2021 Mazda CX-3 1.5L Sport

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Venturtle
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2107
Joined: Wed Jan 25, 2017 9:12

Re: 2021 Mazda CX-3 1.5L Sport

Post by Venturtle »

nice review, om..
btw di baris kedua, headroom dan legroom lebih besar mana dibanding mazda 2? :thanks:
DrivingPotato
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 397
Joined: Mon Feb 15, 2021 3:17

Re: 2021 Mazda CX-3 1.5L Sport

Post by DrivingPotato »

Venturtle wrote: Thu Jun 24, 2021 16:19 nice review, om..
btw di baris kedua, headroom dan legroom lebih besar mana dibanding mazda 2? :thanks:
Harusnya nggak beda jauh, tapi somehow saya merasa CX-3 masih lebih lega dari Mazda 2. Mungkin karena struktur atapnya yg juga beda bikin pas masuk masih kerasa lega. Saya pernah coba masuk Mazda 2 sempitnya bikin ga nyaman banget, tapi pas ambil CX-3 ini jok belakangnya not bad (selama yg nyetir tingginya 170an cm). Kalau jok depan dimundurin banget, jelas sempit. Saya udah sempet bawa ke luar kota sekitar 300 kilometer sehari, semobil isi 4 orang 170cm @70kg, penumpang nggak ada yang ngeluh :mky_01: Padahal temen saya salah satunya selalu mabok darat kalau duduk di jok belakang, tapi baru kemarin dia bilang ga pusing sama sekali. Nyaman sih tetep.
P5-VPS (SKYACTIV-G 1.5)
2GD-FTV
2ZR-FE
DrivingPotato
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 397
Joined: Mon Feb 15, 2021 3:17

Re: 2021 Mazda CX-3 1.5L Sport

Post by DrivingPotato »

Update penggunaan selama 6 bulan. Masih serba 'from-home' jadi ga jalan terlalu banyak, sampai hari hari ini baru jalan 3000an KM. Kemarin sudah servis 6 bulan.

- STNK ga ada kejelasan, dari sales info faktur udah jadi, sempat problem di polda, lalu difollow up lagi katanya terhambat di samsat, dan masih banyak la-la-la lainnya. Terakhir kemarin dari sales kirim info bahwa TPT dan surat impor dari Kemenperin dan Kemendag sudah terbit (nah tiba2 kesebut masalah TPT yg sebelumnya ga pernah disebut). Thank God saya dihandle sales ini yg supportif sekali dan mau nurutin urus surat jalan setiap bulan (sales yg urus pembelian mobil saya lepas tangan urusan STNK dan sangat tidak professional, saya contact sales lain yg saya kenal utk bantu handle segala sesuatu yg saya butuhkan). Pusingnya ya ini mobil belum bisa keluar JaTeng. Geseran dikit ke Jogja harap-harap cemas biar ga sampe disetopin polisi iseng utk cek surat.

- Selama 6 bulan saya cekokin Pertamax 92, makin lama makin kerasa kelemahan yg agak nyebelin yaitu tenaga dan torsi di RPM rendahnya (below 2000) letoy banget. Buat nyelip kendaraan depan di jalan yg datar pasti downshift dulu dan main di RPM 2000 an baru ada tenaganya yg sangat ngejambak itu. Jadi pengen remap :big_think: Karena sebenarnya tenaganya ada tapi power band nya tidak selebar itu. Akhirnya hari ini saya cobain pake Pertamax Turbo yg harganya sekarang cukup gila untuk ukuran saya. Surprisingly setelah jalan 50an KM berasa sedikit terbantu, ketika di RPM tinggi mesin lebih halus, putaran bawahnya sedikit lebih enak buat nyodok-nyodok.

- Apple CarPlay mulai bulan ke-3 entah kenapa sering putus dan susah koneknya lagi. Kemarin servis ke BeRes belum ada solusi.

- Gejala rpm drop getar geli geli kecil saat idle di lampu merah hilang setelah servis. Efek Carb Clean? :big_think:


Beberapa dokumentasi servis ke-2 di BeRes Mazda Semarang kemarin. Ini pertama kalinya saya main ke BeRes karena servis pertama KaBeng nya main ke rumah sekalian berangkat kerja diservisin.


Image
Menu Servis

Image
Ruang tunggunya nyaman dan dingin, yg paling penting bersih dan pelayanannya mantap. Sayang wifi di ruang tunggu pas-pasan speednya, padahal sinyal Tsel di dalam cukup jelek.

Image

Image
Service Bay. Mekaniknya ramah dan ga jutek kalo diliatin seperti beberapa mekanik merk lain hehehe

Image
Nyempetin ngolong karena penasaran sama kolongnya

Image
Break-in oil alias oli fabriek setelah dipakai 6 bulan udah kentel banget dan hitam meski baru 2900an KM. Menurut saya terlalu lama harus nunggu 6 bulan untuk drain oli fabriek, 6 bulan jalan masih kecampur gram-gram dari mesin pertama nyala. Memang sebelum servis udah kerasa ga seenak pertama tarikannya. Olinya pakai Mazda Genuine Oil 0W-20 yg sudah API SN.

Image
Kondisi brake disc setelah 6 bulan pemakaian, terlihat sedikit lecet lalu dibersihkan dan diamplas oleh mekanik.

Image
Bagian ini apakah memang semua mobil gampang karatan? Di ANKI saya juga kejadian persis seperti ini, velgnya udah keren tapi tengahnya karatan. Padahal kotor lgsg cuci kotor lgsg cuci. Tetep karatan.

Image
Shock belakang, meski mobil CBU Japan tapi part banyak juga yg buatan Thailand.

Image
Spot paling PeWe utk nunggu servis karena kursinya enak dan AC nya dingin. Bisa ngecharge juga. Terpenting: BERSIH!

Nah untuk menjawab kebutuhan netizen dan warga SM tentang biaya servis, servis yg kali ini masih free jasa sehingga nggak menyentuh angka 1 juta rupiah, dan masih kena diskon sekitar 50 rebu. Dapat free cuci yang meskipun ga detail banget bersihnya tapi cara cucinya proper. Pakai Microfiber bagus dan diblow airnya sampai tetes terakhir. Good job Mazda Semarang.

Image
Estimasi servis selanjutnya 2 juta rupiah. Jasa servisnya 700 rb sendiri :mky_01:


BTW, denger2 customer yg pesen after launching belum ada yg nyampe barangnya sampe skrg :ngacir:
P5-VPS (SKYACTIV-G 1.5)
2GD-FTV
2ZR-FE
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2911
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: 2021 Mazda CX-3 1.5L Sport

Post by josomba »

Untuk servis selanjutnya selektif sahaja om, itu servis 20rb bisa kena 2 juta estimasinya karena mau dicekokin aneka macam obat mujarab dan jamu deh. Wkwkwk.

Btw MGO 0w20 udah kena d harga 178.500/L sebelum ppn ye.. aji gile idemitsu aja padahal..
Image
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2507
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: 2021 Mazda CX-3 1.5L Sport

Post by KielConstantine »

marvelio wrote: Thu Sep 23, 2021 14:01
- Selama 6 bulan saya cekokin Pertamax 92, makin lama makin kerasa kelemahan yg agak nyebelin yaitu tenaga dan torsi di RPM rendahnya (below 2000) letoy banget. Buat nyelip kendaraan depan di jalan yg datar pasti downshift dulu dan main di RPM 2000 an baru ada tenaganya yg sangat ngejambak itu.
Jadi pengen remap :big_think:
Karena sebenarnya tenaganya ada tapi power band nya tidak selebar itu. Akhirnya hari ini saya cobain pake Pertamax Turbo yg harganya sekarang cukup gila untuk ukuran saya. Surprisingly setelah jalan 50an KM berasa sedikit terbantu, ketika di RPM tinggi mesin lebih halus, putaran bawahnya sedikit lebih enak buat nyodok-nyodok.
Brarti bener yah berasa jg mesin cenggo cc agak kurang powernya buat body CX-3 .. paling mantep yg 2.0 sehhh

Remap aja om :mky_03:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5884
Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32

Re: 2021 Mazda CX-3 1.5L Sport

Post by evolution21 »

marvelio wrote: Thu Sep 23, 2021 14:01 - Selama 6 bulan saya cekokin Pertamax 92, makin lama makin kerasa kelemahan yg agak nyebelin yaitu tenaga dan torsi di RPM rendahnya (below 2000) letoy banget. Buat nyelip kendaraan depan di jalan yg datar pasti downshift dulu dan main di RPM 2000 an baru ada tenaganya yg sangat ngejambak itu. Jadi pengen remap :big_think: Karena sebenarnya tenaganya ada tapi power band nya tidak selebar itu. Akhirnya hari ini saya cobain pake Pertamax Turbo yg harganya sekarang cukup gila untuk ukuran saya. Surprisingly setelah jalan 50an KM berasa sedikit terbantu, ketika di RPM tinggi mesin lebih halus, putaran bawahnya sedikit lebih enak buat nyodok-nyodok.
beberapa tipe mazda yg pernah saya pake selalu terasa optimal bila minum ron95 keatas

coba um kl dah rutin pake bensin perta turbo ntar masih kepengen remap ga
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: 2021 Mazda CX-3 1.5L Sport

Post by Pboyz97 »

marvelio wrote: Thu Sep 23, 2021 14:01 Update penggunaan selama 6 bulan. Masih serba 'from-home' jadi ga jalan terlalu banyak, sampai hari hari ini baru jalan 3000an KM. Kemarin sudah servis 6 bulan.

- STNK ga ada kejelasan, dari sales info faktur udah jadi, sempat problem di polda, lalu difollow up lagi katanya terhambat di samsat, dan masih banyak la-la-la lainnya. Terakhir kemarin dari sales kirim info bahwa TPT dan surat impor dari Kemenperin dan Kemendag sudah terbit (nah tiba2 kesebut masalah TPT yg sebelumnya ga pernah disebut). Thank God saya dihandle sales ini yg supportif sekali dan mau nurutin urus surat jalan setiap bulan (sales yg urus pembelian mobil saya lepas tangan urusan STNK dan sangat tidak professional, saya contact sales lain yg saya kenal utk bantu handle segala sesuatu yg saya butuhkan). Pusingnya ya ini mobil belum bisa keluar JaTeng. Geseran dikit ke Jogja harap-harap cemas biar ga sampe disetopin polisi iseng utk cek surat.

- Selama 6 bulan saya cekokin Pertamax 92, makin lama makin kerasa kelemahan yg agak nyebelin yaitu tenaga dan torsi di RPM rendahnya (below 2000) letoy banget. Buat nyelip kendaraan depan di jalan yg datar pasti downshift dulu dan main di RPM 2000 an baru ada tenaganya yg sangat ngejambak itu. Jadi pengen remap :big_think: Karena sebenarnya tenaganya ada tapi power band nya tidak selebar itu. Akhirnya hari ini saya cobain pake Pertamax Turbo yg harganya sekarang cukup gila untuk ukuran saya. Surprisingly setelah jalan 50an KM berasa sedikit terbantu, ketika di RPM tinggi mesin lebih halus, putaran bawahnya sedikit lebih enak buat nyodok-nyodok.

- Apple CarPlay mulai bulan ke-3 entah kenapa sering putus dan susah koneknya lagi. Kemarin servis ke BeRes belum ada solusi.

- Gejala rpm drop getar geli geli kecil saat idle di lampu merah hilang setelah servis. Efek Carb Clean? :big_think:


Beberapa dokumentasi servis ke-2 di BeRes Mazda Semarang kemarin. Ini pertama kalinya saya main ke BeRes karena servis pertama KaBeng nya main ke rumah sekalian berangkat kerja diservisin.


Image
Menu Servis

Image
Ruang tunggunya nyaman dan dingin, yg paling penting bersih dan pelayanannya mantap. Sayang wifi di ruang tunggu pas-pasan speednya, padahal sinyal Tsel di dalam cukup jelek.

Image

Image
Service Bay. Mekaniknya ramah dan ga jutek kalo diliatin seperti beberapa mekanik merk lain hehehe

Image
Nyempetin ngolong karena penasaran sama kolongnya

Image
Break-in oil alias oli fabriek setelah dipakai 6 bulan udah kentel banget dan hitam meski baru 2900an KM. Menurut saya terlalu lama harus nunggu 6 bulan untuk drain oli fabriek, 6 bulan jalan masih kecampur gram-gram dari mesin pertama nyala. Memang sebelum servis udah kerasa ga seenak pertama tarikannya. Olinya pakai Mazda Genuine Oil 0W-20 yg sudah API SN.

Image
Kondisi brake disc setelah 6 bulan pemakaian, terlihat sedikit lecet lalu dibersihkan dan diamplas oleh mekanik.

Image
Bagian ini apakah memang semua mobil gampang karatan? Di ANKI saya juga kejadian persis seperti ini, velgnya udah keren tapi tengahnya karatan. Padahal kotor lgsg cuci kotor lgsg cuci. Tetep karatan.

Image
Shock belakang, meski mobil CBU Japan tapi part banyak juga yg buatan Thailand.

Image
Spot paling PeWe utk nunggu servis karena kursinya enak dan AC nya dingin. Bisa ngecharge juga. Terpenting: BERSIH!

Nah untuk menjawab kebutuhan netizen dan warga SM tentang biaya servis, servis yg kali ini masih free jasa sehingga nggak menyentuh angka 1 juta rupiah, dan masih kena diskon sekitar 50 rebu. Dapat free cuci yang meskipun ga detail banget bersihnya tapi cara cucinya proper. Pakai Microfiber bagus dan diblow airnya sampai tetes terakhir. Good job Mazda Semarang.

Image
Estimasi servis selanjutnya 2 juta rupiah. Jasa servisnya 700 rb sendiri :mky_01:


BTW, denger2 customer yg pesen after launching belum ada yg nyampe barangnya sampe skrg :ngacir:
nice review om . kalo soal poin pertama yg saya bold. dulu saya juga ngalamin. mazda dari dulu emg terkenal soal STNK nya yg lumayan lama dibanding merek lain. pas GIIAS 2018 lalu kan saya SPK AN CX5 Elite. nah, mobil sampai kerumah saya pas bulan september 2018 lalu dengan plat sementara. dijanjiin sm salesnya 1-2 bulan lagi kelar STNKnya. eh udh 1-2 bulan , masih gaada kejelasan, mesti saya push dulu tiap hari baru diurusin. dimana pas november 2018 lalu , plat sementara yg baru telat dateng lagi :big_slap:, padahal plat sementara saya yg lama (yg bawahnya bulan oktober udh abis masa berlakunya) . jadinya saya ditiliang polisi deh , gara2 pake plat sementara yg masa berlakunya udh abis. kejadiannya noveber 2018 lalu dan plat sementara yg saya pake masih bulan 10 bawahnya. sampe akhirnya, setelah penantian selama 5 bulan lamanya, STNK dan plat asli saya jadi pas januari 2019 lalu

cuma mobilnya sendiri memuaskan sih. dan surprisingly durable juga. pemakaian sudah hampir 4 tahun dengan odometer di angka yg nyari 50rb, gaada masalah apa2, cuma servis rutin dan ganti oli doang. dan poin kedua yg saya bold juga saya setuju. kebetulan saya sendiri juga make mazda udh 8 tahun, dari 2013 sampe sekarang. beres di kota saya, jakarta pun pelayanannya mirip2 sm bengkel tempat om servis. tempatnya cukup bersih + SA dan juga mekaniknya cukup ramah kepada customernya menurut saya.
Last edited by Pboyz97 on Fri Sep 24, 2021 7:46, edited 1 time in total.
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
Jenson
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 250
Joined: Fri Aug 22, 2014 9:41

Re: 2021 Mazda CX-3 1.5L Sport

Post by Jenson »

Mobil yang sangat menyeangkan dan buil qualitynya top notch. Cmn sayang pengalaman saya agak buruk terhadap salesnya. Kemarin sempet lihat-lihat, uda janjian sama salah satu sales d bilangan Jakarta Utara, pas saya tanya ada unit TD ga, ktanya ada tapi ternyata sampe sana gaada. Unit display juga gabisa diliat, jadi masa disuru beli kucing dalem karung. Melipir ke dealer cabang lain, jawabannya sebelas dua belas gaada unit test ataupun display, ditambah yg jualnga niat blg gatau datengnya kapan. Belom-belom beli jadi waswas kalo APM nya model begini. Padahal jujur penasaran pengen pake Mazda.
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: 2021 Mazda CX-3 1.5L Sport

Post by maastricht889 »

Soal power delivery di rpm 2000an apa juga kepengaruh di kualitas ATF ya?

Pas awal2 pake mazda 2 lama masih atf bawaan pabrik itu oper2an giginya selalu nahan agak mirip honda 5sp. Akhirnya kuras atf pake ptt automat 1a langsung sembuh itu gejala nahannya, dan oper2an giginya jg responsif tapi alus banget.

Anehnya, atf mazda skyactiv itu katanya longlife :big_weee: dan mereka emoh kuras, padahal mesin atf changernya ada. Entah metode kurasnya transmisi 6at ini kl pake mesin ada beda apa enggak
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: 2021 Mazda CX-3 1.5L Sport

Post by Pboyz97 »

Jenson wrote: Fri Sep 24, 2021 7:44 Mobil yang sangat menyeangkan dan buil qualitynya top notch. Cmn sayang pengalaman saya agak buruk terhadap salesnya. Kemarin sempet lihat-lihat, uda janjian sama salah satu sales d bilangan Jakarta Utara, pas saya tanya ada unit TD ga, ktanya ada tapi ternyata sampe sana gaada. Unit display juga gabisa diliat, jadi masa disuru beli kucing dalem karung. Melipir ke dealer cabang lain, jawabannya sebelas dua belas gaada unit test ataupun display, ditambah yg jualnga niat blg gatau datengnya kapan. Belom-belom beli jadi waswas kalo APM nya model begini. Padahal jujur penasaran pengen pake Mazda.
waduh . yg sabar ya om. padahal dulu pas saya SPK AN CX5 Elite tahun 2018 lalu aftersalesnya gak gini2 amat. semoga aja mazda Indonesia bisa meningkatkan kualitas pelayanannya, jadi bisa kembali diminati konsumen dan loyalisnya seperti dulu hehehe. dan saya setuju, mobilnya emg quality top notch. susah nyari yg seenak ini di range harga yg sama kalo mobil jepang. paling pilihannya kalo ga naik kelas ke mobil eropa ya beli mazda lagi or korean brand kek hyundai or kia kalo mau nyari yg setara atau lebih baik dari mazda ini menurut saya hehehe
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10950
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: 2021 Mazda CX-3 1.5L Sport

Post by marmut »

marvelio wrote: Thu Sep 23, 2021 14:01 Update penggunaan selama 6 bulan.



- Selama 6 bulan saya cekokin Pertamax 92, makin lama makin kerasa kelemahan yg agak nyebelin yaitu tenaga dan torsi di RPM rendahnya (below 2000) letoy banget. Buat nyelip kendaraan depan di jalan yg datar pasti downshift dulu dan main di RPM 2000 an baru ada tenaganya yg sangat ngejambak itu. Jadi pengen remap :big_think:




menurut :

https://en.m.wikipedia.org/wiki/Skyactiv#1.5_L

85 kW (114 hp) at 6,000 rpm and 111 lb⋅ft (150 N⋅m) of torque at 4,000 rpm (Asia Markets)

..dan anda ngarep mesin twincam dapet tenaga di RPM 2000? coba swap mesin ke C223 saja...
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3387
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: 2021 Mazda CX-3 1.5L Sport

Post by kendibocor »

Jenson wrote: Fri Sep 24, 2021 7:44 Mobil yang sangat menyeangkan dan buil qualitynya top notch. Cmn sayang pengalaman saya agak buruk terhadap salesnya. Kemarin sempet lihat-lihat, uda janjian sama salah satu sales d bilangan Jakarta Utara, pas saya tanya ada unit TD ga, ktanya ada tapi ternyata sampe sana gaada. Unit display juga gabisa diliat, jadi masa disuru beli kucing dalem karung. Melipir ke dealer cabang lain, jawabannya sebelas dua belas gaada unit test ataupun display, ditambah yg jualnga niat blg gatau datengnya kapan. Belom-belom beli jadi waswas kalo APM nya model begini. Padahal jujur penasaran pengen pake Mazda.
Ke mazda puri om, kemaren saya TD disana. Tp jangan kaget ya kalo mo ambil indennya skrng sampe januari-februari 2022. Kata salesnya mulai pengiriman okt apa nov dapet unit yg uda bisa wireless charging hp. Disc dapet 10 pengajuan. Soal tenaga, emang dibawah 2000rpm agak boyo yah (saya pake mazda 2 juga). Entah diatas kertas powerbandnya gmn tapi yg saya rasain sih sweet spot tenaga dia di 2500-4500. Diatas itu kayanya uda ngempos juga. Menurut pengamatan ngasal saya. :ungg:
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
Jenson
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 250
Joined: Fri Aug 22, 2014 9:41

Re: 2021 Mazda CX-3 1.5L Sport

Post by Jenson »

kendibocor wrote: Fri Sep 24, 2021 9:42
Jenson wrote: Fri Sep 24, 2021 7:44 Mobil yang sangat menyeangkan dan buil qualitynya top notch. Cmn sayang pengalaman saya agak buruk terhadap salesnya. Kemarin sempet lihat-lihat, uda janjian sama salah satu sales d bilangan Jakarta Utara, pas saya tanya ada unit TD ga, ktanya ada tapi ternyata sampe sana gaada. Unit display juga gabisa diliat, jadi masa disuru beli kucing dalem karung. Melipir ke dealer cabang lain, jawabannya sebelas dua belas gaada unit test ataupun display, ditambah yg jualnga niat blg gatau datengnya kapan. Belom-belom beli jadi waswas kalo APM nya model begini. Padahal jujur penasaran pengen pake Mazda.
Ke mazda puri om, kemaren saya TD disana. Tp jangan kaget ya kalo mo ambil indennya skrng sampe januari-februari 2022. Kata salesnya mulai pengiriman okt apa nov dapet unit yg uda bisa wireless charging hp. Disc dapet 10 pengajuan. Soal tenaga, emang dibawah 2000rpm agak boyo yah (saya pake mazda 2 juga). Entah diatas kertas powerbandnya gmn tapi yg saya rasain sih sweet spot tenaga dia di 2500-4500. Diatas itu kayanya uda ngempos juga. Menurut pengamatan ngasal saya. :ungg:
I see, berarti musti pilih2 dealerya om. Alhasil kemaren saya melipir balik ke ahond lagi, ambil City Hatchback RS. Memang overall rasanya d bawah cx3, tapi at least gajauh2 amat dan dengan jaminan bengkel ahond yg banyak akhirnya merem pass dlu mazda. Saya bener2 bingung, kok bisa kinerja staff kaya gitu pada diterima jadi sales hadehh...
Jenson
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 250
Joined: Fri Aug 22, 2014 9:41

Re: 2021 Mazda CX-3 1.5L Sport

Post by Jenson »

Pboyz97 wrote: Fri Sep 24, 2021 7:49
Jenson wrote: Fri Sep 24, 2021 7:44 Mobil yang sangat menyeangkan dan buil qualitynya top notch. Cmn sayang pengalaman saya agak buruk terhadap salesnya. Kemarin sempet lihat-lihat, uda janjian sama salah satu sales d bilangan Jakarta Utara, pas saya tanya ada unit TD ga, ktanya ada tapi ternyata sampe sana gaada. Unit display juga gabisa diliat, jadi masa disuru beli kucing dalem karung. Melipir ke dealer cabang lain, jawabannya sebelas dua belas gaada unit test ataupun display, ditambah yg jualnga niat blg gatau datengnya kapan. Belom-belom beli jadi waswas kalo APM nya model begini. Padahal jujur penasaran pengen pake Mazda.
waduh . yg sabar ya om. padahal dulu pas saya SPK AN CX5 Elite tahun 2018 lalu aftersalesnya gak gini2 amat. semoga aja mazda Indonesia bisa meningkatkan kualitas pelayanannya, jadi bisa kembali diminati konsumen dan loyalisnya seperti dulu hehehe. dan saya setuju, mobilnya emg quality top notch. susah nyari yg seenak ini di range harga yg sama kalo mobil jepang. paling pilihannya kalo ga naik kelas ke mobil eropa ya beli mazda lagi or korean brand kek hyundai or kia kalo mau nyari yg setara atau lebih baik dari mazda ini menurut saya hehehe
Bener om, mazda saya liat uda semi2 ala Eropa. Sayang tpi pelayanan salesnya mohon maaf bahkan kalah drpda mobil cina. Saya ke pameran d mall aja sales mobil cina rasa Inggris lebih atentif dan niat jualan.
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2911
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: 2021 Mazda CX-3 1.5L Sport

Post by josomba »

erwinign wrote: Fri Sep 24, 2021 7:47 Soal power delivery di rpm 2000an apa juga kepengaruh di kualitas ATF ya?

Pas awal2 pake mazda 2 lama masih atf bawaan pabrik itu oper2an giginya selalu nahan agak mirip honda 5sp. Akhirnya kuras atf pake ptt automat 1a langsung sembuh itu gejala nahannya, dan oper2an giginya jg responsif tapi alus banget.

Anehnya, atf mazda skyactiv itu katanya longlife :big_weee: dan mereka emoh kuras, padahal mesin atf changernya ada. Entah metode kurasnya transmisi 6at ini kl pake mesin ada beda apa enggak
Anu om, TCU si EW6A-EL ini owe perhatikeun hobby-nya buru2 perintahin naik ganti gigi om. Jadinya seperti lemot deh karena terlalu "eco mode".

Dikasih "sport" mode tp buat dalam kota jd terlalu "kasar" perpindahannya karena dia biasa nahan rpm di 3000-4000 rpm baru ganti gigi.
Image
DrivingPotato
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 397
Joined: Mon Feb 15, 2021 3:17

Re: 2021 Mazda CX-3 1.5L Sport

Post by DrivingPotato »

Jenson wrote: Fri Sep 24, 2021 7:44 Mobil yang sangat menyeangkan dan buil qualitynya top notch. Cmn sayang pengalaman saya agak buruk terhadap salesnya. Kemarin sempet lihat-lihat, uda janjian sama salah satu sales d bilangan Jakarta Utara, pas saya tanya ada unit TD ga, ktanya ada tapi ternyata sampe sana gaada. Unit display juga gabisa diliat, jadi masa disuru beli kucing dalem karung. Melipir ke dealer cabang lain, jawabannya sebelas dua belas gaada unit test ataupun display, ditambah yg jualnga niat blg gatau datengnya kapan. Belom-belom beli jadi waswas kalo APM nya model begini. Padahal jujur penasaran pengen pake Mazda.
Kayaknya ini karena memang belum ada unit lagi yg dikirim ke dealer om. Nggak heran saya. Tapi selain CX-3, pasti ada unitnya sih.
erwinign wrote: Fri Sep 24, 2021 7:47 Soal power delivery di rpm 2000an apa juga kepengaruh di kualitas ATF ya?

Pas awal2 pake mazda 2 lama masih atf bawaan pabrik itu oper2an giginya selalu nahan agak mirip honda 5sp. Akhirnya kuras atf pake ptt automat 1a langsung sembuh itu gejala nahannya, dan oper2an giginya jg responsif tapi alus banget.

Anehnya, atf mazda skyactiv itu katanya longlife :big_weee: dan mereka emoh kuras, padahal mesin atf changernya ada. Entah metode kurasnya transmisi 6at ini kl pake mesin ada beda apa enggak
Persis sama yg kemarin sempat kepikir. Transmisinya ini kalo shifting emang cepet dan halus, tapi somehow kerasa kurang pinter buat menaklukkan jalan yg banyak tanjakan naik turun. Atau, ECU nya belum adapt abis jalan lurus terus ya :big_think: Mazda emang ga mau kuras ATF, ditanya alesannya kenapa jawabannya ya karena longlife itu jadi ga perlu. Tp masa kalo kita minta, mereka ga mau ya? Penasaran adakah yg ganti ATF nya SkyActiv dan apa efek positif negatifnya.
marmut wrote: Fri Sep 24, 2021 8:04
menurut :

https://en.m.wikipedia.org/wiki/Skyactiv#1.5_L

85 kW (114 hp) at 6,000 rpm and 111 lb⋅ft (150 N⋅m) of torque at 4,000 rpm (Asia Markets)

..dan anda ngarep mesin twincam dapet tenaga di RPM 2000? coba swap mesin ke C223 saja...
:big_biglaugh: ga gitu juga mbah
Saya emang ga expect tenaga di RPM segitu, meski di 2200an RPM dia udah mulai ngisi. Cuma kalo ngegasnya agak dalem dikit, dia otomatis downshift yg bikin agak kaget penumpang di dalem. Padahal niatnya cuma mau nyusul mobil depan. Mau ga mau nyelipnya kalem alias gasnya diurut :mky_04:
KielConstantine wrote: Fri Sep 24, 2021 0:34
Brarti bener yah berasa jg mesin cenggo cc agak kurang powernya buat body CX-3 .. paling mantep yg 2.0 sehhh

Remap aja om :mky_03:
Ntar deh nunggu garansi abis. Selain diesel dieselan, agak cupu nyali saya om remap2. Apalagi mobil yg terbilang canggih kaya gini meski bnyk juga yang udah remap mobil2 CBU macem BMW MINI Audi dll. Saya prefer nunggu garansi abis :big_biglaugh:
josomba wrote: Fri Sep 24, 2021 0:03 Untuk servis selanjutnya selektif sahaja om, itu servis 20rb bisa kena 2 juta estimasinya karena mau dicekokin aneka macam obat mujarab dan jamu deh. Wkwkwk.

Btw MGO 0w20 udah kena d harga 178.500/L sebelum ppn ye.. aji gile idemitsu aja padahal..
Wkwkwk sebenernya ga mahal2 amat juga jamu jamuannya paling @50k atau @70k. Ya sesekali ga apa. Jasa nya itu lho sampe 750k :big_weee:
Soal oli, mau coba yg laen juga prefer nunggu warranty abis om karena kalo ada apa2 semua yang kita ganti pasti bisa jadi kambing hitam BeRes :mky_08: . Om di M2 biasa pakai oli apa?
Last edited by DrivingPotato on Fri Sep 24, 2021 14:45, edited 1 time in total.
P5-VPS (SKYACTIV-G 1.5)
2GD-FTV
2ZR-FE
DrivingPotato
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 397
Joined: Mon Feb 15, 2021 3:17

Re: 2021 Mazda CX-3 1.5L Sport

Post by DrivingPotato »

kendibocor wrote: Fri Sep 24, 2021 9:42
Ke mazda puri om, kemaren saya TD disana. Tp jangan kaget ya kalo mo ambil indennya skrng sampe januari-februari 2022. Kata salesnya mulai pengiriman okt apa nov dapet unit yg uda bisa wireless charging hp. Disc dapet 10 pengajuan. Soal tenaga, emang dibawah 2000rpm agak boyo yah (saya pake mazda 2 juga). Entah diatas kertas powerbandnya gmn tapi yg saya rasain sih sweet spot tenaga dia di 2500-4500. Diatas itu kayanya uda ngempos juga. Menurut pengamatan ngasal saya. :ungg:
Yang inden sejak April akhir / Mei kemarin aja banyak yg belum dikirim :ngacir:

Setuju om. 2000 rpm naik dikit udah narik dia, alias pasti downshift. Mau nyetir halus tuh jd susah gitu loh. Mana suaranya kalo RPM tinggi cukup kedengeran lagi. Sporty sih suaranya, tapi berasa kebut-kebutan dan kurang nyaman kalo lg ada penumpang :big_think:

Tapi saya jd bertanya2 sih, apakah saya merasa begini karena sebelumnya pake Altis yg displacementnya 1800 cc (tenaga & torsi lebih gede) plus CVT yg pasti dia gapake downshift. Juga karena saya udah ngerasain pake ANKI Diesel plus CRV 2.0 meski gak CVT. Seakan2 standar enak nya udah meningkat jd kalo ketemu yg geli2 tenaganya di RPM rendah agak gatel :weekk:
evolution21 wrote: Fri Sep 24, 2021 2:20 beberapa tipe mazda yg pernah saya pake selalu terasa optimal bila minum ron95 keatas

coba um kl dah rutin pake bensin perta turbo ntar masih kepengen remap ga
2 hari ini pake RON 98 mulai kerasa om perbedaannya. Jadi nyesel baru nyoba pertamax turbo setelah harganya jadi 12300 :wkkk: Padahal sebelumnya kemaren cuma selisih 800 rupiah sama RON 92. Btw, sempet juga baca ada warga SM yg bikin thread Mazda 2 SkyActiv nya check engine nyala setelah ganti ke pertamax turbo. So far di mobil saya masih aman. Kayaknya bakalan sesekali doang pake Pertamax Turbo karena harganya dah mulai gila utk ukuran saya yg biasa ngisi ANKI pake BioSol 200ribu dapet hampir 40 liter :big_weee:
P5-VPS (SKYACTIV-G 1.5)
2GD-FTV
2ZR-FE
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: 2021 Mazda CX-3 1.5L Sport

Post by maastricht889 »

josomba wrote: Fri Sep 24, 2021 13:06
erwinign wrote: Fri Sep 24, 2021 7:47 Soal power delivery di rpm 2000an apa juga kepengaruh di kualitas ATF ya?

Pas awal2 pake mazda 2 lama masih atf bawaan pabrik itu oper2an giginya selalu nahan agak mirip honda 5sp. Akhirnya kuras atf pake ptt automat 1a langsung sembuh itu gejala nahannya, dan oper2an giginya jg responsif tapi alus banget.

Anehnya, atf mazda skyactiv itu katanya longlife :big_weee: dan mereka emoh kuras, padahal mesin atf changernya ada. Entah metode kurasnya transmisi 6at ini kl pake mesin ada beda apa enggak
Anu om, TCU si EW6A-EL ini owe perhatikeun hobby-nya buru2 perintahin naik ganti gigi om. Jadinya seperti lemot deh karena terlalu "eco mode".

Dikasih "sport" mode tp buat dalam kota jd terlalu "kasar" perpindahannya karena dia biasa nahan rpm di 3000-4000 rpm baru ganti gigi.
Berarti kayanya TCU learningnya model sopir taksi ya om, oper2an gigi serendah mungkin tapi jatuhnya power delivery jd "nggremet".

Aduh sport mode kayanya ga bs sante ya om, apalg kl modelannya pake atf sama oli mesin genuine itu. Biasa perbandingannya dr normal mode dr oper2an giginya kaya kasar tapi ada ngempos2nya dikit pas rpm agak tinggi di sport mode itu.

Tak rasain kl pake oli mesin sama atf proper, kayanya problem itu bakal berkurang banyak jd lebih smooth ya om. Di rpm tinggi power delivery tetep alus, kickdown ato puteran bawah mungkin agak terobati
Zaxis
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1064
Joined: Wed Dec 07, 2016 9:34

Re: 2021 Mazda CX-3 1.5L Sport

Post by Zaxis »

marvelio wrote: Fri Sep 24, 2021 14:41
Yang inden sejak April akhir / Mei kemarin aja banyak yg belum dikirim :ngacir:
Adek bini kemarin beli langsung dapet unit bulan mei
Plat nomor nya aja yg ga jadi2
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3387
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: 2021 Mazda CX-3 1.5L Sport

Post by kendibocor »

Zaxis wrote: Fri Sep 24, 2021 23:37
marvelio wrote: Fri Sep 24, 2021 14:41
Yang inden sejak April akhir / Mei kemarin aja banyak yg belum dikirim :ngacir:
Adek bini kemarin beli langsung dapet unit bulan mei
Plat nomor nya aja yg ga jadi2
Kalo itu mah gawsa heran om, dlu saya beli agustus 2018, platnya baru keluar januari 2019. Liat sisi positifnya aja, nanti pas mo jual bisa nulis iklannya mobil tahun 2019 :ngacir: :ngacir:
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
yaseinotulip
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 315
Joined: Wed May 23, 2012 16:18

Re: 2021 Mazda CX-3 1.5L Sport

Post by yaseinotulip »

Unit nya emg lama ya.. adek sy sama di semarang juga indent mazda cx-3 ini dari juni dan di janjiin unit september, sampe skrg blm ada tanda2 dateng :mky_05:
Kayanya kena efek shortage chip itu ya..

Trua klo baca pengalaman bro marvelio, nunggu STNK 6 bln pusing jg ya haha
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2021 Mazda CX-3 1.5L Sport

Post by ChZ »

josomba wrote: Fri Sep 24, 2021 13:06
Anu om, TCU si EW6A-EL ini owe perhatikeun hobby-nya buru2 perintahin naik ganti gigi om. Jadinya seperti lemot deh karena terlalu "eco mode".

Dikasih "sport" mode tp buat dalam kota jd terlalu "kasar" perpindahannya karena dia biasa nahan rpm di 3000-4000 rpm baru ganti gigi.
nah iya mbah, dan sialnya di enjin mazdut sky 1.5 - 2.0, torsinya gak segalak 2.5 dan keluarnya di RPM 4k dimana yang 2.5 liter keluarnya di 3250. akhirnya dengan mode lugging begini jadi kesannya mazdut 1.5 - 2.0 itu ble'e gak ada larinya, tp dipindah sport mode malah meraung-raung... plus enjinnya gak karakter high revving macem ahond punya.

maka nya pegang mazdut yang baru baru ini rasanya impoten banget performanya pdhl sebenernya bisa di maksimalin lagi...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11280
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: 2021 Mazda CX-3 1.5L Sport

Post by Omnibus »

ChZ wrote: Sat Sep 25, 2021 7:33
josomba wrote: Fri Sep 24, 2021 13:06
Anu om, TCU si EW6A-EL ini owe perhatikeun hobby-nya buru2 perintahin naik ganti gigi om. Jadinya seperti lemot deh karena terlalu "eco mode".

Dikasih "sport" mode tp buat dalam kota jd terlalu "kasar" perpindahannya karena dia biasa nahan rpm di 3000-4000 rpm baru ganti gigi.
nah iya mbah, dan sialnya di enjin mazdut sky 1.5 - 2.0, torsinya gak segalak 2.5 dan keluarnya di RPM 4k dimana yang 2.5 liter keluarnya di 3250. akhirnya dengan mode lugging begini jadi kesannya mazdut 1.5 - 2.0 itu ble'e gak ada larinya, tp dipindah sport mode malah meraung-raung... plus enjinnya gak karakter high revving macem ahond punya.

maka nya pegang mazdut yang baru baru ini rasanya impoten banget performanya pdhl sebenernya bisa di maksimalin lagi...
kan sesuai slogan nya jinba ittai mbah. kl naik kuda kan jinba ittai nya pas di cruising speed (mid rpm), kl lg full speed dikejar2 koboi ngamuk atau low speed kuda lg mau parkir mana ada jinba ittai nya. :mky_03:
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2911
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: 2021 Mazda CX-3 1.5L Sport

Post by josomba »

marvelio wrote: Fri Sep 24, 2021 14:34 -cut-
Wkwkwk sebenernya ga mahal2 amat juga jamu jamuannya paling @50k atau @70k. Ya sesekali ga apa. Jasa nya itu lho sampe 750k :big_weee:
Soal oli, mau coba yg laen juga prefer nunggu warranty abis om karena kalo ada apa2 semua yang kita ganti pasti bisa jadi kambing hitam BeRes :mky_08: . Om di M2 biasa pakai oli apa?
Kalau biaya jasa.... Ane gabisa komen hahaha.

Saya ndak tentu om, tergantung lg yg promo aja. Bisa unil opal 0-20, bisa ptt 0-30, nah ini sekarang lg nyetok aisin 0-20 buat next ganti oli.

:ungg:
ChZ wrote: Sat Sep 25, 2021 7:33 nah iya mbah, dan sialnya di enjin mazdut sky 1.5 - 2.0, torsinya gak segalak 2.5 dan keluarnya di RPM 4k dimana yang 2.5 liter keluarnya di 3250. akhirnya dengan mode lugging begini jadi kesannya mazdut 1.5 - 2.0 itu ble'e gak ada larinya, tp dipindah sport mode malah meraung-raung... plus enjinnya gak karakter high revving macem ahond punya.

maka nya pegang mazdut yang baru baru ini rasanya impoten banget performanya pdhl sebenernya bisa di maksimalin lagi...
Betul mbah, kalau dah 5500rpm ke atas malah juga dah bengek ngeraung aja neh si p5-vps wkwkwk. Kadang kangen juga sehh si l15 honda
Omnibus wrote: Sat Sep 25, 2021 11:32
kan sesuai slogan nya jinba ittai mbah. kl naik kuda kan jinba ittai nya pas di cruising speed (mid rpm), kl lg full speed dikejar2 koboi ngamuk atau low speed kuda lg mau parkir mana ada jinba ittai nya. :mky_03:
:big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
Image
e3dak
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 32
Joined: Sat Sep 25, 2021 15:42
Location: DKI Jakarta
Daily Vehicle: Honda CRV Turbo

Re: 2021 Mazda CX-3 1.5L Sport

Post by e3dak »

Jenson wrote: Fri Sep 24, 2021 12:50
Pboyz97 wrote: Fri Sep 24, 2021 7:49
Jenson wrote: Fri Sep 24, 2021 7:44 Mobil yang sangat menyeangkan dan buil qualitynya top notch. Cmn sayang pengalaman saya agak buruk terhadap salesnya. Kemarin sempet lihat-lihat, uda janjian sama salah satu sales d bilangan Jakarta Utara, pas saya tanya ada unit TD ga, ktanya ada tapi ternyata sampe sana gaada. Unit display juga gabisa diliat, jadi masa disuru beli kucing dalem karung. Melipir ke dealer cabang lain, jawabannya sebelas dua belas gaada unit test ataupun display, ditambah yg jualnga niat blg gatau datengnya kapan. Belom-belom beli jadi waswas kalo APM nya model begini. Padahal jujur penasaran pengen pake Mazda.
waduh . yg sabar ya om. padahal dulu pas saya SPK AN CX5 Elite tahun 2018 lalu aftersalesnya gak gini2 amat. semoga aja mazda Indonesia bisa meningkatkan kualitas pelayanannya, jadi bisa kembali diminati konsumen dan loyalisnya seperti dulu hehehe. dan saya setuju, mobilnya emg quality top notch. susah nyari yg seenak ini di range harga yg sama kalo mobil jepang. paling pilihannya kalo ga naik kelas ke mobil eropa ya beli mazda lagi or korean brand kek hyundai or kia kalo mau nyari yg setara atau lebih baik dari mazda ini menurut saya hehehe
Bener om, mazda saya liat uda semi2 ala Eropa. Sayang tpi pelayanan salesnya mohon maaf bahkan kalah drpda mobil cina. Saya ke pameran d mall aja sales mobil cina rasa Inggris lebih atentif dan niat jualan.
Ikutan komen. Pengalaman pribadi waktu GIIAS 2017, saya dan istri nyari mobil baru dengan pilihan antara CRV Turbo dan CX-5. Beda jauh antara pelayanan sales ahond dengan mazda. Kondisi memang agak ramai, kami datangnya hari sabtu. Di stand ahond salesnya gercep handle, begitu saya celingak celinguk sekeliling mau nanya2. Di stand mazda bahkan saya yang samperin sales nya. Apa efek saya kelihatan gembel :mky_01:

Setelah dari pameran GIIAS juga sales mazda tidak ada yg follow up. Mungkin juga buat sebagian buyer lain tidak suka ditelp sales bikin risih, tapi ritual yg ginian buat saya merasa kalau suatu brand niat jualan. Jangan sampai jualan saja tidak niat apalagi setelah beli ada masalah dimobil, bisa2 lepas tangan.

Ternyata setelah sekian lama belum berubah cara jualan sales mazda