Wuling Almaz, tembus 50.000 km...

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: F 272, b8099ok, ginting, FRD, artoodetoo, y_anjasrana

Or4cle
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 868
Joined: 02 Nov 2016, 08:59

Re: Wuling Almaz, tembus 50.000 km...

Post by Or4cle »

b0ku wrote: 27 Aug 2021, 10:56
Or4cle wrote: 28 Aug 2020, 17:01

Dulu Jazz GE8/Civic FD pakai geared AT walaupun inhouse, masih gak terlalu refine transmisinya ; lemot di RPM bawah & boros.
Sekarang jamannya CVT, Geared AT sudah ketinggalan jaman kalau DCT masih terlalu komplek secara mechanical & software.
apakah salah di gearboxnya??? karena saya pasangin ecushop boost v2 buat atur sensitif bukaan throtlenya larinya jadi enak banget dan lebih response :big_think:

ditambah honda emang karakter mesinnya lemot di tarikan bawah makannya kenapa pake SOHC :big_think:

kalo saya bilang selama ini potensinya dirusak sama setelan bukaan throtle yang ampas, sebelom ge8 saya pasang ecushop pajero saya ud enak banget abis overhaul ganti pipa depan, sekarang malah tuh pajero malah jadi gak enak karena tiap di gas jadi berasa delay....... :big_bored:
Mbah dekan Omnibus bilang ada yg beda geared AT nya.
Kemungkinan di setelan throtle bisa juga, injakan gas gak sensitif ada delay sekian detik baru respons.
slapnuts
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 324
Joined: 18 Nov 2012, 19:16

Re: Wuling Almaz, tembus 50.000 km...

Post by slapnuts »

Auanz wrote: 26 Aug 2020, 17:35
Bodohnya orang2 banyak yg pake cvt tp ga tau cara pakenya. Main asal gas geber3. Yaaa ngeslip itu transmisi. Masuk safemode. Di kirain ATM conventional yg semakin di gas semakin kenceng.
Ahh ga juga om, yang bodoh orangnya atau mobilnya yak? Saya pakai cvt GK5, Outlander dan HRV 1.8 adik, sering main manual di tol dan luar kota, geber-geber untuk italian tune up, main tiptronik di tanjakan panjang tawangmangu-sarangan, bromo via pasuruan, dieng via tambi, kawah ijen via banyuwangi, semuanya no problemo, ga ada istilah safemode atau overheat yang mengharuskan menepi untuk mendinginkan.

Yang saya perhatikan di grup Almaz/DFSK dan video Youtube, ini mobil transmisinya gampang masuk safemode, entah RnD yang kurang matang untuk jalan Indo atau memang butuh ATF Cooler. Yang lucu komen dan saran-saran di video tersebut yang katanya gaboleh RPM tinggi di tanjakan, jangan main manual di tanjakan dsb. Banyak bener aturannya.
vincewonk
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 473
Joined: 27 Dec 2007, 02:33
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Gojek

Re: Wuling Almaz, tembus 50.000 km...

Post by vincewonk »

slapnuts wrote: 30 Nov 2021, 21:04
Auanz wrote: 26 Aug 2020, 17:35
Bodohnya orang2 banyak yg pake cvt tp ga tau cara pakenya. Main asal gas geber3. Yaaa ngeslip itu transmisi. Masuk safemode. Di kirain ATM conventional yg semakin di gas semakin kenceng.
Ahh ga juga om, yang bodoh orangnya atau mobilnya yak? Saya pakai cvt GK5, Outlander dan HRV 1.8 adik, sering main manual di tol dan luar kota, geber-geber untuk italian tune up, main tiptronik di tanjakan panjang tawangmangu-sarangan, bromo via pasuruan, dieng via tambi, kawah ijen via banyuwangi, semuanya no problemo, ga ada istilah safemode atau overheat yang mengharuskan menepi untuk mendinginkan.

Yang saya perhatikan di grup Almaz/DFSK dan video Youtube, ini mobil transmisinya gampang masuk safemode, entah RnD yang kurang matang untuk jalan Indo atau memang butuh ATF Cooler. Yang lucu komen dan saran-saran di video tersebut yang katanya gaboleh RPM tinggi di tanjakan, jangan main manual di tanjakan dsb. Banyak bener aturannya.
Paling hebat pas naik corolla 1.6 cng matic yg jd taxi di thailand. Kbetulan drivernya bs bhs inggris. Bawanya wah schumacher abis hahaha. 2019 ngejar pesawat di suvarnabhumi ngebut2 lari 140 150 pedal to the metal.
Ternyata udah 420rb km, cvtnya masih smooth. Masih asli dr baru gearboxnya. :big_chicken:
User avatar
alvin23
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1740
Joined: 01 Jan 2007, 09:58
Location: CGK-BDO-JOG

Re: Wuling Almaz, tembus 50.000 km...

Post by alvin23 »

vincewonk wrote: 01 Dec 2021, 00:10
slapnuts wrote: 30 Nov 2021, 21:04
Auanz wrote: 26 Aug 2020, 17:35
Bodohnya orang2 banyak yg pake cvt tp ga tau cara pakenya. Main asal gas geber3. Yaaa ngeslip itu transmisi. Masuk safemode. Di kirain ATM conventional yg semakin di gas semakin kenceng.
Ahh ga juga om, yang bodoh orangnya atau mobilnya yak? Saya pakai cvt GK5, Outlander dan HRV 1.8 adik, sering main manual di tol dan luar kota, geber-geber untuk italian tune up, main tiptronik di tanjakan panjang tawangmangu-sarangan, bromo via pasuruan, dieng via tambi, kawah ijen via banyuwangi, semuanya no problemo, ga ada istilah safemode atau overheat yang mengharuskan menepi untuk mendinginkan.

Yang saya perhatikan di grup Almaz/DFSK dan video Youtube, ini mobil transmisinya gampang masuk safemode, entah RnD yang kurang matang untuk jalan Indo atau memang butuh ATF Cooler. Yang lucu komen dan saran-saran di video tersebut yang katanya gaboleh RPM tinggi di tanjakan, jangan main manual di tanjakan dsb. Banyak bener aturannya.
Paling hebat pas naik corolla 1.6 cng matic yg jd taxi di thailand. Kbetulan drivernya bs bhs inggris. Bawanya wah schumacher abis hahaha. 2019 ngejar pesawat di suvarnabhumi ngebut2 lari 140 150 pedal to the metal.
Ternyata udah 420rb km, cvtnya masih smooth. Masih asli dr baru gearboxnya. :big_chicken:
Supir taksi thailand kl udh suruh ngebut emang jago. Sy jg pernah tuh buru2 ke suvarna, Innova tp yg dipake ngetrack hahaha
Captiva LTZ 2017
Yaris S A/T 2012
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 11219
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Wuling Almaz, tembus 50.000 km...

Post by ChZ »

slapnuts wrote: 30 Nov 2021, 21:04
Auanz wrote: 26 Aug 2020, 17:35
Bodohnya orang2 banyak yg pake cvt tp ga tau cara pakenya. Main asal gas geber3. Yaaa ngeslip itu transmisi. Masuk safemode. Di kirain ATM conventional yg semakin di gas semakin kenceng.
Ahh ga juga om, yang bodoh orangnya atau mobilnya yak? Saya pakai cvt GK5, Outlander dan HRV 1.8 adik, sering main manual di tol dan luar kota, geber-geber untuk italian tune up, main tiptronik di tanjakan panjang tawangmangu-sarangan, bromo via pasuruan, dieng via tambi, kawah ijen via banyuwangi, semuanya no problemo, ga ada istilah safemode atau overheat yang mengharuskan menepi untuk mendinginkan.

Yang saya perhatikan di grup Almaz/DFSK dan video Youtube, ini mobil transmisinya gampang masuk safemode, entah RnD yang kurang matang untuk jalan Indo atau memang butuh ATF Cooler. Yang lucu komen dan saran-saran di video tersebut yang katanya gaboleh RPM tinggi di tanjakan, jangan main manual di tanjakan dsb. Banyak bener aturannya.
dari logika postnya aja udah ngaco.

"main gas asal geber geber ya ngeslip itu transmisi".

semua transmisi matic (AT / CVT) ya pasti ngeslip kalo digeber. orang torcon nya belum lock-up. ada perbedaan speed antara torcon dan engine itu pasti selip dan again balik ke fine tuning AT/CVTnya. tp sifatnya cuma meminimalisir kecepatan lock nya.

"AT konvensional digas makin kenceng"

wrong again, digas kenceng dan enggak itu kan powerband, klo powerbandnya bengek di atas ya mau dikasih manual close ratio pun digeber tetep gak kemana-mana juga.

udah 2021 ini, avanza aja udah pake cvt.... klo cvt seringkih dan selemah itu hari ini jalan gak macet coy yang rame bengkel antri semua. klo tinggal di kota metro macem jakarta sih di jalan 70% nya aja mobil baru artinya most of them pake cvt dan udah pasti cara pakenya gak semua alus. klo ada cvt yang hobi masuk safe mode ya memang kurang fine tuned aja pake acara nyalahin usernya :big_bored:

contoh paling jelasnya HRV sih yang batch pertama aja masih muter muter keliaran di jalan.
2011 Toyota XU30 / 2016 XP170
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1
2019 Mitsubishi NC1W

https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
b0ku
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1414
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Wuling Almaz, tembus 50.000 km...

Post by b0ku »

slapnuts wrote: 30 Nov 2021, 21:04
Ahh ga juga om, yang bodoh orangnya atau mobilnya yak? Saya pakai cvt GK5, Outlander dan HRV 1.8 adik, sering main manual di tol dan luar kota, geber-geber untuk italian tune up, main tiptronik di tanjakan panjang tawangmangu-sarangan, bromo via pasuruan, dieng via tambi, kawah ijen via banyuwangi, semuanya no problemo, ga ada istilah safemode atau overheat yang mengharuskan menepi untuk mendinginkan.

Yang saya perhatikan di grup Almaz/DFSK dan video Youtube, ini mobil transmisinya gampang masuk safemode, entah RnD yang kurang matang untuk jalan Indo atau memang butuh ATF Cooler. Yang lucu komen dan saran-saran di video tersebut yang katanya gaboleh RPM tinggi di tanjakan, jangan main manual di tanjakan dsb. Banyak bener aturannya.
cvt boleh beli dari bosch turbonya beli dari honeywell mungkin cuma asal plek tempel gelinding ud tuningnya gak di test kemana2x cuma di test di jalan datar :big_biglaugh:
ChZ wrote: 01 Dec 2021, 09:54
dari logika postnya aja udah ngaco.

"main gas asal geber geber ya ngeslip itu transmisi".

semua transmisi matic (AT / CVT) ya pasti ngeslip kalo digeber. orang torcon nya belum lock-up. ada perbedaan speed antara torcon dan engine itu pasti selip dan again balik ke fine tuning AT/CVTnya. tp sifatnya cuma meminimalisir kecepatan lock nya.

"AT konvensional digas makin kenceng"

wrong again, digas kenceng dan enggak itu kan powerband, klo powerbandnya bengek di atas ya mau dikasih manual close ratio pun digeber tetep gak kemana-mana juga.

udah 2021 ini, avanza aja udah pake cvt.... klo cvt seringkih dan selemah itu hari ini jalan gak macet coy yang rame bengkel antri semua. klo tinggal di kota metro macem jakarta sih di jalan 70% nya aja mobil baru artinya most of them pake cvt dan udah pasti cara pakenya gak semua alus. klo ada cvt yang hobi masuk safe mode ya memang kurang fine tuned aja pake acara nyalahin usernya :big_bored:

contoh paling jelasnya HRV sih yang batch pertama aja masih muter muter keliaran di jalan.
jd inget livina L11 ud demen2x dapet pinjeman kantor L11 115hp :mky_02:

eeeeh gak tau CVTnya kaduut parah 115hp buat nutupin CVTnya aja gak dapet malah lebih loyo dari 4ATnya asal nempel doank tuh cvt kalo di bejek ngeden parah........ :big_biglaugh:

pas pertama bawa CVT honda mobilio baru kaget buseet CVT kenceng jugaaa.... :big_biglaugh:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 11219
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Wuling Almaz, tembus 50.000 km...

Post by ChZ »

b0ku wrote: 01 Dec 2021, 10:03
cvt boleh beli dari bosch turbonya beli dari honeywell mungkin cuma asal plek tempel gelinding ud tuningnya gak di test kemana2x cuma di test di jalan datar :big_biglaugh:

jd inget livina L11 ud demen2x dapet pinjeman kantor L11 115hp :mky_02:

eeeeh gak tau CVTnya kaduut parah 115hp buat nutupin CVTnya aja gak dapet malah lebih loyo dari 4ATnya asal nempel doank tuh cvt kalo di bejek ngeden parah........ :big_biglaugh:

pas pertama bawa CVT honda mobilio baru kaget buseet CVT kenceng jugaaa.... :big_biglaugh:
makanya gw yang heran tuh kenapa nama besar supplier jadi bahan promosi buseet ketauan marketnya bukan orang ngerti mobil ini mah. klo orang ngerti mobil ya biasa aja liat mobil capnya apa isinya apa. gak tau aja turbo oem tuh banyak yang mitsubishi punya capnya.

tar udah cape cape jelekin mobil jepang eh partnya sama lagi suppliernya jepang :big_biglaugh: diliat dulu tuh electronic ama AC pake apa jangan2 denso lagi

biasanya klo blom pernah coba CVT enak, pasti bilang CVT itu lemot bla bla bla. ya klo masih living in early 2000s ya bener atau minimal beli mobil baru CVT yang gak terlalu proper fine tuningnya. soalnya CVT tuh emang transmisi paling enak tuning bisa lebih fleksibel dengan biaya rendah cukup mainin rasio pulley dan modif pake torcon / clutch mechanism makanya banyak dipake.

orang ini civic ama CRV mobil satu platform nyaris share ampir semua komponen sama aja bisa dibedain tuning CVTnya. malah maren gw baru liat ada orang ud brani modif CVTnya civic biar kuat handle torsi lebih kan gila.
2011 Toyota XU30 / 2016 XP170
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1
2019 Mitsubishi NC1W

https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
User avatar
Pugman
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1428
Joined: 16 Aug 2014, 11:39

Re: Wuling Almaz, tembus 50.000 km...

Post by Pugman »

ChZ wrote: 01 Dec 2021, 10:24
b0ku wrote: 01 Dec 2021, 10:03
cvt boleh beli dari bosch turbonya beli dari honeywell mungkin cuma asal plek tempel gelinding ud tuningnya gak di test kemana2x cuma di test di jalan datar :big_biglaugh:

jd inget livina L11 ud demen2x dapet pinjeman kantor L11 115hp :mky_02:

eeeeh gak tau CVTnya kaduut parah 115hp buat nutupin CVTnya aja gak dapet malah lebih loyo dari 4ATnya asal nempel doank tuh cvt kalo di bejek ngeden parah........ :big_biglaugh:

pas pertama bawa CVT honda mobilio baru kaget buseet CVT kenceng jugaaa.... :big_biglaugh:
makanya gw yang heran tuh kenapa nama besar supplier jadi bahan promosi buseet ketauan marketnya bukan orang ngerti mobil ini mah. klo orang ngerti mobil ya biasa aja liat mobil capnya apa isinya apa. gak tau aja turbo oem tuh banyak yang mitsubishi punya capnya.

tar udah cape cape jelekin mobil jepang eh partnya sama lagi suppliernya jepang :big_biglaugh: diliat dulu tuh electronic ama AC pake apa jangan2 denso lagi

biasanya klo blom pernah coba CVT enak, pasti bilang CVT itu lemot bla bla bla. ya klo masih living in early 2000s ya bener atau minimal beli mobil baru CVT yang gak terlalu proper fine tuningnya. soalnya CVT tuh emang transmisi paling enak tuning bisa lebih fleksibel dengan biaya rendah cukup mainin rasio pulley dan modif pake torcon / clutch mechanism makanya banyak dipake.

orang ini civic ama CRV mobil satu platform nyaris share ampir semua komponen sama aja bisa dibedain tuning CVTnya. malah maren gw baru liat ada orang ud brani modif CVTnya civic biar kuat handle torsi lebih kan gila.
Jadi inget Peugeot 107, dibuka kap mesin, eh mesinnya Toyota Aygo 😂😂
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 11219
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Wuling Almaz, tembus 50.000 km...

Post by ChZ »

Pugman wrote: 01 Dec 2021, 10:38
Jadi inget Peugeot 107, dibuka kap mesin, eh mesinnya Toyota Aygo 😂😂
wkwkwkwk makanya klo udah biasa liat mobil sih gak bakal kemakan gimmick suppliernya mana mana aja lah sekring2 di mobil jepang juga kadang bikinan bosch :big_weee: kita yang ribut, yang kaya supplier partsnya dia terima orderan dari lebih dari 10 pabrikan sekali bikin. brantem bagusan mana wuling ama toyota pdhl sama sama ngambil di pabrik yang sama.
2011 Toyota XU30 / 2016 XP170
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1
2019 Mitsubishi NC1W

https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
b0ku
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1414
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Wuling Almaz, tembus 50.000 km...

Post by b0ku »

ChZ wrote: 01 Dec 2021, 10:24
makanya gw yang heran tuh kenapa nama besar supplier jadi bahan promosi buseet ketauan marketnya bukan orang ngerti mobil ini mah. klo orang ngerti mobil ya biasa aja liat mobil capnya apa isinya apa. gak tau aja turbo oem tuh banyak yang mitsubishi punya capnya.

tar udah cape cape jelekin mobil jepang eh partnya sama lagi suppliernya jepang :big_biglaugh: diliat dulu tuh electronic ama AC pake apa jangan2 denso lagi

biasanya klo blom pernah coba CVT enak, pasti bilang CVT itu lemot bla bla bla. ya klo masih living in early 2000s ya bener atau minimal beli mobil baru CVT yang gak terlalu proper fine tuningnya. soalnya CVT tuh emang transmisi paling enak tuning bisa lebih fleksibel dengan biaya rendah cukup mainin rasio pulley dan modif pake torcon / clutch mechanism makanya banyak dipake.

orang ini civic ama CRV mobil satu platform nyaris share ampir semua komponen sama aja bisa dibedain tuning CVTnya. malah maren gw baru liat ada orang ud brani modif CVTnya civic biar kuat handle torsi lebih kan gila.
mendingan honda lah bikin sendiri jd dia bisa tuning dari blueprinntnya makannya kenapa mobil honda enak banget tunningannya soalnya semua dia bikin sendiri :big_biglaugh:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 11219
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Wuling Almaz, tembus 50.000 km...

Post by ChZ »

b0ku wrote: 01 Dec 2021, 11:01
mendingan honda lah bikin sendiri jd dia bisa tuning dari blueprinntnya makannya kenapa mobil honda enak banget tunningannya soalnya semua dia bikin sendiri :big_biglaugh:
honda kl mau fine tuning gak susah dan buang waktu juga klo butuh revisi tinggal ke RnD center.

bayangin klo yang gak inhouse transmisi butuh revisi balik ke RnD center nanti kasih notes ke pabrik transmisinya dicoba lagi makin buang buang tenaga dan waktu makanya mungkin yang bikin susah bikin fine tuningnya ya gini kali ya.

biarpun yah klo yang bisa enak banget jadinya mahal banget macem BMW atau mazda gitu kali :big_biglaugh:
2011 Toyota XU30 / 2016 XP170
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1
2019 Mitsubishi NC1W

https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
the-mantal
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 343
Joined: 27 Apr 2005, 16:47
Location: jakarta

Re: Wuling Almaz, tembus 50.000 km...

Post by the-mantal »

Kebetulan dipinjemin wuling cortez ma koko saya bbrp bulan ini disuruh pakai drpd ngga kepakai gara2 ppkm kmrn. Hrsnya basis cortez sama ya sama almaz cvt nya... Dan benar itu cvt berasa bolot banget. Dimana2 org injak gas kl lbh dalem harapannya ya rpm naik dan speed naik, ini mobil klo diinjek lbh dalem gas nya malah rpm turun n speed nya malah naik turun alias jd ajrut2an. Masih perlu wkt pengembangan utk bs setara honda / toyota.
Harta Cinta Tahta!!!
Choose yours
vincewonk
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 473
Joined: 27 Dec 2007, 02:33
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Gojek

Re: Wuling Almaz, tembus 50.000 km...

Post by vincewonk »

b0ku wrote: 01 Dec 2021, 10:03
slapnuts wrote: 30 Nov 2021, 21:04
Ahh ga juga om, yang bodoh orangnya atau mobilnya yak? Saya pakai cvt GK5, Outlander dan HRV 1.8 adik, sering main manual di tol dan luar kota, geber-geber untuk italian tune up, main tiptronik di tanjakan panjang tawangmangu-sarangan, bromo via pasuruan, dieng via tambi, kawah ijen via banyuwangi, semuanya no problemo, ga ada istilah safemode atau overheat yang mengharuskan menepi untuk mendinginkan.

Yang saya perhatikan di grup Almaz/DFSK dan video Youtube, ini mobil transmisinya gampang masuk safemode, entah RnD yang kurang matang untuk jalan Indo atau memang butuh ATF Cooler. Yang lucu komen dan saran-saran di video tersebut yang katanya gaboleh RPM tinggi di tanjakan, jangan main manual di tanjakan dsb. Banyak bener aturannya.
cvt boleh beli dari bosch turbonya beli dari honeywell mungkin cuma asal plek tempel gelinding ud tuningnya gak di test kemana2x cuma di test di jalan datar :big_biglaugh:
ChZ wrote: 01 Dec 2021, 09:54
dari logika postnya aja udah ngaco.

"main gas asal geber geber ya ngeslip itu transmisi".

semua transmisi matic (AT / CVT) ya pasti ngeslip kalo digeber. orang torcon nya belum lock-up. ada perbedaan speed antara torcon dan engine itu pasti selip dan again balik ke fine tuning AT/CVTnya. tp sifatnya cuma meminimalisir kecepatan lock nya.

"AT konvensional digas makin kenceng"

wrong again, digas kenceng dan enggak itu kan powerband, klo powerbandnya bengek di atas ya mau dikasih manual close ratio pun digeber tetep gak kemana-mana juga.

udah 2021 ini, avanza aja udah pake cvt.... klo cvt seringkih dan selemah itu hari ini jalan gak macet coy yang rame bengkel antri semua. klo tinggal di kota metro macem jakarta sih di jalan 70% nya aja mobil baru artinya most of them pake cvt dan udah pasti cara pakenya gak semua alus. klo ada cvt yang hobi masuk safe mode ya memang kurang fine tuned aja pake acara nyalahin usernya :big_bored:

contoh paling jelasnya HRV sih yang batch pertama aja masih muter muter keliaran di jalan.
jd inget livina L11 ud demen2x dapet pinjeman kantor L11 115hp :mky_02:

eeeeh gak tau CVTnya kaduut parah 115hp buat nutupin CVTnya aja gak dapet malah lebih loyo dari 4ATnya asal nempel doank tuh cvt kalo di bejek ngeden parah........ :big_biglaugh:

pas pertama bawa CVT honda mobilio baru kaget buseet CVT kenceng jugaaa.... :big_biglaugh:
Honeywell air purifier dirumah saya awet tuh mbah. Sering pake turbo modenya padahal :big_peace:
vincewonk
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 473
Joined: 27 Dec 2007, 02:33
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Gojek

Re: Wuling Almaz, tembus 50.000 km...

Post by vincewonk »

alvin23 wrote: 01 Dec 2021, 09:12
vincewonk wrote: 01 Dec 2021, 00:10
slapnuts wrote: 30 Nov 2021, 21:04

Ahh ga juga om, yang bodoh orangnya atau mobilnya yak? Saya pakai cvt GK5, Outlander dan HRV 1.8 adik, sering main manual di tol dan luar kota, geber-geber untuk italian tune up, main tiptronik di tanjakan panjang tawangmangu-sarangan, bromo via pasuruan, dieng via tambi, kawah ijen via banyuwangi, semuanya no problemo, ga ada istilah safemode atau overheat yang mengharuskan menepi untuk mendinginkan.

Yang saya perhatikan di grup Almaz/DFSK dan video Youtube, ini mobil transmisinya gampang masuk safemode, entah RnD yang kurang matang untuk jalan Indo atau memang butuh ATF Cooler. Yang lucu komen dan saran-saran di video tersebut yang katanya gaboleh RPM tinggi di tanjakan, jangan main manual di tanjakan dsb. Banyak bener aturannya.
Paling hebat pas naik corolla 1.6 cng matic yg jd taxi di thailand. Kbetulan drivernya bs bhs inggris. Bawanya wah schumacher abis hahaha. 2019 ngejar pesawat di suvarnabhumi ngebut2 lari 140 150 pedal to the metal.
Ternyata udah 420rb km, cvtnya masih smooth. Masih asli dr baru gearboxnya. :big_chicken:
Supir taksi thailand kl udh suruh ngebut emang jago. Sy jg pernah tuh buru2 ke suvarna, Innova tp yg dipake ngetrack hahaha
Lebih jago lagi cetek2 sein terus om. Ternyata argonya jd tambah kenceng hahaha
ariswp
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 90
Joined: 19 Dec 2016, 15:39

Re: Wuling Almaz, tembus 50.000 km...

Post by ariswp »

Jadi inget di throttle house,
Akhirnya inhouse aneh 5AT/6AT "semi automated manual transaxle" nya honda dipensiunkan,
9AT yang ZF-supplied juga perlahan dipensiunkan
Gantinya inhouse common "planetary gear" 10AT yang refined dan sangat disukai oleh user di US
Accord touring sukses ngasepin rivalnya termasuk mazda 6 dan corolla lumayan telak
menariknya honda accord dan acura tlx dengan engine dan tranny yg sama, rasa tranny nya bisa berbeda, yg satu dibuat alus, yg satu dibuat sporty
bener sih kata om chriz, klo inhouse tranny begini pabrikan bisa lebih refined dalam ngetuning,
Dulu 9AT ZF ny honda sempat ada issue juga khan sampe honda bolak balik rilis update software TCU hingga update ATF type 3.0 yg murni rebranding zf lubeguard ke ATF tipe 3.1 yg sudah "dicooking" ulang oleh honda

dan bukan bermaksud jadi fanboy honda,
rasa jazz gk5 imho lebih enak, lebih proper dan lebih kencang daripada cvt di yaris joker
b0ku
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1414
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Wuling Almaz, tembus 50.000 km...

Post by b0ku »

ChZ wrote: 01 Dec 2021, 11:14
honda kl mau fine tuning gak susah dan buang waktu juga klo butuh revisi tinggal ke RnD center.

bayangin klo yang gak inhouse transmisi butuh revisi balik ke RnD center nanti kasih notes ke pabrik transmisinya dicoba lagi makin buang buang tenaga dan waktu makanya mungkin yang bikin susah bikin fine tuningnya ya gini kali ya.

biarpun yah klo yang bisa enak banget jadinya mahal banget macem BMW atau mazda gitu kali :big_biglaugh:
jgn lupa buang2x waktu buat meetingnya jd inget dulu kerja di daikin dikit2x meeting kapan gw kerjanya aseem bener :big_biglaugh:
ariswp wrote: 01 Dec 2021, 20:05 Jadi inget di throttle house,
Akhirnya inhouse aneh 5AT/6AT "semi automated manual transaxle" nya honda dipensiunkan,
9AT yang ZF-supplied juga perlahan dipensiunkan
Gantinya inhouse common "planetary gear" 10AT yang refined dan sangat disukai oleh user di US
Accord touring sukses ngasepin rivalnya termasuk mazda 6 dan corolla lumayan telak
menariknya honda accord dan acura tlx dengan engine dan tranny yg sama, rasa tranny nya bisa berbeda, yg satu dibuat alus, yg satu dibuat sporty
bener sih kata om chriz, klo inhouse tranny begini pabrikan bisa lebih refined dalam ngetuning,
Dulu 9AT ZF ny honda sempat ada issue juga khan sampe honda bolak balik rilis update software TCU hingga update ATF type 3.0 yg murni rebranding zf lubeguard ke ATF tipe 3.1 yg sudah "dicooking" ulang oleh honda

dan bukan bermaksud jadi fanboy honda,
rasa jazz gk5 imho lebih enak, lebih proper dan lebih kencang daripada cvt di yaris joker

yaris palingan pake AISIN :big_biglaugh: gk dulu pertama TEST drive tuh saya lsg keinget acclnya GOLF TSI yang pernah saya test drive sebelom cobain gk nariknya mirip2x biarpun gak mungkin kenceng kayak golf tsi :big_biglaugh:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 11219
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Wuling Almaz, tembus 50.000 km...

Post by ChZ »

the-mantal wrote: 01 Dec 2021, 13:27 Kebetulan dipinjemin wuling cortez ma koko saya bbrp bulan ini disuruh pakai drpd ngga kepakai gara2 ppkm kmrn. Hrsnya basis cortez sama ya sama almaz cvt nya... Dan benar itu cvt berasa bolot banget. Dimana2 org injak gas kl lbh dalem harapannya ya rpm naik dan speed naik, ini mobil klo diinjek lbh dalem gas nya malah rpm turun n speed nya malah naik turun alias jd ajrut2an. Masih perlu wkt pengembangan utk bs setara honda / toyota.
torque sensingnya kacau berarti niatnya mau shift cepet tapi kecepetan belum dapet tenaga udah naikin rasio. terus giliran tau drivernya injek gas terus dia panik turunin rasio pulley lagi :big_biglaugh:

klo CVTnya saya dulu almaz dan cortez gak terlalu bisa in depth tapi engine nya memang aneh di atas 3000 rpm kayak gak ada tenaga. pdhl harusnya boost masuk. timing dan boost nya gak main banyak berarti.
b0ku wrote: 01 Dec 2021, 20:16
jgn lupa buang2x waktu buat meetingnya jd inget dulu kerja di daikin dikit2x meeting kapan gw kerjanya aseem bener :big_biglaugh:
ariswp wrote: 01 Dec 2021, 20:05 Jadi inget di throttle house,
Akhirnya inhouse aneh 5AT/6AT "semi automated manual transaxle" nya honda dipensiunkan,
9AT yang ZF-supplied juga perlahan dipensiunkan
Gantinya inhouse common "planetary gear" 10AT yang refined dan sangat disukai oleh user di US
Accord touring sukses ngasepin rivalnya termasuk mazda 6 dan corolla lumayan telak
menariknya honda accord dan acura tlx dengan engine dan tranny yg sama, rasa tranny nya bisa berbeda, yg satu dibuat alus, yg satu dibuat sporty
bener sih kata om chriz, klo inhouse tranny begini pabrikan bisa lebih refined dalam ngetuning,
Dulu 9AT ZF ny honda sempat ada issue juga khan sampe honda bolak balik rilis update software TCU hingga update ATF type 3.0 yg murni rebranding zf lubeguard ke ATF tipe 3.1 yg sudah "dicooking" ulang oleh honda

dan bukan bermaksud jadi fanboy honda,
rasa jazz gk5 imho lebih enak, lebih proper dan lebih kencang daripada cvt di yaris joker

yaris palingan pake AISIN :big_biglaugh: gk dulu pertama TEST drive tuh saya lsg keinget acclnya GOLF TSI yang pernah saya test drive sebelom cobain gk nariknya mirip2x biarpun gak mungkin kenceng kayak golf tsi :big_biglaugh:
yup toyota biasanya aisin sih. ya outsource gini irit ongkos RnD dan kalo kenapa napa tinggal lapor komplain yang kena pabrik transmisinya macem dulu urusan jedug di VRZ lama, spare parts juga gampang krn interchangeable dengan merek lain krn suppliernya sama. cuma definitely susah kalo mau cari drivability apalagi di mobil low end. makanya honda buat mobil low end drivetrainnya berasa refined bgt.

bahkan klo mau jujur ngomong apa adanya tanpa kemakan jargon dan romantisasi sheer repai... eh driving pleasure... 8speed ZF di BMW juga gak terlalu refine sebenernya jadi keseringan pindah gigi. dia untung bikin mesinnya spool nya udah dari 1250RPM jd gak kehilangan momentum. lesson : kalo gak bisa bikin tranny sendiri minimal mesin bisa bikin sendiri lah jd klo kenapa napa gak terasa kacrut mobilnya :big_biglaugh:

wuling disastrousnya kena tiga tiganya : mobil low end masspro, tranny outsource, dan mesinnya gak nolong lebih gak refined lagi.

accord turbo sih gile 10speed 252hp power paling rendah dari mazda6 2.5t dan camry tapi drag race bisa ninggal jauh :big_grin:
2011 Toyota XU30 / 2016 XP170
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1
2019 Mitsubishi NC1W

https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
Post Reply