2014 Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x2: User Experience

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: F 272, b8099ok, ginting, FRD, artoodetoo, y_anjasrana

User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4202
Joined: 05 Jun 2014, 20:03
Daily Vehicle: [cencored]

2014 Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x2: User Experience

Post by sintoni »

Selamat datang om2/suhu2/mbah2 SM di trit pengalaman memiliki sebuah Mitsubishi Pajero Sport varian Dakar keluaran tahun 2014.


Background

Ini mobil diberi dari baru gress oleh kakak TS pada bulan Juli 2014, dan dijual kepada TS pada bulan Januari 2021. Sebelumnya TS tidak pernah terpikir untuk membeli mobil ini karena mobil ini terasa terlalu besar dan tinggi untuk digunakan untuk rute ehari-hari dalam kota. Ditambah lagi antrian untuk pembelian BBM biosolar yang sangat panjang di kota domisili TS. Tetapi di lain sisi, TS juga mulai merasa bosan dengan Yaris dan juga ingin memiliki mobil Turbo Diesel.

Akhirnya TS mulai memasarkan Yaris di media sosial marketplace di kota domisili dan tidak lama kemudian uang hasil penjualan mobil Yaris dibayarkan kepada kakak TS sebagai DP dan sisa pembayaran akan dicicil dalam 24 bulan.

Ketika TS mendapatan mobil ini, odometer baru menempuh 47.600km dalam 6.5 tahun. Mobil ini merupakan mobil kesayangan kakak TS, dan hanya digunakan pada akhir pekan. Service record dan nota bengkel resmi juga lengkap dan BBM selalu menggunakan menggunakan Pertadex.

Setelah memakai mobil ini selama 3 bulan dan sudah menembuh jarak lebih dari 2600 (sekarang odometer ada di 50250), ada beberapa perubahan yang dilakukan kepada mobil ini:

1. Penggantian oli mesin + filter oli menggunakan PTT 10W30. (DC 420rb + filter Sakura 50rb)
2. Penggantian oli gardan menggunakan Unioil SAE 90. (DC: 45rb x 3 liter)
3. Pemasangan EGR suspender. (DC: 245rb)
4. Penggantian kampas rem depan menggunakan MK Kashiyama Ceramic. (DC: 230rb)
5. Penggantian filter udara + kabin menggunakan Denso. (DC: 145rb)
6. Penggantian filter solar menggunakan Sakura. (DC: 45rb)
7. Penggantian oli Power Steering menggunakan AFW+ sisa flushing ATF Yaris (DC: 0)
8. Penggantian minyak rem menggunakan Prestone DOT 3 (DC: 65rb)
9. Penggantian coolant menggunakan merk Master (DC 130rb)
10. Purging menggunakan LiquiMoly (DC 150rb).

Sebenarnya masih ada PR seperti penggantian ban + ATF, tetapi mungkin bakal ane tunda hingga akhir tahun atau ketika mencapai odometer 60rb.


Exterior


Menurut ane mobil ini masih terlihat gagah, bahkan jika dibandingkan dengan beberapa SUV ladderframe yang masih dijual saat ini seperti Chevrolet TB atau Isuzu MU-X.

Image

Dari fascia depan, grill depan model chrome masih terlihat cukup cantik, terlihat jauh lebih modern dibanding model honeycomb yang ada pada model pre-2013. Sayang model antena masih terlihat kuno, dikarenakan belum mengadopsi model Shark Fin.

Image

Dari samping terlihat model velg Dakar dengan model akar pohon yang dibalut ban bawaan Bridgestone Dueler HT 265/65/17 cukup terlihat gagah dipadukan dengan overfender besar mobil ini. Spion sudah full chrome dan foot step berwarna hitam dop juga cukup menawan. Terdapat emblem bertuliskan VGT Hi-Power yang akan lebih cantik jika berwarna merah.

Image

Jika dilihat dari belakang terlihat stop lamp model horizontal yang menggunakan plastik berwarna bening, model pre-2013 berwarna kuning. Terdapat emblem Dakar dan list bagasi berwarna chrome yang lebih besar dibanding yang tersedia di varian Exceed.


Interior


Image

Membuka pintu depan, terlihat jok dilapis oleh trim kulit berwarna hitam, berbeda dibanding varian Exceed yang berwarna beige. Duduk di bagian pengemudi, sangat terasa headroom cukup terbatas dikarena tersedia sunroof untuk varian Dakar. Pengaturan kursi masih belum elektrik dan pengaturan setir masih terbatas di tilt saja. Posisi mengemudi jg kurang baik dikarenakan kursi sangat rendah dan tidak bisa dinaikan terlalu tinggi karena headroom jg sangat terbatas, jadi terasa seperti agak jongkok untuk TS dengan TB 171cm dan BB 65 kg..

Setir jg berlapis kulit dan tersedia Paddle Shift berukuran raksasa yang bertempat di belakang setir, desain speedometer jg sangat sederhana dan hanya tersedia odometer dan trip A/B. Auto Power Window jg hanya tersedia untuk pengemudi dan hanya untuk menutup, tidak ada auto untuk membuka/menurunkan kaca.

Dashboard bermaterialkan plastik telihat sangat sederhana, tetapi centre console terlihat lumayan cantik karena variasi wood panel. Terlihat HU bawaan dengan fitur yang cukup oke pada tahun 2014, karena sudah bisa terkoneksi dengan smartphone menggunakan bluetooth + kamera mundur + sudah tersedia GPS bawaan. Oh ya, varian Dakar sudah menggunakan sistem Mitsubishi Power Sound Sytem, yang TS tidak bisa buktikan kualitasnya karena TS tidak terlalu mengerti akan kualitas sound system. Diatas HU, terdapat MID yang cukup lengkap, karena memberikan informasi soal: range, konsumsi BBM, temperatur luar, kompas dan barometer. Kenob AC juga masih model kompor, tetapi material yang digunakan sangat baik. Terdapat beberapa tombol untuk menyalakan AC baris ketiga + saklar alarm mundur.

Terdapat beberapa tempat untuk menaruh barang seperti dibawah HU dan di sebelah shift knob. Terdapat 1 buah bottle holder pada masing-masing door trim dan tersedia 2 buah bottle holder yang kecil pada centre console. Tersedia jg arm rest yang posisinya kurang maju dan bisa dibuka dalam 2 cara.

Image

Pindah ke baris kedua, posisi jok bisa diatur kerebahannya, sayangnya tidak bisa dimaju mundurkan. Tersedia arm rest di tengah jok baris kedua, tetapi tidak tersedia head rest untuk penumpang yng duduk di tengah baris kedua. Tersedia masing2 1 bottle holder pada setiap door trim dan kantong kursi. Dikarenakan tersedianya sunroof, tidak tersedia vent AC untuk penumpang baris kedua, vent AC hanya tersedia untuk baris ketiga yang cukup sempit untuk digunakan penumpang dewasa.

Image

1 hal yang TS suka dari bagasi mobil ini, jok baris ketiga bisa dilipat sehingga rata lantai, berbeda dengan rival mobil ini dari pabrikan T. Juga tersedia beberapa tempat penyimpanan tersembunyi pada di belakang row baris ketiga.


Driving Impression


Naik ke mobil ini sangat susah, karena mobil ini sangat tinggi dan tidak tersedia handle tangan pada sisi driver. Duduk di kursi, pandangan keluar cukup jelas, dan tidak ada pilar yang terlalu besar. Menyalakan mesin yang masih menggunakan kunci biasa, terdengar bunyi khas diesel. Ketika kita menutup pintu, suara yang masuk sangat berkurang, dibanding Venturer 2GD matic milik orang tua.

Menjalankan mobil ini, cukup terasa tarikan bawah yang cukup boyo dan turbo lag yang cukup parah. Ketika RPM mencapai 1600-1700 RPM, mulai terasa tarikan + siulan turbo yang cukup terdengar, tenaga sebanyak 176HP / 350 Nm baru terasa setelah mencapai 1700RPM hingga 3000 RPM. Dikarenakan turbo lag pada RPM rendah yang sangat terasa, mengemudikan mobil ini pada saat merayap cukup menyiksa, tetapi mengemudikan mobil ini ketika cruising cukup enak. Konsumsi BBM untuk dalam kota lancar hanya mendapatkan 1L:9.5Km menggunakan biosolar + PTT DFC, cukup boros dibanding ANKI orang tua, yang mudah saja mencapai 1:11 pada dalam kota Surabaya. Hal tsb mungkin disebabkan tarikan RPM bawah yang lemot dan bobot mobil yang mencapai 2 ton.

Suspensi juga sangat keras, bahkan lebih keras dibanding Yaris. Yang mengejutkan, radius putar cukup kecil, bahkan tidak berbeda dibanding ANKI, dan hanya berbeda sedikit dibanding Yaris 2015. Handling mobil ini jg cukup baik, body roll yang terasa lebih sedikit dibanding ANKI, mungkin dikarekanakan suspensi yang keras. Sayang pengereman mobil ini cukup pas-pasan padahal telah menggunakan rem cakram depan belakang.


Kesimpulan

+ Model gagah
+ Perawatan murah dan mudah
+ Fitur cukup lengkap (jok kulit, sunroof, dll)
+ Enak diajak cruising
+ Radius putar cukup kecil

- Keras
- RPM bawah lemot
- Space headroom terbatas
- Rem pas-pasan
MSU
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 997
Joined: 06 Jan 2019, 09:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: 2014 Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x2: User Experience

Post by MSU »

utk problem solving rpm bawah lemot mungkin perlu remap om?
DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 23804
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: 2014 Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x2: User Experience

Post by DOHC »

Pantesan mendadak mo beli tools

Ga tau nya

Abis ngangkat jip tohh
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4202
Joined: 05 Jun 2014, 20:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: 2014 Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x2: User Experience

Post by sintoni »

MSU wrote: 22 Apr 2021, 14:18 utk problem solving rpm bawah lemot mungkin perlu remap om?
Harusnya sih isa om, tapi ya sudah lah, males keluar uang lagi, ini soalnya standard aja kerasa rem kadang kedodoran, apalg kalau sudah remap..

Kalau ada rejeki pengen beli ban aja sih. Haha.

DOHC wrote: 22 Apr 2021, 14:24 Pantesan mendadak mo beli tools

Ga tau nya

Abis ngangkat jip tohh
Bukan jip ini mbah, mana ada jip cuma gardan belakang.

:mky_03:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 10982
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2014 Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x2: User Experience

Post by ChZ »

memang serem mafia bpn abis dari mobil resing 1NZ skrg pake dakar resing... :ngacir:
2011 Toyota XU30 / 2016 XP170
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1
2019 Mitsubishi NC1W

https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4202
Joined: 05 Jun 2014, 20:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: 2014 Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x2: User Experience

Post by sintoni »

ChZ wrote: 22 Apr 2021, 15:16 memang serem mafia bpn abis dari mobil resing 1NZ skrg pake dakar resing... :ngacir:
Memang serem mafia semarang mau ganti Honda emblem merah..
b0ku
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1178
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: 2014 Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x2: User Experience

Post by b0ku »

MSU wrote: 22 Apr 2021, 14:18 utk problem solving rpm bawah lemot mungkin perlu remap om?
nope butuh dex punya saya pas baru beli isi biosolar lama2x keuangan saya membaik akhirnya naek shell karena lebih murah dari DEX iseng isi dex akhirnya ketagihan sampe sekarang.........

dari biosolar ke shell berasa banget bedanya si biosolar bawahnya bener2x lag tapi di cipali masih merem lari 170kmh, tapi dari shell ke DEX lebih berasa lagi mungkin ini dia 350nm sebenernya :mky_01:
User avatar
smgandi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1243
Joined: 28 Jul 2006, 07:14

Re: 2014 Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x2: User Experience

Post by smgandi »

sintoni wrote: 22 Apr 2021, 16:06
ChZ wrote: 22 Apr 2021, 15:16 memang serem mafia bpn abis dari mobil resing 1NZ skrg pake dakar resing... :ngacir:
Memang serem mafia semarang mau ganti Honda emblem merah..
👍 Para mafia berkumpul di sini oiiii!!!! :mrgreen:
Vorsprung durch Technik
The Pursuit of Perfection
From Zero to Hero
Air Tenang Menghanyutkan
Pboyz97
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2975
Joined: 09 Oct 2016, 22:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: CX5 Elite 2018

Re: 2014 Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x2: User Experience

Post by Pboyz97 »

Nice review om, dakar memang salah 1 SUV ladder frame yg cukup fun to drive dan punya handling yg lumayan oke pada jamannya, desain luarnya juga termasuk masih cukup oke buat jaman sekarang, minusnya ya cuma di desain interiornya aja yg udh mulai keliatan tua hehehe
Past:
1NZFE 4AT / L15A 5AT / K24Z1 5AT / 2.0 Skyactiv 6AT / 4A91 4AT / 2NRFE CVT / K3VE 5MT / 1NRVE 5MT

Now:
2.5 SKYACTIV - G 6AT / 1.5 VTEC Turbo CVT / L15Z1 CVT
whitehorse4
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 390
Joined: 02 Oct 2017, 06:00

Re: 2014 Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x2: User Experience

Post by whitehorse4 »

Posisi duduk sama kaya triton exceed tahun sama ya berarti om?
Cuma pernah bawa itu keluar kota, cukup ok duduknya menurut sy
Galaxy14
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 198
Joined: 01 Feb 2017, 09:24

Re: 2014 Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x2: User Experience

Post by Galaxy14 »

sintoni wrote: 22 Apr 2021, 16:06
ChZ wrote: 22 Apr 2021, 15:16 memang serem mafia bpn abis dari mobil resing 1NZ skrg pake dakar resing... :ngacir:
Memang serem mafia semarang mau ganti Honda emblem merah..
Para mafia dah saling berbalas komen. Jadi minder mau nimbrung :ungg:
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4202
Joined: 05 Jun 2014, 20:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: 2014 Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x2: User Experience

Post by sintoni »

Pboyz97 wrote: 22 Apr 2021, 23:30 Nice review om, dakar memang salah 1 SUV ladder frame yg cukup fun to drive dan punya handling yg lumayan oke pada jamannya, desain luarnya juga termasuk masih cukup oke buat jaman sekarang, minusnya ya cuma di desain interiornya aja yg udh mulai keliatan tua hehehe
Haha.. Iya sih om, basis interiornya sudah 12-13 tahun soalnya..
whitehorse4 wrote: 23 Apr 2021, 04:11 Posisi duduk sama kaya triton exceed tahun sama ya berarti om?
Cuma pernah bawa itu keluar kota, cukup ok duduknya menurut sy
Harusnya sama sih om.. Mungkin karena varian Dakar ini ada sunroofnya, jadi makan headroom..

Kita mau naikin kepala kadang kepentok, jadi ya agak turun dikit, nah jadinya agak jongkok jg om. Haha..
patrickstar
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 490
Joined: 26 Aug 2013, 12:50

Re: 2014 Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x2: User Experience

Post by patrickstar »

Wah menarik Om, bacanya aja udah kaya kita ngerasa naik beneran.
Maklum pantat low MPV kaya saya gini belum pernah naik SUV yg gede2.
Tanya dikit Om :
- Suspensi keras itu kalo dibandingkan sama Avanza/Xenia gimana, maap ngga apple-to-apple
- Kalo buat tanjakan model2 Dieng apakah ngga ada masalah, mengingat beratnya 2 ton
Terimakasih ...
Santai dijalan, nikmati hidup.
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4202
Joined: 05 Jun 2014, 20:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: 2014 Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x2: User Experience

Post by sintoni »

patrickstar wrote: 25 Apr 2021, 20:55 Wah menarik Om, bacanya aja udah kaya kita ngerasa naik beneran.
Maklum pantat low MPV kaya saya gini belum pernah naik SUV yg gede2.
Tanya dikit Om :
- Suspensi keras itu kalo dibandingkan sama Avanza/Xenia gimana, maap ngga apple-to-apple
- Kalo buat tanjakan model2 Dieng apakah ngga ada masalah, mengingat beratnya 2 ton
Terimakasih ...
Kalau sama Avanza lama sih lebih enak ini om, tapi kalau sama Avanza yang baru2, malah lebih empuk AVanza baru..

Hahaha. Tapi tetap lebih enak rebound OPS ini om, dia ga ngayun banget kayak Avanza.

Kalau tanjakan cukup pas2an sih om kalau main di RPM bawah, harus jaga turbo agak spool sedikit baru kerasa enaknyaaa..
HaykelAdityawarman
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 155
Joined: 06 Mar 2019, 09:15
Location: Greater Jakarta
Daily Vehicle: 2015 Mitsubishi A03A 3A92 GLX MT

Re: 2014 Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x2: User Experience

Post by HaykelAdityawarman »

Singkat padat jelas om.. ini mobil disetirinnya enak, minus yang berasa di remnya yang kurang pakem. Mungkin klo brakepad diganti pake merk aftermarket lain bisa ngebantu om?
Current: 2008 Mitsubishi CY4A 4B11 CVT

Others:
2020 2GD-FTV AT / 2019 PQ26-6C 1.2 TSI DSG / 2019 Kwid Climber AMT / 2013 GM2 L15A AT / 2003 E46 M54B25 AT
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4202
Joined: 05 Jun 2014, 20:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: 2014 Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x2: User Experience

Post by sintoni »

HaykelAdityawarman wrote: 03 May 2021, 04:48 Singkat padat jelas om.. ini mobil disetirinnya enak, minus yang berasa di remnya yang kurang pakem. Mungkin klo brakepad diganti pake merk aftermarket lain bisa ngebantu om?
Ini depan udah ganti brake pad keramik + belakang yang biasa aja sih, sama aja rasanya om..

Apa mungkin karena masih pake Dot 3 ya?
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2289
Joined: 13 Sep 2015, 10:08

Re: 2014 Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x2: User Experience

Post by evanbngdor »

Mesin masih aman jaya ngga ada riwayat atau gejala overheat kan Om?

Soalnya terkenal bgt kan itu dakar 4d56 sering overheat
:mky_01:
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4202
Joined: 05 Jun 2014, 20:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: 2014 Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x2: User Experience

Post by sintoni »

evanbngdor wrote: 05 May 2021, 11:22 Mesin masih aman jaya ngga ada riwayat atau gejala overheat kan Om?

Soalnya terkenal bgt kan itu dakar 4d56 sering overheat
:mky_01:
Selama ini pake di kota ane belum pernah sih om..

Mungkin karena jarang macet ya.

Kalau di kota gede mungkin harus pasang extra fan, ini sudah plug and play, sudah ada dudukannya sama colokannya.

Aneh soalnya kalau yg 4x2 ga dapat, padahal ane denger2 kalau yang 4x4 sudah dapat dari bawaan.
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2289
Joined: 13 Sep 2015, 10:08

Re: 2014 Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x2: User Experience

Post by evanbngdor »

sintoni wrote: 05 May 2021, 13:13
evanbngdor wrote: 05 May 2021, 11:22 Mesin masih aman jaya ngga ada riwayat atau gejala overheat kan Om?

Soalnya terkenal bgt kan itu dakar 4d56 sering overheat
:mky_01:
Selama ini pake di kota ane belum pernah sih om..

Mungkin karena jarang macet ya.

Kalau di kota gede mungkin harus pasang extra fan, ini sudah plug and play, sudah ada dudukannya sama colokannya.

Aneh soalnya kalau yg 4x2 ga dapat, padahal ane denger2 kalau yang 4x4 sudah dapat dari bawaan.
Iya rata2 udah pd pasang jg sih. Mau dastek, remap, ataupun stock tetep aja banyak yg ngalamin kasus overheat ini
:mky_01:
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4202
Joined: 05 Jun 2014, 20:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: 2014 Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x2: User Experience

Post by sintoni »

evanbngdor wrote: 05 May 2021, 13:38
sintoni wrote: 05 May 2021, 13:13
evanbngdor wrote: 05 May 2021, 11:22 Mesin masih aman jaya ngga ada riwayat atau gejala overheat kan Om?

Soalnya terkenal bgt kan itu dakar 4d56 sering overheat
:mky_01:
Selama ini pake di kota ane belum pernah sih om..

Mungkin karena jarang macet ya.

Kalau di kota gede mungkin harus pasang extra fan, ini sudah plug and play, sudah ada dudukannya sama colokannya.

Aneh soalnya kalau yg 4x2 ga dapat, padahal ane denger2 kalau yang 4x4 sudah dapat dari bawaan.
Iya rata2 udah pd pasang jg sih. Mau dastek, remap, ataupun stock tetep aja banyak yg ngalamin kasus overheat ini
:mky_01:
Itu masih overheat setelah pasang extra fan?
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2289
Joined: 13 Sep 2015, 10:08

Re: 2014 Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x2: User Experience

Post by evanbngdor »

sintoni wrote: 05 May 2021, 14:28
evanbngdor wrote: 05 May 2021, 13:38
sintoni wrote: 05 May 2021, 13:13

Selama ini pake di kota ane belum pernah sih om..

Mungkin karena jarang macet ya.

Kalau di kota gede mungkin harus pasang extra fan, ini sudah plug and play, sudah ada dudukannya sama colokannya.

Aneh soalnya kalau yg 4x2 ga dapat, padahal ane denger2 kalau yang 4x4 sudah dapat dari bawaan.
Iya rata2 udah pd pasang jg sih. Mau dastek, remap, ataupun stock tetep aja banyak yg ngalamin kasus overheat ini
:mky_01:
Itu masih overheat setelah pasang extra fan?
Masih Om, tp kebanyakan yg overheat itu dakar ya, yg exceed paling 1-2 aja itu jg yg udah dastekan dll
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
Jordiansyah007
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 55
Joined: 29 Jul 2016, 16:01

Re: 2014 Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x2: User Experience

Post by Jordiansyah007 »

Pajero dakar yg lama emg banyak yg overheat, ada yg tau kenapa ?

Sama racksteer juga banyak yg kena

Tenaga mesinnya yg enak di putaran atas

Cuman kalo naikan sih masih enak GNF yaa, bantingan & kestabilan masih megang GNF
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4202
Joined: 05 Jun 2014, 20:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: 2014 Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x2: User Experience

Post by sintoni »

evanbngdor wrote: 05 May 2021, 15:16
Masih Om, tp kebanyakan yg overheat itu dakar ya, yg exceed paling 1-2 aja itu jg yg udah dastekan dll
Jordiansyah007 wrote: 05 May 2021, 17:40 Pajero dakar yg lama emg banyak yg overheat, ada yg tau kenapa ?

Sama racksteer juga banyak yg kena

Tenaga mesinnya yg enak di putaran atas

Cuman kalo naikan sih masih enak GNF yaa, bantingan & kestabilan masih megang GNF
Mungkin karena radiatornya kecil ya om?

GNF pernah naik sebegai penumpang emang lebih enak sih bantingannya, tapi fiturnya pelit banget
KielConstantine
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1173
Joined: 03 Jul 2013, 13:23
Location: Indonesia

Re: 2014 Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x2: User Experience

Post by KielConstantine »

sintoni wrote: 03 May 2021, 08:10
HaykelAdityawarman wrote: 03 May 2021, 04:48 Singkat padat jelas om.. ini mobil disetirinnya enak, minus yang berasa di remnya yang kurang pakem. Mungkin klo brakepad diganti pake merk aftermarket lain bisa ngebantu om?
Ini depan udah ganti brake pad keramik + belakang yang biasa aja sih, sama aja rasanya om..

Apa mungkin karena masih pake Dot 3 ya?
Minyak rem si ane pake brembo dot 4 . Cakep ud tuh mbah. Harga jg ramah kantong. Skitar 110-120 rb / 1 liter

Image

Btw, rem bisa coba upgrade disc brake pake runstop made in thailand. Skitar 3 juta-an buat depan kiri-kanan . Dy oversize gitu drpd ukuran OEM . Ditambah ud bolong2 ventilated. Jadi ky pake BBK pdhl bukan :big_grin:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4202
Joined: 05 Jun 2014, 20:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: 2014 Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x2: User Experience

Post by sintoni »

KielConstantine wrote: 09 May 2021, 18:47
sintoni wrote: 03 May 2021, 08:10
HaykelAdityawarman wrote: 03 May 2021, 04:48 Singkat padat jelas om.. ini mobil disetirinnya enak, minus yang berasa di remnya yang kurang pakem. Mungkin klo brakepad diganti pake merk aftermarket lain bisa ngebantu om?
Ini depan udah ganti brake pad keramik + belakang yang biasa aja sih, sama aja rasanya om..

Apa mungkin karena masih pake Dot 3 ya?
Minyak rem si ane pake brembo dot 4 . Cakep ud tuh mbah. Harga jg ramah kantong. Skitar 110-120 rb / 1 liter

Image

Btw, rem bisa coba upgrade disc brake pake runstop made in thailand. Skitar 3 juta-an buat depan kiri-kanan . Dy oversize gitu drpd ukuran OEM . Ditambah ud bolong2 ventilated. Jadi ky pake BBK pdhl bukan :big_grin:
Nah, ane jg kepikiran ganti Dot4, tapi beberapa minggu lalu baru kuras.

Nanti lah om, tahun depan pas kuras lg ane coba Dot4.
Post Reply