Owning Experience : 2 Weeks With HRV 1.5 E CVT 2018 PFL

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: F 272, b8099ok, ginting, FRD, artoodetoo, y_anjasrana

erwinign
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3288
Joined: 19 Apr 2014, 10:45
Location: SRG

Re: Owning Experience : 2 Weeks With HRV 1.5 E CVT 2018 PFL

Post by erwinign »

ChZ wrote: 21 Jan 2021, 18:53
erwinign wrote: 21 Jan 2021, 17:55 Hahahaha tau kok ko sing dimaksud :big_biglaugh: sami mawon lah ya dibandingi bengkel2 lain soal oli transmisi, kudu diawasi terus

Pernah ngalami di yaris bakpao di t4 sama, jaman cuman model serah2an flush ATF dikasik shell spirax. Pdhl spirax cuman comply ke T4 (yaris ATF WS), untung masi bisa dipake sampe 40rb tp ndak enak blassss selama pake itu. Transmisi jd bingungan
Kadang yang bikin lebih secure ninggal mobil di beres itu ya kejadian salah spec gini lebih minim. Walaupun yahh spek barangnya mediocre dan pelayanannya juga begitulah.

Bengkel umum suka pukul rata dan ngga update montirnya. Smentara mobil makin taon makin pusing jenisnya tambah banyak harus ngapalin 1-1 speknya.

Yaaa udah disediain bukman sih buat tau spek... Tapi kan di +62 tau lah... tempat dimana bukman masih plastikan bs buat ningkatin harga jual... :ungg:
Ndak tentu ko, yg tak alamin di beres susuki semarang sama bandung soal ATF ya sami mawon di ertiga. Di semarang cuman ganti yg di karter itu salah spek pake 3317 jd dengung2 boyo. Pas di bandung flushing (oli bawa sendiri tapi dah comply ke AW1) ngobrol sama mandor mekanik soal spek ya cmn dijawab "penting udah dexron3"
Don't Judge The Book By It's Cover
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 11044
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Owning Experience : 2 Weeks With HRV 1.5 E CVT 2018 PFL

Post by ChZ »

erwinign wrote: 21 Jan 2021, 18:58
ChZ wrote: 21 Jan 2021, 18:53
erwinign wrote: 21 Jan 2021, 17:55 Hahahaha tau kok ko sing dimaksud :big_biglaugh: sami mawon lah ya dibandingi bengkel2 lain soal oli transmisi, kudu diawasi terus

Pernah ngalami di yaris bakpao di t4 sama, jaman cuman model serah2an flush ATF dikasik shell spirax. Pdhl spirax cuman comply ke T4 (yaris ATF WS), untung masi bisa dipake sampe 40rb tp ndak enak blassss selama pake itu. Transmisi jd bingungan
Kadang yang bikin lebih secure ninggal mobil di beres itu ya kejadian salah spec gini lebih minim. Walaupun yahh spek barangnya mediocre dan pelayanannya juga begitulah.

Bengkel umum suka pukul rata dan ngga update montirnya. Smentara mobil makin taon makin pusing jenisnya tambah banyak harus ngapalin 1-1 speknya.

Yaaa udah disediain bukman sih buat tau spek... Tapi kan di +62 tau lah... tempat dimana bukman masih plastikan bs buat ningkatin harga jual... :ungg:
Ndak tentu ko, yg tak alamin di beres susuki semarang sama bandung soal ATF ya sami mawon di ertiga. Di semarang cuman ganti yg di karter itu salah spek pake 3317 jd dengung2 boyo. Pas di bandung flushing (oli bawa sendiri tapi dah comply ke AW1) ngobrol sama mandor mekanik soal spek ya cmn dijawab "penting udah dexron3"
Nah kan yang kelasnya beres aja males bgt buka bukman cari tau spek atf/cvtf... :ungg:
2011 Toyota XU30 / 2016 XP170
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1
2019 Mitsubishi NC1W

https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2349
Joined: 13 Sep 2015, 10:08

Re: Owning Experience : 2 Weeks With HRV 1.5 E CVT 2018 PFL

Post by evanbngdor »

ChZ wrote: 21 Jan 2021, 19:37
erwinign wrote: 21 Jan 2021, 18:58
ChZ wrote: 21 Jan 2021, 18:53

Kadang yang bikin lebih secure ninggal mobil di beres itu ya kejadian salah spec gini lebih minim. Walaupun yahh spek barangnya mediocre dan pelayanannya juga begitulah.

Bengkel umum suka pukul rata dan ngga update montirnya. Smentara mobil makin taon makin pusing jenisnya tambah banyak harus ngapalin 1-1 speknya.

Yaaa udah disediain bukman sih buat tau spek... Tapi kan di +62 tau lah... tempat dimana bukman masih plastikan bs buat ningkatin harga jual... :ungg:
Ndak tentu ko, yg tak alamin di beres susuki semarang sama bandung soal ATF ya sami mawon di ertiga. Di semarang cuman ganti yg di karter itu salah spek pake 3317 jd dengung2 boyo. Pas di bandung flushing (oli bawa sendiri tapi dah comply ke AW1) ngobrol sama mandor mekanik soal spek ya cmn dijawab "penting udah dexron3"
Nah kan yang kelasnya beres aja males bgt buka bukman cari tau spek atf/cvtf... :ungg:
Kebiasaan orang lapangan di +62, selalu berpikir best practice nya aja. Apalagi kalo ngerasa sudah berpengalaman sekian tahun.

Saya jg beberapa kali ngetes kepala bengkel soal teknis umum seputar mobil, banyak yg ngga paham juga kok, padahal itu level nya petinggi di area situ
:mky_03:
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 11044
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Owning Experience : 2 Weeks With HRV 1.5 E CVT 2018 PFL

Post by ChZ »

evanbngdor wrote: 22 Jan 2021, 08:36
Kebiasaan orang lapangan di +62, selalu berpikir best practice nya aja. Apalagi kalo ngerasa sudah berpengalaman sekian tahun.

Saya jg beberapa kali ngetes kepala bengkel soal teknis umum seputar mobil, banyak yg ngga paham juga kok, padahal itu level nya petinggi di area situ
:mky_03:
yep

tabiat orang lapangan +62 itu suka pukul rata semua mobil. pdhl tiap merek dan model punya guideline servis beda-beda. tp ya ud pukul rata mobil tinggal liat manual apa metik, bensin apa diesel, keluaran taun sekian pasti teknologinya ini.

buka tutup bautnya sehh ga masalah (ini aja ngencenginnya asal kuat aj ga liat spek) tp barang yang dimasukin / dipasang sesuai spek ya bodo amat, oli dr kasta sudra ampe brahmana pokoknya viscosity segini ya pasti cocok. mobil x mintanya 5W-30 ya kasi aja gt 5W-30 ngasal, customer jg taunya grade viscosity khan rata-rata ngga pernah tau bedanya API grade dll.

inilah knp teknologi mesin kita ngga pernah move on dari 2 abad yang lalu...... mesin turbocharged dikasih perawatan model ngasal gini ya matek sudah.
2011 Toyota XU30 / 2016 XP170
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1
2019 Mitsubishi NC1W

https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
User avatar
epevert
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 190
Joined: 10 Dec 2010, 23:43

Re: Owning Experience : 2 Weeks With HRV 1.5 E CVT 2018 PFL

Post by epevert »

evanbngdor wrote:
ChZ wrote: 21 Jan 2021, 19:37
erwinign wrote: 21 Jan 2021, 18:58 Ndak tentu ko, yg tak alamin di beres susuki semarang sama bandung soal ATF ya sami mawon di ertiga. Di semarang cuman ganti yg di karter itu salah spek pake 3317 jd dengung2 boyo. Pas di bandung flushing (oli bawa sendiri tapi dah comply ke AW1) ngobrol sama mandor mekanik soal spek ya cmn dijawab "penting udah dexron3"
Nah kan yang kelasnya beres aja males bgt buka bukman cari tau spek atf/cvtf... :ungg:
Kebiasaan orang lapangan di +62, selalu berpikir best practice nya aja. Apalagi kalo ngerasa sudah berpengalaman sekian tahun.

Saya jg beberapa kali ngetes kepala bengkel soal teknis umum seputar mobil, banyak yg ngga paham juga kok, padahal itu level nya petinggi di area situ
:mky_03:
Kabeng sekarang sepertinya ga diutamain yg paham teknis banget om...diutamain yg bisa ningkatin omset bengkel....saya ada temen 2 orang kabeng beres atpm besar nyerah resign gara2 pressure naikin omset bengkelnya ampun2....akhirnya keluar buka bengkel sendiri.....
erwinign
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3288
Joined: 19 Apr 2014, 10:45
Location: SRG

Re: Owning Experience : 2 Weeks With HRV 1.5 E CVT 2018 PFL

Post by erwinign »

evanbngdor wrote: 22 Jan 2021, 08:36
ChZ wrote: 21 Jan 2021, 19:37
erwinign wrote: 21 Jan 2021, 18:58

Ndak tentu ko, yg tak alamin di beres susuki semarang sama bandung soal ATF ya sami mawon di ertiga. Di semarang cuman ganti yg di karter itu salah spek pake 3317 jd dengung2 boyo. Pas di bandung flushing (oli bawa sendiri tapi dah comply ke AW1) ngobrol sama mandor mekanik soal spek ya cmn dijawab "penting udah dexron3"
Nah kan yang kelasnya beres aja males bgt buka bukman cari tau spek atf/cvtf... :ungg:
Kebiasaan orang lapangan di +62, selalu berpikir best practice nya aja. Apalagi kalo ngerasa sudah berpengalaman sekian tahun.

Saya jg beberapa kali ngetes kepala bengkel soal teknis umum seputar mobil, banyak yg ngga paham juga kok, padahal itu level nya petinggi di area situ
:mky_03:
Masih gagal paham juga om terutama soal visco oli, kata mekanik yang konon udah pro kl udah umur sekian harus ke yang lebih kentel gara2 besi dalemannya mulai aus. Lha aus seberapa? Terus apalagi SA" ditanyain seputer oli ya jawabnya mutar muter A sampe Z pangkat 11 biar custnya ndomblong. Kapan mau maju kl kayak gitu terus, yg sy tangkep ya anggepan mereka semua spek mobil jepang pasaran kl let say spek ATF disamain kyk xenia-avansa ato calsig yg cuman butuh dexron3. Lha ambyar lah kl modelan ertiga/xpender diberi ATF spek asal penting jalan, tapi kdg memang ada mekanik/SA yg sedikit ngerti tentang spek yg bener itu saya udah happy banget
Don't Judge The Book By It's Cover
erwinign
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3288
Joined: 19 Apr 2014, 10:45
Location: SRG

Re: Owning Experience : 2 Weeks With HRV 1.5 E CVT 2018 PFL

Post by erwinign »

Suryaputra wrote: 21 Jan 2021, 18:10
erwinign wrote: 21 Jan 2021, 17:55
ChZ wrote: 21 Jan 2021, 16:50

Bengkel biasa

Tapi

Masih satu grup ama bengkel resminya :ungg:
Hahahaha tau kok ko sing dimaksud :big_biglaugh: sami mawon lah ya dibandingi bengkel2 lain soal oli transmisi, kudu diawasi terus

Pernah ngalami di yaris bakpao di t4 sama, jaman cuman model serah2an flush ATF dikasik shell spirax. Pdhl spirax cuman comply ke T4 (yaris ATF WS), untung masi bisa dipake sampe 40rb tp ndak enak blassss selama pake itu. Transmisi jd bingungan
oli / atf lbh kentel emang gak enak mbahh.

ATF WS toyota, ATF DW1 honda, itu visco lbh encerr dibanding generasi sblm nya.
Kl scr basic dr speknya aja dah beda ya ttp salah sih om, itu poinnya. Waktu saya salah spek ATF di karter ertiga, walaupun partial aja scr volume tapi kl dipake jalan udah boyo, dengung, habis itu kl mundur di ramp carport rumah aja gearbox ATF bunyi2 kasar kok. Bunyi spt mesin kasar.

Saya prinsipnya cuma spek ATF kudu comply itu yg utama, baru (mungkin) bisa bicara lbh kentel/lbh encer ATF mana yg sama2 comply ke spek ybs

Oli mesin lebih kentel buat saya masih acceptable om krn efeknya gak se fatal salah spek ATF (asumsi sama2 oli asli semua)
Don't Judge The Book By It's Cover
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 11044
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Owning Experience : 2 Weeks With HRV 1.5 E CVT 2018 PFL

Post by ChZ »

epevert wrote: 22 Jan 2021, 10:02 Kabeng sekarang sepertinya ga diutamain yg paham teknis banget om...diutamain yg bisa ningkatin omset bengkel....saya ada temen 2 orang kabeng beres atpm besar nyerah resign gara2 pressure naikin omset bengkelnya ampun2....akhirnya keluar buka bengkel sendiri.....
mirip dengan kenalan saya... hahahaha...

mgkn ini alasan juga knp ex orang beres senior suka buka bengkel sendiri akhirnya.

beres itu selalu urusannya target dan omset. ngga suka kerjain mobil kelamaan. makanya ya udah beres bisanya cm gitu gitu aja, ngerjain yang ringan-ringan.

bengkel luar mahh mobil nginep berbulan-bulan jg kadang bisa bikin pusing yang punya bengkel wkwkwkkww.
2011 Toyota XU30 / 2016 XP170
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1
2019 Mitsubishi NC1W

https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2349
Joined: 13 Sep 2015, 10:08

Re: Owning Experience : 2 Weeks With HRV 1.5 E CVT 2018 PFL

Post by evanbngdor »

erwinign wrote: 22 Jan 2021, 10:21
Masih gagal paham juga om terutama soal visco oli, kata mekanik yang konon udah pro kl udah umur sekian harus ke yang lebih kentel gara2 besi dalemannya mulai aus. Lha aus seberapa? Terus apalagi SA" ditanyain seputer oli ya jawabnya mutar muter A sampe Z pangkat 11 biar custnya ndomblong. Kapan mau maju kl kayak gitu terus, yg sy tangkep ya anggepan mereka semua spek mobil jepang pasaran kl let say spek ATF disamain kyk xenia-avansa ato calsig yg cuman butuh dexron3. Lha ambyar lah kl modelan ertiga/xpender diberi ATF spek asal penting jalan, tapi kdg memang ada mekanik/SA yg sedikit ngerti tentang spek yg bener itu saya udah happy banget
SA kan jobdesc utama nya adalah mengintepretasikan tulisan yang ada di buku servis ke konsumen dalam bentuk lisan, dan menyampaikan info dr mekanik ke konsumen ngga lebih dr itu. Kalo ada yg lebih dr itu ya berarti kemampuannya lumayan. Masalah viskositas oli jg bisa jd balik ke konsumennya, konsumen ditawarin oli lebih murah mau kok, malah seneng yaudah SA nawarin itu aja
:mky_03:
ChZ wrote: 22 Jan 2021, 09:20 tabiat orang lapangan +62 itu suka pukul rata semua mobil. pdhl tiap merek dan model punya guideline servis beda-beda. tp ya ud pukul rata mobil tinggal liat manual apa metik, bensin apa diesel, keluaran taun sekian pasti teknologinya ini.

buka tutup bautnya sehh ga masalah (ini aja ngencenginnya asal kuat aj ga liat spek) tp barang yang dimasukin / dipasang sesuai spek ya bodo amat, oli dr kasta sudra ampe brahmana pokoknya viscosity segini ya pasti cocok. mobil x mintanya 5W-30 ya kasi aja gt 5W-30 ngasal, customer jg taunya grade viscosity khan rata-rata ngga pernah tau bedanya API grade dll.

inilah knp teknologi mesin kita ngga pernah move on dari 2 abad yang lalu...... mesin turbocharged dikasih perawatan model ngasal gini ya matek sudah.
OOT dikit. Perkembagan teknologi tidak sebanding dengan update skill SDM hampir seluruh bidang di Indonesia. Ngga cuma di bidang otomotif, bidang sipil sederhana kayak tukang renov rumah, mau dikasih tools&media secanggih apapun tetep yg ada di pikirannya adalah konvensional itu yg terbaik.

Contoh lain kayak lg pandemi gini semua kerja remote, tp banyak bgt yg belom paham kayak google drive, google meet, remote desktop, dll. Makanya teknologi di Indo ya stagnan terus
:mky_01:
epevert wrote: 22 Jan 2021, 10:02 Kabeng sekarang sepertinya ga diutamain yg paham teknis banget om...diutamain yg bisa ningkatin omset bengkel....saya ada temen 2 orang kabeng beres atpm besar nyerah resign gara2 pressure naikin omset bengkelnya ampun2....akhirnya keluar buka bengkel sendiri.....
Dr dulu memang ngga diutamain yg paham teknis bgt sih, level kepala bengkel harusnya ya skill manajemen nya yg bagus, untuk mengelola kinerja keseluruhan bengkel, SDM, dll. Tujuannya ya menjaga kelangsungan perusahaan, apalagi memang hidup mereka dari konsumen yg servis, pasti omset bakal digenjot terus2an.

Yg salah itu adalah SA yg tanggung jawab nya berkomunikasi dengan konsumen, harusnya bisa mengedukasi konsumen dengan baik sesuai dengan produk yg dikelola, dan balik lg SA itu sesuai namanya hanya memberikan advise, selebihnya balik lg ke konsumen. Kalo konsumen ngotot yaudah toh uang jg uang mereka,
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 11044
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Owning Experience : 2 Weeks With HRV 1.5 E CVT 2018 PFL

Post by ChZ »

evanbngdor wrote: 22 Jan 2021, 11:37 Contoh lain kayak lg pandemi gini semua kerja remote, tp banyak bgt yg belom paham kayak google drive, google meet, remote desktop, dll. Makanya teknologi di Indo ya stagnan terus
:mky_01:
bener bgt.

tiap bokap ama nyokap mau miting onlen aja sibuk ngurusin

koq ga bisa nyambung,
koq suaranya gak keluar,
koq gambarnya gak keluar...

:big_biglaugh: hrs siap sedia jadi IT staff di rumah

gen x ama boomer biasanya sih ngga suka pake teknologi. dokumen serba pake kertas tulis tangan disimpen file komputer dibilang ribet, akhirnya ntar ilang kelupaan panik sendiri.
Dr dulu memang ngga diutamain yg paham teknis bgt sih, level kepala bengkel harusnya ya skill manajemen nya yg bagus, untuk mengelola kinerja keseluruhan bengkel, SDM, dll. Tujuannya ya menjaga kelangsungan perusahaan, apalagi memang hidup mereka dari konsumen yg servis, pasti omset bakal digenjot terus2an.
ini macem perdebatan menkes skrg yang latar belakangnya bkn bidang kesehatan... tp logika problem solvingnya lbh jalan drpd menkes sebelumnya.

menejer cm perlu orang yg punya alur pikir logika jelas dan sistematis sehh gmn ngatur kinerja tim, klo skillnya sesuai bidangnya ya itu bonus.
2011 Toyota XU30 / 2016 XP170
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1
2019 Mitsubishi NC1W

https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2349
Joined: 13 Sep 2015, 10:08

Re: Owning Experience : 2 Weeks With HRV 1.5 E CVT 2018 PFL

Post by evanbngdor »

ChZ wrote: 22 Jan 2021, 11:43 ini macem perdebatan menkes skrg yang latar belakangnya bkn bidang kesehatan... tp logika problem solvingnya lbh jalan drpd menkes sebelumnya.

menejer cm perlu orang yg punya alur pikir logika jelas dan sistematis sehh gmn ngatur kinerja tim, klo skillnya sesuai bidangnya ya itu bonus.
Iyep, kadang memang diperlukan orang yg menguasai teknis, cuma untuk jadi leader skill teknis itu ngga cukup, perlu kemampuan manage yg bagus jg

Yg perlu dimaksimalkan skill teknis nya ya tim nya, leader yg penting paham aja dan ngga perlu terlalu terlibat dalam sisi teknis nya. Di perusahaan jg gitu sih, ngga mungkin awal2 kerja langsung bagian manajemen perusahaan, pasti dulu specialist dulu, dalam hal bengkel ya mungkin mekanik. Setelah sudah mahir jd mekanik dan skill manajemen belajar dikit2 bisa jd kepala mekanik, dst kalo bisa promosi sampe kepala bengkel.

Di kantor saya jg direktur keuangannya jg bukan background accounting/finance kok. Background nya teknik sipil sampe S2 malah. Cuma ya dia memang bisa mengelola tim dengan baik, tau ttg keuangan ya yg umum aja, yg penting Tim nya bisa berfungsi semua secara optimal.

Makin OOT
:mky_01:
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
User avatar
Suryaputra
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2915
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: L15Z1

Re: Owning Experience : 2 Weeks With HRV 1.5 E CVT 2018 PFL

Post by Suryaputra »

erwinign wrote: 22 Jan 2021, 10:31
Suryaputra wrote: 21 Jan 2021, 18:10
erwinign wrote: 21 Jan 2021, 17:55

Hahahaha tau kok ko sing dimaksud :big_biglaugh: sami mawon lah ya dibandingi bengkel2 lain soal oli transmisi, kudu diawasi terus

Pernah ngalami di yaris bakpao di t4 sama, jaman cuman model serah2an flush ATF dikasik shell spirax. Pdhl spirax cuman comply ke T4 (yaris ATF WS), untung masi bisa dipake sampe 40rb tp ndak enak blassss selama pake itu. Transmisi jd bingungan
oli / atf lbh kentel emang gak enak mbahh.

ATF WS toyota, ATF DW1 honda, itu visco lbh encerr dibanding generasi sblm nya.
Kl scr basic dr speknya aja dah beda ya ttp salah sih om, itu poinnya. Waktu saya salah spek ATF di karter ertiga, walaupun partial aja scr volume tapi kl dipake jalan udah boyo, dengung, habis itu kl mundur di ramp carport rumah aja gearbox ATF bunyi2 kasar kok. Bunyi spt mesin kasar.

Saya prinsipnya cuma spek ATF kudu comply itu yg utama, baru (mungkin) bisa bicara lbh kentel/lbh encer ATF mana yg sama2 comply ke spek ybs

Oli mesin lebih kentel buat saya masih acceptable om krn efeknya gak se fatal salah spek ATF (asumsi sama2 oli asli semua)
Iya karena tugasnya transmisi namanya jg kan transfer tenaga mesin ke roda.
Klo lendirnya udh salah, impact ke loss powernya lbh gede lg.
Slip kopling lbh besar jd dengung.
https://aturkuliner.id/ - Hemat dari Puluhan Juta Hingga Milyaran Rupiah, untuk Pebisnis Kuliner
https://mentorkuliner.com/ - Membangun Masa Depan Bisnis Kuliner yang berkelanjutan
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 11044
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Owning Experience : 2 Weeks With HRV 1.5 E CVT 2018 PFL

Post by ChZ »

evanbngdor wrote: 22 Jan 2021, 11:56
Iyep, kadang memang diperlukan orang yg menguasai teknis, cuma untuk jadi leader skill teknis itu ngga cukup, perlu kemampuan manage yg bagus jg

Yg perlu dimaksimalkan skill teknis nya ya tim nya, leader yg penting paham aja dan ngga perlu terlalu terlibat dalam sisi teknis nya. Di perusahaan jg gitu sih, ngga mungkin awal2 kerja langsung bagian manajemen perusahaan, pasti dulu specialist dulu, dalam hal bengkel ya mungkin mekanik. Setelah sudah mahir jd mekanik dan skill manajemen belajar dikit2 bisa jd kepala mekanik, dst kalo bisa promosi sampe kepala bengkel.

Di kantor saya jg direktur keuangannya jg bukan background accounting/finance kok. Background nya teknik sipil sampe S2 malah. Cuma ya dia memang bisa mengelola tim dengan baik, tau ttg keuangan ya yg umum aja, yg penting Tim nya bisa berfungsi semua secara optimal.

Makin OOT
:mky_01:
:big_biglaugh: OOTnya sudah jauh dr bahas haervi ampe bahas bengkel ngaco ...

di beres jenjang karirnya biasa dr mekanik - foreman / spv - SA - kabeng. makanya jarang bgt mungkin malah ga ada non-mekanik jadi kabeng...

cm ya itu kadang kabeng / service manager itu lupa klo tugasnya bkn di lapangan lagi... team nya nggak dibangun, skill mekaniknya ngga dikembangin. lbh ke budaya mandor ama tukang. pdhl tugas mandor itu foreman harusnya.

akhirnya banyak khan mekanik cm planga plongo diagnosisnya ngaco ampe se kabengnya jg ngaco diagnosisnya.
2011 Toyota XU30 / 2016 XP170
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1
2019 Mitsubishi NC1W

https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3020
Joined: 09 Oct 2016, 22:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: CX5 Elite 2018

Re: Owning Experience : 2 Weeks With HRV 1.5 E CVT 2018 PFL

Post by Pboyz97 »

evanbngdor wrote: 21 Jan 2021, 14:24
W211 E260 tahun 2003, tangan kedua, warna silver, odometer kalo ngga salah 170rb, Pajak bulan Februari sekitar 9 jutaan kayaknya.

Kondisinya itu no malfunction tapi ada indikasi SBC nya ngga match copotannya yg diganti bulan lalu. Sama waktunya servis besar yang estimasi biayanya 15juta, selain itu shockbreaker udah mesti diganti jg. Tp secara mesin sih akselerasi normal, ngga ada kendala sama sekali. Tp harga segitu jg pasti karena pedagang sih, kalo jual sabar dan ke user langsung mungkin bisa 80 lah

Semahal2nya biaya maintenance HRV yg jelas doi udah jauh lebih tenang ngga ada tagihan yg bikin serangan jantung. Setidaknya ada alasan kesehatan juga sih. Awalnya mempertimbangkan Accord 2014 atau Camry 2014. Entah kenapa setelah ngeliat HRV langsung milihnya HRV
:mky_01:
Wah,tinggi juga ya odometernya buat ukuran mercy wkkw, dan lumayan juga ya pr nya, terutama SBC yg jadi penyakita bawaan mercy w211 ini. Pasti om, 65jt mah udh dapet w124 PFL kondisi bagus , w124 FL kondisi layak jalan atau w210 dalam kondisi apa adanya atau bahan wkwkkw. Kalo dibandingin w211 sih, memang hrv jelas lebih murah. Wah, kalo saya jadi temen om, mungkin saya akan memilih camry 2014 karena gak turun2 amat kalo dari w211 wkwkwk, anyway semoga hrv temen om normal2 saja ya sampai dijual nanti hehehe dan selamat buat temen om buat mobil barunya
Past:
1NZFE 4AT / L15A 5AT / K24Z1 5AT / 2.0 Skyactiv 6AT / 4A91 4AT / 2NRFE CVT / K3VE 5MT / 1NRVE 5MT

Now:
2.5 SKYACTIV - G 6AT (for sale) / 1.5 VTEC Turbo CVT / L15Z1 CVT / 8AR-FTS 6AT
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3020
Joined: 09 Oct 2016, 22:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: CX5 Elite 2018

Re: Owning Experience : 2 Weeks With HRV 1.5 E CVT 2018 PFL

Post by Pboyz97 »

ChZ wrote: 21 Jan 2021, 14:38
Pboyz97 wrote: 21 Jan 2021, 13:23 makanya chris, merawat CVT itu gabisa sembarangan, banyak yg salah kaprah kalo oli CVT itu sama kaya oli matic biasa yaitu ATF, padahal sebenernya kudu ada oli khusus CVT sendiri buat perawatannya, dan CVT itu sebenernya durable kok asal perawatannya telaten dan rutin dan selalu tepat waktu kuras olinya + cocok buat yg pengen cruising santai atau yg mentingin konsumsi BBM
yang bawa juga bukan gw, tau tau aja bilang abis dari bengkel ganti oli metik... pulang baru ketawan ATF WS.
wah parah juga ya, cvt dikasih atf, padahal oli cvt gabisa sembarangan ngerawatnya, terutama olinya yg mesti khusus cvt, gabisa disamain atau dipukul rata kek matic biasa yg bisa pake atf wkwk
Past:
1NZFE 4AT / L15A 5AT / K24Z1 5AT / 2.0 Skyactiv 6AT / 4A91 4AT / 2NRFE CVT / K3VE 5MT / 1NRVE 5MT

Now:
2.5 SKYACTIV - G 6AT (for sale) / 1.5 VTEC Turbo CVT / L15Z1 CVT / 8AR-FTS 6AT
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2349
Joined: 13 Sep 2015, 10:08

Re: Owning Experience : 2 Weeks With HRV 1.5 E CVT 2018 PFL

Post by evanbngdor »

Pboyz97 wrote: 24 Jan 2021, 21:52
evanbngdor wrote: 21 Jan 2021, 14:24
W211 E260 tahun 2003, tangan kedua, warna silver, odometer kalo ngga salah 170rb, Pajak bulan Februari sekitar 9 jutaan kayaknya.

Kondisinya itu no malfunction tapi ada indikasi SBC nya ngga match copotannya yg diganti bulan lalu. Sama waktunya servis besar yang estimasi biayanya 15juta, selain itu shockbreaker udah mesti diganti jg. Tp secara mesin sih akselerasi normal, ngga ada kendala sama sekali. Tp harga segitu jg pasti karena pedagang sih, kalo jual sabar dan ke user langsung mungkin bisa 80 lah

Semahal2nya biaya maintenance HRV yg jelas doi udah jauh lebih tenang ngga ada tagihan yg bikin serangan jantung. Setidaknya ada alasan kesehatan juga sih. Awalnya mempertimbangkan Accord 2014 atau Camry 2014. Entah kenapa setelah ngeliat HRV langsung milihnya HRV
:mky_01:
Wah,tinggi juga ya odometernya buat ukuran mercy wkkw, dan lumayan juga ya pr nya, terutama SBC yg jadi penyakita bawaan mercy w211 ini. Pasti om, 65jt mah udh dapet w124 PFL kondisi bagus , w124 FL kondisi layak jalan atau w210 dalam kondisi apa adanya atau bahan wkwkkw. Kalo dibandingin w211 sih, memang hrv jelas lebih murah. Wah, kalo saya jadi temen om, mungkin saya akan memilih camry 2014 karena gak turun2 amat kalo dari w211 wkwkwk, anyway semoga hrv temen om normal2 saja ya sampai dijual nanti hehehe dan selamat buat temen om buat mobil barunya
Mungkin doi lg males jg pake sedan terus2an, apalagi skg udah ngga pake driver, nyetir sendiri. Ya itu mungkin yg jd faktor utama ambil HRV
:mky_01:
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3020
Joined: 09 Oct 2016, 22:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: CX5 Elite 2018

Re: Owning Experience : 2 Weeks With HRV 1.5 E CVT 2018 PFL

Post by Pboyz97 »

evanbngdor wrote: 25 Jan 2021, 11:13

Mungkin doi lg males jg pake sedan terus2an, apalagi skg udah ngga pake driver, nyetir sendiri. Ya itu mungkin yg jd faktor utama ambil HRV
:mky_01:
iya sih, apalagi sedan panjang seperti accord atau camry yg mungkin lebih enak pake driver dibanding nyetir sendiri wkwk. HRV kalo buat nyetir sendiri enak sih, buat sehari - hari udh cukup bgt apalagi ambilnya yg 1.8 prestige
Past:
1NZFE 4AT / L15A 5AT / K24Z1 5AT / 2.0 Skyactiv 6AT / 4A91 4AT / 2NRFE CVT / K3VE 5MT / 1NRVE 5MT

Now:
2.5 SKYACTIV - G 6AT (for sale) / 1.5 VTEC Turbo CVT / L15Z1 CVT / 8AR-FTS 6AT
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3020
Joined: 09 Oct 2016, 22:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: CX5 Elite 2018

Re: Owning Experience : 2 Weeks With HRV 1.5 E CVT 2018 PFL

Post by Pboyz97 »

UPDATE
gak kerasa sudah hampir 1 tahun HRV ini saya gunakan sebagai mobil daily . km saat ini masih sekitar 22rb (cuma nambah 4rb km sejak saya beli mobil ini akhir tahun lalu dalam kondisi seken), karena mobil ini memang mayoritas dipake di dalkot jakarta saja, which is jaraknya rata2 dekat. part yg sudah diganti so far baru link stabilizer dan bearing saja. sisanya masih aman sampai sekarang. mobilnya memang all rounder, karena bagasi luas , row 2 lega, storage banyak dan masih fun to drive + irit bbm. walaupun minusnya ada di road noise yg kurang oke , kualitas audio bawaan yg kurang bagus buat mobil yg harga barunya 300jt + durability di bagian kaki2 dan rack steering yg agak kurang juga menurut saya

akhirnya, saya memutuskan untuk melakukan sedikit modifikasi pada mobil ini. yaitu dengan mengganti HU bawaannya dengan HU 2din touchscreen merek Pioneer, speaker depan serta tweeter merek venom + mengganti lampu bawaannya yg halogen menjadi full led merek autovision (headlamp dan foglamp). berikut saya lampirkan foto2nya
Image
Image
Image
wishlistnya sih masih lumayan banyak seperti:
- stoplamp model LED atau OEM Vezel JDM
- ganti velg TE37, CE28 atau advan RG
- remap
- stabilizer dan stutbar
- honda red emblem
- ganti kenalpot
semoga aja mobil ini awet sampai 1-3 tahun kedepan + wishlistnya bisa cepat tercapai hehehe
Past:
1NZFE 4AT / L15A 5AT / K24Z1 5AT / 2.0 Skyactiv 6AT / 4A91 4AT / 2NRFE CVT / K3VE 5MT / 1NRVE 5MT

Now:
2.5 SKYACTIV - G 6AT (for sale) / 1.5 VTEC Turbo CVT / L15Z1 CVT / 8AR-FTS 6AT
Post Reply