Ford focus s 2012 2.0 Duratec hatchback daily use
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Newbie
- Posts: 14
- Joined: Sat Jan 30, 2021 3:25
- Daily Vehicle: Ford focus
Ford focus s 2012 2.0 Duratec hatchback daily use
Halo rekan2 SM salam kenal, thread pertama saya di SM saya mau berbagi pengalaman dsn review boil harian saya pemakaian selama kurang lebih 4 tahunan
Pertama kali ngambil mobil ini tahun 2016 pada saat FMI cabut 185 jt. Keadaan 2nd, ban michelin primacy LC masih bawaan, aki 65 ah yang kebetulan harus diganti, kilometernya masih rendah banget 20.000 km, ownernya bilang ga pernah minum RON dibawah 95. Ya sudah sikat dah.
Impresi pertama saya dengan mobil ini adalah fiturnya yang maju 10 tahun kedepan. Mungkin bisa dibilang ford terlalu berani membekali fitur2 yang ada di mobil sekarang pada tahun 2012.
Setahu saya ford pada saat produksi focus ini join venture dengan volvo jadi aspek safety dan fun to drive sangat dikedepankan. Sensor parkir 9 biji, safety lengkap ampe 6 airbag vcs abs hil assist dll pasti ada lah y. Karena di eropa sana sifatnya mandatory. Lalu ada jg active city stop, paralel parkir assist, auto wiper headlamp auto adjust sampe cornering lamp ada juga, audio 9 speaker by sony plus headunit sony dan kabin supeeer kedap
Sesuai slogannya volvo makes best vehicle ford running a business
FYI mobil sebelum saya adalah vw golf mk6 jadi nanti saya akan jadikan bahan komparasi dikit. Karena emang FF ini segmennya untuk menyaingi vw golf di benua eropa sana. Ford of europe ya bukan ford america
Ngomongin positifnya dulu aja ya.
Driving impression mobil ini rasanya menyatu dengan badan, joknya sporty banget berasa dipeluk jadi manuver2 badan ga bakal mental2. Suspensi reboundnya pas, ga terlalu empuk dan ga terlalu keras, diajak ngebut ampe 160 juga belok tajem body roll g berasa, o iya bannya michelin ya hehe. Komposisi stir saat belok juga terasa pas banget jalan pelan dan kencang jg pas dan presisi mungkin berkat EPS dan bobotnya. Kalau ada yg pernah punya vw golf mk6, driving impressionnya hampir sama lah dengan FF ini. Soal mesin duratec 2.0, mobil saya sudah berjalan hampir 90.000 km mungkin bisa dibilang ini salah satu mesin paling reliable yang pernah saya pakai. Ga pernah jajan aneh2 palingan y paking2 karet aja biasa umur.
Fuel cons juga bisa dibilang irit dengan perfoma 2.0 segmen hot hatchback, saya tinggal di jaksel punya anak 1 tahun banyak stop n go dan kalo anak tidur di mobil nyampe tujuan ga langsung turun jd banyak idle, itu ga pernah dibawah 1:9. Saya yakin ford memakai DCT pada focus tujuannya adalah fuel economy dan perfomance. Mutlak. Perfomanya jempolan, perpindahan gigi alusssss luss apalagi pas kick down terasa ga ada power yang terbuang ya walaupun DCT terbaik masih dipegang DSGnya vw menurut subjektif saya. Tapi setidaknya powershift DCT ini bisa nyaingin DSG. Dan yang saya suka perawatan DCT ini ga perlu ganti oli per 10.000km kayak CVT or torque convrt, Walaupuuuuun ada saatnya DCT ini harus ganti kopling beserta lever2nya layaknya transmisi manual dan harganyapun lumayan. Tapi kalau diitung2 sampe 100.000 km ngerawat DCT dengan matic lainnya lebih efisien DCT. Kalau mau murah cari di ebay merk LUK, pajak beanya juga ga gede2 amat.
Trus walaupun ground clearence rendah kalau g salah 110mm, saya pakai di jalanan jakarta hampir ga pernah mentok jalan. Menurut penilaian saya, karena komposisi dari jarak wheelbase, rebound suspensi serta bentuk bumper2nya sudah diperhitungkan ideal utk cityroad dan highway. No offense ni alm.bapak saya pernah punya odyssey RB2 dan camry 2008 padahal GCnya lebih tinggi, tapi karena terlalu empuk gilee hobinya grosok truus
Nah sekarang saya omongin yang kurang-kurangnya.
Kabin ga terlalu luas, cukup untuk keluarga kecil saya istri masih 1 anak 1. Baris kedua lebih sempit dibandingin vw golf. Yang paling saya tidak suka dari mobil ini Tidak ada ISOFIX, karena saya penganut baby carseat. 6 airbag fitur safety lengkap tapi tidak ada isofix kayak makan indomie ga pake bumbu.
Ini mobil anti banget sama yang namanya banjir. Undertray sangat berperan kalau lagi nerabas genangan air jangan sampe salah satu kancing2nya ilang atau malah paling parah ga pake undertraynya, bunuh diri. Saya pernah liat ford fiesta ganti gelondongan DCTnya karena karatan kerendam banjir, sepaket tu DCT TCM PCM
Lampu HID bawaannya kurang terang, lampu cornering juga kurang terang. Fitur auto park buat pamer doang, jarang dipake
Trus mesin duratec berkarakter punya getaran hebat, jadi vibrasi sampai kabin agak terasa walaupun ga ganggu2 banget padahal mounting masih bulet.
Pasti pernah denger kan DCT ford ringkih, TCMnya sering kena. Nah sharing aja nih, DCT bisa dibilang bukan matic, DCT adalah transmisi manual yang dikomputerisasikan. Sama kok dengan VW, TCM=Mechatronic si komputernya yang ngebaca style irama kaki kita gmn dan mekanismenya menggerakkan kopling. Yang namanya komputer berkaitan besar dengan daya listrik dan daya listrik yang dibutuhkan TCM ini besar. Makanya peran aki sangat besar disini, minimal 80ah dan kalau udah lemah mutlak harus ganti ga boleh nego. Karena mobil ini membutuhkan banyak daya listrik, audio bejibun, EPS, TCM, modul abs, sensor2an banyak lagi dah. Kalau saya aki udah umur 18 bulan ganti walaupun masih bagus juga tetep ganti. Kasus ganti modul abs, sensor, sampai EPS rusak prematur besar kemungkinan aki soak dipaksain starter bahkan nyala secara jumper
Cara make DCTpun juga beda dengan matic lain. Ga perlu dijelasin lagi kali ya mungkin udah sering denger ya berhenti lama jangan dipaksa di D harus ke N, terutama di jalan nanjak dan turunan. Ini ga berlaku di VW karena mereka ada fitur autohold. Sebenarnya ini upaya untuk ningkatin umur kopling DCTnya aja.
Masalah DCT Powershift ford ini sudah menjadi isu global, sampai2 ada class lawsuit di amerika sana untuk ford karena masalah transmisi mereka rusak secara prematur, tapi mobil ini laku banget di benua eropa karena orang sana udah terbiasa dengan DSGnya VW dikasih DCT ford geli2
Ribet ya? Iya makanya saya masukin di feedback negatif, mesti edukasi dikit
Untuk perawatan dan sparepart
No worries bro, melimpah di marketplace indo kalau mau murah seperti gw bilang eb*y dan all*express karena penggemar focus di luar sana banyak.
Sejauh ini sparepart yang udah diganti shockbreaker depan belakang, kampas rem depan, selang cooling tabung reservoir karena getas aja bukan karena bocor, gasket engine, TCM (garansi), ban 4 biji michelin primacy 4. Di 90.000 km mungkin akan ganti mounting.
Bengkel? Banyaaaaak bengkel non resmi udah mulai menjamur.
Malah diluarkota bengkel spesialisnya juga buanyak karena tertolong populasi sodara2 ganteng laki2nya yang cukup banyak ranger n everest.
FYI aja nih sparepart ford dipegang resmi oleh RMA sejak FMI cabut, good newsnya TCM yang ada di DCT dicover garansi free 10 tahun oleh RMA, dan saya baru klaim karena mengingat garansi habis di 2022 awal.
Diluar isu global dan negatif feedback tentang reliability mobil ford ini, sofar saya cukup puas pakai FF. Selama maintain masalah electrical dan cooling system, mobil ini baik2 aja isu global jadi terdengar politis.
U r gonna love or hate this car
Paling itu aja sih, mudah2an bermanfaat untuk para rekan2 SM mungkin kalau ada yang kurang2 mohon ditambah oleh para rekan2 SM dan maaf kalau ada kata2 yang tak berkenan dan ada kekeliruan
Pertama kali ngambil mobil ini tahun 2016 pada saat FMI cabut 185 jt. Keadaan 2nd, ban michelin primacy LC masih bawaan, aki 65 ah yang kebetulan harus diganti, kilometernya masih rendah banget 20.000 km, ownernya bilang ga pernah minum RON dibawah 95. Ya sudah sikat dah.
Impresi pertama saya dengan mobil ini adalah fiturnya yang maju 10 tahun kedepan. Mungkin bisa dibilang ford terlalu berani membekali fitur2 yang ada di mobil sekarang pada tahun 2012.
Setahu saya ford pada saat produksi focus ini join venture dengan volvo jadi aspek safety dan fun to drive sangat dikedepankan. Sensor parkir 9 biji, safety lengkap ampe 6 airbag vcs abs hil assist dll pasti ada lah y. Karena di eropa sana sifatnya mandatory. Lalu ada jg active city stop, paralel parkir assist, auto wiper headlamp auto adjust sampe cornering lamp ada juga, audio 9 speaker by sony plus headunit sony dan kabin supeeer kedap
Sesuai slogannya volvo makes best vehicle ford running a business
FYI mobil sebelum saya adalah vw golf mk6 jadi nanti saya akan jadikan bahan komparasi dikit. Karena emang FF ini segmennya untuk menyaingi vw golf di benua eropa sana. Ford of europe ya bukan ford america
Ngomongin positifnya dulu aja ya.
Driving impression mobil ini rasanya menyatu dengan badan, joknya sporty banget berasa dipeluk jadi manuver2 badan ga bakal mental2. Suspensi reboundnya pas, ga terlalu empuk dan ga terlalu keras, diajak ngebut ampe 160 juga belok tajem body roll g berasa, o iya bannya michelin ya hehe. Komposisi stir saat belok juga terasa pas banget jalan pelan dan kencang jg pas dan presisi mungkin berkat EPS dan bobotnya. Kalau ada yg pernah punya vw golf mk6, driving impressionnya hampir sama lah dengan FF ini. Soal mesin duratec 2.0, mobil saya sudah berjalan hampir 90.000 km mungkin bisa dibilang ini salah satu mesin paling reliable yang pernah saya pakai. Ga pernah jajan aneh2 palingan y paking2 karet aja biasa umur.
Fuel cons juga bisa dibilang irit dengan perfoma 2.0 segmen hot hatchback, saya tinggal di jaksel punya anak 1 tahun banyak stop n go dan kalo anak tidur di mobil nyampe tujuan ga langsung turun jd banyak idle, itu ga pernah dibawah 1:9. Saya yakin ford memakai DCT pada focus tujuannya adalah fuel economy dan perfomance. Mutlak. Perfomanya jempolan, perpindahan gigi alusssss luss apalagi pas kick down terasa ga ada power yang terbuang ya walaupun DCT terbaik masih dipegang DSGnya vw menurut subjektif saya. Tapi setidaknya powershift DCT ini bisa nyaingin DSG. Dan yang saya suka perawatan DCT ini ga perlu ganti oli per 10.000km kayak CVT or torque convrt, Walaupuuuuun ada saatnya DCT ini harus ganti kopling beserta lever2nya layaknya transmisi manual dan harganyapun lumayan. Tapi kalau diitung2 sampe 100.000 km ngerawat DCT dengan matic lainnya lebih efisien DCT. Kalau mau murah cari di ebay merk LUK, pajak beanya juga ga gede2 amat.
Trus walaupun ground clearence rendah kalau g salah 110mm, saya pakai di jalanan jakarta hampir ga pernah mentok jalan. Menurut penilaian saya, karena komposisi dari jarak wheelbase, rebound suspensi serta bentuk bumper2nya sudah diperhitungkan ideal utk cityroad dan highway. No offense ni alm.bapak saya pernah punya odyssey RB2 dan camry 2008 padahal GCnya lebih tinggi, tapi karena terlalu empuk gilee hobinya grosok truus
Nah sekarang saya omongin yang kurang-kurangnya.
Kabin ga terlalu luas, cukup untuk keluarga kecil saya istri masih 1 anak 1. Baris kedua lebih sempit dibandingin vw golf. Yang paling saya tidak suka dari mobil ini Tidak ada ISOFIX, karena saya penganut baby carseat. 6 airbag fitur safety lengkap tapi tidak ada isofix kayak makan indomie ga pake bumbu.
Ini mobil anti banget sama yang namanya banjir. Undertray sangat berperan kalau lagi nerabas genangan air jangan sampe salah satu kancing2nya ilang atau malah paling parah ga pake undertraynya, bunuh diri. Saya pernah liat ford fiesta ganti gelondongan DCTnya karena karatan kerendam banjir, sepaket tu DCT TCM PCM
Lampu HID bawaannya kurang terang, lampu cornering juga kurang terang. Fitur auto park buat pamer doang, jarang dipake
Trus mesin duratec berkarakter punya getaran hebat, jadi vibrasi sampai kabin agak terasa walaupun ga ganggu2 banget padahal mounting masih bulet.
Pasti pernah denger kan DCT ford ringkih, TCMnya sering kena. Nah sharing aja nih, DCT bisa dibilang bukan matic, DCT adalah transmisi manual yang dikomputerisasikan. Sama kok dengan VW, TCM=Mechatronic si komputernya yang ngebaca style irama kaki kita gmn dan mekanismenya menggerakkan kopling. Yang namanya komputer berkaitan besar dengan daya listrik dan daya listrik yang dibutuhkan TCM ini besar. Makanya peran aki sangat besar disini, minimal 80ah dan kalau udah lemah mutlak harus ganti ga boleh nego. Karena mobil ini membutuhkan banyak daya listrik, audio bejibun, EPS, TCM, modul abs, sensor2an banyak lagi dah. Kalau saya aki udah umur 18 bulan ganti walaupun masih bagus juga tetep ganti. Kasus ganti modul abs, sensor, sampai EPS rusak prematur besar kemungkinan aki soak dipaksain starter bahkan nyala secara jumper
Cara make DCTpun juga beda dengan matic lain. Ga perlu dijelasin lagi kali ya mungkin udah sering denger ya berhenti lama jangan dipaksa di D harus ke N, terutama di jalan nanjak dan turunan. Ini ga berlaku di VW karena mereka ada fitur autohold. Sebenarnya ini upaya untuk ningkatin umur kopling DCTnya aja.
Masalah DCT Powershift ford ini sudah menjadi isu global, sampai2 ada class lawsuit di amerika sana untuk ford karena masalah transmisi mereka rusak secara prematur, tapi mobil ini laku banget di benua eropa karena orang sana udah terbiasa dengan DSGnya VW dikasih DCT ford geli2
Ribet ya? Iya makanya saya masukin di feedback negatif, mesti edukasi dikit
Untuk perawatan dan sparepart
No worries bro, melimpah di marketplace indo kalau mau murah seperti gw bilang eb*y dan all*express karena penggemar focus di luar sana banyak.
Sejauh ini sparepart yang udah diganti shockbreaker depan belakang, kampas rem depan, selang cooling tabung reservoir karena getas aja bukan karena bocor, gasket engine, TCM (garansi), ban 4 biji michelin primacy 4. Di 90.000 km mungkin akan ganti mounting.
Bengkel? Banyaaaaak bengkel non resmi udah mulai menjamur.
Malah diluarkota bengkel spesialisnya juga buanyak karena tertolong populasi sodara2 ganteng laki2nya yang cukup banyak ranger n everest.
FYI aja nih sparepart ford dipegang resmi oleh RMA sejak FMI cabut, good newsnya TCM yang ada di DCT dicover garansi free 10 tahun oleh RMA, dan saya baru klaim karena mengingat garansi habis di 2022 awal.
Diluar isu global dan negatif feedback tentang reliability mobil ford ini, sofar saya cukup puas pakai FF. Selama maintain masalah electrical dan cooling system, mobil ini baik2 aja isu global jadi terdengar politis.
U r gonna love or hate this car
Paling itu aja sih, mudah2an bermanfaat untuk para rekan2 SM mungkin kalau ada yang kurang2 mohon ditambah oleh para rekan2 SM dan maaf kalau ada kata2 yang tak berkenan dan ada kekeliruan
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2885
- Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
- Location: Indonesia
Re: Ford focus s 2012 2.0 Duratec hatchback daily use
Gambar mobilnya mana om ? Ahahaha
Dulu seinget ane ini barunya sekitar 400jt ya pas IIMS pameran di thn 2012. Ada pilihan body sedan jg. Ane demen banget yg sedannya keren.
Trus baru dy mulai ganti ke mesin 1.5 Turbo ecoboost. Itu transmisi balik ke torque converter biasa + body cuman hothatch. Ga lama hengkang deh si FMI .
Dulu seinget ane ini barunya sekitar 400jt ya pas IIMS pameran di thn 2012. Ada pilihan body sedan jg. Ane demen banget yg sedannya keren.
Trus baru dy mulai ganti ke mesin 1.5 Turbo ecoboost. Itu transmisi balik ke torque converter biasa + body cuman hothatch. Ga lama hengkang deh si FMI .
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure
Sheer Repairing Pleasure
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4245
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: Ford focus s 2012 2.0 Duratec hatchback daily use
bener2 car enthusiasts only...
dan dari cara perawatan ketahuan banget: NOT FOR INDONESIA user (or other emerging market lol)
dan dari cara perawatan ketahuan banget: NOT FOR INDONESIA user (or other emerging market lol)
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11689
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Ford focus s 2012 2.0 Duratec hatchback daily use
keren review nya
ford focus sy pernah sewa dulu di avis tp yg model thn 2003, waktu itu baru. belom pake dct2an. menurut sy enak bgt handlingnya, impressed lah waktu itu. lebih enak drpd golf mk 4 gti punya temen yg sy cobain.
menurut om enakan mana handling FF om drpd golf mk 6?
ford focus sy pernah sewa dulu di avis tp yg model thn 2003, waktu itu baru. belom pake dct2an. menurut sy enak bgt handlingnya, impressed lah waktu itu. lebih enak drpd golf mk 4 gti punya temen yg sy cobain.
menurut om enakan mana handling FF om drpd golf mk 6?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 877
- Joined: Sun Sep 01, 2019 9:45
- Location: Jekardah
- Daily Vehicle: K15B-4AT
Re: Ford focus s 2012 2.0 Duratec hatchback daily use
Nice review oom, and also a nice car
Lumayan juga ya, 90k km baru ganti TCM. Tampaknya makenya apik nih. Kalo liat owning experience oom dan user dct ford lain kayaknya dct ford masih agak mendingan daripada dsg nya vw ya? Menurut oom sendiri yg pernah make golep mk6 dibandingkan focus durabilitynya bagus mana kah?
And, baca tulisan oom mengenai aki, sekarang ane makin paham kenapa sebagian orang suka bilang mobil yurop jgn dijadiin garage queen, better pake tiap hari. Rasa2nya gara2 aki dan electronicnya itu ya?
Lumayan juga ya, 90k km baru ganti TCM. Tampaknya makenya apik nih. Kalo liat owning experience oom dan user dct ford lain kayaknya dct ford masih agak mendingan daripada dsg nya vw ya? Menurut oom sendiri yg pernah make golep mk6 dibandingkan focus durabilitynya bagus mana kah?
And, baca tulisan oom mengenai aki, sekarang ane makin paham kenapa sebagian orang suka bilang mobil yurop jgn dijadiin garage queen, better pake tiap hari. Rasa2nya gara2 aki dan electronicnya itu ya?
-
- Newbie
- Posts: 14
- Joined: Sat Jan 30, 2021 3:25
- Daily Vehicle: Ford focus
Re: Ford focus s 2012 2.0 Duratec hatchback daily use
Menyusul om. Tadi nyoba upload foto di SM gagalKielConstantine wrote: ↑Sat Jan 30, 2021 13:03 Gambar mobilnya mana om ? Ahahaha
Dulu seinget ane ini barunya sekitar 400jt ya pas IIMS pameran di thn 2012. Ada pilihan body sedan jg. Ane demen banget yg sedannya keren.
Trus baru dy mulai ganti ke mesin 1.5 Turbo ecoboost. Itu transmisi balik ke torque converter biasa + body cuman hothatch. Ga lama hengkang deh si FMI .
Iya betul ecoboost lebih gahar om, kalau ga salah populasinya hanya 40-50 yg terjual oleh FMI.. Versi sedannya ada juga om tapi lebih super langka, di forum FB ford focus ada yg pernah ngepost..
-
- Newbie
- Posts: 10
- Joined: Tue Jan 31, 2017 7:46
Re: Ford focus s 2012 2.0 Duratec hatchback daily use
Mantap nih jadi kangen pake focus lagi, saya pakai focus 2013 2.0, emang enak mobilnya ganti tcm km 55rb gara-gara mobil jarang dipake makanya ga sadar aki udah kurang bagus untung masih garansi. Dari situ saya sadar vital banget kesehatan aki di mobil ini
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3450
- Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45
Re: Ford focus s 2012 2.0 Duratec hatchback daily use
Om TSnya belum 20 posts ini heheheheKielConstantine wrote: ↑Sat Jan 30, 2021 13:03 Gambar mobilnya mana om ? Ahahaha
Dulu seinget ane ini barunya sekitar 400jt ya pas IIMS pameran di thn 2012. Ada pilihan body sedan jg. Ane demen banget yg sedannya keren.
Trus baru dy mulai ganti ke mesin 1.5 Turbo ecoboost. Itu transmisi balik ke torque converter biasa + body cuman hothatch. Ga lama hengkang deh si FMI .
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 176
- Joined: Thu Apr 06, 2017 8:57
Re: Ford focus s 2012 2.0 Duratec hatchback daily use
Ini mobil impian ane banget, dulu di thn 2014 sempet hunting nyari unit sekennya tp menkeu pinginnya mobil baru jadinya angkut ecosport, smpe skrg klo ngeliat FF di jalan leher selalu noleh smpe maksimal apalagi yg 1.5 ecoboost ,,, pengalaman ane pake DCT powershift blm pernah trouble smpe 4 thn kemudian dijual, nice review om
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 67
- Joined: Wed Mar 14, 2018 4:43
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Honda Beat
Re: Ford focus s 2012 2.0 Duratec hatchback daily use
Well expressed reviunya om syg ga didukung foto ya. Btw sy sendiri skr pengguna adiknya, Ford Fifi 1.5 s nik 2013 yg jg pake transmisi dct..emg kelemahan utama TCM yg ringkih dan posisinya di engine bay baguan bawah ya shg harus hati2 dan jgn coba2 nerabas genangan air klo ga dipasang cover mesin bagian bawah. So far ane ga nyesel meski belinya dulu second krn handling enak suspensi firm ga mental mentul dan transmisi lumayan cekatan. Saat ini msh mengidamkan ford focus yg 1.5 ecoboost tp sptnya msh jarang bgt ditemui di tanah air..
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3450
- Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45
Re: Ford focus s 2012 2.0 Duratec hatchback daily use
Di semarang focus ekobus dulu sempet nyempil 1 kan om, dah laku lamaa. Slh satu mobil yang tak dambain jg, bener2 advance dan very2 european1203L wrote: ↑Sun Jan 31, 2021 5:47 Well expressed reviunya om syg ga didukung foto ya. Btw sy sendiri skr pengguna adiknya, Ford Fifi 1.5 s nik 2013 yg jg pake transmisi dct..emg kelemahan utama TCM yg ringkih dan posisinya di engine bay baguan bawah ya shg harus hati2 dan jgn coba2 nerabas genangan air klo ga dipasang cover mesin bagian bawah. So far ane ga nyesel meski belinya dulu second krn handling enak suspensi firm ga mental mentul dan transmisi lumayan cekatan. Saat ini msh mengidamkan ford focus yg 1.5 ecoboost tp sptnya msh jarang bgt ditemui di tanah air..
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 235
- Joined: Tue May 09, 2017 3:09
- Location: jabodetabek
- Daily Vehicle: mobil bekas
Re: Ford focus s 2012 2.0 Duratec hatchback daily use
iya beda dgn mobil jepun yg tinggal isi bensin dan ganti oli udah cukup
Mencari referensi info mobil bekas yang akurat dan terpercaya
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1302
- Joined: Fri Jan 01, 2016 14:51
Re: Ford focus s 2012 2.0 Duratec hatchback daily use
Keren om, populasinya dikit banget ya di indo?
Smileage lebih penting dari mileage
-
- Newbie
- Posts: 14
- Joined: Sat Jan 30, 2021 3:25
- Daily Vehicle: Ford focus
Re: Ford focus s 2012 2.0 Duratec hatchback daily use
Drive impression sama, sama2 fun to driverakyatwkwkland wrote: ↑Sat Jan 30, 2021 16:48 Nice review oom, and also a nice car
Lumayan juga ya, 90k km baru ganti TCM. Tampaknya makenya apik nih. Kalo liat owning experience oom dan user dct ford lain kayaknya dct ford masih agak mendingan daripada dsg nya vw ya? Menurut oom sendiri yg pernah make golep mk6 dibandingkan focus durabilitynya bagus mana kah?
And, baca tulisan oom mengenai aki, sekarang ane makin paham kenapa sebagian orang suka bilang mobil yurop jgn dijadiin garage queen, better pake tiap hari. Rasa2nya gara2 aki dan electronicnya itu ya?
Dalam hal akomodasi dan build quality vw golf mk6 tsi > FF mk3
Reliability FF mk3 > golf mk6 tsi
Kalo udah ngerasain DSG pasti susah ganti kiblat
Kalau komparasi perfoma, saya bisa blg DSG vw adalah DCT terbaik dari semua mobil yang pernah saya coba. Kia seltos sekalipun dct yg baru juga.
Tapi perlu extra mental dan materi utk ngerawatnya. Mungkin suhu2 VW atau bahkan rekan2 nuvolks ada yg lebih tahu tips n tricknya disini, bisa sharing2 ilmu
Menurut subjektif sy powershift ford lebih suitable utk stop n go karena gigi 1 dan 2 napasnya panjang jd ga gampang ganti gigi sekalipun jalan di kemacetan (kalo udah update TCM yang baru lebih adaptive)
Bengkel spesialis ford di jabodetabek juga lebih banyak
CMIIW
Rata2 kalau sy baca2 di forum focusfanati*cs.com buat daily drive dan disiksa malah ada yg make sampe 300.000 miles, terutama trim ST
Last edited by Ranubiru on Sun Jan 31, 2021 7:33, edited 1 time in total.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 877
- Joined: Sun Sep 01, 2019 9:45
- Location: Jekardah
- Daily Vehicle: K15B-4AT
Re: Ford focus s 2012 2.0 Duratec hatchback daily use
Wahaha mantap oomRanubiru wrote: ↑Sun Jan 31, 2021 7:27Drive impression sama, sama2 fun to driverakyatwkwkland wrote: ↑Sat Jan 30, 2021 16:48 Nice review oom, and also a nice car
Lumayan juga ya, 90k km baru ganti TCM. Tampaknya makenya apik nih. Kalo liat owning experience oom dan user dct ford lain kayaknya dct ford masih agak mendingan daripada dsg nya vw ya? Menurut oom sendiri yg pernah make golep mk6 dibandingkan focus durabilitynya bagus mana kah?
And, baca tulisan oom mengenai aki, sekarang ane makin paham kenapa sebagian orang suka bilang mobil yurop jgn dijadiin garage queen, better pake tiap hari. Rasa2nya gara2 aki dan electronicnya itu ya?
Dalam hal akomodasi dan build quality vw golf mk6 tsi > FF mk3
Reliability FF mk3 > golf mk6 tsi
Kalo udah ngerasain DSG pasti susah ganti kiblat
Kalau komparasi perfoma, saya bisa blg DSG vw adalah DCT terbaik dari semua mobil yang pernah saya coba. Kia seltos sekalipun dct yg baru juga.
Tapi perlu extra mental dan materi utk ngerawatnya. Mungkin suhu2 VW atau bahkan rekan2 nuvolks ada yg lebih tahu tips n tricknya disini, bisa sharing2 ilmu
Menurut subjektif sy powershift ford lebih suitable utk stop n go karena gigi 1 dan 2 napasnya panjang jd ga gampang ganti gigi sekalipun jalan di kemacetan (kalo udah update TCM yang baru lebih adaptive)
Bengkel spesialis ford di jabodetabek juga lebih banyak
CMIIW
Rata2 kalau sy baca2 di forum focusfanati*cs.com buat daily drive dan disiksa malah ada yg make sampe 300.000 miles, terutama trim ST
Berarti emang bener ya gimana2 jg DSG tetep sebuah dual clutch yg emang udah mantull banget yak.
Berarti asal udah siap mental sama tranny nya, focus ini mayan ok juga ya buat dipake harian atau bahkan dipake perang. Selain tranny, bagian lainnya gak ada isu2 lain yg gak kalah menyeramkan kan ya?
Ngomong2 bengkel, yg ane salut tampaknya ford ini meskipun atpm udah cabut kayanya spesialis masih banyak ya. Spare parts jg gak termasuk susah2 amat karena populasinya lumayan banyak. RMA sebagai pemegang ass nya sekarang kayaknya jg cukup tanggap dan stok partsnya jg lumayan ok kayanya ya. Looks good buat sebuah brand yg ATPM ny udh cabut, piara jandanya pun ga sampe bikin pusing2 banget berarti buat servis dan cari partsnya
-
- Newbie
- Posts: 14
- Joined: Sat Jan 30, 2021 3:25
- Daily Vehicle: Ford focus
Re: Ford focus s 2012 2.0 Duratec hatchback daily use
Handling suspensi ga ada perbedaan signifikan om. Tapi perfoma lebih better mk6. Krn mesin 1.4 tsi plus dsg, petrolhead pst akan lebih memilih mk6 upgrade ke mk7 bahkan klo ada koin lebih ke GTI.Omnibus wrote: ↑Sat Jan 30, 2021 16:11 keren review nya
ford focus sy pernah sewa dulu di avis tp yg model thn 2003, waktu itu baru. belom pake dct2an. menurut sy enak bgt handlingnya, impressed lah waktu itu. lebih enak drpd golf mk 4 gti punya temen yg sy cobain.
menurut om enakan mana handling FF om drpd golf mk 6?
Build quality golep 90% soft touch , FF 70% softtouch trs klo udah kilometer tinggi gini dengan kombinasi mesin duratec yg agak geter suara plastik di area sensor windshield rrrrrr sering kedengeran. Agak annoying.
FF lebih ke economical small family car buat citydrive atau highway dipake tiap hari makanya ada fitur active city stop. City car banget kan
perawatan cenderung lebih murah drpd golep
Fuel cons juga lebih baik FF, dalkot super macet avg speed 20 kmh most of time idling 1:9, creeping avg speed 40 kmh 1:11. Best fuel cons sofar jakarta-jogja 80% tol pake cruise ctrl 1:16. Metode full to full semua, bensin V-power, oli motul 5w-30, ban michelin primacy 4 pressure 31psi
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4245
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
-
- SM Specialist
- Posts: 16463
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Ford focus s 2012 2.0 Duratec hatchback daily use
Pernah awal muncul mobil ini tes drive... Waktu itu specnya tinggi buat sekelasnya 2.0 liter 170hp (civic lancer 2.0 cuma 155hp) tambah dsg...
Cm suspensinya keras banget... Ntah kenapa.
Powershift mpord emang terkenal [cencored] ampe ada slang wordnya pow**s**t... trakir ganti 6at kan yang ekobus.
Cm suspensinya keras banget... Ntah kenapa.
Powershift mpord emang terkenal [cencored] ampe ada slang wordnya pow**s**t... trakir ganti 6at kan yang ekobus.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Newbie
- Posts: 14
- Joined: Sat Jan 30, 2021 3:25
- Daily Vehicle: Ford focus
Re: Ford focus s 2012 2.0 Duratec hatchback daily use
Iya part2s yg bisa dikatakan slow moving aja indent juga ga sampe 3 minggu.. Fast moving hampir selalu ready..rakyatwkwkland wrote: ↑Sun Jan 31, 2021 8:49Wahaha mantap oomRanubiru wrote: ↑Sun Jan 31, 2021 7:27Drive impression sama, sama2 fun to driverakyatwkwkland wrote: ↑Sat Jan 30, 2021 16:48 Nice review oom, and also a nice car
Lumayan juga ya, 90k km baru ganti TCM. Tampaknya makenya apik nih. Kalo liat owning experience oom dan user dct ford lain kayaknya dct ford masih agak mendingan daripada dsg nya vw ya? Menurut oom sendiri yg pernah make golep mk6 dibandingkan focus durabilitynya bagus mana kah?
And, baca tulisan oom mengenai aki, sekarang ane makin paham kenapa sebagian orang suka bilang mobil yurop jgn dijadiin garage queen, better pake tiap hari. Rasa2nya gara2 aki dan electronicnya itu ya?
Dalam hal akomodasi dan build quality vw golf mk6 tsi > FF mk3
Reliability FF mk3 > golf mk6 tsi
Kalo udah ngerasain DSG pasti susah ganti kiblat
Kalau komparasi perfoma, saya bisa blg DSG vw adalah DCT terbaik dari semua mobil yang pernah saya coba. Kia seltos sekalipun dct yg baru juga.
Tapi perlu extra mental dan materi utk ngerawatnya. Mungkin suhu2 VW atau bahkan rekan2 nuvolks ada yg lebih tahu tips n tricknya disini, bisa sharing2 ilmu
Menurut subjektif sy powershift ford lebih suitable utk stop n go karena gigi 1 dan 2 napasnya panjang jd ga gampang ganti gigi sekalipun jalan di kemacetan (kalo udah update TCM yang baru lebih adaptive)
Bengkel spesialis ford di jabodetabek juga lebih banyak
CMIIW
Rata2 kalau sy baca2 di forum focusfanati*cs.com buat daily drive dan disiksa malah ada yg make sampe 300.000 miles, terutama trim ST
Berarti emang bener ya gimana2 jg DSG tetep sebuah dual clutch yg emang udah mantull banget yak.
Berarti asal udah siap mental sama tranny nya, focus ini mayan ok juga ya buat dipake harian atau bahkan dipake perang. Selain tranny, bagian lainnya gak ada isu2 lain yg gak kalah menyeramkan kan ya?
Ngomong2 bengkel, yg ane salut tampaknya ford ini meskipun atpm udah cabut kayanya spesialis masih banyak ya. Spare parts jg gak termasuk susah2 amat karena populasinya lumayan banyak. RMA sebagai pemegang ass nya sekarang kayaknya jg cukup tanggap dan stok partsnya jg lumayan ok kayanya ya. Looks good buat sebuah brand yg ATPM ny udh cabut, piara jandanya pun ga sampe bikin pusing2 banget berarti buat servis dan cari partsnya
jgn minum ron 90 kalau o2 sensornya ga mau ganti.
Cooling system diusahakan kuras setahun sekali
Ban ukuran 215/50 r17 mandatory di buku manual ada, selain itu jangan. Bisa ngaruh ke beban EPSnya
jgn modif apa2 utk masalah kelistrikan apalagi grounding2
Dan yg paling penting diusahakn dikerjakan sama bengkel spesialis mpord
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 37
- Joined: Sun May 15, 2016 5:22
Re: Ford focus s 2012 2.0 Duratec hatchback daily use
Manager di kantor juga punya ini mobil buat sehari2 ke kantor dulu (sekarang ganti innova reborn diesel).
Pernah naik di mobil ini & impresinya sih kabin kedap banget walaupun sempit dalemnya wkwkw ga sebanding dengan ukuran bodinya. Suspensi firm tapi masih nyaman, transmisi sih smooth & seamless (pas sehat kayakya wkwkw)
Pernah naik di mobil ini & impresinya sih kabin kedap banget walaupun sempit dalemnya wkwkw ga sebanding dengan ukuran bodinya. Suspensi firm tapi masih nyaman, transmisi sih smooth & seamless (pas sehat kayakya wkwkw)
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4809
- Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: Ford focus s 2012 2.0 Duratec hatchback daily use
Nice review om. Mobil ini memang salah 1 mobil yg terenak dikelasnya. Pernah test drive pas 2014 dulu, rasanya fun to drive dan handlingnya oke + fiturnya jg lengkap+ interior qualitynya juga solid dan cukup bagus kualitasnya
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 309
- Joined: Wed Apr 10, 2019 8:58
- Location: Tangerang
- Daily Vehicle: Mazda 6 2017
Re: Ford focus s 2012 2.0 Duratec hatchback daily use
sungkem om dari adiknya, ford fiesta 94.000 km
hehehe
mau bgt upgrade ke focus ecoboost tp disimpen bgt ya kayanya sama collector, ga ada di E-commerce saya cari2 focus ecoboost wkwkwk
hehehe
mau bgt upgrade ke focus ecoboost tp disimpen bgt ya kayanya sama collector, ga ada di E-commerce saya cari2 focus ecoboost wkwkwk
" In times of crisis, we stand united! “
- Ford Fiesta MK 7 Sedan 2012
- Mazda 6 Sedan 2017
- Ford Fiesta MK 7 Sedan 2012
- Mazda 6 Sedan 2017
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 57
- Joined: Wed Sep 26, 2018 5:46
- Location: Jawa Barat
- Daily Vehicle: honda beat
Re: Ford focus s 2012 2.0 Duratec hatchback daily use
saking penasaran nya saya sampe cari di olx. ternyata emang rare banget ini .
https://www.olx.co.id/item/ford-focus-1 ... -813706134
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 309
- Joined: Wed Apr 10, 2019 8:58
- Location: Tangerang
- Daily Vehicle: Mazda 6 2017
Re: Ford focus s 2012 2.0 Duratec hatchback daily use
wow ada yg jual 1 ekor..Fatf00 wrote: ↑Mon Feb 01, 2021 7:37saking penasaran nya saya sampe cari di olx. ternyata emang rare banget ini .
https://www.olx.co.id/item/ford-focus-1 ... -813706134
harganya duh ahahah ga nahan, dulu infonya diskon sampai 50juta++ padahal,
nyentuh 100 jt ga ya dulu diskonnya , lupa, tp ada setau ane ada yg nyentuh 100 jt diskon ,, antara fiesta / ecosport / focus..
" In times of crisis, we stand united! “
- Ford Fiesta MK 7 Sedan 2012
- Mazda 6 Sedan 2017
- Ford Fiesta MK 7 Sedan 2012
- Mazda 6 Sedan 2017
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 141
- Joined: Wed Dec 30, 2015 3:53
Re: Ford focus s 2012 2.0 Duratec hatchback daily use
mobil impian. Rejekinya hanya sampai fiesta 2021-2020 jual. sungkem dulu sama abang focus
Ini mobil rare ya dan rata-rata pemilik tidak mau jual dengan kondisi apik. Suka ngiler kwkwkkww
Beruntung si om dapet focus dah FMI Cabut. Flash sale mereka tuh. foto mobilnya om.
Ini mobil rare ya dan rata-rata pemilik tidak mau jual dengan kondisi apik. Suka ngiler kwkwkkww
Beruntung si om dapet focus dah FMI Cabut. Flash sale mereka tuh. foto mobilnya om.