josomba wrote: ↑Tue May 25, 2021 3:20
Belum lama ini, abis bahas sesama pengguna mazda 2 juga terkait rpm drop
viewtopic.php?p=1172735#p1172735
TLDR: Busi bawaan mazda PE5R-18-110 alias ngk ilkar7l11 ini cepet berubah gap-nya. Sekalinya gap dah 1.2mm ke atas, mulai deh tuh ndut2an or rpm drop muncul. Kalau buat langkah awal sih, dicek aja gap-nya kalau dah >1.1mm dipas2in ke 1.05-1.1mm. Tapi kalau malas cek2 busi, mending ganti skalian bosch vr7niiix yg double iridium biar ga cepet berubah bentuk ntuh ground electrode-nya.
Kalau masalah2 lain sila explore2 saja threadnya um ... yg jelas rack end - tie rod end - bearing shock cepet tewas .... kalau suatu saat dah klatak klutuk ganti pake merk 555 malah lebih awet (rack end - tie rod end). Untuk bearing shock juga setiap beberapa puluh ribu KM mending di-regrease ulang. Lalu sedari awal nih, rack steer digrease ulang pake grease bagusan biar awet. Bawaan pabrik dikit bener ntuh grease-nya.
Nice info om. Saya mau ubek-ubek info dulu deh, penasaran sama getarnya, meskipun ga terlalu mengganggu tapi aneh aja rasanya.
evolution21 wrote: ↑Tue May 25, 2021 5:36
agak mirip seperti gejala kekurangan oktan?
coba naikan spek bbm nya?
Kok menurut saya engga ya om.. Kalau gejala kekurangan oktan biasanya ngelitik alias nyendat pas jalan, ini pas idle RPM drop dikit 1 detikan. Karena saya pun udah pake Pertamax 92 selalu, yg mana harusnya cukup.
Somehow saya lebih curiga gara-gara busi atau sesuatu di ruang pembakaran yg kurang pas, seperti yg disampaikan om josomba
fajarrian wrote: ↑Tue May 25, 2021 6:29
Nice review om, Emang terlahir untuk ganteng
ga usah di apa2in udah ganteng maksimal
Saya malah bingung loh om kalo disuruh apa2in Mazda, kayaknya jadi norak kalau Mazda dimodif macem-macem, agak ricer jadinya
Bahasa desainnya bukan racing-racingan macam brand jepang lain sih memang..
r7g0 wrote: ↑Tue May 25, 2021 2:08
Posisi nyetir lbh enak mana dibanding Altis 2015 om?
Posisi nyetir jelas enakan CX-3 om. Altis enak sih posisi nyetirnya, cuma kehalang dashboardnya yang tegak jadi visibility kurang. Bisa dibilang driving positionnya nggak jauh beda sama Altis, bedanya CX-3 terasa lebih sporty pas duduk, efek beda desain dashboardnya.
Iriawans wrote: ↑Tue May 25, 2021 3:14
Tks infonya Om. bisa solve kah bunyi duk2-nya? 2 tahun lalu test drive dan hampir SPK Mazda 2 GT krn dapat diskon besar sampe selisih dgn Jazz RS dibawah 20jt. Rencana buat anak saya kuliah sehari2, setelah ditimbang2 dan baca2 forum akhirnya SPK Jazz karena worry ketersediaan body part (bukan spare part) yg harus nunggu 1-3 bulan.
Nah sekarang lagi galau pengen CX 3 1.5 ini
erwinign wrote: ↑Tue May 25, 2021 3:29
Belum sempet utak atik om saya. Jangan salah tangkap kl bunyi itu bukan bunyi spt kaki2 mobil ga sehat kaya tierod oblak om. Dr pendapat itu saya makanya ga gitu mikirin sih, krn duk2nya itu kedengeran tp msh terhitung halus aja dan kedengeran pas jarang2 aja di mazda saya.
Ah soal part sih scr longterm sama aja om antara honda sama mazda kl sama2 di beres, saya di rumah masih pake crv RE itu beberapa kali sein spion kena, pernah juga reflektor belakang kena sebiji itu indennya juga lama banget. Sein spion pernah sampe 4 bulan, reflektor yg sepele itu aja 6 bulan br dateng sampe lupa
Justru skrg kl saya nilai sih antara dealer mazda sama honda di kota saya buat inden2an masih lebih jelas kepastiannya di mazda om
erwinign wrote: ↑Tue May 25, 2021 8:37
Minimal sih estimasi datengnya jelas om, lah kalo honda apalg di kota saya dan indennya unt produk diskontinu kaya CRV saya sih...... udah gt PT dealernya beda2 lg. Males udah
Untungnya mazda di kota saya walaupun cm 1 dealer sih tapi sangat ok servisnya om, pemahaman SA dan mekaniknya bagus.
Tp ya konyol aja sih kadang part2 sepele ngga ready mereka om, kaya karet wiper apalg yg udah model2 skyactiv selain mazda2. Untung di tokped ada yg jual karet wiper NWB ori yg substitusi buat wiper blade OEM mazda. Di mazda 2 lama saya dulu wiper depan mau ganti, coba ke mazda diberinya merk wealthy, lewat 3 bulan besinya bengkok. Saya substitusi beli wiper blade yaris bakpao di toyota krn panjangnya sama persis dan solved, terus merknya NWB ori. Dulu pernah juga ganti karet wiper belakang ya inden, tp yaudh lah saya jg pake rear wiper jarang jd ga masalah selama datengnya jelas kapan
Jujur sy kalo pilih CUV sekarang sih saya merem CX3 1.5 juga om, krn CBU jepangnya dan mesin masih NA
Setuju sama bro erwinign. Om Iriawans kalau lihat service dealer Honda di kota kami pasti akan geleng-geleng. Jangankan slow moving parts, shock breaker CRV tahun 2014 aja inden bisa 3-6 bulan sendiri baru ada kejelasan om. Saya tebak sih memang bener karena perusahaannya berdiri sendiri-sendiri, nggak dalam 1 grup. Mahal, iya mahal juga. Service bagus? Nggak juga.
Nah yang makin meyakinkan saya buat ambil Mazda karena udah kenal sama kepala bengkelnya duluan sih. Kepala bengkelnya bekas kepala bengkel Ford, beliau yang biasa urus Ford Fiesta saya sejak 2012 sampai 2019. Jadi udah aman banget aftersales sama beliau, malah lebih suportif ke konsumen daripada sales yang jualin saya kemarin. Dealer Mazda memang cuma 1 di kota saya, tapi servicenya sejauh ini excellent, kebetulan banyak kenal dengan management dealernya jadi dengar banyak cerita juga dan meyakinkan kok soal supply spare parts dan body parts.
Oh, khusus di Semarang sih mereka biasanya recommend body repair rekanan dengan Titanium, yang katanya salah satu yang terbaik di Semarang. Dengan alasan-alasan itu saya lebih merasa nyaman ketika harus servis Mazda daripada servis Honda. Lagi-lagi, kalau belum experiencing sendiri emang suka skeptis gara-gara omongan orang om. Pas mengalami sendiri baru kerasa perbandingan aftersales service antar beberapa merk.
IMHO, pelayanan dealer Honda di sini kalah sama pelayanan dealer Wuling
Kalo om Iriawans mau berpaling ke CX-3, cocok kok om menurut saya. Aftersales Mazda bisa diandalkan, cuma siap-siap aja jadi bete kalo nyetir Honda lagi, soalnya jadi kerasa bising di jalanan dan agak 'kopong' rasanya pas bawa, sekalipun itu CR-V.. Karena kebiasa nyetir Mazda yg rasanya solid banget pas dibawa jalan.
Pboyz97 wrote: ↑Tue May 25, 2021 7:32
nice review om, cx3 ini emg worth it buat dimiliki kalo ga mikirin merk dan akomodasi. mobilnya punya driving feel, fitur, handling, peforma, BQ, road noise, teknologi dan konsumsi bbm yg terbaik dikelasnya. minusnya cuma di row 2, bagasi dan storage yg ga sebanyak dan seluas lawan2 dikelasnya
vinzo wrote: ↑Tue May 25, 2021 4:03
Awal april kemarin sempat test drive cx3 yang 1.5L.
Pertama duduk feelnya berasa aneh, rendah sekali. Mungkin karena kendaraan yang dipakai sehari-hari ANKI reborn.
Namun setelah keluar kompleks ternyata berbeda jauh feelnya,
Benar ini mobil mudah dan enak dikendalikan.
Sistem pengeremannya enak, terukur sehingga selesai
Test drive baru sadar ga perlu adaptasi buat rem kendaraannya.
Diinjek sedikit rem pelan, diinjek dalam mobil melambat tapi ga bikin kaget, beda dengan Anki reborn
Selain itu pengendaraan halus dan kabin senyap, dengsn interior dan tombol2 yang berkesan mewah
Sayang sekali karena akomodasi belakang dan ukuran bagasi akhirnya ga jadi ambil, istri menolak mentah-mentah. Repot katanya kalau keluar kota
Bener om, saya pun setuju kok akomodasi belakang dan ukuran bagasi CX-3 ini terbatas. Justru storage dan cup holder di dalam kabin cukup berlimpah dan fleksibel.
Nah, berhubung saya juga ada ANKI Reborn Diesel di rumah, cerita om vinzo persis banget
Ngerem ANKI Reborn kalo gapake perasaan bisa bikin muntah-muntah hahahaha
Feel duduk kalo terbiasa tinggi memang aneh sih
Tapi harusnya ga jadi masalah om kalo sudah ada ANKI dan CX-3 nya mau jadi mobil kedua, ke luar kotanya bisa naik ANKI hehehe
Seperti yang saya lakukan, CX-3 buat daily use sendirian
Kalo rame-rame dan bawa barang baru pake ANKI
KielConstantine wrote: ↑Tue May 25, 2021 6:09
Congrats om CX-3 barunya
Nice review jg
Ini brand Mazda jg masuk radar ane sih.. selain si Lexus... Buat gantiin E90 si tukang ngambek ... wkwkwk
Ud sempet diskusi sama montir bengkel langganan. Sparepart slowmoving lumayan gampang. Tinggal order aja, 1 sampe 2 minggu nyampe. Harga so so lah agak diatas honda dikit. Yg penting jepang daya tahan kuat, panjang umur. Longevity...
Thank you ooom
Yah kalo udah pake E90 dan ngincernya Lexus, emang cocoknya 2nd optionnya jangan Honda om
Reliability belum tau sih bakal gimana ke depannya, ya mungkin jelas menang Honda kalo soal awet-awetan, meskipun Honda di rumah saya ga awet-awet banget kaki-kakinya hehehe