Short review and test drive : ANKI 2.4 V AT 2016

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: F 272, b8099ok, ginting, FRD, artoodetoo, y_anjasrana

Pboyz97
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2727
Joined: 09 Oct 2016, 22:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: CX5 Elite 2018

Short review and test drive : ANKI 2.4 V AT 2016

Post by Pboyz97 »

Hello smers sekalian. Kali ini saya akan kembali membuat sebuah review mengenai mobil yg kalian sudah tidak asing lagi tentunya.Yeps, it's an all new kijang innova, yg mana sudah eksis sangat lama di Indonesia, puluhan tahun lamanya. Dimulai dari kijang doyok, kemudian kijang super, kijang kapsul, dan yang terakhir kijang innova. Karena sudah banyak yg tahu tentang mobil ini , saya jelaskan secara singkat saja ya

1. History

2004 - 2006
TAM meluncurkan toyota kijang innova, sebagai penerus kijang kapsul. Desainnya pun berubah jauh dari kijang kapsul yg membuatnya terasa lebih mewah dan modern dari segala sisi dibanding kapsul, serta sukses membuat panther terlihat jadul. Terdiri dari varian bensin (2.000 CC) dan diesel (2.500 CC) , dengan tekonologi VVTI untuk bensin dan D4D untuk diesel , serta ditawarkan dalam 3 trim, yaitu E , G, dan V dengan pilihan transmisi manual 5 percepatan dan otomatis 4 percepatan. Kemudian tahun 2005, TAM meluncurkan 2 varian innova yg cukup langka, yaitu G Cruiser, dan 2.7 V AT yg menggunakan mesin yg sama persis dengan toyota fortuner

2007-2008
TAM memberikan improvement sedikit pada innova, yaitu mesin yg sudah euro 2 , dan penambahan kosmetik sedikit yaitu, rear spoiler, rear bumper , dan lampu sen di spion sebagai standar

2008 akhir - 2011 akhir
TAM memberikan FL pertama di Innova, terlihat jauh lebih ganteng dibanding PFL nya, serta sukses menjadikannya sebagai best innova menurut saya even compared to ANKI itself. Perubahan ada pada grill , velg, dan aksesoris lainnya. Serta tipe V sudah memiliki dual airbags dan ABS sebagai standar. Kemudian, tahun 2010, TAM meluncurkan innova tipe J yg menjadi varian terendah innova dibawah tipe E, bedanya ada di velg yg masih kaleng dan gak ada aksesoris pemanis seperti rear spoiler, rear bumper, dll

2011 akhir - 2012 akhir
Innova mendapat facelift lagi, yaitu dengan nama GNKI, perubahannya sama, yaitu di kosmetik, serta perubahan interior yg sedikit lebih fresh, dan penambahan HU touchscreen sebagai standar di tipe G dan V

2012 akhir - 2013 akhir
Innova mendapat improvement lagi, yaitu penambahan dual airbag untuk tipe E dan G

2013 akhir - 2015 akhir
Innova mendapat FL terakhir, yaitu innova dono. Bedanya sama, yaitu di kosmetik. Kemudian, setelah 3x FL, akhirnya innova berubah model menjadi ANKI.

2016 - 2017

Innova akhirnya totally reborn, setelah 12 tahun gak ganti model,akhirnya TAM meluncurkan ANKI . Desainnya berubah total dari segala sisi, serta sukses membuat innova lama terlihat kuno. Desainnya yg susah dicerna pas awal, lama lama terlihat bagus juga hehehe. Ditawarkan kedalam 3 tipe, yaitu G , V , dan Q, serta varian transmisi matic 6 percepatan dan manual 5 percepatan. ABS dan dual airbags pun menjadi standar disemua varian, apalagi Q yg sudah dapat 6 airbags. Selain itu, innova juga mengalami perubahan pada mesinnya, yaitu jadi dual VVTI pada bensin, serta penurunan kapasistas menjadi 2.400 CC pada dieselnya dari yg sblmnya 2.500 CC, dengan tenaga dan torsi yg lebih besar tentunya.

2018
TAM meluncurkan venturer untuk menggantikan tipe Q diesel. Venturer didesain lebih mewah karena dalemnya full black dan captain seat. Selain itu, venturer juga memiliki kelengkapan yg sama persis dengan tipe Q , ditambah bodykit dan chrome yg membuatnya semakin mewah hehehe. Ditawarkan dalam pilihan mesin bensin dan diesel serta transmisi manual dan otomatis. Selain itu, terdapat improvement pada tipe V , yaitu lampu headlampnya yg udh LED kek tipe Q ,dan penambahan immobilizer pada tipe G

2. Exterior
Depan
Image
Not bad lah, walaupun masih lebih bagus yg lama, tapi lama kelamaan akan biasa juga seiring dengan banyaknya mobil ini dijalanan Indonesia hehehe
Samping
Image
Sedikit lebih panjang daripada yg lama, serta ukuran velg yg agak kekecilan untuk mobil sebesar itu, mungkin velg OEM tipe Q atau venturer sudah cukup untuk kalian pemilik ANKI G dan V yg hanya sekedar ingin upgrade velg ke ukuran yg lebih besar

Belakang
Image
On of The worst part of this car , kek mau niru2 HRV tapi gagal. Innova gen sblmnya masih jauh lebih bagus soal desain bagian belakang

3. Interior
Image
Keunggulan mobil ini ada di interiornya, desainnya jauh lebih modern dan mewah, sehingga sukses membuat interior innova lama terlihat kuno. Selain itu, beda tipe V dan G terlihat pada ac dan setirnya. Jika tipe V acnya digital dan ada tombol di sebelah kanan dan kiri setir, tipe G acnya masih pake model puter2an kompor gas dan tombol di setir hanya ada disebelah kiri saja, untuk audio, tanpa tombol pengaturan MID yg ada disebelah kanan.

Untuk yg lain, silahkan foto yg berbicara, karena semua udh pada tau kan interior mobil ini hehehe
Image
Kalo di venturer, ada layarnya, semacam tab gitu
Image
Jok masih blm kulit, sedangkan tipe Q dan venturer udah kulit
Image
Doortrim
Image
Transmisi
Image
Kisi AC
Image
Power window, yg tipe V ini udah auto retract spionnya, sedangkan yg G blm
Image
Cupholder
Image
Setir dan speedo, tipe v speedonya sudah kek tipe Q dan MIDnya udah TFT, sedangkan tipe G speedonya lebih sederhana tampilannya dan MID nya masih layar kalkulator
Image
Head unit yg cukup lengkap fiturnya, bisa USB dan bluetooth

Selain itu, duduk di row 2 dan row 3 mobil ini sangat lega, which is sangat nyaman kalo mau dipakai dalkot maupun lukot, selain itu GC mobil ini tinggi , jadi gak usah takut gasruk kalo mesti pergi ke daerah pedesaan atau ke daerah yg kondisi jalannya kurang baik

ANKI ini juga cukup practical , karena bagasinya luas dan tempat penyimpanan yg banyak

4. Fitur
Fitur di mobil ini cukup banyak, apalagi dibanding innova gen sblmnya, mobil ini sudah dilengkapi dengan dual srs airbags, ABS, EBD, BA untuk safety, serta mode berkendara eco dan power mode. Selain itu, tipe V juga sudah dilengkapi dengan ac digital dan tombol audio disetir + kunci immobilizer walaupun blm start stop engine dan headlamp LED.
Image
Image
Image
Image
Image
Image

Fitur MID nya yg cukup lengkap, walaupun masih blm sebanyak yaris joker TRD saya. Pengaturannya pun cukup mudah, cukup dengan menekan tombol2 yg ada disebelah kanan setir

5. Driving Impression
Image
Masih pake kunci kontak, blm keyless
Image

Impresi pertama saya, adalah getaran mesinnya sangat halus untuk ukuran mobil diesel. Jauh lebih halus daripada innova gen sblmnya yg kasar dan berisik. Kemudian, soal tarikan, memang masih kalah dibanding yg lama , terutama di putaran bawah, tapi perpindahan giginya cukup sigap dan smooth, kemudian akelerasinya juga cukup enak dibanding versi bensinnya, walaupun gak secepat yg lama, but at least, this car is enough for daily. Kemudian bantingan suspensi mobil ini cukup empuk dan nyaman, walaupun gak senyaman cortez, tapi bantingan suspensi ANKI sudah jauh lebih baik dari innova gen sblmnya. Kemudian setir terasa berat dan feedbacknya masih ada, walaupun minim, ANKI ini lebih senyap dan lebih fun to drive dibanding CRV RW saya dirumah, walaupun soal fun to drive, Innova lama masih tetap lebih fun to drive menurut saya hehehe

6. Conslusion
Well, ANKI merupakan mobil all rounder yg sangat cukup untuk anda yg menginginkan sebuah medium MPV yg empuk , nyaman, lega, enak dikemudikan, desain interior yg elegan, RV nya bagus (apalagi yg diesel matic), badak (because it's toyota), dan enak dikemudikan. Walaupun sudah jauh membaik dibanding innova lama, mobil ini punya beberapa kelemahan, diantaranya boros BBM untuk yg bensin, tarikan awalnya rada kurang, dan isu jedug putu yg sempat menghantui mobil ini saat awal peluncurannya tahun 2016 lalu, yg untungnya sudah tidak terjadi lagi saat ini.

Pros:
- Desain interior
- Fitur lengkap
- Cukup enak dikemudikan
- Perpindahan giginya sigap dan smooth
- LED Headlamp
- Badak
- Irit BBM (karena ini diesel)
- RV (because it's toyota and it's kijang)
- Nyaman buat lukot dan dalkot
- Handling lumayan oke
- Good noise insulation
- BQ cukup oke
- Bantingan suspensi empuk
- Perawatan murah dan terjangkau

Cons:
- Desain exterior
- Isu jedug putu
- Jok blm kulit
- Blm start stop engine dan keyless entry
- Foglamp blm LED
- Tenaga putaran bawah agak kurang
- Boros dan boyo untuk versi bensinnya
- Harga terlampau mahal untuk sebuah kijang

Tipe yg paling recomended menurut saya adalah 2.4 V diesel, karena fiturnya udah mirip2 tipe Q dan venturer , serta harga venturer yg udah nyentuh 450 jt + tipe G yg minim fitur + versi bensinnya yg loyo dan boros BBM menjadikan alasan saya mengapa merekomendasikan 2.4 V diesel ini sebagai varian ANKI yg paling worth to buy dibanding varian lainnya

That's all of my review, i hope you will enjoy this, and thank you
Past:
1NZFE 4AT / L15A 5AT / K24Z1 5AT / 2.0 Skyactiv 6AT / 4A91 4AT / 2NRFE CVT / K3VE 5MT / 1NRVE 5MT

Now:
2.5 SKYACTIV - G 6AT (for sale) / 1.5 VTEC Turbo CVT / L15Z1 CVT
whitehorse4
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 321
Joined: 02 Oct 2017, 06:00

Re: Short review and test drive : ANKI 2.4 V AT 2016

Post by whitehorse4 »

Pboyz97 wrote: 16 Mar 2020, 19:58 Kemudian, soal tarikan, memang masih kalah dibanding yg lama , terutama di putaran bawah, tapi perpindahan giginya cukup sigap dan smooth, kemudian akelerasinya juga cukup enak dibanding versi bensinnya, walaupun gak secepat yg lama, but at least, this car is enough for daily. Kemudian bantingan suspensi mobil ini cukup empuk dan nyaman, walaupun gak senyaman cortez, tapi bantingan suspensi ANKI sudah jauh lebih baik dari innova gen sblmnya. Kemudian setir terasa berat dan feedbacknya masih ada, walaupun minim, ANKI ini lebih senyap dan lebih fun to drive dibanding CRV RW saya dirumah, walaupun soal fun to drive, Innova lama masih tetap lebih fun to drive menurut saya hehehe
Nice review om

Untuk tarikan, yang om maksud varian lama itu GNKI tahun 2012-15 kah? Karena saya merasa ANKI lebih responsif, lebih "narik" dibanding yg lama, secara 350nm vs 260nm (CMIIW)
mike22
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1244
Joined: 15 Nov 2010, 17:28
Daily Vehicle: K24 RM3

Re: Short review and test drive : ANKI 2.4 V AT 2016

Post by mike22 »

Hah seriusan kijang tipe g udah immob???
DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 21636
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Short review and test drive : ANKI 2.4 V AT 2016

Post by DOHC »

koq ane ngerasa nya utk nyetir, masi lebi enak ipah lama yah

anki itu ngayun banget suspensi nya, kl lg nyetir celamitan rada jiper selap selip walaupun skrg gearbox matic 6 speed nya ahoy banget, pencet power mode, pindah tuas ke S, bejeg pedal gas sambil maenin plus minus nya.. cuman kl utk jalan jelek dalem kota sehh juara ini anki, enak bantingan nya.. pantes banyak dipake jd mobil blusukan pejabat

kl ipah lama masi lebi less ngayun, palagi kl shock ud ganti yg keras.. lebi nurut pas selap selip

ohh satu lagi, anki kl nutup pintu nya, apalagi pintu tengah nya bleb... kl ipah lama lebi brakkk
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
KielConstantine
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 973
Joined: 03 Jul 2013, 13:23
Location: Indonesia

Re: Short review and test drive : ANKI 2.4 V AT 2016

Post by KielConstantine »

Gw baru tau anki type Q pake 6 airbags yah ?

Venturer dpt jg ga 6 airbagnya?
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 10803
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Short review and test drive : ANKI 2.4 V AT 2016

Post by ChZ »

Kemudian setir terasa berat dan feedbacknya masih ada, walaupun minim, ANKI ini lebih senyap dan lebih fun to drive dibanding CRV RW saya dirumah, walaupun soal fun to drive, Innova lama masih tetap lebih fun to drive menurut saya hehehe
so untuk fun to drive :

GNKI > ANKI > CRV ?

gw bingung dengan yang dimaksud fun to drive apaan.

Steering lock-to-lock ratio CR-V 2.2x itu lebih pendek dari ANKI apalagi GNKI yang truck-ish dan sasisnya less rigid karena ladder frame. Bahkan fun fact ini lebih pendek daripada CX-5 yang ente bilang fun to drive... in fact gw desember lalu baru PP Smg-Sby pake mild tuned 160hp GNKI dan biasanya gw pake CR-V RW... berasa kok enakan CR-V di segala aspek.

kecuali dibilang fun to drive karena setir lebih berat, ya wajar ANKI dan GNKI masih lebih berat, cm kok menurut gw setirnya GNKI/ANKI itu berat-beratnya setir ala truk, alias ngga direct. CR-V menurut saya masih lebih direct walaupun ringan. Secara bobot setir CX-5 juga mirip dengan CR-V, sama ringannya. So kalo parameternya bobot stir : GNKI > ANKI > CX-5 > CR-V. Sungguh absurd kalo dibilang GNKI lebih fun to drive dari CX-5 :shrug:

Kalau dibilang fun to drive karena torsinya lebih kuat... masalahnya ANKI torsinya perasaan kaki gw juga lebih kuat dari GNKI kalo sama-sama standar... numbers don't lie 360Nm vs 260Nm.

ane jadi bingung dengan review ini :shrug:

Mungkin fun to drive karena GNKI berasa ringan dan lebih mudah dipake di dalam kota... easy to drive kali ya maksudnya... :shrug: kalo ini iya GNKI secara visibility dan ease to drive emang lebih mudah dipake, CR-V RW visibility nya kalah...
Last edited by ChZ on 17 Mar 2020, 09:41, edited 4 times in total.
2011 Toyota XU30 / 2016 XP170
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1
2019 Mitsubishi NC1W

https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
scorpionz
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 101
Joined: 10 May 2017, 23:00

Re: Short review and test drive : ANKI 2.4 V AT 2016

Post by scorpionz »

Tipe q udah 6 airbag ya? Berarti lebih worth type q dong dibanding venturer.

Setuju. Utk exterior. Kalau depan sih masih oke la.

Belakangnya nga banget.
Mirip kyk calya sigra. Hahaha
erwinign
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2688
Joined: 19 Apr 2014, 10:45
Location: SRG

Re: Short review and test drive : ANKI 2.4 V AT 2016

Post by erwinign »

Entah kenapa, mau nyetir GNKI sampe ANKI yang diesel remnya yaampun, nggak dapet2 selahnya gr2 torsi di awal yg gede (biasa bawa mobil bengsin). Yg ANKI diesel udah abs harus diinjek dalem banget baru kerasa ngeremnya, kalo GNKI wkt itu nyoba yg G diesel no abs aja ngeremnya jg aneh banget. Kl di ANKI + suspensi belakangnya yg kaya lompat2 kl dr R pindah ke D ato sebaliknya. Malah saya lbh sreg ke GNKI/ANKI bensin terlepas dari borosnya yang aduhai hahahahaha. Cuma, tetep deh sejelek apapun/sehina apapun innova sy ttp seneng krn the best allrounder car in indonesiyah terutama yg 2GD.

Impresi pertama nyetir ANKI = kaya nyetir bis krn lebar dan panjang banget, tapi lama2 biasa dan msh bisa kontrol panjang bodinya waktu manuver2
Don't Judge The Book By It's Cover
erwinign
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2688
Joined: 19 Apr 2014, 10:45
Location: SRG

Re: Short review and test drive : ANKI 2.4 V AT 2016

Post by erwinign »

scorpionz wrote: 17 Mar 2020, 09:37 Tipe q udah 6 airbag ya? Berarti lebih worth type q dong dibanding venturer.

Setuju. Utk exterior. Kalau depan sih masih oke la.

Belakangnya nga banget.
Mirip kyk calya sigra. Hahaha
Q diesel sama venturer bensin-diesel yang 7 airbag (6 airbag+knee airbag) om. Q bensin masih 3 airbag
Don't Judge The Book By It's Cover
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 10803
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Short review and test drive : ANKI 2.4 V AT 2016

Post by ChZ »

erwinign wrote: 17 Mar 2020, 09:55 Entah kenapa, mau nyetir GNKI sampe ANKI yang diesel remnya yaampun, nggak dapet2 selahnya gr2 torsi di awal yg gede (biasa bawa mobil bengsin). Yg ANKI diesel udah abs harus diinjek dalem banget baru kerasa ngeremnya, kalo GNKI wkt itu nyoba yg G diesel no abs aja ngeremnya jg aneh banget. Kl di ANKI + suspensi belakangnya yg kaya lompat2 kl dr R pindah ke D ato sebaliknya. Malah saya lbh sreg ke GNKI/ANKI bensin terlepas dari borosnya yang aduhai hahahahaha. Cuma, tetep deh sejelek apapun/sehina apapun innova sy ttp seneng krn the best allrounder car in indonesiyah terutama yg 2GD.

Impresi pertama nyetir ANKI = kaya nyetir bis krn lebar dan panjang banget, tapi lama2 biasa dan msh bisa kontrol panjang bodinya waktu manuver2
kmrn libur natal desember ane pake GNKI tipe G yang non-ABS udah mild tuned, ke surabaya, pulang ke semarang hujan deres. Kondisi disc bergelombang.

bayangin ngeremnya segimana horrornya, ga brani ngebut lebih dari 120, tiap ngerem dari 120 remnya udah bawaan gitu, geter pulak. Cm ketolong ban T-005A nya yang masih baru.
2011 Toyota XU30 / 2016 XP170
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1
2019 Mitsubishi NC1W

https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
erwinign
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2688
Joined: 19 Apr 2014, 10:45
Location: SRG

Re: Short review and test drive : ANKI 2.4 V AT 2016

Post by erwinign »

ChZ wrote: 17 Mar 2020, 10:04
erwinign wrote: 17 Mar 2020, 09:55 Entah kenapa, mau nyetir GNKI sampe ANKI yang diesel remnya yaampun, nggak dapet2 selahnya gr2 torsi di awal yg gede (biasa bawa mobil bengsin). Yg ANKI diesel udah abs harus diinjek dalem banget baru kerasa ngeremnya, kalo GNKI wkt itu nyoba yg G diesel no abs aja ngeremnya jg aneh banget. Kl di ANKI + suspensi belakangnya yg kaya lompat2 kl dr R pindah ke D ato sebaliknya. Malah saya lbh sreg ke GNKI/ANKI bensin terlepas dari borosnya yang aduhai hahahahaha. Cuma, tetep deh sejelek apapun/sehina apapun innova sy ttp seneng krn the best allrounder car in indonesiyah terutama yg 2GD.

Impresi pertama nyetir ANKI = kaya nyetir bis krn lebar dan panjang banget, tapi lama2 biasa dan msh bisa kontrol panjang bodinya waktu manuver2
kmrn libur natal desember ane pake GNKI tipe G yang non-ABS udah mild tuned, ke surabaya, pulang ke semarang hujan deres. Kondisi disc bergelombang.

bayangin ngeremnya segimana horrornya, ga brani ngebut lebih dari 120, tiap ngerem dari 120 remnya udah bawaan gitu, geter pulak. Cm ketolong ban T-005A nya yang masih baru.
Haahahhahha +++ ngeri ne koh, disc gelombang plg ngeri sih. Pernah hampir ndak isa ngerem gara2 disc gelombang, hampir jeblos got
Don't Judge The Book By It's Cover
gwsecretc
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 71
Joined: 09 Feb 2017, 13:54
Location: Palembang

Re: Short review and test drive : ANKI 2.4 V AT 2016

Post by gwsecretc »

Kalo ga salah om, innova fl yang 2012-2013 semuanya kecuali tipe v ga dapat airbag, mulai innova dono baru dapat airbag semua. Terus sepengalaman saya, anki diesel lebih responsif kok tarikannya dari gnki diesel standar.
DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 21636
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Short review and test drive : ANKI 2.4 V AT 2016

Post by DOHC »

Anki bensin jg sama aj om, rem ama suspensi nya rada2 horor.. ane d ruma ad ipah non euro ama anki, 2 2 nya bensin

Kl lg nyetir pecicilan, anki ga enak, di rem malah ngedive banget, pindah2 jalur jg body roll lebi berasa.. ipah tuwir malah lebi mending, mau start gila2an atau di rem mendadak ga ampe heboh goyang body nya

Utk anki mungkin musti ikutin cara om kompre kl, ganti pake bilstein shock nya

Btw anki ud ga segila generasi sblom nya koq minum bensin nya.. ane nyetir gaya sinting aj masi dapet 1:8 dalkot, matic pula


erwinign wrote: 17 Mar 2020, 09:55 Entah kenapa, mau nyetir GNKI sampe ANKI yang diesel remnya yaampun, nggak dapet2 selahnya gr2 torsi di awal yg gede (biasa bawa mobil bengsin). Yg ANKI diesel udah abs harus diinjek dalem banget baru kerasa ngeremnya, kalo GNKI wkt itu nyoba yg G diesel no abs aja ngeremnya jg aneh banget. Kl di ANKI + suspensi belakangnya yg kaya lompat2 kl dr R pindah ke D ato sebaliknya. Malah saya lbh sreg ke GNKI/ANKI bensin terlepas dari borosnya yang aduhai hahahahaha. Cuma, tetep deh sejelek apapun/sehina apapun innova sy ttp seneng krn the best allrounder car in indonesiyah terutama yg 2GD.

Impresi pertama nyetir ANKI = kaya nyetir bis krn lebar dan panjang banget, tapi lama2 biasa dan msh bisa kontrol panjang bodinya waktu manuver2
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
erwinign
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2688
Joined: 19 Apr 2014, 10:45
Location: SRG

Re: Short review and test drive : ANKI 2.4 V AT 2016

Post by erwinign »

DOHC wrote: 17 Mar 2020, 10:20 Anki bensin jg sama aj om, rem ama suspensi nya rada2 horor.. ane d ruma ad ipah non euro ama anki, 2 2 nya bensin

Kl lg nyetir pecicilan, anki ga enak, di rem malah ngedive banget, pindah2 jalur jg body roll lebi berasa.. ipah tuwir malah lebi mending, mau start gila2an atau di rem mendadak ga ampe heboh goyang body nya

Utk anki mungkin musti ikutin cara om kompre kl, ganti pake bilstein shock nya

Btw anki ud ga segila generasi sblom nya koq minum bensin nya.. ane nyetir gaya sinting aj masi dapet 1:8 dalkot, matic pula


erwinign wrote: 17 Mar 2020, 09:55 Entah kenapa, mau nyetir GNKI sampe ANKI yang diesel remnya yaampun, nggak dapet2 selahnya gr2 torsi di awal yg gede (biasa bawa mobil bengsin). Yg ANKI diesel udah abs harus diinjek dalem banget baru kerasa ngeremnya, kalo GNKI wkt itu nyoba yg G diesel no abs aja ngeremnya jg aneh banget. Kl di ANKI + suspensi belakangnya yg kaya lompat2 kl dr R pindah ke D ato sebaliknya. Malah saya lbh sreg ke GNKI/ANKI bensin terlepas dari borosnya yang aduhai hahahahaha. Cuma, tetep deh sejelek apapun/sehina apapun innova sy ttp seneng krn the best allrounder car in indonesiyah terutama yg 2GD.

Impresi pertama nyetir ANKI = kaya nyetir bis krn lebar dan panjang banget, tapi lama2 biasa dan msh bisa kontrol panjang bodinya waktu manuver2
Nah ANKI bensin buat saya menarik sih om, sesuai yg bbrp temen saya bilang lbh irit dr GNKI dan nafas di tolnya lebih panjang. 130 masih enak. 1:8 avg fuel consnya sama kaya avanza 1.3 saya hahaahahah
Don't Judge The Book By It's Cover
Profith83
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2313
Joined: 14 Jul 2008, 09:54

Re: Short review and test drive : ANKI 2.4 V AT 2016

Post by Profith83 »

GNKI diesel AT lebih fun to drive dari ANKI diesel AT mungkin yang dimaksud adalah

GNKI di gas dikit langsung mesinnnya narik.
Kalau ANKI ditoel dikit gasnya yah tarikannya dikit. toel sedang yah nariknya sedang, bejek langsung wosss
kalau GNKI toel atapun gas sedang gak beda. bejek juga gak beda banyak.

jadi yang gaya setir gak suka injak gas dalam alias suka toel toel memang enak GNKI.
Saya ada GNKI diesel AT dan ANKI diesel AT.

kalau sudah kecepatan diatas 40 ANKI diesel kemana mana tarikanya lebih enak.
0-100 km per jam GNKI diesel AT butuh waktu 16 detik
0-100 km per jam ANKI diesel AT butuh 11-12 detik
jakanjc
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 377
Joined: 20 May 2014, 18:41

Re: Short review and test drive : ANKI 2.4 V AT 2016

Post by jakanjc »

Nice review om,btw km innovanya masih rendah bgt
Cuman kl buat fun to drive mungkin dibilang ANKI lebih fun to drive karena feel torsi dieselnya sgt kuat dibanding Crv turbo .. tapi sebenernya secara handling, feel steeringnya jauh lebih tajam crv.
Kebetulan saya pakai ANKI 2.4 V juga thn 2017, saat ini dipakai ortu dan lagi ada rencana ganti ke crv turbo karena ortu saya udah mulai susah naik turun ANKI, awal bulan kemarin saya sempet td crv turbo juga, jadi tau plus minusnya kedua mobil ini
'You can go fast, But I can go anywhere'
User avatar
andyez86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 892
Joined: 21 May 2016, 19:08
Location: Solo
Daily Vehicle: Innova

Re: Short review and test drive : ANKI 2.4 V AT 2016

Post by andyez86 »

itu LCD buat RSE ga cuma di venturer...tipe V juga dapet

LED masuk pros?ga salah...cb tanya yg ud pake buat malam hari sama keluar kota

BQ jg masuk pros?cb cek kembali deh....

tarikan bawah cons?ini diesel loh...diatas 2500 ato 3000rpm aja turbo nya uda kaya kehabisan nafas

masa iya ANKI lebih fun to drive dibanding CRV?

tipe 2.4Q kayanya udah ga ada lagi....adanya tipe G,V,sama Venturer

*NOTE : saya pake 2.4 V A/T 2016,d rmh ada jg 2.4 G A/T sama 2.0 M/T & ex user CRV jg,tapi yg RE
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3095
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Re: Short review and test drive : ANKI 2.4 V AT 2016

Post by kunaskun »

DOHC wrote: 17 Mar 2020, 10:20 Anki bensin jg sama aj om, rem ama suspensi nya rada2 horor.. ane d ruma ad ipah non euro ama anki, 2 2 nya bensin

Kl lg nyetir pecicilan, anki ga enak, di rem malah ngedive banget, pindah2 jalur jg body roll lebi berasa.. ipah tuwir malah lebi mending, mau start gila2an atau di rem mendadak ga ampe heboh goyang body nya

Utk anki mungkin musti ikutin cara om kompre kl, ganti pake bilstein shock nya

Btw anki ud ga segila generasi sblom nya koq minum bensin nya.. ane nyetir gaya sinting aj masi dapet 1:8 dalkot, matic pula
persis pengalaman saya. berapa kali nyetir ANKI, sama kaya nyetir ANPJS. ga ngerti dimana enak dan nyamannya mobil ini. kaya berasa nyetir kapal, belok lemot, nose dive, ga mau diem goyang terus. nah giliran naik ANKI yg sudah ganti sok, jauh banget bedanya sebagai penumpang. tapi ya itu di indo mobil yg semakin kaya kapal semakin nyaman.

ANKI bensin not bad ya? selain raungan mesin yg bikin sakit kuping itu. harga seken juga menarik.
billi
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 191
Joined: 22 Feb 2015, 20:01

Re: Short review and test drive : ANKI 2.4 V AT 2016

Post by billi »

andyez86 wrote: 17 Mar 2020, 11:03 itu LCD buat RSE ga cuma di venturer...tipe V juga dapet

LED masuk pros?ga salah...cb tanya yg ud pake buat malam hari sama keluar kota

BQ jg masuk pros?cb cek kembali deh....

tarikan bawah cons?ini diesel loh...diatas 2500 ato 3000rpm aja turbo nya uda kaya kehabisan nafas

masa iya ANKI lebih fun to drive dibanding CRV?

tipe 2.4Q kayanya udah ga ada lagi....adanya tipe G,V,sama Venturer

*NOTE : saya pake 2.4 V A/T 2016,d rmh ada jg 2.4 G A/T sama 2.0 M/T & ex user CRV jg,tapi yg RE
Belum dijual 2.4 V AT nya Pak?
Gmn konsumsi bbm 2.0 MT nya dan 2.4 V AT nya?
Last edited by billi on 17 Mar 2020, 12:43, edited 1 time in total.
DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 21636
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Short review and test drive : ANKI 2.4 V AT 2016

Post by DOHC »

Nah itu jg sala satu alesan ane ambil anki bensin matic om

Enak buat cruising santai d tol, rpm tinggi khas bensin plus gigi ampe 6 itu enak, lari 120 aj rpm masi rendah, petna lari ampe kira2 160 jg masi bsa lebih

Lari kenceng tp mesin ga perlu meraung2


erwinign wrote: 17 Mar 2020, 10:34
DOHC wrote: 17 Mar 2020, 10:20 Anki bensin jg sama aj om, rem ama suspensi nya rada2 horor.. ane d ruma ad ipah non euro ama anki, 2 2 nya bensin

Kl lg nyetir pecicilan, anki ga enak, di rem malah ngedive banget, pindah2 jalur jg body roll lebi berasa.. ipah tuwir malah lebi mending, mau start gila2an atau di rem mendadak ga ampe heboh goyang body nya

Utk anki mungkin musti ikutin cara om kompre kl, ganti pake bilstein shock nya

Btw anki ud ga segila generasi sblom nya koq minum bensin nya.. ane nyetir gaya sinting aj masi dapet 1:8 dalkot, matic pula


erwinign wrote: 17 Mar 2020, 09:55 Entah kenapa, mau nyetir GNKI sampe ANKI yang diesel remnya yaampun, nggak dapet2 selahnya gr2 torsi di awal yg gede (biasa bawa mobil bengsin). Yg ANKI diesel udah abs harus diinjek dalem banget baru kerasa ngeremnya, kalo GNKI wkt itu nyoba yg G diesel no abs aja ngeremnya jg aneh banget. Kl di ANKI + suspensi belakangnya yg kaya lompat2 kl dr R pindah ke D ato sebaliknya. Malah saya lbh sreg ke GNKI/ANKI bensin terlepas dari borosnya yang aduhai hahahahaha. Cuma, tetep deh sejelek apapun/sehina apapun innova sy ttp seneng krn the best allrounder car in indonesiyah terutama yg 2GD.

Impresi pertama nyetir ANKI = kaya nyetir bis krn lebar dan panjang banget, tapi lama2 biasa dan msh bisa kontrol panjang bodinya waktu manuver2
Nah ANKI bensin buat saya menarik sih om, sesuai yg bbrp temen saya bilang lbh irit dr GNKI dan nafas di tolnya lebih panjang. 130 masih enak. 1:8 avg fuel consnya sama kaya avanza 1.3 saya hahaahahah
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 10803
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Short review and test drive : ANKI 2.4 V AT 2016

Post by ChZ »

DOHC wrote: 17 Mar 2020, 12:40 Nah itu jg sala satu alesan ane ambil anki bensin matic om

Enak buat cruising santai d tol, rpm tinggi khas bensin plus gigi ampe 6 itu enak, lari 120 aj rpm masi rendah, petna lari ampe kira2 160 jg masi bsa lebih

Lari kenceng tp mesin ga perlu meraung2
awas nanti ada yang maksa harus beli diesel krn pake feeling diesel lebih enak :ngacir:
2011 Toyota XU30 / 2016 XP170
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1
2019 Mitsubishi NC1W

https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 21636
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Short review and test drive : ANKI 2.4 V AT 2016

Post by DOHC »

kunaskun wrote: 17 Mar 2020, 12:01
DOHC wrote: 17 Mar 2020, 10:20 Anki bensin jg sama aj om, rem ama suspensi nya rada2 horor.. ane d ruma ad ipah non euro ama anki, 2 2 nya bensin

Kl lg nyetir pecicilan, anki ga enak, di rem malah ngedive banget, pindah2 jalur jg body roll lebi berasa.. ipah tuwir malah lebi mending, mau start gila2an atau di rem mendadak ga ampe heboh goyang body nya

Utk anki mungkin musti ikutin cara om kompre kl, ganti pake bilstein shock nya

Btw anki ud ga segila generasi sblom nya koq minum bensin nya.. ane nyetir gaya sinting aj masi dapet 1:8 dalkot, matic pula
persis pengalaman saya. berapa kali nyetir ANKI, sama kaya nyetir ANPJS. ga ngerti dimana enak dan nyamannya mobil ini. kaya berasa nyetir kapal, belok lemot, nose dive, ga mau diem goyang terus. nah giliran naik ANKI yg sudah ganti sok, jauh banget bedanya sebagai penumpang. tapi ya itu di indo mobil yg semakin kaya kapal semakin nyaman.

ANKI bensin not bad ya? selain raungan mesin yg bikin sakit kuping itu. harga seken juga menarik.
Bagi ane sehh not bad om, palagi jd penumpang disetirin, empuk2 lwatin jalan jelek, asal jgn ngebut2 aj, jd mabuk

Ga seboros ama selemot ipah bensin jebot sehh utk tarikan

Utk suspensi, ad rencana mau ikutin om kompre sehh, mau coba bilstein, iseng2 nanya d atrium ktanya sejutaan

Cuman yah seken nya emg rada sedih, ane pake 2.5 taon aj ud depresiasi lmayan..
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
slapnuts
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 285
Joined: 18 Nov 2012, 19:16

Re: Short review and test drive : ANKI 2.4 V AT 2016

Post by slapnuts »

ChZ wrote: 17 Mar 2020, 12:55
DOHC wrote: 17 Mar 2020, 12:40 Nah itu jg sala satu alesan ane ambil anki bensin matic om

Enak buat cruising santai d tol, rpm tinggi khas bensin plus gigi ampe 6 itu enak, lari 120 aj rpm masi rendah, petna lari ampe kira2 160 jg masi bsa lebih

Lari kenceng tp mesin ga perlu meraung2
awas nanti ada yang maksa harus beli diesel krn pake feeling diesel lebih enak :ngacir:
Gausah mulai lagi Mod sindir-sindirannya, toh perdebatan trit sebelah sudah selesai. Kebiasaan sindir-sindiran di kaskus zaman dulu mohon ditinggalkan di SM. Saya yakin Mod CHZ sudah cukup dewasa menghadapi perbedaan pendapat. :big_peace:

Btt, terlepas dari ngayun dan naikan seperti kapal, ANKI ini memang produk yg sesuai dengan kondisi di Indo. Muat banyak, GC tinggi, naikan ngayun, lega, kaki-kaki kuat, image pejabat ✌️

Bahkan pernah ngobrol langsung dengan saudara yang pelihara ANKI dan Old CX5, katanya enakan ANKI karena empuk dibanding CX5 yang setiap permukaan jalan terasa, apalagi kebanyakan orang Indo jarang yang suka nyetir sampai nekuk kanan kiri masa bodoh dengan chasis flexing atau apalah itu namanya. Jalan jelek teredam ngayun sudah bersyukur.

Poin ANKI lebih Fun To Drive dibanding CRV? Di mananya? Lebih fun empuk ngayun meredam jalan jelek dan road noise senyap? Iya
Lebih fun handlingnya? Big no.

Karena definisi fun to drive tiap orang berbeda-beda.
Fun to drive bagi pengguna SUV Ladder = peace of mind hajar lubang atau jalan jelek, commanding driving position, bisa mengintimidasi mobil lain.
Fun to drive bagi so called petrolhead = chasis kaku untuk manuver, mobil nurut, handling tajam, pantat ga ngebuang dsb
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 10803
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Short review and test drive : ANKI 2.4 V AT 2016

Post by ChZ »

slapnuts wrote: 17 Mar 2020, 15:02
Gausah mulai lagi Mod sindir-sindirannya, toh perdebatan trit sebelah sudah selesai. Kebiasaan sindir-sindiran di kaskus zaman dulu mohon ditinggalkan di SM. Saya yakin Mod CHZ sudah cukup dewasa menghadapi perbedaan pendapat. :big_peace:

Btt, terlepas dari ngayun dan naikan seperti kapal, ANKI ini memang produk yg sesuai dengan kondisi di Indo. Muat banyak, GC tinggi, naikan ngayun, lega, kaki-kaki kuat, image pejabat ✌️

Bahkan pernah ngobrol langsung dengan saudara yang pelihara ANKI dan Old CX5, katanya enakan ANKI karena empuk dibanding CX5 yang setiap permukaan jalan terasa, apalagi kebanyakan orang Indo jarang yang suka nyetir sampai nekuk kanan kiri masa bodoh dengan chasis flexing atau apalah itu namanya. Jalan jelek teredam ngayun sudah bersyukur.

Poin ANKI lebih Fun To Drive dibanding CRV? Di mananya? Lebih fun empuk ngayun meredam jalan jelek dan road noise senyap? Iya
Lebih fun handlingnya? Big no.

Karena definisi fun to drive tiap orang berbeda-beda.
Fun to drive bagi pengguna SUV Ladder = peace of mind hajar lubang atau jalan jelek, commanding driving position, bisa mengintimidasi mobil lain.
Fun to drive bagi so called petrolhead = chasis kaku untuk manuver, mobil nurut, handling tajam, pantat ga ngebuang dsb
hahahahhaa pardon oom... kebawa :big_peace: btw ga bisa delete / edit post karena bukan moderator.

yups kalau yang disebut bawa ANKI lebih fun karena hajar lobang ga mikir, ane cukup setuju... krn dulu pake panjah juga berasa fun nya ketika bisa nyetir ala supir angkot... ngga mikir pepet pepetan hayuk, hajar lobang hayuk, nyetirnya ga perlu ati-ati bgt atau pake otak...

mau blagu ugal di jalanan juga ngga bakal di notice karena mobilnya generik. Istilahnya orang uda apal oh kelakuan driver panjah emang gini :ngacir:

macem Clarkson yang ancur-ancurin mobil rental. Fun, in a different way.



tapi kalo soal handling ngga lah, setir direct CR-V kemana-mana, front-end CR-V lebih sharp (by far margin, ane coba GNKI front end nya ngga ada sharp-sharp nya), chassis CR-V lebih kaku dan rigid (remember CR-V shares the same platform with Type-R Civic yang merupakan salah satu hot hatchback terbaik saat ini).

CR-V pantatnya masih bisa nurut dan ngga flexing parah waktu ditekuk di O-turn. Ladder frame mustahil ngga flexing, justru aneh kalo ladder ngga flexing, wong emang tujuannya pake ladder adalah supaya bisa flexing di jalan jelek / offroad.
2011 Toyota XU30 / 2016 XP170
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1
2019 Mitsubishi NC1W

https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 21636
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Short review and test drive : ANKI 2.4 V AT 2016

Post by DOHC »

Mungkin mnurut ane racikan yg pas kayanya settingan suspensi kya ipah lama tp dikasi tranny ama enjin anki

Ohh daleman interior jg anki, ipah lama dah kaya mobil barang aj interior nya
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
Post Reply