at di Pematang Panggang Lampung, kebetulan pintu tol Pematang Panggang Bakahueni dibuka. Masuk tol, baru istri berani nyetir, tapi mengingat kondisi mesin saya batasi kec maksimum 100 km/jam. Dapat ditebak jalan ya kec maks terus kadang tak terasa sd 120 km/ jam. Sampai Bakahueni sekitar jam 17.00, masuk kapal sampai merak jam 20.00. Sempat salah jalan jalan di tol lingkar luar Jakarta. Masuk tol Cikampek jam 23.00 macet, jalan merayap, istirahat di rest area sambil makan sahur dan sholat subuh. Jam 7 pagi baru keluar dari pintu tol Cikampek. Selanjutnya lancar sampai Solo jam 4 sore.

Biaya tol + kapal sekitar 1 jt ditambah biaya pertalite utk jalan 1900 km sekitar 900 ribu + 2 liter coolant. Jauh lebih murah dibanding tiket pesawat saat itu yang 2,5 juta per orang. Dan ternyata asyik juga touring antar pulau walau hanya pakai city car. Kalau di jalan tol tdk ada masalah, tapi di jalan lintas Sumatera yang naik turun terasa tenaga nya pas-pasan terutama kalau mau nyalip di tanjakan. Sampai Solo mesin dibongkar ternyata hanya perpak silinder kop nya saja yang perlu ganti + 1 shockbreaker kiri depan diganti dengan shock bekas total biaya kurang dari 1 jt.
IGedeAmat
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1112
Joined: Wed Mar 15, 2017 9:14
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Yamaha

Re: Splash Matic 2014: Owning Experience

Post by IGedeAmat »

Review mobil sekaligus laporan road trip...

:mky_02:
ronniehusain
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 36
Joined: Mon Jul 31, 2017 23:46
Location: Bekasi
Daily Vehicle: public transportation

Re: Splash Matic 2014: Owning Experience

Post by ronniehusain »

mantap om,,sharing nya
syukur2 klo ada foto2 pas perjalanan mudik kemarin, akan lebih menarik
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2556
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: Splash Matic 2014: Owning Experience

Post by farizfsa »

mobil enak, beberapa kali sewa kalo di bali, murmer dan irit
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 252hp 540nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
User avatar
Dat510
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 787
Joined: Sat Jan 03, 2015 12:58

Re: Splash Matic 2014: Owning Experience

Post by Dat510 »

Nice om, saya pernah nyetir splash punya ortu (MT) dan sewa waktu jalan2 di bali (AT). Impresi nya:

+ Mobil kecil enak klo lewat jalan kecil2
+ tarikan awal (speed kurleb 0-10 km/jam) galak banget, baik yg AT dan MT kadang jd serasa mental2, lebih dari speed itu ya lemot lagi, wkwk
- Pilar A segede gaban, bikin blind spot besar, klo nikung di jalan yg cuma 2 jalur bolak balik kepala jadi harus ikut maju2 dan sering klo motor keluar gang dari arah kanan ngga kelihatan ketutup pilar jahanam itu
hackers11
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 692
Joined: Tue Nov 24, 2015 5:53

Re: Splash Matic 2014: Owning Experience

Post by hackers11 »

Sama, saya juga nyetir splash tapi manual di bali. Tampangnya otentik bgt, impresinya mirip kalo liat fiat 500.
Tenaga cukup lah, dan deket kosan lama ada yg dandanin ala stance, masuk bgt euy.
User avatar
PRBS
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2293
Joined: Sun Mar 06, 2011 14:00

Re: Splash Matic 2014: Owning Experience

Post by PRBS »

Saya penasaran, BERES mana itu yg main kasih harga gara2 overheat terus harus turun mesin sampai 12jt? Splash loh.. seturun2ny mesin ga sampai belasan juta.

Saran, jangan ke beres itu lagi om.
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Splash Matic 2014: Owning Experience

Post by kunaskun »

Ronodigdoyo wrote: Fri Oct 18, 2019 8:59 Coba splash matic 2014, sebetulnya sy tdk terlalu suka modelnya tapi karena tahun relatif baru dan baru jalan 40 rb km dan servis recordnya ada maka jadi coba tes drive bareng istri.
ini sampe saya baca lagi ceritanya, mobil tahun 2014 kilometer 40 ribu + service record? tapi bisa problem radiator segitunya? mungkin 140 ribu kali ya?
ikehikeh
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 23
Joined: Wed Oct 19, 2016 6:59

Re: Splash Matic 2014: Owning Experience

Post by ikehikeh »

kunaskun wrote: Sat Oct 19, 2019 6:15
Ronodigdoyo wrote: Fri Oct 18, 2019 8:59 Coba splash matic 2014, sebetulnya sy tdk terlalu suka modelnya tapi karena tahun relatif baru dan baru jalan 40 rb km dan servis recordnya ada maka jadi coba tes drive bareng istri.
ini sampe saya baca lagi ceritanya, mobil tahun 2014 kilometer 40 ribu + service record? tapi bisa problem radiator segitunya? mungkin 140 ribu kali ya?
Saya juga berpendapat gitu, saya punya splash tahun 2011 kilometer 98 rb belum pernah ganti evaporator dan radiator jebol.
Pengalaman saya cuman ganti dryer, magnet clutch sama 2x kipas radiator lemah, tapi ya ga sampe jebol gitu radiatornya

Udah parah berarti masa 40 rb
Ronodigdoyo
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: Sat Jan 28, 2017 23:36

Re: Splash Matic 2014: Owning Experience

Post by Ronodigdoyo »

ikehikeh wrote:
kunaskun wrote: Sat Oct 19, 2019 6:15
Ronodigdoyo wrote: Fri Oct 18, 2019 8:59 Coba splash matic 2014, sebetulnya sy tdk terlalu suka modelnya tapi karena tahun relatif baru dan baru jalan 40 rb km dan servis recordnya ada maka jadi coba tes drive bareng istri.
ini sampe saya baca lagi ceritanya, mobil tahun 2014 kilometer 40 ribu + service record? tapi bisa problem radiator segitunya? mungkin 140 ribu kali ya?
Saya juga berpendapat gitu, saya punya splash tahun 2011 kilometer 98 rb belum pernah ganti evaporator dan radiator jebol.
Pengalaman saya cuman ganti dryer, magnet clutch sama 2x kipas radiator lemah, tapi ya ga sampe jebol gitu radiatornya

Udah parah berarti masa 40 rb
Ya itu saya juga heran, padahal kalau lihat kondisi over all ya kaya mobil baru. Sebelum beli saya bawa ke beres dan service record mobil tersebut sesuai dengan data yang ada di bengkel
Ronodigdoyo
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: Sat Jan 28, 2017 23:36

Re: Splash Matic 2014: Owning Experience

Post by Ronodigdoyo »

PRBS wrote:Saya penasaran, BERES mana itu yg main kasih harga gara2 overheat terus harus turun mesin sampai 12jt? Splash loh.. seturun2ny mesin ga sampai belasan juta.

Saran, jangan ke beres itu lagi om.
Iya, sdh ketemu bengkel lain yang harganya lebih terjangkau.
impactful
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 446
Joined: Tue Jan 09, 2018 1:09
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2023 27 kWh powerbank on a wheel

Re: Splash Matic 2014: Owning Experience

Post by impactful »

splash saya dulu 2013 AT, ac ngga dingin cuma bawa ke beres suzuki untuk cuci ac, bayar jasa sekitar 225k, langsung maknyus adem lagi... waktu angkut seken juga di kilometer 33k...

pake sampai sekitar 59k hanya ganti accu dan ban...
1x1 XM 2023 | 1 Speed Direct Drive 26.7 kWh
Ronodigdoyo
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: Sat Jan 28, 2017 23:36

Re: Splash Matic 2014: Owning Experience

Post by Ronodigdoyo »

impactful wrote:splash saya dulu 2013 AT, ac ngga dingin cuma bawa ke beres suzuki untuk cuci ac, bayar jasa sekitar 225k, langsung maknyus adem lagi... waktu angkut seken juga di kilometer 33k...

pake sampai sekitar 59k hanya ganti accu dan ban...
Salah satu alasan saya pilih splash krn sebelumnya pakai karko lama, pakai selama 4 tahun km sd 170 rb, rasanya tdk ada masalah yang berarti. Tapi ya namanya produk massal dan juga tdk tahu gaya pemakai sebelumnya...
User avatar
Jambangan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2726
Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 2013 Honda Vario 125

Re: Splash Matic 2014: Owning Experience

Post by Jambangan »

Buset mobil baru radiator udah jebol
Pernah diganti coolant selain suzuki kah sama pemilik sebelumnya?
Apa jangan2 cuma diisi air biasa ama pemilik sebelumnya?? :big_think:
Soalnya sering liat mobkas2 tahun baru radiator pake air biasa :big_dunno:
Ronodigdoyo
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: Sat Jan 28, 2017 23:36

Re: Splash Matic 2014: Owning Experience

Post by Ronodigdoyo »

Jambangan wrote:Buset mobil baru radiator udah jebol
Pernah diganti coolant selain suzuki kah sama pemilik sebelumnya?
Apa jangan2 cuma diisi air biasa ama pemilik sebelumnya?? :big_think:
Soalnya sering liat mobkas2 tahun baru radiator pake air biasa :big_dunno:
Masih pakai coolant, pas jebol saya juga tdk cek keadaan radiator...Krn setelah beli langsung service ke beres. Saya pikir setelah service di beres ya percaya saja. Rasanya mobil overheat sekitar seminggu sd 2 minggu setelah service di beres.
mobilkutu
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 409
Joined: Wed Dec 16, 2015 2:27

Re: Splash Matic 2014: Owning Experience

Post by mobilkutu »

Ini br namanya review, real life review dgn segala gertak sambal beres

Serta medan jalan lintas sumatera - jawa, kurang panjang nih seru bgt baca nya hahahahah
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Splash Matic 2014: Owning Experience

Post by kunaskun »

Ronodigdoyo wrote: Sun Oct 20, 2019 3:25
Jambangan wrote:Buset mobil baru radiator udah jebol
Pernah diganti coolant selain suzuki kah sama pemilik sebelumnya?
Apa jangan2 cuma diisi air biasa ama pemilik sebelumnya?? :big_think:
Soalnya sering liat mobkas2 tahun baru radiator pake air biasa :big_dunno:
Masih pakai coolant, pas jebol saya juga tdk cek keadaan radiator...Krn setelah beli langsung service ke beres. Saya pikir setelah service di beres ya percaya saja. Rasanya mobil overheat sekitar seminggu sd 2 minggu setelah service di beres.
antik juga bisa sampe segitunya. sulitnya radiator ya karena ga terlihat kan. memang idealnya kalau mobil bekas, ganti semua fluida dan oli untuk jaga2. mungkin yang pake sebelumnya pernah dan sering isi air radiator dengan sembarang air bukan minimal air aki tutup biru.
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Splash Matic 2014: Owning Experience

Post by Pboyz97 »

Nice review om, splash emg mobil yg lumayan bagus speknya, walaupun bentuknya bukan selera semua orang
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
User avatar
indrayandi
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 99
Joined: Mon Apr 21, 2008 8:00
Location: pekanbaru

Re: Splash Matic 2014: Owning Experience

Post by indrayandi »

Pekanbaru posisi mana om? Ane baru ambil splash at 2014 juga...siapa tau bisa kopdar dan share pengalaman miara splash
just sijinem user
r1409
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 627
Joined: Tue Dec 24, 2013 3:19
Daily Vehicle: Suzuki Ertiga Diesel GX MT

Re: Splash Matic 2014: Owning Experience

Post by r1409 »

mungkin dapet yg bad product. sulit dipercaya km 40rb service record udah jebol jebol seperti itu, kecuali owner sebelumnya ngawur.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Splash Matic 2014: Owning Experience

Post by ChZ »

Miara seekor di rumah splash AT 2013 baru skitar 4 bulanan, buat mobilitas nyokap. Hampir ambil ignis baru tp pertimbangan krn cm dipake kota kota dan ngga dipake workhorse harian jadi ngambil Splash seken aja.

Mobil yang lucu mesinnya suaranya dahsyat... Kalo idle kenceng bgt. Gas gas awalnya galak bikin kaget kalo gak biasa. Yg ane gak suka mgkn user lain ada yg merasa ngga yah, pedal remnya ketinggian jd kaki cepet pegel kalo kelamaan stop n go.

Cm enaknya kalo cari parkir ngga pusing. Badan kecil tapi kabin gede.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
r1409
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 627
Joined: Tue Dec 24, 2013 3:19
Daily Vehicle: Suzuki Ertiga Diesel GX MT

Re: Splash Matic 2014: Owning Experience

Post by r1409 »

ChZ wrote: Tue Feb 25, 2020 10:08 Miara seekor di rumah splash AT 2013 baru skitar 4 bulanan, buat mobilitas nyokap. Hampir ambil ignis baru tp pertimbangan krn cm dipake kota kota dan ngga dipake workhorse harian jadi ngambil Splash seken aja.

Mobil yang lucu mesinnya suaranya dahsyat... Kalo idle kenceng bgt. Gas gas awalnya galak bikin kaget kalo gak biasa. Yg ane gak suka mgkn user lain ada yg merasa ngga yah, pedal remnya ketinggian jd kaki cepet pegel kalo kelamaan stop n go.

Cm enaknya kalo cari parkir ngga pusing. Badan kecil tapi kabin gede.
dulu waktu TD, kerasa. bukan cuma pedal rem, tapi semua pedalnya sih menurut ane.
pernah browsing di klub forum sebelah, ada yg mengeluhkan hal sama. solusinya diberi ganjal evamat beberapa lapis di lantai.

hal yg sama ane terasa juga di KWR...
indraisk
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 20
Joined: Wed Jan 28, 2015 16:21

Re: Splash Matic 2014: Owning Experience

Post by indraisk »

sempet miara splash MT 2010 dari tahun 2015~2018 dari km 57rb sampe dijual di 80rb
ga ada masalah berarti apalagi apa itu overheat kayanya om kebagian yang ga kerawat aja itu curiganya