Review : 2021 Daihatsu Rocky 1.0T

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: F 272, b8099ok, ginting, FRD, artoodetoo, y_anjasrana

erwinign
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3394
Joined: 19 Apr 2014, 10:45
Location: SRG

Re: Review : 2021 Daihatsu Rocky 1.0T

Post by erwinign »

Tadi papasan sama raize GR biasa di jalan plat putih, menuju dealer dkt rumah.

Gile ya di tanjakan tarikannya boleh juga ini mobil, spt ngisi terus kl panteng rpm mayan tinggi
Don't Judge The Book By It's Cover
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3130
Joined: 09 Oct 2016, 22:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: HRV E CVT 2018

Re: Review : 2021 Daihatsu Rocky 1.0T

Post by Pboyz97 »

Nice review om, rocky ini memang cocok buat orang yg pengen mobil dengan desain yg menarik, fitur lengkap dan gc tinggi tapi harganya masih cukup terjangkau (under 300 jt) , dan menurut saya pribadi mobil ini cukup worth dikelasnya dan akan cukup laris di pasaran . Kebetulan udh pernah liat langsung yg raizenya, tipe GR biasa non TSS. Impresi saya cukup positif, sempet kepikiran buat tuker HRV 2018 saya sm mobil ini karena naksir sm safety sensenya, cuma karena posisi duduk row 2 nya yg terlalu tegak, no telescopic steering dan indennya yg cukup lama untuk tipe TSS nya , akhirnya saya memutuskan untuk mundur teratur. Tapi selain itu mobil ini worth kok buat dimiliki, terutama yg ingin naik kelas dari LCGC or city car atau yg dari hatchback atau small sedan, yg mau beli mobil dengan GC tinggi + harga yg cukup terjangkau (under 300 jt) , desain yg oke, fitur lengkap dan interior quality yg cukup baik dikelasnya



FR6 wrote: 31 May 2021, 14:14

kalo NVH HRV vs duo RR ini bagusan mana?
pengalaman pake HRV/City GM6/GK5 masih jauh lebih baik LMPV Sijuki atau Mitsu......................
Saya bantu jawab ya. Kebetulan saya user HRV 1.5 E CVT 2018 PFL dan udh pernah liat langsung unit yg raizenya di showroom, yg tipe GR biasa alias yg non TSS. Kalo NVH sih, bagusan duo RR ini ya + interior qualitynya entah kenapa mobil ini cukup solid dan bagus untuk ukuran mobil under 300 jt, lebih solid dibanding HRV saya sekarang , dan saya setuju dengan yg saya bold, NVH honda memang kurang sih, pengalaman dulu pake yaris bakpao, yaris joker, xpander dan GE8, dan sekarang pake HRV, NVH GE8 dan HRV yg paling berisik menurut saya, suara ban dan suara mesin cukup masuk kedalam kabin kalo lg dibawa ditol dan kecepatan diatas 100 KPJ, masih lebih kedap xpander dan yaris menurut saya dibanding jazz dan HRV
Past:
1NZFE 4AT/L15A 5AT/K24Z1 5AT/2.0 Skyactiv 6AT/4A91 4AT/2NRFE CVT/K3VE 5MT/1NRVE 5MT/2.5 SKYACTIV - G 6AT

Now:
1.5 VTEC Turbo CVT / L15Z1 CVT / 8AR-FTS 6AT
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3266
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Re: Review : 2021 Daihatsu Rocky 1.0T

Post by kunaskun »

erwinign wrote: 31 May 2021, 18:49 Tadi papasan sama raize GR biasa di jalan plat putih, menuju dealer dkt rumah.

Gile ya di tanjakan tarikannya boleh juga ini mobil, spt ngisi terus kl panteng rpm mayan tinggi
resep mobil modern. 3 silinder + turbo mini. low rpm kedorong karakter 3 silinder, rpm menengah ke atas dibantu turbo. :big_exellent:
apalagi kalau direct injection, lebih kenceng lagi. tapi ya perawatan bikin repot lah itu direct injection, pake bensin oktan tinggi aja rawan kerak di intake valve apalagi bbm low octane yg jadi andelan :big_biglaugh:
sanfip77
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 84
Joined: 06 Nov 2010, 06:54

Re: Review : 2021 Daihatsu Rocky 1.0T

Post by sanfip77 »

Malam semua, barusan sy iseng colok OBD2 ke Rocky kok nggak mau connect 😅, padahal di yaris bisa langsung connect dan muncul indikator engine nya. Jangan2 beda protocol lagi , bukan standar OBD2. 😞
OBD readernya beli di shopee biasa di pakai buat lihat ECT dan AT temperatur Voltage.
Apakah ada info protocol OBD dua kembar ini?
akbrn
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 338
Joined: 26 Sep 2017, 14:38

Re: Review : 2021 Daihatsu Rocky 1.0T

Post by akbrn »


sanfip77 wrote:Malam semua, barusan sy iseng colok OBD2 ke Rocky kok nggak mau connect Image, padahal di yaris bisa langsung connect dan muncul indikator engine nya. Jangan2 beda protocol lagi , bukan standar OBD2. Image
OBD readernya beli di shopee biasa di pakai buat lihat ECT dan AT temperatur Voltage.
Apakah ada info protocol OBD dua kembar ini?
Obd nya elm327?

Kl bener elm327 pake v2.1 / v1.5?

based on pengalaman, untuk elm327 yg bisa connect ke daihatsu pake v1.5

Kl ngga mau connect coba aplikasi obd reader yg lain. Yg paling gampang connect pake Torque versi pro. Googling aja torque pro apk
sanfip77
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 84
Joined: 06 Nov 2010, 06:54

Re: Review : 2021 Daihatsu Rocky 1.0T

Post by sanfip77 »

akbrn wrote: 11 Jul 2021, 21:13
sanfip77 wrote:Malam semua, barusan sy iseng colok OBD2 ke Rocky kok nggak mau connect Image, padahal di yaris bisa langsung connect dan muncul indikator engine nya. Jangan2 beda protocol lagi , bukan standar OBD2. Image
OBD readernya beli di shopee biasa di pakai buat lihat ECT dan AT temperatur Voltage.
Apakah ada info protocol OBD dua kembar ini?
Obd nya elm327?

Kl bener elm327 pake v2.1 / v1.5?

based on pengalaman, untuk elm327 yg bisa connect ke daihatsu pake v1.5

Kl ngga mau connect coba aplikasi obd reader yg lain. Yg paling gampang connect pake Torque versi pro. Googling aja torque pro apk
Saya pakai obd display langsung om, bukan pakai elm327, biasa pasang di yaris bakpao langsung connect, bentuknya kaya ini om
Attachments
8C24BDB7-F263-44CA-832E-BB3E7F6C6568.jpeg
8C24BDB7-F263-44CA-832E-BB3E7F6C6568.jpeg (92.14 KiB) Viewed 1276 times
Venturtle
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1603
Joined: 25 Jan 2017, 16:12

Re: Review : 2021 Daihatsu Rocky 1.0T

Post by Venturtle »

nice review, om :big_smile]
User avatar
satria120s
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 136
Joined: 04 Oct 2013, 11:17

Re: Review : 2021 Daihatsu Rocky 1.0T

Post by satria120s »

veyvez wrote: 27 May 2021, 23:07
Unit yang saya tes ini ga sengaja tesnya, karena saya lagi repaint mobil di daihatsu. taunya ada si Rocky ini, ya iseng aja buka2. sales yang udah hapal sama saya (tiap kamis/sabtu bolak balik bengkel nengok mobil) nawarin, mau nyoba ga. gasin deh hahaha. yang saya tes tipe 1.2 R ADS, yang tipe ASA ga dipajang (diumpetin) padahal harusnya ini yang dibuat unit td biar orang ngerasain asa nya.
veyvez wrote: 27 May 2021, 23:07 soal tarikan, mungkin banyak orang sini yang ragu ya mobil kecil begini cuma 1000cc. tapi selama saya tes sih mobil ini narik banget, ga sia-sia dikasih turbo padahal saya minuminnya pertalite. kasian mobil baru turun towing langsung saya kasi minum oktan 90 hahaha.
yg di-tes yg 1.0 Turbo atau yg 1.2 N/A Om?
Travellintas
Newbie
Newbie
Posts: 12
Joined: 04 Oct 2021, 10:39
Location: Pekanbaru
Daily Vehicle: Toyota raize

Re: Review : 2021 Daihatsu Rocky 1.0T

Post by Travellintas »

veyvez wrote: 27 May 2021, 23:07 Prolog

Ini salah satu mobil baru 2021 yang bikin saya kesengsem. Kembarannya sih, Raize TSS. Aslinya kalau Raize keluar yang TSS tanpa GR Sport yang gondrong itu, mau bungkus satu juga. Cuma karena hanya ada yang GR ya mikir2 lagi, karena nyopot bodykit belum tentu ga berbekas di body.

Unit yang saya tes ini ga sengaja tesnya, karena saya lagi repaint mobil di daihatsu. taunya ada si Rocky ini, ya iseng aja buka2. sales yang udah hapal sama saya (tiap kamis/sabtu bolak balik bengkel nengok mobil) nawarin, mau nyoba ga. gasin deh hahaha. yang saya tes tipe 1.2 R ADS, yang tipe ASA ga dipajang (diumpetin) padahal harusnya ini yang dibuat unit td biar orang ngerasain asa nya.

Exterior

563326.jpg

Ini mobil menurut saya lumayan keren. cuma yang tipe ads keramean banget, malah norak dan ga keliatan aura jdm nya. so a big no no, mending ambil asa yang polosan atau 1.2R standar aja. depannya beda total sama raize, grilnya gede dibanding raize yang airdamnya gede.

563323.jpg

lampu depannya udah LED. tapi belum ada auto high beam di asa dan sign nya juga bukan running kayak Raize GR. Foglamp standar, tapi drl kena sunat ADM. aneh padahal slotnya udah ada, mending nambah ini daripada kroman gaje ADS. tapi biarlah kayaknya selera orang indo gitu haha.

563324.jpg

sampingnya menurut saya standar, ga sekeren depannya tapi cukup oke lah. jendela belakang kayaknya terinspirasi rushter lama (be-go jdm). velg 17 inci, profil ban 205/60 R17 tipe ban Enasave atau Champiro Ecotec. 2 ban ini eco2an jadi kalo mau bagus ya harus ganti. Enasave pengalaman di Xpander Cross saya, standar banget. velgnya rocky ini lucu, ga se-sporty raize tapi tetep oke. oya, spion beda sama jdm, jadi kalo mau convert jdm jangan lupa beli spion. murah cuma 8000an jpy belum ongkir.

563316.jpg

belakangnya ngingetin sama mobil saya sendiri, Myvi. soalnya posisi handle bagasi sama hahaha. lampu belakang udah LED, saya rasa astra dai-toyo udah nemu resep buat LED depan belakang murah. Ayla aja udah LED. saya lupa ada sensor parkir apa ngga, tapi ada kamera mundur. emblem di belakang keramean. debadge jadi rapih, sisain rocky nya aja. bumper belakang lebih panjang dari jdm version, bibir bagasi juga jadi panjang. hati-hati kalo masukin barang. yang mau convert ke jdm, beli bumper belakang rasanya ga essential karena bentukannya sama, beda panjang aja. harga bumper belakang kalo mau masukin around 12000jpy belum sama ongkir.

Interior

563318.jpg

nah, ini bagian yang menurut saya paling worth it dari rocky (selain pengendaraannya, nanti di bawah). soal bahan emang ga bisa berharap banyak, plastikan semua namanya juga mobil 200 jutaan. even doortrim belakang polosan karena ga ada fabricnya.

563321.jpg

cuma fit and finish lumayan, rapih dan panel gap rata. yang paling disayangkan nomer satu : steer ga kulit. cmon lah, even sirion aja udah kulit. steer Raize GR udah kulit dan kulitnya lumayan bagus, ga sejelek kulit sienta atau VRZ pre fl.

563319.jpg

paling disayangkan nomor 2 : panel acnya jelek. mungkin kalo dari jdmnya kayak gini, mata saya terbiasa aja. tapi karena yang jdmnya digital dan bagus (raize gr punya) jadi ini kesannya murahan banget. padahal Myvi saya gini juga sih hehe.

Selain 2 itu saya no problem. speedometer digitalnya bagus sekali dan berasa premium, ga kayak Sonet yang masih ada meteran analognya atau Magnite yang warnanya nyolok mata. ada 4 tema, masing2 opening dan closingnya beda. ngga penting-penting amat buat saya, tapi it's nice to have. audio standar, bisa apple car play dan android auto. Raize juga punya ini tapi update sendiri di bengkel resmi. tipe ADS punya subwoofer tapi buat saya suaranya biasa aja.

563320.jpg

ac ventnya lucu, ada orange-orange nya gitu kayak versi jdm. Raize polosan item aja, laci bawah shifter juga polosan, kalo Rocky orange. ada cupholdernya juga, bisa dibilang practical lah ini mobil.

duduk belakangnya surprisingly lumayan lega, meskipun pas buka pintu belakang agak kerasa murah karena enteng. tapi bukaannya lebar dan atap kotak jadi masuk ga ribet. di belakang lega tapi ngga ada armrest, wajar lah sekelas ini. joknya juga enak ga berasa murahan atau kaku. bagasi lega juga, karpet bisa dilevelin jadi bisa rata bibir atau bawa barang tinggi. ada tonneau covernya juga tapi ga bisa taruh barang (kalo saya plat nomor/kotak tisu) karena cuma kain tipis.

oya, dasbor depan beda dengan versi jdm karena a. panel ac beda dan b. versi jdm ada vent ke kaca depan buat defroster. jadi buat jdm die-hard, kalau mau convert harus ganti dasbor segelondong. kena berapa? kemarin saya jual 25jt se panel ac nya bonus pasang tapi ga ada yang mau, jadi ga saya masukin hahaha.

Driving impression

563322.jpg

masuk ke dalem, pintu depan rada berat jadi feel premiumnya lumayan dapet. kebalikan dengan pintu belakang yang keringanan. pas ditutup juga mantep, blep gitu ga kaya ayla/xenia yang brak hahaha. nah ini joknya saya suka, suportif dan ergonomis buat orang (headrest xenia/terios kependekan buat saya). bahannya fabric bercorak, lebih bagus dari Myvi saya. saya prefer ini dibanding raize gr yang kulit2an. posisi nyetir oke, sayang steer ga bisa telescopic, tapi buat saya udah lumayan. kalau lebih tinggi dari saya (170cm) mungkin butuh telescopic.

bentuk kuncinya lucu, tombol cuma satu di bawah buat unlock. tapi ternyata emblem d nya bisa dipencet buat lock. Toyota Veloz dan kembaran Dai-nya yang DNGA akan pakai kunci dan setir Rocky/Raize.

begitu dinyalain, getaran khas 3 silinder minim, suara juga minim masuk ke interior. salut buat ini, NVH nya ga disunat. pas jalan, langsung kerasa kok setirnya ringan amat. saya pikir bisa disetel, tapi ngutak atik mobil setengah jam ngga nemu juga. emang karakternya mobil kota mungkin.

555085.jpg

saya isi bensin dulu buat jalan-jalan, karen pas kunci dikasih ke saya bensin 0 dan mileage baru belasan. saya bawa jalan sampai 30-40an, lumayan jauh. isi bensin pertalite gocap, sekalian ngetes ngelitik apa nggak nih mobil turbo. surprisingly, saya bawa jalan jauh dan beberapa kali bejek dan masukin mode manual, ngga ada ngelitik sama sekali. mungkin ini pakai 88 juga ga masalah kali ya, udah disetel ADM/TAM biar nenggak bensin apapun yang ada di daerah2.

urusan handling, bisa dibilang Rocky ini lumayan, ditekuk-tekuk masih nurut dan gerakan bodynya ngga lebay. ini karena DNGA nya mungkin. satu yang bikin ngga pede ngebut dengan Rocky ini ya yang tadi, setirnya ringan banget dan ngga ada feedback ke jalan. sayang juga padahal sasisnya lumayan enak.

handling lumayan, comfort juga lumayan. at least ga gedubrakan kalau lewat poldur. jauh lebih soft sih Rocky ini dari Myvi saya yang keras. bolehlah perpaduannya, handling dapet comfort dapet.

soal tarikan, mungkin banyak orang sini yang ragu ya mobil kecil begini cuma 1000cc. tapi selama saya tes sih mobil ini narik banget, ga sia-sia dikasih turbo padahal saya minuminnya pertalite. kasian mobil baru turun towing langsung saya kasi minum oktan 90 hahaha.

cvtnya ga lemot, kalo ngegerung sih pasti. lumayan pas outputnya dan respon cvtnya. cuma denger-denger d-cvt ini cuma kuat dipush sampai 130 hp, lebih dari itu resiko koitnya gede. jadi yaa hati-hati aja yang mau remap dan tune. asik sih segede gini 130 hp, kasih ban bagusan cukup. ini aja 98hp approx. 10-11 detik 0-100nya kalau dari perasaan saya. top speed ga berani coba, mobil tes baru puluhan km masa udah dibejek abis. di youtube ada yang tembus 180. ngeri sih karena setirnya ringan.

Conclusion

Apa saya bakal beli? gatau, masih mikir-mikir karena Raize GR harus copot bodykit. interiornya saya juga ga suka kulit2an. Rocky ASA panel ACnya murahan dan ASA nya ngga lengkap. saya kebanyakan mau ya hahaha.

Tapi kalau udah nemu jalannya, boleh juga buat gantiin CR-V daripada nunggu duitnya ngumpul beli F30/G20. Asal baru aja, karena ga sanggup ngempanin 2 mobil yang minta jajan (crv jajan usia, genio jajan restore).

Menurut saya ini cocok banget buat yang mau naik kelas dari LCGC ngerasain mobil bagusan, atau yang kebiasa naik mobil kelas jauh di atasnya tapi kepengen mobil daily yang ga sayang kalau blusukan, dan ga mau kerasa murahan banget. Temen saya ada 2 orang beli Raize GR, mereka biasanya daily W211 dan W212 tapi beli Raize buat daily ke kantor biar ga sayang kalo kebaret/ketabrak di jalan. Atau yang biasa naik HRV dan kawan-kawan, naik ini ga berasa downgrade kok.

Thanks!
Kalau impresi saya standar aja udh cukup apa lgii torsinya gede 140nm , pernah ada liat juga project raize mesinnya upgrade ampe 150hp dan torsinya gk nahan sih 190an hanpis 200 dengan body begini dirasa sudah terlalu cukup apa lgi yang upgrade 130 hp dan torsinya berkisar 160 -170an udh pasti ngeri2 sedap kalau di bawa kencang :big_comfort: :big_childish: :big_childish:
KielConstantine
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1278
Joined: 03 Jul 2013, 13:23
Location: Indonesia

Re: Review : 2021 Daihatsu Rocky 1.0T

Post by KielConstantine »

satria120s wrote: 30 Jul 2021, 18:37
veyvez wrote: 27 May 2021, 23:07
Unit yang saya tes ini ga sengaja tesnya, karena saya lagi repaint mobil di daihatsu. taunya ada si Rocky ini, ya iseng aja buka2. sales yang udah hapal sama saya (tiap kamis/sabtu bolak balik bengkel nengok mobil) nawarin, mau nyoba ga. gasin deh hahaha. yang saya tes tipe 1.2 R ADS, yang tipe ASA ga dipajang (diumpetin) padahal harusnya ini yang dibuat unit td biar orang ngerasain asa nya.
veyvez wrote: 27 May 2021, 23:07 soal tarikan, mungkin banyak orang sini yang ragu ya mobil kecil begini cuma 1000cc. tapi selama saya tes sih mobil ini narik banget, ga sia-sia dikasih turbo padahal saya minuminnya pertalite. kasian mobil baru turun towing langsung saya kasi minum oktan 90 hahaha.
yg di-tes yg 1.0 Turbo atau yg 1.2 N/A Om?
Kita kembali lagi didalam acara silet …. Investigasi :big_biglaugh:

Apakah Rocky/Raize bisa lari 200kph seperti city hatchback RS..

Image
:big_biglaugh: :big_biglaugh:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
Zaxis
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 788
Joined: 07 Dec 2016, 16:34

Re: Review : 2021 Daihatsu Rocky 1.0T

Post by Zaxis »

Bawa 120 aja uda kaya ngelayang

Bawa 200 nti bisa take off beneran
gundamrx78
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: 25 Oct 2021, 11:56

Re: Review : 2021 Daihatsu Rocky 1.0T

Post by gundamrx78 »

Saya sempat bawa di 170++, harusnya sih bisa sampai 180an ya karena belum mentok pedal. Cuma ga berani aja karena udah beneran melayang.

Btw sampai 140an masih cukup stabil lho. Saya test di tol arah Tangerang kemarin yg sedikit bumpy juga surprisingly masih oke.
Travellintas
Newbie
Newbie
Posts: 12
Joined: 04 Oct 2021, 10:39
Location: Pekanbaru
Daily Vehicle: Toyota raize

Re: Review : 2021 Daihatsu Rocky 1.0T

Post by Travellintas »

gundamrx78 wrote: 25 Oct 2021, 12:05 Saya sempat bawa di 170++, harusnya sih bisa sampai 180an ya karena belum mentok pedal. Cuma ga berani aja karena udah beneran melayang.

Btw sampai 140an masih cukup stabil lho. Saya test di tol arah Tangerang kemarin yg sedikit bumpy juga surprisingly masih oke.
Suspensinya menurut saya terlalu empuk om , mungkin klo city hb lebih firm dan juga gk setinggi raize , apa lgi ban raize termasuk unik juga 205/60r17 saran gantinya ke 215/55r17 biar enak
Post Reply