The Journey and Owning Experience of All New Avanza G Manual 2015

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4585
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

The Journey and Owning Experience of All New Avanza G Manual 2015

Post by Pboyz97 »

Selamat malam smers sekalian, saya ingin mereview mobil saya yang sudah saya jual pada pertengahan november lalu , yaitu mobil sejuta umat, AN Avanza G MT 2015 . Mobil ini saya beli pertengahan oktober tahun ini dari seorang pemakai langsung di daerah karawaci. Mobil ini dibeli untuk menggantikan xpander saya yang reviewnya bisa dilihat di viewtopic.php?t=27237, sekaligus mobil bekas pertama saya, karena sudah lebih dari 10 tahun keluarga saya selalu membeli mobil brand new sampai sekarang. Sayangnya, saya lagi kena apes, yaitu kilometer mobil sudah dimundurkan 2x lipat (saya ambil di km 78rb ternyata abis GCU di beres, sudah pernah servis januari tahun ini di km 143rb) , sehingga bapak saya memutuskan untuk menjualnya. Hal ini sekaligus menjadi pengalaman dan pembelajaran untuk saya agar lebih berhati2 lagi dalam membeli mobil bekas. Well, let's go to the review and story

Kronologi
Bapak saya ingin mencari mobil 7 seater yang gampang dijual , karena makenya gk lama (paling lama jg 2 tahun) , bandel, partnya murah dan gampang untuk menggantikan xpander ultimate 2017 saya, turun kelas gak masalah , karena dirumah sudah ada CRV Turbo prestige dan CX5 Elite untuk weekend. Kandidatnya ada GNKI Dono diesel at 2014-2015, ANKI G diesel AT 2016-2017 , ANA G MT 2014-2015 dan GNA G MT 2016-2017. Setelah diskusi, GNKI dan ANKI terpaksa dicoret, karena kalo GNKI mepet budget, dan ANKI overbudget. Jadi diputuskan, mobil yang akan dibeli adalah toyota avanza bertransmisi manual. Kenapa pilih manual? Karena bapak saya ingin belajar manual lagi, setelah lebih dari 10 tahun vakum dari mobil manual, mobil manual yg keluarga saya punya terakhir adalah civic ferio fl yang sudah dijual tahun 2005 lalu, dan setelah itu keluarga saya selalu memakai mobil matic hingga saat ini, dan naikkan avanza manual lebih enak dibanding yg matic menurut saya. Dan , akhirnya, diputuskan lah untuk memboyong ANA tipe G bertransmisi manual, tahun 2014-2015, cuma kalo bisa yg 2015 aja karena paling muda tahunnya untuk ukuran ANA, dengan kriteria, budget max 110 jt, nama pt atau pribadi gamasalah asal kondisi bagus dan surat2 lengkap , sekaligus, menjadi mobil bekas pertama dikeluarga saya, karena to be honest, keluarga saya selalu membeli mobil kondisi brand new dari dulu - sekarang hehehe.

Pencarian pun dimulai , lebih dari 10 mobil saya datangi, cuma blm nemu yg harga dan kondisinya sesuai , ada yg memang barangnya kurang seger, keduluan orang, bekas tabrakan, bekas banjir, harga gak cocok, dsb. Hingga akhirnya, setelah pencarian mobil ke 11 apa 12 gitu saya lupa dan perburuan selama kurang lebih 3 bulan, pada pertengahan oktober lalu didapat lah 1 unit ANA G manual 2015 dari seseorang pemakai langsung di daerah tanggerang, Banten dari salah satu FJB terkenal di Indonesia . Kondisi dari foto, bodi mulus, minus interior yg perlu poles aja dengan km sekitar 78rb . Akhirnya keesokan harinya, saya dan bapak saya, dibantu dengan teman bapak saya yg ngerti mobil + montir saya (karena kebetulan saya punya bengkel sendiri) berangkat ke lokasi. Dan mobil diketahui masih atas nama PT tangan pertama berdasarkan STNK dan BPKB nya, tapi si owner sebelumnya adalah tangan ke 2, karena beliau membeli dari showroom apa lelangan pt gitu pada awal 2020 lalu, sehingga saya adalah tangan ke 3 nya. Kondisi awal mobil adalah sebagai berikut.
Exterior
Image
Image
Image
Image
Image
Image
Image
Image
Image
Image
Image
Interior
Image
Image
Image
Image
Image
Image
Image
Image
Image
Image
Engine bay
Image
Image
Image
Image
Odometer saat saya ambil (yang ternyata palsu :big_cry: )
Image
Data service record mobil yang sebenarnya (Sumber: Apps A2K)
Image
Image
Dengan kondisi mobil
Plusnya
- Bodi masih lempeng, no dempul
- Apron aman, bebas dari indikasi tabrak depan
- Headlamp dan foglamp mulus seperti baru dan kondisi hidup semua
- Tulangan, dan karet pintu aman dari indikasi tabrak samping dan belakang
- interior masih full ori dan
- mesin kering , no rembes, dan suaranya masih halus
- kaki2 jg senyap serta ac dingin
- pas di test drive, naikkan masih enak dan gaada gejala yg aneh2 seperti bunyi2 di dasbor atau bagian kaki2
- buku manual ada dan surat2 lengkap
- ban masih lumayan bagus, keempat bannya produksi tahun 2019

Minusnya
- Interior agak kotor, perlu poles
- Ada baret2 kecil lah di bemper depannya, ya saya anggep wajar aja lah
- buku servis gaada (cuman yg bikin kami percaya adalah ada gantungan oli terakhir ganti oli mesin dan gardan di km 64 dan 72 rb terakhir bulan (mei dan juli lalu) walaupun bukan di bengkel resmi

Akhirnya, karena saya dan bapak saya sudah terlanjur sreg dengan mobil tersebut karena bodi mulus, mesin kering, tidak bekas tabrak dan bekas banjir serta naikkan pas test drive masih aman. Akhirnya ayah saya nego dengan penjual dan, mobil tersebut berhasil kami bawa pulang hari itu juga. Namun, pada hari ke 3 setelah pembelian, ada indikasi yang agak janggal , yaitu saat di starter, mesin terasa agak kasar dan ada bunyi "tek tek" dari mesin yg mengingikasikan fanbelt atau engine mountingnya perlu ganti , cuma setelah dicek sm montir saya, cukup diganti filter udaranya saja dan ganti oli, maka bunyi tersebut sudah hilang. Kejanggalan lain yang saya temukan:
- setir sudah licin bagian atasnya, walaupun bagian samping kiri kanan dan bawah masih utuh kulit jeruknya (hal ini murni kesalahan saya karena namanya masih awam mobekas, saya gak ngerti indikasi setir licin itu petanda apa, akhirnya saya menanyakan kepada teman saya yang sudah sering gonta ganti mobekas dari berbagai merek, dan dia mengatakan kalau ada indikasi mobil tersebut adalah mobil capek
- selain itu juga kelihatan dari kondisi pedalnya juga sudah habis karetnya, (kalau dari foto ya) karena kondisi yang tidak memungkinkan buat teman saya mengecek langsung mobil

Dan disitulah saya akui saya miss karena sudah lapar mata melihat bodi yg mulus + harga yg sedikit lebih murah dibawah pasaran + ditambah buku servis gaada menambah daftar kesalah saya dalam membeli mobekas. Akhirnya entah kenapa saya dihantui rasa penasaran yang teramat sangat mengganggu pikiran saya , hingga teman saya menyarankan saya untuk mengecek melalui apps Auto2000 atau telpon ke bengkel resminya (nah disitu kesalahan fatal kami karena tidak kroscek dulu karena tergiur harga dan kondisi yg mulus) , setelah dicek melalui apps dan telpon ke auto2000, betapa kagetnya saya karena mobil tersebut sudah pernah servis di km 143rb bulan januari lalu, which is mobil saya sudah digulung kilometernya sebanyak 2x lipat!!! :big_cry: , serta mobil tersebut interiornya sudah di akal - akalin dan mobil bekas rental . ciri2nya adalah
- Ada sedikit karat dibawah jok driver yg gak terlihat mata
- Seatbelt tengah dekil penuh jamur khas penuh capek, sedangkan seatbelt pinggir kiri kanan, dari row 1-3 yang sering dilihat dan dipegang orang masih bagus, sementara yg tengah itu which is jarang dilihat dan dipegang orang dibiarkan berjamur dan kotor, dan saya menganggap itu adalah gambaran kondisi mobil yang sebenarnya
- nama pt yang tertera di stnk dan bpkb ternyata punya divisi rental (which is kami semua miss)


Betapa shocknya ayah saya, teman ayah saya dan montir saya mendengar hal tersebut karena kondisi mobil seperti mobil yang terawat. Namun kenyataan berkata lain, tapi untungnya, mobil tersebut menurut penuturan dari pihak beres servisnya selalu rutin dan gaada history perbaikan berat seperti CE nyala, turun mesin, body repair dsb, jadi hanya servis rutin saja. Selain itu, dari apps , diketahui kalau bagian kaki2 seperti shock, tierod dkk + bagian mesin sudah diremajakan pas km 80 dan 120 rb sehingga pas test drive naikkan masih enak, dan pas dibawa di tol, 120 masih gampang bgt dapetnya. Namun tetap saja, ada perasaan kecewa diantara kami karena sudah salah membeli mobil, dan akhir kata, mobil diputuskan untuk dijual saja, karena sudah tidak ada lagi rasa nyaman dan puas dalam memakainya. Well, pelajaran dan pegalaman berharga yang harus dibayar dengan sangat mahall sekaligus menjadi pemacu agar lain kali lebih teliti dan jeli dalam memilih mobil bekas. Dan teman saya yang mengetahui hal tersebut meningkatkan
- jangan terpaku dengan kondisi bodi yg mulus, karena itu bisa dipoles dan semua komponennya seperti lampu dan bemper bisa diganti baru
- jangan terpaku juga dengan kondisi interior yg full original, karena hampir semua komponennya seperti setir, dootrim, karpet, dan jok bisa diakalin dengan cara retrim atau diganti baru, kata teman saya, perhatikan kondisi pedal, karena menurut pengalaman dia selama hunting mobekas, bagian tersebut adalah bagian yg sulit diakali karena resikonya agak besar dan biayanya jg agak mahal + termasuk yg jarang dilihat oleh mayoritas pembeli saat membeli mobekas dan menggambarkan kondisi mobil yg sebenarnya
- pastikan buku servis ada dan history servisnya jelas

Dan setelah, beberapa hari menunggu, 2 minggu kemudian, ada buyer yg menawar dengan harga lumayan bagus diatas penawaran yang sudah saya terima. Dan setelah melihat mobil saya, saya memberitahu buyer tentang kondisi sebenarnya mobil (yaitu odometer sudah diputar), dan saya mengirimkan data screen shot history service mobil dari awal beli - terakhir servis, dan untungnya beliau tidak mempermasalahkan karena beliau beli mobil untuk dipakai lama dan sudah biasa dengan mobil tua (katana, jimny, escudo) sehingga km gak jadi patokan lagi, yang penting kondisi fisik, surat2 lengkap, tidak bekas tabrak dan tidak bekas banjir. Saya melakukan itu, karena saya ingin jadi penjual yg jujur aja, mending bilang di awal kondisi apa adanya daripada terjadi hal2 yg tidak diinginkan dikemudian hari dan ingin buyer tidak mengalami hal serupa seperti saya. Akhirnya, pertengahan November lalu, mobil tersebut akhirnya laku terjual. Terimakasih sudah menemani selama 1 bulan ini

Sekian dari kronologi dan kondisi awal mobil yang sudah saya jelaskan. Sekarang saya akan review mobilnya saja hehehe

History
Gak usah saya tulis panjang2 ya. Karena udah banyak yg review, jadi saya bahas singkat aja
1. 2003-2005
Avanza diluncurkan di Indonesia, untuk menjadi penerus kijang kapsul sebagai mobil dengan harga yg terjangkau di masyarakat, sedangkan kijang kapsul sendiri digantikan oleh innova yg sudah naik kelas. Diluncurkan dalam beberapa varian yaitu, E MT, G MT dan yg langa yaitu 1.3 S AT kalo gasalah. di tahun itu juga diluncurkan xenia sebagai kembarannya dengan mesin non vvti 1.300 cc
2. 2006-2008
Avanza mengalami facelift ringan, dengan perubahan di warna interior, grill, lampu, dan velg, variannya masih sama yaitu E MT, G MT, dan ditambah varian baru yaitu 1.5 S MT dan 1.5 S AT dengan perbedaan paling mencolok di ABS yang cuma ada di varian 1.5 S saja, dan mesin baru yaitu K3VE 1.300 CC dan 3SZVE untuk 1.500CC nya
3. 2008 akhir - 2011
Avanza mengalami sedikit improvement lagi, yaitu perubahan bentuk setir dari palang 3 menjadi palang 5 dan pelindung bemper belakang . Dan ditahun itu muncum varian E AT dan G AT untuk melengkapi varian yg sblmnya sudah ada yaitu E MT , G MT , 1.5 S MT dan 1.5 S AT

4. 2011 akhir - 2013 pertengahan
Avanza berubah total dan memasuki generasi ke 2. Perubahan hampir terjadi di semua sisi mulai dari exterior, inteiror, suspensi. Tapi mesin gak berubah total, masih menggunakan K3VE untuk varian 1.300 cc nya (E dan G) dan 3SZVE untuk varian 1.500 cc nya (1.5 G dan veloz). dengan tipe E (MT , AT) , G (MT, AT) , 1.5 G MT, dan Veloz (MT dan AT) dengan perbedaan mencolok yaitu Veloz sudah ada ABS nya, sedangkan varian lain blm

5. 2013 pertengahan - 2015 akhir
Avanza mengalami improvement dengan hadirnya airbag pada semua tipenya. Dan munculnya varian g dan veloz luxury pada tahun 2014

6. 2015 akhir - 2018
Avanza gen 2 akhirnya mengalami FL pertama , yg disebut Grand new avanza, perubahannya lumayan banyak, seperti kunci immobilizer, velg, grill , lampu, interior,suspensi dan mesin ( 1nrfe untuk varian 1.300 cc nya dan 2nrfe untuk varian 1.500 cc nya). Varian terdiri dari 1.3 E MT, 1.3 E AT, 1.3 G MT, 1.3 G AT, 1.5 G MT, 1.3 Veloz MT, 1.3 Veloz AT, 1.5 Veloz MT, dan 1.5 Veloz AT.

7. 2019- sekarang
Avanza mengalami FL kedua, yang sering disebut "Avanza transformer" karena lampu depannya mirip alphard gen 3 yg disebut alphard transformer. Perubahannya pun lumayan banyak , seperti grill , lampu, inteiror, grill, fitur (ac digital dan start stop engine untuk varian veloz) . Mesin masih sama
yaitu ( 1nrfe untuk varian 1.300 cc nya dan 2nrfe untuk varian 1.500 cc nya). Varian masih sama yakni terdiri dari 1.3 E MT, 1.3 E AT, 1.3 G MT, 1.3 G AT, 1.5 G MT, 1.3 Veloz MT, 1.3 Veloz AT, 1.5 Veloz MT, dan 1.5 Veloz AT.

Exterior
Berikut akan saya lampirkan kondisi terakhir mobil sblm dijual
Depan
Image
Terlihat simpel tapi enak dilihat. Saya pribadi masih lebih suka tampilan model ANA PFL ini daripada GNA atau Avanza Last FL
Samping
Image
Sederhana tapi masih cukup bagus bentuknya
Belakang
Image
Keliatan cukup oke buat ukuran LMPV

Interior
Image
Image
Image
Image
Image
Image
Terlihat sederhana bahkan mulai kelihatan usang, tapi plusnya adalah storage cukup banyak dan row 2 serta row 3 cukup lega

Fitur
Gak perlu dibahas lagi sih, mobil ini sangat minim fitur,cuma seatbelt, dual srs airbag, ac double blower, hu single din minus abs dan immobilizer

Ride quality
Image
Image
Mobil ini dilengkapi dengan mesin 1.300 K3VE + transmisi manual 5 percepatan. Menurut saya, mobil ini gak begitu fun to drive, feedback dan handlingnya juga biasa aja. Selain itu, mobil ini sama sekali tidak nyaman, bantingan suspensinya tergolong keras dan ajrut2an biarpun membaik dari avanza gen 1 + limbung dikecepatan tinggi. Tapi terbantu oleh koplingnya yang cukup enteng + tarikan putaran bawah - tengah yg cukup oke buat ukuran LMPV.

Conculsion

Plus
- Desain exterior
- durable dan badak
- perawatan murah
- sparepart banyak
- tarikan bawah lumayan oke buat kelasnya
- ac dingin
- kopling enteng
- row 2 dan row 3 cukup lega
- practical
- radius putar cukup baik untuk ukuran LMPV

Minus
- nyari yg kondisinya oke agak susah
- limbung dikecepatan tinggi
- gak nyaman, apalagi kalo libas poldur
- konsumsi bbm gak irit2 amat
- driving feel jg biasa aja
- desain interior mulai terlihat usang
- tenaga putaran atasnya agak kurang
- rem agak kurang
- handling gak istimewa2 amat
- minim fitur
- blm immob dan ABS
- peredaman agak kurang

Intinya , mobil ini bukan mobil yang cocok buat anda yang mencari kenyamanan dan fun to drive . Tapi , jika anda mencari mobil 7 seater seken dengan budget yang terjangkau, perawatan mudah dan murah, sparepart gampang, jual gak rugi2 amat, muat banyak, practical, lega, dan bisa dibawa kemana saja. Mobil ini cukup layak dipertimbangkan, apalagi dengan nama besarnya yang menyandang gelar mobil terlaris di Indonesia selama lebih dari 10 tahun lamanya. Saya sendiri juga cukup puas dengan mobil ini , walaupun gak nyaman dan driving feelnya biasa2 aja, karena mobil ini badak dan awet, walaupun km nya sudah diputar 2x lipat, selama 1 bulan pemakaian, saya gak mengalami masalah yg aneh2, tinggal isi bensin dan ganti oli saja. Perawatan yang saya lakukan selama 1 bulan pake:
- Servis ringan (ganti oli, tune up, dll)
- Poles interior
- Ganti karpet driver, karena aslinya sudah sobek



Sekian kisah dan pengalaman saya tentang AN Avanza ini, walaupun mobilnya biasa aja dan waktu pakainya cuma 1 bulan. Tapi mobil ini banyak memeberikan pelajaran berharga untuk saya terutama dalam dunia permobilbekasan. Mohon maaf kalau ada kesalahan dan kepanjangan. I hope you will enjoy my story and review dan semoga teman2 semua tidak mengalami kejadian serupa seperti saya. Terimakasih
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
saywhat
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 73
Joined: Tue Oct 15, 2013 17:53

Re: The Journey and Owning Experience of All New Avanza G Manual 2015

Post by saywhat »

Keren om ceritanya dan membuat temen2 yg blm melek mobkas bisa lbh hati2. Sayapun jujur lbh seneng mobil 2nd KM agak tinggi dengan record lengkap, dan memang cukup terbiasa beli mobil second juga
whitehorse4
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 544
Joined: Sun Oct 01, 2017 23:00

Re: The Journey and Owning Experience of All New Avanza G Manual 2015

Post by whitehorse4 »

Wah dapet bekas rental yah, semoga ke depannya aman aman aja om mobilnya
Ini tarikannya lebih galak ya sy rasa daripada yang GNA dual vvti, enak buat sruntulan hahahaha
jessboy
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 235
Joined: Tue May 09, 2017 3:09
Location: jabodetabek
Daily Vehicle: mobil bekas

Re: The Journey and Owning Experience of All New Avanza G Manual 2015

Post by jessboy »

wah terima kasih om sudah sharing ilmu dan pengalaman berharga dalam membeli mobil bekas.
pengalaman dapet mobkas yang odometernya udah diputer balik ini berharga banget krn saya sendiri juga selama ini penasaran emang odometer digital bisa ya diputer balik. begitu juga dengan mobil bekas rental yg bagi orang awam emang cuma lihat tampak luarnya doang dan gak memperhatikan hal2 detil yang disebutkan di atas.
tapi untungnya kondisi mobil masih layak ya. :big_exellent:
Mencari referensi info mobil bekas yang akurat dan terpercaya
marama
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 917
Joined: Thu Feb 04, 2010 8:44

Re: The Journey and Owning Experience of All New Avanza G Manual 2015

Post by marama »

Kalau saya pribadi dari kondisi karpet kanan driver sdh bs curiga ini odonya bukan 70.000an pasti diatas ini hehehe, nice sharing om
marama
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 917
Joined: Thu Feb 04, 2010 8:44

Re: The Journey and Owning Experience of All New Avanza G Manual 2015

Post by marama »

Kalau saya pribadi dari kondisi karpet kanan driver sdh bs curiga ini odonya bukan 70.000an pasti diatas ini hehehe
Btul om kalau nama PT saya biasanya ubek2 googling dl ini PT apa kl ternyata ini rental ya saya coret dari daftar hunting saya, yang diwaspadai ex rental di keluarga toyota biasaya (avanza E dan G, innova bensin G, vios E/G, Altis J, camry G apalagi warna hitam dan silver), bukannya ex rental jelek ya tapi kalau buat pemakai user mobil 2nd enak dpt yg seger karena buat dipakai sendiri. Indikasi lain biasanya dari faktur ya karena banyak yg sdh dibalik nama BPKB ganti buku tapi faktur g ada alasan ilang atau keselip padahal mgkn karena fakturnya nama PT (tgn pertamanya)
, nice sharing om
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1490
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: The Journey and Owning Experience of All New Avanza G Manual 2015

Post by MSU »

benar..karpet & pedal2 ga bisa boong sih...
cuma di kantor saya mobil perusahaan karpetnya malah dibalik, mungkin driver-nya sayang2 kalo rusak kl ya
tp melihat mobilnya..menurut saya cukup terawat untuk odo segitu, ex driver & SOP rentalnya cukup rapi juga ni
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4585
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: The Journey and Owning Experience of All New Avanza G Manual 2015

Post by Pboyz97 »

whitehorse4 wrote: Thu Nov 26, 2020 22:40 Wah dapet bekas rental yah, semoga ke depannya aman aman aja om mobilnya
Ini tarikannya lebih galak ya sy rasa daripada yang GNA dual vvti, enak buat sruntulan hahahaha
iya om, saya yg kurang teliti, dan gak googling lebih detil lg tentang pt yg tertera pada STNK dan BPKB mobil + ciri2 seatbelt tengah yg berjamur khas mobil capek + karat dikit dibawah jok driver + setir licin dan pedal aus baru saya tau pas mobil sudah dibawah pulang. Aminn, makasih om, surprisingly mobil ini masih aman2 aja. Selama 1 bulan make gaada masalah aneh2, cuma isi bensin aja dan ganti oli hehehe.

Setuju om, tarikan lebih enak ini daripada yg GNA, terutama tarikan bawahnya, tapi minusnya tarikan atas rada ngempos, kalo GNA tarikan atasnya malah ngisi, kebetulan sekarang saya pake GNA G MT 2017 sejak seminggu lalu hehehe, dan buat sruntulan masih enak ANA sih to be honest, walaupun GNA jg cukup enak untuk sruntulan dibanding xpander saya dulu, cuma minusnya ada di bantingan suspensi yg gak nyaman dan ajrut2an aja kalo pake ANA, kalo di GNA kerasa lebih empuk dan lebih nyaman menurut saya dibanding ANA + lebih irit bbm jg kalo di GNA dan suara mesinnya jg lebih halus di GNA dual vvti dibanding single vvti nya ANA
jessboy wrote: Fri Nov 27, 2020 1:46 wah terima kasih om sudah sharing ilmu dan pengalaman berharga dalam membeli mobil bekas.
pengalaman dapet mobkas yang odometernya udah diputer balik ini berharga banget krn saya sendiri juga selama ini penasaran emang odometer digital bisa ya diputer balik. begitu juga dengan mobil bekas rental yg bagi orang awam emang cuma lihat tampak luarnya doang dan gak memperhatikan hal2 detil yang disebutkan di atas.
tapi untungnya kondisi mobil masih layak ya. :big_exellent:
sama2 om, ini juga menjadi pengalaman dan pelajaran berharga buat saya dalam membeli mobekas. kalo odometer digital memang lebih gampang diputer balik om, saya pernah diceritain temen saya yg udh biasa main mobekas, kalo odometer digital cara muternya tinggal colok ke laptop doang atau solder dari belakang speedo dan jejaknya gak keliatan, beda sm odometer analog yg masih konvensional cara muternya.

bener om, bekas rental buat org awam emg gak keliatan, mayoritas tergiur dengan kondisi luar dalam yg mulus seperti punya saya. kalo saya sih simpel, liat pedal, karpet, setir, terus bawah jok ada karat atau tidak, buku servis, gantungan oli, liat profil pt di stnk dan bpkb + faktur wajib ada, terus liat semua seatbelt. dengan cara seatbelt yg buat driver dan penumpang row 1 ditarik ampe mentok, ada jamur apa gak. kalo dari situ keliatan ada kotoran atau bekas jamur, sedangkan bagian yg atasnya bersih, otomatis mobil terebut sudah sering dipakai (terlepas itu buat rental atau bukan). dan seatbelt tengah, kalo saya, karena to be honest, sulapan seatbeltnya cukup rapih. yg di row1 sudah saya tarik mentok , dua duanya bersih klimis kaya baru, yg di row 2 dan 3 jg demikian. ternyata yg ditengah ada jamur khas mobil capek, tanpa sengaja , ketika saya coba bongkar dirumah, dan disitulah saya tau kalo mobil ini adalah mobil cape + liat dari history pt nya ini merupakan mobil bekas rental.

iya om, terlepas dari semua minusnya itu, mobil ini dari history dari beresnya, cukup terawat dan layak. bukan bekas banjir atau bekas tabrakan, serta blm pernah mengalami perbaikan berat seperti turun mesin, overhaul, ganti transmisi, check engine nyala, body repair , dsb. jadi hanya servis rutin saja dan kasus saya murni odometer putaran, tanpa embel2 indikasi lain

saywhat wrote: Thu Nov 26, 2020 19:39 Keren om ceritanya dan membuat temen2 yg blm melek mobkas bisa lbh hati2. Sayapun jujur lbh seneng mobil 2nd KM agak tinggi dengan record lengkap, dan memang cukup terbiasa beli mobil second juga
makasih om. saya semenjak kejadian ini juga lebih perfect dan teliti kalo liat mobil bekas, mending km tinggi dan tahun lebih tua tapi terawat dan recordnya jelas dan lengkap daripada km rendah tahun muda tapi gak terawat + service recordnya gak jelas atau amburadul

marama wrote: Fri Nov 27, 2020 2:42 Kalau saya pribadi dari kondisi karpet kanan driver sdh bs curiga ini odonya bukan 70.000an pasti diatas ini hehehe
Btul om kalau nama PT saya biasanya ubek2 googling dl ini PT apa kl ternyata ini rental ya saya coret dari daftar hunting saya, yang diwaspadai ex rental di keluarga toyota biasaya (avanza E dan G, innova bensin G, vios E/G, Altis J, camry G apalagi warna hitam dan silver), bukannya ex rental jelek ya tapi kalau buat pemakai user mobil 2nd enak dpt yg seger karena buat dipakai sendiri. Indikasi lain biasanya dari faktur ya karena banyak yg sdh dibalik nama BPKB ganti buku tapi faktur g ada alasan ilang atau keselip padahal mgkn karena fakturnya nama PT (tgn pertamanya)
, nice sharing om
makasih infonya om. sebenernya saya udah notice dari karpet kanan driver kalo ini mobil sering dipake, cuma namanya jg masih awam, saya mikirnya itu pemakaian wajar aja , entah kena lumpur, tanah dari sepatu atau sendal, namanya mobil 5 tahun , cuma karena ketutup sm kondisi bodi dan daleman yg bagus ya akhirnya saya beli

iya om , mulai sekarang saya juga lebih selektif memilih mobil, kalo mobil rental pun, history servicenya harus jelas, buku service dan faktur wajib ada + history service maksimal 1 tahun semenjak bulan saya melihat mobil tersebut. kalo service record terakhir diatas 1 tahun apalagi buku servicenya hilang, pasti saya skip hehehe. dan saya setuju om. kalo ex rental memang mayoritas kaya yg om sebutin diatas. cuma menurut pengamatan sotoy saya kalo keluarga toyota rental biasanya (avanza e dan g manual, innova bensin g manual, vios e/g (manual dan matic ada juga cuma gak banyak). altis juga rata2 pake v, kalo yg j kayanya agak jarang, dan camry v warna hitam dan silver (walaupun ada juga yg camry g), karena saya juga pernah ditawarin camry v warna hitam dan silver ex rental ketika sedang berburu avanza beberapa waktu lalu oleh penjualnya (karena kebetulan saya lg nyari di perusahaannya langsung)

nah kalo soal faktur, memang banyak yg faktur PT , tapi sudah dibalik nama menjadi pribadi, terus fakturnya dihilangkan pake alasan hilang atau keselip biar kesannya tangan pertama pribadi dari baru hehehe
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4585
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: The Journey and Owning Experience of All New Avanza G Manual 2015

Post by Pboyz97 »

MSU wrote: Fri Nov 27, 2020 4:01 benar..karpet & pedal2 ga bisa boong sih...
cuma di kantor saya mobil perusahaan karpetnya malah dibalik, mungkin driver-nya sayang2 kalo rusak kl ya
tp melihat mobilnya..menurut saya cukup terawat untuk odo segitu, ex driver & SOP rentalnya cukup rapi juga ni
iya om, cuma kalo yg bener2 jadi patokan utama itu pedal, karena karpet bisa diganti, sedangkan pedal susah untuk diakalin atau diganti sejago apapun oknum pedagang nakal tersebut, karena resikonya tinggi dan biayanya agak mahal sehingga jarang dilakukan. paling yg diakalin cuma poles exterior, ganti komponen luar kaya lampu, bemper, dll, poles daleman, ganti ban, dan ganti printilan2 kek setir, seatbelt, karpet, dootrim, ganti jok pake jok baru (kalo perlu) atau minimal diretrim aja joknya pake kulit hehehe dan pedal merupakan gambaran akan kondisi mobil yg sesungguhnya karena merupakan bagian yg sulit diakali menurut saya

wah unik juga ya, di kantor om, karpetnya malah dibalik, bisa jadi, biar gak rusak hehehe

thanks om, memang surprisngly cukup terawat untuk ukuran mobil dengan km asli 143 - 170rb, pas saya coba di tol, kaki2 gaada bunyi , naikkan masih enak, mesin masih halus + 120kpj jg masih bisa diraih dengan mudah hehehe. memang om, SOP PT nya juga bagus, karena menurut penuturan dari pihak beres, mobil ini gak pernah telat servis dan selalu rajin untuk servus di beres jadi mobilnya terawat
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4585
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: The Journey and Owning Experience of All New Avanza G Manual 2015

Post by Pboyz97 »

marama wrote: Fri Nov 27, 2020 2:35 Kalau saya pribadi dari kondisi karpet kanan driver sdh bs curiga ini odonya bukan 70.000an pasti diatas ini hehehe, nice sharing om
sama2 om. saya sendiri jg gak tau soal itu, karena saya pikir itu pemakaian wajar karena umur mobil jg sudah 5 tahun hehehe
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
HaykelAdityawarman
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 268
Joined: Wed Mar 06, 2019 2:15
Location: Greater Jakarta
Daily Vehicle: 2015 Mitsubishi A03A 3A92 GLX MT

Re: The Journey and Owning Experience of All New Avanza G Manual 2015

Post by HaykelAdityawarman »

marama wrote: Fri Nov 27, 2020 2:42 Kalau saya pribadi dari kondisi karpet kanan driver sdh bs curiga ini odonya bukan 70.000an pasti diatas ini hehehe
Btul om kalau nama PT saya biasanya ubek2 googling dl ini PT apa kl ternyata ini rental ya saya coret dari daftar hunting saya, yang diwaspadai ex rental di keluarga toyota biasaya (avanza E dan G, innova bensin G, vios E/G, Altis J, camry G apalagi warna hitam dan silver), bukannya ex rental jelek ya tapi kalau buat pemakai user mobil 2nd enak dpt yg seger karena buat dipakai sendiri. Indikasi lain biasanya dari faktur ya karena banyak yg sdh dibalik nama BPKB ganti buku tapi faktur g ada alasan ilang atau keselip padahal mgkn karena fakturnya nama PT (tgn pertamanya)
, nice sharing om
Ga kepikiran sebelumnya buat google nama PT nya klo ambil mobil a/n PT. Nice info, om.

Buat TS juga, thanks for sharing.
Current: 2008 Mitsubishi CY4A 4B11 CVT

Others:
2020 ANH140 2GD-FTV AT
2019 RU1 L15Z CVT
2019 PQ26-6C 1.2T DSG
2019 CMF-A 1.0 AMT
2013 GM2 L15A AT
2003 E46 M54B25 AT
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4585
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: The Journey and Owning Experience of All New Avanza G Manual 2015

Post by Pboyz97 »

HaykelAdityawarman wrote: Fri Nov 27, 2020 14:33
marama wrote: Fri Nov 27, 2020 2:42 Kalau saya pribadi dari kondisi karpet kanan driver sdh bs curiga ini odonya bukan 70.000an pasti diatas ini hehehe
Btul om kalau nama PT saya biasanya ubek2 googling dl ini PT apa kl ternyata ini rental ya saya coret dari daftar hunting saya, yang diwaspadai ex rental di keluarga toyota biasaya (avanza E dan G, innova bensin G, vios E/G, Altis J, camry G apalagi warna hitam dan silver), bukannya ex rental jelek ya tapi kalau buat pemakai user mobil 2nd enak dpt yg seger karena buat dipakai sendiri. Indikasi lain biasanya dari faktur ya karena banyak yg sdh dibalik nama BPKB ganti buku tapi faktur g ada alasan ilang atau keselip padahal mgkn karena fakturnya nama PT (tgn pertamanya)
, nice sharing om
Ga kepikiran sebelumnya buat google nama PT nya klo ambil mobil a/n PT. Nice info, om.

Buat TS juga, thanks for sharing.
sm2 om. memang perlu buat googling bidang usaha PT nya apa kalo mau ambil mobil atas nama PT, minimal ada gambaran lah tentang kondisi mobil walaupun gak bisa disamaratakan dan tergantung perawatan dan kondisi fisik setelah liat langsung mobilnya hehehe
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
User avatar
michaelgiri93
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1055
Joined: Sat Sep 03, 2016 13:25
Daily Vehicle: Galant + Mx King

Re: The Journey and Owning Experience of All New Avanza G Manual 2015

Post by michaelgiri93 »

Thanks buat sharingnya Om
Sekarang memang susah sih kalo kaya gitu
Kalau saya jg ketika lihat karpetnya sudah curiga kalo km di atas 78k
Soalnya dulu pernah punya mobil karpet bulu gitu pas km 75 rb ausnya belum separah itu
Oh iya kalau karet pedal rem dan kopling beberapa mobil bisa di ganti Om
Yg saya tau mitsubishi karetnya bisa d ganti dan harganya relatif murah
Gampang banget juga gantinya, yang ori harganya di bawah 100rb
Sekarang sudah dapet gantinya ana 2015nya om?
'98 new galant st black -5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
User avatar
Jambangan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2726
Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 2013 Honda Vario 125

Re: The Journey and Owning Experience of All New Avanza G Manual 2015

Post by Jambangan »

Sebenernya kalo mobil kondisi oke ga ada masalah gapapa jg sebenernya odo diputer
Ini ane pake rush 2011 pas beli tahun 2019 odo 89rb KM
Agak ga percaya mobil kyk avanza rush gini odo rendah
Tapi dipake masih enak ya udah no complaint hehe..
doge
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 750
Joined: Mon Jan 18, 2016 14:54

Re: The Journey and Owning Experience of All New Avanza G Manual 2015

Post by doge »

emg beli mobkas itu udh g sebrp guna liat odo.. bs diputer

apalagi kls mobil operasional kyk avxen

tp at least rawatan beres sih.. jd g bakal busuk bgt
:ngacir:
syafimsa
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 289
Joined: Sat May 02, 2015 18:58

Re: The Journey and Owning Experience of All New Avanza G Manual 2015

Post by syafimsa »

pengalaman dan pelajaran yg berharga dr membeli mobil bekas, semoga kedepannya lebih njelimet buat cek semua sektor..

ntah kalo saya jadi anda akan saya keep mobil itu dan akan saya pelajari semua sektor perawatan mobil dr A sampe Z, apalagi ini avanza..

dulu waktu awal kuliah saya disuru ortu cari mobil supaya ga ganggu mobil nyokap buat wara wiri.. skip skip akhirnya memutuskan ngambil jazz gd3 vtec 2007 di pertengahan 2012, saya cuma tergiur body mulus km rendah (ntah di puter ato kaga) dan bodonya ga saya lakuin test drive saat itu maen deal aja :big_weee:

tapi dr mobil itu saya belajar buanyak bgt soal mobil.. karena sama dgn om pboyz97, trakhir ortu beli mobkas itu thn 99 sehingga step2 yg kudu dilakuin saat cek mobkas kaga detail dan strict...

dari koil mati, extra fan mati, matic gredeg, sampe kaki2 mobil dan nama parts2 nya apa aja dan fungsinya saya tau dari piara itu jazz dan saya benerin semua di spesialis (budget mahasiswa).. skrg jadi pengalaman tersendiri aja dan tingkat worry sama mobil jd berkurang aja..
[2AR-FE] [L15B7] [2ZR-FE] [R18Z1] [L15A7]
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4585
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: The Journey and Owning Experience of All New Avanza G Manual 2015

Post by Pboyz97 »

michaelgiri93 wrote: Sat Nov 28, 2020 1:42 Thanks buat sharingnya Om
Sekarang memang susah sih kalo kaya gitu
Kalau saya jg ketika lihat karpetnya sudah curiga kalo km di atas 78k
Soalnya dulu pernah punya mobil karpet bulu gitu pas km 75 rb ausnya belum separah itu
Oh iya kalau karet pedal rem dan kopling beberapa mobil bisa di ganti Om
Yg saya tau mitsubishi karetnya bisa d ganti dan harganya relatif murah
Gampang banget juga gantinya, yang ori harganya di bawah 100rb
Sekarang sudah dapet gantinya ana 2015nya om?
sama2 om, bener , apalagi penjual udah pada pinter2 jaman sekarang walaupun gak semua begitu. oalah , baru tau saya, cuma org awam mungkin mikirnya sering kena alas kaki kali ya wkwkwk. '

bener sih, pedal memang agak murah, cuma buat sebagian org, agak susah dan resikonya gede, jadi mending ngubah yg keliatan mata aja kaya setir, dootrim, jok, seatbelt , shiftknob dan komponen exterior menurut saya hehehe

sudah dapet om, sekarang saya pake GNA G MT 2017

Jambangan wrote: Sat Nov 28, 2020 2:15 Sebenernya kalo mobil kondisi oke ga ada masalah gapapa jg sebenernya odo diputer
Ini ane pake rush 2011 pas beli tahun 2019 odo 89rb KM
Agak ga percaya mobil kyk avanza rush gini odo rendah
Tapi dipake masih enak ya udah no complaint hehe..
iya om, cuma gak nyaman aja bawa mobil odo puteran, apalagi kalo mau dijual lagi. kaya ada rasa bersalah aja gitu jual barang jelek ke orang lain wkwkwk. wajar lah 9 tahun 89rb km. bener om, agak susah kalo nyari avanza rush odo rendah, apalagi di jakarta, nama pt, apalagi pt nya rental, pasti dipake tiap hari mobil itu wkwkwk, kalo nama pribadi masih bisa lah walaupun kemungkinannya sama2 kecil, mengingat avanza sm rush rata2 dipake jadi workhorse ownernya

iya om, surprisingly dipake masih enak dan servisnya rutin + penggantian partnya selalu di beres dan teratur, jadi murni odo puteran aja minusnya
doge wrote: Sat Nov 28, 2020 2:29 emg beli mobkas itu udh g sebrp guna liat odo.. bs diputer

apalagi kls mobil operasional kyk avxen

tp at least rawatan beres sih.. jd g bakal busuk bgt
Memang. yang penting kondisi fisik, perawatan , dan surat2. km udah gapenting lg buat saya, yg penting kondisi fisik oke, surat2 lengkap, service recordnya jelas . itu sudah cukup buat saya untuk menentukan apakah sebuah mobekas itu layak beli atau tidak.

setuju banget om. nyari yg servis recordnya akur aja sm odometer di MID udah sukur, apalagi di jkt, dimana avxen banyak dipake taksol, pt , dan rental which is jalan terus tiap hari dan perawatannya gak nentu (ada yg ala kadarnya, ada jg yg terawat dengan baik karena selalu ke beres)

iya om, saya cukup beruntung disisi lain , karena mobil ini murni rawatan beres, dan servisnya selalu rutin + tepat waktu . blm lg semua bagian vital seperti kaki2 dan komponen mesin sudah diremajakan semua oleh owner sblmnya di beres , jadi pembelinya tinggal pakai saja

syafimsa wrote: Sat Nov 28, 2020 9:37 pengalaman dan pelajaran yg berharga dr membeli mobil bekas, semoga kedepannya lebih njelimet buat cek semua sektor..

ntah kalo saya jadi anda akan saya keep mobil itu dan akan saya pelajari semua sektor perawatan mobil dr A sampe Z, apalagi ini avanza..

dulu waktu awal kuliah saya disuru ortu cari mobil supaya ga ganggu mobil nyokap buat wara wiri.. skip skip akhirnya memutuskan ngambil jazz gd3 vtec 2007 di pertengahan 2012, saya cuma tergiur body mulus km rendah (ntah di puter ato kaga) dan bodonya ga saya lakuin test drive saat itu maen deal aja :big_weee:

tapi dr mobil itu saya belajar buanyak bgt soal mobil.. karena sama dgn om pboyz97, trakhir ortu beli mobkas itu thn 99 sehingga step2 yg kudu dilakuin saat cek mobkas kaga detail dan strict...

dari koil mati, extra fan mati, matic gredeg, sampe kaki2 mobil dan nama parts2 nya apa aja dan fungsinya saya tau dari piara itu jazz dan saya benerin semua di spesialis (budget mahasiswa).. skrg jadi pengalaman tersendiri aja dan tingkat worry sama mobil jd berkurang aja..
iya om, jadi pelajaran yg berharga buat saya dalam membeli mobekas agar lebih teliti dan jeli lg

wkwkwk, saya jg maunya keep mobil itu minimal sampe 3 bulan kedepan biar tau perawatannya secara keseluruhan dan seluk beluk mobil ini lebih detail lagi, cuma apadaya karena permintaan bapak saya dan kebetulan kalah sm penawaran yg lumayan oke akhirnya dilepas aja. untungnya sekarang dapet pengganti yg lebih baik, GNA G MT 2017 km 77 rb asli service record toyota , yg akan saya buat juga reviewnya disini hehehe

waduhh, persis kaya saya ini, ortu saya gapernah beli mobil bekas sama sekali dari dulu sampe sekarang, dan saat ini baru mau nyobain beli mobekas eh malah kena apes :big_slap: , walaupun saya udah cek semua dan sempet test drive juga (ini jg bikin saya percaya karena kaki2 gaada bunyi dan naikkan masih enak + mesin halus) tapi tetep aja miss karena gak cek service record dan bawa pulang walaupun minus buku servis karena percaya aja sm impresi test drive yg positif , bodi mulus dan km agak rendah buat ukuran avanza berumur 5tahun

wah banyak juga ya problemnya, sekarang masih ada om gd3 nya? hehehe. kalo saya untungnya gaada masalah berarti, cuma ganti karpet driver sm ganti oli aja. dan gd3 tahun segitu emg suka rawan maticnya denger2 kalo rawatnya asal2an + kaki2nya jg rawan khas honda tahun lama (kebetulan pernah pelihara GE8 2009 selama 9 tahun , CRV RD 2005 selama 5,5 tahun dan CRV RE 2010 selama 8 tahun)
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: The Journey and Owning Experience of All New Avanza G Manual 2015

Post by kunaskun »

Pboyz97 wrote: Sat Nov 28, 2020 17:46
Memang. yang penting kondisi fisik, perawatan , dan surat2. km udah gapenting lg buat saya, yg penting kondisi fisik oke, surat2 lengkap, service recordnya jelas . itu sudah cukup buat saya untuk menentukan apakah sebuah mobekas itu layak beli atau tidak.

setuju banget om. nyari yg servis recordnya akur aja sm odometer di MID udah sukur, apalagi di jkt, dimana avxen banyak dipake taksol, pt , dan rental which is jalan terus tiap hari dan perawatannya gak nentu (ada yg ala kadarnya, ada jg yg terawat dengan baik karena selalu ke beres)

iya om, saya cukup beruntung disisi lain , karena mobil ini murni rawatan beres, dan servisnya selalu rutin + tepat waktu . blm lg semua bagian vital seperti kaki2 dan komponen mesin sudah diremajakan semua oleh owner sblmnya di beres , jadi pembelinya tinggal pakai saja

iya om, jadi pelajaran yg berharga buat saya dalam membeli mobekas agar lebih teliti dan jeli lg

wkwkwk, saya jg maunya keep mobil itu minimal sampe 3 bulan kedepan biar tau perawatannya secara keseluruhan dan seluk beluk mobil ini lebih detail lagi, cuma apadaya karena permintaan bapak saya dan kebetulan kalah sm penawaran yg lumayan oke akhirnya dilepas aja. untungnya sekarang dapet pengganti yg lebih baik, GNA G MT 2017 km 77 rb asli service record toyota , yg akan saya buat juga reviewnya disini hehehe

waduhh, persis kaya saya ini, ortu saya gapernah beli mobil bekas sama sekali dari dulu sampe sekarang, dan saat ini baru mau nyobain beli mobekas eh malah kena apes :big_slap: , walaupun saya udah cek semua dan sempet test drive juga (ini jg bikin saya percaya karena kaki2 gaada bunyi dan naikkan masih enak + mesin halus) tapi tetep aja miss karena gak cek service record dan bawa pulang walaupun minus buku servis karena percaya aja sm impresi test drive yg positif , bodi mulus dan km agak rendah buat ukuran avanza berumur 5tahun
jadi teringat kata kenalan pedege kecil2an. pedege mobkas cari mobil itu bukan mekanikal, tapi body :big_biglaugh: pedege ngeliat mobkas low km ga terlalu peduli karena bisa dikadalin, tapi body mulus itu susah.
semua part mobil itu bisa dituker2 kecuali body.
karena itu mendingan extra effort cek body daripada mesin karena mau rembes oli dikit juga di minyak tanah bersih dan ga langsung rembes lagi (kecuali parah).
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4585
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: The Journey and Owning Experience of All New Avanza G Manual 2015

Post by Pboyz97 »

kunaskun wrote: Sun Nov 29, 2020 13:39
jadi teringat kata kenalan pedege kecil2an. pedege mobkas cari mobil itu bukan mekanikal, tapi body :big_biglaugh: pedege ngeliat mobkas low km ga terlalu peduli karena bisa dikadalin, tapi body mulus itu susah.
semua part mobil itu bisa dituker2 kecuali body.
karena itu mendingan extra effort cek body daripada mesin karena mau rembes oli dikit juga di minyak tanah bersih dan ga langsung rembes lagi (kecuali parah).
setuju om, karena mayoritas pembeli lebih suka dengan body yg mulus karena mereka berpikir kalau body mulus, pasti interior , mesin, dan kaki2nya itu sehat dan terawat, walaupun pada realitanya gak semudah itu hehehe. km memang bisa dikadalin, apalagi digital which is lebih mudah ngakalinnya dibanding analog denger2 dan lebih gak keliatan bekas akal2annya kalo digital di speedo. dan part mobil memang bisa dituker2, seperti lampu2, bemper, wiper, printilan interior kek setir, dasbor, shiftknob, dootrim, seatbelt, jok , dll + komponen mesin dan kaki2 juga hehehe, kecuali body mobil itu sendiri

memang om, mending extra effort cek body, karena agak susah bedain body yg mulus asli dan yg sudah pernah cat ulang atau dempul + sasis yg masih asli dan lempeng atau udh pernah direpair, sedangkan kalo mesin , misalkan rembes pun masih bisa dibetulin, apalagi mobil mainstream, bengkel spesialis banyak yg bisa benerin, partnya banyak dan biayanya murah hehehe

selain dikasih minyak tanah, juga bisa diakalin pake daun pisang denger2. kalo mesinnya kasar, sehingga sepintas gak keliatan kasar hehehe
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
User avatar
michaelgiri93
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1055
Joined: Sat Sep 03, 2016 13:25
Daily Vehicle: Galant + Mx King

Re: The Journey and Owning Experience of All New Avanza G Manual 2015

Post by michaelgiri93 »

Pboyz97 wrote: Sat Nov 28, 2020 17:46
sama2 om, bener , apalagi penjual udah pada pinter2 jaman sekarang walaupun gak semua begitu. oalah , baru tau saya, cuma org awam mungkin mikirnya sering kena alas kaki kali ya wkwkwk. '

bener sih, pedal memang agak murah, cuma buat sebagian org, agak susah dan resikonya gede, jadi mending ngubah yg keliatan mata aja kaya setir, dootrim, jok, seatbelt , shiftknob dan komponen exterior menurut saya hehehe

sudah dapet om, sekarang saya pake GNA G MT 2017
Hmmm iya masuk akal sih Om
Wkwkwk
Oh syukurlah om kl sudah dapet gantinya
Semoga sama yang ini lebih cocok.
'98 new galant st black -5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4585
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: The Journey and Owning Experience of All New Avanza G Manual 2015

Post by Pboyz97 »

michaelgiri93 wrote: Tue Dec 01, 2020 10:29
Pboyz97 wrote: Sat Nov 28, 2020 17:46
sama2 om, bener , apalagi penjual udah pada pinter2 jaman sekarang walaupun gak semua begitu. oalah , baru tau saya, cuma org awam mungkin mikirnya sering kena alas kaki kali ya wkwkwk. '

bener sih, pedal memang agak murah, cuma buat sebagian org, agak susah dan resikonya gede, jadi mending ngubah yg keliatan mata aja kaya setir, dootrim, jok, seatbelt , shiftknob dan komponen exterior menurut saya hehehe

sudah dapet om, sekarang saya pake GNA G MT 2017
Hmmm iya masuk akal sih Om
Wkwkwk
Oh syukurlah om kl sudah dapet gantinya
Semoga sama yang ini lebih cocok.
amin, makasih om, untungnya penggantinya lebih baik dibanding ANA saya dulu terutama dibagian interior dan service recordnya walaupun minus atep penyok hehehe
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: The Journey and Owning Experience of All New Avanza G Manual 2015

Post by kunaskun »

Pboyz97 wrote: Mon Nov 30, 2020 13:58 setuju om, karena mayoritas pembeli lebih suka dengan body yg mulus karena mereka berpikir kalau body mulus, pasti interior , mesin, dan kaki2nya itu sehat dan terawat, walaupun pada realitanya gak semudah itu hehehe. km memang bisa dikadalin, apalagi digital which is lebih mudah ngakalinnya dibanding analog denger2 dan lebih gak keliatan bekas akal2annya kalo digital di speedo. dan part mobil memang bisa dituker2, seperti lampu2, bemper, wiper, printilan interior kek setir, dasbor, shiftknob, dootrim, seatbelt, jok , dll + komponen mesin dan kaki2 juga hehehe, kecuali body mobil itu sendiri

memang om, mending extra effort cek body, karena agak susah bedain body yg mulus asli dan yg sudah pernah cat ulang atau dempul + sasis yg masih asli dan lempeng atau udh pernah direpair, sedangkan kalo mesin , misalkan rembes pun masih bisa dibetulin, apalagi mobil mainstream, bengkel spesialis banyak yg bisa benerin, partnya banyak dan biayanya murah hehehe

selain dikasih minyak tanah, juga bisa diakalin pake daun pisang denger2. kalo mesinnya kasar, sehingga sepintas gak keliatan kasar hehehe
iya, semua bisa dituker kecuali body. malah kalau mobil tua tapi masih laku kaya avanza, kijang, innova, dicat aja sebody sama itu pedege :big_biglaugh: modal 5 jutaan uda bagus katanya :big_think:

mesin kalau kasar kalau zaman dulu katanya pake buah pisang bukan daun, tapi entah d bener apa ngga, kalau mekanik si biasanya pake oli mesran 50w single grade dari drum atau oli mesin diesel paling murah. :big_biglaugh:

yang saya penasaran itu kalau pedege dicek pake seperti otospector bisa lolos ga ya dari kilikan odometer, repaint, tuker2 part gitu ya? :big_smoking:
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4585
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: The Journey and Owning Experience of All New Avanza G Manual 2015

Post by Pboyz97 »

kunaskun wrote: Wed Dec 02, 2020 6:33

iya, semua bisa dituker kecuali body. malah kalau mobil tua tapi masih laku kaya avanza, kijang, innova, dicat aja sebody sama itu pedege :big_biglaugh: modal 5 jutaan uda bagus katanya :big_think:

mesin kalau kasar kalau zaman dulu katanya pake buah pisang bukan daun, tapi entah d bener apa ngga, kalau mekanik si biasanya pake oli mesran 50w single grade dari drum atau oli mesin diesel paling murah. :big_biglaugh:

yang saya penasaran itu kalau pedege dicek pake seperti otospector bisa lolos ga ya dari kilikan odometer, repaint, tuker2 part gitu ya? :big_smoking:
memang om, paling gampang emg repaint 1 body dan ganti printilan kek stoplamp , bemper dll sm yg baru wkwkwk, jadi keliatan muluss sehingga calon pembeli tertarik. kalo 5jtan, kayanya emg udah dapet yg lumayan bagus denger2 repaintnya, cuma kalo soal awet berapa lamanya saya kurang tau

soal mesin emg dipakein mesran om atau oli drum,yg paling murah , dan memang masih halus hasilnya wkwkwk (saya pernah lakuin ini, yaitu kasih oli drum ke avanza 2015 saya dulu sblm dijual dan hasilnya surprisngly masih halus mesinnya, gajauh beda sm avanza2 lain yg ada dijalanan pada umumnya :big_biglaugh: ). avanza , kijang, innova mah mau dikasih oli murah sekalipun mesinnya tetep halus dan tokcer kok hehehe karena memang pada dasarnya diciptakan buat jadi mobil yg badak dan tahan banting :big_biglaugh:

tergantung otospectornya, saya gak bisa komen soal ini. kalo repaint, kayanya mereka bisa detek, tinggal ketok bodi, apakah ada yg beda sendiri atau tidak atau pake alat, cek ketebalan catnya , kalau lebih tebal dari standar mereka berarti sudah pernah repaint.

kalo soal kilikan odometer, harusnya bisa ya. dengan cara liat pedal, karena bagian itu yg menggambarkan kondisi mobil yg sebenarnya, karena printilan interior kek jok dll bisa diganti, tapi pedal sulit diganti atau diakalin. kalo ada mobil yg km rendah tapi pedalnya udh aus atau gajauh beda sm mobil lain tahun sama tapi km nya lebih tinggi patut dipertanyakan keaslian km nya , apalagi buku servis sm gantungan oli udh hilang entah kemana :big_biglaugh:

dan soal tuker2 part, kayanya gabisa om. otospector liatnya dari part yg nempel di mobil saat dijual, mereka jg gak kerajinan nanya apakah part2 terutama inteiror sudah dituker atau blm karena mereka melihat berdasarkan yg keliatan mata aja . kalo emg part2nya terutama interior mulus ata bagus ya mereka akan bilang bagus walaupun itu sebenernya sudah diganti atau dituker2 menurut saya kalo emg udah aus dan jelek ya mereka akan bilang jelek walaupun blm dituker2 wkwkwk, karena menurut pengamatan mereka seperti itu dan udh ada prosedur tersendiri menurut saya (karena kebetulan pas jual ANA 2015 G MT saya, si buyer menyewa otospector untuk cek mobil saya sblm dibeli oleh beliau dan si otospector menyatakan kalau kondisi mobil saya oke, karena bodi mulus, gak bekas tabrak dan banjir, interior full ori, mesin halus, cat masih ori semua, ac dingin, kaki2 senyap, interior jg overall masih bagus, tanpa memperhatikan kalau setir dan pedal saya tidak sinkron dengan km di MID + blm lg buku servis udh lenyap entah kemana :big_biglaugh: dan baru tau mobilnya sudah diputar km nya 2x lipat saat saya kasih tau dan beberkan bukti history service dari apps A2K dari awal beli - terakhir service, dan untungnya si buyer menerima dan terjadilah transaksi penjualan pada hari itu
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: The Journey and Owning Experience of All New Avanza G Manual 2015

Post by kunaskun »

Pboyz97 wrote: Thu Dec 03, 2020 10:44
soal mesin emg dipakein mesran om atau oli drum,yg paling murah , dan memang masih halus hasilnya wkwkwk (saya pernah lakuin ini, yaitu kasih oli drum ke avanza 2015 saya dulu sblm dijual dan hasilnya surprisngly masih halus mesinnya, gajauh beda sm avanza2 lain yg ada dijalanan pada umumnya :big_biglaugh: ). avanza , kijang, innova mah mau dikasih oli murah sekalipun mesinnya tetep halus dan tokcer kok hehehe karena memang pada dasarnya diciptakan buat jadi mobil yg badak dan tahan banting :big_biglaugh:
:big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
tergantung otospectornya, saya gak bisa komen soal ini. kalo repaint, kayanya mereka bisa detek, tinggal ketok bodi, apakah ada yg beda sendiri atau tidak atau pake alat, cek ketebalan catnya , kalau lebih tebal dari standar mereka berarti sudah pernah repaint.

kalo soal kilikan odometer, harusnya bisa ya. dengan cara liat pedal, karena bagian itu yg menggambarkan kondisi mobil yg sebenarnya, karena printilan interior kek jok dll bisa diganti, tapi pedal sulit diganti atau diakalin. kalo ada mobil yg km rendah tapi pedalnya udh aus atau gajauh beda sm mobil lain tahun sama tapi km nya lebih tinggi patut dipertanyakan keaslian km nya , apalagi buku servis sm gantungan oli udh hilang entah kemana :big_biglaugh:
konon pedege sampe ada yg bela2in tuker2in itu pedal2, entah gimana caranya, kalau pedal gas dan rem kayanya si bisa ya, tapi kopling mungkin ga bisa ya.
dan soal tuker2 part, kayanya gabisa om. otospector liatnya dari part yg nempel di mobil saat dijual, mereka jg gak kerajinan nanya apakah part2 terutama inteiror sudah dituker atau blm karena mereka melihat berdasarkan yg keliatan mata aja . kalo emg part2nya terutama interior mulus ata bagus ya mereka akan bilang bagus walaupun itu sebenernya sudah diganti atau dituker2 menurut saya kalo emg udah aus dan jelek ya mereka akan bilang jelek walaupun blm dituker2 wkwkwk, karena menurut pengamatan mereka seperti itu dan udh ada prosedur tersendiri menurut saya (karena kebetulan pas jual ANA 2015 G MT saya, si buyer menyewa otospector untuk cek mobil saya sblm dibeli oleh beliau dan si otospector menyatakan kalau kondisi mobil saya oke, karena bodi mulus, gak bekas tabrak dan banjir, interior full ori, mesin halus, cat masih ori semua, ac dingin, kaki2 senyap, interior jg overall masih bagus, tanpa memperhatikan kalau setir dan pedal saya tidak sinkron dengan km di MID + blm lg buku servis udh lenyap entah kemana :big_biglaugh: dan baru tau mobilnya sudah diputar km nya 2x lipat saat saya kasih tau dan beberkan bukti history service dari apps A2K dari awal beli - terakhir service, dan untungnya si buyer menerima dan terjadilah transaksi penjualan pada hari itu
:big_slap: :big_slap: :big_slap:
jadi sebetulnya kalau waktu dijual tidak jujur bisa jadi barang antik ya karena bahkan otospector aja lolos :big_peace:
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: The Journey and Owning Experience of All New Avanza G Manual 2015

Post by maastricht889 »

kunaskun wrote: Thu Dec 03, 2020 11:06
Pboyz97 wrote: Thu Dec 03, 2020 10:44
soal mesin emg dipakein mesran om atau oli drum,yg paling murah , dan memang masih halus hasilnya wkwkwk (saya pernah lakuin ini, yaitu kasih oli drum ke avanza 2015 saya dulu sblm dijual dan hasilnya surprisngly masih halus mesinnya, gajauh beda sm avanza2 lain yg ada dijalanan pada umumnya :big_biglaugh: ). avanza , kijang, innova mah mau dikasih oli murah sekalipun mesinnya tetep halus dan tokcer kok hehehe karena memang pada dasarnya diciptakan buat jadi mobil yg badak dan tahan banting :big_biglaugh:
:big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
tergantung otospectornya, saya gak bisa komen soal ini. kalo repaint, kayanya mereka bisa detek, tinggal ketok bodi, apakah ada yg beda sendiri atau tidak atau pake alat, cek ketebalan catnya , kalau lebih tebal dari standar mereka berarti sudah pernah repaint.

kalo soal kilikan odometer, harusnya bisa ya. dengan cara liat pedal, karena bagian itu yg menggambarkan kondisi mobil yg sebenarnya, karena printilan interior kek jok dll bisa diganti, tapi pedal sulit diganti atau diakalin. kalo ada mobil yg km rendah tapi pedalnya udh aus atau gajauh beda sm mobil lain tahun sama tapi km nya lebih tinggi patut dipertanyakan keaslian km nya , apalagi buku servis sm gantungan oli udh hilang entah kemana :big_biglaugh:
konon pedege sampe ada yg bela2in tuker2in itu pedal2, entah gimana caranya, kalau pedal gas dan rem kayanya si bisa ya, tapi kopling mungkin ga bisa ya.
dan soal tuker2 part, kayanya gabisa om. otospector liatnya dari part yg nempel di mobil saat dijual, mereka jg gak kerajinan nanya apakah part2 terutama inteiror sudah dituker atau blm karena mereka melihat berdasarkan yg keliatan mata aja . kalo emg part2nya terutama interior mulus ata bagus ya mereka akan bilang bagus walaupun itu sebenernya sudah diganti atau dituker2 menurut saya kalo emg udah aus dan jelek ya mereka akan bilang jelek walaupun blm dituker2 wkwkwk, karena menurut pengamatan mereka seperti itu dan udh ada prosedur tersendiri menurut saya (karena kebetulan pas jual ANA 2015 G MT saya, si buyer menyewa otospector untuk cek mobil saya sblm dibeli oleh beliau dan si otospector menyatakan kalau kondisi mobil saya oke, karena bodi mulus, gak bekas tabrak dan banjir, interior full ori, mesin halus, cat masih ori semua, ac dingin, kaki2 senyap, interior jg overall masih bagus, tanpa memperhatikan kalau setir dan pedal saya tidak sinkron dengan km di MID + blm lg buku servis udh lenyap entah kemana :big_biglaugh: dan baru tau mobilnya sudah diputar km nya 2x lipat saat saya kasih tau dan beberkan bukti history service dari apps A2K dari awal beli - terakhir service, dan untungnya si buyer menerima dan terjadilah transaksi penjualan pada hari itu
:big_slap: :big_slap: :big_slap:
jadi sebetulnya kalau waktu dijual tidak jujur bisa jadi barang antik ya karena bahkan otospector aja lolos :big_peace:
Indikator pertama plg penting ya cek pedal sih om yg sejauh ini berhasil, baru sinkronin ama stir. Habis itu cek lg ada buku servis apa kagak, kl buku servisnya nguap ya tinggal aja :big_biglaugh:

Saya tuh heran, pernah liat video utub orang cari avansa S grey 2010an di jkt tnp cek babibu lsg ambil. Padahal th segitu km br 90rb, daleman bs mulus saya agak aneh. Krn jok supirnya aja terkesan baru dan tetep diambil, sulapannya terhebat ini :big_biglaugh:

Otospector ya yg pernah sy tanyain dulu sih di thread otospector om, ragu2 saya juga kl kaya ANA ini bs lewat checkingnya