Kia Seltos 2020, 8 month Review
Posted: Tue May 25, 2021 5:55
Setelah 8 bulan sepertinya sudah saatnya ngereview mobil ini. Selamat menikmati.
Alasan Beli:
Ada dana 350jt. Yg masuk pilihan hrv 1.5 atau cx3 atau expander cross dan seltos.
Hrv dites yg 1.8 di dalam komplek aja suara bannya ga bgt. Secara tampang juga ga masuk di kami.
Cx3 dites wah bagus dr luar. Pas masuk rasanya interiornya agak aging dikit, apalagi layar tengahnya masih kecil gt. Mesin dan kekedapan cocok padahal. Tp isu terbesar adalah pilar tengah dasbornya. Makan ruang kaki dan ga bisa nyaman rasanya bwt driver spec 170cm 100kg.
Expander cross di mata kami paling ganteng dr depan dan samping, belakang meh. Tp no unit TD dan dibawa salesnya expander biasa. Pas dites ya jadul sih ya. Tape kuno dan AT 4 speed. Skip deh.
Terakhir seltos. Tampang keren cuma cladding plastik kebanyakan. Interior best karena dapat full leather(palsu) dan layar audio gede, responsif dan bisa apple carplay android auto.
Akhirnya ambil seltos tipe exp karena memuaskan dari segala hal yg relevan bagi kami. Stnk jadi surprisingly cepet dan ga perlu perpanjang surat jalan.
Sedikit detail terkait eksterior...
Pas TD mobil ini, fokus pastinya ke bantingan suspensi, kenyamanan dan performa mesin jd lain2 blom sempat dicek. Tp setelah ownership yg terasa adalah:
1. Perlampuan yg sudah LED sgt memuaskan. Pas lwt tol ke jogja yg banyak jalan belum ada lampu, ga ada kesulitan sama sekali.
2. Ada sunroof[emoji16]
3. Velg kalo diliat liat kok keren juga. Padahal di foto rasanya 17 kecil.
4. Overall ini mobil ganteng dan secara ukuran pas. 4.3m ga kekecilan bwt target penumpang 3 orang.
Sedikit detail terkait interior...
Yg dirasakan setelah daily mobil ini adalah:
1. Seatnya nyaman dan bahan kulitnya meski kemungkinan fake ga panas.
2. Instrumen cluster yg colorful karena udah tft pkus head unit yg juga colorful rasanya pas aja.
3. Meski semua dashbor dan door trim plastik keras. Ga terlihat murahan, malah di depan penumpang deoan ada bling2 dikit. Tasteful.
4. Eh airbagnya banyak. Ada 7.
5. Mau setelan apa aja bisa. Doorlock setelah mobil jalan atau pas masuk D, bisa disetel. One touch turn indicator mau nyala 3 atau 5 bisa dipilih. Lampu mau auto bisa. Sirkulasi udara mau auto atau off bisa. Efek head unit yg terintegrasi, jadi setting mobil bisa difine tuning semau kita.
5. Ada cover bagasi, sayang permanen sih, bykan yg rollable atau bisa dilepas dan disimpan dibawah lantai bagasi.
6. Kamera mundur cukup hi res dan ada panduan belok.
Sedikit detail terkait suspensi dan kenyamanan...
Seltos mwnurut saya standar2 aja untuk kekerasan suspensi. Tidak empuk dan tidak keras. Tp kekurangan utama seltos ini adalah peredaman kabin, apalagi suara ban di 100 keatas dan perubahan tekstur aspal dr mulus ke rough. Suaranya bikin malu haha. Ajaib memang suara ban doang yg jelek. Suara lain kayak angin dll hampir ga ada. Sudah dimod dgn pasang peredam full body di 3jtan dan hasilnya improve jauh ya. Best mod ini. Next mungkin si ban goodyear triplemax dilungsurkan juga karena big no no dr segi noise.
Intinya suspensi ok, ga sekeras mazda cx3 atau mazda 2, tp tidak sebaik expander. Sama hrv mirip lah ya.
Sedikit detail terkait performa dan dual clutch gearbox...
Performa mobil ini imho adequate sekali. Respons transmisi pas cepatnya dan halus. Dibandingkan skyactiv mazda 2 yg cukup sering TS bawa, jauh lebih halus saat gearshift meski kecepatan naik ga beda2 jauh, tp kalo turun gigi lbh cepet.
Di attachment terlampir hasil 0-100 pk aplikasi android(jadi akurasi mungkin ga terlalu ok) 0-100 di 8 detik mode sport. Dites di tol kunciran, rasanya sedikit ada turunan tp ya boleh lah.
Mode2 drive ada efeknya, tp TS naro di eco aja biar hemat. Terakhir, ada sedikit kepuasan abia bayar tol ban berdecit karena torsinya bikin senyum2, 140 hp 250nm.
Sedikit detail terkait fuel consumption...
Mobil ini di mid hemat, tp sepertinya overstated. Ada kali 1km/l deviasinya. Tp untuk 1400cc turbo sepertinya ok. Mayoritas dalkot (80%) di 1-12 atau 1-13(full to full). Sementara kalo mayoritas toll(95%) pas ke jogja taun lalu di 1:16 full to full. TS di toll main bejek aja sih di 120an rata2. Di dalam kota dicoba adem tp tetap susah lbh baik dr itu.
Kesimpulan, ok lah. Tidak terlalu henat atau boros. TS pakai Pertamax turbo aja murahnya banyak vs ron 95 yg lain.
Kesimpulan:
Pengen nyoba mobil turbo dgn fitur kekinian dgn cost under 350jt, saya rasa ini yg paking tepat. Perawatan relatif nurah karena baru, paling oli yg spek api sn+ atau api sp aja dan ganti filter2 saat waktunya. Kalo bosan ntar semoga ada tuning/remap yg bisa jadiin ini power mirip2 civic tp aman bwt dsgnya.
Comment, ada user seltos yg jual mobilnya karena upgrade ke palisade, beli 345jt jual 320jt katanya. Pemakaian under 6 bulan. Jadi kalo dijual ke orang yg minat, harga ga jatuh2 amat ya. Sekian dari TS[emoji3]
Key Spec Seltos:
- mesin 1.4 140 hp 250 nm
- transmisi dual clutch 7 speed dan 1 mundur
- minimum ron 91 di fuel filler cap
- panjang 4.3m
- versi tertinggi ada sunroof, airbag 7 dan headlamp full led. Interior juga udah fake leather.
- rekomendasi oli buntut 30 atau 20 kalo mau lbh baik Fuel consumption menurut manual book.
Alasan Beli:
Ada dana 350jt. Yg masuk pilihan hrv 1.5 atau cx3 atau expander cross dan seltos.
Hrv dites yg 1.8 di dalam komplek aja suara bannya ga bgt. Secara tampang juga ga masuk di kami.
Cx3 dites wah bagus dr luar. Pas masuk rasanya interiornya agak aging dikit, apalagi layar tengahnya masih kecil gt. Mesin dan kekedapan cocok padahal. Tp isu terbesar adalah pilar tengah dasbornya. Makan ruang kaki dan ga bisa nyaman rasanya bwt driver spec 170cm 100kg.
Expander cross di mata kami paling ganteng dr depan dan samping, belakang meh. Tp no unit TD dan dibawa salesnya expander biasa. Pas dites ya jadul sih ya. Tape kuno dan AT 4 speed. Skip deh.
Terakhir seltos. Tampang keren cuma cladding plastik kebanyakan. Interior best karena dapat full leather(palsu) dan layar audio gede, responsif dan bisa apple carplay android auto.
Akhirnya ambil seltos tipe exp karena memuaskan dari segala hal yg relevan bagi kami. Stnk jadi surprisingly cepet dan ga perlu perpanjang surat jalan.
Sedikit detail terkait eksterior...
Pas TD mobil ini, fokus pastinya ke bantingan suspensi, kenyamanan dan performa mesin jd lain2 blom sempat dicek. Tp setelah ownership yg terasa adalah:
1. Perlampuan yg sudah LED sgt memuaskan. Pas lwt tol ke jogja yg banyak jalan belum ada lampu, ga ada kesulitan sama sekali.
2. Ada sunroof[emoji16]
3. Velg kalo diliat liat kok keren juga. Padahal di foto rasanya 17 kecil.
4. Overall ini mobil ganteng dan secara ukuran pas. 4.3m ga kekecilan bwt target penumpang 3 orang.
Sedikit detail terkait interior...
Yg dirasakan setelah daily mobil ini adalah:
1. Seatnya nyaman dan bahan kulitnya meski kemungkinan fake ga panas.
2. Instrumen cluster yg colorful karena udah tft pkus head unit yg juga colorful rasanya pas aja.
3. Meski semua dashbor dan door trim plastik keras. Ga terlihat murahan, malah di depan penumpang deoan ada bling2 dikit. Tasteful.
4. Eh airbagnya banyak. Ada 7.
5. Mau setelan apa aja bisa. Doorlock setelah mobil jalan atau pas masuk D, bisa disetel. One touch turn indicator mau nyala 3 atau 5 bisa dipilih. Lampu mau auto bisa. Sirkulasi udara mau auto atau off bisa. Efek head unit yg terintegrasi, jadi setting mobil bisa difine tuning semau kita.
5. Ada cover bagasi, sayang permanen sih, bykan yg rollable atau bisa dilepas dan disimpan dibawah lantai bagasi.
6. Kamera mundur cukup hi res dan ada panduan belok.
Sedikit detail terkait suspensi dan kenyamanan...
Seltos mwnurut saya standar2 aja untuk kekerasan suspensi. Tidak empuk dan tidak keras. Tp kekurangan utama seltos ini adalah peredaman kabin, apalagi suara ban di 100 keatas dan perubahan tekstur aspal dr mulus ke rough. Suaranya bikin malu haha. Ajaib memang suara ban doang yg jelek. Suara lain kayak angin dll hampir ga ada. Sudah dimod dgn pasang peredam full body di 3jtan dan hasilnya improve jauh ya. Best mod ini. Next mungkin si ban goodyear triplemax dilungsurkan juga karena big no no dr segi noise.
Intinya suspensi ok, ga sekeras mazda cx3 atau mazda 2, tp tidak sebaik expander. Sama hrv mirip lah ya.
Sedikit detail terkait performa dan dual clutch gearbox...
Performa mobil ini imho adequate sekali. Respons transmisi pas cepatnya dan halus. Dibandingkan skyactiv mazda 2 yg cukup sering TS bawa, jauh lebih halus saat gearshift meski kecepatan naik ga beda2 jauh, tp kalo turun gigi lbh cepet.
Di attachment terlampir hasil 0-100 pk aplikasi android(jadi akurasi mungkin ga terlalu ok) 0-100 di 8 detik mode sport. Dites di tol kunciran, rasanya sedikit ada turunan tp ya boleh lah.
Mode2 drive ada efeknya, tp TS naro di eco aja biar hemat. Terakhir, ada sedikit kepuasan abia bayar tol ban berdecit karena torsinya bikin senyum2, 140 hp 250nm.
Sedikit detail terkait fuel consumption...
Mobil ini di mid hemat, tp sepertinya overstated. Ada kali 1km/l deviasinya. Tp untuk 1400cc turbo sepertinya ok. Mayoritas dalkot (80%) di 1-12 atau 1-13(full to full). Sementara kalo mayoritas toll(95%) pas ke jogja taun lalu di 1:16 full to full. TS di toll main bejek aja sih di 120an rata2. Di dalam kota dicoba adem tp tetap susah lbh baik dr itu.
Kesimpulan, ok lah. Tidak terlalu henat atau boros. TS pakai Pertamax turbo aja murahnya banyak vs ron 95 yg lain.
Kesimpulan:
Pengen nyoba mobil turbo dgn fitur kekinian dgn cost under 350jt, saya rasa ini yg paking tepat. Perawatan relatif nurah karena baru, paling oli yg spek api sn+ atau api sp aja dan ganti filter2 saat waktunya. Kalo bosan ntar semoga ada tuning/remap yg bisa jadiin ini power mirip2 civic tp aman bwt dsgnya.
Comment, ada user seltos yg jual mobilnya karena upgrade ke palisade, beli 345jt jual 320jt katanya. Pemakaian under 6 bulan. Jadi kalo dijual ke orang yg minat, harga ga jatuh2 amat ya. Sekian dari TS[emoji3]
Key Spec Seltos:
- mesin 1.4 140 hp 250 nm
- transmisi dual clutch 7 speed dan 1 mundur
- minimum ron 91 di fuel filler cap
- panjang 4.3m
- versi tertinggi ada sunroof, airbag 7 dan headlamp full led. Interior juga udah fake leather.
- rekomendasi oli buntut 30 atau 20 kalo mau lbh baik Fuel consumption menurut manual book.