Owning Experience : 2 Weeks With HRV 1.5 E CVT 2018 PFL

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: F 272, b8099ok, ginting, FRD, artoodetoo, y_anjasrana

User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4321
Joined: 05 Jun 2014, 20:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Owning Experience : 2 Weeks With HRV 1.5 E CVT 2018 PFL

Post by sintoni »

Pboyz97 wrote: 12 Jan 2021, 09:41
Dakar 2014 om. Haha.
Carbro
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 121
Joined: 18 Apr 2018, 21:05
Location: Jakarta

Re: Owning Experience : 2 Weeks With HRV 1.5 E CVT 2018 PFL

Post by Carbro »

Mantap nih 2018 prefl baru 19rb km
itu ganti link stablizier sama bearing emang udah mulai ada gejala bunyi atau emang preventif aja biar lebih peace of mind pakainya?

Saya juga pemakai hrv prefl tahun 2018 sekarang km udah 50rb lebih dikit , sofar belum pernah ganti kaki-kaki sihh
ini mobil buat dalam kota emang enak
Cars more than just a tools to some :big_smoking:
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3020
Joined: 09 Oct 2016, 22:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: CX5 Elite 2018

Re: Owning Experience : 2 Weeks With HRV 1.5 E CVT 2018 PFL

Post by Pboyz97 »

sintoni wrote: 12 Jan 2021, 10:06

Dakar 2014 om. Haha.
ohh dakar 2014, termasuk suv yg cukup enak disetir dijamannya dan tenaganya jg gede buat ukuran ladder frame hehehe, berarti yg last fl ya dakarnya
Carbro wrote: 12 Jan 2021, 11:58 Mantap nih 2018 prefl baru 19rb km
itu ganti link stablizier sama bearing emang udah mulai ada gejala bunyi atau emang preventif aja biar lebih peace of mind pakainya?

Saya juga pemakai hrv prefl tahun 2018 sekarang km udah 50rb lebih dikit , sofar belum pernah ganti kaki-kaki sihh
ini mobil buat dalam kota emang enak
iya om , saya beli seken pas odonya masih 19rban kecil hehehe

kalo bearing emg udh bunyi om pas seminggu setelah beli , makanya sm bapak saya dibawa ke bengkel spesialis kaki2 langganan dia, tapi link stabilizer sebenernya masih blm kena, cuma pas dibongkar udh ada gejala bakal oblak , jadi biar lebih peace of mind diganti aja semua link stabilizer dan bearingnya

wah, om termasuk yg beruntung dapat hrv yg normal, punya saya baru 20rb 3 tahun udh kena bearing sm link stabilizernya , semoga part lain kaya driveshaft , rack steering, lower arm, shock dan balljoint baik2 aja deh, secara hrv punya kelemahan dibagian2 itu which is kurang awet :big_slap: . punya om tipe apa memangnya? mobil ini memang enak buat dalkot karena irit, dimensi gak terlalu gede, fun to drive, handling oke, nyaman, lega dan practical walaupun beli baik baru maupun seken untung2nya terutama dalam durability kaki2nya
Past:
1NZFE 4AT / L15A 5AT / K24Z1 5AT / 2.0 Skyactiv 6AT / 4A91 4AT / 2NRFE CVT / K3VE 5MT / 1NRVE 5MT

Now:
2.5 SKYACTIV - G 6AT (for sale) / 1.5 VTEC Turbo CVT / L15Z1 CVT / 8AR-FTS 6AT
Carbro
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 121
Joined: 18 Apr 2018, 21:05
Location: Jakarta

Re: Owning Experience : 2 Weeks With HRV 1.5 E CVT 2018 PFL

Post by Carbro »

Pboyz97 wrote: 12 Jan 2021, 13:25
ohh dakar 2014, termasuk suv yg cukup enak disetir dijamannya dan tenaganya jg gede buat ukuran ladder frame hehehe, berarti yg last fl ya dakarnya


iya om , saya beli seken pas odonya masih 19rban kecil hehehe

kalo bearing emg udh bunyi om pas seminggu setelah beli , makanya sm bapak saya dibawa ke bengkel spesialis kaki2 langganan dia, tapi link stabilizer sebenernya masih blm kena, cuma pas dibongkar udh ada gejala bakal oblak , jadi biar lebih peace of mind diganti aja semua link stabilizer dan bearingnya

wah, om termasuk yg beruntung dapat hrv yg normal, punya saya baru 20rb 3 tahun udh kena bearing sm link stabilizernya , semoga part lain kaya driveshaft , rack steering, lower arm, shock dan balljoint baik2 aja deh, secara hrv punya kelemahan dibagian2 itu which is kurang awet :big_slap: . punya om tipe apa memangnya? mobil ini memang enak buat dalkot karena irit, dimensi gak terlalu gede, fun to drive, handling oke, nyaman, lega dan practical walaupun beli baik baru maupun seken untung2nya terutama dalam durability kaki2nya
Punya saya Sama kayak punya om tipe E 2018 Prefacelift juga , hitam juga :mky_02:
iya mungkin termasuk yang beruntung juga soalnya kaki-kaki aman semua , racksteer ga ada bunyi , bearing ama link stabilizer sofar sih gak ada masalah , paling ban dunlop bawaan aja yang udah mulai tipis jadi agak berisik

ketar ketir juga udah mau lewat masa warranty 3 tahun , banyak temen2 yang lewat 3 tahun udah ga cover warranty baru keluar penyakitnya :big_childish: :big_childish:
Cars more than just a tools to some :big_smoking:
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3020
Joined: 09 Oct 2016, 22:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: CX5 Elite 2018

Re: Owning Experience : 2 Weeks With HRV 1.5 E CVT 2018 PFL

Post by Pboyz97 »

Carbro wrote: 12 Jan 2021, 13:40

Punya saya Sama kayak punya om tipe E 2018 Prefacelift juga , hitam juga :mky_02:
iya mungkin termasuk yang beruntung juga soalnya kaki-kaki aman semua , racksteer ga ada bunyi , bearing ama link stabilizer sofar sih gak ada masalah , paling ban dunlop bawaan aja yang udah mulai tipis jadi agak berisik

ketar ketir juga udah mau lewat masa warranty 3 tahun , banyak temen2 yang lewat 3 tahun udah ga cover warranty baru keluar penyakitnya :big_childish: :big_childish:
wah, hebat itu udh tembus 50rb tapi semua masih aman, diforum sebelah sm dimari banyak tuh kejadian umur 3-4 tahun dan km baru 30-45rb udh pada kena kaki2nya sm rattling. kalo udh mau warranty habis, klaim aja semua om, apalagi masih bisa ganti free, minimal jadi worry free buat 1-2 tahun kedepan. tapi kalo om suka ubek ubek spesialis, mending servis di spesialis aja, kaki2nya termasuk banyak kok partnya di spesialis dan selisih harganya jg lumayan dibanding beres. kalo ga om beli aja part kaki2 yg om mau ganti di beres, terus pasang sendiri diluar, jadi lebih hemat biaya minimal ongkos jasanya hehehe

penyakit itu sifatnya random om, ada yg baru 1 tahun udh kena, ada yg 2 tahun udh kena, 3 tahun baru kena bahkan ada yg sampe 5 tahun lebih awet2 aja. beli mobil ini tu kaya lotre, hoki2an, kalo dapet yg bagus ya bagus dan awet bgt, tapi kalo dapet yg jelek amit2 apes ya siap2 aja keluar duit buat perbaikkan bagian kaki2 sm rattling dan hal ini bisa terjadi kalo beli dalam kondisi baru atau seken. cuma diluar durability, mobil ini merupakan mobil yg almost perfect dikelasnya seaindainya kualitas interior, road noise, dan durability dibagian kaki2nya bisa diperbaiki dan ditingkatkan lagi kualitasnya
Past:
1NZFE 4AT / L15A 5AT / K24Z1 5AT / 2.0 Skyactiv 6AT / 4A91 4AT / 2NRFE CVT / K3VE 5MT / 1NRVE 5MT

Now:
2.5 SKYACTIV - G 6AT (for sale) / 1.5 VTEC Turbo CVT / L15Z1 CVT / 8AR-FTS 6AT
User avatar
Suryaputra
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2915
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: L15Z1

Re: Owning Experience : 2 Weeks With HRV 1.5 E CVT 2018 PFL

Post by Suryaputra »

Pboyz97 wrote: 13 Jan 2021, 12:53
Carbro wrote: 12 Jan 2021, 13:40

Punya saya Sama kayak punya om tipe E 2018 Prefacelift juga , hitam juga :mky_02:
iya mungkin termasuk yang beruntung juga soalnya kaki-kaki aman semua , racksteer ga ada bunyi , bearing ama link stabilizer sofar sih gak ada masalah , paling ban dunlop bawaan aja yang udah mulai tipis jadi agak berisik

ketar ketir juga udah mau lewat masa warranty 3 tahun , banyak temen2 yang lewat 3 tahun udah ga cover warranty baru keluar penyakitnya :big_childish: :big_childish:
wah, hebat itu udh tembus 50rb tapi semua masih aman, diforum sebelah sm dimari banyak tuh kejadian umur 3-4 tahun dan km baru 30-45rb udh pada kena kaki2nya sm rattling. kalo udh mau warranty habis, klaim aja semua om, apalagi masih bisa ganti free, minimal jadi worry free buat 1-2 tahun kedepan. tapi kalo om suka ubek ubek spesialis, mending servis di spesialis aja, kaki2nya termasuk banyak kok partnya di spesialis dan selisih harganya jg lumayan dibanding beres. kalo ga om beli aja part kaki2 yg om mau ganti di beres, terus pasang sendiri diluar, jadi lebih hemat biaya minimal ongkos jasanya hehehe

penyakit itu sifatnya random om, ada yg baru 1 tahun udh kena, ada yg 2 tahun udh kena, 3 tahun baru kena bahkan ada yg sampe 5 tahun lebih awet2 aja. beli mobil ini tu kaya lotre, hoki2an, kalo dapet yg bagus ya bagus dan awet bgt, tapi kalo dapet yg jelek amit2 apes ya siap2 aja keluar duit buat perbaikkan bagian kaki2 sm rattling dan hal ini bisa terjadi kalo beli dalam kondisi baru atau seken. cuma diluar durability, mobil ini merupakan mobil yg almost perfect dikelasnya seaindainya kualitas interior, road noise, dan durability dibagian kaki2nya bisa diperbaiki dan ditingkatkan lagi kualitasnya
klo sy perhatikan.. dr bbrp merk miara mbl 1.5L merk jepang fwd monokok, even toyota dgn ASS dan reputasi tersohor... penyakitnya itu adalah rattling + kaki gludug2 + road noise..

*mbl 1.5L merk mazda dan mitsu sy blm pernah miara

tapi jarang sekali sampai electrical fault, atau sampai mesin gak bisa On dan gak bisa jalan :big_biglaugh:
https://aturkuliner.id/ - Hemat dari Puluhan Juta Hingga Milyaran Rupiah, untuk Pebisnis Kuliner
https://mentorkuliner.com/ - Membangun Masa Depan Bisnis Kuliner yang berkelanjutan
Carbro
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 121
Joined: 18 Apr 2018, 21:05
Location: Jakarta

Re: Owning Experience : 2 Weeks With HRV 1.5 E CVT 2018 PFL

Post by Carbro »

om pboys itu bengkelnya daerah cipinang bukan ya?

Partsnya beli di bengkel atau online?
Cars more than just a tools to some :big_smoking:
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3020
Joined: 09 Oct 2016, 22:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: CX5 Elite 2018

Re: Owning Experience : 2 Weeks With HRV 1.5 E CVT 2018 PFL

Post by Pboyz97 »

Carbro wrote: 14 Jan 2021, 18:05 om pboys itu bengkelnya daerah cipinang bukan ya?

Partsnya beli di bengkel atau online?
iya di daerah cipinang, partsnya beli di toko parts rekanan mereka, bukan online, karena mereka udh ada supplier sendiri , jadi mereka gak nyetok parts yg kita mau ,cuma kita bisa pesen dan langsung diambilin partsnya dari toko spareparts rekanan mereka hari itu juga kalo kita order. jadi sistemnya mereka itu mayoritas lebih ke jasa. misalkan kita beli parts sendiri diluar terus numpang masang disana boleh atau kalo mau sekalian order parts ke mereka dan sekalian masang disana juga boleh, jadi lebih kearah jasa bengkelnya om menurut saya

Suryaputra wrote: 14 Jan 2021, 15:47

klo sy perhatikan.. dr bbrp merk miara mbl 1.5L merk jepang fwd monokok, even toyota dgn ASS dan reputasi tersohor... penyakitnya itu adalah rattling + kaki gludug2 + road noise..

*mbl 1.5L merk mazda dan mitsu sy blm pernah miara

tapi jarang sekali sampai electrical fault, atau sampai mesin gak bisa On dan gak bisa jalan :big_biglaugh:
iya om, cuma mobil ini termasuk paling ringkih kaki2 dan roadnoisenya menurut saya, karena baru 2 tahun sudah kena , sedangkan merek jepang lain setau saya setelah 4-6 tahun bahkan sampe tahun ke 7 baru kena itu penyakit rattling kaki2 dan gludug2 + road noise mobil ini termasuk yg paling jelek dibanding mobil2 yg pernah saya pelihara

sebagai gambaran saja, sblm ini, saya pernah pake hatchback 1.5 L merek T dan selama pemakaian gak ada rattling, kaki2 gludug dan road noisenya lebih baik daripada HRV ini walaupun driving feel, peforma dan tarikan mesinnya kalah jauh dari HRV ini

dan saya juga pernah melihara MPV 1.5 L merek mitsu selama 2,5 tahun sblm ini, selama make jg blm ada gejala rattling , kaki2 gludug dan road noise jg lebih baik, cuma kalah di kelas nya yg LMPV, rem gak sepakem ini feelnya, tarikan bawah bengek dan bantingan suspensi yg lebih keras dibanding HRV ini + tahun ke 2 udh kena idle up dan AC udh gak dingin padahal km nya baru 20 rb wkwkwk sedangkan di HRV ini AC nya masih fine2 aja padahal udh 3 tahun umurnya dan blm ada gejala bakal kena wkwk, minusnya mobil ini cuma 3 kok menurut saya. interior quality, durability kaki2 dan road noise hehehe

kalo mazda, merek yg durable kok, lebih awet daripada honda malah. saya pernah punya suv mazda tahun 2013 pelihara sampe 2019 di km 150rb masih solid, no rattle, no gluduk, sedangkan suv h tegak tahun 2010 saya dulu pelihara sampe 2019 jg km 125rb udh gak karuan kaki2, rack steeringnya , ac jg udh gak dingin + kuilit joknya udh pada ngelupas semua . dan sekarang saya pelihara suv merek mazda tahun 2018 pemakaian 2019 awal dan suv h tegak yg berturbo tahun 2019 pemakaian juli. yg mazda masih oke2 aja no rattle, sedangkan yg h tegak udh ada gejala rattling dan geter dibagian dasbor + doortrim sebelah kiri depan + rem EPB nya juga bunyi "ngikk" kalo dipencet , padahal pemakaiannya lebih cape si suv mazda dibanding suv h tegak ini, mazda saya km nya 32rb sedangkan suv honda berturbo itu km nya baru 18rb dengan pemakaian yg sama2 2019 wkwk

hrv ini jg saya pilih karena gaada mobil lain yg se all rounder ini dikelasnya dan rv nya bertahan karena saya orgnya bosenan :big_biglaugh:

kalo electrical fault emg jarang om, karena mobil jepang elektrikalnya lebih simpel dan teknologi mesinnya jg lebih simpel jadinya potensi electrical faultnya jg lebih kecil menurut saya
Past:
1NZFE 4AT / L15A 5AT / K24Z1 5AT / 2.0 Skyactiv 6AT / 4A91 4AT / 2NRFE CVT / K3VE 5MT / 1NRVE 5MT

Now:
2.5 SKYACTIV - G 6AT (for sale) / 1.5 VTEC Turbo CVT / L15Z1 CVT / 8AR-FTS 6AT
User avatar
Suryaputra
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2915
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: L15Z1

Re: Owning Experience : 2 Weeks With HRV 1.5 E CVT 2018 PFL

Post by Suryaputra »

Pboyz97 wrote: 15 Jan 2021, 10:08
Carbro wrote: 14 Jan 2021, 18:05 om pboys itu bengkelnya daerah cipinang bukan ya?

Partsnya beli di bengkel atau online?
iya di daerah cipinang, partsnya beli di toko parts rekanan mereka, bukan online, karena mereka udh ada supplier sendiri , jadi mereka gak nyetok parts yg kita mau ,cuma kita bisa pesen dan langsung diambilin partsnya dari toko spareparts rekanan mereka hari itu juga kalo kita order. jadi sistemnya mereka itu mayoritas lebih ke jasa. misalkan kita beli parts sendiri diluar terus numpang masang disana boleh atau kalo mau sekalian order parts ke mereka dan sekalian masang disana juga boleh, jadi lebih kearah jasa bengkelnya om menurut saya

Suryaputra wrote: 14 Jan 2021, 15:47

klo sy perhatikan.. dr bbrp merk miara mbl 1.5L merk jepang fwd monokok, even toyota dgn ASS dan reputasi tersohor... penyakitnya itu adalah rattling + kaki gludug2 + road noise..

*mbl 1.5L merk mazda dan mitsu sy blm pernah miara

tapi jarang sekali sampai electrical fault, atau sampai mesin gak bisa On dan gak bisa jalan :big_biglaugh:
iya om, cuma mobil ini termasuk paling ringkih kaki2 dan roadnoisenya menurut saya, karena baru 2 tahun sudah kena , sedangkan merek jepang lain setau saya setelah 4-6 tahun bahkan sampe tahun ke 7 baru kena itu penyakit rattling kaki2 dan gludug2 + road noise mobil ini termasuk yg paling jelek dibanding mobil2 yg pernah saya pelihara

sebagai gambaran saja, sblm ini, saya pernah pake hatchback 1.5 L merek T dan selama pemakaian gak ada rattling, kaki2 gludug dan road noisenya lebih baik daripada HRV ini walaupun driving feel, peforma dan tarikan mesinnya kalah jauh dari HRV ini

dan saya juga pernah melihara MPV 1.5 L merek mitsu selama 2,5 tahun sblm ini, selama make jg blm ada gejala rattling , kaki2 gludug dan road noise jg lebih baik, cuma kalah di kelas nya yg LMPV, rem gak sepakem ini feelnya, tarikan bawah bengek dan bantingan suspensi yg lebih keras dibanding HRV ini + tahun ke 2 udh kena idle up dan AC udh gak dingin padahal km nya baru 20 rb wkwkwk sedangkan di HRV ini AC nya masih fine2 aja padahal udh 3 tahun umurnya dan blm ada gejala bakal kena wkwk, minusnya mobil ini cuma 3 kok menurut saya. interior quality, durability kaki2 dan road noise hehehe

kalo mazda, merek yg durable kok, lebih awet daripada honda malah. saya pernah punya suv mazda tahun 2013 pelihara sampe 2019 di km 150rb masih solid, no rattle, no gluduk, sedangkan suv h tegak tahun 2010 saya dulu pelihara sampe 2019 jg km 125rb udh gak karuan kaki2, rack steeringnya , ac jg udh gak dingin + kuilit joknya udh pada ngelupas semua . dan sekarang saya pelihara suv merek mazda tahun 2018 pemakaian 2019 awal dan suv h tegak yg berturbo tahun 2019 pemakaian juli. yg mazda masih oke2 aja no rattle, sedangkan yg h tegak udh ada gejala rattling dan geter dibagian dasbor + doortrim sebelah kiri depan + rem EPB nya juga bunyi "ngikk" kalo dipencet , padahal pemakaiannya lebih cape si suv mazda dibanding suv h tegak ini, mazda saya km nya 32rb sedangkan suv honda berturbo itu km nya baru 18rb dengan pemakaian yg sama2 2019 wkwk

hrv ini jg saya pilih karena gaada mobil lain yg se all rounder ini dikelasnya dan rv nya bertahan karena saya orgnya bosenan :big_biglaugh:

kalo electrical fault emg jarang om, karena mobil jepang elektrikalnya lebih simpel dan teknologi mesinnya jg lebih simpel jadinya potensi electrical faultnya jg lebih kecil menurut saya
iya betul om,
klo urutan kaki2 plg badak sampai plg lemah, sesama monokok fwd kelas 1500cc yah,

1. Toyota (yaris bakpao)
2. Honda (jazzgd3, lio, brio)
3. Suzuki (suip cbu gen 1, baleno & next g)

tp overall setelah berumur th ke 4 dst, even toyota yg plg kuat pun udh muncul gludug2.
honda rack steer nya lbh lemah dibanding toyota punya.
paling parah sih suzuki :upss:

namun honda, plus nya punya driving experience terbaik di banding 2 merk tsb di atas.
toyota plus nya kaki2 lbh kuat aja.
Tapi ttp msh jauh klo dibanding avanza dan sasis truck berbqlut mpv macam ipah :big_biglaugh:
https://aturkuliner.id/ - Hemat dari Puluhan Juta Hingga Milyaran Rupiah, untuk Pebisnis Kuliner
https://mentorkuliner.com/ - Membangun Masa Depan Bisnis Kuliner yang berkelanjutan
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 11044
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Owning Experience : 2 Weeks With HRV 1.5 E CVT 2018 PFL

Post by ChZ »

Suryaputra wrote: 15 Jan 2021, 10:15
iya betul om,
klo urutan kaki2 plg badak sampai plg lemah, sesama monokok fwd kelas 1500cc yah,

1. Toyota (yaris bakpao)
2. Honda (jazzgd3, lio, brio)
3. Suzuki (suip cbu gen 1, baleno & next g)

tp overall setelah berumur th ke 4 dst, even toyota yg plg kuat pun udh muncul gludug2.
honda rack steer nya lbh lemah dibanding toyota punya.
paling parah sih suzuki :upss:

namun honda, plus nya punya driving experience terbaik di banding 2 merk tsb di atas.
toyota plus nya kaki2 lbh kuat aja.
Tapi ttp msh jauh klo dibanding avanza dan sasis truck berbqlut mpv macam ipah :big_biglaugh:
susuki? ntu suip ckd lebih parah, dl ertiga lama jg klo udah ngomong odometer lewat 30k dah suara ngik ngik shock belakang mulai...

susuki cenggo sese cuma SX4 yang lumayan kuat itupun racksteernya gampang bgt kena.

yang lebih parah dari susuki ada batu makam :big_biglaugh: :upss:
2011 Toyota XU30 / 2016 XP170
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1
2019 Mitsubishi NC1W

https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
User avatar
Suryaputra
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2915
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: L15Z1

Re: Owning Experience : 2 Weeks With HRV 1.5 E CVT 2018 PFL

Post by Suryaputra »

iya suzuki ber EPS, rack steernya lemah betul emang.

batu makam?
makin terkenal dan org penasaran nyoba klo dibahas terus :big_biglaugh: :big_biglaugh:
https://aturkuliner.id/ - Hemat dari Puluhan Juta Hingga Milyaran Rupiah, untuk Pebisnis Kuliner
https://mentorkuliner.com/ - Membangun Masa Depan Bisnis Kuliner yang berkelanjutan
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7687
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Owning Experience : 2 Weeks With HRV 1.5 E CVT 2018 PFL

Post by Omnibus »

mobil kl rutin lewat jalan jelek/bergelombang wajib tembak vet (grease) sana sini. hrs secara periodik dilakukan krn bisa habis. vet itu fungsinya nahan benturan metal to metal di komponen suspensi n steering. dan tidak semua vet diciptakan sama. yg jelek muncrat sementara yg bagus protects.

lihat demonya disini baru ngerti kenapa suspensi suka klotokan kl udah lewat odo tertentu. ya harus diregrease dan don't be too cheap beli grease yg bagus sekalian.


User avatar
Suryaputra
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2915
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: L15Z1

Re: Owning Experience : 2 Weeks With HRV 1.5 E CVT 2018 PFL

Post by Suryaputra »

Omnibus wrote: 15 Jan 2021, 13:23 mobil kl rutin lewat jalan jelek/bergelombang wajib tembak vet (grease) sana sini. hrs secara periodik dilakukan krn bisa habis. vet itu fungsinya nahan benturan metal to metal di komponen suspensi n steering. dan tidak semua vet diciptakan sama. yg jelek muncrat sementara yg bagus protects.

lihat demonya disini baru ngerti kenapa suspensi suka klotokan kl udah lewat odo tertentu. ya harus diregrease dan don't be too cheap beli grease yg bagus sekalian.


suaranya lbh kenyal dan empuk :big_love:
https://aturkuliner.id/ - Hemat dari Puluhan Juta Hingga Milyaran Rupiah, untuk Pebisnis Kuliner
https://mentorkuliner.com/ - Membangun Masa Depan Bisnis Kuliner yang berkelanjutan
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7687
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Owning Experience : 2 Weeks With HRV 1.5 E CVT 2018 PFL

Post by Omnibus »

Suryaputra wrote: 15 Jan 2021, 14:35
Omnibus wrote: 15 Jan 2021, 13:23 mobil kl rutin lewat jalan jelek/bergelombang wajib tembak vet (grease) sana sini. hrs secara periodik dilakukan krn bisa habis. vet itu fungsinya nahan benturan metal to metal di komponen suspensi n steering. dan tidak semua vet diciptakan sama. yg jelek muncrat sementara yg bagus protects.

lihat demonya disini baru ngerti kenapa suspensi suka klotokan kl udah lewat odo tertentu. ya harus diregrease dan don't be too cheap beli grease yg bagus sekalian.


suaranya lbh kenyal dan empuk :big_love:
odong2 juga jadi berasa kaya naik maybach ya .... :big_biglaugh: :big_biglaugh:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 11044
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Owning Experience : 2 Weeks With HRV 1.5 E CVT 2018 PFL

Post by ChZ »

Suryaputra wrote: 15 Jan 2021, 11:46 iya suzuki ber EPS, rack steernya lemah betul emang.

batu makam?
makin terkenal dan org penasaran nyoba klo dibahas terus :big_biglaugh: :big_biglaugh:
klo udah miara bermacam macam mobil sehh udah ngerti kenapa si anu mahal kopong si anu murah bisa fiturnya banyak... abis dipake tahunan baru keliatan bagian mana yang dikompromikan... :upss:

ahon jg ngga lewat sehh dari kompromi ini, haerpi fiturnya ngga malu maluin trmasuk komplit tapi komprominya di bagian lain :ungg:

ada harga ada barang :upss:
Omnibus wrote: 15 Jan 2021, 13:23 mobil kl rutin lewat jalan jelek/bergelombang wajib tembak vet (grease) sana sini. hrs secara periodik dilakukan krn bisa habis. vet itu fungsinya nahan benturan metal to metal di komponen suspensi n steering. dan tidak semua vet diciptakan sama. yg jelek muncrat sementara yg bagus protects.

lihat demonya disini baru ngerti kenapa suspensi suka klotokan kl udah lewat odo tertentu. ya harus diregrease dan don't be too cheap beli grease yg bagus sekalian.
nahh pantes waktu haerpi ane overhaul kaki kaki depan selain udah ngga klutuk klutuk lagi jg jadi brasa senyap bener kaya mobil baru... emang ditembakin vet ama bengkelnya sehh.

jd makin ga mikir jual kalo begini :big_biglaugh:
2011 Toyota XU30 / 2016 XP170
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1
2019 Mitsubishi NC1W

https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3020
Joined: 09 Oct 2016, 22:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: CX5 Elite 2018

Re: Owning Experience : 2 Weeks With HRV 1.5 E CVT 2018 PFL

Post by Pboyz97 »

Suryaputra wrote: 15 Jan 2021, 10:15
iya betul om,
klo urutan kaki2 plg badak sampai plg lemah, sesama monokok fwd kelas 1500cc yah,

1. Toyota (yaris bakpao)
2. Honda (jazzgd3, lio, brio)
3. Suzuki (suip cbu gen 1, baleno & next g)

tp overall setelah berumur th ke 4 dst, even toyota yg plg kuat pun udh muncul gludug2.
honda rack steer nya lbh lemah dibanding toyota punya.
paling parah sih suzuki :upss:

namun honda, plus nya punya driving experience terbaik di banding 2 merk tsb di atas.
toyota plus nya kaki2 lbh kuat aja.
Tapi ttp msh jauh klo dibanding avanza dan sasis truck berbqlut mpv macam ipah :big_biglaugh:
memang. honda punya plus di driving experience, peforma dan handling yg paling oke dibanding toyota dan suzuki. sedangkan, suzuki pun punya nilai plus yaitu fitur , value for money, kenyamanan dan bantingan suspensi yg empuk dibanding T dan H tegak hehehe

toyota selain kaki2 lebih kuat, partsnya murah dan mudah sehingga biaya perawatannya paling terjangkau dibanding 2 merek tersebut diatas

avanza ipah mah memang mobilnya org indonesia. sudah dedesain untuk memenuhi kebutuhan mayoritas org indo yg suka bawa org banyak, pengen mobil yg lega, gc tinggi, part murah dan badak sama dijual lagi gak rugi banyak, which is avanza dan ipah memenuhi semua kriteria tersebut makanya laku wkkwkw
Past:
1NZFE 4AT / L15A 5AT / K24Z1 5AT / 2.0 Skyactiv 6AT / 4A91 4AT / 2NRFE CVT / K3VE 5MT / 1NRVE 5MT

Now:
2.5 SKYACTIV - G 6AT (for sale) / 1.5 VTEC Turbo CVT / L15Z1 CVT / 8AR-FTS 6AT
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3020
Joined: 09 Oct 2016, 22:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: CX5 Elite 2018

Re: Owning Experience : 2 Weeks With HRV 1.5 E CVT 2018 PFL

Post by Pboyz97 »

ChZ wrote: 15 Jan 2021, 11:08
Suryaputra wrote: 15 Jan 2021, 10:15
iya betul om,
klo urutan kaki2 plg badak sampai plg lemah, sesama monokok fwd kelas 1500cc yah,

1. Toyota (yaris bakpao)
2. Honda (jazzgd3, lio, brio)
3. Suzuki (suip cbu gen 1, baleno & next g)

tp overall setelah berumur th ke 4 dst, even toyota yg plg kuat pun udh muncul gludug2.
honda rack steer nya lbh lemah dibanding toyota punya.
paling parah sih suzuki :upss:

namun honda, plus nya punya driving experience terbaik di banding 2 merk tsb di atas.
toyota plus nya kaki2 lbh kuat aja.
Tapi ttp msh jauh klo dibanding avanza dan sasis truck berbqlut mpv macam ipah :big_biglaugh:
susuki? ntu suip ckd lebih parah, dl ertiga lama jg klo udah ngomong odometer lewat 30k dah suara ngik ngik shock belakang mulai...

susuki cenggo sese cuma SX4 yang lumayan kuat itupun racksteernya gampang bgt kena.

yang lebih parah dari susuki ada batu makam :big_biglaugh: :upss:
wkwkwk batu makam. kasihan itu merek sekarang, atpmnya terkenal gajelas dan gak konsisten serta gak bisa memaintain pasar Indonesia dengan baik. kalo kata temen gw yg udh sering bgt pelihara batu makam si, pelihara itu mobil mending dipeliahra ampe tua karena kalo dijual rv nya bakal drop abis wkwk. kalo ga minimal kudu punya koneksi ke spesialisnya atau komunitas ,kalo ga siap2 aja keluar biaya banyak wkwkwk, secara kualitas beresnya disini gak merata, yg bagus bgt ada , yg jelek bgt jg ada wkwk, walaupun plusnya ada di kenyamanan dan bantingan suspensi si, tapi tetep aja ASS dan konsistensi ATPMnya perlu dibenahi lagi menurut gw
Last edited by Pboyz97 on 15 Jan 2021, 23:05, edited 1 time in total.
Past:
1NZFE 4AT / L15A 5AT / K24Z1 5AT / 2.0 Skyactiv 6AT / 4A91 4AT / 2NRFE CVT / K3VE 5MT / 1NRVE 5MT

Now:
2.5 SKYACTIV - G 6AT (for sale) / 1.5 VTEC Turbo CVT / L15Z1 CVT / 8AR-FTS 6AT
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3020
Joined: 09 Oct 2016, 22:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: CX5 Elite 2018

Re: Owning Experience : 2 Weeks With HRV 1.5 E CVT 2018 PFL

Post by Pboyz97 »

Suryaputra wrote: 15 Jan 2021, 11:46 iya suzuki ber EPS, rack steernya lemah betul emang.

batu makam?
makin terkenal dan org penasaran nyoba klo dibahas terus :big_biglaugh: :big_biglaugh:
kalo katanya temen saya yg udh gonta ganti batu makam beberapa kali si, melihara itu mobil kudu punya koneksi ke spesialis atau komunitasnya dan pakailah mobil itu sampe tua. wkwkwk. karena kalo dijual bakal drop abis harganya walaupun mobilnya terkenal nyaman dan empuk si bantingan suspensinya
Past:
1NZFE 4AT / L15A 5AT / K24Z1 5AT / 2.0 Skyactiv 6AT / 4A91 4AT / 2NRFE CVT / K3VE 5MT / 1NRVE 5MT

Now:
2.5 SKYACTIV - G 6AT (for sale) / 1.5 VTEC Turbo CVT / L15Z1 CVT / 8AR-FTS 6AT
User avatar
Suryaputra
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2915
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: L15Z1

Re: Owning Experience : 2 Weeks With HRV 1.5 E CVT 2018 PFL

Post by Suryaputra »

Pboyz97 wrote: 15 Jan 2021, 23:00
Suryaputra wrote: 15 Jan 2021, 10:15
iya betul om,
klo urutan kaki2 plg badak sampai plg lemah, sesama monokok fwd kelas 1500cc yah,

1. Toyota (yaris bakpao)
2. Honda (jazzgd3, lio, brio)
3. Suzuki (suip cbu gen 1, baleno & next g)

tp overall setelah berumur th ke 4 dst, even toyota yg plg kuat pun udh muncul gludug2.
honda rack steer nya lbh lemah dibanding toyota punya.
paling parah sih suzuki :upss:

namun honda, plus nya punya driving experience terbaik di banding 2 merk tsb di atas.
toyota plus nya kaki2 lbh kuat aja.
Tapi ttp msh jauh klo dibanding avanza dan sasis truck berbqlut mpv macam ipah :big_biglaugh:
memang. honda punya plus di driving experience, peforma dan handling yg paling oke dibanding toyota dan suzuki. sedangkan, suzuki pun punya nilai plus yaitu fitur , value for money, kenyamanan dan bantingan suspensi yg empuk dibanding T dan H tegak hehehe

toyota selain kaki2 lebih kuat, partsnya murah dan mudah sehingga biaya perawatannya paling terjangkau dibanding 2 merek tersebut diatas

avanza ipah mah memang mobilnya org indonesia. sudah dedesain untuk memenuhi kebutuhan mayoritas org indo yg suka bawa org banyak, pengen mobil yg lega, gc tinggi, part murah dan badak sama dijual lagi gak rugi banyak, which is avanza dan ipah memenuhi semua kriteria tersebut makanya laku wkkwkw
saya naik bbrp kali suzuki mpv sejuta umat nya kurang cocok & cenderung malah mual om.
too soft jd limbung dan geol2 blkg nya (ditambah konstruksi batang torsi)

yg agak Ok, city car nya emang.
soal value for money dgn fitur yg didapat jg suzi relatif lbh banyak.

jd bener memang you can't get it all.
mau kompromi yg mana? :big_biglaugh:

Jika ada rejeki lbh, bisa punya macam2 mobil, jd tinggal pilih dan pakai sesuai mood.. aamiin buat semuanya
https://aturkuliner.id/ - Hemat dari Puluhan Juta Hingga Milyaran Rupiah, untuk Pebisnis Kuliner
https://mentorkuliner.com/ - Membangun Masa Depan Bisnis Kuliner yang berkelanjutan
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3020
Joined: 09 Oct 2016, 22:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: CX5 Elite 2018

Re: Owning Experience : 2 Weeks With HRV 1.5 E CVT 2018 PFL

Post by Pboyz97 »

Suryaputra wrote: 15 Jan 2021, 23:32
saya naik bbrp kali suzuki mpv sejuta umat nya kurang cocok & cenderung malah mual om.
too soft jd limbung dan geol2 blkg nya (ditambah konstruksi batang torsi)

yg agak Ok, city car nya emang.
soal value for money dgn fitur yg didapat jg suzi relatif lbh banyak.

jd bener memang you can't get it all.
mau kompromi yg mana? :big_biglaugh:

Jika ada rejeki lbh, bisa punya macam2 mobil, jd tinggal pilih dan pakai sesuai mood.. aamiin buat semuanya
balik lg ke masalah selera om, saya beberapa kali naik itu mpv sejuta umatnya suzuki punya temen dan pernah 2x punya avxen jg dan mpv sejuta umatnya mitsu jaman now selama 2,5 tahun dari 2018 ampe 2020 lalu , justru paling enak dan nyaman ya mpv sejuta umatnya suzuki ini menurut saya. entah knp avxen bantingannya masih keras, begitu juga dengan mpv sejuta umatnya mitsu tersebut


nah , balik lg ke premis awal. you can't get it all karena gaada mobil yg perfect, yg ada prioritas kita lebih ke yg mana, setelah itu carilah mobil yg menunjang atau yg terbaik dikelasnya soal bagian yg kita prioritaskan tersebut (kalo nyari kenyamanan, carilah mobil yg paling empuk dan nyaman dikelasnya atau kalo nyari fun to drive carilah mobil dengan peforma dan handling terbaik dikelasnya)


bener. saya sendiri juga 2x pake mobil dari kelas yg sama which is beda karakter, tahun 2013 lalu dan sekarang, yaitu dengan medium suv honda dan mazda wkwk, suv hondanya buat kalo lg pergi rame2, sedangkan kalo nyetir sendiri pake suv mazda itu
Past:
1NZFE 4AT / L15A 5AT / K24Z1 5AT / 2.0 Skyactiv 6AT / 4A91 4AT / 2NRFE CVT / K3VE 5MT / 1NRVE 5MT

Now:
2.5 SKYACTIV - G 6AT (for sale) / 1.5 VTEC Turbo CVT / L15Z1 CVT / 8AR-FTS 6AT
User avatar
Suryaputra
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2915
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: L15Z1

Re: Owning Experience : 2 Weeks With HRV 1.5 E CVT 2018 PFL

Post by Suryaputra »

Pboyz97 wrote: 15 Jan 2021, 23:55
Suryaputra wrote: 15 Jan 2021, 23:32
saya naik bbrp kali suzuki mpv sejuta umat nya kurang cocok & cenderung malah mual om.
too soft jd limbung dan geol2 blkg nya (ditambah konstruksi batang torsi)

yg agak Ok, city car nya emang.
soal value for money dgn fitur yg didapat jg suzi relatif lbh banyak.

jd bener memang you can't get it all.
mau kompromi yg mana? :big_biglaugh:

Jika ada rejeki lbh, bisa punya macam2 mobil, jd tinggal pilih dan pakai sesuai mood.. aamiin buat semuanya
balik lg ke masalah selera om, saya beberapa kali naik itu mpv sejuta umatnya suzuki punya temen dan pernah 2x punya avxen jg dan mpv sejuta umatnya mitsu jaman now selama 2,5 tahun dari 2018 ampe 2020 lalu , justru paling enak dan nyaman ya mpv sejuta umatnya suzuki ini menurut saya. entah knp avxen bantingannya masih keras, begitu juga dengan mpv sejuta umatnya mitsu tersebut


nah , balik lg ke premis awal. you can't get it all karena gaada mobil yg perfect, yg ada prioritas kita lebih ke yg mana, setelah itu carilah mobil yg menunjang atau yg terbaik dikelasnya soal bagian yg kita prioritaskan tersebut (kalo nyari kenyamanan, carilah mobil yg paling empuk dan nyaman dikelasnya atau kalo nyari fun to drive carilah mobil dengan peforma dan handling terbaik dikelasnya)


bener. saya sendiri juga 2x pake mobil dari kelas yg sama which is beda karakter, tahun 2013 lalu dan sekarang, yaitu dengan medium suv honda dan mazda wkwk, suv hondanya buat kalo lg pergi rame2, sedangkan kalo nyetir sendiri pake suv mazda itu
iya benar sesuaikan kebutuhan dan preferensi masing2.

suka
sikat
senang

hahhaha..
https://aturkuliner.id/ - Hemat dari Puluhan Juta Hingga Milyaran Rupiah, untuk Pebisnis Kuliner
https://mentorkuliner.com/ - Membangun Masa Depan Bisnis Kuliner yang berkelanjutan
User avatar
brintanizer
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 872
Joined: 09 Jul 2014, 15:21
Location: Surakarta
Daily Vehicle: Honda CRV

Re: Owning Experience : 2 Weeks With HRV 1.5 E CVT 2018 PFL

Post by brintanizer »

whats next after hrv . LoL
- apple, banana, & grape -
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2349
Joined: 13 Sep 2015, 10:08

Re: Owning Experience : 2 Weeks With HRV 1.5 E CVT 2018 PFL

Post by evanbngdor »

Sejelek2nya HRV tetep itu paket lengkap buat jd mobil harian sih.

Temen jg ada yg baru angkat HRV prestige 1.8 tahun 2016 harga 240 juta, sebelumnya dia pake W211. Alasan utama ganti ke HRV itu dimensi compact buat harian, nyaman masih dapet, tenaga OK, dan ngga nyusahin kayak W211 nya yg udah dipake selama 12 tahunan.
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
HaykelAdityawarman
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 164
Joined: 06 Mar 2019, 09:15
Location: Greater Jakarta
Daily Vehicle: 2015 Mitsubishi A03A 3A92 GLX MT

Re: Owning Experience : 2 Weeks With HRV 1.5 E CVT 2018 PFL

Post by HaykelAdityawarman »

Pboyz97 wrote: 15 Jan 2021, 23:55 -

nah , balik lg ke premis awal. you can't get it all karena gaada mobil yg perfect, yg ada prioritas kita lebih ke yg mana, setelah itu carilah mobil yg menunjang atau yg terbaik dikelasnya soal bagian yg kita prioritaskan tersebut (kalo nyari kenyamanan, carilah mobil yg paling empuk dan nyaman dikelasnya atau kalo nyari fun to drive carilah mobil dengan peforma dan handling terbaik dikelasnya)

-
Bener nih. Kadang ada orang yang bilang mobil yang dia punya itu perfect bisa mengakomodir semuanya. Menurut saya sih kemungkinan mobil orang tsb "nanggung" dalam segala aspek, gaada hal yang menonjol klo dibanding kompetitornya :D
Current: 2008 Mitsubishi CY4A 4B11 CVT

Others:
2020 2GD-FTV AT / 2019 PQ26-6C 1.2 TSI DSG / 2019 Kwid Climber AMT / 2013 GM2 L15A AT / 2003 E46 M54B25 AT
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3020
Joined: 09 Oct 2016, 22:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: CX5 Elite 2018

Re: Owning Experience : 2 Weeks With HRV 1.5 E CVT 2018 PFL

Post by Pboyz97 »

Suryaputra wrote: 17 Jan 2021, 14:35
iya benar sesuaikan kebutuhan dan preferensi masing2.

suka
sikat
senang

hahhaha..
betul, kalau ada duitnya mah, pilih mobil yg menurut kita suka dan sreg saja, dan kita mau menerima semua kelebihan dan kekurangannya hehehe
brintanizer wrote: 18 Jan 2021, 07:04 whats next after hrv . LoL
i don't know, maybe diesel cars like ANKI G Diesel AT 2016-2017 or go to japs sedan like XV50 2.5 V 2015-2016 FL or go straight to european cars like W204 if my parents allow me to buy european second cars, but right now maybe i will use it for 3 months later at least, because to be honest, blm ada gambaran buat mau mobil apa berikutnya setelah HRV ini
evanbngdor wrote: 18 Jan 2021, 08:43 Sejelek2nya HRV tetep itu paket lengkap buat jd mobil harian sih.

Temen jg ada yg baru angkat HRV prestige 1.8 tahun 2016 harga 240 juta, sebelumnya dia pake W211. Alasan utama ganti ke HRV itu dimensi compact buat harian, nyaman masih dapet, tenaga OK, dan ngga nyusahin kayak W211 nya yg udah dipake selama 12 tahunan.
iya om, walaupun durability kaki2nya agak parah menurut saya, karena kompak, irit bbm, lega, practical dan fun to drive . Wah agak jomplang ya dari W211 ke HRV. Cuma kalo gak nyusahin , saya kurang setuju ya, kalo dibanding W211 yg terkenal rewel SBC, airsus dan ECU panggangnya sih iya, cuma kalo dibilang gak nyusahin secara overall untuk ukuran mobil jepang sepertinya gak juga, karena masih ada merek T dan S yg menurut saya lebih durable dibanding H tegak ini wkwkkw. Cuma untuk ukuran fun to drive dan nyaman, honda masih cukup fun to drive dan nyaman sih menurut saya walaupun buat durability saya agak sangsi sm brand ini, karena seperti honda pada umumnya, kalo udh mau tahun ke 4 atau 5 harus siap2 keluar biaya untuk penggantian rack steering dan kaki2 which is jadi kelemahan utama mobil ini dari jaman dulu hingga kini (saya sudah pakai honda sejak 1997 sampai sekarang dan penyakitnya selalu sama, yaitu kaki2 dan racksteering wajib ganti tahun ke 4-5 dan km diatas 100rb wkwk) , which is kalah jauh soal durability dibanding T dan S menurut saya pribadi
HaykelAdityawarman wrote: 18 Jan 2021, 09:11

Bener nih. Kadang ada orang yang bilang mobil yang dia punya itu perfect bisa mengakomodir semuanya. Menurut saya sih kemungkinan mobil orang tsb "nanggung" dalam segala aspek, gaada hal yang menonjol klo dibanding kompetitornya :D
balik lg ke selera dan kebutuhan masing2 om hehehe, masalah bilang nanggung ya karena org tersebut merasa mobil tersebut "cukup" untuk alat transportasi dari 1 tempat ke tempat lain, tanpa ada aspek lain yg disebutkan seperti paling fun to drive, paling nyaman dll
Past:
1NZFE 4AT / L15A 5AT / K24Z1 5AT / 2.0 Skyactiv 6AT / 4A91 4AT / 2NRFE CVT / K3VE 5MT / 1NRVE 5MT

Now:
2.5 SKYACTIV - G 6AT (for sale) / 1.5 VTEC Turbo CVT / L15Z1 CVT / 8AR-FTS 6AT
Post Reply