Roti Tawar Batu Makam : Sharing 10 Bulan Bersama Serena HWS 2016

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: F 272, b8099ok, ginting, FRD, artoodetoo, y_anjasrana

dori2802
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 159
Joined: 11 Mar 2016, 10:15

Roti Tawar Batu Makam : Sharing 10 Bulan Bersama Serena HWS 2016

Post by dori2802 »

Assalamu’alaikum wr
Pagi, Kulo nuwun mbah…Om…Nte..
Sedikit mau sharing pengalaman merawat Batu Makam Serena C26 Bekas, skalian sapa tahu ada tips, trik merawat Batu makam C26 yg sepertinya cukup horor seperti namanya. Beberapa suhu mbah di mari pernah pny c26 sepertinya.

Sebelum merawat C26 ini saya pernah punya : Mazda E2000 1998 (2009) Honda City 1996 (2010), Avanza MT 2010 (2011), Terios MT 2011 (2011-2015), Innova G AT (1TR) 2011 (2015-2020), Sienta 2017 (2017-2020). Dan sekarang ada C26 ini (Agt 20 - ) dan 2GD V AT 2019 (Des20 - ).

Serena HWS C26 2016 saya beli di awal Agustus 2020 di km 29rb++
Pertimbangan utama sebelum beli mobil ini adalah :
1. Akomodasi. Maklum anak 4 (paling besar kls 1 SMP) ditambah ART
2. Nyaman. Karena sebelumnya pernah ngrasain nyamannya Innova dan Sienta.
3. Mobil akan menggantikan Innova.
4. Mobil akan dijadikan mobil weekend, dan sienta jadi mobil perang (seblm akhirnya ganti 2GD V AT)

Sebelumnya mempertimbangkan Toyota Nav1 dan Biante.
tapi Dari memperhatikan forum2 dan youtube, akhirnya C26 masuk list. Dan Setelah memperhatikan OLX nemu C26 2016 akhir dengan km rendah dg harga di bawah 200 juta. Ambil keputusan sbb:
1. Ambil C26 dari jual innova + Sienta
2. Ambil 2GD karena pertimbangan durability dan jarak rumah – kantor yg cukup jauh (Tangerang – Bogor) – ambil 2 GD dari jual sienta + Budget COP

Pengalaman merawat Serena HWS C26 2016 selama 10 bulan ini :
- Sept 20 awal di bawah ke Beres Nissan (bukan Indomobil – dan database historis rawatan tidak konek ke indomobil). Ganti cairan semua. Informasi aman. total DC 1,6an (Ganti Oli Matic+Oli Mesin)
- Okt awal pas dibawa ngantor ke Bogor, pas parkir dan mesin/ac nyala tiba2 hanya keluar angin dan tidak dingin. Dan tiba2 nyala indikator overheat. Sedikit panik, cek mbah gugle ada bengkel spesialis nissan dekat pajajaran bogor. Di vonis motor extra fan mati. DC Part 1,5jt tapi part kosong. Sama bengkel utk semntara di jumper ke extra fan satunya. Minimal biar bisa pulang dg aman ke tangerang. Tapi wajib segera ganti. Besoknya beli sparepartnya dan bawa ke bengkel Spesialis Nissan (ARJU*A) di BSD. Di cek dan vonis memang motor extra fan mati. Lgsg diganti. Tapi hanya nyala sebentar setelah itu mati lagi. Di cek sparepart normal. Setelah di telusuri, vonis IPDM bermasalah dan mereka tidak bisa memperbaiknya harus beli gelondongan > ORI 8 Juta, copotan di toped 4,5jt. Wow. Karena barang juga ga ada, pulang (disini skalian kuras radiator).

Besoknya lagi bawa ke Beres Nissan di Bogor (sekalian ngantor). Tidak ada stok IPDM. Tapi SA beres memberi referensi Bengkel Spesialis Nissan yg mgkn bisa memperbaiki IPDM dan kebetulan di daerah Gading Serpong
Besoknya ke bengkel referensi. Di sampaikan semua. Dan menyanggupi utk memperbaiki (info bengkel punya diagram wiring IPDM Serena) Selesai di hari yg sama. Ternyata ada relay yg didalam IPDM yg ke Motor fan mati. Hanya ganti relay. Sekalian tune up + servis yg lain2 (+ganti busi ori (530K), ganti selonsong coil ori ) total DC 1,4jt
Keluhan lainnya :
- Feb 21 : Shockbreaker Belakang Bocor ketahuan pas mau Spooring > di ganti DC 1,2jt include pasang (Part bawa sendiri)
- Maret 21 : Bunyi dung2 pas stir di belok2in > Di Servis Bearingnya DC 250K
- Ganti Head unit. Beli dari negeri panda (Android 4G/64GB) 4GLTE-WIFI DC 3,8jt include ongkir. Ternyata Jaringan 4G nya ga bisa dipakai karena harus daftar dl ke bea cukai (males urusnya). Efek ganti HU -> roof monitor ga nyala (ga konek)
Ganti Ban 2 Turanza, 2 LM 705
- Per Juni ini mobil sudah jalan 27rb km (odo awal beli 29rb++) > 57K km. mobil weekend tapi sudah 4x ke Surabaya PP, sudah ke Pemalang 3x dan tentunya sekitaran Jabodetabek, banten dan jabar.

selain yg di atas, rutin ganti oli setiap 7K dengan NGO 0w20, Revanol 0w20, PTT 0w20 non Eco.

Pro (vs mobil yg pernah dimiliki)
1. Asli nyaman banget vs 2GD V AT. Setelah merasakan C26 ini anak2 kalau di ajak keluar kota, pada ga mau pakai 2GD. Ga enak lah.. goyang2 lah…
2. Akomdasi Legaaa dan tempat penyimpana dimana2. Ini juga yg disukai sama anak2. Sebelumya kalau ke surabaya pk innova pasti bawa rackroof. Tapi sekarang ga perlu. 2GD kalau baris tengah mentok ke belakang --> jarak dengan bangku depan setengah vs C26. jarak bangku belakang dg tengah sepertiga vs C26. dan Bagasi belakang masih masih sama kalau ga bisa dibilang lebih lega C26 vs 2GD
3. Tidak boros2 amat. Luar kota jika sering lari > 120km/j 1:12 (pertalite) pertamax bisa 1:13. Dalam kota sekitaran tangerang 1:9 – 1:10 dan rata2 full Load. Masih lebih irit vs Ipah lama. Pernah dari Bogor – Cikupa jam 21.30 malam bisa dapat 1:17 (penumpang 1, Pertalite)
4. Beberapa Part ternyata ada KW-nya. Minimal alternatif pas kanker
5. Buat jarak jauh ga capek utk nyetir 4-5 Jam nonstop. Kec 150 masih anteng (blm pernah lebih dari ini – dan hanya coba bbrp kali)

Cons (vs mobil yg pernah dimiliki)
1. Kurang kedap jika vs 2GD V At.
2. GC = seperti sedan. rawan gasruk poldur. Jadi harus pelan2 kl ketemu poldur.
3. Kalau ada banjir/genangan was2. Pernah libas banjir (tinggi setengah ban lebh dikit) CE nyala. Ke bengkel > sensornya ada kasih warning. Di cek aman dan di reset CE hilang.
4. Tidak semua bengkel umum bisa tangani. Malah jadi kelinci percobaan. Pengalaman pas motor fan mati. Harus ke spesialis
5. Head unit cupu banget.
6. Interior terkesan biasa. Kecuali speedo full digital walaupun masih TFT sepertinya
7. Tarikan awal boyo, tanjakan (vs 2GD)… kalau masih jalur puncak sih aman. Ga tahu kalau jalan alternatifnya. Apalagi kalau tanjakan cangar mojokerto, ga yakin. tapi kalau untuk di tol dan tarikan menengah atas, termasuk enak.

Overall Puas punya C26 ini. Perawatan jg tidak terlalu beda sama pas rawat Ipah. Cuma ini mobil lebih banyak sensor2nya dibanding ipah. Jadi harus lebih aware.

Mobil nyaman enak utk jalan cenderung datar dan mulus…dan setelah punya C26 standar kenyamanan berkendara jadi naik. Kalau suatu saat ganti ni C26, harus minimal sama scr nyaman dan akomodasi. Pengennya sih Elgrand.. :big_biglaugh:

Maaf kalau sharignya malah seperti curhat…. wkwkwk
Terimakasih mbah..
Attachments
20210620_092127.jpg
20210620_092127.jpg (947.14 KiB) Viewed 3212 times
20210620_092109_.jpg
20210620_092109_.jpg (982.55 KiB) Viewed 3212 times
20210620_092019.jpg
20210620_092019.jpg (930.13 KiB) Viewed 3212 times
20210620_092008.jpg
20210620_092008.jpg (1.08 MiB) Viewed 3212 times
20210620_091752.jpg
20210620_091752.jpg (992.96 KiB) Viewed 3212 times
20200930_230153.jpg
20200930_230153.jpg (585.43 KiB) Viewed 3212 times
Mazda FE 1998 - Honda D13B4 - Daihatsu 3SZ-VE - Toyota 1TR-FE - Toyota 2NR-FE - Nissan MR20DD - Toyota 2GD-FTV
erwinign
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3170
Joined: 19 Apr 2014, 10:45
Location: SRG

Re: Roti Tawar Batu Makam : Sharing 10 Bulan Bersama Serena HWS 2016

Post by erwinign »

Ownership reviewnya bagus oom!! Update2 aja kl ada perbaikan2 lainnya di sini
Don't Judge The Book By It's Cover
User avatar
Omnibus
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7037
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Roti Tawar Batu Makam : Sharing 10 Bulan Bersama Serena HWS 2016

Post by Omnibus »

mantap om .... c26 facelift

emang nih mobil kenyamanan suspensi top markotop. kelegaan dan kepraktisan kabin juga top.

pengalaman ane miara c26 pre-fl dulu, sering2 cek air aki krn sering kering akibat kepanasan dr mesin. cek juga carbon build up di intake port dan valves krn ini mesin direct injection, rentan carbon build up disitu. bensin juga ga aman dikasih yg jelek2 krn direct injection jd dia ada high pressure fuel pump yg rentan bensin kualitas rendah.

oya awalnya ane pikir ini mobil kok banyak jajan. tp ngeliat pemakaian juga calon odo gondrong baru bbrp bulan udah 27 ribu km ya jadi wajar lah.

ttg relay motor fan rusak, too bad bengkel2 sebelumnya ga bisa nemuin masalah sepele begitu. gimana itu metode ngeceknya. apalagi yg sampe bilang hrs ganti ipdm segelondong. asbun atau emang ga ada jual relay nya aja, harus assy sama ipdm2nya. gile bener wkwkwkwk
dori2802
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 159
Joined: 11 Mar 2016, 10:15

Re: Roti Tawar Batu Makam : Sharing 10 Bulan Bersama Serena HWS 2016

Post by dori2802 »

erwinign wrote: 22 Jun 2021, 09:54 Ownership reviewnya bagus oom!! Update2 aja kl ada perbaikan2 lainnya di sini
Siap Om...
Omnibus wrote: 22 Jun 2021, 10:12 mantap om .... c26 facelift

emang nih mobil kenyamanan suspensi top markotop. kelegaan dan kepraktisan kabin juga top.

pengalaman ane miara c26 pre-fl dulu, sering2 cek air aki krn sering kering akibat kepanasan dr mesin. cek juga carbon build up di intake port dan valves krn ini mesin direct injection, rentan carbon build up disitu. bensin juga ga aman dikasih yg jelek2 krn direct injection jd dia ada high pressure fuel pump yg rentan bensin kualitas rendah.

oya awalnya ane pikir ini mobil kok banyak jajan. tp ngeliat pemakaian juga calon odo gondrong baru bbrp bulan udah 27 ribu km ya jadi wajar lah.

ttg relay motor fan rusak, too bad bengkel2 sebelumnya ga bisa nemuin masalah sepele begitu. gimana itu metode ngeceknya. apalagi yg sampe bilang hrs ganti ipdm segelondong. asbun atau emang ga ada jual relay nya aja, harus assy sama ipdm2nya. gile bener wkwkwkwk
Noted Mbah.
- aki coba nanti diperhatikan mbah
- beberapa bulan awal sering pakai pertalite. dan memang pas service ganti oli yg terakhir, skalian tune up bersihin intake. karbonnya banyak bener.. sejak itu diusahakan pakai pertamax terus.
- soal relay. hikmahnya dapat bengkel yg cocok mbah
- mobil secara umur udah 4 tahun pas angkat. ditambah udah menjelajah transjawabahn bolak balik.
soal odo ini berusaha di rem, bini tiap minggu maunya jalan terus.. dan anak kalau jalan susah kalau disuruh naik 2GD.

sekali lagi masukannya Mbah.
Mazda FE 1998 - Honda D13B4 - Daihatsu 3SZ-VE - Toyota 1TR-FE - Toyota 2NR-FE - Nissan MR20DD - Toyota 2GD-FTV
erwinign
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3170
Joined: 19 Apr 2014, 10:45
Location: SRG

Re: Roti Tawar Batu Makam : Sharing 10 Bulan Bersama Serena HWS 2016

Post by erwinign »

dori2802 wrote: 22 Jun 2021, 10:39
erwinign wrote: 22 Jun 2021, 09:54 Ownership reviewnya bagus oom!! Update2 aja kl ada perbaikan2 lainnya di sini
Siap Om...
Omnibus wrote: 22 Jun 2021, 10:12 mantap om .... c26 facelift

emang nih mobil kenyamanan suspensi top markotop. kelegaan dan kepraktisan kabin juga top.

pengalaman ane miara c26 pre-fl dulu, sering2 cek air aki krn sering kering akibat kepanasan dr mesin. cek juga carbon build up di intake port dan valves krn ini mesin direct injection, rentan carbon build up disitu. bensin juga ga aman dikasih yg jelek2 krn direct injection jd dia ada high pressure fuel pump yg rentan bensin kualitas rendah.

oya awalnya ane pikir ini mobil kok banyak jajan. tp ngeliat pemakaian juga calon odo gondrong baru bbrp bulan udah 27 ribu km ya jadi wajar lah.

ttg relay motor fan rusak, too bad bengkel2 sebelumnya ga bisa nemuin masalah sepele begitu. gimana itu metode ngeceknya. apalagi yg sampe bilang hrs ganti ipdm segelondong. asbun atau emang ga ada jual relay nya aja, harus assy sama ipdm2nya. gile bener wkwkwkwk
Noted Mbah.
- aki coba nanti diperhatikan mbah
- beberapa bulan awal sering pakai pertalite. dan memang pas service ganti oli yg terakhir, skalian tune up bersihin intake. karbonnya banyak bener.. sejak itu diusahakan pakai pertamax terus.
- soal relay. hikmahnya dapat bengkel yg cocok mbah
- mobil secara umur udah 4 tahun pas angkat. ditambah udah menjelajah transjawabahn bolak balik.
soal odo ini berusaha di rem, bini tiap minggu maunya jalan terus.. dan anak kalau jalan susah kalau disuruh naik 2GD.

sekali lagi masukannya Mbah.
Soal aki kok problemnya kaya levina lama ya om, sering jajan aki gr2 kepanasan suhu mesinnya. Kl misal akinya dicover sama bungkus foil kaya model tas rantang membantu ga ya? Sy di ertiga gitu
Don't Judge The Book By It's Cover
adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1196
Joined: 07 May 2014, 09:36

Re: Roti Tawar Batu Makam : Sharing 10 Bulan Bersama Serena HWS 2016

Post by adityabp »

CVTnya pernah overheat gak om?
fl4b1e
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 212
Joined: 27 Dec 2015, 22:18

Re: Roti Tawar Batu Makam : Sharing 10 Bulan Bersama Serena HWS 2016

Post by fl4b1e »

mantap Om reviewnya. apalagi ngebandingin sama mobil lain yang om pernah pegang. two thumbs up!
dori2802
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 159
Joined: 11 Mar 2016, 10:15

Re: Roti Tawar Batu Makam : Sharing 10 Bulan Bersama Serena HWS 2016

Post by dori2802 »

erwinign wrote: 22 Jun 2021, 10:46 Soal aki kok problemnya kaya levina lama ya om, sering jajan aki gr2 kepanasan suhu mesinnya. Kl misal akinya dicover sama bungkus foil kaya model tas rantang membantu ga ya? Sy di ertiga gitu
thanks sarannya mbah. jadi pertimbangan
adityabp wrote: 22 Jun 2021, 12:20 CVTnya pernah overheat gak om?
Ciri Overheat gmn ya Om? selama jalan bolak balik transjawa ga ada masalah si om. di ajak lari jg nurut aja. nyali aja yg ga ada. mentok 150an
fl4b1e wrote: 22 Jun 2021, 12:56 mantap Om reviewnya. apalagi ngebandingin sama mobil lain yang om pernah pegang. two thumbs up!
thanks Om
Mazda FE 1998 - Honda D13B4 - Daihatsu 3SZ-VE - Toyota 1TR-FE - Toyota 2NR-FE - Nissan MR20DD - Toyota 2GD-FTV
adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1196
Joined: 07 May 2014, 09:36

Re: Roti Tawar Batu Makam : Sharing 10 Bulan Bersama Serena HWS 2016

Post by adityabp »

dori2802 wrote: 22 Jun 2021, 13:11
adityabp wrote: 22 Jun 2021, 12:20 CVTnya pernah overheat gak om?
Ciri Overheat gmn ya Om? selama jalan bolak balik transjawa ga ada masalah si om. di ajak lari jg nurut aja. nyali aja yg ga ada. mentok 150an
Masuk limp mode. Mobil dah digas mentok tapi jalannya pelan.
yudhisuwandono
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 256
Joined: 08 Sep 2008, 15:01

Re: Roti Tawar Batu Makam : Sharing 10 Bulan Bersama Serena HWS 2016

Post by yudhisuwandono »

omnya pernah punya sienta kan ya, gimana bedanya? bukan panjangnya dan leganya ya. trus kenapa ga voxy aja om.
ariswp
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 68
Joined: 19 Dec 2016, 15:39

Re: Roti Tawar Batu Makam : Sharing 10 Bulan Bersama Serena HWS 2016

Post by ariswp »

siip banget om ownership experiencenya c26nya
yang diperhatikan kedepan mesinnya om, MR20DD salah satu mesin advance di jamannya (direct injection),
om saya beli c26 kondisi baru, penyakitnya itu carbon build up cepet banget
kalo sering dipake jadi genset dan macet2an/jalan santai dengan rpm yg rendah itu carbon build up cepet
gejalanya dulu punya om saya sampe gak ada tenaga dan pincang, setelah dibawa di beres ya tumpukan karbon td
kalo cvtnya c26 sejaman sama punya t32 harusnya sudah aman, beda dengan t31 yg sering overheat (limp mode) dan gejala cvt trouble di 80-90k cukup banyak (2 temen saya pelihara t31 penyakit cvtnya sama)
rakyatwkwkland
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 300
Joined: 01 Sep 2019, 16:45
Location: Jekardah
Daily Vehicle: K15B-4AT

Re: Roti Tawar Batu Makam : Sharing 10 Bulan Bersama Serena HWS 2016

Post by rakyatwkwkland »

Mantab ripiunya oom. Sangat2 jelas dan memberi pencerahan mengenai c26 :big_exellent:
Semoga mobilnya juga awet dan pakenya puas ya

Itu odometer ngebut amat. 10 Bulan jalan sampe 27.000 km....

Ane pun pernah naik c26 PFL punya orang dengan kondisi kaki2 depan dah ada orkestra gluduk2, odometer kalo gasalah posisi 70 atau 80 rb gitu. Menurut pantad ane masih tergolong cukup enak sih walau dgn kondisi kaki2 begitu. Dan tentunya plus poin di roti tawar begini adalah legaaaaa dan posisi duduk yang emang PeWe banget bagi supir maupun penumpang. Itu BBM irit juga ya ternyata masih bisa sentuh 1:9. Gak sehoror c24 yang konon ganasnya mirip2 ipah bensin awal2.

Jadi menurut oom apakah c26 ini serewel seperti image nissan di mata orang banyak, atau cukup dapat diandalkan?

Btw itu ganti shock belakang yang 1,2 jt sepasang kah? Cukup murah juga buat mobil di kelas ini. Ane pikir shock mobil harga 400 jtan begini sepasang mau 2 jutaan ke atas.
adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1196
Joined: 07 May 2014, 09:36

Re: Roti Tawar Batu Makam : Sharing 10 Bulan Bersama Serena HWS 2016

Post by adityabp »

rakyatwkwkland wrote: 22 Jun 2021, 22:11 Mantab ripiunya oom. Sangat2 jelas dan memberi pencerahan mengenai c26 :big_exellent:
Semoga mobilnya juga awet dan pakenya puas ya

Itu odometer ngebut amat. 10 Bulan jalan sampe 27.000 km....

Ane pun pernah naik c26 PFL punya orang dengan kondisi kaki2 depan dah ada orkestra gluduk2, odometer kalo gasalah posisi 70 atau 80 rb gitu. Menurut pantad ane masih tergolong cukup enak sih walau dgn kondisi kaki2 begitu. Dan tentunya plus poin di roti tawar begini adalah legaaaaa dan posisi duduk yang emang PeWe banget bagi supir maupun penumpang. Itu BBM irit juga ya ternyata masih bisa sentuh 1:9. Gak sehoror c24 yang konon ganasnya mirip2 ipah bensin awal2.

Jadi menurut oom apakah c26 ini serewel seperti image nissan di mata orang banyak, atau cukup dapat diandalkan?

Btw itu ganti shock belakang yang 1,2 jt sepasang kah? Cukup murah juga buat mobil di kelas ini. Ane pikir shock mobil harga 400 jtan begini sepasang mau 2 jutaan ke atas.
Ah, gak horor kok, Saya (akhirnya) bisa kok dapet 1:7 kondisi macet hari kerja. Lukot 1:10 full load.
Yg horor tuh tarikannya, makanya banyak yg terlena.
:mky_03:
erwinign
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3170
Joined: 19 Apr 2014, 10:45
Location: SRG

Re: Roti Tawar Batu Makam : Sharing 10 Bulan Bersama Serena HWS 2016

Post by erwinign »

adityabp wrote: 23 Jun 2021, 09:36
rakyatwkwkland wrote: 22 Jun 2021, 22:11 Mantab ripiunya oom. Sangat2 jelas dan memberi pencerahan mengenai c26 :big_exellent:
Semoga mobilnya juga awet dan pakenya puas ya

Itu odometer ngebut amat. 10 Bulan jalan sampe 27.000 km....

Ane pun pernah naik c26 PFL punya orang dengan kondisi kaki2 depan dah ada orkestra gluduk2, odometer kalo gasalah posisi 70 atau 80 rb gitu. Menurut pantad ane masih tergolong cukup enak sih walau dgn kondisi kaki2 begitu. Dan tentunya plus poin di roti tawar begini adalah legaaaaa dan posisi duduk yang emang PeWe banget bagi supir maupun penumpang. Itu BBM irit juga ya ternyata masih bisa sentuh 1:9. Gak sehoror c24 yang konon ganasnya mirip2 ipah bensin awal2.

Jadi menurut oom apakah c26 ini serewel seperti image nissan di mata orang banyak, atau cukup dapat diandalkan?

Btw itu ganti shock belakang yang 1,2 jt sepasang kah? Cukup murah juga buat mobil di kelas ini. Ane pikir shock mobil harga 400 jtan begini sepasang mau 2 jutaan ke atas.
Ah, gak horor kok, Saya (akhirnya) bisa kok dapet 1:7 kondisi macet hari kerja. Lukot 1:10 full load.
Yg horor tuh tarikannya, makanya banyak yg terlena.
:mky_03:
Powernya C24 sih enakk om, apalg pas power mode. Lumayan lah lari segitu bisa nguber pesawat jam mepet waktu dulu :big_biglaugh:
Don't Judge The Book By It's Cover
dori2802
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 159
Joined: 11 Mar 2016, 10:15

Re: Roti Tawar Batu Makam : Sharing 10 Bulan Bersama Serena HWS 2016

Post by dori2802 »

yudhisuwandono wrote: 22 Jun 2021, 17:20 omnya pernah punya sienta kan ya, gimana bedanya? bukan panjangnya dan leganya ya. trus kenapa ga voxy aja om.
Sienta Q (udah modif belalai soluna) kalau di tol buat kenceng lebih enak om. karena body lebih compact. secara posisi supir jg lebih enak sienta utk kenceng (karena ga ada arm rest jadi harus pegang setir 22-nya). kalau serena untuk posisi nyaman menikmati perjalanan. dan pakai sienta di transjawa lebih ga capek vs ipah vvti ane. konsumsi BBM pasti irit sienta, kalau kaki sekolah di tol bisa 1:16-18. secara HU lebih bagus sienta Q, secara fitur keselamatan juga Sienta Q udah ada VSA, HSA yg blm ada di serena FL ini. tapi air bag sepertinya lebih banyak serena. serena lampu udah auto. 22nya ga cocok kalau sering lewat jalan jelek. sudah sama2 smart entry dan sama keyless start engine.
tapi kalau nyaman ya tetap serena di tambah lebar panjang tinggi ada di serena.

Voxy? over budget om. walaupun pengen ini sebenernya secara interior, fitur lebih bagus vs C26. tapi ya harga 2x lipatnya. kalau ambil voxy maka saya harus pakai sienta utk kerja, yg sering lewat victor serpong, parung ngilu rasanya...jalan ga rata. makanya dijual jg sienta ganti reborn utk mobil perang.
ariswp wrote: 22 Jun 2021, 17:49 siip banget om ownership experiencenya c26nya
yang diperhatikan kedepan mesinnya om, MR20DD salah satu mesin advance di jamannya (direct injection),
om saya beli c26 kondisi baru, penyakitnya itu carbon build up cepet banget
kalo sering dipake jadi genset dan macet2an/jalan santai dengan rpm yg rendah itu carbon build up cepet
gejalanya dulu punya om saya sampe gak ada tenaga dan pincang, setelah dibawa di beres ya tumpukan karbon td
kalo cvtnya c26 sejaman sama punya t32 harusnya sudah aman, beda dengan t31 yg sering overheat (limp mode) dan gejala cvt trouble di 80-90k cukup banyak (2 temen saya pelihara t31 penyakit cvtnya sama)
noted om. ini seperti yg disampaikan oleh Mbah omni.. carbon. utk CVT kata mekanik masih joss
rakyatwkwkland wrote: 22 Jun 2021, 22:11 Mantab ripiunya oom. Sangat2 jelas dan memberi pencerahan mengenai c26 :big_exellent:
Semoga mobilnya juga awet dan pakenya puas ya

Itu odometer ngebut amat. 10 Bulan jalan sampe 27.000 km....

Ane pun pernah naik c26 PFL punya orang dengan kondisi kaki2 depan dah ada orkestra gluduk2, odometer kalo gasalah posisi 70 atau 80 rb gitu. Menurut pantad ane masih tergolong cukup enak sih walau dgn kondisi kaki2 begitu. Dan tentunya plus poin di roti tawar begini adalah legaaaaa dan posisi duduk yang emang PeWe banget bagi supir maupun penumpang. Itu BBM irit juga ya ternyata masih bisa sentuh 1:9. Gak sehoror c24 yang konon ganasnya mirip2 ipah bensin awal2.

Jadi menurut oom apakah c26 ini serewel seperti image nissan di mata orang banyak, atau cukup dapat diandalkan?

Btw itu ganti shock belakang yang 1,2 jt sepasang kah? Cukup murah juga buat mobil di kelas ini. Ane pikir shock mobil harga 400 jtan begini sepasang mau 2 jutaan ke atas.
amin om. 10 bulan ini menurut saya masih oke2 aja dan ga rewel dan puas om apalagi keluarga hobi jalan. apalagi bini, minta sering pulang ke surabaya. jadi ini odo cepet karena bolak balik di tol transjawa. utk di tol C26 ini lebih irit dari Ipah vvti 2011 ane dl. kalau kecepatan di jaga maks 120 bisa 1:13 - 14. kalau sering lebih dari itu ke 1:12 ini dengan full load 4 dewasa 4 anak kecil dengan barang2 bawaanya. utk shock ane beli online om. setelah saya cek harganya sepasang 800rb. bukan 1,2
Mazda FE 1998 - Honda D13B4 - Daihatsu 3SZ-VE - Toyota 1TR-FE - Toyota 2NR-FE - Nissan MR20DD - Toyota 2GD-FTV
rakyatwkwkland
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 300
Joined: 01 Sep 2019, 16:45
Location: Jekardah
Daily Vehicle: K15B-4AT

Re: Roti Tawar Batu Makam : Sharing 10 Bulan Bersama Serena HWS 2016

Post by rakyatwkwkland »

adityabp wrote: 23 Jun 2021, 09:36
rakyatwkwkland wrote: 22 Jun 2021, 22:11 Mantab ripiunya oom. Sangat2 jelas dan memberi pencerahan mengenai c26 :big_exellent:
Semoga mobilnya juga awet dan pakenya puas ya

Itu odometer ngebut amat. 10 Bulan jalan sampe 27.000 km....

Ane pun pernah naik c26 PFL punya orang dengan kondisi kaki2 depan dah ada orkestra gluduk2, odometer kalo gasalah posisi 70 atau 80 rb gitu. Menurut pantad ane masih tergolong cukup enak sih walau dgn kondisi kaki2 begitu. Dan tentunya plus poin di roti tawar begini adalah legaaaaa dan posisi duduk yang emang PeWe banget bagi supir maupun penumpang. Itu BBM irit juga ya ternyata masih bisa sentuh 1:9. Gak sehoror c24 yang konon ganasnya mirip2 ipah bensin awal2.

Jadi menurut oom apakah c26 ini serewel seperti image nissan di mata orang banyak, atau cukup dapat diandalkan?

Btw itu ganti shock belakang yang 1,2 jt sepasang kah? Cukup murah juga buat mobil di kelas ini. Ane pikir shock mobil harga 400 jtan begini sepasang mau 2 jutaan ke atas.
Ah, gak horor kok, Saya (akhirnya) bisa kok dapet 1:7 kondisi macet hari kerja. Lukot 1:10 full load.
Yg horor tuh tarikannya, makanya banyak yg terlena.
:mky_03:
:big_biglaugh:

At least tetep lebih ngocor bensinnya c24 daripada c26 kan? 1:7 untuk standard mesin 2000 cc jaman sekarang sih udah kategori borosss. Kalau jaman itu sih mungkin masih lebih acceptable :big_grin:
User avatar
Harchi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 700
Joined: 08 Dec 2012, 17:14

Re: Roti Tawar Batu Makam : Sharing 10 Bulan Bersama Serena HWS 2016

Post by Harchi »

Enak nih review nya. Duuh bikin makin pengen punya roti tawar, sayangnya istri blm mau ganti mobil dia ke roti tawar
If you can't stop thinking about it...buy it!!!
martinnn
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2848
Joined: 17 Aug 2015, 13:32
Location: Jabodetabek
Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box

Re: Roti Tawar Batu Makam : Sharing 10 Bulan Bersama Serena HWS 2016

Post by martinnn »

nice review om :emo-big_love: :emo-big_love:
Morv.co.id ( Audio Visual Production )
Astha Jaya Indo ( Distributor LED Lamp and PJU Solar panel , interior and Lighting Designer )

https://api.whatsapp.com/send?phone=6281288415145
Pboyz97
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2975
Joined: 09 Oct 2016, 22:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: CX5 Elite 2018

Re: Roti Tawar Batu Makam : Sharing 10 Bulan Bersama Serena HWS 2016

Post by Pboyz97 »

nice review om. serena ini memang mobil MPV roti tawar yg paling nyaman dan paling empuk dikelasnya. selain itu, fiturnya juga cukup lengkap + value for money juga, walaupun driving feel dan handlingnya ga seenak voxy menurut saya
Past:
1NZFE 4AT / L15A 5AT / K24Z1 5AT / 2.0 Skyactiv 6AT / 4A91 4AT / 2NRFE CVT / K3VE 5MT / 1NRVE 5MT

Now:
2.5 SKYACTIV - G 6AT / 1.5 VTEC Turbo CVT / L15Z1 CVT
dori2802
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 159
Joined: 11 Mar 2016, 10:15

Re: Roti Tawar Batu Makam : Sharing 10 Bulan Bersama Serena HWS 2016

Post by dori2802 »

Harchi wrote: 23 Jun 2021, 15:49 Enak nih review nya. Duuh bikin makin pengen punya roti tawar, sayangnya istri blm mau ganti mobil dia ke roti tawar
racunin om. skali2 ajak test drive biar ngrasain nyamannya naik roti tawar.. saya semakin niat ambil roti tawar pas nekad beli sienta dan ngrasain sienta..
martinnn wrote: 23 Jun 2021, 17:04 nice review om :emo-big_love: :emo-big_love:
thanks Om...
Pboyz97 wrote: 24 Jun 2021, 14:22 nice review om. serena ini memang mobil MPV roti tawar yg paling nyaman dan paling empuk dikelasnya. selain itu, fiturnya juga cukup lengkap + value for money juga, walaupun driving feel dan handlingnya ga seenak voxy menurut saya
kalau bini pengen ganti Voxy karena lihat double sunroofnya... :mky_01:
Mazda FE 1998 - Honda D13B4 - Daihatsu 3SZ-VE - Toyota 1TR-FE - Toyota 2NR-FE - Nissan MR20DD - Toyota 2GD-FTV
Pboyz97
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2975
Joined: 09 Oct 2016, 22:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: CX5 Elite 2018

Re: Roti Tawar Batu Makam : Sharing 10 Bulan Bersama Serena HWS 2016

Post by Pboyz97 »

dori2802 wrote: 24 Jun 2021, 14:37

kalau bini pengen ganti Voxy karena lihat double sunroofnya... :mky_01:
Kalo gamasalah sm kenyamanan dan bantingan suspensinya yg ga seenak serena, go for it. Mobil ini juga fiturnya lumayan lengkap dan surprisingly cukup enak disetir buat ukuran MPV boxy menurut saya. Dulu pas tahun 2019 lalu saya hampir beli voxy juga buat gantiin CX5 2.0 2013 Gen 1 saya sebelumnya karena sliding door elektriknya jadi ibu saya gampang kalo mau keluar masuk mobilnya ( dan dirumah udh ada AN CX5 Elite 2018 juga) . Cuma karena bapak saya kurang suka dengan posisi nyetirnya yg agak tinggi akhirnya SPK CRV Turbo prestige yg saya pake sampe sekarang hehehe
Past:
1NZFE 4AT / L15A 5AT / K24Z1 5AT / 2.0 Skyactiv 6AT / 4A91 4AT / 2NRFE CVT / K3VE 5MT / 1NRVE 5MT

Now:
2.5 SKYACTIV - G 6AT / 1.5 VTEC Turbo CVT / L15Z1 CVT
pandamen
Newbie
Newbie
Posts: 11
Joined: 05 Mar 2019, 15:08
Location: DKI Jakarta
Daily Vehicle: Suzuki Ertiga

Re: Roti Tawar Batu Makam : Sharing 10 Bulan Bersama Serena HWS 2016

Post by pandamen »

Tx sharingnya om, keep update dailynya yak. opsi menarik buat mobil keluarga ini
dori2802
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 159
Joined: 11 Mar 2016, 10:15

Re: Roti Tawar Batu Makam : Sharing 10 Bulan Bersama Serena HWS 2016

Post by dori2802 »

Pboyz97 wrote: 24 Jun 2021, 15:25 Kalo gamasalah sm kenyamanan dan bantingan suspensinya yg ga seenak serena, go for it. Mobil ini juga fiturnya lumayan lengkap dan surprisingly cukup enak disetir buat ukuran MPV boxy menurut saya. Dulu pas tahun 2019 lalu saya hampir beli voxy juga buat gantiin CX5 2.0 2013 Gen 1 saya sebelumnya karena sliding door elektriknya jadi ibu saya gampang kalo mau keluar masuk mobilnya ( dan dirumah udh ada AN CX5 Elite 2018 juga) . Cuma karena bapak saya kurang suka dengan posisi nyetirnya yg agak tinggi akhirnya SPK CRV Turbo prestige yg saya pake sampe sekarang hehehe
tq infonya. note om.. kalau nyaman ttp serena yak...
pandamen wrote: 24 Jun 2021, 15:36 Tx sharingnya om, keep update dailynya yak. opsi menarik buat mobil keluarga ini
siap Om. kalau buat keluarga.. anak2 pasti suka om... karena nyaman dan leganya itu.. innova reborn aja terkesan sempit kalau vs ini.
Mazda FE 1998 - Honda D13B4 - Daihatsu 3SZ-VE - Toyota 1TR-FE - Toyota 2NR-FE - Nissan MR20DD - Toyota 2GD-FTV
Pboyz97
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2975
Joined: 09 Oct 2016, 22:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: CX5 Elite 2018

Re: Roti Tawar Batu Makam : Sharing 10 Bulan Bersama Serena HWS 2016

Post by Pboyz97 »

dori2802 wrote: 25 Jun 2021, 09:15

tq infonya. note om.. kalau nyaman ttp serena yak...

iya om , masih lebih nyaman serena dibanding voxy, kebetulan udh pernah test drive keduanya. cuma kalo soal driving feel dan handling, lebih enak voxy dibanding serena menurut saya hehehe
Past:
1NZFE 4AT / L15A 5AT / K24Z1 5AT / 2.0 Skyactiv 6AT / 4A91 4AT / 2NRFE CVT / K3VE 5MT / 1NRVE 5MT

Now:
2.5 SKYACTIV - G 6AT / 1.5 VTEC Turbo CVT / L15Z1 CVT
Venturtle
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1599
Joined: 25 Jan 2017, 16:12

Re: Roti Tawar Batu Makam : Sharing 10 Bulan Bersama Serena HWS 2016

Post by Venturtle »

nice review, om :mky_02:
Post Reply