BMW Seri 5 E60: Semua Yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Membeli

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: F 272, b8099ok, ginting, FRD, artoodetoo, y_anjasrana

Post Reply
deanwik
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: 30 May 2021, 00:13
Location: Jakarta
Daily Vehicle: BMW

BMW Seri 5 E60: Semua Yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Membeli

Post by deanwik »

BMW Seri 5 E60 memang merupakan sedan Jerman yang menawan, apalagi dengan harga bekasnya yang cukup terjangkau. Tetapi, mengingat usianya yang sudah cukup berumur, ada beberapa hal yang membutuhkan perhatian extra jika anda ingin merawatnya.

Exterior
Banyak perdebatan yang terjadi tentang penampilan BMW Seri 5 E60 ini, namun bagi kami, bentuknya lumayan ganteng dan menawan.

Ciri khas kidney grille-nya tetap dipertahankan, dan bentuk lampu depan yang menyerupai mata elang membuatnya terkesan tajam. Profil samping dan belakangnya juga bongsor, selayaknya sedan eksekutif jerman.

Berdimensi 4,84 m x 1.85 m x 1.48 m (panjang x lebar x tinggi), Seri 5 E60 ini lebih besar dari generasi sebelumnya E39. Secara ukuran, dia juga berada di antara rivalnya, Mercedes-Benz E-Class W211 dan Audi A6 C6.

Interior
Masuk ke dalam, anda disambut dengan interior yang sangat driver-oriented. Pengaturan kursi dan setir yang lengkap juga membuatnya memiliki posisi berkendara yang paling ergonomis dari rival-rivalnya.

Penggunaan material soft-touch dan trim kayu pada dashboard dan pintu juga membuatnya terkesan mewah. Serta, pelapisan kulit pada jok dan pintu menimbulkan kesan mahal dan mewah.

Sebagai sedan 5 penumpang, penumpang belakang tidak akan bermasalah dengan ruang kepala maupun ruang kaki.

Tetapi penumpang belakang yang duduk ditengah mungkin akan terganggu dengan saluran penggerak roda belakang yang menonjol cukup tinggi.

Dengan kapasitas bagasi 520 liter, sedan besar ini juga cukup praktis. Sayangnya, kursi belakang tidak bisa dilipat rata lantai untuk memperbesar kapasitas bagasi.

Varian/Tipe

Di Indonesia, BMW Seri 5 E60 terdiri dari 3 varian saja, yaitu 520i, 523i, dan 530i, dimana semuanya bermesin bensin dan mengusung bentuk sedan 4-pintu.

Pada pasar negara lain, BMW Seri-5 bermesin bensin juga ada varian 525i, 528i, 535i, 545i, 550i, dan M5 yang tidak hadir di pasar Indonesia.
Sedan BMW ini juga menyediakan varian bermesin diesel seperti 520d, 525d, 530d, dan 535d yang absen jua pada pasar Indonesia.

Bahkan, beberapa varian Touring/Estate pun hanya datang melalui importir umum dengan jumlah yang sangat terbatas.
Meski begitu, varian Seri 5 E60 yang masuk ke Indonesia bukanlah varian yang buruk dan masih memberikan kepuasan berkendara yang tinggi.

BMW 520i — 2004–2007 (Pre-Facelift)
Kisaran Harga = Rp 90.000.000 — Rp 150.000.000

520i merupakan varian entry-level dari Seri 5 E60. Namun janganlah diragukan, sebab tipe terendahnya ini pun sudah menggunakan mesin 6 silinder dan memiliki banyak fitur-fitur yang sudah sangat canggih pada masanya.

Mesin
Mesin yang digunakan pada 520i ini adalah unit berkode M54, berukuran 2.200 cc 6 silinder bertenaga 168 hp dan bertorsi 210 N.m. Mesin ini dipasangkan ke transmisi otomatis 6 percepatan yang menyalurkan tenaga ke dua roda belakang (RWD).

Akselerasi 0–100 km/h tuntas dalam 9 detik dan kecepatan maksimalnya mencapai 230 km/h. Sedangkan konsumsi bahan bakar untuk rute kombinasi bisa diharapkan di kisaran 8–10 km/l.

Fitur Exterior
Sebagai tipe terendah, fitur exterior yang didapatkan di varian 520i cukup basic, seperti velg single-tone berukuran 16 inci, 4 buah rem cakram, pintu bagasi manual, dan lampu halogen untuk headlights, foglights, dan taillights.

Fitur Interior
Di dalam, kemewahan baru terasa dengan jok kulit dengan trim panel kayu glossy berwarna coklat, pengaturan kursi depan elektrik, dual-zone automatic climate control, spion tengah auto-dimming, dan 2nd gen iDrive infotainment system dengan layar berukuran 6.5 inci.

BMW 523i — 2005–2007 (Pre-Facelift); 2008–2010 (LCI)
Kisaran Harga = Rp 130.000.000 — Rp 210.000.000 sumber data dari https://mobilman.id/
523i adalah varian menengah yang baru rilis satu tahun setelah E60 pertama kali dipasarkan di Indonesia. Varian ini memiliki fitur yang mirip dengan 520i, tetapi dibekali dengan mesin yang sedikit lebih bertenaga.

Pada facelift yang terjadi tahun 2008, BMW memberhentikan penjualan varian 520i, sehingga 523i merupakan entry-level pada facelifted model E60.

Mesin
Varian 523i menggunakan unit yang sedikit lebih besar dari tipe sebelumnya. Berkode N53, mesin ini berukuran 2.500 cc 6 silinder dengan tenaga 188 hp dan torsi 240 N.m. Mesin ini juga dipasangkan ke transmisi otomatis 6 percepatan dan berpenggerak RWD.

Akselerasi 0–100 km/h tuntas dalam 8.2 detik dan kecepatan maksimalnya mencapai 237 km/h.

Serta, anda bisa mengharapkan konsumsi bahan bakar untuk berada di kisaran 6–8 km/l untuk rute kombinasi.

Fitur Exterior
Terdapat sejumlah tambahan fitur dari entry level yang membuat 523i terasa lebih premium dari luar. Varian ini hadir dengan velg berukuran 17 inci dengan run flat tire, projector headlamp, LED taillights, pelipatan spion elektrik, dan rain-sensing wiper untuk kaca depan.

Fitur Interior
Fitur tambahan yang ada di dalam termasuk lapisan kulit untuk setir, power outlet untuk penumpang belakang, dan warna interior yang lebih cerah.

BMW 530i — 2004–2007 (Pre-Facelift); 2008–2010 (LCI)
Kisaran Harga = Rp 140.000.000 — Rp 230.000.000
530i merupakan varian tertinggi dari BMW Seri 5 E60, dibekali dengan mesin yang paling bertenaga dan fitur-fitur terkomplit di jajaran tipe Seri 5 E60 di Indonesia.

Mesin
Pada masa pre-facelift, 530i mengadopsi mesin berkode M54 yang sama dengan 520i, tetapi memiliki ukuran dan tenaga yang lebih besar — 3,000 cc 6 silinder bertenaga 228 hp dan bertorsi 300 N.m. Transimsi dan konfigurasi RWD masih sama dengan varian di bawahnya.

Akselerasi 0–100 km/h tuntas dalam 6.9 detik dan kecepatan maksimalnya mencapai 250 km/h.

Menariknya, saat facelift terjadi di tahun 2008, BMW meningkatkan mesin 530i-nya ke mesin berkode N53. Mesin ini juga berukuran 3,000 cc tetapi memproduksi tenaga dan torsi yang lebih besar, yaitu 268 hp dan 320 N.m.

Alhasil, figur akselerasi meningkat, jadi 6.3 detik untuk sprint 0–100 km/h, meskipun top speed tetap sama.

Akan tetapi, performa yang tinggi ini cukup mengorbankan konsumsi bahan bakar, di kisaran 5–7 km/l untuk rute kombinasi. Itu adalah angka yang cukup boros, apalagi dengan kapasitas bahan bakar 70 liter, yang dapat membuat pengeluaran membengkak setiap pengisian bensin penuh.

Fitur Exterior
Dari luar, hanya terdapat tambahan sunroof dan desain velg 17 inci yang berbeda dari 523i. Fitur Interior

Sedangkan pada fitur tambahan interior terdapat pengaturan setir elektrik, fungsi memori untuk kursi pengemudi, tirai jendela untuk penumpang belakang, serta interior set yang berwarna beige.

Fitur Keamanan dan Bantuan Pengemudi
Secara keamanan, BMW Seri 5 E60 ini tidak perlu diragukan lagi. Secara standar, mobil ini sudah dilengkapi dengan 8 buah airbag, rem ABS, dan electronic stability control. Selain itu, active roll stabilization dan anti roll-bar juga hadir untuk meminimalisir resiko mobil terguling.

Fitur bantuan pengemudi lainnya seperti sensor parkir (depan dan belakang), cruise control, dan lane keep assist juga sudah tersedia.

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli BMW Seri 5 E60
Dengan harga yang sangat terjangkau, mungkin anda tergiur untuk meminang sedan BMW ini, tetapi perlu diketahui bahwa mobil yang berumur ini tidak lepas dari beberapa masalah. Berikut adalah beberapa hal anda harus perhatikan sebelum membawa pulang BMW Seri 5 E60 bekas ke garasi anda.

Pastikan Indikator Peringatan di Instrumen Tidak Menyala
Lampu peringatan seperti check engine, ABS, dan lain-lain seharusnya tidak menyala saat mesin dinyalakan. Indikator peringatan yang menyala menandakan ada suatu kesalahan/malfungsi dalam mobil yang mewajibkannya untuk diperiksakan di bengkel resmi.

Pengecekan ini akan membutuhkan biaya yang mahal dan berpotensi untuk munculnya biaya perbaikan tambahan yang tinggi. Sehingga, sebaiknya anda mencari unit yang tidak ada cacat secara internal.

Pastikan Tidak Ada Kerusakan pada Modul Transmisi
Gearbox 6 percepatan di Seri 5 E60 ini adalah hal terakhir yang ingin anda dapati rusak. Sayangnya hal ini cukup sering terjadi, terutama pada model pre-facelift.

Umumnya, kerusakan terjadi pada modul EGS (Electronic Gear Shift) control unit pada transmisinya, yang biasanya diawali dengan gejala gigi selip atau tersendat. Penggantian seluruh transmisi memerlukan biaya ± Rp 50 juta.

Pastikan service record untuk penggantian oli transmisi tersedia, atau solusi yang lain, anda bisa memilih varian LCI yang memiliki sistem transmisi yang lebih baru yang dapat mengurangi resiko kerusakan.

Pastikan Ada Bukti Servis Rutin
Melanjutkan poin sebelumnya, hindarilah unit yang tidak memiliki buku service atau service record yang rutin. Mobil ini memerlukan perawatan terbaik layaknya yang tersedia di bengkel resmi, karena adanya beberapa komponen unik yang cara perawatannya hanya dikuasai oleh mekanik BMW yang sudah terlatih dan profesional.

Pastikan Kondisi Interior Ada dalam Keadaan Prima
Banyak pemilik mobil mewah seperti BMW sedan ini yang jarang memakai mobilnya (bisa diperhatikan pada unit dengan kilometer yang rendah), dan sering kali mobilnya hanya disimpan di dalam garasi. Maka dari itu, waspadalah terhadap jamur yang bisa saja berkembang pada interior kulit E60 ini. Hal ini bisa diselesaikan dengan full interior detailing.

Juga, jika pemilik sebelumnya tidak hati-hati dalam pemakaian, anda juga bisa menemukan goresan goresan pada material soft touch pada dashboard dan pintunya.

Dan jangan lupa memastikan tombol-tombol elektronik berada dalam keadaan prima dan berfungsi secara penuh untuk mengindari biaya penggantian sparepart yang tinggi.

Perhatikan Pajak Mati dan Biayanya
Pajak tahunan BMW Seri 5 E60 ini berada di kisaran Rp 7.5 juta. Usahakanlan untuk memilih unit yang pajaknya hidup, dan apabila mati, anda bisa meminta diskon yang lebih lagi dari sang penjual untuk meringankan pelunasan pajaknya yang nunggak.

Test Drive dan Full Body Inspection
Rasa mantap dalam membeli mobil bekas apapun pada umumnya adalah sebuah kewajiban. Apabila anda merasa sudah puas pada unit spesifik saat berburu mobil bekas, janganlah lupa melakukan test drive untuk merasakan rasa setir, transmisi, kaki-kaki, dan lain-lain demi kemantapan dan kenyamanan anda.

Janganlah ragu juga untuk membawa teman atau kerabat anda yang sudah berpengalaman membeli mobil bekas untuk menuntun anda dan memberikan sudut pandang ke tiga agar meminimalisir pemilihan unit yang salah.

Rangkuman Akhir
Meski sudah lumayan berumur, BMW Seri 5 E60 adalah sedan BMW yang masih terasa modern dan timeless. Ia menawarkan teknologi dan rasa berkendara premium yang bahkan belum ditawarkan oleh kebanyakan mobil baru saat ini. Di atas itu, harga bekasnya juga sangat menarik.
Jadi, dengan catatan anda mengerti bagaimana cara merawatnya dan sadar akan biaya kepemilikannya yang cukup tinggi, mobil mewah dari Jerman ini sangat layak untuk dimiliki.
DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 23804
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: BMW Seri 5 E60: Semua Yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Membeli

Post by DOHC »

Wahh trit nya mbah kiel nehh, sang ketua dewan 3S, chapter bavarian
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4202
Joined: 05 Jun 2014, 20:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: BMW Seri 5 E60: Semua Yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Membeli

Post by sintoni »

Ga ada foto om?

Dulu mobil impian ane ini, si 530i.

Tapi abis denger biaya perbaikan si active steering + mechatronic, langsung mundurr...
VIPSERIES
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 252
Joined: 05 May 2015, 08:19
Location: Shangri-La Residences

Re: BMW Seri 5 E60: Semua Yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Membeli

Post by VIPSERIES »

DOHC wrote: 29 Aug 2021, 08:13 Wahh trit nya mbah kiel nehh, sang ketua dewan 3S, chapter bavarian
Udah mau murtad kayaknya..
Kemarin sih calon calon WTS E90 :mky_02:
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4202
Joined: 05 Jun 2014, 20:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: BMW Seri 5 E60: Semua Yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Membeli

Post by sintoni »

VIPSERIES wrote: 29 Aug 2021, 10:01
DOHC wrote: 29 Aug 2021, 08:13 Wahh trit nya mbah kiel nehh, sang ketua dewan 3S, chapter bavarian
Udah mau murtad kayaknya..
Kemarin sih calon calon WTS E90 :mky_02:
WTS E90 terus WTB F30?
doge
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 550
Joined: 18 Jan 2016, 21:54

Re: BMW Seri 5 E60: Semua Yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Membeli

Post by doge »

serasa baca copasan artikel yg sumbernya g dicantumin

nunggu juru kunci biem mid2000s yg msh setia megangi e90nya turun gunung
:ngacir:
DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 23804
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: BMW Seri 5 E60: Semua Yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Membeli

Post by DOHC »

VIPSERIES wrote: 29 Aug 2021, 10:01
DOHC wrote: 29 Aug 2021, 08:13 Wahh trit nya mbah kiel nehh, sang ketua dewan 3S, chapter bavarian
Udah mau murtad kayaknya..
Kemarin sih calon calon WTS E90 :mky_02:
Astaga

Jangan2 mo nyebrang ke tjap bintang :big_think:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Mastermax
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 257
Joined: 22 Aug 2013, 00:22

Re: BMW Seri 5 E60: Semua Yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Membeli

Post by Mastermax »

Pantesan kaya pernah baca dimana...
https://medium.com/@danang.wikanto/bmw- ... 6379044779

kalau orangnya sama yo wiss.
sambil nunggu om share bengkel pleasure :big_grin:
bravely88
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 17
Joined: 28 Nov 2017, 05:06

Re: BMW Seri 5 E60: Semua Yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Membeli

Post by bravely88 »

Ini mah lagi nyepam artikel biar dapat backlink ke mobilman.id 🤭😅
VIPSERIES
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 252
Joined: 05 May 2015, 08:19
Location: Shangri-La Residences

Re: BMW Seri 5 E60: Semua Yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Membeli

Post by VIPSERIES »

sintoni wrote: 29 Aug 2021, 10:07
VIPSERIES wrote: 29 Aug 2021, 10:01
DOHC wrote: 29 Aug 2021, 08:13 Wahh trit nya mbah kiel nehh, sang ketua dewan 3S, chapter bavarian
Udah mau murtad kayaknya..
Kemarin sih calon calon WTS E90 :mky_02:
WTS E90 terus WTB F30?
Gamau dia. Takut engine block meledak kayak N20 gue :ungg:
thestoneroses
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 403
Joined: 22 Jan 2015, 18:45
Location: +62 / +65

Re: BMW Seri 5 E60: Semua Yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Membeli

Post by thestoneroses »

sintoni wrote: 29 Aug 2021, 09:49 Ga ada foto om?

Dulu mobil impian ane ini, si 530i.

Tapi abis denger biaya perbaikan si active steering + mechatronic, langsung mundurr...
Saya pengalaman pakai e60 523i oom, 09-15 ngga pernah kena mechatronic (atau keburu dijual).
Dijual bosen, cukup cap bintang sama nopopah.

Sedan nyaman cukup sonder.
Workhorse nyaman cukup inopah.
Anak kayaknya dikasih yaris diem-diem aja, kurang senang dgn mobil.

Yang eropa mainan lainnya buat anak-anak muda yang masih seneng bangun mobil aja he he
Ron Asheton Forever
KielConstantine
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1173
Joined: 03 Jul 2013, 13:23
Location: Indonesia

Re: BMW Seri 5 E60: Semua Yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Membeli

Post by KielConstantine »

DOHC wrote: 29 Aug 2021, 10:37
VIPSERIES wrote: 29 Aug 2021, 10:01
DOHC wrote: 29 Aug 2021, 08:13 Wahh trit nya mbah kiel nehh, sang ketua dewan 3S, chapter bavarian
Udah mau murtad kayaknya..
Kemarin sih calon calon WTS E90 :mky_02:
Astaga

Jangan2 mo nyebrang ke tjap bintang :big_think:

Kalo mau cari aman palingan lari ke tjap Lexus mbah… :cupss:

VIPSERIES wrote: 29 Aug 2021, 15:07
sintoni wrote: 29 Aug 2021, 10:07
VIPSERIES wrote: 29 Aug 2021, 10:01 Udah mau murtad kayaknya..
Kemarin sih calon calon WTS E90 :mky_02:
WTS E90 terus WTB F30?
Gamau dia. Takut engine block meledak kayak N20 gue :ungg:
Kalo otak masih sengklek ya.. Pengennya F22 M235i tp musti siapin budget insert coin (1) lebih gede lg… :big_weee:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
McLaren
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 166
Joined: 24 Nov 2019, 13:23

Re: BMW Seri 5 E60: Semua Yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Membeli

Post by McLaren »

KielConstantine wrote: 29 Aug 2021, 19:21
DOHC wrote: 29 Aug 2021, 10:37
VIPSERIES wrote: 29 Aug 2021, 10:01

Udah mau murtad kayaknya..
Kemarin sih calon calon WTS E90 :mky_02:
Astaga

Jangan2 mo nyebrang ke tjap bintang :big_think:

Kalo mau cari aman palingan lari ke tjap Lexus mbah… :cupss:

VIPSERIES wrote: 29 Aug 2021, 15:07
sintoni wrote: 29 Aug 2021, 10:07
WTS E90 terus WTB F30?
Gamau dia. Takut engine block meledak kayak N20 gue :ungg:
Kalo otak masih sengklek ya.. Pengennya F22 M235i tp musti siapin budget insert coin (1) lebih gede lg… :big_weee:
Bedanya apa om ama 335i.. mesin sama khan yaa?
Harga jauh lebih murah yaa di tahun yg sama 😁

335i atau e400? 😀
rendr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 904
Joined: 19 Mar 2018, 13:47
Daily Vehicle: Apa aja yg penting reliable

Re: BMW Seri 5 E60: Semua Yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Membeli

Post by rendr »

VIPSERIES wrote: 29 Aug 2021, 15:07
sintoni wrote: 29 Aug 2021, 10:07
VIPSERIES wrote: 29 Aug 2021, 10:01

Udah mau murtad kayaknya..
Kemarin sih calon calon WTS E90 :mky_02:
WTS E90 terus WTB F30?
Gamau dia. Takut engine block meledak kayak N20 gue :ungg:
rusak mulu mobil loe
European Enthusiasts
AJ-V6 / B6034S / M111 / M10 / M20 / M52 / M54
KielConstantine
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1173
Joined: 03 Jul 2013, 13:23
Location: Indonesia

Re: BMW Seri 5 E60: Semua Yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Membeli

Post by KielConstantine »

McLaren wrote: 29 Aug 2021, 20:59
KielConstantine wrote: 29 Aug 2021, 19:21
DOHC wrote: 29 Aug 2021, 10:37

Astaga

Jangan2 mo nyebrang ke tjap bintang :big_think:

Kalo mau cari aman palingan lari ke tjap Lexus mbah… :cupss:

VIPSERIES wrote: 29 Aug 2021, 15:07
Gamau dia. Takut engine block meledak kayak N20 gue :ungg:
Kalo otak masih sengklek ya.. Pengennya F22 M235i tp musti siapin budget insert coin (1) lebih gede lg… :big_weee:
Bedanya apa om ama 335i.. mesin sama khan yaa?
Harga jauh lebih murah yaa di tahun yg sama 😁

335i atau e400? 😀
Ada beda om N55 di F30 335i buatan tahun 2013 kebawah (phase 1) dy model wastegate turbonya pake pneumatic alias mekanikal. Anak bimmer biasa sebut PWG. Efeknya kalo di tuning / remap / naek stage. Nambah horsepowernya cendrung lebih kecil dibandingkan engine N55 thn buatan 2014 up

N55 year 2014 up (phase 2) pake model EWG (electronic wastegate) lebih mantep buat di tuning, kenaikan hp lebih gede. Dan ada update dibagian HPFP (high pressure fuel pump) cendrung lebih reliable & awet drpd N55 yg phase 1.

Unitnya biasa ada di F22 M235i; F32 435i ; F87 M2 non competition. Sama F10 535i LCI vin 2014+ and so on... Wkwkwkwk

Artikel kalo mau baca:
https://bmwtuning.co/ewg-vs-pwg-bmw-n55/
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4202
Joined: 05 Jun 2014, 20:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: BMW Seri 5 E60: Semua Yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Membeli

Post by sintoni »

thestoneroses wrote: 29 Aug 2021, 16:21
sintoni wrote: 29 Aug 2021, 09:49 Ga ada foto om?

Dulu mobil impian ane ini, si 530i.

Tapi abis denger biaya perbaikan si active steering + mechatronic, langsung mundurr...
Saya pengalaman pakai e60 523i oom, 09-15 ngga pernah kena mechatronic (atau keburu dijual).
Dijual bosen, cukup cap bintang sama nopopah.

Sedan nyaman cukup sonder.
Workhorse nyaman cukup inopah.
Anak kayaknya dikasih yaris diem-diem aja, kurang senang dgn mobil.

Yang eropa mainan lainnya buat anak-anak muda yang masih seneng bangun mobil aja he he
Weh, awet jg ya om..

523i beli baru itu om?

Mungkin karena feslip mungkin jg ya.
KielConstantine
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1173
Joined: 03 Jul 2013, 13:23
Location: Indonesia

Re: BMW Seri 5 E60: Semua Yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Membeli

Post by KielConstantine »

sintoni wrote: 30 Aug 2021, 10:11
thestoneroses wrote: 29 Aug 2021, 16:21
sintoni wrote: 29 Aug 2021, 09:49 Ga ada foto om?

Dulu mobil impian ane ini, si 530i.

Tapi abis denger biaya perbaikan si active steering + mechatronic, langsung mundurr...
Saya pengalaman pakai e60 523i oom, 09-15 ngga pernah kena mechatronic (atau keburu dijual).
Dijual bosen, cukup cap bintang sama nopopah.

Sedan nyaman cukup sonder.
Workhorse nyaman cukup inopah.
Anak kayaknya dikasih yaris diem-diem aja, kurang senang dgn mobil.

Yang eropa mainan lainnya buat anak-anak muda yang masih seneng bangun mobil aja he he
Weh, awet jg ya om..

523i beli baru itu om?

Mungkin karena feslip mungkin jg ya.
Yoooi bener bangets. E60 LCI udh aman mechatronicnya. Denger2 sih dy ganti transmisi pake buatan GM . Kodenya GA ..

Sama ini E90 ane kg pernah kena masalah mechatronic. Odometer udh 140rebu . Type LCI soalnya alias feslip .. hahahahahaha

Begitu ganti model ke F30 / F10 baru deh bener. Pake ZF-8 Speed ud aman smua sampe skarang :big_okay:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
VIPSERIES
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 252
Joined: 05 May 2015, 08:19
Location: Shangri-La Residences

Re: BMW Seri 5 E60: Semua Yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Membeli

Post by VIPSERIES »

KielConstantine wrote: 29 Aug 2021, 19:21


Kalo mau cari aman palingan lari ke tjap Lexus mbah… :cupss:


Kalo otak masih sengklek ya.. Pengennya F22 M235i tp musti siapin budget insert coin (1) lebih gede lg… :big_weee:
Gue tunggu murtad lo ke Toyota :big_smoking:
McLaren
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 166
Joined: 24 Nov 2019, 13:23

Re: BMW Seri 5 E60: Semua Yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Membeli

Post by McLaren »

KielConstantine wrote: 30 Aug 2021, 08:21
McLaren wrote: 29 Aug 2021, 20:59
KielConstantine wrote: 29 Aug 2021, 19:21


Kalo mau cari aman palingan lari ke tjap Lexus mbah… :cupss:



Kalo otak masih sengklek ya.. Pengennya F22 M235i tp musti siapin budget insert coin (1) lebih gede lg… :big_weee:
Bedanya apa om ama 335i.. mesin sama khan yaa?
Harga jauh lebih murah yaa di tahun yg sama 😁

335i atau e400? 😀
Ada beda om N55 di F30 335i buatan tahun 2013 kebawah (phase 1) dy model wastegate turbonya pake pneumatic alias mekanikal. Anak bimmer biasa sebut PWG. Efeknya kalo di tuning / remap / naek stage. Nambah horsepowernya cendrung lebih kecil dibandingkan engine N55 thn buatan 2014 up

N55 year 2014 up (phase 2) pake model EWG (electronic wastegate) lebih mantep buat di tuning, kenaikan hp lebih gede. Dan ada update dibagian HPFP (high pressure fuel pump) cendrung lebih reliable & awet drpd N55 yg phase 1.

Unitnya biasa ada di F22 M235i; F32 435i ; F87 M2 non competition. Sama F10 535i LCI vin 2014+ and so on... Wkwkwkwk

Artikel kalo mau baca:
https://bmwtuning.co/ewg-vs-pwg-bmw-n55/
Ah suatu pencerahan 👍🏼
erwinign
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3170
Joined: 19 Apr 2014, 10:45
Location: SRG

Re: BMW Seri 5 E60: Semua Yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Membeli

Post by erwinign »

KielConstantine wrote: 29 Aug 2021, 19:21
DOHC wrote: 29 Aug 2021, 10:37
VIPSERIES wrote: 29 Aug 2021, 10:01

Udah mau murtad kayaknya..
Kemarin sih calon calon WTS E90 :mky_02:
Astaga

Jangan2 mo nyebrang ke tjap bintang :big_think:

Kalo mau cari aman palingan lari ke tjap Lexus mbah… :cupss:

VIPSERIES wrote: 29 Aug 2021, 15:07
sintoni wrote: 29 Aug 2021, 10:07
WTS E90 terus WTB F30?
Gamau dia. Takut engine block meledak kayak N20 gue :ungg:
Kalo otak masih sengklek ya.. Pengennya F22 M235i tp musti siapin budget insert coin (1) lebih gede lg… :big_weee:
Dahhh om leksus aja, nyaman bandel kuat ac adem kaya toyota tapi bukan toyota :big_biglaugh:

RX, GS, LC500 bagus itu
Don't Judge The Book By It's Cover
Veyron
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 59
Joined: 07 May 2010, 16:46

Re: BMW Seri 5 E60: Semua Yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Membeli

Post by Veyron »

Untuk 530i yang LCI sudah menggunakan active steering. Feel berkendara sangat mantap dan precise. Namun ini juga mejadi kelemahan karena sering terjadi kerusakan. Mobil saya kena di tahun keempat akhir, untungnya masih tercover warranty sehingga diganti baru utuh. Kalo nggak salah nilai perbaikan dan partnya sekitar 40an juta. Mechatronic aman sampai KM 60rb sebelum mobil akhirnya dijual.
thestoneroses
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 403
Joined: 22 Jan 2015, 18:45
Location: +62 / +65

Re: BMW Seri 5 E60: Semua Yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Membeli

Post by thestoneroses »

sintoni wrote: 30 Aug 2021, 10:11

Weh, awet jg ya om..

523i beli baru itu om?

Mungkin karena feslip mungkin jg ya.
Iya oom.
Kayaknya yang 09' ngga bermasalah oom.
Saya selama 6 tahun pakai ngga ada keluhan berarti, cuma emang oli mulai tahun ke-3 ya kalau nda salah mulai di top up per bulan, barang 0,75 liter lah.

Sisanya ya begitu, kena tanggung oom. Kenceng/sporty kurang, nyaman kurang, akhirnya dilego.
Ron Asheton Forever
Pboyz97
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2975
Joined: 09 Oct 2016, 22:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: CX5 Elite 2018

Re: BMW Seri 5 E60: Semua Yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Membeli

Post by Pboyz97 »

KielConstantine wrote: 29 Aug 2021, 19:21
DOHC wrote: 29 Aug 2021, 10:37
VIPSERIES wrote: 29 Aug 2021, 10:01

Udah mau murtad kayaknya..
Kemarin sih calon calon WTS E90 :mky_02:
Astaga

Jangan2 mo nyebrang ke tjap bintang :big_think:

Kalo mau cari aman palingan lari ke tjap Lexus mbah… :cupss:

VIPSERIES wrote: 29 Aug 2021, 15:07
sintoni wrote: 29 Aug 2021, 10:07
WTS E90 terus WTB F30?
Gamau dia. Takut engine block meledak kayak N20 gue :ungg:
Kalo otak masih sengklek ya.. Pengennya F22 M235i tp musti siapin budget insert coin (1) lebih gede lg… :big_weee:
lexus udh paling bener om. lebih durable dan maintenancenya ga semahal bmw. minusnya ya driving feel dan handlingnya ga seenak bmw tapi lebih nyaman plusnya dan lebih empuk. kalo alternatif bisa lirik w204. biaya maintenancenya kalo di spesialis gajauh beda kok sama sedan jepangan kek accord, mazda 6 atau teana tahun sama katanya temen ane yg udh sering gonta ganti mobil jepang dan eropa + termasuk durable juga buat ukuran european car dan partsnya juga masih cukup mudah apalagi tinggal di jakarta karena bengkel spesialisnya cukup banyak yg bisa nanganin
Past:
1NZFE 4AT / L15A 5AT / K24Z1 5AT / 2.0 Skyactiv 6AT / 4A91 4AT / 2NRFE CVT / K3VE 5MT / 1NRVE 5MT

Now:
2.5 SKYACTIV - G 6AT / 1.5 VTEC Turbo CVT / L15Z1 CVT
masbensin
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 194
Joined: 04 Sep 2016, 09:24

Re: BMW Seri 5 E60: Semua Yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Membeli

Post by masbensin »

deanwik wrote: 28 Aug 2021, 21:17 BMW Seri 5 E60 memang merupakan sedan Jerman yang menawan, apalagi dengan harga bekasnya yang cukup terjangkau. Tetapi, mengingat usianya yang sudah cukup berumur, ada beberapa hal yang membutuhkan perhatian extra jika anda ingin merawatnya.

Exterior
Banyak perdebatan yang terjadi tentang penampilan BMW Seri 5 E60 ini, namun bagi kami, bentuknya lumayan ganteng dan menawan.

Ciri khas kidney grille-nya tetap dipertahankan, dan bentuk lampu depan yang menyerupai mata elang membuatnya terkesan tajam. Profil samping dan belakangnya juga bongsor, selayaknya sedan eksekutif jerman.

Berdimensi 4,84 m x 1.85 m x 1.48 m (panjang x lebar x tinggi), Seri 5 E60 ini lebih besar dari generasi sebelumnya E39. Secara ukuran, dia juga berada di antara rivalnya, Mercedes-Benz E-Class W211 dan Audi A6 C6.

Interior
Masuk ke dalam, anda disambut dengan interior yang sangat driver-oriented. Pengaturan kursi dan setir yang lengkap juga membuatnya memiliki posisi berkendara yang paling ergonomis dari rival-rivalnya.

Penggunaan material soft-touch dan trim kayu pada dashboard dan pintu juga membuatnya terkesan mewah. Serta, pelapisan kulit pada jok dan pintu menimbulkan kesan mahal dan mewah.

Sebagai sedan 5 penumpang, penumpang belakang tidak akan bermasalah dengan ruang kepala maupun ruang kaki.

Tetapi penumpang belakang yang duduk ditengah mungkin akan terganggu dengan saluran penggerak roda belakang yang menonjol cukup tinggi.

Dengan kapasitas bagasi 520 liter, sedan besar ini juga cukup praktis. Sayangnya, kursi belakang tidak bisa dilipat rata lantai untuk memperbesar kapasitas bagasi.

Varian/Tipe

Di Indonesia, BMW Seri 5 E60 terdiri dari 3 varian saja, yaitu 520i, 523i, dan 530i, dimana semuanya bermesin bensin dan mengusung bentuk sedan 4-pintu.

Pada pasar negara lain, BMW Seri-5 bermesin bensin juga ada varian 525i, 528i, 535i, 545i, 550i, dan M5 yang tidak hadir di pasar Indonesia.
Sedan BMW ini juga menyediakan varian bermesin diesel seperti 520d, 525d, 530d, dan 535d yang absen jua pada pasar Indonesia.

Bahkan, beberapa varian Touring/Estate pun hanya datang melalui importir umum dengan jumlah yang sangat terbatas.
Meski begitu, varian Seri 5 E60 yang masuk ke Indonesia bukanlah varian yang buruk dan masih memberikan kepuasan berkendara yang tinggi.

BMW 520i — 2004–2007 (Pre-Facelift)
Kisaran Harga = Rp 90.000.000 — Rp 150.000.000

520i merupakan varian entry-level dari Seri 5 E60. Namun janganlah diragukan, sebab tipe terendahnya ini pun sudah menggunakan mesin 6 silinder dan memiliki banyak fitur-fitur yang sudah sangat canggih pada masanya.

Mesin
Mesin yang digunakan pada 520i ini adalah unit berkode M54, berukuran 2.200 cc 6 silinder bertenaga 168 hp dan bertorsi 210 N.m. Mesin ini dipasangkan ke transmisi otomatis 6 percepatan yang menyalurkan tenaga ke dua roda belakang (RWD).

Akselerasi 0–100 km/h tuntas dalam 9 detik dan kecepatan maksimalnya mencapai 230 km/h. Sedangkan konsumsi bahan bakar untuk rute kombinasi bisa diharapkan di kisaran 8–10 km/l.

Fitur Exterior
Sebagai tipe terendah, fitur exterior yang didapatkan di varian 520i cukup basic, seperti velg single-tone berukuran 16 inci, 4 buah rem cakram, pintu bagasi manual, dan lampu halogen untuk headlights, foglights, dan taillights.

Fitur Interior
Di dalam, kemewahan baru terasa dengan jok kulit dengan trim panel kayu glossy berwarna coklat, pengaturan kursi depan elektrik, dual-zone automatic climate control, spion tengah auto-dimming, dan 2nd gen iDrive infotainment system dengan layar berukuran 6.5 inci.

BMW 523i — 2005–2007 (Pre-Facelift); 2008–2010 (LCI)
Kisaran Harga = Rp 130.000.000 — Rp 210.000.000 sumber data dari https://mobilman.id/
523i adalah varian menengah yang baru rilis satu tahun setelah E60 pertama kali dipasarkan di Indonesia. Varian ini memiliki fitur yang mirip dengan 520i, tetapi dibekali dengan mesin yang sedikit lebih bertenaga.

Pada facelift yang terjadi tahun 2008, BMW memberhentikan penjualan varian 520i, sehingga 523i merupakan entry-level pada facelifted model E60.

Mesin
Varian 523i menggunakan unit yang sedikit lebih besar dari tipe sebelumnya. Berkode N53, mesin ini berukuran 2.500 cc 6 silinder dengan tenaga 188 hp dan torsi 240 N.m. Mesin ini juga dipasangkan ke transmisi otomatis 6 percepatan dan berpenggerak RWD.

Akselerasi 0–100 km/h tuntas dalam 8.2 detik dan kecepatan maksimalnya mencapai 237 km/h.

Serta, anda bisa mengharapkan konsumsi bahan bakar untuk berada di kisaran 6–8 km/l untuk rute kombinasi.

Fitur Exterior
Terdapat sejumlah tambahan fitur dari entry level yang membuat 523i terasa lebih premium dari luar. Varian ini hadir dengan velg berukuran 17 inci dengan run flat tire, projector headlamp, LED taillights, pelipatan spion elektrik, dan rain-sensing wiper untuk kaca depan.

Fitur Interior
Fitur tambahan yang ada di dalam termasuk lapisan kulit untuk setir, power outlet untuk penumpang belakang, dan warna interior yang lebih cerah.

BMW 530i — 2004–2007 (Pre-Facelift); 2008–2010 (LCI)
Kisaran Harga = Rp 140.000.000 — Rp 230.000.000
530i merupakan varian tertinggi dari BMW Seri 5 E60, dibekali dengan mesin yang paling bertenaga dan fitur-fitur terkomplit di jajaran tipe Seri 5 E60 di Indonesia.

Mesin
Pada masa pre-facelift, 530i mengadopsi mesin berkode M54 yang sama dengan 520i, tetapi memiliki ukuran dan tenaga yang lebih besar — 3,000 cc 6 silinder bertenaga 228 hp dan bertorsi 300 N.m. Transimsi dan konfigurasi RWD masih sama dengan varian di bawahnya.

Akselerasi 0–100 km/h tuntas dalam 6.9 detik dan kecepatan maksimalnya mencapai 250 km/h.

Menariknya, saat facelift terjadi di tahun 2008, BMW meningkatkan mesin 530i-nya ke mesin berkode N53. Mesin ini juga berukuran 3,000 cc tetapi memproduksi tenaga dan torsi yang lebih besar, yaitu 268 hp dan 320 N.m.

Alhasil, figur akselerasi meningkat, jadi 6.3 detik untuk sprint 0–100 km/h, meskipun top speed tetap sama.

Akan tetapi, performa yang tinggi ini cukup mengorbankan konsumsi bahan bakar, di kisaran 5–7 km/l untuk rute kombinasi. Itu adalah angka yang cukup boros, apalagi dengan kapasitas bahan bakar 70 liter, yang dapat membuat pengeluaran membengkak setiap pengisian bensin penuh.

Fitur Exterior
Dari luar, hanya terdapat tambahan sunroof dan desain velg 17 inci yang berbeda dari 523i. Fitur Interior

Sedangkan pada fitur tambahan interior terdapat pengaturan setir elektrik, fungsi memori untuk kursi pengemudi, tirai jendela untuk penumpang belakang, serta interior set yang berwarna beige.

Fitur Keamanan dan Bantuan Pengemudi
Secara keamanan, BMW Seri 5 E60 ini tidak perlu diragukan lagi. Secara standar, mobil ini sudah dilengkapi dengan 8 buah airbag, rem ABS, dan electronic stability control. Selain itu, active roll stabilization dan anti roll-bar juga hadir untuk meminimalisir resiko mobil terguling.

Fitur bantuan pengemudi lainnya seperti sensor parkir (depan dan belakang), cruise control, dan lane keep assist juga sudah tersedia.

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli BMW Seri 5 E60
Dengan harga yang sangat terjangkau, mungkin anda tergiur untuk meminang sedan BMW ini, tetapi perlu diketahui bahwa mobil yang berumur ini tidak lepas dari beberapa masalah. Berikut adalah beberapa hal anda harus perhatikan sebelum membawa pulang BMW Seri 5 E60 bekas ke garasi anda.

Pastikan Indikator Peringatan di Instrumen Tidak Menyala
Lampu peringatan seperti check engine, ABS, dan lain-lain seharusnya tidak menyala saat mesin dinyalakan. Indikator peringatan yang menyala menandakan ada suatu kesalahan/malfungsi dalam mobil yang mewajibkannya untuk diperiksakan di bengkel resmi.

Pengecekan ini akan membutuhkan biaya yang mahal dan berpotensi untuk munculnya biaya perbaikan tambahan yang tinggi. Sehingga, sebaiknya anda mencari unit yang tidak ada cacat secara internal.

Pastikan Tidak Ada Kerusakan pada Modul Transmisi
Gearbox 6 percepatan di Seri 5 E60 ini adalah hal terakhir yang ingin anda dapati rusak. Sayangnya hal ini cukup sering terjadi, terutama pada model pre-facelift.

Umumnya, kerusakan terjadi pada modul EGS (Electronic Gear Shift) control unit pada transmisinya, yang biasanya diawali dengan gejala gigi selip atau tersendat. Penggantian seluruh transmisi memerlukan biaya ± Rp 50 juta.

Pastikan service record untuk penggantian oli transmisi tersedia, atau solusi yang lain, anda bisa memilih varian LCI yang memiliki sistem transmisi yang lebih baru yang dapat mengurangi resiko kerusakan.

Pastikan Ada Bukti Servis Rutin
Melanjutkan poin sebelumnya, hindarilah unit yang tidak memiliki buku service atau service record yang rutin. Mobil ini memerlukan perawatan terbaik layaknya yang tersedia di bengkel resmi, karena adanya beberapa komponen unik yang cara perawatannya hanya dikuasai oleh mekanik BMW yang sudah terlatih dan profesional.

Pastikan Kondisi Interior Ada dalam Keadaan Prima
Banyak pemilik mobil mewah seperti BMW sedan ini yang jarang memakai mobilnya (bisa diperhatikan pada unit dengan kilometer yang rendah), dan sering kali mobilnya hanya disimpan di dalam garasi. Maka dari itu, waspadalah terhadap jamur yang bisa saja berkembang pada interior kulit E60 ini. Hal ini bisa diselesaikan dengan full interior detailing.

Juga, jika pemilik sebelumnya tidak hati-hati dalam pemakaian, anda juga bisa menemukan goresan goresan pada material soft touch pada dashboard dan pintunya.

Dan jangan lupa memastikan tombol-tombol elektronik berada dalam keadaan prima dan berfungsi secara penuh untuk mengindari biaya penggantian sparepart yang tinggi.

Perhatikan Pajak Mati dan Biayanya
Pajak tahunan BMW Seri 5 E60 ini berada di kisaran Rp 7.5 juta. Usahakanlan untuk memilih unit yang pajaknya hidup, dan apabila mati, anda bisa meminta diskon yang lebih lagi dari sang penjual untuk meringankan pelunasan pajaknya yang nunggak.

Test Drive dan Full Body Inspection
Rasa mantap dalam membeli mobil bekas apapun pada umumnya adalah sebuah kewajiban. Apabila anda merasa sudah puas pada unit spesifik saat berburu mobil bekas, janganlah lupa melakukan test drive untuk merasakan rasa setir, transmisi, kaki-kaki, dan lain-lain demi kemantapan dan kenyamanan anda.

Janganlah ragu juga untuk membawa teman atau kerabat anda yang sudah berpengalaman membeli mobil bekas untuk menuntun anda dan memberikan sudut pandang ke tiga agar meminimalisir pemilihan unit yang salah.

Rangkuman Akhir
Meski sudah lumayan berumur, BMW Seri 5 E60 adalah sedan BMW yang masih terasa modern dan timeless. Ia menawarkan teknologi dan rasa berkendara premium yang bahkan belum ditawarkan oleh kebanyakan mobil baru saat ini. Di atas itu, harga bekasnya juga sangat menarik.
Jadi, dengan catatan anda mengerti bagaimana cara merawatnya dan sadar akan biaya kepemilikannya yang cukup tinggi, mobil mewah dari Jerman ini sangat layak untuk dimiliki.
Koreksi dikit Oom, M5 E60 masuk ke Indonesia secara resmi dr Eurokar ada 8 unit. Alhamdulillah masih megang 1 biji :big_okay:
vanosz
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 137
Joined: 31 Aug 2013, 11:20

Re: BMW Seri 5 E60: Semua Yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Membeli

Post by vanosz »

Pboyz97 wrote: 01 Sep 2021, 09:38
KielConstantine wrote: 29 Aug 2021, 19:21
DOHC wrote: 29 Aug 2021, 10:37

Astaga

Jangan2 mo nyebrang ke tjap bintang :big_think:

Kalo mau cari aman palingan lari ke tjap Lexus mbah… :cupss:

VIPSERIES wrote: 29 Aug 2021, 15:07
Gamau dia. Takut engine block meledak kayak N20 gue :ungg:
Kalo otak masih sengklek ya.. Pengennya F22 M235i tp musti siapin budget insert coin (1) lebih gede lg… :big_weee:
lexus udh paling bener om. lebih durable dan maintenancenya ga semahal bmw. minusnya ya driving feel dan handlingnya ga seenak bmw tapi lebih nyaman plusnya dan lebih empuk. kalo alternatif bisa lirik w204. biaya maintenancenya kalo di spesialis gajauh beda kok sama sedan jepangan kek accord, mazda 6 atau teana tahun sama katanya temen ane yg udh sering gonta ganti mobil jepang dan eropa + termasuk durable juga buat ukuran european car dan partsnya juga masih cukup mudah apalagi tinggal di jakarta karena bengkel spesialisnya cukup banyak yg bisa nanganin
:ungg:

eh ada agan pboyz
lexus paling benar ya ganz,untuk durable dibanding bmw
kalo honda gmn driving feelnya ganz,banding bmw.infonya honda fun drive
ane tadi mau liat civic aja sekalian type r
tp liat toyota GR 86 terbaru jadi galau nih ganz
infonya kencang juga 0-100 6 detikan
ane pikir lumayan lah harian sekalian trak day sirkuit ganz.
gerak belakang lebih enak dr depan setau ane sekaligus manual
menurut agan gmn
galau mulu ane ganz,
Post Reply