2018 Honda Brio - Short Afternoon Drive

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Or4cle
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1294
Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59

Re: 2018 Honda Brio - Short Afternoon Drive

Post by Or4cle »

Kayaknya life-span mesin K-series masih panjang, seri yang terakhir keluar mesin earth dream di K24W, cmiiw.
Dan sepertinya umur K-series tergantung dari keseriusan Honda mengembangkan mesin seri L, kalau fokus ke force induction bisa-bisa L-series yang dikembangkan & K-series pensiun dini.

Di muricans mesin K-series cukup populer. Parts kompetisi bertebaran buat support perfomance K-Series (Skunk2, Brian Crower, CP Carillo, etc). Dan edannya ada yang bangun mesin K24A1 sampai 1000HP !

Bayangin, mesin 4 cylinder ... FWD ... 1000 HP, overkill ! :big_think:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2018 Honda Brio - Short Afternoon Drive

Post by ChZ »

DOHC wrote: Mon Aug 10, 2020 15:30 R engine bisa iya bisa tidak jg sehh mods

di beberapa pasar, R enjin masi survive loh, bahkan di aussie aj, lebi sering civic entry level (R series 1.8 l) yg berkeliaran drpd yg 1.5 turbo. Pasar dsana jg rada unik, cc imut2 blom jd hype dsana..

toh sebenernya R series ini jg ga jelek2 amat, irit iya, power jg ga malu2in... dan R enjin ini jg lah jawaban honda utk ZZ - ZR enjin nya atoyot
plus nya lg, bahkan d saat atoyot aj ampe musti develop dr ZZ ke ZR, ahond dgn santuy nya bertahan dgn R series nya, yg ternyata mmg cukup robust
nahh makanya kalo R aja masih dipertahanin susah buat ga pertahanin K... nahh masalahnya ini satu satunya mesin ahond yang blom kena ubahan apapun dan upcomingnya kyk ga bakal ada penerusnya. ngeliat honda makin kesini platformnya dibuat makin ramping.

di saat L sudah switch ke DOHC GDI, R masih bertahan dengan format SOHC PGM-FI biasa, yah ini platform mesin paling muda juga sih baru dipake 2005... L dan K udah dari 2000 awal.

mungkin yah dipertahanin buat beberapa market. indo saja masih ada CRV 2.0 khan :mky_01: still masih ada market buat mesin mesin jadul gini selama msh ada BBM pertalit :big_biglaugh:
Or4cle wrote: Mon Aug 10, 2020 16:13 Kayaknya life-span mesin K-series masih panjang, seri yang terakhir keluar mesin earth dream di K24W, cmiiw.
Dan sepertinya umur K-series tergantung dari keseriusan Honda mengembangkan mesin seri L, kalau fokus ke force induction bisa-bisa L-series yang dikembangkan & K-series pensiun dini.

Di muricans mesin K-series cukup populer. Parts kompetisi bertebaran buat support perfomance K-Series (Skunk2, Brian Crower, CP Carillo, etc). Dan edannya ada yang bangun mesin K24A1 sampai 1000HP !

Bayangin, mesin 4 cylinder ... FWD ... 1000 HP, overkill ! :big_think:
K20 klo ane liat mirip BMW inline-six, udah jadi signature platform. BMW walaupun udah punya i8 dengan hybrid 1.500cc imut imut yang 0-100 nya imbang sama M lineup dengan inline six... tetep ngembangin ntu inline six buat performance dan high-end lineup.

buat performance cars rasanya downsizing bukan trend :big_biglaugh: volkswagen saja yang platformnya super duper ringkas tetep pake 2.0 turbocharged nggak pake 1.4 buat GTI dan R. GTI dari dulu malah ngga pernah downsized.

Golf R downsized dari 3.2L VR6 ke 2.0L I4 turbo alesan handling, 6 silinder di platform FWD bikin nose heavy. AMG dan M downsizing lebih ke emisi... yah mesin NA silinder banyak displacement gede...

yang gila sih trio detroit... ford downsize yang mustang V6 jadi 2.3 saja, yang V8 GT sih tetep dibikin, so as GM dan chrysler dengan camaro SS dan challenger.... ga lolos emisi gampang, gausah dijual aja skalian :big_biglaugh: makanya detroit di masa downsized malah bikin mobil-mobil gila macem dodge demon...

yup di US tuning buat K series itu berlimpah... tinggal brani branian duit aja :big_biglaugh:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Or4cle
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1294
Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59

Re: 2018 Honda Brio - Short Afternoon Drive

Post by Or4cle »

ChZ wrote: Tue Aug 11, 2020 2:19
DOHC wrote: Mon Aug 10, 2020 15:30 R engine bisa iya bisa tidak jg sehh mods

di beberapa pasar, R enjin masi survive loh, bahkan di aussie aj, lebi sering civic entry level (R series 1.8 l) yg berkeliaran drpd yg 1.5 turbo. Pasar dsana jg rada unik, cc imut2 blom jd hype dsana..

toh sebenernya R series ini jg ga jelek2 amat, irit iya, power jg ga malu2in... dan R enjin ini jg lah jawaban honda utk ZZ - ZR enjin nya atoyot
plus nya lg, bahkan d saat atoyot aj ampe musti develop dr ZZ ke ZR, ahond dgn santuy nya bertahan dgn R series nya, yg ternyata mmg cukup robust
nahh makanya kalo R aja masih dipertahanin susah buat ga pertahanin K... nahh masalahnya ini satu satunya mesin ahond yang blom kena ubahan apapun dan upcomingnya kyk ga bakal ada penerusnya. ngeliat honda makin kesini platformnya dibuat makin ramping.

di saat L sudah switch ke DOHC GDI, R masih bertahan dengan format SOHC PGM-FI biasa, yah ini platform mesin paling muda juga sih baru dipake 2005... L dan K udah dari 2000 awal.

mungkin yah dipertahanin buat beberapa market. indo saja masih ada CRV 2.0 khan :mky_01: still masih ada market buat mesin mesin jadul gini selama msh ada BBM pertalit :big_biglaugh:
Or4cle wrote: Mon Aug 10, 2020 16:13 Kayaknya life-span mesin K-series masih panjang, seri yang terakhir keluar mesin earth dream di K24W, cmiiw.
Dan sepertinya umur K-series tergantung dari keseriusan Honda mengembangkan mesin seri L, kalau fokus ke force induction bisa-bisa L-series yang dikembangkan & K-series pensiun dini.

Di muricans mesin K-series cukup populer. Parts kompetisi bertebaran buat support perfomance K-Series (Skunk2, Brian Crower, CP Carillo, etc). Dan edannya ada yang bangun mesin K24A1 sampai 1000HP !

Bayangin, mesin 4 cylinder ... FWD ... 1000 HP, overkill ! :big_think:
K20 klo ane liat mirip BMW inline-six, udah jadi signature platform. BMW walaupun udah punya i8 dengan hybrid 1.500cc imut imut yang 0-100 nya imbang sama M lineup dengan inline six... tetep ngembangin ntu inline six buat performance dan high-end lineup.

buat performance cars rasanya downsizing bukan trend :big_biglaugh: volkswagen saja yang platformnya super duper ringkas tetep pake 2.0 turbocharged nggak pake 1.4 buat GTI dan R. GTI dari dulu malah ngga pernah downsized.

Golf R downsized dari 3.2L VR6 ke 2.0L I4 turbo alesan handling, 6 silinder di platform FWD bikin nose heavy. AMG dan M downsizing lebih ke emisi... yah mesin NA silinder banyak displacement gede...

yang gila sih trio detroit... ford downsize yang mustang V6 jadi 2.3 saja, yang V8 GT sih tetep dibikin, so as GM dan chrysler dengan camaro SS dan challenger.... ga lolos emisi gampang, gausah dijual aja skalian :big_biglaugh: makanya detroit di masa downsized malah bikin mobil-mobil gila macem dodge demon...

yup di US tuning buat K series itu berlimpah... tinggal brani branian duit aja :big_biglaugh:
Type mesin performance Honda memang ringkas, nomenklaturnya sangat jelas ... dirancang mesin sport dari basis L15B + turbo jadilah Civic Turbo.
Belum puas ? ada pilihan Civic type R (K20C1 turbo), kalau masih belum puas juga ambil NSX (V6 twin turbo + hybrid)
akusuma
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 32
Joined: Sun Oct 15, 2017 1:32

Re: 2018 Honda Brio - Short Afternoon Drive

Post by akusuma »

Kalau dibanding sama splash, brio ini gimana perbandingannya? engine, handling, comfort, dll?
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2018 Honda Brio - Short Afternoon Drive

Post by ChZ »

akusuma wrote: Fri Aug 21, 2020 5:25 Kalau dibanding sama splash, brio ini gimana perbandingannya? engine, handling, comfort, dll?
ngebandingin splash vs brio ini menarik, seperti bandingin fiat abarth vs golf GTI...

maksudnya begini

pertama saya naik splash saya ngerasa mobil ini bener-bener punya karakter sendiri : kabinnya punya tachometer nongol yang disengaja, steeringnya berat, getaran mesinnya sampe kabin, pedal gasnya terlalu responsif, dan kalo di jalan tidak rata mobilnya berasa agak lompat-lompat. secara keseluruhan, mobil ini punya karakter sendiri.

tapi splash tidak akan disukai oleh mainstream buyer - karakter seperti ini tidak untuk semua orang.

in common sense brio baru lebih terasa refined, lebih terasa mobil yang dibuat di 2018, dengan mesin dan transmisi smooth, suspensi yang rubber bushingnya bisa meredam jalanan dengan baik dan tidak glodakan, dan BBMnya irit.

intinya, brio lebih terasa seperti mobil yang serius dan dewasa, sedangkan splash lebih terasa seperti mobil "mainan", cheerful, lucu, sedikit menyebalkan. buat sehari-hari bokong orang normal akan lebih merasa nyaman di brio daripada splash.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
akusuma
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 32
Joined: Sun Oct 15, 2017 1:32

Re: 2018 Honda Brio - Short Afternoon Drive

Post by akusuma »

Ic, thanks untuk penjelasannya.
User avatar
c_adhi_k
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2195
Joined: Sun Sep 02, 2012 8:34

Re: 2018 Honda Brio - Short Afternoon Drive

Post by c_adhi_k »

erwinign wrote: Fri Aug 07, 2020 8:57 Nice repiew koh!! Pernah nyetir satya cvt buttlift punya e temen. Ndak nyangka sih ini brio plg proper. Duduk belakang enak banget, power delivery jg pas banget, vibes di dalem ndak se-prihatin naik brio setrika. Dari awale yang benci brio jadi seneng brio gara2 buttlift ini. Kerasa pas banget, padahal pas awal launched anak brio podo ngenyek model pantat e wkwkwkwk.

Beda satya sama RS, yg tak tau kyk part ac gitu di satya pakek sanden, rs pakek denso
Om beda part satya sama Rs selalin part ac ada lagi ga?
Jarang yang bahas jeroan soalnya
Ketika anda merasa lucu berarti anda tidak lucu
demikian sebaliknya kalau anda merasa tidak lucu berarti anda beneran tidak lucu