[Review] 2013 Toyota Land Cruiser Prado

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: F 272, b8099ok, ginting, FRD, artoodetoo, y_anjasrana

User avatar
anadzir
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 205
Joined: 06 Dec 2018, 13:16
Daily Vehicle: 2016 SX-4 Scross

[Review] 2013 Toyota Land Cruiser Prado

Post by anadzir »

Pre-Face.

Dikarenakan kebutuhan untuk overland dan masuk jalan lumpur sedikit-sedikit dibutuhkan mobil SUV 4x4, sebelum ambil ini pilihan keduanya adalah ANPS 2021 Dakar 4x4, tapi dikarenakan sebelumnya sudah pakai ANPS 2016 Dakar 4x2, rasanya ingin naik kelas sekalian dan naik mobil yang kabinnya lebih luas.

Akhirnya ambil mobil ini setelah lihat lihat mobil lain di marketplace yang kondisinya terlihat kurang terawat dan interior dekil, Toyota Land Cruiser Prado TX 2.7L (TRJ150) tahun 2013 di showroom daerah Sunter yang kondisi interior n exterior yang immaculate. Mungkin ada orang yang kepikiran “kenapa gak vx200 sekalian?” Nah, mengingat ukuran vx200 yang kegedean buat jalan dalam kota dan offroad masuk kebon, kurang bijak rasanya ambil vx 200.

Lucunya berbulan-bulan mencari warna hitam karena terlihat gagah, lama kelamaan bagus juga warna putih karena mobil terlihat lebih besar dan lekukan bodynya lebih kelihatan, mungkin memang benar kata orang-orang, nyari mobil itu memang jodoh-jodohan hehehe.

Chapter 1 First Impression

Interior cukup mewah tanpa design yang lebay, konservatif n simple dengan balutan soft touch di segala sisi. Ada ambient light berwarna amber yang lumayan memanjakan penumpang, bikin kesan warm didalam mobil saat malam, dan terkesan mewah. Jok elektrik yang lebar dan empuk di kedua kursi depan berikut dengan pemanas, dan kursi row 3 bisa di naik turunkan secara elektrik. Sensor parkir depan belakang yang agak annoying pada saat macet, untungnya bisa dimatikan dari MID. Oh iya, sunroof yang besar jadi nilai plus juga

Design exterior kalem dan membulat, terlihat kurang intimidatif saat pakai ban standarnya. Sekilas mobil ini kelihatan kecil karena designnya yang membulat, tapi ketika disampingkan dengan saudaranya (Fortuner VRZ), mobil ini kelihatan besar secara signifikan. Kalau di perhatiin banget, design depan mobil ini kok mirip 2ND Gen Terios ya? hahaha

Interior dan exterior masih terbilang sangat apik, sang showroom hanya me-re-trim kulit stir yang diklaim bopeng-bopeng kena cincin dan paha atas kanan supir yang sudah mulai aus (paha kanan bawah masih kulit bawaan asli dan terlihat wearnya minim). KM masih sekitar 63rb, ini tadinya bikin ragu, tapi melihat kondisi keseluruhan dan service record mobil lengkap, masih tetap yakin buat ambil mobil ini.

Ada beberapa catatan saat baru ambil:
  • Kampas rem depan super tipis, belakang masih cukup tebal.
  • Kaca depan berkerak parah, ditandai saat hujan, swipe dari wiper berbayang seperti kabut.
  • Rem agak nggelosor, dapet info dari user LC prado dan anggota LC owner’s ini salah satu penyakit Prado.
  • Panel setir polos sekali, hanya ada setelan MID di jempol kanan, tombol untuk fitur audio benar benar kosong.
  • Lampu depan walaupun sudah projie dan ada fitur adjustable masih menggunakan halogen yang redupnya minta ampun.
  • Ada beberapa titik karat tipis di subframe depan, menurut SA pada saat general chekup, ini dikarenakan angin pantai, mengingat pemilik mobil ini sebelumnya tinggal di daerah utara.

Chapter 2 Mods n Repairs.

Kurang puas dengan fitur yang agak “polosan” dan tampang "polos" dari mobil ini akhirnya diupgrade dengan beberapa modifikasi:
  • Talang air EGR.
  • Upgrade audio di daerah Sunter.
  • Upgrade spion auto folding ketika dikunci.
  • Upgrade selang rem Hel di daerah Duren Sawit.
  • Pasang peredam aspal 4 pintu di daerah Tambun.
  • Panel steering set beli di AliExpress. Plug n Play!!
  • Wrap smoke lampu sein dan lampu mundur belakang.
  • Upgrade shock depan menggunakan Amada Xtreme Manual Adjustable type Soft.
  • Lampu depan upgrade pakai HID dan High Beam menggunakan LED di daerah Semanggi.
  • Ban diganti ke Bravo 980 285/70/17, alhasil mentok di control arm kalau belok agak patah, kedepannya harus ganti velg dengan ET 0 biar aman.
Beberapa repair yang dilakukan:
  • Refresh A/C.
  • Poles kaca depan.
  • Ganti kampas rem depan
  • General checkup n maintenance ganti semua oli dan filter.
Overall murah meriah untuk biaya repairnya total under 4 jt plus oli-oli dan beberapa part interchangeable dengan mobil Toyota lain seperti kampas rem dengan Hilux dan filter oli pakai punya Camry.

IMG_20210521_133313.jpg
IMG_20210521_133313.jpg (459.42 KiB) Viewed 2661 times
IMG_20210521_142900.jpg
IMG_20210521_142900.jpg (361.2 KiB) Viewed 2639 times

Chapter 3 Ownership Experience.

Rasanya ketika naik mobil ini semua kendaraan jadi lebih kecil, perlu konsentrasi yang lumayan karena bodynya cukup lebar dan perlu “jam terbang tinggi” supaya terbiasa. Posisi duduk nyaman dan fleksibel, tinggi commanding bisa, pendek pun seperti bawa mobil crossover bisa juga, ditambah stir telescopic yang pas dekatnya dibanding Fortuner VRZ. Pengendara lain lebih aware dan “lebih mau ngasih jalan” dibanding pakai ANPS dulu. Body roll cukup minim di jalan luar kota, dan feedback stirnya cukup bagus karena masih menggunakan sistem rack n pinion. Fuel Consumption terbilang wajar 1:6an di MID bbm ron 95, untuk metode full to full belum tercatat nih.

Walaupun, secara teknologi mobil ini masih terbilang ketinggalan jaman dibanding ANPS Dakar 4x4. Misalnya, mesin terbilang underpower di torsi atas, transmisi masih 4 speed, nanjak daerah Jonggol dengan 4 penumpang pun masih perlu banyak effort, dan fitur safety yang terbilang "cukup." Bagasi pun sangat kecil ketika kursi row ke-3 di naikkan.

Semua terbayar dengan kenyamanannya walaupun sasis ladderframe, mungkin dikarenakan mobil ini bobotnya berat, di toll dan jalan luar kota seperti terombang-ambing naik kapal pesiar (bukan limbung bikin mual ya), di toll pun napak pada saat diatas 120 kmpj. Tenaga bawah untuk macet macetan dan akselerasi sebenarnya sudah cukup.



IMG_20210521_155101.jpg
IMG_20210521_155101.jpg (283.51 KiB) Viewed 2660 times
IMG_20210521_155050.jpg
IMG_20210521_155050.jpg (347.79 KiB) Viewed 2660 times
IMG_20210521_142900.jpg
IMG_20210521_142900.jpg (361.2 KiB) Viewed 2660 times
IMG_20210521_155006.jpg
IMG_20210521_155006.jpg (355.78 KiB) Viewed 2660 times
IMG_20210522_090731.jpg
IMG_20210522_090731.jpg (471.23 KiB) Viewed 2646 times

Conclusion

Mobil ini cocok untuk user dengan prioritas lebih ke kenyamanan dan kepraktisan berkendara, atau user yang menginginkan kabin yang lebih luas dan bantingan yang lebih nyaman dibanding duo market leader tetapi tidak kebesaran seperti vx200. Nilai lainnya dibanding duo juara ladder frame, mobil ini lebih dilirik orang dan lebih berwibawa. Fitur fitur yang ketinggalan zaman pun bisa jadi nilai plus karena sensor-sensor elektrik lebih minim dibanding mobil baru jaman sekarang. Berkendara dengan mobil ini lebih cocok untuk jalan santai, gak bisa lincah dan ajrut-ajrutan seperti ANPS.

Kalau mau supaya mesin jauh lebih bertenaga dan achieve perfect balance, siapkan biaya sampai 100jtan untuk upgrade mesin dan remnya, itung-itung dibanding facelift exterior ke 2020 yang tidak ada benefit sama sekali dari sisi performa dengan biaya yang bisa dibilang hampir sama.

Sekian..
Last edited by anadzir on 22 May 2021, 11:28, edited 1 time in total.
User avatar
pradit_d
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 757
Joined: 30 Oct 2011, 21:37

Re: [Review] 2013 Toyota Land Cruiser Prado

Post by pradit_d »

Waah mantap review nya. Yg model sebelum facelift ini paling bagus menurut ane. Versi2 facelift-nya agak lebay2 terutama di grill nya. Suka bgt ama bukaan pintu belakang yg ke samping, berasa kesan suv tangguhnya. Kebetulan lagi mempertimbangkan jg ambil prado model ini atau real pajero, yg bensin pastinya, ane ga suka diesel. Masih cari2 unit yg seger agak susah jg karena populasinya banyakan di jkt.
:big_peace:
faizzz
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: 04 Aug 2019, 16:28
Location: Yogyakarta
Daily Vehicle: Etios

Re: [Review] 2013 Toyota Land Cruiser Prado

Post by faizzz »

Nice review!
Ada rencana pasang supercharger/turbo?
User avatar
omenRoo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 733
Joined: 26 Apr 2009, 23:30

Re: [Review] 2013 Toyota Land Cruiser Prado

Post by omenRoo »

mobil idaman... di instagram banyak foto2 J150 aliran overland bikin ngiler...
btw ini kapasitas tank nya berapa liter ya?
KielConstantine
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1283
Joined: 03 Jul 2013, 13:23
Location: Indonesia

Re: [Review] 2013 Toyota Land Cruiser Prado

Post by KielConstantine »

Congratz mobil barunya. Keren om prado putih :big_love:

Itu mesinnya bensin 2.7L . Sama ky dipake RX270 kali yah .. ?
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
User avatar
anadzir
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 205
Joined: 06 Dec 2018, 13:16
Daily Vehicle: 2016 SX-4 Scross

Re: [Review] 2013 Toyota Land Cruiser Prado

Post by anadzir »

KielConstantine wrote: 22 May 2021, 13:35 Congratz mobil barunya. Keren om prado putih :big_love:

Itu mesinnya bensin 2.7L . Sama ky dipake RX270 kali yah .. ?
Sepertinya mesin sama, kodenya 2TR-FE, sama juga seperti innova n fortuner jaman dulu hahaha. Makasih oom sudah mampir.
omenRoo wrote: 22 May 2021, 12:50 mobil idaman... di instagram banyak foto2 J150 aliran overland bikin ngiler...
btw ini kapasitas tank nya berapa liter ya?
Betul banget, di aussie mobil ini banyak sekali dibuat overland, bagasi diconvert jadi laci dan pintu bagasi bisa dijadikan meja kitchen or workshop dadakan.

Untuk fuel tank belum tahu pasti kapasitasnya oom.
pradit_d wrote: 22 May 2021, 11:24 Waah mantap review nya. Yg model sebelum facelift ini paling bagus menurut ane. Versi2 facelift-nya agak lebay2 terutama di grill nya. Suka bgt ama bukaan pintu belakang yg ke samping, berasa kesan suv tangguhnya. Kebetulan lagi mempertimbangkan jg ambil prado model ini atau real pajero, yg bensin pastinya, ane ga suka diesel. Masih cari2 unit yg seger agak susah jg karena populasinya banyakan di jkt.
Makasih oom, betull yg tahun tahun muda menurut saya malah kelihatan agak maksa designnya.

Imo real pajero modelnya oke dan kelasnya memang diatas prado, tapi untuk long-term n maintenance perlu dipertimbangkan karena dia sudah stop produksi omm.
faizzz wrote: 22 May 2021, 11:41 Nice review!
Ada rencana pasang supercharger/turbo?
Belum tahu omm, untuk sekarang sepertinya sudah cukupp, makasih sudah mampir..
12HIS
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 64
Joined: 27 Feb 2018, 10:19
Location: Jakarta
Daily Vehicle: IsuzuPantherSmartTurbo

Re: [Review] 2013 Toyota Land Cruiser Prado

Post by 12HIS »

KielConstantine wrote: 22 May 2021, 13:35 Congratz mobil barunya. Keren om prado putih :big_love:

Itu mesinnya bensin 2.7L . Sama ky dipake RX270 kali yah .. ?
Izin koreksi, RX 270 pakai 1AR um
12HIS
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 64
Joined: 27 Feb 2018, 10:19
Location: Jakarta
Daily Vehicle: IsuzuPantherSmartTurbo

Re: [Review] 2013 Toyota Land Cruiser Prado

Post by 12HIS »

Rasanya ketika naik mobil ini semua kendaraan jadi lebih kecil, perlu konsentrasi yang lumayan karena bodynya cukup lebar dan perlu “jam terbang tinggi” supaya terbiasa. Posisi duduk nyaman dan fleksibel, tinggi commanding bisa, pendek pun seperti bawa mobil crossover bisa juga, ditambah stir telescopic yang pas dekatnya dibanding Fortuner VRZ. Pengendara lain lebih aware dan “lebih mau ngasih jalan” dibanding pakai ANPS dulu. Body roll cukup minim di jalan luar kota, dan feedback stirnya cukup bagus karena masih menggunakan sistem rack n pinion. Fuel Consumption terbilang wajar 1:6an di MID bbm ron 95, untuk metode full to full belum tercatat nih.

[/quote]

Pernah coba ke pelosok2 um dengan BBM ketemu pertalite apakah aman?
User avatar
anadzir
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 205
Joined: 06 Dec 2018, 13:16
Daily Vehicle: 2016 SX-4 Scross

Re: [Review] 2013 Toyota Land Cruiser Prado

Post by anadzir »

12HIS wrote: 22 May 2021, 14:58
Pernah coba ke pelosok2 um dengan BBM ketemu pertalite apakah aman?
Belum pernah coba om, pakai pertamax juga masih bisa dan gak ngelitik. Tp paling joss larinya tetep pakai pertabo..
br3wox
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 49
Joined: 07 May 2015, 01:58

Re: [Review] 2013 Toyota Land Cruiser Prado

Post by br3wox »

Nice review om... congrats untuk mobil barunya :big_love:

Btw transmisi 4AT nya itu apakah sama dengan Harrier Gen 2?

Untuk oli mesin apakah om cekokin oli 0-20?

Thank you
ginting
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 4131
Joined: 08 Dec 2013, 23:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Contact:

Re: [Review] 2013 Toyota Land Cruiser Prado

Post by ginting »

anadzir wrote: 22 May 2021, 10:31 Pre-Face.

Dikarenakan kebutuhan untuk overland dan masuk jalan lumpur sedikit-sedikit dibutuhkan mobil SUV 4x4, sebelum ambil ini pilihan keduanya adalah ANPS 2021 Dakar 4x4, tapi dikarenakan sebelumnya sudah pakai ANPS 2016 Dakar 4x2, rasanya ingin naik kelas sekalian dan naik mobil yang kabinnya lebih luas.

Akhirnya ambil mobil ini setelah lihat lihat mobil lain di marketplace yang kondisinya terlihat kurang terawat dan interior dekil, Toyota Land Cruiser Prado TX 2.7L (TRJ150) tahun 2013 di showroom daerah Sunter yang kondisi interior n exterior yang immaculate. Mungkin ada orang yang kepikiran “kenapa gak vx200 sekalian?” Nah, mengingat ukuran vx200 yang kegedean buat jalan dalam kota dan offroad masuk kebon, kurang bijak rasanya ambil vx 200.

Lucunya berbulan-bulan mencari warna hitam karena terlihat gagah, lama kelamaan bagus juga warna putih karena mobil terlihat lebih besar dan lekukan bodynya lebih kelihatan, mungkin memang benar kata orang-orang, nyari mobil itu memang jodoh-jodohan hehehe.

Chapter 1 First Impression

Interior cukup mewah tanpa design yang lebay, konservatif n simple dengan balutan soft touch di segala sisi. Ada ambient light berwarna amber yang lumayan memanjakan penumpang, bikin kesan warm didalam mobil saat malam, dan terkesan mewah. Jok elektrik yang lebar dan empuk di kedua kursi depan berikut dengan pemanas, dan kursi row 3 bisa di naik turunkan secara elektrik. Sensor parkir depan belakang yang agak annoying pada saat macet, untungnya bisa dimatikan dari MID. Oh iya, sunroof yang besar jadi nilai plus juga

Design exterior kalem dan membulat, terlihat kurang intimidatif saat pakai ban standarnya. Sekilas mobil ini kelihatan kecil karena designnya yang membulat, tapi ketika disampingkan dengan saudaranya (Fortuner VRZ), mobil ini kelihatan besar secara signifikan. Kalau di perhatiin banget, design depan mobil ini kok mirip 2ND Gen Terios ya? hahaha

Interior dan exterior masih terbilang sangat apik, sang showroom hanya me-re-trim kulit stir yang diklaim bopeng-bopeng kena cincin dan paha atas kanan supir yang sudah mulai aus (paha kanan bawah masih kulit bawaan asli dan terlihat wearnya minim). KM masih sekitar 63rb, ini tadinya bikin ragu, tapi melihat kondisi keseluruhan dan service record mobil lengkap, masih tetap yakin buat ambil mobil ini.

Ada beberapa catatan saat baru ambil:
  • Kampas rem depan super tipis, belakang masih cukup tebal.
  • Kaca depan berkerak parah, ditandai saat hujan, swipe dari wiper berbayang seperti kabut.
  • Rem agak nggelosor, dapet info dari user LC prado dan anggota LC owner’s ini salah satu penyakit Prado.
  • Panel setir polos sekali, hanya ada setelan MID di jempol kanan, tombol untuk fitur audio benar benar kosong.
  • Lampu depan walaupun sudah projie dan ada fitur adjustable masih menggunakan halogen yang redupnya minta ampun.
  • Ada beberapa titik karat tipis di subframe depan, menurut SA pada saat general chekup, ini dikarenakan angin pantai, mengingat pemilik mobil ini sebelumnya tinggal di daerah utara.

Chapter 2 Mods n Repairs.

Kurang puas dengan fitur yang agak “polosan” dan tampang "polos" dari mobil ini akhirnya diupgrade dengan beberapa modifikasi:
  • Talang air EGR.
  • Upgrade audio di daerah Sunter.
  • Upgrade spion auto folding ketika dikunci.
  • Upgrade selang rem Hel di daerah Duren Sawit.
  • Pasang peredam aspal 4 pintu di daerah Tambun.
  • Panel steering set beli di AliExpress. Plug n Play!!
  • Wrap smoke lampu sein dan lampu mundur belakang.
  • Upgrade shock depan menggunakan Amada Xtreme Manual Adjustable type Soft.
  • Lampu depan upgrade pakai HID dan High Beam menggunakan LED di daerah Semanggi.
  • Ban diganti ke Bravo 980 285/70/17, alhasil mentok di control arm kalau belok agak patah, kedepannya harus ganti velg dengan ET 0 biar aman.
Beberapa repair yang dilakukan:
  • Refresh A/C.
  • Poles kaca depan.
  • Ganti kampas rem depan
  • General checkup n maintenance ganti semua oli dan filter.
Overall murah meriah untuk biaya repairnya total under 4 jt plus oli-oli dan beberapa part interchangeable dengan mobil Toyota lain seperti kampas rem dengan Hilux dan filter oli pakai punya Camry.


IMG_20210521_133313.jpg
IMG_20210521_142900.jpg


Chapter 3 Ownership Experience.

Rasanya ketika naik mobil ini semua kendaraan jadi lebih kecil, perlu konsentrasi yang lumayan karena bodynya cukup lebar dan perlu “jam terbang tinggi” supaya terbiasa. Posisi duduk nyaman dan fleksibel, tinggi commanding bisa, pendek pun seperti bawa mobil crossover bisa juga, ditambah stir telescopic yang pas dekatnya dibanding Fortuner VRZ. Pengendara lain lebih aware dan “lebih mau ngasih jalan” dibanding pakai ANPS dulu. Body roll cukup minim di jalan luar kota, dan feedback stirnya cukup bagus karena masih menggunakan sistem rack n pinion. Fuel Consumption terbilang wajar 1:6an di MID bbm ron 95, untuk metode full to full belum tercatat nih.

Walaupun, secara teknologi mobil ini masih terbilang ketinggalan jaman dibanding ANPS Dakar 4x4. Misalnya, mesin terbilang underpower di torsi atas, transmisi masih 4 speed, nanjak daerah Jonggol dengan 4 penumpang pun masih perlu banyak effort, dan fitur safety yang terbilang "cukup." Bagasi pun sangat kecil ketika kursi row ke-3 di naikkan.

Semua terbayar dengan kenyamanannya walaupun sasis ladderframe, mungkin dikarenakan mobil ini bobotnya berat, di toll dan jalan luar kota seperti terombang-ambing naik kapal pesiar (bukan limbung bikin mual ya), di toll pun napak pada saat diatas 120 kmpj. Tenaga bawah untuk macet macetan dan akselerasi sebenarnya sudah cukup.


IMG_20210521_155341.jpg
IMG_20210521_155241.jpg
IMG_20210521_155124.jpg
IMG_20210521_155101.jpg
IMG_20210522_090731.jpg
IMG_20210521_155050.jpg
IMG_20210521_155006.jpg
IMG_20210522_090744.jpg


Conclusion

Mobil ini cocok untuk user dengan prioritas lebih ke kenyamanan dan kepraktisan berkendara, atau user yang menginginkan kabin yang lebih luas dan bantingan yang lebih nyaman dibanding duo market leader tetapi tidak kebesaran seperti vx200. Nilai lainnya dibanding duo juara ladder frame, mobil ini lebih dilirik orang dan lebih berwibawa. Fitur fitur yang ketinggalan zaman pun bisa jadi nilai plus karena sensor-sensor elektrik lebih minim dibanding mobil baru jaman sekarang. Berkendara dengan mobil ini lebih cocok untuk jalan santai, gak bisa lincah dan ajrut-ajrutan seperti ANPS.

Kalau mau supaya mesin jauh lebih bertenaga dan achieve perfect balance, siapkan biaya sampai 100jtan untuk upgrade mesin dan remnya, itung-itung dibanding facelift exterior ke 2020 yang tidak ada benefit sama sekali dari sisi performa dengan biaya yang bisa dibilang hampir sama.

Sekian..
selamat oom atas mobil barunya…
oom sudah layak masuk paguyuban 3S di SM ini…
3S (Suka Sikat Senang)...masa bodo ama apa kata orang...
Ketuanya oom Kompree. Sekjen oom Kiehl.

btw, kalau boleh tau ini apakah Prado yg pakai KDSS atau yg biasa oom ?

soal matic 4speed, gak papa oom.
setahu saya kalo Toyota matic 4speed maka kemungkinan besar itu A340 buatan Aisin (sama dengan yg dipakai Innova, Fortuner, Crown)..
bahkan Volvo jadul 960 pun konon katanya pakai matic ini juga.

jadi terlepas dari giginya cuma 4, cobalah lihat bahwa ini matic sudah teruji kehandalannya.
so far so good di semua medan.

kalau boleh info P x L x T mobilnya oom, biar dapat info karena tampang bs menyesatkan.

contohnya : Mazda CX9 itu panjanganya 507 cm tp kok kesannya lebih kecil dari LC VX80
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4453
Joined: 05 Jun 2014, 20:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: [Review] 2013 Toyota Land Cruiser Prado

Post by sintoni »

anadzir wrote: 22 May 2021, 16:15
12HIS wrote: 22 May 2021, 14:58
Pernah coba ke pelosok2 um dengan BBM ketemu pertalite apakah aman?
Belum pernah coba om, pakai pertamax juga masih bisa dan gak ngelitik. Tp paling joss larinya tetep pakai pertabo..
Kalau dari kompresi cuma 9.6 harusnya aman pake Pertalite..
vincewonk
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 469
Joined: 27 Dec 2007, 02:33
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Gojek

Re: [Review] 2013 Toyota Land Cruiser Prado

Post by vincewonk »

Saya sering rental prado di aussie om. Sangat populer di aussie. Dimensinya benernya compact koq om. Seinget saya panjangnya 4.7 meter.

Yg bikin prado ini disukai org aussie karena dia full time 4x4. Cuma ya bensinnya memang jd boros.
High speed stabilitynya jg enak prado koq.
12HIS
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 64
Joined: 27 Feb 2018, 10:19
Location: Jakarta
Daily Vehicle: IsuzuPantherSmartTurbo

Re: [Review] 2013 Toyota Land Cruiser Prado

Post by 12HIS »

sintoni wrote: 23 May 2021, 08:42
anadzir wrote: 22 May 2021, 16:15
12HIS wrote: 22 May 2021, 14:58
Pernah coba ke pelosok2 um dengan BBM ketemu pertalite apakah aman?
Belum pernah coba om, pakai pertamax juga masih bisa dan gak ngelitik. Tp paling joss larinya tetep pakai pertabo..
Kalau dari kompresi cuma 9.6 harusnya aman pake Pertalite..
Noted um, pernah liat komunitas LC di pegunungan hambalang abis offroad Prado isi pertalite eceran pinggir jalan. Ane langsung bingung. :big_think:
faizzz
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: 04 Aug 2019, 16:28
Location: Yogyakarta
Daily Vehicle: Etios

Re: [Review] 2013 Toyota Land Cruiser Prado

Post by faizzz »

ginting wrote: 22 May 2021, 22:42
contohnya : Mazda CX9 itu panjanganya 507 cm tp kok kesannya lebih kecil dari LC VX80
Pernah liat Pasport 2nd gen sebelahan sama CX9 1st gen. Kalo dari jauh pasport keliatan lebih gede, pas diliat dari deket ternyata CX9 lebih gede dimensinya, lebih lebar dan panjang. Cuma mungkin karena pasport lebih boxy dan tinggi jadi lebih stand out dan ngasih kesan lebih gede kali ya...
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3142
Joined: 09 Oct 2016, 22:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: HRV E CVT 2018

Re: [Review] 2013 Toyota Land Cruiser Prado

Post by Pboyz97 »

Nice review om dan congrats buat mobil barunya, LC Prado ini memang keliatan cukup oke desainnya dan cukup gagah menurut saya + keliatan ekslusif juga secara populasinya juga cukup jarang di jalanan menurut saya
Past:
1NZFE 4AT/L15A 5AT/K24Z1 5AT/2.0 Skyactiv 6AT/4A91 4AT/2NRFE CVT/K3VE 5MT/1NRVE 5MT/2.5 SKYACTIV - G 6AT

Now:
1.5 VTEC Turbo CVT / L15Z1 CVT / 8AR-FTS 6AT
User avatar
omenRoo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 733
Joined: 26 Apr 2009, 23:30

Re: [Review] 2013 Toyota Land Cruiser Prado

Post by omenRoo »

12HIS wrote: 23 May 2021, 14:02
Noted um, pernah liat komunitas LC di pegunungan hambalang abis offroad Prado isi pertalite eceran pinggir jalan. Ane langsung bingung. :big_think:
mungkin emergency, daripada mogok sebelum ketemu spbu.

secara teori sih mesin 2TR bisa pake pertalite, tapi kalo dicoba jadi ngelitik mesinnya. cerita om MAB user prado TRJ150 juga
User avatar
anadzir
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 205
Joined: 06 Dec 2018, 13:16
Daily Vehicle: 2016 SX-4 Scross

Re: [Review] 2013 Toyota Land Cruiser Prado

Post by anadzir »

ginting wrote: 22 May 2021, 22:42 selamat oom atas mobil barunya…
oom sudah layak masuk paguyuban 3S di SM ini…
3S (Suka Sikat Senang)...masa bodo ama apa kata orang...
Ketuanya oom Kompree. Sekjen oom Kiehl.

btw, kalau boleh tau ini apakah Prado yg pakai KDSS atau yg biasa oom ?

soal matic 4speed, gak papa oom.
setahu saya kalo Toyota matic 4speed maka kemungkinan besar itu A340 buatan Aisin (sama dengan yg dipakai Innova, Fortuner, Crown)..
bahkan Volvo jadul 960 pun konon katanya pakai matic ini juga.

jadi terlepas dari giginya cuma 4, cobalah lihat bahwa ini matic sudah teruji kehandalannya.
so far so good di semua medan.

kalau boleh info P x L x T mobilnya oom, biar dapat info karena tampang bs menyesatkan.

contohnya : Mazda CX9 itu panjanganya 507 cm tp kok kesannya lebih kecil dari LC VX80
Hehehehe makasih oom

Kalo yang masuk disini kebanyakan versi TX atau TX-L. Sistem suspensinya masih polosan tok, gak ada KDSS.

Yup maticnya ngingetin fortuner 1st gen, LS400 ternyata juga pakai transmisi dengan kode a340, memang terkenal badak sih transmisinya denger denger bisa nahan tuned 300hp Fortuner VNT.

Untuk panjang hampir 5 meter, lebar 1.9 dan tinggi (karena upsize ban) 2 meter. Mungkin karena secara design membulat dia kelihatan lebih kecil, sama seperti Nissan Murano, ketika disampingkan sm fortuner vnt lebih lebar Murano signifikan.
User avatar
MAB
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 267
Joined: 17 Feb 2011, 21:10
Location: Far Southwest from Jakarta
Daily Vehicle: LR Stage One
Contact:

Re: [Review] 2013 Toyota Land Cruiser Prado

Post by MAB »

anadzir wrote: 22 May 2021, 10:31
Design exterior kalem dan membulat, terlihat kurang intimidatif saat pakai ban standarnya.
  • Ban diganti ke Bravo 980 285/70/17, alhasil mentok di control arm kalau belok agak patah, kedepannya harus ganti velg dengan ET 0 biar aman.
halo salam kenal om
saya MAB nyubi di mari, kebetulan pake TRJ150 juga
selamat untuk mobil barunya

biar agak ada kesan "strong", saya pake ban MT BF Baikkaya, pake ukuran ban standar 265 65 R17 biar steering geometry gak rubah banyak
btw, ayo kita camping
Attachments
TRJ150.JPG
TRJ150.JPG (192.22 KiB) Viewed 1620 times
sh00t
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 997
Joined: 18 Jan 2019, 17:39

Re: [Review] 2013 Toyota Land Cruiser Prado

Post by sh00t »

MAB wrote: 25 May 2021, 14:22
anadzir wrote: 22 May 2021, 10:31
Design exterior kalem dan membulat, terlihat kurang intimidatif saat pakai ban standarnya.
  • Ban diganti ke Bravo 980 285/70/17, alhasil mentok di control arm kalau belok agak patah, kedepannya harus ganti velg dengan ET 0 biar aman.
halo salam kenal om
saya MAB nyubi di mari, kebetulan pake TRJ150 juga
selamat untuk mobil barunya

biar agak ada kesan "strong", saya pake ban MT BF Baikkaya, pake ukuran ban standar 265 65 R17 biar steering geometry gak rubah banyak
btw, ayo kita camping
VX 80 ganti Prado sekarang om?
User avatar
MAB
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 267
Joined: 17 Feb 2011, 21:10
Location: Far Southwest from Jakarta
Daily Vehicle: LR Stage One
Contact:

Re: [Review] 2013 Toyota Land Cruiser Prado

Post by MAB »

sh00t wrote: 25 May 2021, 14:58 VX 80 ganti Prado sekarang om?
ya om, cari yang mudaan, bensin, hehehe
sh00t
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 997
Joined: 18 Jan 2019, 17:39

Re: [Review] 2013 Toyota Land Cruiser Prado

Post by sh00t »

MAB wrote: 25 May 2021, 15:03
sh00t wrote: 25 May 2021, 14:58 VX 80 ganti Prado sekarang om?
ya om, cari yang mudaan, bensin, hehehe
Oh, ini ternyata wak jitit yang terkenal SMIOW yah om? :frm_salut:
User avatar
MAB
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 267
Joined: 17 Feb 2011, 21:10
Location: Far Southwest from Jakarta
Daily Vehicle: LR Stage One
Contact:

Re: [Review] 2013 Toyota Land Cruiser Prado

Post by MAB »

sh00t wrote: 25 May 2021, 15:05
Oh, ini ternyata wak jitit yang terkenal SMIOW yah om? :frm_salut:
bukan om, saya ngefans ama belio, wkwkwk
mesin 2tr ama trans a343nya lumayan buat lucu-lucuan
sh00t
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 997
Joined: 18 Jan 2019, 17:39

Re: [Review] 2013 Toyota Land Cruiser Prado

Post by sh00t »

MAB wrote: 25 May 2021, 15:12
sh00t wrote: 25 May 2021, 15:05
Oh, ini ternyata wak jitit yang terkenal SMIOW yah om? :frm_salut:
bukan om, saya ngefans ama belio, wkwkwk
mesin 2tr ama trans a343nya lumayan buat lucu-lucuan
Lama gak dengar kabar dari om MAB habis keluar dari grup kuliner. :upss:
User avatar
MAB
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 267
Joined: 17 Feb 2011, 21:10
Location: Far Southwest from Jakarta
Daily Vehicle: LR Stage One
Contact:

Re: [Review] 2013 Toyota Land Cruiser Prado

Post by MAB »

sh00t wrote: 25 May 2021, 15:17
Lama gak dengar kabar dari om MAB habis keluar dari grup kuliner. :upss:
wkwkwk, seru tu grup nya, sehat terus, hehehe
Post Reply