[Review] 2013 MINI Cooper R56

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: F 272, b8099ok, ginting, FRD, artoodetoo, y_anjasrana

User avatar
vim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2023
Joined: 25 Jul 2008, 15:04
Location: Jakarta Barat

[Review] 2013 MINI Cooper R56

Post by vim »

Dear All SM-ers,

Semoga semua dalam keadaan baik, sehat dan selalu semangat. Saya kembali ingin sharing & review singkat mobil kesayangan saya lagi, MINI Cooper 3-Door tahun 2013. Kebetulan, mobil ini sedang direlakan untuk berpindah ke lain hati di awal tahun 2021 ini. Awalnya, saya memilih mobil ini untuk istri saya namun sepanjang waktu berjalan, saya ikut jatuh hati kepada mobil ini :big_grin:

ImageImage

Spesifikasi
  • MINI Type: R56 Automatic
  • Engine: 1.6L BMW Inline-4
  • Daya/Torsi: 154 Nm / 121 HP
  • FC Dalkot: 1L:12-14 KM
  • FC Luar kota: 1L:16-20 KM
  • BBM: Pertamax Turbo
Saya memutuskan tidak mengambil versi Cooper S karena memang untuk istri. Selain itu, saya ingin coba mobil sport yang sesuai untuk harian dan cocok untuk mengejar waktu saat dibutuhkan :big_slap: Kalo untuk speeding, saya bisa gunakan mobil lainnya.
Untuk harian, tentunya mobil ini lebih memanjakan pengemudi dan penumpang dengan nuansa sporty dibanding comfort. Kebetulan saya juga pengguna Porsche 911, terus terang untuk harian, mobil ini tidak senyaman 911 yang bisa diajak slow-cruising di jalan bergelombang & keriting, night riding yang nyaman dengan suspensi sporty halus tanpa bumpy, take over yang lembut dan bertenaga :big_chicken: :big_slap: waduh ngelantur wkwkk :emo-big_love: BACK TO MINI

Dari sisi engine, walaupun tergolong mobil semi-sport namun tarikan dan kelincahan mobil ini tidak perlu diragukan lagi. Soal hal ini, saya tentunya percaya dengan tuning mesin inline dari BMW. Mungkin kalo diadu drag race dengan Ford Escape 3.0L V6 atau KIA Grand Sedona 3.3L V6 mobil ini bisa saja sulit unggul, namun dengan perpindahan transmisi yang cepat, akselerasi jauh lebih unggul, apalagi kalo driving mode diubah dari Standard ke Sport

ImageImage


Banding-banding..
Kalo membahas mobil sport, tentunya isinya mostly adalah perbandingan :big_grin:
Saya akan coba ulas sedikit perbandingan yang saya dasarkan pada pengalaman memiliki jadi bukan ulasan seperti reviewer mobil. Saya lebih suka membandingkan produk kalo sudah memiliki dan menggunakannya dalam jangka waktu lama.

Paling dekat, perbandingan mobil ini adalah dengan saudaranya sendiri, MINI Cooper F56 JCW. Memang bumi dan langit, yang satu entry level, yang satu flagship :ungg: Keunggulan mobil ini dibanding JCW tentunya konsumsi BBM yang lebih efisien, normal cruising yang lebih nyaman karena pijakan gas masih bisa diatur nyaman untuk dalam kota. Tentunya ini merupakan kekurangan di mobil ini karena kelas semi-sport, namun sekaligus menjadi kelebihannya. Untuk JCW, tentunya tidak perlu diragukan lagi ya, driving mode standard saja pijakan gas bisa dengan mudah membuat mobil menjadi brutal. :big_grin:

Image

Perbandingan lainnya mungkin dengan Mercedes C240 Sport tahun 2006. 2600cc V6 dengan tarikan brutal. Memang secara spesifikasi mesin jauh, namun ini salah satu mobil yang saya pernah punya untuk dibandingan dengan si MINI.

Image

Untuk drag-race saya yakin sulit bagi MINI ini untuk menang dengan C240 Sport, namun untuk kelincahan di jalan raya tentunya MINI lebih unggul, selain pergantian transmisi yang lebih responsif, sistem pengereman yang setara mobil sport lain juga membuat manuver lebih sporty dan nyaman. Sehubungan dengan rem, saya hanya ingin mengingatkan pada teman-teman di sini. Banyak saya lihat mobil 'mahal' (istilah saya utuk mobil sejuta umat :big_peace: ) yang ngebut2 salip-salip di tol. Mohon atensinya ya teman-teman, bagi saya itu sangat teramat BERBAHAYA. Mobil-mobil tersebut tidak di-desain dengan sistem pengereman mobil sport yang sesuai untuk bermanuver di kecepatan tinggi. Lebih berhati-hati ya temans. Hal ini juga yang membuat saya memilih MINI ini dibanding mobil sekelas lainnya, seperti Fiat Abbart 500, FT86, Merc A250 dsb, karena paling tidak buat saya MINI ini memiliki sistem pengereman yang paling mirip dengan mobil sport sesungguhnya, direct grip, tidak ada gejala rollover dan sistem suspensi aktif yang sesuai.

Perbandingan lainya antara lain dengan VW Golf GTI Mk6. Well, ini memang agak ketat ya. Secara driving experience harian tentunya VW Golf jauh lebih memanjakan pengemudi dengan comfort, namun kelincahan memang unggul MINI R56 ini. Handling & Braking menurut saya masih lebih unggul MINI apalagi dikecepatan tinggi. Untuk penampilan, tentunya VW Golf tidak se-eye-catching MINI ini :upss: paling tidak menurut opini saya hehehe


Modif & Asesories
Saya penyuka original, tentunya tidak banyak modifikasi yang saya lakukan di MINI ini. Untuk exterior yang saya ganti hanya antenna belakang dari original panjang ke model Stubby (Genuine) + Kaca Film V-Kool 40 Sekeliling & 70 untuk Windshield, sangat meredam panas.

Antena bawaan
Image

Antena Stubby (Genuine MINI)
Image

Untuk interior, saya hanya mengganti konsole tengah segelondongan dengan konsole tengah MINI Cooper S yang terdapat Foldable Armrest Genuine MINI. Semua asesoris genuine berasal dari ATPM Indonesia. Mau mengemudi santai, turunkan armreset, mau ngebut lipat armrest ke atas :ungg:

Image


Pengalaman berkendara
Sekilas pengalaman berkendara di perkotaan merupakan pengalaman unik tersendiri. Berkunjung ke Mall & tempat-tempat publik lainnya banyak mengundang lirikan orang-orang yang melihat mobil ini :emo-big_love: Saya bahkan pernah menunggu hampir 1 jam untuk masuk ke mobil karena si MINI sedang jadi object foto orang-orang yang lewat.

Image

Sampai saat ini, kilometer baru menyentuh 26-ribu (tepatnya: 26.460 KM). Fasilitas headlamp dengan Automatic Light dan Projector yang secara otomatis bergerak menyesuaikan pencahayaan baik bagi pengemudi bahkan kendaraan dari arah berlawanan memberikan kenyamanan berkendara di malam hari. Rearview Mirror dengan Electrochromatic (Auto-dimming) membantu berkendara di malam hari karena tidak sedikit kendaraan lain yang mengedipkan lampu beam (kode ngajak ngebut) bila ada di belakang mobil ini. Mobil ini juga dilengkapi dengan Headlight washer jet yang membantu membersihkan lampu depan mobil apabila terhalang debu/kotoran.

GoKart feel bener ngga sih ??? Untuk seri R56 ini, Yes. GoKart feel masih mendominasi. Suspensi Rigid, manuver tajam dan pengereman termasuk superb.

Mejeng bersama eyang sepuh :mky_01:
Image

Sudah kemana aja ????
Menjadi salah satu member club MINI, membawa pengalaman berkendara dan bersosialisasi menjadi lebih luas. Baik konvoy ke tempat-tempat bersejarah, merasakan aspal track sentul, bahkan mengunjungi tempat-tempat penting di Indonesia

Tempat bersejarah & iconic di Indonesia
Image Image

Jetski Indonesia & Sentul Track Day
Image Image

Bersama para Super Coach
Image Image

Jangan tanya, kenapa banyak foto untuk mobil imut ini ya hehee. Yang pasti banyak kenangan bersama mobil ini :big_smile]


Kekurangan
Bagi yang hobby banget ngebut, akan lebih baik memilih Cooper S dengan Turbo dibanding MINI ini. Suspensi keras + Ban RFT tentunya bukan halangan bagi pengendara sporty, namun berkendara dengan mobil ini selama 5 jam tanpa henti apalagi diselingi bermacet-macet ria tentunya akan mengubah kenyamanan menjadi 'pegal-pegal' :big_blushing:

Down-spec. Ya, hampir sebagian besar mobil CBU/CKD yang masuk ke Indonesia dilakukan down-spec, MINI ini tidak terkecuali. Satu yang paling mudah terlihat adalah tidak adanya voice command, padahal tombolnya ada di kemudi :mky_05: Lainnya adalah harga yang tergolong tidak murah, saat ini MINI Cooper 3-Door non-turbo harga barunya sudah menyentuh 765jt. Rear Hatch Trunk handle orisinil agak kurang tebal karetnya sehingga mudah robek. Hal ini terjadi di mobil ini, dan sudah saya ganti full-set genuine dari ATPM, karena tidak bisa hanya ganti karet. Kira-kira itu saja yang saya alami, mesin dan lainnya tidak pernah ada komplain selama 7 tahun pemakaian.

Tips Ngebut???
Banyak orang bisa asal ngebut di jalanan, namun sebaiknya kenali terlebih dahulu mobil yang kita gunakan. Perhatikan response manuver, pengereman, akselerasi, body roll dsb. Saya beberapa kali join club sportcar maupun supercar, banyak sebagian dari member kurang mengetahui cara yang aman dalam memacu kendaraannya. Saya ingin berbagi tips untuk teman-teman di sini. Abaikan bagi yang sudah tahu & mengerti :big_think:

Yang paling utama adalah patuhi peraturan lalu lintas, batas kecepatan yang diperbolehkan dan ingat selalu akan keselamatan kita maupun orang lain. Saling menghargai antar pengendara. Lebih baik mengalah daripada 'berbalah'

Point berikutnya, kenali kendaraan yang kita kemudikan mulai dari akselerasi, cengkeraman ban saat jalan kencang dan hard-braking. Perhatikan response mesin dan kemudi saat bermanuver. Yang lainnya, sesuaikan driving position dan konsentrasi. Saat terjadi konvoy atau mengikuti kendaraan di depan, usahakan posisi safety position/formation. Visual mata kita bisa melihat 1 mobil di depan mobil yang ada di hadapan kita dan jarak bumper-to-bumper dengan kendaraan di depan kita minimal 1 mobil. Ilustrasinya kira-kira spt ini (posisi selang-seling). Ingat jarak minimal dengan mobil di depan adalah panjang 1 mobil kita:

Image

Dengan demikian kita bisa menyesuaikan pengereman dengan mobil terjauh dari pandangan kita. Hal ini akan membuat response pengereman dalam kita berkendara lebih baik. Saat terjadi hard-braking (visual: 2-3 kendaraan di depan), konsentrasi dan perhatikan kiri-kanan (blind spot) untuk membuat formasi menghindar secara buang kiri-kanan (seperti bunga mekar). Dengan formasi seperti ini, niscaya keamanan akan lebih baik di kecepatan tinggi sekali pun. Ingat juga, di penjelasan ini saya tidak menyarankan teman-teman untuk berkendara ugal-ugalan di jalan dan melanggar aturan ya. Taati aturan yang ada untuk keselamatan kita dan pengguna jalan lainnya. Mau speeding, ke sirkuit aja lebih baik dan aman.

Italian & Britalian Job
Bagi yang ingin melihat the MINI In Action, bisa kembali menonton film ini sebagai penyemangat aktivitas kita sehari-hari kwkwkk :big_smoking:
Image Image
Image



Semoga teman-teman tidak bosan dengan posting yang panjang ini ya. Terus terang berat bagi saya untuk berpisah dengan mobil ini, oleh sebab itu saya akan sangat mempertimbangkan memilih calon pemilik barunya hehehe :upss: Yang akan tetap saya simpan sebagai kenangan nantinya hanya diecast-nya:

Image Image
Image Image

Note:
Apabila teman-teman SM-ers ada yang berminat bisa japri ya, di post ini saya hanya akan menjawab diskusi seputar pengalaman memiliki MINI Cooper R56 2013 ini saja.

Semoga berkenan & bermanfaat :big_love:

:big_peace:
erwinign
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2688
Joined: 19 Apr 2014, 10:45
Location: SRG

Re: [Review] 2013 MINI Cooper R56

Post by erwinign »

Super duper nice review and singkat-padat-jelas oom!! Dulu pengagum mini, sekarang saya udah bosen. Yg keren dari R56 series buat saya harman/kardonnya. Pernah testing di unit S cabrio, saya highly appreciate sound systemnya yg bener2 hip hop oriented dan emang siap diset jedag jedug, krn door trim dan output suara bener2 ngga ada yg bermasalah pas volum tinggi dan atap dibuka.

Pernah test drive jd penumpang di countryman baru yg 2.0cc, ini yg membuat saya nggak suka lagi sama mini. Bener2 keras bantingannya kaya batu, ntah wkt itu unit tesnya begitu/kepencet suspensinya sport mode sy kurang tau. Selain itu juga ada panel2 yg rattling selama test drive sedenger telinga sy.

Saya bbrp bulan lalu juga smpt fase kaya om ini, smpt berat hati ngelepas cooper saya tapi versi diecastnya :big_biglaugh:
Don't Judge The Book By It's Cover
rakyatwkwkland
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 165
Joined: 01 Sep 2019, 16:45
Location: Jekardah
Daily Vehicle: K15B-4AT

Re: [Review] 2013 MINI Cooper R56

Post by rakyatwkwkland »

:big_love: :big_love: :big_love:

Mobil impian ane... :big_love: :big_love: :big_love:

Yang ane demen dari mini generasi ini speedonya masih di center console. Msh berasa iconic mini jadulnya. Hehehe. Sayang yg generasi terbaru terpaksa pindah ke belakang setir karena kegusur sama mini connect nya, walaupun ada sedikit kompensasi dgn dikasi ambient light yg bisa ngikutin irama pedal gas atau kecepatan sih.

Bagi sebagian orang Indo (atau bahkan kebanyakan orang awam di indo) mini emang agak2 gimana gitu kalo ngeliat harganya ya, masa mubil mahal tapi ukurannya imut2 terus enjinnya ikutan imut. Kalo buat yg paham2 dan udah terlanjur demen macam ane ya walaupun mahal kl ada duitnya mah tetep bakal dijabanin.

Btw, a very nice review oom :off_good_job:
krniawnhdr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1018
Joined: 02 Aug 2018, 11:43
Location: Jakarta

Re: [Review] 2013 MINI Cooper R56

Post by krniawnhdr »

btw, apa bantingannya mini itu lebih keras dari bantingan bmw yang sekeras kehidupan, om?
sendguruh
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 181
Joined: 12 May 2008, 09:07

Re: [Review] 2013 MINI Cooper R56

Post by sendguruh »

tempat makan sidoel di flavor bliss setau saya udah 2 tahunan bangkrut om, apa perasaan saya saja ya???

boleh dijapri mau dilepas brp om... ups
User avatar
vim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2023
Joined: 25 Jul 2008, 15:04
Location: Jakarta Barat

Re: [Review] 2013 MINI Cooper R56

Post by vim »

Halo om erwinign,

Thx atas apresiasinya :big_peace:
Ya benar om, dulu di JWC F56 juga Harman/Kardonnya superb. BMW memang paling jago kalo soal penataan speaker om seperti untuk sensor parkir & suara artificial knalpot di BMW M-Series :big_grin:

Countryman dan MINI2 seri F menurut saya malah lebih empuk om suspensinya, even F56 JCW juga lebih empuk dari MINI saya ini sepertinya. Tapi, terus terang saya belum pernah merasakan kalo jadi penumpang ya om hehehe
erwinign wrote: 17 Jan 2021, 16:12 Saya bbrp bulan lalu juga smpt fase kaya om ini, smpt berat hati ngelepas cooper saya tapi versi diecastnya :big_biglaugh:
wkwk siap om, kalo saya diecastnya mau coba dipertahankan.

Thanx udah mampir ya om :big_okay:
User avatar
vim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2023
Joined: 25 Jul 2008, 15:04
Location: Jakarta Barat

Re: [Review] 2013 MINI Cooper R56

Post by vim »

Om rakyatwkwkland Thx udah mampir om,

Saya doakan semoga impiannya segera terwujud ya om :big_deal:

Benar om rakyat, MINI ini sebenarnya ingin sekali saya simpan karena memang generasi terakhir yang speedonya masih seperti MINI Morris Classic, tapi ya apa boleh dikata hehehe.

Thx ya om sudah mampir. :big_okay:
rakyatwkwkland wrote: 17 Jan 2021, 18:31 :big_love: :big_love: :big_love:

Mobil impian ane... :big_love: :big_love: :big_love:

Yang ane demen dari mini generasi ini speedonya masih di center console. Msh berasa iconic mini jadulnya. Hehehe. Sayang yg generasi terbaru terpaksa pindah ke belakang setir karena kegusur sama mini connect nya, walaupun ada sedikit kompensasi dgn dikasi ambient light yg bisa ngikutin irama pedal gas atau kecepatan sih.

Bagi sebagian orang Indo (atau bahkan kebanyakan orang awam di indo) mini emang agak2 gimana gitu kalo ngeliat harganya ya, masa mubil mahal tapi ukurannya imut2 terus enjinnya ikutan imut. Kalo buat yg paham2 dan udah terlanjur demen macam ane ya walaupun mahal kl ada duitnya mah tetep bakal dijabanin.

Btw, a very nice review oom :off_good_job:
User avatar
vim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2023
Joined: 25 Jul 2008, 15:04
Location: Jakarta Barat

Re: [Review] 2013 MINI Cooper R56

Post by vim »

krniawnhdr wrote: 17 Jan 2021, 18:51 btw, apa bantingannya mini itu lebih keras dari bantingan bmw yang sekeras kehidupan, om?
Halo om krniawnhdr, thx udah mampir. Saya kebetulan bukan fans BMW, tapi pernah beberapa kali nyoba level sekelas. Kalo menurut saya bantingannya tetap lebih keras MINI om hehehe.

:big_comfort:
User avatar
vim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2023
Joined: 25 Jul 2008, 15:04
Location: Jakarta Barat

Re: [Review] 2013 MINI Cooper R56

Post by vim »

Halo om sendguruh,

Thx sudah mampir. Benar om, restonya bang doel itu dulu sudah tutup lama, skrng pindah ke rumahnya bang Rano. Itu oplet udah ditawar2 kekeuh ngga dijual om wwkwk Legenda memang. :big_smile] Sudah saya japri ya om.

Thx atas atensinya :big_deal:
sendguruh wrote: 17 Jan 2021, 19:41 tempat makan sidoel di flavor bliss setau saya udah 2 tahunan bangkrut om, apa perasaan saya saja ya???

boleh dijapri mau dilepas brp om... ups
erwinign
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2688
Joined: 19 Apr 2014, 10:45
Location: SRG

Re: [Review] 2013 MINI Cooper R56

Post by erwinign »

vim wrote: 17 Jan 2021, 20:30 Halo om erwinign,

Thx atas apresiasinya :big_peace:
Ya benar om, dulu di JWC F56 juga Harman/Kardonnya superb. BMW memang paling jago kalo soal penataan speaker om seperti untuk sensor parkir & suara artificial knalpot di BMW M-Series :big_grin:

Countryman dan MINI2 seri F menurut saya malah lebih empuk om suspensinya, even F56 JCW juga lebih empuk dari MINI saya ini sepertinya. Tapi, terus terang saya belum pernah merasakan kalo jadi penumpang ya om hehehe
erwinign wrote: 17 Jan 2021, 16:12 Saya bbrp bulan lalu juga smpt fase kaya om ini, smpt berat hati ngelepas cooper saya tapi versi diecastnya :big_biglaugh:
wkwk siap om, kalo saya diecastnya mau coba dipertahankan.

Thanx udah mampir ya om :big_okay:
BMW group buat saya juga nggak main2 juga soal exhaust system om, krn mereka invest besar di RnD knalpot ini dan combine dg mapping ECUnya yg jago. Jadi mau se-regular mesin M43 di E46 pas baru pun even cooper R56 kaya punya om pasti secara driving exp, orang2 yg coba bakal sangat impressed. Kaya mikirnya "mesin biasa aja kok bisa se nendang ini feelnya". Itu yg saya dapet.

Sound system sih memang bener mersi sedikit kurang mantep dr BMW om, saya nyoba di seri 7 G11 bowers-wilkins dan compare ke W222 FL yg burmester detil outputnya mersi masih kalah sedikit
Don't Judge The Book By It's Cover
KielConstantine
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 973
Joined: 03 Jul 2013, 13:23
Location: Indonesia

Re: [Review] 2013 MINI Cooper R56

Post by KielConstantine »

Thanks ya om vim reviewnya bagus. [emo-mark-A]

Semoga nanti pas laku jatoh ke tangan yg benar mini-nya. Dirawat yang baik gituuu..

Boleh nih di-review 911nya om vim ... :big_comfort:
Belom ada yg review dari segi ownership. Penasaran ane, gimana pengalaman ngerawat sebuah porsche.. ayoo yah yah :big_cat:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
HaykelAdityawarman
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 137
Joined: 06 Mar 2019, 09:15
Location: Greater Jakarta
Daily Vehicle: 2015 Mitsubishi A03A 3A92 GLX MT

Re: [Review] 2013 MINI Cooper R56

Post by HaykelAdityawarman »

Saya seneng baca review om vim, dari yang Grand Sedona sama yang ini soalnya menitik beratkan ke driving dan owning experience mobil tsb, berbeda dari review kebanyakan yang cuman nampilin fitur kendaraannya saja (come on, fitur kita bisa lihat sendiri dari gambar dan brochure yang ada).

Semoga om vim kedepannya berkenan review mobil2 lainnya yang om punya :D
Current: 2008 Mitsubishi CY4A 4B11 CVT

Others:
2020 2GD-FTV AT / 2019 PQ26-6C 1.2 TSI DSG / 2019 Kwid Climber AMT / 2013 GM2 L15A AT / 2003 E46 M54B25 AT
addicted2turbo
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 30
Joined: 06 Nov 2015, 08:57

Re: [Review] 2013 MINI Cooper R56

Post by addicted2turbo »

Keren om vim untuk review nya, terima kasih ya om. :big_exellent:

Saya emang suka ama mini yg mesin nya masih 1.6 ini, karena body nya masih compact dan kecil, persis seperti nama nya.
Om vim, kalo boleh share2 juga pengalaman merawat Mini yg model ini, terutama kendala2 di luar standard wear-and-tear nya. Saya sebenarnya tertarik untuk koleksi mini yg ini, cuman kuatir kalo baca2 di forum seri yg ini kurang reliabel. Cuman emang review lebih banyak yg cooper S, bukan yg model punya om.

Sekalian boleh dibisikin lewat japri mau di lepas berapa om, siapa tahu niat dari dulu utk koleksi mini bisa kejadian :big_grin:
User avatar
vim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2023
Joined: 25 Jul 2008, 15:04
Location: Jakarta Barat

Re: [Review] 2013 MINI Cooper R56

Post by vim »

Setuju om erwinign,

Memang mereka beberapa tahun terakhir cukup serius, malah secara design jg banyak peningkatan, malah Merc nih yang menurut saya 'kok jadi gini????' :big_dunno:

Thx ya om :big_okay:
erwinign wrote: 17 Jan 2021, 21:47
vim wrote: 17 Jan 2021, 20:30 Halo om erwinign,

Thx atas apresiasinya :big_peace:
Ya benar om, dulu di JWC F56 juga Harman/Kardonnya superb. BMW memang paling jago kalo soal penataan speaker om seperti untuk sensor parkir & suara artificial knalpot di BMW M-Series :big_grin:

Countryman dan MINI2 seri F menurut saya malah lebih empuk om suspensinya, even F56 JCW juga lebih empuk dari MINI saya ini sepertinya. Tapi, terus terang saya belum pernah merasakan kalo jadi penumpang ya om hehehe
erwinign wrote: 17 Jan 2021, 16:12 Saya bbrp bulan lalu juga smpt fase kaya om ini, smpt berat hati ngelepas cooper saya tapi versi diecastnya :big_biglaugh:
wkwk siap om, kalo saya diecastnya mau coba dipertahankan.

Thanx udah mampir ya om :big_okay:
BMW group buat saya juga nggak main2 juga soal exhaust system om, krn mereka invest besar di RnD knalpot ini dan combine dg mapping ECUnya yg jago. Jadi mau se-regular mesin M43 di E46 pas baru pun even cooper R56 kaya punya om pasti secara driving exp, orang2 yg coba bakal sangat impressed. Kaya mikirnya "mesin biasa aja kok bisa se nendang ini feelnya". Itu yg saya dapet.

Sound system sih memang bener mersi sedikit kurang mantep dr BMW om, saya nyoba di seri 7 G11 bowers-wilkins dan compare ke W222 FL yg burmester detil outputnya mersi masih kalah sedikit
User avatar
vim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2023
Joined: 25 Jul 2008, 15:04
Location: Jakarta Barat

Re: [Review] 2013 MINI Cooper R56

Post by vim »

Thx om Kiel,

Iya om saya berharap juga begitu. Siap om, nanti saya pikirkan untuk review 911 ya, sudah lama berpindah tangan. Awalnya saya pake cayman sekitar 1,5 thn-an, upgrade ke 911 hanya sekitar 5 bulan kalo tidak salah. Sempet ngaco beli Cayman R (Sama spt 911 R -> Mobil paling tidak enak dibawa di jalan biasa wkwk) Namun, pengalaman sebentar itu yang memang tak terlupakan sampai skrg. Kangen balik lagi hehehe :mky_02:

Thx om Keil sudah mampir :big_peace:

KielConstantine wrote: 17 Jan 2021, 23:44 Thanks ya om vim reviewnya bagus. [emo-mark-A]

Semoga nanti pas laku jatoh ke tangan yg benar mini-nya. Dirawat yang baik gituuu..

Boleh nih di-review 911nya om vim ... :big_comfort:
Belom ada yg review dari segi ownership. Penasaran ane, gimana pengalaman ngerawat sebuah porsche.. ayoo yah yah :big_cat:
thewatchandco
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: 18 Jan 2021, 11:18

Re: [Review] 2013 MINI Cooper R56

Post by thewatchandco »

Salam kenal om Vim, kl ngga keberatan boleh di DM harganya :)

thanks
User avatar
vim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2023
Joined: 25 Jul 2008, 15:04
Location: Jakarta Barat

Re: [Review] 2013 MINI Cooper R56

Post by vim »

Om Haykel thx sudah mampir, thx juga atas apresiasinya ya om.

Kebetulan saya merasa lebih nyaman kalo review setelah menggunakannya dalam jangka waktu yang lama. Kadang, mobil kalo kita kendarai baru 1-2 minggu apalagi 1-2 hari belum mencakup semua aspek. Seperti hal kecil, misalnya saat bermacet ria apakah posisi layout dashboard, seating dsb mendukung kenyamanan atau tidak. Saya share sekilas, buat saya mobil penumpang yang menurut saya paling nyaman untuk bermacet ria adalah Merc E300 Elegance W212 kemarin. Alasannya, selama bertahun-tahun berkendara dan compare dengan mobil lainnya, saat macet, posisi berkendara membuat pengemudi nyaman mengubah2 audio dari radio, usb dsb. Dan, ini yang paling penting: Entah mengapa, setiap bermacet ria dengan mobil ini di rute yang sama, saya tidak pernah mengalami kebelet (sorry) 'buang air kecil' walaupun macet 1-2 jam. Hal ini berbeda kalo di mobil lain (setidaknya yang saya pernah coba). Hal2 kecil seperti ini yang mungkin bisa luput dari review sekilas.

Siap om, saya akan pertimbangkan saran om untuk review mobil2 lainnya. Tidak banyak kok om, masih ada yang punya mobil jauh lebih banyak :big_smile] Saya hanya review semampunya saja hehehe

Thx ya om Haykel :big_grin:
HaykelAdityawarman wrote: 18 Jan 2021, 08:47 Saya seneng baca review om vim, dari yang Grand Sedona sama yang ini soalnya menitik beratkan ke driving dan owning experience mobil tsb, berbeda dari review kebanyakan yang cuman nampilin fitur kendaraannya saja (come on, fitur kita bisa lihat sendiri dari gambar dan brochure yang ada).

Semoga om vim kedepannya berkenan review mobil2 lainnya yang om punya :D
User avatar
pendoli
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 635
Joined: 01 Jan 2016, 21:51

Re: [Review] 2013 MINI Cooper R56

Post by pendoli »

Mantep om vin reviewnya
Kalo soal perawatan gimana om? Istri naksir banget sama mini clubman tapi karena ga pernah pengalaman sama Mini atau BMW jadi masi takut2 heuheu
User avatar
vim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2023
Joined: 25 Jul 2008, 15:04
Location: Jakarta Barat

Re: [Review] 2013 MINI Cooper R56

Post by vim »

Halo om addicted2turbo,

Thx atas apresiasinya ya om. Masih banyak kekurangan om, masih harus banyak belajar dengan para suhu :big_comfort:
Benar om, terus terang yang generasi berikutnya seri F-56 sudah bukan mini lagi bodynya, saya pun agak kurang favorit. Waktu itu ambil JCW hanya untuk test aja spt apa. Sekarang teman-teman di club banyak yang ambil MINI GP3, ini memang super tapi harganya nambah dikit dapet Porsche Boxter tuh hehehe.

Baik om, saya coba ulas sekilas ya. Saya bersama MINI ini sudah 7 tahun dari baru dan dari awal ATPM Maxindo MINI. Saat ini sudah ada 2 distributor Maxindo MINI dan Plaza MINI. Kebetulan, saya selalu percayakan mobil ini ke Maxindo, selain clubnya juga dibawah Maxindo. Sepanjang ini, saya tidak pernah sekalipun mengalami permasalahan mesin parah. Pernah ada busi yang lemah atau mati waktu itu saya tidak merasakannya kalo tidak di info oleh beres, karena mesin tidak mengalami pincang atau under power. Terus terang, memang selama ini sebagian besar permasalahan datang dari Cooper S Turbo. Saya melihat, owner yang standard saja tidak pakai stage2-an pernah mengalami masalah. Yang harus diperhatikan, umumnya pemilik Cooper S atau JWC suka 'gatel' untuk tuning ulang performa, nah ini bisa saja menjadi awal masalah. Sepanjang standard, saya tidak pernah mengalami ada trouble di engine walaupun di-geber2 maximal. Ini pengalaman saya ya om.

Satu point yang tidak disponsori ya. Sampai saat ini, support dari ATPM Maxindo MINI sangat superb. Tahun-tahun awal memang agak mengecewakan, nunggu daftar service bisa seharian dan bahkan saya pernah kehilangan barang di dalam mobil. Saya tidak pernah mengalami ini di ATPM lain. Namun, setelah itu service mereka jauh lebih baik. Saat ini, mereka mantain club dan service sangat baik bahkan untuk emergency service istilahnya 'gercep' (gerak cepat). Boleh saya bilang, siapapun pemilik MINI ATPM tidak perlu kuatir soal service. Yang penting pemakaian normal dan service rutin.

Sama seperti mobil eropa lain, mobilnya akan menginformasikan kapan harus service, jadi kita hanya mengikuti saja. Pernah ada rumor kalo semua tipe dari Merc & BMW sudah diset misalnya 5 tahun harus ganti komponen ini itu yang besar. Berdasarkan pengalaman saya selama ini, Merc E-Class 10 tahun, Merc S-Class 8 tahun, Merc GL 5 tahunan, MINI R56 7 tahun, MINI JCW 1 tahunan menurut saya tidak terbukti rumor tersebut.

Untuk MINI Cooper non turbo ini, menurut saya sangat minim trouble. Rattle sedikit2 juga disebabkan oleh cover penutup ruang bagasi aja. Kaki2 jg aman melewati jalan keriting atau bergelombang. Kira-kira itu pengalaman saya ya om.

Semoga berkenan & bermanfaat. Silahkan dilirik2 om hehehe

:big_peace:

addicted2turbo wrote: 18 Jan 2021, 09:26 Keren om vim untuk review nya, terima kasih ya om. :big_exellent:

Saya emang suka ama mini yg mesin nya masih 1.6 ini, karena body nya masih compact dan kecil, persis seperti nama nya.
Om vim, kalo boleh share2 juga pengalaman merawat Mini yg model ini, terutama kendala2 di luar standard wear-and-tear nya. Saya sebenarnya tertarik untuk koleksi mini yg ini, cuman kuatir kalo baca2 di forum seri yg ini kurang reliabel. Cuman emang review lebih banyak yg cooper S, bukan yg model punya om.

Sekalian boleh dibisikin lewat japri mau di lepas berapa om, siapa tahu niat dari dulu utk koleksi mini bisa kejadian :big_grin:
User avatar
vim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2023
Joined: 25 Jul 2008, 15:04
Location: Jakarta Barat

Re: [Review] 2013 MINI Cooper R56

Post by vim »

Halo om pendoli,

Thx atas apresiasinya, terima kasih jg sudah mampir ya om. Untuk perawatan sudah saya coba paparkan di atas ya om, intinya tidak perlu kuatir, karena ATPM cukup responsive.

Saya sendiri fans jg dengan Clubman, buat saya kebetulan prefer Clubman dibanding Countryman. Kalo untuk pemakaian normal ada baiknya ambil yang non turbo om, nyamannya masih dapet, mau sedikit ngebut jg bisa. Kalo versi Turbo apalagi JCW, setiap berkendara harus 'melek' atau konsentrasi penuh om, karena pijakan gasnya bisa jadi brutal.

Sebagai informasi, menurut beberapa info kecelakaan sportcar di dunia diisi oleh brand paling atas Lambo dan selanjutnya MINI. Jadi, MINI termasuk salah satu penyumbang angka kecelakaan tersebut. Mengapa??? Kalo Lambo, berdasarkan pengalaman saya, kadang orang suka tidak nyadar selain power besar, mesin dengan layout mid-engine membutuhkan konsentrasi tinggi dalam bermanuver. Apalagi Aventador yang masih single-clutch, jedak-jeduk perpindahan transmisi dapat membuat pengemudi semakin terpacu 'bejeg' gas. Seperti rata-rata kecelakaan Porsche Boxter/Cayman dengan Mid-Engine sedikit salah manuver mobil bisa melintir. MINI orang sering menganggap mobil kecil fun to drive, jadi kadang mengabaikan powernya. Masalahnya, power akan tiba2 menjadi besar saat di-geber dengan ratio berat mobil yang ringan, sehingga pengemudi terlambat berkonsentrasi. Mungkin ini beberapa hal yang perlu diperhatikan ya om, disesuaikan dengan kebutuhan.

Semoga bermanfaat dan berkenan ya om :big_peace:
pendoli wrote: 18 Jan 2021, 11:39 Mantep om vin reviewnya
Kalo soal perawatan gimana om? Istri naksir banget sama mini clubman tapi karena ga pernah pengalaman sama Mini atau BMW jadi masi takut2 heuheu
User avatar
pendoli
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 635
Joined: 01 Jan 2016, 21:51

Re: [Review] 2013 MINI Cooper R56

Post by pendoli »

I see, thanks om. Masukan buat NA vs turbo nya eye opening banget, belum pernah test drive juga sih soalnya hehe
User avatar
vim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2023
Joined: 25 Jul 2008, 15:04
Location: Jakarta Barat

Re: [Review] 2013 MINI Cooper R56

Post by vim »

Siap om, thx jg bs sharing. Saya doakan semoga suatu saat om pendoli bs test drive jg.

Saya sangat menentang terjadinya kecelakaan, dalam hal ini kecelakaan berkendara. Oleh sebab itu, sebaiknya kita kenali mobil yg akan kita gunakan, dan di sisi lain mental serta karakter kita sebagai pengemudi jg harus disiapkan bahkan disesuaikan dengan kendaraannya. Baik kendaraan niaga biasa atau supercar.

Modif atau tuning mobil blh kok tp imbangi jg dgn komponen penting lainnya, ada up-force downforce. Sistem braking, steering wheel, tyre dsb. Mobil apa pun bs dibuat sekencang mungkin tp tanpa research yg baik tentunya hanya jadi 'gerobak pengantar nyawa' :big_dunno:

Semoga bermanfaat & berkenan ya om :big_grin:
pendoli wrote: 18 Jan 2021, 13:13 I see, thanks om. Masukan buat NA vs turbo nya eye opening banget, belum pernah test drive juga sih soalnya hehe
Redboost
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 32
Joined: 14 Feb 2017, 19:08
Location: CGK-SRG

Re: [Review] 2013 MINI Cooper R56

Post by Redboost »

keren review nya om mini cooper mau yg lama sampe baru selalu eye catching dan sering jadi artis dadakan di parkiran cuman entah kenapa yg F56 kyk abis di entup tawon jadi bengkak :big_childish:
1996 Honda GL100 CDI
2006 Honda Supra X 125 NF125SD
2006 Toyota Kijang Innova G 1TR-FE M/T
2018 Toyota Kijang Innova G 1TR-FE A/T
User avatar
pendoli
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 635
Joined: 01 Jan 2016, 21:51

Re: [Review] 2013 MINI Cooper R56

Post by pendoli »

vim wrote: 18 Jan 2021, 13:37 Siap om, thx jg bs sharing. Saya doakan semoga suatu saat om pendoli bs test drive jg.

Saya sangat menentang terjadinya kecelakaan, dalam hal ini kecelakaan berkendara. Oleh sebab itu, sebaiknya kita kenali mobil yg akan kita gunakan, dan di sisi lain mental serta karakter kita sebagai pengemudi jg harus disiapkan bahkan disesuaikan dengan kendaraannya. Baik kendaraan niaga biasa atau supercar.

Modif atau tuning mobil blh kok tp imbangi jg dgn komponen penting lainnya, ada up-force downforce. Sistem braking, steering wheel, tyre dsb. Mobil apa pun bs dibuat sekencang mungkin tp tanpa research yg baik tentunya hanya jadi 'gerobak pengantar nyawa' :big_dunno:

Semoga bermanfaat & berkenan ya om :big_grin:
pendoli wrote: 18 Jan 2021, 13:13 I see, thanks om. Masukan buat NA vs turbo nya eye opening banget, belum pernah test drive juga sih soalnya hehe
Setuju banget om, buat saya mah lebih penting drivability drpd cuma incer ngebut, dah jarang ngebut2 haha mending dibuat lebih enak sesuai dengan driving style masing2 aja biar bisa selalu senyum 😆😆😆
erwinign
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2688
Joined: 19 Apr 2014, 10:45
Location: SRG

Re: [Review] 2013 MINI Cooper R56

Post by erwinign »

Redboost wrote: 18 Jan 2021, 13:56 keren review nya om mini cooper mau yg lama sampe baru selalu eye catching dan sering jadi artis dadakan di parkiran cuman entah kenapa yg F56 kyk abis di entup tawon jadi bengkak :big_childish:
:wkkk: :wkkk: :wkkk: dientup tawon, bahasa semarang banget om
Don't Judge The Book By It's Cover
Post Reply