Honda HR-V, setelah 5 tahun...

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: F 272, b8099ok, ginting, FRD, artoodetoo, y_anjasrana

Post Reply
DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 24257
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Honda HR-V, setelah 5 tahun...

Post by DOHC »

Omnibus wrote: 14 Jun 2021, 18:41
DOHC wrote: 14 Jun 2021, 17:59
agnisp wrote: 14 Jun 2021, 17:56

Hmm.. begitu ya.. kapan2 wis ta coba lagi, kalau sudah waktunya ganti.. kalau video kok gampang. pas praktik ceritanya beda :big_bored:
numpang nimbrung y

kl saya lepasin terot atau ball joint lainnya, malah ikutin cara mbah 69 alias mbah marmut

getok tuh knuckle pake martil ampe copot, dan slalu berhasil sehh... yg penting getok dengan yakin, jgn ragu2
baru ik kelar ngomong masalah barbar ...... masih basah ini bibir.

eh jij nongol ngomong begitu :big_bored:

dasar raja barbar ...... ketum asemregez

:big_weee:
:upss: :upss: :upss: :upss: :upss: :upss: :upss: :upss: :upss: :upss: :upss: :upss:

kan knuckle nya mbah , knuckle

bukan di ball jointnya, apalagi pake cara sekrupnya dpasang tebalik trus tu sekrup yg di getok
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
agnisp
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 126
Joined: 07 Jun 2019, 11:42
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Honda HR-V

Re: Honda HR-V, setelah 5 tahun...

Post by agnisp »

DOHC wrote: 14 Jun 2021, 17:59
agnisp wrote: 14 Jun 2021, 17:56
Omnibus wrote: 14 Jun 2021, 15:58
mungkin masukin fork nya ga sampai mentok krn susah masuknya. memang spt ga muat dan hrs agak dipaksa utk sampai mentok. kl ga mentok ya melejit kaya yg om alami.
tips n trick: olesin grease di sekeliling fork jd dia licin. masuknya getok pakai palu pelan2 jika perlu. kl sdh mentok baru screw boleh diputar.
Hmm.. begitu ya.. kapan2 wis ta coba lagi, kalau sudah waktunya ganti.. kalau video kok gampang. pas praktik ceritanya beda :big_bored:
numpang nimbrung y

kl saya lepasin terot atau ball joint lainnya, malah ikutin cara mbah 69 alias mbah marmut

getok tuh knuckle pake martil ampe copot, dan slalu berhasil sehh... yg penting getok dengan yakin, jgn ragu2
Thanks Om sarannya, kapan2 dicoba dipress sambil dipukul2 dikit, moga2 ga sesulit pengalaman pertama dulu.. tapi ini masih bagus biar juga cap 555 gantinya :D
arache
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 19
Joined: 28 Jun 2010, 22:29

Re: Honda HR-V, setelah 5 tahun...

Post by arache »

agnisp wrote: 14 Jun 2021, 14:23 Oh ya untuk karet bushing lower arm itu waktu bongkar secara fisik yg lama gak ada beda, bentuk masih kaya baru, tapi begitu diganti rasanya memang beda. Karet yg baru lebih empuk dan senyap. Usia emang ngaruh ke elastisitas sih.
Trims Om, kl ganti karet bushing lower arm aja, kl di Beres kan ga bisa tuh, harus satu set lower arm nya. Bisa dimana ya? Tks
agnisp
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 126
Joined: 07 Jun 2019, 11:42
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Honda HR-V

Re: Honda HR-V, setelah 5 tahun...

Post by agnisp »

arache wrote: 15 Jun 2021, 00:45
agnisp wrote: 14 Jun 2021, 14:23 Oh ya untuk karet bushing lower arm itu waktu bongkar secara fisik yg lama gak ada beda, bentuk masih kaya baru, tapi begitu diganti rasanya memang beda. Karet yg baru lebih empuk dan senyap. Usia emang ngaruh ke elastisitas sih.
Trims Om, kl ganti karet bushing lower arm aja, kl di Beres kan ga bisa tuh, harus satu set lower arm nya. Bisa dimana ya? Tks
Nah itu, bapak2 yg lain mungkin bisa rekomen di mana buat press bushing arm.
kalo aku kemarin beli arm stok lama di toko online, ball joint nya aku simpan.

Arm nya pasang sendiri di rumah ikutin service manual, sama pas ngencengin bautnya suspensi di pre-load dulu (ganjel batu bawahnya, dongkrak diturunin dikit). atau bawa ke bengkel kepercayaan :D
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3549
Joined: 14 Jul 2008, 09:54

Re: Honda HR-V, setelah 5 tahun...

Post by Profith83 »

Mau beli shockbreaker set depan kalau tidak pasang di BeRes tidak ada garansi.
Tapi kalau pasang shockbreaker dan link stabil di BeRes biayanya saja 990rb ....
Mau beli di toko online dan offline tidak ada yang jual(shockbreaker yang set), BeRes pun harus indent dari Jakarta.

Rencana pasang sendiri saja, biarpun tidak garansi gapapa:
1. kira kira kalau beli shock breaker set di BeRes apa yang harus dicheck yah? kalau ditekan rasanya kita gak kuat nekan, andaikata bisa akan langsung mental karena tidak ada beban mobil.
2. Kemudian kalau beli link stabil, apa yang harus dicheck? selain digoyang keras hampir tidak bisa

ah pusing ....
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7687
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Honda HR-V, setelah 5 tahun...

Post by Omnibus »

Profith83 wrote: 15 Jun 2021, 17:35 Mau beli shockbreaker set depan kalau tidak pasang di BeRes tidak ada garansi.
Tapi kalau pasang shockbreaker dan link stabil di BeRes biayanya saja 990rb ....
Mau beli di toko online dan offline tidak ada yang jual(shockbreaker yang set), BeRes pun harus indent dari Jakarta.

Rencana pasang sendiri saja, biarpun tidak garansi gapapa:
1. kira kira kalau beli shock breaker set di BeRes apa yang harus dicheck yah? kalau ditekan rasanya kita gak kuat nekan, andaikata bisa akan langsung mental karena tidak ada beban mobil.
2. Kemudian kalau beli link stabil, apa yang harus dicheck? selain digoyang keras hampir tidak bisa

ah pusing ....
dlm hidup selalu kita dihadapkan dgn pilihan dan selalu ada resiko yg mengikutinya. ciyee maaf bukan maksudnya ceramah apalagi menggurui :mky_03:

shock breaker assy cuma bisa dilihat visual kecuali om jd Hulk punya tenaga super utk main2kan itu per. perhatikan ada rembesan oli ngga. lihat As tengahnya, dust boot bisa keatasin liat sekelilingnya ada baret ngga. kita maunya mulus dan kering. kl ada keanehan berarti cacat produk. DOA (dead on arrival)

kl link stabil bisa liat karet bootnya ada sobek ga, ada grease meler ngga. dioglek2 boleh tp 99.999% ya ga ada masalah org barang baru.
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3549
Joined: 14 Jul 2008, 09:54

Re: Honda HR-V, setelah 5 tahun...

Post by Profith83 »

Omnibus wrote: 15 Jun 2021, 19:23
Profith83 wrote: 15 Jun 2021, 17:35 Mau beli shockbreaker set depan kalau tidak pasang di BeRes tidak ada garansi.
Tapi kalau pasang shockbreaker dan link stabil di BeRes biayanya saja 990rb ....
Mau beli di toko online dan offline tidak ada yang jual(shockbreaker yang set), BeRes pun harus indent dari Jakarta.

Rencana pasang sendiri saja, biarpun tidak garansi gapapa:
1. kira kira kalau beli shock breaker set di BeRes apa yang harus dicheck yah? kalau ditekan rasanya kita gak kuat nekan, andaikata bisa akan langsung mental karena tidak ada beban mobil.
2. Kemudian kalau beli link stabil, apa yang harus dicheck? selain digoyang keras hampir tidak bisa

ah pusing ....
dlm hidup selalu kita dihadapkan dgn pilihan dan selalu ada resiko yg mengikutinya. ciyee maaf bukan maksudnya ceramah apalagi menggurui :mky_03:

shock breaker assy cuma bisa dilihat visual kecuali om jd Hulk punya tenaga super utk main2kan itu per. perhatikan ada rembesan oli ngga. lihat As tengahnya, dust boot bisa keatasin liat sekelilingnya ada baret ngga. kita maunya mulus dan kering. kl ada keanehan berarti cacat produk. DOA (dead on arrival)

kl link stabil bisa liat karet bootnya ada sobek ga, ada grease meler ngga. dioglek2 boleh tp 99.999% ya ga ada masalah org barang baru.
mantap ... nah yah itu shockbreaker susah ngetestnya.
Saya bayangin shock baru ada semacam grease(bukan oli) di batangnya. Ataukah 100% kering? bayangan saya ada grease/oli tipis agar di penyimpanan tidak berkarat.
Oli shock itu apakah warna putih? Bagaimana bedain oli shock bocor atau dilumasi dr pabrik? bayangan saya bocor juga tidak parah....

Tanya coolant sekalian om.
HRV kan pakai type 2 warna biru long life coolant, kalau nambah/kuras apakah gapapa yah dicampur dengan type 1. bayangan saya tidak papa tercampur. Nanti tiap 2 thn kuras coolant pakai warna hijau
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7687
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Honda HR-V, setelah 5 tahun...

Post by Omnibus »

Profith83 wrote: 15 Jun 2021, 20:26
mantap ... nah yah itu shockbreaker susah ngetestnya.
Saya bayangin shock baru ada semacam grease(bukan oli) di batangnya. Ataukah 100% kering? bayangan saya ada grease/oli tipis agar di penyimpanan tidak berkarat.
Oli shock itu apakah warna putih? Bagaimana bedain oli shock bocor atau dilumasi dr pabrik? bayangan saya bocor juga tidak parah....

Tanya coolant sekalian om.
HRV kan pakai type 2 warna biru long life coolant, kalau nambah/kuras apakah gapapa yah dicampur dengan type 1. bayangan saya tidak papa tercampur. Nanti tiap 2 thn kuras coolant pakai warna hijau
nah ga tau tuh kl dr sononya ada minyak pelindung karat. rasanya sih ga ada. tp kl ada cek aja di seal as nya kering ngga.

coolant sebaiknya ga dicampur2.
agnisp
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 126
Joined: 07 Jun 2019, 11:42
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Honda HR-V

Re: Honda HR-V, setelah 5 tahun...

Post by agnisp »

Profith83 wrote: 15 Jun 2021, 17:35 Mau beli shockbreaker set depan kalau tidak pasang di BeRes tidak ada garansi.
Tapi kalau pasang shockbreaker dan link stabil di BeRes biayanya saja 990rb ....
Mau beli di toko online dan offline tidak ada yang jual(shockbreaker yang set), BeRes pun harus indent dari Jakarta.

Rencana pasang sendiri saja, biarpun tidak garansi gapapa:
1. kira kira kalau beli shock breaker set di BeRes apa yang harus dicheck yah? kalau ditekan rasanya kita gak kuat nekan, andaikata bisa akan langsung mental karena tidak ada beban mobil.
2. Kemudian kalau beli link stabil, apa yang harus dicheck? selain digoyang keras hampir tidak bisa

ah pusing ....
kalau beli tabungnya saja sih banyak yang jual sepasang di toko online.
untuk tabung saja masih bisa dicek ditekan batang tengahnya. nanti bawa ke bengkel buat dirangkai dengan per yang lama.
Per yang lama, bearing, karet stopper, dust boot, umumnya belum rusak, bisa menghemat lumayan
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3549
Joined: 14 Jul 2008, 09:54

Re: Honda HR-V, setelah 5 tahun...

Post by Profith83 »

Bahas peredeman di HRV yuk ...

Peredaman HRV di baris ke 2 jelek yah, road noise dan suara lain masuk semua. Sedangkan baris depan dan sopir menurut saya cukup kedap, biarpun tidak hening

Apakah ada yang sudah pasang peredam, terutama di baris ke 2.
1. Peredam apa yang bagus? mungkin semprot dari bawah lebih bagus yang ada karet2xnya. jadi suara dari bawah teredam
2. Pasang sendiri? atau bengkel mana di Surabaya?
3. Apakah terasa jauh kekedapan mobil terutama di baris ke 2.
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3549
Joined: 14 Jul 2008, 09:54

Re: Honda HR-V, setelah 5 tahun...

Post by Profith83 »

agnisp wrote: 16 Jun 2021, 12:44
Profith83 wrote: 15 Jun 2021, 17:35 Mau beli shockbreaker set depan kalau tidak pasang di BeRes tidak ada garansi.
Tapi kalau pasang shockbreaker dan link stabil di BeRes biayanya saja 990rb ....
Mau beli di toko online dan offline tidak ada yang jual(shockbreaker yang set), BeRes pun harus indent dari Jakarta.

Rencana pasang sendiri saja, biarpun tidak garansi gapapa:
1. kira kira kalau beli shock breaker set di BeRes apa yang harus dicheck yah? kalau ditekan rasanya kita gak kuat nekan, andaikata bisa akan langsung mental karena tidak ada beban mobil.
2. Kemudian kalau beli link stabil, apa yang harus dicheck? selain digoyang keras hampir tidak bisa

ah pusing ....
kalau beli tabungnya saja sih banyak yang jual sepasang di toko online.
untuk tabung saja masih bisa dicek ditekan batang tengahnya. nanti bawa ke bengkel buat dirangkai dengan per yang lama.
Per yang lama, bearing, karet stopper, dust boot, umumnya belum rusak, bisa menghemat lumayan
lebih baik beli 1 set saja, kuatir pakai yang lama tidak sampai 2-3 thn dah jebol semua bearing, stopper dan dust boot. Kuatir karet2x ada waktunya hancur.

Jadi barang bekasnya disimpan, siapa tahu dibutuhkan, misalnya bearing bisa dicuci terus kasih grease yang bagus Amsoil hehehe ...
agnisp
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 126
Joined: 07 Jun 2019, 11:42
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Honda HR-V

Re: Honda HR-V, setelah 5 tahun...

Post by agnisp »

Profith83 wrote: 18 Jun 2021, 11:55 Bahas peredeman di HRV yuk ...

Peredaman HRV di baris ke 2 jelek yah, road noise dan suara lain masuk semua. Sedangkan baris depan dan sopir menurut saya cukup kedap, biarpun tidak hening

Apakah ada yang sudah pasang peredam, terutama di baris ke 2.
1. Peredam apa yang bagus? mungkin semprot dari bawah lebih bagus yang ada karet2xnya. jadi suara dari bawah teredam
2. Pasang sendiri? atau bengkel mana di Surabaya?
3. Apakah terasa jauh kekedapan mobil terutama di baris ke 2.
Peredam semprot udah pernah pakai, disemprot di kolong pakai Ziebart, 1.8 juta, tapi ga puas.
Akhirnya pakai peredam aspal campuran merk Visel sama automat, di atap, lantai, pintu dan sekitar roda, sekitar 3 jutaan. Baru lumayan jempolanlah, tapi ga sekedap naik Lexus atau Mercy ya..
bongkar
bongkar
IMG-20171217-WA0010.jpg (211.36 KiB) Viewed 386 times
Pintu
Pintu
IMG-20171217-WA0013.jpg (172.74 KiB) Viewed 386 times
full
full
IMG-20171217-WA0016.jpg (229.51 KiB) Viewed 386 times
AbdulHakim
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 109
Joined: 22 Mar 2021, 06:59
Location: Indonesia
Daily Vehicle: L15Z Turbo

Re: Honda HR-V, setelah 5 tahun...

Post by AbdulHakim »

agnisp wrote: 19 Jun 2021, 23:45
Profith83 wrote: 18 Jun 2021, 11:55 Bahas peredeman di HRV yuk ...

Peredaman HRV di baris ke 2 jelek yah, road noise dan suara lain masuk semua. Sedangkan baris depan dan sopir menurut saya cukup kedap, biarpun tidak hening

Apakah ada yang sudah pasang peredam, terutama di baris ke 2.
1. Peredam apa yang bagus? mungkin semprot dari bawah lebih bagus yang ada karet2xnya. jadi suara dari bawah teredam
2. Pasang sendiri? atau bengkel mana di Surabaya?
3. Apakah terasa jauh kekedapan mobil terutama di baris ke 2.
Peredam semprot udah pernah pakai, disemprot di kolong pakai Ziebart, 1.8 juta, tapi ga puas.
Akhirnya pakai peredam aspal campuran merk Visel sama automat, di atap, lantai, pintu dan sekitar roda, sekitar 3 jutaan. Baru lumayan jempolanlah, tapi ga sekedap naik Lexus atau Mercy ya..

IMG-20171217-WA0010.jpg

IMG-20171217-WA0013.jpg

IMG-20171217-WA0016.jpg
peredam berbahan aspal ini lama2 mengeras ya? sehingga bikin bunyi2 baru kalo udah mengeras, getas dan retak.
Please pencerahan bagi yang udah pake peredam berbahan asphalt gini >3 tahun.
kalo gak salah ada material di bidang audio yang terbuat dari butyl rubber, penasaran juga gmn testimoni yg udah pake
agnisp
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 126
Joined: 07 Jun 2019, 11:42
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Honda HR-V

Re: Honda HR-V, setelah 5 tahun...

Post by agnisp »

AbdulHakim wrote: 22 Jun 2021, 15:59
agnisp wrote: 19 Jun 2021, 23:45
Profith83 wrote: 18 Jun 2021, 11:55 Bahas peredeman di HRV yuk ...

Peredaman HRV di baris ke 2 jelek yah, road noise dan suara lain masuk semua. Sedangkan baris depan dan sopir menurut saya cukup kedap, biarpun tidak hening

Apakah ada yang sudah pasang peredam, terutama di baris ke 2.
1. Peredam apa yang bagus? mungkin semprot dari bawah lebih bagus yang ada karet2xnya. jadi suara dari bawah teredam
2. Pasang sendiri? atau bengkel mana di Surabaya?
3. Apakah terasa jauh kekedapan mobil terutama di baris ke 2.
Peredam semprot udah pernah pakai, disemprot di kolong pakai Ziebart, 1.8 juta, tapi ga puas.
Akhirnya pakai peredam aspal campuran merk Visel sama automat, di atap, lantai, pintu dan sekitar roda, sekitar 3 jutaan. Baru lumayan jempolanlah, tapi ga sekedap naik Lexus atau Mercy ya..

IMG-20171217-WA0010.jpg

IMG-20171217-WA0013.jpg

IMG-20171217-WA0016.jpg
peredam berbahan aspal ini lama2 mengeras ya? sehingga bikin bunyi2 baru kalo udah mengeras, getas dan retak.
Please pencerahan bagi yang udah pake peredam berbahan asphalt gini >3 tahun.
kalo gak salah ada material di bidang audio yang terbuat dari butyl rubber, penasaran juga gmn testimoni yg udah pake
Kalau selama ini hampir 5 tahun aman2 saja, ga ada bunyi2 dan retakan. Mungkin itu kalau > 10 tahun ya.
Yang di bagian bagasi, di area ban serep, saya cek masih sama seperti awal di pasang.
DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 24257
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Honda HR-V, setelah 5 tahun...

Post by DOHC »

agnisp wrote: 19 Jun 2021, 23:45
Profith83 wrote: 18 Jun 2021, 11:55 Bahas peredeman di HRV yuk ...

Peredaman HRV di baris ke 2 jelek yah, road noise dan suara lain masuk semua. Sedangkan baris depan dan sopir menurut saya cukup kedap, biarpun tidak hening

Apakah ada yang sudah pasang peredam, terutama di baris ke 2.
1. Peredam apa yang bagus? mungkin semprot dari bawah lebih bagus yang ada karet2xnya. jadi suara dari bawah teredam
2. Pasang sendiri? atau bengkel mana di Surabaya?
3. Apakah terasa jauh kekedapan mobil terutama di baris ke 2.
Peredam semprot udah pernah pakai, disemprot di kolong pakai Ziebart, 1.8 juta, tapi ga puas.
Akhirnya pakai peredam aspal campuran merk Visel sama automat, di atap, lantai, pintu dan sekitar roda, sekitar 3 jutaan. Baru lumayan jempolanlah, tapi ga sekedap naik Lexus atau Mercy ya..

IMG-20171217-WA0010.jpg

IMG-20171217-WA0013.jpg

IMG-20171217-WA0016.jpg
astagaa

pantesan aj kl lg jalan ngetol, kl makin kenceng itu saya ada berasa kolong hrv saya kaya ada suara ban, angin menderu2 , ga tau nya plaat dek nya aj kaya polosan gt, ga ada peredam bawaan samsek
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7687
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Honda HR-V, setelah 5 tahun...

Post by Omnibus »

DOHC wrote: 22 Jun 2021, 23:09
agnisp wrote: 19 Jun 2021, 23:45
Profith83 wrote: 18 Jun 2021, 11:55 Bahas peredeman di HRV yuk ...

Peredaman HRV di baris ke 2 jelek yah, road noise dan suara lain masuk semua. Sedangkan baris depan dan sopir menurut saya cukup kedap, biarpun tidak hening

Apakah ada yang sudah pasang peredam, terutama di baris ke 2.
1. Peredam apa yang bagus? mungkin semprot dari bawah lebih bagus yang ada karet2xnya. jadi suara dari bawah teredam
2. Pasang sendiri? atau bengkel mana di Surabaya?
3. Apakah terasa jauh kekedapan mobil terutama di baris ke 2.
Peredam semprot udah pernah pakai, disemprot di kolong pakai Ziebart, 1.8 juta, tapi ga puas.
Akhirnya pakai peredam aspal campuran merk Visel sama automat, di atap, lantai, pintu dan sekitar roda, sekitar 3 jutaan. Baru lumayan jempolanlah, tapi ga sekedap naik Lexus atau Mercy ya..

IMG-20171217-WA0010.jpg

IMG-20171217-WA0013.jpg

IMG-20171217-WA0016.jpg
astagaa

pantesan aj kl lg jalan ngetol, kl makin kenceng itu saya ada berasa kolong hrv saya kaya ada suara ban, angin menderu2 , ga tau nya plaat dek nya aj kaya polosan gt, ga ada peredam bawaan samsek
makanya sekali2 copotin panel interior dong mbah. sekedar say hello gitu lho :mky_01:

ane sih udah pas pasang parking sensor diy
User avatar
Suryaputra
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2915
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: L15Z1

Re: Honda HR-V, setelah 5 tahun...

Post by Suryaputra »

agnisp wrote: 19 Jun 2021, 23:45
Profith83 wrote: 18 Jun 2021, 11:55 Bahas peredeman di HRV yuk ...

Peredaman HRV di baris ke 2 jelek yah, road noise dan suara lain masuk semua. Sedangkan baris depan dan sopir menurut saya cukup kedap, biarpun tidak hening

Apakah ada yang sudah pasang peredam, terutama di baris ke 2.
1. Peredam apa yang bagus? mungkin semprot dari bawah lebih bagus yang ada karet2xnya. jadi suara dari bawah teredam
2. Pasang sendiri? atau bengkel mana di Surabaya?
3. Apakah terasa jauh kekedapan mobil terutama di baris ke 2.
Peredam semprot udah pernah pakai, disemprot di kolong pakai Ziebart, 1.8 juta, tapi ga puas.
Akhirnya pakai peredam aspal campuran merk Visel sama automat, di atap, lantai, pintu dan sekitar roda, sekitar 3 jutaan. Baru lumayan jempolanlah, tapi ga sekedap naik Lexus atau Mercy ya..

IMG-20171217-WA0010.jpg

IMG-20171217-WA0013.jpg

IMG-20171217-WA0016.jpg
btw cost total brp om?

klo mercy chassis dan subframe kaki2nya aja udh beda om.
rumit :mky_03:

Image

subframe kaki2 ke chassis aja diselipin pk rubber khusus lg.
ditambah material peredam bawaan pabrik.

bedanya mercy sm jap car monokok sub 1 bio:
1. Mercedes: suspensi + subframe -> chassis
2. Alphard / jap car sub 1 bio: suspensi + chassis

jd peredamannya dah kyk sasis ladder, dgn agility chassis monokok.

makanya ane numpang naik alphard velfire sm e-class aja, msh lbh senyap eclass.
padahal sama2 buat taksi.
klo alphard, lwt aspal kasar cukup berasa NVH nya.
beda sm eclass tetap smooth :upss:

apalagi sejenis hrv dkk, emg perlu peredam tambahan klo mau lbh tenang.
https://aturkuliner.id/ - Hemat dari Puluhan Juta Hingga Milyaran Rupiah, untuk Pebisnis Kuliner
https://mentorkuliner.com/ - Membangun Masa Depan Bisnis Kuliner yang berkelanjutan
DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 24257
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Honda HR-V, setelah 5 tahun...

Post by DOHC »

Omnibus wrote: 23 Jun 2021, 00:06
DOHC wrote: 22 Jun 2021, 23:09
agnisp wrote: 19 Jun 2021, 23:45

Peredam semprot udah pernah pakai, disemprot di kolong pakai Ziebart, 1.8 juta, tapi ga puas.
Akhirnya pakai peredam aspal campuran merk Visel sama automat, di atap, lantai, pintu dan sekitar roda, sekitar 3 jutaan. Baru lumayan jempolanlah, tapi ga sekedap naik Lexus atau Mercy ya..

IMG-20171217-WA0010.jpg

IMG-20171217-WA0013.jpg

IMG-20171217-WA0016.jpg
astagaa

pantesan aj kl lg jalan ngetol, kl makin kenceng itu saya ada berasa kolong hrv saya kaya ada suara ban, angin menderu2 , ga tau nya plaat dek nya aj kaya polosan gt, ga ada peredam bawaan samsek
makanya sekali2 copotin panel interior dong mbah. sekedar say hello gitu lho :mky_01:

ane sih udah pas pasang parking sensor diy
Yg inofa malah uda mbah, ud perna ta trondolin ampe bare metal dek, makanya saya brani blg ribon itu quantum leap banget bedanya dbanding gen inofa seblomnya


Btw, hrv rada males ahh mbah, kcuali nanti mo bebersih fuel pump, kl kata mbah 69, akses nya dr korsi depan, jd kayanya mungkin perlu bongkar karpet deh
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 24257
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Honda HR-V, setelah 5 tahun...

Post by DOHC »

Suryaputra wrote: 23 Jun 2021, 07:12
agnisp wrote: 19 Jun 2021, 23:45
Profith83 wrote: 18 Jun 2021, 11:55 Bahas peredeman di HRV yuk ...

Peredaman HRV di baris ke 2 jelek yah, road noise dan suara lain masuk semua. Sedangkan baris depan dan sopir menurut saya cukup kedap, biarpun tidak hening

Apakah ada yang sudah pasang peredam, terutama di baris ke 2.
1. Peredam apa yang bagus? mungkin semprot dari bawah lebih bagus yang ada karet2xnya. jadi suara dari bawah teredam
2. Pasang sendiri? atau bengkel mana di Surabaya?
3. Apakah terasa jauh kekedapan mobil terutama di baris ke 2.
Peredam semprot udah pernah pakai, disemprot di kolong pakai Ziebart, 1.8 juta, tapi ga puas.
Akhirnya pakai peredam aspal campuran merk Visel sama automat, di atap, lantai, pintu dan sekitar roda, sekitar 3 jutaan. Baru lumayan jempolanlah, tapi ga sekedap naik Lexus atau Mercy ya..

IMG-20171217-WA0010.jpg

IMG-20171217-WA0013.jpg

IMG-20171217-WA0016.jpg
btw cost total brp om?

klo mercy chassis dan subframe kaki2nya aja udh beda om.
rumit :mky_03:

Image

subframe kaki2 ke chassis aja diselipin pk rubber khusus lg.
ditambah material peredam bawaan pabrik.

bedanya mercy sm jap car monokok sub 1 bio:
1. Mercedes: suspensi + subframe -> chassis
2. Alphard / jap car sub 1 bio: suspensi + chassis

jd peredamannya dah kyk sasis ladder, dgn agility chassis monokok.

makanya ane numpang naik alphard velfire sm e-class aja, msh lbh senyap eclass.
padahal sama2 buat taksi.
klo alphard, lwt aspal kasar cukup berasa NVH nya.
beda sm eclass tetap smooth :upss:

apalagi sejenis hrv dkk, emg perlu peredam tambahan klo mau lbh tenang.
Teori mersi tersebut dipake loh mbah ama batu makam

Makanya lipindut L10 ama 11, T31, C23 itu nyaman pake banget nget nget waktu masi baru

Krn smua parts kaki2 depan nya itu literally ga ad yg metal to metal contact ke chassis / body

Cumannn yahhhhhhhh, begonnya batu makam itu, mreka outsourced ke vendor ampas, sayang banget sehhh

Coba kl niat dikit outsourced ke vendor yg proper, pakein karet2 yg sekelas mersi punya... jamin de, ari ini tu idup tuh yg namanya batu makam
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 11044
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Honda HR-V, setelah 5 tahun...

Post by ChZ »

DOHC wrote: 23 Jun 2021, 08:18
Teori mersi tersebut dipake loh mbah ama batu makam

Makanya lipindut L10 ama 11, T31, C23 itu nyaman pake banget nget nget waktu masi baru

Krn smua parts kaki2 depan nya itu literally ga ad yg metal to metal contact ke chassis / body

Cumannn yahhhhhhhh, begonnya batu makam itu, mreka outsourced ke vendor ampas, sayang banget sehhh

Coba kl niat dikit outsourced ke vendor yg proper, pakein karet2 yg sekelas mersi punya... jamin de, ari ini tu idup tuh yg namanya batu makam
salah si mister bean apa apa di cost cutting jd ampas...

tp tanpa mister bean batu makam udah RIP dari thn 2000...

skrg ditinggal mister bean aja udah otw RIP lagi...

serba salah :ungg:
2011 Toyota XU30 / 2016 XP170
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1
2019 Mitsubishi NC1W

https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 24257
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Honda HR-V, setelah 5 tahun...

Post by DOHC »

ChZ wrote: 23 Jun 2021, 11:04
DOHC wrote: 23 Jun 2021, 08:18
Teori mersi tersebut dipake loh mbah ama batu makam

Makanya lipindut L10 ama 11, T31, C23 itu nyaman pake banget nget nget waktu masi baru

Krn smua parts kaki2 depan nya itu literally ga ad yg metal to metal contact ke chassis / body

Cumannn yahhhhhhhh, begonnya batu makam itu, mreka outsourced ke vendor ampas, sayang banget sehhh

Coba kl niat dikit outsourced ke vendor yg proper, pakein karet2 yg sekelas mersi punya... jamin de, ari ini tu idup tuh yg namanya batu makam
salah si mister bean apa apa di cost cutting jd ampas...

tp tanpa mister bean batu makam udah RIP dari thn 2000...

skrg ditinggal mister bean aja udah otw RIP lagi...

serba salah :ungg:
Betull

Padahal sayang banget loh, scara konsep batu makam era mister bean itu not bad loh

Enjin bagus, tranny ampas, body bagus, kaki2 ampas

Every good things be balanced out with [cencored] things
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3549
Joined: 14 Jul 2008, 09:54

Re: Honda HR-V, setelah 5 tahun...

Post by Profith83 »

Batu makam pernah punya.
Memang enak dan hening, jauh dibanding H tegak.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7687
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Honda HR-V, setelah 5 tahun...

Post by Omnibus »

Profith83 wrote: 23 Jun 2021, 11:59 Batu makam pernah punya.
Memang enak dan hening, jauh dibanding H tegak.
nah pertanyaan nih om ....

kalau next mau beli mobil lagi, pilihan cuma ada 2: nissin atau hondo

om pilih beli yg mana? dan kenapa?
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3549
Joined: 14 Jul 2008, 09:54

Re: Honda HR-V, setelah 5 tahun...

Post by Profith83 »

Omnibus wrote: 23 Jun 2021, 12:28
Profith83 wrote: 23 Jun 2021, 11:59 Batu makam pernah punya.
Memang enak dan hening, jauh dibanding H tegak.
nah pertanyaan nih om ....

kalau next mau beli mobil lagi, pilihan cuma ada 2: nissin atau hondo

om pilih beli yg mana? dan kenapa?
Nissin :
Kalau dompet cukup tebal, pinginnya nissin om, mau rusak egp, main ganti saja.
Tapi kalau sering rusak yah males juga, bolak balik ke bengkelnya --> ini yang paling males ngurusin beginian. Belum tentu sih bengkel lebih ngerti dari kita, yah gak?
Kecuali anthusiast mobil, dibenerin sendiri semua --> harus punya waktu, duit --> tidak punya 1 saja akan susah

Hondo :
Sebenarnya tinggal semprot anti karat yang mahal Noise akan teredam jauh. yang pakai karet
Semprot anti karat yang Dinol bukan Dini.
Tapi kalau vibration yang memang gak bisa dihindari karena memang design beda.
User avatar
Suryaputra
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2915
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: L15Z1

Re: Honda HR-V, setelah 5 tahun...

Post by Suryaputra »

DOHC wrote: 23 Jun 2021, 11:51
ChZ wrote: 23 Jun 2021, 11:04
DOHC wrote: 23 Jun 2021, 08:18
Teori mersi tersebut dipake loh mbah ama batu makam

Makanya lipindut L10 ama 11, T31, C23 itu nyaman pake banget nget nget waktu masi baru

Krn smua parts kaki2 depan nya itu literally ga ad yg metal to metal contact ke chassis / body

Cumannn yahhhhhhhh, begonnya batu makam itu, mreka outsourced ke vendor ampas, sayang banget sehhh

Coba kl niat dikit outsourced ke vendor yg proper, pakein karet2 yg sekelas mersi punya... jamin de, ari ini tu idup tuh yg namanya batu makam
salah si mister bean apa apa di cost cutting jd ampas...

tp tanpa mister bean batu makam udah RIP dari thn 2000...

skrg ditinggal mister bean aja udah otw RIP lagi...

serba salah :ungg:
Betull

Padahal sayang banget loh, scara konsep batu makam era mister bean itu not bad loh

Enjin bagus, tranny ampas, body bagus, kaki2 ampas

Every good things be balanced out with [cencored] things
klo semua bagus.
COGS naik, harganya udh di atas kompetitor jauh.
jd dr sisi added value kurang :mky_04:

mercy semuanya bagus, liat aja harganya :big_biglaugh:
https://aturkuliner.id/ - Hemat dari Puluhan Juta Hingga Milyaran Rupiah, untuk Pebisnis Kuliner
https://mentorkuliner.com/ - Membangun Masa Depan Bisnis Kuliner yang berkelanjutan
Post Reply