2011 VW Golf 1.4 TSI MK6 Review - Is it still worth it?

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15537
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

2011 VW Golf 1.4 TSI MK6 Review - Is it still worth it?

Post by ChZ »

What is it like to own a 8 y.o. German Hatchback ?

Beklahh mungkin beberapa orang disini sangat hapal kalo ane juga hobi nge-roast mobil yang tergolong endless money pit, and also, a Honda lover. Lalu kenapa ngambil VW yang udah terkenal endless money pit - berusia 8 tahun lagi!

Image

Well well… I think my dad is in his mid-life crisis :mky_03: , ceritanya si babeh emang lagi ngidam mobil sebiji buat hobi. Jelas bukan buat kaki sehari-hari (kalo kaki sehari-hari sdh ada Xpander, big no, gak make sense beli hatchback eropa 8 taun untuk kaki sehari-hari), jelas bukan mobil yang dibeli karena “butuh”. Simply, a car for fun.

Lihat OLX ada dijual di showroom kenalan, seekor VW Golf MK6 TSI dengan odometer lumayan gondrong (101.000). Barang keliatan bagus, ane pun satu siang cek record ke VW Semarang a.k.a Wisma Indomobil yang barang jualannya berubah terus dari VW-Audi, Renault, Datsun, sekarang KIA-VW. Dengan record servis yang sangat lengkap di BeRes (dan tentu saja, kutukan mechatronic DSG Dry DQ200 yang sudah terganti di KM 77.000), memberanikan diri untuk ngangkut.

Waktu liat record sih what I can say… this car REALLY is an endless money pit, selama 100k KM sudah ngabisin 100juta++ untuk repair dan servis (mostly di mechatronic dan penggantian clutch + flywheel). Lihat tagihan servisnya sekali bikin ngelus dada, Civic dan CRV jadi berasa ngerawat LCGC kalo dibandingin nih benda “mobil rakyat” satu. “Mobil rakyat” yang sungguh tidak merakyat…

Angka ngangkutnya ? Yang jelas lebih murah dari seekor Brio Satya baru. Menggembirakan bukan ?

A brief history of MK6 - Indonesia

MK6 Golf di Indonesia diluncurkan tahun 2010. Saat itu harga barunya sangat murmercrot karena pertama kali VW melakukan SKD (Semi Knocked Down) untuk produknya - Golf, Touran, dan Tiguan. Harga “perkenalan” waktu itu sekitar 300 juta-an, pokoknya ane inget seharga sebuah Civic FD1.

Mindset orang Indonesia dan so-called internet petrolhead kebanyakan “wah value for money, fitur lengkap harga murmer, larinya kenceng, teknologi canggih, Jerman bok, yada yada yada”. Jadilah saat itu mobil ini cukup ngehits di kalangan Indonesian middle-class dan anak muda yang baru naik dari Jazz/Yaris ke kelas Civic (C-segment). Waktu itu sih mahasiswa yang biasa-biasa pake avanza (dulu belum ada LCGC), yang middle class pake Jazz/Yaris, yang agak kaya naiknya kalo gak Civic ya Golf, sejak muncul TSI MK6 ini lumayan banyak jadi mobil anak mahasiswa yang pengen tampil agak beda.

As a marketing hype, mobil ini sangat sukses. Di kalangan orang awam dikenal mobil Eropa terjangkau (orang awam mana tau VW itu merek mobil “biasa” bukan luxury macem BMW / Merc, pokok’e Eropa = mewah, even Renault sekalipun). Di kalangan petrolhead dan orang ngerti engineering, mobil ini canggih di jamannya : mesin dual charger TSI dan transmisi dual-clutch yang tidak ada di mobil manapun di harga segitu. Di tahun 2012 ane sempat mencicipi juga nih mobil emang fenomenal, jaman itu ane masih pake CR-V RE 2.4. Jadi terasa sekali buat butt-o-meter ane kalo Golf ini sangat sempurna.

Sayangnya yah itu seiring waktu nih mobil proven not to be as bulletproof as Civic. Plagued dengan isu kerusakan mechatronic unit DSG nya (walaupun beberapa dapet goodwill jadi free of charge walau lewat masa warranty), belum isu kerusakan waterpump di mesin 1.4 TSI yang juga lumayan banyak. Germans are still…. Germans, I guess ?

VW menyerah dengan mesin Dual Charger di generasi penerusnya, MK7, tahun 2014, apalagi sejak trend twin-scroll turbocharging yang less complicated dan biaya pengembangannya jauh lebih murah. MK7 menggunakan twin scroll turbocharger dengan output lebih kecil 20PS tapi torsinya lebih besar 10 Nm. Sayangnya yang bikin mobil ini akhirnya tidak populer (dan tidak lagi dijual) adalah harganya yang semakin meroket, tidak lagi affordable oleh middle-up class youngsters. VW pun men-discontinue dan sekarang hanya jualan Polo, Tiguan, Scirocco. Scirocco pun setau saya cuma ngabisin stok karena udah gak dilanjut juga.

Exterior : Clean lines, typical VW

VW adalah brand yang menjual mobil berdasarkan volume, tak ubahnya dengan Honda, karena itu kebanyakan mobilnya lebih mengutamakan practicality ketimbang style. Inipun berlaku di Golf.

Image

Image

Image

Golf MK6 secara looks tidak terlalu spektakuler, this car looks like a bigger Polo, or a “slammed” Tiguan. Tapi justru ini yang jadi ciri khas VW : desain yang main clean lines, tidak banyak garis agresif, bahkan di generasi terbarunya pun hanya dibuat lebih kotak untuk memberi kesan futuristis.

Image

Setiap generasi, VW hanya simpel mengikuti model yang lagi in. Tahun 2005-2012 itu kan memang eranya mobil desainnya membulat, jadi mereka bikin membulat supaya diterima pasar. 2014 keatas mulai era futuristis, didesainlah MK7 jadi lebih kotak-kotak.

Image

Mobil ini sangat understated, bahkan jika logo VW nya ditutup dan disebelahkan dengan sebuah Civic FD, tidak ada yang mengira mereka mobil yang sekelas. Orang akan mengira ini mobil sekelas Jazz, saking understated nya. Velgnya saja 16 inch double spoke biasa.

Image

Untuk mensiasati desain yang biasa-biasa aja, VW menyematkan beberapa aksen unik sehingga membuatnya berbeda dari merek lain, seperti :

- Emblem belakang yang sekaligus berfungsi sebagai pembuka bagasi, ciri khas VW.
Image

- Bohlam dengan logo VW
Image

Interior

Interiornya pun sangat practical dan sederhana. Tidak ada speedometer digital, vent AC tidak ada hiasan apapun, dash nya dominasi warna hitam dengan beberapa aksen silver. Jika dijejerkan dengan Toyota Yaris terbaru pun, interior ini sekilas terlihat plain saja. Tidak ada kesan mahal kecuali logo VW di setir. Tidak ada display nongol di tengah dengan berbagai gimmick entertainment dan fitur karena ini mobil tahun 2011. Jaman itu Apple Carplay jelas belum ada.

Image

Cluster meternya kadang terasa terlalu gelap, sampe kalo jam-jam nanggung seperti jam 4 sore walau langitnya terang ane ngerasa aneh liat cluster gelap gitu, nyalain lampu kota deh biar clusternya nyala. MIDnya layar monokrom tapi informasinya kumplit. Real time FC, AVG, driving hours, oil temp, suhu luar, service reminder, dll.

Image
Saat lampu belum menyala, cluster meter terasa agak terlalu gelap...

Image

But somehow I miss car interiors like this. Bahkan sampai Tiguan terbaru pun interior VW tetap apa adanya seperti ini. Kesan ini entah kenapa hanya didapat di Honda dan VW modern saja. Semuanya tidak ada yang misplaced, mudah dijangkau. Pabrikan modern itu ntah kenapa susah banget bikin dash yang rata dan layar HU posisinya di bawah dash, malah pake layar nongol yang distracting.

Fitur ? Fitur di mobil ini basic saja, misalnya 10 airbags, stability control, auto lamp. ACnya bahkan masih tombol puteran. Yang ane suka, storage mobil ini useful, kantong di pintu sangat-sangat besar, bisa muat botol 1.5 liter plus plus barang lain. Tidak ada sunroof, audionya standar saja bahkan USB port pun tidak ada.

Image

Seat mobil ini bawaan pabrik emang menggunakan fabric, bukan leather. VW setau saya sampai MK7 pun fabric, jok kulit dijadikan opsional. Yang ane suka, jok depannya model semi-bucket jadi sangat-sangat menopang tubuh dan suportif. Cuma di mobil ini ane gak setel joknya ke posisi terendah karena emang rendah banget, sampai ketutupan dashnya.

Mobil ini juga interiornya sangat lega, legroom-headroom belakang lebih lega dari Civic dan lebih mudah juga untuk orang keluar-masuk. Kapasitas bagasinya tidak sebesar Civic, tapi cukupan, tidak terlalu kecil juga.

Image

Image

Driving

Technical aspects, mobil ini menggunakan mesin EA111 Dual Charger dengan kapasitas 1.390cc bertenaga 160PS @ 5.800 rpm dan torsi 240 Nm @ 1.750 - 4.000 RPM. Dikombinasikan dengan transmisi DSG DQ200 Dry clutch 7-percepatan buatan Getrag.

Image


By modern day standard output segini dari mesin 1.4 Liter forced induction itu tergolong besar, karena kebanyakan modern day 1.4-1.6 Liter turbo outputnya hanya 140-150 hp. Yang lebih besar hanya Honda Civic dengan 174PS dan CR-V dengan 190 PS. Klaim VW pada saat itu 0-100 dalam 8 detik which is very spectacular… untuk sebuah hatch 300 juta-an! Ohya VW mensyaratkan BBM oktan 95 minimal.

So, how’s it?

Yang akan di-notice pertama oleh siapapun yang mengemudikan sebuah VW Golf adalah respon transmisinya. Bagi yang belum terbiasa, akan terasa transmisi ini agak kasar. Sebenernya tidak, karena mekanismenya mirip transmisi manual di gigi 1, jadi kalau digas perlahan akan terasa agak getar-getar seperti kita masuk 1 dan kopling belum engage 100% di mobil manual. Jika di mode D, kalau sudah jalan masuk 20 km/h ia akan langsung oper ke 2. Cumaaaaa nah ane gak tau apakah ini akibat software DSGnya sudah di update VW apa bukan, karena rasanya sedikit lebih ada slip dan lebih halus ketimbang dulu waktu saya nyoba di 2012. ane belum cek lebih detail apakah ada update software atau simply karena ganti mechatronic unitnya.

Pro tip using the DCT : “Jangan nanggung”.

Image

Beberapa kali ngobrol dengan pengguna DCT mereka menyarankan teknik menyetir DCT dari mindah gigi ke N saat berhenti, masuk manual-mode saat macet merayap, dan ngerem yang tidak boleh nanggung, ane menyimpulkan intinya problem DCT paling umum adalah kalau bukan defect bawaan ya heat (panas). Panas ini disebabkan karena clutch yang terus-menerus bergesekan. Pada dasarnya pengoperasian DCT adalah sama saja dengan transmisi manual, hanya saja dengan jumlah clutch plate pada pack yang banyak ditambah ada 2 clutch pack, membuat ia lebih rawan terhadap heat akibat gesekan terus-menerus. Saat kita membiarkan transmisi di D terus, ya ibaratnya kita nyetir mobil manual dengan kondisi selalu setengah kopling. Memindahkan ke mode manual saat merayap akan membantu transmisi supaya tidak cepat panas karena mekanisme perpindahan gigi otomatis saat di posisi D. Termasuk pada tanjakan curam juga sebaiknya menggunakan mode manual.

Berkat dual charger, powerband mesin ini luas, torsi bawahnya melimpah ruah berkat supercharger, ini yang membuat mobil ini sangat enak dipakai di perkotaan dan terasa lincah. Top end powernya cukupan tapi tidak sekuat Honda, even dibanding Civic ane pada waktu standar sekalipun tetep top end nya lebih kuat Civic.

Steeringnya padat dan komunikatif, sangat direct memberi kesan percaya diri waktu bermanuver di kecepatan tinggi. Lock-to-lock setirnya memang tidak sependek Civic, untuk berbelok setir Civic lebih cepat, tapi setir Golf lebih memberikan rasa PD karena direct-ness nya. Saking PD nya, ane berani menjalankan mobil ini di tol luar kota dengan ban AR-20 bawaannya yang tapaknya sudah halus di kondisi hujan deras, setirnya memberi sense of control yang baik.

Ini juga didukung dengan suspensi yang setup nya firm. Cuma sekeras-kerasnya, tetap rasa keras Eropa yang mantap. Bodyrollnya sangat minim dan saat manuver tidak ada gejala pantat membuang saat manuver. Minusnya tentu di sektor kenyamanan, travel suspensinya lebih pendek dari Civic, selain itu redaman shock absorbernya juga tidak se “kenyal” Civic. Baru saja ganti ban ke Bridgestone Techno Sports agak membaik redamannya.

Yang sets this car apart dari Civic adalah insulasi kabin yang luar biasa baik untuk mobil yang dulu harganya 300 juta-an. Jalan di kondisi hujan deras ngobrol di dalem mobil tidak terganggu sama sekali, beda dengan Civic yang kalo hujan atapnya kayak kaleng rombeng. Road noise nya juga minimal sekali. Sayangnya, penyakit rata-rata mobil Eropa tua : panel interiornya mulai bunyi kriyat kriyet di jalan tidak rata. Beberapa mobil Jepang sebenernya juga ada yang begini, tapi ane pengalaman lebih banyak bunyi kriyat kriyet gini di mobil Eropa tua.

Conclusion : A Fun Car, but Does Not Come Cheap

Membeli sebuah Golf TSI berusia 8 tahun bisa jadi pilihan yang cerdas atau bodoh, tergantung dari sisi mana kita melihatnya dan bagaimana profil penggunanya. It’s a German car, after all. It will break your wallet.

Pilihan yang cerdas, jika contextnya anda sudah punya seekor Innova atau CRV untuk kaki di rumah dan pengen merasakan sensasi berbeda dari mesin dual charger yang sudah tidak ada lagi, baru pun mesti ditebus dengan nominal yang sangat mahal (Scirocco). Mobil ini super fun, playful, dan practical di waktu yang sama, dapat ditebus seharga LCGC baru.

Pilihan bodoh jika sudah jadi mobil satu-satunya, nggak punya workhorse lain, budget pun mepet, alias dana LCGC kepengen gaya. I seriously don’t recommend taking this car as an alternative to “newer” LCGC or compact crossover.

Minimal kalau ingin miara mobil Jerman seumur ini apalagi product VAG yang sudah terkenal punya masalah bawaan, siapkan dana 2x harga ngambilnya. Mobil ini punya potensi ngejogrok di bengkel karena masalah bawaannya adalah powertrain (transmisi) dan itu harganya tidak murah.

Image

Golf or Civic ?

Penduduk SM pasti sudah tau jawabannya.... :ngacir:

Tapi harus diakui, baik Golf dan Civic adalah mobil yang skornya imbang. Apa yang ditawarkan VW dengan Honda itu mirip. Jika Mazda adalah Japanese BMW, Honda adalah Japanese VW. Mobil dari kedua merek ini sama-sama mengedepankan praktikalitas dan penggunaan sehari - hari, tanpa mengesampingkan rasa berkendara. Mungkin bukan yang paling fun, tapi "fine to drive". Handlingnya masih tajam, mesinnya masih powerful, suspensinya masih cukup mumpuni untuk menikung kencang, dll. Heritage kedua mobil ini juga hampir mirip. Keduanya sama-sama punya model performa (Golf GTI - Golf R / Civic Si - Type R).

Image

Tapi preference saya akan lebih ke Civic, bukan karena bias suka merek Honda, tapi mustahil beli mobil mengesampingkan faktor aftersales, long-term reliability, biaya maintenance, dan menurut saya pribadi, dengan rasa berkendara yang tidak jauh gapnya, toh Civic sekarang refinement di powertrainnya sangat baik dan figur performanya mirip, selisih biaya yang dikeluarkan selama pemakaian tidak terlalu worth it. Saya yakin juga untuk long run nya Civic punya durabilitas lebih baik dari sebuah Golf.

Walaupun harus diakui, sekeren apapun bentuk Civic sekarang, naik Golf itu ada rasa "sombong" nya dikit karena ini mobil German, lebih berasa orang kaya naik mobil Jerman ketimbang Jepang, termasuk berasa orang kaya nya kalo bayar tagihan bengkel, duit puluhan juta bisa melayang sekejap mata :mky_07:

Tips praktis :
- Jika service record mobilnya tidak jelas, avoid at all cost. Ini bukan mobil Jepang yang bisa di maintain di sembarang bengkel. Tidak harus record bengkel resmi, tapi khusus mechatronic dan segala tetek bengek urusan transmisi iya safe betnya lihat record bengkel resmi.
- Item wajib diperiksa ketika cek record : kapan terakhir penggantian clutch (buat kira-kira umur clutchnya berapa ribu), di kilometer berapa mechatronicnya minta ganti, ABS module, dan water pump juga penting diperiksa karena termasuk problem bawaan. Paling tidak, mengantisipasi dapet unit yang “dibuang” karena pemiliknya males benerin.

Mods :
- Karpet mie
- Bridgestone Techno Sports 205/55/16

Still Problem :
- Window auto-up driver
- Rattle noise interior
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Tats
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 354
Joined: Sun Oct 01, 2017 5:36

Re: 2011 VW Golf 1.4 TSI MK6 Review - Is it still worth it?

Post by Tats »

Wihh ambil golf nih om chz
Kalo dsg nya ganti ke gigi 2 pas 20km/h berarti udh diupdate om si software dsg nya
Kemungkinan besar pas km 77rb itu om chz

Kalo butt-o-meter sy cibo vs si golf ini kencengan cibo dari rpm rendah sampe atas
Tapi emg pleasure tersendiri gear change pake dsg hehe
Kalo di kota sy sih dryclutch dsg ga cocok, km 50rb dulu ganti dsg (untung garansi) langsung dijual
Fiesta juga malah lebih parah lagi huahahah
Padahal segala cara pake dsg udh sy pake, tetep aja...
Beda sm tiguan teman sy, pake asal2an dan gatau cara pake dsg tapi dari 2014 smp sekarang dsg nya masih normal
Tp domisili om chz masih aman kok macetnya utk si golf ini dibanding kota sy yg 30 km/h aja susah bgt dan byk macet di tanjakan hehe

Sorry for long words, congrats om chz for your new car
U gonna love it
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5884
Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32

Re: 2011 VW Golf 1.4 TSI MK6 Review - Is it still worth it?

Post by evolution21 »

Baca review nya bikin kangen aja ma ni mobil
Btw bicara kestabilan memang ni mobil luarbiasa
Di mobil jepang biasaya saya lari sampe 160 udah berasa ngeri, gejala melayang timbul.

Naik golf saya tembus rekor sampe 200 mobil masih anteng.. Yg bikin ngeri bukan karena sudah ada gejala melayang, tp karrna kalo lihat kesamping mulai ngeblur, salip mobil kayakmobil lain kayak lagi parkir sakin jauhnya selisi kecepatannya

Amazing
User avatar
r12qiSonH4ji
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 811
Joined: Thu Jul 17, 2014 5:10
Location: Mampang Prapatan
Daily Vehicle: Gerobak sayur

Re: 2011 VW Golf 1.4 TSI MK6 Review - Is it still worth it?

Post by r12qiSonH4ji »

Wow
Selamat om Chris yg meminang janda mk6 tsi

Di dalam benak sebagian besar ex-pengguna golf, sepertinya blm move on dari golf yg pernah dimilikinya. Kayak ane yg selalu melirik ketika melihat mk6/mk7 di jalan. Entah mengapa rasa "kangen" itu selalu muncul,
:big_biglaugh:

Selamat menikmati indahnya shifting dsg dan have fun
:big_exellent:
---Diesel ayukkk, Bensin ayukkk------
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32

Re: 2011 VW Golf 1.4 TSI MK6 Review - Is it still worth it?

Post by benzz89 »

Ex user golf keluar semua nih... Hahahaha... termasuk ane dulu ambil mk7 karena baca review di SM ini. Memang sebelum2nya tiap hari ane lewatin dealer VW di PIK bertaon2 itu gambar GTI MK6 di pasang di sana gede2 & tiap hari ane pasti melirik ke gambar itu & ada tulisannya "A boy dream car" kira2 kaya gitulah tag linenya waktu itu.

Akhirnya tes drive MK6... Wow gak bisa tidur cuy... sensasi jambakan setan dari supercharge & turbochargenya bikin ane ketagihan, mau ambil baca2 SM katanya mau keluar yang MK7, ya wis nunggu bentar deh karena katanya jauh lebih modern & refine banding MK6 meski tanpa supercharge.

Akhirnya ambil juga my first german's car, very practical, humble but yet aggresive car meski ane rasa MK6 lebih gila jambakan akselerasi DSG nya. Mk6 dari start awal sudah dapat sensasi luapan tenaganya berkat supercharge. MK7 langkah piston dibuat lebih tinggi tapi minus supercharge, jadi luapan tenaga dari turbocharge terasa lebih "meledak" di MK7 meski start awal terasa agak malas.

Mobil yang ngangenin ini golf, meski better ambil yang GTI ane rasa lebih puas (lagi) lahir batin. Pengen ambil GTI MK7 second yang low ODO, full ori (no modif2) and keep it standard ting2 buat koleksi... ngarep dot com.

Congratz om Chriz buat mainan barunya, nanti dilanjutkan lagi long term reviewnya yah.
martinnn
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2899
Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
Location: Jabodetabek
Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box

Re: 2011 VW Golf 1.4 TSI MK6 Review - Is it still worth it?

Post by martinnn »

wuih jandanya menggoda [emo-police]
:big_biglaugh:
User avatar
omenRoo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 762
Joined: Sun Apr 26, 2009 16:30

Re: 2011 VW Golf 1.4 TSI MK6 Review - Is it still worth it?

Post by omenRoo »

congrats om ChZ. selamat menikmati akselerasi DSG
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4577
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: 2011 VW Golf 1.4 TSI MK6 Review - Is it still worth it?

Post by Pboyz97 »

congrats chris buat mobil barunya, semoga reliable dan awet ,terutama DSGnya. Wah, ternyata harganya menggoda sekali ya, seharga LCGC baru bisa dapet mobil yg fun to drive dan handlingnya oke
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15537
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2011 VW Golf 1.4 TSI MK6 Review - Is it still worth it?

Post by ChZ »

Tats wrote: Mon Jan 27, 2020 16:49 Wihh ambil golf nih om chz
Kalo dsg nya ganti ke gigi 2 pas 20km/h berarti udh diupdate om si software dsg nya
Kemungkinan besar pas km 77rb itu om chz


Kalo butt-o-meter sy cibo vs si golf ini kencengan cibo dari rpm rendah sampe atas
Tapi emg pleasure tersendiri gear change pake dsg hehe
Kalo di kota sy sih dryclutch dsg ga cocok, km 50rb dulu ganti dsg (untung garansi) langsung dijual
Fiesta juga malah lebih parah lagi huahahah
Padahal segala cara pake dsg udh sy pake, tetep aja...
Beda sm tiguan teman sy, pake asal2an dan gatau cara pake dsg tapi dari 2014 smp sekarang dsg nya masih normal
Tp domisili om chz masih aman kok macetnya utk si golf ini dibanding kota sy yg 30 km/h aja susah bgt dan byk macet di tanjakan hehe

Sorry for long words, congrats om chz for your new car
U gonna love it
oooh bener ya berarti, karena rasanya nih mobil kok dulu saya coba agresif banget, ini jadi kalem... malah menurut saya jadi alus mirip CVT.

hehehe penasaran jg sih kalo di tuned seperti apa, Civic soalnya udah tuned juga.
yup heheheh emang nyenengin si main-main pake DSG ini, ane kalo jalan kosong demen banget kickdown cm buat ngerasain shiftingnya :mky_01:
ganti DSG ini maksudnya gimana um? ganti segelondong transmisi? :big_chicken:

wah di kota mana um kok serem sekali :mky_01: bandung? saya si kebetulan pake mobil ini jarang di rush hour, kerja sendiri jd kalo berangkat ga bareng-bareng orang kerja. Paling weekend saja itupun bisa dihindari :mky_01:

hahaha already love it um... semacem impian lama yang baru tercapai :mky_01:
evolution21 wrote: Mon Jan 27, 2020 17:05 Baca review nya bikin kangen aja ma ni mobil
Btw bicara kestabilan memang ni mobil luarbiasa
Di mobil jepang biasaya saya lari sampe 160 udah berasa ngeri, gejala melayang timbul.

Naik golf saya tembus rekor sampe 200 mobil masih anteng.. Yg bikin ngeri bukan karena sudah ada gejala melayang, tp karrna kalo lihat kesamping mulai ngeblur, salip mobil kayakmobil lain kayak lagi parkir sakin jauhnya selisi kecepatannya

Amazing
ane rasa suspensi mobil ini yang keras menyumbang pengaruh besar buat kestabilannya. kemarin ane pulang kerja ke gym lewat jalan yang biasa ane lewatin ada jembatan yang di separatornya ada gundukan. Biasanya kalo pake Civic lupa ngerem lumayan berasa ayunannya, tapi pake Golf mobilnya diem aja kena gundukan gak berasa mau lompat. Sampe ane fikir masa kurang kenceng nerabasnya :ngacir:
r12qiSonH4ji wrote: Mon Jan 27, 2020 18:41 Wow
Selamat om Chris yg meminang janda mk6 tsi

Di dalam benak sebagian besar ex-pengguna golf, sepertinya blm move on dari golf yg pernah dimilikinya. Kayak ane yg selalu melirik ketika melihat mk6/mk7 di jalan. Entah mengapa rasa "kangen" itu selalu muncul,
:big_biglaugh:

Selamat menikmati indahnya shifting dsg dan have fun
:big_exellent:
wah om rizqi :mky_02: liat Golf jadi membangkitkan kenangan mantan yak.

jangankan punya yang TD aja susah move on, berasa mimpi jadi kenyataan punya Golf yang udah ane idamkan dari 2011 :ngacir:
benzz89 wrote: Tue Jan 28, 2020 1:12 Ex user golf keluar semua nih... Hahahaha... termasuk ane dulu ambil mk7 karena baca review di SM ini. Memang sebelum2nya tiap hari ane lewatin dealer VW di PIK bertaon2 itu gambar GTI MK6 di pasang di sana gede2 & tiap hari ane pasti melirik ke gambar itu & ada tulisannya "A boy dream car" kira2 kaya gitulah tag linenya waktu itu.

Akhirnya tes drive MK6... Wow gak bisa tidur cuy... sensasi jambakan setan dari supercharge & turbochargenya bikin ane ketagihan, mau ambil baca2 SM katanya mau keluar yang MK7, ya wis nunggu bentar deh karena katanya jauh lebih modern & refine banding MK6 meski tanpa supercharge.

Akhirnya ambil juga my first german's car, very practical, humble but yet aggresive car meski ane rasa MK6 lebih gila jambakan akselerasi DSG nya. Mk6 dari start awal sudah dapat sensasi luapan tenaganya berkat supercharge. MK7 langkah piston dibuat lebih tinggi tapi minus supercharge, jadi luapan tenaga dari turbocharge terasa lebih "meledak" di MK7 meski start awal terasa agak malas.

Mobil yang ngangenin ini golf, meski better ambil yang GTI ane rasa lebih puas (lagi) lahir batin. Pengen ambil GTI MK7 second yang low ODO, full ori (no modif2) and keep it standard ting2 buat koleksi... ngarep dot com.

Congratz om Chriz buat mainan barunya, nanti dilanjutkan lagi long term reviewnya yah.
wah yang review di sini juga ane padahal tapi baru kesampean bungkus sekarang :ngacir:

MK7 emang peningkatannya banyak sih, yang bikin gap performa gak terlalu jauh meskipun tenaganya beda 20hp itu bobotnya, lebih ringan MK7 sasisnya.

skrg tagline "my first german car" jatuh ke adiknya si Polo :mky_01: abangnya dikudeta sampe bener-bener gak dijual lagi saking mahalnya.

Iya orang VW Surabaya juga saranin saya ambil GTI awalnya krn alasan lebih robust terutama urusan transmisi, cuma unitnya langka, masih mahal juga dan kalo bosen sewaktu-waktu lebih susah ngejualnya :mky_01:
omenRoo wrote: Tue Jan 28, 2020 2:25 congrats om ChZ. selamat menikmati akselerasi DSG
nah sesama pengguna pewe muncul disini juga :ngacir:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
marr
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 292
Joined: Fri Jan 27, 2017 5:17
Location: Jakarta
Daily Vehicle: HRV RV SE CVT MGM

Re: 2011 VW Golf 1.4 TSI MK6 Review - Is it still worth it?

Post by marr »

langsung naikk stage ganti knalpot koh, jamin nagih

civic langsung berasa boring wkwkwkwkwk
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15537
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2011 VW Golf 1.4 TSI MK6 Review - Is it still worth it?

Post by ChZ »

marr wrote: Tue Jan 28, 2020 2:57 langsung naikk stage ganti knalpot koh, jamin nagih

civic langsung berasa boring wkwkwkwkwk
dua duanya skrg mainannya banyak sih... downpipe, reflash bermacem-macem... makanya ane blg Civic ini kayak japanese counterpartnya Golf. cm gede kemungkinan ini Golf bakal di keep stock atau paling mentok di reflash :mky_01: si babeh ga suka aneh-aneh.

yang bikin Golf lebih asik hrs diakui emang kalo tuned ada DSG fart nya :mky_01: itu yang ngga ada di Civic.

IMHO yah barusan abis 4 hari berturut-turut bawa Golf, barusan bawa Civic lagi experiencenya gak jomplang banget, malah menurut ane very close margin.

Kalo dibanding Civic FD/FB iya jomplang.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1558
Joined: Sun May 22, 2016 4:20

Re: 2011 VW Golf 1.4 TSI MK6 Review - Is it still worth it?

Post by pengendiesel »

muantap pol pilihan mobil hobinya om Chz :big_exellent:

Selalu senang ngeliat mobil2 anti mainstream kayak gini, tapi apa daya dompet selalu gak setuju dengan biaya pemeliharaannya :ungg:
maklum om, dulu pernah pelihara w202 dan sukses bikin ane trauma sampe detik ini.
tapi satu saat kalo skala prioritas ane sudah banyak yang terpenuhi, pengen pelihara seri 4 f32 buat jemput nonik2 seragam sma :ngacir:
nisfi19
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 41
Joined: Tue May 24, 2016 7:29

Re: 2011 VW Golf 1.4 TSI MK6 Review - Is it still worth it?

Post by nisfi19 »

kebetulan dirumah masih nyimpen mk6 tahun 2011 juga odo udah 109K and still going on :mky_08:
beli 2nd jg kayak om chris udah setahun lebih di odo 90K dapet harga dibawah pasaran dengan bonus velg r18+ban toyo tebel, lampu belakang gti, HU android. cek telp vw PIK dan nanya untuk recordnya ternyata di 70K pernah bongkar mesin ganti 1 piston efek dicekokin ron 92 trus ama empunya, 80K udah ganti Mecha dmn pasti abis 40-50jt klo gak warranty.

di KM 100K kmrn abis service rutin dan shock liat tagihan 3.3 jt dimana just ganti oli dan jasa nyari bunyi rattling doang dan nanya untuk service berikutnya disuruh sediain sekitar 6-7 jg cuma buat ganti oli, tune up, ganti busi dan ganti filter udara [emo-yesno] (maklum mobil lain dirumah biasa masuk bengkel spesialis dan murmer)
sejauh ini 2x ganti sensor abs (beli di aliexpress murah meriah) dan jangan sampe aneh" deh :mky_02:
setuju sama review diatas, untuk bantingan, presisi stir, dan g-force tarikan emg mesti rasain sendiri dahhhh.
kepikiran jg nambah mk5 buat dipake sendiri for weekend, soalnya harian nguli udah asik motoran tp masih kurang sreg sama interior dari mk5 yg berasa jadulnya dibanding mk6 yang masih enak berada di dalemnya.. :big_peace:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15537
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2011 VW Golf 1.4 TSI MK6 Review - Is it still worth it?

Post by ChZ »

pengendiesel wrote: Tue Jan 28, 2020 4:57 muantap pol pilihan mobil hobinya om Chz :big_exellent:

Selalu senang ngeliat mobil2 anti mainstream kayak gini, tapi apa daya dompet selalu gak setuju dengan biaya pemeliharaannya :ungg:
maklum om, dulu pernah pelihara w202 dan sukses bikin ane trauma sampe detik ini.
tapi satu saat kalo skala prioritas ane sudah banyak yang terpenuhi, pengen pelihara seri 4 f32 buat jemput nonik2 seragam sma :ngacir:
hihihi makanya mending kalo niat beli 2nd iseng doang buat hobi, mobil kek gini cocoknya jadi mobil ketiga, keempat, kelima, keenam. Buat 1st atau 2nd car yang biasanya buat kaki sehari-hari mending beli yang mainstream. Biaya pemeliharaannya harus sedia tabungan minimal 2x harga mobilnya krn kalo sdh rusak di powertrain beneran bikin bangkrut :mky_07: ngomongnya puluhan juta. Gile jadi berasa murah denger ongkos overhaul matik Odyssey temen ane yang "cuma" 13 juta. :mky_07:

sampe horror liat record servis dari 0 - 99k tagihannya bisa beranak seekor LCGC.
nisfi19 wrote: Tue Jan 28, 2020 7:50 kebetulan dirumah masih nyimpen mk6 tahun 2011 juga odo udah 109K and still going on :mky_08:
beli 2nd jg kayak om chris udah setahun lebih di odo 90K dapet harga dibawah pasaran dengan bonus velg r18+ban toyo tebel, lampu belakang gti, HU android. cek telp vw PIK dan nanya untuk recordnya ternyata di 70K pernah bongkar mesin ganti 1 piston efek dicekokin ron 92 trus ama empunya, 80K udah ganti Mecha dmn pasti abis 40-50jt klo gak warranty.

di KM 100K kmrn abis service rutin dan shock liat tagihan 3.3 jt dimana just ganti oli dan jasa nyari bunyi rattling doang dan nanya untuk service berikutnya disuruh sediain sekitar 6-7 jg cuma buat ganti oli, tune up, ganti busi dan ganti filter udara [emo-yesno] (maklum mobil lain dirumah biasa masuk bengkel spesialis dan murmer)
sejauh ini 2x ganti sensor abs (beli di aliexpress murah meriah) dan jangan sampe aneh" deh :mky_02:
setuju sama review diatas, untuk bantingan, presisi stir, dan g-force tarikan emg mesti rasain sendiri dahhhh.
kepikiran jg nambah mk5 buat dipake sendiri for weekend, soalnya harian nguli udah asik motoran tp masih kurang sreg sama interior dari mk5 yg berasa jadulnya dibanding mk6 yang masih enak berada di dalemnya.. :big_peace:
wah hampir senasib :mky_02: sebenernya kmrn ada lagi di o*x 1 unit yang udah full kit Golf R beserta lampu dan velg, tapi si babeh lebih sreg yang ini.

naaah iya olinya aja seliter Castrol EDGE 210ribu... kalo ga salah pake 4-5 liter waktu ane cek di record. sejuta cm buat olinya :mky_07: bener-bener berasa orang kaya kalo liat tagihan bengkel, duit dengan gampang mengucur derasss buat maintain. Harga boleh setara FD1 barunya tapi rawatannya tetep jauh lebih mahal dari jepangan top end macem Odyssey atau Alphard :mky_07:

tiap servis keluar lima juta biar dikata cuma setaon sekali tetep aja sakit di kantong :mky_07:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15537
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2011 VW Golf 1.4 TSI MK6 Review - Is it still worth it?

Post by ChZ »

Sedikit perbandingan ukuran Golf MK6 dan Civic FK

Image

Image

Civic jadi keliatan gede, paling jauh itu selisih panjangnya, beda 30cm lebih. Lebarnya selisih 20 mm lbh lebar Civic, tapi lebih ceper Civic 50 mm.

pantes bokongnya Golf lebih nurut kalo belok. Kalo parkir jg ini yang berasa bgt lebih gampang ngepasin Golf daripada Civic, apalagi bentuknya Golf gak banyak bikin blindspot.

Golf : 4.199 x 1.779 x 1.479
Wheelbase : 2.575 mm

Civic : 4.519 x 1.799 x 1.429
Wheelbase : 2.700 mm

Image

Image
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5689
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: 2011 VW Golf 1.4 TSI MK6 Review - Is it still worth it?

Post by sintoni »

Nais ripiu Chriss, enak nih dirumah sudah punya 2 warm-hatch, belum diitung hot hatch dong.

Wkwkwkwkw.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15537
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2011 VW Golf 1.4 TSI MK6 Review - Is it still worth it?

Post by ChZ »

sintoni wrote: Wed Jan 29, 2020 3:35 Nais ripiu Chriss, enak nih dirumah sudah punya 2 warm-hatch, belum diitung hot hatch dong.

Wkwkwkwkw.
doain punya versi hot hatchnya soon bro :ngacir: GTI dan Type R
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5689
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: 2011 VW Golf 1.4 TSI MK6 Review - Is it still worth it?

Post by sintoni »

ChZ wrote: Wed Jan 29, 2020 4:01
sintoni wrote: Wed Jan 29, 2020 3:35 Nais ripiu Chriss, enak nih dirumah sudah punya 2 warm-hatch, belum diitung hot hatch dong.

Wkwkwkwkw.
doain punya versi hot hatchnya soon bro :ngacir: GTI dan Type R
Aminnnnnnnnnnnn bosssssssssss........
VIPSERIES
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 254
Joined: Tue May 05, 2015 1:19
Location: Shangri-La Residences

Re: 2011 VW Golf 1.4 TSI MK6 Review - Is it still worth it?

Post by VIPSERIES »

ChZ murtad... Kerajaan Allah sudah dekat :upss:
User avatar
12punch
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 299
Joined: Wed Apr 10, 2019 8:58
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Mazda 6 2017

Re: 2011 VW Golf 1.4 TSI MK6 Review - Is it still worth it?

Post by 12punch »

ChZ wrote: Wed Jan 29, 2020 2:59 Sedikit perbandingan ukuran Golf MK6 dan Civic FK

Image

Image

Civic jadi keliatan gede, paling jauh itu selisih panjangnya, beda 30cm lebih. Lebarnya selisih 20 mm lbh lebar Civic, tapi lebih ceper Civic 50 mm.

pantes bokongnya Golf lebih nurut kalo belok. Kalo parkir jg ini yang berasa bgt lebih gampang ngepasin Golf daripada Civic, apalagi bentuknya Golf gak banyak bikin blindspot.

Golf : 4.199 x 1.779 x 1.479
Wheelbase : 2.575 mm

Civic : 4.519 x 1.799 x 1.429
Wheelbase : 2.700 mm

Image

Image
wuiihh cakeepp, btw yg isu oli suka abis di Civic Turbo itu gmn om Chz kelanjutannya?
ane nyari2 jawabannnya tp tidak ketemuu..
ada thread review civicnya kah om? mau baca2 wkwk

wah ngeri juga ya 100.000 km uda abis 100 juta
untuk ford ane dari 2012, uda jalan 88km transmisi masih aman wkwk, tcm ud kena ganti tp msh warranty
lever dry clutchnya nih yg 13 juta jangan sampe kena deh..
" In times of crisis, we stand united! “
- Ford Fiesta MK 7 Sedan 2012
- Mazda 6 Sedan 2017
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15537
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2011 VW Golf 1.4 TSI MK6 Review - Is it still worth it?

Post by ChZ »

12punch wrote: Wed Jan 29, 2020 8:27
wuiihh cakeepp, btw yg isu oli suka abis di Civic Turbo itu gmn om Chz kelanjutannya?
ane nyari2 jawabannnya tp tidak ketemuu..
ada thread review civicnya kah om? mau baca2 wkwk

wah ngeri juga ya 100.000 km uda abis 100 juta
untuk ford ane dari 2012, uda jalan 88km transmisi masih aman wkwk, tcm ud kena ganti tp msh warranty
lever dry clutchnya nih yg 13 juta jangan sampe kena deh..
Serba serbi Civic bisa dibaca disini oom... viewtopic.php?f=19&t=26334

update info terbaru dari mbah bebonk, itu oil life meter ternyata memang ngikutin flow bbm, jadi kejawab sekarang kalo sering kena macet - macet ya pasti cepet turunnya. Punya saya si jatohnya selalu 5000-an. Civic CRV sama. CRV saya ngetes cruising luar kota PP cuma berkurang 200 KM di meternya padahal jalan 800km ++.

100 juta itu yang mahal ganti clutch 2x, ganti flywheel, engine mounting, mechatronic (30jt), pokoknya serem :mky_01: dan ganti mecha nya pas udah gak garansi, kayaknya gak dapet goodwill juga dari VW.

sisanya per servis 5 juta 5 juta... sisanya kalo part kaki-kaki macem shock absorber depannya murah sih 3.5juta ... jepang kelas Civic juga segitu. brake pads juga nggak mahal dibanding jepangan sekelas.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
ipat
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 679
Joined: Thu Oct 29, 2015 17:33

Re: 2011 VW Golf 1.4 TSI MK6 Review - Is it still worth it?

Post by ipat »

Mobil yg timeless modelnya,tetep cantik dan kalem, apalagi kalo knalpotnya udah diganti mantap suaranya :big_okay:
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5884
Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32

Re: 2011 VW Golf 1.4 TSI MK6 Review - Is it still worth it?

Post by evolution21 »

Angka 100juta utk benerin tranny doank memang terasa mahal sekali, tp utk sedikit menghibur hati ownermya, harga mobilmya sudah murah kok, andai tu mobil harganya ditotal nambah 100juta jg emang ada pilihan lain yg lebih enak? Hehehehe

Btw uniknya golf dimensi kompak tp rasa ride qualitynya kayak big sedan jepang. Idaman sekali lho dimensi golf sgt cocok utk pemakaian dalkot di Indo , gc jg ga terlalu rendah
Bantingan firm tp nyaman
Ride quality bagus
Buat lari kenceng juga sangat stabil, ngelebihin mobil jepang big sedan lho stabilnya

Paket nyaris komplit bener ni mobil, wajar kalo di beberapa negara ni mobil jualannya bagus sekali
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11317
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: 2011 VW Golf 1.4 TSI MK6 Review - Is it still worth it?

Post by Omnibus »

widiwww hatchback semuaaa :emo-big_love:

kayanya yg midlife crisis Om Chz bukan bapaknya nehhh wkwkwkwk

tenang 100 jt utk 100 rb km berarti Rp. 1000 per km ..... masih murah
..................... :ngacir:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15537
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2011 VW Golf 1.4 TSI MK6 Review - Is it still worth it?

Post by ChZ »

ipat wrote: Wed Jan 29, 2020 12:07 Mobil yg timeless modelnya,tetep cantik dan kalem, apalagi kalo knalpotnya udah diganti mantap suaranya :big_okay:
iya utk mobil usia 8 taun gak berasa tua modelnya, tetep punya kesan "wah" tersendiri :mky_01:
evolution21 wrote: Wed Jan 29, 2020 15:48 Angka 100juta utk benerin tranny doank memang terasa mahal sekali, tp utk sedikit menghibur hati ownermya, harga mobilmya sudah murah kok, andai tu mobil harganya ditotal nambah 100juta jg emang ada pilihan lain yg lebih enak? Hehehehe

Btw uniknya golf dimensi kompak tp rasa ride qualitynya kayak big sedan jepang. Idaman sekali lho dimensi golf sgt cocok utk pemakaian dalkot di Indo , gc jg ga terlalu rendah
Bantingan firm tp nyaman
Ride quality bagus
Buat lari kenceng juga sangat stabil, ngelebihin mobil jepang big sedan lho stabilnya

Paket nyaris komplit bener ni mobil, wajar kalo di beberapa negara ni mobil jualannya bagus sekali
malah saya sebenernya lumayan lega semua masalah - masalah bawaan di mobil ini udah diselesaikan oleh previous owner, jadi beneran berasa dapet mobil odo 100k tapi rasa baru, paling cuma benerin hal-hal receh macem rattle interiornya saja dan sisanya komponen yang akan habis karena umur.

Mobil Jerman emang worth the fun, for those who can "afford" :mky_07: mungkin akan bikin galau mereka yang punya budget Polo baru :mky_01:

yups yang bikin ane cinta dengan Golf sejak pertama itu nih mobil keliatannya biasa aja, hatchback keluarga 5 pintu yang modelnya gak aneh-aneh. dibawa nyetir enak, mesinnya kenceng, suspensinya enak gak nyiksa buat sehari-hari, buat bawa orang dan barang juga proper.
Omnibus wrote: Wed Jan 29, 2020 22:27 widiwww hatchback semuaaa :emo-big_love:

kayanya yg midlife crisis Om Chz bukan bapaknya nehhh wkwkwkwk

tenang 100 jt utk 100 rb km berarti Rp. 1000 per km ..... masih murah
..................... :ngacir:
wkwkwkwkwk iye midlife crisis beneran um malah sempet kepikir mau punya sportcar macem 86 :ngacir:

masih murah dibanding ngejogrok di bengkel ya oom :ngacir:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7