3 years w/ nissan all new grand livina xv cvt 2013 L11 sisilver

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11280
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: 3 years w/ nissan all new grand livina xv cvt 2013 L11 sisilver

Post by Omnibus »

YanuarS wrote: 19 Jul 2021, 13:13
Omnibus wrote: 16 Jul 2021, 16:47
YanuarS wrote: 16 Jul 2021, 10:53 Pernah punya lipindut ANGL ini dari tahun 2014 sampai tahun 2017 sebelum ganti ke Ertiga Dreza buat operasional bini ke pasar dan antar jemput bocil sekolah. Pertimbangan ganti ke Ertiga waktu itu karena merasa kurang lega di lipindut. setelah ganti Ertiga memang lebih lega, tapi ternyata perasaan ane mesinnnya lebih ressponsif ANGL CVT dibanding Ertiga matic. bahan bakar yang dipakai sama (Pertamax 92). Untuk kenyamanan jelas lebih nyaman ANGL. cuman rawan gasruk di poldur dibandingkan Ertiga. soalnya jalur ke sekolah bocil ane dulu banyak poldur. untuk keiritan bahan bakar lebih irit Ertiga.
karena pingin yang lebih nyaman lagi dan sekolah bocil udah pindah ke lokasi yang lebih forgiving untuk mobil yang rendah, sempat kepikir beli ganti Ertiga dengan ANGL lagi, sayangnya ANGL sudah gak keluar baru. Akhirnya ganti Xtrail buat bini. karena kurang suka designnya lipindut yg satu platform sama espandir. Espandir lebih gak suka lagi designya. maklum selera kami memang aneh ... wkwkwk
xtrail yg model apa om? dan yg cc brp?

gmn dipakai antar sekolah bocil, bensinnya? dulu istri sy sy ksh serena c26 sih lumayan engap ngasih minumnya. wkwkwk
All New Xtrail Om, yang 2.0. Lumayan juga sih bedanya, rata rata sekitar 1:10 - 1:11 konsumsi BBM nya (sama pakai Pertamax Ron 92). Kalau Ertiga bisa rata rata 1:14.
wah mayan irit tuh om pdhl mesin sama dgn c26. sy dulu dpt cuma 1:6-7 hehehe.
YaS
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 142
Joined: 26 Jan 2016, 09:24

Re: 3 years w/ nissan all new grand livina xv cvt 2013 L11 sisilver

Post by YaS »

Omnibus wrote: 19 Jul 2021, 13:17
YanuarS wrote: 19 Jul 2021, 13:13
Omnibus wrote: 16 Jul 2021, 16:47

xtrail yg model apa om? dan yg cc brp?

gmn dipakai antar sekolah bocil, bensinnya? dulu istri sy sy ksh serena c26 sih lumayan engap ngasih minumnya. wkwkwk
All New Xtrail Om, yang 2.0. Lumayan juga sih bedanya, rata rata sekitar 1:10 - 1:11 konsumsi BBM nya (sama pakai Pertamax Ron 92). Kalau Ertiga bisa rata rata 1:14.
wah mayan irit tuh om pdhl mesin sama dgn c26. sy dulu dpt cuma 1:6-7 hehehe.
Mungkin karena traffic di kota ane relatif lancar Om. Kebetulan rumah ane juga di pinggiran kota. Dalam kota pun kalau sebelum jam 7 pagi masih gampang banget ngejogging 120 - 140 KM/h
Venturtle
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2107
Joined: 25 Jan 2017, 16:12

Re: 3 years w/ nissan all new grand livina xv cvt 2013 L11 sisilver

Post by Venturtle »

nice review, om.. :mky_02:
aryoajiwibowo
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 111
Joined: 12 Feb 2016, 14:50

Re: 3 years w/ nissan all new grand livina xv cvt 2013 L11 sisilver

Post by aryoajiwibowo »

Pintu bagasi nya gimana om.... Py saya 2017 dah kriet2 gak karauan cmn saya cuekkin aja ha..ha....dan kaki2 dah mulai glodakan normal sih saya hidup di kalimantan dg jalanan yg horor penuh kejutan lobang2 dalem xi..xi...
:big_smoking:
indraisk
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 20
Joined: 28 Jan 2015, 23:21

Re: 3 years w/ nissan all new grand livina xv cvt 2013 L11 sisilver

Post by indraisk »

Venturtle wrote: 19 Jul 2021, 17:38 nice review, om.. :mky_02:
thanks om
aryoajiwibowo wrote: 20 Jul 2021, 21:54 Pintu bagasi nya gimana om.... Py saya 2017 dah kriet2 gak karauan cmn saya cuekkin aja ha..ha....dan kaki2 dah mulai glodakan normal sih saya hidup di kalimantan dg jalanan yg horor penuh kejutan lobang2 dalem xi..xi...
pintu bagasi gimana emang om? sejauh ini belum ada masalah baik noise dari pintu ataupun shock pintu yang lemah
wih kaki2 coba rada diperiksa dikit2 om, gaenak juga kalau bawa mobil gelodakan itu kaki2
kalimantan jalannya wow ya om?
aryoajiwibowo
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 111
Joined: 12 Feb 2016, 14:50

Re: 3 years w/ nissan all new grand livina xv cvt 2013 L11 sisilver

Post by aryoajiwibowo »

aryoajiwibowo wrote: 20 Jul 2021, 21:54 Pintu bagasi nya gimana om.... Py saya 2017 dah kriet2 gak karauan cmn saya cuekkin aja ha..ha....dan kaki2 dah mulai glodakan normal sih saya hidup di kalimantan dg jalanan yg horor penuh kejutan lobang2 dalem xi..xi...
pintu bagasi gimana emang om? sejauh ini belum ada masalah baik noise dari pintu ataupun shock pintu yang lemah
wih kaki2 coba rada diperiksa dikit2 om, gaenak juga kalau bawa mobil gelodakan itu kaki2
kalimantan jalannya wow ya om?
[/quote]

Saya tipikal asal pake aja om he.... Pokoke pintunya kl kita lewatin jalan jelek belom tentu bunyi tapi kl lewat jalanan yg bumpy ... Keluar bunyi kriet2 ha..ha...aneh udh ak subal cantolannya pake isolasi/lakban ttp aja bunyi dah biarin aja dah kwk...kwk...
:big_smoking:
Greenhunter
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 521
Joined: 25 Aug 2014, 21:12

Re: 3 years w/ nissan all new grand livina xv cvt 2013 L11 sisilver

Post by Greenhunter »

YanuarS wrote: 19 Jul 2021, 13:13
Omnibus wrote: 16 Jul 2021, 16:47 xtrail yg model apa om? dan yg cc brp?
gmn dipakai antar sekolah bocil, bensinnya? dulu istri sy sy ksh serena c26 sih lumayan engap ngasih minumnya. wkwkwk
All New Xtrail Om, yang 2.0. Lumayan juga sih bedanya, rata rata sekitar 1:10 - 1:11 konsumsi BBM nya (sama pakai Pertamax Ron 92). Kalau Ertiga bisa rata rata 1:14.
Pakai all new Xtrail apakahbmengalami gejala ac tidak dingin kalau dipakai di highspeed / tol / keluar kota om ?
Pernah ada yang buat trit kalau all new xtrail acbtdk dingin kalau dipakai di tol
YaS
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 142
Joined: 26 Jan 2016, 09:24

Re: 3 years w/ nissan all new grand livina xv cvt 2013 L11 sisilver

Post by YaS »

Greenhunter wrote: 29 Jul 2021, 22:46
YanuarS wrote: 19 Jul 2021, 13:13
Omnibus wrote: 16 Jul 2021, 16:47 xtrail yg model apa om? dan yg cc brp?
gmn dipakai antar sekolah bocil, bensinnya? dulu istri sy sy ksh serena c26 sih lumayan engap ngasih minumnya. wkwkwk
All New Xtrail Om, yang 2.0. Lumayan juga sih bedanya, rata rata sekitar 1:10 - 1:11 konsumsi BBM nya (sama pakai Pertamax Ron 92). Kalau Ertiga bisa rata rata 1:14.
Pakai all new Xtrail apakahbmengalami gejala ac tidak dingin kalau dipakai di highspeed / tol / keluar kota om ?
Pernah ada yang buat trit kalau all new xtrail acbtdk dingin kalau dipakai di tol
Gak pernah sih Om. hanya saja Evap mobil bini ane udah ganti bulan kemarin. Evap bocor, gejalanya bau tidak sedap ketika pertama kali AC dihidupkan. Tapi gak begitu ngaruh di dinginnya AC. masih tetap dingin. Bagusnya sistem AC Xtrail ini olinya pakai Oli yang ada dluorescenta. jadi bisa ketahuan langsung kalau evap bocor meskipun secara fisik masih kelihatan bagus.
Bongkar pasangnya ribet.. musti bongkar seluruh dashboard dan head unit.

Tapi mobil kakak ane yang lebih tua setahun, belum ada gejala evap bocor. Untung untungan juga kayaknya.
fajarrian
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 607
Joined: 23 Dec 2020, 03:35
Daily Vehicle: xpander cross - suzuki splash
Contact:

Re: 3 years w/ nissan all new grand livina xv cvt 2013 L11 sisilver

Post by fajarrian »

wah ada yang bahas lipina, mau ikutan juga ah
mau share dikit pengalaman saya 13 tahun pake livina (6 tahun L10 1.8 MT 6speed & 7 Tahun L11 1.5 CVT HWS) semuanya saya beli dan pakai dari baru
kalo L10 kayanya skip aja yaaa soalnya saya udah ga nyimpen arsip fotonya
IMG_1689.jpg
IMG_1689.jpg (852.31 KiB) Viewed 985 times
IMG_2148.jpg
IMG_2148.jpg (132 KiB) Viewed 985 times

L11 CVT, jujur ini mobil matic pertama saya dan "CVT".
awal pas ambil mobil di showroom bawa balik kerumah, ebuset ini mobil lemot banget asli, bawaanya pengen bejek gas dalem2, pokoya rpm di 2000-3000 terus. otomatis fuel consumtion cuma dapet 1:8-9 di dalkot (padahal claimnya katanya bisa 1:15).
setelah beberapa bulan pakai udah mulai terbiasa akhirnya, udah bisa dapet 1:12-13 luar kota bisa 1:16-18
hal pertama saya lakuin pas mobil dateng, langsung copotin semua bodykit, karena gasruk mulu

livina saya full standar, part aftermarket yang kepasang cuma front strutbar doang copotan dari L10 yang lama
IMG_1666.jpg
IMG_1666.jpg (765.71 KiB) Viewed 984 times

kelemahan mesin mobil ini, kayanya semua orang udah pada tau, yaitu: Tanjakan dan ngelitik
butuh skill khusus buat libas tanjakan pake cvt lipina, dibejek gas dalem percuma gabakal laju mobilnya. Tanjakan yang paling parah yang udah pernah saya lewatin pake mobil ini sih cuma jalur mau ke pasir putih (gatau ini udah termasuk parah belum yaa?) dengan muatan 5 orang, alhamdulillah bisa naik walaupun keringet dingin nyetirnya

sofar livina L11 CVT enak banget, nyaman, kaki2 empuk, buat libas tol apalagi tol trans jawa, jalan 160 rpm cuma di 2800an, bensin irit pol, oh iya bensin saya selalu pertalite hampir ga pernah ngelitik sih (sesekali doang) dan mobil ini hampir ga pernah manja.
selama saya pakai sampe 105.000km parts yang udah saya ganti
-kaki2 full ganti (kecuali shock depan dan belakang) shock bawaanya kuat banget udah sampe 100rb km lebih masih empuk gada bocor sama sekali
- Rekondisi rack steer
-selongsong koil 4pcs
-fuel pump

nih mobil kampret banget, pernah mogok 500m dari rumah, masih di dalem komplek gara gara fuel pump mati. akhirnya digendong towing deh
IMG_1607.jpg
IMG_1607.jpg (165.75 KiB) Viewed 985 times
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: 3 years w/ nissan all new grand livina xv cvt 2013 L11 sisilver

Post by DOHC »

fajarrian wrote: 30 Jul 2021, 17:21 wah ada yang bahas lipina, mau ikutan juga ah
mau share dikit pengalaman saya 13 tahun pake livina (6 tahun L10 1.8 MT 6speed & 7 Tahun L11 1.5 CVT HWS) semuanya saya beli dan pakai dari baru
kalo L10 kayanya skip aja yaaa soalnya saya udah ga nyimpen arsip fotonya
IMG_1689.jpg
IMG_2148.jpg


L11 CVT, jujur ini mobil matic pertama saya dan "CVT".
awal pas ambil mobil di showroom bawa balik kerumah, ebuset ini mobil lemot banget asli, bawaanya pengen bejek gas dalem2, pokoya rpm di 2000-3000 terus. otomatis fuel consumtion cuma dapet 1:8-9 di dalkot (padahal claimnya katanya bisa 1:15).
setelah beberapa bulan pakai udah mulai terbiasa akhirnya, udah bisa dapet 1:12-13 luar kota bisa 1:16-18
hal pertama saya lakuin pas mobil dateng, langsung copotin semua bodykit, karena gasruk mulu

livina saya full standar, part aftermarket yang kepasang cuma front strutbar doang copotan dari L10 yang lama
IMG_1666.jpg


kelemahan mesin mobil ini, kayanya semua orang udah pada tau, yaitu: Tanjakan dan ngelitik
butuh skill khusus buat libas tanjakan pake cvt lipina, dibejek gas dalem percuma gabakal laju mobilnya. Tanjakan yang paling parah yang udah pernah saya lewatin pake mobil ini sih cuma jalur mau ke pasir putih (gatau ini udah termasuk parah belum yaa?) dengan muatan 5 orang, alhamdulillah bisa naik walaupun keringet dingin nyetirnya

sofar livina L11 CVT enak banget, nyaman, kaki2 empuk, buat libas tol apalagi tol trans jawa, jalan 160 rpm cuma di 2800an, bensin irit pol, oh iya bensin saya selalu pertalite hampir ga pernah ngelitik sih (sesekali doang) dan mobil ini hampir ga pernah manja.
selama saya pakai sampe 105.000km parts yang udah saya ganti
-kaki2 full ganti (kecuali shock depan dan belakang) shock bawaanya kuat banget udah sampe 100rb km lebih masih empuk gada bocor sama sekali
- Rekondisi rack steer
-selongsong koil 4pcs
-fuel pump

nih mobil kampret banget, pernah mogok 500m dari rumah, masih di dalem komplek gara gara fuel pump mati. akhirnya digendong towing deh
IMG_1607.jpg
strut bar alutec ??

jangan2 bekas anggota nlc nehh :mky_03: :mky_03: :mky_03: :mky_03:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
syakur
Newbie
Newbie
Posts: 13
Joined: 15 Dec 2012, 08:01

Re: 3 years w/ nissan all new grand livina xv cvt 2013 L11 sisilver

Post by syakur »

Saya pernah punya grand livina angkatan pertama yg 1800 cc..
itu mobil enak banget, empuk, senyap, serta tenagaganya badak tapi lumayan irit..
saya pakai 2007 - 2011.. km gondrong sampai 180.000
nggak pernah ada masalah... perawatan di bengkel resmi nissan sukarno hatta bandung.
dijual karema krn dianggap cape takut merongrong.
fajarrian
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 607
Joined: 23 Dec 2020, 03:35
Daily Vehicle: xpander cross - suzuki splash
Contact:

Re: 3 years w/ nissan all new grand livina xv cvt 2013 L11 sisilver

Post by fajarrian »

DOHC wrote: 30 Jul 2021, 18:04
fajarrian wrote: 30 Jul 2021, 17:21 wah ada yang bahas lipina, mau ikutan juga ah
mau share dikit pengalaman saya 13 tahun pake livina (6 tahun L10 1.8 MT 6speed & 7 Tahun L11 1.5 CVT HWS) semuanya saya beli dan pakai dari baru
kalo L10 kayanya skip aja yaaa soalnya saya udah ga nyimpen arsip fotonya
IMG_1689.jpg
IMG_2148.jpg


L11 CVT, jujur ini mobil matic pertama saya dan "CVT".
awal pas ambil mobil di showroom bawa balik kerumah, ebuset ini mobil lemot banget asli, bawaanya pengen bejek gas dalem2, pokoya rpm di 2000-3000 terus. otomatis fuel consumtion cuma dapet 1:8-9 di dalkot (padahal claimnya katanya bisa 1:15).
setelah beberapa bulan pakai udah mulai terbiasa akhirnya, udah bisa dapet 1:12-13 luar kota bisa 1:16-18
hal pertama saya lakuin pas mobil dateng, langsung copotin semua bodykit, karena gasruk mulu

livina saya full standar, part aftermarket yang kepasang cuma front strutbar doang copotan dari L10 yang lama
IMG_1666.jpg


kelemahan mesin mobil ini, kayanya semua orang udah pada tau, yaitu: Tanjakan dan ngelitik
butuh skill khusus buat libas tanjakan pake cvt lipina, dibejek gas dalem percuma gabakal laju mobilnya. Tanjakan yang paling parah yang udah pernah saya lewatin pake mobil ini sih cuma jalur mau ke pasir putih (gatau ini udah termasuk parah belum yaa?) dengan muatan 5 orang, alhamdulillah bisa naik walaupun keringet dingin nyetirnya

sofar livina L11 CVT enak banget, nyaman, kaki2 empuk, buat libas tol apalagi tol trans jawa, jalan 160 rpm cuma di 2800an, bensin irit pol, oh iya bensin saya selalu pertalite hampir ga pernah ngelitik sih (sesekali doang) dan mobil ini hampir ga pernah manja.
selama saya pakai sampe 105.000km parts yang udah saya ganti
-kaki2 full ganti (kecuali shock depan dan belakang) shock bawaanya kuat banget udah sampe 100rb km lebih masih empuk gada bocor sama sekali
- Rekondisi rack steer
-selongsong koil 4pcs
-fuel pump

nih mobil kampret banget, pernah mogok 500m dari rumah, masih di dalem komplek gara gara fuel pump mati. akhirnya digendong towing deh
IMG_1607.jpg
strut bar alutec ??

jangan2 bekas anggota nlc nehh :mky_03: :mky_03: :mky_03: :mky_03:
yah ketauan kan :big_blushing:
mhbbi
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 108
Joined: 19 Dec 2016, 07:19

Re: 3 years w/ nissan all new grand livina xv cvt 2013 L11 sisilver

Post by mhbbi »

mau tanya om..kalau cvt ANGL L11 kalau masuk posisi R kok terasa jeduk saat mesin belum panas itu karena apa ya ? kalau mesin sudah temperature normal jeduknya berkurang tapi masih sedikit terasa

posisi mobil baru dapat sebulanan posisi km 84rb, padahal sudah saya ganti filter oli cvt dan flushing oli cvt nya pakai kixx cvtf yang di websitenya bisa digunakan untuk cvt nissan Ns 3

terimakasih 🙏
Spies
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 453
Joined: 11 Feb 2021, 13:17
Location: Cilacap

Re: 3 years w/ nissan all new grand livina xv cvt 2013 L11 sisilver

Post by Spies »

fajarrian wrote: 30 Jul 2021, 17:21 wah ada yang bahas lipina, mau ikutan juga ah
mau share dikit pengalaman saya 13 tahun pake livina (6 tahun L10 1.8 MT 6speed & 7 Tahun L11 1.5 CVT HWS) semuanya saya beli dan pakai dari baru
kalo L10 kayanya skip aja yaaa soalnya saya udah ga nyimpen arsip fotonya
IMG_1689.jpg
IMG_2148.jpg


L11 CVT, jujur ini mobil matic pertama saya dan "CVT".
awal pas ambil mobil di showroom bawa balik kerumah, ebuset ini mobil lemot banget asli, bawaanya pengen bejek gas dalem2, pokoya rpm di 2000-3000 terus. otomatis fuel consumtion cuma dapet 1:8-9 di dalkot (padahal claimnya katanya bisa 1:15).
setelah beberapa bulan pakai udah mulai terbiasa akhirnya, udah bisa dapet 1:12-13 luar kota bisa 1:16-18
hal pertama saya lakuin pas mobil dateng, langsung copotin semua bodykit, karena gasruk mulu

livina saya full standar, part aftermarket yang kepasang cuma front strutbar doang copotan dari L10 yang lama
IMG_1666.jpg


kelemahan mesin mobil ini, kayanya semua orang udah pada tau, yaitu: Tanjakan dan ngelitik
butuh skill khusus buat libas tanjakan pake cvt lipina, dibejek gas dalem percuma gabakal laju mobilnya. Tanjakan yang paling parah yang udah pernah saya lewatin pake mobil ini sih cuma jalur mau ke pasir putih (gatau ini udah termasuk parah belum yaa?) dengan muatan 5 orang, alhamdulillah bisa naik walaupun keringet dingin nyetirnya

sofar livina L11 CVT enak banget, nyaman, kaki2 empuk, buat libas tol apalagi tol trans jawa, jalan 160 rpm cuma di 2800an, bensin irit pol, oh iya bensin saya selalu pertalite hampir ga pernah ngelitik sih (sesekali doang) dan mobil ini hampir ga pernah manja.
selama saya pakai sampe 105.000km parts yang udah saya ganti
-kaki2 full ganti (kecuali shock depan dan belakang) shock bawaanya kuat banget udah sampe 100rb km lebih masih empuk gada bocor sama sekali
- Rekondisi rack steer
-selongsong koil 4pcs
-fuel pump

nih mobil kampret banget, pernah mogok 500m dari rumah, masih di dalem komplek gara gara fuel pump mati. akhirnya digendong towing deh
IMG_1607.jpg
HWS memang ganteng :big_love:

Ini beneran pake pertalite terus om?
L10 saya biasa pake pertamax, pernah nyoba pake pertalite kok tenaga kerasa ngedrop yah..
Kebetulan tinggal di antara gunung2 :big_biglaugh: jadi lumayan kerasa kalo ada ngedrop
fajarrian
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 607
Joined: 23 Dec 2020, 03:35
Daily Vehicle: xpander cross - suzuki splash
Contact:

Re: 3 years w/ nissan all new grand livina xv cvt 2013 L11 sisilver

Post by fajarrian »

Spies wrote: 06 Aug 2021, 07:44
fajarrian wrote: 30 Jul 2021, 17:21 wah ada yang bahas lipina, mau ikutan juga ah
mau share dikit pengalaman saya 13 tahun pake livina (6 tahun L10 1.8 MT 6speed & 7 Tahun L11 1.5 CVT HWS) semuanya saya beli dan pakai dari baru
kalo L10 kayanya skip aja yaaa soalnya saya udah ga nyimpen arsip fotonya
IMG_1689.jpg
IMG_2148.jpg


L11 CVT, jujur ini mobil matic pertama saya dan "CVT".
awal pas ambil mobil di showroom bawa balik kerumah, ebuset ini mobil lemot banget asli, bawaanya pengen bejek gas dalem2, pokoya rpm di 2000-3000 terus. otomatis fuel consumtion cuma dapet 1:8-9 di dalkot (padahal claimnya katanya bisa 1:15).
setelah beberapa bulan pakai udah mulai terbiasa akhirnya, udah bisa dapet 1:12-13 luar kota bisa 1:16-18
hal pertama saya lakuin pas mobil dateng, langsung copotin semua bodykit, karena gasruk mulu

livina saya full standar, part aftermarket yang kepasang cuma front strutbar doang copotan dari L10 yang lama
IMG_1666.jpg


kelemahan mesin mobil ini, kayanya semua orang udah pada tau, yaitu: Tanjakan dan ngelitik
butuh skill khusus buat libas tanjakan pake cvt lipina, dibejek gas dalem percuma gabakal laju mobilnya. Tanjakan yang paling parah yang udah pernah saya lewatin pake mobil ini sih cuma jalur mau ke pasir putih (gatau ini udah termasuk parah belum yaa?) dengan muatan 5 orang, alhamdulillah bisa naik walaupun keringet dingin nyetirnya

sofar livina L11 CVT enak banget, nyaman, kaki2 empuk, buat libas tol apalagi tol trans jawa, jalan 160 rpm cuma di 2800an, bensin irit pol, oh iya bensin saya selalu pertalite hampir ga pernah ngelitik sih (sesekali doang) dan mobil ini hampir ga pernah manja.
selama saya pakai sampe 105.000km parts yang udah saya ganti
-kaki2 full ganti (kecuali shock depan dan belakang) shock bawaanya kuat banget udah sampe 100rb km lebih masih empuk gada bocor sama sekali
- Rekondisi rack steer
-selongsong koil 4pcs
-fuel pump

nih mobil kampret banget, pernah mogok 500m dari rumah, masih di dalem komplek gara gara fuel pump mati. akhirnya digendong towing deh
IMG_1607.jpg
HWS memang ganteng :big_love:

Ini beneran pake pertalite terus om?
L10 saya biasa pake pertamax, pernah nyoba pake pertalite kok tenaga kerasa ngedrop yah..
Kebetulan tinggal di antara gunung2 :big_biglaugh: jadi lumayan kerasa kalo ada ngedrop
awal2 pas baru beli mah pertamax terus om, belum ada pertalite. pas udah ada pertalite pake pertalite terus gapernah pertamax lagi wkwkwk :big_biglaugh:
indraisk
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 20
Joined: 28 Jan 2015, 23:21

Re: 3 years w/ nissan all new grand livina xv cvt 2013 L11 sisilver

Post by indraisk »

fajarrian wrote: 30 Jul 2021, 17:21 wah ada yang bahas lipina, mau ikutan juga ah
mau share dikit pengalaman saya 13 tahun pake livina (6 tahun L10 1.8 MT 6speed & 7 Tahun L11 1.5 CVT HWS) semuanya saya beli dan pakai dari baru
kalo L10 kayanya skip aja yaaa soalnya saya udah ga nyimpen arsip fotonya
IMG_1689.jpg
IMG_2148.jpg


L11 CVT, jujur ini mobil matic pertama saya dan "CVT".
awal pas ambil mobil di showroom bawa balik kerumah, ebuset ini mobil lemot banget asli, bawaanya pengen bejek gas dalem2, pokoya rpm di 2000-3000 terus. otomatis fuel consumtion cuma dapet 1:8-9 di dalkot (padahal claimnya katanya bisa 1:15).
setelah beberapa bulan pakai udah mulai terbiasa akhirnya, udah bisa dapet 1:12-13 luar kota bisa 1:16-18
hal pertama saya lakuin pas mobil dateng, langsung copotin semua bodykit, karena gasruk mulu

livina saya full standar, part aftermarket yang kepasang cuma front strutbar doang copotan dari L10 yang lama
IMG_1666.jpg


kelemahan mesin mobil ini, kayanya semua orang udah pada tau, yaitu: Tanjakan dan ngelitik
butuh skill khusus buat libas tanjakan pake cvt lipina, dibejek gas dalem percuma gabakal laju mobilnya. Tanjakan yang paling parah yang udah pernah saya lewatin pake mobil ini sih cuma jalur mau ke pasir putih (gatau ini udah termasuk parah belum yaa?) dengan muatan 5 orang, alhamdulillah bisa naik walaupun keringet dingin nyetirnya

sofar livina L11 CVT enak banget, nyaman, kaki2 empuk, buat libas tol apalagi tol trans jawa, jalan 160 rpm cuma di 2800an, bensin irit pol, oh iya bensin saya selalu pertalite hampir ga pernah ngelitik sih (sesekali doang) dan mobil ini hampir ga pernah manja.
selama saya pakai sampe 105.000km parts yang udah saya ganti
-kaki2 full ganti (kecuali shock depan dan belakang) shock bawaanya kuat banget udah sampe 100rb km lebih masih empuk gada bocor sama sekali
- Rekondisi rack steer
-selongsong koil 4pcs
-fuel pump

nih mobil kampret banget, pernah mogok 500m dari rumah, masih di dalem komplek gara gara fuel pump mati. akhirnya digendong towing deh
IMG_1607.jpg
wih ada suhu grand livina nih, salken om
L11 masih ada nih om? pas fuelpump mati ada gejala dulu engga om? di km berapa ya?

alhamdulillah selama pakai L11 belum pernah ngerasain gakuat nanjak sih om
yogya kota - pantai indrayanti (pergi lewan kulon progo pulang lewat bantul)
yogya - tegal lewat banjarnegara, purbalingga, dst sampe ke slawi
jakarta - puncak - jalur2 pedesaan alternatif di puncak - cianjur - jakarta
alhamdulillah lancar jaya
syakur wrote: 30 Jul 2021, 18:24 Saya pernah punya grand livina angkatan pertama yg 1800 cc..
itu mobil enak banget, empuk, senyap, serta tenagaganya badak tapi lumayan irit..
saya pakai 2007 - 2011.. km gondrong sampai 180.000
nggak pernah ada masalah... perawatan di bengkel resmi nissan sukarno hatta bandung.
dijual karema krn dianggap cape takut merongrong.
setuju sama om ini, wih sampe 180k gitu km nya udah jalan kemana aja tuh om
sekarang pake apa om?
mhbbi wrote: 04 Aug 2021, 08:11 mau tanya om..kalau cvt ANGL L11 kalau masuk posisi R kok terasa jeduk saat mesin belum panas itu karena apa ya ? kalau mesin sudah temperature normal jeduknya berkurang tapi masih sedikit terasa

posisi mobil baru dapat sebulanan posisi km 84rb, padahal sudah saya ganti filter oli cvt dan flushing oli cvt nya pakai kixx cvtf yang di websitenya bisa digunakan untuk cvt nissan Ns 3

terimakasih 🙏
coba sebelum matiin mesin dan narik rem tangan urutannya dibenerin dulu om
1. berhentiin mobil
2. posisi perseneling ke N
3. tarik rem tangan
4. geser perseneling ke P
5. matiin mesin
fajarrian
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 607
Joined: 23 Dec 2020, 03:35
Daily Vehicle: xpander cross - suzuki splash
Contact:

Re: 3 years w/ nissan all new grand livina xv cvt 2013 L11 sisilver

Post by fajarrian »

indraisk wrote: 13 Aug 2021, 22:25
fajarrian wrote: 30 Jul 2021, 17:21 wah ada yang bahas lipina, mau ikutan juga ah
mau share dikit pengalaman saya 13 tahun pake livina (6 tahun L10 1.8 MT 6speed & 7 Tahun L11 1.5 CVT HWS) semuanya saya beli dan pakai dari baru
kalo L10 kayanya skip aja yaaa soalnya saya udah ga nyimpen arsip fotonya
IMG_1689.jpg
IMG_2148.jpg


L11 CVT, jujur ini mobil matic pertama saya dan "CVT".
awal pas ambil mobil di showroom bawa balik kerumah, ebuset ini mobil lemot banget asli, bawaanya pengen bejek gas dalem2, pokoya rpm di 2000-3000 terus. otomatis fuel consumtion cuma dapet 1:8-9 di dalkot (padahal claimnya katanya bisa 1:15).
setelah beberapa bulan pakai udah mulai terbiasa akhirnya, udah bisa dapet 1:12-13 luar kota bisa 1:16-18
hal pertama saya lakuin pas mobil dateng, langsung copotin semua bodykit, karena gasruk mulu

livina saya full standar, part aftermarket yang kepasang cuma front strutbar doang copotan dari L10 yang lama
IMG_1666.jpg


kelemahan mesin mobil ini, kayanya semua orang udah pada tau, yaitu: Tanjakan dan ngelitik
butuh skill khusus buat libas tanjakan pake cvt lipina, dibejek gas dalem percuma gabakal laju mobilnya. Tanjakan yang paling parah yang udah pernah saya lewatin pake mobil ini sih cuma jalur mau ke pasir putih (gatau ini udah termasuk parah belum yaa?) dengan muatan 5 orang, alhamdulillah bisa naik walaupun keringet dingin nyetirnya

sofar livina L11 CVT enak banget, nyaman, kaki2 empuk, buat libas tol apalagi tol trans jawa, jalan 160 rpm cuma di 2800an, bensin irit pol, oh iya bensin saya selalu pertalite hampir ga pernah ngelitik sih (sesekali doang) dan mobil ini hampir ga pernah manja.
selama saya pakai sampe 105.000km parts yang udah saya ganti
-kaki2 full ganti (kecuali shock depan dan belakang) shock bawaanya kuat banget udah sampe 100rb km lebih masih empuk gada bocor sama sekali
- Rekondisi rack steer
-selongsong koil 4pcs
-fuel pump

nih mobil kampret banget, pernah mogok 500m dari rumah, masih di dalem komplek gara gara fuel pump mati. akhirnya digendong towing deh
IMG_1607.jpg
wih ada suhu grand livina nih, salken om
L11 masih ada nih om? pas fuelpump mati ada gejala dulu engga om? di km berapa ya?

alhamdulillah selama pakai L11 belum pernah ngerasain gakuat nanjak sih om
yogya kota - pantai indrayanti (pergi lewan kulon progo pulang lewat bantul)
yogya - tegal lewat banjarnegara, purbalingga, dst sampe ke slawi
jakarta - puncak - jalur2 pedesaan alternatif di puncak - cianjur - jakarta
alhamdulillah lancar jaya
syakur wrote: 30 Jul 2021, 18:24 Saya pernah punya grand livina angkatan pertama yg 1800 cc..
itu mobil enak banget, empuk, senyap, serta tenagaganya badak tapi lumayan irit..
saya pakai 2007 - 2011.. km gondrong sampai 180.000
nggak pernah ada masalah... perawatan di bengkel resmi nissan sukarno hatta bandung.
dijual karema krn dianggap cape takut merongrong.
setuju sama om ini, wih sampe 180k gitu km nya udah jalan kemana aja tuh om
sekarang pake apa om?
mhbbi wrote: 04 Aug 2021, 08:11 mau tanya om..kalau cvt ANGL L11 kalau masuk posisi R kok terasa jeduk saat mesin belum panas itu karena apa ya ? kalau mesin sudah temperature normal jeduknya berkurang tapi masih sedikit terasa

posisi mobil baru dapat sebulanan posisi km 84rb, padahal sudah saya ganti filter oli cvt dan flushing oli cvt nya pakai kixx cvtf yang di websitenya bisa digunakan untuk cvt nissan Ns 3

terimakasih 🙏
coba sebelum matiin mesin dan narik rem tangan urutannya dibenerin dulu om
1. berhentiin mobil
2. posisi perseneling ke N
3. tarik rem tangan
4. geser perseneling ke P
5. matiin mesin
ga ada om udah dijual taun lalu :big_grin: , pas fuel pump mati sebenernya ada gejalanya, cuma saya ga ngeh aja. ngehnya pas udah mogok :big_biglaugh: :big_biglaugh:
pas fuelpump mati, pas di kontak on harusnya ada bunyi fuel pump di baris kedua, tapi waktu itu ga ada. fuel pumpnya mokat di km 103rb an kalo ga salah
mhbbi
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 108
Joined: 19 Dec 2016, 07:19

Re: 3 years w/ nissan all new grand livina xv cvt 2013 L11 sisilver

Post by mhbbi »

mhbbi wrote: 04 Aug 2021, 08:11 mau tanya om..kalau cvt ANGL L11 kalau masuk posisi R kok terasa jeduk saat mesin belum panas itu karena apa ya ? kalau mesin sudah temperature normal jeduknya berkurang tapi masih sedikit terasa

posisi mobil baru dapat sebulanan posisi km 84rb, padahal sudah saya ganti filter oli cvt dan flushing oli cvt nya pakai kixx cvtf yang di websitenya bisa digunakan untuk cvt nissan Ns 3

terimakasih 🙏
coba sebelum matiin mesin dan narik rem tangan urutannya dibenerin dulu om
1. berhentiin mobil
2. posisi perseneling ke N
3. tarik rem tangan
4. geser perseneling ke P
5. matiin mesin
[/quote]

iya om, step diatas sdh jadi kebiasaan saya di mobil automatic mana saja
Yang sy lebih heran, jeduknya terasa sesuai temperatur mesin, kalau mesin sdh panas hampir tidak terasa jeduk lagi.
Greenhunter
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 521
Joined: 25 Aug 2014, 21:12

Re: 3 years w/ nissan all new grand livina xv cvt 2013 L11 sisilver

Post by Greenhunter »

indraisk wrote: 13 Aug 2021, 22:25 coba sebelum matiin mesin dan narik rem tangan urutannya dibenerin dulu om
1. berhentiin mobil
2. posisi perseneling ke N
3. tarik rem tangan
4. geser perseneling ke P
5. matiin mesin
Setahu saya prosedur yang benar dan sudah 6 tahun ini saya lakukan di lihina dan mobilio :
1. berhentiin mobil
2. posisi perseneling ke N
3. tarik rem tangan
4. Matikan mesin
5. Geser perseneling ke P
6. Cabut kunci
Greenhunter
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 521
Joined: 25 Aug 2014, 21:12

Re: 3 years w/ nissan all new grand livina xv cvt 2013 L11 sisilver

Post by Greenhunter »

Nyalakan mesin kalau saya :
1. Kunci kontak on, tidak stater, hanya on.
2. Injek rem untuk pindahkan tuas dari P ke N
3. Stater mobil

Dengan posedur diatas Mobilio sdh 6 tahun dan livina sudah 8 tahun gak pernah jeduk atau susah keluar dari P ke N
Spies
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 453
Joined: 11 Feb 2021, 13:17
Location: Cilacap

Re: 3 years w/ nissan all new grand livina xv cvt 2013 L11 sisilver

Post by Spies »

Greenhunter wrote: 24 Sep 2021, 06:27 Nyalakan mesin kalau saya :
1. Kunci kontak on, tidak stater, hanya on.
2. Injek rem untuk pindahkan tuas dari P ke N
3. Stater mobil

Dengan posedur diatas Mobilio sdh 6 tahun dan livina sudah 8 tahun gak pernah jeduk atau susah keluar dari P ke N
Wah baru kebaca nih.. Ilmu baru..
Baru tahu kalo pindah P ke N dan sebaliknya lebih bagus saat mesin mati ya..
Kebiasaan selalu nyalain mesin dulu sebelum otak atik tuas transmisi mau itu manual atau matic :big_chicken:
blloewy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1921
Joined: 18 Nov 2019, 08:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: HR15 - 2012

Re: 3 years w/ nissan all new grand livina xv cvt 2013 L11 sisilver

Post by blloewy »

mhbbi wrote: 04 Aug 2021, 08:11 mau tanya om..kalau cvt ANGL L11 kalau masuk posisi R kok terasa jeduk saat mesin belum panas itu karena apa ya ? kalau mesin sudah temperature normal jeduknya berkurang tapi masih sedikit terasa

posisi mobil baru dapat sebulanan posisi km 84rb, padahal sudah saya ganti filter oli cvt dan flushing oli cvt nya pakai kixx cvtf yang di websitenya bisa digunakan untuk cvt nissan Ns 3

terimakasih 🙏
Ini tanda2 om
Biasanya sich jeduk dan nunggu mesin panas baru bisa maju di D atau mulai dari gigi rendah dulu di L atau 1.
Dan itu gejala CVT parts mulai aus...beberapa di grup diakalin dgn additive tp ya cuma sementara sich krn bakalan balik lagi.
Saran sich coba konsultasi ama spesialis matic yg biasa pegang CVT livina.
nubie in all things - still need to learn
blloewy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1921
Joined: 18 Nov 2019, 08:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: HR15 - 2012

Re: 3 years w/ nissan all new grand livina xv cvt 2013 L11 sisilver

Post by blloewy »

Spies wrote: 06 Aug 2021, 07:44

HWS memang ganteng :big_love:

Ini beneran pake pertalite terus om?
L10 saya biasa pake pertamax, pernah nyoba pake pertalite kok tenaga kerasa ngedrop yah..
Kebetulan tinggal di antara gunung2 :big_biglaugh: jadi lumayan kerasa kalo ada ngedrop
L11 kompresi sdh turun jadi 9 koma sekian jd pakai Ron 90 msh bisa dan ngga ngelitik.
Lalu EGR dibuang yg sering buat ngelitik itu.
Dgn tambahan dual injector, No EGR plus kompresi turun jadi L11 lbh nyaman pakai BBM Ron 90.
Plus CVT nya yg buat irit banget krn u dpt speed 100 kpj itu rpm cm nyentuh 2000 cuma ya kl mau awet make CVT nya kudu super halus, jgn kickdown dan rutin ganti oli CVT nya di maks 40 rb km.
L10 msh pake egr dan kompresi 10,5 jadinya ya gt dech.
Tp kl dikasi Ron 98 wussssss........enak bingits dah lari di tol 140 kpj no ngelitik sama sekali :big_grin:
nubie in all things - still need to learn
Spies
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 453
Joined: 11 Feb 2021, 13:17
Location: Cilacap

Re: 3 years w/ nissan all new grand livina xv cvt 2013 L11 sisilver

Post by Spies »

blloewy wrote: 18 Nov 2021, 21:36
Spies wrote: 06 Aug 2021, 07:44

HWS memang ganteng :big_love:

Ini beneran pake pertalite terus om?
L10 saya biasa pake pertamax, pernah nyoba pake pertalite kok tenaga kerasa ngedrop yah..
Kebetulan tinggal di antara gunung2 :big_biglaugh: jadi lumayan kerasa kalo ada ngedrop
L11 kompresi sdh turun jadi 9 koma sekian jd pakai Ron 90 msh bisa dan ngga ngelitik.
Lalu EGR dibuang yg sering buat ngelitik itu.
Dgn tambahan dual injector, No EGR plus kompresi turun jadi L11 lbh nyaman pakai BBM Ron 90.
Plus CVT nya yg buat irit banget krn u dpt speed 100 kpj itu rpm cm nyentuh 2000 cuma ya kl mau awet make CVT nya kudu super halus, jgn kickdown dan rutin ganti oli CVT nya di maks 40 rb km.
L10 msh pake egr dan kompresi 10,5 jadinya ya gt dech.
Tp kl dikasi Ron 98 wussssss........enak bingits dah lari di tol 140 kpj no ngelitik sama sekali :big_grin:
Saya malah baru tahu kalo di L11 kompresinya diturunin om.. Pantesan pake pertalite no komplen :mky_01:
Jadi pengen apgred ke L11 tapi yg manual aja wkwk, kalo yg metik ngeri jalan naik turun di daerah saya :ungg:
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post