[short owning experience] 2011 VW Golf MK6 TSI

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

mojacko
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 201
Joined: Mon Oct 29, 2012 4:39

[short owning experience] 2011 VW Golf MK6 TSI

Post by mojacko »

Permisi Suhu & Member SM,

Perkenankan untuk pertama kalinya nubi me-review salah satu mobil yang paling menakutkan untuk dimiliki mayoritas penghuni SM.

Singkat cerita, saya sudah tahun ke 9 bersama BMW e39 M54 dengan segala suka & duka-nya (for sure lebih banyak suka-nya),
Selama ini hanya saya yg bisa nyetir, istri lebih suka duduk manis. ke kantor saya antar, pulang saya jemput. kelapa gading - ps. baru
Saya kebetulan sudah full WFH sejak mid. 2019
Anak pertama kelas 3 SD, yg kedua baru masuk TK bulan juli ini.

awal Januari, istri bilang "beb, aku harus bisa nyetir loh, kamu nanti kan harus temenin si adek sekolah"
akhirnya belajar nyetir dan mulai lancar, tapi end up dengan NYERAH belajar parkir pakai E39, padahal sudah ada 8 sensor parkir + kamera
lalu dia bilang, "kita beli mobil deh 1 lagi, yg kecil, lebih muda, dan irit.. LCGC aja" (saya bilang OK, tapi nggak excited)

bulan mei, saya mulai cari kandidat, mobil kecil, muda dan irit.
test drive agya 1.2 matic.. nyonya ngga suka, steering-nya kurang firm (baru bisa nyetir aja udah bisa komen macam ini)
saya mulai ngoceh, "namanya juga mobil kelas lcgc beb, jgn samain sama BMW butut kita yg harganya 500 juta saat lahir (tahun 2002)"
lalu sepakat mau naik kelas ke 200 jutaan, kandidat-nya rush dan raize tss.
Test drive rush, nyonya bilang lebih enak agya, cobain raize, nyonya bilang "ok lah ini boleh juga". Deal...
nggak tahunya yang ada fitur TSS, inden lama sekali, dan karena inden lama, tidak jelas akan dapat diskon ppn BM atau tidak.
yang non-TSS kurang menarik, karena kami sebagai kaum kere-hore, pingin aja punya mobil yang berfitur canggih dan jarang ada seperti TSS.

karena nyonya berani keluar 200 jutaan, saya mendadak punya ide gila untuk racunin europe car lagi.
mulai susun strategi SSI, dengan ngejual safety, fun to drive, serta fakta bahwa kami sanggup pelihara mobil eropa tua selama 9 tahun.
hasilnya : VOILA nyonya setuju. kali ini SEMANGAT SAYA !!! YESSSSSS !!

pilihan pertama : e46 325i facelift, Ditolak mentah-mentah, ketuaan dan nggak irit :(
pilihan kedua : w204 c250 facelift, Ditolak karena kemahalan katanya, cari yg <200jt aja, biar ada sisa buat klo mobil-nya perlu perbaikan
pilihan ketiga : VW golf MK6, yeaaay nyonya setuju, saya senang sekaligus deg2an karena banyak cerita horor-nya

Nemu iklan di OL* warna putih 2011, KM 83rb, lokasi dekat rumah pula.
langsung test drive ajak nyonya, as expected "this is it.. katanya"

buat perbandingan, kemudian saya test 4 unit lainnya dari berbagai iklan, tapi kondisi unit tidak lebih baik.
sempat propose MK7 juga, tapi ditolak nyonya :(
pada akhirnya deal dengan mk6 pilihan pertama di 133jt

sedikit history mobilnya :

Mecha sudah ganti di KM 25rb - GOODWILL dan baru ganti lagi di Januari 2021, tapi bukan di bengkel resmi, cost 18jt garansi 6 bulan. semoga awet.
waterpump pernah ganti di KM 55rb
sensor ABS sepertinya setiap 15-30rb ada aja yg rusak
Dual clutch tidak ada history di bengkel resmi, tapi feeling saya sih sudah ganti, soalnya tidak ada gejala getar2 dan slip

Driving impression :

Seperti sudah banyak dibahas, mobil ini nikmat sekali terutama ketika turbo sudah kick in.
Ketemu ANF dan PJS ugal, mereka suruh saya minggir, yg ada saya kabur dan bikin panas mereka
build quality super mantap, ngga ada bagian yg terasa murah
konsumsi bisa dapat BBM 1:18 cruising di tol era PPKM.. dalam kota rute klp. gading ps. baru 1:13. Pertabo always

compared to E39, mobil ini jauh lebih lincah, tapi E39 lebih mature di segala aspek. nggak apple to apple anyway.
terasa sekali bedanya, 1400cc twincharged + DSG , FWD dibanding inline 6 NA, RWD, torque conv.

PR yang saya bereskan :

- Shock breaker fullset merk SACHS, depan 3,6jt, belakang 2,6jt
- bushing depan 4 pcs, 850rb merk lemforder..
- engine mounting 3pcs merk lemforder, 3,8jt.. pasang di bengkel resmi ongkos nya 3 juta :(
- kampas rem belakang merk meyle, 450rb
- ban 4pcs hankook ventus V2 --> enak loh ban ini, dan murah
- spooring di start tyre, lalu didapati 3 dari 4 velg tidak bulat sempurna, repair lah 800rb
- kuras radiator di bengkel resmi habis 1,2jt --> worth banget, mereka nggak sembarangan kerja-nya. bukan cuma buang air lama, lalu diisi yg baru.
buang air lama, isi air biasa, mobil dibawa jalan, buang air lagi.. isi lagi, bawa jalan lagi, di mobil saya proses ini ada ada lah 10x dikerjakan.
setelah yakin bersih, baru diisi aquades + coolant

saya juga sudah beli head unit oem style yang sudah carplay, tapi belum saya pasang. soalnya beli diam-diam tanpa info nyonya.

catatan tambahan, merawat mobil ini sebaiknya di bengkel resmi. walau partnya tidak beli disana, mereka bersedia kerjakan.
saya belum yakin dengan skill mekanik bengkel non-resmi, beda dengan merk baling-baling atau bintang

Saya ada insiden baut patah, saat pasang bushing di bengkel kaki-kaki biasa, bahkan dudukan baut-nya yg sekaligus arm juga patah.
Untung saja di facebook nemu vw golf habis kecelakaan dan dikampakin, kalau tidak.. harga part-nya 6 juta dan inden 1-2 bulan

kesimpulan saya, mobil ini sangat nikmat jika dibeli di harga sekarang.
bahkan jika penyakit-nya keluar semua sekalipun, masih jauh jika dibanding ke harga baru-nya dulu, apalagi mobil yang senikmat ini sekarang harganya min. 500jt.

saya juga dapat info bahwa goodwill untuk DSG masih berlaku jika rajin ke bengkel resmi, walau chance nya kecil untuk dapat free,
tapi min. diskon 20%-50% saja sudah menarik. Mechatronic kalau di bengkel resmi sekitar 40jt, garansi 2 tahun
Dual clutch 17 juta.

tips tambahan juga buat yg minat ambil mobil ini, jauhi unit yang sudah atau pernah modif extreme.
konon yg standar hampir pasti ngga kena penyakit aneh-aneh

another thing, di aliexpress banyak sekali part untuk mobil ini, dari perintilan kecil kecil, sampai mechatronic.
bikin penasaran ingin coba stock 1 unit mechatronic dari sana, karena tidak sampai Rp 10jt

buat anda yang punya banyak waktu ke bengkel dan ngulik sana-sini, ini pilihan menarik.
tapi kalau nggak suka ke bengkel, cari yg lain aja

semoga saya bisa merawat mobil ini selama mungkin seperti mobil satu-nya.
Maaf juga klo review-nya berantakan

Image
Image
Image
Image
Last edited by mojacko on Mon Jul 19, 2021 7:11, edited 5 times in total.
satriakarisma
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 564
Joined: Thu Oct 13, 2016 4:34

Re: [short owning experience] 2011 VW Golf MK6 TSI

Post by satriakarisma »

wuiihh,, istri sepertinya punya bakat alami tau mobil enak Om.

hahhaa

enjoy ya Om VW nya
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5684
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: [short owning experience] 2011 VW Golf MK6 TSI

Post by sintoni »

Enak lah Golf TSI, beberapa taun lalu aja pernah coba si Polo yang TSI jauh banget dibandingin kompetitor dari negeri Jepang..

Ditunggu owner experience E39nya om.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11280
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: [short owning experience] 2011 VW Golf MK6 TSI

Post by Omnibus »

congrats om utk boil barunya :big_exellent:

itu om jajannya giat juga ya. udah bajetin puluh2 jeti utk ini itu wkwkwkwk. salut om, berani piara yurep 2 biji. sy aja ga berani, drpd beli spare part kl sy mending koleksi jam tangan, bela2in mobil naik gerobak nihong. :mky_03:
rakyatwkwkland
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 782
Joined: Sun Sep 01, 2019 9:45
Location: Jekardah
Daily Vehicle: K15B-4AT

Re: [short owning experience] 2011 VW Golf MK6 TSI

Post by rakyatwkwkland »

Sebenernya biar piara yurop gak terasa berat, mungkin pola pikirnya yang harus diubah kali yah? Kalo punya budget 200-250 jt buat piara mubil ini cocok banget. 133 juta buat bayar unit, sedikit buat beres2, sisanya tabung masukin deposito buat kalo mubilnya ada minta jajan aneh2, dapet bonus bunga deposito pulak. Bonus paling besar yang gak mungkin ada di mobil lain sekelasnya tentu kenikmatan berkendaranya :mky_02:
Ketemu ANF dan PJS ugal, mereka suruh saya minggir, yg ada saya kabur dan bikin panas mereka
Hahaha, berani banget mereka nyuruh golep minggir... Let say mereka udh remap pigibek dastek segala macem jg paling menang dilurusan, begitu ditikungan mana bisa ngelawan monokok, hatchback, yurop pulak... wkwkwkwk :mky_04:
Kadang2 memang beberapa oknum2 tertentu dari user dua mobil itu di jalanan suka berasa paling kenceng :upss:

Anyway, selamat mubil barunya oom. Mudah2an mubilnya bisa awet dan gak terlalu nyusahin, serta puas pakainya deh :big_deal:
mojacko
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 201
Joined: Mon Oct 29, 2012 4:39

Re: [short owning experience] 2011 VW Golf MK6 TSI

Post by mojacko »

satriakarisma wrote: Mon Jul 19, 2021 6:37 wuiihh,, istri sepertinya punya bakat alami tau mobil enak Om.

hahhaa

enjoy ya Om VW nya
kayanya ini akibat mobil pertama saya adalah si logo baling-baling deh, terlalu jomplang klo langsung turun ke LCGC.
Yaris joker dan GK5 sempat masuk kandidat, tapi karena nyonya sudah setuju buat another europe, langsung saya lupakan
sintoni wrote: Mon Jul 19, 2021 6:57 Enak lah Golf TSI, beberapa taun lalu aja pernah coba si Polo yang TSI jauh banget dibandingin kompetitor dari negeri Jepang..

Ditunggu owner experience E39nya om.
hhhmmm nggak pandai saya om bikin ceritanya, yg pasti hampir semua penyakit sudah pernah saya alami buat E39
selama 9 tahun ini, untuk urusan slow moving :

ganti kompresor AC : sudah
turun mesin : sudah
turun matic : sudah
modul ABS : sudah
sensor ABS : sudah, tapi cuma 1x, dan saya ganti sensor dari aliexpress.. awet dan murah, ajaib buat part yg harganya <200rb sudah ongkir
cooling system, ini ajaib.. radiator saya blm pernah ganti, sampai skrg. hanya thermostat dan beberapa selang/pipa yg pernah ganti
kaki-kaki fullset : sudah pernah ganti di tahun ke 3, dan masih awet sampai skrg
Omnibus wrote: Mon Jul 19, 2021 8:33 congrats om utk boil barunya :big_exellent:

itu om jajannya giat juga ya. udah bajetin puluh2 jeti utk ini itu wkwkwkwk. salut om, berani piara yurep 2 biji. sy aja ga berani, drpd beli spare part kl sy mending koleksi jam tangan, bela2in mobil naik gerobak nihong. :mky_03:
hobi laki-laki memang beda2 om, saya klo urusan fashion apparel malah super pelit.
ini urusan mobil masih mending. daripada urusan gadget.
lebih nggak masuk akal saya buang duit-nya. intinya saya penganut aliran 3S.
Hidup cuma 1x, klo bisa ngerasain mobil enak + banyak fitur, sikat aja dehh, walau harus siap (semoga nggak) endless money pit.
beli baru kan saya termasuk golongan yg blm mampu.
engine twincharged ini juga sesuatu yg unik yg VW sendiri aja mungkin ngga akan bikin lagi.
gearbox DSG-nya juga compared sama teknologi jaman skrg, sepertinya belum terlalu ketinggalan jaman
ditambah lagi, harga sekarang ini menurut saya sudah agak mentok depresiasi-nya.
golf mk7 keluaran terakhir saja katanya >600jt dan inden, entah berapa harga mk8 kalau beneran dijual disini nanti.
rakyatwkwkland wrote: Mon Jul 19, 2021 9:04 Sebenernya biar piara yurop gak terasa berat, mungkin pola pikirnya yang harus diubah kali yah? Kalo punya budget 200-250 jt buat piara mubil ini cocok banget. 133 juta buat bayar unit, sedikit buat beres2, sisanya tabung masukin deposito buat kalo mubilnya ada minta jajan aneh2, dapet bonus bunga deposito pulak. Bonus paling besar yang gak mungkin ada di mobil lain sekelasnya tentu kenikmatan berkendaranya :mky_02:
Ketemu ANF dan PJS ugal, mereka suruh saya minggir, yg ada saya kabur dan bikin panas mereka
Hahaha, berani banget mereka nyuruh golep minggir... Let say mereka udh remap pigibek dastek segala macem jg paling menang dilurusan, begitu ditikungan mana bisa ngelawan monokok, hatchback, yurop pulak... wkwkwkwk :mky_04:
Kadang2 memang beberapa oknum2 tertentu dari user dua mobil itu di jalanan suka berasa paling kenceng :upss:

Anyway, selamat mubil barunya oom. Mudah2an mubilnya bisa awet dan gak terlalu nyusahin, serta puas pakainya deh :big_deal:
saya selalu compare ke harga baru dan kelas mobil-nya, seperti E39 yg waktu lahir di 2002, harganya 500jt
saya beli di 100jt, 9 tahun pelihara dan maintain kondisi sehat, damage cost-nya masih jauh dari harganya yg 500jt waktu lahir,
plus-nya bisa menikmati mobil yg di kelasnya skrg sudah di harga > 1 milyar,
minus-nya, waktu dan tenaga untuk ke bengkel.

E39 itu setelah pasang head unit android, nggak banyak kalah fitur gimmick juga, kalau dibanding mobil keluaran sekarang.
yg paling signifikan hanya kalah irit saja, untuk model relatif timeless
Venturtle
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2107
Joined: Wed Jan 25, 2017 9:12

Re: [short owning experience] 2011 VW Golf MK6 TSI

Post by Venturtle »

mantap reviewnya, om :mky_02:
zanira
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 159
Joined: Sat Oct 01, 2016 11:33

Re: [short owning experience] 2011 VW Golf MK6 TSI

Post by zanira »

Istri sy pengen golf, sy suka Scirocco :big_grin:

Tp duitnya cuma nyampe ke mobil LCGC :upss:


#nice review om :big_peace:
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2507
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: [short owning experience] 2011 VW Golf MK6 TSI

Post by KielConstantine »

mojacko wrote: Mon Jul 19, 2021 5:15
sedikit history mobilnya :

Mecha sudah ganti di KM 25rb - GOODWILL dan baru ganti lagi di Januari 2021, tapi bukan di bengkel resmi, cost 18jt garansi 6 bulan. semoga awet.
waterpump pernah ganti di KM 55rb
sensor ABS sepertinya setiap 15-30rb ada aja yg rusak
Dual clutch tidak ada history di bengkel resmi, tapi feeling saya sih sudah ganti, soalnya tidak ada gejala getar2 dan slip


PR yang saya bereskan :

- Shock breaker fullset merk SACHS, depan 3,6jt, belakang 2,6jt
- bushing depan 4 pcs, 850rb merk lemforder..
- engine mounting 3pcs merk lemforder, 3,8jt.. pasang di bengkel resmi ongkos nya 3 juta :(
- kampas rem belakang merk meyle, 450rb
- ban 4pcs hankook ventus V2 --> enak loh ban ini, dan murah
- spooring di start tyre, lalu didapati 3 dari 4 velg tidak bulat sempurna, repair lah 800rb
- kuras radiator di bengkel resmi habis 1,2jt --> worth banget, mereka nggak sembarangan kerja-nya. bukan cuma buang air lama, lalu diisi yg baru.
buang air lama, isi air biasa, mobil dibawa jalan, buang air lagi.. isi lagi, bawa jalan lagi, di mobil saya proses ini ada ada lah 10x dikerjakan.
setelah yakin bersih, baru diisi aquades + coolant
Mantep om.. terperinci 8)

Diliat-liat ya price sparepart VW agak lebih tinggi diatas BMW tahun yg sama. Tapi masih reachable lah yah, lumayan ok pelihara VAG group. Audi A4 (B8) blom ada yg share sih , penasaran aja maintenance costnya ky apa.

Dari trio german, ane rasa paling murah pelihara Mercedes. Harga sparepartnya rata-rata dibawah BMW. Dan tingkat “gampang ngambek” masih lebih kuat mercedes. Bandingin E90 vs W204

Enak kok pelihara eropa, yg penting sediain budget aja banyakan buat maintenance cost

Klo kagak kuat tinggal angkat tangan kibarin bendera putih, ada kijang…. Santai si solar goceng siap membantu dimasa sulit :cupss:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
mojacko
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 201
Joined: Mon Oct 29, 2012 4:39

Re: [short owning experience] 2011 VW Golf MK6 TSI

Post by mojacko »

KielConstantine wrote: Tue Jul 20, 2021 6:28
mojacko wrote: Mon Jul 19, 2021 5:15
sedikit history mobilnya :

Mecha sudah ganti di KM 25rb - GOODWILL dan baru ganti lagi di Januari 2021, tapi bukan di bengkel resmi, cost 18jt garansi 6 bulan. semoga awet.
waterpump pernah ganti di KM 55rb
sensor ABS sepertinya setiap 15-30rb ada aja yg rusak
Dual clutch tidak ada history di bengkel resmi, tapi feeling saya sih sudah ganti, soalnya tidak ada gejala getar2 dan slip


PR yang saya bereskan :

- Shock breaker fullset merk SACHS, depan 3,6jt, belakang 2,6jt
- bushing depan 4 pcs, 850rb merk lemforder..
- engine mounting 3pcs merk lemforder, 3,8jt.. pasang di bengkel resmi ongkos nya 3 juta :(
- kampas rem belakang merk meyle, 450rb
- ban 4pcs hankook ventus V2 --> enak loh ban ini, dan murah
- spooring di start tyre, lalu didapati 3 dari 4 velg tidak bulat sempurna, repair lah 800rb
- kuras radiator di bengkel resmi habis 1,2jt --> worth banget, mereka nggak sembarangan kerja-nya. bukan cuma buang air lama, lalu diisi yg baru.
buang air lama, isi air biasa, mobil dibawa jalan, buang air lagi.. isi lagi, bawa jalan lagi, di mobil saya proses ini ada ada lah 10x dikerjakan.
setelah yakin bersih, baru diisi aquades + coolant
Mantep om.. terperinci 8)

Diliat-liat ya price sparepart VW agak lebih tinggi diatas BMW tahun yg sama. Tapi masih reachable lah yah, lumayan ok pelihara VAG group. Audi A4 (B8) blom ada yg share sih , penasaran aja maintenance costnya ky apa.

Dari trio german, ane rasa paling murah pelihara Mercedes. Harga sparepartnya rata-rata dibawah BMW. Dan tingkat “gampang ngambek” masih lebih kuat mercedes. Bandingin E90 vs W204

Enak kok pelihara eropa, yg penting sediain budget aja banyakan buat maintenance cost

Klo kagak kuat tinggal angkat tangan kibarin bendera putih, ada kijang…. Santai si solar goceng siap membantu dimasa sulit :cupss:
iya part lebih mahal VW om, untung aja ini golf desain kaki-kaki nggak rumit kaya E39, jadi overall E39 lebih mahal klo ganti kaki-kaki fullset

daripada A4 (klo ga salah A4 pake CVT) coba lirik Q3 om.. menarik banget nih, saya juga baru tahu. 2000 CC turbo, 300nm, 7 speed DSG wet clutch.
cek pasaran di OL* sih 200 gede ke 300 kecil :


Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: [short owning experience] 2011 VW Golf MK6 TSI

Post by Pboyz97 »

nice review om dan congrats buat mobil barunya. semoga enjoy dan happy ya pakenya

golf mk6 ini merupakan salah 1 hatchback eropa yg fun to drive, punya peforma dan handling yg oke serta desainnya termasuk timeless menurut saya
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
saywhat
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 73
Joined: Tue Oct 15, 2013 17:53

Re: [short owning experience] 2011 VW Golf MK6 TSI

Post by saywhat »

Congrats buat golf nya om mojacko, enjoy!

persis kita om klo beli mobil liat harga baru berbanding second pas mau beli, artinya pas jajan agak banyak jadi ada pembenaran nya🤣🤣

Skrg harga mk6 udah sangat menarik ya, mgkn siapin 30juta more than enough sampe mobilnya enak sambil dipake daily biar tau apalagi kurangnya selama mobilnya dapet yg kondisinya cukup oke. Saya waktu ambil e70 juga gt om dulu awal ambil jajan abis banyak tp sekarang udah jalan bbrp tahun ya perawatan berkala normal aja ganti oli dan fast moving parts

Anyway, jadi inget dulu thn 2012 ada temen yg beli gress klo ga salah 350jtan dan saya sempat cobain, wuenakk poll memang mk6 ini bawaanya kaki jadi ga sekolah tp bensin masih terhitung irit :big_okay:
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2556
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: [short owning experience] 2011 VW Golf MK6 TSI

Post by farizfsa »

semangat ngerawat VAG product nya. golf ini mbl waras dan enak kok sebenernya.

tinggal cari bengkel spesialis aja. rata2 bengkel specialis itu org2 jebolan bengkel resmi sih. cm ya gt, ada yg harganya getok, ada yg murah. di jakarta setidaknya sih ada lima bengkel spesialis audi vw yg saya tau.

saya malah ke bengkel spesialis paling kecil tp kerjanya bener. yg besar2 kerjanya malah setengah hati wkwk
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 252hp 540nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
iwansiagian
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 426
Joined: Sat Jan 12, 2008 12:45
Location: Bekasi
Daily Vehicle: ANKI 2GD-2019

Re: [short owning experience] 2011 VW Golf MK6 TSI

Post by iwansiagian »

farizfsa wrote:semangat ngerawat VAG product nya. golf ini mbl waras dan enak kok sebenernya.

tinggal cari bengkel spesialis aja. rata2 bengkel specialis itu org2 jebolan bengkel resmi sih. cm ya gt, ada yg harganya getok, ada yg murah. di jakarta setidaknya sih ada lima bengkel spesialis audi vw yg saya tau.

saya malah ke bengkel spesialis paling kecil tp kerjanya bener. yg besar2 kerjanya malah setengah hati wkwk
Boleh PM om, bengkel kecil nya untuk alternatif. Thx
mojacko
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 201
Joined: Mon Oct 29, 2012 4:39

Re: [short owning experience] 2011 VW Golf MK6 TSI

Post by mojacko »

saywhat wrote: Tue Jul 20, 2021 16:37 Congrats buat golf nya om mojacko, enjoy!

persis kita om klo beli mobil liat harga baru berbanding second pas mau beli, artinya pas jajan agak banyak jadi ada pembenaran nya🤣🤣

Skrg harga mk6 udah sangat menarik ya, mgkn siapin 30juta more than enough sampe mobilnya enak sambil dipake daily biar tau apalagi kurangnya selama mobilnya dapet yg kondisinya cukup oke. Saya waktu ambil e70 juga gt om dulu awal ambil jajan abis banyak tp sekarang udah jalan bbrp tahun ya perawatan berkala normal aja ganti oli dan fast moving parts

Anyway, jadi inget dulu thn 2012 ada temen yg beli gress klo ga salah 350jtan dan saya sempat cobain, wuenakk poll memang mk6 ini bawaanya kaki jadi ga sekolah tp bensin masih terhitung irit :big_okay:
Wah E70 ya.. saya juga sempat naksir, 2 tahun lalu road trip jawa-bali pakai E39.
Tiba-tiba membayangkan nikmatnya pakai X5, sayangnya kendala harga yg masih lumayan tinggi (yg facelift)
dan tidak mau jual E39, karena banyak kenangan, lenyap begitu saja rencana cari E70
farizfsa wrote: Wed Jul 21, 2021 2:04 semangat ngerawat VAG product nya. golf ini mbl waras dan enak kok sebenernya.

tinggal cari bengkel spesialis aja. rata2 bengkel specialis itu org2 jebolan bengkel resmi sih. cm ya gt, ada yg harganya getok, ada yg murah. di jakarta setidaknya sih ada lima bengkel spesialis audi vw yg saya tau.

saya malah ke bengkel spesialis paling kecil tp kerjanya bener. yg besar2 kerjanya malah setengah hati wkwk
Wahh bisikin dong nocan bengkel non-resmi nya
shanben
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 28
Joined: Thu Feb 02, 2017 10:14

Re: [short owning experience] 2011 VW Golf MK6 TSI

Post by shanben »

om, ada tips dan trik gak buat pilih mobil europe 2nd tahun tua tapi msh "lumayan sehat"?? soalnya tiap dateng ke showroom cm bs mandang fisik dan tesdrive dekat2 dan singkat doank, gk terlalu kerasa kondisi mobilnya dan buta banget ini mobil masih ok apa gk.. thanks om
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2556
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: [short owning experience] 2011 VW Golf MK6 TSI

Post by farizfsa »

mojacko wrote: Wed Jul 21, 2021 5:50
saywhat wrote: Tue Jul 20, 2021 16:37 Congrats buat golf nya om mojacko, enjoy!

persis kita om klo beli mobil liat harga baru berbanding second pas mau beli, artinya pas jajan agak banyak jadi ada pembenaran nya🤣🤣

Skrg harga mk6 udah sangat menarik ya, mgkn siapin 30juta more than enough sampe mobilnya enak sambil dipake daily biar tau apalagi kurangnya selama mobilnya dapet yg kondisinya cukup oke. Saya waktu ambil e70 juga gt om dulu awal ambil jajan abis banyak tp sekarang udah jalan bbrp tahun ya perawatan berkala normal aja ganti oli dan fast moving parts

Anyway, jadi inget dulu thn 2012 ada temen yg beli gress klo ga salah 350jtan dan saya sempat cobain, wuenakk poll memang mk6 ini bawaanya kaki jadi ga sekolah tp bensin masih terhitung irit :big_okay:
Wah E70 ya.. saya juga sempat naksir, 2 tahun lalu road trip jawa-bali pakai E39.
Tiba-tiba membayangkan nikmatnya pakai X5, sayangnya kendala harga yg masih lumayan tinggi (yg facelift)
dan tidak mau jual E39, karena banyak kenangan, lenyap begitu saja rencana cari E70
farizfsa wrote: Wed Jul 21, 2021 2:04 semangat ngerawat VAG product nya. golf ini mbl waras dan enak kok sebenernya.

tinggal cari bengkel spesialis aja. rata2 bengkel specialis itu org2 jebolan bengkel resmi sih. cm ya gt, ada yg harganya getok, ada yg murah. di jakarta setidaknya sih ada lima bengkel spesialis audi vw yg saya tau.

saya malah ke bengkel spesialis paling kecil tp kerjanya bener. yg besar2 kerjanya malah setengah hati wkwk
Wahh bisikin dong nocan bengkel non-resmi nya
bengkel yg rekomen
Bengkel Manshurin - Daerah BKT jakarta timur, jebolan audi mt haryono dan vw pik, audi saya rawatan sini
AXC Motora - spesialis mechatonic vw audi
S Line Eurocars specialist - Depok
Djaya Motor 88 - Senen - parts vw audi porsche (VAG)

semua ada di ig
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 252hp 540nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: [short owning experience] 2011 VW Golf MK6 TSI

Post by Pboyz97 »

shanben wrote: Wed Jul 21, 2021 8:59 om, ada tips dan trik gak buat pilih mobil europe 2nd tahun tua tapi msh "lumayan sehat"?? soalnya tiap dateng ke showroom cm bs mandang fisik dan tesdrive dekat2 dan singkat doank, gk terlalu kerasa kondisi mobilnya dan buta banget ini mobil masih ok apa gk.. thanks om
kalo dari saya:
- jangan cuma 1 opsi saja, siapin minimal 2 unit yg disurvei langsung ,jadi ada perbandingan, mana yg lebih layak untuk dibeli dari segi harga dan kondisi
- bawa mekanik atau kenalan yg ngerti mobil (terutama mobil eropa), jadi potensi dapet unit jelek bisa diminimalkan
- jangan sungkan2 buat ngajak owner sblmnya buat GCU ke beres , jadi ada gambaran, bagian yg rusak apa saja dan yg masih bagus apa saja
- siapkan budget diluar harga mobil buat perbaikkan dan jaga2, karena namanya mobil eropa seken, pasti ada aja bagian yg harus diganti karena umur dan pemakaian (dan sorry to say jangan pernah berharap kalo biaya maintenance mobil eropa itu bakalan turun, ngikutin harga sekennya yg sudah mulai relatif terjangkau menurut saya , jadi ya yg om perlu tau ya harga mobil eropa inceran om saat barunya berapa (kalo misalkan harga baru mobil eropa inceran om itu seharga 600 jt , dan saat ini tahun 2021 om beli mobil tersebut dalam kondisi seken dengan harga 250 jt ya berarti om mesti siapin spare budget seharaga maintenance mobil itu saat barunya, yaitu perawatan mobil seharga 600jt kalo mau aman menurut saya pribadi , bukan disamain dengan biaya maintenance mobil baru seharga 250 jt buat spare budgetnya wkwk)
- kalo bisa nyari di pemakai langsung saja atau kalo mau showroom , cari yg reputasinya bagus dan berpengalaman dalam main mobil eropa. selain itu, buku servis ,buku manual juga wajib ada. lebih bagus kalo ada bon penggantian spareparts baik beres atau spesialis, jadi ada gambaran, mobil tersebut bakal jajan apa saja kedepannya
- jangan sungkan sungkan buat main ke forum / spesialis / komunitas. karena bisa nambah ilmu, nambah relasi, nambah temen, nambah pengetahuan dan nambah informasi baru tentang mobil yg om incer, jadi lebih mudah kalo mau dipelihara dalam jangka panjang. dan kalo saya pribadi, lebih prefer servis di spesialis saja, kalo garansi sudah habis, karena selisihnya lumayan dibanding beres menurut saya

itu aja kalo dari saya, semoga dapet unit yg sesuai dengan keinginan ya om hehehe. happy hunting
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
User avatar
Dummy
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 127
Joined: Wed Mar 01, 2017 9:04
Location: Bandungan

Re: [short owning experience] 2011 VW Golf MK6 TSI

Post by Dummy »

Congrats om atas mobil barunya!

Naksir banget sama golf tsi ini sejak awal muncul, makin naksir karena liat di forum kaskus pada puas semua dengan mobil tersebut.
Dan post om ini membangkitkan lagi rasa yg pernah ada [emoji1787]

Terimakasih om thread ini membuka pemikiran tentang spare duit buat service mobil europe.
Skrg persiapan dulu cari spesialis vw yg bagus kerjaannya di daerah semarang solo jogja baru angkut unitnya.

Semoga update terus long term experiencenya, update ganti part apa saja dan habis berapa. Thanks!
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2507
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: [short owning experience] 2011 VW Golf MK6 TSI

Post by KielConstantine »

mojacko wrote: Tue Jul 20, 2021 7:21
KielConstantine wrote: Tue Jul 20, 2021 6:28
mojacko wrote: Mon Jul 19, 2021 5:15
sedikit history mobilnya :

Mecha sudah ganti di KM 25rb - GOODWILL dan baru ganti lagi di Januari 2021, tapi bukan di bengkel resmi, cost 18jt garansi 6 bulan. semoga awet.
waterpump pernah ganti di KM 55rb
sensor ABS sepertinya setiap 15-30rb ada aja yg rusak
Dual clutch tidak ada history di bengkel resmi, tapi feeling saya sih sudah ganti, soalnya tidak ada gejala getar2 dan slip


PR yang saya bereskan :

- Shock breaker fullset merk SACHS, depan 3,6jt, belakang 2,6jt
- bushing depan 4 pcs, 850rb merk lemforder..
- engine mounting 3pcs merk lemforder, 3,8jt.. pasang di bengkel resmi ongkos nya 3 juta :(
- kampas rem belakang merk meyle, 450rb
- ban 4pcs hankook ventus V2 --> enak loh ban ini, dan murah
- spooring di start tyre, lalu didapati 3 dari 4 velg tidak bulat sempurna, repair lah 800rb
- kuras radiator di bengkel resmi habis 1,2jt --> worth banget, mereka nggak sembarangan kerja-nya. bukan cuma buang air lama, lalu diisi yg baru.
buang air lama, isi air biasa, mobil dibawa jalan, buang air lagi.. isi lagi, bawa jalan lagi, di mobil saya proses ini ada ada lah 10x dikerjakan.
setelah yakin bersih, baru diisi aquades + coolant
Mantep om.. terperinci 8)

Diliat-liat ya price sparepart VW agak lebih tinggi diatas BMW tahun yg sama. Tapi masih reachable lah yah, lumayan ok pelihara VAG group. Audi A4 (B8) blom ada yg share sih , penasaran aja maintenance costnya ky apa.

Dari trio german, ane rasa paling murah pelihara Mercedes. Harga sparepartnya rata-rata dibawah BMW. Dan tingkat “gampang ngambek” masih lebih kuat mercedes. Bandingin E90 vs W204

Enak kok pelihara eropa, yg penting sediain budget aja banyakan buat maintenance cost

Klo kagak kuat tinggal angkat tangan kibarin bendera putih, ada kijang…. Santai si solar goceng siap membantu dimasa sulit :cupss:
iya part lebih mahal VW om, untung aja ini golf desain kaki-kaki nggak rumit kaya E39, jadi overall E39 lebih mahal klo ganti kaki-kaki fullset

daripada A4 (klo ga salah A4 pake CVT) coba lirik Q3 om.. menarik banget nih, saya juga baru tahu. 2000 CC turbo, 300nm, 7 speed DSG wet clutch.
cek pasaran di OL* sih 200 gede ke 300 kecil :


Waw racoen…. :emo-big_love:

Tak save dulu instagrammya deh ..


Lagi lirik-lirik pengganti E90 soalnya .. mau cari yg pake turbo biar bisa di oprek-oprek. Kita liat aja jodohnya apa wkwkwkwkwk
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
mojacko
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 201
Joined: Mon Oct 29, 2012 4:39

Re: [short owning experience] 2011 VW Golf MK6 TSI

Post by mojacko »

shanben wrote: Wed Jul 21, 2021 8:59 om, ada tips dan trik gak buat pilih mobil europe 2nd tahun tua tapi msh "lumayan sehat"?? soalnya tiap dateng ke showroom cm bs mandang fisik dan tesdrive dekat2 dan singkat doank, gk terlalu kerasa kondisi mobilnya dan buta banget ini mobil masih ok apa gk.. thanks om
gampang aja sih klo saya,

- Cek kondisi fisik & interior, kalau terlihat jorok, biasanya sudah terlihat gimana cara owner merawat mobil secara keseluruhan
- cek service record, cari tahu sudah pernah ganti part slow moving apa saja.
- test drive, mobil europe dalam kondisi ada PR minor pun, biasanya tetap nikmat. kalau mesin batuk2, transmisi gugup, handling aneh, tinggalin aja
- klo fisik dan driving impression sudah OK, baru deh general check up ke bengkel resmi. di VW biayanya 770rb, di BMW juga kisaran segitu.
- jangan lupa survey harga part mobil inceran tsb, baik fast moving & slow moving. buat ukur kemampuan dan kerelaan dompet kita :big_love:
Dummy wrote: Thu Jul 22, 2021 12:40 Congrats om atas mobil barunya!

Naksir banget sama golf tsi ini sejak awal muncul, makin naksir karena liat di forum kaskus pada puas semua dengan mobil tersebut.
Dan post om ini membangkitkan lagi rasa yg pernah ada [emoji1787]

Terimakasih om thread ini membuka pemikiran tentang spare duit buat service mobil europe.
Skrg persiapan dulu cari spesialis vw yg bagus kerjaannya di daerah semarang solo jogja baru angkut unitnya.

Semoga update terus long term experiencenya, update ganti part apa saja dan habis berapa. Thanks!
Saya setelah beli mobilnya, baru baca-baca tuh forum di kaskus.. minggu lalu baru selesai, >200 halaman.
Sayang sudah sepi sekarang
KielConstantine wrote: Thu Jul 22, 2021 17:30
Waw racoen…. :emo-big_love:

Tak save dulu instagrammya deh ..


Lagi lirik-lirik pengganti E90 soalnya .. mau cari yg pake turbo biar bisa di oprek-oprek. Kita liat aja jodohnya apa wkwkwkwkwk
saya jujur naksir sih Q3 ini,

engine golf GTI ditambah AWD dan 7 Speed DSG wet clutch (DQ500).. nabung lagi ahh
Q3 terakhir yang dijual belakangan, hanya FWD 1400cc, jadi lumayan collectible yang 2.0 Quattro ini

sebelumya AUDI ngga pernah masuk radar saya, karena banyak kisah horor gearbox CVT-nya
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: [short owning experience] 2011 VW Golf MK6 TSI

Post by Pboyz97 »

mojacko wrote: Fri Jul 23, 2021 1:38
shanben wrote: Wed Jul 21, 2021 8:59 om, ada tips dan trik gak buat pilih mobil europe 2nd tahun tua tapi msh "lumayan sehat"?? soalnya tiap dateng ke showroom cm bs mandang fisik dan tesdrive dekat2 dan singkat doank, gk terlalu kerasa kondisi mobilnya dan buta banget ini mobil masih ok apa gk.. thanks om
gampang aja sih klo saya,

- Cek kondisi fisik & interior, kalau terlihat jorok, biasanya sudah terlihat gimana cara owner merawat mobil secara keseluruhan
- cek service record, cari tahu sudah pernah ganti part slow moving apa saja.
- test drive, mobil europe dalam kondisi ada PR minor pun, biasanya tetap nikmat. kalau mesin batuk2, transmisi gugup, handling aneh, tinggalin aja
- klo fisik dan driving impression sudah OK, baru deh general check up ke bengkel resmi. di VW biayanya 770rb, di BMW juga kisaran segitu.
- jangan lupa survey harga part mobil inceran tsb, baik fast moving & slow moving. buat ukur kemampuan dan kerelaan dompet kita :big_love:

nah , saya bantu tambahin lagi ya. jangan sungkan sungkan buat main ke forum atau komunitasnya juga . karena disana kita bisa dapet info baru soal mobil inceran kita, nambah ilmu, nambah relasi, nambah temen, nambah wawasan dan nambah pengetahuan yg bisa mempermudah kita kalo mau pelihara mobil tersebut kedepannya. dan juga jangan lupa cari refrensi bengkel spesialis yg oke, karena selisihnya lumayan dibanding beres menurut saya , apalagi yg sudah habis garansi hehehe
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
VIPSERIES
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 254
Joined: Tue May 05, 2015 1:19
Location: Shangri-La Residences

Re: [short owning experience] 2011 VW Golf MK6 TSI

Post by VIPSERIES »

KielConstantine wrote: Thu Jul 22, 2021 17:30

Waw racoen…. :emo-big_love:

Tak save dulu instagrammya deh ..


Lagi lirik-lirik pengganti E90 soalnya .. mau cari yg pake turbo biar bisa di oprek-oprek. Kita liat aja jodohnya apa wkwkwkwkwk
Padahal kemarin baru jajanin E90 lo :big_bored:
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2507
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: [short owning experience] 2011 VW Golf MK6 TSI

Post by KielConstantine »

VIPSERIES wrote: Tue Jul 27, 2021 2:02
KielConstantine wrote: Thu Jul 22, 2021 17:30

Waw racoen…. :emo-big_love:

Tak save dulu instagrammya deh ..


Lagi lirik-lirik pengganti E90 soalnya .. mau cari yg pake turbo biar bisa di oprek-oprek. Kita liat aja jodohnya apa wkwkwkwkwk
Padahal kemarin baru jajanin E90 lo :big_bored:
Wkwkwkwk

Ud mulai bosen ber …

Kg ada larinya N52.. diadu sama innova diesel aja kalah :big_biglaugh:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
mojacko
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 201
Joined: Mon Oct 29, 2012 4:39

Re: [short owning experience] 2011 VW Golf MK6 TSI

Post by mojacko »

KielConstantine wrote: Sat Jul 31, 2021 3:11
VIPSERIES wrote: Tue Jul 27, 2021 2:02
KielConstantine wrote: Thu Jul 22, 2021 17:30

Waw racoen…. :emo-big_love:

Tak save dulu instagrammya deh ..


Lagi lirik-lirik pengganti E90 soalnya .. mau cari yg pake turbo biar bisa di oprek-oprek. Kita liat aja jodohnya apa wkwkwkwkwk
Padahal kemarin baru jajanin E90 lo :big_bored:
Wkwkwkwk

Ud mulai bosen ber …

Kg ada larinya N52.. diadu sama innova diesel aja kalah :big_biglaugh:
MK6 GTI aja om.. gearbox aman, lari kentjaaaang