Review BMW 520d F10 2014 LCI

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

nubie21
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 71
Joined: Wed Feb 10, 2016 16:11

Re: Review BMW 520d F10 2014 LCI

Post by nubie21 »

farizfsa wrote: Thu Mar 26, 2020 6:59
nubie21 wrote: Thu Mar 26, 2020 5:43 Nice review om dari experience pny moblnya sampe info meliharanya
Emg utk tarikan emg sudah enak banget tarikan dieselnya bmw dan udah lembut bgt ciri khas diesel nya bmw.

tapi mau minta pendapat suhu, preferensi soal selera saya mencondong ke bensin dan saya baru pernah coba mesin bensinnya itu di seri 3 , nahh apakah kalo dipake di body seri 5 kedodoran ga utk 520i. apalagi manis velg two tone nya di 520i dan 520d dibanding yg 528i

dan pertanyaannya :
520d dibandingkan 520i
520i dibandingkan 528i

apakah perbedaan harga dari 520d dan 520i worth utk dipertimbangkan utk lompat ke 528i ?
bensin kalo emang cari hening dan ga geter, 520d mau dibilang alus tp diesel ga boong, ttp geter dan bunyi diesel.

kalo cari suara mesin, ya bensin aja, suaranya sangar

cuma kalo mobil sering jalan jauh (case saya sehari pasti diatas 60km) dan sering toll, diesel pilihan yg lebih wise.

kalo ada budget 528i, go ahead, fitur jauh lebih banyak.
makasih ombro masukannya, utk diesel sndiri ini torsi dan efisiensinya sgtsgt ok tp memang geter nya diesel bkn selera semua org. utk "bmw" spt nya akan lbh fun ketika injek gas bermesin bensin . tp berhubung mbl weekend mungkin bensin dan standartan aja om :mky_01:
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Review BMW 520d F10 2014 LCI

Post by Pboyz97 »

farizfsa wrote: Thu Mar 26, 2020 14:18
marr wrote: Thu Mar 26, 2020 12:09 nice review om, mobilnya menarik
tahun awal udh dapet kah 200an? saya kok cek belum ada yg dibawah 300 ya
trus iseng liat yang udah LCI thn 2015, buset masih 500an keatas wkwkwk
Tahun 2011-2012 sudah ada yg buka 250-270 sih. Kmrn sy ditawarin cm 250 cm buat ala ginian punya 2 haha.

Yg lci masih 400 an keatas sih memang
wah, menggiurkan sekennya hehehe. Btw kalau soal maintenance lebih mahal mana om dibandingkan mercy E-class W212?
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
rudykakashi
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 34
Joined: Wed Jun 12, 2013 2:35

Re: Review BMW 520d F10 2014 LCI

Post by rudykakashi »

baru ambil bmw 520i lci 2014/2015 awal tahun ini dapet di harga 385jt (sbnrnya nyari 520d, cmn brg jarang dan biasa harga agak tinggi), kondisi km dah 100rb, tp km tinggi gk masalah buat saya asal mesin sehat dll... rapihin mbl ganti timing chain sm seal packing mesin, transmisi sm ganti oli transmisi abis sktr 20jtan secara mobil dah 100rb km dan dah 5 tahun..
mobil msh enak bgt apalg setelah dirapihin jd kyk baru lg, ganti ban non rft michelin pilot sport 4...

cmn kmrn ada masalah pas otw ke bogor lwt jagorawi stlh geber pol mobil kr2 10 menit, ada muncul warning kuning "transmission too hot"
baca di headunit suruh drive moderately dan power dikurangin.. minggir bntr di bahu jalan takut knp2, gk lama ilang itu warning.. abis itu nyetir santai..
kira2 masalahnya di apa ya, ada hubungan sama radiator/coolant mesin atau ada coolant lg buat transmisi.. nanti mau cek ke bengkel klo sempet.
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2556
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: Review BMW 520d F10 2014 LCI

Post by farizfsa »

rudykakashi wrote: Tue Mar 31, 2020 3:15 baru ambil bmw 520i lci 2014/2015 awal tahun ini dapet di harga 385jt (sbnrnya nyari 520d, cmn brg jarang dan biasa harga agak tinggi), kondisi km dah 100rb, tp km tinggi gk masalah buat saya asal mesin sehat dll... rapihin mbl ganti timing chain sm seal packing mesin, transmisi sm ganti oli transmisi abis sktr 20jtan secara mobil dah 100rb km dan dah 5 tahun..
mobil msh enak bgt apalg setelah dirapihin jd kyk baru lg, ganti ban non rft michelin pilot sport 4...

cmn kmrn ada masalah pas otw ke bogor lwt jagorawi stlh geber pol mobil kr2 10 menit, ada muncul warning kuning "transmission too hot"
baca di headunit suruh drive moderately dan power dikurangin.. minggir bntr di bahu jalan takut knp2, gk lama ilang itu warning.. abis itu nyetir santai..
kira2 masalahnya di apa ya, ada hubungan sama radiator/coolant mesin atau ada coolant lg buat transmisi.. nanti mau cek ke bengkel klo sempet.
Wah kurang paham, blm pernah kena jg
Kmrn ke jogja naik mbl ini, geber2 an di cikampek-cirebon sama pajero sport 180-200km/jam 5-6 menitan sih ga masalah

Di cipali nya 130-160 an terus jg no problem.
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 252hp 540nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
kerogawa
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 391
Joined: Fri Feb 27, 2009 17:13

Re: Review BMW 520d F10 2014 LCI

Post by kerogawa »

misi om2..
mo nanya agak OOT dikit..
kalo X5 diesel apakah ada yg perna pengalaman?
mungkin mirip yah dgn 520d
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32

Re: Review BMW 520d F10 2014 LCI

Post by benzz89 »

kerogawa wrote:misi om2..
mo nanya agak OOT dikit..
kalo X5 diesel apakah ada yg perna pengalaman?
mungkin mirip yah dgn 520d
X5 2.5d diesel CC nya 2.500 Om & AWD (X Drive) bahasa BMW untuk sistem penggeraknya.

520d (seri 5 diesel) CC nya 2.000, selisih 500 CC... CMIIW yah. Sama2 twin turbo.
Poring81
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Sun Dec 06, 2020 13:12
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 520D 2014

Re: Review BMW 520d F10 2014 LCI

Post by Poring81 »

farizfsa wrote: Fri Feb 07, 2020 3:32 Hello all,

kali ini gue mau review salah satu mobil yang cukup irit dan nyaman yaitu BMW 520d F10 tahun 2014 yang sekarang sudah 95rb km.

Jadi mobil gue ini merupakan BMW seri 5 diesel yang sudah facelift, namun masih pake mesin lama N47T, yang mana beda dengan tahun 2015 keatas yang sudah pake mesin seri Bxx.

Mobil ini dulu di beli brand new iims 2014, ex turnamen golf, km masih 500 aja tapi diskonnya 9 digit, jadi oke bungkus. kenapa beli bmw sedan diesel kaya beli panther aja?

jadi alasan beli bmw diesel karena sudah pernah coba punya teman, dan ternyata enak, dan ini ane kembali lg ke bmw dari kurang lebih 8 tahun pake merek jerman sebelah.

Desain
IMG_9214.jpg

menurut gue, secara exterior mobil ini keliatan besar, namun semuanya proposional secara dimensi dan bentuk, ga ada yang aneh2 atau nyeleneh dari desain bmw ini. terkadang dari jauh mobil ini keliatan kaya bmw seri 7 F01 secara panjang mbl ini hampir 5 meter panjangnya.

IMG_1281.jpg

desain samping pun masih ada benang merah dengan leluhurnya BMW Seri 5 E34.

IMG_2155.jpg

Interior & ICE
Interior mobil ini juga masih menarik, namun speedo masih analog belum digital. mobil ini dilengkapi dengan idrive system menggunakan layar 10.25 inch yang cukup besar pada masanya. idrive system di bmw ini menurut gue mudah digunakan. ada map, cek fault, phone, contact book, manual book, dvd, audio bluetooh dan phone, semua system kenyamanan juga setting dari system ini seperti apakah transmisi maticnya coasting atau ada engine brake nya, speed warning, eco pro dll.

audio mobil ini, bagus namun so-so, tidak pake embel2 harman kardon, bose atau bang olufsen. pgn upgrade tp kok ga penting2 amat ya.

Jok depan mobil ini merupakan jok elektrik dengan kulit asli ukuran jok nya lebar, besar dan tebal yang membuat interior mobil ini agak terlihat lebih sempit dibanding kompetitotnya. sayangnya memori seat hanya ada pada jok pengemudi. AC sudah dual zone, dual zone yang advance dimana bukan cuma suhu yang bisa diatur individual, namun juga blower speed, dan arah ac juga bisa diatur individual.

IMG_5472.JPG

IMG_5473.JPG

Mobil ini juga dilengkapi sunroof berkuran besar. cruise control sudah ada tp sayang belum adaptive, sensor parkir masih sonar di depan dan belakang belum ada parking camera, auto lamp dan auto wiper sudah ada juga. untuk privasi, sayangnya hanya ada krey belakang, krey pintu belakang kiri dan kanan tidak ada.

duduk di kursi belakang ini, cukup yasudah, tidak terlalu rebah senderannya, masih empuk, tapi tidak senyaman mercy.

kekurangan di interior mobil ini adalah, karet2 handle doortrim mulai getas, katanya bukan karena panas, tp kulit kita mengandug garam yg lama2 bikin rusak. tp mungkin bener sih karena handle pintu belakang belum getas sama sekali.l kebetulan mobil ini hanya sering dipake berdua aja.

kaca film bening gt ga panas? ga kok soalnya ane pas beli minta bonusin V-Kool haha.

Handling
ini bmw, handling lebih precise dibanding duo jerman kompetitor lainnya apa lagi kalo abis nyetir w212. Setir di bmw ini terasa weighted, tidak seperti mercy yang sangat ringan dan nyaman, tapi kalau untuk manuver, bmw ini jauh lebih enak dan pd.

meski handling enak, bmw ini bantingannya cenderung empuk, tidak keras seperi BMW E60. ban rft nya udah ga gue pake. Dengan ukuran 245/45 R18, mobil ini kalo kena lobang ttp aja kerasa, namun masih cenderung nyaman. dengan handling yg cukup enak, mbl ini malah jd ga enak kalo dikasi ban jelek, mobil ini kaki2 nya sunyi juga tidak berisik.

Mesin dan performance
Bmw diesel ini punya mesin 2000cc turbo diesel, cuma ngeluarin 184hp dan 375nm dengan 8 speed auto gearbox, secara hp kurang buat bawa mobil sebesar ini, cuma secara torsi cukup. in real life, tenaganya cukup oke, ga keteteran, 0-100 masih di sekitar 7-8 detik.

mesin diesel ini memang lebih bergetar dibanding mbl bensin, itu cuma kerasa kalo lg berhenti aja tp, kalo mbl sudah jalan sih ga ada getaran lagi.

karena diesel mobil ini bisa dibilang irit banget. bisa dapet 26KM/Liter pertadex. mobil ini hanya disarankan minum pertadex. untuk daily, setelah reset akhir tahun kemarin, angka di mid menunjukan konsumsi bahan bakar yaitu 7.6L/100km atau setara 13.1KM/L dengan average speed 24km/jam, daily cibubur + dalkot jkt.

IMG_7645.jpg

mobil ini 0-200 masih cepat dicapai, diatas itu sudah mulai lama, top speed pernah sampai 242km/jam. Mobil ini dilengkapi dengan mode comfort, sport dan ecopro. mode ini tdk cuma bikin transmisi nahan aja, cuma berat setir, ratio perpindahan gigi, throttle gas sampai ac pun berubah settinganya. sehari2 memang enaknya pakai comfort aja.

Maintenance
untuk 5 tahun pertama, jasa dan parts maintenance free dr beres, tinggal isi dex, ngacir.
setelah 1 minggu serah terima mobil ane isi solar kerang pas belum ada himbauan only dex, mobil masuk limp mode, lalu di update ecu dan aman pake kerang lg tp yasudah sekarang dex sudah dimana2 santai.
setelah 3 tahun warranty abis, aktuatur electring hand brake rusak, suruh ganti 17 jt, ane marah2 dikit akhirnya goodwill dr mereka ane bayar 2 jt. sampai sekarang semua all good.

setelah masa isp abis, ane ke bengkel spesialis aja, beda biaya cukup jauh. dr 92rb km, hanya hal diatas yang diganti, selain itu cuma ganti, oli filter filter bensin dan filter ac. kampas rem baru ganti di km 70rban.

ganti oli dan filter mbl ini ga sampe 2 jt, kampas rem sekitar 1.5jt, filter solar memang agak mahal tp tidak sampe sejuta. pajak plat F masih di sekitar 12 jt setahun non progresif. rencana 15 rb km lg mau ganti engine mounting kurang lebih 3.5 juta sama jasa untuk sepasang.

konklusinya, mobil ini mobil yang sangat enak, irit, nyaman, cukup enak dilihat. dgn harga yg sudah ada diangka 200an juta untuk tahun awal sudah cukup menarik mobil ini untuk di beli.
Thank you om review nya.. karena review ini jadi salah satu pertimbangan gw utk ambil 520D 2014, dapet yg msh KM42rb. Baru ambil sekitar 2 mingguan.
Om, klo pergantian oli di mbl ini apa aja ya? Kmrn lgs ganti oli mesin dan oli rem. Utk transmisi kata org anugrah nunggu KM100rb aja. Selain itu perawatan apa aja ya? (Br pertama ambil bmw)

Trus kmrn di anugrah jg ganti accu. Nah pas ganti mesin mbl keadaan nyala. Trus engga ada reset di ecu segala.
Baca2 kok ktnya perlu reset ecu nya.. perlu gak sih?
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2556
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: Review BMW 520d F10 2014 LCI

Post by farizfsa »

Poring81 wrote: Sun Dec 06, 2020 13:32
farizfsa wrote: Fri Feb 07, 2020 3:32 Hello all,

kali ini gue mau review salah satu mobil yang cukup irit dan nyaman yaitu BMW 520d F10 tahun 2014 yang sekarang sudah 95rb km.

Jadi mobil gue ini merupakan BMW seri 5 diesel yang sudah facelift, namun masih pake mesin lama N47T, yang mana beda dengan tahun 2015 keatas yang sudah pake mesin seri Bxx.

Mobil ini dulu di beli brand new iims 2014, ex turnamen golf, km masih 500 aja tapi diskonnya 9 digit, jadi oke bungkus. kenapa beli bmw sedan diesel kaya beli panther aja?

jadi alasan beli bmw diesel karena sudah pernah coba punya teman, dan ternyata enak, dan ini ane kembali lg ke bmw dari kurang lebih 8 tahun pake merek jerman sebelah.

Desain
IMG_9214.jpg

menurut gue, secara exterior mobil ini keliatan besar, namun semuanya proposional secara dimensi dan bentuk, ga ada yang aneh2 atau nyeleneh dari desain bmw ini. terkadang dari jauh mobil ini keliatan kaya bmw seri 7 F01 secara panjang mbl ini hampir 5 meter panjangnya.

IMG_1281.jpg

desain samping pun masih ada benang merah dengan leluhurnya BMW Seri 5 E34.

IMG_2155.jpg

Interior & ICE
Interior mobil ini juga masih menarik, namun speedo masih analog belum digital. mobil ini dilengkapi dengan idrive system menggunakan layar 10.25 inch yang cukup besar pada masanya. idrive system di bmw ini menurut gue mudah digunakan. ada map, cek fault, phone, contact book, manual book, dvd, audio bluetooh dan phone, semua system kenyamanan juga setting dari system ini seperti apakah transmisi maticnya coasting atau ada engine brake nya, speed warning, eco pro dll.

audio mobil ini, bagus namun so-so, tidak pake embel2 harman kardon, bose atau bang olufsen. pgn upgrade tp kok ga penting2 amat ya.

Jok depan mobil ini merupakan jok elektrik dengan kulit asli ukuran jok nya lebar, besar dan tebal yang membuat interior mobil ini agak terlihat lebih sempit dibanding kompetitotnya. sayangnya memori seat hanya ada pada jok pengemudi. AC sudah dual zone, dual zone yang advance dimana bukan cuma suhu yang bisa diatur individual, namun juga blower speed, dan arah ac juga bisa diatur individual.

IMG_5472.JPG

IMG_5473.JPG

Mobil ini juga dilengkapi sunroof berkuran besar. cruise control sudah ada tp sayang belum adaptive, sensor parkir masih sonar di depan dan belakang belum ada parking camera, auto lamp dan auto wiper sudah ada juga. untuk privasi, sayangnya hanya ada krey belakang, krey pintu belakang kiri dan kanan tidak ada.

duduk di kursi belakang ini, cukup yasudah, tidak terlalu rebah senderannya, masih empuk, tapi tidak senyaman mercy.

kekurangan di interior mobil ini adalah, karet2 handle doortrim mulai getas, katanya bukan karena panas, tp kulit kita mengandug garam yg lama2 bikin rusak. tp mungkin bener sih karena handle pintu belakang belum getas sama sekali.l kebetulan mobil ini hanya sering dipake berdua aja.

kaca film bening gt ga panas? ga kok soalnya ane pas beli minta bonusin V-Kool haha.

Handling
ini bmw, handling lebih precise dibanding duo jerman kompetitor lainnya apa lagi kalo abis nyetir w212. Setir di bmw ini terasa weighted, tidak seperti mercy yang sangat ringan dan nyaman, tapi kalau untuk manuver, bmw ini jauh lebih enak dan pd.

meski handling enak, bmw ini bantingannya cenderung empuk, tidak keras seperi BMW E60. ban rft nya udah ga gue pake. Dengan ukuran 245/45 R18, mobil ini kalo kena lobang ttp aja kerasa, namun masih cenderung nyaman. dengan handling yg cukup enak, mbl ini malah jd ga enak kalo dikasi ban jelek, mobil ini kaki2 nya sunyi juga tidak berisik.

Mesin dan performance
Bmw diesel ini punya mesin 2000cc turbo diesel, cuma ngeluarin 184hp dan 375nm dengan 8 speed auto gearbox, secara hp kurang buat bawa mobil sebesar ini, cuma secara torsi cukup. in real life, tenaganya cukup oke, ga keteteran, 0-100 masih di sekitar 7-8 detik.

mesin diesel ini memang lebih bergetar dibanding mbl bensin, itu cuma kerasa kalo lg berhenti aja tp, kalo mbl sudah jalan sih ga ada getaran lagi.

karena diesel mobil ini bisa dibilang irit banget. bisa dapet 26KM/Liter pertadex. mobil ini hanya disarankan minum pertadex. untuk daily, setelah reset akhir tahun kemarin, angka di mid menunjukan konsumsi bahan bakar yaitu 7.6L/100km atau setara 13.1KM/L dengan average speed 24km/jam, daily cibubur + dalkot jkt.

IMG_7645.jpg

mobil ini 0-200 masih cepat dicapai, diatas itu sudah mulai lama, top speed pernah sampai 242km/jam. Mobil ini dilengkapi dengan mode comfort, sport dan ecopro. mode ini tdk cuma bikin transmisi nahan aja, cuma berat setir, ratio perpindahan gigi, throttle gas sampai ac pun berubah settinganya. sehari2 memang enaknya pakai comfort aja.

Maintenance
untuk 5 tahun pertama, jasa dan parts maintenance free dr beres, tinggal isi dex, ngacir.
setelah 1 minggu serah terima mobil ane isi solar kerang pas belum ada himbauan only dex, mobil masuk limp mode, lalu di update ecu dan aman pake kerang lg tp yasudah sekarang dex sudah dimana2 santai.
setelah 3 tahun warranty abis, aktuatur electring hand brake rusak, suruh ganti 17 jt, ane marah2 dikit akhirnya goodwill dr mereka ane bayar 2 jt. sampai sekarang semua all good.

setelah masa isp abis, ane ke bengkel spesialis aja, beda biaya cukup jauh. dr 92rb km, hanya hal diatas yang diganti, selain itu cuma ganti, oli filter filter bensin dan filter ac. kampas rem baru ganti di km 70rban.

ganti oli dan filter mbl ini ga sampe 2 jt, kampas rem sekitar 1.5jt, filter solar memang agak mahal tp tidak sampe sejuta. pajak plat F masih di sekitar 12 jt setahun non progresif. rencana 15 rb km lg mau ganti engine mounting kurang lebih 3.5 juta sama jasa untuk sepasang.

konklusinya, mobil ini mobil yang sangat enak, irit, nyaman, cukup enak dilihat. dgn harga yg sudah ada diangka 200an juta untuk tahun awal sudah cukup menarik mobil ini untuk di beli.
Thank you om review nya.. karena review ini jadi salah satu pertimbangan gw utk ambil 520D 2014, dapet yg msh KM42rb. Baru ambil sekitar 2 mingguan.
Om, klo pergantian oli di mbl ini apa aja ya? Kmrn lgs ganti oli mesin dan oli rem. Utk transmisi kata org anugrah nunggu KM100rb aja. Selain itu perawatan apa aja ya? (Br pertama ambil bmw)

Trus kmrn di anugrah jg ganti accu. Nah pas ganti mesin mbl keadaan nyala. Trus engga ada reset di ecu segala.
Baca2 kok ktnya perlu reset ecu nya.. perlu gak sih?
Ganti aki harus coding, cek ig 88coding_ . Supaya aki dan altenator awet. Sekalian deh coding ini itu biar hidden features aktif semua.

Oli rem saya blm pernah ganti. Kalo baru ambil saya saran ganti

Filter oli, udara, solar, dan micro filter ac.

Tiap ganti oli mesin minta cek in kondisi damper besar tengah masih ok apa ga.

Oli trans jg blm ganti, bmw blgnya lifetime. Tp namti 150rb km br mau ganti sekalian rapihin kaki2. Udh 110rb km blm ganti kaki2 apa2

Itu aja sih
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 252hp 540nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
gerrymashir
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Mon Nov 01, 2021 12:07

Re: Review BMW 520d F10 2014 LCI

Post by gerrymashir »

Om mau tanya klo pergantian part apa yg hrs sudah diganti di km 135.000 bmw 520d 2012??..rencana ane mau beli punya temen ane harga lmyn miring sih tp ane takut kalo km diatas 100.000 jadi kebagian rewelnya aja mblnya..mhn sarannya suhu2 semua..kira2 bakal rewel gak ya?..makasih sebelumnya