nice review, om
bagasinya dibanding hrv lebih lebar dan tinggi mana, om?
Re: Review : 2021 Honda City Hatchback RS (GN5)
Posted: Fri Jun 18, 2021 15:04
by Suryaputra
liat review2nya di youtube.
BQ adequately
NVH okay
Suspensi soft
appears as some changes happen in HPM management
Re: Review : 2021 Honda City Hatchback RS (GN5)
Posted: Sat Jun 19, 2021 4:03
by ChZ
Suryaputra wrote: ↑Fri Jun 18, 2021 15:04
liat review2nya di youtube.
BQ adequately
NVH okay
Suspensi soft
appears as some changes happen in HPM management
product planning nya HPM skrg kayaknya rajin survey ke forum otomotif dan ngamatin komentar video yucub...
btw suspensi soft kayaknya lbh ke damper dan bushing yang lebih bagus kl liat karakter softnya honda-honda skrg... soalnya kl bandingin glodakannya kaki kaki brio yang skrg juga jauh bngt berkurangnya dibanding brio pantat tepos...
Suryaputra wrote: ↑Fri Jun 18, 2021 15:04
liat review2nya di youtube.
BQ adequately
NVH okay
Suspensi soft
appears as some changes happen in HPM management
product planning nya HPM skrg kayaknya rajin survey ke forum otomotif dan ngamatin komentar video yucub...
btw suspensi soft kayaknya lbh ke damper dan bushing yang lebih bagus kl liat karakter softnya honda-honda skrg... soalnya kl bandingin glodakannya kaki kaki brio yang skrg juga jauh bngt berkurangnya dibanding brio pantat tepos...
HPM mulai implements Scrum,
when the voice of the customer tends to be prioritized
Re: Review : 2021 Honda City Hatchback RS (GN5)
Posted: Sat Jun 19, 2021 6:30
by kunaskun
FR6 wrote: ↑Thu Jun 17, 2021 4:43
sorry oot, yang saya bold itu menurut saya tergantung power-curve si engine di 2000 RPM.
kalau powernya cukup buat bawa beban (berat total mobil + berat penumpang + total hambatan) sih bisa2 aja. intinya sih power = top speed x beban total.
saya nemu presentasi engine-transmission matching di indianautosblog:
kalau di gigi 5 @6000 RPM powernya cukup buat kecepatan 200, tapi transmisinya gak pas, jadi turun deh top speed nya. keliatan juga itu kalo kecepatan 100, masuk di RPM sekitar 3000an. tapi ini hanya grafik transmisi & RPM engine, gak di input itu grafik powernya.
ini grafik powernya:
jadi keinget jaman kuliah, engine-propeller matching
oalah, cara ngitungnya gitu toh, saya kira selama ini, mainin gear ratio saja cukup. ternyata mesti dihitung juga ya engine load, alias kuat ga tu mesin
Re: Review : 2021 Honda City Hatchback RS (GN5)
Posted: Sat Jun 19, 2021 6:40
by whitehorse4
Udah skeptis ama spec mesin on paper yg mirip gk5 tapi body melar jauh.. eh pas liat top speed
FR6 wrote: ↑Thu Jun 17, 2021 4:43
sorry oot, yang saya bold itu menurut saya tergantung power-curve si engine di 2000 RPM.
kalau powernya cukup buat bawa beban (berat total mobil + berat penumpang + total hambatan) sih bisa2 aja. intinya sih power = top speed x beban total.
saya nemu presentasi engine-transmission matching di indianautosblog:
kalau di gigi 5 @6000 RPM powernya cukup buat kecepatan 200, tapi transmisinya gak pas, jadi turun deh top speed nya. keliatan juga itu kalo kecepatan 100, masuk di RPM sekitar 3000an. tapi ini hanya grafik transmisi & RPM engine, gak di input itu grafik powernya.
ini grafik powernya:
jadi keinget jaman kuliah, engine-propeller matching
oalah, cara ngitungnya gitu toh, saya kira selama ini, mainin gear ratio saja cukup. ternyata mesti dihitung juga ya engine load, alias kuat ga tu mesin
theoritically CRV dan accord 2.4 lama aja itu kalau berdasar gear ratio top speednya bisa sampai 240 - 260 km/h... kalau tidak salah.
tapi mesinnya ya sanggupnya cuma segitu segitu aja 190 sudah ngos ngosan...
Re: Review : 2021 Honda City Hatchback RS (GN5)
Posted: Sat Jun 19, 2021 12:12
by Pboyz97
Nice review om, city hatchback emg bentuknya bukan selera semua orang termasuk saya, masih lebih suka desainnya gk5 dibanding city hatch ini, cuma kalo pengen hatchback dengan akomodasi yg luas, serta punya peforma, handling dan driving feel yg lumayan oke + suka dengan bentuknya, mobil ini bisa jadi pilihan, walaupun sebenernya termasuk nanggung. Mending beli brio yg lebih murah atau naik kelas ke HRV sekalian hehehe
Re: Review : 2021 Honda City Hatchback RS (GN5)
Posted: Sat Jun 19, 2021 17:55
by rajapb
Saya malah penasaran sama 6-Speed manualnya. Karena baru kali ini ada produk honda lokal yang proper yang dikasih 6-Speed. Sebelumnya ada tapi malah di crossover kaya CR-V, BR-V dan HR-V.
Re: Review : 2021 Honda City Hatchback RS (GN5)
Posted: Sun Jun 20, 2021 5:19
by mobilkutu
Suryaputra wrote: ↑Fri Jun 18, 2021 15:04
liat review2nya di youtube.
BQ adequately
NVH okay
Suspensi soft
appears as some changes happen in HPM management
Menurut gw semenjak jonf*s legend fandi turun dan di pegang org japan langsung, banyak sekali perubahan, terutama suspensi yg soft dan dashboard yg ga rattle lagi
Suryaputra wrote: ↑Fri Jun 18, 2021 15:04
liat review2nya di youtube.
BQ adequately
NVH okay
Suspensi soft
appears as some changes happen in HPM management
Menurut gw semenjak jonf*s legend fandi turun dan di pegang org japan langsung, banyak sekali perubahan, terutama suspensi yg soft dan dashboard yg ga rattle lagi
sy mau review dadakan nih om
mumpung uda ada thread nya
kmarin di aeon bsd ada pameran
tanya sama sales unit test drive, ada langsung di parkiran
abis makan langsung test drive
kluar parkiran (kata sales nya tinggal claim ke kantor bayar parkir nya)
keliling lewat ICE sampe Q-BIG, enak banget bantingan nya,
rata2 bnyk speed bump di bsd enak bgt gausah rem masi empuk, kcuali speedbump yg tebel banget ya pasti ngerem
beda sama jazz yg masi standar juga keras bngt jazz, ban sama2 turanza padahal
interior nya kalo malem gelap bet, bagian plafon bludru nya warna hitam penuh soalnya
full merah resing (speedo, headunit, knop ac)
cuma yg masih penasaran kalo di gas berat banget, ap gara2 di pakein oli kentel kali ya?
berat banget uda pake triptonic juga ke 60km/h
sekedar review dadakan dr saya
Re: Review : 2021 Honda City Hatchback RS (GN5)
Posted: Mon Jun 21, 2021 2:44
by Suryaputra
xfraps wrote: ↑Sun Jun 20, 2021 20:50
sy mau review dadakan nih om
mumpung uda ada thread nya
kmarin di aeon bsd ada pameran
tanya sama sales unit test drive, ada langsung di parkiran
abis makan langsung test drive
kluar parkiran (kata sales nya tinggal claim ke kantor bayar parkir nya)
keliling lewat ICE sampe Q-BIG, enak banget bantingan nya,
rata2 bnyk speed bump di bsd enak bgt gausah rem masi empuk, kcuali speedbump yg tebel banget ya pasti ngerem
beda sama jazz yg masi standar juga keras bngt jazz, ban sama2 turanza padahal
interior nya kalo malem gelap bet, bagian plafon bludru nya warna hitam penuh soalnya
full merah resing (speedo, headunit, knop ac)
cuma yg masih penasaran kalo di gas berat banget, ap gara2 di pakein oli kentel kali ya?
berat banget uda pake triptonic juga ke 60km/h
sekedar review dadakan dr saya
bisa jadi,
- dikasih pertalite (minimal bgt pertamax buat dia sih)
- tekanan ban kurang
- masih break-in period
- salesnya yg nemenin oversize
mobilkutu wrote: ↑Sun Jun 20, 2021 5:19
Menurut gw semenjak jonf*s legend fandi turun dan di pegang org japan langsung, banyak sekali perubahan, terutama suspensi yg soft dan dashboard yg ga rattle lagi
yah biar COGS minim waktu jaman the legend jon
kayaknya lebih ke orang product planning yang diganti (?)
soalnya om jon itu urusannya lebih ke marketing dan aftersales sih. doi ga ad andil kalo ngurusin build quality fitur sunat menyunat dll.
berhubung namanya paling sering kita denger aja doi jadi bulan bulanan
mobilkutu wrote: ↑Sun Jun 20, 2021 5:19
Menurut gw semenjak jonf*s legend fandi turun dan di pegang org japan langsung, banyak sekali perubahan, terutama suspensi yg soft dan dashboard yg ga rattle lagi
yah biar COGS minim waktu jaman the legend jon
kayaknya lebih ke orang product planning yang diganti (?)
soalnya om jon itu urusannya lebih ke marketing dan aftersales sih. doi ga ad andil kalo ngurusin build quality fitur sunat menyunat dll.
berhubung namanya paling sering kita denger aja doi jadi bulan bulanan
wkwkwkwk.
it's a coincidence aja, kebetulan pergantian jajaran direksi, ini meliputi om jon.
jadi doi jd bulan2an.
padahal urusan product planning itu ranahnya Prodcut develeopment & ops.
Re: Review : 2021 Honda City Hatchback RS (GN5)
Posted: Mon Jun 21, 2021 6:25
by slapnuts
Desain depan cakep mirip Civic yang dikurangin lebarnya.
Belakang juga cakep sekilas mirip stoplamp Outlander or BMW.
Bagian samping, haduhh, entah proporsinya aneh atau bagaimana, tapi itu ukuran lingkar roda terlihat kekecilan di bodi sebongsor itu, jadinya kurang “mendelep” masuk aja rodanya. Mungkin karena desain ujung bumper depan dan belakangnya membulat jadi terkesan gembung.
Memang benar lah sejak City GM lahir, desainnya salalu “terinspirasi” dari 3-series, tak terkecuali City GN5 ini
Hahahaa
Re: Review : 2021 Honda City Hatchback RS (GN5)
Posted: Mon Jun 21, 2021 7:11
by watanabe
ChZ wrote: ↑Mon Jun 21, 2021 3:21
kayaknya lebih ke orang product planning yang diganti (?)
soalnya om jon itu urusannya lebih ke marketing dan aftersales sih. doi ga ad andil kalo ngurusin build quality fitur sunat menyunat dll.
berhubung namanya paling sering kita denger aja doi jadi bulan bulanan
Kurang tau di HPM gmana, tapi Marketing-led Company, peran Marketing besar - selalu seputar 4P: Product, Price, Place, Promo.
Product ini justru paling penting. Kita orang marketing ngeliat banget. Mulai dari konsep nya hingga jadi, jualan gmana, respon pasar gmana, dll. Product planning lebih ke short-mid term. Cuma long term kenapa harus ada produk ini, ditambah fitur, dimatikan, dll adalah tugas utama Marketing
Build quality, sunat menyunat kan ujung-ujung nya ke profit perusahaan - dan lagi-lagi urusan tim Marketing,
Re: Review : 2021 Honda City Hatchback RS (GN5)
Posted: Mon Jun 21, 2021 7:51
by ChZ
watanabe wrote: ↑Mon Jun 21, 2021 7:11
Kurang tau di HPM gmana, tapi Marketing-led Company, peran Marketing besar - selalu seputar 4P: Product, Price, Place, Promo.
Product ini justru paling penting. Kita orang marketing ngeliat banget. Mulai dari konsep nya hingga jadi, jualan gmana, respon pasar gmana, dll. Product planning lebih ke short-mid term. Cuma long term kenapa harus ada produk ini, ditambah fitur, dimatikan, dll adalah tugas utama Marketing
Build quality, sunat menyunat kan ujung-ujung nya ke profit perusahaan - dan lagi-lagi urusan tim Marketing,
betul mbah... marketing in concept memang sebagai ujung tombak utk pemasaran produk seperti apa product yang diminati market dll... feedback konsumen akan jadi pertimbangan utk produk berikutnya yang akan muncul.
tapi marketing jelas bukan eksekutor kalau urusan spek apa yang dimasukkan ke sini atau harganya berapa. yah mungkin marketing bisa kasi pandangan harga sekian kemahalan, bagian product dev bakal cari-cari apa yang bs dikurangin lagi atau keluarin spek sunatan dengan harga lebih murah dll
yah walaupun teorinya spt ini di lapangan tetep aja ada mobil yang speknya tidak masuk akal dan harganya juga lebih tidak masuk akal
apalagi urusan piso sunat HPM itu yang paling parah sebenernya bukan pada fitur tapi build quality, alias tidak ada kaitannya langsung dengan om jon. doi bagian dibully aja kalo itu mah
Re: Review : 2021 Honda City Hatchback RS (GN5)
Posted: Mon Jun 21, 2021 10:38
by yaseinotulip
Denger2 city hatchback ini laku bgt lho sampe indent nya lama..
Ortu di Semarang ada mau beli dari bln Mei blg indent sampe agustus.. harga ga mau ngikat.. perpanjang ppnbm sales nya ga ngomong jg malah blg tinggal 50%..
Akhir nya ga jadi ambil, beralih ke cx-3
Padahal fanatik Honda, tapi kelakuan sales nya bikin males katanya
Re: Review : 2021 Honda City Hatchback RS (GN5)
Posted: Mon Jun 21, 2021 11:00
by thompst
xfraps wrote:sy mau review dadakan nih om
mumpung uda ada thread nya
kmarin di aeon bsd ada pameran
tanya sama sales unit test drive, ada langsung di parkiran
abis makan langsung test drive
kluar parkiran (kata sales nya tinggal claim ke kantor bayar parkir nya)
keliling lewat ICE sampe Q-BIG, enak banget bantingan nya,
rata2 bnyk speed bump di bsd enak bgt gausah rem masi empuk, kcuali speedbump yg tebel banget ya pasti ngerem
beda sama jazz yg masi standar juga keras bngt jazz, ban sama2 turanza padahal
interior nya kalo malem gelap bet, bagian plafon bludru nya warna hitam penuh soalnya
full merah resing (speedo, headunit, knop ac)
cuma yg masih penasaran kalo di gas berat banget, ap gara2 di pakein oli kentel kali ya?
berat banget uda pake triptonic juga ke 60km/h
sekedar review dadakan dr saya
Berarti honda city hatchback ini sdh improve di sisi suspensi & nvh nya yah. Good job honda.
Utk gas yg kerasa berat umumnya berasa dibandingkan yg biasa dibawa. Kalau biasa bawa yg torsi besar pasti berasa berat begitu bawa yg torsi jauh dibawahnya.
Re: Review : 2021 Honda City Hatchback RS (GN5)
Posted: Mon Jun 21, 2021 11:18
by FR6
ChZ wrote: ↑Sat Jun 19, 2021 8:29
theoritically CRV dan accord 2.4 lama aja itu kalau berdasar gear ratio top speednya bisa sampai 240 - 260 km/h... kalau tidak salah.
tapi mesinnya ya sanggupnya cuma segitu segitu aja 190 sudah ngos ngosan...
Mungkin kalo pake CVT, bisa lebih mudah sampe top speed, soalnya ratio gear bisa berubah bebas, plus transmisi bisa nahan di peak powernya biar dapet top speed. tapi gak tau juga apakah losses nya lebih gede/ngga.
Re: Review : 2021 Honda City Hatchback RS (GN5)
Posted: Mon Jun 21, 2021 12:16
by xfraps
thompst wrote: ↑Mon Jun 21, 2021 11:00
Berarti honda city hatchback ini sdh improve di sisi suspensi & nvh nya yah. Good job honda.
Utk gas yg kerasa berat umumnya berasa dibandingkan yg biasa dibawa. Kalau biasa bawa yg torsi besar pasti berasa berat begitu bawa yg torsi jauh dibawahnya.
sy kan ada jazz gk5 om, jd sy bandingin dengan jazz
malah jazz sy CVT nya uda rada 00n (rusak), tapi jazz enteng karena sy pake oli encer 0w20
ecu standar
asumsi saya pribadi ini lho ya, oli nya di pakein oli kentel maka berat nge-gas nya
thompst wrote: ↑Mon Jun 21, 2021 11:00
Berarti honda city hatchback ini sdh improve di sisi suspensi & nvh nya yah. Good job honda.
Utk gas yg kerasa berat umumnya berasa dibandingkan yg biasa dibawa. Kalau biasa bawa yg torsi besar pasti berasa berat begitu bawa yg torsi jauh dibawahnya.
sy kan ada jazz gk5 om, jd sy bandingin dengan jazz
malah jazz sy CVT nya uda rada 00n (rusak), tapi jazz enteng karena sy pake oli encer 0w20
ecu standar
asumsi saya pribadi ini lho ya, oli nya di pakein oli kentel maka berat nge-gas nya
bukan nya bilang city HB itu lemot, engga
cvt GK5 nya knp om?
kapan terakhir ganti hcf2?
idealnya sih ganti tiap 2 thn / 20rb km untuk kondisi sini
ChZ wrote: ↑Mon Jun 21, 2021 3:21
kayaknya lebih ke orang product planning yang diganti (?)
soalnya om jon itu urusannya lebih ke marketing dan aftersales sih. doi ga ad andil kalo ngurusin build quality fitur sunat menyunat dll.
berhubung namanya paling sering kita denger aja doi jadi bulan bulanan
Kurang tau di HPM gmana, tapi Marketing-led Company, peran Marketing besar - selalu seputar 4P: Product, Price, Place, Promo.
Product ini justru paling penting. Kita orang marketing ngeliat banget. Mulai dari konsep nya hingga jadi, jualan gmana, respon pasar gmana, dll. Product planning lebih ke short-mid term. Cuma long term kenapa harus ada produk ini, ditambah fitur, dimatikan, dll adalah tugas utama Marketing
Build quality, sunat menyunat kan ujung-ujung nya ke profit perusahaan - dan lagi-lagi urusan tim Marketing,
Setuju banget om. Untuk short term product jelek bisa di-cover dengan marketing program yang gila2an. Tapi untuk long-term tetap product nomor 1. Dan ini sekarang yang terjadi pada Intel & AMD. Intel selama ini lebih fokus ke marketing strategy & lawsuit sehingga most of their resources dialokasikan ke sana dibandingkan R&D.
Sedangkan AMD alokasikan sebagian besar resources mereka untuk R&D dibandingkan ke marketing. Dengan perbedaan fokus ini maka AMD bisa balikkan stigma jika product mereka inferior dibandingkan Intel. Mereka bisa buktikan jika saat ini AMD lebih superior dari sisi teknologi dibandingkan Intel. Apalagi dengan adanya internet dan sosmed saat ini dimana banyak reviewer2 independen yang bisa buktikan superioritas AMD dibandingkan Intel maka marketing strategy conventional sudah sangat berkurang impact-nya.
Semoga pabrikan2 mobil juga bisa belajar dari sini. Semakin lama customer akan semakin well-informed dan bisa membandingkan dengan sangat mudah. Toyota selama ini terkenal dengan reliability product-nya, namun itu tidak akan cukup jika hanya andalkan reliability saja untuk kedepannya. Mereka juga harus hadirkan product yang reliable namun juga fun to drive dan kaya fitur. Era baru ini terlihat dengan duo raize-rocky yang kaya fitur untuk harga 200juta an.
Selama ini honda, terutama di Indonesia, terkenal productnya fun to drive namun kurang di sisi BQ dan NVH. Ke depannya jika masih mau bersaing maka tidak bisa hanya andalkan fun to drive saja. Maka untuk product2 honda kedepannya seharusnya akan ada perbaikan dari sisi BQ dan NVH. Dan ini sudah mulai terlihat dari product2 yang di-launching di tahun 2021 ini.
Apalagi dengan masuknya Wuling & Hyundai yang berani untuk invest besar2an dengan membangun pabrik dan jaringan ass. Semakin banyak kompetisi maka konsumen yang akan semakin diuntungkan.
thompst wrote: ↑Mon Jun 21, 2021 11:00
Berarti honda city hatchback ini sdh improve di sisi suspensi & nvh nya yah. Good job honda.
Utk gas yg kerasa berat umumnya berasa dibandingkan yg biasa dibawa. Kalau biasa bawa yg torsi besar pasti berasa berat begitu bawa yg torsi jauh dibawahnya.
sy kan ada jazz gk5 om, jd sy bandingin dengan jazz
malah jazz sy CVT nya uda rada 00n (rusak), tapi jazz enteng karena sy pake oli encer 0w20
ecu standar
asumsi saya pribadi ini lho ya, oli nya di pakein oli kentel maka berat nge-gas nya
bukan nya bilang city HB itu lemot, engga
Bisa jadi om. Padahal seharusnya mobil contoh diberikan oli & BBM yang bagus karena jangan sampai customer yang tadinya interest malah jadi batal gara2 diberikan oli & bbm yang jelek.