Maintenance Review BMW E46 325i 2004

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Dat510
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 787
Joined: Sat Jan 03, 2015 12:58

Maintenance Review BMW E46 325i 2004

Post by Dat510 »

Halo rekan2 SM,

Saya mau coba review mobil yang sudah kurang lebih 4.5 tahun menemani saya, yaitu BMW E46 325i tahun 2004. Kalo biasanya yang di review mobil nya atau ownership-nya, saya mau coba review dari sisi lain, yaitu maintenance nya.
Tujuannya buat lebih menggambarkan ke temen2 seperti apa perawatan mobil eropa tua (esp E46 325i), apakah emang rewel atau ternyata reliable? Kebetulan saya selalu simpan bon servis dan maintain service log nya di laptop.


BACKGROUND
Saya beli mobil ini di tanggal 8 Januari 2016, waktu itu ini adalah mobil pertama dan mobil satu2 nya, lalu kenapa saya berani ambil mobil eropa apalagi BMW yang katanya rewel?

Pertama emang seneng sama mobilnya, ini penting karena klo udah seneng rewel2 dikit ya jadi lebih ikhlas ngebenerinnya, klo pepatah jaman dulu bilang “Kalo cinta sudah melekat t4i kucing rasa cokelat”. :glodak:

Kedua saya pengalaman bantu ayah DIY mobil beliau jadi pengetahuan tentang mobil ngga nihil2 banget, minimal tau how the components work, how to treat them properly, how they fail, what to do if they fail.

Ketiga mobil ini bukan alat transportasi utama, saya dlu kerja pakai motor atau naik taksi, jadi klo mobil sampe ngadat yaudah gapapa. Mobil ini selama saya pakai kebanyakan jadi Sunday car, bukan lagi weekend car karena males pake mobil hari sabtu, macheddd….

Pas beli kondisi mobil mungkin sekitar 85%, PR nya:
- Cat di atap sisi kiri rada bule kurleb setelapak tangan
- Peredam panas kap mesin busa nya udah merotol
- Brake disc belakang mulai kemakan
- Kisi AC sisi kiri ngga bisa gerak kanan kiri
- Lampu plat nomor & mikanya hilang 1

Sisanya aman, no fault on the dash, oli mesin baru ganti, kunci lengkap, dokumen2 lengkap termask faktur dan pajak yang baru di bayar di Desember 2015. Odometer sekitar 79 ribu kecil dan langsung dipake2 selama kurleb 1.5 bulan pertama tanpa ngebengkel karena ngga ada penyakit krusial. Sekarang yuk kita mulai bagian seru nya.

2 FEBRUARI 2016
General checkup pertama di Eurokars Kb.Jeruk, rada aneh ya, orang2 general check-up sebelum beli, ini saya sesudah beli, jeda hampir sebulan pula dari beli. haha.. Saat GCU sekalian ada campaign replace passanger airbag. Setelah selesai keluarlah list estimasi penggantian part yang mencapai >40 jt. Hasil GCU mirip kaya hasil inspeksi manual saya, no error code dan part yang critical mesti ganti hanya brake disc belakang dan brake pad. Tapi ada note tambahan di seal leher transmisi, ngga ada netes tapi klo di pegang mulai ada oli2 nya dan visco fan yang mulai keluar oli sedikit. DC GCU 440 rb Incl PPN.

5 FEBRUARI 2016
Belanja pertama beli peredam kap mesin, mau beli yg ori mahal harga nya 1.6 jt, yauda jadinya beli merk v-tech 400 rb terus dibungkus pake kain peredam aslinya, no big deal here.

21 FEBRUARI 2016
Waktunya ngebengkel, bengkel yang disaranin sama teman adalah berdikari motor di PMK, akhirnya kesana, part yang diganti Oli (Shell helix ultra 5W-40), filter oli (mahle), filter bensin (mahle), brake disc depan belakang (Zimmermann), brake pad depan (ATE). Ya penggantian wearable parts aja si. Pas pulang2 bokap nanyain brake disc depan ngapain diganti kan masih bagus, terus saya bingung sendiri, iya juga ya ngapain ganti, wkwk, wong montirnya juga bilang masih bagus. Total cost 3 Juta sahaja, gede di brake disc 4 pcs sekitar 1.9an (btw brake disc 325i beda ukuran dgn 318i & 330i), filter bensin 400an. Oh ya 3 jt blum termasuk oli, oli beli sendiri di toda 200 ribuan per liter dikali 7 jadi 1.4 jt-an.

Tips: Klo temen2 ganti brake disc, perhatiin bahan di bagian yg kaya topi nya yg ngga kena brake pad, besi telanjang atau ada coating nya lagi. Case saya brake disc yg baru bagian itu cuma besi telanjang, seminggu langsung muncul karat apalagi musim hujan. Solusinya saya amplas karatnya sampe kinclong terus semprot pake spray paint yg untuk high temp (dulu pake merk Samurai), saya pake warna clear biar yg beleberan ngga kelihatan, so far sampe sekarang udah 4.5 tahun masih kinclong dan aman ngga ada karat sama sekali.

5 MAY 2016
Pagi2 start mesin, mobil pincang & geter2 di low rpm, langsung cus bengkel, ternyata coil mati 1 (cyl 4 klo ngga salah). DC 350 rb, terus sekalian deh ganti busi, per pcs nya 65 rb x 6 = 390 rb.

11 JUNI 2016
Pagi2 bersihin engine bay, eh kok ada oli2 di pinggir cover klep, cuma meleber dikit bisa di lap tapi kok klo ngga di benerin ngga enak ya, yauda ke bengkel lagi, ganti packing cover klep klo ngga salah total DC 300 apa 400 an sama jasa.

28 JULI 2016
Cerita ini bermula dari 2 minggu sebelumnya (14 Juli), kok mobil pincang lagi ya, cuma kali ini silinder 2, self diagnose cara classic karena ngga punya scanner, tuker2 coil & busi tetep yg mati cyl 2, diliat juga ngga ada basah oli, akhirnya tanggal 21 Juli bawa lagi ke Berdikari PMK, scan & coba2 tuker injector & test pake sensor MAF baru tetep cyl 2 mati. Montir duga kayanya dari DME (ECU) & bilang coba bawa ke bengkel Andi MGK karena Andi ada stock DME.
Sebelum ke Andi saya coba bawa ke Anugrah radal, setelah diagnosa2 diduga juga ECU, Anugrah ngasi estimasi harga 7 jt-an all in karena katanya klo ganti DME harus ganti modul EWS (modul kunci) juga beserta kuncinya, saya skip akhir nya minggu depannya ke Andi, DME dibuka dan di DME nya ada kaya semacem transistor gitu 6 pcs yang ngatur setiap cyl, ternyata transistor 2 nya gosong.
Pas Andi nya liat coil no.2 ada retak, diagnosanya mungkin karena coil nya retak jadi ada semacem resistensi atau voltase gitu saya lupa yg berlebihan & ngerusak si transistor DME nya. Akhir nya ganti ECU copotan & coil untuk cyl 2, total DC 4.2jt (ECU 3.9 jt, coil 300 rb) free jasa karena Mas Andi nya sendiri yg ngerjain, sebenernya mungkin bisa ditawar 4 jt cuma saya ngga nego banyak & kadung seneng mobil bener lagi. Oh ya ternyata di Andi modul EWS nya ngga perlu diganti, cuma butuh synchonize aja.

Note:
1. Sebenernya ECU/DME nya bisa di repair dengan cost yg mungkin cuma sekitar 1 jutaan tapi saya waktu itu ngga sempat karena lagi bolak-balik luar kota.
2. ECU rusak ini sangat jarang di mesin M54 E46, dari semua orang yang saya kenal pakai M54 cuma saya yg kena, mungkin lagi apes. Tapi di E39 bbrp kasus ECU rusak karena lubang buangan air tempat ECU bersarang kekecilan jadi suka mampet dan akhir nya ECU kerendem, solusinya sering2 di bersihin aja.
3. Coil M54 untuk E46 ada 2 merk, bosch dan bremi. Yang bosch body nya kaya dari kayu gitu warna hitam, coil bosch ini yg retak di mobil saya, untuk bremi body nya dari logam silver, kata mas Andi nya dan saya baca2 artikel luar dahulu kala mobil2 dengan coil bosch ada recall di market tertentu dan diganti dengan coil bremi berbody metal. Akhir nya pas ganti coil saya selalu pakai Bremi yg body metal.

28 AGUSTUS 2016
Pagi2 main ke kampus (jadi dosen tamu ceritanya) lewat jalan conblock kok bunyi klutuk2 ya dari belakang, cuss Berdikari lagi, di cek ternyata shock belakang, untuk shock di berdikari ada 3 merk, Sachs, Bilstein, dan Boge, konon katanya Sachs paling empuk, Bilstein paling keras, Boge tengah2, saya ganti merk Bilstein 950rb sama mounting-nya 100 rb sebiji merk lemforder.

18 SEPTEMBER 2016
Cuma spooring & balancing di Andala ban graha raya. Bagus kerjaannya, ban depan belakang di setel (beberapa bengkel terkenal nge-skip belakang bilang ngga bisa di setel) & montir nya bisa jelasin kenapa di set begini begitu.

26 NOVEMBER 2016
Pagi2 cek air radiator kok berkurang ya, mesti nambah sekitar segelas aqua biar full padahal dari beli sampe bulan 10 itu air radiator ngga pernah kurang. Cek pake radiator tester di bengkel, ternyata ada bocor rambut setitik gitu dari samping radiator, kata montir bisa repair, tapi saya pikir daripada repair ngga jelas kualitasnya mending ganti baru sekalian. DC 1.55 jt merk BEHR.

29 DESEMBER 2016
Pagi2 mau start mobil kok bengek ya, gejala aki soak, di cas dulu baru dia kuat start. Akhir nya ganti di Istana Accu Jl. Panjang Kb.Jeruk, pilih merk Dynnex 100A karena garansi 1.5 th, ada amaron juga tapi garansi Cuma 1 th & lebih mahal (klo ngga salah beda 200 rb). Aki lama dari April 2013, arti nya bertahan sekitar 3.5 tahun sahaja. DC aki 2 jt & aki lama dihargain 200 rb. Aki Dynexx tsb masih bertahan sampe sekarang (24-Jul-20).

JANUARI 2017
Selama Januari ini saya ngga ke bengkel sama sekali, tapi cooling system mulai bermasalah, yaitu air radiator suka bocor dari selang yang kejadiannya intermittent dan reservoir retak rambut, indicator air radiator suka nyala tapi saya pake2 aja ngga ada masalah dan ngga overheat, paling cuma topup coolant. Puncaknya di awal Februari selang lepas sendiri saat dipake dan air radiator tumpah, saya pasang lagi selangnya dan berhasil tanpa masalah, tapi bodohnya saya saat top up baut bleeding ngga dibuka, pas jalan jarum temp geser ke kanan & langsung menepi sebelum sampe di zona merah, akhir nya sampe tujuan dengan berhenti2 total sebanyak 3 kali (jarak +- 5 km). Ternyata permasalahannya ada dibawah ini

7 FEBRUARI 2017
Karena mobil lagi demam ngga bisa jalan jauh, panggil montir kerumah & suruh bawa semua part yang mungkin bermasalah. Akhir nya ketahuan masalah utamanya ada di visco fan yang lemah makanya selama januari banyak bocor2 karena visco nya ngga bisa mendinginkan maksimal jd over pressure walaupun ngga sampe overheat. Sementara overheat sebelumnya karena saya ngga bleed dengan benar saat selang lepas. Pas diganti langsung wusss putaran visco fan yg baru jauh lebih joss beda jauh sama yg lama. Abis itu di cek waterpump juga ada sedikit kerak kaya bekas coolant kering disisi sealnya, yauda ganti juga sekalian sama fan belt yg emang udah keliatan kering2 getas. DC visco (BEHR) 700an, waterpump (KWP) 400an, sama fan belt (Continental) 100 ribuan.
Note: setahun sebelumnya saat GCU Beres udah notice tentang Visco fan ini yg mulai keluar oli, harus nya saya ganti aja ya. Tapi lumayan juga tahan hampir 1 tahun dr notice beres.

19 FEBRUARI 2017
Ganti oli & tune up, seperti biasa oli pake SHU 5W-40 ganti tiap 1 tahun / 10rb km. Untuk tune up yang dilakuin motir itu bersih2 busi, bersih2 filter udara, bersih2 filter bensin, bersih2 injector.

22 APRIL 2017
General checkup lagi & sekaligus campaign ganti airbag driver di Tunas BMW Tomang, yang ajaib adalah airbag tetep di ganti tanpa babibu walaupun stir saya udah ganti pake stir M3, ngga banyak alasan stir udah ngga standard. Beda sama temen saya yang ganti setelah saya di dealer BMW dari grup lain, mesti ngotot2an dlu & nunjukkin foto saya yang lagi pamer airbag baru, baru setelah itu digantiin.

8 JULI 2017
Iseng2 ke bengkel cek kaki2, part2 yang pas di cek udah kurang bagus wheel bearing kiri belakang (merk NIS) klo ngga salah 100 apa 200 rbuan, Link stabilizer (Lemforder) kayanya 200an, sama bushing arm (Lemforder) kayanya 300an.

28 AGUSTUS 2017
Akhirnya seal transmisi yang diinfo sama beres mulai ada oli di tahun 2016 menyerah, sekarang olinya udah netes di lantai walaupun sedikit, cuss bawa ke bengkel di daerah BSD, ganti seal leher transmisi, mounting transmisi, dan part2 internal lain yang menurut bengkel lebih baik ganti, total DC 3.6an termasuk jasa.

14 OCTOBER 2017
Spooring & balancing di suatu bengkel besar & terkenal di Joglo Jak-bar, kerjaannya payah menurut saya, masa ban belakang ngga di spooring, untung saya pantau pas mobil diturunin saya tanya “Mas kok belakang nya ngga?” kata mas nya “Belakang ngga ada setelannya, Pak”. What the hell, justru belakang malah lengkap ada setelah chamber & toe, klo depan cuma toe. Akhirnya saya suruh naikin lagi di setel.

6 NOVEMBER 2017
Pagi2 mau jalan loh kok mobil ngga bisa di start sama sekali, Cuma ada suara “tek”, diduga motor starter, akhirnya panggil montir suru bawain motor starter, montir nya bilang bisa di repair cuma males mesti cari waktu lagi dan blum tau hasil repair nya tahan berapa lama, yauda ganti aja merk BOSCH 1.75 jt.

25 FEBRUARI 2018
Waktu nya ganti oli & tune up, bawa mobil ke suatu bengkel di bilangan BSD, yang dikerjain ganti oli mesin (as usual pake SHU 5-40), oli Gardan (pake oli castrol buat transmisi manual klo ngga salah yg 80W-90), oli power steering (Castrol ATF), filter udara (mahle) 100 ribuan, filter AC (Giannini) 200 ribuan, filter oli (mahle) 70 ribuan, dan steering rack copotan Ori 2.5 jt (di Beres 20an jt, di spesialis yg baru 7 - 8 jt an).

Note: steering rack ganti karena speleng setelah dipake temen & ada bonus velg retak juga, diduga kena lubang di high speed, velg nya TW R19 dengan ban tipis. Terus bengkel di BSD ini rada koboi juga, main masukin engine flush carb cleaner dsb tanpa konfirmasi, padahal blum tentu semua orang mau pake engine flush & cleaner2 itu (jadi bukan cuma beres yg begini, wkwk), beda sama Berdikari PMK yg menurut saya lebih oke klo mau apa2 yg keluar biaya lebih pasti confirm dlu.

27 FEBRUARI 2018
Karena abis ganti steering rack maka mobil mesti spooring ulang, minta tolong ayah karena saya lagi di luar kota, akhirnya bawa ke bengkel besar yang ada di Joglo itu karena ayah saya tau nya cuma disitu walaupun kurang sreg karena pengalaman terakhir kurang oke.

4 AGUSTUS 2018
Pagi2 lagi cek engine bay senter2 loh kok itu ada cairan ijo2 nyelip dibawah intake, saya ingat2 cairan warna ijo dimobil cuma air radiator, yauda cuss bengkel lagi ternyata ada 2 selang dibawah intake yg ujungnya udah getas, akhirnya ganti pake genuine BMW, total DC 1.5 termasuk jasa + tilang 500 rb jadi 2 juta.. syitttt…

15 SEPTEMBER 2018
Seal leher transmisi yang ganti di 2017 di bengkel di BSD seperti nya kurang bagus, masa baru 1 th udah meler lagi oli netes, akhirnya bawa ke berdikari PMK, ganti seal nya sekalian engine mounting (Corteco) 400an per pcs & packing oil pan, jasa 1.5 jt, sama oli matic yg kebuang 3 lt @200rb, total DC klo ngga salah 3jt an.

29 DESEMBER 2018
Kaca film depan mulai mengelupas di tengah2, ini ngga tau apa efek dari phone holder model suction cup yg saya pake atau bukan. Karena ngga enak jadi yauda ganti pake v-kool VK40, kenapa vkool? Jadi ceritanya mobil saya dr beli emang dipakein vkool, terus saya pernah nyetir buka kaca kena sorot matahari langsung yang sangat menyengat (sekitar jam 10 apa 11 pagi), pas kacanya di tutup voilaa adem nyess seketika itu panas kayanya 99% ditahan sama kaca film, dari situ saya klo ganti kaca film mesti vkool ogah yg lain.
Terus kenapa yang 40%? Pertama biar ngga terlalu gelap pas malem, kedua sayang aja masa pake mobil bagus yg nyetir ngga kelihatan.

2 MARET 2019
Servis rutin, ganti oli mesin, busi, filter bensin, coil (mati 1 cuma lupa di catet yg mana), Brake pad belakang (ATE) 300 ribuan, Bushing arm (koit setelah kurleb 1.5 th), mika & bohlam lampu bagasi.

26 MAY 2019
Spooring di GBT laras imbang, ini top si, di stel depan belakang, pas spooring mobil di test bawa jalan berkali2 sebelum dinyatakan selesai. Terus montir nya bilang chamber depan ngga bisa di set, saya suru maksimalin dari toe nya aja dan bisa, luruss, jadi ngga bolak balik bengkel. DC 400 rb, mahal tapi puass.

Note: Tiga bulan sebelumnya saya spooring di bengkel besar terkenal dan punya cabang dimana2, saya bawa ke cabang bintaro deket suatu kampus perpajakan, ampas banget, masa spooring 5 menit kelar, yang di set cuma depan dan montir nya keliatan males teler2 gitu. Pas dibawa ya ngga lurus masi miring, tapi saya udah males sama bengkel nya.

12 SEPTEMBER 2019
Siang2 pulang dari bengkel power window benerin power window driver yg seret, keluar mobil, buka pager, balik badan pas mau masuk mobil lagi lah ada aer ijo2, olala air radiator, ibarat pepatah keluar mulut buaya masuk mulut singa. Ternyata thermostat kecil di bagian bawah mampet terus jebol (E46 M54 punya 2 thermostat, satu lagi di atas). Akhirnya ganti Thermostat bawah (kayanya 200an), bracket radiator (ORI) 850 rb, connector pipa cooling system (entah kenapa pipa cooling system M54 ada banyak), dan expansion tank yang retak rambut(BEHR) 600an, mereka ikutan minta ganti karena waktu thermostat mampet ikutan jebol over pressure. Total DC include jasa 2.6 jt.

17 DESEMBER 2019
Ganti wiper BOSCH OEM nya E46, beli di toped terus pasang sendiri, bagus wiper nya bersih & silent. DC 325 rb.

31 JANUARI 2020
Pagi2 lagi mau anter istri cek dokter kandungan & macet tiba2 temp geser kanan, buru2 saya pinggirin sebelum sampe ke zona merah, tiba2 “blupp” terdengan suara letupan disertai asap, rupanya tabung reservoir radiator kebelah dua & asap berasal dari uap coolant. Tersangkanya adalah thermostat atas yg macett. Langsung panggil montir, ganti tabung reservoir dan thermostat. Setelah ganti thermostat ayah saya yg kebetulan juga ada dilokasi bilang “visco fan kayanya udah lemah ya, pelan muternya”, tapi saya denial “kayanya ngga Yah, normal”. Dan ucapan saya tsb terbukti salah, karena durhaka ngga dengerin omongan orang tua, akhirnya saya kena azab di tanggal 23 Februari.

28 FEBRUARI 2020
Seminggu sebelumnya tanggal 23 saya pulang survey2 perumahan, tiba2 jarum temp geser kanan lagi padahal blum sebulan ganti thermostat, langsung menepi sebelum sampai di zona merah, untung deket cuma 1.5 km dr rumah kakak, setelah menepi & temp agak adem langsung mobil dibawa jalan titipin disana.
Seminggu kemudian baru panggil montir, bilang bawa visco fan & thermostat atas, pas dilepas thermostat lama nya memang per nya agak keras, harus nya empuk. Si montir ngeluarin tstat baru dari box, saya test lah kok ini keras juga, sama kaya yg lama, montir nya bilang “emang gitu”, tapi pikiran saya menolak. Akhir nya pasang t.stat baru & visco fan baru, test jalan setelah 2 km temp naik sampe 106 langsung saya matiin mesin & panggil si montir (normally kondisi macet max 101, lancar max 99), akhirnya diambilin lagi t.stat lain dari bengkelnya merk BEHR, pas tes teken nah ini baru bener empuk. Dipasanglah t.stat baru tsb gantiin t.stat sebelumnya yg ternyata defect. Test jalan ke bengkelnya sama si montir ikut di mobil, sekalian ganti oli disana, temp aman sentosa.

Note: lihat record tanggal 7 FEB 2017, seperti nya di kasus ini visco fan lemah jadi akar masalahnya lagi, pendinginan jadi ngga bisa maksimal & ngerusak thermostat, visco baru jauh lebih wuss wusss anginnya, kejanggalan lainnya adalah air wiper sampe 2x nguap semua kering yg berarti engine bay panasnya diatas normal, setelah visco diganti alhamdulillah sampai sekarang aman (24 JUL 2020).

27 JUNI 2020
Ke bengkel ganti part yg saya tau rusak walaupun masi bisa dipake, ganti regulator power window kiri belakang yg macet karena sling nya kusut, karena jendela itu jarang dibuka saya ganti pake buatan taiwan aja 475 rb, klo sisi driver baru pake yg ori. Sekalian ganti karet kopel merk SWAG 425 rb, kuras minyak rem (Genuine BMW) 125 rb, mounting shock depan (Lemforder) 325rb per pcs. Yang paling kerasa adalah rem, setelah kuras minyak rem langsung pakem joss, toel dikit langsung gigit, pakem tapi lembut ngga jerky kaya orang baru belajar nyetir.

4 JULI 2020
Paling terakhir adalah DIY kuras coolant, cuma kuras yang di radiator, ngga berani kuras yg di mesin daripada resiko salah bleeding malah overheat dan takut baut drain nya slek karena sebelumnya ngga pernah dibuka. Kuras coolant ini next saya jadwalin tiap 6 bulan jadi biarpun yg dimesin ngga ikutan di flush ya at least umur nya masih 6 bulan masih seger.

Nah setelah cerita mengenai perawatan & perbaikannya, sekarang kita masuk ke beberapa hal yang juga penting selama saya rawat mobil ini. Btw mobil sekarang udah 99.[cencored] km.

BENGKEL
Saya biasa ngebengkel kombinasi antara Berdikari PMK & Andi MGK. Untuk Berdikari PMK, sepengalaman saya sebagian besar spare part harga nya paling murah dibandingkan bengkel2 lain di jabodetabek, montir-montir nya juga jujur ngga neko2. Untuk Andi MGK, doi jago di transmisi & electrical.

OLI
Oli saya pilih apa aja yang ada approval BMW LL-01 nya (sesuai manual book), selama ini sih pake Shell helix ultra 5W-40, puas mesin halus dan ngga ada penguapan (ngga pernah butuh top up sampe next oil change), next mau coba liquimoly High-Tech yg 5W-40. Biasanya ganti tiap 10k km atau 1 tahun.
Saya ngga pernah beli oli dibengkel karena takut kena palsu, biasa beli dari official store atau di toko yg terpercaya kaya TODA.

COOLANT
Saya pakai prestone yg ready to use, praktis, kalau yg concentrate repot mesti beli air distilasi lagi & ukur2 komposisinya. Ngga berani pakai coolant yg murah2 takut jangan2 cuma air yang dikasih sepuhan biar berwarna, apalagi air biasa, ngeri sama karatnya. Klo temen2 mau tau seberapa mengerikannya logam kena air, coba semprot brake disc terus diemin selama 2 jam, langsung muncul tu flek2 karat nya, atau liat2 video youtube yg test karat coolant vs air biasa.
Oh ya testimoni juga dari montir pas ganti thermostat & waterpump itu komponen2 logamnya masih mulus2, klo yg pakai air biasa katanya pada karat & sompal2.

BENSIN
V-power atau ron 95/98 lainnya, pernah coba pake pertamax tenaga langsung drop kaya Cuma keluar 70% nya. FC bisa sampe 1:16, asalkan di tol lancar & konstan speed. Klo detail nya:

Dalkot macet & padat merayap: 1:5 - 1:6
Dalkot lancar: 1:7 - 1:8
Tol lancar driving seruntulan betot2 gas: 1:10 - 1:13
Tol lancar driving konstan pake cruise control @90 kph: 1:15 - 1:16.5

KESIMPULAN

Jadi gimana kesimpulannya? Reliable ngga ini mobil?

Reliable atau ngga silakan teman2 jawab sendiri ya, karena ukuran reliable tiap orang beda2, disini saya bantu menjabarkan fakta aja berupa riwayat servis. Sayangnya saya ngga ada mobil Jepang yang kelas dan tahunnya berdekatan (Misal Camry atau Accord) buat ngebandingin gimana perawatannya. Mungkin klo ada temen2 yang punya mobil tsb boleh juga di share perawatannya, jangan2 mirip.

Jangan bandingin dengan kelas dibawahnya atau dengan tahun yg baru ya, klo itu si pasti kalah E46 tua saya.

Yak sekian dulu maintenance review dari saya, semoga bermanfaat terutama untuk temen2 yang lagi galau pengen coba German car, walaupun setiap mobil pasti beda ya minimal ada gambaran lah ya.
black2345
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 337
Joined: Wed Sep 30, 2015 9:29

Re: Maintenance Review BMW E46 325i 2004

Post by black2345 »

Harus bener-bener meluangkan waktu & dompet ya miara mobil beginian..

Secara harga seken sudah turun jauh, mengundang mereka yang dompetnya pas-pasan macam ane buat ngelirik brand ini..
Kaleng
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 777
Joined: Thu Aug 27, 2009 4:59
Location: Serpong
Daily Vehicle: Brio Dipanjangin

Re: Maintenance Review BMW E46 325i 2004

Post by Kaleng »

super sekali review perawatan mobilnya om. kok bisa masih ingat per kejadian seperti apa, apakah dicatat seperti diari ?
User avatar
pendoli
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1278
Joined: Fri Jan 01, 2016 14:51

Re: Maintenance Review BMW E46 325i 2004

Post by pendoli »

Mantap om, sangat detail dan membuka mata. Memang harus kasi ekstra care ya miara modern classic gini
Smileage lebih penting dari mileage :mky_08:
clk230i
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 35
Joined: Sun Sep 03, 2017 16:10
Location: bandung

Re: Maintenance Review BMW E46 325i 2004

Post by clk230i »

keren om. detail banget ini rinciannya. saya pengguna e46 juga om, tapi n42. kayaknya semua bon disimpen semua ya.
martinnn
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2899
Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
Location: Jabodetabek
Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box

Re: Maintenance Review BMW E46 325i 2004

Post by martinnn »

Wah cukup menyita waktu pikiran Dan uang ya
:big_biglaugh:
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1559
Joined: Sun May 22, 2016 4:20

Re: Maintenance Review BMW E46 325i 2004

Post by pengendiesel »

Mantap sharingnya om :big_exellent:
E46 salah 1 model biem yang ane demen banget sampe detik ini.

Jadi keingat dulu pelihara w202, tiap kali starter selalu sambil berdoa supaya semuanya normal.
Pernah overheat sekali, yang kepanasan mobilnya, tapi yang keringatan (dingin) ownernya. Bingung nepinya di mana, pulangnya gimana, perbaikannya abis berapa :big_biglaugh:
iwansiagian
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 426
Joined: Sat Jan 12, 2008 12:45
Location: Bekasi
Daily Vehicle: ANKI 2GD-2019

Re: Maintenance Review BMW E46 325i 2004

Post by iwansiagian »

Dat510 wrote:Halo rekan2 SM,

Saya mau coba review mobil yang sudah kurang lebih 4.5 tahun menemani saya, yaitu BMW E46 325i tahun 2004. Kalo biasanya yang di review mobil nya atau ownership-nya, saya mau coba review dari sisi lain, yaitu maintenance nya.
Tujuannya buat lebih menggambarkan ke temen2 seperti apa perawatan mobil eropa tua (esp E46 325i), apakah emang rewel atau ternyata reliable? Kebetulan saya selalu simpan bon servis dan maintain service log nya di laptop.


BACKGROUND
Saya beli mobil ini di tanggal 8 Januari 2016, waktu itu ini adalah mobil pertama dan mobil satu2 nya, lalu kenapa saya berani ambil mobil eropa apalagi BMW yang katanya rewel?

Pertama emang seneng sama mobilnya, ini penting karena klo udah seneng rewel2 dikit ya jadi lebih ikhlas ngebenerinnya, klo pepatah jaman dulu bilang “Kalo cinta sudah melekat t4i kucing rasa cokelat”. :glodak:

Kedua saya pengalaman bantu ayah DIY mobil beliau jadi pengetahuan tentang mobil ngga nihil2 banget, minimal tau how the components work, how to treat them properly, how they fail, what to do if they fail.

Ketiga mobil ini bukan alat transportasi utama, saya dlu kerja pakai motor atau naik taksi, jadi klo mobil sampe ngadat yaudah gapapa. Mobil ini selama saya pakai kebanyakan jadi Sunday car, bukan lagi weekend car karena males pake mobil hari sabtu, macheddd….

Pas beli kondisi mobil mungkin sekitar 85%, PR nya:
- Cat di atap sisi kiri rada bule kurleb setelapak tangan
- Peredam panas kap mesin busa nya udah merotol
- Brake disc belakang mulai kemakan
- Kisi AC sisi kiri ngga bisa gerak kanan kiri
- Lampu plat nomor & mikanya hilang 1

Sisanya aman, no fault on the dash, oli mesin baru ganti, kunci lengkap, dokumen2 lengkap termask faktur dan pajak yang baru di bayar di Desember 2015. Odometer sekitar 79 ribu kecil dan langsung dipake2 selama kurleb 1.5 bulan pertama tanpa ngebengkel karena ngga ada penyakit krusial. Sekarang yuk kita mulai bagian seru nya.

2 FEBRUARI 2016
General checkup pertama di Eurokars Kb.Jeruk, rada aneh ya, orang2 general check-up sebelum beli, ini saya sesudah beli, jeda hampir sebulan pula dari beli. haha.. Saat GCU sekalian ada campaign replace passanger airbag. Setelah selesai keluarlah list estimasi penggantian part yang mencapai >40 jt. Hasil GCU mirip kaya hasil inspeksi manual saya, no error code dan part yang critical mesti ganti hanya brake disc belakang dan brake pad. Tapi ada note tambahan di seal leher transmisi, ngga ada netes tapi klo di pegang mulai ada oli2 nya dan visco fan yang mulai keluar oli sedikit. DC GCU 440 rb Incl PPN.

5 FEBRUARI 2016
Belanja pertama beli peredam kap mesin, mau beli yg ori mahal harga nya 1.6 jt, yauda jadinya beli merk v-tech 400 rb terus dibungkus pake kain peredam aslinya, no big deal here.

21 FEBRUARI 2016
Waktunya ngebengkel, bengkel yang disaranin sama teman adalah berdikari motor di PMK, akhirnya kesana, part yang diganti Oli (Shell helix ultra 5W-40), filter oli (mahle), filter bensin (mahle), brake disc depan belakang (Zimmermann), brake pad depan (ATE). Ya penggantian wearable parts aja si. Pas pulang2 bokap nanyain brake disc depan ngapain diganti kan masih bagus, terus saya bingung sendiri, iya juga ya ngapain ganti, wkwk, wong montirnya juga bilang masih bagus. Total cost 3 Juta sahaja, gede di brake disc 4 pcs sekitar 1.9an (btw brake disc 325i beda ukuran dgn 318i & 330i), filter bensin 400an. Oh ya 3 jt blum termasuk oli, oli beli sendiri di toda 200 ribuan per liter dikali 7 jadi 1.4 jt-an.

Tips: Klo temen2 ganti brake disc, perhatiin bahan di bagian yg kaya topi nya yg ngga kena brake pad, besi telanjang atau ada coating nya lagi. Case saya brake disc yg baru bagian itu cuma besi telanjang, seminggu langsung muncul karat apalagi musim hujan. Solusinya saya amplas karatnya sampe kinclong terus semprot pake spray paint yg untuk high temp (dulu pake merk Samurai), saya pake warna clear biar yg beleberan ngga kelihatan, so far sampe sekarang udah 4.5 tahun masih kinclong dan aman ngga ada karat sama sekali.

5 MAY 2016
Pagi2 start mesin, mobil pincang & geter2 di low rpm, langsung cus bengkel, ternyata coil mati 1 (cyl 4 klo ngga salah). DC 350 rb, terus sekalian deh ganti busi, per pcs nya 65 rb x 6 = 390 rb.

11 JUNI 2016
Pagi2 bersihin engine bay, eh kok ada oli2 di pinggir cover klep, cuma meleber dikit bisa di lap tapi kok klo ngga di benerin ngga enak ya, yauda ke bengkel lagi, ganti packing cover klep klo ngga salah total DC 300 apa 400 an sama jasa.

28 JULI 2016
Cerita ini bermula dari 2 minggu sebelumnya (14 Juli), kok mobil pincang lagi ya, cuma kali ini silinder 2, self diagnose cara classic karena ngga punya scanner, tuker2 coil & busi tetep yg mati cyl 2, diliat juga ngga ada basah oli, akhirnya tanggal 21 Juli bawa lagi ke Berdikari PMK, scan & coba2 tuker injector & test pake sensor MAF baru tetep cyl 2 mati. Montir duga kayanya dari DME (ECU) & bilang coba bawa ke bengkel Andi MGK karena Andi ada stock DME.
Sebelum ke Andi saya coba bawa ke Anugrah radal, setelah diagnosa2 diduga juga ECU, Anugrah ngasi estimasi harga 7 jt-an all in karena katanya klo ganti DME harus ganti modul EWS (modul kunci) juga beserta kuncinya, saya skip akhir nya minggu depannya ke Andi, DME dibuka dan di DME nya ada kaya semacem transistor gitu 6 pcs yang ngatur setiap cyl, ternyata transistor 2 nya gosong.
Pas Andi nya liat coil no.2 ada retak, diagnosanya mungkin karena coil nya retak jadi ada semacem resistensi atau voltase gitu saya lupa yg berlebihan & ngerusak si transistor DME nya. Akhir nya ganti ECU copotan & coil untuk cyl 2, total DC 4.2jt (ECU 3.9 jt, coil 300 rb) free jasa karena Mas Andi nya sendiri yg ngerjain, sebenernya mungkin bisa ditawar 4 jt cuma saya ngga nego banyak & kadung seneng mobil bener lagi. Oh ya ternyata di Andi modul EWS nya ngga perlu diganti, cuma butuh synchonize aja.

Note:
1. Sebenernya ECU/DME nya bisa di repair dengan cost yg mungkin cuma sekitar 1 jutaan tapi saya waktu itu ngga sempat karena lagi bolak-balik luar kota.
2. ECU rusak ini sangat jarang di mesin M54 E46, dari semua orang yang saya kenal pakai M54 cuma saya yg kena, mungkin lagi apes. Tapi di E39 bbrp kasus ECU rusak karena lubang buangan air tempat ECU bersarang kekecilan jadi suka mampet dan akhir nya ECU kerendem, solusinya sering2 di bersihin aja.
3. Coil M54 untuk E46 ada 2 merk, bosch dan bremi. Yang bosch body nya kaya dari kayu gitu warna hitam, coil bosch ini yg retak di mobil saya, untuk bremi body nya dari logam silver, kata mas Andi nya dan saya baca2 artikel luar dahulu kala mobil2 dengan coil bosch ada recall di market tertentu dan diganti dengan coil bremi berbody metal. Akhir nya pas ganti coil saya selalu pakai Bremi yg body metal.

28 AGUSTUS 2016
Pagi2 main ke kampus (jadi dosen tamu ceritanya) lewat jalan conblock kok bunyi klutuk2 ya dari belakang, cuss Berdikari lagi, di cek ternyata shock belakang, untuk shock di berdikari ada 3 merk, Sachs, Bilstein, dan Boge, konon katanya Sachs paling empuk, Bilstein paling keras, Boge tengah2, saya ganti merk Bilstein 950rb sama mounting-nya 100 rb sebiji merk lemforder.

18 SEPTEMBER 2016
Cuma spooring & balancing di Andala ban graha raya. Bagus kerjaannya, ban depan belakang di setel (beberapa bengkel terkenal nge-skip belakang bilang ngga bisa di setel) & montir nya bisa jelasin kenapa di set begini begitu.

26 NOVEMBER 2016
Pagi2 cek air radiator kok berkurang ya, mesti nambah sekitar segelas aqua biar full padahal dari beli sampe bulan 10 itu air radiator ngga pernah kurang. Cek pake radiator tester di bengkel, ternyata ada bocor rambut setitik gitu dari samping radiator, kata montir bisa repair, tapi saya pikir daripada repair ngga jelas kualitasnya mending ganti baru sekalian. DC 1.55 jt merk BEHR.

29 DESEMBER 2016
Pagi2 mau start mobil kok bengek ya, gejala aki soak, di cas dulu baru dia kuat start. Akhir nya ganti di Istana Accu Jl. Panjang Kb.Jeruk, pilih merk Dynnex 100A karena garansi 1.5 th, ada amaron juga tapi garansi Cuma 1 th & lebih mahal (klo ngga salah beda 200 rb). Aki lama dari April 2013, arti nya bertahan sekitar 3.5 tahun sahaja. DC aki 2 jt & aki lama dihargain 200 rb. Aki Dynexx tsb masih bertahan sampe sekarang (24-Jul-20).

JANUARI 2017
Selama Januari ini saya ngga ke bengkel sama sekali, tapi cooling system mulai bermasalah, yaitu air radiator suka bocor dari selang yang kejadiannya intermittent dan reservoir retak rambut, indicator air radiator suka nyala tapi saya pake2 aja ngga ada masalah dan ngga overheat, paling cuma topup coolant. Puncaknya di awal Februari selang lepas sendiri saat dipake dan air radiator tumpah, saya pasang lagi selangnya dan berhasil tanpa masalah, tapi bodohnya saya saat top up baut bleeding ngga dibuka, pas jalan jarum temp geser ke kanan & langsung menepi sebelum sampe di zona merah, akhir nya sampe tujuan dengan berhenti2 total sebanyak 3 kali (jarak +- 5 km). Ternyata permasalahannya ada dibawah ini

7 FEBRUARI 2017
Karena mobil lagi demam ngga bisa jalan jauh, panggil montir kerumah & suruh bawa semua part yang mungkin bermasalah. Akhir nya ketahuan masalah utamanya ada di visco fan yang lemah makanya selama januari banyak bocor2 karena visco nya ngga bisa mendinginkan maksimal jd over pressure walaupun ngga sampe overheat. Sementara overheat sebelumnya karena saya ngga bleed dengan benar saat selang lepas. Pas diganti langsung wusss putaran visco fan yg baru jauh lebih joss beda jauh sama yg lama. Abis itu di cek waterpump juga ada sedikit kerak kaya bekas coolant kering disisi sealnya, yauda ganti juga sekalian sama fan belt yg emang udah keliatan kering2 getas. DC visco (BEHR) 700an, waterpump (KWP) 400an, sama fan belt (Continental) 100 ribuan.
Note: setahun sebelumnya saat GCU Beres udah notice tentang Visco fan ini yg mulai keluar oli, harus nya saya ganti aja ya. Tapi lumayan juga tahan hampir 1 tahun dr notice beres.

19 FEBRUARI 2017
Ganti oli & tune up, seperti biasa oli pake SHU 5W-40 ganti tiap 1 tahun / 10rb km. Untuk tune up yang dilakuin motir itu bersih2 busi, bersih2 filter udara, bersih2 filter bensin, bersih2 injector.

22 APRIL 2017
General checkup lagi & sekaligus campaign ganti airbag driver di Tunas BMW Tomang, yang ajaib adalah airbag tetep di ganti tanpa babibu walaupun stir saya udah ganti pake stir M3, ngga banyak alasan stir udah ngga standard. Beda sama temen saya yang ganti setelah saya di dealer BMW dari grup lain, mesti ngotot2an dlu & nunjukkin foto saya yang lagi pamer airbag baru, baru setelah itu digantiin.

8 JULI 2017
Iseng2 ke bengkel cek kaki2, part2 yang pas di cek udah kurang bagus wheel bearing kiri belakang (merk NIS) klo ngga salah 100 apa 200 rbuan, Link stabilizer (Lemforder) kayanya 200an, sama bushing arm (Lemforder) kayanya 300an.

28 AGUSTUS 2017
Akhirnya seal transmisi yang diinfo sama beres mulai ada oli di tahun 2016 menyerah, sekarang olinya udah netes di lantai walaupun sedikit, cuss bawa ke bengkel di daerah BSD, ganti seal leher transmisi, mounting transmisi, dan part2 internal lain yang menurut bengkel lebih baik ganti, total DC 3.6an termasuk jasa.

14 OCTOBER 2017
Spooring & balancing di suatu bengkel besar & terkenal di Joglo Jak-bar, kerjaannya payah menurut saya, masa ban belakang ngga di spooring, untung saya pantau pas mobil diturunin saya tanya “Mas kok belakang nya ngga?” kata mas nya “Belakang ngga ada setelannya, Pak”. What the hell, justru belakang malah lengkap ada setelah chamber & toe, klo depan cuma toe. Akhirnya saya suruh naikin lagi di setel.

6 NOVEMBER 2017
Pagi2 mau jalan loh kok mobil ngga bisa di start sama sekali, Cuma ada suara “tek”, diduga motor starter, akhirnya panggil montir suru bawain motor starter, montir nya bilang bisa di repair cuma males mesti cari waktu lagi dan blum tau hasil repair nya tahan berapa lama, yauda ganti aja merk BOSCH 1.75 jt.

25 FEBRUARI 2018
Waktu nya ganti oli & tune up, bawa mobil ke suatu bengkel di bilangan BSD, yang dikerjain ganti oli mesin (as usual pake SHU 5-40), oli Gardan (pake oli castrol buat transmisi manual klo ngga salah yg 80W-90), oli power steering (Castrol ATF), filter udara (mahle) 100 ribuan, filter AC (Giannini) 200 ribuan, filter oli (mahle) 70 ribuan, dan steering rack copotan Ori 2.5 jt (di Beres 20an jt, di spesialis yg baru 7 - 8 jt an).

Note: steering rack ganti karena speleng setelah dipake temen & ada bonus velg retak juga, diduga kena lubang di high speed, velg nya TW R19 dengan ban tipis. Terus bengkel di BSD ini rada koboi juga, main masukin engine flush carb cleaner dsb tanpa konfirmasi, padahal blum tentu semua orang mau pake engine flush & cleaner2 itu (jadi bukan cuma beres yg begini, wkwk), beda sama Berdikari PMK yg menurut saya lebih oke klo mau apa2 yg keluar biaya lebih pasti confirm dlu.

27 FEBRUARI 2018
Karena abis ganti steering rack maka mobil mesti spooring ulang, minta tolong ayah karena saya lagi di luar kota, akhirnya bawa ke bengkel besar yang ada di Joglo itu karena ayah saya tau nya cuma disitu walaupun kurang sreg karena pengalaman terakhir kurang oke.

4 AGUSTUS 2018
Pagi2 lagi cek engine bay senter2 loh kok itu ada cairan ijo2 nyelip dibawah intake, saya ingat2 cairan warna ijo dimobil cuma air radiator, yauda cuss bengkel lagi ternyata ada 2 selang dibawah intake yg ujungnya udah getas, akhirnya ganti pake genuine BMW, total DC 1.5 termasuk jasa + tilang 500 rb jadi 2 juta.. syitttt…

15 SEPTEMBER 2018
Seal leher transmisi yang ganti di 2017 di bengkel di BSD seperti nya kurang bagus, masa baru 1 th udah meler lagi oli netes, akhirnya bawa ke berdikari PMK, ganti seal nya sekalian engine mounting (Corteco) 400an per pcs & packing oil pan, jasa 1.5 jt, sama oli matic yg kebuang 3 lt @200rb, total DC klo ngga salah 3jt an.

29 DESEMBER 2018
Kaca film depan mulai mengelupas di tengah2, ini ngga tau apa efek dari phone holder model suction cup yg saya pake atau bukan. Karena ngga enak jadi yauda ganti pake v-kool VK40, kenapa vkool? Jadi ceritanya mobil saya dr beli emang dipakein vkool, terus saya pernah nyetir buka kaca kena sorot matahari langsung yang sangat menyengat (sekitar jam 10 apa 11 pagi), pas kacanya di tutup voilaa adem nyess seketika itu panas kayanya 99% ditahan sama kaca film, dari situ saya klo ganti kaca film mesti vkool ogah yg lain.
Terus kenapa yang 40%? Pertama biar ngga terlalu gelap pas malem, kedua sayang aja masa pake mobil bagus yg nyetir ngga kelihatan.

2 MARET 2019
Servis rutin, ganti oli mesin, busi, filter bensin, coil (mati 1 cuma lupa di catet yg mana), Brake pad belakang (ATE) 300 ribuan, Bushing arm (koit setelah kurleb 1.5 th), mika & bohlam lampu bagasi.

26 MAY 2019
Spooring di GBT laras imbang, ini top si, di stel depan belakang, pas spooring mobil di test bawa jalan berkali2 sebelum dinyatakan selesai. Terus montir nya bilang chamber depan ngga bisa di set, saya suru maksimalin dari toe nya aja dan bisa, luruss, jadi ngga bolak balik bengkel. DC 400 rb, mahal tapi puass.

Note: Tiga bulan sebelumnya saya spooring di bengkel besar terkenal dan punya cabang dimana2, saya bawa ke cabang bintaro deket suatu kampus perpajakan, ampas banget, masa spooring 5 menit kelar, yang di set cuma depan dan montir nya keliatan males teler2 gitu. Pas dibawa ya ngga lurus masi miring, tapi saya udah males sama bengkel nya.

12 SEPTEMBER 2019
Siang2 pulang dari bengkel power window benerin power window driver yg seret, keluar mobil, buka pager, balik badan pas mau masuk mobil lagi lah ada aer ijo2, olala air radiator, ibarat pepatah keluar mulut buaya masuk mulut singa. Ternyata thermostat kecil di bagian bawah mampet terus jebol (E46 M54 punya 2 thermostat, satu lagi di atas). Akhirnya ganti Thermostat bawah (kayanya 200an), bracket radiator (ORI) 850 rb, connector pipa cooling system (entah kenapa pipa cooling system M54 ada banyak), dan expansion tank yang retak rambut(BEHR) 600an, mereka ikutan minta ganti karena waktu thermostat mampet ikutan jebol over pressure. Total DC include jasa 2.6 jt.

17 DESEMBER 2019
Ganti wiper BOSCH OEM nya E46, beli di toped terus pasang sendiri, bagus wiper nya bersih & silent. DC 325 rb.

31 JANUARI 2020
Pagi2 lagi mau anter istri cek dokter kandungan & macet tiba2 temp geser kanan, buru2 saya pinggirin sebelum sampe ke zona merah, tiba2 “blupp” terdengan suara letupan disertai asap, rupanya tabung reservoir radiator kebelah dua & asap berasal dari uap coolant. Tersangkanya adalah thermostat atas yg macett. Langsung panggil montir, ganti tabung reservoir dan thermostat. Setelah ganti thermostat ayah saya yg kebetulan juga ada dilokasi bilang “visco fan kayanya udah lemah ya, pelan muternya”, tapi saya denial “kayanya ngga Yah, normal”. Dan ucapan saya tsb terbukti salah, karena durhaka ngga dengerin omongan orang tua, akhirnya saya kena azab di tanggal 23 Februari.

28 FEBRUARI 2020
Seminggu sebelumnya tanggal 23 saya pulang survey2 perumahan, tiba2 jarum temp geser kanan lagi padahal blum sebulan ganti thermostat, langsung menepi sebelum sampai di zona merah, untung deket cuma 1.5 km dr rumah kakak, setelah menepi & temp agak adem langsung mobil dibawa jalan titipin disana.
Seminggu kemudian baru panggil montir, bilang bawa visco fan & thermostat atas, pas dilepas thermostat lama nya memang per nya agak keras, harus nya empuk. Si montir ngeluarin tstat baru dari box, saya test lah kok ini keras juga, sama kaya yg lama, montir nya bilang “emang gitu”, tapi pikiran saya menolak. Akhir nya pasang t.stat baru & visco fan baru, test jalan setelah 2 km temp naik sampe 106 langsung saya matiin mesin & panggil si montir (normally kondisi macet max 101, lancar max 99), akhirnya diambilin lagi t.stat lain dari bengkelnya merk BEHR, pas tes teken nah ini baru bener empuk. Dipasanglah t.stat baru tsb gantiin t.stat sebelumnya yg ternyata defect. Test jalan ke bengkelnya sama si montir ikut di mobil, sekalian ganti oli disana, temp aman sentosa.

Note: lihat record tanggal 7 FEB 2017, seperti nya di kasus ini visco fan lemah jadi akar masalahnya lagi, pendinginan jadi ngga bisa maksimal & ngerusak thermostat, visco baru jauh lebih wuss wusss anginnya, kejanggalan lainnya adalah air wiper sampe 2x nguap semua kering yg berarti engine bay panasnya diatas normal, setelah visco diganti alhamdulillah sampai sekarang aman (24 JUL 2020).

27 JUNI 2020
Ke bengkel ganti part yg saya tau rusak walaupun masi bisa dipake, ganti regulator power window kiri belakang yg macet karena sling nya kusut, karena jendela itu jarang dibuka saya ganti pake buatan taiwan aja 475 rb, klo sisi driver baru pake yg ori. Sekalian ganti karet kopel merk SWAG 425 rb, kuras minyak rem (Genuine BMW) 125 rb, mounting shock depan (Lemforder) 325rb per pcs. Yang paling kerasa adalah rem, setelah kuras minyak rem langsung pakem joss, toel dikit langsung gigit, pakem tapi lembut ngga jerky kaya orang baru belajar nyetir.

4 JULI 2020
Paling terakhir adalah DIY kuras coolant, cuma kuras yang di radiator, ngga berani kuras yg di mesin daripada resiko salah bleeding malah overheat dan takut baut drain nya slek karena sebelumnya ngga pernah dibuka. Kuras coolant ini next saya jadwalin tiap 6 bulan jadi biarpun yg dimesin ngga ikutan di flush ya at least umur nya masih 6 bulan masih seger.

Nah setelah cerita mengenai perawatan & perbaikannya, sekarang kita masuk ke beberapa hal yang juga penting selama saya rawat mobil ini. Btw mobil sekarang udah 99.[cencored] km.

BENGKEL
Saya biasa ngebengkel kombinasi antara Berdikari PMK & Andi MGK. Untuk Berdikari PMK, sepengalaman saya sebagian besar spare part harga nya paling murah dibandingkan bengkel2 lain di jabodetabek, montir-montir nya juga jujur ngga neko2. Untuk Andi MGK, doi jago di transmisi & electrical.

OLI
Oli saya pilih apa aja yang ada approval BMW LL-01 nya (sesuai manual book), selama ini sih pake Shell helix ultra 5W-40, puas mesin halus dan ngga ada penguapan (ngga pernah butuh top up sampe next oil change), next mau coba liquimoly High-Tech yg 5W-40. Biasanya ganti tiap 10k km atau 1 tahun.
Saya ngga pernah beli oli dibengkel karena takut kena palsu, biasa beli dari official store atau di toko yg terpercaya kaya TODA.

COOLANT
Saya pakai prestone yg ready to use, praktis, kalau yg concentrate repot mesti beli air distilasi lagi & ukur2 komposisinya. Ngga berani pakai coolant yg murah2 takut jangan2 cuma air yang dikasih sepuhan biar berwarna, apalagi air biasa, ngeri sama karatnya. Klo temen2 mau tau seberapa mengerikannya logam kena air, coba semprot brake disc terus diemin selama 2 jam, langsung muncul tu flek2 karat nya, atau liat2 video youtube yg test karat coolant vs air biasa.
Oh ya testimoni juga dari montir pas ganti thermostat & waterpump itu komponen2 logamnya masih mulus2, klo yg pakai air biasa katanya pada karat & sompal2.

BENSIN
V-power atau ron 95/98 lainnya, pernah coba pake pertamax tenaga langsung drop kaya Cuma keluar 70% nya. FC bisa sampe 1:16, asalkan di tol lancar & konstan speed. Klo detail nya:

Dalkot macet & padat merayap: 1:5 - 1:6
Dalkot lancar: 1:7 - 1:8
Tol lancar driving seruntulan betot2 gas: 1:10 - 1:13
Tol lancar driving konstan pake cruise control @90 kph: 1:15 - 1:16.5

KESIMPULAN

Jadi gimana kesimpulannya? Reliable ngga ini mobil?

Reliable atau ngga silakan teman2 jawab sendiri ya, karena ukuran reliable tiap orang beda2, disini saya bantu menjabarkan fakta aja berupa riwayat servis. Sayangnya saya ngga ada mobil Jepang yang kelas dan tahunnya berdekatan (Misal Camry atau Accord) buat ngebandingin gimana perawatannya. Mungkin klo ada temen2 yang punya mobil tsb boleh juga di share perawatannya, jangan2 mirip.

Jangan bandingin dengan kelas dibawahnya atau dengan tahun yg baru ya, klo itu si pasti kalah E46 tua saya.

Yak sekian dulu maintenance review dari saya, semoga bermanfaat terutama untuk temen2 yang lagi galau pengen coba German car, walaupun setiap mobil pasti beda ya minimal ada gambaran lah ya.
Sampai sekarang masih suka model BMW nya ini. Timeless

Terimakasih sharing nyaa Om
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32

Re: Maintenance Review BMW E46 325i 2004

Post by benzz89 »

Sparepart buat baling2 bambu tuwir umur 16 taon sih gak mihul2 amat yah, cuman aja ini mobil gak bisa dijadikan mobil utama, bisa dag-dig-duk saat start mau jalan.

Ada2 aja masalahnya, dari yang merembet sampai yang berulang2 kejadiannya. Biarpun sanggup beli & pelihara tapi iman ane blom kuat ama dag-dig-duk nya [emoji38]
User avatar
alvin23
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1965
Joined: Mon Jan 01, 2007 2:58
Location: CGK-BDO-JOG

Re: Maintenance Review BMW E46 325i 2004

Post by alvin23 »

Damn, uang sih bisa dicari...

Waktu yg susa [emoji1787]
Masa harus cuti buat urusin mobil


Mantap om biemnya, pasti terbayar dengan sheer driving pleasure
Rocky R ADS CVT 2021
idlamahilang
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 339
Joined: Fri Jul 01, 2016 10:16

Re: Maintenance Review BMW E46 325i 2004

Post by idlamahilang »

Wah Om nya teliti dan telaten ya dalam merawat E46, ingat per case dan biayanya. Kalau sekarang udah jalan berapa om E46 nya?
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Maintenance Review BMW E46 325i 2004

Post by kunaskun »

luar biasa. total DC selintas sudah separuh harga mobilnya, belum hitung waktunya tapi ya namanya demi cinta. :emo-big_love: :big_exellent: :big_smoking: :mky_08:
Sinclaire
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 176
Joined: Sun May 01, 2016 7:00

Re: Maintenance Review BMW E46 325i 2004

Post by Sinclaire »

yah kalau udah cinta.. mau gimana....


:ngacir:
epinjose
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 244
Joined: Fri Dec 27, 2013 11:59

Re: Maintenance Review BMW E46 325i 2004

Post by epinjose »

luar biasa dandanin nya ditelateni satu2..

Saya sempat ikut bapak piara 318 FL, beli akhir 2002 bonus foglamp dan 6 airbags (vin 2003), jual di 2013 sampe saya bertekad untuk tidak meminang germans seumur hidup.. haha

bengkel langganan bapak dulu ada 3..
BAW jalan panjang,
Berdikari pmk
berkat bsd autopart (yg di hoek)

Sejauh service yang paling sering dikunjungi berdikari PMK.
Yang ingat pertama kali service langsung dibawa ke BAW (bukan resmi), waktu itu N42 masih baru dan sy ikut lihat montir sempat kesusahan buka box air filter karena harus copot 1 belalai di sblh kanan.. mungkin N42 pertama yg masuk kesitu ya..

beliau pelihara s/d 2013 n jual sama service record nya satu bundel pake paperclip hitam yg paling gede.. hehe..

kenapa saya ndak mau germans? karena kebetulan jg sy disuru bapak pakai (pdhl sudah gak mau karena waktu sering overheat) menuju acara "penting" dan... mogok ditengah macet parah nya untar, berujung towing oleh truk polisi balik kerumah.. pdhl waktu itu malam "peresmian"

sebabny transmission failure, mesin lngs mati (posisi masih D) dan indikator gear tanda seru nyala di samping "D".
AT Solenoid valve dan ATF yg di ganti (km 100rb an seinget saya..dan yup ATF ganti di 100rb krn bapak sy diinfo ATFnya BMW long life)

selebihnya kerusakan hanya seputaran:
Overheat (ganti selang, reservoir retak, radiator)
packing seal rembes
mesin pincang (ini suaranya jd kayak motor harley)
panel plastik bbrp titik getas (terutama grille depan copot sebelah).
kaki depan gluduk2 wajar krn umur.
kain plafon turun

dijual 2013 km 120rb an lebih ditukar pajero, happy s/d skrng walo prestis turun. hehe
sealplayerz
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 203
Joined: Wed Aug 17, 2016 13:37

Re: Maintenance Review BMW E46 325i 2004

Post by sealplayerz »

Sheer repairing pleasure nyamain sheer driving peasure, langganan hampir tiap bulan ke bengkel :big_chicken:
Sampai sekarang masih gak sanggup dana, tenaga, pikiran, waktu untuk pelihara merek eropa :ngacir:
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4580
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Maintenance Review BMW E46 325i 2004

Post by Pboyz97 »

Nice sharing and review om

Dan , saya salut sama om TS yg berani ambil mobil eropa, apalagi eropa seken tahun tua sebagai mobil satu2nya wkwkwk

Mobil E46 325I 2004 sempat menjadi salah satu kandidat buat pengganti xpander karena desainnya yg timeless serta handling dan peforma yang oke . Cuma karena tahunnya yg terlalu tua, akhirnya mundur teratur. Dan kalo biaya perawatannya, memang , namanya mobil eropa yg udah berumur, pasti ada aja yg mesti diganti, cuma kalau sudah cinta sama mobilnya, mungkin biaya tersebut akan terasa worth karena E46 ini kalau sehat akan menjadi mobil dengan peforma , handling, dan driving feel yang oke which is gak kalah sama mobil keluaran terbaru sekalipun

Btw saya ijin nyimak dulu ya buat TS nya, saya juga ingin mendalami tentang BMW E46 ini, karena saya tertarik untuk memiliki E46 325I 2004 ini sebagai weekend car saya dikemudian hari, meskipun bukan dalam jangka waktu dekat (minimal 3 tahun lagi deh baru berani wkwkwk)

Dan E46 merupakan salah 1 mobil yg timeless, dan cukup memorable buat saya. Dulu tahun 2008, sempet dipinjemin E46 323I PFL tahun 2000 selama 2 minggu punya sodara dan impresinya sangat positif. Handling oke, fitur lengkap, tarikan juga kenceng, serta enak banget buat kebut - kebutan dan selap - selip. Mobil tersebut dibeli seken oleh sodara saya tahun 2007 lalu. Namun sayang, karena keterbatasan waktu, berhubung sodara saya sudah berkeluarga dan punya anak + kalo servis bmw ini biasa di spesialis dan telaten + rutin,tapi karena udah berkeluarga udh gaada waktu lagi buat ngurusin mobil + urusan pekerjaan juga, akhirnya tahun 2016 mobil tersebut sudah jarang dipake dan dibiarkan saja jogrok di garasi selama 2 tahun , dan akhirnya tahun 2018 dijual dengan kondisi apa adanya + penyakit
- Shock depan ambles
- Matic jebol
- Paking seal kena
- Oli rembes (bocor semua)
- Racksteering juga kena
Dan laku di angka 40-50 jt saat itu kalo gasalah dengan kondisi apa adanya. Setelah itu, pake yaris lele sampe sekarang , dan happy karena mobilnya awet biarpun harus turun kelas dari E46
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
goodwill
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 158
Joined: Wed Jan 14, 2009 8:34

Re: Maintenance Review BMW E46 325i 2004

Post by goodwill »

Ni mobil enak sih, dulu pas 2002 pake yg baru keluar setahun 200kmh mah gampang banget. Ya sebetulnya kalau gak mau bolak-balik, budgetin aja in my opinion. Say misal belinya 100, budgetin aja 45juta, semua yg cenderung harus ganti lsg ganti parts baru.
qushay20019
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1047
Joined: Mon Dec 05, 2016 20:50
Location: Makassar

Re: Maintenance Review BMW E46 325i 2004

Post by qushay20019 »

Jadi inget lika-liku ane ngerawat Fiesta ipar ane sama City VTEC adek ane. Iya sih, keduanya itu masih di bawah kasta baling2 biru, tapi repotnya sama kalo udah mulai penyakitan.
Kalo om TS sampe inget tiap bulan & tiap bonnya, itu pasti krn catatan bonnya rapi & nganter ke bengkel sendiri semua (pengalaman pribadi ane juga soalnya) :upss: :big_peace:
User avatar
ipat
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 679
Joined: Thu Oct 29, 2015 17:33

Re: Maintenance Review BMW E46 325i 2004

Post by ipat »

Mantep nih totalitas "melihara" bmw
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32

Re: Maintenance Review BMW E46 325i 2004

Post by benzz89 »

goodwill wrote:Ni mobil enak sih, dulu pas 2002 pake yg baru keluar setahun 200kmh mah gampang banget. Ya sebetulnya kalau gak mau bolak-balik, budgetin aja in my opinion. Say misal belinya 100, budgetin aja 45juta, semua yg cenderung harus ganti lsg ganti parts baru.
Ini ane setuju ama Om Goodwill, mengutip kata2 Om NR, kalau beli germans second & sudah niat pakai jangka panjang, pas habis beli langsung masukin bengkel resmi, bilang ama bengkelnya "ganti baru part2 yang seharusnya sudah perlu diganti... at any cost".

Mungkin biayanya bisa habis seharga beli mobil secondnya atau bahkan bisa lebih, tapi setelah itu mau dipake 5 taon (seharusnya) sudah tidak ada masalah lagi.

Kalau logika ane, mungkin harga barunya mobil ini dulu sekitar 400-500 jutaan. Sekarang eksekusi di harga 100 juta, full restorasi di bengkel resmi 100-an juta, pake lagi 5 taon tanpa was2, pas mau jual lagi yang beli juga pada antri karena sudah full restorasi dengan part OEM di bengkel resmi. Harga jualnya juga bisa kita buka diatas harga pasaran.

Kasih liat aja kwitansinya sebagai bukti record. Ini kita bicara kalau hati sudah kadung jatuh cinta (seperti kata Om TS, tai ayam rasa coklat [emoji16]) & mau pakai jangka (agak) panjang. Masalahnya jarang orang yang pemikirannya seperti Om NR ini & ane salut ama pemikiran beliau... *kangen ama Om NR*
User avatar
Dat510
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 787
Joined: Sat Jan 03, 2015 12:58

Re: Maintenance Review BMW E46 325i 2004

Post by Dat510 »

Terima kasih buat om2 yang udah meluangkan waktu baca review acak2an saya. :mky_01:

Saya ngga bisa quote satu2, untuk yang menanyakan kenapa bisa sampe hafal per kejadian itu seperti yang om @qushay20019 bilang, karena catatan servis lengkap dan semua saya sendiri yang bawa mobil nya, jadi ada memori tersendiri. Wkwk

Pendapat saya sendiri yang saya rasakan, sering ngebengkel nya itu di tahun pertama kepemilikan, tapi setelah itu relatif lebih jarang, setahun sekitar 2-3 kali aja butuh ngebengkel (diluar perawatan rutin ganti oli & spooring balancing). Reliability nya untuk weekend car IMHO cukup lah, most of the time saya bisa menikmati mobilnya sama keluarga. Saya sempet pakai harian juga menerjang badai kemacetan Jakarta, saat itu mobil sehat jadi ngga ada masalah apa2, yang bermasalah malah saya nya misuh2 ini ke kantor mesti pagi2 & pulang ngga sampe2 akhirnya balik motor lagi, tapi saya ngga tau kalo penggunaan harian untuk jangka panjang gimana.

Untuk harga part juga menurut saya relatif murah, klo ada dananya mungkin bisa ikutin saran om @goodwill , siapin dana 40-50 jt ganti semua part yang bisa diganti, klo di berdikari kayanya bisa dapet hampir semua nya (complete kaki2, complete engine coolong system, brake system, dll dll) buat nikmatin mobilnya tanpa repot2 benerin satu2 per kejadian rusak.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15551
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Maintenance Review BMW E46 325i 2004

Post by ChZ »

Kereeeeen sekali om... :mky_02:

ini baru namanya niat. puasnya pasti seimbang sama spendingnya :big_grin:

ampir tiap bulan ke bengkel, tp buat orang yang memang hobi mobil dan ngebengkel + ada waktu luang buat ngurusin bginian malah jatohnya seru :mky_02:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Poporing
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 625
Joined: Sun Jun 14, 2020 6:46
Location: Jkt
Daily Vehicle: honda

Re: Maintenance Review BMW E46 325i 2004

Post by Poporing »

sorry, noob here..
apakah om TS ada ngepost foto?
takutnya saya ga bisa liat...

kalo belum ada, buat om TS, diupload donk poto dari luar, dalem, disc brake, ama engine bay...
hehehe

btw, mantap om sharingnya..... :big_okay:
martinnn
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2899
Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
Location: Jabodetabek
Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box

Re: Maintenance Review BMW E46 325i 2004

Post by martinnn »

:mky_03: :mky_03:

Image
:big_biglaugh:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26914
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Maintenance Review BMW E46 325i 2004

Post by DOHC »

Hmmm... mana neh om konstantin ama om kompre.. pengguna shirrr driving plesur dan ketua club 3S jg... ad temennya neh

Btw TS nya sehh telaten, ampe servis2 aj dicatetin rapi gt, pas lah megang biem
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir: