2021 Hyundai SantaFe 2.2 CRDi Signature Quick Drive

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15461
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

2021 Hyundai SantaFe 2.2 CRDi Signature Quick Drive

Post by ChZ »

Harus diakui, SantaFe adalah gebrakan Hyundai era modern yang paling signifikan sejak 2012. Tidak ada Hyundai Indonesia saat ini tanpa kehadiran SantaFe.

Saat itu, Hyundai Indonesia meluncurkan SantaFe generasi 3 berkode bodi DM. Publik begitu dikagetkan dengan tampilan SantaFe yang berubah total. Bisa dibilang saat itu publik belum terbiasa dengan gaya desain fluidic sculpture dari Hyundai. Lalu mobil ini 7-seaters (proper 7-seats!), dan bermesin 2.2 Liter Diesel dengan tenaga fenomenal : 197 hp / 445 Nm, yang bahkan diesel BMW X3 saja saat itu tidak memiliki performa sekuat ini.

Image

Mobil ini saat itu dijual sekitar 50 juta lebih mahal dari CR-V. sekitar 500 juta-an. Harga yang mungkin di headquarter HMI bikin protes divisi marketing ke divisi product planning, kurang lebih saya membayangkan kayak gini teriakan divisi marketing HMI saat itu, sama seperti rakyat Indonesia pada umumnya :

"yang bener aja, siapa yang mau beli sebuah mobil Korea 500 juta?"

Tapi angka penjualan membuktikan sebaliknya.

DM justru sangat diminati pasar, jauh di atas SM, CM, atau model Hyundai yang lebih murah seperti Tucson, i10, Grand Avega. Anggota SOCI (SantaFe Owners Club Indonesia) kurang lebihnya 70-80% adalah model DM.

Image

Berkat SantaFe DM pula brand image Hyundai naik kelas dari mobil second tier murah untuk yang tak mampu afford mobil Jepang, jadi mobil first tier bahkan premium, apalagi sejak muncul generasi penerusnya, SantaFe TM di 2018, dan SantaFe selalu jadi product Hyundai yang paling desireable. Nggak percaya ? Coba lah tanya di forum ini saja, kalau Venturer versus CR-V masih bikin galau, tapi begitu disodorin pilihan ketiga SantaFe TM tidak ada yang nolak tho :big_grin:

Lalu sampailah kita di tahun 2021, Hyundai kembali naik daun dengan mobil setrum. Walaupun ini ironis, karena Hyundai gencar promosi mobil listrik sampai sewa influencer, tapi yang laku justru malah SUV terbesarnya, Palisade :upss: terus terang saya kaget juga mobil seperti Palisade bisa laku, tapi karena memang mobil itu sangat "keindonesiaan" : 7-seaters proper, tak heran laku keras.

Image
Hyundai Palisade

Menyusul kemudian adalah SantaFe TM facelift, dan TM Facelift adalah model yang boleh dibilang sangat unik.

Meski tampangnya hampir mirip dengan TM pre-Facelift, tapi TM Facelift adalah mobil yang technically, nyaris berganti generasi. Mungkin sahnya ini adalah SantaFe generasi 4.5 saking banyaknya

Mobil ini duduk di atas all-new platform. Walau saya nggak ngerti alasannya tapi paling alasan pragmatisnya adalah karena KIA Sorento yang baru diluncurkan, dan tentu saja akan lebih efisien produksi 2 mobil kembar beda merek ini jika platformnya sama, bukan? :big_grin:

Image
2021 KIA Sorento

Image

Berkat ganti platform ini, SantaFe terbaru ini punya legroom 39 mm lebih lega, dan bagasi 32 liter lebih luas dibanding pre-facelift model. Ya saya nggak ngukur aslinya wong gak pernah naik TM pre-facelift. :upss: selain itu, mobil juga dibuat semakin ringan dengan banyaknya lightweight material, high tensile steel, ya apapun itu yang intinya : lebih ringan, lebih aman, dan tentu saja lebih mahal... :upss:

Kedua, powertrainnya baik engine dan transmission juga ganti total.

Model gasoline karena less favourite menjadi anak tiri dengan 2.5 Liter G4KM MPI "Smartstream" bertenaga 180 hp @ 6.000 RPM @ 232 Nm @ 4.000 RPM. Padahal di luar ada versi GDI G4KN 191 hp.

Model Diesel - tetap displacement 2.2 Liter, tetapi kali ini bukan mesin R2.2 lama tetapi adalah all-new D4HE "Smartstream" bertenaga 202 hp @ 3.800 RPM / 440 Nm @ 1.750 - 2.750 RPM (saya nggak ngerti kenapa di web Hyundai Indonesia tulisannya masih R2.2 padahal jelas-jelas ada tulisan "smartstream" di cover engine nya).

Image

Transmission jika SantaFe TM lama menggunakan 8-speed Automatic, di yang terbaru ini berganti menjadi Dual Clutch 8-speed (diesel) dan 6-speed (gasoline). Tapi tenang saja, karena DCTnya sistem wet-clutch, and it's not a German or an Indian poverty-pack version, jadi saya agak percaya diri powertrainnya cukup durable :upss:

Sayangnya tidak masuk versi Hybrid 1.6 Turbo. Tapi begini saja sudah harganya mengerikan. OTR 66x untuk tipe Prime dan 73x untuk Signature, belum AWD pula.

Jadi, seperti apa sebuah mobil Korea 700 juta ?

Unit pengujian adalah tipe tertinggi (Signature). Perbedaan utama Signature adalah banyaknya safety assist di dalamnya :
- DBC (Downhill Brake Control) a.k.a hill descent control
- FAC (Forward Collision Assist) - anti nabrak depan
- BCA (Blind Spot Avoidance Assist) - cegah tabrakan dari blind spot, entahlah ini fitur apa.
- BVM (Blind Spot View Monitor) - artinya mobilnya nyaris tak perlu spion, nanti saya lihatin di foto saja.
- LFA (Lane Follow Assist)
- LKA (Lane Keeping Assist)
- RCCA (Rear Cross Traffic Collision Avoidance Assist)
- DAW (Driver Attention Warning)
- Surround View Monitor
- dll

ya intinya 60 juta lebih mahal dari Prime untuk fitur yang membuat mobil lebih sering bunyi di traffic sehari-hari :upss: Oh ya, airbags. Hanya tipe Signature yang punya 6 airbags.

Proper Cars Sucks Air.... and It Sucks A HELL LOT.

Komentar pertama orang lihat SantaFe TM Facelift tentu saja adalah grillnya yang kini makin besar, makin lebar, mirip mulut ikan paus purba yang menelan apapun di jalurnya. Tapi somehow, tidak sulit kok menyesuaikan diri dengan bentuk grillnya, justru menurut saya malah tambah gagah dan keren.

Image

Ya, mobil yang proper itu punya grill... nggak polos kayak.... ah sudahlah nanti dibilang anti perubahan :big_weee:

Image

Image

Lampunya juga punya motif yang cakep, DRLnya terbelah mirip Palisade, biar nggak dikira ngikut-ikut MPV pabrikan sebelah uwkwkwkwk

Image

The rest is history. Lainnya tidak berubah, namanya juga facelift. Sampingnya lebih mengotak, kekar berotot karena salah satu pasar terbesarnya adalah USA. Dari belakang lampunya hanya ketambahan sambungan list warna merah, dan motif lampunya agak diubah.

Image

Image

Image

Sayangnya kenapa velgnya malah pakai yang ini.... :ungg:

Image

Image
Padahal ada velg yang versi ini....

Because Shift Knobs are Overrated.

Image

Perhatian saya tertuju pertama pada tidak hadirnya tuas dan digantikan tombol. Shift by wire. Mirip dengan mobil listrik IONIQ dan Kona EV. Honestly, I'm not a fan of it. Tidak terlihat seperti sebuah mobil yang pakai transmisi dual clutch.

Image

Tapi ya sudahlah, mau bilang apa. Ini sebuah SantaFe juga bukan i30N :upss:

Banyaknya tombol di mobil ini juga bikin rada pusing mau nyalain AC saja bingung cari tombolnya :ungg:

Instrument clusternya full layar semua karena terintegrasi dengan sistem lain, dan yang unik ketika kita nyalain sein salah satu sisi akan berubah jadi tampilan spion. Lucu sekali. Artinya mobil ini nyaris gak perlu spion. Cuma sayangnya sepertinya fitur begini lebih berguna kalau dipasang di head unit layar nongolnya seperti di Accord Turbo krn lebih eye-level dan lebih jelas.

Image

Image

Karena fun fact : kita nyetir itu jarang lihat instrument cluster kok :big_grin:

Saya sangat suka joknya, so comfy, besar, gak susah cari posisi nyetir yang nyaman. Kesan duduk di mobil ini adalah memang seperti akan jalan jauh lintas provinsi atau pulau yang sayangnya lagi-lagi karena covid tidak bisa terlalu bebas eksplorasi :upss:

seketika jok CR-V rasanya seperti mobil..... murah. Ya selisih 200 juta juga sih harganya.

Dan karena ini mobil yang cukup besar interior space dan cargo nya juga pasti besar. Berdasarkan pengalaman, 7-seatersnya cukup proper.

Image

Go Easy on It, This Thing "Bites"

Technical specsnya sudah seperti saya jelaskan di atas : 2.2 Liter CRDi Smartstream dengan tenaga 202 hp / 440 Nm.

Artinya ia naik sekitar 8 hp dari TM pre-facelift dan angka torsinya tetap sama. Dibanding DM tenaganya naik 5 hp dan torsinya turun 5 Nm.

And it's a d*mn good unit. di TM Facelift ini terasa lebih refined lagi, getarannya jauh lebih halus bahkan dibandingkan DM yang masih terasa kayak mesin diesel kuno yang suaranya berisik dan kasar banget walaupun cuma light throttle.

Tetapi pembeda paling utamanya adalah : 8-speed dual-clutch. Surprising mengingat TM pre-facelift saja masih pakai 8-auto biasa. Artinya ini mobil diesel paling advanced yang bisa kita beli saat ini, dan di bawah akan saya bahas mengapa 8-DCT sangat cocok untuk SantaFe Diesel.

OK let's go.

Visibility dari SantaFe TM sangat baik, tidak terasa seperti lagi mengendarai sebuah mobil yang lebarnya 1.9 meter. Ya SantaFe DM sendiri lebarnya sudah 1.8 meter sih... :big_slap:

SantaFe TM punya 4 mode berkendara ECO, COMFORT, SPORT, dan 1 lagi sepertinya individual, tapi saya kali ini karena terbatas waktu fokus ke COMFORT dan SPORT saja. Karena eco usually sucks.

Di awal saya tidak ngerti kalau mobil ini dual clutch. Sampai sales spv yang mendampingi saya bilang mobil ini pakai dual clutch....... ah pantes saja rasanya kok agak "nyantol-nyantol" macem dulu nyetir VW Golf - yang pernah bawa dual clutch pasti tau rasanya. Bedanya ini jauh lebih halus saja dan tersamarkan dengan early torque diesel.

Lalu karena ini adalah dual clutch yang slipnya minim dan lock-up nya cepat, gabungkan itu dengan mesin diesel bertorsi 440 Nm...

BOOM.

Lock-up yang cepat bikin tidak perlu 1/2 injakan gas - 1/4 injakan gas saja sudah bisa membuat SantaFe berdecit di tikungan. Ya, mungkin ini faktor ban KUMHO Cruger yang juga bukan ban jenis performa tinggi sehingga gripnya sedikit ampas. Ditambah, kombinasi 8-percepatan dan dual clutch bikin saya lupa ini adalah mobil diesel yang nafasnya pendek. Serius. Nggak terasa mobil ini redline nya nggak sampai 5.000. 8-speed dan nyaris sangat linear, nyaris tanpa terasa ada "jeda" powerloss di tiap perpindahannya.

Dibanding 6-speed di DM ? Jauh. By a far margin. Saya tidak menyangka dengan gearbox yang berbeda saja karakter mobilnya bisa jauh berbeda gini.

Pada SPORT Mode saya nggak terlalu rasain perbedaan signifikan, tapi yang jelas throttle lebih agresif dan shiftpoint lebih tinggi, dan ketika SPORT mode di Mazda meraung-raung nyebelin dan bikin nyentak nan kasar, di SantaFe software nya cukup bisa mengerti bahwa kita nggak perlu meraung-raung buat daily driving. Hanya decent increase in throttle response saja untuk menunjang kebutuhan overtaking dan akselerasi.

Tapi yang surprising buat saya adalah betapa tenangnya mobil di kondisi apapun. Mau di push seperti apapun SantaFe akan terasa sangat tenang. Saya nggak kerasa kehilangan grip walau ban sudah berdecit keras, nggak kerasa juga bodyroll atau goyangan unnecessary dari sasis depan-belakang mobil. Di jalan umum saya nyentuh 120 kph dengan percaya diri bahwa saya bisa ngontrol mobil ini dan bisa ngerem seketika jika diminta. Sepertinya semua engineer Hyundai saat merancang SantaFe TM disuruh nonton Spider-Man nya Tobey Maguire lalu disuruh ulang-ulang kata-kata Ben Parker : "Power is nothing without control" sebanyak 100x.

Image

Ini sebuah crossover. Ukurannya besar, dan balance chassisnya langit-bumi dengan predecessornya, SantaFe DM. Bahkan CR-V Turbo saja nggak terasa setenang ini.

Ya jelas dengan balance chassis sebaik ini punya konsekuensi ride yang agak firm. Tapi justru itulah mobil ini jadi whole package yang menyenangkan, dan terasa sekali rasa mobil premiumnya, pun seperti naik 1-2 kelas dari DM, yang dulu punya suspensi yang agak tidak jelas, cenderung wallowy dan redaman dampernya sedikit harsh.

Jika dibandingkan dengan competitornya : Mazda CX-9, terasa sekali platform CX-9 yang sudah outdated karena SantaFe bisa bikin overall package yang lebih baik tanpa compromise terlalu banyak di sektor kenyamanan. Dan SantaFe jelas lebih murah dari CX-9.

Minus side nya ?

Pertama saya belum terbiasa dengan shift-by-wire model tombol. Agak aneh karena di traffic saya punya kebiasaan netralin posisi gigi. Biasanya cuma tinggal geser ini mesti mikir dulu pencet-pencet.

Kedua adalah betapa paradoksnya sensor-sensor warning baik tulisan maupun bunyi yang malah bikin kita insecure dengan segala sesuatu di traffic. Saya nyaris gak ngerti ini bunyi dari mana tau-tau ada yang bunyi saking banyaknya warning. Ini kritikan saya terhadap banyak sekali mobil modern yang berusaha keeping us safe but in fact just makes us more and more insecure. Good thing nya, bunyi sensor di SantaFe tidak annoying.

Ketiga adalah it still feels like a Dual-clutch. Oke memang dia halus, jauh lebih halus dari di Golf MK6 saya dulu. Tapi tetap saja ada beberapa saat mobil ini terasa agak "nyantol-nyantol" dan akan terasa terlalu agresif jika drivernya nggak terbiasa. Apalagi ini monster dengan torsi 440 Nm bone stock, penggerak roda depan.

Bonus round : karena begitu parahnya kemacetan di jalan arteri soekarno-hatta semarang saya mesti terpaksa "nyemplungin" mobil yang kinyis-kinyis ini ke gundukan yang lumayan dalam dan diperparah dengan adanya genangan air. Pertama saya agak sayang, tapi lihat Kijang kapsul di depan mampu lewatin saya tergoda. Masak sih SantaFe kalah dengan Kijang tua ? Saya sedikit khawatir mobil akan mentok karena well, monokok, dan karena ada lobang air jadi ada risiko akan selip. Beberapa kali terasa ban belakang ngangkat dan saya pelan-pelan saja dengan light throttle nggak terjadi selip berlebih, not even triggering the traction control.

Tapi dengan kondisi slippery dan "sedikit" extreme seperti itu saja, SantaFe bisa lolos tanpa saya kesulitan ngendaliin. What a car. Mengingat dulu SantaFe DM adalah mobil yang susah banget dikendalikan sampai saya hampir nabrak pemotor karena jalan licin dan setirnya mendadak lari.

Do You Need the "Signature" Trim ?

Saya harus mengakui ini adalah mobil bagus, way better from its predecessor : modelnya intimidating, kualitasnya top notch, ride nya superb, tenaganya besar.

tetapi the bigger question : apa perlu beli tipe Signature yang sudah tembus 700 juta ?

Saya tak terlalu fancy dengan safety systemnya, tapi saya harus jawab : YA. Objectively. Karena kalau anda sudah kaya punya duit 700 juta untuk beli mobil, kenapa harus nanggung? Anda tak akan mikir lagi mobil ini value for money atau tidak, selisih 60 juta cuma berasa seperti a tickle in your pocket, 60 juta itu hanya 10% lebih mahal dari tipe tengah : "Prime" yang fiturnya jauh lebih..... miskin.

Dan 700 juta saat ini juga tidak dapat SUV entry level Eropa. Kalaupun dapat ya dapat yang speknya menyedihkan sekali dan naikannya saya jamin tidak akan lebih enak dari SantaFe, yah namanya juga mobil entry level walau brand Eropa pun. Lebih sempit, lebih keras, tidak bisa muat 7 orang. Been there done that.

Bahkan kompetitor terdekatnya, Mazda CX-9 juga harganya 800 lewat.

Kenyataan ini bikin SantaFe 700 juta jadi terasa murah sekali dibanding apa yang ditawarkan. Hanya jangan lupa : mobil ini ngisinya DEX. Jangan keenakan sebelumnya pakai Innova 2GD atau 2KD lalu ganti SantaFe pingin tetep isi BioSolar :big_weee:
Last edited by ChZ on 22 Apr 2021, 10:58, edited 3 times in total.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: 19 Apr 2014, 10:45

Re: 2021 Hyundai SantaFe 2.2 CRDi Signature Quick Drive

Post by maastricht889 »

:emo-big_love: :emo-big_love: :emo-big_love: :emo-big_love:
User avatar
34lee
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 613
Joined: 13 Jul 2014, 11:09
Location: Republic Of CH

2021 Hyundai SantaFe 2.2 CRDi Signature Quick Drive

Post by 34lee »

Mantab reviewnya om cris. Cm penasaran awetkah DCTnya di kemacetan indo.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15461
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2021 Hyundai SantaFe 2.2 CRDi Signature Quick Drive

Post by ChZ »

34lee wrote: 22 Apr 2021, 10:13 Mantab reviewnya om cris. Cm penasaran awetkah DCTnya di kemacetan indo.
good nyus nya ini DCT Wet. Dan DCT wet di indonesia nyaris no issue bahkan utk brand spt VW sekalipun. Di VW yang wet clutch rata-rata awet itu Tiguan ama GTI.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: 19 Apr 2014, 10:45

Re: 2021 Hyundai SantaFe 2.2 CRDi Signature Quick Drive

Post by maastricht889 »

ChZ wrote: 22 Apr 2021, 10:16
34lee wrote: 22 Apr 2021, 10:13 Mantab reviewnya om cris. Cm penasaran awetkah DCTnya di kemacetan indo.
good nyus nya ini DCT Wet. Dan DCT wet di indonesia nyaris no issue bahkan utk brand spt VW sekalipun. Di VW yang wet clutch rata-rata awet itu Tiguan ama GTI.
Dealer hyundai puri dah operasional normal (ada mbl servis dkk)/masih mood2an ko? Penasaran msh dealer gress anyaran
User avatar
anadzir
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 217
Joined: 06 Dec 2018, 13:16
Daily Vehicle: 2016 SX-4 Scross

Re: 2021 Hyundai SantaFe 2.2 CRDi Signature Quick Drive

Post by anadzir »

Nice review om..
ChZ wrote: 22 Apr 2021, 09:48 ...Bahkan kompetitor terdekatnya, Mazda CX-9 juga harganya 800 lewat...
Bukanya CX-9 setara palisade ya? Sepertinya lebih cocok kalau saingannya CX-8.

Cmiiw.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15461
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2021 Hyundai SantaFe 2.2 CRDi Signature Quick Drive

Post by ChZ »

erwinign wrote: 22 Apr 2021, 10:19
Dealer hyundai puri dah operasional normal (ada mbl servis dkk)/masih mood2an ko? Penasaran msh dealer gress anyaran
belum bro, masih kosong itu bengkel resmi. showroom jg prasaan dari sebulan lalu renov terus. itu liat di foto lokasinya di belakang bengkel :big_biglaugh:
anadzir wrote: 22 Apr 2021, 10:28 Nice review om..

Bukanya CX-9 setara palisade ya? Sepertinya lebih cocok kalau saingannya CX-8.

Cmiiw.
my bad. baru sadar CX-9 ini dimensinya lebih mirip Palisade dibanding SantaFe.

itupun even CX-8 aja masih lebih panjang 115 mm. tapi SantaFe lebih lebar 60 mm.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
vp920b
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1060
Joined: 20 Aug 2013, 15:41

Re: 2021 Hyundai SantaFe 2.2 CRDi Signature Quick Drive

Post by vp920b »

Memang yang TM pre facelift saja sudah banyak perbedaan dengan sorento sy yg lama. Mesin lebih responsif dan body tenang di kecepatan tinggi. Rem juga sigap seperti european cars.

Ya itulah R&D ex orang orang BMW for Hyundai dan ex Audi for Kia.

Dct korea belum pernah coba, cuma yg sy pke prefacelift 8 speed normal saja sudah jauh lebih sigap.

Kalau worry DCT ya beli yg pre facelift, lebih peace of mind walaupun fitur miskin.
nicholasmun
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 175
Joined: 11 Apr 2021, 07:47
Location: Srengseng
Daily Vehicle: Honda CRV Turbo + Honda HRV

Re: 2021 Hyundai SantaFe 2.2 CRDi Signature Quick Drive

Post by nicholasmun »

ini review gini amat ya om bikin orang jadi pengen..
well
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 830
Joined: 02 Jul 2020, 10:03
Location: Sub
Daily Vehicle: Sepeda Ontel

Re: 2021 Hyundai SantaFe 2.2 CRDi Signature Quick Drive

Post by well »

Pertama kali muncul pricelistnya sy langsung berpikir apakah dengan selisih uang sekitar 100jt konsumen tidak beralih lgs ke palisade y? karena menurut saya buat org yg berduit selisih harga 100 jt untuk beli boil harga 777 dgn 888jt tidak terpaut jauh.
shanben
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 28
Joined: 02 Feb 2017, 17:14

Re: 2021 Hyundai SantaFe 2.2 CRDi Signature Quick Drive

Post by shanben »

Nice review om, AGREED utk ride quality dan powernya, saya sendiri sudah coba test drive jg, amaze banget bwt performa suv monocoque crossover macam santafe dari handling, bantingan, stir dan powernya, compare to crv cx5 benar2 beda level (yg melek nyetir pasti bakal sadar perbedaannya, hehe), Untuk harga di 600an-700an saya rasa worth banget sama yang ditawarkan.
Anyway saya tanya2 ke sales, katanya paling banyak di spk yg signature (tipe tertinggi), yah beda 60jtan sih, serasa uda tanggung ambil yg top trim sekalian, dan uda sempat lihat juga video2 delivery awal ke customer itu tipe signature.
Infonya juga waranty mesin 3 tahun/100rb km, free jasa servis only sampai 75rb km / 5 tahun, dan 1000km, 10.000km dapat full free servis, CMIIW
well
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 830
Joined: 02 Jul 2020, 10:03
Location: Sub
Daily Vehicle: Sepeda Ontel

Re: 2021 Hyundai SantaFe 2.2 CRDi Signature Quick Drive

Post by well »

Menurut saya Hyundai saat saat ini sedang agresif, produk2 yg dikeluarkan akhir akhir ini mencengangkan, mulai dari design Hyundai Staria, double cab Santa Cruz. Tidak bisa dipandang sebelah mata
iwansiagian
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 426
Joined: 12 Jan 2008, 19:45
Location: Bekasi
Daily Vehicle: ANKI 2GD-2019

Re: 2021 Hyundai SantaFe 2.2 CRDi Signature Quick Drive

Post by iwansiagian »


Nice review om
Waduh dual clutch ya om[emoji16]
Setiap saya bawa kijang diesel kebayang nikmat nya kalo dipake in dct tuh kijang. Kebayang sih enak nya DCT plus torsi dieselnya

Setiap saya bawa polo kebayang kalo dipake in tranmisi tc biasa aja [emoji16] biar pis of mind.


Poporing
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 623
Joined: 14 Jun 2020, 13:46
Location: Jkt
Daily Vehicle: honda

Re: 2021 Hyundai SantaFe 2.2 CRDi Signature Quick Drive

Post by Poporing »

well wrote: 22 Apr 2021, 11:23 Menurut saya Hyundai saat saat ini sedang agresif, produk2 yg dikeluarkan akhir akhir ini mencengangkan, mulai dari design Hyundai Staria, double cab Santa Cruz. Tidak bisa dipandang sebelah mata
jangan lupa tucson new om.. ampun dah cakepnya (selera saya sih cakep itu)
sh00t
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 1236
Joined: 18 Jan 2019, 17:39

Re: 2021 Hyundai SantaFe 2.2 CRDi Signature Quick Drive

Post by sh00t »

nicholasmun wrote: 22 Apr 2021, 11:14 ini review gini amat ya om bikin orang jadi pengen..
Makanya saya suruh test drive ini dulu baru CR-V atau Venturer. Test drive belakangan juga gpp koq. :big_biglaugh:
sh00t
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 1236
Joined: 18 Jan 2019, 17:39

Re: 2021 Hyundai SantaFe 2.2 CRDi Signature Quick Drive

Post by sh00t »

well wrote: 22 Apr 2021, 11:16 Pertama kali muncul pricelistnya sy langsung berpikir apakah dengan selisih uang sekitar 100jt konsumen tidak beralih lgs ke palisade y? karena menurut saya buat org yg berduit selisih harga 100 jt untuk beli boil harga 777 dgn 888jt tidak terpaut jauh.
100 juta mungkin gak ada masalah bagi sebagian orang. Tapi yang bermasalah itu urusan tetek bengeknya seperti tempat parkir yang gak memadai om. :big_biglaugh: :big_peace:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15461
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2021 Hyundai SantaFe 2.2 CRDi Signature Quick Drive

Post by ChZ »

vp920b wrote: 22 Apr 2021, 10:50 Memang yang TM pre facelift saja sudah banyak perbedaan dengan sorento sy yg lama. Mesin lebih responsif dan body tenang di kecepatan tinggi. Rem juga sigap seperti european cars.

Ya itulah R&D ex orang orang BMW for Hyundai dan ex Audi for Kia.

Dct korea belum pernah coba, cuma yg sy pke prefacelift 8 speed normal saja sudah jauh lebih sigap.

Kalau worry DCT ya beli yg pre facelift, lebih peace of mind walaupun fitur miskin.
R&D ex BMW dan Audi without the "german" touch.... mbah @KielConstantine pasti paham :ngacir:
sh00t wrote: 22 Apr 2021, 11:53
nicholasmun wrote: 22 Apr 2021, 11:14 ini review gini amat ya om bikin orang jadi pengen..
Makanya saya suruh test drive ini dulu baru CR-V atau Venturer. Test drive belakangan juga gpp koq. :big_biglaugh:
gagal fokus biasanya budget bisa stretch dari 500 jutaan jadi 700 jutaan... :ngacir:

oom nicholasmun mgkn khilap kalo udah TD ini... istri pasti approve...
sh00t wrote: 22 Apr 2021, 11:55
well wrote: 22 Apr 2021, 11:16 Pertama kali muncul pricelistnya sy langsung berpikir apakah dengan selisih uang sekitar 100jt konsumen tidak beralih lgs ke palisade y? karena menurut saya buat org yg berduit selisih harga 100 jt untuk beli boil harga 777 dgn 888jt tidak terpaut jauh.
100 juta mungkin gak ada masalah bagi sebagian orang. Tapi yang bermasalah itu urusan tetek bengeknya seperti tempat parkir yang gak memadai om. :big_biglaugh: :big_peace:
bisa aja mungkin itu alasan Palisade laku keras skr :big_peace:

tp mnurut saya kok Santi akan tetap laku krn gak semua orang doyan model dan ukurannya Palisade sih... dan konon katanya Palisade buat driving sendiri rada kurang enak dibanding SantaFe.
shanben wrote: 22 Apr 2021, 11:23 Nice review om, AGREED utk ride quality dan powernya, saya sendiri sudah coba test drive jg, amaze banget bwt performa suv monocoque crossover macam santafe dari handling, bantingan, stir dan powernya, compare to crv cx5 benar2 beda level (yg melek nyetir pasti bakal sadar perbedaannya, hehe), Untuk harga di 600an-700an saya rasa worth banget sama yang ditawarkan.
Anyway saya tanya2 ke sales, katanya paling banyak di spk yg signature (tipe tertinggi), yah beda 60jtan sih, serasa uda tanggung ambil yg top trim sekalian, dan uda sempat lihat juga video2 delivery awal ke customer itu tipe signature.
Infonya juga waranty mesin 3 tahun/100rb km, free jasa servis only sampai 75rb km / 5 tahun, dan 1000km, 10.000km dapat full free servis, CMIIW
pasti khilap kalo ada duitnya... liat signature merem lah SPK tanggung beli yang prime... :big_biglaugh:

sweet spot banget lah, 700 juta buat yang upgrade dari CRV dkk gak kemahalan. size nya juga gak terlalu makan tempat parkir kayak Palisade.
Poporing wrote: 22 Apr 2021, 11:52
well wrote: 22 Apr 2021, 11:23 Menurut saya Hyundai saat saat ini sedang agresif, produk2 yg dikeluarkan akhir akhir ini mencengangkan, mulai dari design Hyundai Staria, double cab Santa Cruz. Tidak bisa dipandang sebelah mata
jangan lupa tucson new om.. ampun dah cakepnya (selera saya sih cakep itu)
malah saya liar mikirnya sbenernya IONIQ ama Kona EV itu cuma gimmik aja... biar naikin brand awareness... jual mobil listrik dll.

pdhl mah strategi buat jualan SantaFe, Palisade, dan pasti nya abis ini New Tucson.
iwansiagian wrote: 22 Apr 2021, 11:31 Nice review om
Waduh dual clutch ya om[emoji16]
Setiap saya bawa kijang diesel kebayang nikmat nya kalo dipake in dct tuh kijang. Kebayang sih enak nya DCT plus torsi dieselnya

Setiap saya bawa polo kebayang kalo dipake in tranmisi tc biasa aja [emoji16] biar pis of mind.
hehehehe DCT wet 8 speed lagi... sampe lupa lg bawa mobil diesel. mindahnya gak berasa krn gak ngos-ngosan macem mobil diesel kebanyakan yg giginya kurang banyak dan torsinya rata-rata abis di 3000 RPM.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
dioudodo
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 29
Joined: 07 Nov 2015, 07:25

Re: 2021 Hyundai SantaFe 2.2 CRDi Signature Quick Drive

Post by dioudodo »

Tengkyu om reviewnya. Mantap banget.

Kl budgetnya yg tipe Prime, apakah kira-kira fitur2 pada New Santa Fe 2021 masih lebih baik dibandingkan dengan yg pre-facelift (2019-2020), terutama Grand Santa Fe 2019 Om?
sh00t
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 1236
Joined: 18 Jan 2019, 17:39

Re: 2021 Hyundai SantaFe 2.2 CRDi Signature Quick Drive

Post by sh00t »

sh00t wrote: 22 Apr 2021, 11:55
well wrote: 22 Apr 2021, 11:16 Pertama kali muncul pricelistnya sy langsung berpikir apakah dengan selisih uang sekitar 100jt konsumen tidak beralih lgs ke palisade y? karena menurut saya buat org yg berduit selisih harga 100 jt untuk beli boil harga 777 dgn 888jt tidak terpaut jauh.
100 juta mungkin gak ada masalah bagi sebagian orang. Tapi yang bermasalah itu urusan tetek bengeknya seperti tempat parkir yang gak memadai om. :big_biglaugh: :big_peace:
bisa aja mungkin itu alasan Palisade laku keras skr :big_peace:

tp mnurut saya kok Santi akan tetap laku krn gak semua orang doyan model dan ukurannya Palisade sih... dan konon katanya Palisade buat driving sendiri rada kurang enak dibanding SantaFe.
Palisade itu gunanya sebagai pengganti LC yang selama ini doyan wiu wiu om. Setidaknya biar gak bosan lihat LC. :big_biglaugh:
dioudodo wrote: 22 Apr 2021, 13:36 Tengkyu om reviewnya. Mantap banget.

Kl budgetnya yg tipe Prime, apakah kira-kira fitur2 pada New Santa Fe 2021 masih lebih baik dibandingkan dengan yg pre-facelift (2019-2020), terutama Grand Santa Fe 2019 Om?
Kalau saya mendingan pilih yang pre FL om. Tapi ambil yang tipe grand. 6 airbag lebih mahal dibandingkan 2 airbag.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15461
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2021 Hyundai SantaFe 2.2 CRDi Signature Quick Drive

Post by ChZ »

sh00t wrote: 22 Apr 2021, 14:02
Palisade itu gunanya sebagai pengganti LC yang selama ini doyan wiu wiu om. Setidaknya biar gak bosan lihat LC. :big_biglaugh:

Kalau saya mendingan pilih yang pre FL om. Tapi ambil yang tipe grand. 6 airbag lebih mahal dibandingkan 2 airbag.
nah iya bener jg jadi mobil arogan arogan club... :ngacir:

idem om. kl gak pentingin powertrain dual clutch baru nya sebenernya mending beli GSF pre-facelift drpd yang baru. harganya selisih lumayan jg. klo beli yang baru wajib yang signature.

pinter jg ni hyundai kasih spek lengkap di signature biar yang beli pada mikir prime nanggung terus lari ke signature. extra cuan 60 juta per SPK new SF :big_biglaugh:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5680
Joined: 05 Jun 2014, 20:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: 2021 Hyundai SantaFe 2.2 CRDi Signature Quick Drive

Post by sintoni »

Nais ripiu Chrisss..

Mobil yang ganteng, tenaga gede + fitur lengkap..

Sayang kalau ane punya uang segitu tetap ga kepikir ini, soalnya masih sayang beli mobil KPOP harga segitu baru, lebih milih nyari jandanya. Haha.
well
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 830
Joined: 02 Jul 2020, 10:03
Location: Sub
Daily Vehicle: Sepeda Ontel

Re: 2021 Hyundai SantaFe 2.2 CRDi Signature Quick Drive

Post by well »

Poporing wrote: 22 Apr 2021, 11:52
well wrote: 22 Apr 2021, 11:23 Menurut saya Hyundai saat saat ini sedang agresif, produk2 yg dikeluarkan akhir akhir ini mencengangkan, mulai dari design Hyundai Staria, double cab Santa Cruz. Tidak bisa dipandang sebelah mata
jangan lupa tucson new om.. ampun dah cakepnya (selera saya sih cakep itu)
bener, new tucson designnya 1 aliran dengan santa cruz. klo palisade 1 aliran dengan santafe
sh00t
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 1236
Joined: 18 Jan 2019, 17:39

Re: 2021 Hyundai SantaFe 2.2 CRDi Signature Quick Drive

Post by sh00t »

ChZ wrote: 22 Apr 2021, 14:23
sh00t wrote: 22 Apr 2021, 14:02
Palisade itu gunanya sebagai pengganti LC yang selama ini doyan wiu wiu om. Setidaknya biar gak bosan lihat LC. :big_biglaugh:

Kalau saya mendingan pilih yang pre FL om. Tapi ambil yang tipe grand. 6 airbag lebih mahal dibandingkan 2 airbag.
nah iya bener jg jadi mobil arogan arogan club... :ngacir:

idem om. kl gak pentingin powertrain dual clutch baru nya sebenernya mending beli GSF pre-facelift drpd yang baru. harganya selisih lumayan jg. klo beli yang baru wajib yang signature.

pinter jg ni hyundai kasih spek lengkap di signature biar yang beli pada mikir prime nanggung terus lari ke signature. extra cuan 60 juta per SPK new SF :big_biglaugh:
AT lebih aman dibandingkan DCT kalau lihat kondisi jalanan Indonesia. :big_biglaugh:
User avatar
alvin23
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1954
Joined: 01 Jan 2007, 09:58
Location: CGK-BDO-JOG

Re: 2021 Hyundai SantaFe 2.2 CRDi Signature Quick Drive

Post by alvin23 »

Om Chz, dibanding Palisade gimana?
Rocky R ADS CVT 2021
mr_mytplx
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1299
Joined: 20 Apr 2009, 13:17

Re: 2021 Hyundai SantaFe 2.2 CRDi Signature Quick Drive

Post by mr_mytplx »

Nice review Om CHZ.

Btw itu 120 di jalan umum di arteri soekarno hatta y? astaga. :big_biglaugh: :big_biglaugh:

kl di banding jok nya CX9 empukan mama om?

Kmrn lewat puri, dealer nissan puri ud ganti jd hyundai. lumayan mewah keliatannya dr depan.
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post