Review: Venturer Diesel 2018
Posted: Thu Apr 02, 2020 4:26
Venturer Diesel: The overpriced kijang?
Banyak banget dari kita yang akan bilang ini mobil overpriced kalau melihat pricelist yang disuguhin untuk seekor KIJANG. Yes, dengan harga ketika review ini dibuat, 2 April 2020, harganya Rp. 479.906.500 untuk sebuah mobil dengan emblem mobil rakyat KIJANG tentu rasanya kemahalan banget. Belum lagi ketambahan selisih harga dengan tipe basicnya, 2.4G matic, hampir 90jutaan untuk sebuah mobil yang basic mesin sasis transmisi sama, hanya beda kelengkapannya, tentu semakin tidak rasional untuk membeli Venturer ini. Ya. Itu juga yang saya rasakan dan itu juga alasan saya gak melihat sesuatu yang logis untuk beli venturer.
Tapi, kemarin itu bokap dapet tawaran yang sangat menggiurkan. Dimana kita ditawarin Venturer Diesel 2018 dengan km 15.000 saja dengan harga kurang lebih mirip dengan harga baru innova 2.4G matic after discount. Ya why not?
Pengalaman saya pakai innova at 2012 diesel, sampai 150rb km, ini mobil bener-bener robust. Sampe sekarang juga feels like new. Hajar solar goceng TANPA ADITTIF, rutin ganti oli mesin tiap 7500, dan ganti oli matic transmisi, belanja 1x timing belt, dan Cuma 1x ganti bearing roda dan shockbreaker serta full set kampas rem depan belakang saja, bener2 bikin saya appreciate banget sama innova ini. Jadi kenapa harus takut untuk ambil Venturer dengan km 15.000?
Okay, saatnya kita ke review
Eksterior Gak ada yang perlu dibahas sampe gimana kali ya. Penuh chrome, chrome, dan chrome everywhere. Kita semua juga pasti udh hafal banget model venturer. Mobil pasaran juga dijalan. Nothing special. Saya Cuma tambahin towing bar dibelakang untuk jaga2 aja. Satu hal yang cukup bagus buat saya adalah venturer ketambahan body kit cladding2 hitam gitu. Ala2 suv yang lagi naik daun. Cukup untuk membuat venturer keliatan lebih berotot. Ditambah lagi velg R17 hitam nya. jos.
Interior Design dashboard yang berombak gini di depan driver awalnya bikin saya mikir pasti gak enak nih bawa nih mobil. Pandangannya pasti kehalang. Eh tapi nggak juga lho. Begitu dibawa ya biasa aja, layaknya kodrat mpv yang kaca2 nya gede2. Jelas semua.
Aksen glossy wood panel di dashboard, setir, dan panel glossy black piano di tempat knob perpindahan gigi juga membuat interior semakin mewah.
Arm rest kiri dari kulit dan besar, posisinya pas untuk taro tangan saya.
Sedangkan arm rest pintu dari bludru gini, rasanya juga lembut. Tapi kalo kena keringet tangan, atau mungkin pas hujan kita buka pintu dan kena air sedikit jadi kaya sedikit lembab / demek.
Satu catatan aja design pegangan pintu dari dalam ini rasanya agak aneh karena kalau mau pencet power window rasanya kurang ergonomis jadinya.
Baris kedua. This is what venturer lives for. Captain seat gini, ditambah interior kijang yang emang dasarnya luas banget, headroom super lega, wah superb untuk orang tua. Untuk anak duduk juga mantep, karena ada rear seat entertainment. Meja di belakang kursi depan? Don’t know, sampe sekarang sih belum kepake.
Baris ketiga, ya saya rasa sama lah ini kaya reborn tipe2 lain. Cuma mungkin karena ini captain seat ya akses ke baris ke dua dan ketiga ya lebih gampang. Buat saya yang biasa bepergian Bersama 2 anak dan 2 orang tua / mertua, this is awesome.
Oh ambient light. Saya gak tau juga mau bahas apa untuk ini. Ya kalo lagi malem sih emang bikin makin nyaman dan mungkin lebih mevvah.
Driving impression
Masuk ke kabin, duduk di jok nya, cukup empuk dan tebel juga busa nya saya rasa. Set setir bisa tilt and telescopic.
Injek rem, pencet engine start stop button, ya suara diesel jelas masih masuk ke dalam. Getaran juga ada. Tapi kalo dibanding sama innova gen1, wah ini udh improvement jauh banget. AC nyalain udah model pencet2 dan skrg kita bisa nyalain ac baris belakang hanya dengan pencet tombol rear di AC depan.
Penasaran banget rasanya dengan mesin 2GD baru ini. Di keadaan normal, saya rasa udh lebih dari cukup banget untuk sehari-hari. Di gas sedikit juga udh kerasa banget laju nya nih mobil. Mungkin karena berdasarkan spek mesin, torsi maksimal di dpt di RPM rendah. Kalo mau lebih narik ya tinggal pencet pwr mode. Pwr mode emang rasanya lebih cepet naik nya. Lari ke 140kph bukan hal yang sulit. Sekali lagi, untuk saya yang berangkat dari 2KD standar ke 2GD, ini sih udh luar biasa. Satu hal yang jadi catatan aja sih, kalo RPMnya udh 3.000-3.500an aduh itu suara mesin udh gak enak deh.
Untuk kekedapan kabin juga ini juga saya rasa harus dibahas. Kekedapan khas ladderframe kalo di jalanan kasar itu wuenak banget. Apalagi hajar lobang dengan kecepatan brutal. No rattle. No gluduk2 ala merk jepang yang ono. Dan suara angin yang mengganggu saya rasain masuk mulai di 120kph.
Setir saya rasa bobotnya pas bagi saya. Ya memang sih lebih berat jauh daripada HRV saya untuk belok belok, tapi ya daridulu bawa innova memang gini kok rasa setirnya. Ukuran lingkar setir mantep untuk dipegang. Untuk pedal rem, saya rasa ini improve jauh banget dari gen1 saya. Sekarang feel rem nya udh lebih empuk dan nggak langsung ‘ngegigit’. Lebih bisa dikira-kira lah. Nose dive? Jangan ditanya. Begitu baru awal nyetir nih mobil, saya coba puter balik di jalanan yang sempit, belum bisa dapet feel remnya, wadawwww ajrut2an coi depannya wakwkwkwak.
Untuk suspensi, sedikit catatan aja dari saya kalo suspensi nya pas banget bantingannya. Not to mention the nose dive. Mungkin ketolong sama ban venturer yang lebih besar 1 inch dari tipe dibawahnya. Napak nya juga kalo di tol lagi ngebut enak kok. Ban yang saya dapet Turanza ER33.
Perpindahan gigi dari 1-6 mulussss.. tanpa ada gejala jedug yang sempet jadi momok. Kalo lari 100kph masih di bawah RPM 2.
Fuel consumption juga menarik banget. Untuk gaya nyetir saya yang di innova gen1 bisa dapet 1:10-11, di venturer saya dapet di 1:14-15. Dan ini didapet dengan full solar goceng. Any modification? Nope. JDM style here (jangan di modip style)
Kesimpulan
What do you expect dari sebuah innova reborn venturer? Fun to drive? Haduh buang jauh2 deh fun to drive untuk mobil ini. Dari awal beli mobil ini juga udah jelas kita aim untuk sebuah mobil yang aman, nyaman, lega untuk keluarga. Robust. Dan juga bisa terjang banjir dan lobang2 jahanam dengan hati tenang. Guess what, venturer bener2 bisa untuk ngasih itu semua. Bener-bener paket yang sangat lengkap.
Bonus untuk driver pecicilan (baca: ugal) mungkin boleh expect 0-100, ataupun overtaking di 40-60, atau 80-100 yang cukup sangar utk ukuran MPV standar. Kemampuan nanjak yang effortless walo full loaded 4 dewasa 2 anak.
Bagi orang yang sangat peduli running cost juga bisa saya bilang (based on innova gen1 yg udah saya pakai), sangat kecil. Apalagi diisi solar goceng. Kombo maut. Cost savingnya bisa cukup untuk piara satu ABG lagi.
Satu hal yang saya sangat seneng dengan naek venturer adalah orang akan tetep anggep mobil kita sebuah Kijang. Nggak mencolok banget dan mudah berbaur kemana aja. Sekarang saya ngerti kenapa biar mahal gini, venturer tetep laku aja di beli.
Review ini semua murni pendapat saya, no offense to any other brand.
Small things to note:
1. Venturer punya 7airbag
2. Punya VSC HSA
3. Lampunya ada fitur follow me home. Matiin mesin, Tarik tuas lampu utk kaya lampu dim, lalu turun buka pintu, itu lampu utama akan nyala selama bbrp detik.
4. Ada fitur auto lamp, dimana kalo masuk terowongan ataupun sore/malam bisa nyala sendiri. Cukup keren untuk sebuah ‘kijang’
5. Di spion kiri kanan ada lampu kecil warna kuning (bohlam biasa) yang akan nyala kalo kita pencet unlock di remote.
6. Aura kabin serba hitam, ketolong sama jok kulit yang full black dan bludru di pegangan pintu sisi dalam warna hitam/biru gelap juga.
7. Tombol power window driver dan passsanger semua sudah full auto
Banyak banget dari kita yang akan bilang ini mobil overpriced kalau melihat pricelist yang disuguhin untuk seekor KIJANG. Yes, dengan harga ketika review ini dibuat, 2 April 2020, harganya Rp. 479.906.500 untuk sebuah mobil dengan emblem mobil rakyat KIJANG tentu rasanya kemahalan banget. Belum lagi ketambahan selisih harga dengan tipe basicnya, 2.4G matic, hampir 90jutaan untuk sebuah mobil yang basic mesin sasis transmisi sama, hanya beda kelengkapannya, tentu semakin tidak rasional untuk membeli Venturer ini. Ya. Itu juga yang saya rasakan dan itu juga alasan saya gak melihat sesuatu yang logis untuk beli venturer.
Tapi, kemarin itu bokap dapet tawaran yang sangat menggiurkan. Dimana kita ditawarin Venturer Diesel 2018 dengan km 15.000 saja dengan harga kurang lebih mirip dengan harga baru innova 2.4G matic after discount. Ya why not?
Pengalaman saya pakai innova at 2012 diesel, sampai 150rb km, ini mobil bener-bener robust. Sampe sekarang juga feels like new. Hajar solar goceng TANPA ADITTIF, rutin ganti oli mesin tiap 7500, dan ganti oli matic transmisi, belanja 1x timing belt, dan Cuma 1x ganti bearing roda dan shockbreaker serta full set kampas rem depan belakang saja, bener2 bikin saya appreciate banget sama innova ini. Jadi kenapa harus takut untuk ambil Venturer dengan km 15.000?
Okay, saatnya kita ke review
Eksterior Gak ada yang perlu dibahas sampe gimana kali ya. Penuh chrome, chrome, dan chrome everywhere. Kita semua juga pasti udh hafal banget model venturer. Mobil pasaran juga dijalan. Nothing special. Saya Cuma tambahin towing bar dibelakang untuk jaga2 aja. Satu hal yang cukup bagus buat saya adalah venturer ketambahan body kit cladding2 hitam gitu. Ala2 suv yang lagi naik daun. Cukup untuk membuat venturer keliatan lebih berotot. Ditambah lagi velg R17 hitam nya. jos.
Interior Design dashboard yang berombak gini di depan driver awalnya bikin saya mikir pasti gak enak nih bawa nih mobil. Pandangannya pasti kehalang. Eh tapi nggak juga lho. Begitu dibawa ya biasa aja, layaknya kodrat mpv yang kaca2 nya gede2. Jelas semua.
Aksen glossy wood panel di dashboard, setir, dan panel glossy black piano di tempat knob perpindahan gigi juga membuat interior semakin mewah.
Arm rest kiri dari kulit dan besar, posisinya pas untuk taro tangan saya.
Sedangkan arm rest pintu dari bludru gini, rasanya juga lembut. Tapi kalo kena keringet tangan, atau mungkin pas hujan kita buka pintu dan kena air sedikit jadi kaya sedikit lembab / demek.
Satu catatan aja design pegangan pintu dari dalam ini rasanya agak aneh karena kalau mau pencet power window rasanya kurang ergonomis jadinya.
Baris kedua. This is what venturer lives for. Captain seat gini, ditambah interior kijang yang emang dasarnya luas banget, headroom super lega, wah superb untuk orang tua. Untuk anak duduk juga mantep, karena ada rear seat entertainment. Meja di belakang kursi depan? Don’t know, sampe sekarang sih belum kepake.
Baris ketiga, ya saya rasa sama lah ini kaya reborn tipe2 lain. Cuma mungkin karena ini captain seat ya akses ke baris ke dua dan ketiga ya lebih gampang. Buat saya yang biasa bepergian Bersama 2 anak dan 2 orang tua / mertua, this is awesome.
Oh ambient light. Saya gak tau juga mau bahas apa untuk ini. Ya kalo lagi malem sih emang bikin makin nyaman dan mungkin lebih mevvah.
Driving impression
Masuk ke kabin, duduk di jok nya, cukup empuk dan tebel juga busa nya saya rasa. Set setir bisa tilt and telescopic.
Injek rem, pencet engine start stop button, ya suara diesel jelas masih masuk ke dalam. Getaran juga ada. Tapi kalo dibanding sama innova gen1, wah ini udh improvement jauh banget. AC nyalain udah model pencet2 dan skrg kita bisa nyalain ac baris belakang hanya dengan pencet tombol rear di AC depan.
Penasaran banget rasanya dengan mesin 2GD baru ini. Di keadaan normal, saya rasa udh lebih dari cukup banget untuk sehari-hari. Di gas sedikit juga udh kerasa banget laju nya nih mobil. Mungkin karena berdasarkan spek mesin, torsi maksimal di dpt di RPM rendah. Kalo mau lebih narik ya tinggal pencet pwr mode. Pwr mode emang rasanya lebih cepet naik nya. Lari ke 140kph bukan hal yang sulit. Sekali lagi, untuk saya yang berangkat dari 2KD standar ke 2GD, ini sih udh luar biasa. Satu hal yang jadi catatan aja sih, kalo RPMnya udh 3.000-3.500an aduh itu suara mesin udh gak enak deh.
Untuk kekedapan kabin juga ini juga saya rasa harus dibahas. Kekedapan khas ladderframe kalo di jalanan kasar itu wuenak banget. Apalagi hajar lobang dengan kecepatan brutal. No rattle. No gluduk2 ala merk jepang yang ono. Dan suara angin yang mengganggu saya rasain masuk mulai di 120kph.
Setir saya rasa bobotnya pas bagi saya. Ya memang sih lebih berat jauh daripada HRV saya untuk belok belok, tapi ya daridulu bawa innova memang gini kok rasa setirnya. Ukuran lingkar setir mantep untuk dipegang. Untuk pedal rem, saya rasa ini improve jauh banget dari gen1 saya. Sekarang feel rem nya udh lebih empuk dan nggak langsung ‘ngegigit’. Lebih bisa dikira-kira lah. Nose dive? Jangan ditanya. Begitu baru awal nyetir nih mobil, saya coba puter balik di jalanan yang sempit, belum bisa dapet feel remnya, wadawwww ajrut2an coi depannya wakwkwkwak.
Untuk suspensi, sedikit catatan aja dari saya kalo suspensi nya pas banget bantingannya. Not to mention the nose dive. Mungkin ketolong sama ban venturer yang lebih besar 1 inch dari tipe dibawahnya. Napak nya juga kalo di tol lagi ngebut enak kok. Ban yang saya dapet Turanza ER33.
Perpindahan gigi dari 1-6 mulussss.. tanpa ada gejala jedug yang sempet jadi momok. Kalo lari 100kph masih di bawah RPM 2.
Fuel consumption juga menarik banget. Untuk gaya nyetir saya yang di innova gen1 bisa dapet 1:10-11, di venturer saya dapet di 1:14-15. Dan ini didapet dengan full solar goceng. Any modification? Nope. JDM style here (jangan di modip style)
Kesimpulan
What do you expect dari sebuah innova reborn venturer? Fun to drive? Haduh buang jauh2 deh fun to drive untuk mobil ini. Dari awal beli mobil ini juga udah jelas kita aim untuk sebuah mobil yang aman, nyaman, lega untuk keluarga. Robust. Dan juga bisa terjang banjir dan lobang2 jahanam dengan hati tenang. Guess what, venturer bener2 bisa untuk ngasih itu semua. Bener-bener paket yang sangat lengkap.
Bonus untuk driver pecicilan (baca: ugal) mungkin boleh expect 0-100, ataupun overtaking di 40-60, atau 80-100 yang cukup sangar utk ukuran MPV standar. Kemampuan nanjak yang effortless walo full loaded 4 dewasa 2 anak.
Bagi orang yang sangat peduli running cost juga bisa saya bilang (based on innova gen1 yg udah saya pakai), sangat kecil. Apalagi diisi solar goceng. Kombo maut. Cost savingnya bisa cukup untuk piara satu ABG lagi.
Satu hal yang saya sangat seneng dengan naek venturer adalah orang akan tetep anggep mobil kita sebuah Kijang. Nggak mencolok banget dan mudah berbaur kemana aja. Sekarang saya ngerti kenapa biar mahal gini, venturer tetep laku aja di beli.
Review ini semua murni pendapat saya, no offense to any other brand.
Small things to note:
1. Venturer punya 7airbag
2. Punya VSC HSA
3. Lampunya ada fitur follow me home. Matiin mesin, Tarik tuas lampu utk kaya lampu dim, lalu turun buka pintu, itu lampu utama akan nyala selama bbrp detik.
4. Ada fitur auto lamp, dimana kalo masuk terowongan ataupun sore/malam bisa nyala sendiri. Cukup keren untuk sebuah ‘kijang’
5. Di spion kiri kanan ada lampu kecil warna kuning (bohlam biasa) yang akan nyala kalo kita pencet unlock di remote.
6. Aura kabin serba hitam, ketolong sama jok kulit yang full black dan bludru di pegangan pintu sisi dalam warna hitam/biru gelap juga.
7. Tombol power window driver dan passsanger semua sudah full auto