Honda HR-V, setelah 5 tahun...

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: F 272, b8099ok, ginting, FRD, artoodetoo, y_anjasrana

Post Reply
erwinign
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3199
Joined: 19 Apr 2014, 10:45
Location: SRG

Re: Honda HR-V, setelah 5 tahun...

Post by erwinign »

darrelund wrote: 13 Jun 2021, 22:20
erwinign wrote: 22 May 2021, 08:50
Profith83 wrote: 22 May 2021, 08:43

Hanya enthusiast mobil yg bisa merasakan.
Misal bisa bedain road noise
Bisa bedakan shock impression antara mobilio dan HRV, biarpun ke 2 nya kalau kena lobang besar tetap ada bunyi brak
Bisa bedakan jenis ban yg dipakai .

HRV secara overall OK
Ban hrv yg dunlop sp sportmaxx kayanya oke ya om? Jarang ada keluhan kayanya, dr sidewall jg kuat
tapi road noisenya itu omm, saya nyoba yg 1.5 E batch awal, memang sih handlingnya jadi enak. tapi brisik banget tapi wajar sih kan ban UHP ditambah peredaman yang kurang jadinya waw sekali itu.

tante saya beli yg 1.5 SE FL kok bannya jadi turun ke turanza er33, apa gegara komplain brisik ya?
Ini sejauh yg saya amatin ya om,

- jaman 2015 awal keluar, all type sampe prestis 1.8 pake dunlop sportmaxx ini
- jaman 2016an-mau fl mulai keluar varian aneh2 kaya jbl2an itu semua tipe 1.5 tetep dunlop, prestis sama jbl turanza er33
- jaman fl sekitar 2018an, tipe S sama E dunlop sportmaxx, 1.5 SE-prestis 1.8 turanza er33
- sktr th 2019an-sekarang, S 1.5 (velg silver model kaya pres 1.8 fl) champiro hpy, E 1.5 dunlop sportmaxx, SE 1.5-prestis 1.8 turanza er33
Don't Judge The Book By It's Cover
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3279
Joined: 14 Jul 2008, 09:54

Re: Honda HR-V, setelah 5 tahun...

Post by Profith83 »

Omnibus wrote: 13 Jun 2021, 21:32
Profith83 wrote: 13 Jun 2021, 20:58
Waktu saya ganti hanya yg bawah ori beli di BeRes.
Yg atas tidak pernah diganti. Makanya saya bingung. Harus lihat mobilio baru di show room dan lihat penampakan part yg baru di BeRes.
Saya lihat di online karet support bawah harusnya cekung. Punya saya dah cembung.
Kalau cekung harus support atas masuk kebawah.

Benar apa salah yah? Maklum newbie ... butuh bantuan dari para ahlinya disini om :big_smile]
bongkar lg sendiri karet support nya kaya kemarin rack steer om. nanti jg ngerti sendiri. sy juga gitu dulu. percuma diomongin disini, kata2 belaka ngerti kaga. :big_grin:
Saya bingung. Padahal beli ORI tapi cuma 2 thn an kok dah cemet.
Lihat youtub kebayang om bagaimana cara bongkar. Harus ditahan nanti biar as roda tidak ikut lepas ketarik.

Bawahnya support shock itu ada karet. Karet itu apa yah namanya?
DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 23899
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Honda HR-V, setelah 5 tahun...

Post by DOHC »

erwinign wrote: 14 Jun 2021, 00:39
darrelund wrote: 13 Jun 2021, 22:20
erwinign wrote: 22 May 2021, 08:50

Ban hrv yg dunlop sp sportmaxx kayanya oke ya om? Jarang ada keluhan kayanya, dr sidewall jg kuat
tapi road noisenya itu omm, saya nyoba yg 1.5 E batch awal, memang sih handlingnya jadi enak. tapi brisik banget tapi wajar sih kan ban UHP ditambah peredaman yang kurang jadinya waw sekali itu.

tante saya beli yg 1.5 SE FL kok bannya jadi turun ke turanza er33, apa gegara komplain brisik ya?
Ini sejauh yg saya amatin ya om,

- jaman 2015 awal keluar, all type sampe prestis 1.8 pake dunlop sportmaxx ini
- jaman 2016an-mau fl mulai keluar varian aneh2 kaya jbl2an itu semua tipe 1.5 tetep dunlop, prestis sama jbl turanza er33
- jaman fl sekitar 2018an, tipe S sama E dunlop sportmaxx, 1.5 SE-prestis 1.8 turanza er33
- sktr th 2019an-sekarang, S 1.5 (velg silver model kaya pres 1.8 fl) champiro hpy, E 1.5 dunlop sportmaxx, SE 1.5-prestis 1.8 turanza er33
Sp sportsmaxx lokal emg gt, kuat tp brizik ampun2 dan muahal

Beda kl sportsmaxx import kata di W204 PFL, enak itu

Kl mo alternatif enak tp irit, bsa coba hankook ventus noble 2, ban UHP ini, d aussie malah jd ban OEM honda dsana
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Omnibus
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7117
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Honda HR-V, setelah 5 tahun...

Post by Omnibus »

Profith83 wrote: 14 Jun 2021, 08:14
Saya bingung. Padahal beli ORI tapi cuma 2 thn an kok dah cemet.
Lihat youtub kebayang om bagaimana cara bongkar. Harus ditahan nanti biar as roda tidak ikut lepas ketarik.

Bawahnya support shock itu ada karet. Karet itu apa yah namanya?
ga ada om itu pake as roda ketarik. takut bgt sih.

makanya bongkar aja, lepas mur atasnya si karet support atas. lepas baut 2 biji di bawah shock yg nyambung ke knuckle. udah bisa keluar itu shock assy sama per nya. ga akan melejit per nya krn ada mur satu lagi penahan dibawah karet support bawah.

ntar kan bisa keliatan 2 tahun kenapa karet support ori gepenk lagi. ya kl kata om tiap poldur dihajar ya gepenk lah apalagi pas full load, mobilio kan berat drpd brio sementara kaki2 sama.
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3279
Joined: 14 Jul 2008, 09:54

Re: Honda HR-V, setelah 5 tahun...

Post by Profith83 »

Omnibus wrote: 14 Jun 2021, 10:10
Profith83 wrote: 14 Jun 2021, 08:14
Saya bingung. Padahal beli ORI tapi cuma 2 thn an kok dah cemet.
Lihat youtub kebayang om bagaimana cara bongkar. Harus ditahan nanti biar as roda tidak ikut lepas ketarik.

Bawahnya support shock itu ada karet. Karet itu apa yah namanya?
ga ada om itu pake as roda ketarik. takut bgt sih.

makanya bongkar aja, lepas mur atasnya si karet support atas. lepas baut 2 biji di bawah shock yg nyambung ke knuckle. udah bisa keluar itu shock assy sama per nya. ga akan melejit per nya krn ada mur satu lagi penahan dibawah karet support bawah.

ntar kan bisa keliatan 2 tahun kenapa karet support ori gepenk lagi. ya kl kata om tiap poldur dihajar ya gepenk lah apalagi pas full load, mobilio kan berat drpd brio sementara kaki2 sama.
Kalau ball joint kira2 rusak gak yah? 6 thn 84rb KM.
Supaya gak bongkar bolak balik.
Secara kasat mata adakah tandanya?
Males juga pas bongkar eh ternyata ada lagi yg rusak, mesti beli lagi ke toko.
Tapi kalau beli ternyata masih bagus sayang juga diganti. Serba salah ...
erwinign
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3199
Joined: 19 Apr 2014, 10:45
Location: SRG

Re: Honda HR-V, setelah 5 tahun...

Post by erwinign »

DOHC wrote: 14 Jun 2021, 09:48
erwinign wrote: 14 Jun 2021, 00:39
darrelund wrote: 13 Jun 2021, 22:20

tapi road noisenya itu omm, saya nyoba yg 1.5 E batch awal, memang sih handlingnya jadi enak. tapi brisik banget tapi wajar sih kan ban UHP ditambah peredaman yang kurang jadinya waw sekali itu.

tante saya beli yg 1.5 SE FL kok bannya jadi turun ke turanza er33, apa gegara komplain brisik ya?
Ini sejauh yg saya amatin ya om,

- jaman 2015 awal keluar, all type sampe prestis 1.8 pake dunlop sportmaxx ini
- jaman 2016an-mau fl mulai keluar varian aneh2 kaya jbl2an itu semua tipe 1.5 tetep dunlop, prestis sama jbl turanza er33
- jaman fl sekitar 2018an, tipe S sama E dunlop sportmaxx, 1.5 SE-prestis 1.8 turanza er33
- sktr th 2019an-sekarang, S 1.5 (velg silver model kaya pres 1.8 fl) champiro hpy, E 1.5 dunlop sportmaxx, SE 1.5-prestis 1.8 turanza er33
Sp sportsmaxx lokal emg gt, kuat tp brizik ampun2 dan muahal

Beda kl sportsmaxx import kata di W204 PFL, enak itu

Kl mo alternatif enak tp irit, bsa coba hankook ventus noble 2, ban UHP ini, d aussie malah jd ban OEM honda dsana
Sp sportmaxx impor ini bingungin jg mbah, sy coba di mazda 3 HB sky lama aja bs empuk dan silent. Tipenya sp sportmaxx RT4.

SP sportmaxx 050 impor jepang kaya yg kepasang di rx270 sama rx300 sekarang aja entah sama2 bagus kaya RT4 apa kagak
Don't Judge The Book By It's Cover
DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 23899
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Honda HR-V, setelah 5 tahun...

Post by DOHC »

erwinign wrote: 14 Jun 2021, 11:57
DOHC wrote: 14 Jun 2021, 09:48
erwinign wrote: 14 Jun 2021, 00:39

Ini sejauh yg saya amatin ya om,

- jaman 2015 awal keluar, all type sampe prestis 1.8 pake dunlop sportmaxx ini
- jaman 2016an-mau fl mulai keluar varian aneh2 kaya jbl2an itu semua tipe 1.5 tetep dunlop, prestis sama jbl turanza er33
- jaman fl sekitar 2018an, tipe S sama E dunlop sportmaxx, 1.5 SE-prestis 1.8 turanza er33
- sktr th 2019an-sekarang, S 1.5 (velg silver model kaya pres 1.8 fl) champiro hpy, E 1.5 dunlop sportmaxx, SE 1.5-prestis 1.8 turanza er33
Sp sportsmaxx lokal emg gt, kuat tp brizik ampun2 dan muahal

Beda kl sportsmaxx import kata di W204 PFL, enak itu

Kl mo alternatif enak tp irit, bsa coba hankook ventus noble 2, ban UHP ini, d aussie malah jd ban OEM honda dsana
Sp sportmaxx impor ini bingungin jg mbah, sy coba di mazda 3 HB sky lama aja bs empuk dan silent. Tipenya sp sportmaxx RT4.

SP sportmaxx 050 impor jepang kaya yg kepasang di rx270 sama rx300 sekarang aja entah sama2 bagus kaya RT4 apa kagak
Sp sportsmaxx itu macem2 importnya om

Yg saya coba di mersi w204 hopeng dl malah yg made in thailand, tp enak loh, ga brizik kaya di hrv, dipake meliuk2 jg masi enak
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 23899
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Honda HR-V, setelah 5 tahun...

Post by DOHC »

Profith83 wrote: 14 Jun 2021, 11:56
Omnibus wrote: 14 Jun 2021, 10:10
Profith83 wrote: 14 Jun 2021, 08:14
Saya bingung. Padahal beli ORI tapi cuma 2 thn an kok dah cemet.
Lihat youtub kebayang om bagaimana cara bongkar. Harus ditahan nanti biar as roda tidak ikut lepas ketarik.

Bawahnya support shock itu ada karet. Karet itu apa yah namanya?
ga ada om itu pake as roda ketarik. takut bgt sih.

makanya bongkar aja, lepas mur atasnya si karet support atas. lepas baut 2 biji di bawah shock yg nyambung ke knuckle. udah bisa keluar itu shock assy sama per nya. ga akan melejit per nya krn ada mur satu lagi penahan dibawah karet support bawah.

ntar kan bisa keliatan 2 tahun kenapa karet support ori gepenk lagi. ya kl kata om tiap poldur dihajar ya gepenk lah apalagi pas full load, mobilio kan berat drpd brio sementara kaki2 sama.
Kalau ball joint kira2 rusak gak yah? 6 thn 84rb KM.
Supaya gak bongkar bolak balik.
Secara kasat mata adakah tandanya?
Males juga pas bongkar eh ternyata ada lagi yg rusak, mesti beli lagi ke toko.
Tapi kalau beli ternyata masih bagus sayang juga diganti. Serba salah ...
Numpang jawap om

Kl mau aman, dan males bolak balik bongkar yah ganti semua

Krn toh kan pemakaian rada "kasar" jg, jd ga ad patokan jg gt

Cek ball joint, liat boot karet joint nya sobek bocor vet ga, di otek2 oblak ga, brizik ga pas diotek2.. kl smuanya enga yah artinya masi aman

Tp kl saya seh, krn bsa ngerjain sendiri DIY, yah dicicil aj , ganti satu2, toh ongkos jasa ud ga ad ini.... bongpas mobil sendiri jg jd sarana buang stress
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Omnibus
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7117
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Honda HR-V, setelah 5 tahun...

Post by Omnibus »

Profith83 wrote: 14 Jun 2021, 11:56
Kalau ball joint kira2 rusak gak yah? 6 thn 84rb KM.
Supaya gak bongkar bolak balik.
Secara kasat mata adakah tandanya?
Males juga pas bongkar eh ternyata ada lagi yg rusak, mesti beli lagi ke toko.
Tapi kalau beli ternyata masih bagus sayang juga diganti. Serba salah ...
nah gitu dong om mulai advance nih si om, demen saya kl orang mau terus maju n beneran mau ngerjain kaya regrease steering rack. bukan omdo nih ya ngga om. :big_exellent:

untuk ball joint emang gitu, dibeli duluan salah kl ternyata ga rusak, ga dibeli jg salah kl ternyata rusak.
jadi emang perlu dicek dulu om. caranya jauh lbh gampang drpd ngelepas shock breaker tadi cuma bedanya harus pakai tool khusus.

kaya gini, namanya ball joint remover, ini cuma utk ngelepas ball joint dr posisinya skrg di knuckle setelah cotter pin dan murnya dilepas. kl ga pake alat ini bisa sih digedor pake palu tp sy ga menyarankan. kl aliran asemregez boleh lah.

abis dilepas dr knuckle itu ball joint tinggal dioglek2in aja utk ngeceknya. kl udah koclak/letoy berarti saatnya diganti. kl msh kenceng susah dioglek2in berarti msh bagus, tinggal dipasang lagi ke knuckle dan murnya dikencengin lagi + ditorsi (ga punya TW ya udah sekuatnya aja) + pasang cotter pin.

Image

harganya 1.3jt. kl hobi boleh beli, kl engga ya jangan.
User avatar
Omnibus
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7117
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Honda HR-V, setelah 5 tahun...

Post by Omnibus »

Profith83 wrote: 14 Jun 2021, 11:56
nih om ...... pelajarin semua om cuma video 5 menit

metode favorit sy metode NOMOR 4 om.

arache
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 19
Joined: 28 Jun 2010, 22:29

Re: Honda HR-V, setelah 5 tahun...

Post by arache »

agnisp wrote: 13 Jun 2021, 21:16
arache wrote: 13 Jun 2021, 19:54 Om2, mau nanya, HRV saya 2015 1.5E, KM 19.100an. Saya bawa ke Beres Honda Pluit untuk servis 20rb dan bbrp keluhan:
1. Bunyi2 pada depan kiri kalau melewati jalan kasar/paving/berombak/dsbnya.
2. Kalau mesin sudah jalan 40mnt ke atas, pedal gas begitu diinjak berbunyi dek dek gitu. Kalau mesin masih dingin ga ada bunyi.

Nah kan saya minta teknisi cek bagian2 yang disebut dalam thread ini (link stabil, suspensi, lower arm, long tie rod, ball joint, steering rack), namun menurut teknisi, dia bilang harusnya part2 tsb belum waktunya untuk diganti baik dari segi waktu, rute perjalanan (rumah-sekolah anak, jalan relatif bagus) maupun KM (6 tahun, 19.100 KM).

Namun dari SA saya diinfokan bahwa perlu ganti link stabilizer karena sudah aus, ball joint, dan shock breaker.

Mohon pendapat suhu2. Terima kasih.
Masih rendah KM nya, tapi iya kalau shockbreaker saya KM 15 rb mulai masuk suara ban kena gelombang jalan, bunyi dug dug, ganti di KM 40 rb, shock 1 set kanan kiri hilang bunyinya.
Bisa ganti tabung aja sebenarnya sih lebih murah.

Link stabil kalau baru KM 19 rb harusnya masih bagus. Punyaku coba ganti di KM 40 rb juga yg part bekas masih bagus aslinya.
Ball joint juga sama, aku ganti di KM 45rb aslinya masih bagus ga perlu ganti.
Yang bunyi terasa pas jalan maccadam atau pavling itu dari lower arm, bushingnya perlu ganti. Habis diganti jadi senyap kaya baru ambil dari dealer 5 th yg lalu.
Terima kasih replynya, berarti utk km 19100, harusnya link stabil dan ball joint msh bagus ya? Kl shock breaker memang dari 15rb sudah mulai lemah?

Ini di beres, pendapat teknisi sama pendapat SA berbeda… mobil udah 2 hari disana.

Update: baru bicara dgn teknisi, dia ga bisa nemu penyebab bunyi2, mbl diminta diambil aja dulu, dipake sampai suara lebih kenceng lagi baru balik… untuk semua pergantian yang disarankan oleh SA katanya ga usah krn dia udah liat semua part tsb msh bagus, termsk bushing lower arm. :big_think:
agnisp
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 126
Joined: 07 Jun 2019, 11:42
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Honda HR-V

Re: Honda HR-V, setelah 5 tahun...

Post by agnisp »

arache wrote: 14 Jun 2021, 13:47
agnisp wrote: 13 Jun 2021, 21:16
arache wrote: 13 Jun 2021, 19:54 Om2, mau nanya, HRV saya 2015 1.5E, KM 19.100an. Saya bawa ke Beres Honda Pluit untuk servis 20rb dan bbrp keluhan:l
1. Bunyi2 pada depan kiri kalau melewati jalan kasar/paving/berombak/dsbnya.
2. Kalau mesin sudah jalan 40mnt ke atas, pedal gas begitu diinjak berbunyi dek dek gitu. Kalau mesin masih dingin ga ada bunyi.

Nah kan saya minta teknisi cek bagian2 yang disebut dalam thread ini (link stabil, suspensi, lower arm, long tie rod, ball joint, steering rack), namun menurut teknisi, dia bilang harusnya part2 tsb belum waktunya untuk diganti baik dari segi waktu, rute perjalanan (rumah-sekolah anak, jalan relatif bagus) maupun KM (6 tahun, 19.100 KM).

Namun dari SA saya diinfokan bahwa perlu ganti link stabilizer karena sudah aus, ball joint, dan shock breaker.

Mohon pendapat suhu2. Terima kasih.
Masih rendah KM nya, tapi iya kalau shockbreaker saya KM 15 rb mulai masuk suara ban kena gelombang jalan, bunyi dug dug, ganti di KM 40 rb, shock 1 set kanan kiri hilang bunyinya.
Bisa ganti tabung aja sebenarnya sih lebih murah.

Link stabil kalau baru KM 19 rb harusnya masih bagus. Punyaku coba ganti di KM 40 rb juga yg part bekas masih bagus aslinya.
Ball joint juga sama, aku ganti di KM 45rb aslinya masih bagus ga perlu ganti.
Yang bunyi terasa pas jalan maccadam atau pavling itu dari lower arm, bushingnya perlu ganti. Habis diganti jadi senyap kaya baru ambil dari dealer 5 th yg lalu.
Terima kasih replynya, berarti utk km 19100, harusnya link stabil dan ball joint msh bagus ya? Kl shock breaker memang dari 15rb sudah mulai lemah?

Ini di beres, pendapat teknisi sama pendapat SA berbeda… mobil udah 2 hari disana.

Update: baru bicara dgn teknisi, dia ga bisa nemu penyebab bunyi2, mbl diminta diambil aja dulu, dipake sampai suara lebih kenceng lagi baru balik… untuk semua pergantian yang disarankan oleh SA katanya ga usah krn dia udah liat semua part tsb msh bagus, termsk bushing lower arm. :big_think:
Lemah belum, normal2 aja sebenarnya dari ayunan dsb, tapi bunyi benturan ban ke aspal masuk, gluduk2. Habis ganti baru hilang itu
agnisp
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 126
Joined: 07 Jun 2019, 11:42
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Honda HR-V

Re: Honda HR-V, setelah 5 tahun...

Post by agnisp »

Oh ya untuk karet bushing lower arm itu waktu bongkar secara fisik yg lama gak ada beda, bentuk masih kaya baru, tapi begitu diganti rasanya memang beda. Karet yg baru lebih empuk dan senyap. Usia emang ngaruh ke elastisitas sih.
agnisp
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 126
Joined: 07 Jun 2019, 11:42
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Honda HR-V

Re: Honda HR-V, setelah 5 tahun...

Post by agnisp »

Omnibus wrote: 14 Jun 2021, 12:22
Profith83 wrote: 14 Jun 2021, 11:56
nih om ...... pelajarin semua om cuma video 5 menit

metode favorit sy metode NOMOR 4 om.

Saya udah pernah coba DIY om, pakai treker tsb beli online, dan gagal total, malah meleset, bootnya balljoin kena, grease keluar.. akhirnya bawa ke bengkel minta gantiin, haa.
Di bengkel harus sambil dipukul pukul juga ternyata sambil dikompres treker, baru keluar.
User avatar
Omnibus
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7117
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Honda HR-V, setelah 5 tahun...

Post by Omnibus »

agnisp wrote: 14 Jun 2021, 14:28
Omnibus wrote: 14 Jun 2021, 12:22
Profith83 wrote: 14 Jun 2021, 11:56
nih om ...... pelajarin semua om cuma video 5 menit

metode favorit sy metode NOMOR 4 om.

Saya udah pernah coba DIY om, pakai treker tsb beli online, dan gagal total, malah meleset, bootnya balljoin kena, grease keluar.. akhirnya bawa ke bengkel minta gantiin, haa.
Di bengkel harus sambil dipukul pukul juga ternyata sambil dikompres treker, baru keluar.
mungkin masukin fork nya ga sampai mentok krn susah masuknya. memang spt ga muat dan hrs agak dipaksa utk sampai mentok. kl ga mentok ya melejit kaya yg om alami.
tips n trick: olesin grease di sekeliling fork jd dia licin. masuknya getok pakai palu pelan2 jika perlu. kl sdh mentok baru screw boleh diputar.
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3279
Joined: 14 Jul 2008, 09:54

Re: Honda HR-V, setelah 5 tahun...

Post by Profith83 »

Omnibus wrote: 14 Jun 2021, 15:58
agnisp wrote: 14 Jun 2021, 14:28
Omnibus wrote: 14 Jun 2021, 12:22

nih om ...... pelajarin semua om cuma video 5 menit

metode favorit sy metode NOMOR 4 om.

Saya udah pernah coba DIY om, pakai treker tsb beli online, dan gagal total, malah meleset, bootnya balljoin kena, grease keluar.. akhirnya bawa ke bengkel minta gantiin, haa.
Di bengkel harus sambil dipukul pukul juga ternyata sambil dikompres treker, baru keluar.
mungkin masukin fork nya ga sampai mentok krn susah masuknya. memang spt ga muat dan hrs agak dipaksa utk sampai mentok. kl ga mentok ya melejit kaya yg om alami.
tips n trick: olesin grease di sekeliling fork jd dia licin. masuknya getok pakai palu pelan2 jika perlu. kl sdh mentok baru screw boleh diputar.
Om tanya lagi tah.
Itu link stabil gimana bukanya yah?
Sisi satu berupa mur nya yang bisa pakai kunci shock/ring. Nah sisi satunya yang part link stabilnya berbentuk bundar, bagaimana cara nahan mur ?
User avatar
Omnibus
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7117
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Honda HR-V, setelah 5 tahun...

Post by Omnibus »

Profith83 wrote: 14 Jun 2021, 16:29
Omnibus wrote: 14 Jun 2021, 15:58
agnisp wrote: 14 Jun 2021, 14:28

Saya udah pernah coba DIY om, pakai treker tsb beli online, dan gagal total, malah meleset, bootnya balljoin kena, grease keluar.. akhirnya bawa ke bengkel minta gantiin, haa.
Di bengkel harus sambil dipukul pukul juga ternyata sambil dikompres treker, baru keluar.
mungkin masukin fork nya ga sampai mentok krn susah masuknya. memang spt ga muat dan hrs agak dipaksa utk sampai mentok. kl ga mentok ya melejit kaya yg om alami.
tips n trick: olesin grease di sekeliling fork jd dia licin. masuknya getok pakai palu pelan2 jika perlu. kl sdh mentok baru screw boleh diputar.
Om tanya lagi tah.
Itu link stabil gimana bukanya yah?
Sisi satu berupa mur nya yang bisa pakai kunci shock/ring. Nah sisi satunya yang part link stabilnya berbentuk bundar, bagaimana cara nahan mur ?
pakai kunci L atau socket inhex


Image
yanuarra
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2184
Joined: 28 Dec 2019, 16:55
Location: Jakarta

Re: Honda HR-V, setelah 5 tahun...

Post by yanuarra »

Omnibus wrote: 14 Jun 2021, 16:35
Profith83 wrote: 14 Jun 2021, 16:29
Omnibus wrote: 14 Jun 2021, 15:58

mungkin masukin fork nya ga sampai mentok krn susah masuknya. memang spt ga muat dan hrs agak dipaksa utk sampai mentok. kl ga mentok ya melejit kaya yg om alami.
tips n trick: olesin grease di sekeliling fork jd dia licin. masuknya getok pakai palu pelan2 jika perlu. kl sdh mentok baru screw boleh diputar.
Om tanya lagi tah.
Itu link stabil gimana bukanya yah?
Sisi satu berupa mur nya yang bisa pakai kunci shock/ring. Nah sisi satunya yang part link stabilnya berbentuk bundar, bagaimana cara nahan mur ?
pakai kunci L atau socket inhex


Image
Snapon semua :emo-big_love:
User avatar
Omnibus
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7117
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Honda HR-V, setelah 5 tahun...

Post by Omnibus »

yanuarra wrote: 14 Jun 2021, 16:39
Omnibus wrote: 14 Jun 2021, 16:35
Profith83 wrote: 14 Jun 2021, 16:29

Om tanya lagi tah.
Itu link stabil gimana bukanya yah?
Sisi satu berupa mur nya yang bisa pakai kunci shock/ring. Nah sisi satunya yang part link stabilnya berbentuk bundar, bagaimana cara nahan mur ?
pakai kunci L atau socket inhex


Image
Snapon semua :emo-big_love:
:emo-big_love: :emo-big_love:
yanuarra
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2184
Joined: 28 Dec 2019, 16:55
Location: Jakarta

Re: Honda HR-V, setelah 5 tahun...

Post by yanuarra »

Omnibus wrote: 14 Jun 2021, 16:45
yanuarra wrote: 14 Jun 2021, 16:39
Omnibus wrote: 14 Jun 2021, 16:35

pakai kunci L atau socket inhex


Image
Snapon semua :emo-big_love:
:emo-big_love: :emo-big_love:
Luar biasa mbah shifu snapon semua :mky_02:
User avatar
Omnibus
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7117
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Honda HR-V, setelah 5 tahun...

Post by Omnibus »

yanuarra wrote: 14 Jun 2021, 16:50
Omnibus wrote: 14 Jun 2021, 16:45
yanuarra wrote: 14 Jun 2021, 16:39

Snapon semua :emo-big_love:
:emo-big_love: :emo-big_love:
Luar biasa mbah shifu snapon semua :mky_02:
bukaaann

itu mah dr inet org ada tulisannya noh
agnisp
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 126
Joined: 07 Jun 2019, 11:42
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Honda HR-V

Re: Honda HR-V, setelah 5 tahun...

Post by agnisp »

Omnibus wrote: 14 Jun 2021, 15:58
mungkin masukin fork nya ga sampai mentok krn susah masuknya. memang spt ga muat dan hrs agak dipaksa utk sampai mentok. kl ga mentok ya melejit kaya yg om alami.
tips n trick: olesin grease di sekeliling fork jd dia licin. masuknya getok pakai palu pelan2 jika perlu. kl sdh mentok baru screw boleh diputar.
Hmm.. begitu ya.. kapan2 wis ta coba lagi, kalau sudah waktunya ganti.. kalau video kok gampang. pas praktik ceritanya beda :big_bored:
DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 23899
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Honda HR-V, setelah 5 tahun...

Post by DOHC »

agnisp wrote: 14 Jun 2021, 17:56
Omnibus wrote: 14 Jun 2021, 15:58
mungkin masukin fork nya ga sampai mentok krn susah masuknya. memang spt ga muat dan hrs agak dipaksa utk sampai mentok. kl ga mentok ya melejit kaya yg om alami.
tips n trick: olesin grease di sekeliling fork jd dia licin. masuknya getok pakai palu pelan2 jika perlu. kl sdh mentok baru screw boleh diputar.
Hmm.. begitu ya.. kapan2 wis ta coba lagi, kalau sudah waktunya ganti.. kalau video kok gampang. pas praktik ceritanya beda :big_bored:
numpang nimbrung y

kl saya lepasin terot atau ball joint lainnya, malah ikutin cara mbah 69 alias mbah marmut

getok tuh knuckle pake martil ampe copot, dan slalu berhasil sehh... yg penting getok dengan yakin, jgn ragu2
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Omnibus
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7117
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Honda HR-V, setelah 5 tahun...

Post by Omnibus »

agnisp wrote: 14 Jun 2021, 17:56
Omnibus wrote: 14 Jun 2021, 15:58
mungkin masukin fork nya ga sampai mentok krn susah masuknya. memang spt ga muat dan hrs agak dipaksa utk sampai mentok. kl ga mentok ya melejit kaya yg om alami.
tips n trick: olesin grease di sekeliling fork jd dia licin. masuknya getok pakai palu pelan2 jika perlu. kl sdh mentok baru screw boleh diputar.
Hmm.. begitu ya.. kapan2 wis ta coba lagi, kalau sudah waktunya ganti.. kalau video kok gampang. pas praktik ceritanya beda :big_bored:
kl sy ngerusakin sesuatu dlm proses biarlah itu jd pelajaran yg akan sy ingat. kan bukan jaminan kl dibawa ke bengkel dapet mekanik yg pro, siapa tau dpt yg novice (sy sebutnya mekanik ijo) n akhirnya rusak juga sama dia.

drpd dia yg rusakin mending sy yg rusakin sambil belajar. sdh pasti lbh manusiawi juga krn mobil sendiri ga mungkin barbar.
User avatar
Omnibus
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7117
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Honda HR-V, setelah 5 tahun...

Post by Omnibus »

DOHC wrote: 14 Jun 2021, 17:59
agnisp wrote: 14 Jun 2021, 17:56
Omnibus wrote: 14 Jun 2021, 15:58
mungkin masukin fork nya ga sampai mentok krn susah masuknya. memang spt ga muat dan hrs agak dipaksa utk sampai mentok. kl ga mentok ya melejit kaya yg om alami.
tips n trick: olesin grease di sekeliling fork jd dia licin. masuknya getok pakai palu pelan2 jika perlu. kl sdh mentok baru screw boleh diputar.
Hmm.. begitu ya.. kapan2 wis ta coba lagi, kalau sudah waktunya ganti.. kalau video kok gampang. pas praktik ceritanya beda :big_bored:
numpang nimbrung y

kl saya lepasin terot atau ball joint lainnya, malah ikutin cara mbah 69 alias mbah marmut

getok tuh knuckle pake martil ampe copot, dan slalu berhasil sehh... yg penting getok dengan yakin, jgn ragu2
baru ik kelar ngomong masalah barbar ...... masih basah ini bibir.

eh jij nongol ngomong begitu :big_bored:

dasar raja barbar ...... ketum asemregez

:big_weee:
Post Reply