Update penggunaan selama 6 bulan. Masih serba 'from-home' jadi ga jalan terlalu banyak, sampai hari hari ini baru jalan 3000an KM. Kemarin sudah servis 6 bulan.
- STNK ga ada kejelasan, dari sales info faktur udah jadi, sempat problem di polda, lalu difollow up lagi katanya terhambat di samsat, dan masih banyak la-la-la lainnya. Terakhir kemarin dari sales kirim info bahwa TPT dan surat impor dari Kemenperin dan Kemendag sudah terbit (nah tiba2 kesebut masalah TPT yg sebelumnya ga pernah disebut). Thank God saya dihandle sales ini yg supportif sekali dan mau nurutin urus surat jalan setiap bulan (sales yg urus pembelian mobil saya lepas tangan urusan STNK dan sangat tidak professional, saya contact sales lain yg saya kenal utk bantu handle segala sesuatu yg saya butuhkan). Pusingnya ya ini mobil belum bisa keluar JaTeng. Geseran dikit ke Jogja harap-harap cemas biar ga sampe disetopin polisi iseng utk cek surat.
- Selama 6 bulan saya cekokin Pertamax 92, makin lama makin kerasa kelemahan yg agak nyebelin yaitu tenaga dan torsi di RPM rendahnya (below 2000) letoy banget. Buat nyelip kendaraan depan di jalan yg datar pasti downshift dulu dan main di RPM 2000 an baru ada tenaganya yg sangat ngejambak itu. Jadi pengen remap
Karena sebenarnya tenaganya ada tapi power band nya tidak selebar itu. Akhirnya hari ini saya cobain pake Pertamax Turbo yg harganya sekarang cukup gila untuk ukuran saya. Surprisingly setelah jalan 50an KM berasa sedikit terbantu, ketika di RPM tinggi mesin lebih halus, putaran bawahnya sedikit lebih enak buat nyodok-nyodok.
- Apple CarPlay mulai bulan ke-3 entah kenapa sering putus dan susah koneknya lagi. Kemarin servis ke BeRes belum ada solusi.
- Gejala rpm drop getar geli geli kecil saat idle di lampu merah hilang setelah servis. Efek Carb Clean?
Beberapa dokumentasi servis ke-2 di BeRes Mazda Semarang kemarin. Ini pertama kalinya saya main ke BeRes karena servis pertama KaBeng nya main ke rumah sekalian berangkat kerja diservisin.
Menu Servis
Ruang tunggunya nyaman dan dingin, yg paling penting bersih dan pelayanannya mantap. Sayang wifi di ruang tunggu pas-pasan speednya, padahal sinyal Tsel di dalam cukup jelek.
Service Bay. Mekaniknya ramah dan ga jutek kalo diliatin seperti beberapa mekanik merk lain hehehe
Nyempetin ngolong karena penasaran sama kolongnya
Break-in oil alias oli fabriek setelah dipakai 6 bulan udah kentel banget dan hitam meski baru 2900an KM. Menurut saya terlalu lama harus nunggu 6 bulan untuk drain oli fabriek, 6 bulan jalan masih kecampur gram-gram dari mesin pertama nyala. Memang sebelum servis udah kerasa ga seenak pertama tarikannya. Olinya pakai Mazda Genuine Oil 0W-20 yg sudah API SN.
Kondisi brake disc setelah 6 bulan pemakaian, terlihat sedikit lecet lalu dibersihkan dan diamplas oleh mekanik.
Bagian ini apakah memang semua mobil gampang karatan? Di ANKI saya juga kejadian persis seperti ini, velgnya udah keren tapi tengahnya karatan. Padahal kotor lgsg cuci kotor lgsg cuci. Tetep karatan.
Shock belakang, meski mobil CBU Japan tapi part banyak juga yg buatan Thailand.
Spot paling PeWe utk nunggu servis karena kursinya enak dan AC nya dingin. Bisa ngecharge juga. Terpenting: BERSIH!
Nah untuk menjawab kebutuhan netizen dan warga SM tentang biaya servis, servis yg kali ini masih free jasa sehingga nggak menyentuh angka 1 juta rupiah, dan masih kena diskon sekitar 50 rebu. Dapat free cuci yang meskipun ga detail banget bersihnya tapi cara cucinya proper. Pakai Microfiber bagus dan diblow airnya sampai tetes terakhir. Good job Mazda Semarang.
Estimasi servis selanjutnya 2 juta rupiah. Jasa servisnya 700 rb sendiri
BTW, denger2 customer yg pesen after launching belum ada yg nyampe barangnya sampe skrg