Ownership Review : Alphard 2.4 ASG 2007 (2021), The Compromise JDM Van

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

vincewonk
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 618
Joined: Wed Dec 26, 2007 19:33
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Gojek

Re: Ownership Review : Alphard 2.4 ASG 2007 (2021), The Compromise JDM Van

Post by vincewonk »

Agak oot dikit. Yg paling signifikan buat butt o meter saya sih dr ah20 gen 2 ke gen yg skrg ada ini, itu justru rear suspensionnya. Yg skrg ride qualitynya jauh lebih plush dan compliant aja. Entah dimana bedanya.

Kebetulan lumayan sering pake silverbirdnya dan duduk ditengah.
impactful
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 446
Joined: Tue Jan 09, 2018 1:09
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2023 27 kWh powerbank on a wheel

Re: Ownership Review : Alphard 2.4 ASG 2007 (2021), The Compromise JDM Van

Post by impactful »

update setelah 4 bulan dan odometer nambah 2500 km an :

Mulai muncul problematika khas mobil tua, bukan karena tidak dirawat, tapi karena usia onderdil tentunya...

2 minggu yg lalu kena macet parah di pondok cabe, saya lihat indikator suhu naik sekitar 2 strip di bawah H, wah udah mau overheat nih, ditambah AC tiba2 nggak dingin...

Pas ada kesempatan menepi, saya sempatkan buka kap... wah, fan radiator mati...

Seninnya mumpung mobil masih bisa jalan saya bawa ke bengkel Toran AC / Pak Wahid di Ampera, sebelahan ama Milala Power Steering, taro mobil pagi, siang udah beres, DC kena 1,050 beresin 2 fan + bersih2 AC, garansi 3 bulan...

Sebulanan terakhir juga susah banget masuk D kalau mobil pas masih dingin, kalau udah panas normal2 aja, biasa saya pancing2 dulu ke R, balik D atau 3/2/1 baru bisa... lumayan ngeselin kalau lagi buru2...

Nanya2 dan browsing2 ketemu problem yg sama persis di serayamotor, postingannya om sanfip77 kalau ngga salah... saya ngga quote ya, bisa di googling, waktu itu problem beres di wanimatic dengan DC di bawah 15jt... (12 jutaan klo ga salah)

Sy nyari yg paling deket dari rumah ada Boss Matic di deket One Bell Park mall, DC antara 8-12jt garansi setaon...

Iseng nanya ke anak buah nyonya di kantor yg kebetulan hobby offroad, dia rekomen ke Jatiwarna, bengkelnya sih ga ada nama... cuma terkenalnya Pak Nana Matic di deket pom bensin shell yg arah Kranggan majuan lagi terus masuk2 gitu jalannya rada kecil...

Saya bawa ke sana, yg diganti seal seal matic yg udah mengeras sama plat kopling D nya...

DC kena 5,5 juta sahaja...2 hari udah beres... lumayan masih bisa saving banyak buat jaga2 kalau ada apa2... namanya juga motuba... hahaha...

Nanti kalau ada yg perlu ditambahkan akan saya update kembali...

Vellfire 2012 embah sebelah rumah saya baru masuk bengkel beresin kaki kaki abis 16jt... untuk urusan sparepart, Alphard 2007 jauh lebih murah karena beberapa parts sangat generik dengan Camry/Harrier dan banyak alternatif merknya...
1x1 XM 2023 | 1 Speed Direct Drive 26.7 kWh
satriakarisma
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 564
Joined: Thu Oct 13, 2016 4:34

Re: Ownership Review : Alphard 2.4 ASG 2007 (2021), The Compromise JDM Van

Post by satriakarisma »

impactful wrote: Sun Sep 26, 2021 11:45 update setelah 4 bulan dan odometer nambah 2500 km an :

Mulai muncul problematika khas mobil tua, bukan karena tidak dirawat, tapi karena usia onderdil tentunya...

2 minggu yg lalu kena macet parah di pondok cabe, saya lihat indikator suhu naik sekitar 2 strip di bawah H, wah udah mau overheat nih, ditambah AC tiba2 nggak dingin...

Pas ada kesempatan menepi, saya sempatkan buka kap... wah, fan radiator mati...

Seninnya mumpung mobil masih bisa jalan saya bawa ke bengkel Toran AC / Pak Wahid di Ampera, sebelahan ama Milala Power Steering, taro mobil pagi, siang udah beres, DC kena 1,050 beresin 2 fan + bersih2 AC, garansi 3 bulan...

Sebulanan terakhir juga susah banget masuk D kalau mobil pas masih dingin, kalau udah panas normal2 aja, biasa saya pancing2 dulu ke R, balik D atau 3/2/1 baru bisa... lumayan ngeselin kalau lagi buru2...

Nanya2 dan browsing2 ketemu problem yg sama persis di serayamotor, postingannya om sanfip77 kalau ngga salah... saya ngga quote ya, bisa di googling, waktu itu problem beres di wanimatic dengan DC di bawah 15jt... (12 jutaan klo ga salah)

Sy nyari yg paling deket dari rumah ada Boss Matic di deket One Bell Park mall, DC antara 8-12jt garansi setaon...

Iseng nanya ke anak buah nyonya di kantor yg kebetulan hobby offroad, dia rekomen ke Jatiwarna, bengkelnya sih ga ada nama... cuma terkenalnya Pak Nana Matic di deket pom bensin shell yg arah Kranggan majuan lagi terus masuk2 gitu jalannya rada kecil...

Saya bawa ke sana, yg diganti seal seal matic yg udah mengeras sama plat kopling D nya...

DC kena 5,5 juta sahaja...2 hari udah beres... lumayan masih bisa saving banyak buat jaga2 kalau ada apa2... namanya juga motuba... hahaha...

Nanti kalau ada yg perlu ditambahkan akan saya update kembali...

Vellfire 2012 embah sebelah rumah saya baru masuk bengkel beresin kaki kaki abis 16jt... untuk urusan sparepart, Alphard 2007 jauh lebih murah karena beberapa parts sangat generik dengan Camry/Harrier dan banyak alternatif merknya...
Kok murah ya

mantab Om, update lagi ya kl ada :big_okay: :big_exellent:
impactful
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 446
Joined: Tue Jan 09, 2018 1:09
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2023 27 kWh powerbank on a wheel

Re: Ownership Review : Alphard 2.4 ASG 2007 (2021), The Compromise JDM Van

Post by impactful »

Update :
Beresin kaki kaki : Jantra lb.bulus (DC : 4,5jt)
Steering rack : Milala ampera (plus beresin kaki kaki juga krn kerjaan Jantra jujur aja kurang memuaskan) DC : 6,2jt

Beli Ban : darurat, pecah ban di Magelang, pas di desa nya, minta tolong tukang tambal ban nyariin, dapet Accelera Phi R di harga 875, ambil 2 pcs buat gantiin ban depan. Dapet produksi minggu 8/2022

Pulang ke Jakarta AC belakang mati, ganti werstand ori denso + bersihin blower (bongkar panel kanan belakang, turunin kursi kanan paling belakang), sekalian bersihin AC depan, kuras freon : DC : 1,5jt

Ganti ban lagi 2 pcs : Accelera PHI R 225/55/17 pindah ke belakang, depan saya kasih profil tipisan dikit : 2 pcs GT Radial Champiro HPY 225/50/17 , dapet produksi minggu 41/2021 kena 1,8an 2 pcs di OZ Tire Fatmawati transaksi via tokped dapet cashback 90ribuan, free balancing dll

Nambah spooring aja 250rb...

Ilang deh penyakit geter2 di atas 100 kpj, skrg juga mobil jadi lebih silent...

Semenjak pertamax naik, skrg isi pertalite aja + STP octane booster yg botol oren (60rb an), sekali isi fulltank biasa 450ribuan (56lt)

FC itung kasar 1:6,5-7 km/lt krn sy demen bejek selap selip kalau di tol, top speed ya pernah sampai 140an masih wuenak banget lah (sblm ada ETLE)
1x1 XM 2023 | 1 Speed Direct Drive 26.7 kWh
impactful
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 446
Joined: Tue Jan 09, 2018 1:09
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2023 27 kWh powerbank on a wheel

Re: Ownership Review : Alphard 2.4 ASG 2007 (2021), The Compromise JDM Van

Post by impactful »

vincewonk wrote: Fri Jun 25, 2021 22:00 Agak oot dikit. Yg paling signifikan buat butt o meter saya sih dr ah20 gen 2 ke gen yg skrg ada ini, itu justru rear suspensionnya. Yg skrg ride qualitynya jauh lebih plush dan compliant aja. Entah dimana bedanya.

Kebetulan lumayan sering pake silverbirdnya dan duduk ditengah.
Terakhir naek silverbird latest gen jarak deket doang sih ke dari rumah ke PIM, kok rasanya biasa aja ya, cenderung enakan naek ANH 10 saya pribadi... jangan jangan ada yg salah sama butt_o_meter saya... :big_chicken:
1x1 XM 2023 | 1 Speed Direct Drive 26.7 kWh
vincewonk
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 618
Joined: Wed Dec 26, 2007 19:33
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Gojek

Re: Ownership Review : Alphard 2.4 ASG 2007 (2021), The Compromise JDM Van

Post by vincewonk »

impactful wrote: Tue May 03, 2022 9:44
vincewonk wrote: Fri Jun 25, 2021 22:00 Agak oot dikit. Yg paling signifikan buat butt o meter saya sih dr ah20 gen 2 ke gen yg skrg ada ini, itu justru rear suspensionnya. Yg skrg ride qualitynya jauh lebih plush dan compliant aja. Entah dimana bedanya.

Kebetulan lumayan sering pake silverbirdnya dan duduk ditengah.
Terakhir naek silverbird latest gen jarak deket doang sih ke dari rumah ke PIM, kok rasanya biasa aja ya, cenderung enakan naek ANH 10 saya pribadi... jangan jangan ada yg salah sama butt_o_meter saya... :big_chicken:
soal empuk juaranya anh10 om. silverbird latest gen jujur memang ada cost cutting di perawatan. disamping itu juga sudah agak kaku dan profil bannya lebih tipis. kalau dapet yg udah hanti turanza t005 jg enak tuh.
maydhi09
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 87
Joined: Mon Jan 25, 2016 2:11

Re: Ownership Review : Alphard 2.4 ASG 2007 (2021), The Compromise JDM Van

Post by maydhi09 »

impactful wrote: Tue May 03, 2022 9:32 Update :
Beresin kaki kaki : Jantra lb.bulus (DC : 4,5jt)
Steering rack : Milala ampera (plus beresin kaki kaki juga krn kerjaan Jantra jujur aja kurang memuaskan) DC : 6,2jt

Beli Ban : darurat, pecah ban di Magelang, pas di desa nya, minta tolong tukang tambal ban nyariin, dapet Accelera Phi R di harga 875, ambil 2 pcs buat gantiin ban depan. Dapet produksi minggu 8/2022

Pulang ke Jakarta AC belakang mati, ganti werstand ori denso + bersihin blower (bongkar panel kanan belakang, turunin kursi kanan paling belakang), sekalian bersihin AC depan, kuras freon : DC : 1,5jt

Ganti ban lagi 2 pcs : Accelera PHI R 225/55/17 pindah ke belakang, depan saya kasih profil tipisan dikit : 2 pcs GT Radial Champiro HPY 225/50/17 , dapet produksi minggu 41/2021 kena 1,8an 2 pcs di OZ Tire Fatmawati transaksi via tokped dapet cashback 90ribuan, free balancing dll

Nambah spooring aja 250rb...

Ilang deh penyakit geter2 di atas 100 kpj, skrg juga mobil jadi lebih silent...

Semenjak pertamax naik, skrg isi pertalite aja + STP octane booster yg botol oren (60rb an), sekali isi fulltank biasa 450ribuan (56lt)

FC itung kasar 1:6,5-7 km/lt krn sy demen bejek selap selip kalau di tol, top speed ya pernah sampai 140an masih wuenak banget lah (sblm ada ETLE)
Halo om, milala lebih rekomen ya untuk racksteer di banding jantra lebak bulus?
Kebetulan lagi review 2 tmpt tsb untuk urusan rack steer di daerah jaksel, terima kasih
sherryandkez
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 306
Joined: Sun Mar 13, 2022 9:47
Daily Vehicle: AVV60 - AVV50 - MAGH10 - W220

Re: Ownership Review : Alphard 2.4 ASG 2007 (2021), The Compromise JDM Van

Post by sherryandkez »

vincewonk wrote: Tue May 03, 2022 18:19
impactful wrote: Tue May 03, 2022 9:44
vincewonk wrote: Fri Jun 25, 2021 22:00 Agak oot dikit. Yg paling signifikan buat butt o meter saya sih dr ah20 gen 2 ke gen yg skrg ada ini, itu justru rear suspensionnya. Yg skrg ride qualitynya jauh lebih plush dan compliant aja. Entah dimana bedanya.

Kebetulan lumayan sering pake silverbirdnya dan duduk ditengah.
Terakhir naek silverbird latest gen jarak deket doang sih ke dari rumah ke PIM, kok rasanya biasa aja ya, cenderung enakan naek ANH 10 saya pribadi... jangan jangan ada yg salah sama butt_o_meter saya... :big_chicken:
soal empuk juaranya anh10 om. silverbird latest gen jujur memang ada cost cutting di perawatan. disamping itu juga sudah agak kaku dan profil bannya lebih tipis. kalau dapet yg udah hanti turanza t005 jg enak tuh.
padahal yang belakangnya independent agh30 ya. bluebird group belakangan ga serapih dulu perawatannya, banyak yg kelewat dan standard dikurangin. liat aja tuh limo2 pada burem headlampnya sama penyok2. padahal dulu baret dikit aja ga boleh keluar pool :big_think:
“People say nothing is impossible, but I do nothing every day.”
—Winnie the Pooh
impactful
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 446
Joined: Tue Jan 09, 2018 1:09
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2023 27 kWh powerbank on a wheel

Re: Ownership Review : Alphard 2.4 ASG 2007 (2021), The Compromise JDM Van

Post by impactful »

maydhi09 wrote: Wed May 04, 2022 1:45
impactful wrote: Tue May 03, 2022 9:32 Update :
Beresin kaki kaki : Jantra lb.bulus (DC : 4,5jt)
Steering rack : Milala ampera (plus beresin kaki kaki juga krn kerjaan Jantra jujur aja kurang memuaskan) DC : 6,2jt

Beli Ban : darurat, pecah ban di Magelang, pas di desa nya, minta tolong tukang tambal ban nyariin, dapet Accelera Phi R di harga 875, ambil 2 pcs buat gantiin ban depan. Dapet produksi minggu 8/2022

Pulang ke Jakarta AC belakang mati, ganti werstand ori denso + bersihin blower (bongkar panel kanan belakang, turunin kursi kanan paling belakang), sekalian bersihin AC depan, kuras freon : DC : 1,5jt

Ganti ban lagi 2 pcs : Accelera PHI R 225/55/17 pindah ke belakang, depan saya kasih profil tipisan dikit : 2 pcs GT Radial Champiro HPY 225/50/17 , dapet produksi minggu 41/2021 kena 1,8an 2 pcs di OZ Tire Fatmawati transaksi via tokped dapet cashback 90ribuan, free balancing dll

Nambah spooring aja 250rb...

Ilang deh penyakit geter2 di atas 100 kpj, skrg juga mobil jadi lebih silent...

Semenjak pertamax naik, skrg isi pertalite aja + STP octane booster yg botol oren (60rb an), sekali isi fulltank biasa 450ribuan (56lt)

FC itung kasar 1:6,5-7 km/lt krn sy demen bejek selap selip kalau di tol, top speed ya pernah sampai 140an masih wuenak banget lah (sblm ada ETLE)
Halo om, milala lebih rekomen ya untuk racksteer di banding jantra lebak bulus?
Kebetulan lagi review 2 tmpt tsb untuk urusan rack steer di daerah jaksel, terima kasih

FYI Om, mereka nggak bisa ngerjain power steering (Jantra yg di lebak bulus) , better Milala, atau kalau anak Freed perginya ke Lili Raja Bushing di haji nawi katanya sih jauh lebih recommended, Pak Wahid yg punya Bengkel AC Toran sebelah Milala Ampera itu juga bisa ngerjain, beliau udah biasa ngerjain Vellfire punya tetangga saya sekomplek dan hasilnya juga memuaskan.

*Tidak terafiliasi dengan bengkel manapun
1x1 XM 2023 | 1 Speed Direct Drive 26.7 kWh
impactful
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 446
Joined: Tue Jan 09, 2018 1:09
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2023 27 kWh powerbank on a wheel

Re: Ownership Review : Alphard 2.4 ASG 2007 (2021), The Compromise JDM Van

Post by impactful »

sherryandkez wrote: Wed May 04, 2022 2:07
vincewonk wrote: Tue May 03, 2022 18:19
impactful wrote: Tue May 03, 2022 9:44

Terakhir naek silverbird latest gen jarak deket doang sih ke dari rumah ke PIM, kok rasanya biasa aja ya, cenderung enakan naek ANH 10 saya pribadi... jangan jangan ada yg salah sama butt_o_meter saya... :big_chicken:
soal empuk juaranya anh10 om. silverbird latest gen jujur memang ada cost cutting di perawatan. disamping itu juga sudah agak kaku dan profil bannya lebih tipis. kalau dapet yg udah hanti turanza t005 jg enak tuh.
padahal yang belakangnya independent agh30 ya. bluebird group belakangan ga serapih dulu perawatannya, banyak yg kelewat dan standard dikurangin. liat aja tuh limo2 pada burem headlampnya sama penyok2. padahal dulu baret dikit aja ga boleh keluar pool :big_think:
Padahal kalau pas school trip, sekolah tempat anak saya belajar bisa pakai 7 sampai 10 silverbird sekaligus... Saya sampai mikir apa AGH30 spek silverbird ini bener2 di spek down ya... Naek vellfire tetangga (2012) jauuuh lebih nyaman soalnya... :big_think:
1x1 XM 2023 | 1 Speed Direct Drive 26.7 kWh
lemonadelovers
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1553
Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42

Re: Ownership Review : Alphard 2.4 ASG 2007 (2021), The Compromise JDM Van

Post by lemonadelovers »

vincewonk wrote: Fri Jun 25, 2021 22:00 Agak oot dikit. Yg paling signifikan buat butt o meter saya sih dr ah20 gen 2 ke gen yg skrg ada ini, itu justru rear suspensionnya. Yg skrg ride qualitynya jauh lebih plush dan compliant aja. Entah dimana bedanya.

Kebetulan lumayan sering pake silverbirdnya dan duduk ditengah.
dr elgrand e52 ke GGH20W berasa jauh bgt kenyamanannya menang elgrand jauh.
V engine enthusiast:
V6: VQ35DE{|}CVT
V8: 1UR-FSE{|}8AT

predecessor
V6: 2GR-FE{|}6AT
sherryandkez
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 306
Joined: Sun Mar 13, 2022 9:47
Daily Vehicle: AVV60 - AVV50 - MAGH10 - W220

Re: Ownership Review : Alphard 2.4 ASG 2007 (2021), The Compromise JDM Van

Post by sherryandkez »

impactful wrote: Wed May 04, 2022 12:06
sherryandkez wrote: Wed May 04, 2022 2:07
vincewonk wrote: Tue May 03, 2022 18:19

soal empuk juaranya anh10 om. silverbird latest gen jujur memang ada cost cutting di perawatan. disamping itu juga sudah agak kaku dan profil bannya lebih tipis. kalau dapet yg udah hanti turanza t005 jg enak tuh.
padahal yang belakangnya independent agh30 ya. bluebird group belakangan ga serapih dulu perawatannya, banyak yg kelewat dan standard dikurangin. liat aja tuh limo2 pada burem headlampnya sama penyok2. padahal dulu baret dikit aja ga boleh keluar pool :big_think:
Padahal kalau pas school trip, sekolah tempat anak saya belajar bisa pakai 7 sampai 10 silverbird sekaligus... Saya sampai mikir apa AGH30 spek silverbird ini bener2 di spek down ya... Naek vellfire tetangga (2012) jauuuh lebih nyaman soalnya... :big_think:
buset sekolahnya school trip pake silverbird? mau om saya ngajar disitu, mayan tahun depan bisa ganti es300h baru :big_biglaugh:

alphard versi atpm itu selalu hk/global spec (vin JTxxxxxx) om, datengnya base spec cuma pilot/captain seat (bukan 8 seater). makanya audionya persis innova/fortuner. bedanya apa? build quality beda karena jdm compliance (vin AGH30-xxxxx) lebih tinggi. ditambah lagi perawatan bb group yang sekarang ga sebagus dulu.

vellfire pasti jdm spec makanya enak.
“People say nothing is impossible, but I do nothing every day.”
—Winnie the Pooh
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2556
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: Ownership Review : Alphard 2.4 ASG 2007 (2021), The Compromise JDM Van

Post by farizfsa »

sherryandkez wrote: Wed May 04, 2022 12:56
impactful wrote: Wed May 04, 2022 12:06
sherryandkez wrote: Wed May 04, 2022 2:07

padahal yang belakangnya independent agh30 ya. bluebird group belakangan ga serapih dulu perawatannya, banyak yg kelewat dan standard dikurangin. liat aja tuh limo2 pada burem headlampnya sama penyok2. padahal dulu baret dikit aja ga boleh keluar pool :big_think:
Padahal kalau pas school trip, sekolah tempat anak saya belajar bisa pakai 7 sampai 10 silverbird sekaligus... Saya sampai mikir apa AGH30 spek silverbird ini bener2 di spek down ya... Naek vellfire tetangga (2012) jauuuh lebih nyaman soalnya... :big_think:
buset sekolahnya school trip pake silverbird? mau om saya ngajar disitu, mayan tahun depan bisa ganti es300h baru :big_biglaugh:

alphard versi atpm itu selalu hk/global spec (vin JTxxxxxx) om, datengnya base spec cuma pilot/captain seat (bukan 8 seater). makanya audionya persis innova/fortuner. bedanya apa? build quality beda karena jdm compliance (vin AGH30-xxxxx) lebih tinggi. ditambah lagi perawatan bb group yang sekarang ga sebagus dulu.

vellfire pasti jdm spec makanya enak.
Kalo alphard 30 yg dipake silver tipe x atpm sih ya begitu aja. Spec rendah jg. Mobil jalan banyak jg.

Kalo alphard 30 yg dipake golden bird lebih mending apa lg kalo nelas sewaan hotel bintang 5. Km tinggi jg 100rban keatas tp kerawat, sy pernah cek2. Lumayan bs beda 150-200 jt dibanding ex user umum. Kl golden bekas sewaan hotel interiornya masih bagus2 kecuali jok driver. Kaki2 masih oke karena seringnya airport-hotel-airport.

Apalagi kl beli alphard buat jd kaki lagi, tiap hari jalan. Beli2 low km ujung2 mya sama2 banyak jg wkwk. At least kl dr golden bird mbl terawat rutin sih. Mana alphard sekaranf sekennya naik banyak.

Kalo nyaman sih agh30 ini masih nyaman kok, apalagi kl mbl2 lainnya karakternya firm sporty, naik ini kaya naik kapal cm ga sampai empuk level s class sih.

Shock breaker belakang alphard jg murah sepasang 1 jutaan, depan agak mahal 4 jutaan. Sisa nya parts sm kaya camry xv50 untuk mesin2
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 252hp 540nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
yudhisuwandono
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 278
Joined: Mon Sep 08, 2008 8:01

Re: Ownership Review : Alphard 2.4 ASG 2007 (2021), The Compromise JDM Van

Post by yudhisuwandono »

LG milih2, mending Alp SC Prem sound atau ZG ps 2013-14 , atau Transformer 2015? Lumayan besar 300jt an beda nya.
lemonadelovers
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1553
Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42

Re: Ownership Review : Alphard 2.4 ASG 2007 (2021), The Compromise JDM Van

Post by lemonadelovers »

yudhisuwandono wrote: Wed May 04, 2022 21:54 LG milih2, mending Alp SC Prem sound atau ZG ps 2013-14 , atau Transformer 2015? Lumayan besar 300jt an beda nya.
Klo saya mending vellfire 2015 modelnya tdk beda jauh dgn yg facelift
V engine enthusiast:
V6: VQ35DE{|}CVT
V8: 1UR-FSE{|}8AT

predecessor
V6: 2GR-FE{|}6AT
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2556
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: Ownership Review : Alphard 2.4 ASG 2007 (2021), The Compromise JDM Van

Post by farizfsa »

yudhisuwandono wrote: Wed May 04, 2022 21:54 LG milih2, mending Alp SC Prem sound atau ZG ps 2013-14 , atau Transformer 2015? Lumayan besar 300jt an beda nya.
Ambil alphard agh30 aja yg transformer. Mau iseng bs facelift ke model 2022 haha. Interior jg lumayan kerasa bedanya. Terus ga ada masalah dashboard lengket.

Cm yaa.. alphard mobil mahal bahan plastiknya di interior masih banyak
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 252hp 540nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
impactful
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 446
Joined: Tue Jan 09, 2018 1:09
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2023 27 kWh powerbank on a wheel

Re: Ownership Review : Alphard 2.4 ASG 2007 (2021), The Compromise JDM Van

Post by impactful »

sherryandkez wrote: Wed May 04, 2022 12:56
impactful wrote: Wed May 04, 2022 12:06
sherryandkez wrote: Wed May 04, 2022 2:07

padahal yang belakangnya independent agh30 ya. bluebird group belakangan ga serapih dulu perawatannya, banyak yg kelewat dan standard dikurangin. liat aja tuh limo2 pada burem headlampnya sama penyok2. padahal dulu baret dikit aja ga boleh keluar pool :big_think:
Padahal kalau pas school trip, sekolah tempat anak saya belajar bisa pakai 7 sampai 10 silverbird sekaligus... Saya sampai mikir apa AGH30 spek silverbird ini bener2 di spek down ya... Naek vellfire tetangga (2012) jauuuh lebih nyaman soalnya... :big_think:
buset sekolahnya school trip pake silverbird? mau om saya ngajar disitu, mayan tahun depan bisa ganti es300h baru :big_biglaugh:

alphard versi atpm itu selalu hk/global spec (vin JTxxxxxx) om, datengnya base spec cuma pilot/captain seat (bukan 8 seater). makanya audionya persis innova/fortuner. bedanya apa? build quality beda karena jdm compliance (vin AGH30-xxxxx) lebih tinggi. ditambah lagi perawatan bb group yang sekarang ga sebagus dulu.

vellfire pasti jdm spec makanya enak.
Sering2 buka linkedin aja om... Hehe...mereka masih expanding soalnya, 2026 baru buka level middle year programme...skrg baru nursery sampai year 8 saja...

ES300H baru 1,2M ya? Berarti musti kerja disitu 2 tahun jadi kepala bagian departemen baru kebeli... Hehe...

Clue nya sebulan PPH gaji head of national curriculum bisa beli Honda Beat tunai, assistant teacher digaji 30% di atas sekolah SPK beken di bilangan Terogong...

Maap OOT
1x1 XM 2023 | 1 Speed Direct Drive 26.7 kWh
impactful
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 446
Joined: Tue Jan 09, 2018 1:09
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2023 27 kWh powerbank on a wheel

Re: Ownership Review : Alphard 2.4 ASG 2007 (2021), The Compromise JDM Van

Post by impactful »

farizfsa wrote: Wed May 04, 2022 14:41
Kalo alphard 30 yg dipake silver tipe x atpm sih ya begitu aja. Spec rendah jg. Mobil jalan banyak jg.

Kalo alphard 30 yg dipake golden bird lebih mending apa lg kalo nelas sewaan hotel bintang 5. Km tinggi jg 100rban keatas tp kerawat, sy pernah cek2. Lumayan bs beda 150-200 jt dibanding ex user umum. Kl golden bekas sewaan hotel interiornya masih bagus2 kecuali jok driver. Kaki2 masih oke karena seringnya airport-hotel-airport.

Apalagi kl beli alphard buat jd kaki lagi, tiap hari jalan. Beli2 low km ujung2 mya sama2 banyak jg wkwk. At least kl dr golden bird mbl terawat rutin sih. Mana alphard sekaranf sekennya naik banyak.

Kalo nyaman sih agh30 ini masih nyaman kok, apalagi kl mbl2 lainnya karakternya firm sporty, naik ini kaya naik kapal cm ga sampai empuk level s class sih.

Shock breaker belakang alphard jg murah sepasang 1 jutaan, depan agak mahal 4 jutaan. Sisa nya parts sm kaya camry xv50 untuk mesin2
Nah pilihan menarik ini buat yang mau hunting atau peremajaan dari ANH 10 atau 20...
1x1 XM 2023 | 1 Speed Direct Drive 26.7 kWh
impactful
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 446
Joined: Tue Jan 09, 2018 1:09
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2023 27 kWh powerbank on a wheel

Re: Ownership Review : Alphard 2.4 ASG 2007 (2021), The Compromise JDM Van

Post by impactful »

yudhisuwandono wrote: Wed May 04, 2022 21:54 LG milih2, mending Alp SC Prem sound atau ZG ps 2013-14 , atau Transformer 2015? Lumayan besar 300jt an beda nya.
Deal breakernya katanya foot rest row 2 (ottoman?) ilang ya kalau di 2015?

2013-2014 masih ada tuh jadi selonjorannya lebih puas (CMIIW)

Kalau dana ready gaskeun sikat yang paling muda aja om...
1x1 XM 2023 | 1 Speed Direct Drive 26.7 kWh
sherryandkez
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 306
Joined: Sun Mar 13, 2022 9:47
Daily Vehicle: AVV60 - AVV50 - MAGH10 - W220

Re: Ownership Review : Alphard 2.4 ASG 2007 (2021), The Compromise JDM Van

Post by sherryandkez »

impactful wrote: Mon May 09, 2022 5:47
sherryandkez wrote: Wed May 04, 2022 12:56
impactful wrote: Wed May 04, 2022 12:06

Padahal kalau pas school trip, sekolah tempat anak saya belajar bisa pakai 7 sampai 10 silverbird sekaligus... Saya sampai mikir apa AGH30 spek silverbird ini bener2 di spek down ya... Naek vellfire tetangga (2012) jauuuh lebih nyaman soalnya... :big_think:
buset sekolahnya school trip pake silverbird? mau om saya ngajar disitu, mayan tahun depan bisa ganti es300h baru :big_biglaugh:

alphard versi atpm itu selalu hk/global spec (vin JTxxxxxx) om, datengnya base spec cuma pilot/captain seat (bukan 8 seater). makanya audionya persis innova/fortuner. bedanya apa? build quality beda karena jdm compliance (vin AGH30-xxxxx) lebih tinggi. ditambah lagi perawatan bb group yang sekarang ga sebagus dulu.

vellfire pasti jdm spec makanya enak.
Sering2 buka linkedin aja om... Hehe...mereka masih expanding soalnya, 2026 baru buka level middle year programme...skrg baru nursery sampai year 8 saja...

ES300H baru 1,2M ya? Berarti musti kerja disitu 2 tahun jadi kepala bagian departemen baru kebeli... Hehe...

Clue nya sebulan PPH gaji head of national curriculum bisa beli Honda Beat tunai, assistant teacher digaji 30% di atas sekolah SPK beken di bilangan Terogong...

Maap OOT
boleh pm om, saya ngajar formal terakhir sebelum pandemi (2020). manatau kalo cocok bisa nambah celengan beli mobil :mky_02:
“People say nothing is impossible, but I do nothing every day.”
—Winnie the Pooh