2018 Honda Brio - Short Afternoon Drive

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: F 272, b8099ok, ginting, FRD, artoodetoo, y_anjasrana

Or4cle
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 814
Joined: 02 Nov 2016, 08:59

Re: 2018 Honda Brio - Short Afternoon Drive

Post by Or4cle »

ChZ wrote: 08 Aug 2020, 15:13
Or4cle wrote: 08 Aug 2020, 15:01
sintoni wrote: 08 Aug 2020, 14:01 Masa masuk sih enjin gay Brio dimasukin K20 an gitu?

Kalau B series masuk mungkin ya.

Kalau ane sih ga osa swap2an, tinggal exhos coiloper intek velg ban sama PnP lah sudah wenak.
Honda seri K itu mesinnya gak besar, kotak segi empat, panjang sisinya hampir sama.

Kalau mesin Prelude (seri H22) baru gak masuk, CMIIW...
nahh iya H22 itu makanya favorit swapnya cm yang main accord dan prelude.

di kelas civic ke bawah lbh suka main B atau K, selain itu partnya lbh berlimpah K... apalagi B. masih jadi favorit buat project car.

K swap klo gak salah kurang populer krn mahal... tp skali ada yang main sih tenaganya gak main-main... wkwkwkwkw...
Mesin H22 berat dan panjang, gak cocok di engine bay yang imut. Betul sekali Chris, K series masih mahal, walaupun sebenarnya powernya gak kalah dgn B series.

Bahannya masih mahal, dan parts kompetisinya juga weleh weleh mihulnya.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 11044
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2018 Honda Brio - Short Afternoon Drive

Post by ChZ »

Or4cle wrote: 08 Aug 2020, 15:20
Mesin H22 berat dan panjang, gak cocok di engine bay yang imut. Betul sekali Chris, K series masih mahal, walaupun sebenarnya powernya gak kalah dgn B series.

Bahannya masih mahal, dan parts kompetisinya juga weleh weleh mihulnya.
pernah diceritain kalo enjin block K20 itu harganya 2 ampe 3x lipet nya B... baru enjin nya blm pasang trus parts parts lain wkwkwkwk...

btw brarti K dan L enjin ahond ini matahin mitos kalo aluminum engine block ga kuat diboost gede... :big_grin:
2011 Toyota XU30 / 2016 XP170
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1
2019 Mitsubishi NC1W

https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
Sonzz
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 156
Joined: 02 Dec 2017, 18:37
Location: BTH-CGK
Daily Vehicle: Veloz 3SZ-VE Brio L12

Re: 2018 Honda Brio - Short Afternoon Drive

Post by Sonzz »

Omnibus wrote: 07 Aug 2020, 17:13 L12 ga pake egr valve ternyata ya. itu dummy doang gitu ya.

keren sih, mobil gaul banget. warna fav kl ga kuning, putih ya.

odometer berapa mod pas di test? GK ane 11k udah glodakan. ganti shock support rubber beres sih masalahnya. good for another 10k wkwkwkwkwk abis itu glodakan lagi
Dimana om foto EGR Valve nya cmn dummy? Dsni ane ga ga muncul foto soalnya
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7686
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: 2018 Honda Brio - Short Afternoon Drive

Post by Omnibus »

Sonzz wrote: 08 Aug 2020, 17:59
Dimana om foto EGR Valve nya cmn dummy? Dsni ane ga ga muncul foto soalnya
ane bantu tampilin om

11a6c8_acd3e0b98d164a2b8f8286706103df39_mv2~2.jpg
11a6c8_acd3e0b98d164a2b8f8286706103df39_mv2~2.jpg (180.71 KiB) Viewed 425 times
zanira
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 144
Joined: 01 Oct 2016, 18:33

Re: 2018 Honda Brio - Short Afternoon Drive

Post by zanira »

alexdonovan wrote: 08 Aug 2020, 04:14 Nice review Om. Pertanyaanku... Speed limiter di 145 km/h itu masih ada ga?
Satya e manual sy, pernah tembus 155km/jam di tol cipali, tp kayanya itu jg ke dorong angin dah :mky_01:

Tangerang dieng tangerang, fc 19,sekian.
Tangerang puncak tangerang, fc 19,9.
Nikmat mana lg yg kau dustakan :big_slap:

Bbm full pertalite.
erwinign
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3288
Joined: 19 Apr 2014, 10:45
Location: SRG

Re: 2018 Honda Brio - Short Afternoon Drive

Post by erwinign »

zanira wrote: 08 Aug 2020, 23:14
alexdonovan wrote: 08 Aug 2020, 04:14 Nice review Om. Pertanyaanku... Speed limiter di 145 km/h itu masih ada ga?
Satya e manual sy, pernah tembus 155km/jam di tol cipali, tp kayanya itu jg ke dorong angin dah :mky_01:

Tangerang dieng tangerang, fc 19,sekian.
Tangerang puncak tangerang, fc 19,9.
Nikmat mana lg yg kau dustakan :big_slap:

Bbm full pertalite.
Heran saya om, brio satya buttlift cvt aja irit banget. Pernah bawa temen punya, AVG MID bs 12km/l di bandung yg macetcet kaya begitu
Don't Judge The Book By It's Cover
zanira
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 144
Joined: 01 Oct 2016, 18:33

Re: 2018 Honda Brio - Short Afternoon Drive

Post by zanira »

erwinign wrote: 08 Aug 2020, 23:35
zanira wrote: 08 Aug 2020, 23:14
alexdonovan wrote: 08 Aug 2020, 04:14 Nice review Om. Pertanyaanku... Speed limiter di 145 km/h itu masih ada ga?
Satya e manual sy, pernah tembus 155km/jam di tol cipali, tp kayanya itu jg ke dorong angin dah :mky_01:

Tangerang dieng tangerang, fc 19,sekian.
Tangerang puncak tangerang, fc 19,9.
Nikmat mana lg yg kau dustakan :big_slap:

Bbm full pertalite.
Heran saya om, brio satya buttlift cvt aja irit banget. Pernah bawa temen punya, AVG MID bs 12km/l di bandung yg macetcet kaya begitu
Namanya jg mobil asal glinding :mky_03: klo di jalan datar c sy alus bawanya, pulse & glide :big_smile]

Tp klo jalan nanjak kaya dieng, puncak & lembang, gaya bawa mobil sy, kaya tommi makkinen ngejar collin mc rae :big_slap:
lightarmy10
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 118
Joined: 09 Nov 2017, 18:27
Location: tangerang
Daily Vehicle: xtrail

Re: 2018 Honda Brio - Short Afternoon Drive

Post by lightarmy10 »

zanira wrote:
alexdonovan wrote: 08 Aug 2020, 04:14 Nice review Om. Pertanyaanku... Speed limiter di 145 km/h itu masih ada ga?
Satya e manual sy, pernah tembus 155km/jam di tol cipali, tp kayanya itu jg ke dorong angin dah :mky_01:

Tangerang dieng tangerang, fc 19,sekian.
Tangerang puncak tangerang, fc 19,9.
Nikmat mana lg yg kau dustakan :big_slap:

Bbm full pertalite.
kalo sy udh dastek selector mode pertalit msh bs segini om Image
IMG_20200809_205805.jpg
IMG_20200809_205805.jpg (25.8 KiB) Viewed 335 times
Jenson
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 132
Joined: 22 Aug 2014, 16:41

Re: 2018 Honda Brio - Short Afternoon Drive

Post by Jenson »

:big_cat:
zanira wrote: 08 Aug 2020, 23:14
alexdonovan wrote: 08 Aug 2020, 04:14 Nice review Om. Pertanyaanku... Speed limiter di 145 km/h itu masih ada ga?
Satya e manual sy, pernah tembus 155km/jam di tol cipali, tp kayanya itu jg ke dorong angin dah :mky_01:

Tangerang dieng tangerang, fc 19,sekian.
Tangerang puncak tangerang, fc 19,9.
Nikmat mana lg yg kau dustakan :big_slap:

Bbm full pertalite.
Ini satya yang gen all new skrg ya om? Mantep juga skrg bsa digeber 155 dengan aman, dlu saya punya yg gen awal CBU Thai, engine 1.3. Buset, power sih ada banget, permah baca ktnya 0-100 bsa dapet 9,9 detik. Tapi pas dibawa di Cipularang, baru 120 rasanya mau terbang om ga napak XD
marr
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 220
Joined: 27 Jan 2017, 12:17
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Honda Brio RS CVT
Contact:

Re: 2018 Honda Brio - Short Afternoon Drive

Post by marr »

nice review koh
gue kebetulan user brio rs tepos yg model sblm ini. kebetulan ini mobil honda pertama di keluarga gue, sebelumnya selalu pake atoyot.
so far puas banget, enak bgt utk pake sendiri. power lebih dari cukup, enak buat sruntulan di kondisi stop and go nya jakarta. bawa lebih dari 100 juga masih stabil banget ga goyang samsek apalagi melayang. fc ga pernah dibawah 1/12 dalkot jkt macet2an rush hour
minusnya nih mobil ya bagasinya kecil mampus sama ac nya kalo siang buat gue panas banget. plus keras banget dan berasa banget goyangannya kalo lewat jalanan rusak spt konblok yg gak rata, lobang dsb dan semuanya udah diimprove sama honda di model terbarunya.
tapi entah kenapa gue tetep lebih suka model yg lama daripada yg baru hahahaha imho kaya lebih lucu aja. ini personal preference banget si
even kalo ada rejeki dan bisa upgrade pun kayanya gue bakal upgrade ke gk5/civic. udah terlanjur jatuh cinta wkwkwkwkwkwk
Ibet
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 74
Joined: 23 Mar 2015, 07:25
Location: Bekasi, Jawa Barat

Re: 2018 Honda Brio - Short Afternoon Drive

Post by Ibet »

ChZ wrote: 07 Aug 2020, 15:24
nahhh tp entahlah mobil test diler2 rata-rata satya eui.... itu dia di pricelist selisihnya 20jt lebih satya dan RS... khan bikin penasaran masa cm beda suspensi dan ban :ungg: yahh enasave vs potenza sih bannya, ini uda gila sendiri.

nah soal resale value... kalo gw liat emang kastanya brio ini beda sama agya ayla... agya ayla di mata orang kebanyakan itu yah mobil murah aj, kaleng kembar the sequel. tapi buat noni noni kuliahan brio lebih eye catchy, lebih kiyut, dan pasti kliatan lebih gengsi. buat yang laki nih mobil gampang di modif.

liat brio modifan di jalan itu banyak bener rasanya, jauh lebih banyak drpd GK modifan. :mky_07:
ada beda aerokit juga (RS dapet underbody engine cover kalo ga salah) plus moulding moulding
setuju sih, selama ada logo H tegak di antara para LCGC kampus, jelas lebih gengsi hahaha

Other info
buat EGR adanya untuk Thai market saja .. '
Radiator bisa diliat bedanya, kalo MT satu fan, CVT dua fan ..
lightarmy10
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 118
Joined: 09 Nov 2017, 18:27
Location: tangerang
Daily Vehicle: xtrail

Re: 2018 Honda Brio - Short Afternoon Drive

Post by lightarmy10 »

Ibet wrote:
ChZ wrote: 07 Aug 2020, 15:24
nahhh tp entahlah mobil test diler2 rata-rata satya eui.... itu dia di pricelist selisihnya 20jt lebih satya dan RS... khan bikin penasaran masa cm beda suspensi dan ban :ungg: yahh enasave vs potenza sih bannya, ini uda gila sendiri.

nah soal resale value... kalo gw liat emang kastanya brio ini beda sama agya ayla... agya ayla di mata orang kebanyakan itu yah mobil murah aj, kaleng kembar the sequel. tapi buat noni noni kuliahan brio lebih eye catchy, lebih kiyut, dan pasti kliatan lebih gengsi. buat yang laki nih mobil gampang di modif.

liat brio modifan di jalan itu banyak bener rasanya, jauh lebih banyak drpd GK modifan. :mky_07:
ada beda aerokit juga (RS dapet underbody engine cover kalo ga salah) plus moulding moulding
setuju sih, selama ada logo H tegak di antara para LCGC kampus, jelas lebih gengsi hahaha

Other info
buat EGR adanya untuk Thai market saja .. '
Radiator bisa diliat bedanya, kalo MT satu fan, CVT dua fan ..
dari tipe satya S sampe RS udh dikasih underbody cover deck mesin... bedanya yg S gaada peredam mesin sama karet pengarah udara angin ke air filter di kap mesin , fan radiator sekarang semua udah 2 baik di manual dan cvt
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 11044
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2018 Honda Brio - Short Afternoon Drive

Post by ChZ »

zanira wrote: 09 Aug 2020, 10:37
erwinign wrote: 08 Aug 2020, 23:35
zanira wrote: 08 Aug 2020, 23:14

Satya e manual sy, pernah tembus 155km/jam di tol cipali, tp kayanya itu jg ke dorong angin dah :mky_01:

Tangerang dieng tangerang, fc 19,sekian.
Tangerang puncak tangerang, fc 19,9.
Nikmat mana lg yg kau dustakan :big_slap:

Bbm full pertalite.
Heran saya om, brio satya buttlift cvt aja irit banget. Pernah bawa temen punya, AVG MID bs 12km/l di bandung yg macetcet kaya begitu
Namanya jg mobil asal glinding :mky_03: klo di jalan datar c sy alus bawanya, pulse & glide :big_smile]

Tp klo jalan nanjak kaya dieng, puncak & lembang, gaya bawa mobil sy, kaya tommi makkinen ngejar collin mc rae :big_slap:
enaknya mobil2 bgini dari orok emang dirancang untuk maximum mpg number... syarat lcgc kan harus 20 km/l...

dulu dititipin brio satya mt 2014 juga sruntulan dalem kota 1:12-13 terus. ane pdhl klo bawa manual selalu tergoda buat bejeg, apalagi brio itu posisi pedal pedalnya enak skali buat heel n toe, shifternya juga shortshift.
marr wrote: 10 Aug 2020, 02:24 nice review koh
gue kebetulan user brio rs tepos yg model sblm ini. kebetulan ini mobil honda pertama di keluarga gue, sebelumnya selalu pake atoyot.
so far puas banget, enak bgt utk pake sendiri. power lebih dari cukup, enak buat sruntulan di kondisi stop and go nya jakarta. bawa lebih dari 100 juga masih stabil banget ga goyang samsek apalagi melayang. fc ga pernah dibawah 1/12 dalkot jkt macet2an rush hour
minusnya nih mobil ya bagasinya kecil mampus sama ac nya kalo siang buat gue panas banget. plus keras banget dan berasa banget goyangannya kalo lewat jalanan rusak spt konblok yg gak rata, lobang dsb dan semuanya udah diimprove sama honda di model terbarunya.
tapi entah kenapa gue tetep lebih suka model yg lama daripada yg baru hahahaha imho kaya lebih lucu aja. ini personal preference banget si
even kalo ada rejeki dan bisa upgrade pun kayanya gue bakal upgrade ke gk5/civic. udah terlanjur jatuh cinta wkwkwkwkwkwk
klo model lama ini byk yang suka soalnya ikonik sih, ngingetin ama civic setrikaan. :mky_01: salah satu design cue yang bikin unik brio lama.

bokong yang baru emang biasa bgt apalagi klo liat yang satya beuh polosan ngga ada aksesoris gendut membulat gede gitu. yang RS ketolong ada diffuser dan spoiler gede.
lightarmy10 wrote: 10 Aug 2020, 10:16
Ibet wrote:
ada beda aerokit juga (RS dapet underbody engine cover kalo ga salah) plus moulding moulding
setuju sih, selama ada logo H tegak di antara para LCGC kampus, jelas lebih gengsi hahaha

Other info
buat EGR adanya untuk Thai market saja .. '
Radiator bisa diliat bedanya, kalo MT satu fan, CVT dua fan ..
dari tipe satya S sampe RS udh dikasih underbody cover deck mesin... bedanya yg S gaada peredam mesin sama karet pengarah udara angin ke air filter di kap mesin , fan radiator sekarang semua udah 2 baik di manual dan cvt
nahh rasanya ahond nerima byk keluhan soal fan radiator satya lama... dl punya mantan atasan kantor tetiba overheat di tengah jalan... ternyata kipasnya matek.

pdhl mobil masih relatif muda low KM (dari 2014-2017 cuma jalan 30 ribu di surabaya mahh itungan irit bgt... kerjanya dosen rumah kampus rumah kampus PP sekitar 10-15 km perhari) dan lucunya minggu lalunya baru diservis :mky_01:
2011 Toyota XU30 / 2016 XP170
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1
2019 Mitsubishi NC1W

https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
zanira
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 144
Joined: 01 Oct 2016, 18:33

Re: 2018 Honda Brio - Short Afternoon Drive

Post by zanira »

lightarmy10 wrote: 09 Aug 2020, 20:58
zanira wrote:
alexdonovan wrote: 08 Aug 2020, 04:14 Nice review Om. Pertanyaanku... Speed limiter di 145 km/h itu masih ada ga?
Satya e manual sy, pernah tembus 155km/jam di tol cipali, tp kayanya itu jg ke dorong angin dah :mky_01:

Tangerang dieng tangerang, fc 19,sekian.
Tangerang puncak tangerang, fc 19,9.
Nikmat mana lg yg kau dustakan :big_slap:

Bbm full pertalite.
kalo sy udh dastek selector mode pertalit msh bs segini om ImageIMG_20200809_205805.jpg
Mantab om :big_exellent:

Abis brp om ? :big_chicken:
zanira
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 144
Joined: 01 Oct 2016, 18:33

Re: 2018 Honda Brio - Short Afternoon Drive

Post by zanira »

Jenson wrote: 09 Aug 2020, 22:59 :big_cat:
zanira wrote: 08 Aug 2020, 23:14
alexdonovan wrote: 08 Aug 2020, 04:14 Nice review Om. Pertanyaanku... Speed limiter di 145 km/h itu masih ada ga?
Satya e manual sy, pernah tembus 155km/jam di tol cipali, tp kayanya itu jg ke dorong angin dah :mky_01:

Tangerang dieng tangerang, fc 19,sekian.
Tangerang puncak tangerang, fc 19,9.
Nikmat mana lg yg kau dustakan :big_slap:

Bbm full pertalite.
Ini satya yang gen all new skrg ya om? Mantep juga skrg bsa digeber 155 dengan aman, dlu saya punya yg gen awal CBU Thai, engine 1.3. Buset, power sih ada banget, permah baca ktnya 0-100 bsa dapet 9,9 detik. Tapi pas dibawa di Cipularang, baru 120 rasanya mau terbang om ga napak XD
Model lama om, satya e mt 2016.

Kayanya nyampe speed segitu jg, krn kebantu angin di cipali :mky_01:



@CHZ

Memang keluhan di brio, dinamo visco fan nya agak lemah, pny sy di tahun ke 2, posisi km msh 8rb an, dah ganti dinamo visco fan, untungny msh garansi jd gratis, klo ngga keluar duit cetiaw lebih :big_dunno:
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3020
Joined: 09 Oct 2016, 22:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: CX5 Elite 2018

Re: 2018 Honda Brio - Short Afternoon Drive

Post by Pboyz97 »

Nice review chris

All new brio memang salah 1 LCGC yg worth it buat dimiliki. Biarpun bentuknya bukan selera semua orang termasuk gw. Tapi dia mobil yg sangat asyik untuk dikemudikan, handling juga paling baik dikelasnya , dimensi kompak sehingga enak buat diajak masuk gang kecil, ditambah lagi mobil ini enak banget kalo diajak zigzag atau selap selip + enak banget buat dimodif secara part modifnya banyak banget dipasaran hehehe. Serta tarikannya termasuk oke juga buat ukuran LCGC. Pengalaman bawa mobilio rs cvt 2017 temen, impresi mengemudinya sangat positif. CVTnya sangat smooth dan sigap perpindahan giginya, serta tenaga lumayan ngisi di semua putaran, which is lebih responsif dari 4at xpander gw, which is ditaro di brio yg dimensinya lebih kecil akan lebih enak lagi driving feel dan peformancenya. Blm lagi, luas bagasi yang jauh membaik dari brio gen sblmnya membuat mobil ini worth to buy, karena lega, practical, enak dikemudian, handlingnya juga the best buat LCGC dan fiturnya juga lumayan. Biarpun kualitas interior + road noisenya agak kurang dibanding lcgc lainnya seperti agya ayla
Past:
1NZFE 4AT / L15A 5AT / K24Z1 5AT / 2.0 Skyactiv 6AT / 4A91 4AT / 2NRFE CVT / K3VE 5MT / 1NRVE 5MT

Now:
2.5 SKYACTIV - G 6AT (for sale) / 1.5 VTEC Turbo CVT / L15Z1 CVT / 8AR-FTS 6AT
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 11044
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2018 Honda Brio - Short Afternoon Drive

Post by ChZ »

zanira wrote: 10 Aug 2020, 15:00
@CHZ

Memang keluhan di brio, dinamo visco fan nya agak lemah, pny sy di tahun ke 2, posisi km msh 8rb an, dah ganti dinamo visco fan, untungny msh garansi jd gratis, klo ngga keluar duit cetiaw lebih :big_dunno:
Nahh pny mantan atasan ane... Uda 4 taon jd gak warranty. Ane lupa waktu itu gimana akhirnya :mky_01: abis sejutaan jg kyknya.
2011 Toyota XU30 / 2016 XP170
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1
2019 Mitsubishi NC1W

https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
zanira
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 144
Joined: 01 Oct 2016, 18:33

Re: 2018 Honda Brio - Short Afternoon Drive

Post by zanira »

ChZ wrote: 10 Aug 2020, 19:33
zanira wrote: 10 Aug 2020, 15:00
@CHZ

Memang keluhan di brio, dinamo visco fan nya agak lemah, pny sy di tahun ke 2, posisi km msh 8rb an, dah ganti dinamo visco fan, untungny msh garansi jd gratis, klo ngga keluar duit cetiaw lebih :big_dunno:
Nahh pny mantan atasan ane... Uda 4 taon jd gak warranty. Ane lupa waktu itu gimana akhirnya :mky_01: abis sejutaan jg kyknya.
Klo info di komunitas, biasanya carbon brushnya ja seret, bisa di repair, paling mahal abis 150rb.

Tp klo masih garansi, mending ganti assy...... gratis :mky_02:
W42d
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 94
Joined: 25 Jan 2017, 21:22

Re: 2018 Honda Brio - Short Afternoon Drive

Post by W42d »

Kira kira kalau brio lama diganti strut assy and lower arm nya dgn model brio baru ini apakah karakter suspensi nya bisa berubah menjadi lebih halus? Kalau dr konstruksi sepertinya sama dan interchangeable. Karena brio lama bantingannya kasar banget. Biarpun kaki2nya lumayan kuat untuk mobil fwd.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7686
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: 2018 Honda Brio - Short Afternoon Drive

Post by Omnibus »

W42d wrote: 10 Aug 2020, 20:16 Kira kira kalau brio lama diganti strut assy and lower arm nya dgn model brio baru ini apakah karakter suspensi nya bisa berubah menjadi lebih halus? Kalau dr konstruksi sepertinya sama dan interchangeable. Karena brio lama bantingannya kasar banget. Biarpun kaki2nya lumayan kuat untuk mobil fwd.
check wheelbase (jarak sumbu roda depan ke sumbu roda belakang) nya sama ngga om. wheelbase lebih panjang = bantingan lbh tdk kasar.
DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 24255
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: 2018 Honda Brio - Short Afternoon Drive

Post by DOHC »

ChZ wrote: 08 Aug 2020, 15:43
btw brarti K dan L enjin ahond ini matahin mitos kalo aluminum engine block ga kuat diboost gede... :big_grin:
nambahin

4B11 pake T hurup gede jg full aluminium block koq

btw K series by default itu kayanya emg dirancang utk jd enjin tuned mods, ntuh desain enjin blok bawah nya aj mirip2 ama B series, makanya kuat di boost gila2an

ini jg makanya saya rada kuciwa sehh, K series pelan2 dimatiin... pdahal mustinya biarkan lah legacy K series tetep di preserve utk line up honda yg atas2 macam crv atau accord... kalo perlu di tandem ama turbo... asik kan tuh, 200 hp dapet lah, sleeper car... biar planga plongo itu masda dkk
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 11044
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2018 Honda Brio - Short Afternoon Drive

Post by ChZ »

W42d wrote: 10 Aug 2020, 20:16 Kira kira kalau brio lama diganti strut assy and lower arm nya dgn model brio baru ini apakah karakter suspensi nya bisa berubah menjadi lebih halus? Kalau dr konstruksi sepertinya sama dan interchangeable. Karena brio lama bantingannya kasar banget. Biarpun kaki2nya lumayan kuat untuk mobil fwd.
kadang kadang biarpun ganti generasi tapi masih ada beberapa dudukan yang sama... check saja om strutnya brio lama dan baru apakah bisa kompatibel... hehehe
DOHC wrote: 10 Aug 2020, 21:26
ChZ wrote: 08 Aug 2020, 15:43
btw brarti K dan L enjin ahond ini matahin mitos kalo aluminum engine block ga kuat diboost gede... :big_grin:
nambahin

4B11 pake T hurup gede jg full aluminium block koq

btw K series by default itu kayanya emg dirancang utk jd enjin tuned mods, ntuh desain enjin blok bawah nya aj mirip2 ama B series, makanya kuat di boost gila2an

ini jg makanya saya rada kuciwa sehh, K series pelan2 dimatiin... pdahal mustinya biarkan lah legacy K series tetep di preserve utk line up honda yg atas2 macam crv atau accord... kalo perlu di tandem ama turbo... asik kan tuh, 200 hp dapet lah, sleeper car... biar planga plongo itu masda dkk
ngomongin K engine... masih bakal tetep eksis koq... mungkin masih rada panjang umurnya sblm beralih ke full EV.

agak susah jg mau matiin K soalnya basis performance engine nya... honda dari dulu selalu punya platform buat eco engine dan performance engine...

kayak dl di B dan D, skrg diterusin L dan K. L itu gimana gimana mau powernya 300hp juga tetep kastanya eco engine. D series SOHC dulu juga biarpun vtec-e tapi tetep buas dan klo niat ngoprek mahh jadi tuh ga main swap swap, byk estilo masih pake stock D16 buat drag.

honda gt loh, bikin eco engine aja sadis :big_smoking:

di luar masih ada civic pake K20C NA malah... accord yang dimatiin kan cuma yang MT... yang 2.0 10 speed AT masih idup. di thai CRV malah pake K24 lama dengan CVT...

mungkin yang bakal mampus duluan R engine... posisinya nanggung euy... displacement cuma 1.8 - 2.0L. skrg udah kecover 1.5 turbo semua.

K enjin cuma berubah aj dari NA-Turbo, mungkin abis ini K hybrid... next type R.
Last edited by ChZ on 10 Aug 2020, 21:45, edited 3 times in total.
2011 Toyota XU30 / 2016 XP170
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1
2019 Mitsubishi NC1W

https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
W42d
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 94
Joined: 25 Jan 2017, 21:22

Re: 2018 Honda Brio - Short Afternoon Drive

Post by W42d »

Omnibus wrote: 10 Aug 2020, 21:17
W42d wrote: 10 Aug 2020, 20:16 Kira kira kalau brio lama diganti strut assy and lower arm nya dgn model brio baru ini apakah karakter suspensi nya bisa berubah menjadi lebih halus? Kalau dr konstruksi sepertinya sama dan interchangeable. Karena brio lama bantingannya kasar banget. Biarpun kaki2nya lumayan kuat untuk mobil fwd.
check wheelbase (jarak sumbu roda depan ke sumbu roda belakang) nya sama ngga om. wheelbase lebih panjang = bantingan lbh tdk kasar.
Betul si om, wheelbase nya nambah jauh yg baru vs yg lama. Penambahan wheelbase ini pengaruhnya lebih banyak drpd revisi di suspensi nya ya harusnya.
DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 24255
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: 2018 Honda Brio - Short Afternoon Drive

Post by DOHC »

ChZ wrote: 10 Aug 2020, 21:36

mungkin yang bakal mampus duluan R engine... posisinya nanggung euy... displacement cuma 1.8 - 2.0L. skrg udah kecover 1.5 turbo semua.

K enjin cuma berubah aj dari NA-Turbo, mungkin abis ini K hybrid... next type R.
R engine bisa iya bisa tidak jg sehh mods

di beberapa pasar, R enjin masi survive loh, bahkan di aussie aj, lebi sering civic entry level (R series 1.8 l) yg berkeliaran drpd yg 1.5 turbo. Pasar dsana jg rada unik, cc imut2 blom jd hype dsana..

toh sebenernya R series ini jg ga jelek2 amat, irit iya, power jg ga malu2in... dan R enjin ini jg lah jawaban honda utk ZZ - ZR enjin nya atoyot
plus nya lg, bahkan d saat atoyot aj ampe musti develop dr ZZ ke ZR, ahond dgn santuy nya bertahan dgn R series nya, yg ternyata mmg cukup robust
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7686
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: 2018 Honda Brio - Short Afternoon Drive

Post by Omnibus »

W42d wrote: 10 Aug 2020, 21:42
Betul si om, wheelbase nya nambah jauh yg baru vs yg lama. Penambahan wheelbase ini pengaruhnya lebih banyak drpd revisi di suspensi nya ya harusnya.
yg ane inget itu wheelbase cuma nambah bbrp mm aja waktu di avanza seri 1 ke seri 2 skrg. udah beda banget bantingannya om.

ganti komponen suspensi ke yg lbh empuk mungkin aja bisa, tdk menutup kemungkinan. cuma kl bicara geometri body udah bawaan orok istilahnya om.
Post Reply