Review: Venturer Diesel 2018

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: F 272, b8099ok, ginting, FRD, artoodetoo, y_anjasrana

Post Reply
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 760
Joined: 14 Jun 2012, 10:39
Location: jakarta

Review: Venturer Diesel 2018

Post by iamwewe »

Venturer Diesel: The overpriced kijang?

Banyak banget dari kita yang akan bilang ini mobil overpriced kalau melihat pricelist yang disuguhin untuk seekor KIJANG. Yes, dengan harga ketika review ini dibuat, 2 April 2020, harganya Rp. 479.906.500 untuk sebuah mobil dengan emblem mobil rakyat KIJANG tentu rasanya kemahalan banget. Belum lagi ketambahan selisih harga dengan tipe basicnya, 2.4G matic, hampir 90jutaan untuk sebuah mobil yang basic mesin sasis transmisi sama, hanya beda kelengkapannya, tentu semakin tidak rasional untuk membeli Venturer ini. Ya. Itu juga yang saya rasakan dan itu juga alasan saya gak melihat sesuatu yang logis untuk beli venturer.

Tapi, kemarin itu bokap dapet tawaran yang sangat menggiurkan. Dimana kita ditawarin Venturer Diesel 2018 dengan km 15.000 saja dengan harga kurang lebih mirip dengan harga baru innova 2.4G matic after discount. Ya why not?
Pengalaman saya pakai innova at 2012 diesel, sampai 150rb km, ini mobil bener-bener robust. Sampe sekarang juga feels like new. Hajar solar goceng TANPA ADITTIF, rutin ganti oli mesin tiap 7500, dan ganti oli matic transmisi, belanja 1x timing belt, dan Cuma 1x ganti bearing roda dan shockbreaker serta full set kampas rem depan belakang saja, bener2 bikin saya appreciate banget sama innova ini. Jadi kenapa harus takut untuk ambil Venturer dengan km 15.000?

Okay, saatnya kita ke review

Eksterior
image3.jpeg
image3.jpeg (171.62 KiB) Viewed 2348 times
Gak ada yang perlu dibahas sampe gimana kali ya. Penuh chrome, chrome, dan chrome everywhere. Kita semua juga pasti udh hafal banget model venturer. Mobil pasaran juga dijalan. Nothing special. Saya Cuma tambahin towing bar dibelakang untuk jaga2 aja. Satu hal yang cukup bagus buat saya adalah venturer ketambahan body kit cladding2 hitam gitu. Ala2 suv yang lagi naik daun. Cukup untuk membuat venturer keliatan lebih berotot. Ditambah lagi velg R17 hitam nya. jos.

Interior
image13.jpeg
image13.jpeg (486.85 KiB) Viewed 2348 times
Design dashboard yang berombak gini di depan driver awalnya bikin saya mikir pasti gak enak nih bawa nih mobil. Pandangannya pasti kehalang. Eh tapi nggak juga lho. Begitu dibawa ya biasa aja, layaknya kodrat mpv yang kaca2 nya gede2. Jelas semua.

image5.jpeg
image5.jpeg (451.21 KiB) Viewed 2348 times
image11.jpeg
image11.jpeg (499.06 KiB) Viewed 2348 times
Aksen glossy wood panel di dashboard, setir, dan panel glossy black piano di tempat knob perpindahan gigi juga membuat interior semakin mewah.
Arm rest kiri dari kulit dan besar, posisinya pas untuk taro tangan saya.

image10.jpeg
image10.jpeg (557.87 KiB) Viewed 2348 times
Sedangkan arm rest pintu dari bludru gini, rasanya juga lembut. Tapi kalo kena keringet tangan, atau mungkin pas hujan kita buka pintu dan kena air sedikit jadi kaya sedikit lembab / demek.
Satu catatan aja design pegangan pintu dari dalam ini rasanya agak aneh karena kalau mau pencet power window rasanya kurang ergonomis jadinya.

image8.jpeg
image8.jpeg (312.61 KiB) Viewed 2348 times
Baris kedua. This is what venturer lives for. Captain seat gini, ditambah interior kijang yang emang dasarnya luas banget, headroom super lega, wah superb untuk orang tua. Untuk anak duduk juga mantep, karena ada rear seat entertainment. Meja di belakang kursi depan? Don’t know, sampe sekarang sih belum kepake.

Baris ketiga, ya saya rasa sama lah ini kaya reborn tipe2 lain. Cuma mungkin karena ini captain seat ya akses ke baris ke dua dan ketiga ya lebih gampang. Buat saya yang biasa bepergian Bersama 2 anak dan 2 orang tua / mertua, this is awesome.

Oh ambient light. Saya gak tau juga mau bahas apa untuk ini. Ya kalo lagi malem sih emang bikin makin nyaman dan mungkin lebih mevvah.

Driving impression
Masuk ke kabin, duduk di jok nya, cukup empuk dan tebel juga busa nya saya rasa. Set setir bisa tilt and telescopic.

Injek rem, pencet engine start stop button, ya suara diesel jelas masih masuk ke dalam. Getaran juga ada. Tapi kalo dibanding sama innova gen1, wah ini udh improvement jauh banget. AC nyalain udah model pencet2 dan skrg kita bisa nyalain ac baris belakang hanya dengan pencet tombol rear di AC depan.

Penasaran banget rasanya dengan mesin 2GD baru ini. Di keadaan normal, saya rasa udh lebih dari cukup banget untuk sehari-hari. Di gas sedikit juga udh kerasa banget laju nya nih mobil. Mungkin karena berdasarkan spek mesin, torsi maksimal di dpt di RPM rendah. Kalo mau lebih narik ya tinggal pencet pwr mode. Pwr mode emang rasanya lebih cepet naik nya. Lari ke 140kph bukan hal yang sulit. Sekali lagi, untuk saya yang berangkat dari 2KD standar ke 2GD, ini sih udh luar biasa. Satu hal yang jadi catatan aja sih, kalo RPMnya udh 3.000-3.500an aduh itu suara mesin udh gak enak deh.

Untuk kekedapan kabin juga ini juga saya rasa harus dibahas. Kekedapan khas ladderframe kalo di jalanan kasar itu wuenak banget. Apalagi hajar lobang dengan kecepatan brutal. No rattle. No gluduk2 ala merk jepang yang ono. Dan suara angin yang mengganggu saya rasain masuk mulai di 120kph.

Setir saya rasa bobotnya pas bagi saya. Ya memang sih lebih berat jauh daripada HRV saya untuk belok belok, tapi ya daridulu bawa innova memang gini kok rasa setirnya. Ukuran lingkar setir mantep untuk dipegang. Untuk pedal rem, saya rasa ini improve jauh banget dari gen1 saya. Sekarang feel rem nya udh lebih empuk dan nggak langsung ‘ngegigit’. Lebih bisa dikira-kira lah. Nose dive? Jangan ditanya. Begitu baru awal nyetir nih mobil, saya coba puter balik di jalanan yang sempit, belum bisa dapet feel remnya, wadawwww ajrut2an coi depannya wakwkwkwak.
image4.jpeg
image4.jpeg (429.8 KiB) Viewed 2348 times
Untuk suspensi, sedikit catatan aja dari saya kalo suspensi nya pas banget bantingannya. Not to mention the nose dive. Mungkin ketolong sama ban venturer yang lebih besar 1 inch dari tipe dibawahnya. Napak nya juga kalo di tol lagi ngebut enak kok. Ban yang saya dapet Turanza ER33.

Perpindahan gigi dari 1-6 mulussss.. tanpa ada gejala jedug yang sempet jadi momok. Kalo lari 100kph masih di bawah RPM 2.

Fuel consumption juga menarik banget. Untuk gaya nyetir saya yang di innova gen1 bisa dapet 1:10-11, di venturer saya dapet di 1:14-15. Dan ini didapet dengan full solar goceng. Any modification? Nope. JDM style here (jangan di modip style)

Kesimpulan
What do you expect dari sebuah innova reborn venturer? Fun to drive? Haduh buang jauh2 deh fun to drive untuk mobil ini. Dari awal beli mobil ini juga udah jelas kita aim untuk sebuah mobil yang aman, nyaman, lega untuk keluarga. Robust. Dan juga bisa terjang banjir dan lobang2 jahanam dengan hati tenang. Guess what, venturer bener2 bisa untuk ngasih itu semua. Bener-bener paket yang sangat lengkap.

Bonus untuk driver pecicilan (baca: ugal) mungkin boleh expect 0-100, ataupun overtaking di 40-60, atau 80-100 yang cukup sangar utk ukuran MPV standar. Kemampuan nanjak yang effortless walo full loaded 4 dewasa 2 anak.
Bagi orang yang sangat peduli running cost juga bisa saya bilang (based on innova gen1 yg udah saya pakai), sangat kecil. Apalagi diisi solar goceng. Kombo maut. Cost savingnya bisa cukup untuk piara satu ABG lagi.

Satu hal yang saya sangat seneng dengan naek venturer adalah orang akan tetep anggep mobil kita sebuah Kijang. Nggak mencolok banget dan mudah berbaur kemana aja. Sekarang saya ngerti kenapa biar mahal gini, venturer tetep laku aja di beli.

Review ini semua murni pendapat saya, no offense to any other brand.

Small things to note:
1. Venturer punya 7airbag
2. Punya VSC HSA
3. Lampunya ada fitur follow me home. Matiin mesin, Tarik tuas lampu utk kaya lampu dim, lalu turun buka pintu, itu lampu utama akan nyala selama bbrp detik.
4.
image2.jpeg
image2.jpeg (107.34 KiB) Viewed 2348 times
Ada fitur auto lamp, dimana kalo masuk terowongan ataupun sore/malam bisa nyala sendiri. Cukup keren untuk sebuah ‘kijang’

5.
image14.jpeg
image14.jpeg (215.99 KiB) Viewed 2348 times
Di spion kiri kanan ada lampu kecil warna kuning (bohlam biasa) yang akan nyala kalo kita pencet unlock di remote.
6. Aura kabin serba hitam, ketolong sama jok kulit yang full black dan bludru di pegangan pintu sisi dalam warna hitam/biru gelap juga.
7. Tombol power window driver dan passsanger semua sudah full auto
satriakarisma
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 408
Joined: 13 Oct 2016, 11:34

Re: Review: Venturer Diesel 2018

Post by satriakarisma »

Itulah mengapa kijang tetep laku, tidak mecolok dan kesannya biasa aja:D
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3033
Joined: 09 Oct 2016, 22:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: HRV E CVT 2018

Re: Review: Venturer Diesel 2018

Post by Pboyz97 »

Nice review om

Kalo beli baru emg gak worthed, kecuali emg pengen banget mobil yg robust dan pengen konsumsi bbm yg irit karena diesel. Kalo pengen kenyamanan, masih lebih bagus voxy or C27 yg harganya lebih murah dibanding venturer ini , tapi kalo dibanding innova lama, ANKI jelas jauh lebih nyaman sih. Fiturnya juga not bad lah, even nice for a kijang, which is udah dilengkapi 7 airbag yg bagus untuk safety , bqnya juga cukup bagus + road noise juga cukup bagus dibandingkan dengan CRV RW saya, kalo setir berat sih saya setuju, pernah nyoba punya temen , setirnya lebih berat dibanding CRV dan CX5 saya. Tapi kalo pengen mobil yg robust sih dan masih enak disetir sih, venturer cukup recomended, apalagi yg diesel, karena irit dan tarikannya lebih enak daripada yg bensin. Dulu bokap sempet hampir SPK ini mobil buat gantiin CX5 2013, tapi hanya karena nyokap gak suka, akhirnya kepaksa ambil CRV Turbo yg entah kenapa gak bisa sekedap ANKI ini kabinnya
Past:
1NZFE 4AT / L15A 5AT / K24Z1 5AT / 2.0 Skyactiv 6AT / 4A91 4AT / 2NRFE CVT / K3VE 5MT / 1NRVE 5MT

Now:
2.5 SKYACTIV - G 6AT (for sale) / 1.5 VTEC Turbo CVT / L15Z1 CVT / 8AR-FTS 6AT
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3033
Joined: 09 Oct 2016, 22:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: HRV E CVT 2018

Re: Review: Venturer Diesel 2018

Post by Pboyz97 »

satriakarisma wrote: 02 Apr 2020, 12:01 Itulah mengapa kijang tetep laku, tidak mecolok dan kesannya biasa aja:D
Karena brandingnya udah sangat kuat, sejak puluhan tahun yg lalu, serta gak ada rival yg sepadan di kelas ini, saat ini cuma cortez dimana banyak org masih ragu dengan durability dan life existencenya karena dia brand tiongkok, dan panther yg udah 20 taon gak ganti model. Jadi otomatis ANKI secara gak langsung melenggang sendirian di kelas med MPV , yg bisa dijadiin konteder paling cuma dari segi harga doang, yaitu C27 dan voxy
Past:
1NZFE 4AT / L15A 5AT / K24Z1 5AT / 2.0 Skyactiv 6AT / 4A91 4AT / 2NRFE CVT / K3VE 5MT / 1NRVE 5MT

Now:
2.5 SKYACTIV - G 6AT (for sale) / 1.5 VTEC Turbo CVT / L15Z1 CVT / 8AR-FTS 6AT
FU27
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 739
Joined: 03 May 2017, 16:39
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Karimun Wagon R
Contact:

Re: Review: Venturer Diesel 2018

Post by FU27 »

Mobil enak ini kijang baru. Yang bikin aneh cuma arm rest di doortrim. Bikin kagok ketika mau buka jendela dan pintu.
tleonardo0798
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: 10 Aug 2019, 16:22

Re: Review: Venturer Diesel 2018

Post by tleonardo0798 »

Saya juga user innova V matic 2018, memang betul tenaga enak dan suspensi betul nyaman. Cuma yang kurang pas buat saya itu telescopic setir yang kurang panjang maju mundurnya. Awal pakai agak ganggu sih ini haha, karena begitu diset kursi dan kaki udah pas, setir kejauhan, tapi pas diset setirnya pas kaki malah terlalu nekuk.
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3229
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Re: Review: Venturer Diesel 2018

Post by kunaskun »

iamwewe wrote: 02 Apr 2020, 11:26
Tapi, kemarin itu bokap dapet tawaran yang sangat menggiurkan. Dimana kita ditawarin Venturer Diesel 2018 dengan km 15.000 saja dengan harga kurang lebih mirip dengan harga baru innova 2.4G matic after discount. Ya why not?
memang harga pasaran segitu atau keberuntungan ada yg lepas harga segitu? itu si wow banget. kalau saya si yes ya :big_weee:
venturer ya versi halusnya TRD SPORTIVU MEGA ULTIMATE varian innova :mky_04: karena daitoyo tahu, mesin duit dia dulu di varian 2.4Q nah dihilangkan ganti venturer dengan harga lebih mahal dikit label beda dengan harapan market ga beli Fortuner 2.4G tapi VRZ dan voila terbukti. padahal mah snobber pasti tahu nama aslinya venturer itu crysta = krista = reminds me of kijang krista :big_biglaugh: tapi apapun itu it works, best seller kelas 400-500 jutaan, bahkan Medium SUV Monokok saja tumbang semua apalagi kalau cuma kotak sabun berjalan dengan pintu sliding ala2 alphard wannabe macem Serena atau sodara sendiri si Voxy yang bahkan pake label CBU Japan pun ga bisa jualan banyak. luar biasa the power of Daitoyo Marketing Team.

tapi terus terang saya suka dengan black cladding dan tampilan pelek venturer. sayangnya harga cladding itu kalau tidak salah pernah baca dimana gitu tembus belasan juta kalau mau beli sendiri karena belinya sekalian body add on muter sampe ke bumper depan belakang.
kandlcorp
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 248
Joined: 13 Feb 2020, 09:52
Location: banten
Daily Vehicle: wuling confero

Re: Review: Venturer Diesel 2018

Post by kandlcorp »

sekali2nya bawa ANKI type V dikasih pinjem mobil pengganti dari asuransi
wah memang mewah banget ya
apalagi dibawa ke puncak effortless
gwsecretc
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 88
Joined: 09 Feb 2017, 13:54

Re: Review: Venturer Diesel 2018

Post by gwsecretc »

Ehhh, koreksi sedikit om, kalo venturer udah ga ada emblem kijangnya lagi loh. Kalo kijang sekarang mah cuma sampe v untuk disel dan q untuk bensin.
Btw, nice review om! Emang mobil nyaman ini untuk ukuran harganya.
FU27
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 739
Joined: 03 May 2017, 16:39
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Karimun Wagon R
Contact:

Re: Review: Venturer Diesel 2018

Post by FU27 »

gwsecretc wrote: 02 Apr 2020, 13:29 Ehhh, koreksi sedikit om, kalo venturer udah ga ada emblem kijangnya lagi loh. Kalo kijang sekarang mah cuma sampe v untuk disel dan q untuk bensin.
Btw, nice review om! Emang mobil nyaman ini untuk ukuran harganya.
Klo saya ada rejeki dan beli venturer, emblem venturernya malah akan saya copot. Cukup emblem Kijang aja
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 11050
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Review: Venturer Diesel 2018

Post by ChZ »

gwsecretc wrote: 02 Apr 2020, 13:29 Ehhh, koreksi sedikit om, kalo venturer udah ga ada emblem kijangnya lagi loh. Kalo kijang sekarang mah cuma sampe v untuk disel dan q untuk bensin.
Btw, nice review om! Emang mobil nyaman ini untuk ukuran harganya.
karena dulu waktu launch, katanya "Venturer ini beda dengan Kijang Innova"

bused dah mana bedanya bemper sama lampu sama. TAM suka becanda neh, mereka jg bilang Vios beda dengan Limo atau Veloz beda dengan Avanza.

toh di pricelist tetep aja ditulis di kolom kijang innova :mky_07:

btw reborn ini emang jauh lebih proper dari old innova sih... abis naik reborn terus naik innova lama pasti berasa bantingannya macem gerobak. gw dulu tugas kantor jemput orang pake 3 mobil : 1 reborn 2 GNKI, kena speedtrap reborn suara kaki-kakinya diem aja, pindah GNKI berasa banget.

yang ane suka lg itu akhirnya innova dikasih jok proper... GNKI joknya menyedihkan kayaknya itu jok Rush atau Avanza ditempelin langsung :mky_05: supportnya payah banget bikin pegel duduk lama-lama.
2011 Toyota XU30 / 2016 XP170
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1
2019 Mitsubishi NC1W

https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 760
Joined: 14 Jun 2012, 10:39
Location: jakarta

Re: Review: Venturer Diesel 2018

Post by iamwewe »

satriakarisma wrote: 02 Apr 2020, 12:01 Itulah mengapa kijang tetep laku, tidak mecolok dan kesannya biasa aja:D
faktor ini sih rasanya guwe banget :emo-big_love:
Pboyz97 wrote: 02 Apr 2020, 12:42 Nice review om

Kalo beli baru emg gak worthed, kecuali emg pengen banget mobil yg robust dan pengen konsumsi bbm yg irit karena diesel. Kalo pengen kenyamanan, masih lebih bagus voxy or C27 yg harganya lebih murah dibanding venturer ini , tapi kalo dibanding innova lama, ANKI jelas jauh lebih nyaman sih. Fiturnya juga not bad lah, even nice for a kijang, which is udah dilengkapi 7 airbag yg bagus untuk safety , bqnya juga cukup bagus + road noise juga cukup bagus dibandingkan dengan CRV RW saya, kalo setir berat sih saya setuju, pernah nyoba punya temen , setirnya lebih berat dibanding CRV dan CX5 saya. Tapi kalo pengen mobil yg robust sih dan masih enak disetir sih, venturer cukup recomended, apalagi yg diesel, karena irit dan tarikannya lebih enak daripada yg bensin. Dulu bokap sempet hampir SPK ini mobil buat gantiin CX5 2013, tapi hanya karena nyokap gak suka, akhirnya kepaksa ambil CRV Turbo yg entah kenapa gak bisa sekedap ANKI ini kabinnya
no comment om utk crv sih om. pengalaman pake hrv ato crv itu bantingan keras, gladak gluduk, road noise masuk, aduh.. ya tapi kalo utk fun to drive nekuk2 di belok2an sih ya jelas enakan mobil2 itu om. skali lagi emang udh jelas spesies beda sih, beli venturer pasti saya gak akan tuh nekuk2 dkk wkwkwk. kalo utk mobil roti tawar... jelas bukan tipe saya banget dah. udh GC pendek, mesin bensin yg rasanya kok pas2an sama body. ya mgkn kebiasaan torque diesel aja kali ya saya mah.
FU27 wrote: 02 Apr 2020, 12:58 Mobil enak ini kijang baru. Yang bikin aneh cuma arm rest di doortrim. Bikin kagok ketika mau buka jendela dan pintu.
saya pikir saya doang nih yang ngerasa aneh design door trimnya.
tleonardo0798 wrote: 02 Apr 2020, 13:08 Saya juga user innova V matic 2018, memang betul tenaga enak dan suspensi betul nyaman. Cuma yang kurang pas buat saya itu telescopic setir yang kurang panjang maju mundurnya. Awal pakai agak ganggu sih ini haha, karena begitu diset kursi dan kaki udah pas, setir kejauhan, tapi pas diset setirnya pas kaki malah terlalu nekuk.
kalo saya udh dapet pas banget om sama posisi duduk dan tinggi saya kekekee..
kunaskun wrote: 02 Apr 2020, 13:26
iamwewe wrote: 02 Apr 2020, 11:26
Tapi, kemarin itu bokap dapet tawaran yang sangat menggiurkan. Dimana kita ditawarin Venturer Diesel 2018 dengan km 15.000 saja dengan harga kurang lebih mirip dengan harga baru innova 2.4G matic after discount. Ya why not?
memang harga pasaran segitu atau keberuntungan ada yg lepas harga segitu? itu si wow banget. kalau saya si yes ya :big_weee:
venturer ya versi halusnya TRD SPORTIVU MEGA ULTIMATE varian innova :mky_04: karena daitoyo tahu, mesin duit dia dulu di varian 2.4Q nah dihilangkan ganti venturer dengan harga lebih mahal dikit label beda dengan harapan market ga beli Fortuner 2.4G tapi VRZ dan voila terbukti. padahal mah snobber pasti tahu nama aslinya venturer itu crysta = krista = reminds me of kijang krista :big_biglaugh: tapi apapun itu it works, best seller kelas 400-500 jutaan, bahkan Medium SUV Monokok saja tumbang semua apalagi kalau cuma kotak sabun berjalan dengan pintu sliding ala2 alphard wannabe macem Serena atau sodara sendiri si Voxy yang bahkan pake label CBU Japan pun ga bisa jualan banyak. luar biasa the power of Daitoyo Marketing Team.

tapi terus terang saya suka dengan black cladding dan tampilan pelek venturer. sayangnya harga cladding itu kalau tidak salah pernah baca dimana gitu tembus belasan juta kalau mau beli sendiri karena belinya sekalian body add on muter sampe ke bumper depan belakang.
wkakwkwakaw.. geng kotak sabun tumbang smua ya :mky_07:

ya susah sih om. di price range segini kotak sabun andalannya kan emang space kabin dan captainseat. ya ini venturer udah ada. saya bnr2 nggak ngeliat urgensi rasional nya kalo org beli kotaksabun selain mungkin incer sunroof dan emang bnr2 anti sama mesin diesel.

tossss om! berarti selera kita mirip nih, sama2 demen body kit cladding hitamnya :mky_02:
adty
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 910
Joined: 04 Sep 2014, 09:06

Re: Review: Venturer Diesel 2018

Post by adty »

Saya naksir innova diesel sebenernya. Pas ada nikahan saudara di jogja, sy sewa innova diesel lepas kunci. Ngga taunya ibu saya kesusahan naik turun mobil pas ke kawinan pakai kebaya. Akhirnya jadi ambil kotak sabun lagi.....😔
Penikmat roti tawar beroda
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 760
Joined: 14 Jun 2012, 10:39
Location: jakarta

Re: Review: Venturer Diesel 2018

Post by iamwewe »

kandlcorp wrote: 02 Apr 2020, 13:29 sekali2nya bawa ANKI type V dikasih pinjem mobil pengganti dari asuransi
wah memang mewah banget ya
apalagi dibawa ke puncak effortless
wajib coba om naek venturer. walopun emang species kijang yang sama, tapi black ambient nya nolong banget utk kasih experience yang beda.
gwsecretc wrote: 02 Apr 2020, 13:29 Ehhh, koreksi sedikit om, kalo venturer udah ga ada emblem kijangnya lagi loh. Kalo kijang sekarang mah cuma sampe v untuk disel dan q untuk bensin.
Btw, nice review om! Emang mobil nyaman ini untuk ukuran harganya.
betul om. ini mgkn emang usaha dari pabrikan untuk naekin 'gengsi'nya. tapi tetep aja sih kalo kemana2 ya dibilangnya naek kijang inova aja hahaha.
FU27 wrote: 02 Apr 2020, 14:35
gwsecretc wrote: 02 Apr 2020, 13:29 Ehhh, koreksi sedikit om, kalo venturer udah ga ada emblem kijangnya lagi loh. Kalo kijang sekarang mah cuma sampe v untuk disel dan q untuk bensin.
Btw, nice review om! Emang mobil nyaman ini untuk ukuran harganya.
Klo saya ada rejeki dan beli venturer, emblem venturernya malah akan saya copot. Cukup emblem Kijang aja
jangan dong om.. logo venturer itu bisa nambah 20hp lho...
ChZ wrote: 02 Apr 2020, 14:55
gwsecretc wrote: 02 Apr 2020, 13:29 Ehhh, koreksi sedikit om, kalo venturer udah ga ada emblem kijangnya lagi loh. Kalo kijang sekarang mah cuma sampe v untuk disel dan q untuk bensin.
Btw, nice review om! Emang mobil nyaman ini untuk ukuran harganya.
karena dulu waktu launch, katanya "Venturer ini beda dengan Kijang Innova"

bused dah mana bedanya bemper sama lampu sama. TAM suka becanda neh, mereka jg bilang Vios beda dengan Limo atau Veloz beda dengan Avanza.

toh di pricelist tetep aja ditulis di kolom kijang innova :mky_07:

btw reborn ini emang jauh lebih proper dari old innova sih... abis naik reborn terus naik innova lama pasti berasa bantingannya macem gerobak. gw dulu tugas kantor jemput orang pake 3 mobil : 1 reborn 2 GNKI, kena speedtrap reborn suara kaki-kakinya diem aja, pindah GNKI berasa banget.

yang ane suka lg itu akhirnya innova dikasih jok proper... GNKI joknya menyedihkan kayaknya itu jok Rush atau Avanza ditempelin langsung :mky_05: supportnya payah banget bikin pegel duduk lama-lama.
iya dong.. coba deh liat kalo org belinya avanza veloz. ditanya pasti dia jawab: mobil saya pelos. eits jangan disamain sama avanza byasah. kalo ini juga pasti orang bilang mobil saya penturer. makanya banyak kan jasa upgrade kijang G / V ke venturer.

sssttt...mobil saya waktu saya pasang towing bar blkg aja sempet ditanya sama org: pak, rapih amat ini upgrade ke venturer nya. upgrade di mana pak :big_biglaugh:

kalo utk kaki-kaki sih sama2 aja saya rasanya ya. memang utk empuknya ya menang si reborn. tapi nose divenya juga menang si reborn kok hahaha.

nah utk jok ini bener2 harus angkat jempol. empuk dan tebel banget. bener banget kata si om, beda sama innova gen1 yang kalo kita setir lama bisa lebih bikin cpt pegel.
adty wrote: 02 Apr 2020, 15:47 Saya naksir innova diesel sebenernya. Pas ada nikahan saudara di jogja, sy sewa innova diesel lepas kunci. Ngga taunya ibu saya kesusahan naik turun mobil pas ke kawinan pakai kebaya. Akhirnya jadi ambil kotak sabun lagi.....😔
nah ini juga salah satu faktor yang logis utk ambil kotak sabun. bener banget om, untuk cewe yang pake kebaya atau orang tua mereka biar gimanapun lebih prefer naek mobil kotak sabun. alasannya jelas. rendah GCnya jadi naik turun gampang. belon lagi kalo buka ato tutup pintu mobil truk kaya gini (baca: ladderframe) dijamin tricep nya jadi kenceng mereka
erwinign
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3297
Joined: 19 Apr 2014, 10:45
Location: SRG

Re: Review: Venturer Diesel 2018

Post by erwinign »

Mau gimanapun, mau saya ndak suka remnya ANKI/GNKI/mau boros yg bensin tetep mobil ini paling the best buat indonesia dan paling melekat di hati warga +62 deh. Buat yg bensin, ngomel2 boros di awal tapi abis itu bodo amat hahahahah.

Lega check, bandel check, lega check, headroom proper check, nggak mencolok check, bisa keliatan agak naik kelas check (kl notice harganya ya), dieselnya mantep (2GD) check, irit (yg diesel) check. Mau yg skrg dimensinya kayak gajah tapi adaptasinya jg cepet, koplingan yg bensin manual sekarang lebih enak juga. Bener2 deh TAM/TMC kasih resep terbaik buat "kijang" yang udah nggak "kijang" lagi hahahaha.

Buat pentulel, mau dinyinyirin youtuber ato disini jd chrometurer, pd akhirnya di jalan ya nggak malu2in amat. Apalagi pentulel item, kaca film segelap2nya, tambahin wiu wiu jadi deh berasa pejabat
Don't Judge The Book By It's Cover
gwsecretc
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 88
Joined: 09 Feb 2017, 13:54

Re: Review: Venturer Diesel 2018

Post by gwsecretc »

ChZ wrote: 02 Apr 2020, 14:55
gwsecretc wrote: 02 Apr 2020, 13:29 Ehhh, koreksi sedikit om, kalo venturer udah ga ada emblem kijangnya lagi loh. Kalo kijang sekarang mah cuma sampe v untuk disel dan q untuk bensin.
Btw, nice review om! Emang mobil nyaman ini untuk ukuran harganya.
karena dulu waktu launch, katanya "Venturer ini beda dengan Kijang Innova"

bused dah mana bedanya bemper sama lampu sama. TAM suka becanda neh, mereka jg bilang Vios beda dengan Limo atau Veloz beda dengan Avanza.

toh di pricelist tetep aja ditulis di kolom kijang innova :mky_07:

btw reborn ini emang jauh lebih proper dari old innova sih... abis naik reborn terus naik innova lama pasti berasa bantingannya macem gerobak. gw dulu tugas kantor jemput orang pake 3 mobil : 1 reborn 2 GNKI, kena speedtrap reborn suara kaki-kakinya diem aja, pindah GNKI berasa banget.

yang ane suka lg itu akhirnya innova dikasih jok proper... GNKI joknya menyedihkan kayaknya itu jok Rush atau Avanza ditempelin langsung :mky_05: supportnya payah banget bikin pegel duduk lama-lama.
Nah ini bener om. Jelas2 basis dan bentuk venturer sama dengan kijang tapi logo kijangnya dihilangin. Tapi emang masih ditulis di bagian kijang kalau di pricelist sales :mky_01:
Untuk kenyamanan, saya setuju dengan om kalo jok anki ini jauh lebih nyaman dan proper ketimbang inova gen 1. Kerasa banget kalo lagi nyupir lukot, peredaman juga lebih ok ketimbang inova gen 1. :big_exellent:
iamwewe wrote: 02 Apr 2020, 15:51
kandlcorp wrote: 02 Apr 2020, 13:29 sekali2nya bawa ANKI type V dikasih pinjem mobil pengganti dari asuransi
wah memang mewah banget ya
apalagi dibawa ke puncak effortless
wajib coba om naek venturer. walopun emang species kijang yang sama, tapi black ambient nya nolong banget utk kasih experience yang beda.
gwsecretc wrote: 02 Apr 2020, 13:29 Ehhh, koreksi sedikit om, kalo venturer udah ga ada emblem kijangnya lagi loh. Kalo kijang sekarang mah cuma sampe v untuk disel dan q untuk bensin.
Btw, nice review om! Emang mobil nyaman ini untuk ukuran harganya.
betul om. ini mgkn emang usaha dari pabrikan untuk naekin 'gengsi'nya. tapi tetep aja sih kalo kemana2 ya dibilangnya naek kijang inova aja hahaha.
FU27 wrote: 02 Apr 2020, 14:35
gwsecretc wrote: 02 Apr 2020, 13:29 Ehhh, koreksi sedikit om, kalo venturer udah ga ada emblem kijangnya lagi loh. Kalo kijang sekarang mah cuma sampe v untuk disel dan q untuk bensin.
Btw, nice review om! Emang mobil nyaman ini untuk ukuran harganya.
Klo saya ada rejeki dan beli venturer, emblem venturernya malah akan saya copot. Cukup emblem Kijang aja
jangan dong om.. logo venturer itu bisa nambah 20hp lho...
Bener om, karena emang basisnya sama dan masih dikasi logo inova maka akan tetap dianggap sebagai kijang. Seperti veloz yang tetap dianggap sebagai avanza :mky_01: Tapi justru logo kijang itu yang buat mobil ini lejen ya om, karena semua orang juga udah tau sejarah mobil kijang itu sepeti apa.
Sayangnya, venturer ini masih melanjutkan tren inova q 2016 dulu dimana tipe bensin masih dianaktirikan karena fitur safety seperti 7 airbags dan vsc hsa rasanya cuma ada di tipe diesel....
DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 24271
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Review: Venturer Diesel 2018

Post by DOHC »

anu,
anki bensin jg ga boros2 amat.. ane d rumah ada ipah tuwir 1TR manual non euro, ama anki matic 1TR... yg anki jauhhhhhh lebi irit dan kl tau selah nya jauhhh lebi enak buat keluar kota ktimbang si ipah tuwir manual..

jgnkan ventulel, smua anki item dipakein kaca filem item (ehh dr dealer jg entah knapa yg type G dikasi 3M yg black smua, dan aneh nya ane seringgggg banget liat anki warna item) ama wui wui lgs dehh auto pejabat atau polisi

erwinign wrote: 02 Apr 2020, 16:03 Mau gimanapun, mau saya ndak suka remnya ANKI/GNKI/mau boros yg bensin tetep mobil ini paling the best buat indonesia dan paling melekat di hati warga +62 deh. Buat yg bensin, ngomel2 boros di awal tapi abis itu bodo amat hahahahah.


Buat pentulel, mau dinyinyirin youtuber ato disini jd chrometurer, pd akhirnya di jalan ya nggak malu2in amat. Apalagi pentulel item, kaca film segelap2nya, tambahin wiu wiu jadi deh berasa pejabat
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 24271
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Review: Venturer Diesel 2018

Post by DOHC »

another review yg stuju kl nose dive nya luar binasa... ini anki emg berarti suspensi nya kelewat ngayun yahh, ane kira pengaruh ban, ternyata pake turanza aj masi tetep ngayun.. untunglah ane blom pesen ban, bearti next modif ane musti pesen shock yg lebi keras..
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
GrandNewInnovaV
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 19
Joined: 21 Mar 2018, 15:53
Location: Bekasi
Daily Vehicle: Innova Old

Re: Review: Venturer Diesel 2018

Post by GrandNewInnovaV »

Abis baca reviewnya makin tertarik buat gantiin ipah bensin tuwir yg borosnya kurang ajar :big_slap:

Sama mau nanya sedikit, suspensi anki ini kalo di jalan lurus lebih stabil mana sama gnki ya? Soalnya kalo gnki dibawa ngebut di jalan tol berasa banget goyanngannya kaya naik 'kapal'.
erwinign
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3297
Joined: 19 Apr 2014, 10:45
Location: SRG

Re: Review: Venturer Diesel 2018

Post by erwinign »

DOHC wrote: 02 Apr 2020, 18:24 anu,
anki bensin jg ga boros2 amat.. ane d rumah ada ipah tuwir 1TR manual non euro, ama anki matic 1TR... yg anki jauhhhhhh lebi irit dan kl tau selah nya jauhhh lebi enak buat keluar kota ktimbang si ipah tuwir manual..

jgnkan ventulel, smua anki item dipakein kaca filem item (ehh dr dealer jg entah knapa yg type G dikasi 3M yg black smua, dan aneh nya ane seringgggg banget liat anki warna item) ama wui wui lgs dehh auto pejabat atau polisi

erwinign wrote: 02 Apr 2020, 16:03 Mau gimanapun, mau saya ndak suka remnya ANKI/GNKI/mau boros yg bensin tetep mobil ini paling the best buat indonesia dan paling melekat di hati warga +62 deh. Buat yg bensin, ngomel2 boros di awal tapi abis itu bodo amat hahahahah.


Buat pentulel, mau dinyinyirin youtuber ato disini jd chrometurer, pd akhirnya di jalan ya nggak malu2in amat. Apalagi pentulel item, kaca film segelap2nya, tambahin wiu wiu jadi deh berasa pejabat
Nah maksud saya yg model lama oom hahahah, ANKI bensin menarik jg lebih irit sih, sama lukot lbh enak. Innova bensin non euro = engine notenya slh satu the best buat mobil mainstream disini buat saya hahaahah
Don't Judge The Book By It's Cover
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2352
Joined: 13 Sep 2015, 10:08

Re: Review: Venturer Diesel 2018

Post by evanbngdor »

Pboyz97 wrote: 02 Apr 2020, 12:44
satriakarisma wrote: 02 Apr 2020, 12:01 Itulah mengapa kijang tetep laku, tidak mecolok dan kesannya biasa aja:D
Karena brandingnya udah sangat kuat, sejak puluhan tahun yg lalu, serta gak ada rival yg sepadan di kelas ini, saat ini cuma cortez dimana banyak org masih ragu dengan durability dan life existencenya karena dia brand tiongkok, dan panther yg udah 20 taon gak ganti model. Jadi otomatis ANKI secara gak langsung melenggang sendirian di kelas med MPV , yg bisa dijadiin konteder paling cuma dari segi harga doang, yaitu C27 dan voxy
Ini jg alasan nya temen saya beli venturer. pas dia mau beliin venturer buat ortu nya banyak yg bilang kenapa ngga MPV sliding door kayak voxy atau serena, atau medium SUV kayak xtrail atau crv, atau SUV ladder frame sekalian.

Alasannya simpel: "Gue mau beli mobil yang ngga akan ngerepotin ortu dan juga mobil itu harus efektif dalam hal apapun"
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
piggypig77
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 614
Joined: 11 Feb 2014, 20:33

Re: Review: Venturer Diesel 2018

Post by piggypig77 »

Om TS, kl boleh tau itu venturer dpt dri pedagang ato end user? Menarik bgt harganya
DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 24271
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Review: Venturer Diesel 2018

Post by DOHC »

GrandNewInnovaV wrote: 02 Apr 2020, 18:26 Abis baca reviewnya makin tertarik buat gantiin ipah bensin tuwir yg borosnya kurang ajar :big_slap:

Sama mau nanya sedikit, suspensi anki ini kalo di jalan lurus lebih stabil mana sama gnki ya? Soalnya kalo gnki dibawa ngebut di jalan tol berasa banget goyanngannya kaya naik 'kapal'.
percayalah, anki lebi mantap goyangan nya pas ngebut dbanding ipah tuwir
erwinign wrote: 02 Apr 2020, 18:42
DOHC wrote: 02 Apr 2020, 18:24
erwinign wrote: 02 Apr 2020, 16:03
Nah maksud saya yg model lama oom hahahah, ANKI bensin menarik jg lebih irit sih, sama lukot lbh enak. Innova bensin non euro = engine notenya slh satu the best buat mobil mainstream disini buat saya hahaahah
ahh the knalpot lejen.. makin tua makin ngooooong suara nya.. btw, anki ane jg kl dibejeg skrg suara knalpot nya skrg mulai rada nyaring, mungkin saringan di resonator atau muffler nya ud mulai rontok jg kl
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 760
Joined: 14 Jun 2012, 10:39
Location: jakarta

Re: Review: Venturer Diesel 2018

Post by iamwewe »

erwinign wrote: 02 Apr 2020, 16:03 Mau gimanapun, mau saya ndak suka remnya ANKI/GNKI/mau boros yg bensin tetep mobil ini paling the best buat indonesia dan paling melekat di hati warga +62 deh. Buat yg bensin, ngomel2 boros di awal tapi abis itu bodo amat hahahahah.

Lega check, bandel check, lega check, headroom proper check, nggak mencolok check, bisa keliatan agak naik kelas check (kl notice harganya ya), dieselnya mantep (2GD) check, irit (yg diesel) check. Mau yg skrg dimensinya kayak gajah tapi adaptasinya jg cepet, koplingan yg bensin manual sekarang lebih enak juga. Bener2 deh TAM/TMC kasih resep terbaik buat "kijang" yang udah nggak "kijang" lagi hahahaha.

Buat pentulel, mau dinyinyirin youtuber ato disini jd chrometurer, pd akhirnya di jalan ya nggak malu2in amat. Apalagi pentulel item, kaca film segelap2nya, tambahin wiu wiu jadi deh berasa pejabat
yoi. family car yang proper banget, at least buat di indo.
btw utk yang suka wiu wiu, belom aja ketemu sama org yg gak kalah arogan. wakwakwakwkwaaw.. saya udah pernah liat anps nyalain wiu wiu di tol, malah di pepet sama mobil dobel cabin ranger jadul. digebrak2 tuh anps, sampe ditunjuk2 drivernya kagak berani turun wkwkwkw
DOHC wrote: 02 Apr 2020, 18:24 anu,
anki bensin jg ga boros2 amat.. ane d rumah ada ipah tuwir 1TR manual non euro, ama anki matic 1TR... yg anki jauhhhhhh lebi irit dan kl tau selah nya jauhhh lebi enak buat keluar kota ktimbang si ipah tuwir manual..

jgnkan ventulel, smua anki item dipakein kaca filem item (ehh dr dealer jg entah knapa yg type G dikasi 3M yg black smua, dan aneh nya ane seringgggg banget liat anki warna item) ama wui wui lgs dehh auto pejabat atau polisi

erwinign wrote: 02 Apr 2020, 16:03 Mau gimanapun, mau saya ndak suka remnya ANKI/GNKI/mau boros yg bensin tetep mobil ini paling the best buat indonesia dan paling melekat di hati warga +62 deh. Buat yg bensin, ngomel2 boros di awal tapi abis itu bodo amat hahahahah.


Buat pentulel, mau dinyinyirin youtuber ato disini jd chrometurer, pd akhirnya di jalan ya nggak malu2in amat. Apalagi pentulel item, kaca film segelap2nya, tambahin wiu wiu jadi deh berasa pejabat
DOHC wrote: 02 Apr 2020, 18:26 another review yg stuju kl nose dive nya luar binasa... ini anki emg berarti suspensi nya kelewat ngayun yahh, ane kira pengaruh ban, ternyata pake turanza aj masi tetep ngayun.. untunglah ane blom pesen ban, bearti next modif ane musti pesen shock yg lebi keras..
Nah mungkin ketolong sama gear 6AT nya sih. lebih proporsional aja set gear ratio kali ya dibanding gnki yang 4at.

Anyway utk suspensi nose dive emang bener2 nggak ketolong. lebay banget dah. Tapi kalo untuk mobil keluarga gini dikasih shock yang lebih keras apa nggak sayang om? Untuk ngurangi gejala nose dive ya satu2nya saya ngerem lebih sopan aja. kalo ngeremnya ngedadak sih udh siap di keplak bini.
GrandNewInnovaV wrote: 02 Apr 2020, 18:26 Abis baca reviewnya makin tertarik buat gantiin ipah bensin tuwir yg borosnya kurang ajar :big_slap:

Sama mau nanya sedikit, suspensi anki ini kalo di jalan lurus lebih stabil mana sama gnki ya? Soalnya kalo gnki dibawa ngebut di jalan tol berasa banget goyanngannya kaya naik 'kapal'.
Worth every penny om. bener2 sukses kerasa upgradenya kalo dari gnki ke reborn dari segala sisi. apalagi kalo si om dari ipah bensin ke reborn 2gd. no play play lah.

Nah untuk jalan lurus sih saya rasanya lebih anteng di venturer ini. Ya gak tau ketolong sama r17 nya atau ketolong sama bodynya yang faktanya emang lebih berat dari generasi innova sblmnya. Belokan tajem pun rasanya lebih napak ini dibanding sama gnki. Tapi tetep ya om, jelas bukan buat zigzagging. Tapi kalo mau test vsc nya mungkin ya boleh aja sih wkwkwkw.

oh btw kalo om punya GNKI tipe G kaya saya, gak ada abs ebd, tau sendiri dong horornya rem itu gnki kalo lagi highspeed. rem diinjek senin berentinya kamis. tambah lagi bonus karet ban sampe keluar asep pas lagi hard braking. kalo di generasi ini, entah karena udh ada abs ebd, jauh lebih pede om ngeremnya.
piggypig77 wrote: 02 Apr 2020, 19:33 Om TS, kl boleh tau itu venturer dpt dri pedagang ato end user? Menarik bgt harganya
Dapet dari end user lah om. udh pasti itu. bisa di cek aja di o el egs pasaran brp duit kan pedagang bukanya. Namanya barang 2nd, semua tergantung aja sih om hoki2an aja. yang penting teliti cek unitnya aja. good luck ya om.
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 760
Joined: 14 Jun 2012, 10:39
Location: jakarta

Re: Review: Venturer Diesel 2018

Post by iamwewe »

DOHC wrote: 02 Apr 2020, 20:39
GrandNewInnovaV wrote: 02 Apr 2020, 18:26 Abis baca reviewnya makin tertarik buat gantiin ipah bensin tuwir yg borosnya kurang ajar :big_slap:

Sama mau nanya sedikit, suspensi anki ini kalo di jalan lurus lebih stabil mana sama gnki ya? Soalnya kalo gnki dibawa ngebut di jalan tol berasa banget goyanngannya kaya naik 'kapal'.
percayalah, anki lebi mantap goyangan nya pas ngebut dbanding ipah tuwir
erwinign wrote: 02 Apr 2020, 18:42
DOHC wrote: 02 Apr 2020, 18:24

Nah maksud saya yg model lama oom hahahah, ANKI bensin menarik jg lebih irit sih, sama lukot lbh enak. Innova bensin non euro = engine notenya slh satu the best buat mobil mainstream disini buat saya hahaahah


ahh the knalpot lejen.. makin tua makin ngooooong suara nya.. btw, anki ane jg kl dibejeg skrg suara knalpot nya skrg mulai rada nyaring, mungkin saringan di resonator atau muffler nya ud mulai rontok jg kl
nah ini kayanya kurang setuju nih. gak tau ya kalo buat org yg zigzagging suka pindah2 jalur. kalo saya yg anteng di 100-140kph sih kerasa muantep anteng nya.

lain cerita kalo lagi lewatin jalan tol layang cikampek. nyoiiii ngayun terusssss. serasa ditimang2 setan nunggu ban pecah lsg auto dijemput maut kali ya

ini sih kalo lagi jalan pagi denger suara knalpot ngooong gitu udh gak usah nengok pasti tau innova bensin lagi dipanasin pagi2 :mky_02:
Post Reply