2020 KIA Seltos EXP 1.4T DCT Short Test Drive

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15530
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2020 KIA Seltos EXP 1.4T DCT Short Test Drive

Post by ChZ »

Angelpesek wrote: Mon Mar 09, 2020 15:27 Page 1 satu ini harusnya dibaca kia indo, dan diterusin ke korea sono. Masukan besar, yg emg bener sih saya make kia jg yg rio 2014 n pernah pake accent verna dl. Klo bahasa saya sih mesin korea ini rata” halus ga nyentak” trus enaknya klo cruising di tol. Dalkotnya lemot.
Apa karna jalanan di korea ga kaya jepang?
Mesin-mesin KIA-Hyundai yang lawas kebanyakan ngejar horsepower gede...

KIA Rio 2014 yang Gamma engine ya. mesinnya 1.4L tapi tenaganya 109hp... sama seperti 1NZ Toyota Yaris dan HR15 Nissan Livina, padahal beda 100cc. Sportage III dan Tucson generasi 3 juga sama (Theta II Engine) dulu 2.0L tapi tenaganya 166hp.

ntah kenapa setelah itu di versi facelift diturunkan outputnya jadi 156hp. kalo katanya sih buat ngejar torsi di putaran bawah.

Iseng browse di Wiki, ternyata Theta II Engine nya sempat di-recall dan punya issue
In September 2015, Hyundai recalled about 470,000 model year 2011-2012 Sonatas equipped with 2-liter and 2.4-liter Theta II engines. At the time, Hyundai told NHTSA that manufacturing problems left metallic debris around the engine crankshaft, causing problems with oil flow. The pieces of metal interfere with the oil flow through the connecting rod bearings and damage the connecting rods. The automaker blamed the problem on a mechanical "deburring" process used to remove metallic machining debris from the crankshaft
https://en.wikipedia.org/wiki/Hyundai_Theta_engine
Syauqi wrote: Mon Mar 09, 2020 16:06 Nice review om, tetep objektif dan detail as expected. Karena saya ga pernah bawa dct jadi no comment deh, percaya aja sama om2 disini yg jam terbangnya dah tinggi hahaha..
Sependapat mengenai desain eksteriornya yg terkesan agak ke cina2an. Ntah kenapa saya ga suka desain eksteriornya, terlalu heboh & trying too hard to look tough. Interiornya juga begitu, liat beberapa video di youtube & foto diatas kok kesannya cheap sekali, bahkan menurut saya kia rio lebih keliatan up scale luar dalem dibanding ini.
Tapi terlepas dari itu langkah yang luar biasa dari kia, mobil selengkap itu bisa dijual 350jtan. Luar biasa, semoga ada pasarnya
saya awalnya liat biasa aja, tapi lama lama berasa kok dangdut amat gini exteriornya... alias rame. lampu nya, chrome nya. :mky_05:

makanya entahlah saya juga bingung apa yang dibilang "lebih baik segala sisi daripada HR-V"... kayaknya objectively speaking build qualitynya nggak spesial amat. Powertrain nya nggak refined, ride nya cenderung biasa saja, cuma menang di sektor kenyamanan.
riisesky wrote: Tue Mar 10, 2020 2:57 itu dashboard versi korya sama versi sini kenapa kaya langit dan bumi begitu deh - -"
hehehe... keterangan di Wiki nya sendiri bilang khusus pasar ASEAN dikasih spek India buat ngejer cost. ketika alasan ngejer cost ini disebut ya udah ketauan pasti dari sisi build banyak yang dikurang-kurangin :mky_03:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15530
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2020 KIA Seltos EXP 1.4T DCT Short Test Drive

Post by ChZ »



menarik... 0-100 nya 8.3 secs menurut carmudi. Di video saya liat perpindahan gigi nya juga jauh lebih halus dan cepat.

Saya curiga apa pengaruh BBM yang digunakan ya...

atau mobil masih dalam kondisi break-in.

krn waktu itu saya lihat di tabloid o*omot*f 10.5 secs... selisihnya jauh amat.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Tats
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 354
Joined: Sun Oct 01, 2017 5:36

Re: 2020 KIA Seltos EXP 1.4T DCT Short Test Drive

Post by Tats »

ChZ wrote: Tue Mar 10, 2020 4:54

menarik... 0-100 nya 8.3 secs menurut carmudi. Di video saya liat perpindahan gigi nya juga jauh lebih halus dan cepat.

Saya curiga apa pengaruh BBM yang digunakan ya...

atau mobil masih dalam kondisi break-in.

krn waktu itu saya lihat di tabloid o*omot*f 10.5 secs... selisihnya jauh amat.
Wow bisa sampe 8.3 secs
Kok sy yg pesimis sama dct nya jadi tertarik ya huahahaha

Cerita pengalaman sy dulu om
Pernah coba mobil test drive punya dealer
Tarikannya lumayan enak jd ga ngarep apa2 pas akhirnya spk
Pas sy ambil mobilnya ternyata unit versi konsumen alias punya sy pribadi jauh lebih enak lagi tenaganya
Mungkin si kia seltos ini juga seperti itu, versi test drive awal2 ecu nya belum disesuaikan dgn kondisi cuaca dan bbm indo
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15530
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2020 KIA Seltos EXP 1.4T DCT Short Test Drive

Post by ChZ »

Tats wrote: Tue Mar 10, 2020 5:28 Wow bisa sampe 8.3 secs
Kok sy yg pesimis sama dct nya jadi tertarik ya huahahaha

Cerita pengalaman sy dulu om
Pernah coba mobil test drive punya dealer
Tarikannya lumayan enak jd ga ngarep apa2 pas akhirnya spk
Pas sy ambil mobilnya ternyata unit versi konsumen alias punya sy pribadi jauh lebih enak lagi tenaganya
Mungkin si kia seltos ini juga seperti itu, versi test drive awal2 ecu nya belum disesuaikan dgn kondisi cuaca dan bbm indo
nah bisa jadi unit test drive itu unit prototype alias belum disempurnakan... kalaupun udah sempurna yah asal dilempar dulu buat pengenalan feel nyetirnya gimana.

Tapi feeling saya dari rasa nyetir sendiri, data test tabloid o*om*t*f yang 10,5s , mungkin ini sama-sama unit yang belum break-in. di unit yang ditest oleh Carmudi ini odo sudah berjalan lebih dari 1.000 km, barangkali sudah valid.

Krn ane inget dulu ngetes Mazda3 sebelum model terbaru ini, rasanya lemot sekali pindah giginya... padahal transmisinya 6-speed skyactiv yang terkenal sigap. mesinnya juga punch nya lemah syahwat... dites Fitra Eri 0-100 nya 10,6 secs, cukup ngga bisa dipercaya mengingat di luar akselerasinya hanya beda sekitar 0,5s dari Civic Turbo yang 7.5s ...

saya pikir beberapa mobil baru sebelum 1.000 km mungkin ada semacam mekanisme komputer yang membatasi performanya ... seiring waktu kalo sudah lewat bakal membaik.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: 2020 KIA Seltos EXP 1.4T DCT Short Test Drive

Post by kunaskun »

ChZ wrote: Tue Mar 10, 2020 14:47 nah bisa jadi unit test drive itu unit prototype alias belum disempurnakan... kalaupun udah sempurna yah asal dilempar dulu buat pengenalan feel nyetirnya gimana.
idealnya si dicek dulu tekanan angin ban, terus bbm diisi dulu pake yg semestinya, terus service 1000 km dulu, nah baru d ketahuan, repotnya, kan susah banget juga ngelakuin hal gini :big_bored:
Tapi feeling saya dari rasa nyetir sendiri, data test tabloid o*om*t*f yang 10,5s , mungkin ini sama-sama unit yang belum break-in. di unit yang ditest oleh Carmudi ini odo sudah berjalan lebih dari 1.000 km, barangkali sudah valid.

Krn ane inget dulu ngetes Mazda3 sebelum model terbaru ini, rasanya lemot sekali pindah giginya... padahal transmisinya 6-speed skyactiv yang terkenal sigap. mesinnya juga punch nya lemah syahwat... dites Fitra Eri 0-100 nya 10,6 secs, cukup ngga bisa dipercaya mengingat di luar akselerasinya hanya beda sekitar 0,5s dari Civic Turbo yang 7.5s ...

saya pikir beberapa mobil baru sebelum 1.000 km mungkin ada semacam mekanisme komputer yang membatasi performanya ... seiring waktu kalo sudah lewat bakal membaik.
tebakan saya si, kalau memang sesuai service pertama 1000 km, itu scanner mungkin aja akan jalanin protokol cabut break-in mode? atau bisa jadi factory filled fluid ampas banget, jadi idealnya diganti. seperti pengalaman saya dulu, beberapa kali service mobil baru, setiap kali ganti oli mesin dengan pilihan sendiri, hasilnya langit dan bumi.
ChZ wrote: Tue Mar 10, 2020 4:54

menarik... 0-100 nya 8.3 secs menurut carmudi. Di video saya liat perpindahan gigi nya juga jauh lebih halus dan cepat.

Saya curiga apa pengaruh BBM yang digunakan ya...

atau mobil masih dalam kondisi break-in.

krn waktu itu saya lihat di tabloid o*omot*f 10.5 secs... selisihnya jauh amat.

btw itu 8,3 sec kenceng banget ya? liat di video si bener juga di menit 10:22 speedo baru jalan dari 0, di 10:30 itu sudah 100.
kalau di indiniauto https://indianauto.com/stories/kia-selt ... on-nid3063 "cuma" 11 detikan dari video user. katakan fitra eri yg gas mungkin bisalah mendekati klaim pabrikan di 9,7 sec. atau jangan2 indonesia edition sudah di unlock itu ECU jadi extra boost?
Angelpesek
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 223
Joined: Fri Jan 19, 2018 4:05
Location: Medan
Daily Vehicle: Kia_rio

Re: 2020 KIA Seltos EXP 1.4T DCT Short Test Drive

Post by Angelpesek »

ChZ wrote: Tue Mar 10, 2020 3:25
Angelpesek wrote: Mon Mar 09, 2020 15:27 Page 1 satu ini harusnya dibaca kia indo, dan diterusin ke korea sono. Masukan besar, yg emg bener sih saya make kia jg yg rio 2014 n pernah pake accent verna dl. Klo bahasa saya sih mesin korea ini rata” halus ga nyentak” trus enaknya klo cruising di tol. Dalkotnya lemot.
Apa karna jalanan di korea ga kaya jepang?
Mesin-mesin KIA-Hyundai yang lawas kebanyakan ngejar horsepower gede...

KIA Rio 2014 yang Gamma engine ya. mesinnya 1.4L tapi tenaganya 109hp... sama seperti 1NZ Toyota Yaris dan HR15 Nissan Livina, padahal beda 100cc. Sportage III dan Tucson generasi 3 juga sama (Theta II Engine) dulu 2.0L tapi tenaganya 166hp.

ntah kenapa setelah itu di versi facelift diturunkan outputnya jadi 156hp. kalo katanya sih buat ngejar torsi di putaran bawah.

Iseng browse di Wiki, ternyata Theta II Engine nya sempat di-recall dan punya issue
In September 2015, Hyundai recalled about 470,000 model year 2011-2012 Sonatas equipped with 2-liter and 2.4-liter Theta II engines. At the time, Hyundai told NHTSA that manufacturing problems left metallic debris around the engine crankshaft, causing problems with oil flow. The pieces of metal interfere with the oil flow through the connecting rod bearings and damage the connecting rods. The automaker blamed the problem on a mechanical "deburring" process used to remove metallic machining debris from the crankshaft
https://en.wikipedia.org/wiki/Hyundai_Theta_engine
Syauqi wrote: Mon Mar 09, 2020 16:06 Nice review om, tetep objektif dan detail as expected. Karena saya ga pernah bawa dct jadi no comment deh, percaya aja sama om2 disini yg jam terbangnya dah tinggi hahaha..
Sependapat mengenai desain eksteriornya yg terkesan agak ke cina2an. Ntah kenapa saya ga suka desain eksteriornya, terlalu heboh & trying too hard to look tough. Interiornya juga begitu, liat beberapa video di youtube & foto diatas kok kesannya cheap sekali, bahkan menurut saya kia rio lebih keliatan up scale luar dalem dibanding ini.
Tapi terlepas dari itu langkah yang luar biasa dari kia, mobil selengkap itu bisa dijual 350jtan. Luar biasa, semoga ada pasarnya
saya awalnya liat biasa aja, tapi lama lama berasa kok dangdut amat gini exteriornya... alias rame. lampu nya, chrome nya. :mky_05:

makanya entahlah saya juga bingung apa yang dibilang "lebih baik segala sisi daripada HR-V"... kayaknya objectively speaking build qualitynya nggak spesial amat. Powertrain nya nggak refined, ride nya cenderung biasa saja, cuma menang di sektor kenyamanan.
riisesky wrote: Tue Mar 10, 2020 2:57 itu dashboard versi korya sama versi sini kenapa kaya langit dan bumi begitu deh - -"
hehehe... keterangan di Wiki nya sendiri bilang khusus pasar ASEAN dikasih spek India buat ngejer cost. ketika alasan ngejer cost ini disebut ya udah ketauan pasti dari sisi build banyak yang dikurang-kurangin :mky_03:
Nah iya mungkin itu hp gede makanya enak di tol, dalkotnya ambyar.
Blom pernah liat n pegang langsung seltos ini, perkiraan saya karna ini built up india, body terasa kokoh n buka pintu berat tp finishing interior rada kasar trus panel gap ga rapih. Iyakah om?
Devourer
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 166
Joined: Mon Jun 25, 2018 6:57

Re: 2020 KIA Seltos EXP 1.4T DCT Short Test Drive

Post by Devourer »

Setuju dgn reviewnya stlh test drive agak kurang cocok dgn karakter dctnya masih kurang refined.
Pas engage clutch dr stop berasa ragu aja soal durabilitynya. Masih jauh dibawah ekspektasi dr pengalaman
bawa vw dsg.

Dari pengalaman ex-user trax (pakai 6 bln dijual, 2-3 bln sblm chevy stop)
Ergonomics menang seltos, jok belakang dan depan jauh lebih nyaman.
Meskipun material trax krn ada dash soft touch lbh bagus tp buildnya bagusan seltos.
Trax dr awal bli pintu blkg engselnya berasa ringkih aja bunyi2.
Mesin sm transmisi ttp berasa refined trax meskipun banting vote seltos lbh keras mantep.

Dari td cx3 dan hr-v jg overall pilihan ttp jatuh ke cx3 dan kedua hr-v, meskipun bbrp kali setir hr-v biasa banget ga tertarik
sama sekali tapi pilihan aman aja.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15530
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2020 KIA Seltos EXP 1.4T DCT Short Test Drive

Post by ChZ »

kunaskun wrote: Tue Mar 10, 2020 14:50
btw itu 8,3 sec kenceng banget ya? liat di video si bener juga di menit 10:22 speedo baru jalan dari 0, di 10:30 itu sudah 100.
kalau di indiniauto https://indianauto.com/stories/kia-selt ... on-nid3063 "cuma" 11 detikan dari video user. katakan fitra eri yg gas mungkin bisalah mendekati klaim pabrikan di 9,7 sec. atau jangan2 indonesia edition sudah di unlock itu ECU jadi extra boost?
nah makanya ini yang ngetes baru 2 media dan gap resultnya lumayan, Otodriver belum ada datanya. Di video oom itu kilometernya masih 700 km juga.

Penasaran juga kalo beneran 8,3secs sih kenceng bener.
Angelpesek wrote: Tue Mar 10, 2020 15:52
Nah iya mungkin itu hp gede makanya enak di tol, dalkotnya ambyar.
Blom pernah liat n pegang langsung seltos ini, perkiraan saya karna ini built up india, body terasa kokoh n buka pintu berat tp finishing interior rada kasar trus panel gap ga rapih. Iyakah om?
Yang sejak generasi Tucson Facelift dan Sportage Facelift sudah diturunin tenaganya, katanya emang ngejar torsi bawah biar lebih irit jd ngorbanin peak power... saya lupa itu masih Theta II atau sudah Nu engine. Banyak banget mesinnya.

Yup bener sekali, buka tutup bodi kerasa berat tapi plastik plastiknya ya ampoon... :mky_05:
Devourer wrote: Tue Mar 10, 2020 16:00 Setuju dgn reviewnya stlh test drive agak kurang cocok dgn karakter dctnya masih kurang refined.
Pas engage clutch dr stop berasa ragu aja soal durabilitynya. Masih jauh dibawah ekspektasi dr pengalaman
bawa vw dsg.

Dari pengalaman ex-user trax (pakai 6 bln dijual, 2-3 bln sblm chevy stop)
Ergonomics menang seltos, jok belakang dan depan jauh lebih nyaman.
Meskipun material trax krn ada dash soft touch lbh bagus tp buildnya bagusan seltos.
Trax dr awal bli pintu blkg engselnya berasa ringkih aja bunyi2.
Mesin sm transmisi ttp berasa refined trax meskipun banting vote seltos lbh keras mantep.

Dari td cx3 dan hr-v jg overall pilihan ttp jatuh ke cx3 dan kedua hr-v, meskipun bbrp kali setir hr-v biasa banget ga tertarik
sama sekali tapi pilihan aman aja.
naah ada lagi yang ngerasain kayak saya, apa unitnya masih di bawah 1.000 KM juga kah?
Last edited by ChZ on Wed Mar 11, 2020 4:24, edited 1 time in total.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Syauqi
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 499
Joined: Sat May 09, 2015 8:55
Location: Sidoarjo, Surabaya, Jakarta
Daily Vehicle: Potato Car

Re: 2020 KIA Seltos EXP 1.4T DCT Short Test Drive

Post by Syauqi »

ChZ wrote: Tue Mar 10, 2020 4:54

menarik... 0-100 nya 8.3 secs menurut carmudi. Di video saya liat perpindahan gigi nya juga jauh lebih halus dan cepat.

Saya curiga apa pengaruh BBM yang digunakan ya...

atau mobil masih dalam kondisi break-in.

krn waktu itu saya lihat di tabloid o*omot*f 10.5 secs... selisihnya jauh amat.
Kemarin pas liat video ini saya langsung inget reviewny om chz.. loh kok kenceng amat hahaha
Selain pengaruh periode break-in, ada kemungkinan pengaruh lintasan kali yah, mungkin ini lintasannya aga turun, maybe.
Mobil yg canggih mungkin gitu y, kalo terios baru di test otodriver 0-100 waktu masa break in & sesudah masa break in ya sama aja hasilnya hehehe
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15530
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2020 KIA Seltos EXP 1.4T DCT Short Test Drive

Post by ChZ »

Syauqi wrote: Wed Mar 11, 2020 4:14
Kemarin pas liat video ini saya langsung inget reviewny om chz.. loh kok kenceng amat hahaha
Selain pengaruh periode break-in, ada kemungkinan pengaruh lintasan kali yah, mungkin ini lintasannya aga turun, maybe.
Mobil yg canggih mungkin gitu y, kalo terios baru di test otodriver 0-100 waktu masa break in & sesudah masa break in ya sama aja hasilnya hehehe
Mungkin jadi standar bbrp pabrikan untuk mengantisipasi komponen di-abuse pada masa break-in... kalau tidak bisa dikasih tau ownernya, langsung dimainkan di mekanisme ECU nya :mky_01: zaman serba elektronik gini apa sih yang nggak mungkin.

Civic Turbo sebelum dan sesudah break-in juga sama 0-100 di 7.5secs.



9.91secs
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Angelpesek
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 223
Joined: Fri Jan 19, 2018 4:05
Location: Medan
Daily Vehicle: Kia_rio

Re: 2020 KIA Seltos EXP 1.4T DCT Short Test Drive

Post by Angelpesek »

ChZ wrote: Wed Mar 11, 2020 3:18
kunaskun wrote: Tue Mar 10, 2020 14:50
btw itu 8,3 sec kenceng banget ya? liat di video si bener juga di menit 10:22 speedo baru jalan dari 0, di 10:30 itu sudah 100.
kalau di indiniauto https://indianauto.com/stories/kia-selt ... on-nid3063 "cuma" 11 detikan dari video user. katakan fitra eri yg gas mungkin bisalah mendekati klaim pabrikan di 9,7 sec. atau jangan2 indonesia edition sudah di unlock itu ECU jadi extra boost?
nah makanya ini yang ngetes baru 2 media dan gap resultnya lumayan, Otodriver belum ada datanya. Di video oom itu kilometernya masih 700 km juga.

Penasaran juga kalo beneran 8,3secs sih kenceng bener.
Angelpesek wrote: Tue Mar 10, 2020 15:52
Nah iya mungkin itu hp gede makanya enak di tol, dalkotnya ambyar.
Blom pernah liat n pegang langsung seltos ini, perkiraan saya karna ini built up india, body terasa kokoh n buka pintu berat tp finishing interior rada kasar trus panel gap ga rapih. Iyakah om?
Yang sejak generasi Tucson Facelift dan Sportage Facelift sudah diturunin tenaganya, katanya emang ngejar torsi bawah biar lebih irit jd ngorbanin peak power... saya lupa itu masih Theta II atau sudah Nu engine. Banyak banget mesinnya.

Yup bener sekali, buka tutup bodi kerasa berat tapi plastik plastiknya ya ampoon... :mky_05:
Devourer wrote: Tue Mar 10, 2020 16:00 Setuju dgn reviewnya stlh test drive agak kurang cocok dgn karakter dctnya masih kurang refined.
Pas engage clutch dr stop berasa ragu aja soal durabilitynya. Masih jauh dibawah ekspektasi dr pengalaman
bawa vw dsg.

Dari pengalaman ex-user trax (pakai 6 bln dijual, 2-3 bln sblm chevy stop)
Ergonomics menang seltos, jok belakang dan depan jauh lebih nyaman.
Meskipun material trax krn ada dash soft touch lbh bagus tp buildnya bagusan seltos.
Trax dr awal bli pintu blkg engselnya berasa ringkih aja bunyi2.
Mesin sm transmisi ttp berasa refined trax meskipun banting vote seltos lbh keras mantep.

Dari td cx3 dan hr-v jg overall pilihan ttp jatuh ke cx3 dan kedua hr-v, meskipun bbrp kali setir hr-v biasa banget ga tertarik
sama sekali tapi pilihan aman aja.
naah ada lagi yang ngerasain kayak saya, apa unitnya masih di bawah 1.000 KM juga kah?
Klo km dibawah seribu waktu rio saya masi baru saya ngalamin jg begitu, pengaruh jg di kons bbm rasanya lebih irit n tarikan rada ringan setelah lewat km itu.
Data pasti ga ada, tp rata” User rio ada yg testi gt jg.
Devourer
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 166
Joined: Mon Jun 25, 2018 6:57

Re: 2020 KIA Seltos EXP 1.4T DCT Short Test Drive

Post by Devourer »

Devourer wrote: Tue Mar 10, 2020 16:00 Setuju dgn reviewnya stlh test drive agak kurang cocok dgn karakter dctnya masih kurang refined.
Pas engage clutch dr stop berasa ragu aja soal durabilitynya. Masih jauh dibawah ekspektasi dr pengalaman
bawa vw dsg.

Dari pengalaman ex-user trax (pakai 6 bln dijual, 2-3 bln sblm chevy stop)
Ergonomics menang seltos, jok belakang dan depan jauh lebih nyaman.
Meskipun material trax krn ada dash soft touch lbh bagus tp buildnya bagusan seltos.
Trax dr awal bli pintu blkg engselnya berasa ringkih aja bunyi2.
Mesin sm transmisi ttp berasa refined trax meskipun banting vote seltos lbh keras mantep.

Dari td cx3 dan hr-v jg overall pilihan ttp jatuh ke cx3 dan kedua hr-v, meskipun bbrp kali setir hr-v biasa banget ga tertarik
sama sekali tapi pilihan aman aja.
ChZ wrote: Wed Mar 11, 2020 3:18 naah ada lagi yang ngerasain kayak saya, apa unitnya masih di bawah 1.000 KM juga kah?
Sayang sy kmrn ga perhatiin kmnya, terlalu fokus ngerasain feel nyetirnya hehe.
FU27
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 739
Joined: Wed May 03, 2017 9:39
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Karimun Wagon R

Re: 2020 KIA Seltos EXP 1.4T DCT Short Test Drive

Post by FU27 »

Agak malas sama koreaan karena sudah 2 kali pakai mobil teman, dan keduanya masalahnya sama, klakson pecah tombolnya.
roadmap
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 287
Joined: Sun Nov 04, 2018 4:34
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Honda

Re: 2020 KIA Seltos EXP 1.4T DCT Short Test Drive

Post by roadmap »

FU27 wrote:Agak malas sama koreaan karena sudah 2 kali pakai mobil teman, dan keduanya masalahnya sama, klakson pecah tombolnya.
Mending jepangan dan eropah (kalau siap dompet) ya om?
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15530
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2020 KIA Seltos EXP 1.4T DCT Short Test Drive

Post by ChZ »



0-100 9.7s ....

knp hasilnya beda-beda gini yak ... cm yang hasilnya oom fitra emang lebih realistis dan mendekati claim pabrikan.

dan somehow lebih believable wkwkwk 140hp bobot g beda jau dgn HRV yang sama jg 139hp... HRV 1.8 0-100 10s.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: 2020 KIA Seltos EXP 1.4T DCT Short Test Drive

Post by kunaskun »

ChZ wrote: Sat Mar 28, 2020 6:19

0-100 9.7s ....

knp hasilnya beda-beda gini yak ... cm yang hasilnya oom fitra emang lebih realistis dan mendekati claim pabrikan.

dan somehow lebih believable wkwkwk 140hp bobot g beda jau dgn HRV yang sama jg 139hp... HRV 1.8 0-100 10s.
beda jauh ya 1,5 detik... itu si beda banget, jangan2 om Fitra punya belum di-unlock :big_biglaugh:
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9625
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: 2020 KIA Seltos EXP 1.4T DCT Short Test Drive

Post by Suryaputra »

kunaskun wrote: Sat Mar 28, 2020 6:32
ChZ wrote: Sat Mar 28, 2020 6:19

0-100 9.7s ....

knp hasilnya beda-beda gini yak ... cm yang hasilnya oom fitra emang lebih realistis dan mendekati claim pabrikan.

dan somehow lebih believable wkwkwk 140hp bobot g beda jau dgn HRV yang sama jg 139hp... HRV 1.8 0-100 10s.
beda jauh ya 1,5 detik... itu si beda banget, jangan2 om Fitra punya belum di-unlock :big_biglaugh:
yah buat keperluan promo.. diremap dulu kali
setelah kelar review, set factory default :ngacir:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: 2020 KIA Seltos EXP 1.4T DCT Short Test Drive

Post by kunaskun »

Suryaputra wrote: Sat Mar 28, 2020 6:56 yah buat keperluan promo.. diremap dulu kali
setelah kelar review, set factory default :ngacir:
:big_think: :big_think: :big_think: :big_slap: :big_slap: :big_slap:
kalau om fitra yg TD seltos carmudi bisa2 dibawah 8 detik :big_biglaugh:
lah kebalik gitu :upss:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15530
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2020 KIA Seltos EXP 1.4T DCT Short Test Drive

Post by ChZ »

Suryaputra wrote: Sat Mar 28, 2020 6:56
kunaskun wrote: Sat Mar 28, 2020 6:32
beda jauh ya 1,5 detik... itu si beda banget, jangan2 om Fitra punya belum di-unlock :big_biglaugh:
yah buat keperluan promo.. diremap dulu kali
setelah kelar review, set factory default :ngacir:
1.5s gap itu banyak loh... akan sangat impossible mobil yang sama resultnya beda 1.5secs kecuali beda negara (standar europ vs standar indo. tuning ECU, kondisi udara dan bbm juga jauh banget... di yurop Camry 2.4 8-9 detik, disini 9-10 detik)

minimal remap stage 1 jadi 200hp/300Nm dan ganti exhaust baru bisa lebih kenceng 1.5 secs... itupun harus ganti ban dulu, traction matters dalam kasus 0-100 sprint. Pake ban standar dijamin selip, wong ban bawaannya Goodyear Fuel Assurance Max... bukan Eagle F1.

dan fakta yang tak terbantahkan ini tester nya pembalap... kalo ngomong skill gak mungkin Fitra Eri kalah dari Franciscus Rosano, kalo power to weight, postur badannya gede Rosano kemana-mana jelas.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
GrandNewInnovaV
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 20
Joined: Wed Mar 21, 2018 8:53
Location: Bekasi
Daily Vehicle: Innova Old

Re: 2020 KIA Seltos EXP 1.4T DCT Short Test Drive

Post by GrandNewInnovaV »

Setelah liat interiornya Seltos versi Indo, rasanya interiornya hrv (vezel) yang ga berubah dari tahun 2013 jadi keliatan seger lagi
User avatar
brekeledan
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 387
Joined: Fri Feb 12, 2010 1:07

Re: 2020 KIA Seltos EXP 1.4T DCT Short Test Drive

Post by brekeledan »

Bedanya Seltos yang 295jt dengan EX dan EX plus apa saja ya?fitur2nya.
Gue cari di websitenya kurang informatif.
Tats
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 354
Joined: Sun Oct 01, 2017 5:36

Re: 2020 KIA Seltos EXP 1.4T DCT Short Test Drive

Post by Tats »

brekeledan wrote: Tue Apr 07, 2020 13:49 Bedanya Seltos yang 295jt dengan EX dan EX plus apa saja ya?fitur2nya.
Gue cari di websitenya kurang informatif.
Emg kurang jelas infonya, kyk kurang niat marketingnya di segi informasi produk khas ind*m*bil
Semoga karena ada wabah aja jd pergerakannya kurang gesit dan saat keadaan normal atpm nya lebih gesit jualan
Yg sy inget:

Trim Ex+
-sunroof
-lampu full led
-cruise control
-pelek 17"
-grill chrome
-sisanya silahkan tambah

Trim Ex
-ga ada sunroof
-lampu led cuma di headlamp, lampu rem dan foglamp halogen
-ga ada cruise control
-pelek 16" (cmiiw sy ga inget)
-grill hitam (entah piano black atau plastic)
-sisanya sama dgn ex+ kalau ga salah cmiiw

Trim E
-nothing to see here, just buy other trim level :big_biglaugh:
User avatar
brekeledan
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 387
Joined: Fri Feb 12, 2010 1:07

Re: 2020 KIA Seltos EXP 1.4T DCT Short Test Drive

Post by brekeledan »

Hoo, sunroof khusus yang EX+, beda harga 20jt rasanya mending yang EX+ memang.

Anyway, thanks infonya.
User avatar
privatemember
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 33
Joined: Wed Mar 04, 2020 1:13
Location: Java Island

Re: 2020 KIA Seltos EXP 1.4T DCT Short Test Drive

Post by privatemember »

ChZ wrote: Fri Feb 28, 2020 6:11 KIA : The Korean Mazda (?)
Mohon maaf nih saya ngambangin lagi trit ini ke atas + pertanyaannya tidak terlalu spesifik ke Seltos.

Berarti Om tempo hari TD di Kia Jl Sudirman sebelah Giant itu tho.. Nah waktu datengin ke diler itu, mereka udah full melayani 3S merek Kia? Lalu, apa mereka masih melayani 3S merek Audi & saudara merakyatnya (sebelumnya diler itu melayani 2 merek ini, kini facade-nya udah dirombak jadi full Kia branding)?

======================

Kok kelihatannya ATPM "i" ini kayak "nih gue punya mainan baru si Kia" terus ngelupain duo Jerman itu. :shrug: Mana di Google Maps nama dilernya diganti-ganti jadi "Seltos Semarang" pula, udah kaya sesumbar bakal sukses dengan tipe ini :big_bored:.

Saya sebetulnya menyambut baik comeback-nya Kia ini, tapi di lain sisi jadi geleng-geleng juga sama ATPM-nya yang 2 tahun ini woro-woro nya sepi entah karena apes dicuekin prinsipal entah murni males jualan. Doa saya semoga mereka bisa fokus dengan merek-merek yang tersisa biar citra korporatnya nggak kalah gengsi lagi dengan ATPM A + dinyinyirin petrolhead netizen terus. Wkwkwk

Semoga juga prinsipal Kia juga proaktif ke ibunya yang lagi bikin pabrik baru di sini. Kali-kali bisa berbagi platform calon entry-MPV dan mobil listrik yang ibunya janjikan ke pemerintah. Toh si "i" punya riwayat OK & nrimo aja kan jualannya pakai teknologi merek yang ATPM-nya bukan mereka. Hehe.
Astargea
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 250
Joined: Sat Mar 31, 2018 14:14

Re: 2020 KIA Seltos EXP 1.4T DCT Short Test Drive

Post by Astargea »

privatemember wrote: Mon Apr 27, 2020 14:25
ChZ wrote: Fri Feb 28, 2020 6:11 KIA : The Korean Mazda (?)
Mohon maaf nih saya ngambangin lagi trit ini ke atas + pertanyaannya tidak terlalu spesifik ke Seltos.

Berarti Om tempo hari TD di Kia Jl Sudirman sebelah Giant itu tho.. Nah waktu datengin ke diler itu, mereka udah full melayani 3S merek Kia? Lalu, apa mereka masih melayani 3S merek Audi & saudara merakyatnya (sebelumnya diler itu melayani 2 merek ini, kini facade-nya udah dirombak jadi full Kia branding)?

======================

Kok kelihatannya ATPM "i" ini kayak "nih gue punya mainan baru si Kia" terus ngelupain duo Jerman itu. :shrug: Mana di Google Maps nama dilernya diganti-ganti jadi "Seltos Semarang" pula, udah kaya sesumbar bakal sukses dengan tipe ini :big_bored:.

Saya sebetulnya menyambut baik comeback-nya Kia ini, tapi di lain sisi jadi geleng-geleng juga sama ATPM-nya yang 2 tahun ini woro-woro nya sepi entah karena apes dicuekin prinsipal entah murni males jualan. Doa saya semoga mereka bisa fokus dengan merek-merek yang tersisa biar citra korporatnya nggak kalah gengsi lagi dengan ATPM A + dinyinyirin petrolhead netizen terus. Wkwkwk

Semoga juga prinsipal Kia juga proaktif ke ibunya yang lagi bikin pabrik baru di sini. Kali-kali bisa berbagi platform calon entry-MPV dan mobil listrik yang ibunya janjikan ke pemerintah. Toh si "i" punya riwayat OK & nrimo aja kan jualannya pakai teknologi merek yang ATPM-nya bukan mereka. Hehe.
Udah gak keitung berapa merek yang udah mereka jual trus mereka buang, dari mobcin Chery, Great Wall, trus Mazda, Ssangyong, Volvo, Infiniti, dan terakhir Renault tuh. Baru niat kalo prinsipal turun tangan. Soal Renault konon mereka minta2 prinsipal turun tangan, gak dikasih, trus udah males dikasihin aja ke perusahaan lain hak distribusinya. Kalo Kia saya gak khawatir karena konon Kia mau bikin LMPV saingan Ertiga: https://indianautosblog.com/exclusive-k ... ly-p319750 dan tahun ini juga bakal ada SUV dibawah Seltos