2021 KIA Sonet 1.5 IVT Premiere First Drive

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: F 272, b8099ok, ginting, FRD, artoodetoo, y_anjasrana

Post Reply
vp920b
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1016
Joined: 20 Aug 2013, 15:41

Re: 2021 KIA Sonet 1.5 IVT Premiere First Drive

Post by vp920b »

Setuju om chz

Memang kalau full spec kurang berguna

Mending tipe tengah tengah. Apalagi cukup buat perkotaan.

Saya malah demen bose sound systemnya plus android auto kalau ada di tipe 250jtnya.

Tunggu 2 tahun lg, mobil mertua tak tuker sonet saja..

Tags:
1203L
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 55
Joined: 14 Mar 2018, 11:43
Location: Semarang
Daily Vehicle: Honda Beat

Re: 2021 KIA Sonet 1.5 IVT Premiere First Drive

Post by 1203L »

Very appreciated spt biasa gaya tutur bercerita ala oom ChZ emg straightforward bernas dan enak dipahami tapi meski pny keunggulan soal harga sptnya volume sales tdk akan sanggup catch up hrv brv ato bahkan duo rush terios ato xpander..mkn praktikalitas ato kelegaan ruang kabin dan bagasi jg msh kalah dg produk2 jepang yg sdh populer..sptny target kia segmented menyasar anak muda ato komunitas yg tdk mementingkan resale value dr mobil.. #cmiiw
Freezeguys
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 35
Joined: 30 Oct 2020, 18:45

Re: 2021 KIA Sonet 1.5 IVT Premiere First Drive

Post by Freezeguys »

Mau share nih, tadi saya abis TD sonet, kesan pertama ini mbl aslinya terlihat lbh oke dr pd di foto yah. Begitu masuk ke dalam sy ga nyangka kalo ini kia harga dibawah 300 karna bener deh berasa premium bgt dalemnya, dr jok,setir,doortrim ud lapis kulit. Ada sunroof, speakernya jg saya tes ok bgt si bose walau sy ngerasanya kok lbh ok bose di cx5 yah😅.

Nah begitu jalan, tarikan bawahnya enak gak lemot, cukuplah buat dalem kota, pake sport mode jg responnya lumayan, saya coba dr 80 ke 140 gak susah2 amat.

Yang jadi masalah, saya tes dr 0-100 bejek poll tiba2 keluar bau yang menyengat,Kira2 ini karna ivt atau mesin yah?

Satu lg masalah, ketika lewat polisi tidur yg kecil2 atau jalan yg bergelombang kasar,pantat sonet agak selip ke kiri kanan kalo sambil di geber. Istilahnya apa ya oversteer atau understeer? Ini benar hanya karna pakai ban murah?

Itu sih kesan saya pas td, soal feature saya ngerasa puas bgt, tp soal handling saya kaya kurang pede yah. Dan masalah yg masih jd pertimbangan saya adalah bau menyengat itu dan suara mesin yang cenderung lebih kasar walau di putaran rendah.
ddyta27
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 242
Joined: 28 Dec 2013, 21:26

Re: 2021 KIA Sonet 1.5 IVT Premiere First Drive

Post by ddyta27 »

kalo lihat foto mesinnya kayanya dia dual injector yah om? kelihatan ada 8 biji injectornya..
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3099
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Re: 2021 KIA Sonet 1.5 IVT Premiere First Drive

Post by kunaskun »

ddyta27 wrote: 16 Nov 2020, 17:41 kalo lihat foto mesinnya kayanya dia dual injector yah om? kelihatan ada 8 biji injectornya..
varian mesin ini kayanya baru di jual di Indonesia. agak mirip dengan mesin xpander, sama2 ga jelas detilnya.
saya sempet post di thread sebelah dari hasil google, ga ada yg dual injector:
kalau di google si sebetulnya ini keluarga mesin biasa, untuk non turbo malah belum direct injection, tapi yang menarik ada di CVVD:

"continuously variable valve duration" allowing control of the total length of time the intake valves are held open. It can apparently run in Atkinson cycle (leaving intake open longer for more complete burn but less displacement ) under low loads for additional fuel economy with the ability to shift to Otto cycle on demand due to high loads or extra acceleration.

kayanya ini mirip dengan Toyota Valvematic
mungkin ini sebabnya total output bisa di 113 Hp dan 144 nM. termasuk "besar" untuk mesin 1.5 N/A.
keluarganya si Hyundai Smartstream, generasi baru banget jadi ya mungkin gara2 ini jadi belum jelas detilnya. tapi turunannya banyak banget. yg menarik itu mulai dari kapasitas 1000 cc bisa digedein sampe jadi 3500cc! :big_biglaugh: sungguh sakti engineer Hyundai terlebih yang varian 2500cc keatas, kayanya jarang banget ada pabrikan yg bikin keluarga mesin dengan rentang kapasitas mesin sejauh ini, biasa kan up to 2000 cc, di 2400cc keatas keluarga sendiri, di 3500 cc juga kadang dipisah sendiri karena jadi v6. :big_exellent:
Last edited by kunaskun on 16 Nov 2020, 18:24, edited 1 time in total.
yudhisuwandono
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 250
Joined: 08 Sep 2008, 15:01

Re: 2021 KIA Sonet 1.5 IVT Premiere First Drive

Post by yudhisuwandono »

Freezeguys wrote: 16 Nov 2020, 16:44 Mau share nih, tadi saya abis TD sonet, kesan pertama ini mbl aslinya terlihat lbh oke dr pd di foto yah. Begitu masuk ke dalam sy ga nyangka kalo ini kia harga dibawah 300 karna bener deh berasa premium bgt dalemnya, dr jok,setir,doortrim ud lapis kulit. Ada sunroof, speakernya jg saya tes ok bgt si bose walau sy ngerasanya kok lbh ok bose di cx5 yah😅.

Nah begitu jalan, tarikan bawahnya enak gak lemot, cukuplah buat dalem kota, pake sport mode jg responnya lumayan, saya coba dr 80 ke 140 gak susah2 amat.

Yang jadi masalah, saya tes dr 0-100 bejek poll tiba2 keluar bau yang menyengat,Kira2 ini karna ivt atau mesin yah?

Satu lg masalah, ketika lewat polisi tidur yg kecil2 atau jalan yg bergelombang kasar,pantat sonet agak selip ke kiri kanan kalo sambil di geber. Istilahnya apa ya oversteer atau understeer? Ini benar hanya karna pakai ban murah?

Itu sih kesan saya pas td, soal feature saya ngerasa puas bgt, tp soal handling saya kaya kurang pede yah. Dan masalah yg masih jd pertimbangan saya adalah bau menyengat itu dan suara mesin yang cenderung lebih kasar walau di putaran rendah.

terus habis TD,, gimana kang, lanjut SPK kah ?
rakyatwkwkland
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 174
Joined: 01 Sep 2019, 16:45
Location: Jekardah
Daily Vehicle: K15B-4AT

Re: 2021 KIA Sonet 1.5 IVT Premiere First Drive

Post by rakyatwkwkland »

Freezeguys wrote: 16 Nov 2020, 16:44 Mau share nih, tadi saya abis TD sonet, kesan pertama ini mbl aslinya terlihat lbh oke dr pd di foto yah. Begitu masuk ke dalam sy ga nyangka kalo ini kia harga dibawah 300 karna bener deh berasa premium bgt dalemnya, dr jok,setir,doortrim ud lapis kulit. Ada sunroof, speakernya jg saya tes ok bgt si bose walau sy ngerasanya kok lbh ok bose di cx5 yah😅.

Nah begitu jalan, tarikan bawahnya enak gak lemot, cukuplah buat dalem kota, pake sport mode jg responnya lumayan, saya coba dr 80 ke 140 gak susah2 amat.

Yang jadi masalah, saya tes dr 0-100 bejek poll tiba2 keluar bau yang menyengat,Kira2 ini karna ivt atau mesin yah?

Satu lg masalah, ketika lewat polisi tidur yg kecil2 atau jalan yg bergelombang kasar,pantat sonet agak selip ke kiri kanan kalo sambil di geber. Istilahnya apa ya oversteer atau understeer? Ini benar hanya karna pakai ban murah?

Itu sih kesan saya pas td, soal feature saya ngerasa puas bgt, tp soal handling saya kaya kurang pede yah. Dan masalah yg masih jd pertimbangan saya adalah bau menyengat itu dan suara mesin yang cenderung lebih kasar walau di putaran rendah.
Kalo bau menyengat, biasanya sih oom, di mobil2 lain (salah satunya yang ane tau ertiga lama) kalau dibejek poll keluar bau sangit atau bau menyengat itu dari catalytic converternya. Kalau emang itu permasalahannya yah normal2 saja, walaupun memang sebenarnya agak mengganggu.

Nah kalau di sonet ini ane ga tahu dan belum pernah denger, berhubung mobilnya masih baru.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 10822
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2021 KIA Sonet 1.5 IVT Premiere First Drive

Post by ChZ »

vp920b wrote: 16 Nov 2020, 16:15 Setuju om chz

Memang kalau full spec kurang berguna

Mending tipe tengah tengah. Apalagi cukup buat perkotaan.

Saya malah demen bose sound systemnya plus android auto kalau ada di tipe 250jtnya.

Tunggu 2 tahun lg, mobil mertua tak tuker sonet saja..
nahh ntu dia semua fitur bagus dipajang tp di top grade doang... ya bener start from 193 jt tapi extra 100 jt buat beli full spek hahahahhaa

harusnya dikasih optional aja.... bose speakers, android auto, vented seats itu paling jadi option ga sampe 20 juta...
1203L wrote: 16 Nov 2020, 16:38 Very appreciated spt biasa gaya tutur bercerita ala oom ChZ emg straightforward bernas dan enak dipahami tapi meski pny keunggulan soal harga sptnya volume sales tdk akan sanggup catch up hrv brv ato bahkan duo rush terios ato xpander..mkn praktikalitas ato kelegaan ruang kabin dan bagasi jg msh kalah dg produk2 jepang yg sdh populer..sptny target kia segmented menyasar anak muda ato komunitas yg tdk mementingkan resale value dr mobil.. #cmiiw
yang lucu KIA ini juga seperti bingung mau masukin segmen mana... akhirnya ya lawan 1.5 low macem BRV dan Rush karena harga mirip. salesnya yang bilang training dikasihnya perbandingan BRV Rush Jazz Yaris. Ngga lawan HRV since sudah ada seltos wkwkwkkw

sekarang koreans itu hambatannya karena udah on same level as japs car... jadi ngga bisa jadi alternative. beda dengan dulu saat masih ada visto atoz itu dia bener bener jadi alternatif buat cheap cars sebagai 2nd tier buat buyer yang skrg masuk segmen lcgc...

dan sialnya mengubah persepsi orang itu sangat sulit. kalau orang bukan petrolhead atau minimal ngikutin perkembangan mobil akan masih tetap menganggap koreans = 2nd tier brand.
Freezeguys wrote: 16 Nov 2020, 16:44 Mau share nih, tadi saya abis TD sonet, kesan pertama ini mbl aslinya terlihat lbh oke dr pd di foto yah. Begitu masuk ke dalam sy ga nyangka kalo ini kia harga dibawah 300 karna bener deh berasa premium bgt dalemnya, dr jok,setir,doortrim ud lapis kulit. Ada sunroof, speakernya jg saya tes ok bgt si bose walau sy ngerasanya kok lbh ok bose di cx5 yah😅.

Nah begitu jalan, tarikan bawahnya enak gak lemot, cukuplah buat dalem kota, pake sport mode jg responnya lumayan, saya coba dr 80 ke 140 gak susah2 amat.

Yang jadi masalah, saya tes dr 0-100 bejek poll tiba2 keluar bau yang menyengat,Kira2 ini karna ivt atau mesin yah?

Satu lg masalah, ketika lewat polisi tidur yg kecil2 atau jalan yg bergelombang kasar,pantat sonet agak selip ke kiri kanan kalo sambil di geber. Istilahnya apa ya oversteer atau understeer? Ini benar hanya karna pakai ban murah?

Itu sih kesan saya pas td, soal feature saya ngerasa puas bgt, tp soal handling saya kaya kurang pede yah. Dan masalah yg masih jd pertimbangan saya adalah bau menyengat itu dan suara mesin yang cenderung lebih kasar walau di putaran rendah.
bose nya betul kurang punchy perasaan saya... ngga pecah sih, cuma bass nya kurang, masih di bawah CX-5. bahkan kalaupun saya beli lower trim modalin 10 juta buat audio saya yakin masih lebih bagus dari bose tipe tertinggi...

menyengat paling bau CC om... biasa mobil baru.

nah saya pikir mungkin soal pantat geal geol itu mungkin ban under inflated dan memang dasarnya ban murah... krn di saya tidak merasakan experience seperti itu. tapi ya soal grip ini ban bahkan belok dengan VSC nyala saja masih struggling.

yah tidak butuh ban kelas bridgestone potenza sih, mesinnya cuma NA 1.5 biasa pakai hankook kinergy atau falken sn832i rasanya sudah improved. atau swap ke ban HRV dengan spsportmaxx biar makin lengket di aspal hahahahaha
kunaskun wrote: 16 Nov 2020, 18:19
ddyta27 wrote: 16 Nov 2020, 17:41 kalo lihat foto mesinnya kayanya dia dual injector yah om? kelihatan ada 8 biji injectornya..
varian mesin ini kayanya baru di jual di Indonesia. agak mirip dengan mesin xpander, sama2 ga jelas detilnya.
saya sempet post di thread sebelah dari hasil google, ga ada yg dual injector:
kalau di google si sebetulnya ini keluarga mesin biasa, untuk non turbo malah belum direct injection, tapi yang menarik ada di CVVD:

"continuously variable valve duration" allowing control of the total length of time the intake valves are held open. It can apparently run in Atkinson cycle (leaving intake open longer for more complete burn but less displacement ) under low loads for additional fuel economy with the ability to shift to Otto cycle on demand due to high loads or extra acceleration.

kayanya ini mirip dengan Toyota Valvematic
mungkin ini sebabnya total output bisa di 113 Hp dan 144 nM. termasuk "besar" untuk mesin 1.5 N/A.
keluarganya si Hyundai Smartstream, generasi baru banget jadi ya mungkin gara2 ini jadi belum jelas detilnya. tapi turunannya banyak banget. yg menarik itu mulai dari kapasitas 1000 cc bisa digedein sampe jadi 3500cc! :big_biglaugh: sungguh sakti engineer Hyundai terlebih yang varian 2500cc keatas, kayanya jarang banget ada pabrikan yg bikin keluarga mesin dengan rentang kapasitas mesin sejauh ini, biasa kan up to 2000 cc, di 2400cc keatas keluarga sendiri, di 3500 cc juga kadang dipisah sendiri karena jadi v6. :big_exellent:
saya dapat ditunjukin training manual salesnya... yup ini mesin 1.5 dual injector DVVT...

btw koreksi, smartstream itu hanya penamaan hyundai saja untuk lineup new generation engine nya macem mazda dengan skyactive engine atau toyota dengan dynamicforce, atau honda dengan earthdreams. tidak ada hubungannya dengan penggunaan same block / common parts. fitur utama smartstream hanyalah switch ke all aluminum block...

yang di deskripsi om kun itu mesin 1.6 T-GDI di Tucson terbaru dengan CVVD (continuous variable valve duration). CVVD pertama di mesin 1.6 GDI memang di new sonata dan new tucson.

bahkan mesin diesel R2.2 nya juga diberi nama "smartstream", perbedaannya sekarang pakai block aluminium
The Smartstream D2.2 features an aluminium block versus the older R-Line 2.2L engine and therefore it is 38kg lighter, the engine makes 202–210 PS (199–207 hp; 149–154 kW) at 3,800 rpm and 45 kg⋅m (325 lb⋅ft; 441 N⋅m) of torque between 1,750 and 2,750 rpm.
https://en.wikipedia.org/wiki/Hyundai_S ... el_Engines

ya intinya hanya permainan nama saja sih, nothing new here...
2011 Toyota XU30 / 2016 XP170
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1
2019 Mitsubishi NC1W

https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3099
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Re: 2021 KIA Sonet 1.5 IVT Premiere First Drive

Post by kunaskun »

ChZ wrote: 16 Nov 2020, 19:22 dan sialnya mengubah persepsi orang itu sangat sulit. kalau orang bukan petrolhead atau minimal ngikutin perkembangan mobil akan masih tetap menganggap koreans = 2nd tier brand.
ya menurut saya setidaknya untunglah masih selevel diatas merek asal Tiongkok, kategori 3rd tier. :big_slap:

saya dapat ditunjukin training manual salesnya... yup ini mesin 1.5 dual injector DVVT...

btw koreksi, smartstream itu hanya penamaan hyundai saja untuk lineup new generation engine nya macem mazda dengan skyactive engine atau toyota dengan dynamicforce, atau honda dengan earthdreams. tidak ada hubungannya dengan penggunaan same block / common parts. fitur utama smartstream hanyalah switch ke all aluminum block...

yang di deskripsi om kun itu mesin 1.6 T-GDI di Tucson terbaru dengan CVVD (continuous variable valve duration). CVVD pertama di mesin 1.6 GDI memang di new sonata dan new tucson.

bahkan mesin diesel R2.2 nya juga diberi nama "smartstream", perbedaannya sekarang pakai block aluminium

ya intinya hanya permainan nama saja sih, nothing new here...
ah i see, pantesan misterius sekali, selain karena baru maka dicari2 di google belum banyak beredar paper soal mesini. juga sekalian kumpulin seluruh mesin yg ada jadi satu branding saja ya.
Freezeguys
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 35
Joined: 30 Oct 2020, 18:45

Re: 2021 KIA Sonet 1.5 IVT Premiere First Drive

Post by Freezeguys »

yudhisuwandono wrote: 16 Nov 2020, 18:21 terus habis TD,, gimana kang, lanjut SPK kah ?
Disamping unitnya ga ready warna silver saya masih pikir2 dulu liat soneta ini gmn.
Freezeguys
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 35
Joined: 30 Oct 2020, 18:45

Re: 2021 KIA Sonet 1.5 IVT Premiere First Drive

Post by Freezeguys »

@chz

Om tp bau sengit itu masih aman yah? Kalau suara mesin yang kasar pun aman? Jujur saya agak terganggu dengan suaranya yg cenderung kasar di rpm rendah.

Saya coba ditikungan tol kira2 setir putar arah jam 3(brp derajat tuh?😅) speed 90/100km, lumayan ga terlalu berasa body rollnya sih. Top speed kmrn coba sekitar 140an gak berasa limbung sih. Tp ya itu gak pede saya geal geol.

reliability nya ini mbl gmn ya? Di india sih banyak yg blg chassisnya kurang baik, cm susah compare di sektor mesin dan transmisi karna beda sama versi indo yah.

Btw kmrn om ngitung konsumsi bbm gak? Saya liat di mid avg di 9,6L/100km, ini dibawah honda jazz dong yah,
AR93
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 69
Joined: 12 May 2020, 12:32
Daily Vehicle: Suzuki Swift ST

Re: 2021 KIA Sonet 1.5 IVT Premiere First Drive

Post by AR93 »

Jadi kepikiran, apa kalau Seltos di Indonesia dikasih pilihan mesin 1.5 yang sama kayak Sonet ini apakah bakal lebih refined secara driving experience? Selain itu mungkin harga juga bakal turun lumayan, dan durability lebih meyakinkan (CVT vs DCT, N/A vs Turbo). Kalo Kia menawarkan Seltos 1.5 N/A di Indonesia bakal sangat menarik sih. Toh konsumen sini ga terlalu peduli horsepower, mobil boyo aja banyak yg laku keras...
budidarmj1
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 53
Joined: 20 Jul 2018, 12:14
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Xenia

Re: 2021 KIA Sonet 1.5 IVT Premiere First Drive

Post by budidarmj1 »

Masih nunggu duo astra serta nissan magnite yg jg sempat di spyshot akhir2 ini. Kalo buat perbandingan menurut selera ane si magnite itu dr silluet nya plg menggoda. :upss:

Brand Korea msh main aji mumpung kalo main di rentan harga segitu. Kalo mengamati produk2 dr negeri DongFeng yg masih sanggup bertahan di tengah gempuran merk2 dai nippon itu murni karena harga dan promosi, bukan fitur, bukan kualitas, maupun mesin turbo2 an.. :big_peace:

IMHO si sonet masih pny pengharapan krn KIA curi start di segment yg baru. Betul kata suhu diatas paling cm hype di awal2 aja; soal bisa bertahan brp lama-nya only time will tell...
erwinign
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2698
Joined: 19 Apr 2014, 10:45
Location: SRG

Re: 2021 KIA Sonet 1.5 IVT Premiere First Drive

Post by erwinign »

budidarmj1 wrote: 16 Nov 2020, 21:59 Masih nunggu duo astra serta nissan magnite yg jg sempat di spyshot akhir2 ini. Kalo buat perbandingan menurut selera ane si magnite itu dr silluet nya plg menggoda. :upss:

Brand Korea msh main aji mumpung kalo main di rentan harga segitu. Kalo mengamati produk2 dr negeri DongFeng yg masih sanggup bertahan di tengah gempuran merk2 dai nippon itu murni karena harga dan promosi, bukan fitur, bukan kualitas, maupun mesin turbo2 an.. :big_peace:

IMHO si sonet masih pny pengharapan krn KIA curi start di segment yg baru. Betul kata suhu diatas paling cm hype di awal2 aja; soal bisa bertahan brp lama-nya only time will tell...
asal promosinya dibenerin sih potensinya baik kok ini mobil om. itung2 bs sebanyak pikantuk apa sportets jaman 2011an di jalan udah lumayan
Don't Judge The Book By It's Cover
Tats
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 312
Joined: 01 Oct 2017, 12:36

Re: 2021 KIA Sonet 1.5 IVT Premiere First Drive

Post by Tats »

ChZ wrote: 16 Nov 2020, 15:44
hehehe preference saya saja om, saya tidak terlalu rela habisin 300 juta untuk sebuah indian-made econobox apalagi sonet bukan global model seperti picanto atau rio. Seltos tdk termasuk karena indonesian seltos itu poverty pack alias versi negara berkembang.

apalagi 40 juta untuk merely features kecuali dia punya kelebihan lain spt more powerful engine atau sport suspension bushings... fitur buat sy tidak pernah jadi sebuah consideration utama karena saya tipikal old school user. Cuma ngerti ngegas ngerem nyetir dan mungkin hal-hal yang berbau visual saja.

HRV pun saya juga tidak terlalu prefer ambil tipe SE. kalo bisa ambil tipe S saja... hahaha
Yes om chz setidaknya mereka kasih trim yg masih cukup lengkap tapi hanya mengurangi audio bose aja ya
Jadi ada trim yang masih lebih terjangkau namun masih sangat lengkap utk pasar sini
Sempat kecewa mesin 1.0 turbo nya ga masuk, tapi mengingat dia pakai dct.....
I think 1.5l cvt would be a better choice for our country
krniawnhdr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1020
Joined: 02 Aug 2018, 11:43
Location: Jakarta

Re: 2021 KIA Sonet 1.5 IVT Premiere First Drive

Post by krniawnhdr »

Seru banget baca review mobil ini dan impresinya ke temen-temen SM.
dan mobil ini betul bakal jadi diva di range harga segitu walau bukan tanpa kekurangan.
untuk audio, compared to bose cx5, walau dibilang masih lebih enak yang bose cx5, tapi saya kurang tahu yang di cx5 pakai berapa speaker/tweeter, ya?
dan menurut saya PR dimobil ini cuma 3:
1. Dashboard & doortrim top side masih dari bahan hard plastik. ini bisa sih dibawa ke om hardy atau om fery buat dilapis lagi pakai material bagus, kepikiran pakai nappa biar sama kayak di steernya. cakep banget kalau udah gini.
2. Ban, cusss ganti pake michelin primacy. tuker tambah.
3. Defogger. semoga nanti pas setahunan udah ada versi improvementnya.

btw untuk yang ambient light itu ada juga ngga di pintu baris 2?
dan untuk kekedapan kabin gimana ya pas om @chz pakai test drive?
soalnya body platnya kan udah tebal dan berat tuh..nonton di review2 youtube, suara pas nutup pintunya enak bener...mantep. :big_love: :big_okay: :big_grin:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 10822
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2021 KIA Sonet 1.5 IVT Premiere First Drive

Post by ChZ »

Freezeguys wrote: 16 Nov 2020, 20:15 @chz

Om tp bau sengit itu masih aman yah? Kalau suara mesin yang kasar pun aman? Jujur saya agak terganggu dengan suaranya yg cenderung kasar di rpm rendah.

Saya coba ditikungan tol kira2 setir putar arah jam 3(brp derajat tuh?😅) speed 90/100km, lumayan ga terlalu berasa body rollnya sih. Top speed kmrn coba sekitar 140an gak berasa limbung sih. Tp ya itu gak pede saya geal geol.

reliability nya ini mbl gmn ya? Di india sih banyak yg blg chassisnya kurang baik, cm susah compare di sektor mesin dan transmisi karna beda sama versi indo yah.

Btw kmrn om ngitung konsumsi bbm gak? Saya liat di mid avg di 9,6L/100km, ini dibawah honda jazz dong yah,
aman koq, CC kalo masih baru memang selalu begitu. suara kasar di rpm rendah biasanya dengan ganti lendir keraton udah solved. ntah ya kalau memang unitnya bermasalah. mazda sky engine juga suaranya kadang kadang kasar.

nah ntu kondisi pengetesannya beda om, saya ngetes cuma maks 100 kph di dalam kota :mky_01: kalau sejauh jalan di kota nggak terlalu berasa chassis geal geol. Mungkin di tol lari 100 ke atas baru berasa. Gimana yah kadang suspensi belakang torsion beam utk high speed itu rawan sekali geal geol, Mazda CX-3 dan HR-V aja masih koq lari 170 geal geol dikit berasa.

kalau biasa naik yang rear susp nya multilink berasa skali bedanya.

saya tidak ngitung tapi ya fuel cons bisa jadi tidak akurat untuk mobil tes. tidak sempat ngamatin MID juga :mky_01: kalau lbh boros dari jazz saya percaya percaya aja sih gimana2 gc tinggi punya kelemahan lebih banyak tahanan anginnya. dan size ban juga lebih besar.
AR93 wrote: 16 Nov 2020, 21:19 Jadi kepikiran, apa kalau Seltos di Indonesia dikasih pilihan mesin 1.5 yang sama kayak Sonet ini apakah bakal lebih refined secara driving experience? Selain itu mungkin harga juga bakal turun lumayan, dan durability lebih meyakinkan (CVT vs DCT, N/A vs Turbo). Kalo Kia menawarkan Seltos 1.5 N/A di Indonesia bakal sangat menarik sih. Toh konsumen sini ga terlalu peduli horsepower, mobil boyo aja banyak yg laku keras...
Bakal jadi lebih sensible, tetapi kembali lagi, kalau seltos tidak jual mesin 1.4 Turbo malah jadi kurang gimmick marketing. baiknya memang dia jual 2 grade seltos 1.5 dan 1.4 turbo untuk mengisi kekurangan di bawah. Seltos 1.5 turbo harga 250 - 300 juta trondolan masih masuk lah.
erwinign wrote: 16 Nov 2020, 22:46
budidarmj1 wrote: 16 Nov 2020, 21:59 Masih nunggu duo astra serta nissan magnite yg jg sempat di spyshot akhir2 ini. Kalo buat perbandingan menurut selera ane si magnite itu dr silluet nya plg menggoda. :upss:

Brand Korea msh main aji mumpung kalo main di rentan harga segitu. Kalo mengamati produk2 dr negeri DongFeng yg masih sanggup bertahan di tengah gempuran merk2 dai nippon itu murni karena harga dan promosi, bukan fitur, bukan kualitas, maupun mesin turbo2 an.. :big_peace:

IMHO si sonet masih pny pengharapan krn KIA curi start di segment yg baru. Betul kata suhu diatas paling cm hype di awal2 aja; soal bisa bertahan brp lama-nya only time will tell...
asal promosinya dibenerin sih potensinya baik kok ini mobil om. itung2 bs sebanyak pikantuk apa sportets jaman 2011an di jalan udah lumayan
nahh iya di jaman 2011 dulu kenceng tuh kia era awal2 sportage 3 dan pukincrut generasi 2...

tp kembali lagi yang susah skrg kia hyundai itu punya masalah di harga yang skrg sudah mepet japs rival bahkan lebih mahal. dulu sportage dan picanto di 2011-2012 itu harganya msh lebih reasonable dibanding the likes of CR-V misalnya.

makanya kalau kia gagal menegaskan positioning sonet di mana ya bakal jadi another produk ngerame-ramein pasar tapi yang laku itu-itu saja... dan sialnya ini yang terjadi. sonet justru bingung akhirnya ditaruh lawan mobil 7 seater macem BRV dan rush. ya secara taste orang indonesia jelas 7 seater lebih menjual.
Tats wrote: 17 Nov 2020, 07:46
Yes om chz setidaknya mereka kasih trim yg masih cukup lengkap tapi hanya mengurangi audio bose aja ya
Jadi ada trim yang masih lebih terjangkau namun masih sangat lengkap utk pasar sini
Sempat kecewa mesin 1.0 turbo nya ga masuk, tapi mengingat dia pakai dct.....
I think 1.5l cvt would be a better choice for our country
mengingat user mobil di harga 200-300 lebih sensitif soal bbm dan perawatan teknologi canggih bakal sulit masuk :big_biglaugh:

disuruh ngisi ron92 dan oli harga 600 rebu pasti kaget duluan.
krniawnhdr wrote: 17 Nov 2020, 08:08 Seru banget baca review mobil ini dan impresinya ke temen-temen SM.
dan mobil ini betul bakal jadi diva di range harga segitu walau bukan tanpa kekurangan.
untuk audio, compared to bose cx5, walau dibilang masih lebih enak yang bose cx5, tapi saya kurang tahu yang di cx5 pakai berapa speaker/tweeter, ya?
dan menurut saya PR dimobil ini cuma 3:
1. Dashboard & doortrim top side masih dari bahan hard plastik. ini bisa sih dibawa ke om hardy atau om fery buat dilapis lagi pakai material bagus, kepikiran pakai nappa biar sama kayak di steernya. cakep banget kalau udah gini.
2. Ban, cusss ganti pake michelin primacy. tuker tambah.
3. Defogger. semoga nanti pas setahunan udah ada versi improvementnya.

btw untuk yang ambient light itu ada juga ngga di pintu baris 2?
dan untuk kekedapan kabin gimana ya pas om @chz pakai test drive?
soalnya body platnya kan udah tebal dan berat tuh..nonton di review2 youtube, suara pas nutup pintunya enak bener...mantep. :big_love: :big_okay: :big_grin:
dan lagi lagi plastic ala india ini bener bener kacau lah... hahahhaa...

saya tuh research soal bannya ini jadi makin bingung. jenisnya apollo alnac 4g dan di website nya ini tidak di marketingkan sebagai budget tyres malah lebih ke performance tyres, tetapi size nya hanya ada sampai 16 inch paling gede... jadi bingung sendiri :mky_05: tp yang jelas tidak brilian

kekedapan kabinnya setidaknya gemuruh ban tidak seperti HRV lah... :big_biglaugh:
2011 Toyota XU30 / 2016 XP170
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1
2019 Mitsubishi NC1W

https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
mike22
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1248
Joined: 15 Nov 2010, 17:28
Daily Vehicle: K24 RM3

Re: 2021 KIA Sonet 1.5 IVT Premiere First Drive

Post by mike22 »

Warna merahnya cakep sih😀..
Kira2 kl buat di jalan tol solo-semarang mending soneta ato haerpi 1.5 ya om? Terutama buat tanjakannya
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 10822
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2021 KIA Sonet 1.5 IVT Premiere First Drive

Post by ChZ »

mike22 wrote: 17 Nov 2020, 11:31 Warna merahnya cakep sih😀..
Kira2 kl buat di jalan tol solo-semarang mending soneta ato haerpi 1.5 ya om? Terutama buat tanjakannya
crawling ratio nya sepertinya lebih bagus sonet utk nanjak nanjak.... saya belum dapat angka datanya tapi dari feel nya lebih dapat sonet. sonet juga CVTnya punya simulated ratio 8-speed dibanding HRV 7-speed. bobotnya lebih ringan juga membantu banyak.

cumaaaa untuk high speed stability ini yang saya masih agak sangsi. di atas om freezeguys bilang high speed stability di 140 agak mengerikan. wheelbase cuma 2500 versus HRV 2610. dan aero saya yakin masih bagus HRV...
2011 Toyota XU30 / 2016 XP170
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1
2019 Mitsubishi NC1W

https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
Freezeguys
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 35
Joined: 30 Oct 2020, 18:45

Re: 2021 KIA Sonet 1.5 IVT Premiere First Drive

Post by Freezeguys »

@chz
Saya jg curiganya sama ban nya sih yg kurang ok, tuker tambah ban kena brp tuh om? Heheh.
setuju saya secara aerodynamic lbh oke hrv harusnya. Om pas tes 100kph dan ketika putaran rendah suara mesinnya kasar mana dibanding hrv?

Om jd ambil yg premiere yh? Saya kalo pun jadi, ambil dynamic nyesel gak yah. Bedanya lumayan soalnya buat fitur tambahan perintilan (yg worth it cm 6airbag, bose so so lah)
KielConstantine
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 989
Joined: 03 Jul 2013, 13:23
Location: Indonesia

Re: 2021 KIA Sonet 1.5 IVT Premiere First Drive

Post by KielConstantine »

ChZ wrote: 17 Nov 2020, 10:27 mengingat user mobil di harga 200-300 lebih sensitif soal bbm dan perawatan teknologi canggih bakal sulit masuk :big_biglaugh:

disuruh ngisi ron92 dan oli harga 600 rebu pasti kaget duluan.
Jadi inget thread sebelah...
Busi mazda CX-5 harga 500 rb/pcs . Harga bekas 200jutaan secara pricing memang murah moncrot, begitu masuk bengkel buat maintenance langsung kaget :upss:

Balik ke sonet, nanti user2nya jg pasti pada isi pertalit nih mobil. Harusnya aman sih ya. Ada garansi 7thn jg. Ok buat long term ownership.

Jangan sampe nasibnya ky vw polo 1.2 turbo aja. Isi pertalit. Ngebeleduk pistonnya :wkkk:

Nasib mobil under 300jt....
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
Or4cle
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 725
Joined: 02 Nov 2016, 08:59

Re: 2021 KIA Sonet 1.5 IVT Premiere First Drive

Post by Or4cle »

KielConstantine wrote: 17 Nov 2020, 13:58
ChZ wrote: 17 Nov 2020, 10:27 mengingat user mobil di harga 200-300 lebih sensitif soal bbm dan perawatan teknologi canggih bakal sulit masuk :big_biglaugh:

disuruh ngisi ron92 dan oli harga 600 rebu pasti kaget duluan.
Jadi inget thread sebelah...
Busi mazda CX-5 harga 500 rb/pcs . Harga bekas 200jutaan secara pricing memang murah moncrot, begitu masuk bengkel buat maintenance langsung kaget :upss:

Balik ke sonet, nanti user2nya jg pasti pada isi pertalit nih mobil. Harusnya aman sih ya. Ada garansi 7thn jg. Ok buat long term ownership.

Jangan sampe nasibnya ky vw polo 1.2 turbo aja. Isi pertalit. Ngebeleduk pistonnya :wkkk:

Nasib mobil under 300jt....
Lagi bayangin suramnya mobkas N/A kompresi tinggi / turbo / CVT / DCT blablabla ....
Kalo dipakai abuse tanpa perawatan sesuai spesifikasi, siap-siap aja pemilik selanjutnya mendadak dapat time bomb & jackpot :big_bored:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 10822
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2021 KIA Sonet 1.5 IVT Premiere First Drive

Post by ChZ »

Freezeguys wrote: 17 Nov 2020, 13:55 @chz
Saya jg curiganya sama ban nya sih yg kurang ok, tuker tambah ban kena brp tuh om? Heheh.
setuju saya secara aerodynamic lbh oke hrv harusnya. Om pas tes 100kph dan ketika putaran rendah suara mesinnya kasar mana dibanding hrv?

Om jd ambil yg premiere yh? Saya kalo pun jadi, ambil dynamic nyesel gak yah. Bedanya lumayan soalnya buat fitur tambahan perintilan (yg worth it cm 6airbag, bose so so lah)
tukar tambah ban biasanya tergantung deal deal an saja om... gimana2 ban kalo ud kepasang di mobil tetap harganya sudah turun :big_biglaugh: itungannya sudah ban bekas walaupun baru jalan 1 kilometer dan treadnya masih bagus semua.

saya kemarin tidak terlalu notice soal suara mesin, tp kayaknya suara di sonet lebih keras biarpun kalo peredaman dari kabin sonet way better.

saya ngga da rencana ambil koq oom cuma kemarin iseng aja lunch break mampir... :big_biglaugh:
Or4cle wrote: 17 Nov 2020, 14:29
KielConstantine wrote: 17 Nov 2020, 13:58

Jadi inget thread sebelah...
Busi mazda CX-5 harga 500 rb/pcs . Harga bekas 200jutaan secara pricing memang murah moncrot, begitu masuk bengkel buat maintenance langsung kaget :upss:

Balik ke sonet, nanti user2nya jg pasti pada isi pertalit nih mobil. Harusnya aman sih ya. Ada garansi 7thn jg. Ok buat long term ownership.

Jangan sampe nasibnya ky vw polo 1.2 turbo aja. Isi pertalit. Ngebeleduk pistonnya :wkkk:

Nasib mobil under 300jt....
Lagi bayangin suramnya mobkas N/A kompresi tinggi / turbo / CVT / DCT blablabla ....
Kalo dipakai abuse tanpa perawatan sesuai spesifikasi, siap-siap aja pemilik selanjutnya mendadak dapat time bomb & jackpot :big_bored:
kalau engine problems mungkin sudah banyak antisipasi dengan lower fuel mapping... aplg pabrikan seperti toyota honda mazda sudah jualan di sini cukup lama...

cuma yahh apa kabar nasib fuelpump dll... scr masalahnya tidak merely di octane tapi juga makin murah contaminantnya makin banyak. sayangnya juga tidak semua orang ngeh kalau fuelpump perlu dibersihkan secara rutin di mobil bensin.

dan aplg mentalitas mau bekas harga murah tapi minta partnya murah, kaget denger harga busi per pcs 500 ribu... sialnya busi akan lebih cepat kalah kalau ngisinya lower grade fuel.

utk yang mau akuisisi janda bekasnya ambil yang below 60 ribu kilometers saya kira masih aman, klo sudah lewat dah lah pikir pikir lagi.
2011 Toyota XU30 / 2016 XP170
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1
2019 Mitsubishi NC1W

https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
User avatar
Jose
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 396
Joined: 02 Jan 2008, 12:19
Location: Southern Batavia
Daily Vehicle: Toyota Camry V6 35Q
Contact:

Re: 2021 KIA Sonet 1.5 IVT Premiere First Drive

Post by Jose »

Wew, ternyata Sonet enak ya :D

Jujur aja gw sempet terpukau sama review2 Seltos, terutama reviewnya om F.Rosano yg hit 8.3 sec utk 0-100 kph. Itulah makanya gw agak skeptis terhadap Sonet ini, kirain kualitas ride & powertrainnya jauh dibawah Seltos

Semoga para millenials yg sudah mulai mapan terbuka pikirannya dan terlepas dari mitos orang kolot dlm memilih mobil, karena merk2 non popoler di indo seperti Kia & Hyundai sudah punya lineup yg bagus2. Sehingga persaingan antar brand bisa lebih kompetitif, dan brand2 seperti ini makin berani invest disini

Btw, very nice review as usual, bro Chz :off_good_job:
Increase speed = increase Risk
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 10822
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2021 KIA Sonet 1.5 IVT Premiere First Drive

Post by ChZ »

Jose wrote: 17 Nov 2020, 17:23 Wew, ternyata Sonet enak ya :D

Jujur aja gw sempet terpukau sama review2 Seltos, terutama reviewnya om F.Rosano yg hit 8.3 sec utk 0-100 kph. Itulah makanya gw agak skeptis terhadap Sonet ini, kirain kualitas ride & powertrainnya jauh dibawah Seltos

Semoga para millenials yg sudah mulai mapan terbuka pikirannya dan terlepas dari mitos orang kolot dlm memilih mobil, karena merk2 non popoler di indo seperti Kia & Hyundai sudah punya lineup yg bagus2. Sehingga persaingan antar brand bisa lebih kompetitif, dan brand2 seperti ini makin berani invest disini

Btw, very nice review as usual, bro Chz :off_good_job:
nah soal 0-100 seltos ini agak debatable juga bro... om rosano coba 8.3, sedangkan om fitra eri coba sekitar 9 detikan sampe 10 detikan kalo nggak salah. lucu juga selisih bisa 1 detik gitu. waktu gw coba sebenernya juga tidak kencang kencang amat itu seltos makanya agak kecewa dengan powertrainnya.

yup makanya lebih make sense kalau beli sonet tipe tengah-tengah karena harganya reasonable, di harga segitu lawannya japs car yang juga specific market model spt rush dan BRV. kalau tidak butuh 7 seats sih sonet ftw. tp kalau dilawanin jazz dan HRV agak berat krn build qualitynya agak compromised juga ini sonet...
2011 Toyota XU30 / 2016 XP170
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1
2019 Mitsubishi NC1W

https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
Post Reply