2019 Hyundai Grand Santafe Ndeso....

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

ongisnade
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 622
Joined: Thu Apr 18, 2013 11:16

2019 Hyundai Grand Santafe Ndeso....

Post by ongisnade »

Hallo para pembaca SM,
Berikut ini saya mau berbagi pengalaman miara mobil yang non mainstream yang biasanya hanya dimiliki orang-orang yang tinggal dikota besar. Namun kali ini saya sebagai wong ndeso, karena memang tinggal dipedesaan yang jauh dari kota besar, 4-5 jam perjalanan dari Surabaya. Yah sesuai judulnya Grand Santa Fe Ndeso (punya wong ndeso) he…he… Namun sebelumnya mohon maaf bahasanya mungkin tidak akan seperti rekan-rekan reviewer yang lain yang pengalaman dan education background nya sudah mumpuni S1-S2-S3. Kalo saya asli wong ndeso awam hanya tamat S3 saja (SD-SMP-SMA) he…he…jadi harap dimaklumi. Karena hanya tamat SMA saja saya tidak berbagi pengalaman berdasarkan ilmu atau teori, tapi berdasarkan praktek pemakaian harian. Ilmunya gak cukup untuk berteori he..he, dan mungkin sedikit katrok ha…ha..ha

Kita mulai:
Selama ini yang sering saya dengar dan sering baca di forum dari orang-orang tentang brand H miring ini jarang dibeli orang dengan berbagai alasan baik orang kota ataupun wong ndeso adalah sebagai berikut:
1. Dianggap mobil murah
2. Kurang reliable, mudah rusak, spare part mahal, susah didapat
3. Kurang bergengsi
4. Takut kurang laku, harga jual jatuh, susah untuk dijual, takut rugi besar.

Dan hal tersebut diatas terbukti, beberapa orang nanya ke saya kok beli Hyundai, kok bukan Toyota/Honda. Kami sekeluargapun sepakat jawabnya: Ya kami memang pilih mobil Korea yang harganya murah meriah, kalau mobil Jepang harganya lebih mahal. Merekapun gak nanya lebih detail lagi mendengar jawaban seperti itu. Tapi ada juga sebagian orang yang menyangka harganya malah se miliar, ha…ha..ha…sama-sama kami wong ndeso. Bagi kami sudah biasa miara mobil non mainstream, sebelumnya 4 thn Captiva VCDI dan Mazda CX-5 tanpa rewel dan puas. Jadi kami sudah tidak terpengaruh dengan statement2 diatas.

Mobil ini genap berusia 6 bulan dengan pemakaian baru mendekati 13 ribu km, banyak ngeram digarasi karena musim covid-19. Seharusnya sudah mendekati 20 rb km kalo tidak ada covid karena planning awal mau turing keliling Jawa hingga Lombok . Mungkin dengan km sekian sudah cukup untuk bisa berbagi pengalaman memiliki dan mengendarainya. Berikut ini latar belakang miara Hyundai Grand Santa Fe:

Selama ini kalo turing keliling Jawa-Madura hingga Lombok selalu menggunakan fortuner VNT untuk semua anggota keluarga 5 orang dan barang-barang tas dan koper. Karena VNT sudah berumur 7 tahun tadinya mau tukar yang baru. Tapi setelah saya pikir- pikir umur sudah kepala 5 kepingin tunggangan yang nyaman, bertenaga, kabin yang luas 7 seater, dan dilengkapi dengan passive/active safety device. Kalau ladder frame lagi selama ini terasa kurang safe karena sering ngebut 140- 150 km/h baik sendiri maupun bawa keluarga, dan jujur saja kurang terasa nyaman. Dengan kecepatan segitu ladder frame yang jangkung dan ban tebal sangat berisiko terguling. Terbukti sudah ada beberapa ANF/PJS yang terguling di jalan toll di Jawa Timur. Akhirnya VNT tidak jadi dijual karena masukan teman2 disini VNT paling kuat tahan B-100. Akhirnya dengan berat hati kami menjual mobil Mazda CX-5 FL kesayangan kami terutama anak-anak dan istri yang sudah setia menemani keluarga kami selama 4 tahun tanpa rewel. Akhirnya harus kami relakan untuk dijual dan satu malam sekali tawar langsung laku.

Sebagai calon penggantinya kriteria mobil yang kami harapkan adalah sebagai berikut:
1. Monokok 7 seater dengan passive/active safety device yang memadai dan nyaman dikendarai 5 orang, nyaman buat ngebut speed 150-180 km/h
di tol Trans Jawa
2. Power dan torsi standard harus lebih lebih besar dari CX-5 karena harus kuat jalan jauh naik turun pegunungan, bukit dan pantai, perlu power
dan torsi yang besar. Mesin bensin sekelas CX-5, torsinya terasa kurang kuat buat di pegunungan dengan full load. Pengalaman CX-5 dengan
tenaga 189 HP full load megap-megap saat di trek lurus menanjak menuju Cemorosewu - telaga sarangan, gak bisa ngebut disini, hanya
merayap engine meraung hanya gigi 1-2. Ini jalur favorite keluarga kami, menanjak dan berkabut.

Dari kedua kriteria tersebut diatas sudah ada pilihan yang masuk yaitu Mazda CX-9 230HP/450 NM. Kami sudah melakukan test drive. Anak-anak dan isteri sudah cocok dengan CX-9 modelnya sporty, modis, dan kabin sangat lapang meskipun sebetulnya design CX-9 sudah lama.
Namun saya sendiri berbeda dengan mereka, akomodasi CX-9 OK lapang, namun selain lebih lapang tidak beda jauh dengan CX-5 sehingga begitu berada dalam kabin serasa tidak ganti mobil serasa masih dalam CX-5 juga, bosan jadinya. Saya masih menyimpan keraguan untuk ambil Mazda CX-9 karena takut cepat bosan nantinya sampai pada suatu hari saat kami sekeluarga jalan-jalan di Surabaya lihat pameran mobil di Grand City, saat mendekat boot Hyundai tiba-tiba cewek EO nya menarik istri saya dan memberikan pertanyaan mobil apa favorit pengunjung pameran di Jakarta tahun 2018, saya bisikin Santafe, akhirnya dikasih hadiah kaos Hyundai. Dan ternyata inilah awal ketertarikan dan berjodoh hingga membeli Grand Santafe. Case seperti ini sama persis saat awal kami membeli Mazda CX-5, istri saya juga dapat hadiah kaos Mazda saat pameran ditempat yang sama.

Salesnya langsung menjelaskan semua tentang Santafe. Dan kamipun sangat tertarik dan terkesan design eksterior maupun interior yang lebih fresh dari CX-9 dan kabinnyapun juga lapang hingga baris ketiga, apalagi panorama sunroofnya yang sangat besar. Namun ada satu hal yang masih membuat saya meragukan Santafe, yaitu tenaga hanya 190 HP. Kami sudah terbiasa bawa Fortuner VNT modif 240 HP jadi masih ragu dengan kemampuan Santafe. Setelah baca-baca di SM ternyata Santafe bisa diremap hingga 230 HP jadi kami sudah bulat untuk ambi Santafe.
Kamipun diminta sales untuk TD di lain hari, dan saat TD inilah keraguan saya terjawab, ternyata meskipun hanya 190 HP ternyata tenaganya bisa tersalurkan dengan baik oleh transmisi 8 speed, dengan penumpang 6 orang saya geber hingga 185 km/jam di toll pandaan, ajib lebih enak dari VNT saya yang 240 HP. Mungkin karena beda transmisi 8 VS 4 AT.
Akhirnya kamipun bungkus Grand Santafe.

PERFORMA, HANDLING, KENYAMANAN, KESENYAPAN:

Saat berkendara di jalan toll semen yang bumpy dengan full load kami sekeluarga 5 orang + koper dan barang-barang dengan berat total hampir setengah ton (maklum kami berlima gendut2 he..he), tanpa terasa kecepatan sudah mendekati 200 km/h. Dan sayapun heran kenapa tidak ada alarm yang berbunyi. Biasanya saat speed 150-160 km/h anak dan isteri sudah membunyikan alarm pak jangan ngebut, dan isteripun juga teriak ojo banter-banter sam. Bahkan speed diatas 200 km merekapun masih santai. Anak paling kecil main gadget didepan, yang nomer 2 tidur dibangku paling belakang, istri juga masih asik ngobrol. Kondisi mobil masih stabil dikecepatan segini. Dan yang paling saya suka rpm mesin hanya 3000, sengaja saya maintain rpm segini dan tidak mengaktifkan cruise control dan suara mesinpun ternyata halus sekali nyaris tidak terdengar. Berbeda dengan CX-5 dikecepatan 160 km/h mesin sudah meraung karena rpm tinggi bikin anak-anak dan isteri takut dan panik. Dan inilah yang bikin alarm anak dan isteri langsung keluar: jangan ngebut paak. Dijalan raya kami hamper tidak pernah menggunakan manual mode maupun sport mode kecuali di tanjakan extreme. Posisi D Echo maupun Comfort Mode sudah enak buat ngebut dan menyalib kendaraan lain, gak perlu manual maupun sport mode.
Dikecepatan diatas 200 km/h dengan beban hampir setengah ton handling masih mantap. Dan ini membuat saya ketagihan saat mengendarai dijalan tol. Ternyata mobil ini DIAM-DIAM MENGHANYUTKAN. Kalau tidak sering lihat speedo meter kita bisa terlena. Rod noise mobil ini diukur menggunakan alat menurut Grid OTTO : Pada speed 60 km/jam: 60.3dB, Mercy GLC 200 AMG Line: 61.4 dB

Dan niat saya yang sebelumnya ingin Remap mobil ini terpaksa saya urungkan. Tenaga standard sudah mumpuni dan bisa memenuhi ekspektasi saya meskipun hanya 190 HP/440 NM. Namun didukung dengan transmisi 8 speed tenaga bisa termanage dengan bagus.
Ngebut dengan Grand Santafe ini saya lebih tenang dan confident karena active dan passive safety device nya sudah cukup. Ban juga mantap serasa lengket di aspal Continental Sport Contact 19 inch (lebih enak dari Toyo Proxes bawaan CX-5) yang sama-sama 19 inch. Kata si Ridwan Hanif perbiji harganya 5 juta (gak tahu bener atau gak). Toyo hanya 2.8 jt (pernah ganti di CX-5).
Karena musim Covid, belakangan ini lebih banyak ngeram di rumah dan lebih sering jalan ke pegunungan dan pantai yang sepi. Mobil ini enak buat naik turun gunung dan pantai. Gunung Kelud, Gunung Kawi, pantai Tambakrejo dan pantai Jolosutro. Yogya-Semarang-Banyuwangi. Belum sempat keluar Jawa karena covid.
Untuk bunyi-bunyian: dashboard, kabin dan luar bener-benar tidak ada sama sekali hingga km mendekati 13 rb setiap hari melibas jalan kampong yang bolong-bolong dan juga sering bawa di gunung dan pantai. Hanya sekali bunyi kletek-kletek karena sabuk fuel tank kendor, dikencengin, solved.

FUEL CONSUMPTION:
Ini mobil paling irit yang pernah kami punya. Saat jalan santai bisa 24 km/liter. Digeber hingga 200 km/h pun juga masih bisa dapat 1-13, 1-14 km/l dengan beban hampir setengah ton.
BIAYA PERAWATAN:
Garansi 5 tahun, free jasa service selama 11 kali dengan interval tiap 6 bulan atau 10 rb kilometer. Sudah service 10 rb kilometer pertama, hanya kena biaya 252 rb ganti filter oli. Oli mesin bawa sendiri.

KEKURANGAN:
- Lampu dekat bawaan kurang terang (LED HDX 6600 Kelvin).
- Lampu bagasi, plat nomor, lampu mundur dan vanity masih halogen
Modif :
- Ganti lampu dekat dengan LED Phillips Ultinon
- Ganti semua lampu yang masih halogen semuanya dengan LED Phillips.
- Oli gantI dengan PTT 5W 30

KONKLUSI :
Mobil ini menurut kami sebagai wong ndeso adalah nyaris sempurna dan semuanya diatas ekspektasi saya ketika saya akan membeli mobil ini. Saya dan keluarga puas dengan mobil Korea ini.

Eksterior:
https://imagizer.imageshack.com/img922/1606/u0HrJD.jpg
https://imagizer.imageshack.com/img924/8633/BPhlsk.jpg
https://imagizer.imageshack.com/img922/2482/uGiG1J.jpg

Interior:
https://imagizer.imageshack.com/img924/6816/zSixSw.jpg
https://imagizer.imageshack.com/img924/9402/Zi8zF9.jpg
https://imagizer.imageshack.com/img923/7038/xDBMDt.jpg
https://imagizer.imageshack.com/img922/2052/WVMOUT.jpg
https://imagizer.imageshack.com/img922/199/3tCo8w.jpg
https://imagizer.imageshack.com/img923/8565/lbfwWo.jpg
https://imagizer.imageshack.com/img923/1951/A6QXp5.jpg
https://imagizer.imageshack.com/img922/2181/ycBeSz.jpg
https://imagizer.imageshack.com/img922/2687/mT3tVM.jpg
https://imagizer.imageshack.com/img922/6415/W07a8a.jpg

Ruang mesin:
https://imagizer.imageshack.com/img923/9254/xVjhPe.jpg
Cover engine dilapisi high density foam
https://imagizer.imageshack.com/img923/4437/WVHj4s.jpg
Injector Piezo Type Bosch
https://imagizer.imageshack.com/img923/7789/qL7FZk.jpg
Vapor oli/gas blowby dari crankshaft ada diaphragm pressure regulator sebelum masuk intake turbo
https://imagizer.imageshack.com/img922/9892/vjLVoE.jpg
Baterai 90 Ah, agak susah kalau ganti, musti copot belalai air intake
https://imagizer.imageshack.com/img924/3312/4JxRxu.jpg
Filter udara berada diatas mudah untuk mengganti
https://imagizer.imageshack.com/img922/785/ARXILR.jpg

Konsumsi Fuel:
https://imagizer.imageshack.com/img924/3008/2dgww4.jpg
https://imagizer.imageshack.com/img924/2536/pWupsU.jpg
https://imagizer.imageshack.com/img923/3640/TpNcds.jpg

Ngebut santai di tol dengan keluarga 5 orang+barang total load hampir setengah ton:
https://imagizer.imageshack.com/img923/259/kRR3Ze.jpg
https://imagizer.imageshack.com/img924/8269/euhNmf.jpg
https://imagizer.imageshack.com/img922/5214/gc5hJd.jpg


Jalanan di kampung ndeso:

https://imagizer.imageshack.com/img923/8093/VsBjm6.jpg
https://imagizer.imageshack.com/img923/5654/eEXyLM.jpg
https://imagizer.imageshack.com/img924/6200/8A6vEK.jpg

Musim Covid main di pegunungan dan pantai yang sepi...
https://imagizer.imageshack.com/img922/6852/ZzPE05.jpg
https://imagizer.imageshack.com/img924/2696/sMQthT.jpg
https://imagizer.imageshack.com/img923/5417/4MbbBe.jpg
https://imagizer.imageshack.com/img922/5171/cTbIbn.jpg
https://imagizer.imageshack.com/img922/6900/MtvVot.jpg

Pengalaman di jalan tol yang sedikit fun:

Mungkin karena jarang terlihat di jalan dan brand H miring, banyak kendaraan lain yang mungkin penasaran dan berusaha memprovokasi, coba-coba, menyodok, menyalip dengan gas pol dan cumi hitamnya. Baik monokok maupun ladder frame disepanjang jalan tol Malang-Surabaya- Solo-Semarang. Namun saya tenang saja karena saya sudah tahu karakter mobil mereka. Saat speed mendekati 200 saat saya mulai ngegas mereka malah ngerem …he..he..karena jalan tol banyak yang menikung. Tapi ya memang mereka harus ngerem, kalau nggak ngerem mobil jangkung gitu bisa terguling.
SEKIAN SHARINGNYA……
thirdstar7
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 316
Joined: Thu Sep 13, 2018 14:35
Daily Vehicle: Baleno

Re: 2019 Hyundai Grand Santafe Ndeso....

Post by thirdstar7 »

Mantap reviewnya om, salah satu mobil impian saya nih, selain hyundai tucson 2017 yg crdi [emoji3]
Zordon
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 175
Joined: Thu Apr 06, 2017 8:57

Re: 2019 Hyundai Grand Santafe Ndeso....

Post by Zordon »

Mobil impian , jual tanah dulu ah buat beli
whitehorse4
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 539
Joined: Sun Oct 01, 2017 23:00

Re: 2019 Hyundai Grand Santafe Ndeso....

Post by whitehorse4 »

hehehe... monokok gitu loh..
memang paling enak buat trans jawa
bawa 200 full load bisa anteng gitu
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32

Re: 2019 Hyundai Grand Santafe Ndeso....

Post by benzz89 »

Sayang Om tinggal di jatim, coba kalau di tangerang-BSD bisa balap ama Om Kompre. Biar ada temannya sama2 tukang mentokin speedo [emoji1]

Salut ane ama Om, sudah kepala 5 masih besar nyalinya bawa mobil diatas 200 KPJ... tentu saja di dukung oleh mobil yang mumpuni.

Ane ex user mbahnya santa fe yaitu yang gen 1, beli dari baru taon 2001, pas pertama kali H miring masuk indo. Waktu itu sangat2 jarang sekali yang punya santa fe gen 1 ini... selain tentunya sang "boss" yaitu BT anak sang penguasa 32 taon negeri ini [emoji4]

Yang sangat terkesan dari santa fe gen 1 ini adalah bantingan suapensinya yang empuk tapi mantap di kecepatan tinggi. Pakai sampai 9 taon sampai KM 120 ribu cukup puas meski setelah 5 taon ke atas cukup merongrong, karena tiap bulan ada aja jajannya.

Akhirnya usia 6 taon tanggung ane oprek porting polish + Dastek Unichip... mantul, hampir membuat ane terbalik bawa mobil itu karena gak ada ABS dll di jaman itu. Mesin kenceng tapi tidak di dukung oleh sistem pengereman yang mumpuni.

Hasil oprekan banyak ane share di SM ini taon 2007/2008 bareng ama ex moderator SM yaitu Om Imsus2C, Om Inoz, Om Andra sesama user gen 1 waktu itu.

Pindah dari santa fe gen 1 ini ke fortuner serasa duduk di gerobak... asli sangat kaget sekali awalnya, persis kaya naik truck, ya maklum basisnya kan hilux mobil angkut barang [emoji16]

Tiap kali liat santa fe pasti ane teringat ama mbahnya itu, cukup berkesan di jamannya karena rasanya kalau bertemu sesama gen 1 waktu itu senang sekali Hahahah, gak 6 bulan atau 1 taon sekali bisa ketemu sesama di jalanan. Yang pasti banyak yang liatin mobil aneh ini di jalan.

Moga2 aja ane bisa kepincut lagi ama latest gen ini setelah baca review om dimari... Oh yah 1 lagi yang terkesan dari santa fe gen 1 yang ane pake ini akhirnya terjual tanpa iklan sama sekali, Om Imsus2C rekomendasikan mobil ane ini ke temannya, 1x liat langsung hari itu juga bayar cash & carry. Record tercepat ane jualan mobil, padahal ane pikir bakalan sangat sulit ini jual mobilnya, tapi takdir berbicara lain.

Sekali lagi trims Om atas reviewnya & sukses membuat ane ngiler & bernostalgia ama mbahnya [emoji9]
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: 2019 Hyundai Grand Santafe Ndeso....

Post by Pboyz97 »

Nice review om dan congrats buat mobil barunya

Salken sesama CX5 user, dan puas dengan mazda, mobilnya kenceng, handling oke, fitur melimpah, irit bbm, dan surprisingly awet buat mobil nonmainstream, saya dulu pernah pake cx5 PFL 2013 yg 2.0 selama 6 tahun sampe odo 150rb gaada masalah yg aneh2, cuma servis rutin dan ganti oli doang, sekarang pake AN CX5 Elite 2018 juga memuaskan, sampe sekarang masih fine2 aja mobilnya, cuma baru ganti aki istop sekali doang hehehe

Grandsante fe memang salah satu mobil impian saya, karena desain exterior dan interiornya yg futuristis, ala mobil eropa, serta fitur dan kualitas mobil yg oke buat sebuah mobil korea. Jadi pengen test drive, saya penasaran dengan tarikan dan handlingnya, apalagi mobil ini dibekali dengan 8 speed

Kalau ada rejeki lebih, saya ada rencana buat tuker CRV Turbo Prestige 2019 dirumah dengan grand santafe ini, karena kepincut dengan fitur dan kenyamanannya yg mirip dengan mobil eropa + pengen ganti suasana, karena udah ada AN CX5 dirumah, jadi mager kalo punya 2 medium suv sekaligus wkwkkw
Last edited by Pboyz97 on Sat Jul 11, 2020 13:35, edited 3 times in total.
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: 2019 Hyundai Grand Santafe Ndeso....

Post by maastricht889 »

Mantep sekali ripiewnya oom!!! Saya wkt ke showroom hyundai di seoul pas santafe ini masih gress launching, walaupun cuma tes duduk sangat terkesima sama mobil ini terutama build qualitynya :big_exellent:
User avatar
hosea
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 502
Joined: Wed Mar 27, 2013 2:05

Re: 2019 Hyundai Grand Santafe Ndeso....

Post by hosea »

Mantab Om review nya. Saya juga pengguna santefe generasi terbaru ini, meski saya pilih gasoline karena lbh suka Kehalusan mesinnya. Yang diesel saja sdh halus, apalagi bensin ini, nyaris tak terasa.

Lumayan Om bisa 13 rb selama 6 bulan. Saya sudah 7 bulan baru 6000 km :)
User avatar
Fatf00
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 57
Joined: Wed Sep 26, 2018 5:46
Location: Jawa Barat
Daily Vehicle: honda beat

Re: 2019 Hyundai Grand Santafe Ndeso....

Post by Fatf00 »

luar biasa om.. saya jadi keracunan santafe
kondisi standar aja bisa ngebut segitu apalagi kalo uda remap mungkin akselerasi nya makin ajib..
di tunggu om cerita2 road trip nya sama cerita2 di tol nya
User avatar
Bulgogi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 916
Joined: Tue Mar 08, 2016 12:16

Re: 2019 Hyundai Grand Santafe Ndeso....

Post by Bulgogi »

200 kpj masih anteng?

Kok jadi pengen santa fe yaa..

Nova reborn saya mentok di 120 peak comfort nya, lebih dr itu udh kaya naik wahana [emoji16]
1203L
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 64
Joined: Wed Mar 14, 2018 4:43
Location: Semarang
Daily Vehicle: Honda Beat

Re: 2019 Hyundai Grand Santafe Ndeso....

Post by 1203L »

mobil ini emg juara oom..sy nyoba test drive bensin aja senyapny mnta ampun dan mesinny halus meski ga segarang disel dan bantingan suspensinya itu lho khas eropa banget..Lha wong tucson yg disel crdi aja tarikannya sdh buas apalagi ini..hrs nabung bbrp th utk bs minang mobil idaman itu..selamat ya oom
surya
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 238
Joined: Sat Apr 14, 2007 4:44

Re: 2019 Hyundai Grand Santafe Ndeso....

Post by surya »

Keren reviewnya Om.... sempat pengen pinang mobil ini... tapi bini ga sreg karena mobil korea.... akhirnya kejebak sama CRV Turbo Prestige.... padahal pengen punya mobil Diesel.. selama ini mobil mesin bensin melulu..
ongisnade
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 622
Joined: Thu Apr 18, 2013 11:16

Re: 2019 Hyundai Grand Santafe Ndeso....

Post by ongisnade »

thirdstar7 wrote: Sat Jul 11, 2020 10:37 Mantap reviewnya om, salah satu mobil impian saya nih, selain hyundai tucson 2017 yg crdi [emoji3]
Terima kasih mas bro
ongisnade
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 622
Joined: Thu Apr 18, 2013 11:16

Re: 2019 Hyundai Grand Santafe Ndeso....

Post by ongisnade »

benzz89 wrote: Sat Jul 11, 2020 13:03 Sayang Om tinggal di jatim, coba kalau di tangerang-BSD bisa balap ama Om Kompre. Biar ada temannya sama2 tukang mentokin speedo [emoji1]

Salut ane ama Om, sudah kepala 5 masih besar nyalinya bawa mobil diatas 200 KPJ... tentu saja di dukung oleh mobil yang mumpuni.

Ane ex user mbahnya santa fe yaitu yang gen 1, beli dari baru taon 2001, pas pertama kali H miring masuk indo. Waktu itu sangat2 jarang sekali yang punya santa fe gen 1 ini... selain tentunya sang "boss" yaitu BT anak sang penguasa 32 taon negeri ini [emoji4]

Yang sangat terkesan dari santa fe gen 1 ini adalah bantingan suapensinya yang empuk tapi mantap di kecepatan tinggi. Pakai sampai 9 taon sampai KM 120 ribu cukup puas meski setelah 5 taon ke atas cukup merongrong, karena tiap bulan ada aja jajannya.

Akhirnya usia 6 taon tanggung ane oprek porting polish + Dastek Unichip... mantul, hampir membuat ane terbalik bawa mobil itu karena gak ada ABS dll di jaman itu. Mesin kenceng tapi tidak di dukung oleh sistem pengereman yang mumpuni.

Hasil oprekan banyak ane share di SM ini taon 2007/2008 bareng ama ex moderator SM yaitu Om Imsus2C, Om Inoz, Om Andra sesama user gen 1 waktu itu.

Pindah dari santa fe gen 1 ini ke fortuner serasa duduk di gerobak... asli sangat kaget sekali awalnya, persis kaya naik truck, ya maklum basisnya kan hilux mobil angkut barang [emoji16]

Tiap kali liat santa fe pasti ane teringat ama mbahnya itu, cukup berkesan di jamannya karena rasanya kalau bertemu sesama gen 1 waktu itu senang sekali Hahahah, gak 6 bulan atau 1 taon sekali bisa ketemu sesama di jalanan. Yang pasti banyak yang liatin mobil aneh ini di jalan.

Moga2 aja ane bisa kepincut lagi ama latest gen ini setelah baca review om dimari... Oh yah 1 lagi yang terkesan dari santa fe gen 1 yang ane pake ini akhirnya terjual tanpa iklan sama sekali, Om Imsus2C rekomendasikan mobil ane ini ke temannya, 1x liat langsung hari itu juga bayar cash & carry. Record tercepat ane jualan mobil, padahal ane pikir bakalan sangat sulit ini jual mobilnya, tapi takdir berbicara lain.

Sekali lagi trims Om atas reviewnya & sukses membuat ane ngiler & bernostalgia ama mbahnya [emoji9]
Ha.ha..saya juga gak nyangka om Santafe ini beberapa kali hingga speed diatas 200 kpj alarm dari anak-anak dan isteri gak ada yang bunyi, gak ada yang teriak. Padahal biasanya pake fortuner dan CX-5 speed 150-160 kpj anak dan isteri dah teriak. Kalau saya PD aja ngebut soalnya GC rendah, ban lumayan bagus, rem bagus dan ada VSC.

Untuk mentokin ke speedo belum pernah om karena selalu bawa keluarga gak bisa gas pol, baru 3000 rpm saja. Itu power peak outputnya ada di 3800 rpm, seharusnya gaspol bisa diatas 220 kpj kalau sendirian. Yang saya bold bener om kalau sekarang istrinya yg demen banget sm Santafe (kata salesnya sih) ha..ha..
ongisnade
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 622
Joined: Thu Apr 18, 2013 11:16

Re: 2019 Hyundai Grand Santafe Ndeso....

Post by ongisnade »

Pboyz97 wrote: Sat Jul 11, 2020 13:20 Nice review om dan congrats buat mobil barunya

Salken sesama CX5 user, dan puas dengan mazda, mobilnya kenceng, handling oke, fitur melimpah, irit bbm, dan surprisingly awet buat mobil nonmainstream, saya dulu pernah pake cx5 PFL 2013 yg 2.0 selama 6 tahun sampe odo 150rb gaada masalah yg aneh2, cuma servis rutin dan ganti oli doang, sekarang pake AN CX5 Elite 2018 juga memuaskan, sampe sekarang masih fine2 aja mobilnya, cuma baru ganti aki istop sekali doang hehehe

Grandsante fe memang salah satu mobil impian saya, karena desain exterior dan interiornya yg futuristis, ala mobil eropa, serta fitur dan kualitas mobil yg oke buat sebuah mobil korea. Jadi pengen test drive, saya penasaran dengan tarikan dan handlingnya, apalagi mobil ini dibekali dengan 8 speed

Kalau ada rejeki lebih, saya ada rencana buat tuker CRV Turbo Prestige 2019 dirumah dengan grand santafe ini, karena kepincut dengan fitur dan kenyamanannya yg mirip dengan mobil eropa + pengen ganti suasana, karena udah ada AN CX5 dirumah, jadi mager kalo punya 2 medium suv sekaligus wkwkkw
Terima kasih om dan salken juga. CX-5 mobil kesayangan keluarga kami om gak pernah jajan maupun rewl selama 4 tahun, tapi sayang anak-anak dah pada gede dan gendut-gendut, saya paling kurus 76 kg kalo ditotal kami berlima sekitar 400 kg he..he petrol dengan tenaga kurang dari 200 HP terasa bengek kami tunggangi buat ngebut, mesti diatas 5000 rpm dan ini berisik om. Untuk ukuran kenyamanan dan handling parameternya anak-anak dan istri om hingga diatas 200 kpj gak ada yang teriak berarti mobil ini nyaman dan tidak oleng.
ongisnade
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 622
Joined: Thu Apr 18, 2013 11:16

Re: 2019 Hyundai Grand Santafe Ndeso....

Post by ongisnade »

erwinign wrote: Sat Jul 11, 2020 13:24 Mantep sekali ripiewnya oom!!! Saya wkt ke showroom hyundai di seoul pas santafe ini masih gress launching, walaupun cuma tes duduk sangat terkesima sama mobil ini terutama build qualitynya :big_exellent:
Terima kasih om, ya BQ kurang lebih dengan Mazda
ongisnade
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 622
Joined: Thu Apr 18, 2013 11:16

Re: 2019 Hyundai Grand Santafe Ndeso....

Post by ongisnade »

hosea wrote: Sat Jul 11, 2020 13:47 Mantab Om review nya. Saya juga pengguna santefe generasi terbaru ini, meski saya pilih gasoline karena lbh suka Kehalusan mesinnya. Yang diesel saja sdh halus, apalagi bensin ini, nyaris tak terasa.

Lumayan Om bisa 13 rb selama 6 bulan. Saya sudah 7 bulan baru 6000 km :)
Terima kasih om, untuk ngebut bawa beban lebih halus yang diesel om, 200 kpj baru 3000 rpm. Kalau bensin dah diatas 5000 rpm om he..he..
Kami suka turing om jadi bisa segitu km nya, tapi musim Covid jadi mandeg turingnya he..he..
ongisnade
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 622
Joined: Thu Apr 18, 2013 11:16

Re: 2019 Hyundai Grand Santafe Ndeso....

Post by ongisnade »

Fatf00 wrote: Sat Jul 11, 2020 14:52 luar biasa om.. saya jadi keracunan santafe
kondisi standar aja bisa ngebut segitu apalagi kalo uda remap mungkin akselerasi nya makin ajib..
di tunggu om cerita2 road trip nya sama cerita2 di tol nya
Terima kasih om. Ha...ha itu belum gas pol om karena selalu bawa keluarga. 200 kpj di 3000 rpm, peak power ada di 3800 rpm seharusnya gas pol sendirian bisa diatas 220 kpj. Ada yg test pake alat 0-100 8.4 detik om. Kalau remap pasti lebih kenceng lagi he..he..

Untuk cerita di tol mantab om enak buat jalan jauh, stabil buat ngebut. Pengalaman di tol yang bikin kami melongo dan terkesan adalah saat ke Banyuwangi melintas tol Pasuruan-Probolinggo. Saya sudah sering lewat situ dan sudah hafal banyak sambungan jalan yang gak rata.

Karena keasikan ngebut lupa saat speed 170 kpj baru ingat dan kaget sudah dekat jaraknya ada sambungan jalan gak rata dan sayapun langsung ngerem dan teriak awaaasss....dan mobil serasa mau loncat dan blegg.....lho kok enak ya turunya. Sebelumnya kami agak trauma disini bawa fortuner 140 kpj gubrak-gubrak pontang panting anak dan istri pada teriak. Ini om pengalaman di tol yang paling berkesan dengan suspensi Santafe ini.
ongisnade
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 622
Joined: Thu Apr 18, 2013 11:16

Re: 2019 Hyundai Grand Santafe Ndeso....

Post by ongisnade »

Bulgogi wrote: Sat Jul 11, 2020 15:32 200 kpj masih anteng?

Kok jadi pengen santa fe yaa..

Nova reborn saya mentok di 120 peak comfort nya, lebih dr itu udh kaya naik wahana [emoji16]
Innova empuk om/terlalu empuk, tapi untuk stability perlu banyak modif dikaki-kaki om, pasang sway bar, under brace dll. Saya juga pernah punya Innova om kalau full load bahaya sekali kondisi standard buat ngebut, goyang dombret.
ongisnade
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 622
Joined: Thu Apr 18, 2013 11:16

Re: 2019 Hyundai Grand Santafe Ndeso....

Post by ongisnade »

1203L wrote: Sat Jul 11, 2020 16:35 mobil ini emg juara oom..sy nyoba test drive bensin aja senyapny mnta ampun dan mesinny halus meski ga segarang disel dan bantingan suspensinya itu lho khas eropa banget..Lha wong tucson yg disel crdi aja tarikannya sdh buas apalagi ini..hrs nabung bbrp th utk bs minang mobil idaman itu..selamat ya oom
Ha..ha..ya betul om, bagi kami yang wong ndeso dikelas 500 jutaan santafe ini mobil yang paling nyaman dan kencang yang pernah kami punya om he..he..
ongisnade
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 622
Joined: Thu Apr 18, 2013 11:16

Re: 2019 Hyundai Grand Santafe Ndeso....

Post by ongisnade »

surya wrote: Sat Jul 11, 2020 20:24 Keren reviewnya Om.... sempat pengen pinang mobil ini... tapi bini ga sreg karena mobil korea.... akhirnya kejebak sama CRV Turbo Prestige.... padahal pengen punya mobil Diesel.. selama ini mobil mesin bensin melulu..
Terima kasih om. Kalau bensin tenaga kurang dari 200 HP gak bisa ngebut bawa keluarga om. Speed 200 kpj full load mesin pasti sudah meraung diatas 5000 rpm om, berisik jadinya gak nyaman. Diesel peak power output sudah didapat dibawah 4000 rpm. Kalau bensin peak power output mendekati 6000 rpm, kurang cocok buat ngebut bawa keluarga. Cocoknya buat yang hobby balap, semakin berisik suara mesin makin senang he...he...bisa menaikkan adrenalin
sh00t
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 1254
Joined: Fri Jan 18, 2019 10:39

Re: 2019 Hyundai Grand Santafe Ndeso....

Post by sh00t »

Om, wong TA yah? Disini ada momod @FRD yang wong TA juga. :upss:

Saran aja om, kalo pas di jalan tol kan biasanya ada belokan yang agak belok tuh, mendingan dikurangin speednya om. Soalnya saya pernah running morning over speed, jadinya ngebuang. :big_childish:

Btw, nice review om. :big_exellent:
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32

Re: 2019 Hyundai Grand Santafe Ndeso....

Post by benzz89 »

Om Ong mau tanya torque steering di gen 4 ini gimana Om? Gen 1 gasolin sih mesin 2.4 L nya cukup brutal, ane demen banget bikin spin di traffic light & habis bayar tol, bahkan masuk gigi 2 pun masih bisa spin lagi, jadi 2x spin dia Hahahah... cuman aja itu setir jadi liar, harus dipegang dengan kenceng. Di tikungan kalau lagi akselerasi juga sama, maunya lurus melulu harus dikoreksi pake tenaga dalam [emoji28]

Nonton review di youtube katanya gen 4 ini gejala torque steering masih terasa, mod Chz yang pake gen 3 juga kayanya pernah bilang hal yang sama... yah typical mobil bertenaga & bertorsi besar dengan penggerak roda depan, kecuali Golf MK7, ane pernah pake tanpa ada gejala torque steering sama sekali di segala situasi & kondisi apapun, padahal akselerasinya brutal juga, sampe ane lupa dia juga FWD ternyata [emoji1]
ongisnade
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 622
Joined: Thu Apr 18, 2013 11:16

Re: 2019 Hyundai Grand Santafe Ndeso....

Post by ongisnade »

sh00t wrote: Sun Jul 12, 2020 0:20 Om, wong TA yah? Disini ada momod @FRD yang wong TA juga. :upss:

Saran aja om, kalo pas di jalan tol kan biasanya ada belokan yang agak belok tuh, mendingan dikurangin speednya om. Soalnya saya pernah running morning over speed, jadinya ngebuang. :big_childish:

Btw, nice review om. :big_exellent:
Sebelahe TA om, Blitar. Papinya om FRD ada toko di Blitar saya sering lewat depan tokonya, saya 20 km arah timur dari situ.

Thanks advicenya om.
ongisnade
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 622
Joined: Thu Apr 18, 2013 11:16

Re: 2019 Hyundai Grand Santafe Ndeso....

Post by ongisnade »

benzz89 wrote: Sun Jul 12, 2020 0:53 Om Ong mau tanya torque steering di gen 4 ini gimana Om? Gen 1 gasolin sih mesin 2.4 L nya cukup brutal, ane demen banget bikin spin di traffic light & habis bayar tol, bahkan masuk gigi 2 pun masih bisa spin lagi, jadi 2x spin dia Hahahah... cuman aja itu setir jadi liar, harus dipegang dengan kenceng. Di tikungan kalau lagi akselerasi juga sama, maunya lurus melulu harus dikoreksi pake tenaga dalam [emoji28]

Nonton review di youtube katanya gen 4 ini gejala torque steering masih terasa, mod Chz yang pake gen 3 juga kayanya pernah bilang hal yang sama... yah typical mobil bertenaga & bertorsi besar dengan penggerak roda depan, kecuali Golf MK7, ane pernah pake tanpa ada gejala torque steering sama sekali di segala situasi & kondisi apapun, padahal akselerasinya brutal juga, sampe ane lupa dia juga FWD ternyata [emoji1]
Om benzz, sorry kebetulan saya type family oriented ngebutnya santai selalu bareng keluarga. Baru sekali nyetir sendiri di tol waktu masih baru, belum sempat explore. Jarak ke toll terdekat 60 km (2 jam). Seperti yang sudah saya sampaikan direview atas, saya pilih santafe ini lebih ke family oriented, enak buat ngebut diatas 200 kpj adalah bonus he...he. karena target awal saya hanya enak di speed 150-180 kpj saja. Engineering design MK7 dan Santafe berbeda, MK7 lebih ke arah sport, kalau santafe lebih ke family oriented focusnya, 7 seater. Wajar om pasti MK7 lebih enak buat trek-trekan. Yang saya rasakan saat menikung di kecepatan 200 kpj masih enak dikendalikan, mungkin karena full load jadi down force makin besar ya, lebih lengket dan napak diaspal.

Untuk spin bukanya sudah ada traction control om. Saya waktu ke gunung Kawi ada tanjakan hair pin yg lumayan extreme harus berhenti papasan mobil dan minggir ban sebelah kiri harus keluar aspal. Saat saya gas dengan beban full load hanya terasa greg-greg saja ban sebelah kiri di gravel tidak sampai spin, traction controlnya kerja. Dulu waktu pake Captiva diesel sering jalan ditempat saat lampu merah sengaja ngagetin pak polisi he...he..pake piggyback dan throttle controller saya set di angka 8, senggol dikit langsung berdecit karena di Captiva gak ada traction control.

Kalau gaya nyetir om mirip anak saya sepertinya, waktu dia yang nyetir kami di mobil juga berlima saat mau mendahului ANPS ternyata gak mau disalip, anak saya emosi itu dokkar dikejar dipepet terus dijalan umum non tol sampai anak dan istri teriak2 dia gak perduli dan akhirnya bisa disalip juga. Saya mau video in gaya ngebut nyalipnya malah saya dimarahin istri saya he..he...Nah saat itulah saya baru merasakan ternyata brutal juga ini tenaga santafe saat digeber manual sport mode. Gaya nyetir anak saya mirip kalau di F1 pembalap jaman dulu Allianz BWW si Juan Pablo Montoya he..he gradak-gruduk sruduk sana-sini.

Samapi dirumah baru saya nasihati anak saya.