Re: Honda HR-V, setelah 5 tahun...
Posted: Tue Dec 01, 2020 7:09
Suara dari kaliper rem kayaknya, kurang greese
Indonesian Automotive Discussion Forum
https://www.serayamotor.com/diskusi/
Jujur aja sih om sy baru pertama kali denger mobil lewat jalan kasar bunyi gluduk2 yang divonis gearbox hahahahaemhade wrote: ↑Tue Dec 01, 2020 6:41 2nd opinion dari beres honda, sama recommnya. bilangnya rack steer dan harus ganti girbox.
krn saya awam ttg per-mobilan jadi saya cuma bilang mikir2 dulu.
apakah memang begitu ya, kalau girbox itu tidak bisa diperbaiki atau ganti part sebagian (yg bermasalahnya saja) ?
kalau ada recomm bengkel independen wil jabotabek yg bisa dipercaya utk solusi girbox tsb mohon share infonya.
terima kasih atas saran dan bantuanya.
bushing lower arm bunyinya "klatak klatak" kalo di jalan jelek oom dan rasanya tiap lewat poldur gampang bgt mentok stopper kaya gak ada yang ngeredam.FR6 wrote: ↑Tue Nov 24, 2020 1:32 Om maap mau nanya, berhubung sesama pemakai Honda nih..
Saya ada City GM6 punya ayah, terakhir service di beres, katanya shock lemah (emang sering bunyi nyaring kalo kena lubang). alhasil, saya ganti sendiri pake merk Monroe. ilang deh tuh bunyi2 nyaring. tapi masih sering bunyi "srok srok" kalo ngayun di poldur.
apa itu bushing lower arm ya? dulu HRV Om ChZ waktu bushing lower arm nya bermasalah, kaya gmn itu bunyi/gejala nya?
makasih Om sebelumnya
mungkin yang dimaksud bengkelnya girboks (power steering). 15juta girbok CVT baru sih murah banget.MSU wrote: ↑Tue Dec 01, 2020 6:15saran terbaik saya cuma cari 2nd opinion...emhade wrote: ↑Tue Dec 01, 2020 4:14 Agan-2 mau minta saran dong sebagai pengguna HRV :
- HRV 1.8 RS CVT / 2016
- Service rutin beres , KM 60rb-an, pemakaian standar dalkot (bgr-jkt)
Keluhan suara gladak gluduk saat dijalan kasar, setelah dicek di beres honda disuruh ganti set gearbox yang total biayanya hampir 15jt ( mules dah )
Mohon saran apakah ada alternatif lain selain mengikuti solusi dari beres honda ?
mungkin beres lain atau bengkel independen terpercaya
kl shifting ga ada masalah...masak mesti perlu ganti girbox
Om tanya dong bengkel kaki2 di semarang yg bagus dmn? Kebetulan ortu di smg dan jazz nya mulai bunyi2 an kaki2 penumppang depan.ChZ wrote: ↑Tue Dec 01, 2020 7:51bushing lower arm bunyinya "klatak klatak" kalo di jalan jelek oom dan rasanya tiap lewat poldur gampang bgt mentok stopper kaya gak ada yang ngeredam.FR6 wrote: ↑Tue Nov 24, 2020 1:32 Om maap mau nanya, berhubung sesama pemakai Honda nih..
Saya ada City GM6 punya ayah, terakhir service di beres, katanya shock lemah (emang sering bunyi nyaring kalo kena lubang). alhasil, saya ganti sendiri pake merk Monroe. ilang deh tuh bunyi2 nyaring. tapi masih sering bunyi "srok srok" kalo ngayun di poldur.
apa itu bushing lower arm ya? dulu HRV Om ChZ waktu bushing lower arm nya bermasalah, kaya gmn itu bunyi/gejala nya?
makasih Om sebelumnya
kalau bunyinya spt itu saya kurang paham juga. kaki kaki agak kompleks kalo nggak dengerin dan lihat sendiri
mungkin yang dimaksud bengkelnya girboks (power steering). 15juta girbok CVT baru sih murah banget.MSU wrote: ↑Tue Dec 01, 2020 6:15saran terbaik saya cuma cari 2nd opinion...emhade wrote: ↑Tue Dec 01, 2020 4:14 Agan-2 mau minta saran dong sebagai pengguna HRV :
- HRV 1.8 RS CVT / 2016
- Service rutin beres , KM 60rb-an, pemakaian standar dalkot (bgr-jkt)
Keluhan suara gladak gluduk saat dijalan kasar, setelah dicek di beres honda disuruh ganti set gearbox yang total biayanya hampir 15jt ( mules dah )
Mohon saran apakah ada alternatif lain selain mengikuti solusi dari beres honda ?
mungkin beres lain atau bengkel independen terpercaya
kl shifting ga ada masalah...masak mesti perlu ganti girbox
ya kalau garansi sih gapapa ganti satu unit girboks ps, tp kalau duit sendiri mahh bongkar di luaran aja... itu paling sama kayak saya masalahnya seputaran rubber bushingnya aja di lower arm / bushing rack steer... komponen sepele gak mahal tp di HRV umurnya pendek sekali.
kalau dibarengi dengan gejala :
setir rasanya loose banget = bushing rack steer.
ayunan mobil berlebihan sampe mentok stopper di poldur = bushing lower arm.
Bantu jawab om, ke hartono onderstel di kenconowungu belakang giant karangayu. Saya langganan kesana jg, ketemu sama mas tandy yg handleyaseinotulip wrote: ↑Sun Jan 17, 2021 2:53Om tanya dong bengkel kaki2 di semarang yg bagus dmn? Kebetulan ortu di smg dan jazz nya mulai bunyi2 an kaki2 penumppang depan.ChZ wrote: ↑Tue Dec 01, 2020 7:51bushing lower arm bunyinya "klatak klatak" kalo di jalan jelek oom dan rasanya tiap lewat poldur gampang bgt mentok stopper kaya gak ada yang ngeredam.FR6 wrote: ↑Tue Nov 24, 2020 1:32 Om maap mau nanya, berhubung sesama pemakai Honda nih..
Saya ada City GM6 punya ayah, terakhir service di beres, katanya shock lemah (emang sering bunyi nyaring kalo kena lubang). alhasil, saya ganti sendiri pake merk Monroe. ilang deh tuh bunyi2 nyaring. tapi masih sering bunyi "srok srok" kalo ngayun di poldur.
apa itu bushing lower arm ya? dulu HRV Om ChZ waktu bushing lower arm nya bermasalah, kaya gmn itu bunyi/gejala nya?
makasih Om sebelumnya
kalau bunyinya spt itu saya kurang paham juga. kaki kaki agak kompleks kalo nggak dengerin dan lihat sendiri
mungkin yang dimaksud bengkelnya girboks (power steering). 15juta girbok CVT baru sih murah banget.
ya kalau garansi sih gapapa ganti satu unit girboks ps, tp kalau duit sendiri mahh bongkar di luaran aja... itu paling sama kayak saya masalahnya seputaran rubber bushingnya aja di lower arm / bushing rack steer... komponen sepele gak mahal tp di HRV umurnya pendek sekali.
kalau dibarengi dengan gejala :
setir rasanya loose banget = bushing rack steer.
ayunan mobil berlebihan sampe mentok stopper di poldur = bushing lower arm.
Thanks om
Kalo record service tertib n lengkap di beres,coba minta gudwil aja om ke beres...KM masih kecil juga...pengalaman dulu lio saya ganti cvt di KM 140rbuan free kog..cuma lama aja prosesnyaemhade wrote:Agan-2 mau minta saran dong sebagai pengguna HRV :
- HRV 1.8 RS CVT / 2016
- Service rutin beres , KM 60rb-an, pemakaian standar dalkot (bgr-jkt)
Keluhan suara gladak gluduk saat dijalan kasar, setelah dicek di beres honda disuruh ganti set gearbox yang total biayanya hampir 15jt ( mules dah )
Mohon saran apakah ada alternatif lain selain mengikuti solusi dari beres honda ?
nahh ini udah paling benererwinign wrote: ↑Sun Jan 17, 2021 2:55Bantu jawab om, ke hartono onderstel di kenconowungu belakang giant karangayu. Saya langganan kesana jg, ketemu sama mas tandy yg handleyaseinotulip wrote: ↑Sun Jan 17, 2021 2:53 Om tanya dong bengkel kaki2 di semarang yg bagus dmn? Kebetulan ortu di smg dan jazz nya mulai bunyi2 an kaki2 penumppang depan.
Thanks om
Civic saya mengalami gejala yang sama persis dengan nomor 1 dan 2. Sudah ganti tie rod, long tie rod, ball joint, link stabilizer, karet support shock, karet bushing sway bar depan, grease bearing support shock, done by mbah @marmut. Bunyi-bunyi lain hilang dan mobil kembali senyap, tapi 2 point itu tidak hilang. Ternyata 2 point tersebut baru hilang setelah servis racksteer.emhade wrote: ↑Tue Dec 01, 2020 8:15 gejalanya yang dirasakan :
1. ketika melewati jalan agak rusak atau kasar (misal paving blok) ada bunyi gladak gluduk.
2. ketika steer dibelokan ke salah satu sisi agak bunyi krek krek.
slip kopling - power lost (tdk dirasakan), perpindahan p-r-n-d jedag-jedug (tdk ada).
Kalo dr pegalaman amatir saya bawa HRV 1.5 dan HRV 1.8, yang 1.5 terasa lebih sigap di dalam kota. Sementara yang 1.8 terasa lebih joss buat luar kota. Yang 1.8 saya pernh coba di Cipali 170 masi ngisi terus, cmn ud mulai serem ngeri nemu jalan bolong dan aspal sudah sangat bumpy di kecepatan segitudonoseraya wrote: ↑Sat Mar 13, 2021 14:37 reviewnya mantap om, justru penasaran sama hrv manual, 6 speed harusnya close ratio mengingat bobot body yang tidak ringan untuk ukuran LSUV, sebetulnya ada keinginan meminang yang manual, tapi.....hehehe, suka males klo udah ngebayangin rasio power dengan berat mobil yang hampir sama dengan civic fd sekitar 1,2 ton, sementara fd 1800 cc, jelas lebih mantul kemana-mana. Tapi jangan salah, ditol pernah ketemu HRV agresif, dan dibeberapa kesempatan malah dia lebih mudah overtake, jd CVT honda memang bagus, cuma rasanya cc kecil matic, agak kurang gmana gt, kecuali kalau mesinnya dengan induksi paksa, macam civic turbo.
numpang nanya om, ngiiik ini gimana maksudnya ya? krn di saya juga saben tarik tombol handbrake juga ada suara motor yg kalo didengerin suaranya ngiiikeaglesky wrote: ↑Sun Mar 14, 2021 1:26 Mau tanya, Saya baru ambil HRV 1.8 2019,kok kalau electric parking brake nya di On atau Off , dari belakang keluar bunyi "ngikk" lumayan kenceng, Saya udah coba ke dua BERES, kata Mereka sih normal, cuma di bersihin Rem belakangnya , tapi bunyi "ngikk" kenceng tetep keluar kalau pas On /Off electric parking brake nya, apakah ada yg punya problem gini? dan ada masukan solusi nya? txs
nahh dl pernah jg punya keduanya bersamaan...impactful wrote: ↑Sun Mar 14, 2021 12:18 hampir 2 bulan ini di kampung halaman gonta gantian pakai OS PX 2013 / HRV 1.8 2017, Wagon R AGS nganggur dulu sementara di garasi
jujur lebih suka pakai OS PX, tapi kalau keluar sama anak anak jelas mereka suka HRV karena panoramic nya bisa dibuka.
yg saya heran, suatu ketika, saya muter2 kota Madiun yg kecil ini dengan santai, dapat AVG 12,7... lalu habis isi pertalite 150rb, dibawa naik ke Tawangmangu, sampai banyak ketemu pelat H, dan balik lagi ke Madiun... itu AVG kok sama sekali gak berubah masih bercokol di 12,7 km/L
Beda banget sama OS PX yang AVG nya terasa sadis kalau dibawa nanjak ke sarangan paling dapetnya 100/14L (1:7?), cuma turunnya aja yg irit, dari Sarangan sampai Madiun (depan markas TNI AU) bisa 100/4L (1:25?)
Tapi emang driving style juga beda sih, bawa OS PX bawaan pengen bejek aja, bawa HRV pengennya santai...
hampir gak berasa jg nih mobil genep 6 taun di bulan 5 nanti... betul stelah kemaren ganti oli CVT dan bongkar kaki kaki semua dah kya mobil baru... enaknya gak kalah ama yang lebih muda.nicholasmun wrote: ↑Tue Apr 13, 2021 4:41 Nice Review Om. Sebagai pemakai HVR E 2017 (waktu itu budget kantor blm cukup untuk ambil yg 1. overall ane cukup puas sih.. Emang gak neko2, ekspektasi jg gak tinggi kaya mobil HRV tapi rasanya harus kaya Mercy.
Dengan sedikit modifikasi yg tepat, kenyamanan uda dapet buat ane. Pasang peredam full + ganti ban comfort juga udah berkurang jauh suara dan goncangan yg keras. Sama tambah Audio atau ganti HU yg lumayan decent aja suaranya jg udah mantep buat daily.
Buat om2 yg nyari HRV, ini kendaraan lumayan enak buat dipake daily di dalam kota, naik turun di Lembang dan Puncak jg gak ada masalah padahal diisi ber5 + barang full. Cuma kalo boleh saran, kalo ada budget lebih mending ambil yg 1.8 nya aja, selain ada Sunroof, mesin2nya jg lebih mantep dari yg 1.5.
Sepakat... ini jadi salah satu pertimbangan saya untuk pilih OS PX dibanding HRV Prestige untuk seekor crossover buat Nyonya...ChZ wrote: ↑Tue Apr 13, 2021 7:40 -edited
nahh dl pernah jg punya keduanya bersamaan...
HRV 1.8 lebih cocok buat pengemudi kalem yang injekan gasnya paling dalem 1/2 gas RPM gak lebih dari 4k dan main di speed menengah sekitar 80 - 120... CVTnya lebih cepet lock di rentang RPM 2000 - 4000 an. cm buat high speed yah... di atas 5k bahkan saya udah remap pun ttp kurang nonjok.
kalo OSPX CVTnya buat low speed kurang enak... setnya lebih buat kecepatan tinggi. yah overall mobilnya emang lebih enak buat high speed suspensi multilink satu-satunya di harga sgitu udah canggih dan stabil bgt. cm yah itu jadinya lumayan boros.
-edited
Soal kaca, sama ama hrv sayaSalvanost wrote: ↑Thu Apr 15, 2021 2:16 HRV adik gua ya ampun... selain masalah bunyi ini itu
Kaca kiri kanan kalau udah berembun gara2 AC susah buat dihilangin, naik turunin kaca ga bisa bantu hilangin harus dilap manual
Steering rack rusak tapi ga dibenerin *jedotin jidat ke dinding*
Udah kaya bemper depan kaya habis ditabrak dan mau rusak ada suara gesrok parah banget pas lewat jalanan rusak
Kaca kanan naik turunnya bunyinya kencang banget pas mentok turun dan naik
Cara claim ke beresnya gimana om? Dan beres daerah mana yah?DOHC wrote: ↑Thu Apr 15, 2021 2:20Soal kaca, sama ama hrv sayaSalvanost wrote: ↑Thu Apr 15, 2021 2:16 HRV adik gua ya ampun... selain masalah bunyi ini itu
Kaca kiri kanan kalau udah berembun gara2 AC susah buat dihilangin, naik turunin kaca ga bisa bantu hilangin harus dilap manual
Steering rack rusak tapi ga dibenerin *jedotin jidat ke dinding*
Udah kaya bemper depan kaya habis ditabrak dan mau rusak ada suara gesrok parah banget pas lewat jalanan rusak
Kaca kanan naik turunnya bunyinya kencang banget pas mentok turun dan naik
Cuman yg kanan lebi parah, kayanya pelipit nya ga bener2 nempel ke kaca.. tp no big deal seh buat saya
Steering rack complain aj.. dl saya punya bunyi klutuk2, dikira dr terot, suru beres cek dan claim, ehh ga tau nya yg rusak steering rack, bushing plastik nya ud oblak sikit yg sebelah, ga pake lama, 2 jem nunggu lgs dganti baru satu set berikut terot baru
Takut kl mreka ama saya, suka gebrak meja