Owning Experience : 5 Months with All New CR-V Turbo RW1 Prestige 2019

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Owning Experience : 5 Months with All New CR-V Turbo RW1 Prestige 2019

Post by Pboyz97 »

Good evening SMers , in this occasion, i want to review my dad's ride for work, which has been owned for 5 months. It's a medium SUV, Honda CRV RW1 Prestige 2019 . For the beginning, i want to tell you another things which different from my previous review based on om akulemu's review at viewtopic.php?f=19&t=29081

Background

Sejak kecil, keluarga saya memang pecinta Honda, mulai dari accord prestige, accord maestro, accord cielo, civic excellent, grand civic LX, civic ferio, CRV RD 2005, CRV RE 2010 , GE8 2009 ,sampai sekarang dengan RW1 2019 . Yes , from childhood, my family is a honda - loyalist. Saya sendiri pas lahir juga dibawa jalan - jalan pake civic ferio dengan orang tua saya. Hingga akhirnya mobil tersebut mengalami tabrakan di tol dan dijual pada tahun 2005, diganti dengan CRV RD 2.0 2005. Dari mobil inilah, keluarga saya mulai meninggalkan sedan dan beralih ke SUV, mulai dari CRV 2005, CRV 2010, CX5 2013, CX5 2018 , sampai CRV 2019 . Well, back to CRV RD. Mobil ini buat saya desainnya termasuk gagah pada masanya, serta punya peforma yg cukup baik meski mesinnya 2.000 CC. Mobil ini termasuk awet dan bandel, sampai dijual pada akhir 2010 lalu, gak ada masalah aneh2. Disitulah saya puas dengan honda, dan memutuskan untuk upgrade ke CRV RE 2.4 FL 2010 (pemakaian 2011). Bentuknya yg timeless, bahkan buat saya the best CRV untill now dibanding RM dan RW sekalipun , serta sukses membuat CRV RD terlihat jadul. CRV RE sebenarnya mobil yg bagus, fun to drive, dan tarikannya lumayan oke dibanding T31 pada masanya. Sayang, fiturnya yg minim (audio steering switch aja gak punya sama keyless aja gak ada padahal harganya udh 380 jt tahun 2010) + bensinnya yg boros banget (1:8 dalkot kalo nyetir santai dan 1:5-6 kalo sruntulan) bikin bapak saya pengen buat ganti mobil. Tahun 2012, hampir saja beli tucson tanpa TD, karena tertarik dengan bentuknya yg ala eropa , sayang karena fiturnya biasa aja + citra merek korea saat itu yg blm sebagus sekarang di Indo, bikin bapak saya mundur. Sampai suatu ketika tahun 2013 , saat saya sekeluarga sedang jalan - jalan di kota Bogor dengan menggunakan CRV 2010 yg hampir dijual tersebut, tiba - tiba ada sesosok mobil warna biru sedang terpakir didepan sebuah showroom yg saat itu masih asing bagi saya yg awam soal otomotif . Setelah ditelusuri lebih lanjut , mobil tersebut adalah CX5 Gen 1, yang sedang hype2nya saat itu , karena selain baru launching, mobil tersebut digadang - gadang menjadi lawan berat bagi CRV RE dan T31 yang sudah lama malang melintang di dunia otomotif Indonesia. Buat saya, bentuknya bagus, grill kodo design yg terlihat sangar dan kokoh, belum lagi belakangnya yg terlihat simpel tapi elegan membuat saya ingin meminang mobil tersebut untuk menggantikan CRV 2010 saya. Alhasil, mampirlah kami ke showroom tersebut untuk mengobati rasa penasaran kami akan mobil tersebut. Setelah dilihat- lihat, Wow, amazing, mesin skyactiv yg katanya sangat irit BBM, serta fitur yang jauh lebih lengkap dibanding CRV 2010 saya, tapi dijual dengan harga yg kompetitif (410 jt), walaupun saat itu cuma tersedia mesin 2.000 CC saja hehehe.

Kemudian, kami sekeluarga melakukan test drive terhadap mobil tersebut dan impresinya sangat positif. Fun to drive, handling oke, tarikan terasa di semua putaran , bahkan tarikan awalnya lebih kenceng daripada CRV 2.4 2010 saya hehehe , ditambah lagi dengan perpindahan transmisi 6 speednya yg sigap dan smooth, membuat saya berpikir "i will own you someday to replace my CRV" . 2 days later, bapak saya iseng2 nyoba CRV RM Prestige di sebuah dealer, sekalian servis rutin CRV 2010 saya, which is hasilnya mengecewakan, BQ worse than RE, dull handling, dull feedback, not fun to drive at all, road noise parah , borosnya jg 11 12 sm RE, belum lagi tampilan HUnya yg kek avanza veloz PFL bikin tambah ilfeel (yg di test saat itu yg 2.4 biasa) . Finally, bapak saya memutuskan untuk break up dulu dengan ahond, dan pindah ke Mazda, dengan SPK 1 Unit CX5 Gen 1 2.0 Touring pada Maret 2013 lalu, dengan inden sekitar 3 bulan (mobil datang akhir bulan Mei ) warna putih metalik.

Memelihara CX5, merupakan tantangan bagi keluarga saya, karena belum pernah mencoba merek tersebut, dan selama puluhan tahun hanya memakai 2 merek saja, yaitu atoyot dan ahond. Apalagi brand mazda saat itu belum terlalu populer seperti saat ini, serta terkenal boros, unreliable, part mahal dll. Berhubung saat itu keluarga saya masih awam soal mazda , dan penasaran dengan durability dan realibilitynya berhubung merek ini merupakan merek nonmainstream, bapak saya memutuskan untuk keep dulu CRV nya sampai 3 tahun, untuk mengetahui apakah CX5 reliable atau tidak setelah dipakai selama 3 tahun. Jadinya peliahara CRV sm CX5 deh barengan , 2 medium SUV beda merek dalam 1 garasi hehehe :wkkk: . Seiring berjalannya waktu, tak disangka, owning experience dari CX5 2013 sangat memuaskan, KM sudah 100 rb lebih tapi tidak ada masalah aneh2, cuma servis rutin dan ganti oli saja, sempat dibawa road trip juga ke Bandung, Cirebon, Kuningan, sampe Tegal gak ada masalah sama sekali . Keluhannya cuma ada di row 2 dan bagasi yg gak selega CRV. Wow, this amazing, gak nyangka mazda bisa seawet ini, dan from this car, i start to consider mazda as my next car after CX5 . Sementara CRV, tahun ke 4 di KM 80 rb, sudah mulai jajan, tapi dimaklumkan saja lah ya, namanya jg mobil berumur, jadi saya gak terlalu ambil pusing, pertama kali sih ganti shockbreaker, dimana itu masih wajar buat mobil yg udah berumur. Tapi , seiring berjalannya waktu , penyakit si RE makin jadi aja, mulai dari HU ngelag, AC modar, Shock klotok klotok padahal gak pernah lewat jalan berlubang, dan lebih jarang dipakai dibanding si mazda (si CRV KM 90 rb, CX5 110 RB) , belum lagi rack steering yg udah oblak oblak , pada tahun ke 5, jalan 100 dah goyang dombret itu mobil, gak tau kenapa ditambah lagi kulit setir yg udah mulai retak - retak , engine mounting kena untuk yg ke 3 x nya , kaki2 ancur (semua dah diganti baru pokoknya) , menambah kejengkelan saya terhadap mobil ini, kalo bisa dijual, jual aja dah, cape ngurusinnya , udah bolak balik beres tapi gak sembuh juga, kek misalnya engine mounting, baru 6 bulan ganti, 6 bulan kemudian udah kena lagi , steering rack yg dari 2015 - 2016 dah 3x ganti, karena baru 6 bulan dah kena masalah lagi , sampe bohlam lampu yg gampang putus + jok kulit yang gampang sekali ngelupas , doortrim saya udah ngelupas kulitnya padahal baru tahun ke 5 :frm_bang_head: . Sementar what happened with CX5? Si putih tetap melenggang mulus tanpa ada masalah yg saya sebutkan diatas, ganti engine mounting, shock, dan steering rack, cuma sekali aja, gak berkali - kali kek si CRV, belum lagi jasa beres yg mahalnya gak ketulungan, berhubung bapak saya gak terlalu suka servis diluaran kecuali kepaksa. Kalo ada yg nanya biaya servis mazda sm honda, mazda memang lebih mahal, tapi bedanya tipis kok, karena biaya jasanya lebih murah dibanding honda, tapi di honda partnya memang lebih murah, tapi di beberapa beres, jasanya memang mahal, jadi kalo ditotal bedanya tipis sm mazda (pengalaman pribadi lho ya hehehe)

Sampai akhirnya, after 5 years,di 2018, si CX5 sudah memasuki usia senja ,dan kmnya sudah 100 rb km + si CRV sudah penyakitan dan umurnya sudah 8 tahun . Hingga akhirnya bingung harus jual yg mana. Finally, saat AN CX5 keluar akhir 2017 lalu, saya melihat banyak improvement dibanding gen sblmnya , ditambah lagi dengan desain interior yg kek mobil eropa menambah kesan positif saya terhadap mobil ini . Akhirnya, CRV saya dilego awal 2019 lalu dan ditukar dengan AN CX5 Elite 2018 (pemakaian 2019). Mengapa saya ambil CX5 lagi? Karena kepuasan saya dan keluarga saya terhadap CX5 gen 1 menambah keyakinan keluarga saya terhadap AN CX5 Elite ini, sudah TD CRV dan Xtrail juga, tapi CRV RW buat saya lack of features , blm lagi problem tuas transmisi yg menghantuinya bikin saya mundur buat minang mobil ini + kekecewaan saya terhadap CRV RE menguatkan niat saya untuk break up dengan ahond saat itu. Sedangkan T32, nyaman sih, fitur oke, bantingan juga empuk, tapi teknologi dan fiturnya rada outdated compare to RW dan AN CX5, jadi SPK CX5 saja jadinya. Setahun terlalu, si putih (panggilan CX5) mulai terlihat berumur, apalagi odonya sudah hampir 150rb KM . Mulailah kepikiran buat upgrade si CX. Berbagai opsi pun bermunculan, dengan berbagai macam kandidat. Mulai dari mobil eropa (Benz dan BMW ) sampe mobil jepangan.

Opsi pertama, upgrade ke mobil eropa . Hampir SPK X1, tapi karena harganya 800 jt OTR, jadinya mundur teratur deh , karena buat bapak saya, harga segitu kemahalan buat sebuah X1. Tak lama kemudian, sempet kepikiran buat jual 2 mobil (CX5 dan xpander + COP kantor bapak saya ) buat beli mobil europe lagi, tapi dari kubu 3 pointed star, yaitu mercy GLC/ W205 . Saya pilih GLC karena GC tinggi, belakang lega, nyaman sama pajaknya gak semahal sedan + harganya beda tipis sm W205 dan X1, kemudian beli lg avanza / innova bekas buat backup kalau si mercy kenapa2 sekaligus mobil daily . Sayang sekali, karena blm siap dengan spare cost untuk maintenancenya (karena jual 2 mobil + COP aja masih nombok dikit buat GLC nya, jadi blm ada spare cost buat maintenancenya, kalau amit2 mobil tersebut kenapa2) . Jadi diputuskan, ambil mobil jepangan lagi saja karena perawatan lebih murah dibanding european car

Untuk japs carnya sendiri, kandidatnya ada Voxy, C27, Mazda 2 dan CX3, serta AN Mazda 3 hatchback. Mazda 2 langsung dicoret karena terlalu kecil dan rasa nyetirnya jomplang kalo dari CX5, CX3 juga sama, karena mesinnya sama, jadi rasa nyetirnya juga gak jauh beda sm CX5. Kemudian, untuk c27, hampir SPK ,karena nyaman dan bantingannya empuk, cuma akhirnya dicoret karena minus sunroof dan menurut bapak saya, rasa nyetirnya gak begitu enak, karena mobil ini bakal dipake ganti2an sm ortu saya, jadi perlu yg nyaman, tapi enak disetir juga, at least gak kek supir rasanya hehehe. Kemudian, tersisa Voxy, karena C27 sudah dicoret, setelah TD, voxy merupakan mobil yg enak, cuma bantingan suspensinya rada keras kalo lewatin poldur dan rasa nyetir lagi lagi jadi kendala, bapak saya kurang suka bawa MPV boxy karena dikira supir hahaha. Jadi dicoret deh dari list. Ditengah kegalauan , tiba- tiba ada temen bapak saya yg ngasih info ke dia, kalo CRV RW diskon gede, 2 digit pokoknya, akhirnya bapak saya langsung TD RW gak lama kemudian, dan mempertimbangkan RW buat gantiin CX5 2013 saya. Hingga detik- detik terahir, yaitu sebelum GIIAS 2019 kemarin , bapak saya blm menentukan mau ganti mobil apa.Sempet kepikiran buat ganti AN Mazda 3 hatchback, karena isunya bakal launch dalam waktu dekat ini di Indo, tapi rumornya tahun depan. Makanya saya kepikiran, buat keep CX5 dulu sambil menunggu AN mazda 3 hatchback launch di Indo tahun 2020 mendatang. Namun, karena COP harus dipakai buat beli mobil tahun ini, dan kalo mau tuker AN Mazda 3 hatchback harus nunggu tahun depan, jadi , daripada COP nya hangus, mending beli tahun ini aja. Akhir kata, Bapak saya SPK 1 Unit CRV Turbo Prestige 2019 untuk menggantikan CX5 2013 saya pada bulan juli lalu.

Nah , penyesalan datang saat GIIAS 2019. Surprisingly EMI launch AN Mazda 3 hatchback di GIIAS 2019, dan harganya dibawah 500 jt. WTF. Andai saja saya bersabar dan gak gampang kemakan rumor2 , mungkin saya sudah SPK AN Mazda 3 hatchback yang tampangnya cakep itu buat gantiin CX5 lama saya, karena , ngapain punya 2 medium SUV dirumah, dan udah ada xpander buat mobil 7 seater. Tapi apadaya, nasi sudah menjadi bubur, jadi disyukuri dan dinikmati saja mobilnya. Semoga aja tidak ada problem aneh2 sampai 3 - 5 tahun kedepan . Now , let's go to the review

History
Karena dah banyak yg review, saya jelaskan secara singkat aja ya. Mobil ini diluncurkan akhir 2017 kemarin untuk menggantikan CRV RM , dengan kode RW. CRV ini merupakan CRV Pertama yg bermesin turbo, karena menggunakan mesin dan transmisi yg sama dengan civic turbo. Namun , pada RW ini, tidak ada lagi varian manual, yg ada hanya varian 2.0 CVT, serta 1.5 Turbo biasa dan Prestige. Milik saya ini merupakan tipe Prestige dengan harga 530 jt , dengan diskon 28 jt , jadi bapak saya membelinya seharga 502 jt . Kemudian untuk problem2 yg kerap menerpa mobil ini, bisa dilihat di reviewnya bro CHZ di viewtopic.php?f=19&t=28741. Mobil ini dibeli untuk menggantikan mobil sebelumnya, yaitu CX5 2013 yang sudah 150 rb odonya, reviewnya bisa di lihat di viewtopic.php?t=26922


Why choose CRV?
Kalau melihat background saya yang sudah punya 2 mazda (CX5 2013 dan CX5 2018), pasti anda akan bertanya - tanya, "udah punya mazda kok malah balik ke Honda lagi? udah gitu CRV pula". Well, saya SPK CRV juga gak disengaja, selain keluarga saya perlu mobil yg bisa muat banyak (7 seater) yg lebih lega dan empuk ,karena xpander terlalu keras buat ortu saya, dan agak limbung kalo dibawa di tol, selain itu, CRV juga merupakan mobil yg nyaman dan lega & masih asik untuk dikemudikan walaupun gak sebaik CX5 rasa berkendaranya.

Exterior
Image
Bagian depan yg terlihat agak pipih, dengan desain yg simpel dan elegan, not bad lah. Untuk tipe prestige ini, sudah dibelaki dengan foglamp LED berbentuk ala2 DRL, berbeda dengan yg tipe dibawahnya yg masih foglamp halogen biasa.
Image
Tampak samping yg simpel tapi enak dilihat, sepertinya bagian terbaik dari desain CRV RW ini adalah bagian sampingnya. Perbedaan dengan tipe dibawahnya ada di desain velg, sisanya sama saja
Image
Desain belakang yg bukan selera semua orang termasuk saya, karena terlalu mirip dengan BRV, terutama desain stoplampnya, tapi untungnya ketolong sm nyala lampu yg cakep kalo malem

Interior
Image
Desain interior yg modern. Tapi secara overall, CX5 masih bagus secara desain, tapi lebih baik daripada T32 yg sudah mulai terlihat usang
Image
Image
Image
Image
Image
Wood panel everywhere, yg membuatnya terlihat mewah. Sayang, BQnya masih terasa cheapo di beberapa bagian terutama doortrim. Masih terlihat kurang solid untuk mobil 500jt, walaupun sudah lebih baik dibanding RE dan RM

Image
Airvent

Image
Lubang AC yg mirip lubang ac di bus, serta desain lampu kabin yg cakep, apalgi lampu kabinnya udah LED, yg membuat pencahayaan mobil ini kalo lg gelap jadi lebih bagus

Image
Bagasi yg terluas dikelasnya, sekaligus CRV punya row 2 yg paling lega juga dikelasnya. Selain itu, duduk di row 3 CRV juga masih manusiawi buat yg tingginya 172 CM kebawah, dan lebih baik daripada T32 yg cuma bisa didudukin sama anak- anak


Fitur
Soal fitur dimobil ini, sudah lumayan improve dibanding gen sebelumnya, tapi dibanding pesaingnya, sepertinya honda masih harus banyak berbenah untuk urusan ini, mengingat mobil ini harganya sudah tembus 1/2M.
Image
Start stop engine (for 1.5 turbo pres and non pres), sama udah ada PBD , VSC, dan sensor parkir juga
Image
Tombol untuk buka panoramic sunroof
Image
Panoramic sunroof (Prestige only)

Image
HU dengan layar gede + fitur Nano - E

Image
Tampilan menu pada HU CRV Turbo
Image
interface yg boring dan terlalu plain buat mobil 500 jt, xpander dan yaris saya masih lebih bagus interfacenya

Image
Navigasi yg terlihat biasa - biasa saja tampilannya, untungnya cukup akurat dan resolusinya cukup baik


Image
Setir yg fiturnya cukup lengkap, ada cruise control, dan tombol pengaturan audio di setir serta telepon

Untuk fitur safety, mobil ini sudah dilengkapi dengan 6 airbags (prestige), ABS, EBD, BA , VSC dan HSA

Driving Impression
Image
Kunci mobil
Image
Speedometer yg kek kalkulator jadul, beda jauh sm versi LN yg udh full TFT :big_cry:

Untuk urusan rasa berkendara, mobil ini cukup enak dikemudikan, walaupun gak sebagus CX5, tapi at least feedbacknya sudah better than RM dan road noisenya better than RM, walaupun masih kurang buat mobil 500 jt (masih kedapan xpander saya dirumah). Selain itu, tarikan CVTnya jg lumayan enak walaupun putaran bawahnya rada bengek . Oh iya, mobil ini dilengkapi dengan mesin I - Vtec turbo 1.500 CC dengan tenaga 190 PS + CVT 7 speed. Bantingan mobil ini cukup empuk, bahkan mendekati T32, serta cukup nyaman buat jalan jauh. Pada kesimpulannya, mobil ini masih lebih enak buat duduk di belakang karena kenyamanan dan keempukkan suspensinya , serta masih agak limbung di kecepatan tinggi, tapi gak separah RM sih, but RE still better soal kestabilan

Conslusion
Mobil ini kurang worth it buat 1/2M , dengan downgrade dari versi LN serta fitur yg biasa - biasa saja + BQ yg gak sebagus lawan2 nya + problem yg menghantui mobil ini, seperti tuas transmisi copot dll, untungnya punya saya sampai sekarang masih baik- baik saja hehehe, tapi disisi lain, cocok buat anda yg pengen SUV 7 seater yg cukup enak dikemudikan, nyaman buat jalan jauh, pengen nyobain mesin turbo , penyuka pano sunroof, mementingkan kepraktisan serta akomodasi + pengen mobil SUV dengan desain yg elegan

Plus:
- Panoramic sunroof
- Row 2 dan row 3 lega
- Bagasi luas
- Panoramic Sunroof
- Nyaman
- Bantingan empuk
- CVT nya termasuk oke tarikannya
- Desain interior
- Cukup enak dikemudikan
- Fitur safety lengkap

Minus
- Overprice
- Bad noise insulation
- Creepy head unit
- Bad audio quality
- BQ kurang buat mobil 1/2M
- Isu tuas transmisi copot
- Desain belakang bukan selera semua orang
- Tarikan bawah agak kurang

That's all of my review, i hope you will enjoy it, thank you
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Owning Experience : 5 Months with All New CR-V Turbo RW1 Prestige 2019

Post by maastricht889 »

Wah ini owning reviewnya baguss om!! Sekarang situasi saya sama kayak om pas 6th lalu, br ambil mazda 2 non sky disamping ada crv re 2011. Semoga mazda nya nggak ngerongrong lah, mobil enak ini. Kl crv kayanya om dapet barang apes deh, punya saya km 79xxx yg ganti baru paking2 semua, sama udah mulai geter2 (kayanya engine mounting nggak tau bag mana), tierod sama support shock atas, sama bunyi krikkrikrik nggak jelas pas ac nyala. Dan next car kl crv dijual sih merem cx5 kaya pilihan om sih, mobil bs seenak itu heran saya.
haeven
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 72
Joined: Thu Feb 07, 2013 6:45

Re: Owning Experience : 5 Months with All New CR-V Turbo RW1 Prestige 2019

Post by haeven »

Nice review om...
Pengalamannya jelas sekali buat yg bingung pilih crv or cx 5 jelas sekali itu.

Kebalikan dengan om. Sy pemakai crv turbo prestige awalnya. Cmn capek dan dongkol pakainya karena BQ nya. Akhir nya gabti cx 5 elite. Sampai sekarang puas banget
User avatar
Pugman
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1435
Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39

Re: Owning Experience : 5 Months with All New CR-V Turbo RW1 Prestige 2019

Post by Pugman »

Wah ini alasan Bapaknya ga Mau Serena atau Voxy sama kaya saya, karena saya agak pendek dan kulit coklat, kalau pakai mobil roti tawar sering dikira bukan pemilik. hehehe...
:mky_03:
Bos gede ditempat saya kebanyakan ambil ya antara Fortuner, Pajero atau CRV, hanya 1 orang pakai C Class, saya belum pernah naik CRV RM dan RW kalau yang RE sudah, dan memang enak.
akulemu
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 281
Joined: Wed Jun 13, 2012 9:11
Location: Persebaya sampe tuek
Daily Vehicle: Venturer + cx9 sky + mobilio rs mt

Re: Owning Experience : 5 Months with All New CR-V Turbo RW1 Prestige 2019

Post by akulemu »

Fantasy saya adalah mobil dengan ruang kabin dan shockbreaker crv, digabung exterior dan interior build quality CX5. Sasis CX5, panoramic roof CRV. Tenaga CRV, transmisi CX5. Merk Mazda dengan brand recognition Honda.

Saya pikir fantasi ini mewakili hasrat banyak orang.
Cars have soul.
User avatar
hosea
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 502
Joined: Wed Mar 27, 2013 2:05

Re: Owning Experience : 5 Months with All New CR-V Turbo RW1 Prestige 2019

Post by hosea »

Nice review Om. Saya suka desain interiornya tapi BQ nya memang kurang untuk mobil 500 jt an. Dan soal kelegaan row 2 dan 3, menurut saya bukan yang terbaik di kelasnya. Masih lebih lega santa fe (kalau santa fe dianggap satu kelas ya, karena diluar negri santa fe kelasnya diatas CRV).
User avatar
jar-jit-no
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 742
Joined: Thu Nov 29, 2012 5:58
Location: Malang city

Re: Owning Experience : 5 Months with All New CR-V Turbo RW1 Prestige 2019

Post by jar-jit-no »

Pboyz97 wrote: Sat Dec 28, 2019 8:59
Why choose CRV?
Kalau melihat background saya yang sudah punya 2 mazda (CX5 2013 dan CX5 2018), pasti anda akan bertanya - tanya, "udah punya mazda kok malah balik ke Honda lagi? udah gitu CRV pula". Well, saya SPK CRV juga gak disengaja, selain keluarga saya perlu mobil yg bisa muat banyak (7 seater) yg lebih lega dan empuk ,karena xpander terlalu keras buat ortu saya, dan agak limbung kalo dibawa di tol, selain itu, CRV juga merupakan mobil yg nyaman dan lega & masih asik untuk dikemudikan walaupun gak sebaik CX5 rasa berkendaranya.

nice review om

err....xpander keras? :big_think:

menurut saya malah empuk ya..limbungnya pun berasa kalo manuver
4A91 4at - Slow Driver
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Owning Experience : 5 Months with All New CR-V Turbo RW1 Prestige 2019

Post by Pboyz97 »

erwinign wrote: Sat Dec 28, 2019 9:43 Wah ini owning reviewnya baguss om!! Sekarang situasi saya sama kayak om pas 6th lalu, br ambil mazda 2 non sky disamping ada crv re 2011. Semoga mazda nya nggak ngerongrong lah, mobil enak ini. Kl crv kayanya om dapet barang apes deh, punya saya km 79xxx yg ganti baru paking2 semua, sama udah mulai geter2 (kayanya engine mounting nggak tau bag mana), tierod sama support shock atas, sama bunyi krikkrikrik nggak jelas pas ac nyala. Dan next car kl crv dijual sih merem cx5 kaya pilihan om sih, mobil bs seenak itu heran saya.
Thanks om. Kurang tau om dapet barang apes apa kaga hehehe, maklum, dulu saya masih blm terlalu ngerti mobil. Kalo pengen CX5 sih go for it om, asal gak masalah sm part dan akomodasinya aja
haeven wrote: Sat Dec 28, 2019 10:26 Nice review om...
Pengalamannya jelas sekali buat yg bingung pilih crv or cx 5 jelas sekali itu.

Kebalikan dengan om. Sy pemakai crv turbo prestige awalnya. Cmn capek dan dongkol pakainya karena BQ nya. Akhir nya gabti cx 5 elite. Sampai sekarang puas banget
Sama om, kalo boleh jujur nyesel saya jual CX5 2013 ke CRV turbo, apalagi udah ada CX5 Elite dirumah ,jauh banget BQ nya sama CX5 lama saya dulu, km 3rb aja dah nyala itu indikator oli, padahal mobil yg lain gak segitunya , pengennya sih upgrade ke AN Mazda 3 hatchback, tapi apadaya udah terlanjur SPK CRV duluan sblm GIIAS 2019. Semoga CX5 nya awet om dan gak kena masalah kek CRV nya
Pugman wrote: Sat Dec 28, 2019 15:52 Wah ini alasan Bapaknya ga Mau Serena atau Voxy sama kaya saya, karena saya agak pendek dan kulit coklat, kalau pakai mobil roti tawar sering dikira bukan pemilik. hehehe...
:mky_03:
Bos gede ditempat saya kebanyakan ambil ya antara Fortuner, Pajero atau CRV, hanya 1 orang pakai C Class, saya belum pernah naik CRV RM dan RW kalau yang RE sudah, dan memang enak.
Ya memang begitu om bapak saya, nyari mobil harus yg enak disetir , dan dari dulu gak suka sm mobil yg sensasi nyetirnya kek bukan pemilik. Makanya sampe sekarang gak pernah jadi SPK MPV roti tawar macam voxy , C27 dll, karena sering dipake gantian buat ganjil genap hehehe

Fortuner , pajero , dan CRV memang sudah melekat dihati bos besar karena memang sudah punya nama dan udah eksis lama jg di Indo. Beda sm yg lain kek CX5, T32, Tera dll. Kalo buat om RE enak, mungkin RM dan RW lebih enak lagi, tapi dibelakang, kalo fun to drive masih enakan RE menurut saya
akulemu wrote: Sun Dec 29, 2019 6:53 Fantasy saya adalah mobil dengan ruang kabin dan shockbreaker crv, digabung exterior dan interior build quality CX5. Sasis CX5, panoramic roof CRV. Tenaga CRV, transmisi CX5. Merk Mazda dengan brand recognition Honda.

Saya pikir fantasi ini mewakili hasrat banyak orang.
Setuju om, sayang , namanya juga sebuah mobil yg juga buatan manusia, pasti ada plus dan minusnya, tinggal kitanya aja pilih yg sesuai dengan kriteria dan kebutuhan kita
jar-jit-no wrote: Mon Dec 30, 2019 1:52
Pboyz97 wrote: Sat Dec 28, 2019 8:59
Why choose CRV?
Kalau melihat background saya yang sudah punya 2 mazda (CX5 2013 dan CX5 2018), pasti anda akan bertanya - tanya, "udah punya mazda kok malah balik ke Honda lagi? udah gitu CRV pula". Well, saya SPK CRV juga gak disengaja, selain keluarga saya perlu mobil yg bisa muat banyak (7 seater) yg lebih lega dan empuk ,karena xpander terlalu keras buat ortu saya, dan agak limbung kalo dibawa di tol, selain itu, CRV juga merupakan mobil yg nyaman dan lega & masih asik untuk dikemudikan walaupun gak sebaik CX5 rasa berkendaranya.

nice review om

err....xpander keras? :big_think:

menurut saya malah empuk ya..limbungnya pun berasa kalo manuver
Rada keras om kalo buat saya, apalagi kalo lewat poldur, masih lebih enakan suspensinya ertiga dan livina dibanding XP
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Owning Experience : 5 Months with All New CR-V Turbo RW1 Prestige 2019

Post by Pboyz97 »

hosea wrote: Sun Dec 29, 2019 10:02 Nice review Om. Saya suka desain interiornya tapi BQ nya memang kurang untuk mobil 500 jt an. Dan soal kelegaan row 2 dan 3, menurut saya bukan yang terbaik di kelasnya. Masih lebih lega santa fe (kalau santa fe dianggap satu kelas ya, karena diluar negri santa fe kelasnya diatas CRV).
Yes, BQ memang kurang buat mobil 500 jt, interior juga entah mengapa saya kurang suka, masih lebih bagus interiornya AN CX5 kemana mana. Kalau santa fe sih, jangan dibandingin om, karena kelasnya memang diatas CRV, dan di Indo udh ada Tucson yg diplot buat lawan CRV, sedangkan santa fe disini didowngrade fiturnya biar bisa bersaing di kelasnya crv bantuin adiknya,si tucson
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Owning Experience : 5 Months with All New CR-V Turbo RW1 Prestige 2019

Post by Pboyz97 »

UPDATE
1 Year of owning experience

Gak terasa, CRV Turbo prestige 2019 saya sudah berusia 1 tahun. Odometer saat ini menunjukkan odo 18rb, dengan pemakaian harian dalkot jakarta, serta paling jauh ke bogor, serta cukup sering ke bekasi dan depok . Untuk problem seperti tuas transmisi copot dan turbo jebol, untungnya blm kejadian di mobil saya (semoga gak kejadian lah ya sampe dijual nanti) , dan sejauh ini blm ada masalah yg aneh2, cuma indikator oli yg nyala pas km 3ribu, sisanya no complain, cuma ganti oli dan servis rutin saja. Impresi yg saya rasakan selama pemakaian adalah, mobil ini merupakan mobil yg all rounder , karena nyaman, bantingan suspensi empuk, row 2 dan row 3 lega , practical, serta masih enak untuk dikemudikan. Walaupun dari segi kenyamanan dan bantingan suspensi masih dibawah T32 dan soal handling , peforma , fitur, dan driving feel masih dibawah AN CX5, mobil ini cukup oke buat org yg mementingkan kenyamanan dan akomodasi, serta fiturnya juga cukup lengkap, dibandingkan dengan pendahulunya , yaitu RE dan RM + perpindahan cvtnya juga sigap dan smooth walaupun tarikan bawahnya agak kurang. Serta konsumsi BBM yg cukup irit (1:12-13 dalkot, which is cukup jauh daripada RE saya dulu yg cuma bisa 1:7-8 jika kaki sekolah), untuk BBM biasa menggunakan shell v power , dan kalau lg kepepet pake pertamax

Namun, seiring dengan berjalannya waktu, ada beberapa kelemahan, yaitu driving feelnya yg entah kenapa masih lebih enak RE saya dulu, nyetir mobil ini entah kenapa terasa kurang enak, mungkin biasa bawa cx5 kali ya wkkwwk. Selain itu, kelemahan di mobil ini juga ada di interior qualitynya, walaupun lebih baik daripada RE dan RM, buat saya masih kurang oke buat mobil 500jt, masih terasa kesan cheaponya di beberapa bagian, terutama dekat tuas transmisi dan doortrim belakang. Selain itu, peredaman mobil ini juga masih kurang oke buat mobil 500jt, saat dibawa diatas 80 KPJ di tol, suara mesin dan ban masuk semua, jauh jika dibandingkan dengan CX5 2013 saya dulu dan AN CX5 2018 yang saya pelihara sekarang bersama dengan CRV ini. Even, dibandingkan dengan xpander dan yaris joker yg harganya 2x lebih murah daripada crv ini, crv ini tetep terasa berisik kabinnya untuk ukuran mobil 500jt. Dan kelemahan terakhir ada di audionya. HU bawaannya bener2 lelet dan bapuk, lemotnya kebangetan + bass dan treblenya juga mendem, walaupun udah upgrade speaker dan power venom,jadi saya sarankan lebih baik ganti HU saja, mungkin kualitas suaranya akan lebih baik

Overall, dengan harga 502 (after disc) saat saya beli bulan juli tahun lalu, mobil ini masih terasa agak overprice buat saya, dengan kualitas audio, bq, dan peredaman yg gak seperti mobil 500jt. Namun di sisi lain, mobil ini juga cukup value for money jika anda tidak mementingkan kualitas interior dan road noise, karena semua kelemahannya itu terbayar dengan panoramic sunroof, bantingan supsensi yg empuk, kenyamanan, serta row 2 dan row 3 yg lega + storage yg banyak sehingga membuat mobil ini practical

Semoga saja mobil ini awet sampai 2 tahun mendatang
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32

Re: Owning Experience : 5 Months with All New CR-V Turbo RW1 Prestige 2019

Post by benzz89 »

Bensin bisa dapat 1:12-13 dalkot jabodetabek sih termasuk irit (sekali) CRV ini, apalagi kalau keluar kota, mungkin 1:20 bisa masuk kali yah?
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Owning Experience : 5 Months with All New CR-V Turbo RW1 Prestige 2019

Post by Pboyz97 »

benzz89 wrote: Mon Jul 06, 2020 0:26 Bensin bisa dapat 1:12-13 dalkot jabodetabek sih termasuk irit (sekali) CRV ini, apalagi kalau keluar kota, mungkin 1:20 bisa masuk kali yah?
cukup irit sih om hehehe, kalo dibanding gen sblmnya , cuma masih iritan AN CX5 dikit sih, 1:14-15 dalkot kalo kaki sekolah. Kalau luar kota, udah pernah nyoba, dapet 1:16-17 tergantung kondisi jalan dan cara mengemudi hehehe
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
inspiroo
Newbie
Newbie
Posts: 10
Joined: Mon Jun 12, 2017 22:49
Location: Bandar Lampung
Daily Vehicle: Mitsubishi

Re: Owning Experience : 5 Months with All New CR-V Turbo RW1 Prestige 2019

Post by inspiroo »

Saat ini Agustus 2020 juga tepat 5 bulan kami memakai CR-V Turbo yang non Prestige. Kami memutuskan membeli mobil ini untuk menggantikan Pajero Sport Dakar 2018 yang sudah kami jual karena penumpang (istri) yang kalau duduk di bangku belakang mengeluh limbung dan mabuk melulu.
Maka besar harapan kami pada CR-V yang ini memiliki tingkat kenyamanan yang lebih baik. Dan dari impresi awal memang kami merasa tidak salah pilih. Bantingan lembut suspensinya tidak disertai gejala rolling. Daya akomodasi ruangannya tidak kalah dengan Pajero Sport, relatip real-7seaters. Rasa mengemudinya (jadi ingat om Fitra Eri 😄) lebih presisi, lebih santai. Tenaganya lebih ngebut meski torsi saat ditanjakan tidak segarang Pajero Sport Dakar, tapi masih lulus2 saja melahap track aspal mulus pegunungan jalur ke Liwa-Lampung bahkan tidak pernah mengalami kesulitan untuk menyaip2 di tanjakan, mobil yang diisi 5 orang dewasa ini sepanjang lintasan bisa selalu di posisi terdepan...puass🤩
Kelemahan mobil ini menurut standar kebutuhan kami adalah masalah kekedapan kabin, apalagi saat di geber di jalan tol trans Sumatera yang beton itu... sangat berisik persis gemuruh kabin pesawat sedang mendarat di saat rodanya menyentuh landasan... Dan satu lagi, tidak dilengkapi sensor parkir.
Namun, dua kelemahan utama itu menurut strategi hitung2an kami dari saat sebelum memutuskan membelinya adalah kelemahan yang bisa diintervensi. Kalau misalnya kelemahannya berupa daya akomodasi (seperti yang melekat pada rivalnya) gak akan bisa kita intervensi kan?
Demikian sharing awam kami, CMIIW dan mohon masukan dari suhu2 di forum otomotif paling berbobot andalan saya ini, dengan view yang lebih proporsional dan profesional..
Oh ya, sampai hari ini kami belum juga memutuskan untuk memasang peredam, karena benar2 masih bingung pilih jenis peredam yang paling efektif, aspal ataukah butyl rubber? Mohon sarannya..🙏 Serayamotor forever💪👍
FU27
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 739
Joined: Wed May 03, 2017 9:39
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Karimun Wagon R

Re: Owning Experience : 5 Months with All New CR-V Turbo RW1 Prestige 2019

Post by FU27 »

Pboyz97 wrote: Sun Jul 05, 2020 17:13 UPDATE
1 Year of owning experience

Gak terasa, CRV Turbo prestige 2019 saya sudah berusia 1 tahun. Odometer saat ini menunjukkan odo 18rb, dengan pemakaian harian dalkot jakarta, serta paling jauh ke bogor, serta cukup sering ke bekasi dan depok . Untuk problem seperti tuas transmisi copot dan turbo jebol, untungnya blm kejadian di mobil saya (semoga gak kejadian lah ya sampe dijual nanti) , dan sejauh ini blm ada masalah yg aneh2, cuma indikator oli yg nyala pas km 3ribu, sisanya no complain, cuma ganti oli dan servis rutin saja. Impresi yg saya rasakan selama pemakaian adalah, mobil ini merupakan mobil yg all rounder , karena nyaman, bantingan suspensi empuk, row 2 dan row 3 lega , practical, serta masih enak untuk dikemudikan. Walaupun dari segi kenyamanan dan bantingan suspensi masih dibawah T32 dan soal handling , peforma , fitur, dan driving feel masih dibawah AN CX5, mobil ini cukup oke buat org yg mementingkan kenyamanan dan akomodasi, serta fiturnya juga cukup lengkap, dibandingkan dengan pendahulunya , yaitu RE dan RM + perpindahan cvtnya juga sigap dan smooth walaupun tarikan bawahnya agak kurang. Serta konsumsi BBM yg cukup irit (1:12-13 dalkot, which is cukup jauh daripada RE saya dulu yg cuma bisa 1:7-8 jika kaki sekolah), untuk BBM biasa menggunakan shell v power , dan kalau lg kepepet pake pertamax

Namun, seiring dengan berjalannya waktu, ada beberapa kelemahan, yaitu driving feelnya yg entah kenapa masih lebih enak RE saya dulu, nyetir mobil ini entah kenapa terasa kurang enak, mungkin biasa bawa cx5 kali ya wkkwwk. Selain itu, kelemahan di mobil ini juga ada di interior qualitynya, walaupun lebih baik daripada RE dan RM, buat saya masih kurang oke buat mobil 500jt, masih terasa kesan cheaponya di beberapa bagian, terutama dekat tuas transmisi dan doortrim belakang. Selain itu, peredaman mobil ini juga masih kurang oke buat mobil 500jt, saat dibawa diatas 80 KPJ di tol, suara mesin dan ban masuk semua, jauh jika dibandingkan dengan CX5 2013 saya dulu dan AN CX5 2018 yang saya pelihara sekarang bersama dengan CRV ini. Even, dibandingkan dengan xpander dan yaris joker yg harganya 2x lebih murah daripada crv ini, crv ini tetep terasa berisik kabinnya untuk ukuran mobil 500jt. Dan kelemahan terakhir ada di audionya. HU bawaannya bener2 lelet dan bapuk, lemotnya kebangetan + bass dan treblenya juga mendem, walaupun udah upgrade speaker dan power venom,jadi saya sarankan lebih baik ganti HU saja, mungkin kualitas suaranya akan lebih baik

Overall, dengan harga 502 (after disc) saat saya beli bulan juli tahun lalu, mobil ini masih terasa agak overprice buat saya, dengan kualitas audio, bq, dan peredaman yg gak seperti mobil 500jt. Namun di sisi lain, mobil ini juga cukup value for money jika anda tidak mementingkan kualitas interior dan road noise, karena semua kelemahannya itu terbayar dengan panoramic sunroof, bantingan supsensi yg empuk, kenyamanan, serta row 2 dan row 3 yg lega + storage yg banyak sehingga membuat mobil ini practical

Semoga saja mobil ini awet sampai 2 tahun mendatang

Udah upgrade power dan speaker tapi suara masih memble? Salah pilih installer audio kayanya. Wagon R dan HRV saya aja pakai HU Std, cuma upgrade speaker aja udah beda jauh suaranya. Begitu pakai prosesor, power monoblok, sub, dan speaker 2 way murah aja udah beda banget suaranya. Total ga abis 5 jt.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Owning Experience : 5 Months with All New CR-V Turbo RW1 Prestige 2019

Post by ChZ »

inspiroo wrote: Fri Aug 21, 2020 0:03 Saat ini Agustus 2020 juga tepat 5 bulan kami memakai CR-V Turbo yang non Prestige. Kami memutuskan membeli mobil ini untuk menggantikan Pajero Sport Dakar 2018 yang sudah kami jual karena penumpang (istri) yang kalau duduk di bangku belakang mengeluh limbung dan mabuk melulu.
Maka besar harapan kami pada CR-V yang ini memiliki tingkat kenyamanan yang lebih baik. Dan dari impresi awal memang kami merasa tidak salah pilih. Bantingan lembut suspensinya tidak disertai gejala rolling. Daya akomodasi ruangannya tidak kalah dengan Pajero Sport, relatip real-7seaters. Rasa mengemudinya (jadi ingat om Fitra Eri 😄) lebih presisi, lebih santai. Tenaganya lebih ngebut meski torsi saat ditanjakan tidak segarang Pajero Sport Dakar, tapi masih lulus2 saja melahap track aspal mulus pegunungan jalur ke Liwa-Lampung bahkan tidak pernah mengalami kesulitan untuk menyaip2 di tanjakan, mobil yang diisi 5 orang dewasa ini sepanjang lintasan bisa selalu di posisi terdepan...puass🤩
Kelemahan mobil ini menurut standar kebutuhan kami adalah masalah kekedapan kabin, apalagi saat di geber di jalan tol trans Sumatera yang beton itu... sangat berisik persis gemuruh kabin pesawat sedang mendarat di saat rodanya menyentuh landasan... Dan satu lagi, tidak dilengkapi sensor parkir.
Namun, dua kelemahan utama itu menurut strategi hitung2an kami dari saat sebelum memutuskan membelinya adalah kelemahan yang bisa diintervensi. Kalau misalnya kelemahannya berupa daya akomodasi (seperti yang melekat pada rivalnya) gak akan bisa kita intervensi kan?
Demikian sharing awam kami, CMIIW dan mohon masukan dari suhu2 di forum otomotif paling berbobot andalan saya ini, dengan view yang lebih proporsional dan profesional..
Oh ya, sampai hari ini kami belum juga memutuskan untuk memasang peredam, karena benar2 masih bingung pilih jenis peredam yang paling efektif, aspal ataukah butyl rubber? Mohon sarannya..🙏 Serayamotor forever💪👍
soal kekedapan coba ganti ban yang agak silent kelas continental 4x4 atau michelin latitude... dan tambah peredam aspal 1 layer saya rasa udah cukup meredam road noise.

btw beberapa hari ini kembali bandingin sama HRV di rumah krn adik saya udah selesai internship dokternya... jujur yah setelah ganti-ganti nyetir HR-V dan CR-V terasa sekali emang platform baru di CR-V ini peningkatannya cukup gila di sektor rigidity... pdhl set suspensi CR-V itu soft tapi handlingnya justru lebih enak daripada HR-V. front endnya lebih tajem, rear endnya lebih nurut.

nyetir HR-V justru lebih terasa kurangnya di sisi pengendalian. flexing chassis berlebih dan bagian depannya lebih terasa loose. platform HR-V ini emang sepertinya sangat bergantung dengan set suspensi maha keras seperti di Jazz GD atau GE... krn di jazz GK dan HRV yang suspensinya lebih empuk justru terasa kelemahan platform ini di sisi rigidity.

surprising mengingat di jalan gede CR-V terasa nggak lincah, ternyata masih lebih pede buat ditekuk di tikungan daripada adiknya yang lebih kecil... bener bener improvement yang radikal.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
inspiroo
Newbie
Newbie
Posts: 10
Joined: Mon Jun 12, 2017 22:49
Location: Bandar Lampung
Daily Vehicle: Mitsubishi

Re: Owning Experience : 5 Months with All New CR-V Turbo RW1 Prestige 2019

Post by inspiroo »

ChZ wrote: Fri Aug 21, 2020 2:57
inspiroo wrote: Fri Aug 21, 2020 0:03 Saat ini Agustus 2020 juga tepat 5 bulan kami memakai CR-V Turbo yang non Prestige. Kami memutuskan membeli mobil ini untuk menggantikan Pajero Sport Dakar 2018 yang sudah kami jual karena penumpang (istri) yang kalau duduk di bangku belakang mengeluh limbung dan mabuk melulu.
Maka besar harapan kami pada CR-V yang ini memiliki tingkat kenyamanan yang lebih baik. Dan dari impresi awal memang kami merasa tidak salah pilih. Bantingan lembut suspensinya tidak disertai gejala rolling. Daya akomodasi ruangannya tidak kalah dengan Pajero Sport, relatip real-7seaters. Rasa mengemudinya (jadi ingat om Fitra Eri 😄) lebih presisi, lebih santai. Tenaganya lebih ngebut meski torsi saat ditanjakan tidak segarang Pajero Sport Dakar, tapi masih lulus2 saja melahap track aspal mulus pegunungan jalur ke Liwa-Lampung bahkan tidak pernah mengalami kesulitan untuk menyaip2 di tanjakan, mobil yang diisi 5 orang dewasa ini sepanjang lintasan bisa selalu di posisi terdepan...puass🤩
Kelemahan mobil ini menurut standar kebutuhan kami adalah masalah kekedapan kabin, apalagi saat di geber di jalan tol trans Sumatera yang beton itu... sangat berisik persis gemuruh kabin pesawat sedang mendarat di saat rodanya menyentuh landasan... Dan satu lagi, tidak dilengkapi sensor parkir.
Namun, dua kelemahan utama itu menurut strategi hitung2an kami dari saat sebelum memutuskan membelinya adalah kelemahan yang bisa diintervensi. Kalau misalnya kelemahannya berupa daya akomodasi (seperti yang melekat pada rivalnya) gak akan bisa kita intervensi kan?
Demikian sharing awam kami, CMIIW dan mohon masukan dari suhu2 di forum otomotif paling berbobot andalan saya ini, dengan view yang lebih proporsional dan profesional..
Oh ya, sampai hari ini kami belum juga memutuskan untuk memasang peredam, karena benar2 masih bingung pilih jenis peredam yang paling efektif, aspal ataukah butyl rubber? Mohon sarannya..🙏 Serayamotor forever💪👍
soal kekedapan coba ganti ban yang agak silent kelas continental 4x4 atau michelin latitude... dan tambah peredam aspal 1 layer saya rasa udah cukup meredam road noise.

btw beberapa hari ini kembali bandingin sama HRV di rumah krn adik saya udah selesai internship dokternya... jujur yah setelah ganti-ganti nyetir HR-V dan CR-V terasa sekali emang platform baru di CR-V ini peningkatannya cukup gila di sektor rigidity... pdhl set suspensi CR-V itu soft tapi handlingnya justru lebih enak daripada HR-V. front endnya lebih tajem, rear endnya lebih nurut.

nyetir HR-V justru lebih terasa kurangnya di sisi pengendalian. flexing chassis berlebih dan bagian depannya lebih terasa loose. platform HR-V ini emang sepertinya sangat bergantung dengan set suspensi maha keras seperti di Jazz GD atau GE... krn di jazz GK dan HRV yang suspensinya lebih empuk justru terasa kelemahan platform ini di sisi rigidity.

surprising mengingat di jalan gede CR-V terasa nggak lincah, ternyata masih lebih pede buat ditekuk di tikungan daripada adiknya yang lebih kecil... bener bener improvement yang radikal.
Terimakasih om Chz rekomend ganti ban nya. Budget beli 4 ban baru bakal terasa banget tapi kalau daya ungkitnya signifikan layak dikejar kan? Tinggal ngumpulin dananya dulu😄. Btw, tentang pilihan sensor parkir saya juga lagi ingin pasang, urgent malahan. Tapi saat di toko ditawari macam2 jenisnya jadi bingung. Penampakan barang terkesan sama tapi rentang harga yang ditawarkan sampai berlipat2. Yang bikin ragu justru ada yang harganya kelewat murah...
Gara2 kebijakan JF (udah pensiun dari HPM dia ya? haha..) gak masang fitur sepenting sensor parkir saya jadi ngebahasnya di sini...mohon maaf SMers..🙏
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9523
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Owning Experience : 5 Months with All New CR-V Turbo RW1 Prestige 2019

Post by Suryaputra »

percaya gak percaya.. chassis rigidity di CRV RW masih lbh baik dibanding tiguan :D



soal peredaman sih banyak installer audio yg bisa solve the issue.

kombinasi aspal di lantai dan butyl rubber di pintu merupakan solusi yg ok.

butyl rubber yg bagus (merk noise kill) tahan panas dan emg lbh mahal dibanding peredam aspal spt automat, cmn lbh ringan.
biar gak terlalu nambahin berat.

aspal punya keunggulan untuk meredam NVH tapi berat bobotnya.
klo di pintu dikasih aspal, bs kalah lama2 engselnya :upss:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Owning Experience : 5 Months with All New CR-V Turbo RW1 Prestige 2019

Post by ChZ »

Suryaputra wrote: Fri Aug 21, 2020 4:33 percaya gak percaya.. chassis rigidity di CRV RW masih lbh baik dibanding tiguan :D



soal peredaman sih banyak installer audio yg bisa solve the issue.

kombinasi aspal di lantai dan butyl rubber di pintu merupakan solusi yg ok.

butyl rubber yg bagus (merk noise kill) tahan panas dan emg lbh mahal dibanding peredam aspal spt automat, cmn lbh ringan.
biar gak terlalu nambahin berat.

aspal punya keunggulan untuk meredam NVH tapi berat bobotnya.
klo di pintu dikasih aspal, bs kalah lama2 engselnya :upss:
malah makin kesini ane makin merasa suspensi CRV baru ini lebih ke arah firm side daripada soft side, krn tidak ada ngayun ngayun seperti pada HR-V di poldur. HR-V di poldur gampang banget kena stopper bagian depannya. CR-V lewat poldur tenang banget.

Bushing-bushing barunya ngurangin NVH kaki-kaki dan sasis, redaman shock yang less agressive jadi bikin mobil ini punya kesan lembut dibanding competitors, pdhl aslinya mobil ini punya handling yang cukup serius, even dibanding RE yang overglorified IMHO.

berasanya karena ane ganti-ganti dari Civic ke CRV tiap minggu, bahwa dibanding mobil yang "empuk" macem Xpander atau X-Trail yang tiap ketemu jalan kriting pasti ada sensasi bouncing dan juggling around (baca = ajrut-ajrutan), CR-V di jalan kriting justru jatohnya agak firm, sedikit kekocok, tapi reboundnya lebih lambat daripada RE atau RM.

makanya sayang banget honda indonesia itu tidak suka highlight bagian underpinnings dan driving experience seperti mazda... pdhl hal-hal seperti ini baru ketauan setelah merasakan mobilnya langsung. yah basis yang sama dipake di civic type R yang pake 20 inch profil 35 aja bisa lebih nyaman daripada FD2R yang pake 18 inch profil 40... hahahahahaha.

user kebanyakan cuma ngertinya tuas hobi patah dan head unit hobi ngehang...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Owning Experience : 5 Months with All New CR-V Turbo RW1 Prestige 2019

Post by ChZ »

inspiroo wrote: Fri Aug 21, 2020 4:22
Terimakasih om Chz rekomend ganti ban nya. Budget beli 4 ban baru bakal terasa banget tapi kalau daya ungkitnya signifikan layak dikejar kan? Tinggal ngumpulin dananya dulu😄. Btw, tentang pilihan sensor parkir saya juga lagi ingin pasang, urgent malahan. Tapi saat di toko ditawari macam2 jenisnya jadi bingung. Penampakan barang terkesan sama tapi rentang harga yang ditawarkan sampai berlipat2. Yang bikin ragu justru ada yang harganya kelewat murah...
Gara2 kebijakan JF (udah pensiun dari HPM dia ya? haha..) gak masang fitur sepenting sensor parkir saya jadi ngebahasnya di sini...mohon maaf SMers..🙏
yes betul actually ban itu punya pengaruh sangat besar ke kenyamanan dan kesenyapan... krn itu komponen yang first in contact dengan jalan.

kalau mau sedikit budget stau saya hankook atau falken cukup bagus urusan kenyamanan... klo dua ban bawaan CRV dueler H/L atau Dunlop sportmaxx emang dua duanya agak berisik tapi trade offnya sih treadwear awet terutama buat jalan indonesia... kebetulan saya juga pake non prestige dunlop sportmaxx dapetnya. cm mau mantap emang antara conti atau michelin.

sensor parkir tidak perlu yang mahal mahal, dr pengalaman pasang yang murah2 juga udah bagus.

tp klo buat CRV saya lebih suka upgrade HU sekalian yang sudah ada built in reverse camera nya :big_grin: sayang bgt built in reverse cam di HU bawaan low res sekali, pdhl layarnya besar enak banget liatnya.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Owning Experience : 5 Months with All New CR-V Turbo RW1 Prestige 2019

Post by maastricht889 »

inspiroo wrote: Fri Aug 21, 2020 4:22
ChZ wrote: Fri Aug 21, 2020 2:57
inspiroo wrote: Fri Aug 21, 2020 0:03 Saat ini Agustus 2020 juga tepat 5 bulan kami memakai CR-V Turbo yang non Prestige. Kami memutuskan membeli mobil ini untuk menggantikan Pajero Sport Dakar 2018 yang sudah kami jual karena penumpang (istri) yang kalau duduk di bangku belakang mengeluh limbung dan mabuk melulu.
Maka besar harapan kami pada CR-V yang ini memiliki tingkat kenyamanan yang lebih baik. Dan dari impresi awal memang kami merasa tidak salah pilih. Bantingan lembut suspensinya tidak disertai gejala rolling. Daya akomodasi ruangannya tidak kalah dengan Pajero Sport, relatip real-7seaters. Rasa mengemudinya (jadi ingat om Fitra Eri 😄) lebih presisi, lebih santai. Tenaganya lebih ngebut meski torsi saat ditanjakan tidak segarang Pajero Sport Dakar, tapi masih lulus2 saja melahap track aspal mulus pegunungan jalur ke Liwa-Lampung bahkan tidak pernah mengalami kesulitan untuk menyaip2 di tanjakan, mobil yang diisi 5 orang dewasa ini sepanjang lintasan bisa selalu di posisi terdepan...puass🤩
Kelemahan mobil ini menurut standar kebutuhan kami adalah masalah kekedapan kabin, apalagi saat di geber di jalan tol trans Sumatera yang beton itu... sangat berisik persis gemuruh kabin pesawat sedang mendarat di saat rodanya menyentuh landasan... Dan satu lagi, tidak dilengkapi sensor parkir.
Namun, dua kelemahan utama itu menurut strategi hitung2an kami dari saat sebelum memutuskan membelinya adalah kelemahan yang bisa diintervensi. Kalau misalnya kelemahannya berupa daya akomodasi (seperti yang melekat pada rivalnya) gak akan bisa kita intervensi kan?
Demikian sharing awam kami, CMIIW dan mohon masukan dari suhu2 di forum otomotif paling berbobot andalan saya ini, dengan view yang lebih proporsional dan profesional..
Oh ya, sampai hari ini kami belum juga memutuskan untuk memasang peredam, karena benar2 masih bingung pilih jenis peredam yang paling efektif, aspal ataukah butyl rubber? Mohon sarannya..🙏 Serayamotor forever💪👍
soal kekedapan coba ganti ban yang agak silent kelas continental 4x4 atau michelin latitude... dan tambah peredam aspal 1 layer saya rasa udah cukup meredam road noise.

btw beberapa hari ini kembali bandingin sama HRV di rumah krn adik saya udah selesai internship dokternya... jujur yah setelah ganti-ganti nyetir HR-V dan CR-V terasa sekali emang platform baru di CR-V ini peningkatannya cukup gila di sektor rigidity... pdhl set suspensi CR-V itu soft tapi handlingnya justru lebih enak daripada HR-V. front endnya lebih tajem, rear endnya lebih nurut.

nyetir HR-V justru lebih terasa kurangnya di sisi pengendalian. flexing chassis berlebih dan bagian depannya lebih terasa loose. platform HR-V ini emang sepertinya sangat bergantung dengan set suspensi maha keras seperti di Jazz GD atau GE... krn di jazz GK dan HRV yang suspensinya lebih empuk justru terasa kelemahan platform ini di sisi rigidity.

surprising mengingat di jalan gede CR-V terasa nggak lincah, ternyata masih lebih pede buat ditekuk di tikungan daripada adiknya yang lebih kecil... bener bener improvement yang radikal.
Terimakasih om Chz rekomend ganti ban nya. Budget beli 4 ban baru bakal terasa banget tapi kalau daya ungkitnya signifikan layak dikejar kan? Tinggal ngumpulin dananya dulu😄. Btw, tentang pilihan sensor parkir saya juga lagi ingin pasang, urgent malahan. Tapi saat di toko ditawari macam2 jenisnya jadi bingung. Penampakan barang terkesan sama tapi rentang harga yang ditawarkan sampai berlipat2. Yang bikin ragu justru ada yang harganya kelewat murah...
Gara2 kebijakan JF (udah pensiun dari HPM dia ya? haha..) gak masang fitur sepenting sensor parkir saya jadi ngebahasnya di sini...mohon maaf SMers..🙏
Sangat layak dikejar advantagenya kalo ban om, apalg naksirnya ke michelin primacy suv/latitude. Mungkin cm karet bunder warna item, tapi efeknya paling kerasa dibanding peredam lantai in terms of handling, road noise, steering feel, confidence overtaking/speeding di jalan toll. Ato setidaknya scr umum cari ban pengganti yg ga mahal2 tp cukup oke kaya falken ato hankook, minimal merknya jelas dan nggak se crappy merk2 lokal yg itu.
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Owning Experience : 5 Months with All New CR-V Turbo RW1 Prestige 2019

Post by Pboyz97 »

FU27 wrote: Fri Aug 21, 2020 2:45


Udah upgrade power dan speaker tapi suara masih memble? Salah pilih installer audio kayanya. Wagon R dan HRV saya aja pakai HU Std, cuma upgrade speaker aja udah beda jauh suaranya. Begitu pakai prosesor, power monoblok, sub, dan speaker 2 way murah aja udah beda banget suaranya. Total ga abis 5 jt.
Makasih masukannya om
inspiroo wrote: Fri Aug 21, 2020 0:03 Saat ini Agustus 2020 juga tepat 5 bulan kami memakai CR-V Turbo yang non Prestige. Kami memutuskan membeli mobil ini untuk menggantikan Pajero Sport Dakar 2018 yang sudah kami jual karena penumpang (istri) yang kalau duduk di bangku belakang mengeluh limbung dan mabuk melulu.
Maka besar harapan kami pada CR-V yang ini memiliki tingkat kenyamanan yang lebih baik. Dan dari impresi awal memang kami merasa tidak salah pilih. Bantingan lembut suspensinya tidak disertai gejala rolling. Daya akomodasi ruangannya tidak kalah dengan Pajero Sport, relatip real-7seaters. Rasa mengemudinya (jadi ingat om Fitra Eri 😄) lebih presisi, lebih santai. Tenaganya lebih ngebut meski torsi saat ditanjakan tidak segarang Pajero Sport Dakar, tapi masih lulus2 saja melahap track aspal mulus pegunungan jalur ke Liwa-Lampung bahkan tidak pernah mengalami kesulitan untuk menyaip2 di tanjakan, mobil yang diisi 5 orang dewasa ini sepanjang lintasan bisa selalu di posisi terdepan...puass🤩
Kelemahan mobil ini menurut standar kebutuhan kami adalah masalah kekedapan kabin, apalagi saat di geber di jalan tol trans Sumatera yang beton itu... sangat berisik persis gemuruh kabin pesawat sedang mendarat di saat rodanya menyentuh landasan... Dan satu lagi, tidak dilengkapi sensor parkir.
Namun, dua kelemahan utama itu menurut strategi hitung2an kami dari saat sebelum memutuskan membelinya adalah kelemahan yang bisa diintervensi. Kalau misalnya kelemahannya berupa daya akomodasi (seperti yang melekat pada rivalnya) gak akan bisa kita intervensi kan?
Demikian sharing awam kami, CMIIW dan mohon masukan dari suhu2 di forum otomotif paling berbobot andalan saya ini, dengan view yang lebih proporsional dan profesional..
Oh ya, sampai hari ini kami belum juga memutuskan untuk memasang peredam, karena benar2 masih bingung pilih jenis peredam yang paling efektif, aspal ataukah butyl rubber? Mohon sarannya..🙏 Serayamotor forever💪👍
Nice review om. Kalo dibanding ANPS, CRV memang lebih nyaman dan empuk, biarpun tarikan dan driving feelnya gak sebagus ANPS karena 8 speed hehehe. Kalo minus di peredaman saya setuju, CRV turbo ini merupakan mobil yg paling berisik kabinnya diantara semua mobil yg ada dirumah (AN CX5, xpander dan yaris joker). Kalo di tol, apalagi diatas 80 kpj, suara mesin dan suara ban masuk semua, seperti mobil yg gak ada peredam sama sekali. Wkwwk. Tapi secara overall, mobil ini cocok buat org yg menginginkan kenyamanan, akomodasi, dan bantingan suspensi, tapi tidak mengorbankan keasyikan mengemudi walaupun driving feelnya gak seenak AN CX5 dan ANPS menurut saya
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
Venturtle
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2107
Joined: Wed Jan 25, 2017 9:12

Re: Owning Experience : 5 Months with All New CR-V Turbo RW1 Prestige 2019

Post by Venturtle »

nice review, om :off_good_job:
mantap foto fotonya om..lengkap sekali :big_exellent:
Venturtle
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2107
Joined: Wed Jan 25, 2017 9:12

Re: Owning Experience : 5 Months with All New CR-V Turbo RW1 Prestige 2019

Post by Venturtle »

Venturtle wrote: Sat Oct 24, 2020 4:17 nice review, om :off_good_job:
mantap foto fotonya om..lengkap sekali :big_exellent:
oh ya, kamera mundurnya uda ada garis bantu? kalo ada, apakah garis bantunya masih statis atau sudah berbelok mengikuti arah setir ? thanks :big_smile]
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Owning Experience : 5 Months with All New CR-V Turbo RW1 Prestige 2019

Post by Pboyz97 »

Venturtle wrote: Sat Oct 24, 2020 7:43
Venturtle wrote: Sat Oct 24, 2020 4:17 nice review, om :off_good_job:
mantap foto fotonya om..lengkap sekali :big_exellent:
oh ya, kamera mundurnya uda ada garis bantu? kalo ada, apakah garis bantunya masih statis atau sudah berbelok mengikuti arah setir ? thanks :big_smile]
udah ada om, kayanya masih statis deh seinget saya
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Owning Experience : 5 Months with All New CR-V Turbo RW1 Prestige 2019

Post by Pboyz97 »

UPDATE

Setelah pemakaian selama 4 tahun & km sekitar 59rban. Cukup puas makenya. Bantingan empuk, nyaman, lega , tapi masih enak disetir. Tuas transmisi jg masih solid & gaada yg copot, paling cuma rattle aja di doortrim kiri sm dasbor kiri depan . BBM jg selalu pertabo dari baru - sekarang.

And THIS CAR IS FOR sale. Bagi yang berminat, bisa PM saya. Terima kasih

Dijual Honda CRV Turbo Prestige 2019
- tangan pertama dari baru atas nama pribadi perorangan
- Tipe tertinggi
- Warna putih (warna favorit)
- km 59rb asli record on going
- buku manual buku servis lengkap
- ban tebal siap luar kota siap luar pulau
- plat B
- dijamin bukan bekas laka maupun banjir
- pajak Panjang bulan 07/23
- kaleng panjang sampai bulan 07/24
- matic responsif
- mesin kering no rembes
- elektrikal sehat
- surat” lengkap
- ac dingin
- jaminan siap pakai
Harga 420 jt nego (kondisi apa adanya). Nego pajak saja🙏
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV