2021 Mazda CX-3 1.5L Sport

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: F 272, b8099ok, ginting, FRD, artoodetoo, y_anjasrana

kendibocor
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 631
Joined: 10 Aug 2015, 20:13
Location: Jakarta

Re: 2021 Mazda CX-3 1.5L Sport

Post by kendibocor »

Kalo soal sales kayanya emang perlu edukasi ulang ttg consumer satisfaction. Dlu saya waktu ambil mbl jg uda request minta plat ganjil, plat sementara sampe plat asli keluar, sama stnk 3 bln. Tp kenyataannya dapetnya plat genap, stnk 5 bln, sama bulan terakhir 1 minggu sblm stnk keluar plat bantuan abis ga diperpanjang, sempet kena tilang 1x. Brp kali saya komplain plat no ga keluar2 abis itu tuh sales ngilang, di WA ga dibales. Waktu ambil plat trus tau platnya genap saya mo komplain ga ada yg berani keluar. Yg paling keterlaluan sih yg plat nomor keluarnya genap, kalo 2 yg lain saya masih bisa toleransi.
jakanjc
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 384
Joined: 20 May 2014, 18:41

Re: 2021 Mazda CX-3 1.5L Sport

Post by jakanjc »

Buat mazda cx-3 1.5 terbaru ini pajak tahunannya kena berapa om? Apa selisih ya jauh dgn yang 2.0 (pny saya Cx-3 Touring 2017 sekitar 4.8an)
Cukup tertarik buat tuker tambah ke cx3 1.5 ini, berharap bisa lebih hemat scr fuel cons, pajak, dan maintanance. . CX3 saya dipake harian ngantor & disetir sendiri. Kira2 worth ga ya? Atau mending tunggu all new HRV sekalian🧐
'You can go fast, But I can go anywhere'
User avatar
alvin23
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1739
Joined: 01 Jan 2007, 09:58
Location: CGK-BDO-JOG

Re: 2021 Mazda CX-3 1.5L Sport

Post by alvin23 »

kendibocor wrote:Kalo soal sales kayanya emang perlu edukasi ulang ttg consumer satisfaction. Dlu saya waktu ambil mbl jg uda request minta plat ganjil, plat sementara sampe plat asli keluar, sama stnk 3 bln. Tp kenyataannya dapetnya plat genap, stnk 5 bln, sama bulan terakhir 1 minggu sblm stnk keluar plat bantuan abis ga diperpanjang, sempet kena tilang 1x. Brp kali saya komplain plat no ga keluar2 abis itu tuh sales ngilang, di WA ga dibales. Waktu ambil plat trus tau platnya genap saya mo komplain ga ada yg berani keluar. Yg paling keterlaluan sih yg plat nomor keluarnya genap, kalo 2 yg lain saya masih bisa toleransi.
Wah baru baca ini.

Gila sih request ganjil keluar genap gimana ceritanya coba

Apa ga ditagih bayar ganjil genapnya?
Captiva LTZ 2017
Yaris S A/T 2012
Tats
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 322
Joined: 01 Oct 2017, 12:36

Re: 2021 Mazda CX-3 1.5L Sport

Post by Tats »

jakanjc wrote: 20 Oct 2021, 13:50 Buat mazda cx-3 1.5 terbaru ini pajak tahunannya kena berapa om? Apa selisih ya jauh dgn yang 2.0 (pny saya Cx-3 Touring 2017 sekitar 4.8an)
Cukup tertarik buat tuker tambah ke cx3 1.5 ini, berharap bisa lebih hemat scr fuel cons, pajak, dan maintanance. . CX3 saya dipake harian ngantor & disetir sendiri. Kira2 worth ga ya? Atau mending tunggu all new HRV sekalian🧐
Kalo cx3 yang sekarang ga ada masalah mending pake dulu om
Kadang2 rumput tetangga lebih hijau, mesin 1.5 juga ga jauh lebih irit juga kalo di platform yang sama
Berat kendaraan kan ga beda jauh tapi torsi lebih rendah otomatis fuel cons 1.5l hanya unggul di kondisi idle dan gliding di 80 km/h
Pengorbanannya di power untuk fuel cons yang ga serberapa ya sayang juga
Apalagi udah ada depresiasi cx3 2.0l 2017 nya hehe

Vote keep cx3 tunggu hrv aja om
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3130
Joined: 09 Oct 2016, 22:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: HRV E CVT 2018

Re: 2021 Mazda CX-3 1.5L Sport

Post by Pboyz97 »

jakanjc wrote: 20 Oct 2021, 13:50 Buat mazda cx-3 1.5 terbaru ini pajak tahunannya kena berapa om? Apa selisih ya jauh dgn yang 2.0 (pny saya Cx-3 Touring 2017 sekitar 4.8an)
Cukup tertarik buat tuker tambah ke cx3 1.5 ini, berharap bisa lebih hemat scr fuel cons, pajak, dan maintanance. . CX3 saya dipake harian ngantor & disetir sendiri. Kira2 worth ga ya? Atau mending tunggu all new HRV sekalian🧐
mending tunggu AN HRV sekalian om. kalo CX3 yg sekarang entah kenapa gaada perubahan yg signifikan kecuali mesinnya yg lebih kecil dibanding yg sebelumnya menurut saya
Past:
1NZFE 4AT/L15A 5AT/K24Z1 5AT/2.0 Skyactiv 6AT/4A91 4AT/2NRFE CVT/K3VE 5MT/1NRVE 5MT/2.5 SKYACTIV - G 6AT

Now:
1.5 VTEC Turbo CVT / L15Z1 CVT / 8AR-FTS 6AT
marvelio
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 63
Joined: 15 Feb 2021, 10:17
Daily Vehicle: SKYACTIV-G - 2GD-FTV - 2ZR-FE

Re: 2021 Mazda CX-3 1.5L Sport

Post by marvelio »

jakanjc wrote: 20 Oct 2021, 13:50 Buat mazda cx-3 1.5 terbaru ini pajak tahunannya kena berapa om? Apa selisih ya jauh dgn yang 2.0 (pny saya Cx-3 Touring 2017 sekitar 4.8an)
Cukup tertarik buat tuker tambah ke cx3 1.5 ini, berharap bisa lebih hemat scr fuel cons, pajak, dan maintanance. . CX3 saya dipake harian ngantor & disetir sendiri. Kira2 worth ga ya? Atau mending tunggu all new HRV sekalian🧐
STNK dan Plat saya barusan keluar minggu lalu om, pajaknya di Semarang 3.8 juta. Kalo saya jadi om, jelas keep yang 2.0 karena mau gimanapun powernya ga boong dibandingin engine yg lebih kecil, ga worth kalo dengan selisih sejuta per tahun. Toh tahunnya masih muda om. Malah ntar kagok nyetir mobil yang sama dengan engine displacement lebih kecil, dan ujung2nya merasa mobil barunya 'kurang'. Hehehe.
kendibocor
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 631
Joined: 10 Aug 2015, 20:13
Location: Jakarta

Re: 2021 Mazda CX-3 1.5L Sport

Post by kendibocor »

alvin23 wrote: 20 Oct 2021, 14:09
kendibocor wrote:Kalo soal sales kayanya emang perlu edukasi ulang ttg consumer satisfaction. Dlu saya waktu ambil mbl jg uda request minta plat ganjil, plat sementara sampe plat asli keluar, sama stnk 3 bln. Tp kenyataannya dapetnya plat genap, stnk 5 bln, sama bulan terakhir 1 minggu sblm stnk keluar plat bantuan abis ga diperpanjang, sempet kena tilang 1x. Brp kali saya komplain plat no ga keluar2 abis itu tuh sales ngilang, di WA ga dibales. Waktu ambil plat trus tau platnya genap saya mo komplain ga ada yg berani keluar. Yg paling keterlaluan sih yg plat nomor keluarnya genap, kalo 2 yg lain saya masih bisa toleransi.
Wah baru baca ini.

Gila sih request ganjil keluar genap gimana ceritanya coba

Apa ga ditagih bayar ganjil genapnya?
Kebetulan saya ga bayar om untuk karena perjanjian awal pilih ganjil masuk dlm bonus pembelian dan sudah tertulis dlm spk. Kalo saya bayar trus tetep ga dapet sih bakalan saya suruh ganti sampe bener entah gimana caranya
jakanjc wrote: 20 Oct 2021, 13:50 Buat mazda cx-3 1.5 terbaru ini pajak tahunannya kena berapa om? Apa selisih ya jauh dgn yang 2.0 (pny saya Cx-3 Touring 2017 sekitar 4.8an)
Cukup tertarik buat tuker tambah ke cx3 1.5 ini, berharap bisa lebih hemat scr fuel cons, pajak, dan maintanance. . CX3 saya dipake harian ngantor & disetir sendiri. Kira2 worth ga ya? Atau mending tunggu all new HRV sekalian🧐
CX3 touring 2017 kayanya pasaran 270-280an ya om kalo jual. Artinya kalo om ganti ke 1.5 akan nambah sekitar 70-80an lagi kalo dapet diskon.
Kalo liat dari costnya misalkan untuk 5thn kedepan selisih stnk+bbm ga akan sebanyak itu. Blm lg pasti persentase depresiasi yg 2.0 pasti lebih kecil dibanding 1.5L baru.

Saya rasa positifnya cuman om dapet mbl baru aja, sams beberapa gimmick fitur yg ga terlalu signifikan. negatifnya lebih banyak. Power turun, terus kalo om pake yg 1.5 misalkan 4 thn lg artinya om pake mbl yg sama sekitar 8 thn (apa ga bosen?)
Konsumsi BBM yg 1.5L emang juara sih, saya pake dalem kota mayoritas tol (kurleb 70%) bisa dapet 1:15-16 kalo kaki sopan. Tp saya rasa paling max beda 1-2 km/liter sama yg 2.0 soalnya saya pake CX5 yg 2.5 rute sama dapet 1:12

Kalo saya mending wait n see all new HRV atau lebih mending lg ganti ke mazda 3 atau CX30 kalo dananya memungkinkan.
KielConstantine
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1278
Joined: 03 Jul 2013, 13:23
Location: Indonesia

Re: 2021 Mazda CX-3 1.5L Sport

Post by KielConstantine »

All new HR-V kaya apa sih? Kok rame bener pada nungguin….
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
ctopher7
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 121
Joined: 11 Jun 2021, 19:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Fortuner

Re: 2021 Mazda CX-3 1.5L Sport

Post by ctopher7 »

KielConstantine wrote:All new HR-V kaya apa sih? Kok rame bener pada nungguin….
depannya sih biasa aja om (cenderung ga suka) beh tapi belakangnya kyk porsche macan Image
susupanda
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: 13 Oct 2021, 15:34
Location: Jakarta

Re: 2021 Mazda CX-3 1.5L Sport

Post by susupanda »

Saya lagi consider juga antara CX-3 1.5 atau sekalian nunggu HR-V baru (walau mungkin harganya bakalan sakit jiwa layaknya ahond yang ga tobat2 pasca jonfis) nih...
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3130
Joined: 09 Oct 2016, 22:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: HRV E CVT 2018

Re: 2021 Mazda CX-3 1.5L Sport

Post by Pboyz97 »

susupanda wrote: 04 Nov 2021, 07:33 Saya lagi consider juga antara CX-3 1.5 atau sekalian nunggu HR-V baru (walau mungkin harganya bakalan sakit jiwa layaknya ahond yang ga tobat2 pasca jonfis) nih...
sebagai ex user kakaknya, yaitu CX5 2013 dan AN CX5 2018 + saat ini user HRV 1.5 E CVT 2018, saya sarankan lebih baik nunggu HRV baru saja , karena ubahannya lumayan banyak dibanding yg lama terutama dibagian desain dan fiturnya. kalo cx5 entah kenapa desainnya udh mulai keliatan outdated, walaupun saya akuin bagus pake bgt, tapi desain dari 2017 tetep gabisa bohong + kurang praktis kalo dipake rame2.karena row 2 dan bagasinya sempit + storagenya juga minim, tapi kalo buat nyetir sendiri sih, cx3 tetep salah 1 yg terbaik dikelasnya terutama dari sisi fitur, teknologi, driving feel, peforma dan handlingnya. dulu saya sempet kepikiran ambil m2 2018 GT FL1 seken buat gantiin xpander 2017 sm yaris joker trd 2019 saya , tapi setelah dipikir2 yg make bukan cuma saya doang , alias bakal dipake bareng2 sm ortu dan nenek saya juga, akhirnya ambil HRV 1.5 e cvt 2018 seken yg masih saya gunakan sampai hari ini , karena lebih lega dan practical, kalo m2 row 2 nya sempit, bagasinya ga seluas jazz dan yaris + storagenya juga minim. walaupun dari segi desain, driving feel, fitur, handling, peforma, teknologi, m2 adalah yg terbaik dikelasnya menurut saya hehehe
Past:
1NZFE 4AT/L15A 5AT/K24Z1 5AT/2.0 Skyactiv 6AT/4A91 4AT/2NRFE CVT/K3VE 5MT/1NRVE 5MT/2.5 SKYACTIV - G 6AT

Now:
1.5 VTEC Turbo CVT / L15Z1 CVT / 8AR-FTS 6AT
User avatar
omenRoo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 733
Joined: 26 Apr 2009, 23:30

Re: 2021 Mazda CX-3 1.5L Sport

Post by omenRoo »

kendibocor wrote: 26 Sep 2021, 15:01 Kalo soal sales kayanya emang perlu edukasi ulang ttg consumer satisfaction. Dlu saya waktu ambil mbl jg uda request minta plat ganjil, plat sementara sampe plat asli keluar, sama stnk 3 bln. Tp kenyataannya dapetnya plat genap, stnk 5 bln, sama bulan terakhir 1 minggu sblm stnk keluar plat bantuan abis ga diperpanjang, sempet kena tilang 1x. Brp kali saya komplain plat no ga keluar2 abis itu tuh sales ngilang, di WA ga dibales. Waktu ambil plat trus tau platnya genap saya mo komplain ga ada yg berani keluar. Yg paling keterlaluan sih yg plat nomor keluarnya genap, kalo 2 yg lain saya masih bisa toleransi.
kalo sekarang rikues plat ganjil/genap bisa, tapi bayar. pengalaman tempo hari tarifnya 1jt, dikasih invoice dan transfernya juga ke rekening dealer. jadi lebih mengikat..
marvelio
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 63
Joined: 15 Feb 2021, 10:17
Daily Vehicle: SKYACTIV-G - 2GD-FTV - 2ZR-FE

Re: 2021 Mazda CX-3 1.5L Sport

Post by marvelio »

susupanda wrote: 04 Nov 2021, 07:33 Saya lagi consider juga antara CX-3 1.5 atau sekalian nunggu HR-V baru (walau mungkin harganya bakalan sakit jiwa layaknya ahond yang ga tobat2 pasca jonfis) nih...
HR-V baru menarik banget sih om kalo yg masuk ke Indonesia persis sama yg udah ada sekarang. Belakangnya itu loh :big_love:
Cuma kalo yg baru bakal masuk, modelnya jadi lebih manly dan kayaknya kurang masuk selera cewe2

Anyway, mending tunda dulu om tunggu HR-V baru masuk mungkin awal tahun depan (?)
Apalagi kualitas Honda saya lihat2 sudah improved jauh dibanding Honda jaman2 2014-2018 an
CX-3 ini mau gimanapun juga udah lama, sejak 2017 an masih sama sama aja beda mesin doang.

Yg jelas selama 7 bulan saya pake, kalo ambil CX-3 1.5 yg perlu diperhatikan:
- Torsi bawahnya kurang, jadi baru mulai enak kalo jalan di rpm 2000an. Gaspol sih ngejambak banget tenaganya.
- Best performance pake Pertamax Turbo (meski pake pertalite gaakan rusak dan pake Pertamax 92 tenaganya masih cukup kenceng)
- Indennya lama dan STNK nya lama
- Cuma dapat free jasa servis 2x

Sisanya top notch lah di kelasnya.
coolwater87
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: 04 Nov 2021, 13:07
Location: Jakarta Selatan

Re: 2021 Mazda CX-3 1.5L Sport

Post by coolwater87 »

kendibocor wrote: 24 Sep 2021, 16:42
Jenson wrote: 24 Sep 2021, 14:44 Mobil yang sangat menyeangkan dan buil qualitynya top notch. Cmn sayang pengalaman saya agak buruk terhadap salesnya. Kemarin sempet lihat-lihat, uda janjian sama salah satu sales d bilangan Jakarta Utara, pas saya tanya ada unit TD ga, ktanya ada tapi ternyata sampe sana gaada. Unit display juga gabisa diliat, jadi masa disuru beli kucing dalem karung. Melipir ke dealer cabang lain, jawabannya sebelas dua belas gaada unit test ataupun display, ditambah yg jualnga niat blg gatau datengnya kapan. Belom-belom beli jadi waswas kalo APM nya model begini. Padahal jujur penasaran pengen pake Mazda.
Ke mazda puri om, kemaren saya TD disana. Tp jangan kaget ya kalo mo ambil indennya skrng sampe januari-februari 2022. Kata salesnya mulai pengiriman okt apa nov dapet unit yg uda bisa wireless charging hp. Disc dapet 10 pengajuan. Soal tenaga, emang dibawah 2000rpm agak boyo yah (saya pake mazda 2 juga). Entah diatas kertas powerbandnya gmn tapi yg saya rasain sih sweet spot tenaga dia di 2500-4500. Diatas itu kayanya uda ngempos juga. Menurut pengamatan ngasal saya. :ungg:
Boleh dibisikin nama sales di Puri yg gol disc 10jt om? Saya minta diskon dikit aja susah bgt 😔
kendibocor
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 631
Joined: 10 Aug 2015, 20:13
Location: Jakarta

Re: 2021 Mazda CX-3 1.5L Sport

Post by kendibocor »

omenRoo wrote: 04 Nov 2021, 09:17
kendibocor wrote: 26 Sep 2021, 15:01 Kalo soal sales kayanya emang perlu edukasi ulang ttg consumer satisfaction. Dlu saya waktu ambil mbl jg uda request minta plat ganjil, plat sementara sampe plat asli keluar, sama stnk 3 bln. Tp kenyataannya dapetnya plat genap, stnk 5 bln, sama bulan terakhir 1 minggu sblm stnk keluar plat bantuan abis ga diperpanjang, sempet kena tilang 1x. Brp kali saya komplain plat no ga keluar2 abis itu tuh sales ngilang, di WA ga dibales. Waktu ambil plat trus tau platnya genap saya mo komplain ga ada yg berani keluar. Yg paling keterlaluan sih yg plat nomor keluarnya genap, kalo 2 yg lain saya masih bisa toleransi.
kalo sekarang rikues plat ganjil/genap bisa, tapi bayar. pengalaman tempo hari tarifnya 1jt, dikasih invoice dan transfernya juga ke rekening dealer. jadi lebih mengikat..
Dlu juga sebenernya bayar om, kalo ga salah 600-700an. Tp itu saya minta sbg bonus pembelian dan tercantum di spk. Tp ya tetep keluarnya genap. Mau protes jg urusannya kayanya terlalu rumit dan saya nunggu plat nomor uda terlalu lama dari agustua ke januari. Akhirnya ya dipake aja deh. Untungnya kekecewaan ttg administrasi terbayarkan dengan mobilnya yg emang bener the best on its class menurut kebutuhan saya.
susupanda
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: 13 Oct 2021, 15:34
Location: Jakarta

Re: 2021 Mazda CX-3 1.5L Sport

Post by susupanda »

marvelio wrote: 04 Nov 2021, 09:27
susupanda wrote: 04 Nov 2021, 07:33 Saya lagi consider juga antara CX-3 1.5 atau sekalian nunggu HR-V baru (walau mungkin harganya bakalan sakit jiwa layaknya ahond yang ga tobat2 pasca jonfis) nih...
HR-V baru menarik banget sih om kalo yg masuk ke Indonesia persis sama yg udah ada sekarang. Belakangnya itu loh :big_love:
Cuma kalo yg baru bakal masuk, modelnya jadi lebih manly dan kayaknya kurang masuk selera cewe2

Anyway, mending tunda dulu om tunggu HR-V baru masuk mungkin awal tahun depan (?)
Apalagi kualitas Honda saya lihat2 sudah improved jauh dibanding Honda jaman2 2014-2018 an
CX-3 ini mau gimanapun juga udah lama, sejak 2017 an masih sama sama aja beda mesin doang.

Yg jelas selama 7 bulan saya pake, kalo ambil CX-3 1.5 yg perlu diperhatikan:
- Torsi bawahnya kurang, jadi baru mulai enak kalo jalan di rpm 2000an. Gaspol sih ngejambak banget tenaganya.
- Best performance pake Pertamax Turbo (meski pake pertalite gaakan rusak dan pake Pertamax 92 tenaganya masih cukup kenceng)
- Indennya lama dan STNK nya lama
- Cuma dapat free jasa servis 2x

Sisanya top notch lah di kelasnya.
Bener banget om marvelio, semua concernnya valid tuh... saya kasihan banget sama Mazda buat inden dan STNK yang lama keluar. padahal dari built quality CBU Jepang udah jadi selling point yg kenceng banget ya. tapi produk bagus doang memang ga akan pernah cukup buat keseluruhan usage experience, apalagi kalau udah menyangkut aftersales.

Honestly speaking, saya emang nunggu dan harap2 cemas ketika nanti HR-V muncul sih. tapi melihat spek HR-V RS e-hev Thailand yang downgrade dari versi Jepang, terutama di bagian headunit (yang harusnya sama kaya punya Civic yang baru launching di sini, tapi malah jadi kaya punya City) dan pengaturan AC yang jadi murahan banget digitalnya, bikin saya jadi waswas. Apalagi nanti takutnya HPM masih lebih pilih untuk kasih mesin 1.5 turbo dibandingkan hybrid karena bisa jadi mereka males invest hybrid di pabrik Karawang, toh mereka jualan mesin konvensional buat Brio masih paling cuan.

Saya ngidam banget hybrid karena dipastikan bakalan jauh lebih irit bagi saya yang bakal pake dalam kota aja... dan ga ribet2 charging layaknya Kona electric (karena tinggal di apartemen juga ribet install charging point kan :mky_01: )
susupanda
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: 13 Oct 2021, 15:34
Location: Jakarta

Re: 2021 Mazda CX-3 1.5L Sport

Post by susupanda »

Pboyz97 wrote: 04 Nov 2021, 08:53
susupanda wrote: 04 Nov 2021, 07:33 Saya lagi consider juga antara CX-3 1.5 atau sekalian nunggu HR-V baru (walau mungkin harganya bakalan sakit jiwa layaknya ahond yang ga tobat2 pasca jonfis) nih...
sebagai ex user kakaknya, yaitu CX5 2013 dan AN CX5 2018 + saat ini user HRV 1.5 E CVT 2018, saya sarankan lebih baik nunggu HRV baru saja , karena ubahannya lumayan banyak dibanding yg lama terutama dibagian desain dan fiturnya. kalo cx5 entah kenapa desainnya udh mulai keliatan outdated, walaupun saya akuin bagus pake bgt, tapi desain dari 2017 tetep gabisa bohong + kurang praktis kalo dipake rame2.karena row 2 dan bagasinya sempit + storagenya juga minim, tapi kalo buat nyetir sendiri sih, cx3 tetep salah 1 yg terbaik dikelasnya terutama dari sisi fitur, teknologi, driving feel, peforma dan handlingnya. dulu saya sempet kepikiran ambil m2 2018 GT FL1 seken buat gantiin xpander 2017 sm yaris joker trd 2019 saya , tapi setelah dipikir2 yg make bukan cuma saya doang , alias bakal dipake bareng2 sm ortu dan nenek saya juga, akhirnya ambil HRV 1.5 e cvt 2018 seken yg masih saya gunakan sampai hari ini , karena lebih lega dan practical, kalo m2 row 2 nya sempit, bagasinya ga seluas jazz dan yaris + storagenya juga minim. walaupun dari segi desain, driving feel, fitur, handling, peforma, teknologi, m2 adalah yg terbaik dikelasnya menurut saya hehehe
siap om, makasi banyak masukannya. iya saya memang nungguin HR-V baru tapi ya lagi2 tergantung nanti spek yang masuk ke sini dan harganya masuk akal atau enggak. saya ngidam banget e:hev karena paling cocok buat saya yang akan pakai di perkotaan aja buat ngejar irit tanpa ribet charging2, ga perlu mesin turbo2an resing RS, cukup yang subtle2 dan nyaman aja.

kalau nanti ZR-V baru yang sekelas Raize bisa lebih masuk akal dari sisi harga, kepraktisan, build quality, dan mesin irit sebagai daily beater, bukan tidak mungkin saya akhirnya pindah ke kelas itu hehehe.

congrats jg ya om AN CX5-nya udah kejual, cakep bgt kemaren saya baca review2nya lengkap eh tp udah keburu ada yang meminang duluan ya :mky_01:
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3130
Joined: 09 Oct 2016, 22:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: HRV E CVT 2018

Re: 2021 Mazda CX-3 1.5L Sport

Post by Pboyz97 »

susupanda wrote: 06 Nov 2021, 08:10

siap om, makasi banyak masukannya. iya saya memang nungguin HR-V baru tapi ya lagi2 tergantung nanti spek yang masuk ke sini dan harganya masuk akal atau enggak. saya ngidam banget e:hev karena paling cocok buat saya yang akan pakai di perkotaan aja buat ngejar irit tanpa ribet charging2, ga perlu mesin turbo2an resing RS, cukup yang subtle2 dan nyaman aja.

kalau nanti ZR-V baru yang sekelas Raize bisa lebih masuk akal dari sisi harga, kepraktisan, build quality, dan mesin irit sebagai daily beater, bukan tidak mungkin saya akhirnya pindah ke kelas itu hehehe.

congrats jg ya om AN CX5-nya udah kejual, cakep bgt kemaren saya baca review2nya lengkap eh tp udah keburu ada yang meminang duluan ya :mky_01:
thanks om. emg udh sold kebetulan cx5 saya hehehe

kalo HRV sih speknya feeling saya bakal jauh improve ya dibanding yg sekarang terutama dari sisi interior, fitur dan bqnya, paling harganya kisaran 380-500 kecil lah menurut pengamatan sotoy saya, harga segitu buat saya masih worth it lah apalagi hampir semua sektor terutama exterior interior sm fiturnya berubah banyak dibanding yg lama, saya sendiri juga naksir, cuma nanti aja deh gantinya, kalo HRV saya udh genap berusia 5 tahun pas 2023 nanti :big_biglaugh: , maklum , masih blm ada dana buat nomboknya :big_biglaugh:
Past:
1NZFE 4AT/L15A 5AT/K24Z1 5AT/2.0 Skyactiv 6AT/4A91 4AT/2NRFE CVT/K3VE 5MT/1NRVE 5MT/2.5 SKYACTIV - G 6AT

Now:
1.5 VTEC Turbo CVT / L15Z1 CVT / 8AR-FTS 6AT
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3130
Joined: 09 Oct 2016, 22:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: HRV E CVT 2018

Re: 2021 Mazda CX-3 1.5L Sport

Post by Pboyz97 »

susupanda wrote: 06 Nov 2021, 07:48

Bener banget om marvelio, semua concernnya valid tuh... saya kasihan banget sama Mazda buat inden dan STNK yang lama keluar. padahal dari built quality CBU Jepang udah jadi selling point yg kenceng banget ya. tapi produk bagus doang memang ga akan pernah cukup buat keseluruhan usage experience, apalagi kalau udah menyangkut aftersales.

Honestly speaking, saya emang nunggu dan harap2 cemas ketika nanti HR-V muncul sih. tapi melihat spek HR-V RS e-hev Thailand yang downgrade dari versi Jepang, terutama di bagian headunit (yang harusnya sama kaya punya Civic yang baru launching di sini, tapi malah jadi kaya punya City) dan pengaturan AC yang jadi murahan banget digitalnya, bikin saya jadi waswas. Apalagi nanti takutnya HPM masih lebih pilih untuk kasih mesin 1.5 turbo dibandingkan hybrid karena bisa jadi mereka males invest hybrid di pabrik Karawang, toh mereka jualan mesin konvensional buat Brio masih paling cuan.

Saya ngidam banget hybrid karena dipastikan bakalan jauh lebih irit bagi saya yang bakal pake dalam kota aja... dan ga ribet2 charging layaknya Kona electric (karena tinggal di apartemen juga ribet install charging point kan :mky_01: )
sebagai ex user cx5 2013 dan cx5 2018 saya setuju sm poin yg om bold. saya sendiri juga pernah mengalami. pas cx5 2013, saya SPK bulan maret 2013, mobil dateng pas april. tapi plat sementara ga kunjung datang sampe plat asli keluar pas bulan juni 2013nya, jadi selama 2 minggu saya gabisa make mobil itu karena gaada platnya, udh push ke salesnya tapi gaada respon, sampe2 habis kesabaran saya dan akhirnya memilih bikin plat sendiri aja dipinggir jalan :big_biglaugh: . sama pas SPK CX5 Elite 2018 dulu di GIIAS juga mirip2 kejadiannya. tapi bedanya, kan mobil dateng pas akhir agustus 2018, tapi plat asli dan STNK nya baru dateng pas Januari 2019, padahal salesnya janjiin pas oktober udh kelar. pas saya tagih, salesnya bilang lagi molor pas november, eh ternyata pas januari baru jadi :big_slap: . mana plat sementara pernah telat dikirim pula, pas bulan november 2018 lalu, alhasil bapak saya kena tilang deh di bundaran HI saat itu gara2 plat sementaranya udh expired, masih pake yg bawahnya bulan 10, abis itu, bapak saya ngomel2 ke salesnya baru besoknya dikirim plat sementaranya yg bulan november

cuma ya semua itu saya bisa maafin karena kualitas produknya yg bagus, terutama dari sisi desain, fitur, teknologi, driving feel, tarikan dan handling which is buat saya pribadi salah 1 yg terbaik dikelasnya + pelayanan beresnya juga memuaskan menurut saya, selama servis gaada keluhan yg aneh2 + durable. yg gen 1 2013 , sampe dijual di km 152 rb pas 2019 lalu ,gaada masalah yg aneh2, cuma servis rutin dan ganti oli doang. yg gen 2 2018, sampe dijual beberapa hari lalu di km 43 rb, juga gaada masalah yg aneh, part yg diganti cuma shock belakang kiri kanan doang, sisanya masih aman2 aja hehehe . cuma ya sayang juga, kalo brand image yg bagus dari mazda tidak diimbangi dengan aftersales terutama pengurusan administrasi yg baik
Past:
1NZFE 4AT/L15A 5AT/K24Z1 5AT/2.0 Skyactiv 6AT/4A91 4AT/2NRFE CVT/K3VE 5MT/1NRVE 5MT/2.5 SKYACTIV - G 6AT

Now:
1.5 VTEC Turbo CVT / L15Z1 CVT / 8AR-FTS 6AT
susupanda
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: 13 Oct 2021, 15:34
Location: Jakarta

Re: 2021 Mazda CX-3 1.5L Sport

Post by susupanda »

Pboyz97 wrote: 06 Nov 2021, 23:29
susupanda wrote: 06 Nov 2021, 07:48

Bener banget om marvelio, semua concernnya valid tuh... saya kasihan banget sama Mazda buat inden dan STNK yang lama keluar. padahal dari built quality CBU Jepang udah jadi selling point yg kenceng banget ya. tapi produk bagus doang memang ga akan pernah cukup buat keseluruhan usage experience, apalagi kalau udah menyangkut aftersales.

Honestly speaking, saya emang nunggu dan harap2 cemas ketika nanti HR-V muncul sih. tapi melihat spek HR-V RS e-hev Thailand yang downgrade dari versi Jepang, terutama di bagian headunit (yang harusnya sama kaya punya Civic yang baru launching di sini, tapi malah jadi kaya punya City) dan pengaturan AC yang jadi murahan banget digitalnya, bikin saya jadi waswas. Apalagi nanti takutnya HPM masih lebih pilih untuk kasih mesin 1.5 turbo dibandingkan hybrid karena bisa jadi mereka males invest hybrid di pabrik Karawang, toh mereka jualan mesin konvensional buat Brio masih paling cuan.

Saya ngidam banget hybrid karena dipastikan bakalan jauh lebih irit bagi saya yang bakal pake dalam kota aja... dan ga ribet2 charging layaknya Kona electric (karena tinggal di apartemen juga ribet install charging point kan :mky_01: )
sebagai ex user cx5 2013 dan cx5 2018 saya setuju sm poin yg om bold. saya sendiri juga pernah mengalami. pas cx5 2013, saya SPK bulan maret 2013, mobil dateng pas april. tapi plat sementara ga kunjung datang sampe plat asli keluar pas bulan juni 2013nya, jadi selama 2 minggu saya gabisa make mobil itu karena gaada platnya, udh push ke salesnya tapi gaada respon, sampe2 habis kesabaran saya dan akhirnya memilih bikin plat sendiri aja dipinggir jalan :big_biglaugh: . sama pas SPK CX5 Elite 2018 dulu di GIIAS juga mirip2 kejadiannya. tapi bedanya, kan mobil dateng pas akhir agustus 2018, tapi plat asli dan STNK nya baru dateng pas Januari 2019, padahal salesnya janjiin pas oktober udh kelar. pas saya tagih, salesnya bilang lagi molor pas november, eh ternyata pas januari baru jadi :big_slap: . mana plat sementara pernah telat dikirim pula, pas bulan november 2018 lalu, alhasil bapak saya kena tilang deh di bundaran HI saat itu gara2 plat sementaranya udh expired, masih pake yg bawahnya bulan 10, abis itu, bapak saya ngomel2 ke salesnya baru besoknya dikirim plat sementaranya yg bulan november

cuma ya semua itu saya bisa maafin karena kualitas produknya yg bagus, terutama dari sisi desain, fitur, teknologi, driving feel, tarikan dan handling which is buat saya pribadi salah 1 yg terbaik dikelasnya + pelayanan beresnya juga memuaskan menurut saya, selama servis gaada keluhan yg aneh2 + durable. yg gen 1 2013 , sampe dijual di km 152 rb pas 2019 lalu ,gaada masalah yg aneh2, cuma servis rutin dan ganti oli doang. yg gen 2 2018, sampe dijual beberapa hari lalu di km 43 rb, juga gaada masalah yg aneh, part yg diganti cuma shock belakang kiri kanan doang, sisanya masih aman2 aja hehehe . cuma ya sayang juga, kalo brand image yg bagus dari mazda tidak diimbangi dengan aftersales terutama pengurusan administrasi yg baik
wah, thanks bgt om udah sharing sampe mendetail gini. sepertinya memang problem menahun ya masalah STNK ini di Mazda... kasian juga salesnya jadi perlu mikirin post-sales follow up gara2 masalah plat nomor ini terus2an. curiga memang dipersulit pihak berwenang buat brand ini dalam masalah pengurusan surat2 :big_dunno:

untuk poin kedua terkait ga ada keluhan aneh2 mungkin memang jadi tolok ukur bq yang bagus ya. jadi maintenance standar pun sudah cukup karena kualitas mobilnya pun udah ok. shock kaki2 kayanya standar ya, mengingat jalanan indo gradakan dan jarang banget yang bener2 mulus hehehe
susupanda
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: 13 Oct 2021, 15:34
Location: Jakarta

Re: 2021 Mazda CX-3 1.5L Sport

Post by susupanda »

Pboyz97 wrote: 06 Nov 2021, 23:22
susupanda wrote: 06 Nov 2021, 08:10

siap om, makasi banyak masukannya. iya saya memang nungguin HR-V baru tapi ya lagi2 tergantung nanti spek yang masuk ke sini dan harganya masuk akal atau enggak. saya ngidam banget e:hev karena paling cocok buat saya yang akan pakai di perkotaan aja buat ngejar irit tanpa ribet charging2, ga perlu mesin turbo2an resing RS, cukup yang subtle2 dan nyaman aja.

kalau nanti ZR-V baru yang sekelas Raize bisa lebih masuk akal dari sisi harga, kepraktisan, build quality, dan mesin irit sebagai daily beater, bukan tidak mungkin saya akhirnya pindah ke kelas itu hehehe.

congrats jg ya om AN CX5-nya udah kejual, cakep bgt kemaren saya baca review2nya lengkap eh tp udah keburu ada yang meminang duluan ya :mky_01:
thanks om. emg udh sold kebetulan cx5 saya hehehe

kalo HRV sih speknya feeling saya bakal jauh improve ya dibanding yg sekarang terutama dari sisi interior, fitur dan bqnya, paling harganya kisaran 380-500 kecil lah menurut pengamatan sotoy saya, harga segitu buat saya masih worth it lah apalagi hampir semua sektor terutama exterior interior sm fiturnya berubah banyak dibanding yg lama, saya sendiri juga naksir, cuma nanti aja deh gantinya, kalo HRV saya udh genap berusia 5 tahun pas 2023 nanti :big_biglaugh: , maklum , masih blm ada dana buat nomboknya :big_biglaugh:
exactly. asumsi saya juga ada di angka segitu dan yang HRV RS nanti mesti tepat itu penempatannya kalau2 sipik HB turbo masuk.

tapi masalah worth it... gatau ya saya masih sangsi sama Honda sekarang dengan harga naik drastis tapi fitur2 masih hobi banget disunat2in. Calon pembeli sekarang udah banyak dapat informasi sehingga bisa komparasi dan kalkulasi harga dibandingkan versi luar negeri. review2 HRV di luar negeri speknya bagus2 banget dan lengkap, begitu lihat versi HPM emang harus siap kecewa dan mengelus dada hahaha

siap om, mudah2an nanti pas HRV-nya udah 5 tahun langsung ganti yang lebih oke lagi lah. bisa jadi udah bukan market Honda lagi tapi udah naik kelas, aminnn :mky_02:
KielConstantine
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1278
Joined: 03 Jul 2013, 13:23
Location: Indonesia

Re: 2021 Mazda CX-3 1.5L Sport

Post by KielConstantine »

susupanda wrote: 07 Nov 2021, 07:31 wah, thanks bgt om udah sharing sampe mendetail gini. sepertinya memang problem menahun ya masalah STNK ini di Mazda... kasian juga salesnya jadi perlu mikirin post-sales follow up gara2 masalah plat nomor ini terus2an. curiga memang dipersulit pihak berwenang buat brand ini dalam masalah pengurusan surat2 :big_dunno:
Kalo begini ceritanya , beli Mazda enakan bekas aja .. STNK ud jadi dari pemilik tangan pertama; tinggal balik nama trus pake .

Ud gitu harga jatoh , produk bagus pula secara Allround. Siapin mental buat biaya servisnya aja buat operation cost .. itu jg murahlah kg segila pelihara european cars :upss:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2171
Joined: 05 Aug 2017, 19:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: 2021 Mazda CX-3 1.5L Sport

Post by josomba »

KielConstantine wrote: 07 Nov 2021, 10:21
Kalo begini ceritanya , beli Mazda enakan bekas aja .. STNK ud jadi dari pemilik tangan pertama; tinggal balik nama trus pake .

Ud gitu harga jatoh , produk bagus pula secara Allround. Siapin mental buat biaya servisnya aja buat operation cost .. itu jg murahlah kg segila pelihara european cars :upss:
Kalau masalah operational cost, ketika sudah "bebas" masa garansi malah murah mbah.

Jikalau ada perbaikan yg non-electronic/sensor related, ada merk 555 dan teman2nya yang dah siap menunggu. Mana merk aftermarket lebi durable ketimbang OEM lagi

:big_biglaugh:
Image
marvelio
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 63
Joined: 15 Feb 2021, 10:17
Daily Vehicle: SKYACTIV-G - 2GD-FTV - 2ZR-FE

Re: 2021 Mazda CX-3 1.5L Sport

Post by marvelio »

KielConstantine wrote: 07 Nov 2021, 10:21
susupanda wrote: 07 Nov 2021, 07:31 wah, thanks bgt om udah sharing sampe mendetail gini. sepertinya memang problem menahun ya masalah STNK ini di Mazda... kasian juga salesnya jadi perlu mikirin post-sales follow up gara2 masalah plat nomor ini terus2an. curiga memang dipersulit pihak berwenang buat brand ini dalam masalah pengurusan surat2 :big_dunno:
Kalo begini ceritanya , beli Mazda enakan bekas aja .. STNK ud jadi dari pemilik tangan pertama; tinggal balik nama trus pake .

Ud gitu harga jatoh , produk bagus pula secara Allround. Siapin mental buat biaya servisnya aja buat operation cost .. itu jg murahlah kg segila pelihara european cars :upss:
Btw om Kiel, saya sempet cek2 bbrp waktu lalu, Mazda bekas sekarang harganya termasuk cukup nahan lho nggak jatuh2 amat, meski tetep beda ya selisih dibanding merk H tegak dan T bekas. Not bad, bahkan Mazda 2 2016 aja pasarannya masih di 190 an :big_think:

Saya anggep cukup nahan harga segitu karena dah pernah jual merk W yang 1,5 tahun dipake depresiasinya 100 juta :big_biglaugh:
susupanda
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: 13 Oct 2021, 15:34
Location: Jakarta

Re: 2021 Mazda CX-3 1.5L Sport

Post by susupanda »

KielConstantine wrote: 07 Nov 2021, 10:21
susupanda wrote: 07 Nov 2021, 07:31 wah, thanks bgt om udah sharing sampe mendetail gini. sepertinya memang problem menahun ya masalah STNK ini di Mazda... kasian juga salesnya jadi perlu mikirin post-sales follow up gara2 masalah plat nomor ini terus2an. curiga memang dipersulit pihak berwenang buat brand ini dalam masalah pengurusan surat2 :big_dunno:
Kalo begini ceritanya , beli Mazda enakan bekas aja .. STNK ud jadi dari pemilik tangan pertama; tinggal balik nama trus pake .

Ud gitu harga jatoh , produk bagus pula secara Allround. Siapin mental buat biaya servisnya aja buat operation cost .. itu jg murahlah kg segila pelihara european cars :upss:
kebetulan dua teman dan satu sepupu saya ambil m2 sky bekas (masing2 2015, 2016, dan 2017) semuanya trouble di kaki2, kelistrikan, RPM turun dan kadang ngeden2... saya jadi agak ragu juga kalau ikut ambil bekasan tapi kondisinya bikin pusing berikutnya :big_dunno:

cost of time (+money +effort) buat saya lebih ngerugiin dibandingkan harga murah di awal. apalagi rugi waktu itu ga bisa didapatkan lagi penggantinya om hehehe. tambahan harga untuk dapat peace of mind dari kondisi mobil baru (yang secara harusnya jauh bebas problem) buat saya pribadi lebih makes sense om :mky_01:
Post Reply