7 seater comparison (ANKI, Santa Fe, CX 8)
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 114
- Joined: Sun Nov 22, 2020 4:08
7 seater comparison (ANKI, Santa Fe, CX 8)
Halo SM-ers,
Semenjak ngambil mobil terakhir tahun lalu (GNKI 2014 V bensin, km 120rb), jadi getol banget ngubek-ngubek review mobil di Youtube, liat review di website, dll. Emang dasarnya manusia, selalu aja pengennya punya yang lebih bagus dan lebih baru. Nah, dari hasil ngubek-ngubek ringan itu, saya bikin rencana untuk mobil selanjutnya (mungkin dalam 3 taun lagi paling cepet). So far, nemu 3 model yang menarik perhatian: Innova Reborn, Hyundai Santa Fe, Mazda CX 8.
Kriteria saya dalam pilih mobil sebagai berikut:
- Hanya perlu 1 mobil aja
- Ngambil seken aja, belom bisa justifikasi kenapa harus beli mobil baru.
- Mobil bakal dipake buat ngantor istri (sebagai suami ngalah, naik kereta aja), mostly akan tol lingkar luar Jakarta.
- 7 seater (Indonesia banget ya.. Tp ngerasain pas roadtrip Malang kemaren dengan penumpang 3 dewasa 2 anak-anak, 7 seater bantu banget)
- Bisa nampung 2 orang dewasa, 2 anak (paling gede 5 taun), kadang bawa orang tua / mertua 2 orang total dengan nyaman. Bisa bawa sepeda 2 unit di bagasi (roadbike & MTB)
- Walopun 7 seater, kalo bisa lumayan lincah. Dulu pake Ford Fiesta, pindah ke GNKI langsung berasa beda lincah dan fun to drivenya. Iya sih emang nggak sebanding, cuma mau kasih gambaran kasar aja. Liat review Santa Fe & CX 8 keliatannya dengan mesin yang lebih powerful bisa lebih lincah.
- Ground Clearence minimal sama dengan GNKI. TInggal di pinggiran Jakarta, banyak lewatin jalan berlobang yang cukup dalam. Pengalaman Ford Fiesta harus tewas karena banjir, gak mau terulang lagi..
- Pengen mobil yang ada sunroof nyah...
- Selain kurang lincah, keluhan GNKI itu: berisik banget dalem mobil! Semua suara dari luar masuk. Sampe-sampe kalo lagi nelpon dalem mobil, lawan bicara ngomong "elu lagi di motor yak?". Mungkin udah waktunya ganti karet pintu.
- Gak mau diperbudak mobil (gak rewel-rewel amat, service gampang, sparepart tersedia banyak).
- Anggap aja 3 taun nanti budget bukan soal.. (Amiin).
Sempet bikin scoring buat komparasi ketiga model mobil itu. Hasilnya Santa Fe yang skornya paling gede, disusul CX 8. Tapi, beberapa kriteria masih berdasarkan browsing-browsing. Contoh ky kabin size, power itu based on spec sheet. Sparepart, DIY service berdasarkan browsing-browsing, blom pernah punya pengamalan sendiri.
Skor diatas based on data ini:
Excelnya dibawah ini kalo ada yang perlu:
Mungkin ada yang punya masukan dan pengalaman untuk ketiga model mobil diatas..
Thank you.
Semenjak ngambil mobil terakhir tahun lalu (GNKI 2014 V bensin, km 120rb), jadi getol banget ngubek-ngubek review mobil di Youtube, liat review di website, dll. Emang dasarnya manusia, selalu aja pengennya punya yang lebih bagus dan lebih baru. Nah, dari hasil ngubek-ngubek ringan itu, saya bikin rencana untuk mobil selanjutnya (mungkin dalam 3 taun lagi paling cepet). So far, nemu 3 model yang menarik perhatian: Innova Reborn, Hyundai Santa Fe, Mazda CX 8.
Kriteria saya dalam pilih mobil sebagai berikut:
- Hanya perlu 1 mobil aja
- Ngambil seken aja, belom bisa justifikasi kenapa harus beli mobil baru.
- Mobil bakal dipake buat ngantor istri (sebagai suami ngalah, naik kereta aja), mostly akan tol lingkar luar Jakarta.
- 7 seater (Indonesia banget ya.. Tp ngerasain pas roadtrip Malang kemaren dengan penumpang 3 dewasa 2 anak-anak, 7 seater bantu banget)
- Bisa nampung 2 orang dewasa, 2 anak (paling gede 5 taun), kadang bawa orang tua / mertua 2 orang total dengan nyaman. Bisa bawa sepeda 2 unit di bagasi (roadbike & MTB)
- Walopun 7 seater, kalo bisa lumayan lincah. Dulu pake Ford Fiesta, pindah ke GNKI langsung berasa beda lincah dan fun to drivenya. Iya sih emang nggak sebanding, cuma mau kasih gambaran kasar aja. Liat review Santa Fe & CX 8 keliatannya dengan mesin yang lebih powerful bisa lebih lincah.
- Ground Clearence minimal sama dengan GNKI. TInggal di pinggiran Jakarta, banyak lewatin jalan berlobang yang cukup dalam. Pengalaman Ford Fiesta harus tewas karena banjir, gak mau terulang lagi..
- Pengen mobil yang ada sunroof nyah...
- Selain kurang lincah, keluhan GNKI itu: berisik banget dalem mobil! Semua suara dari luar masuk. Sampe-sampe kalo lagi nelpon dalem mobil, lawan bicara ngomong "elu lagi di motor yak?". Mungkin udah waktunya ganti karet pintu.
- Gak mau diperbudak mobil (gak rewel-rewel amat, service gampang, sparepart tersedia banyak).
- Anggap aja 3 taun nanti budget bukan soal.. (Amiin).
Sempet bikin scoring buat komparasi ketiga model mobil itu. Hasilnya Santa Fe yang skornya paling gede, disusul CX 8. Tapi, beberapa kriteria masih berdasarkan browsing-browsing. Contoh ky kabin size, power itu based on spec sheet. Sparepart, DIY service berdasarkan browsing-browsing, blom pernah punya pengamalan sendiri.
Skor diatas based on data ini:
Excelnya dibawah ini kalo ada yang perlu:
Mungkin ada yang punya masukan dan pengalaman untuk ketiga model mobil diatas..
Thank you.
Last edited by masaudie on Sun Jun 13, 2021 4:22, edited 1 time in total.
-
- SM Moderator
- Posts: 1336
- Joined: Fri Jan 18, 2019 10:39
Re: 7 seater comparison (ANKI, Santa Fe, CX 8)
Om, om mau ambil baru atau second yah? Kalau baru, gak salah itu harga SantaFenya? Untuk yang pre FL mendingan ambil sekalian yang Grand om. Berasa sekali fiturnya yang disunat.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 114
- Joined: Sun Nov 22, 2020 4:08
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3450
- Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45
Re: 7 seater comparison (ANKI, Santa Fe, CX 8)
Bbrp hari terakhir saya lihat grand seken 2019 itu di range 500-540 om, ini barangnya cukup ghoib di pasar seken.
Santafe TM ini produk anti pasaran yang cukup nahan harganya om, cb patokan dr harga grand yg saya sebut, itu XG/GLS 2019-2020 aja msh pada pasang di 485-500 rangenya. Cm paling bener sih santafe TM pfl ya ttp grand sih om, krn dr stitching joknya aja antara grand sama XG beda banget, di XG sepertinya memang dijahit di korea tapi miring sana sini stitchingnya dan bahan kulitnya beda. Belum head unit di XG yang keliatan dipasang di indonesia, yg meragukan kualitas suaranya.
Tp kl emang ga ada urgensi begituan sih, XG buat saya sdh oke om. Krn TM grand barangnya susah juga, dan basicnya santafe all type sebenernya sama2 enak dan bagus (mesin, transmisi, kualitas).
Kemarin om vp920b sptnya mo ngejual santafe XGnya om, sy lupa bilang di thread mana
-
- SM Moderator
- Posts: 1336
- Joined: Fri Jan 18, 2019 10:39
Re: 7 seater comparison (ANKI, Santa Fe, CX 8)
https://www.mobil123.com/dijual/hyundai ... on/7812776
495 juta itu om.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 941
- Joined: Fri Jun 11, 2021 12:49
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: w205 money pit
Re: 7 seater comparison (ANKI, Santa Fe, CX 8)
Seberapa pentingnya poin ini om? Kalo penting, uda pasti ambil anki soalnya om mau ambil mobil second. Dua yang lain ga mungkin se reliable anki kalo buat second yang uda dipake beberapa tahun.
Kalo baru laen cerita, bebas ikutin kata hati karna ada warranty.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 114
- Joined: Sun Nov 22, 2020 4:08
Re: 7 seater comparison (ANKI, Santa Fe, CX 8)
Cashnya masih 525jt ternyata Thanks omsh00t wrote: ↑Sun Jun 13, 2021 5:39https://www.mobil123.com/dijual/hyundai ... on/7812776
495 juta itu om.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 114
- Joined: Sun Nov 22, 2020 4:08
Re: 7 seater comparison (ANKI, Santa Fe, CX 8)
Kayaknya keluarga innova bakal susah ditandingin kalo ngomongin bandel dan gampang dirawat ya hahaha. Buat perbandingan, dulu pernah megang Ford Fiesta pas jaman bengkel resminya awal-awal cabut, jadi terpaksa kalo ada apa-apa ke bengkel spesialis (yang untungnya lumayan banyak pilihan), dan sparepart juga lumayan banyak walopun harga gak bakal semurah mobil jepang. Selama selain bengkel resmi ada alternatif bengkel yang bisa ngerjain, spare part yaa gak mahal-mahal banget, akan nilai plus sih.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2338
- Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
- Location: Jakarta
Re: 7 seater comparison (ANKI, Santa Fe, CX 8)
kalo mau beli seken saya vote ini juga om, soalnya harga otr barunya 630an om dan masih ganteng modelnya. fiturnya juga lengkap.sh00t wrote: ↑Sun Jun 13, 2021 5:39https://www.mobil123.com/dijual/hyundai ... on/7812776
495 juta itu om.
CX8 juga oke om, tapi sayang aja yg tipe Touring lampunya kena sunat. 660 juta tapi masih ada halogen kuningnya, belom full led kayak di Elite. tapi ni mobil dari baru dapet free service/sparepart 3th, jadi gausah mikirin biaya maintain
tapi klo mau real ga diperbudak (bensin, maintain dll) ANKI adalah jawabannya
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 30
- Joined: Sat Nov 07, 2015 0:25
Re: 7 seater comparison (ANKI, Santa Fe, CX 8)
Wah Om ini mirip dilema saya 2 bulan lalu, pilihan antara ANKI, Santa Fe sama CRV (kalau saya wkt itu). Saya minat jg ambil CX8 țapi rada was-was jg. Saya ini price sensitive jadinya saya sama istri mematok budget harus jauh di bawah 500 juta kl beli seken (kyknya kl keluar 500 jt tp seken berasa gmn gitu,meski msh rendah odonya). Bener yg dibilang Om erwinign, Grand Santa Fe yg msh muda dan kecil odonya selalu di atas 500. Akhirnya saya nemu TM/XG 2018, Odo msh masih relatif ok dan di bawah 450. Jdnya lgsg saya angkut. So far saya senang dgn Santi ini. Ya sy udah siap2 menghadapi Keluarga besar dan teman yg suka nanya dan selalu geleng2 kepala kenapa ngeluarin duwid 450an beli mobil seken dan bukan merek favorit hehehehe. Tp udah suka sih mo gimana lagi...:-)erwinign wrote: ↑Sun Jun 13, 2021 4:47Bbrp hari terakhir saya lihat grand seken 2019 itu di range 500-540 om, ini barangnya cukup ghoib di pasar seken.
Santafe TM ini produk anti pasaran yang cukup nahan harganya om, cb patokan dr harga grand yg saya sebut, itu XG/GLS 2019-2020 aja msh pada pasang di 485-500 rangenya. Cm paling bener sih santafe TM pfl ya ttp grand sih om, krn dr stitching joknya aja antara grand sama XG beda banget, di XG sepertinya memang dijahit di korea tapi miring sana sini stitchingnya dan bahan kulitnya beda. Belum head unit di XG yang keliatan dipasang di indonesia, yg meragukan kualitas suaranya.
Tp kl emang ga ada urgensi begituan sih, XG buat saya sdh oke om. Krn TM grand barangnya susah juga, dan basicnya santafe all type sebenernya sama2 enak dan bagus (mesin, transmisi, kualitas).
Kemarin om vp920b sptnya mo ngejual santafe XGnya om, sy lupa bilang di thread mana
-
- SM Moderator
- Posts: 299
- Joined: Fri Jul 02, 2010 15:23
Re: 7 seater comparison (ANKI, Santa Fe, CX 8)
1. Tanya SNI dan ISO nya dulu ke Istri, mau model yg mana
2. Tentukan Budgetnya, kalau OK utk semua pilihan, lanjut berikutnya.
3. Nomor 1 jawaban mutlak
4. Pilihan suami bila tidak ada barang yg cocok dari nomor 1.
Khusus nomor 4,
Pertimbangkan :
Mau servis ala bengkel spesialis atau resmi?
Selisih bisa hanya 60-80% biaya vs bengkel resmi
Menurut saya dari excel diatas....
Pasti inginnya SantaFe... Tapi masih kepikiran gantengnya CX-8 buat ukuran hati
Tapi inget ada yg namanya Innova buat ukuran logika tangguh...
Selamat memilih om...
2. Tentukan Budgetnya, kalau OK utk semua pilihan, lanjut berikutnya.
3. Nomor 1 jawaban mutlak
4. Pilihan suami bila tidak ada barang yg cocok dari nomor 1.
Khusus nomor 4,
Pertimbangkan :
Mau servis ala bengkel spesialis atau resmi?
Selisih bisa hanya 60-80% biaya vs bengkel resmi
Menurut saya dari excel diatas....
Pasti inginnya SantaFe... Tapi masih kepikiran gantengnya CX-8 buat ukuran hati
Tapi inget ada yg namanya Innova buat ukuran logika tangguh...
Selamat memilih om...
DoctorJDM
Human that can humanize human is the best human.
Human that can humanize human is the best human.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2885
- Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
- Location: Indonesia
Re: 7 seater comparison (ANKI, Santa Fe, CX 8)
Mantep donk om. Gpp kalo ud suka mah, duit jg kita2 sendiri yg nyari banting tulang. Cuekin aja lah omongan orang pret wkwkwkwkwk.. Nikmatin mobilnya to the fullestdioudodo wrote: ↑Sun Jun 13, 2021 15:18 …….. Akhirnya saya nemu TM/XG 2018, Odo msh masih relatif ok dan di bawah 450. Jdnya lgsg saya angkut. So far saya senang dgn Santi ini. Ya sy udah siap2 menghadapi Keluarga besar dan teman yg suka nanya dan selalu geleng2 kepala kenapa ngeluarin duwid 450an beli mobil seken dan bukan merek favorit hehehehe. Tp udah suka sih mo gimana lagi...:-)
Kebanyakan yg nyinyiran biasa ya pada ngiri seh. Buka pintu garasi klo ga isinya lmpv; hr-v; cr-v ; kijang; fortuner; pajero
Ini tanpa mesdiskreditkan mobil2 tsb lohh. Urusan reliability & easy to maintain memang juara mobil2 mainstream. Cuman usernya aja suka pada ga terima liat orang laen pake mobil yg lebih “bagus” .
Ha ha ha . . .
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure
Sheer Repairing Pleasure
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3450
- Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45
Re: 7 seater comparison (ANKI, Santa Fe, CX 8)
Ditunggu reviewnya om, saya masih penasaran ASSnya sejak dipegang prinsipal korea gimana. Lihat pabriknya di deltamas aja segede itu mestinya saya bisa taruh ekspektasi tinggi buat pembenahan2 manajemennyadioudodo wrote: ↑Sun Jun 13, 2021 15:18Wah Om ini mirip dilema saya 2 bulan lalu, pilihan antara ANKI, Santa Fe sama CRV (kalau saya wkt itu). Saya minat jg ambil CX8 țapi rada was-was jg. Saya ini price sensitive jadinya saya sama istri mematok budget harus jauh di bawah 500 juta kl beli seken (kyknya kl keluar 500 jt tp seken berasa gmn gitu,meski msh rendah odonya). Bener yg dibilang Om erwinign, Grand Santa Fe yg msh muda dan kecil odonya selalu di atas 500. Akhirnya saya nemu TM/XG 2018, Odo msh masih relatif ok dan di bawah 450. Jdnya lgsg saya angkut. So far saya senang dgn Santi ini. Ya sy udah siap2 menghadapi Keluarga besar dan teman yg suka nanya dan selalu geleng2 kepala kenapa ngeluarin duwid 450an beli mobil seken dan bukan merek favorit hehehehe. Tp udah suka sih mo gimana lagi...:-)erwinign wrote: ↑Sun Jun 13, 2021 4:47Bbrp hari terakhir saya lihat grand seken 2019 itu di range 500-540 om, ini barangnya cukup ghoib di pasar seken.
Santafe TM ini produk anti pasaran yang cukup nahan harganya om, cb patokan dr harga grand yg saya sebut, itu XG/GLS 2019-2020 aja msh pada pasang di 485-500 rangenya. Cm paling bener sih santafe TM pfl ya ttp grand sih om, krn dr stitching joknya aja antara grand sama XG beda banget, di XG sepertinya memang dijahit di korea tapi miring sana sini stitchingnya dan bahan kulitnya beda. Belum head unit di XG yang keliatan dipasang di indonesia, yg meragukan kualitas suaranya.
Tp kl emang ga ada urgensi begituan sih, XG buat saya sdh oke om. Krn TM grand barangnya susah juga, dan basicnya santafe all type sebenernya sama2 enak dan bagus (mesin, transmisi, kualitas).
Kemarin om vp920b sptnya mo ngejual santafe XGnya om, sy lupa bilang di thread mana
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 661
- Joined: Wed Dec 26, 2007 19:33
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Gojek
Re: 7 seater comparison (ANKI, Santa Fe, CX 8)
XG itu joknya basic trimnya hyundai kia di korea om. Jd memang spt itu joknya, kalau anda pernah naik taksi sonata di seoul ya itu dia kulitnya.erwinign wrote: ↑Sun Jun 13, 2021 4:47Bbrp hari terakhir saya lihat grand seken 2019 itu di range 500-540 om, ini barangnya cukup ghoib di pasar seken.
Santafe TM ini produk anti pasaran yang cukup nahan harganya om, cb patokan dr harga grand yg saya sebut, itu XG/GLS 2019-2020 aja msh pada pasang di 485-500 rangenya. Cm paling bener sih santafe TM pfl ya ttp grand sih om, krn dr stitching joknya aja antara grand sama XG beda banget, di XG sepertinya memang dijahit di korea tapi miring sana sini stitchingnya dan bahan kulitnya beda. Belum head unit di XG yang keliatan dipasang di indonesia, yg meragukan kualitas suaranya.
Tp kl emang ga ada urgensi begituan sih, XG buat saya sdh oke om. Krn TM grand barangnya susah juga, dan basicnya santafe all type sebenernya sama2 enak dan bagus (mesin, transmisi, kualitas).
Kemarin om vp920b sptnya mo ngejual santafe XGnya om, sy lupa bilang di thread mana
Grand jelas berbeda, anda sudah tau sendiri.
Kelas genesis ada yg pakai nappa.
Cuma di indonesia jok kulit artinya mewah alias top trim. Bisa disimpulkan sendiri
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3450
- Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45
Re: 7 seater comparison (ANKI, Santa Fe, CX 8)
Isee isee om, bener juga waktu naik taksi sonata yaa joknya tak dudukin biasa aja sih. Balik lg di santafe, bedanya di TM XG udah dibuat corak diamond2an sama warna coklat tua. TM XG/ ato tipe modern exclusive rasanya kaya sintetis bagus, tapi TM grand/exclusive special bener2 kulit genuine yang proper.vincewonk wrote: ↑Sun Jun 13, 2021 17:41XG itu joknya basic trimnya hyundai kia di korea om. Jd memang spt itu joknya, kalau anda pernah naik taksi sonata di seoul ya itu dia kulitnya.erwinign wrote: ↑Sun Jun 13, 2021 4:47Bbrp hari terakhir saya lihat grand seken 2019 itu di range 500-540 om, ini barangnya cukup ghoib di pasar seken.
Santafe TM ini produk anti pasaran yang cukup nahan harganya om, cb patokan dr harga grand yg saya sebut, itu XG/GLS 2019-2020 aja msh pada pasang di 485-500 rangenya. Cm paling bener sih santafe TM pfl ya ttp grand sih om, krn dr stitching joknya aja antara grand sama XG beda banget, di XG sepertinya memang dijahit di korea tapi miring sana sini stitchingnya dan bahan kulitnya beda. Belum head unit di XG yang keliatan dipasang di indonesia, yg meragukan kualitas suaranya.
Tp kl emang ga ada urgensi begituan sih, XG buat saya sdh oke om. Krn TM grand barangnya susah juga, dan basicnya santafe all type sebenernya sama2 enak dan bagus (mesin, transmisi, kualitas).
Kemarin om vp920b sptnya mo ngejual santafe XGnya om, sy lupa bilang di thread mana
Grand jelas berbeda, anda sudah tau sendiri.
Kelas genesis ada yg pakai nappa.
Cuma di indonesia jok kulit artinya mewah alias top trim. Bisa disimpulkan sendiri
Pantes waktu itu saya lihat XG pas pertama launch di giias 2018 itu jomplang banget joknya sama TM yg saya lihat di sorum sana
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4809
- Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: 7 seater comparison (ANKI, Santa Fe, CX 8)
Kalo diliat dari kriterianya om , kok lebih condong ke Reborn Diesel AT G atau V ya, karena memenuhi hampir semua kriteria kecuali sunroof. Karena ya emg paling masuk kriteria walaupun driving feel dan kenyamanannya ga seenak cx8 atau santa fe, tapi plusnya ada di durability, part banyak, gampang benerinnya, perawatan murah, irit bbm, gampang modifnya, muat banyak dan lega + kalo keluar kota bawaannya aman aja gitu dan pede karena lebih peace of mind dan cocok kalo om mau jadiin sebagai mobil satu2nya + kalo dari innova lama apalagi innova bensin, upgradenya signifikan kok, terutama dari sisi peforma, kenyamanan dan bantingan suspensinya, surprisingly innova reborn ini udh jauh lebih empuk dan lebih nyaman dibanding innova lama (kebetulan saudara saya pecinta innova bensin . Udah kenyang naik semua tipe innova bensin hehehe (innova G at bensin non euro 2006 pfl, innova V at bensin euro 2008 pfl, innova G at bensin 2011 fl1, GNKI G at bensin 2012 , Innova dono G MT bensin 2014 dan terakhir ANKI G bensin AT 2017) dan yg paling cocok buat kenyamanan dan bantingan suspensinya ya ANKI reborn menurut saya, walaupun ya soal driving feelnya gabisa dibandingin sm cx8 dan santa fe ya karena kelasnya juga diatas ANKI hehehe dan tanpa sunroof. Dan kalo om TS cuma pengen sekedar upgrade dari innova lama dan merasakan kelebihan ANKI, tipe G udh cukup kok. Cuma kalo mau lebih nyaman, upgrade aja ke ANKI V sekalian, soalnya peredaman dan bahan joknya beda kalo gasalah dan fiturnya lebih lengkap daripada tipe G + lebih kedap juga dibanding tipe G kalo menurut saya
Kalo CX8, kok kesannya nanggung ya, mending ke cx5 yg lebih murah atau naik kelas ke CX9 sekalian, karena dalemnya terlalu mirip sm CX5 yg lebih murah , cuma kalo om udh suka sm mobilnya, ya ambil aja om, mobil ini sangat fun to drive, handling dan tarikannya oke, fitur juga lengkap, teknologi juga termasuk canggih buat ukuran mobil jepang dan peredaman juga jauh upgrade kalo dari innova lama. Minusnya ya suspensinya ga empuk2 amat dan akomodasinya ga sebagus grand santa fe menurut saya .
Dan , gausah takut melihara mazda, kalo emg suka sm mobilnya mah beli aja dan nikmatin , kaya yg om kiel bilang. Beli mobil itu buat dinikmatin, tutup telinga aja sama omongan orang diluar sana, yang penting kitanya enjoy dan happy sama pilihan kita dan mobilnya ga nyusahin kita selama pemakaian. Mazda termasuk bandel dan kok, dan kalo tinggal di jakarta mah partnya masih lumayan gampang, karena beresnya banyak yg bisa nanganin. Biaya service juga masih wajar menurut saya walaupun termasuk mahal buat ukuran mobil jepang ya kalo sama2 di beres biayanya gajauh beda kok sm honda (saya udah 2 periode melihara cx5 dan crv, yaitu CX5 2013 gen 1 dan CRV RE 2.4 2010 dan saat ini dengan CRV Turbo pres dan AN CX5 Elite 2018) which is kesimpulan saya mazda lebih bandel dan awet dibanding honda, minus bengkel spesialisnya aja yg ga sebanyak honda dan beberapa part mesti inden, tapi selebihnya oke lah, biaya servisnya kalo sama2 di beres juga beda tipis kok wkwkkw. Ga sampe 2x lipet selisihnya kaya yg dibilang sm orang2 diluar sana . CX5 gen 1 saya dulu sampe dijual di km 152 rb setelah 6 tahun pemakaian juga masih oke2 aja . Perbaikan beratnya cuma di mounting doang, sisanya oke2 aja, cuma servis rutin dan ganti oli doang , sedangkan CRV saya udh abis lumayan banyak di bagian kaki2, rack steering dan lumayan sering rembes . Sekarang saya pake AN CX5 Elite 2018 km udh 37rban juga masih oke2 aja, cuma ganti aki istop doang perawatannya, sisanya ya kek mobil pada umumnya aja, servis rutin dan ganti oli doang. Sedangkan CRV saya yg tahun 2019 (which is saya awalnya gapengen beli karena udh ada CX5, tapi akhirnya SPK juga pas juli 2019 lalu karena ibu saya perlu mobil yg lega dan nyaman + 7 seater juga, makanya ambil crv ini) , entah kenapa kok ga se awet cx5 saya, dulu pas km 28rban udh rattle di dasbor dan doortrim sebelah kiri dan discbrakenya udh geter juga (untungnya semua solved di beres pas servis rutin km 30rb) dan sekarang masih aman2 aja di posisi odometer di 31rban walaupun plusnya lebih lega, practical, lebih empuk dan lebih nyaman sih dibanding CX5 hehehe. Semua ini saya tulis berdasarkan real pengalaman pribadi ya, bukan katanya katanya. Hehehe
Kalo grand santa fe, saya gabisa komen soal maintenancenya karena blm pernah melihara mobil korea. Cuma kalo saya pribadi, vote yg diesel, suara mesin dieselnya suprisingly sangat halus buat ukuran mesin diesel dibanding punya mpv atau suv ladder frame kek ANKI, ANPS or ANF menurut saya dan lebih irit dibanding yg bensin juga menurut saya hehehe . Fitur juga termasuk lengkap buat kelasnya + ride qualitynya jauh diatas mobil jepang kaya CX5 or CRV hehehe, secara kelas juga ga boong. cuma kalo dibanding CX8, beda tipis ya hehehe, plusnya akomodasi nya lebih baik dan lebih nyaman aja dibanding CX8 menurut saya , Kalo om ga mentingin merek dan RV, mobil ini worth kok buat dipelihara hehehe
Yg penting om TD ketiganya aja. Biar tau lebih sreg ke yg mana. Tutup telinga aja sm omongan orang diluar sana kalo mau beli mobil, yg penting kita yakin , enjoy, dan siap dengan segala resikonya atas pilihan dan keputusan yg kita ambil. Tiap mobil punya kelebihan dan kekurangannya masing2 , tinggal apakah kelebihan dan kekurangan mobil tersebut cocok atau tidak dengan kebutuhan kita. Kalo memang cocok ya silahkan dibeli, kalo ga cocok ya gausah dibeli.Wkwkwk . Yg penting kita yakin dan enjoy aja sm pilihan kita . Itu aja sih kalo dari saya, semoga bermanfaat
Kalo CX8, kok kesannya nanggung ya, mending ke cx5 yg lebih murah atau naik kelas ke CX9 sekalian, karena dalemnya terlalu mirip sm CX5 yg lebih murah , cuma kalo om udh suka sm mobilnya, ya ambil aja om, mobil ini sangat fun to drive, handling dan tarikannya oke, fitur juga lengkap, teknologi juga termasuk canggih buat ukuran mobil jepang dan peredaman juga jauh upgrade kalo dari innova lama. Minusnya ya suspensinya ga empuk2 amat dan akomodasinya ga sebagus grand santa fe menurut saya .
Dan , gausah takut melihara mazda, kalo emg suka sm mobilnya mah beli aja dan nikmatin , kaya yg om kiel bilang. Beli mobil itu buat dinikmatin, tutup telinga aja sama omongan orang diluar sana, yang penting kitanya enjoy dan happy sama pilihan kita dan mobilnya ga nyusahin kita selama pemakaian. Mazda termasuk bandel dan kok, dan kalo tinggal di jakarta mah partnya masih lumayan gampang, karena beresnya banyak yg bisa nanganin. Biaya service juga masih wajar menurut saya walaupun termasuk mahal buat ukuran mobil jepang ya kalo sama2 di beres biayanya gajauh beda kok sm honda (saya udah 2 periode melihara cx5 dan crv, yaitu CX5 2013 gen 1 dan CRV RE 2.4 2010 dan saat ini dengan CRV Turbo pres dan AN CX5 Elite 2018) which is kesimpulan saya mazda lebih bandel dan awet dibanding honda, minus bengkel spesialisnya aja yg ga sebanyak honda dan beberapa part mesti inden, tapi selebihnya oke lah, biaya servisnya kalo sama2 di beres juga beda tipis kok wkwkkw. Ga sampe 2x lipet selisihnya kaya yg dibilang sm orang2 diluar sana . CX5 gen 1 saya dulu sampe dijual di km 152 rb setelah 6 tahun pemakaian juga masih oke2 aja . Perbaikan beratnya cuma di mounting doang, sisanya oke2 aja, cuma servis rutin dan ganti oli doang , sedangkan CRV saya udh abis lumayan banyak di bagian kaki2, rack steering dan lumayan sering rembes . Sekarang saya pake AN CX5 Elite 2018 km udh 37rban juga masih oke2 aja, cuma ganti aki istop doang perawatannya, sisanya ya kek mobil pada umumnya aja, servis rutin dan ganti oli doang. Sedangkan CRV saya yg tahun 2019 (which is saya awalnya gapengen beli karena udh ada CX5, tapi akhirnya SPK juga pas juli 2019 lalu karena ibu saya perlu mobil yg lega dan nyaman + 7 seater juga, makanya ambil crv ini) , entah kenapa kok ga se awet cx5 saya, dulu pas km 28rban udh rattle di dasbor dan doortrim sebelah kiri dan discbrakenya udh geter juga (untungnya semua solved di beres pas servis rutin km 30rb) dan sekarang masih aman2 aja di posisi odometer di 31rban walaupun plusnya lebih lega, practical, lebih empuk dan lebih nyaman sih dibanding CX5 hehehe. Semua ini saya tulis berdasarkan real pengalaman pribadi ya, bukan katanya katanya. Hehehe
Kalo grand santa fe, saya gabisa komen soal maintenancenya karena blm pernah melihara mobil korea. Cuma kalo saya pribadi, vote yg diesel, suara mesin dieselnya suprisingly sangat halus buat ukuran mesin diesel dibanding punya mpv atau suv ladder frame kek ANKI, ANPS or ANF menurut saya dan lebih irit dibanding yg bensin juga menurut saya hehehe . Fitur juga termasuk lengkap buat kelasnya + ride qualitynya jauh diatas mobil jepang kaya CX5 or CRV hehehe, secara kelas juga ga boong. cuma kalo dibanding CX8, beda tipis ya hehehe, plusnya akomodasi nya lebih baik dan lebih nyaman aja dibanding CX8 menurut saya , Kalo om ga mentingin merek dan RV, mobil ini worth kok buat dipelihara hehehe
Yg penting om TD ketiganya aja. Biar tau lebih sreg ke yg mana. Tutup telinga aja sm omongan orang diluar sana kalo mau beli mobil, yg penting kita yakin , enjoy, dan siap dengan segala resikonya atas pilihan dan keputusan yg kita ambil. Tiap mobil punya kelebihan dan kekurangannya masing2 , tinggal apakah kelebihan dan kekurangan mobil tersebut cocok atau tidak dengan kebutuhan kita. Kalo memang cocok ya silahkan dibeli, kalo ga cocok ya gausah dibeli.Wkwkwk . Yg penting kita yakin dan enjoy aja sm pilihan kita . Itu aja sih kalo dari saya, semoga bermanfaat
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1363
- Joined: Thu Aug 02, 2018 4:43
- Location: Jakarta
Re: 7 seater comparison (ANKI, Santa Fe, CX 8)
power: santafe dong
cabin storage: santa fe, innvoa model pelipatan row 3 nya diangkat, jadi gabisa rata lantai kayak santa fe
sunroof: jangankan sunroof, santafe kasih panoramic roof
keheningan kabin: buat ukuran diesel, santafe enakk
suspensi: nah ini santa fe juaranya
fitur: kalo mau makin jos, nambah dikit lagi ambil yang versi grand santa fe ya omm , rata2 mereka masih pake yang garansi 5th. jadi masih ada sisa lumayan 3 tahunan om..
presence: lebih bikin nengok pas ada santafe lewat sih.. lebih kerasa presence dijalannya
sorry ngga bisa rekomen yang mazda karena saya ngga uptodate soal fitur dan lainnya, dan belum pernah naik cx8 juga...cuma baru versi 'katanya' hasil dari baca-baca di SM ini
cabin storage: santa fe, innvoa model pelipatan row 3 nya diangkat, jadi gabisa rata lantai kayak santa fe
sunroof: jangankan sunroof, santafe kasih panoramic roof
keheningan kabin: buat ukuran diesel, santafe enakk
suspensi: nah ini santa fe juaranya
fitur: kalo mau makin jos, nambah dikit lagi ambil yang versi grand santa fe ya omm , rata2 mereka masih pake yang garansi 5th. jadi masih ada sisa lumayan 3 tahunan om..
presence: lebih bikin nengok pas ada santafe lewat sih.. lebih kerasa presence dijalannya
sorry ngga bisa rekomen yang mazda karena saya ngga uptodate soal fitur dan lainnya, dan belum pernah naik cx8 juga...cuma baru versi 'katanya' hasil dari baca-baca di SM ini
-
- SM Moderator
- Posts: 1336
- Joined: Fri Jan 18, 2019 10:39
Re: 7 seater comparison (ANKI, Santa Fe, CX 8)
Yang pasti kata paman @ginting kalau dibawa pulang kampung belum dicap orang kaya om. Orang kaya itu kalau mobilnya Fortuner atau Pajero Sport. Benar bukan paman @ginting?dioudodo wrote: ↑Sun Jun 13, 2021 15:18Wah Om ini mirip dilema saya 2 bulan lalu, pilihan antara ANKI, Santa Fe sama CRV (kalau saya wkt itu). Saya minat jg ambil CX8 țapi rada was-was jg. Saya ini price sensitive jadinya saya sama istri mematok budget harus jauh di bawah 500 juta kl beli seken (kyknya kl keluar 500 jt tp seken berasa gmn gitu,meski msh rendah odonya). Bener yg dibilang Om erwinign, Grand Santa Fe yg msh muda dan kecil odonya selalu di atas 500. Akhirnya saya nemu TM/XG 2018, Odo msh masih relatif ok dan di bawah 450. Jdnya lgsg saya angkut. So far saya senang dgn Santi ini. Ya sy udah siap2 menghadapi Keluarga besar dan teman yg suka nanya dan selalu geleng2 kepala kenapa ngeluarin duwid 450an beli mobil seken dan bukan merek favorit hehehehe. Tp udah suka sih mo gimana lagi...:-)erwinign wrote: ↑Sun Jun 13, 2021 4:47Bbrp hari terakhir saya lihat grand seken 2019 itu di range 500-540 om, ini barangnya cukup ghoib di pasar seken.
Santafe TM ini produk anti pasaran yang cukup nahan harganya om, cb patokan dr harga grand yg saya sebut, itu XG/GLS 2019-2020 aja msh pada pasang di 485-500 rangenya. Cm paling bener sih santafe TM pfl ya ttp grand sih om, krn dr stitching joknya aja antara grand sama XG beda banget, di XG sepertinya memang dijahit di korea tapi miring sana sini stitchingnya dan bahan kulitnya beda. Belum head unit di XG yang keliatan dipasang di indonesia, yg meragukan kualitas suaranya.
Tp kl emang ga ada urgensi begituan sih, XG buat saya sdh oke om. Krn TM grand barangnya susah juga, dan basicnya santafe all type sebenernya sama2 enak dan bagus (mesin, transmisi, kualitas).
Kemarin om vp920b sptnya mo ngejual santafe XGnya om, sy lupa bilang di thread mana
-
- SM Moderator
- Posts: 1336
- Joined: Fri Jan 18, 2019 10:39
Re: 7 seater comparison (ANKI, Santa Fe, CX 8)
Genesis bakal ada rencana dibikin disini gak om?vincewonk wrote: ↑Sun Jun 13, 2021 17:41XG itu joknya basic trimnya hyundai kia di korea om. Jd memang spt itu joknya, kalau anda pernah naik taksi sonata di seoul ya itu dia kulitnya.erwinign wrote: ↑Sun Jun 13, 2021 4:47Bbrp hari terakhir saya lihat grand seken 2019 itu di range 500-540 om, ini barangnya cukup ghoib di pasar seken.
Santafe TM ini produk anti pasaran yang cukup nahan harganya om, cb patokan dr harga grand yg saya sebut, itu XG/GLS 2019-2020 aja msh pada pasang di 485-500 rangenya. Cm paling bener sih santafe TM pfl ya ttp grand sih om, krn dr stitching joknya aja antara grand sama XG beda banget, di XG sepertinya memang dijahit di korea tapi miring sana sini stitchingnya dan bahan kulitnya beda. Belum head unit di XG yang keliatan dipasang di indonesia, yg meragukan kualitas suaranya.
Tp kl emang ga ada urgensi begituan sih, XG buat saya sdh oke om. Krn TM grand barangnya susah juga, dan basicnya santafe all type sebenernya sama2 enak dan bagus (mesin, transmisi, kualitas).
Kemarin om vp920b sptnya mo ngejual santafe XGnya om, sy lupa bilang di thread mana
Grand jelas berbeda, anda sudah tau sendiri.
Kelas genesis ada yg pakai nappa.
Cuma di indonesia jok kulit artinya mewah alias top trim. Bisa disimpulkan sendiri
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 114
- Joined: Sun Nov 22, 2020 4:08
Re: 7 seater comparison (ANKI, Santa Fe, CX 8)
Thanks inputnya om-oms.
Ada yang pengalaman pake/nyoba Santa Fe bensin kah? Udah pasti diesel power & iritnya juara. Tapi bensin jadi pertimbangan jg karena belom pernah piara diesel (karena itu masukin CX8 juga disini yang mesin bensinnya cukup canggih). "katanya" perlu perawatan extra (filter solar, purging dll), mesti pertadex, dan asap bau.
Perbandingannya gimana ya Santa Fe diesel vs bensin (selain harga tentunya)?
Ada yang pengalaman pake/nyoba Santa Fe bensin kah? Udah pasti diesel power & iritnya juara. Tapi bensin jadi pertimbangan jg karena belom pernah piara diesel (karena itu masukin CX8 juga disini yang mesin bensinnya cukup canggih). "katanya" perlu perawatan extra (filter solar, purging dll), mesti pertadex, dan asap bau.
Perbandingannya gimana ya Santa Fe diesel vs bensin (selain harga tentunya)?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 661
- Joined: Wed Dec 26, 2007 19:33
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Gojek
Re: 7 seater comparison (ANKI, Santa Fe, CX 8)
Mungkin nanti kalau satpam hotel bisa tau genesis mobil kelas apa. 3 hari yg lalu sih ga bole parkir di lobby. Dianggap wuling jenis baru ktnyash00t wrote: ↑Mon Jun 14, 2021 10:41Genesis bakal ada rencana dibikin disini gak om?vincewonk wrote: ↑Sun Jun 13, 2021 17:41XG itu joknya basic trimnya hyundai kia di korea om. Jd memang spt itu joknya, kalau anda pernah naik taksi sonata di seoul ya itu dia kulitnya.erwinign wrote: ↑Sun Jun 13, 2021 4:47
Bbrp hari terakhir saya lihat grand seken 2019 itu di range 500-540 om, ini barangnya cukup ghoib di pasar seken.
Santafe TM ini produk anti pasaran yang cukup nahan harganya om, cb patokan dr harga grand yg saya sebut, itu XG/GLS 2019-2020 aja msh pada pasang di 485-500 rangenya. Cm paling bener sih santafe TM pfl ya ttp grand sih om, krn dr stitching joknya aja antara grand sama XG beda banget, di XG sepertinya memang dijahit di korea tapi miring sana sini stitchingnya dan bahan kulitnya beda. Belum head unit di XG yang keliatan dipasang di indonesia, yg meragukan kualitas suaranya.
Tp kl emang ga ada urgensi begituan sih, XG buat saya sdh oke om. Krn TM grand barangnya susah juga, dan basicnya santafe all type sebenernya sama2 enak dan bagus (mesin, transmisi, kualitas).
Kemarin om vp920b sptnya mo ngejual santafe XGnya om, sy lupa bilang di thread mana
Grand jelas berbeda, anda sudah tau sendiri.
Kelas genesis ada yg pakai nappa.
Cuma di indonesia jok kulit artinya mewah alias top trim. Bisa disimpulkan sendiri
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1060
- Joined: Tue Aug 20, 2013 8:41
Re: 7 seater comparison (ANKI, Santa Fe, CX 8)
Bensin lebih mudah perawatan tapi ga punya nilai tambah.masaudie wrote: ↑Mon Jun 14, 2021 12:04 Thanks inputnya om-oms.
Ada yang pengalaman pake/nyoba Santa Fe bensin kah? Udah pasti diesel power & iritnya juara. Tapi bensin jadi pertimbangan jg karena belom pernah piara diesel (karena itu masukin CX8 juga disini yang mesin bensinnya cukup canggih). "katanya" perlu perawatan extra (filter solar, purging dll), mesti pertadex, dan asap bau.
Perbandingannya gimana ya Santa Fe diesel vs bensin (selain harga tentunya)?
Sejauh yg saya tau harganya ambruk kl bensin dan tidak bisa seirit solar. Orang mau solar korea krn tenaga dan irit.
Dulu santa fe TM saya bisa 1:18-20 di tol, di dalkot masih 1:11-12. Kalau kenceng, 200 juga mudah dicapai. Rem juga bagus sigap.
Perawatan per 6 bulan sekitar 1.5juta ke beres, kalau tambah filter solar bisa 2jt. Tapi warranty 5 tahun.
Sisanya ya dinikmati aja, pke sampe 40rb KM terus dijual kantor.. lg nunggu mobil lain dateng
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 114
- Joined: Sun Nov 22, 2020 4:08
Re: 7 seater comparison (ANKI, Santa Fe, CX 8)
Kalo ngomongin irit sama power begini jadi makin pengen nyoba diesel.. Thanks om sharingnya.vp920b wrote: ↑Mon Jun 14, 2021 13:35Bensin lebih mudah perawatan tapi ga punya nilai tambah.masaudie wrote: ↑Mon Jun 14, 2021 12:04 Thanks inputnya om-oms.
Ada yang pengalaman pake/nyoba Santa Fe bensin kah? Udah pasti diesel power & iritnya juara. Tapi bensin jadi pertimbangan jg karena belom pernah piara diesel (karena itu masukin CX8 juga disini yang mesin bensinnya cukup canggih). "katanya" perlu perawatan extra (filter solar, purging dll), mesti pertadex, dan asap bau.
Perbandingannya gimana ya Santa Fe diesel vs bensin (selain harga tentunya)?
Sejauh yg saya tau harganya ambruk kl bensin dan tidak bisa seirit solar. Orang mau solar korea krn tenaga dan irit.
Dulu santa fe TM saya bisa 1:18-20 di tol, di dalkot masih 1:11-12. Kalau kenceng, 200 juga mudah dicapai. Rem juga bagus sigap.
Perawatan per 6 bulan sekitar 1.5juta ke beres, kalau tambah filter solar bisa 2jt. Tapi warranty 5 tahun.
Sisanya ya dinikmati aja, pke sampe 40rb KM terus dijual kantor.. lg nunggu mobil lain dateng
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1687
- Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
- Location: Indonesia
Re: 7 seater comparison (ANKI, Santa Fe, CX 8)
kalau boleh tau om, perusahaan apa yang pake Santa Fe sebagai kendaraan operasional kantor?vp920b wrote: ↑Mon Jun 14, 2021 13:35Bensin lebih mudah perawatan tapi ga punya nilai tambah.masaudie wrote: ↑Mon Jun 14, 2021 12:04 Thanks inputnya om-oms.
Ada yang pengalaman pake/nyoba Santa Fe bensin kah? Udah pasti diesel power & iritnya juara. Tapi bensin jadi pertimbangan jg karena belom pernah piara diesel (karena itu masukin CX8 juga disini yang mesin bensinnya cukup canggih). "katanya" perlu perawatan extra (filter solar, purging dll), mesti pertadex, dan asap bau.
Perbandingannya gimana ya Santa Fe diesel vs bensin (selain harga tentunya)?
Sejauh yg saya tau harganya ambruk kl bensin dan tidak bisa seirit solar. Orang mau solar korea krn tenaga dan irit.
Dulu santa fe TM saya bisa 1:18-20 di tol, di dalkot masih 1:11-12. Kalau kenceng, 200 juga mudah dicapai. Rem juga bagus sigap.
Perawatan per 6 bulan sekitar 1.5juta ke beres, kalau tambah filter solar bisa 2jt. Tapi warranty 5 tahun.
Sisanya ya dinikmati aja, pke sampe 40rb KM terus dijual kantor.. lg nunggu mobil lain dateng
-
- SM Moderator
- Posts: 1336
- Joined: Fri Jan 18, 2019 10:39
Re: 7 seater comparison (ANKI, Santa Fe, CX 8)
Jangan" Corvette juga sama" dianggap woolenk.vincewonk wrote: ↑Mon Jun 14, 2021 13:22Mungkin nanti kalau satpam hotel bisa tau genesis mobil kelas apa. 3 hari yg lalu sih ga bole parkir di lobby. Dianggap wuling jenis baru ktnyash00t wrote: ↑Mon Jun 14, 2021 10:41Genesis bakal ada rencana dibikin disini gak om?vincewonk wrote: ↑Sun Jun 13, 2021 17:41
XG itu joknya basic trimnya hyundai kia di korea om. Jd memang spt itu joknya, kalau anda pernah naik taksi sonata di seoul ya itu dia kulitnya.
Grand jelas berbeda, anda sudah tau sendiri.
Kelas genesis ada yg pakai nappa.
Cuma di indonesia jok kulit artinya mewah alias top trim. Bisa disimpulkan sendiri