2011 VW Golf 1.4 TSI MK6 Review - Is it still worth it?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3690
- Joined: Thu Jul 03, 2014 1:13
Re: 2011 VW Golf 1.4 TSI MK6 Review - Is it still worth it?
Wah boil baru....
Tinggal ayahnya chz tiba2 beli VW Golf GTI
Tinggal ayahnya chz tiba2 beli VW Golf GTI
2017 Ignis
2021 HRV SE Improvement
2021 HRV SE Improvement
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 426
- Joined: Sat Jan 12, 2008 12:45
- Location: Bekasi
- Daily Vehicle: ANKI 2GD-2019
Re: 2011 VW Golf 1.4 TSI MK6 Review - Is it still worth it?
Selamat ya om Chris mobil idaman nya kesampaian:).ChZ wrote:Serba serbi Civic bisa dibaca disini oom... viewtopic.php?f=19&t=2633412punch wrote: ↑Wed Jan 29, 2020 8:27
wuiihh cakeepp, btw yg isu oli suka abis di Civic Turbo itu gmn om Chz kelanjutannya?
ane nyari2 jawabannnya tp tidak ketemuu..
ada thread review civicnya kah om? mau baca2 wkwk
wah ngeri juga ya 100.000 km uda abis 100 juta
untuk ford ane dari 2012, uda jalan 88km transmisi masih aman wkwk, tcm ud kena ganti tp msh warranty
lever dry clutchnya nih yg 13 juta jangan sampe kena deh..
update info terbaru dari mbah bebonk, itu oil life meter ternyata memang ngikutin flow bbm, jadi kejawab sekarang kalo sering kena macet - macet ya pasti cepet turunnya. Punya saya si jatohnya selalu 5000-an. Civic CRV sama. CRV saya ngetes cruising luar kota PP cuma berkurang 200 KM di meternya padahal jalan 800km ++.
100 juta itu yang mahal ganti clutch 2x, ganti flywheel, engine mounting, mechatronic (30jt), pokoknya serem dan ganti mecha nya pas udah gak garansi, kayaknya gak dapet goodwill juga dari VW.
sisanya per servis 5 juta 5 juta... sisanya kalo part kaki-kaki macem shock absorber depannya murah sih 3.5juta ... jepang kelas Civic juga segitu. brake pads juga nggak mahal dibanding jepangan sekelas.
Btw papa nya komen apa om setelah bawa mobil nya:)
Boleh tau apa alasan vw nya ga kasih Goodwill ya untuk DSG. Apa di modif?
-
- SM Specialist
- Posts: 15530
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: 2011 VW Golf 1.4 TSI MK6 Review - Is it still worth it?
amiiin
dibilang larinya kenceng ampe serem, handlingnya ma stabilnya juga enak cm dibilang suspensi agak kerasiwansiagian wrote: ↑Thu Jan 30, 2020 3:22 Selamat ya om Chris mobil idaman nya kesampaian:).
Btw papa nya komen apa om setelah bawa mobil nya:)
Boleh tau apa alasan vw nya ga kasih Goodwill ya untuk DSG. Apa di modif?
saya jg kurang tau oom... ngga sih kalo modifan, 100% stock. Cuma saya liat di tagihan serpis nya ada ganti mecha.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11314
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
-
- SM Specialist
- Posts: 15530
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: 2011 VW Golf 1.4 TSI MK6 Review - Is it still worth it?
bokap ane ngomong kalo power jauh di Civic lebih kenceng um apalg pny ane udah di remap,
cm kalo rasa G-force dari putaran bawah nya lebih dapet di Golf makanya lbh berasa lagian bokap jarang bawa Civic um, doi hari-hari pake Xpander
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2525
- Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
- Location: Indonesia
Re: 2011 VW Golf 1.4 TSI MK6 Review - Is it still worth it?
Njir, gw baru tau ada thread review ini.... waduhh beli mobil german si chriz... usia 8 thn pula... gimana nih sesama tukang koar-koar endless money pits diforum. Melihara endless money pits jg ujung2nya wakakakaka
Btw congratsss dulu donkkk, buat mobil barunya
Semua tulisan review bro chriz, udah mewakili banget pendapat gw ttng mobil eropa. Couldn't agree more.
"European car drives like a dream, but breaks like a nightmare"
Ada duit monggo beli, pelihara, nikmati driving pleasurenya. Duit pas-pas-an jangan pernah coba-coba beli mentang2 harga bekas udah murah. Nanti auto jd kaum duafa kalo kata om NR hahahahahahaha
Moga2 panjang umurnya golf nya ditangan kluarga ente. Gw yakin kalo ente psti bisa ngerawat. Petrol head sejati pasti udah tau seluk beluk, kelemahan, kelebihan suatu unit kendaraan yg jd incaran. Dan udh siapin budgetnya jg untuk ngerawat.
Sekali lagi, congrats.
Btw congratsss dulu donkkk, buat mobil barunya
Semua tulisan review bro chriz, udah mewakili banget pendapat gw ttng mobil eropa. Couldn't agree more.
"European car drives like a dream, but breaks like a nightmare"
Ada duit monggo beli, pelihara, nikmati driving pleasurenya. Duit pas-pas-an jangan pernah coba-coba beli mentang2 harga bekas udah murah. Nanti auto jd kaum duafa kalo kata om NR hahahahahahaha
Moga2 panjang umurnya golf nya ditangan kluarga ente. Gw yakin kalo ente psti bisa ngerawat. Petrol head sejati pasti udah tau seluk beluk, kelemahan, kelebihan suatu unit kendaraan yg jd incaran. Dan udh siapin budgetnya jg untuk ngerawat.
Sekali lagi, congrats.
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure
Sheer Repairing Pleasure
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 61
- Joined: Tue May 17, 2016 9:37
Re: 2011 VW Golf 1.4 TSI MK6 Review - Is it still worth it?
Sorry oot oom2, tapi agak nyambung juga. Kalo golf mk7 1.4 tsi gmn om feel riding dan reliability nya?
-
- SM Specialist
- Posts: 15530
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: 2011 VW Golf 1.4 TSI MK6 Review - Is it still worth it?
hahahahahha lo muncul jg kemariKielConstantine wrote: ↑Sun Feb 16, 2020 21:21 Njir, gw baru tau ada thread review ini.... waduhh beli mobil german si chriz... usia 8 thn pula... gimana nih sesama tukang koar-koar endless money pits diforum. Melihara endless money pits jg ujung2nya wakakakaka
Btw congratsss dulu donkkk, buat mobil barunya
Semua tulisan review bro chriz, udah mewakili banget pendapat gw ttng mobil eropa. Couldn't agree more.
"European car drives like a dream, but breaks like a nightmare"
Ada duit monggo beli, pelihara, nikmati driving pleasurenya. Duit pas-pas-an jangan pernah coba-coba beli mentang2 harga bekas udah murah. Nanti auto jd kaum duafa kalo kata om NR hahahahahahaha
Moga2 panjang umurnya golf nya ditangan kluarga ente. Gw yakin kalo ente psti bisa ngerawat. Petrol head sejati pasti udah tau seluk beluk, kelemahan, kelebihan suatu unit kendaraan yg jd incaran. Dan udh siapin budgetnya jg untuk ngerawat.
Sekali lagi, congrats.
pokoknya lucu deh ini mobil yang bikin si babeh yang super cuek kalo beli mobil bekas ngecek record aja ogah taunya cm deal deal harga di showroom, tiba-tiba nyuruh ane cek record di beres
liat total biaya perbaikannya ngeri-ngeri sedap, apalagi liat berekor-ekor Caravelle dan seekor A6 keluaran mayan baru... 2013 kayaknya... mangkrak di stall perbaikan bikin ane ketar-ketir juga
nanya orang VW Surabaya malah dibilang "udah skip aja jangan deh kalo TSI MK6, lo cari GTI aja lebih badak"
tapi krn emang udah ngidam dari awal nih benda nongol... si babeh jg mupeng banget... ya udahlah angkut aja just for fun ngerasain nyetir jerman lagi setelah lama gak miara jerman sejak 10th yang lalu.
itung-itung udh masuk usia-usia pengen nikmatin hidup kali jd pengen ngerasain nikmatnya bawa jerman... yah emang hrs diakui nikmat sih
malah doi skrg kepikir pengen Tiguan... duh gawat kena karma kebanyakan ngeroast endless money pit skrg malah jadi demen miara
MK7 seingat saya lebih halus, ride nya jg lebih smooth.... ini yang CBU ya (velg 18) jd agak keras... yang SKD (velg 17) lebih empuk harusnya.
Reliability kayaknya better... ada dimari yg bilang yang bikin DSGnya si MK6 kerja lebih keras krn dia punya supercharger... stress di gearboxnya lebih tinggi.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11314
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: 2011 VW Golf 1.4 TSI MK6 Review - Is it still worth it?
sungguh berat tugas yg diemban mobil golf mk vi itu. menjaga brand image vw
kl sampe zonk bakal dicaci maki di forum sm om chz
kl sampe zonk bakal dicaci maki di forum sm om chz
-
- SM Specialist
- Posts: 15530
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: 2011 VW Golf 1.4 TSI MK6 Review - Is it still worth it?
wkwkwwkkw brand image VW sudah tercemar dengan skandal dieselgate untung ini bensin.
tenang aja di sini sudah banyak yang hobi ngeroast merek jerman
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 161
- Joined: Tue Jul 19, 2016 15:22
Re: 2011 VW Golf 1.4 TSI MK6 Review - Is it still worth it?
Wah congrats om mk6 nya. Jadi nostalgia (dan keinget horrornya) dulu piara rocco 1.4 tsi dgn mesin dan gearbox yg sama. Setuju dengan semua poin di reviewnya, emang mobil ini enak buat daily dan dsg nya itu addictive bgt. Walau reliability nya bukan yg terbaik tapi terbayar dgn driving experience yg luar biasa, apalagi harga mk6 tsi skrg udah menggoda banget.
Ohya om, kalo saran dr saya minumnya kasih pertabo ya soalnya temen ada yg punya mk6 diisi pertamax biasa dr baru pistonnya pecah setelah 4 tahun. Terus juga kalo macet usahain pindah ke tiptronic biar mecha nya ga panas dan DSG oil wajib ganti setiap 40k km/3 tahun. Soal power emang kalo std masih enak civic turbo, tp kalo mau lbh nendang lagi reflash stage 1 aja om (ga recommend stage 2 dgn stock dsg software, bahaya). Ganti oli juga usahain setiap 8k km/6 bulan.
Sekian om dari saya. Enjoy your new DSG Pocket Rocket.
Ohya om, kalo saran dr saya minumnya kasih pertabo ya soalnya temen ada yg punya mk6 diisi pertamax biasa dr baru pistonnya pecah setelah 4 tahun. Terus juga kalo macet usahain pindah ke tiptronic biar mecha nya ga panas dan DSG oil wajib ganti setiap 40k km/3 tahun. Soal power emang kalo std masih enak civic turbo, tp kalo mau lbh nendang lagi reflash stage 1 aja om (ga recommend stage 2 dgn stock dsg software, bahaya). Ganti oli juga usahain setiap 8k km/6 bulan.
Sekian om dari saya. Enjoy your new DSG Pocket Rocket.
-
- SM Specialist
- Posts: 15530
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: 2011 VW Golf 1.4 TSI MK6 Review - Is it still worth it?
kalo soal bensin ane selalu strict mobil berturbo pasti pertabo, cm kemarin sekali diisi 92 ama si babeh krn doi bilang gak ada pertabo di SPBUnyaturbine888 wrote: ↑Wed Feb 19, 2020 7:43 Wah congrats om mk6 nya. Jadi nostalgia (dan keinget horrornya) dulu piara rocco 1.4 tsi dgn mesin dan gearbox yg sama. Setuju dengan semua poin di reviewnya, emang mobil ini enak buat daily dan dsg nya itu addictive bgt. Walau reliability nya bukan yg terbaik tapi terbayar dgn driving experience yg luar biasa, apalagi harga mk6 tsi skrg udah menggoda banget.
Ohya om, kalo saran dr saya minumnya kasih pertabo ya soalnya temen ada yg punya mk6 diisi pertamax biasa dr baru pistonnya pecah setelah 4 tahun. Terus juga kalo macet usahain pindah ke tiptronic biar mecha nya ga panas dan DSG oil wajib ganti setiap 40k km/3 tahun. Soal power emang kalo std masih enak civic turbo, tp kalo mau lbh nendang lagi reflash stage 1 aja om (ga recommend stage 2 dgn stock dsg software, bahaya). Ganti oli juga usahain setiap 8k km/6 bulan.
Sekian om dari saya. Enjoy your new DSG Pocket Rocket.
iya saya juga dikasih saran ama beres kalo merayap pindahin ke mode tiptronic, malah nanjak juga ane usahain pake tiptronic biar mengurangi clutch engage-disengage nya.
sialnya civic turbo ane udah remap juga, ini masih std mau reflash si babeh masih pengen nikmatin standaran belum kena racun pdhl ane udah bayangin pengen ada kentut kentut DSG nya... agak menyalahi kodrat Golf sebagai mobil mainan kalo dibiarin standar, gimana gituuuu...
stage 2 bahaya kalo kena clutch yak?
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 762
- Joined: Sun Apr 26, 2009 16:30
Re: 2011 VW Golf 1.4 TSI MK6 Review - Is it still worth it?
maap numpang nanya dong, reflash itu diapain ya? sama gak dengan remap?
-
- SM Specialist
- Posts: 15530
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: 2011 VW Golf 1.4 TSI MK6 Review - Is it still worth it?
Reflash itu sebenernya bahasa lain untuk remap, oom.
Cuma di mobil-mobil Eropa lebih terkenal istilah reflash karena rata-rata programnya tidak customized, biasanya hanya ngambil dari tuner luar negeri (untuk VW ada ABT, McChip DKR, dll).
remap itu proses tuningnya (re-map) sedangkan reflash itu ya proses masukin setelan barunya (flash). CMIIW.
btw mau sedikit update...
dalam sebulanan ini sudah ada 1x ke bengkel kaki-kaki, nyariin bunyi-bunyian, kata bengkelnya cuma butuh dikasih grease saja, masalah selesai, kaki-kaki dan steering tidak ada bunyi asing lagi.
utk masalah kriyet-kriyet interior kemarin beli karet tambahan untuk doortrim dan panel pintu, masalah kedua muncul karena ini karet ngga orisinil (beli murah aja di toped), pintunya jadi agak susah dibuka untuk karet-karet pintu ini masih jadi PR, tapi sementara begini dulu deh biar senyap, ganti karet-karet pintu nanya di dealer VW 8 juta buat 4 pintu, serem amat
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 495
- Joined: Wed Jan 02, 2008 5:19
- Location: Southern Batavia
- Daily Vehicle: Toyota Camry V6 35Q Mitsubishi Xpander Chevrolet Trax
Re: 2011 VW Golf 1.4 TSI MK6 Review - Is it still worth it?
Whoa, jarang nongol, pas nongol ada review bergizi
satu yg gw ambil dari review ini, yaitu jika kepingin minang VW golep dkk lebih baik ambil mileage gondrong namun record jelas dan mechatronic udah diganti, daripada beli garage queen low miles tapi harus siap2 dompet kena bencana longsor
soalnya di sosmed banyak bgt makelar mobil pada jualan mobil2 eropa ber-mileage rendah yg kondisinya bening2 usia 8-10 thn yg harganya udah pada murah, dan gue sempet tertarik juga
btw, selamat menikmati mobil barunya bro chris
satu yg gw ambil dari review ini, yaitu jika kepingin minang VW golep dkk lebih baik ambil mileage gondrong namun record jelas dan mechatronic udah diganti, daripada beli garage queen low miles tapi harus siap2 dompet kena bencana longsor
soalnya di sosmed banyak bgt makelar mobil pada jualan mobil2 eropa ber-mileage rendah yg kondisinya bening2 usia 8-10 thn yg harganya udah pada murah, dan gue sempet tertarik juga
btw, selamat menikmati mobil barunya bro chris
Increase speed = increase Risk
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9621
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: 2011 VW Golf 1.4 TSI MK6 Review - Is it still worth it?
Nilai tukar uang Rupiah x Euro, gak boong kok broChZ wrote: ↑Thu Feb 27, 2020 6:15Reflash itu sebenernya bahasa lain untuk remap, oom.
Cuma di mobil-mobil Eropa lebih terkenal istilah reflash karena rata-rata programnya tidak customized, biasanya hanya ngambil dari tuner luar negeri (untuk VW ada ABT, McChip DKR, dll).
remap itu proses tuningnya (re-map) sedangkan reflash itu ya proses masukin setelan barunya (flash). CMIIW.
btw mau sedikit update...
dalam sebulanan ini sudah ada 1x ke bengkel kaki-kaki, nyariin bunyi-bunyian, kata bengkelnya cuma butuh dikasih grease saja, masalah selesai, kaki-kaki dan steering tidak ada bunyi asing lagi.
utk masalah kriyet-kriyet interior kemarin beli karet tambahan untuk doortrim dan panel pintu, masalah kedua muncul karena ini karet ngga orisinil (beli murah aja di toped), pintunya jadi agak susah dibuka untuk karet-karet pintu ini masih jadi PR, tapi sementara begini dulu deh biar senyap, ganti karet-karet pintu nanya di dealer VW 8 juta buat 4 pintu, serem amat
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 161
- Joined: Tue Jul 19, 2016 15:22
Re: 2011 VW Golf 1.4 TSI MK6 Review - Is it still worth it?
Iya om kalo stage 2 tanpa DSG reflash takutnya mecha, flywheel, sama clutch pada rontok semua hehehe.ChZ wrote:kalo soal bensin ane selalu strict mobil berturbo pasti pertabo, cm kemarin sekali diisi 92 ama si babeh krn doi bilang gak ada pertabo di SPBUnyaturbine888 wrote: ↑Wed Feb 19, 2020 7:43 Wah congrats om mk6 nya. Jadi nostalgia (dan keinget horrornya) dulu piara rocco 1.4 tsi dgn mesin dan gearbox yg sama. Setuju dengan semua poin di reviewnya, emang mobil ini enak buat daily dan dsg nya itu addictive bgt. Walau reliability nya bukan yg terbaik tapi terbayar dgn driving experience yg luar biasa, apalagi harga mk6 tsi skrg udah menggoda banget.
Ohya om, kalo saran dr saya minumnya kasih pertabo ya soalnya temen ada yg punya mk6 diisi pertamax biasa dr baru pistonnya pecah setelah 4 tahun. Terus juga kalo macet usahain pindah ke tiptronic biar mecha nya ga panas dan DSG oil wajib ganti setiap 40k km/3 tahun. Soal power emang kalo std masih enak civic turbo, tp kalo mau lbh nendang lagi reflash stage 1 aja om (ga recommend stage 2 dgn stock dsg software, bahaya). Ganti oli juga usahain setiap 8k km/6 bulan.
Sekian om dari saya. Enjoy your new DSG Pocket Rocket.
iya saya juga dikasih saran ama beres kalo merayap pindahin ke mode tiptronic, malah nanjak juga ane usahain pake tiptronic biar mengurangi clutch engage-disengage nya.
sialnya civic turbo ane udah remap juga, ini masih std mau reflash si babeh masih pengen nikmatin standaran belum kena racun pdhl ane udah bayangin pengen ada kentut kentut DSG nya... agak menyalahi kodrat Golf sebagai mobil mainan kalo dibiarin standar, gimana gituuuu...
stage 2 bahaya kalo kena clutch yak?
-
- SM Specialist
- Posts: 15530
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: 2011 VW Golf 1.4 TSI MK6 Review - Is it still worth it?
wah ada oom JoseJose wrote: ↑Thu Feb 27, 2020 12:25 Whoa, jarang nongol, pas nongol ada review bergizi
satu yg gw ambil dari review ini, yaitu jika kepingin minang VW golep dkk lebih baik ambil mileage gondrong namun record jelas dan mechatronic udah diganti, daripada beli garage queen low miles tapi harus siap2 dompet kena bencana longsor
soalnya di sosmed banyak bgt makelar mobil pada jualan mobil2 eropa ber-mileage rendah yg kondisinya bening2 usia 8-10 thn yg harganya udah pada murah, dan gue sempet tertarik juga
btw, selamat menikmati mobil barunya bro chris
sependapat, itu yang ane pikirkan waktu ngecek record mobil ini, odo lumayan gondrong justru punya bayangan gimana reliability mobil ini untuk long-term, apalagi buat mobil yang punya "cacat" bawaan mending ambil odo gondrong yang terawat krn pasti dipake daripada garage queen, dan sial sialnya penyakit udah dialami ama pemilik lamanya
Byk cerita mobil jerman jadi garage queen malah errornya muncul semua
maklum biasa piara LCGC jepangan ya gini deh
iya itu 3 komponen kayaknya emang yang paling rawan di VW bermesin dual charger dengan dry clutch yakturbine888 wrote: ↑Thu Feb 27, 2020 13:49 Iya om kalo stage 2 tanpa DSG reflash takutnya mecha, flywheel, sama clutch pada rontok semua hehehe.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- SM Specialist
- Posts: 15530
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: 2011 VW Golf 1.4 TSI MK6 Review - Is it still worth it?
Update service pertama sejak dapat.
Odometer tercatat 106.000 pas. karena service reminder sudah mengingatkan untuk servis baiknya kita turuti saja... btw standar servis berkala VW adalah 10.000 km / 1 thn.
Sblm serpis karena pengalaman pertama pegang VW, nanya ke beres estimasi biaya... dan lumayan... shocked dengan biayanya. akhirnya ane melipir keluar beres sambil bilang mau ngabarin lg
singkat cerita nanya second opinion ke saudara ane, yg punya kenji auto station semarang... bisa dikerjakan dengan selisih yang.... lumayan. Jadi item pengerjaan mengikuti std beres tapi dikerjakan sendiri....
- Oli Lupromax Hyperion 5W-40 (5liter x 185k = 925k).
- Ganti filter oli (180k)
- Busi NGK (4 pcs x 280k = 1.120k)
- Fan belt ( 475k )
- Filter BBM ( 495k)
- High flow air filter APEX (625k)
- Lupromax additive (100k)
- Carbon cleaner (120k)
- Ongkos kerja (400k)
Total 4.440k. Hemat 1.5juta dibanding dikerjain di beres (Estimasi beres 5.930k)
sejauh ini masih memuaskan dan cukup blm ada masalah... terakhir masalah benerin kain di plafon yang rada lepas.
Odometer tercatat 106.000 pas. karena service reminder sudah mengingatkan untuk servis baiknya kita turuti saja... btw standar servis berkala VW adalah 10.000 km / 1 thn.
Sblm serpis karena pengalaman pertama pegang VW, nanya ke beres estimasi biaya... dan lumayan... shocked dengan biayanya. akhirnya ane melipir keluar beres sambil bilang mau ngabarin lg
singkat cerita nanya second opinion ke saudara ane, yg punya kenji auto station semarang... bisa dikerjakan dengan selisih yang.... lumayan. Jadi item pengerjaan mengikuti std beres tapi dikerjakan sendiri....
- Oli Lupromax Hyperion 5W-40 (5liter x 185k = 925k).
- Ganti filter oli (180k)
- Busi NGK (4 pcs x 280k = 1.120k)
- Fan belt ( 475k )
- Filter BBM ( 495k)
- High flow air filter APEX (625k)
- Lupromax additive (100k)
- Carbon cleaner (120k)
- Ongkos kerja (400k)
Total 4.440k. Hemat 1.5juta dibanding dikerjain di beres (Estimasi beres 5.930k)
sejauh ini masih memuaskan dan cukup blm ada masalah... terakhir masalah benerin kain di plafon yang rada lepas.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7