2021 Hyundai SantaFe 2.2 CRDi Signature Quick Drive

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: F 272, b8099ok, ginting, FRD, artoodetoo, y_anjasrana

Venturtle
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1515
Joined: 25 Jan 2017, 16:12

Re: 2021 Hyundai SantaFe 2.2 CRDi Signature Quick Drive

Post by Venturtle »

nice review, om :mky_02:
kalau sama ANPS, joknya lebih empuk yg mana, om?
Pboyz97
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2730
Joined: 09 Oct 2016, 22:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: CX5 Elite 2018

Re: 2021 Hyundai SantaFe 2.2 CRDi Signature Quick Drive

Post by Pboyz97 »

Nice review chris. Santa fe ini memang salah 1 mobil yg punya potensi sangat bagus dikelasnya, karena fun to drive, dan fiturnya cukup banyak buat ukuran mobil korea dan desain exterior + interiornya cakep bgt hehehe. Minusnya cuma di citra merek aja ini mobil wkwkkw yg masih blm sekuat brand jepang menurut gw
Past:
1NZFE 4AT / L15A 5AT / K24Z1 5AT / 2.0 Skyactiv 6AT / 4A91 4AT / 2NRFE CVT / K3VE 5MT / 1NRVE 5MT

Now:
2.5 SKYACTIV - G 6AT (for sale) / 1.5 VTEC Turbo CVT / L15Z1 CVT
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 10822
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2021 Hyundai SantaFe 2.2 CRDi Signature Quick Drive

Post by ChZ »

alvin23 wrote: 22 Apr 2021, 17:02 Om Chz, dibanding Palisade gimana?
lom pernah lihat atau bahkan naik Palisade om :mky_01: tiap dateng unit pasti udah laku punya orang kata salesnya.
mr_mytplx wrote: 22 Apr 2021, 18:41 Nice review Om CHZ.

Btw itu 120 di jalan umum di arteri soekarno hatta y? astaga. :big_biglaugh: :big_biglaugh:

kl di banding jok nya CX9 empukan mama om?

Kmrn lewat puri, dealer nissan puri ud ganti jd hyundai. lumayan mewah keliatannya dr depan.
nah justru saking gak berasanya di jalan macem arteri bisa jalan 120... yah 120 full throttle jarak pendek sih abis itu ngerem macet :big_biglaugh:

lebih empuk SF om... CX-9 saya ingetnya gak terlalu berkesan joknya. hanya beda dikit sama CX-5.

udah ganti dari lama om... itu renov nya aja udah sekitar 1 bulan yang lalu gak slesai2 :big_biglaugh:
Venturtle wrote: 22 Apr 2021, 20:08 nice review, om :mky_02:
kalau sama ANPS, joknya lebih empuk yg mana, om?
jauh lebih enak SF dong. bukan tandingannya ANPS mah.
Pboyz97 wrote: 22 Apr 2021, 23:33 Nice review chris. Santa fe ini memang salah 1 mobil yg punya potensi sangat bagus dikelasnya, karena fun to drive.
ngga fun to drive juga sih tetep rasa bawa mobil besar.

ya gak penting juga sih santafe ini bukan i30N atau Veloster N.
2011 Toyota XU30 / 2016 XP170
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1
2019 Mitsubishi NC1W

https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
yohanesw
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 147
Joined: 08 May 2013, 14:45
Daily Vehicle: Santa DM 2014

Re: 2021 Hyundai SantaFe 2.2 CRDi Signature Quick Drive

Post by yohanesw »

idem banget nih impresi pas TD santi 2021, kebetulan pas saya TD bisa bandingin sekaligus sama palisade, perbedaan kentara di palisade:

- Palisade dari luarnya aja garang & bongsor, eh tapi pas uda masuk & nyetir loh koq berasa bodinya biasa aja, malah kesannya sedikit lebih kecil dari santi
- Frame headunitnya amat berasa kegedean, sebetulnya layarnya sih yang kurang banget gara2 kena downgrade
- Spido walau cukup keren, tapi kalah jauh lah dibanding full screen santi 2021
- Joknya aduhai banget, lebih gede lagi dari santi dan lebih megang, lebih gampang diatur dibanding santi 2021, plusnya ada extender paha meski ga banyak
- Firewall palisade lebih tebal sepertinya karena suara mesinnya nyaris ga tembus meskipun dari sisi driver, malah dari row2 ga berasa apa2 sama sekali padahal mesinnya diesel, wedannn
- Waktu ditarik, tarikannya lebih linear & ga eksplosif seperti santi. Santi yang 2021 ini karakter nariknya setelah pake DCT 8s malah jadi mirip seperti DM preFL saya yang udah remap
- Waktu TD palisade yang jelas mobil lain pada minggir, asli kesan gahar & pejabatnya kental banget wakakaka
- Row 2 dan 3 lebih lega sedikit, sudah captain seat dan ada hot/cool seatnya di 2 baris
- Panoramicnya ga full, kebagi 2 seperti alphard

Kalau untuk santi 2021 100% setuju sama om chz, itu pas udah selesai TD baru nyadar ga dites DCT paddle shiftnya, lupa saking enak & halusnya itu mobil pas dipake jalan kenceng maupun lagi lambat/kena macet, bener2 berasa normal saja.

Minusnya santi 2021 cuma 1, bikin DM preFL saya langsung berasa banget bapuknya, padahal tadinya masih menikmati paling ga 1-2 tahun lagi hahaha 🤣
2013 - Mitsubishi Mirage
2014 - Suzuki Ertiga GX
02/2018 - Mitsubishi Xpander Sport
02/2019 - Nissan Xtrail T32 2017
08/2019 - Nissan Livina VL
10/2019 - Hyundai Santa Fe CRDi 2014
KielConstantine
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 985
Joined: 03 Jul 2013, 13:23
Location: Indonesia

Re: 2021 Hyundai SantaFe 2.2 CRDi Signature Quick Drive

Post by KielConstantine »

ChZ wrote: 22 Apr 2021, 12:12
vp920b wrote: 22 Apr 2021, 10:50 Memang yang TM pre facelift saja sudah banyak perbedaan dengan sorento sy yg lama. Mesin lebih responsif dan body tenang di kecepatan tinggi. Rem juga sigap seperti european cars.

Ya itulah R&D ex orang orang BMW for Hyundai dan ex Audi for Kia.

Dct korea belum pernah coba, cuma yg sy pke prefacelift 8 speed normal saja sudah jauh lebih sigap.

Kalau worry DCT ya beli yg pre facelift, lebih peace of mind walaupun fitur miskin.
R&D ex BMW dan Audi without the "german" touch.... mbah @KielConstantine pasti paham :ngacir:
:e-eh:

With the “german” touch. Sebuah bohlam lampu sen yg price wajarnya Rp 30rb ; bisa jadi 3.5 juta jika skalinya rusak dan perlu ganti. Sieg Heil to the Füh·rer :fist:


———

Btw, good & comprehensive review as always Chris.

Santa-Fe TM jg masuk radar ane klo mau cari SUV monocoque buat di pake overland roadtrip wkwkwkwk pasti asik banget jalan2 1,000 kilo full toll pake santi ini. Prefer yg pre-facelift sih type Grand warna hitam itu. Cakep banget :off_good_job:

Rela gw isi-in pertamina dex tiap hari. Ga pake urusan cemplungin BRQ BRQ ga jelas :big_grin:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
vp920b
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1016
Joined: 20 Aug 2013, 15:41

Re: 2021 Hyundai SantaFe 2.2 CRDi Signature Quick Drive

Post by vp920b »

KielConstantine wrote: 23 Apr 2021, 19:32
ChZ wrote: 22 Apr 2021, 12:12
vp920b wrote: 22 Apr 2021, 10:50 Memang yang TM pre facelift saja sudah banyak perbedaan dengan sorento sy yg lama. Mesin lebih responsif dan body tenang di kecepatan tinggi. Rem juga sigap seperti european cars.

Ya itulah R&D ex orang orang BMW for Hyundai dan ex Audi for Kia.

Dct korea belum pernah coba, cuma yg sy pke prefacelift 8 speed normal saja sudah jauh lebih sigap.

Kalau worry DCT ya beli yg pre facelift, lebih peace of mind walaupun fitur miskin.
R&D ex BMW dan Audi without the "german" touch.... mbah @KielConstantine pasti paham :ngacir:
:e-eh:

With the “german” touch. Sebuah bohlam lampu sen yg price wajarnya Rp 30rb ; bisa jadi 3.5 juta jika skalinya rusak dan perlu ganti. Sieg Heil to the Füh·rer :fist:


———

Btw, good & comprehensive review as always Chris.

Santa-Fe TM jg masuk radar ane klo mau cari SUV monocoque buat di pake overland roadtrip wkwkwkwk pasti asik banget jalan2 1,000 kilo full toll pake santi ini. Prefer yg pre-facelift sih type Grand warna hitam itu. Cakep banget :off_good_job:

Rela gw isi-in pertamina dex tiap hari. Ga pake urusan cemplungin BRQ BRQ ga jelas :big_grin:
Mau tak jual nih yg saya punya. Siapa tau berminat. Tapi tipe XG sih.. hehe..

Sudah saatnya move on lagi setelah 2 tahun lebih dikit..
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 10822
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2021 Hyundai SantaFe 2.2 CRDi Signature Quick Drive

Post by ChZ »

yohanesw wrote: 23 Apr 2021, 18:36 idem banget nih impresi pas TD santi 2021, kebetulan pas saya TD bisa bandingin sekaligus sama palisade, perbedaan kentara di palisade:

- Palisade dari luarnya aja garang & bongsor, eh tapi pas uda masuk & nyetir loh koq berasa bodinya biasa aja, malah kesannya sedikit lebih kecil dari santi
- Frame headunitnya amat berasa kegedean, sebetulnya layarnya sih yang kurang banget gara2 kena downgrade
- Spido walau cukup keren, tapi kalah jauh lah dibanding full screen santi 2021
- Joknya aduhai banget, lebih gede lagi dari santi dan lebih megang, lebih gampang diatur dibanding santi 2021, plusnya ada extender paha meski ga banyak
- Firewall palisade lebih tebal sepertinya karena suara mesinnya nyaris ga tembus meskipun dari sisi driver, malah dari row2 ga berasa apa2 sama sekali padahal mesinnya diesel, wedannn
- Waktu ditarik, tarikannya lebih linear & ga eksplosif seperti santi. Santi yang 2021 ini karakter nariknya setelah pake DCT 8s malah jadi mirip seperti DM preFL saya yang udah remap
- Waktu TD palisade yang jelas mobil lain pada minggir, asli kesan gahar & pejabatnya kental banget wakakaka
- Row 2 dan 3 lebih lega sedikit, sudah captain seat dan ada hot/cool seatnya di 2 baris
- Panoramicnya ga full, kebagi 2 seperti alphard

Kalau untuk santi 2021 100% setuju sama om chz, itu pas udah selesai TD baru nyadar ga dites DCT paddle shiftnya, lupa saking enak & halusnya itu mobil pas dipake jalan kenceng maupun lagi lambat/kena macet, bener2 berasa normal saja.

Minusnya santi 2021 cuma 1, bikin DM preFL saya langsung berasa banget bapuknya, padahal tadinya masih menikmati paling ga 1-2 tahun lagi hahaha 🤣
ahh ada yg bandingin langsung dengan Palisade :mky_02:

naah berarti memang tech-wise Palisade terasa seperti older car (memang mobilnya lebih tua jg sih) tapi beberapa fiturnya lebih menunjang buat luxury dan kenyamanan. Santi menang pakai all new platform jadi drivingnya berasa lbh menyenangkan.

idem om, santi DM dastekan ane dl berasa cupu ketemu nih mobil baru pdhl standaran... :big_biglaugh:
KielConstantine wrote: 23 Apr 2021, 19:32
:e-eh:

With the “german” touch. Sebuah bohlam lampu sen yg price wajarnya Rp 30rb ; bisa jadi 3.5 juta jika skalinya rusak dan perlu ganti. Sieg Heil to the Füh·rer :fist:


———

Btw, good & comprehensive review as always Chris.

Santa-Fe TM jg masuk radar ane klo mau cari SUV monocoque buat di pake overland roadtrip wkwkwkwk pasti asik banget jalan2 1,000 kilo full toll pake santi ini. Prefer yg pre-facelift sih type Grand warna hitam itu. Cakep banget :off_good_job:

Rela gw isi-in pertamina dex tiap hari. Ga pake urusan cemplungin BRQ BRQ ga jelas :big_grin:
di otak para enjiniier baling baling : "nein nein nein, konsumen kita itu tidak suka barang murah, bohlam sen 30ribu itu kelasnya avanza, mari kita ganti saja yang 3.5 juta." :big_smoking:

ahh santi TM baru 700 juta masih isi bio pake beraQ beraQ mah keterlaluan...
2011 Toyota XU30 / 2016 XP170
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1
2019 Mitsubishi NC1W

https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
yohanesw
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 147
Joined: 08 May 2013, 14:45
Daily Vehicle: Santa DM 2014

Re: 2021 Hyundai SantaFe 2.2 CRDi Signature Quick Drive

Post by yohanesw »

ChZ wrote:
yohanesw wrote: 23 Apr 2021, 18:36 idem banget nih impresi pas TD santi 2021, kebetulan pas saya TD bisa bandingin sekaligus sama palisade, perbedaan kentara di palisade:

- Palisade dari luarnya aja garang & bongsor, eh tapi pas uda masuk & nyetir loh koq berasa bodinya biasa aja, malah kesannya sedikit lebih kecil dari santi
- Frame headunitnya amat berasa kegedean, sebetulnya layarnya sih yang kurang banget gara2 kena downgrade
- Spido walau cukup keren, tapi kalah jauh lah dibanding full screen santi 2021
- Joknya aduhai banget, lebih gede lagi dari santi dan lebih megang, lebih gampang diatur dibanding santi 2021, plusnya ada extender paha meski ga banyak
- Firewall palisade lebih tebal sepertinya karena suara mesinnya nyaris ga tembus meskipun dari sisi driver, malah dari row2 ga berasa apa2 sama sekali padahal mesinnya diesel, wedannn
- Waktu ditarik, tarikannya lebih linear & ga eksplosif seperti santi. Santi yang 2021 ini karakter nariknya setelah pake DCT 8s malah jadi mirip seperti DM preFL saya yang udah remap
- Waktu TD palisade yang jelas mobil lain pada minggir, asli kesan gahar & pejabatnya kental banget wakakaka
- Row 2 dan 3 lebih lega sedikit, sudah captain seat dan ada hot/cool seatnya di 2 baris
- Panoramicnya ga full, kebagi 2 seperti alphard

Kalau untuk santi 2021 100% setuju sama om chz, itu pas udah selesai TD baru nyadar ga dites DCT paddle shiftnya, lupa saking enak & halusnya itu mobil pas dipake jalan kenceng maupun lagi lambat/kena macet, bener2 berasa normal saja.

Minusnya santi 2021 cuma 1, bikin DM preFL saya langsung berasa banget bapuknya, padahal tadinya masih menikmati paling ga 1-2 tahun lagi hahaha Image
ahh ada yg bandingin langsung dengan Palisade :mky_02:

naah berarti memang tech-wise Palisade terasa seperti older car (memang mobilnya lebih tua jg sih) tapi beberapa fiturnya lebih menunjang buat luxury dan kenyamanan. Santi menang pakai all new platform jadi drivingnya berasa lbh menyenangkan.

idem om, santi DM dastekan ane dl berasa cupu ketemu nih mobil baru pdhl standaran... :big_biglaugh:
KielConstantine wrote: 23 Apr 2021, 19:32
:e-eh:

With the “german” touch. Sebuah bohlam lampu sen yg price wajarnya Rp 30rb ; bisa jadi 3.5 juta jika skalinya rusak dan perlu ganti. Sieg Heil to the Füh·rer :fist:


———

Btw, good & comprehensive review as always Chris.

Santa-Fe TM jg masuk radar ane klo mau cari SUV monocoque buat di pake overland roadtrip wkwkwkwk pasti asik banget jalan2 1,000 kilo full toll pake santi ini. Prefer yg pre-facelift sih type Grand warna hitam itu. Cakep banget :off_good_job:

Rela gw isi-in pertamina dex tiap hari. Ga pake urusan cemplungin BRQ BRQ ga jelas :big_grin:
di otak para enjiniier baling baling : "nein nein nein, konsumen kita itu tidak suka barang murah, bohlam sen 30ribu itu kelasnya avanza, mari kita ganti saja yang 3.5 juta." :big_smoking:

ahh santi TM baru 700 juta masih isi bio pake beraQ beraQ mah keterlaluan...
ini facelift yg memang aneh karena barunya berasa beda bgt dibanding waktu tes TM preFL dulu haha

anyway thanks review detailnya om chz Image
2013 - Mitsubishi Mirage
2014 - Suzuki Ertiga GX
02/2018 - Mitsubishi Xpander Sport
02/2019 - Nissan Xtrail T32 2017
08/2019 - Nissan Livina VL
10/2019 - Hyundai Santa Fe CRDi 2014
User avatar
hosea
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 338
Joined: 27 Mar 2013, 09:05

Re: 2021 Hyundai SantaFe 2.2 CRDi Signature Quick Drive

Post by hosea »

Nice review, Chris. Thanks sharingnya.

Sebagai pemilik Santi pre-facelift 2019, saya yakin yang baru ini lebih canggih, modern dan feel drive nya lebih enak lagi dengan new platform. Yang pre-facelift saja sdh sangat nyaman menurut saya.

Tapi kalau interior saya lebih suka yang pre-facelift. Dengan two tonecoklat dan hitam, kesannya lebih "klasik" dan terasa nyaman di mata...keliatan lebih elegan dan mewah. Dan saya lebih suka transmisi dengan tuas, bukan pencet pencet tombol.

Karena saya ga demen diesel, kalau saya upgrade pasti yang type signature gasoline. Namun dengan harga 650-an....sepertinya kok saya mending nambah 50 jt dan ambil Peugeot 5008 :big_smile]

Pengin nyoba mobil eropa....setelah sering punya jepang dan korea.
vipere
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 915
Joined: 17 Feb 2014, 15:41

Re: 2021 Hyundai SantaFe 2.2 CRDi Signature Quick Drive

Post by vipere »

review mobil korea bagus2, tapi ntah kenapa udah tertanam dalam pikiran mobil korea itu realibility meragukan. gara2 jaman dulu pernah pakai mobil hyundai rusak mulu. ada keinginan juga nyoba lagi punya hyundai, tapi pikiran melarang.hehehe.
vhar7
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: 28 Dec 2016, 00:13

Re: 2021 Hyundai SantaFe 2.2 CRDi Signature Quick Drive

Post by vhar7 »

Saya sudah test drive Santa Fe facelift ini beberapa hari lalu. Dan kebetulan saya jg belum pernah punya punya mobil hyundai sama sekali sebelum nya. Terakhir yang saya pernah test drive hyundai Santa Fe taun 2011. Terbiasa dengan CX-5 2018 dan Innova reborn diesel, impresi setelah nyobain Santa Fe FL ini cukup Waow..

Interior nya termasuk bagus dan banyak soft touch nya. Speedometer TFT nya sangat WAOWW.. terang dan resolusi nya tinggi sekali.. keliatan high class lah tampilan digital speedo nya.

Mesin jg impressive menurut saya. mulai dari kehalusan nya yang jauh lebih halus dibanding mesin 2GD-FTV nya innova. Ketika di gas santai, kehalusan dan suaranya mirip kayak mobil bensin. Untuk power juga termasuk enak sekali. Di kick down, tarikan nya kuat, malah setir agak kerasa narik sedikit. Dibuat daily driving gas di injek sedikit, mobil langsung lariii. Tidak ada kesan gas2 an nya berat atau under power. Effortless menurut saya, tenaga di RPM bawah dan tengah nya kuat.

Sound system belum utak atik detail. Cuma sekilas dengerin lagu dari radio, suaranya lumayan enak. Lebih enak daripada Innova Reborn sekilas

Overall setelah test drive mobil ini, sangat suka dan keliatan Hyundai mulai upscale produk2 nya. Jd pengen punya nih cuma harga nya aja yg a bit expensive.
fl4b1e
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 189
Joined: 27 Dec 2015, 22:18

Re: 2021 Hyundai SantaFe 2.2 CRDi Signature Quick Drive

Post by fl4b1e »

as always Om Chz, review yang luar biasa. Dah lama ga liat review yang buat jadi pengen banget nyobain SantaFe FL ini. Two thumbs up tuk Hyundai dan Kia group yang buat transmisi2 canggih akhir2 ini. kemarin IVT yg dipakai Sonet, DCT Seltos dan sekarang DCT Santa Fe.. wow.. kayaknya model transmission button ini tuk langkah Hyundai lebih mengakrabkan oengguna Hyundai sama kalau ntar ngeluarin versi EV kali yaa :) jadi pas diganti EV platform interiornya dah mirip.

In General tentang Hyundai ini ya. pas Palisade kemarin keluar, ganteng dan machonya mobil ini poll banget. kental bgt American looksnya.

Saya pribadj, ga usah masuk CX9 pun, kalau dibanding sama Palisade kalau nurutin emosi exterior aja dah pasti milih Palisade. Kalau orang lain di jakarta kalau menurut saya bandingin Palisade mungkin bukan dengan CX9, tapi sama Alphard. karena 3 rows dan mewah exteriornya itu kerasa banget.

Sampe saking gagahnya Palisade itu buat saya pas liat SantaFe yg keren ini, tetep masih ga bisa move on dari Palisade. Oh well, karena otak harus diataa emosi, lebih memilih beli rumah dibanding mobil deh saya.. :)
maswewe
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 152
Joined: 28 Aug 2012, 19:21

Re: 2021 Hyundai SantaFe 2.2 CRDi Signature Quick Drive

Post by maswewe »

Trims, Chz... nice review.

Timeline mobil saya: Jepang-Jepang-Korea/Amerika-Jepang.

Relasi saya dengan Korea/Amerika: antara cinta dan benci.
Baca review ini, cinta saya tumbuh lagi dan rasa bencinya entah menguap ke mana.
thompst
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 31
Joined: 06 Apr 2021, 09:58

Re: 2021 Hyundai SantaFe 2.2 CRDi Signature Quick Drive

Post by thompst »

Belum sempat test drive tapi sempat lihat ketika pameran di MKG. Lihat eksterior & interiornya ini sih sudah beda level dgn CRV, Xtrail atau CX5. Santa Fe ini sepertinya bukan berada di kelas CRV atau CX5, tapi pilihan untuk orang2 yang mau beli SUV premium eropa tapi belum mampu.

Jadi heran brand korea yang secara brand image masih dibawah brand jepang berani untuk naik kelas ke arah mobil premium sedangkan brand jepang begitu2 saja.
User avatar
bensinsolar
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 595
Joined: 27 Sep 2016, 15:34

Re: 2021 Hyundai SantaFe 2.2 CRDi Signature Quick Drive

Post by bensinsolar »

thompst wrote: 26 Apr 2021, 09:29 Belum sempat test drive tapi sempat lihat ketika pameran di MKG. Lihat eksterior & interiornya ini sih sudah beda level dgn CRV, Xtrail atau CX5. Santa Fe ini sepertinya bukan berada di kelas CRV atau CX5, tapi pilihan untuk orang2 yang mau beli SUV premium eropa tapi belum mampu.

Jadi heran brand korea yang secara brand image masih dibawah brand jepang berani untuk naik kelas ke arah mobil premium sedangkan brand jepang begitu2 saja.
Brand Jepang yg ud all out Mazda. Varian CX8 yg ga masuk US aja masuk ke Indo. Cm ya CX9 ud memsauki end of life cycle & bakal ada all newnya kemungkinan akhir 2022/awal 2023. Yg menariknya Mazda taon depan sptnya bakal launch all new CX5 & CX8 yang RWD :big_exellent:
User avatar
bensinsolar
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 595
Joined: 27 Sep 2016, 15:34

Re: 2021 Hyundai SantaFe 2.2 CRDi Signature Quick Drive

Post by bensinsolar »

Nice review Om, very positive bwt SUV ini ya. Saya ud bayanginnya beda banget sama kendaraan kantor saya dulu si Sonata EF yg ride & handlingnya willowy tp comfortable bgt bikin ngantuk, pdhl mesinnya V6 yg ga remarkable juga. Kalah power dibanding mbl pribadi yg 4 cylinder real VTEC kickin yo :mky_03:
sh00t
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 858
Joined: 18 Jan 2019, 17:39

Re: 2021 Hyundai SantaFe 2.2 CRDi Signature Quick Drive

Post by sh00t »

thompst wrote: 26 Apr 2021, 09:29 Belum sempat test drive tapi sempat lihat ketika pameran di MKG. Lihat eksterior & interiornya ini sih sudah beda level dgn CRV, Xtrail atau CX5. Santa Fe ini sepertinya bukan berada di kelas CRV atau CX5, tapi pilihan untuk orang2 yang mau beli SUV premium eropa tapi belum mampu.

Jadi heran brand korea yang secara brand image masih dibawah brand jepang berani untuk naik kelas ke arah mobil premium sedangkan brand jepang begitu2 saja.
Pasar Hyundai sekarang kiblatnya ke Eropa om. Beda dengan mobil Jepang yang kiblatnya masih ke Asia.
nicholasmun
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 85
Joined: 11 Apr 2021, 07:47
Location: Srengseng
Daily Vehicle: Honda HRV

Re: 2021 Hyundai SantaFe 2.2 CRDi Signature Quick Drive

Post by nicholasmun »

Harganya jg harga mobil Eropa om bukan harga mobil Asia mwahahahaha
erwinign
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2691
Joined: 19 Apr 2014, 10:45
Location: SRG

Re: 2021 Hyundai SantaFe 2.2 CRDi Signature Quick Drive

Post by erwinign »

sh00t wrote: 26 Apr 2021, 10:38
thompst wrote: 26 Apr 2021, 09:29 Belum sempat test drive tapi sempat lihat ketika pameran di MKG. Lihat eksterior & interiornya ini sih sudah beda level dgn CRV, Xtrail atau CX5. Santa Fe ini sepertinya bukan berada di kelas CRV atau CX5, tapi pilihan untuk orang2 yang mau beli SUV premium eropa tapi belum mampu.

Jadi heran brand korea yang secara brand image masih dibawah brand jepang berani untuk naik kelas ke arah mobil premium sedangkan brand jepang begitu2 saja.
Pasar Hyundai sekarang kiblatnya ke Eropa om. Beda dengan mobil Jepang yang kiblatnya masih ke Asia.
Perpaduan sih saya bilang om. Kasarannya reliability kaya jepang, tp looks dan tongkrongan kaya eropa-amerika. Carnival baru itu american banget tapi desain eropa, sorento eropa banget (kaya land rover belakangnya), santafe american banget looksnya
Don't Judge The Book By It's Cover
sh00t
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 858
Joined: 18 Jan 2019, 17:39

Re: 2021 Hyundai SantaFe 2.2 CRDi Signature Quick Drive

Post by sh00t »

nicholasmun wrote: 26 Apr 2021, 11:19 Harganya jg harga mobil Eropa om bukan harga mobil Asia mwahahahaha
Masih jauh lah om. Anggap saja SantaFe sebesar GLE-Class. Yang 1 harganya 700 jutaan, yang 1 lagi harganya 2 Man. :big_biglaugh:
sh00t
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 858
Joined: 18 Jan 2019, 17:39

Re: 2021 Hyundai SantaFe 2.2 CRDi Signature Quick Drive

Post by sh00t »

erwinign wrote: 26 Apr 2021, 11:37
sh00t wrote: 26 Apr 2021, 10:38
thompst wrote: 26 Apr 2021, 09:29 Belum sempat test drive tapi sempat lihat ketika pameran di MKG. Lihat eksterior & interiornya ini sih sudah beda level dgn CRV, Xtrail atau CX5. Santa Fe ini sepertinya bukan berada di kelas CRV atau CX5, tapi pilihan untuk orang2 yang mau beli SUV premium eropa tapi belum mampu.

Jadi heran brand korea yang secara brand image masih dibawah brand jepang berani untuk naik kelas ke arah mobil premium sedangkan brand jepang begitu2 saja.
Pasar Hyundai sekarang kiblatnya ke Eropa om. Beda dengan mobil Jepang yang kiblatnya masih ke Asia.
Perpaduan sih saya bilang om. Kasarannya reliability kaya jepang, tp looks dan tongkrongan kaya eropa-amerika. Carnival baru itu american banget tapi desain eropa, sorento eropa banget (kaya land rover belakangnya), santafe american banget looksnya
Bukannya belakangnya Sorento mirip dengan kakaknya, Telluride yah om? Kalau Palisade dan Telluride sudah kelihatan banget Americannya. :big_biglaugh:
nicholasmun
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 85
Joined: 11 Apr 2021, 07:47
Location: Srengseng
Daily Vehicle: Honda HRV

Re: 2021 Hyundai SantaFe 2.2 CRDi Signature Quick Drive

Post by nicholasmun »

sh00t wrote: 26 Apr 2021, 12:29
nicholasmun wrote: 26 Apr 2021, 11:19 Harganya jg harga mobil Eropa om bukan harga mobil Asia mwahahahaha
Masih jauh lah om. Anggap saja SantaFe sebesar GLE-Class. Yang 1 harganya 700 jutaan, yang 1 lagi harganya 2 Man. :big_biglaugh:
jangan sama GLE-Class dong Om kejauhan hahaha.
Sama Peugeot 3008 5008 ajah.

ato sama VW Tiguan All Space hehehe
sh00t
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 858
Joined: 18 Jan 2019, 17:39

Re: 2021 Hyundai SantaFe 2.2 CRDi Signature Quick Drive

Post by sh00t »

nicholasmun wrote: 26 Apr 2021, 12:36
sh00t wrote: 26 Apr 2021, 12:29
nicholasmun wrote: 26 Apr 2021, 11:19 Harganya jg harga mobil Eropa om bukan harga mobil Asia mwahahahaha
Masih jauh lah om. Anggap saja SantaFe sebesar GLE-Class. Yang 1 harganya 700 jutaan, yang 1 lagi harganya 2 Man. :big_biglaugh:
jangan sama GLE-Class dong Om kejauhan hahaha.
Sama Peugeot 3008 5008 ajah.

ato sama VW Tiguan All Space hehehe
VW Tiguan All Space bukannya sebesar Honda CR-V yah om? Btw, kenapa gak coba lirik VW Tiguan All Space om? :big_peace:
yohanesw
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 147
Joined: 08 May 2013, 14:45
Daily Vehicle: Santa DM 2014

Re: 2021 Hyundai SantaFe 2.2 CRDi Signature Quick Drive

Post by yohanesw »

nicholasmun wrote:
sh00t wrote: 26 Apr 2021, 12:29
nicholasmun wrote: 26 Apr 2021, 11:19 Harganya jg harga mobil Eropa om bukan harga mobil Asia mwahahahaha
Masih jauh lah om. Anggap saja SantaFe sebesar GLE-Class. Yang 1 harganya 700 jutaan, yang 1 lagi harganya 2 Man. :big_biglaugh:
jangan sama GLE-Class dong Om kejauhan hahaha.
Sama Peugeot 3008 5008 ajah.

ato sama VW Tiguan All Space hehehe
3008 kekecilan om, minimal memang sama 5008, tapi ini pun masih agak kecil dibanding santa fe

dibanding sama merc GLC pun harganya masih terbilang murah santa fe ini
2013 - Mitsubishi Mirage
2014 - Suzuki Ertiga GX
02/2018 - Mitsubishi Xpander Sport
02/2019 - Nissan Xtrail T32 2017
08/2019 - Nissan Livina VL
10/2019 - Hyundai Santa Fe CRDi 2014
nicholasmun
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 85
Joined: 11 Apr 2021, 07:47
Location: Srengseng
Daily Vehicle: Honda HRV

Re: 2021 Hyundai SantaFe 2.2 CRDi Signature Quick Drive

Post by nicholasmun »

sh00t wrote: 26 Apr 2021, 12:39
nicholasmun wrote: 26 Apr 2021, 12:36
sh00t wrote: 26 Apr 2021, 12:29

Masih jauh lah om. Anggap saja SantaFe sebesar GLE-Class. Yang 1 harganya 700 jutaan, yang 1 lagi harganya 2 Man. :big_biglaugh:
jangan sama GLE-Class dong Om kejauhan hahaha.
Sama Peugeot 3008 5008 ajah.

ato sama VW Tiguan All Space hehehe
VW Tiguan All Space bukannya sebesar Honda CR-V yah om? Btw, kenapa gak coba lirik VW Tiguan All Space om? :big_peace:
Dompet ane menjerit om kalo suruh ambil VW Tiguan All Space.
Kebetulan temen ane ada yg punya, blm yg All Space sih, masih Tiguan 2018.
Tiap service dia menjerit jg, sekali service ke beres abis bisa 8 jutaan. Ini masih itungan ganti fast moving ya. Blm ngegantiin part2 yg slow moving.
Jadi dari awal ane udah gak ngelirik sama sekali lah kasian ntar kalo dompet kosong terus, nanti dompetnya kesepian..
Post Reply