Wuling Almaz, tembus 50.000 km...

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: F 272, b8099ok, ginting, FRD, artoodetoo, y_anjasrana

Or4cle
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 862
Joined: 02 Nov 2016, 08:59

Re: Wuling Almaz, tembus 50.000 km...

Post by Or4cle »

b0ku wrote: 27 Aug 2021, 10:56
Or4cle wrote: 28 Aug 2020, 17:01

Dulu Jazz GE8/Civic FD pakai geared AT walaupun inhouse, masih gak terlalu refine transmisinya ; lemot di RPM bawah & boros.
Sekarang jamannya CVT, Geared AT sudah ketinggalan jaman kalau DCT masih terlalu komplek secara mechanical & software.
apakah salah di gearboxnya??? karena saya pasangin ecushop boost v2 buat atur sensitif bukaan throtlenya larinya jadi enak banget dan lebih response :big_think:

ditambah honda emang karakter mesinnya lemot di tarikan bawah makannya kenapa pake SOHC :big_think:

kalo saya bilang selama ini potensinya dirusak sama setelan bukaan throtle yang ampas, sebelom ge8 saya pasang ecushop pajero saya ud enak banget abis overhaul ganti pipa depan, sekarang malah tuh pajero malah jadi gak enak karena tiap di gas jadi berasa delay....... :big_bored:
Mbah dekan Omnibus bilang ada yg beda geared AT nya.
Kemungkinan di setelan throtle bisa juga, injakan gas gak sensitif ada delay sekian detik baru respons.
slapnuts
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 324
Joined: 18 Nov 2012, 19:16

Re: Wuling Almaz, tembus 50.000 km...

Post by slapnuts »

Auanz wrote: 26 Aug 2020, 17:35
Bodohnya orang2 banyak yg pake cvt tp ga tau cara pakenya. Main asal gas geber3. Yaaa ngeslip itu transmisi. Masuk safemode. Di kirain ATM conventional yg semakin di gas semakin kenceng.
Ahh ga juga om, yang bodoh orangnya atau mobilnya yak? Saya pakai cvt GK5, Outlander dan HRV 1.8 adik, sering main manual di tol dan luar kota, geber-geber untuk italian tune up, main tiptronik di tanjakan panjang tawangmangu-sarangan, bromo via pasuruan, dieng via tambi, kawah ijen via banyuwangi, semuanya no problemo, ga ada istilah safemode atau overheat yang mengharuskan menepi untuk mendinginkan.

Yang saya perhatikan di grup Almaz/DFSK dan video Youtube, ini mobil transmisinya gampang masuk safemode, entah RnD yang kurang matang untuk jalan Indo atau memang butuh ATF Cooler. Yang lucu komen dan saran-saran di video tersebut yang katanya gaboleh RPM tinggi di tanjakan, jangan main manual di tanjakan dsb. Banyak bener aturannya.
vincewonk
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 469
Joined: 27 Dec 2007, 02:33
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Gojek

Re: Wuling Almaz, tembus 50.000 km...

Post by vincewonk »

slapnuts wrote: Yesterday, 21:04
Auanz wrote: 26 Aug 2020, 17:35
Bodohnya orang2 banyak yg pake cvt tp ga tau cara pakenya. Main asal gas geber3. Yaaa ngeslip itu transmisi. Masuk safemode. Di kirain ATM conventional yg semakin di gas semakin kenceng.
Ahh ga juga om, yang bodoh orangnya atau mobilnya yak? Saya pakai cvt GK5, Outlander dan HRV 1.8 adik, sering main manual di tol dan luar kota, geber-geber untuk italian tune up, main tiptronik di tanjakan panjang tawangmangu-sarangan, bromo via pasuruan, dieng via tambi, kawah ijen via banyuwangi, semuanya no problemo, ga ada istilah safemode atau overheat yang mengharuskan menepi untuk mendinginkan.

Yang saya perhatikan di grup Almaz/DFSK dan video Youtube, ini mobil transmisinya gampang masuk safemode, entah RnD yang kurang matang untuk jalan Indo atau memang butuh ATF Cooler. Yang lucu komen dan saran-saran di video tersebut yang katanya gaboleh RPM tinggi di tanjakan, jangan main manual di tanjakan dsb. Banyak bener aturannya.
Paling hebat pas naik corolla 1.6 cng matic yg jd taxi di thailand. Kbetulan drivernya bs bhs inggris. Bawanya wah schumacher abis hahaha. 2019 ngejar pesawat di suvarnabhumi ngebut2 lari 140 150 pedal to the metal.
Ternyata udah 420rb km, cvtnya masih smooth. Masih asli dr baru gearboxnya. :big_chicken:
User avatar
alvin23
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1740
Joined: 01 Jan 2007, 09:58
Location: CGK-BDO-JOG

Re: Wuling Almaz, tembus 50.000 km...

Post by alvin23 »

vincewonk wrote: Today, 00:10
slapnuts wrote: Yesterday, 21:04
Auanz wrote: 26 Aug 2020, 17:35
Bodohnya orang2 banyak yg pake cvt tp ga tau cara pakenya. Main asal gas geber3. Yaaa ngeslip itu transmisi. Masuk safemode. Di kirain ATM conventional yg semakin di gas semakin kenceng.
Ahh ga juga om, yang bodoh orangnya atau mobilnya yak? Saya pakai cvt GK5, Outlander dan HRV 1.8 adik, sering main manual di tol dan luar kota, geber-geber untuk italian tune up, main tiptronik di tanjakan panjang tawangmangu-sarangan, bromo via pasuruan, dieng via tambi, kawah ijen via banyuwangi, semuanya no problemo, ga ada istilah safemode atau overheat yang mengharuskan menepi untuk mendinginkan.

Yang saya perhatikan di grup Almaz/DFSK dan video Youtube, ini mobil transmisinya gampang masuk safemode, entah RnD yang kurang matang untuk jalan Indo atau memang butuh ATF Cooler. Yang lucu komen dan saran-saran di video tersebut yang katanya gaboleh RPM tinggi di tanjakan, jangan main manual di tanjakan dsb. Banyak bener aturannya.
Paling hebat pas naik corolla 1.6 cng matic yg jd taxi di thailand. Kbetulan drivernya bs bhs inggris. Bawanya wah schumacher abis hahaha. 2019 ngejar pesawat di suvarnabhumi ngebut2 lari 140 150 pedal to the metal.
Ternyata udah 420rb km, cvtnya masih smooth. Masih asli dr baru gearboxnya. :big_chicken:
Supir taksi thailand kl udh suruh ngebut emang jago. Sy jg pernah tuh buru2 ke suvarna, Innova tp yg dipake ngetrack hahaha
Captiva LTZ 2017
Yaris S A/T 2012
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 11201
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Wuling Almaz, tembus 50.000 km...

Post by ChZ »

slapnuts wrote: Yesterday, 21:04
Auanz wrote: 26 Aug 2020, 17:35
Bodohnya orang2 banyak yg pake cvt tp ga tau cara pakenya. Main asal gas geber3. Yaaa ngeslip itu transmisi. Masuk safemode. Di kirain ATM conventional yg semakin di gas semakin kenceng.
Ahh ga juga om, yang bodoh orangnya atau mobilnya yak? Saya pakai cvt GK5, Outlander dan HRV 1.8 adik, sering main manual di tol dan luar kota, geber-geber untuk italian tune up, main tiptronik di tanjakan panjang tawangmangu-sarangan, bromo via pasuruan, dieng via tambi, kawah ijen via banyuwangi, semuanya no problemo, ga ada istilah safemode atau overheat yang mengharuskan menepi untuk mendinginkan.

Yang saya perhatikan di grup Almaz/DFSK dan video Youtube, ini mobil transmisinya gampang masuk safemode, entah RnD yang kurang matang untuk jalan Indo atau memang butuh ATF Cooler. Yang lucu komen dan saran-saran di video tersebut yang katanya gaboleh RPM tinggi di tanjakan, jangan main manual di tanjakan dsb. Banyak bener aturannya.
dari logika postnya aja udah ngaco.

"main gas asal geber geber ya ngeslip itu transmisi".

semua transmisi matic (AT / CVT) ya pasti ngeslip kalo digeber. orang torcon nya belum lock-up. ada perbedaan speed antara torcon dan engine itu pasti selip dan again balik ke fine tuning AT/CVTnya. tp sifatnya cuma meminimalisir kecepatan lock nya.

"AT konvensional digas makin kenceng"

wrong again, digas kenceng dan enggak itu kan powerband, klo powerbandnya bengek di atas ya mau dikasih manual close ratio pun digeber tetep gak kemana-mana juga.

udah 2021 ini, avanza aja udah pake cvt.... klo cvt seringkih dan selemah itu hari ini jalan gak macet coy yang rame bengkel antri semua. klo tinggal di kota metro macem jakarta sih di jalan 70% nya aja mobil baru artinya most of them pake cvt dan udah pasti cara pakenya gak semua alus. klo ada cvt yang hobi masuk safe mode ya memang kurang fine tuned aja pake acara nyalahin usernya :big_bored:

contoh paling jelasnya HRV sih yang batch pertama aja masih muter muter keliaran di jalan.
2011 Toyota XU30 / 2016 XP170
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1
2019 Mitsubishi NC1W

https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
b0ku
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1400
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Wuling Almaz, tembus 50.000 km...

Post by b0ku »

slapnuts wrote: Yesterday, 21:04
Ahh ga juga om, yang bodoh orangnya atau mobilnya yak? Saya pakai cvt GK5, Outlander dan HRV 1.8 adik, sering main manual di tol dan luar kota, geber-geber untuk italian tune up, main tiptronik di tanjakan panjang tawangmangu-sarangan, bromo via pasuruan, dieng via tambi, kawah ijen via banyuwangi, semuanya no problemo, ga ada istilah safemode atau overheat yang mengharuskan menepi untuk mendinginkan.

Yang saya perhatikan di grup Almaz/DFSK dan video Youtube, ini mobil transmisinya gampang masuk safemode, entah RnD yang kurang matang untuk jalan Indo atau memang butuh ATF Cooler. Yang lucu komen dan saran-saran di video tersebut yang katanya gaboleh RPM tinggi di tanjakan, jangan main manual di tanjakan dsb. Banyak bener aturannya.
cvt boleh beli dari bosch turbonya beli dari honeywell mungkin cuma asal plek tempel gelinding ud tuningnya gak di test kemana2x cuma di test di jalan datar :big_biglaugh:
ChZ wrote: 50 minutes ago
dari logika postnya aja udah ngaco.

"main gas asal geber geber ya ngeslip itu transmisi".

semua transmisi matic (AT / CVT) ya pasti ngeslip kalo digeber. orang torcon nya belum lock-up. ada perbedaan speed antara torcon dan engine itu pasti selip dan again balik ke fine tuning AT/CVTnya. tp sifatnya cuma meminimalisir kecepatan lock nya.

"AT konvensional digas makin kenceng"

wrong again, digas kenceng dan enggak itu kan powerband, klo powerbandnya bengek di atas ya mau dikasih manual close ratio pun digeber tetep gak kemana-mana juga.

udah 2021 ini, avanza aja udah pake cvt.... klo cvt seringkih dan selemah itu hari ini jalan gak macet coy yang rame bengkel antri semua. klo tinggal di kota metro macem jakarta sih di jalan 70% nya aja mobil baru artinya most of them pake cvt dan udah pasti cara pakenya gak semua alus. klo ada cvt yang hobi masuk safe mode ya memang kurang fine tuned aja pake acara nyalahin usernya :big_bored:

contoh paling jelasnya HRV sih yang batch pertama aja masih muter muter keliaran di jalan.
jd inget livina L11 ud demen2x dapet pinjeman kantor L11 115hp :mky_02:

eeeeh gak tau CVTnya kaduut parah 115hp buat nutupin CVTnya aja gak dapet malah lebih loyo dari 4ATnya asal nempel doank tuh cvt kalo di bejek ngeden parah........ :big_biglaugh:

pas pertama bawa CVT honda mobilio baru kaget buseet CVT kenceng jugaaa.... :big_biglaugh:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 11201
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Wuling Almaz, tembus 50.000 km...

Post by ChZ »

b0ku wrote: 41 minutes ago
cvt boleh beli dari bosch turbonya beli dari honeywell mungkin cuma asal plek tempel gelinding ud tuningnya gak di test kemana2x cuma di test di jalan datar :big_biglaugh:

jd inget livina L11 ud demen2x dapet pinjeman kantor L11 115hp :mky_02:

eeeeh gak tau CVTnya kaduut parah 115hp buat nutupin CVTnya aja gak dapet malah lebih loyo dari 4ATnya asal nempel doank tuh cvt kalo di bejek ngeden parah........ :big_biglaugh:

pas pertama bawa CVT honda mobilio baru kaget buseet CVT kenceng jugaaa.... :big_biglaugh:
makanya gw yang heran tuh kenapa nama besar supplier jadi bahan promosi buseet ketauan marketnya bukan orang ngerti mobil ini mah. klo orang ngerti mobil ya biasa aja liat mobil capnya apa isinya apa. gak tau aja turbo oem tuh banyak yang mitsubishi punya capnya.

tar udah cape cape jelekin mobil jepang eh partnya sama lagi suppliernya jepang :big_biglaugh: diliat dulu tuh electronic ama AC pake apa jangan2 denso lagi

biasanya klo blom pernah coba CVT enak, pasti bilang CVT itu lemot bla bla bla. ya klo masih living in early 2000s ya bener atau minimal beli mobil baru CVT yang gak terlalu proper fine tuningnya. soalnya CVT tuh emang transmisi paling enak tuning bisa lebih fleksibel dengan biaya rendah cukup mainin rasio pulley dan modif pake torcon / clutch mechanism makanya banyak dipake.

orang ini civic ama CRV mobil satu platform nyaris share ampir semua komponen sama aja bisa dibedain tuning CVTnya. malah maren gw baru liat ada orang ud brani modif CVTnya civic biar kuat handle torsi lebih kan gila.
2011 Toyota XU30 / 2016 XP170
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1
2019 Mitsubishi NC1W

https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
User avatar
Pugman
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1428
Joined: 16 Aug 2014, 11:39

Re: Wuling Almaz, tembus 50.000 km...

Post by Pugman »

ChZ wrote: 20 minutes ago
b0ku wrote: 41 minutes ago
cvt boleh beli dari bosch turbonya beli dari honeywell mungkin cuma asal plek tempel gelinding ud tuningnya gak di test kemana2x cuma di test di jalan datar :big_biglaugh:

jd inget livina L11 ud demen2x dapet pinjeman kantor L11 115hp :mky_02:

eeeeh gak tau CVTnya kaduut parah 115hp buat nutupin CVTnya aja gak dapet malah lebih loyo dari 4ATnya asal nempel doank tuh cvt kalo di bejek ngeden parah........ :big_biglaugh:

pas pertama bawa CVT honda mobilio baru kaget buseet CVT kenceng jugaaa.... :big_biglaugh:
makanya gw yang heran tuh kenapa nama besar supplier jadi bahan promosi buseet ketauan marketnya bukan orang ngerti mobil ini mah. klo orang ngerti mobil ya biasa aja liat mobil capnya apa isinya apa. gak tau aja turbo oem tuh banyak yang mitsubishi punya capnya.

tar udah cape cape jelekin mobil jepang eh partnya sama lagi suppliernya jepang :big_biglaugh: diliat dulu tuh electronic ama AC pake apa jangan2 denso lagi

biasanya klo blom pernah coba CVT enak, pasti bilang CVT itu lemot bla bla bla. ya klo masih living in early 2000s ya bener atau minimal beli mobil baru CVT yang gak terlalu proper fine tuningnya. soalnya CVT tuh emang transmisi paling enak tuning bisa lebih fleksibel dengan biaya rendah cukup mainin rasio pulley dan modif pake torcon / clutch mechanism makanya banyak dipake.

orang ini civic ama CRV mobil satu platform nyaris share ampir semua komponen sama aja bisa dibedain tuning CVTnya. malah maren gw baru liat ada orang ud brani modif CVTnya civic biar kuat handle torsi lebih kan gila.
Jadi inget Peugeot 107, dibuka kap mesin, eh mesinnya Toyota Aygo 😂😂
Post Reply