2014 Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x2: User Experience

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: F 272, b8099ok, ginting, FRD, artoodetoo, y_anjasrana

User avatar
A7Corsair
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 368
Joined: 07 Sep 2014, 08:35

Re: 2014 Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x2: User Experience

Post by A7Corsair »

sintoni wrote: 05 May 2021, 13:13
evanbngdor wrote: 05 May 2021, 11:22 Mesin masih aman jaya ngga ada riwayat atau gejala overheat kan Om?

Soalnya terkenal bgt kan itu dakar 4d56 sering overheat
:mky_01:
Selama ini pake di kota ane belum pernah sih om..

Mungkin karena jarang macet ya.

Kalau di kota gede mungkin harus pasang extra fan, ini sudah plug and play, sudah ada dudukannya sama colokannya.

Aneh soalnya kalau yg 4x2 ga dapat, padahal ane denger2 kalau yang 4x4 sudah dapat dari bawaan.
Kebetulan masih pegang dakar 2014 dari gres anyar sampe sekarang ...
Jarum temperatur memang agak nakutin di mobil ini ... manteng di setengah lebih dikiiit ... tapi stabil di situ ..
Sudah pasang extra fan jg ... tapi pengaruhnya di ac yg kerasa lebih dingin .. di temperatur mesin gak ngaruh apa2 ...
Dipake nanjak2 eskrim (extreme) jg temperatur stabil pada tempatnya ..
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4439
Joined: 05 Jun 2014, 20:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: 2014 Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x2: User Experience

Post by sintoni »

A7Corsair wrote: 10 May 2021, 04:03
sintoni wrote: 05 May 2021, 13:13
evanbngdor wrote: 05 May 2021, 11:22 Mesin masih aman jaya ngga ada riwayat atau gejala overheat kan Om?

Soalnya terkenal bgt kan itu dakar 4d56 sering overheat
:mky_01:
Selama ini pake di kota ane belum pernah sih om..

Mungkin karena jarang macet ya.

Kalau di kota gede mungkin harus pasang extra fan, ini sudah plug and play, sudah ada dudukannya sama colokannya.

Aneh soalnya kalau yg 4x2 ga dapat, padahal ane denger2 kalau yang 4x4 sudah dapat dari bawaan.
Kebetulan masih pegang dakar 2014 dari gres anyar sampe sekarang ...
Jarum temperatur memang agak nakutin di mobil ini ... manteng di setengah lebih dikiiit ... tapi stabil di situ ..
Sudah pasang extra fan jg ... tapi pengaruhnya di ac yg kerasa lebih dingin .. di temperatur mesin gak ngaruh apa2 ...
Dipake nanjak2 eskrim (extreme) jg temperatur stabil pada tempatnya ..
Nah, emang dia agak setengah lebih sedikit sih om, tapi emang stabil..

Sampe skg sudah berapa km om? BBM pake dex kah?
b0ku
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1386
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: 2014 Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x2: User Experience

Post by b0ku »

A7Corsair wrote: 10 May 2021, 04:03
sintoni wrote: 05 May 2021, 13:13
evanbngdor wrote: 05 May 2021, 11:22 Mesin masih aman jaya ngga ada riwayat atau gejala overheat kan Om?

Soalnya terkenal bgt kan itu dakar 4d56 sering overheat
:mky_01:
Selama ini pake di kota ane belum pernah sih om..

Mungkin karena jarang macet ya.

Kalau di kota gede mungkin harus pasang extra fan, ini sudah plug and play, sudah ada dudukannya sama colokannya.

Aneh soalnya kalau yg 4x2 ga dapat, padahal ane denger2 kalau yang 4x4 sudah dapat dari bawaan.
Kebetulan masih pegang dakar 2014 dari gres anyar sampe sekarang ...
Jarum temperatur memang agak nakutin di mobil ini ... manteng di setengah lebih dikiiit ... tapi stabil di situ ..
Sudah pasang extra fan jg ... tapi pengaruhnya di ac yg kerasa lebih dingin .. di temperatur mesin gak ngaruh apa2 ...
Dipake nanjak2 eskrim (extreme) jg temperatur stabil pada tempatnya ..
nah saya juga gitu tuh kalo cruising normal dia sih manteng di setengah cuma kalo pas lagi geber2x di tol temptnya suka naek dikit kadang ngeri juga ngeliatinnya :big_bored: baru ganti waterpump sih, kalo pasang extra fan beli dimana ya???
evanbngdor wrote: 05 May 2021, 11:22 Mesin masih aman jaya ngga ada riwayat atau gejala overheat kan Om?

Soalnya terkenal bgt kan itu dakar 4d56 sering overheat
:mky_01:
tau penyebabnya gak??? :big_think: soalnya saya nyaris overheat gara2x theromostartnya mampet, kalo pas diem AC panas temp naek akhirnya saya akalin saya bawa kenceng sampe bengkel ac normal temp turun, abis itu di bengkel termostartnya di cabut sama temen saya karena dia pikir gak guna di indo kecuali saya pindah ke alaska :mky_07:
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4439
Joined: 05 Jun 2014, 20:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: 2014 Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x2: User Experience

Post by sintoni »

b0ku wrote: 10 May 2021, 09:06
A7Corsair wrote: 10 May 2021, 04:03
sintoni wrote: 05 May 2021, 13:13

Selama ini pake di kota ane belum pernah sih om..

Mungkin karena jarang macet ya.

Kalau di kota gede mungkin harus pasang extra fan, ini sudah plug and play, sudah ada dudukannya sama colokannya.

Aneh soalnya kalau yg 4x2 ga dapat, padahal ane denger2 kalau yang 4x4 sudah dapat dari bawaan.
Kebetulan masih pegang dakar 2014 dari gres anyar sampe sekarang ...
Jarum temperatur memang agak nakutin di mobil ini ... manteng di setengah lebih dikiiit ... tapi stabil di situ ..
Sudah pasang extra fan jg ... tapi pengaruhnya di ac yg kerasa lebih dingin .. di temperatur mesin gak ngaruh apa2 ...
Dipake nanjak2 eskrim (extreme) jg temperatur stabil pada tempatnya ..
nah saya juga gitu tuh kalo cruising normal dia sih manteng di setengah cuma kalo pas lagi geber2x di tol temptnya suka naek dikit kadang ngeri juga ngeliatinnya :big_bored: baru ganti waterpump sih, kalo pasang extra fan beli dimana ya???
evanbngdor wrote: 05 May 2021, 11:22 Mesin masih aman jaya ngga ada riwayat atau gejala overheat kan Om?

Soalnya terkenal bgt kan itu dakar 4d56 sering overheat
:mky_01:
tau penyebabnya gak??? :big_think: soalnya saya nyaris overheat gara2x theromostartnya mampet, kalo pas diem AC panas temp naek akhirnya saya akalin saya bawa kenceng sampe bengkel ac normal temp turun, abis itu di bengkel termostartnya di cabut sama temen saya karena dia pikir gak guna di indo kecuali saya pindah ke alaska :mky_07:
Bukannya di toko online banyak ya jual extra fan om? Masangnya jg ane liat di yutub gampang sih..

Kalau ga ya cari toko fisik aja, harusnya di toko AC mobil ada.
MSU
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1036
Joined: 06 Jan 2019, 09:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: 2014 Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x2: User Experience

Post by MSU »

Kalo ga salah extra fan-nya ada yg plug & play...udh ada soket pula di mobilnya cmiiw dulu pernah baca artikelnya
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4439
Joined: 05 Jun 2014, 20:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: 2014 Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x2: User Experience

Post by sintoni »

MSU wrote: 10 May 2021, 11:34 Kalo ga salah extra fan-nya ada yg plug & play...udh ada soket pula di mobilnya cmiiw dulu pernah baca artikelnya
Iya emang plug and play ini om... Tinggal beli extra fan + relaynya, biasa sepaket sih..
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2403
Joined: 13 Sep 2015, 10:08

Re: 2014 Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x2: User Experience

Post by evanbngdor »

b0ku wrote: 10 May 2021, 09:06
evanbngdor wrote: 05 May 2021, 11:22 Mesin masih aman jaya ngga ada riwayat atau gejala overheat kan Om?

Soalnya terkenal bgt kan itu dakar 4d56 sering overheat
:mky_01:
tau penyebabnya gak??? :big_think: soalnya saya nyaris overheat gara2x theromostartnya mampet, kalo pas diem AC panas temp naek akhirnya saya akalin saya bawa kenceng sampe bengkel ac normal temp turun, abis itu di bengkel termostartnya di cabut sama temen saya karena dia pikir gak guna di indo kecuali saya pindah ke alaska :mky_07:
Wah kurang paham om, saya jg bukan pengguna dakar sih. Cuma memang beberapa temen pengalamannya sama semua.

Malah ada yg dakar 2015, odometer belom sampe 40rb waktu itu, memang modif sih pasang dastek.

Itu dibejek2 dr jakarta-bandung via cipularang, posisi jarum nya 3/4. Tp pas udah jalan santai sih ya normal lg ke setengah lebih dikit
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
b0ku
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1386
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: 2014 Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x2: User Experience

Post by b0ku »

sintoni wrote: 10 May 2021, 11:28
Bukannya di toko online banyak ya jual extra fan om? Masangnya jg ane liat di yutub gampang sih..

Kalau ga ya cari toko fisik aja, harusnya di toko AC mobil ada.
ok2x thank you nanti saya coba check :big_okay:

soalnya saya awam banget sama ni mobil biasa pake mobil bensin baru kali ini serius pake diesel :mky_01:

diluar ekspektasi ternyata lebih rewel dari mobil yang biasa saya pake tapi saya suka nyetir ni mobil enak di pake :mky_03:

ada beberapa pertanyaan sih mungkin ada yang bisa jawab kalo maen exhaustnya mending apa aja yang di ganti tanpa ngerubah suara sama bikin kenalpot tambah ngebul posisi mesin std gak bakalan di remap??? :big_think:

terus saya punya di bawah tuas matic kadang suka bunyi kletek2x kalo lagi idle atau di netral kemungkinan ada bearing yang geter atau bagian yang lose kadang suaranya bisa di ilangin dengan ngocok2x tombol yang ada di tuas matic atau injek pedal rem ada yang ngalamin??? :big_think:

sama rem mungkin mau ganti BENDIX disc rotor sama kampas BENDIX 4WD ada yang pernah coba??? soalnya harganya murah jatohnya cuma 1,5jt ud semua sya sih incernya brembo max bisa abis 2,9jt disc sama padnya mending mana ya??? :big_think:
sintoni wrote: 10 May 2021, 13:01 Iya emang plug and play ini om... Tinggal beli extra fan + relaynya, biasa sepaket sih..
ini mitsubishi apa aftermarket???
evanbngdor wrote: 10 May 2021, 13:06
Wah kurang paham om, saya jg bukan pengguna dakar sih. Cuma memang beberapa temen pengalamannya sama semua.

Malah ada yg dakar 2015, odometer belom sampe 40rb waktu itu, memang modif sih pasang dastek.

Itu dibejek2 dr jakarta-bandung via cipularang, posisi jarum nya 3/4. Tp pas udah jalan santai sih ya normal lg ke setengah lebih dikit
asumsi saya sih keknya pas di geber turbonya panas terus ngaruh ke bacaan sensornya makannya naek di indikator ini dia malah belakangan bikin saya mikir mau cepet2x pasang turbo timer :big_think:
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2403
Joined: 13 Sep 2015, 10:08

Re: 2014 Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x2: User Experience

Post by evanbngdor »

b0ku wrote: 10 May 2021, 13:06
evanbngdor wrote: 10 May 2021, 13:06
Wah kurang paham om, saya jg bukan pengguna dakar sih. Cuma memang beberapa temen pengalamannya sama semua.

Malah ada yg dakar 2015, odometer belom sampe 40rb waktu itu, memang modif sih pasang dastek.

Itu dibejek2 dr jakarta-bandung via cipularang, posisi jarum nya 3/4. Tp pas udah jalan santai sih ya normal lg ke setengah lebih dikit
asumsi saya sih keknya pas di geber turbonya panas terus ngaruh ke bacaan sensornya makannya naek di indikator ini dia malah belakangan bikin saya mikir mau cepet2x pasang turbo timer :big_think:
Kayaknya bukan turbo panas sih Om. indikator suhu itu umumnya baca suhu radiator coolant. Tp turbo diesel apalagi udah dimodif itu yg perlu diperhatikan sebenernya EGT (exhaust gas temperatur) nya, karena suhu nya bisa melayang tinggi. Itu yg berbahaya karena banyak yg awam modif asal pasang piggyback/remap aja tanpa pantau EGT nya.
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
User avatar
A7Corsair
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 368
Joined: 07 Sep 2014, 08:35

Re: 2014 Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x2: User Experience

Post by A7Corsair »

sintoni wrote: 10 May 2021, 07:04
A7Corsair wrote: 10 May 2021, 04:03
sintoni wrote: 05 May 2021, 13:13

Selama ini pake di kota ane belum pernah sih om..

Mungkin karena jarang macet ya.

Kalau di kota gede mungkin harus pasang extra fan, ini sudah plug and play, sudah ada dudukannya sama colokannya.

Aneh soalnya kalau yg 4x2 ga dapat, padahal ane denger2 kalau yang 4x4 sudah dapat dari bawaan.
Kebetulan masih pegang dakar 2014 dari gres anyar sampe sekarang ...
Jarum temperatur memang agak nakutin di mobil ini ... manteng di setengah lebih dikiiit ... tapi stabil di situ ..
Sudah pasang extra fan jg ... tapi pengaruhnya di ac yg kerasa lebih dingin .. di temperatur mesin gak ngaruh apa2 ...
Dipake nanjak2 eskrim (extreme) jg temperatur stabil pada tempatnya ..
Nah, emang dia agak setengah lebih sedikit sih om, tapi emang stabil..

Sampe skg sudah berapa km om? BBM pake dex kah?
Km sekarang di 100k-an ...
Oli pertama- tama dulu pake Q8 .. trus ganti delvac 1 .. trus sekarang ketemu yg paling pas (termasuk pas di kantong) ... ptt 10w-30 ...
BBM sampe km 80k-an ... full dex ... sekarang full biosol ..
:big_biglaugh:
Di 80K ... timing belt ganti ... sekalian ganti water pump ...
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4439
Joined: 05 Jun 2014, 20:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: 2014 Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x2: User Experience

Post by sintoni »

b0ku wrote: 10 May 2021, 13:06

ok2x thank you nanti saya coba check :big_okay:

soalnya saya awam banget sama ni mobil biasa pake mobil bensin baru kali ini serius pake diesel :mky_01:

diluar ekspektasi ternyata lebih rewel dari mobil yang biasa saya pake tapi saya suka nyetir ni mobil enak di pake :mky_03:

ada beberapa pertanyaan sih mungkin ada yang bisa jawab kalo maen exhaustnya mending apa aja yang di ganti tanpa ngerubah suara sama bikin kenalpot tambah ngebul posisi mesin std gak bakalan di remap??? :big_think:

terus saya punya di bawah tuas matic kadang suka bunyi kletek2x kalo lagi idle atau di netral kemungkinan ada bearing yang geter atau bagian yang lose kadang suaranya bisa di ilangin dengan ngocok2x tombol yang ada di tuas matic atau injek pedal rem ada yang ngalamin??? :big_think:

sama rem mungkin mau ganti BENDIX disc rotor sama kampas BENDIX 4WD ada yang pernah coba??? soalnya harganya murah jatohnya cuma 1,5jt ud semua sya sih incernya brembo max bisa abis 2,9jt disc sama padnya mending mana ya??? :big_think:
sintoni wrote: 10 May 2021, 13:01 Iya emang plug and play ini om... Tinggal beli extra fan + relaynya, biasa sepaket sih..
ini mitsubishi apa aftermarket???
Aftermarket om, kalau ga salah yang bagus merk Valeo..

Kalau keluhan sementara belum ada yg dialamin om Boku sih.

Kalau rem jg ngerasa kurang pakem ya? Ga terlalu parah sih tapi ahrusnya kalau lebih pakem lg sedikit lebih mantap sih.

Apa ga coba kuras pake Dot 4 dulu aja om?
A7Corsair wrote: 10 May 2021, 13:56
Km sekarang di 100k-an ...
Oli pertama- tama dulu pake Q8 .. trus ganti delvac 1 .. trus sekarang ketemu yg paling pas (termasuk pas di kantong) ... ptt 10w-30 ...
BBM sampe km 80k-an ... full dex ... sekarang full biosol ..
:big_biglaugh:
Di 80K ... timing belt ganti ... sekalian ganti water pump ...
Hauhauahaua, ada perbedaan pake dex sama biosolar om? Ga pake aditif kah?

80rb ganti waterpump buat preventive aja atau emang ada keluhan om?

Ane jg pake sih PTT 10W30, murmer cuma 420rb buat 6 liter.. Rencana ganti 8rb/9 bulan sekalian filter oli...
User avatar
A7Corsair
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 368
Joined: 07 Sep 2014, 08:35

Re: 2014 Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x2: User Experience

Post by A7Corsair »

sintoni wrote: 10 May 2021, 14:24
A7Corsair wrote: 10 May 2021, 13:56
Km sekarang di 100k-an ...
Oli pertama- tama dulu pake Q8 .. trus ganti delvac 1 .. trus sekarang ketemu yg paling pas (termasuk pas di kantong) ... ptt 10w-30 ...
BBM sampe km 80k-an ... full dex ... sekarang full biosol ..
:big_biglaugh:
Di 80K ... timing belt ganti ... sekalian ganti water pump ...
Hauhauahaua, ada perbedaan pake dex sama biosolar om? Ga pake aditif kah?

80rb ganti waterpump buat preventive aja atau emang ada keluhan om?

Ane jg pake sih PTT 10W30, murmer cuma 420rb buat 6 liter.. Rencana ganti 8rb/9 bulan sekalian filter oli...
Jelas ada lah ... terutama di rpm tinggi ..
Saya pake aditif kalo inget dan kalo stok nya ada ... biasanya amsoil cetane boost ..

Water pump ganti karena sekalian bongkar nya sama ganti timing belt .. atas saran mbah Bebonk ..

Oli ptt kemaren ganti setelah pakai 9K-an ... dan masih enak ..
Terus terang oli ini yg paling enak dibanding sebelum2 nya ...
Ganti oli sekalian ganti filter oli dan filter solar ...
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4439
Joined: 05 Jun 2014, 20:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: 2014 Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x2: User Experience

Post by sintoni »

A7Corsair wrote: 10 May 2021, 14:55
sintoni wrote: 10 May 2021, 14:24
A7Corsair wrote: 10 May 2021, 13:56
Km sekarang di 100k-an ...
Oli pertama- tama dulu pake Q8 .. trus ganti delvac 1 .. trus sekarang ketemu yg paling pas (termasuk pas di kantong) ... ptt 10w-30 ...
BBM sampe km 80k-an ... full dex ... sekarang full biosol ..
:big_biglaugh:
Di 80K ... timing belt ganti ... sekalian ganti water pump ...
Hauhauahaua, ada perbedaan pake dex sama biosolar om? Ga pake aditif kah?

80rb ganti waterpump buat preventive aja atau emang ada keluhan om?

Ane jg pake sih PTT 10W30, murmer cuma 420rb buat 6 liter.. Rencana ganti 8rb/9 bulan sekalian filter oli...
Jelas ada lah ... terutama di rpm tinggi ..
Saya pake aditif kalo inget dan kalo stok nya ada ... biasanya amsoil cetane boost ..

Water pump ganti karena sekalian bongkar nya sama ganti timing belt .. atas saran mbah Bebonk ..

Oli ptt kemaren ganti setelah pakai 9K-an ... dan masih enak ..
Terus terang oli ini yg paling enak dibanding sebelum2 nya ...
Ganti oli sekalian ganti filter oli dan filter solar ...
Selama 100rb ++ ini ada kerusakan apa aja om?

Iya sih, menurut om Turbo ini PTT bisa tembus 10rb asal ga lebih dari setaun, sudah tes lab..

Kalau konsumsi BBM biosolar sama dex mirip2 aja om? Ane dalam kota lancar dapat 1:9 sih, tapi emang kaki sekolah.
User avatar
A7Corsair
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 368
Joined: 07 Sep 2014, 08:35

Re: 2014 Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x2: User Experience

Post by A7Corsair »

sintoni wrote: 10 May 2021, 15:19
Selama 100rb ++ ini ada kerusakan apa aja om?

Iya sih, menurut om Turbo ini PTT bisa tembus 10rb asal ga lebih dari setaun, sudah tes lab..

Kalau konsumsi BBM biosolar sama dex mirip2 aja om? Ane dalam kota lancar dapat 1:9 sih, tapi emang kaki sekolah.
Alhamdulillah selama ini aman sentosa ..
Cuman pernah klaim steering column ... waktu masih warranty ...

Kalo konsumsi bbm ... kayaknya sama aja ya antara dex vs biosol ...
Suara jg gak beda kayaknya .. berkat ptt .. :big_peace:
Attachments
Bukit Seribu Bintang
Bukit Seribu Bintang
LRM_EXPORT_90514352831383_20190727_234643872.jpg (977.82 KiB) Viewed 387 times
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4439
Joined: 05 Jun 2014, 20:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: 2014 Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x2: User Experience

Post by sintoni »

A7Corsair wrote: 10 May 2021, 15:49
sintoni wrote: 10 May 2021, 15:19
Selama 100rb ++ ini ada kerusakan apa aja om?

Iya sih, menurut om Turbo ini PTT bisa tembus 10rb asal ga lebih dari setaun, sudah tes lab..

Kalau konsumsi BBM biosolar sama dex mirip2 aja om? Ane dalam kota lancar dapat 1:9 sih, tapi emang kaki sekolah.
Alhamdulillah selama ini aman sentosa ..
Cuman pernah klaim steering column ... waktu masih warranty ...

Kalo konsumsi bbm ... kayaknya sama aja ya antara dex vs biosol ...
Suara jg gak beda kayaknya .. berkat ptt .. :big_peace:
Steering column ini klaim atau emang dapat recall om?

Keluhan / gejalanya gimana ya?
User avatar
A7Corsair
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 368
Joined: 07 Sep 2014, 08:35

Re: 2014 Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x2: User Experience

Post by A7Corsair »

sintoni wrote: 10 May 2021, 16:16
Steering column ini klaim atau emang dapat recall om?

Keluhan / gejalanya gimana ya?
Klaim ... pas belok bunyi 'glek' gitu ... di mileage sekitar 20K- an ...
Mitsu ok koq .. tanpa banyak tanya2 langsung diganti ..

Kejadian sama pas di Otlendir Sport ... tapi ini yg diganti steering rack nya ...
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4439
Joined: 05 Jun 2014, 20:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: 2014 Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x2: User Experience

Post by sintoni »

A7Corsair wrote: 10 May 2021, 16:26
sintoni wrote: 10 May 2021, 16:16
Steering column ini klaim atau emang dapat recall om?

Keluhan / gejalanya gimana ya?
Klaim ... pas belok bunyi 'glek' gitu ... di mileage sekitar 20K- an ...
Mitsu ok koq .. tanpa banyak tanya2 langsung diganti ..

Kejadian sama pas di Otlendir Sport ... tapi ini yg diganti steering rack nya ...
Oke makasih om infonya, ane sih 1-1nya keluhan kadang kalau lg merayap di jalan ga rata kadang setirnya diputer keluarin bunyi kriyettt pelann, tapi kadang ga bunyi jg. Yang lainnya oke sih.
b0ku
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1386
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: 2014 Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x2: User Experience

Post by b0ku »

sintoni wrote: 10 May 2021, 14:24
Aftermarket om, kalau ga salah yang bagus merk Valeo..

Kalau keluhan sementara belum ada yg dialamin om Boku sih.

Kalau rem jg ngerasa kurang pakem ya? Ga terlalu parah sih tapi ahrusnya kalau lebih pakem lg sedikit lebih mantap sih.

Apa ga coba kuras pake Dot 4 dulu aja om?
iya valeo keknya bagus nanti saya pasang itu aja...thx sarannya :big_okay:

kemaren2x sih enak2x aja cuma belakangan keknya makin gak enak emang sih awal2x geter pas lari 140kmh terus pas abis kampasnya saya ganti brembo punya geternya ilang cuma emang kata temen saya discnya ud makan juga saya bilang ud lah ini kampas rem terakhir nanti mau sekalian ganti disc sama kampas rem baru aja kalo abis lagi nah rencana brembo atau bendix itu :big_think: kalo brembo max saya ud pake di GE8 enak....

nah kalo minyak rem saya mau kuras ganti pake ATE dot4 sekarang katanya ganti jadi BMW kemasannya biasa saya pake di mobil satu lagi, cuma mau sekalian ganti selang rem juga sama yang teflon, nah rencananya juga sekalian ganti discnya jadi sekalian bongkar semua :big_think:
A7Corsair wrote: 10 May 2021, 14:55
Hauhauahaua, ada perbedaan pake dex sama biosolar om? Ga pake aditif kah?

80rb ganti waterpump buat preventive aja atau emang ada keluhan om?

Ane jg pake sih PTT 10W30, murmer cuma 420rb buat 6 liter.. Rencana ganti 8rb/9 bulan sekalian filter oli...
punya saya baru bulan kemaren ganti waterpump odometer pas 74rb bocorrr :mky_01:

pake KW merek GMB cuma 500rb :mky_03:

cuma emang punya saya bisa di bilang motuba taonnya 2012 :mky_01:

untung waterpump bocor gara2x itu jadi tau itu mobil pake timming belt kalo gak bisa bablas ampe putus bubar....... :big_slap:
evanbngdor wrote: 10 May 2021, 13:43
Kayaknya bukan turbo panas sih Om. indikator suhu itu umumnya baca suhu radiator coolant. Tp turbo diesel apalagi udah dimodif itu yg perlu diperhatikan sebenernya EGT (exhaust gas temperatur) nya, karena suhu nya bisa melayang tinggi. Itu yg berbahaya karena banyak yg awam modif asal pasang piggyback/remap aja tanpa pantau EGT nya.
:big_think: untung std2x aja cuma emang mau improve pake parts yang lebih bagus biar improve reabilitynya soalnya ni mobil menurut saya agak rewel tapi enak dipake :mky_03:

boleh sih kalo ada rekomendasi radiator atau intercoller yang lebih bagus biar jarum tempnya bisa nyender :mky_03:
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4439
Joined: 05 Jun 2014, 20:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: 2014 Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x2: User Experience

Post by sintoni »

b0ku wrote: 10 May 2021, 20:36
iya valeo keknya bagus nanti saya pasang itu aja...thx sarannya :big_okay:

kemaren2x sih enak2x aja cuma belakangan keknya makin gak enak emang sih awal2x geter pas lari 140kmh terus pas abis kampasnya saya ganti brembo punya geternya ilang cuma emang kata temen saya discnya ud makan juga saya bilang ud lah ini kampas rem terakhir nanti mau sekalian ganti disc sama kampas rem baru aja kalo abis lagi nah rencana brembo atau bendix itu :big_think: kalo brembo max saya ud pake di GE8 enak....

nah kalo minyak rem saya mau kuras ganti pake ATE dot4 sekarang katanya ganti jadi BMW kemasannya biasa saya pake di mobil satu lagi, cuma mau sekalian ganti selang rem juga sama yang teflon, nah rencananya juga sekalian ganti discnya jadi sekalian bongkar semua :big_think:
Dah berapa sih odonya om?

Kalau mau beli kampas rem yang ga makan disc beli yang murah2 aja yang organik, kalau ga sekalian yg keramik kayak Bendix CT.

Skrg rata2 kampas rem emang metalic/semi, nah itu lebih makan piringan.

Sudah remap/pigi/modif mesin kah ini? Sampe mau naik spek pengereman?
User avatar
A7Corsair
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 368
Joined: 07 Sep 2014, 08:35

Re: 2014 Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x2: User Experience

Post by A7Corsair »

sintoni wrote: 10 May 2021, 17:35
Oke makasih om infonya, ane sih 1-1nya keluhan kadang kalau lg merayap di jalan ga rata kadang setirnya diputer keluarin bunyi kriyettt pelann, tapi kadang ga bunyi jg. Yang lainnya oke sih.
Btw ... udah pernah ganti shock absorber belum om ?
Punya saya kiri belakang udah rembes kayaknya ...
Pengen ganti semua aja .. udah umur jg ..
Kalo ganti yg standaran lagi .. kayaknya cukup ekonomis (cek di toped)
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4439
Joined: 05 Jun 2014, 20:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: 2014 Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x2: User Experience

Post by sintoni »

A7Corsair wrote: 10 May 2021, 22:25
sintoni wrote: 10 May 2021, 17:35
Oke makasih om infonya, ane sih 1-1nya keluhan kadang kalau lg merayap di jalan ga rata kadang setirnya diputer keluarin bunyi kriyettt pelann, tapi kadang ga bunyi jg. Yang lainnya oke sih.
Btw ... udah pernah ganti shock absorber belum om ?
Punya saya kiri belakang udah rembes kayaknya ...
Pengen ganti semua aja .. udah umur jg ..
Kalo ganti yg standaran lagi .. kayaknya cukup ekonomis (cek di toped)
Belum sih om, baru 50rb km jg, kemaren pas ganti ban ane cek jg masih aman semua harusnya..

Ga coba merk aftermarket aja om? Takutnya kalau beli yang embel2 ori malah dapat palsu. Terakhir pake Monroe di mobil lain enak sih, agak empuk.
b0ku
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1386
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: 2014 Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x2: User Experience

Post by b0ku »

sintoni wrote: 10 May 2021, 21:29
Dah berapa sih odonya om?

Kalau mau beli kampas rem yang ga makan disc beli yang murah2 aja yang organik, kalau ga sekalian yg keramik kayak Bendix CT.

Skrg rata2 kampas rem emang metalic/semi, nah itu lebih makan piringan.

Sudah remap/pigi/modif mesin kah ini? Sampe mau naik spek pengereman?
Odo sekarang dah jalan 75rban

setau saya yang makan kampas rem standartnya soalnya waktu saya beli KMnya 50rban isinya barang oem semua sampe kampas2x remnya soalnya bekas di pake engkong2x dan dulu saya sering bawa punya temen juga sama remnya geter kalo lari 140an emang dah penyakitnya :mky_01:

makannya saya rada2x gak gitu percaya sama beberapa parts ori biarpun timming belt sama fan belt emang wajib ORI, kalo bisa nyari2x yang aftermarket aja yang bisa improve dikit :mky_01:

mesin rencana std aja kok cuma emang dari awal beli mau improve di handlingnya aja biar lebih nyaman dipake jalan jauh :mky_01:

saya mikirinya tenaganya ud lebih dari cukup buat SUV ladder frame yang kurang handlingnya aja cuma emang gatel sih kepikiran mau maenin
kenalpotnya cuma takut ngebul sama suaranya berubah maunya suaranya begini2x aja tapi tenaganya naek dikit sama gak tambah ngebul makannya lagi nyari tau bagian kenalpot mana yang bisa di ganti tanpa rubah suara sama gak bikin tambah ngebul :big_think:

shock sih kemaren ud ganti profender hasilnya emang buat nikung sih gitu2x aja cuma pas kita pake akselerasi lari kenceng jadi lebih enak jauh :mky_01:
A7Corsair wrote: 10 May 2021, 22:25
sintoni wrote: 10 May 2021, 17:35
Oke makasih om infonya, ane sih 1-1nya keluhan kadang kalau lg merayap di jalan ga rata kadang setirnya diputer keluarin bunyi kriyettt pelann, tapi kadang ga bunyi jg. Yang lainnya oke sih.
Btw ... udah pernah ganti shock absorber belum om ?
Punya saya kiri belakang udah rembes kayaknya ...
Pengen ganti semua aja .. udah umur jg ..
Kalo ganti yg standaran lagi .. kayaknya cukup ekonomis (cek di toped)
saya baru ganti 2 bulan lalu 4 4nya pake profender abis 5,3jt so far sih enak tapi masih pake settingan no2 (kayak std) belom coba di 3 sama 4 yang pasti sekarang kalo di geber kenceng mobilnya kayak lebih ngegrip jauh lebih enak handlingnya kalo bantingan sih lebih keras cuma buat saya malah lebih enak kerasnya, sama body shocknya lebih tebel jd harusnya lebih panjang umurnya soalnya shock bawaannya pajero terutama belakang kecil banget :mky_01:

tapi kemaren yang depan sih di bongkar malah gak kenapa2x punya saya malah baru kali ini liat shock kanan kiri akur tingginya biasanya yang ud2x pada berantakan cuma belakangnya ud lama jebol..

kalo per std saya liat emang kecil cuma pernya rasa aftermarket karena keras banget keliatannya, bannya pun makannya rata kalo kata tukang sporring pajero emang paling susah lari sporringannnya, kalo saya liat per bawannya sih ya gak heran kayak H&R yang saya di pake di mobil saya dulu karakternya juga gitu dan bannya pada bilang makannya bagus pas pake tuh per, jadi pernya sebenernya ud bagus tinggal shocknya aja diganti yang bagusan :mky_03:
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4439
Joined: 05 Jun 2014, 20:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: 2014 Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x2: User Experience

Post by sintoni »

b0ku wrote: 11 May 2021, 07:24
Odo sekarang dah jalan 75rban

setau saya yang makan kampas rem standartnya soalnya waktu saya beli KMnya 50rban isinya barang oem semua sampe kampas2x remnya soalnya bekas di pake engkong2x dan dulu saya sering bawa punya temen juga sama remnya geter kalo lari 140an emang dah penyakitnya :mky_01:

makannya saya rada2x gak gitu percaya sama beberapa parts ori biarpun timming belt sama fan belt emang wajib ORI, kalo bisa nyari2x yang aftermarket aja yang bisa improve dikit :mky_01:

mesin rencana std aja kok cuma emang dari awal beli mau improve di handlingnya aja biar lebih nyaman dipake jalan jauh :mky_01:

saya mikirinya tenaganya ud lebih dari cukup buat SUV ladder frame yang kurang handlingnya aja cuma emang gatel sih kepikiran mau maenin
kenalpotnya cuma takut ngebul sama suaranya berubah maunya suaranya begini2x aja tapi tenaganya naek dikit sama gak tambah ngebul makannya lagi nyari tau bagian kenalpot mana yang bisa di ganti tanpa rubah suara sama gak bikin tambah ngebul :big_think:

shock sih kemaren ud ganti profender hasilnya emang buat nikung sih gitu2x aja cuma pas kita pake akselerasi lari kenceng jadi lebih enak jauh :mky_01:

saya baru ganti 2 bulan lalu 4 4nya pake profender abis 5,3jt so far sih enak tapi masih pake settingan no2 (kayak std) belom coba di 3 sama 4 yang pasti sekarang kalo di geber kenceng mobilnya kayak lebih ngegrip jauh lebih enak handlingnya kalo bantingan sih lebih keras cuma buat saya malah lebih enak kerasnya, sama body shocknya lebih tebel jd harusnya lebih panjang umurnya soalnya shock bawaannya pajero terutama belakang kecil banget :mky_01:

tapi kemaren yang depan sih di bongkar malah gak kenapa2x punya saya malah baru kali ini liat shock kanan kiri akur tingginya biasanya yang ud2x pada berantakan cuma belakangnya ud lama jebol..

kalo per std saya liat emang kecil cuma pernya rasa aftermarket karena keras banget keliatannya, bannya pun makannya rata kalo kata tukang sporring pajero emang paling susah lari sporringannnya, kalo saya liat per bawannya sih ya gak heran kayak H&R yang saya di pake di mobil saya dulu karakternya juga gitu dan bannya pada bilang makannya bagus pas pake tuh per, jadi pernya sebenernya ud bagus tinggal shocknya aja diganti yang bagusan :mky_03:
Hmm, ane kemaren pas 50rb ada ganti kampas rem bawaan jg secara iseng2 doang.. Depan sudah tipis sih kalau belakang masih tebel,untungnya si piringan masih aman sihh.. Takutnya sama engkong2 itu kemaren kampas remnya diganti yang KW mungkin om..

Itu yang ga rata depan belakang atau semua?

Ane belum saatnya ganti timing belt sih secara odo masih 50rb lebih dikit.. Tapi ane browsing2 di tokoijo ga ada itu timing belt yang aftermarket, rata2 semua tulis ori..

Ane malah mau bikin mobil tambah empuk, secara dalam kota doang. Hahahaha.
User avatar
riizv89
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 166
Joined: 12 Apr 2017, 12:52
Location: Indonesia
Daily Vehicle: Tokinov

Re: 2014 Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x2: User Experience

Post by riizv89 »

sintoni wrote:
MSU wrote: 10 May 2021, 11:34 Kalo ga salah extra fan-nya ada yg plug & play...udh ada soket pula di mobilnya cmiiw dulu pernah baca artikelnya
Iya emang plug and play ini om... Tinggal beli extra fan + relaynya, biasa sepaket sih..
Extra fan pakai valeo juga, keluhan tambah berisik aja saat posisi AC on.. jadinya suara agak kasar.. padahal pengennya bisa senyap.. haha
b0ku
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1386
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: 2014 Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x2: User Experience

Post by b0ku »

sintoni wrote: 11 May 2021, 07:45
Hmm, ane kemaren pas 50rb ada ganti kampas rem bawaan jg secara iseng2 doang.. Depan sudah tipis sih kalau belakang masih tebel,untungnya si piringan masih aman sihh.. Takutnya sama engkong2 itu kemaren kampas remnya diganti yang KW mungkin om..

Itu yang ga rata depan belakang atau semua?

Ane belum saatnya ganti timing belt sih secara odo masih 50rb lebih dikit.. Tapi ane browsing2 di tokoijo ga ada itu timing belt yang aftermarket, rata2 semua tulis ori..

Ane malah mau bikin mobil tambah empuk, secara dalam kota doang. Hahahaha.
kayaknya sih depan doank yang masalah :big_think:

emang begitu bro soalnya yang temen punya juga gitu suka geter si engkong saya kenal kok orangnya, mobilnya selang seling record mitsu sama bengkel oli maintenacenya jadi kalo parts harusnya dia ke beres :big_think:

sampe sekarang juga bantu saya buat perpanjang pake nama PT dia soalnya ini mobil belinya dia yang maksa beli katanya bekas dia pake dan duitnya duit kantor jd mau dikasih murah kekita, tapi gak nyangka sih jadi salah satu mobil kesayangan :mky_03:

sebenernya bokap ada exceed ud tua juga cuma kmnya baru 35rb jd gak bisa buat perbandingan :mky_03:

kalo toko ijo hati2x banyak KWnya tapi bungkusnya mitsu mending beli di toko yang ud di percaya aja soalnya nyaranin pake asli aja kalo timming belt roler2xnya boleh KW saya pake kw sih roller bearingnya tensionernya tapi ori, soalnya banyak kasus putus kemaren saya beli beltnya aja 675rb jgn beli yang harganya jauh2x ini takutnya dianulir KW :mky_01:

kalo aftermarket saya kemaren ampir beli merek bonum coba di cari aja di toko ijo kemaren sih ada, ini saya dapet waktu goggling terus nemu di seraya keknya postingan jadul :mky_01:

NAH katanya kalo profender settingan no1 lebih empuk dari std cuma saya belom coba sih :mky_03:

kalo saya emang suka yang keras dari dulu maklum biasa nya bawa honda ini pajero aja kalo dah abis bawa ini terus bawa GE8 enak bener lsg si ge cuma karena shocknya ge8 std jd gak enak bantingannya kebiasaan sama bantinganya profender di pajero :mky_03:
Post Reply