2019 Mazda3 Sedan Test Drive

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: 2019 Mazda3 Sedan Test Drive

Post by maastricht889 »

skylion wrote: Fri Dec 13, 2019 11:01 Pernah liat 3x dijalan yg hatchback. Keren sih eye catching. Tapi ko merah semua yah. Cuman ada 1 warnakah?
Mazda ini memang aneh om, soul red sama machine gray yg bs dibilang wrn susah plg laris. Cuma memang presence nya beda banget sih, eksklusif banget dan white di mazda jd aneh sekarang
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15533
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2019 Mazda3 Sedan Test Drive

Post by ChZ »

Tampanman wrote: Fri Dec 13, 2019 3:34
erwinign wrote: Fri Dec 13, 2019 3:19
Saya dah bbrp kali liat cx5 lama sama m2 sky di spbu isi pertalite kok om. Bahkan m6 nagare yg buat polisi pun saya pernah liat lg isi premium kok dulu
Nah salah satu penentu larisnya mobil di sini kan yang bisa diisi bahan bakar murah kualitas rendah, makanya mazda ga mau keluarin mesin yang canggihnya disini. Coba aja lcgc yang katanya minimal pertamax aja rata2 diisi premium pertalite
nah ini kalo mobil jepangan yang dipake sehari-hari sih sangat besar kemungkinan akan diisi bensin murah... BMW mercy aja pada bandel :mky_07:
skylion wrote: Fri Dec 13, 2019 11:01 Pernah liat 3x dijalan yg hatchback. Keren sih eye catching. Tapi ko merah semua yah. Cuman ada 1 warnakah?
warnanya ada 4 kayaknya um, merah putih item grey...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Redboost
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 32
Joined: Tue Feb 14, 2017 12:08
Location: CGK-SRG

Re: 2019 Mazda3 Sedan Test Drive

Post by Redboost »

Baru tau ternyata suspensi belakangnya jadi torsion beam bukan multilink tapi harus diakui sih mazda 3 baru ini bener bener ganteng mau hb atau sedan nya dan di sandingin sama A class baru pun rasanya pantas pantas saja
1996 Honda GL100 CDI
2006 Honda Supra X 125 NF125SD
2006 Toyota Kijang Innova G 1TR-FE M/T
2018 Toyota Kijang Innova G 1TR-FE A/T
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5884
Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32

Re: 2019 Mazda3 Sedan Test Drive

Post by evolution21 »

Tampanman wrote: Fri Dec 13, 2019 3:34
Nah salah satu penentu larisnya mobil di sini kan yang bisa diisi bahan bakar murah kualitas rendah, makanya mazda ga mau keluarin mesin yang canggihnya disini. Coba aja lcgc yang katanya minimal pertamax aja rata2 diisi premium pertalite
ngenes banget, kalo begini semua pabrikan takut jualan mesin bagus di sini, ujung2nya mreka akan kena banyak masalah komplenan mesin ga awet lah gampang rusak blablabla. drpd begitu mendingan rame2 downspek

jd inget pernah baca berita vw golf mk8 katanya ga akan masuk sini krn spek bbmnya udah ga sesuai. :e-doh:

balik lagi ke mazda, pernah punya cx5 tuh jelas banget loh ron 95 performanya terasa optimal, efisiensi bbmnya juga
pake ron92 tu tenaganya kaya ketahan, ga enak
memang sih ujung2nya jatuhnya tetep lebih mahal karena nambah iritnya pake ron95 ga sebanding dengan nambah harga dr ron92 ke 95
tp kan bedanya udah dikit... dan puas dipakenya
atau beli mobil bukan utk puas dipake? hanya utk penampilan saja (gw pake mazda lho)? ya kl ini beda cerita si, monggo pake petralite, resiko ditanggung sendiri tp
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15533
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2019 Mazda3 Sedan Test Drive

Post by ChZ »

Redboost wrote: Sat Dec 14, 2019 3:03 Baru tau ternyata suspensi belakangnya jadi torsion beam bukan multilink tapi harus diakui sih mazda 3 baru ini bener bener ganteng mau hb atau sedan nya dan di sandingin sama A class baru pun rasanya pantas pantas saja
yups uda cocok lah disandingin dengan eropa... di review fitra eri jejerin Mazda3 dan F30 aja keliatan gak jomplang amat.
evolution21 wrote: Sat Dec 14, 2019 4:36
Tampanman wrote: Fri Dec 13, 2019 3:34
Nah salah satu penentu larisnya mobil di sini kan yang bisa diisi bahan bakar murah kualitas rendah, makanya mazda ga mau keluarin mesin yang canggihnya disini. Coba aja lcgc yang katanya minimal pertamax aja rata2 diisi premium pertalite
ngenes banget, kalo begini semua pabrikan takut jualan mesin bagus di sini, ujung2nya mreka akan kena banyak masalah komplenan mesin ga awet lah gampang rusak blablabla. drpd begitu mendingan rame2 downspek

jd inget pernah baca berita vw golf mk8 katanya ga akan masuk sini krn spek bbmnya udah ga sesuai. :e-doh:

balik lagi ke mazda, pernah punya cx5 tuh jelas banget loh ron 95 performanya terasa optimal, efisiensi bbmnya juga
pake ron92 tu tenaganya kaya ketahan, ga enak
memang sih ujung2nya jatuhnya tetep lebih mahal karena nambah iritnya pake ron95 ga sebanding dengan nambah harga dr ron92 ke 95
tp kan bedanya udah dikit... dan puas dipakenya
atau beli mobil bukan utk puas dipake? hanya utk penampilan saja (gw pake mazda lho)? ya kl ini beda cerita si, monggo pake petralite, resiko ditanggung sendiri tp
pemikiran dasar :
mobil = alat transportasi.
harapannya : irit, tahan banting, bisa diisi bensin semurah mungkin dan perawatan semurah dan semudah mungkin.
realisasi : pick up, LCGC, LMPV, LSUV generik. mayoritas bajet nya orang +62 ya mobil-mobil begini.

ketika makin kaya, makin mampu beli mobil mahal, mindsetnya masih kebawa.
mobil = alat transportasi + kalau bisa buat gegayaan dikit biar dipandang sukses sama tetangga/temen/saudara/dll, masa udah sukses masih naik avanza
harapan : (tetap) irit, tahan banting, bisa diisi bensin semurah mungkin dan ngerawatnya jangan mahal-mahal amat lah, modelnya keren, harganya mahal.
realisasi : SUV ladder frame diesel generik (?) atau MPV medium generik bermesin bensin yang teknologi mesin atau settingan mesinnya sudah dirancang sedemikian rupa supaya dapat memenuhi keinginan tersebut.

cilakanya, enjoying the most out of our car itu tidak masuk dalam list harapan pembeli mobil mayoritas +62. jadi pemikiran kita-kita yang memang isi bensin bagus supaya dapat hasil terbaik dari mobil ya gak bakal masuk. liat di pameran bagus, merasa mampu beli kok, duit duit gw kok, dibeli, padahal gak tau itu mobil dibekali segelintir teknologi yang gak bisa asal isi BBM, akhirnya maksa pabrikan juga untuk ngasih mapping khusus BBM indonesia.

Tapi toh mereka pakai mobil tipikal yang bosen jual... jadi ya gitu deh. Yang sial kena yang beli setelah - setelahnya. Ya untungnya kok sudah jamannya fuel injection, coba jaman karbu dulu beuh... itu jeroan mesin jadi kayak apa coba.

kemarin ane juga pas perjalanan ke magelang dari smg isi di rest area pertamax 92 di CRV turbo karena pertabo habis, biasanya isi pertabo, kebetulan jarum bensin titis banget daripada gak ketemu SPBU yaudah lah. mesin full std 100%, dan RON92 itu udah minimum requirement nya L15B7.

Tapi yah namanya minimum requirement... expect mapping dengan ignition timing yang di retard sedemikian rupa, boost turbo yang diperkecil... sangat tidak enak. Di tanjakan tol mesti gas agak dalem, low end powernya udah loyo jadi makin loyo, top end powernya tidak seganas waktu pake RON98, dan cilakanya nyetir di siang hari yang panas tarikannya jadi makin parah, bener jadi ketahan.

ane jadi bingung, RON92 aja begini, kok ya ada yang tega (dan tahan-tahan aja) ngisi RON90....
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
Pugman
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1435
Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39

Re: 2019 Mazda3 Sedan Test Drive

Post by Pugman »

ChZ wrote: Sat Dec 14, 2019 2:08
Tampanman wrote: Fri Dec 13, 2019 3:34
erwinign wrote: Fri Dec 13, 2019 3:19
Saya dah bbrp kali liat cx5 lama sama m2 sky di spbu isi pertalite kok om. Bahkan m6 nagare yg buat polisi pun saya pernah liat lg isi premium kok dulu
Nah salah satu penentu larisnya mobil di sini kan yang bisa diisi bahan bakar murah kualitas rendah, makanya mazda ga mau keluarin mesin yang canggihnya disini. Coba aja lcgc yang katanya minimal pertamax aja rata2 diisi premium pertalite
nah ini kalo mobil jepangan yang dipake sehari-hari sih sangat besar kemungkinan akan diisi bensin murah... BMW mercy aja pada bandel :mky_07:
Once again.. Nice review Om..
Nah ini rencana saya, nunggu unit seken kemudian nanti pakai harian isi Pertalite aja.
:big_biglaugh:

Kalau ECU learning cepat berarti lebih cepat juga menyesuaikan donk dari Ron 90, 92 ke 98 untuk orang yang sering ganti jenis BBM. Saya rasa hal itu bisa terjadi sekarang karena CPU dan Memory untuk ECU mempunyai kapasitas dan kecepatan yang lebih tinggi.

Saya setuju memang Mazda mengejar kualitas seperti halnya mobil eropa seperti apa yang dilakukan Hyundai tapi masih ada Gap kalau dibandingkan dengan BMW/Mercedes. Mungkin lebih tepat kalau dibandingkan dengan VW, Peugeot-Citroen atau Renault.

Untuk 3 trio Jepang, mereka memang mengambil pendekatan yang beda.
AN Altis itu mobil bagus yang mengakomodasi semua aspek kenyamanan, akomodasi dan ekonomis secara lengkap namun juga tidak memiliki karakter khusus. Ya saya bilang common car with common sense

Civic itu memang performance oriented, bahkan berani diadu dengan Golf.

Sedangkan Mazda 3 ini lebih kepada feel luxury dan driving pleasure dengan mesin yang cukup saja untuk kelasnya karena nyatanya mereka rela untuk mereduksi power dengan mesin yang sama. Tinggal kita tunggu Skyactiv X di Indonesia.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15533
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2019 Mazda3 Sedan Test Drive

Post by ChZ »

Pugman wrote: Thu Dec 19, 2019 1:43 Once again.. Nice review Om..
Nah ini rencana saya, nunggu unit seken kemudian nanti pakai harian isi Pertalite aja.
:big_biglaugh:

Kalau ECU learning cepat berarti lebih cepat juga menyesuaikan donk dari Ron 90, 92 ke 98 untuk orang yang sering ganti jenis BBM. Saya rasa hal itu bisa terjadi sekarang karena CPU dan Memory untuk ECU mempunyai kapasitas dan kecepatan yang lebih tinggi.

Saya setuju memang Mazda mengejar kualitas seperti halnya mobil eropa seperti apa yang dilakukan Hyundai tapi masih ada Gap kalau dibandingkan dengan BMW/Mercedes. Mungkin lebih tepat kalau dibandingkan dengan VW, Peugeot-Citroen atau Renault.

Untuk 3 trio Jepang, mereka memang mengambil pendekatan yang beda.
AN Altis itu mobil bagus yang mengakomodasi semua aspek kenyamanan, akomodasi dan ekonomis secara lengkap namun juga tidak memiliki karakter khusus. Ya saya bilang common car with common sense

Civic itu memang performance oriented, bahkan berani diadu dengan Golf.

Sedangkan Mazda 3 ini lebih kepada feel luxury dan driving pleasure dengan mesin yang cukup saja untuk kelasnya karena nyatanya mereka rela untuk mereduksi power dengan mesin yang sama. Tinggal kita tunggu Skyactiv X di Indonesia.
iya ECU nya Mazda ini termasuk yang cukup cepat self learningnya, dulu oom helm pernah ngomong di review Mazda2 nya.

yang agak pusing ya kalo sering kena macet mobilnya jadi bolot abis :mky_07: enaknya kalo di luar kota ngetol respon mobilnya pasti jadi enak.

nah iya setuju kalau Mazda masuknya mungkin juga 2nd tier Euros macem VW dan beberapa BMW entry level kayak X1, 1-series, A-class.

yups Toyota terkenal membuat mobil yang simply practical dan reliable, Honda obsessed dengan hp/liter, dan Mazda ngejar luxury.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7