Short review and test drive : ANKI 2.4 V AT 2016

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: F 272, b8099ok, ginting, FRD, artoodetoo, y_anjasrana

slapnuts
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 285
Joined: 18 Nov 2012, 19:16

Re: Short review and test drive : ANKI 2.4 V AT 2016

Post by slapnuts »

ChZ wrote: 17 Mar 2020, 15:15
hahahahhaa pardon oom... kebawa :big_peace: btw ga bisa delete / edit post karena bukan moderator.

yups kalau yang disebut bawa ANKI lebih fun karena hajar lobang ga mikir, ane cukup setuju... krn dulu pake panjah juga berasa fun nya ketika bisa nyetir ala supir angkot... ngga mikir pepet pepetan hayuk, hajar lobang hayuk...

tapi kalo soal handling ngga lah, setir direct CR-V kemana-mana, front-end CR-V lebih sharp (by far margin, ane coba GNKI front end nya ngga ada sharp-sharp nya), chassis CR-V lebih kaku dan rigid (remember CR-V shares the same platform with Type-R Civic yang merupakan salah satu hot hatchback terbaik saat ini).

CR-V pantatnya masih bisa nurut dan ngga flexing parah waktu ditekuk di O-turn. Ladder frame mustahil ngga flexing, justru aneh kalo ladder ngga flexing, wong emang tujuannya pake ladder adalah supaya bisa flexing di jalan jelek / offroad.
Ahh my bad, ga ngeh, kirain masih jadi Mod :big_peace:

Yes makanya definisi fun to drive tiap orang berbeda-beda. Ada yang suka mobil ngayun, ada yg suka mobil kaku. Makanya tadi postingan saya bilang kalau handling ya jauh antara ANKI dan CRV.

Yang saya salut, di tol banyak yang bawa SUV/MPV ladder zig-zag kanan kiri ambil bahu jalan potong kanan masuk lagi tapi ga merasa takut keguling :big_chicken: nyalinya kuat :big_peace:

Pernah bawa mazda2 Jkt-Smg waktu exit tol baru sampai brebes, memang fun to drive di tol, setir direct, nurut, chasis kaku, ladder kalah lah. Begitu masuk pantura Ambyaarr itu semua ke-Fun to Drive annya, hajar lubang keras, sambungan jembatan jeduak, road noise berisik dsb diketawain ladder yg nyalip dengan santainya. (fun to drive pindah ke ladder). Dan kenyataannya kebanyakan jalan di Indo masih seperti ini, makanya ladder merajai.
DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 21701
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Short review and test drive : ANKI 2.4 V AT 2016

Post by DOHC »

slapnuts wrote: 17 Mar 2020, 15:35
ChZ wrote: 17 Mar 2020, 15:15
hahahahhaa pardon oom... kebawa :big_peace: btw ga bisa delete / edit post karena bukan moderator.

yups kalau yang disebut bawa ANKI lebih fun karena hajar lobang ga mikir, ane cukup setuju... krn dulu pake panjah juga berasa fun nya ketika bisa nyetir ala supir angkot... ngga mikir pepet pepetan hayuk, hajar lobang hayuk...

tapi kalo soal handling ngga lah, setir direct CR-V kemana-mana, front-end CR-V lebih sharp (by far margin, ane coba GNKI front end nya ngga ada sharp-sharp nya), chassis CR-V lebih kaku dan rigid (remember CR-V shares the same platform with Type-R Civic yang merupakan salah satu hot hatchback terbaik saat ini).

CR-V pantatnya masih bisa nurut dan ngga flexing parah waktu ditekuk di O-turn. Ladder frame mustahil ngga flexing, justru aneh kalo ladder ngga flexing, wong emang tujuannya pake ladder adalah supaya bisa flexing di jalan jelek / offroad.
Ahh my bad, ga ngeh, kirain masih jadi Mod :big_peace:

Yes makanya definisi fun to drive tiap orang berbeda-beda. Ada yang suka mobil ngayun, ada yg suka mobil kaku. Makanya tadi postingan saya bilang kalau handling ya jauh antara ANKI dan CRV.

Yang saya salut, di tol banyak yang bawa SUV/MPV ladder zig-zag kanan kiri ambil bahu jalan potong kanan masuk lagi tapi ga merasa takut keguling :big_chicken: nyalinya kuat :big_peace:

Pernah bawa mazda2 Jkt-Smg waktu exit tol baru sampai brebes, memang fun to drive di tol, setir direct, nurut, chasis kaku, ladder kalah lah. Begitu masuk pantura Ambyaarr itu semua ke-Fun to Drive annya, hajar lubang keras, sambungan jembatan jeduak, road noise berisik dsb diketawain ladder yg nyalip dengan santainya. (fun to drive pindah ke ladder). Dan kenyataannya kebanyakan jalan di Indo masih seperti ini, makanya ladder merajai.
Satu lg

Ladder frame biar ud berumur, asal kaki2 masi ok bantingan nya jg masi mirip waktu baru kluar showroom

Ipah tuwir ane 2006, ampe ari ini bantingan masi enak dan ga brisik
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
Profith83
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2317
Joined: 14 Jul 2008, 09:54

Re: Short review and test drive : ANKI 2.4 V AT 2016

Post by Profith83 »

DOHC wrote: 17 Mar 2020, 15:31 Mungkin mnurut ane racikan yg pas kayanya settingan suspensi kya ipah lama tp dikasi tranny ama enjin anki

Ohh daleman interior jg anki, ipah lama dah kaya mobil barang aj interior nya
Ganti ban ke turanza langsung terasa beda banget feel drive nya. Banyak yang nyaranin ganti.
Saya sendiri habis ganti ke Turanza terasa keras sekali, serasa semua kontur jalan terasa
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 10822
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Short review and test drive : ANKI 2.4 V AT 2016

Post by ChZ »

slapnuts wrote: 17 Mar 2020, 15:35 Ahh my bad, ga ngeh, kirain masih jadi Mod :big_peace:

Yes makanya definisi fun to drive tiap orang berbeda-beda. Ada yang suka mobil ngayun, ada yg suka mobil kaku. Makanya tadi postingan saya bilang kalau handling ya jauh antara ANKI dan CRV.

Yang saya salut, di tol banyak yang bawa SUV/MPV ladder zig-zag kanan kiri ambil bahu jalan potong kanan masuk lagi tapi ga merasa takut keguling :big_chicken: nyalinya kuat :big_peace:

Pernah bawa mazda2 Jkt-Smg waktu exit tol baru sampai brebes, memang fun to drive di tol, setir direct, nurut, chasis kaku, ladder kalah lah. Begitu masuk pantura Ambyaarr itu semua ke-Fun to Drive annya, hajar lubang keras, sambungan jembatan jeduak, road noise berisik dsb diketawain ladder yg nyalip dengan santainya. (fun to drive pindah ke ladder). Dan kenyataannya kebanyakan jalan di Indo masih seperti ini, makanya ladder merajai.
Fun dalam pengertian "less worry" yak, di indo emang paling enak pake ladder buat jalan jelek atau citycar / LCGC buat blusukan kampung.

ane ke daerah tertentu jg lebih suka pake Splash daripada Civic. buat jalan normal pake Civic jauh lebih nyaman, lebih kenceng, lebih sharp, lebih gak capek, tapi begitu blusukan masuk kampung apalagi ada timbunan material dan isinya bocah main bola, jauh lebih fun splash... :ngacir:

ujungnya lebih capek pake Civic karena stres mikir tar senggolan gimana... :ngacir:
2011 Toyota XU30 / 2016 XP170
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1
2019 Mitsubishi NC1W

https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 21701
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Short review and test drive : ANKI 2.4 V AT 2016

Post by DOHC »

Profith83 wrote: 17 Mar 2020, 15:48
DOHC wrote: 17 Mar 2020, 15:31 Mungkin mnurut ane racikan yg pas kayanya settingan suspensi kya ipah lama tp dikasi tranny ama enjin anki

Ohh daleman interior jg anki, ipah lama dah kaya mobil barang aj interior nya
Ganti ban ke turanza langsung terasa beda banget feel drive nya. Banyak yang nyaranin ganti.
Saya sendiri habis ganti ke Turanza terasa keras sekali, serasa semua kontur jalan terasa
Iya ini ane jg kayanya ud mau ganti jg om

Ecopia bawaan ud retak2 rambut d bibir velg, satu ban malah makan dalem
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
GrandNewInnovaV
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 19
Joined: 21 Mar 2018, 15:53
Location: Bekasi
Daily Vehicle: Innova Old

Re: Short review and test drive : ANKI 2.4 V AT 2016

Post by GrandNewInnovaV »

Oh iya, berhubung lagi bahas aspek fun to driveness sebuah mobil. Kira² enak mana ya bawa lmpv macam xpander dan all new ertiga sama anki diesel buat harian? Lagi nimbang² buat mobil pengganti keduanya. Kebetulan punya gnki bensin + ertiga lama dan ngerasa si ertiga masih lebih nyaman suspensinya buat penggunaan dalam kota.
Pboyz97
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2730
Joined: 09 Oct 2016, 22:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: CX5 Elite 2018

Re: Short review and test drive : ANKI 2.4 V AT 2016

Post by Pboyz97 »

whitehorse4 wrote: 16 Mar 2020, 20:05
Nice review om

Untuk tarikan, yang om maksud varian lama itu GNKI tahun 2012-15 kah? Karena saya merasa ANKI lebih responsif, lebih "narik" dibanding yg lama, secara 350nm vs 260nm (CMIIW)
Yes, tapi untuk tarikan awal, pas bejek gas, entah kenapa yg lama lebih nendang menurut saya, yg ini agak kurang gitu tarikannya dibanding yg lama, tapi untuk putaran tengah - atas, ANKI lebih responsif dibanding GNKI
Past:
1NZFE 4AT / L15A 5AT / K24Z1 5AT / 2.0 Skyactiv 6AT / 4A91 4AT / 2NRFE CVT / K3VE 5MT / 1NRVE 5MT

Now:
2.5 SKYACTIV - G 6AT (for sale) / 1.5 VTEC Turbo CVT / L15Z1 CVT
Pboyz97
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2730
Joined: 09 Oct 2016, 22:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: CX5 Elite 2018

Re: Short review and test drive : ANKI 2.4 V AT 2016

Post by Pboyz97 »

mike22 wrote: 16 Mar 2020, 20:06 Hah seriusan kijang tipe g udah immob???
Sudah om, untuk yg improvement tahun 2018 atau 2019 gitu, saya agak lupa hehehe
Past:
1NZFE 4AT / L15A 5AT / K24Z1 5AT / 2.0 Skyactiv 6AT / 4A91 4AT / 2NRFE CVT / K3VE 5MT / 1NRVE 5MT

Now:
2.5 SKYACTIV - G 6AT (for sale) / 1.5 VTEC Turbo CVT / L15Z1 CVT
Pboyz97
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2730
Joined: 09 Oct 2016, 22:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: CX5 Elite 2018

Re: Short review and test drive : ANKI 2.4 V AT 2016

Post by Pboyz97 »

DOHC wrote: 16 Mar 2020, 20:48 koq ane ngerasa nya utk nyetir, masi lebi enak ipah lama yah

anki itu ngayun banget suspensi nya, kl lg nyetir celamitan rada jiper selap selip walaupun skrg gearbox matic 6 speed nya ahoy banget, pencet power mode, pindah tuas ke S, bejeg pedal gas sambil maenin plus minus nya.. cuman kl utk jalan jelek dalem kota sehh juara ini anki, enak bantingan nya.. pantes banyak dipake jd mobil blusukan pejabat

kl ipah lama masi lebi less ngayun, palagi kl shock ud ganti yg keras.. lebi nurut pas selap selip

ohh satu lagi, anki kl nutup pintu nya, apalagi pintu tengah nya bleb... kl ipah lama lebi brakkk
Sama om, yg lama memang masih lebih enak nyetirnya, tarikan bawahnya lebih berasa daripada yg baru. Tapi kalo lewat jalan jelek emg lebih enak ANKI jauh dibanding ipah lama. Bagus dong om, berarti ANKI lebih bagus bahan bodinya dibanding ipah lama . wkwkwk
Past:
1NZFE 4AT / L15A 5AT / K24Z1 5AT / 2.0 Skyactiv 6AT / 4A91 4AT / 2NRFE CVT / K3VE 5MT / 1NRVE 5MT

Now:
2.5 SKYACTIV - G 6AT (for sale) / 1.5 VTEC Turbo CVT / L15Z1 CVT
Pboyz97
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2730
Joined: 09 Oct 2016, 22:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: CX5 Elite 2018

Re: Short review and test drive : ANKI 2.4 V AT 2016

Post by Pboyz97 »

KielConstantine wrote: 17 Mar 2020, 09:18 Gw baru tau anki type Q pake 6 airbags yah ?

Venturer dpt jg ga 6 airbagnya?
6 atau 7 airbags gitu, gw lupa. Tapi yg Q diesel doang yg dapet, kalau Q bensin masih 3 airbags

Venturer dapet kok 7 airbagsnya, di varian bensin maupun diesel
Past:
1NZFE 4AT / L15A 5AT / K24Z1 5AT / 2.0 Skyactiv 6AT / 4A91 4AT / 2NRFE CVT / K3VE 5MT / 1NRVE 5MT

Now:
2.5 SKYACTIV - G 6AT (for sale) / 1.5 VTEC Turbo CVT / L15Z1 CVT
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3099
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Re: Short review and test drive : ANKI 2.4 V AT 2016

Post by kunaskun »

DOHC wrote: 17 Mar 2020, 13:25
Bagi ane sehh not bad om, palagi jd penumpang disetirin, empuk2 lwatin jalan jelek, asal jgn ngebut2 aj, jd mabuk
kalau saya sebagai penumpang berapa kali si memang nyaman, ketolong busa jok yang tebal dan empuk pas, tapi pas jadi driver jadi rada mabok sendiri
Ga seboros ama selemot ipah bensin jebot sehh utk tarikan

Utk suspensi, ad rencana mau ikutin om kompre sehh, mau coba bilstein, iseng2 nanya d atrium ktanya sejutaan

Cuman yah seken nya emg rada sedih, ane pake 2.5 taon aj ud depresiasi lmayan..
kalau ngga salah, pernah cobain jadi penumpang naik temen punya yang pake Tokico dan OME kalau ga salah, jadinya enak si, lebih diem anteng tapi tetep empuk.

iya, type V di 300 jutaan ya. menarik sebetulnya.
DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 21701
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Short review and test drive : ANKI 2.4 V AT 2016

Post by DOHC »

kunaskun wrote: 17 Mar 2020, 20:45
DOHC wrote: 17 Mar 2020, 13:25
Bagi ane sehh not bad om, palagi jd penumpang disetirin, empuk2 lwatin jalan jelek, asal jgn ngebut2 aj, jd mabuk
kalau saya sebagai penumpang berapa kali si memang nyaman, ketolong busa jok yang tebal dan empuk pas, tapi pas jadi driver jadi rada mabok sendiri
Ga seboros ama selemot ipah bensin jebot sehh utk tarikan

Utk suspensi, ad rencana mau ikutin om kompre sehh, mau coba bilstein, iseng2 nanya d atrium ktanya sejutaan

Cuman yah seken nya emg rada sedih, ane pake 2.5 taon aj ud depresiasi lmayan..
kalau ngga salah, pernah cobain jadi penumpang naik temen punya yang pake Tokico dan OME kalau ga salah, jadinya enak si, lebih diem anteng tapi tetep empuk.

iya, type V di 300 jutaan ya. menarik sebetulnya.
type V ama G surprisingly bedanya tipis om, tp 2 2 nya ud jauhhh dibawah 300..
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
FU27
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 739
Joined: 03 May 2017, 16:39
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Karimun Wagon R
Contact:

Re: Short review and test drive : ANKI 2.4 V AT 2016

Post by FU27 »

Kijang paling tua itu buaya, bukan doyok. Klo soal nyetirnya, enakan innova sih daripada ANKI.
ChZ wrote: 17 Mar 2020, 09:35
Kemudian setir terasa berat dan feedbacknya masih ada, walaupun minim, ANKI ini lebih senyap dan lebih fun to drive dibanding CRV RW saya dirumah, walaupun soal fun to drive, Innova lama masih tetap lebih fun to drive menurut saya hehehe
so untuk fun to drive :

GNKI > ANKI > CRV ?

gw bingung dengan yang dimaksud fun to drive apaan.

Steering lock-to-lock ratio CR-V 2.2x itu lebih pendek dari ANKI apalagi GNKI yang truck-ish dan sasisnya less rigid karena ladder frame. Bahkan fun fact ini lebih pendek daripada CX-5 yang ente bilang fun to drive... in fact gw desember lalu baru PP Smg-Sby pake mild tuned 160hp GNKI dan biasanya gw pake CR-V RW... berasa kok enakan CR-V di segala aspek.

kecuali dibilang fun to drive karena setir lebih berat, ya wajar ANKI dan GNKI masih lebih berat, cm kok menurut gw setirnya GNKI/ANKI itu berat-beratnya setir ala truk, alias ngga direct. CR-V menurut saya masih lebih direct walaupun ringan. Secara bobot setir CX-5 juga mirip dengan CR-V, sama ringannya. So kalo parameternya bobot stir : GNKI > ANKI > CX-5 > CR-V. Sungguh absurd kalo dibilang GNKI lebih fun to drive dari CX-5 :shrug:

Kalau dibilang fun to drive karena torsinya lebih kuat... masalahnya ANKI torsinya perasaan kaki gw juga lebih kuat dari GNKI kalo sama-sama standar... numbers don't lie 360Nm vs 260Nm.

ane jadi bingung dengan review ini :shrug:

Mungkin fun to drive karena GNKI berasa ringan dan lebih mudah dipake di dalam kota... easy to drive kali ya maksudnya... :shrug: kalo ini iya GNKI secara visibility dan ease to drive emang lebih mudah dipake, CR-V RW visibility nya kalah...
Honda is a crap bro... jangan lupa
DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 21701
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Short review and test drive : ANKI 2.4 V AT 2016

Post by DOHC »

Pboyz97 wrote: 17 Mar 2020, 20:38
DOHC wrote: 16 Mar 2020, 20:48 koq ane ngerasa nya utk nyetir, masi lebi enak ipah lama yah

anki itu ngayun banget suspensi nya, kl lg nyetir celamitan rada jiper selap selip walaupun skrg gearbox matic 6 speed nya ahoy banget, pencet power mode, pindah tuas ke S, bejeg pedal gas sambil maenin plus minus nya.. cuman kl utk jalan jelek dalem kota sehh juara ini anki, enak bantingan nya.. pantes banyak dipake jd mobil blusukan pejabat

kl ipah lama masi lebi less ngayun, palagi kl shock ud ganti yg keras.. lebi nurut pas selap selip

ohh satu lagi, anki kl nutup pintu nya, apalagi pintu tengah nya bleb... kl ipah lama lebi brakkk
Sama om, yg lama memang masih lebih enak nyetirnya, tarikan bawahnya lebih berasa daripada yg baru. Tapi kalo lewat jalan jelek emg lebih enak ANKI jauh dibanding ipah lama. Bagus dong om, berarti ANKI lebih bagus bahan bodinya dibanding ipah lama . wkwkwk
btw pas nyetir anki, coba itu eco mode nya dimatiin... itu bkin respon pedal nya jd lemot

ane perna test drive anki diesel matic, mnurut ane sehh ganas itu tarikan nya, mode normal aj nyundul2, palagi power mode, itu di posisi gear D ane mendadak bejeg pedal mentok aj badan lgs kedorong ke kursi

kl ane sehh, problem ANKI lebi ke setting suspensi nya sehh, utk enjin dan tranny, ane thumbs up, bahkan utk yg bensin skalipun
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
Pboyz97
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2730
Joined: 09 Oct 2016, 22:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: CX5 Elite 2018

Re: Short review and test drive : ANKI 2.4 V AT 2016

Post by Pboyz97 »

ChZ wrote: 17 Mar 2020, 09:35
Kemudian setir terasa berat dan feedbacknya masih ada, walaupun minim, ANKI ini lebih senyap dan lebih fun to drive dibanding CRV RW saya dirumah, walaupun soal fun to drive, Innova lama masih tetap lebih fun to drive menurut saya hehehe
so untuk fun to drive :

GNKI > ANKI > CRV ?

gw bingung dengan yang dimaksud fun to drive apaan.

Steering lock-to-lock ratio CR-V 2.2x itu lebih pendek dari ANKI apalagi GNKI yang truck-ish dan sasisnya less rigid karena ladder frame. Bahkan fun fact ini lebih pendek daripada CX-5 yang ente bilang fun to drive... in fact gw desember lalu baru PP Smg-Sby pake mild tuned 160hp GNKI dan biasanya gw pake CR-V RW... berasa kok enakan CR-V di segala aspek.

kecuali dibilang fun to drive karena setir lebih berat, ya wajar ANKI dan GNKI masih lebih berat, cm kok menurut gw setirnya GNKI/ANKI itu berat-beratnya setir ala truk, alias ngga direct. CR-V menurut saya masih lebih direct walaupun ringan. Secara bobot setir CX-5 juga mirip dengan CR-V, sama ringannya. So kalo parameternya bobot stir : GNKI > ANKI > CX-5 > CR-V. Sungguh absurd kalo dibilang GNKI lebih fun to drive dari CX-5 :shrug:

Kalau dibilang fun to drive karena torsinya lebih kuat... masalahnya ANKI torsinya perasaan kaki gw juga lebih kuat dari GNKI kalo sama-sama standar... numbers don't lie 360Nm vs 260Nm.

ane jadi bingung dengan review ini :shrug:

Mungkin fun to drive karena GNKI berasa ringan dan lebih mudah dipake di dalam kota... easy to drive kali ya maksudnya... :shrug: kalo ini iya GNKI secara visibility dan ease to drive emang lebih mudah dipake, CR-V RW visibility nya kalah...
Fun to drive buat gw , yg tarikan bawah, tengah atasnya ngisi, shiftingnya sigap, di bawa 140 kpj keatas stabil, dan akselerasi 0-100 kpjnya cepet hehehe

Kalo dibanding GNKI ya emg enakan CRV RW chris. Gw jg pernah nyoba keduanya kok. Cuma yg lu bilang bener , kalo fun to drivenya ANKI , selain setirnya lebih berat, entah kenapa kalo yg diesel ini tarikan bawahnya juga lebi nendang daripada RW Prestige gw hehehe.

Kalo soal comparison, gw gak bilang GNKI lebih fun to drive daripada CX5 kok. CX5 tetep paling fun to drive dibanding crv , GNKI maupun ANKI.

GNKI gw bilang lebih fun to drive karena tarikan awalnya lebih kuat dibanding GNKI + lebih easy to drive kek yg lu bilang, dan buat nyelap nyelip entah knp lebih enak aja gitu dibanding ANKI hehehe + respon gasnya jg lebih baik dibanding ANKI, walaupun kalo di putaran tengah - atas , ANKI menang

Kalau dibanding CRV RW, tarikan bawah emg lebih nendang ANKI sih, apalagi diesel , kalo crv tarikan bawahanya agak bengek gitu wkwkwk. Kalo GNKI lebih fun to drive dibanding ANKI menurut gw iya, karena lebih ringan dan lebih enak dipake dalkot + lebih gampang nyetir dibanding ANKI maupun CRV yg agak kegedean
Past:
1NZFE 4AT / L15A 5AT / K24Z1 5AT / 2.0 Skyactiv 6AT / 4A91 4AT / 2NRFE CVT / K3VE 5MT / 1NRVE 5MT

Now:
2.5 SKYACTIV - G 6AT (for sale) / 1.5 VTEC Turbo CVT / L15Z1 CVT
Pboyz97
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2730
Joined: 09 Oct 2016, 22:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: CX5 Elite 2018

Re: Short review and test drive : ANKI 2.4 V AT 2016

Post by Pboyz97 »

scorpionz wrote: 17 Mar 2020, 09:37 Tipe q udah 6 airbag ya? Berarti lebih worth type q dong dibanding venturer.

Setuju. Utk exterior. Kalau depan sih masih oke la.

Belakangnya nga banget.
Mirip kyk calya sigra. Hahaha
Yg q diesel aja om hehehe, ada 6/7 gitu saya lupa. Kalo dibanding venturer sih, lebih worth Q emg, tapi kalo liat kondisi sekarang, apalagi Q yg dijual cuma q bensin aja which is tipe nanggung karena airbagnya cuma 3, mending beli tipe V yg lebih murah atau venturer sekalian, yg udah 7 airbag di semua tipenya baik venturer bensin maupun venturer diesel

Iya om, belakangnya saya juga gak suka, masih jauh lebih bagus yg lama hehehe
Past:
1NZFE 4AT / L15A 5AT / K24Z1 5AT / 2.0 Skyactiv 6AT / 4A91 4AT / 2NRFE CVT / K3VE 5MT / 1NRVE 5MT

Now:
2.5 SKYACTIV - G 6AT (for sale) / 1.5 VTEC Turbo CVT / L15Z1 CVT
Pboyz97
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2730
Joined: 09 Oct 2016, 22:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: CX5 Elite 2018

Re: Short review and test drive : ANKI 2.4 V AT 2016

Post by Pboyz97 »

erwinign wrote: 17 Mar 2020, 09:55 Entah kenapa, mau nyetir GNKI sampe ANKI yang diesel remnya yaampun, nggak dapet2 selahnya gr2 torsi di awal yg gede (biasa bawa mobil bengsin). Yg ANKI diesel udah abs harus diinjek dalem banget baru kerasa ngeremnya, kalo GNKI wkt itu nyoba yg G diesel no abs aja ngeremnya jg aneh banget. Kl di ANKI + suspensi belakangnya yg kaya lompat2 kl dr R pindah ke D ato sebaliknya. Malah saya lbh sreg ke GNKI/ANKI bensin terlepas dari borosnya yang aduhai hahahahaha. Cuma, tetep deh sejelek apapun/sehina apapun innova sy ttp seneng krn the best allrounder car in indonesiyah terutama yg 2GD.

Impresi pertama nyetir ANKI = kaya nyetir bis krn lebar dan panjang banget, tapi lama2 biasa dan msh bisa kontrol panjang bodinya waktu manuver2

Soal rasa nyetir sih, balik ke selera masing2 lah ya, saya jg sependapat dgn om, kalo GNKI lebih enak nyetirnya , tapi kalo rem keknya lebih enak ANKI deh, lebih gigit feelnya dibanding GNKI. Innova mah emg allrounder, apalagi nama kijang yg udah melegenda sejak puluhan tahun lalu membuat mobil ini punya kesan tersendiri dimata konsumen dan loyalisnya

Yes, karena mobil ini juga lebih gede dimensinya daripada GNKI, jadi wajar kalo om bilang rasa nyetirnya kek bis kalo dibandingin sm GNKI
Past:
1NZFE 4AT / L15A 5AT / K24Z1 5AT / 2.0 Skyactiv 6AT / 4A91 4AT / 2NRFE CVT / K3VE 5MT / 1NRVE 5MT

Now:
2.5 SKYACTIV - G 6AT (for sale) / 1.5 VTEC Turbo CVT / L15Z1 CVT
Pboyz97
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2730
Joined: 09 Oct 2016, 22:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: CX5 Elite 2018

Re: Short review and test drive : ANKI 2.4 V AT 2016

Post by Pboyz97 »

gwsecretc wrote: 17 Mar 2020, 10:11 Kalo ga salah om, innova fl yang 2012-2013 semuanya kecuali tipe v ga dapat airbag, mulai innova dono baru dapat airbag semua. Terus sepengalaman saya, anki diesel lebih responsif kok tarikannya dari gnki diesel standar.
Yg 2013 keatas udah airbag semua kok, yg first batch 2011 - 2012 aja yg blm airbag kecuali tipe V


Kalo tarikan tengah atas iya, tapi kalo tarikan bawah, lebih responsif GNKI menurut saya
Past:
1NZFE 4AT / L15A 5AT / K24Z1 5AT / 2.0 Skyactiv 6AT / 4A91 4AT / 2NRFE CVT / K3VE 5MT / 1NRVE 5MT

Now:
2.5 SKYACTIV - G 6AT (for sale) / 1.5 VTEC Turbo CVT / L15Z1 CVT
Pboyz97
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2730
Joined: 09 Oct 2016, 22:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: CX5 Elite 2018

Re: Short review and test drive : ANKI 2.4 V AT 2016

Post by Pboyz97 »

Profith83 wrote: 17 Mar 2020, 10:44 GNKI diesel AT lebih fun to drive dari ANKI diesel AT mungkin yang dimaksud adalah

GNKI di gas dikit langsung mesinnnya narik.
Kalau ANKI ditoel dikit gasnya yah tarikannya dikit. toel sedang yah nariknya sedang, bejek langsung wosss
kalau GNKI toel atapun gas sedang gak beda. bejek juga gak beda banyak.

jadi yang gaya setir gak suka injak gas dalam alias suka toel toel memang enak GNKI.
Saya ada GNKI diesel AT dan ANKI diesel AT.

kalau sudah kecepatan diatas 40 ANKI diesel kemana mana tarikanya lebih enak.
0-100 km per jam GNKI diesel AT butuh waktu 16 detik
0-100 km per jam ANKI diesel AT butuh 11-12 detik
Yes, itulah alasan saya mengapa bilang GNKI lebih fun to drive daripada ANKI, walaupun kalo soal tarikan tengah - atas ANKI unggul
Past:
1NZFE 4AT / L15A 5AT / K24Z1 5AT / 2.0 Skyactiv 6AT / 4A91 4AT / 2NRFE CVT / K3VE 5MT / 1NRVE 5MT

Now:
2.5 SKYACTIV - G 6AT (for sale) / 1.5 VTEC Turbo CVT / L15Z1 CVT
Pboyz97
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2730
Joined: 09 Oct 2016, 22:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: CX5 Elite 2018

Re: Short review and test drive : ANKI 2.4 V AT 2016

Post by Pboyz97 »

jakanjc wrote: 17 Mar 2020, 10:59 Nice review om,btw km innovanya masih rendah bgt
Cuman kl buat fun to drive mungkin dibilang ANKI lebih fun to drive karena feel torsi dieselnya sgt kuat dibanding Crv turbo .. tapi sebenernya secara handling, feel steeringnya jauh lebih tajam crv.
Kebetulan saya pakai ANKI 2.4 V juga thn 2017, saat ini dipakai ortu dan lagi ada rencana ganti ke crv turbo karena ortu saya udah mulai susah naik turun ANKI, awal bulan kemarin saya sempet td crv turbo juga, jadi tau plus minusnya kedua mobil ini
Mobil test drive om itu, bukan punya saya hehehe. Yes, putaran bawahnya memang lebih nendang daripada CRV , kalo handling sih, emg crv sedikit lebih enak dibanding ANKI. Wah , kalo saya sebaliknya, malah pengen tuker CRV Turbo ke ANKI Q Diesel AT 2016 / Q bensin baru / V diesel baru. Alasannya , kecewa sm BQ CRV Turbo yg gak sesuai harganya, apalagi saya ex user CRV gen2 , crv gen 3, dan CX5 2013, serta pelihara AN CX5 2018 jg, jadi tau betapa kurangnya quality mobil ini untuk harga 500 jt. Sebenernya hampir SPK ANKI atau AN Mazda 3 hatchback buat gantiin CX5 2013 , cuma karena ibu saya gak suka bentuknya ANKI , dan parno sm part mazda yg mahal, akhirnya dengan berat hati SPK CRV Turbo, walaupun sebenernya pengen tuker ke Altis atau AN Mazda 3 aja karena udh ada AN CX5 buat SUV dan xpander yg 7 seater + yaris buat pergi ke tempat2 yg akses jalannya sulit dilalui sm mobil gede hehehe, cuma karena bapak saya pengen yg ekonomis dan jualnya gampang, saya saranin ANKI aja, tapi hanya karena ibu saya gak suka bentuknya, akhirnya batal SPK mobil itu, padahal ANKI merupakan mobil daily idaman dia sejak lama. Wkwkwk
Past:
1NZFE 4AT / L15A 5AT / K24Z1 5AT / 2.0 Skyactiv 6AT / 4A91 4AT / 2NRFE CVT / K3VE 5MT / 1NRVE 5MT

Now:
2.5 SKYACTIV - G 6AT (for sale) / 1.5 VTEC Turbo CVT / L15Z1 CVT
Pboyz97
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2730
Joined: 09 Oct 2016, 22:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: CX5 Elite 2018

Re: Short review and test drive : ANKI 2.4 V AT 2016

Post by Pboyz97 »

andyez86 wrote: 17 Mar 2020, 11:03 itu LCD buat RSE ga cuma di venturer...tipe V juga dapet

LED masuk pros?ga salah...cb tanya yg ud pake buat malam hari sama keluar kota

BQ jg masuk pros?cb cek kembali deh....

tarikan bawah cons?ini diesel loh...diatas 2500 ato 3000rpm aja turbo nya uda kaya kehabisan nafas

masa iya ANKI lebih fun to drive dibanding CRV?

tipe 2.4Q kayanya udah ga ada lagi....adanya tipe G,V,sama Venturer

*NOTE : saya pake 2.4 V A/T 2016,d rmh ada jg 2.4 G A/T sama 2.0 M/T & ex user CRV jg,tapi yg RE
RSE emg tipe V dan Q jg udh dapet om, terus, tipe Q diesel emg udh gaada lg, sisa G, V , Q bensin sm venturer doang

Kalo bandingannya sm CRV RE, emg iya, CRV RE masih lebih fun to drive dibanding ini. Saya juga kebetulan ex user CRV RE 2.4 2010, pakai 9 tahun sampe dijual awal 2019 lalu. Saya bandinginnya sm CRV RW yg saya punya sekarang om, ANKI lebih fun to drive karena tarikan bawahnya lebih enak dibanding CRV yg bengek . Kalo tarikan bawah cons, karena kalau dibanding GNKI diesel, tarikan bawahnya lebih enak GNKI dibanding ANKI ,tapi kalo tengah - atas, ANKI jelas lebih unggul. Btw om loyalis ANKI sejati ya, sampe pelihara 2 biji, saya juga pengen pelihara 1 ekor ANKI dirumah buat bapak saya ngantor , gonta gantian sm yaris joker dan AN CX5, tapi karena ibu saya gak suka bentuknya, jadi gagal beli deh hahaha

Kalo soal LED sih, menurut saya terang2 aja, wkwkwk. BQ sih menurut saya lumayan oke, dibanding CRV RW dan xpander saya dirumah, dan innova gen sblmnya. 2.4 G AT nya yg tahun brp om? improvement dibanding first batch apa aja selain immob?
Past:
1NZFE 4AT / L15A 5AT / K24Z1 5AT / 2.0 Skyactiv 6AT / 4A91 4AT / 2NRFE CVT / K3VE 5MT / 1NRVE 5MT

Now:
2.5 SKYACTIV - G 6AT (for sale) / 1.5 VTEC Turbo CVT / L15Z1 CVT
Pboyz97
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2730
Joined: 09 Oct 2016, 22:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: CX5 Elite 2018

Re: Short review and test drive : ANKI 2.4 V AT 2016

Post by Pboyz97 »

GrandNewInnovaV wrote: 17 Mar 2020, 17:44 Oh iya, berhubung lagi bahas aspek fun to driveness sebuah mobil. Kira² enak mana ya bawa lmpv macam xpander dan all new ertiga sama anki diesel buat harian? Lagi nimbang² buat mobil pengganti keduanya. Kebetulan punya gnki bensin + ertiga lama dan ngerasa si ertiga masih lebih nyaman suspensinya buat penggunaan dalam kota.
Kalo buat nyetir, ANKI diesel dan Xpander jelas lebih unggul dariapda AN Ertiga. AN ertiga gak enak buat nyetir, lebih enak buat duduk dibelakang, karena bantingan suspensinya lebih empuk dan lebih nyaman dibanding xpander dan ANKI Diesel

Kalo saya, ANKI Diesel buat gantiin GNKI Bensin, AN Ertiga buat tuker ertiga lama, karena lumayan tuh, ANKI buat lukot, buat hajar jalan jelek + disopirin juga enak karena bantingannya cukup empuk buat sebuah ladder frame , terus ertiga buat daily dalkot, jadi 1 mobil buat lukot yg fun to drive + 1 mobil yg nyaman buat dalkot hehehe. Kalo xpander , kurang enak duduk dibelakangnya, bantingan suspensinya agak keras dibanding Ertiga (user xpander ultimate 2017)
Past:
1NZFE 4AT / L15A 5AT / K24Z1 5AT / 2.0 Skyactiv 6AT / 4A91 4AT / 2NRFE CVT / K3VE 5MT / 1NRVE 5MT

Now:
2.5 SKYACTIV - G 6AT (for sale) / 1.5 VTEC Turbo CVT / L15Z1 CVT
Pboyz97
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2730
Joined: 09 Oct 2016, 22:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: CX5 Elite 2018

Re: Short review and test drive : ANKI 2.4 V AT 2016

Post by Pboyz97 »

slapnuts wrote: 17 Mar 2020, 15:35
ChZ wrote: 17 Mar 2020, 15:15
hahahahhaa pardon oom... kebawa :big_peace: btw ga bisa delete / edit post karena bukan moderator.

yups kalau yang disebut bawa ANKI lebih fun karena hajar lobang ga mikir, ane cukup setuju... krn dulu pake panjah juga berasa fun nya ketika bisa nyetir ala supir angkot... ngga mikir pepet pepetan hayuk, hajar lobang hayuk...

tapi kalo soal handling ngga lah, setir direct CR-V kemana-mana, front-end CR-V lebih sharp (by far margin, ane coba GNKI front end nya ngga ada sharp-sharp nya), chassis CR-V lebih kaku dan rigid (remember CR-V shares the same platform with Type-R Civic yang merupakan salah satu hot hatchback terbaik saat ini).

CR-V pantatnya masih bisa nurut dan ngga flexing parah waktu ditekuk di O-turn. Ladder frame mustahil ngga flexing, justru aneh kalo ladder ngga flexing, wong emang tujuannya pake ladder adalah supaya bisa flexing di jalan jelek / offroad.
Ahh my bad, ga ngeh, kirain masih jadi Mod :big_peace:

Yes makanya definisi fun to drive tiap orang berbeda-beda. Ada yang suka mobil ngayun, ada yg suka mobil kaku. Makanya tadi postingan saya bilang kalau handling ya jauh antara ANKI dan CRV.

Yang saya salut, di tol banyak yang bawa SUV/MPV ladder zig-zag kanan kiri ambil bahu jalan potong kanan masuk lagi tapi ga merasa takut keguling :big_chicken: nyalinya kuat :big_peace:

Pernah bawa mazda2 Jkt-Smg waktu exit tol baru sampai brebes, memang fun to drive di tol, setir direct, nurut, chasis kaku, ladder kalah lah. Begitu masuk pantura Ambyaarr itu semua ke-Fun to Drive annya, hajar lubang keras, sambungan jembatan jeduak, road noise berisik dsb diketawain ladder yg nyalip dengan santainya. (fun to drive pindah ke ladder). Dan kenyataannya kebanyakan jalan di Indo masih seperti ini, makanya ladder merajai.
Yes, salah satu kelemahan Mazda 2 ya itu, GC nya agak rendah buat ukuran hatchback sehingga rawan gasruk. Kalo soal ladder mah, gak heran, karena yg diesel tarikan awalnya lumayan kenceng, sehingga enak buat selap selip, apalagi udh di remap mesinnya, colek dikit langsung deh bisa 100 kpj dalam waktu singkat + mungkin laddernya udh tambah stabilizer kali, makanya gak takut keguling wkwkkw
Past:
1NZFE 4AT / L15A 5AT / K24Z1 5AT / 2.0 Skyactiv 6AT / 4A91 4AT / 2NRFE CVT / K3VE 5MT / 1NRVE 5MT

Now:
2.5 SKYACTIV - G 6AT (for sale) / 1.5 VTEC Turbo CVT / L15Z1 CVT
Pboyz97
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2730
Joined: 09 Oct 2016, 22:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: CX5 Elite 2018

Re: Short review and test drive : ANKI 2.4 V AT 2016

Post by Pboyz97 »

kunaskun wrote: 17 Mar 2020, 12:01
DOHC wrote: 17 Mar 2020, 10:20 Anki bensin jg sama aj om, rem ama suspensi nya rada2 horor.. ane d ruma ad ipah non euro ama anki, 2 2 nya bensin

Kl lg nyetir pecicilan, anki ga enak, di rem malah ngedive banget, pindah2 jalur jg body roll lebi berasa.. ipah tuwir malah lebi mending, mau start gila2an atau di rem mendadak ga ampe heboh goyang body nya

Utk anki mungkin musti ikutin cara om kompre kl, ganti pake bilstein shock nya

Btw anki ud ga segila generasi sblom nya koq minum bensin nya.. ane nyetir gaya sinting aj masi dapet 1:8 dalkot, matic pula
persis pengalaman saya. berapa kali nyetir ANKI, sama kaya nyetir ANPJS. ga ngerti dimana enak dan nyamannya mobil ini. kaya berasa nyetir kapal, belok lemot, nose dive, ga mau diem goyang terus. nah giliran naik ANKI yg sudah ganti sok, jauh banget bedanya sebagai penumpang. tapi ya itu di indo mobil yg semakin kaya kapal semakin nyaman.

ANKI bensin not bad ya? selain raungan mesin yg bikin sakit kuping itu. harga seken juga menarik.
Iya, om saya punya yg 2.0 G AT bensin, udh lebih irit dan jauh leih empuk + nyaman buat dalkot . Terus raungan, mesinnya juga gak bikin sakit kuping kok, suaranya udah jauh lebih halus daripada gen sebelumnya yg berisik dan kasar buat ukuran mobil bensin. Buat saya, ANKI bensin not bad kok, asal gak masalahin konsumsi BBM yg udah pasti lebi boros drpd dieselnya + tarikan yg gak sekenceng versi dieselnya.
Past:
1NZFE 4AT / L15A 5AT / K24Z1 5AT / 2.0 Skyactiv 6AT / 4A91 4AT / 2NRFE CVT / K3VE 5MT / 1NRVE 5MT

Now:
2.5 SKYACTIV - G 6AT (for sale) / 1.5 VTEC Turbo CVT / L15Z1 CVT
scorpionz
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 101
Joined: 10 May 2017, 23:00

Re: Short review and test drive : ANKI 2.4 V AT 2016

Post by scorpionz »


Pboyz97 wrote:
scorpionz wrote: 17 Mar 2020, 09:37 Tipe q udah 6 airbag ya? Berarti lebih worth type q dong dibanding venturer.

Setuju. Utk exterior. Kalau depan sih masih oke la.

Belakangnya nga banget.
Mirip kyk calya sigra. Hahaha
Yg q diesel aja om hehehe, ada 6/7 gitu saya lupa. Kalo dibanding venturer sih, lebih worth Q emg, tapi kalo liat kondisi sekarang, apalagi Q yg dijual cuma q bensin aja which is tipe nanggung karena airbagnya cuma 3, mending beli tipe V yg lebih murah atau venturer sekalian, yg udah 7 airbag di semua tipenya baik venturer bensin maupun venturer diesel

Iya om, belakangnya saya juga gak suka, masih jauh lebih bagus yg lama hehehe
Lho yg tipe q diesel udah ga ada lg om?

Yg baru blkgnya kyk lcgc Image
Post Reply