Review: Venturer Diesel 2018

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: F 272, b8099ok, ginting, FRD, artoodetoo, y_anjasrana

Post Reply
maxilopez2nd
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 19
Joined: 13 Apr 2017, 13:14

Re: Review: Venturer Diesel 2018

Post by maxilopez2nd »

Venturtle wrote: 16 Jun 2021, 10:54
maxilopez2nd wrote: 16 Jun 2021, 09:52
Venturtle wrote: 15 Jun 2021, 15:43
nice reviewnya, om.. oh ya, tekanan angin ban Venturer (turanza R17) yang paling pas untuk pengemudi dan penumpang baris kedua (isi 4 orang) diset berapa ya depan belakang?
lebih cocok 33-33 atau 30-32 atau ada saran lain? thanks sebelumnya :big_smile]
Saya biasa tekanan ban diset 32-32 om, masih berasa empuk dan nyaman buat dalam kota jakarta + lewatin polisi tidur, anak masi tidur nyenyak kalo dijalan.
Tapi balik lagi ya om ke pantat masing2 :mky_01:
Venturer (turanza R17) juga ya om? :mky_01:
kalo jadi driver sih 33 depan juga masih oke oke aja, malah cenderung lebih stabil.. cuma baris kedua kalo lewat poldur rasanya keras bantingannya atau jalan ga rata terasa banget kontur jalannya.. :mky_01:
Iya om, saya pake venturer juga. oh kalau begitu bener om, selama ini saya setir sendiri jd berasanya nyaman, hampir ga pernah duduk baris 2. :ungg:
Venturtle
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1603
Joined: 25 Jan 2017, 16:12

Re: Review: Venturer Diesel 2018

Post by Venturtle »

sintoni wrote: 16 Jun 2021, 11:45
Venturtle wrote: 16 Jun 2021, 10:54
maxilopez2nd wrote: 16 Jun 2021, 09:52

Saya biasa tekanan ban diset 32-32 om, masih berasa empuk dan nyaman buat dalam kota jakarta + lewatin polisi tidur, anak masi tidur nyenyak kalo dijalan.
Tapi balik lagi ya om ke pantat masing2 :mky_01:
Venturer (turanza R17) juga ya om? :mky_01:
kalo jadi driver sih 33 depan juga masih oke oke aja, malah cenderung lebih stabil.. cuma baris kedua kalo lewat poldur rasanya keras bantingannya atau jalan ga rata terasa banget kontur jalannya.. :mky_01:
Sebelumnya naik mobil apa sih om?
Xtrail T31, om :big_smile]
Venturtle
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1603
Joined: 25 Jan 2017, 16:12

Re: Review: Venturer Diesel 2018

Post by Venturtle »

maxilopez2nd wrote: 16 Jun 2021, 12:42
Venturtle wrote: 16 Jun 2021, 10:54
maxilopez2nd wrote: 16 Jun 2021, 09:52

Saya biasa tekanan ban diset 32-32 om, masih berasa empuk dan nyaman buat dalam kota jakarta + lewatin polisi tidur, anak masi tidur nyenyak kalo dijalan.
Tapi balik lagi ya om ke pantat masing2 :mky_01:
Venturer (turanza R17) juga ya om? :mky_01:
kalo jadi driver sih 33 depan juga masih oke oke aja, malah cenderung lebih stabil.. cuma baris kedua kalo lewat poldur rasanya keras bantingannya atau jalan ga rata terasa banget kontur jalannya.. :mky_01:
Iya om, saya pake venturer juga. oh kalau begitu bener om, selama ini saya setir sendiri jd berasanya nyaman, hampir ga pernah duduk baris 2. :ungg:
nah iya, pas jadi driver kok rasanya mantap bawanya.. giliran jadi penumpang baris kedua, waduh banting banget suspensinya :ungg:
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 764
Joined: 14 Jun 2012, 10:39
Location: jakarta

Re: Review: Venturer Diesel 2018

Post by iamwewe »

sintoni wrote: 16 Jun 2021, 11:45
Venturtle wrote: 16 Jun 2021, 10:54
maxilopez2nd wrote: 16 Jun 2021, 09:52

Saya biasa tekanan ban diset 32-32 om, masih berasa empuk dan nyaman buat dalam kota jakarta + lewatin polisi tidur, anak masi tidur nyenyak kalo dijalan.
Tapi balik lagi ya om ke pantat masing2 :mky_01:
Venturer (turanza R17) juga ya om? :mky_01:
kalo jadi driver sih 33 depan juga masih oke oke aja, malah cenderung lebih stabil.. cuma baris kedua kalo lewat poldur rasanya keras bantingannya atau jalan ga rata terasa banget kontur jalannya.. :mky_01:
Sebelumnya naik mobil apa sih om?
awkkwkkwakw gregetan ya om

@venturtle: menurut saya sih maugimana juga ini venturer bantingannya nggak bisa disamain kaya inova biasa (ini juga kalo misal harapan si om ya). profil bannya aja lebih tipis kan, mgkn jarak 'main' ban nya dalam redam guncangan juga jadi lebih pendek
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4439
Joined: 05 Jun 2014, 20:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Review: Venturer Diesel 2018

Post by sintoni »

iamwewe wrote: 17 Jun 2021, 08:11
@venturtle: menurut saya sih maugimana juga ini venturer bantingannya nggak bisa disamain kaya inova biasa (ini juga kalo misal harapan si om ya). profil bannya aja lebih tipis kan, mgkn jarak 'main' ban nya dalam redam guncangan juga jadi lebih pendek
Wkwkwkw.

Kalau menurut ane kalau bantingan malah ngerasa si Venturer ini terlalu empuk, jadi limbung banget kaya kegoncang2. Baru ngerasain kemaren pas bawa nyebrang Bali.

Ini odometer berapa? Kalau misal masih dibawa 1000 mungkin karena sokbreker belom inreyen, masih kaku.

Kalau ane sih paling pas di 33 rata depan belakang, kalau dibawah itu kayak bannya kempes sih.
McLaren
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 224
Joined: 24 Nov 2019, 13:23

Re: Review: Venturer Diesel 2018

Post by McLaren »

Inreyen Innova diesel itu 10 rb km menurut saya..
Karakter asli shock, mesin, transmisi baru muncul di 10 rb
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5808
Joined: 28 Aug 2008, 17:32

Re: Review: Venturer Diesel 2018

Post by evolution21 »

sintoni wrote: 17 Jun 2021, 09:59
iamwewe wrote: 17 Jun 2021, 08:11
@venturtle: menurut saya sih maugimana juga ini venturer bantingannya nggak bisa disamain kaya inova biasa (ini juga kalo misal harapan si om ya). profil bannya aja lebih tipis kan, mgkn jarak 'main' ban nya dalam redam guncangan juga jadi lebih pendek
Wkwkwkw.

Kalau menurut ane kalau bantingan malah ngerasa si Venturer ini terlalu empuk, jadi limbung banget kaya kegoncang2. Baru ngerasain kemaren pas bawa nyebrang Bali.

Ini odometer berapa? Kalau misal masih dibawa 1000 mungkin karena sokbreker belom inreyen, masih kaku.

Kalau ane sih paling pas di 33 rata depan belakang, kalau dibawah itu kayak bannya kempes sih.
kata beberapa temen karakter goyang2 khas inova bisa di reduce dengan pemasangan swaybar
entah si apakah efeknya beneran positif atao engga

soalnya saya pernah coba pasang sway bar di mobil lain bantingannya jadi terlalu kaku
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4439
Joined: 05 Jun 2014, 20:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Review: Venturer Diesel 2018

Post by sintoni »

evolution21 wrote: 17 Jun 2021, 17:25
kata beberapa temen karakter goyang2 khas inova bisa di reduce dengan pemasangan swaybar
entah si apakah efeknya beneran positif atao engga

soalnya saya pernah coba pasang sway bar di mobil lain bantingannya jadi terlalu kaku
Haha, iya bilanya bs gitu om, kalau ga ya ganti sok agak keras.

Tapi biarin lah, itu mobil ortu jg, cuma kemaren ane pinjem aja buat roadtrip.

Apalg ortu jg jarang keluar kota, kebanyakan dalam kota aja, jadi suka yg empuk2.
Venturtle
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1603
Joined: 25 Jan 2017, 16:12

Re: Review: Venturer Diesel 2018

Post by Venturtle »

iamwewe wrote: 17 Jun 2021, 08:11
sintoni wrote: 16 Jun 2021, 11:45
Venturtle wrote: 16 Jun 2021, 10:54
Venturer (turanza R17) juga ya om? :mky_01:
kalo jadi driver sih 33 depan juga masih oke oke aja, malah cenderung lebih stabil.. cuma baris kedua kalo lewat poldur rasanya keras bantingannya atau jalan ga rata terasa banget kontur jalannya.. :mky_01:
Sebelumnya naik mobil apa sih om?
awkkwkkwakw gregetan ya om

@venturtle: menurut saya sih maugimana juga ini venturer bantingannya nggak bisa disamain kaya inova biasa (ini juga kalo misal harapan si om ya). profil bannya aja lebih tipis kan, mgkn jarak 'main' ban nya dalam redam guncangan juga jadi lebih pendek
iya om.. tes di G dan V, empuk bantingannya di row 2.. jadi solusinya sekarang ya di tekanan ban saja.. mungkin mau tes antara 30-30 atau 31-31 saja.. btw, yg row 1 ga masalah mau diisi 30 atau 33.. nyaman dan pas banget suspensinya.. yg heran yg row 2.. ga enak suspensinya.. 33 aja keras banget rebound pas lewat poldur.. oh ya, P ke R juga kadang kadang keras mindahinnya.. om ada mengalami juga? btw, thanks sharingnya om :big_deal:
Venturtle
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1603
Joined: 25 Jan 2017, 16:12

Re: Review: Venturer Diesel 2018

Post by Venturtle »

sintoni wrote: 17 Jun 2021, 09:59
iamwewe wrote: 17 Jun 2021, 08:11
@venturtle: menurut saya sih maugimana juga ini venturer bantingannya nggak bisa disamain kaya inova biasa (ini juga kalo misal harapan si om ya). profil bannya aja lebih tipis kan, mgkn jarak 'main' ban nya dalam redam guncangan juga jadi lebih pendek
Wkwkwkw.

Kalau menurut ane kalau bantingan malah ngerasa si Venturer ini terlalu empuk, jadi limbung banget kaya kegoncang2. Baru ngerasain kemaren pas bawa nyebrang Bali.

Ini odometer berapa? Kalau misal masih dibawa 1000 mungkin karena sokbreker belom inreyen, masih kaku.

Kalau ane sih paling pas di 33 rata depan belakang, kalau dibawah itu kayak bannya kempes sih.
dibawah 1000 om.. jarang pakainya.. tapi suspensi row 1 itu nyaman sih menurut ane, mau tekanan angin 30 atau 33 juga nyaman..yg row 2 yg agak keras suspensinya pas rebound di poldur dengan tekanan angin 33.. next mungkin mau tes 30 atau 31..
oh ya, P ke R kadang kadang keras waktu mindahin giginya.. om ada mengalami juga? :ungg:
btw, thanks sharingnya, om :big_deal:
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 764
Joined: 14 Jun 2012, 10:39
Location: jakarta

Re: Review: Venturer Diesel 2018

Post by iamwewe »

sedikit update dgn venturer 2gd 2018 saya

- cup holder baris tengah (antara captain seat) udah patah keinjek anak2 lalu lalang baris ke2 baris ke3.
- km udah 50rb dengan pemakaian full solar goceng
- ban bridgestone bawaan udh mulai tipis, pengen ganti yang lebih nyaman dan nggak bising
- mumpung kemarin ada acara Gias, sebelum ke gias saya mampir ke tuner kondang di forum ini. banyak sharing2 tanya jawab soal venturer ini. sekalian full ganti oli mesin, oli gardan, oli transmisi, dan jelas remap dong.

beberapa info yg sy dapet ternyata inova facelift dan vrz facelift 2021 ini injektor udh ganti model piezo, bukan kaya model saya ini yg masih selenoid. jadi potensi remap lbh tinggi. (180hp vs 220hp, torsi saya lupa, kalo gk salah naek 100nm ya)

sharing sedikit aja soal hasil remap di venturer. nggak pernah kecewain emang remap di sini. udah remap 2 dakkar, skrg venturer. very recommended.
respon bawah jelas lebih agresif, tapi yg paling kerasa menyenangkan, skrg di rpm 2-3 itu ngisi banget. seolah ada tambahan tenaga gitu. sblm remap, bahkan kalo ditaro di power mode pun saya ngerasain tarikan nya nggak segini nya. skrg bener2 ngisi banget dari rpm bawah sampe 3. bener2 pas buat saya di dalam kota sekedar nyalip. shifting gigi juga saya rasain lebih cpt.

tarikan 60-80, 80-100, ato 100-120 juga sangat2 enteng banget skrg. iya, saya tau, utk standar 2gd juga sbnrnya nggak ada masalah, tapi setelah remap ini ya emang responnya lbh agresif dan naiknya juga cpt. kalo di power mode gimana? makin sadis lagi. tapi menurut saya udh lebay lah, saya juga bukan tipikal yg ngebut2 gimana juga. kalo di power mode, dan kita jejek gitu, pasti istri udh ribut deh bilang ngebut. ya gimana lagi, dia juga pasti ngerasain jambakannya yg lebay.

nah menariknya fuel cons tetep dapet di 1:14-15 solar goceng utk kaki saya, dgn posisi ac depan speed fan 2, ac blkg speed fan 1. ini yang paling penting, supaya bahasa om kompre mah dompet tetep tebel hahaha.

udh gitu aja sharingnya, nanti kalo udh sampe 100rb km, saya pasti sharing lagi. salam, solar goceng!
well
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 434
Joined: 02 Jul 2020, 10:03
Location: Sub
Daily Vehicle: Sepeda Ontel

Re: Review: Venturer Diesel 2018

Post by well »

iamwewe wrote: 16 Nov 2021, 11:32 sedikit update dgn venturer 2gd 2018 saya

- cup holder baris tengah (antara captain seat) udah patah keinjek anak2 lalu lalang baris ke2 baris ke3.
- km udah 50rb dengan pemakaian full solar goceng
- ban bridgestone bawaan udh mulai tipis, pengen ganti yang lebih nyaman dan nggak bising
- mumpung kemarin ada acara Gias, sebelum ke gias saya mampir ke tuner kondang di forum ini. banyak sharing2 tanya jawab soal venturer ini. sekalian full ganti oli mesin, oli gardan, oli transmisi, dan jelas remap dong.

beberapa info yg sy dapet ternyata inova facelift dan vrz facelift 2021 ini injektor udh ganti model piezo, bukan kaya model saya ini yg masih selenoid. jadi potensi remap lbh tinggi. (180hp vs 220hp, torsi saya lupa, kalo gk salah naek 100nm ya)

sharing sedikit aja soal hasil remap di venturer. nggak pernah kecewain emang remap di sini. udah remap 2 dakkar, skrg venturer. very recommended.
respon bawah jelas lebih agresif, tapi yg paling kerasa menyenangkan, skrg di rpm 2-3 itu ngisi banget. seolah ada tambahan tenaga gitu. sblm remap, bahkan kalo ditaro di power mode pun saya ngerasain tarikan nya nggak segini nya. skrg bener2 ngisi banget dari rpm bawah sampe 3. bener2 pas buat saya di dalam kota sekedar nyalip. shifting gigi juga saya rasain lebih cpt.

tarikan 60-80, 80-100, ato 100-120 juga sangat2 enteng banget skrg. iya, saya tau, utk standar 2gd juga sbnrnya nggak ada masalah, tapi setelah remap ini ya emang responnya lbh agresif dan naiknya juga cpt. kalo di power mode gimana? makin sadis lagi. tapi menurut saya udh lebay lah, saya juga bukan tipikal yg ngebut2 gimana juga. kalo di power mode, dan kita jejek gitu, pasti istri udh ribut deh bilang ngebut. ya gimana lagi, dia juga pasti ngerasain jambakannya yg lebay.

nah menariknya fuel cons tetep dapet di 1:14-15 solar goceng utk kaki saya, dgn posisi ac depan speed fan 2, ac blkg speed fan 1. ini yang paling penting, supaya bahasa om kompre mah dompet tetep tebel hahaha.

udh gitu aja sharingnya, nanti kalo udh sampe 100rb km, saya pasti sharing lagi. salam, solar goceng!

bisa mempertimbangkan ganti ban 215/60/17 om.. Dunlop LM705 nyaman, lebih empuk dibanding turanza bawaan
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 764
Joined: 14 Jun 2012, 10:39
Location: jakarta

Re: Review: Venturer Diesel 2018

Post by iamwewe »

well wrote: 16 Nov 2021, 12:44


bisa mempertimbangkan ganti ban 215/60/17 om.. Dunlop LM705 nyaman, lebih empuk dibanding turanza bawaan
thanks om, nanti coba saya cek deh. road noise nya better mana ya sama turanza bawaan? ganti tebal 60 apa nggak terlalu 'gembung' ya nanti keliatannya di venturer...
well
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 434
Joined: 02 Jul 2020, 10:03
Location: Sub
Daily Vehicle: Sepeda Ontel

Re: Review: Venturer Diesel 2018

Post by well »

iamwewe wrote: 17 Nov 2021, 08:33
well wrote: 16 Nov 2021, 12:44


bisa mempertimbangkan ganti ban 215/60/17 om.. Dunlop LM705 nyaman, lebih empuk dibanding turanza bawaan
thanks om, nanti coba saya cek deh. road noise nya better mana ya sama turanza bawaan? ganti tebal 60 apa nggak terlalu 'gembung' ya nanti keliatannya di venturer...
saudara ane ada yg ganti ke 60 so far ok sih tampilannya.. klo road noise ane blm terlalu peka bgt bedainnya
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2403
Joined: 13 Sep 2015, 10:08

Re: Review: Venturer Diesel 2018

Post by evanbngdor »

iamwewe wrote: 17 Nov 2021, 08:33
well wrote: 16 Nov 2021, 12:44


bisa mempertimbangkan ganti ban 215/60/17 om.. Dunlop LM705 nyaman, lebih empuk dibanding turanza bawaan
thanks om, nanti coba saya cek deh. road noise nya better mana ya sama turanza bawaan? ganti tebal 60 apa nggak terlalu 'gembung' ya nanti keliatannya di venturer...
LM705 jauh lebih senyap dibanding turanza ER33
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 764
Joined: 14 Jun 2012, 10:39
Location: jakarta

Re: Review: Venturer Diesel 2018

Post by iamwewe »

well wrote: 17 Nov 2021, 08:45
iamwewe wrote: 17 Nov 2021, 08:33
well wrote: 16 Nov 2021, 12:44


bisa mempertimbangkan ganti ban 215/60/17 om.. Dunlop LM705 nyaman, lebih empuk dibanding turanza bawaan
thanks om, nanti coba saya cek deh. road noise nya better mana ya sama turanza bawaan? ganti tebal 60 apa nggak terlalu 'gembung' ya nanti keliatannya di venturer...
saudara ane ada yg ganti ke 60 so far ok sih tampilannya.. klo road noise ane blm terlalu peka bgt bedainnya
evanbngdor wrote: 17 Nov 2021, 10:19
LM705 jauh lebih senyap dibanding turanza ER33
sip thanks wankawan, nanti dicoba dgn si LM705 dahh :big_okay:
Septioadjie
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: 24 Feb 2019, 01:29
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Mazda 2

Re: Review: Venturer Diesel 2018

Post by Septioadjie »

iamwewe wrote: 16 Nov 2021, 11:32 sedikit update dgn venturer 2gd 2018 saya

- cup holder baris tengah (antara captain seat) udah patah keinjek anak2 lalu lalang baris ke2 baris ke3.
- km udah 50rb dengan pemakaian full solar goceng
- ban bridgestone bawaan udh mulai tipis, pengen ganti yang lebih nyaman dan nggak bising
- mumpung kemarin ada acara Gias, sebelum ke gias saya mampir ke tuner kondang di forum ini. banyak sharing2 tanya jawab soal venturer ini. sekalian full ganti oli mesin, oli gardan, oli transmisi, dan jelas remap dong.

beberapa info yg sy dapet ternyata inova facelift dan vrz facelift 2021 ini injektor udh ganti model piezo, bukan kaya model saya ini yg masih selenoid. jadi potensi remap lbh tinggi. (180hp vs 220hp, torsi saya lupa, kalo gk salah naek 100nm ya)

sharing sedikit aja soal hasil remap di venturer. nggak pernah kecewain emang remap di sini. udah remap 2 dakkar, skrg venturer. very recommended.
respon bawah jelas lebih agresif, tapi yg paling kerasa menyenangkan, skrg di rpm 2-3 itu ngisi banget. seolah ada tambahan tenaga gitu. sblm remap, bahkan kalo ditaro di power mode pun saya ngerasain tarikan nya nggak segini nya. skrg bener2 ngisi banget dari rpm bawah sampe 3. bener2 pas buat saya di dalam kota sekedar nyalip. shifting gigi juga saya rasain lebih cpt.

tarikan 60-80, 80-100, ato 100-120 juga sangat2 enteng banget skrg. iya, saya tau, utk standar 2gd juga sbnrnya nggak ada masalah, tapi setelah remap ini ya emang responnya lbh agresif dan naiknya juga cpt. kalo di power mode gimana? makin sadis lagi. tapi menurut saya udh lebay lah, saya juga bukan tipikal yg ngebut2 gimana juga. kalo di power mode, dan kita jejek gitu, pasti istri udh ribut deh bilang ngebut. ya gimana lagi, dia juga pasti ngerasain jambakannya yg lebay.

nah menariknya fuel cons tetep dapet di 1:14-15 solar goceng utk kaki saya, dgn posisi ac depan speed fan 2, ac blkg speed fan 1. ini yang paling penting, supaya bahasa om kompre mah dompet tetep tebel hahaha.

udh gitu aja sharingnya, nanti kalo udh sampe 100rb km, saya pasti sharing lagi. salam, solar goceng!
Remap dimana om? bisikin dong lokasi dan harganya hehe :mky_02: :big_deal:
Post Reply