Owning Experience : 2 Weeks With HRV 1.5 E CVT 2018 PFL

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: F 272, b8099ok, ginting, FRD, artoodetoo, y_anjasrana

Pboyz97
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2730
Joined: 09 Oct 2016, 22:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: CX5 Elite 2018

Owning Experience : 2 Weeks With HRV 1.5 E CVT 2018 PFL

Post by Pboyz97 »

Selamat sore SMers sekalian. Kali ini saya ingin mereview mobil bekas ketiga saya sekaligus menjadi mobil honda seken dan mobekas bertransmisi otomatis pertama dikeluarga saya, dan rencananya akan dipakai dalam jangka waktu yg agak lama (minimal 5- 6 bulan kedepan) . Thread ini merupakan kelanjutan dari thread viewtopic.php?f=64&t=30158 dan saya akhirnya mendapatkan HRV 1.5 E CVT 2018 PFL ini dalam kondisi seken dari pemakai langsung didaerah kelapa gading , jakarta utara pada akhir desember lalu di harga dibawah 240 jt rupiah which is cukup menarik untuk ukuran hrv 2018 dengan km dibawah 20rb asli record dan kondisi nyari seperti baru.

Background
Mobil ini merupakan mobil pengganti mobil sebelumnya yaitu yaris joker TRD 2019 CVT yang threadnya bisa dilihat di viewtopic.php?f=19&t=29222 dan xpander ultimate 2017 yg threadnya bisa dilihat di viewtopic.php?f=19&t=27237 yg rencananya dari 2 mobil akan dijadikan 1 mobil saja dan kebetulan pernah 2x punya avanza juga yaitu ANA G MT 2015 yg threadnya dapat dilihat di viewtopic.php?f=19&t=30045 dan GNA G MT 2017 yg threadnya bisa dilihat di viewtopic.php?f=19&t=30066. Mobil ini merupakan mobil ke 5 setelah proses hunting selama kurang lebih 2 bulan di daerah jabodetabek. Kondisi awal mobil adalah sebagai berikut
Plus
- full orisinil luar dalam
- km 19rb asli record
- buku service buku manual faktur bahkan bon servis di beres honda masih tersimpan rapih
- surat2 lengkap
- bodi mulus
- inteiror mulus dan gak bau apek
- ban masih bawaan 2018
- dongrak dll masih ada
- semua instrumen (lampu speedo dll) masih berfungsi semua dengan baik
- pajak panjang sampai desember 2021
- di test drive masih enak naikkannya, gaada gejala ndut ndutan dsb
- suara mesin halus no bocor no rembes
- bodi lempeng dan gaada karat, bukan ex laka maupun ex banjir

Minus
- ada sedikit lecet dan gores dibagian bagasi bekas pemakaian
Sisanya biar foto yg berbicara
exterior
Image
Image
Image
Image
Interior
Image
Image
Image
Image
Image
Engine Bay
Image
Image
Image
Image
bukti pendukung
Image
Image
Image
Image
Image
Image
Image
Image

Why choose HRV?
Sebelum memutuskan untuk memilih mobil ini dalam kondisi seken, saya sudah melakukan reset selama kurang lebih 4 tahun sejak 2016, dan saya sudah tau semua resiko yang akan saya terima kalau saya mengambil mobi lini. Seperti road noise, bq dan beberapa part terutama kaki2 yg kurang durable, seperti yang dijelaskan di thread
viewtopic.php?f=12&t=25007
viewtopic.php?t=23102
dan kaskus
https://m.kaskus.co.id/thread/5666802a9 ... -prestige/
tapi disisi lain , mobil ini masuk kriteria saya yaitu
- dimensi gak terlalu gede
- gc tinggi
- lega
- nyaman
- practical
- irit bbm
- fun to drive
- rv gak jatoh2 amat karena saya orgnya bosenan hehehe
- handling oke
dimana semua kriteria tersebut ada di hrv, memang ada beberapa alteratif di kelas crossover ini , cuma entah knp cuma hrv yg sesuai dengan kriteria saya
- scross, udah pernah nyoba, cukup enak sih mobilnya cuma desain luarnya bukan selera saya
- trax, udah pernah nyoba jg, fun to drive, bq oke dan road noise bagus sih, cuman belakangnya lebih sempit daripada cx3 dan atpmnya udah cabut
- seltos, seems good, tapi karena saya orgnya bosenan, perlu nyari mobil yg rv nya bagus + merek korea dimana perlu waktu 1-2 tahun kedepan minimal untuk membuktikan ASS dan eksistensi ATPM nya
- kona, seems good too, alesannya sm kek kona yaitu di ASS dan eksistensi ATPMnya
- CX3, cocross, eclipse cross dan hrv1.8 sudah pernah liat dan TD, cuma saya coret karena overbudget
oleh karena itu, diputuskan untuk membeli HRV 1.5 E CVT seken saja dengan alasan2 yg sudah saya sebutkan diatas. Now let's go to the review

History
Karena udah banyak yg jelasin , saya review secara singkat aja ya
2015
Pertama kali diperkenalkan di jepang dengan nama vezel, yg beberapa saat kemudian diluncurkan di Indonesia dan diproduksi secara CKD di karawang , Jawa Barat. Pilihannya ada tipe 1.5 A, 1.5S, 1.5 E, dan 1.8 Prestige sebagai varian tertinggi
2016
Terdapat penambahan tipe mugen edition untuk varian 1.5 dan 1.8, perbedaannya ada di desain bodykit dan velg. serta muncul 1.8 JBL Edition untuk melengkapi varian prestige yg sudah hadir lebih dulu
2017
Ada sedikit improvement yaitu dengan adanya HU model floating pada tipe E dan prestige dan tipe A discontinue karena kurangnya peminat sehingga variannya sisa 1.5S, 1.5E dan 1.8 prestige saja
2018 - sekarang
HPM melakukan facelift pada HRV, dengan varian 1.5 S. 1.5 E. 1.5 SE dan 1.8 Prestige. Perbedaan terdapat pada grill, headlamp, interior dan velg

Exterior
Depan
Image
Desain yang modern dan elegant
Samping
Image
Image
cukup simpel dan enak dilihat
belakang
Image
Cukup simpel dan elegan

Interior
Image
Image
Image
Image
Image
Image
Image
Image
Image
Image
Image
Image
Image
Image
Image
Bagian interior merupakan salah satu keunggulan mobil ini, karena desainnya yg cantik, lega, practical , storage banyak dan bagasinya luas. Sayangnya interior qualitynya agak kurang dibanding rival sekelasnya, beberapa bagian terasa cheapo terutama dibagian doortrimnya, entah kenapa kalah solid dibanding yaris joker saya dulu walaupun lebih bagus kualitasnya dibanding xpander dan GE8 saya sebelumnya. Seandainya kualitas interiornya bisa ditingkatkan lagi, maka interior mobil ini merupakan yg terbaik dikelasnya menurut saya

Fitur
FItur mobil ini termasuk lengkap. HRV ini dilengkapi dengan startstop engine , keyless entry, cruise control, tombol audio disetir, paddle shift, mode Sport , ac digital full touchscreen dan HU 2din touchscreen yg sudah bisa telpon dan bluetooth serta untuk tipe 1.8 prestige dilengkapi dengan panoramic roof dan lampu projektor LED kalo gasalah . Serta untuk fitur safetynya ia dilengkapi dengan (2 apa 3 airbags gitu saya lupa, ABS, EBD, BA dan stability control)

Driving Feel
Image
Image
Bagian ini juga menjadi salah satu keunggulan HRV. Mobil ini sangat fun to drive, dibekali dengan mesin L15Z1 yg bertenaga 120 HP dan transmisi 7 speed CVT which is sama dengan mobilio, BRV, City dan Jazz GK5, mobil ini sangat enak dikemudikan. Tarikan bawah hingga atas selalu ngisi dan perpindahan giginya sigap dan smooth, lebih enak dikemudikan dibanding xpander dan yaris joker saya dulu walaupun masih kalah enak dibanding GE8 2009 saya sblmnya. Raungan mesinnya memang gak mengigit seperti honda jadul, kerasa kurang intimidating dibanding GE8 2009 saya dulu, tapi untuk dalam kota dan tol. Ini sudah lebih dari cukup kok menurut saya, handling mobil ini pun terasa superb, nyetir mobil ini apalagi untuk sruntulan dalam kota sangatlah cocok, gak kerasa bawa mobil crossover tapi lebih kaya bawa hatchback atau city car hehehe. Untuk kenyamanan, memang biasa aja, lewat poldur, bantingannya kerasa agak keras, kalah nyaman dibanding yaris joker saya dulu tapi buat saya masih tolerable lah , dan konsumsi bbmnya juga cukup irit (1: 11-12 dalkot). Minusnya ada di peredaman kabin yg kurang oke, karena suara mesin dan suara ban cukup masuk kedalam kabin, kalah jauh dibanding xpander dan yaris joker saya dulu soal kekedapan kabinnya

Maintenance
Mobil ini terkenal dengan durabilitynya yg kurang oke teurtama dibagian kaki2nya. Dan ini juga terjadi di unit saya, untungnya tidak terlalu parah. Seminggu setelah beli, dan km menunjukkan 20rb, ditol ada bunyi saya lupa dan setir kerasa oleng kanan kiri diatas 100 kpj. Kemudian oleh bapak saya dibawa ke bengkel spesialis kaki2 langganan dan alhasil divonis kalau bearing depan kanan saya sudah kena, tapi kirinya masih aman dan link stabilizer saya juga sudah mulai oblak. Untungnya bagian lain seperti balljoint, shock, tierod, driveshaft, rack steering masih aman2 saja. Dan untuk mencegah terjadi apa2 karena mobil akan dipakai dalam waktu yg lumayan lama dan bakal sering jalan jauh, maka diputuskan untuk mengganti bearing depan kiri dan kanan + link stabilizer baru, serta servis ringan + ganti aki. Rinciannya adalah sebagai berikut
- Servis ringan (ganti oli) = Rp. 350.000
- Ganti aki = Rp 1.100.000
- Ganti link stabilizer dan bearing depan kiri kanan + jasa di bengkel spesialis kaki2 langganan bapak saya = Rp. 1.650.000
Total biaya yang sudah dikeluarkan untuk meremajakan mobil ini so far adalah Rp. 3.100.000
Foto2 saat ngbengkel
Image
Image
Image
Image
Image
Image
Image
Bearing lama
Image
Bearing baru
Image
Link stabilizer lama
Image
Link stabilizer baru
Image
Setelah semua diganti, akhirnya mobil dapat berjalan dengan normal kembali seperti sedia kala dan so far masih baik2 saja, blm ada masalah yg aneh2 hehehe

Conslusion
Mobil yg bagus dan all rounder, sayang kurang awet terutama dibagian kaki2 dan racksteeringnya dan peredaman + interior quality masih blm sebaik rival2 dikelasnya
Kelebihan
- desain exterior dan interior
- fun to drive
- lega
- practical
- bagasi luas
- tarikannya lumayan oke untuk ukuran cvt
- fitur lengkap
- handling
- irit bbm
- cukup nyaman untuk dalkot maupun lukot
- GC tinggi

Kelemahan
- Isu realibility (kaki2, rattling)
- Road noise kurang untuk mobil yg barunya saat ini sudah 300jt lebih
- BQ Interior agak kurang untuk kelasnya
- Headlamp dan foglamp blm LED
- Audio bawaan bapuk

Intinya mobil ini cocok untuk anda yg
- Mencari mobil yg kompak dengan dimensi yg gak terlalu gede
- mencari mobil crossover dengan desain exterior dan interior cakep dan futuristik
- mencari mobil crossover yg fun to drive
- mencari crossover yg irit bbm
- mencari crossover yg RV nya bagus
- mencari crossover yg lega dan practical
- gak masalah sm road noise dan siap dengan konsekuensi kaki2 nya yg kurang awet dan durable
- gak masalah sm interior quality yg biasa aja

Hindari mobil ini jika anda
- Sensitif dengan BQ dan road noise
- Ingin mencari mobil yg durable dibagian kaki2nya
- Ingin mencari mobil yg antimainstream dan ingin tampil beda (karena mobil ini sangat banyak populasinya di Indonesia ) hehehe
Sekian review saya kali ini, mohon maaf kalau ada kesalahan dan semoga bermanfaat, terima kasih
Past:
1NZFE 4AT / L15A 5AT / K24Z1 5AT / 2.0 Skyactiv 6AT / 4A91 4AT / 2NRFE CVT / K3VE 5MT / 1NRVE 5MT

Now:
2.5 SKYACTIV - G 6AT (for sale) / 1.5 VTEC Turbo CVT / L15Z1 CVT
whitehorse4
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 328
Joined: 02 Oct 2017, 06:00

Re: Owning Experience : 2 Weeks With HRV 1.5 E CVT 2018 PFL

Post by whitehorse4 »

Kalau dibanding yg 1.8 gimana om udah pernah coba? Kerasa ngepas banget tenaganya di 1.8 menurut sy, tapi memang enak disetir
Pboyz97
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2730
Joined: 09 Oct 2016, 22:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: CX5 Elite 2018

Re: Owning Experience : 2 Weeks With HRV 1.5 E CVT 2018 PFL

Post by Pboyz97 »

whitehorse4 wrote: 07 Jan 2021, 18:52 Kalau dibanding yg 1.8 gimana om udah pernah coba? Kerasa ngepas banget tenaganya di 1.8 menurut sy, tapi memang enak disetir
udah pernah om, punya kakak sepupu saya. rasanya sih lebih enak yg 1.8 ya secara cc lebih gede, cuma kalo ngincer fun to drive, yg 1.5 udh cukup kok hehehe
Past:
1NZFE 4AT / L15A 5AT / K24Z1 5AT / 2.0 Skyactiv 6AT / 4A91 4AT / 2NRFE CVT / K3VE 5MT / 1NRVE 5MT

Now:
2.5 SKYACTIV - G 6AT (for sale) / 1.5 VTEC Turbo CVT / L15Z1 CVT
jessboy
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 188
Joined: 09 May 2017, 10:09
Location: jabodetabek
Daily Vehicle: mobil bekas
Contact:

Re: Owning Experience : 2 Weeks With HRV 1.5 E CVT 2018 PFL

Post by jessboy »

thanks om atas review yang mendetil :big_exellent:
iya kelemahan honda hrv ini memang lemah di bagian kaki2.
Mencari referensi info mobil bekas yang akurat dan terpercaya
Tampanman
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 294
Joined: 31 Dec 2018, 19:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Mazda2 yaris

Re: Owning Experience : 2 Weeks With HRV 1.5 E CVT 2018 PFL

Post by Tampanman »

Kelebihan dan kekurangan dibanding joker apa om?, rencana mau ganti juga, kalau memang lebih baik
lamatlancah
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 539
Joined: 14 Sep 2016, 18:20
Daily Vehicle: 4Runner TRD Pro

Re: Owning Experience : 2 Weeks With HRV 1.5 E CVT 2018 PFL

Post by lamatlancah »

Pboyz97 wrote: 07 Jan 2021, 20:06
whitehorse4 wrote: 07 Jan 2021, 18:52 Kalau dibanding yg 1.8 gimana om udah pernah coba? Kerasa ngepas banget tenaganya di 1.8 menurut sy, tapi memang enak disetir
udah pernah om, punya kakak sepupu saya. rasanya sih lebih enak yg 1.8 ya secara cc lebih gede, cuma kalo ngincer fun to drive, yg 1.5 udh cukup kok hehehe
lho bukannya yg cc lebih besar tenaga juga besar yg pada akhirnya lebih fun to drive ?
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 10822
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Owning Experience : 2 Weeks With HRV 1.5 E CVT 2018 PFL

Post by ChZ »

lamatlancah wrote: 07 Jan 2021, 22:33
lho bukannya yg cc lebih besar tenaga juga besar yg pada akhirnya lebih fun to drive ?
Idem...

1800cc terasa lebih balanced overall performanya. Utk fun sendiri relatif tp since ini HRV dan mostly orang akan keep it stock, it's just an econobox anyway. Jadi kalo bisa beli 1800 sih 1800 aja.

Mesin R18 itu lebih didesain untuk low to mid power application... vtecnya justru eco cam. Buat zipping di kota tenaga lebih dapet.

Kerjanya sangat efficient dibanding L15. Makanya economynya ga beda beda jauh bgt.

Tapi kalau soal di tuning lain cerita, mending beli 1500.

L15 kilik dikit dah bisa ngasepin R18 dan aftermarket bolt on parts lebih bejibun di L15. 150-160hp enteng di L15 mah. Udah banyak yang bikin jazz tenaga segini. Top end powernya lezat bgt combined with CVT power surgenya ga abis abis.
2011 Toyota XU30 / 2016 XP170
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1
2019 Mitsubishi NC1W

https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
Pboyz97
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2730
Joined: 09 Oct 2016, 22:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: CX5 Elite 2018

Re: Owning Experience : 2 Weeks With HRV 1.5 E CVT 2018 PFL

Post by Pboyz97 »

Tampanman wrote: 07 Jan 2021, 21:08 Kelebihan dan kekurangan dibanding joker apa om?, rencana mau ganti juga, kalau memang lebih baik
Kelebihannya dibanding joker
- jauh lebih fun to drive
- handling oke
- radius putar lebih kecil
- tarikan bawahnya lebih oke
- lebih lega row 2 nya
- lebih practical
- bagasi lebih luas
-gc lebih tinggi
- ada cruise control

kelemahannya dibanding joker
- road noise
- interior quality
- durabilitynya kurang oke, terutama kaki2nya
- kalah nyaman dibanding joker (gak beda jauh sih sebenernya)
- airbag cuma 2 apa 3 gitu, kalo joker 7

fitur 11 12, dan konsumsi bbm jg beda tipis, lebih irit yaris joker sedikit menurut saya

intinya tergantung sm om sendiri, kalo om orgnya
- pengen mobil yg durable kaki2nya
- sensitif sm bq dan road noise
lupakan mobil ini

cuma kalo om orgnya
- mentingin gc tinggi
- pengen mobil yg fun to drive dan handling oke
- gak masalah sm road noise, bq dan udh siap sm resiko kaki2nya yg kurang durable dibanding joker ya go for it. Karena menurut saya HRV mobil yg nyaris sempurna dikelasnya andaikata kualitas interior , road noise dan durability terutama kaki2nya diperbaiki kualitasnya dan ditingkatkan lagi



jessboy wrote: 07 Jan 2021, 20:49 thanks om atas review yang mendetil :big_exellent:
iya kelemahan honda hrv ini memang lemah di bagian kaki2.
makasih om. memang kelemahan honda hrv (even nyaris semua ahond malah) itu ada di bagian kaki2 yg kurang awet menurut saya
lamatlancah wrote: 07 Jan 2021, 22:33
Pboyz97 wrote: 07 Jan 2021, 20:06
whitehorse4 wrote: 07 Jan 2021, 18:52 Kalau dibanding yg 1.8 gimana om udah pernah coba? Kerasa ngepas banget tenaganya di 1.8 menurut sy, tapi memang enak disetir
udah pernah om, punya kakak sepupu saya. rasanya sih lebih enak yg 1.8 ya secara cc lebih gede, cuma kalo ngincer fun to drive, yg 1.5 udh cukup kok hehehe
lho bukannya yg cc lebih besar tenaga juga besar yg pada akhirnya lebih fun to drive ?
memang lebih fun to drive. tapi gak beda jauh kok, maksud saya, kalo memang sekedar pengen mobil yg fun to drive, dan gak butuh2 amat cc gede, yg 1.5 udah cukup kok wkwkwk
Past:
1NZFE 4AT / L15A 5AT / K24Z1 5AT / 2.0 Skyactiv 6AT / 4A91 4AT / 2NRFE CVT / K3VE 5MT / 1NRVE 5MT

Now:
2.5 SKYACTIV - G 6AT (for sale) / 1.5 VTEC Turbo CVT / L15Z1 CVT
KielConstantine
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 983
Joined: 03 Jul 2013, 13:23
Location: Indonesia

Re: Owning Experience : 2 Weeks With HRV 1.5 E CVT 2018 PFL

Post by KielConstantine »

ChZ wrote: 08 Jan 2021, 00:04 Tapi kalau soal di tuning lain cerita, mending beli 1500.

L15 kilik dikit dah bisa ngasepin R18 dan aftermarket bolt on parts lebih bejibun di L15. 150-160hp enteng di L15 mah. Udah banyak yang bikin jazz tenaga segini. Top end powernya lezat bgt combined with CVT power surgenya ga abis abis.
Jadi mesin L15. Di cangkok turbo bisa dpt 300 bhp kan chris ?
Internal cukup standart apa musti ganti rods & piston yah ?
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
KielConstantine
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 983
Joined: 03 Jul 2013, 13:23
Location: Indonesia

Re: Owning Experience : 2 Weeks With HRV 1.5 E CVT 2018 PFL

Post by KielConstantine »

Btw @ts

Ente fix kg jadi maen eropaan donkss ?

W204 gimana nasibnya wkwkwk
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 10822
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Owning Experience : 2 Weeks With HRV 1.5 E CVT 2018 PFL

Post by ChZ »

KielConstantine wrote: 08 Jan 2021, 11:02
Jadi mesin L15. Di cangkok turbo bisa dpt 300 bhp kan chris ?
Internal cukup standart apa musti ganti rods & piston yah ?
klo L15 SOHC nonturbo internal wajib ganti bro, ntu stang piston di boost 0.4 aja lemah syahwat wkwkwkwkkwkw... temen gw bangun L15A7 GE8 turbo 0.8 bar conrodnya udah ganti. dapet 190hp approx :big_smoking:

capable sih 300hp, tinggal kuat kuatan aja ama transmisinya wkwkwkwk yg jelas L15 CVT pasti rontok segitu :big_biglaugh: hondata L15B7 CVT aja cuma brani naikin boost 0.6psi pdhl yang manual 0.9psi.
2011 Toyota XU30 / 2016 XP170
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1
2019 Mitsubishi NC1W

https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
Pboyz97
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2730
Joined: 09 Oct 2016, 22:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: CX5 Elite 2018

Re: Owning Experience : 2 Weeks With HRV 1.5 E CVT 2018 PFL

Post by Pboyz97 »

KielConstantine wrote: 08 Jan 2021, 11:20 Btw @ts

Ente fix kg jadi maen eropaan donkss ?

W204 gimana nasibnya wkwkwk
gajadi om kiel untuk saat ini. banyak faktor yg mesti dipertimbangkan, apalagi ane masih pemula dalam mobil eropa . seperti risetnya perlu lebih lama dan lebih mendalam lagi soal penyakit masing2 varian dan seberapa mahal kalo diganti di beres vs spesialis, selain itu, biaya maintenancenya jg lumayan kalo dipikir2 apalagi kalo mobilnya udh berumur + waktu dan mental ane untuk ngebengkel blm siap + untuk liat tagihan bengkelnya hehehe . w204 sepertinya ditunda dulu om, mau main jepangan seken dulu aja, karena ada prosesnya, apalagi ane biasa pake mobil baru selama puluhan tahun dan baru akhir2 ini suka main mobil bekas hehehe
Past:
1NZFE 4AT / L15A 5AT / K24Z1 5AT / 2.0 Skyactiv 6AT / 4A91 4AT / 2NRFE CVT / K3VE 5MT / 1NRVE 5MT

Now:
2.5 SKYACTIV - G 6AT (for sale) / 1.5 VTEC Turbo CVT / L15Z1 CVT
devin96
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 219
Joined: 06 Mar 2016, 02:00

Re: Owning Experience : 2 Weeks With HRV 1.5 E CVT 2018 PFL

Post by devin96 »

Itu bengkel kaki2nya dimana om? itu link stabil langsung ganti baru yaa bukan rekondisi? biasanya kan klo di bengkel spesialis kaki2 mereka bisanya cuma rekondisi aja
KielConstantine
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 983
Joined: 03 Jul 2013, 13:23
Location: Indonesia

Re: Owning Experience : 2 Weeks With HRV 1.5 E CVT 2018 PFL

Post by KielConstantine »

ChZ wrote: 08 Jan 2021, 11:54
KielConstantine wrote: 08 Jan 2021, 11:02
Jadi mesin L15. Di cangkok turbo bisa dpt 300 bhp kan chris ?
Internal cukup standart apa musti ganti rods & piston yah ?
klo L15 SOHC nonturbo internal wajib ganti bro, ntu stang piston di boost 0.4 aja lemah syahwat wkwkwkwkkwkw... temen gw bangun L15A7 GE8 turbo 0.8 bar conrodnya udah ganti. dapet 190hp approx :big_smoking:

capable sih 300hp, tinggal kuat kuatan aja ama transmisinya wkwkwkwk yg jelas L15 CVT pasti rontok segitu :big_biglaugh: hondata L15B7 CVT aja cuma brani naikin boost 0.6psi pdhl yang manual 0.9psi.
Okehh chris.... mantap infonya :off_good_job:

Udh sempet nanya harga mesin L15 utuh skitar 40jt all-in . Disuru bengkel langganan ane, cari mesin L15B katanya punya jazz USDM. Bener nggak ?

Nanti rencana mau masukin ke brio transmisi manual. Baru rencana doank........
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
KielConstantine
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 983
Joined: 03 Jul 2013, 13:23
Location: Indonesia

Re: Owning Experience : 2 Weeks With HRV 1.5 E CVT 2018 PFL

Post by KielConstantine »

Pboyz97 wrote: 08 Jan 2021, 16:01
KielConstantine wrote: 08 Jan 2021, 11:20 Btw @ts

Ente fix kg jadi maen eropaan donkss ?

W204 gimana nasibnya wkwkwk
gajadi om kiel untuk saat ini. banyak faktor yg mesti dipertimbangkan, apalagi ane masih pemula dalam mobil eropa . seperti risetnya perlu lebih lama dan lebih mendalam lagi soal penyakit masing2 varian dan seberapa mahal kalo diganti di beres vs spesialis, selain itu, biaya maintenancenya jg lumayan kalo dipikir2 apalagi kalo mobilnya udh berumur + waktu dan mental ane untuk ngebengkel blm siap + untuk liat tagihan bengkelnya hehehe . w204 sepertinya ditunda dulu om, mau main jepangan seken dulu aja, karena ada prosesnya, apalagi ane biasa pake mobil baru selama puluhan tahun dan baru akhir2 ini suka main mobil bekas hehehe
Okehhh om mantapp. Maen jepang bisa coba test pelihara Toyota Mark-X tuh. Siapa tau baru pake bentar ud bosen sama HR-Vnya wkwkwk

Ane jg keknya udah mau pensiun eropa nih. Mau maen mobil kelas rakyat aja... Gpp lah turun kasta, drpd skali ngadep tagihan nyervis eropa kluar angka 10jt+++ :big_biglaugh:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 10822
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Owning Experience : 2 Weeks With HRV 1.5 E CVT 2018 PFL

Post by ChZ »

KielConstantine wrote: 08 Jan 2021, 21:52
Okehh chris.... mantap infonya :off_good_job:

Udh sempet nanya harga mesin L15 utuh skitar 40jt all-in . Disuru bengkel langganan ane, cari mesin L15B katanya punya jazz USDM. Bener nggak ?

Nanti rencana mau masukin ke brio transmisi manual. Baru rencana doank........
yup L15B punya jazz USDM / JDM. spek negara maju pokoknya bukan spek jelata L15Z1 :big_biglaugh:

tp kalo L15B NA sih daripada repot beli ngeturboin apa ngga mending beli L15B7 aja sekalian tinggal cangkok :mky_01: base mesinnya sama malah L15B7 lebih kuat mau diapa apain.

gw kira buat nge swap si baling baling bambu jerman krn udah setres :big_weee:
2011 Toyota XU30 / 2016 XP170
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1
2019 Mitsubishi NC1W

https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3798
Joined: 05 Jun 2014, 20:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Owning Experience : 2 Weeks With HRV 1.5 E CVT 2018 PFL

Post by sintoni »

Mantap ripiunya om.

Ini emang HRV mobil paling pas lah buat sehari2, kayak Innova untuk anak muda menurut ane, mobil serba pas. Hahaha.

Ane curiga jangan2 juragan mobil bekas ni, sering banget gonta ganti mobil.
User avatar
michaelgiri93
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 935
Joined: 03 Sep 2016, 20:25
Daily Vehicle: Galant + Mx King

Re: Owning Experience : 2 Weeks With HRV 1.5 E CVT 2018 PFL

Post by michaelgiri93 »

Wow sudah ganti mobil lagi wkwkwk
6 bulan lama ya Om
Itu galant tua udah 8 tahun juga masi ta pelihara terus

Btw nice review om
Ya kalo cari all rounder crossover kyknya yg cuma hrv ini sih yg paling aman. Di setiri lumayan, fitur okelah, desain luar dalem oke wkwk
'98 new galant st black -5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
'01 rx king green - 5 mt
Devidpg
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: 22 Apr 2017, 22:24

Re: Owning Experience : 2 Weeks With HRV 1.5 E CVT 2018 PFL

Post by Devidpg »

Kenyamanan suspensi dibanding Xpander gmn om?
Di atas bandinginnya baru sama Yarisnya.. 😁
Pboyz97
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2730
Joined: 09 Oct 2016, 22:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: CX5 Elite 2018

Re: Owning Experience : 2 Weeks With HRV 1.5 E CVT 2018 PFL

Post by Pboyz97 »

devin96 wrote: 08 Jan 2021, 20:35 Itu bengkel kaki2nya dimana om? itu link stabil langsung ganti baru yaa bukan rekondisi? biasanya kan klo di bengkel spesialis kaki2 mereka bisanya cuma rekondisi aja
deket rumah saya om bengkel kaki2nya. diganti baru kok, bukan rekondisi, kalo spesialis kaki2, tergantung policynya masing2 bengkel kaya gmn, kebetulan bengkel kaki2 langganan saya yg deket rumah itu biasa ganti baru om partnya hehehe, jarang yg rekondisi
KielConstantine wrote: 08 Jan 2021, 21:57

Okehhh om mantapp. Maen jepang bisa coba test pelihara Toyota Mark-X tuh. Siapa tau baru pake bentar ud bosen sama HR-Vnya wkwkwk

Ane jg keknya udah mau pensiun eropa nih. Mau maen mobil kelas rakyat aja... Gpp lah turun kasta, drpd skali ngadep tagihan nyervis eropa kluar angka 10jt+++ :big_biglaugh:
mark x kurang terarik om. malah ane rencana minang xv50 2.5v pfl atau fl kalo ga anki diesel G at 2016-2018 PFL kalo sudah bosan nantinya hehehe. soalnya sblm mutusin buat ambil ini mobil, sempet kepikiran buat angkut ANKI G diesel AT 2016-2017, cuma udh beberapa kali hunting blm nemu yg harga dan kondisinya sesuai, jadi begitu ada mobil ini yg harga dan kondisi nya masuk ya langsung angkut aja dan gak nyesel sampe hari ini hehehe


nah ini salah 1 alasan ane gajadi minang w204, blm siap ngadepin tagihan servisnya euy, sama perlu riset lebih mendalam lagi soal harga parts dan bengkel spesialis eropa yg recomended (kalo bisa rujukan komunitas) dan waktu ane blm cukup buat riset itu jadinya mutusin buat ambil jepang seken aja dulu dan menikmati prosesnya sblm siap secara dompet maupun waktu dan mental untuk menapaki kelas yg lebih tinggi yaitu mobil eropa hehehe. kalo mau mobil kelas rakyat, kayanya ANPS dakar boleh dicoba om, tenaga kenceng, part modif banyak, irit dan fun to drive buat ukuran ladder frame kalo mau sedan, camry XV50 2.5V atau XV40 3.5Q jg bisa dijadikan pertimbangan hehehe

kalo biasa melihara e90 mah melihara 3 kandidat yg ane sebutin diatas gaada masalah lah ya harusnya. kalo tetep pengen eropa, bisa coba W204, biaya maintenancenya jauh lebih murah dibanding e90 kata temen ane yg biasa melihara mobil eropa apalagi C200 atau c250, salah 1 mobil eropa terbadak tu menurut saya, ibaratnya seperti "toyota"nya mobil eropa karena part banyak, maintenance masih terjangkau buat ukuran european car dan bengkel spesialisnya banyak yg bisa nanganin. 2 org temen ane ada yg punya C200 PFL dan FL (yg pfl tahun 2011 beli dari baru km udh diatas 60k masih aman2 aja dipake daily gaada masalah samsek, yg fl tahun 2012 beli seken 2 apa 3 tahun lalu gitu sekarang km udah 80-90rban jg gaada masalah yg aneh2, cuma servis rutin dan ganti oli aja katanya)
sintoni wrote: 09 Jan 2021, 09:30 Mantap ripiunya om.

Ini emang HRV mobil paling pas lah buat sehari2, kayak Innova untuk anak muda menurut ane, mobil serba pas. Hahaha.

Ane curiga jangan2 juragan mobil bekas ni, sering banget gonta ganti mobil.
iya om, paling all rounder, lebih seperti innova versi 5 seaternya menurut saya, serba cukup hehehe. bukan juragan mobekas om, pengen explore lebih jauh aja, enjoy the process hehehe, sblm masuk ke puncak impian saya yaitu mobil eropa seken (mercy or bmw seri dan tahun berapapun bebas) jadi belajar dari mobil jepang dulu, nanti kalau udh settle dan ngerti seluk beluknya baru naik kelas ke mobil eropa
michaelgiri93 wrote: 10 Jan 2021, 10:37 Wow sudah ganti mobil lagi wkwkwk
6 bulan lama ya Om
Itu galant tua udah 8 tahun juga masi ta pelihara terus

Btw nice review om
Ya kalo cari all rounder crossover kyknya yg cuma hrv ini sih yg paling aman. Di setiri lumayan, fitur okelah, desain luar dalem oke wkwk
agak lama maksud saya hehehe, thanks om. kalo nyari crossover allrounder memang ini paling pas, karena fun to drive, irit, gc tinggi, lega ,nyaman dan practical
Last edited by Pboyz97 on 10 Jan 2021, 19:00, edited 4 times in total.
Past:
1NZFE 4AT / L15A 5AT / K24Z1 5AT / 2.0 Skyactiv 6AT / 4A91 4AT / 2NRFE CVT / K3VE 5MT / 1NRVE 5MT

Now:
2.5 SKYACTIV - G 6AT (for sale) / 1.5 VTEC Turbo CVT / L15Z1 CVT
Pboyz97
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2730
Joined: 09 Oct 2016, 22:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: CX5 Elite 2018

Re: Owning Experience : 2 Weeks With HRV 1.5 E CVT 2018 PFL

Post by Pboyz97 »

Devidpg wrote: 10 Jan 2021, 18:09 Kenyamanan suspensi dibanding Xpander gmn om?
Di atas bandinginnya baru sama Yarisnya.. 😁
jangan dibandingin sm xpander om, kelas ga boong, bantingan suspensi xpander tu khas LMPV banget. tampang, handling, peforma dan road noise boleh setara kelas diatasnya tapi secara overall xpander blm pantas untuk disandingkan dengan kelas yg lebih tinggi menurut saya, karena bantingan suspensi, kualitas interior dan fiturnya itu khas LMPV bgt wkwkwk, selain itu, bantingan suspensi xpander buat saya masuk dalam kategori keras, gak ada empuk2nya samsek, walaupun lebih baik dibanding avxen dan mobilio tapi tetap kalah jauh soal kenyamanan suspensinya dibanding ertiga dan livina dikelasnya ,jauh lebih nyaman hrv ini kalo lewat poldur. meskipun masih kalah empuk sedikit dari yaris joker bantingannya menurut saya

keunggulan xpander dibanding HRV menurut saya ada di desain yg lebih fresh , road noise yg lebih baik dan 7 seater saja , sisanya HRV unggul
Past:
1NZFE 4AT / L15A 5AT / K24Z1 5AT / 2.0 Skyactiv 6AT / 4A91 4AT / 2NRFE CVT / K3VE 5MT / 1NRVE 5MT

Now:
2.5 SKYACTIV - G 6AT (for sale) / 1.5 VTEC Turbo CVT / L15Z1 CVT
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3798
Joined: 05 Jun 2014, 20:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Owning Experience : 2 Weeks With HRV 1.5 E CVT 2018 PFL

Post by sintoni »

Pboyz97 wrote: 10 Jan 2021, 18:40
iya om, paling all rounder, lebih seperti innova versi 5 seaternya menurut saya, serba cukup hehehe. bukan juragan mobekas om, pengen explore lebih jauh aja, enjoy the process hehehe, sblm masuk ke puncak impian saya yaitu mobil eropa seken (mercy or bmw seri dan tahun berapapun bebas) jadi belajar dari mobil jepang dulu, nanti kalau udh settle dan ngerti seluk beluknya baru naik kelas ke mobil eropa
Kalau ane sih males jual mobil yg mau diganti itu om. Hahaha.

Makan waktu + sering makan hati jg ketemu berbagai jenis calon pembeli.
Pboyz97
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2730
Joined: 09 Oct 2016, 22:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: CX5 Elite 2018

Re: Owning Experience : 2 Weeks With HRV 1.5 E CVT 2018 PFL

Post by Pboyz97 »

sintoni wrote: 11 Jan 2021, 08:10
Pboyz97 wrote: 10 Jan 2021, 18:40
iya om, paling all rounder, lebih seperti innova versi 5 seaternya menurut saya, serba cukup hehehe. bukan juragan mobekas om, pengen explore lebih jauh aja, enjoy the process hehehe, sblm masuk ke puncak impian saya yaitu mobil eropa seken (mercy or bmw seri dan tahun berapapun bebas) jadi belajar dari mobil jepang dulu, nanti kalau udh settle dan ngerti seluk beluknya baru naik kelas ke mobil eropa
Kalau ane sih males jual mobil yg mau diganti itu om. Hahaha.

Makan waktu + sering makan hati jg ketemu berbagai jenis calon pembeli.
wkwkwk, btw rencana mau ganti apa om memangnya dari yaris lele?

kalo makan waktu + sering makan hati ya anggep aja pengalaman sekaligus pembelajaran berharga yg bikin mental ane lebih kuat buat ane pribadi hehehe dan resiko juga kalo mau main mobil bekas yg harus dijalani
Past:
1NZFE 4AT / L15A 5AT / K24Z1 5AT / 2.0 Skyactiv 6AT / 4A91 4AT / 2NRFE CVT / K3VE 5MT / 1NRVE 5MT

Now:
2.5 SKYACTIV - G 6AT (for sale) / 1.5 VTEC Turbo CVT / L15Z1 CVT
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3798
Joined: 05 Jun 2014, 20:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Owning Experience : 2 Weeks With HRV 1.5 E CVT 2018 PFL

Post by sintoni »

Pboyz97 wrote: 11 Jan 2021, 22:10
wkwkwk, btw rencana mau ganti apa om memangnya dari yaris lele?

kalo makan waktu + sering makan hati ya anggep aja pengalaman sekaligus pembelajaran berharga yg bikin mental ane lebih kuat buat ane pribadi hehehe dan resiko juga kalo mau main mobil bekas yg harus dijalani
Sudah ganti om. Hahaha.

Beliin Dakar kakak ane, soalnya dia mau ganti.
Pboyz97
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2730
Joined: 09 Oct 2016, 22:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: CX5 Elite 2018

Re: Owning Experience : 2 Weeks With HRV 1.5 E CVT 2018 PFL

Post by Pboyz97 »

sintoni wrote: 12 Jan 2021, 09:00
Pboyz97 wrote: 11 Jan 2021, 22:10
wkwkwk, btw rencana mau ganti apa om memangnya dari yaris lele?

kalo makan waktu + sering makan hati ya anggep aja pengalaman sekaligus pembelajaran berharga yg bikin mental ane lebih kuat buat ane pribadi hehehe dan resiko juga kalo mau main mobil bekas yg harus dijalani
Sudah ganti om. Hahaha.

Beliin Dakar kakak ane, soalnya dia mau ganti.
congrats om buat mobil barunya, dari lele ke pajero dakar naik jauh kelasnya apalagi urusan driving feel dan konsumsi bbm wkkw, btw dakarnya tahun berapa om? hehehe
Past:
1NZFE 4AT / L15A 5AT / K24Z1 5AT / 2.0 Skyactiv 6AT / 4A91 4AT / 2NRFE CVT / K3VE 5MT / 1NRVE 5MT

Now:
2.5 SKYACTIV - G 6AT (for sale) / 1.5 VTEC Turbo CVT / L15Z1 CVT
Post Reply