Review Pemakaian 3 minggu Hyundai Santa Fe 2.2D 2021

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: F 272, b8099ok, ginting, FRD, artoodetoo, y_anjasrana

yohanesw
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 167
Joined: 08 May 2013, 14:45
Daily Vehicle: Santa DM 2014

Re: Review Pemakaian 3 minggu Hyundai Santa Fe 2.2D 2021

Post by yohanesw »

erwinign wrote::big_peace:
yohanesw wrote: 14 Sep 2021, 15:43
erwinign wrote: Soal ban kayanya dr yg udah2 kumho asli korea kurang oke ya om di sini. Switch ke mich primacy SUV ato sejelek2nya dueler HL lebih oke ya buat d endonesa. Mgkn kl pake ban bagus kaya mich itu noise, grip, bantingan bs lebih baik dan bisa handle mesin monster disel ini om.

Speedonya ini jg gile ya om, displaynya seinteraktif itu dan keliatan reliable gitu. Hi tech tapi ga terkesan deg2an kaya liat display speedo BMW sekarang :big_biglaugh:
ban kumho yg ini memang kurang cocok banget dipasang ke santa fe om, waktu saya TD aja gaspol spinnya banyak bener, beda sama TM sebelumnya gripnya asik bener berkat ban continentalnya
Kl soal part2 gitu misal sokbreker kayanya TM masih jarang ya om?
masih jarang om, ada alternatif tapi kualitasnya kurang bagus
2013 - Mitsubishi Mirage
2014 - Suzuki Ertiga GX
02/2018 - Mitsubishi Xpander Sport
02/2019 - Nissan Xtrail T32 2017
08/2019 - Nissan Livina VL
10/2019 - Hyundai Santa Fe CRDi 2014
erwinign
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3405
Joined: 19 Apr 2014, 10:45
Location: SRG

Re: Review Pemakaian 3 minggu Hyundai Santa Fe 2.2D 2021

Post by erwinign »

yohanesw wrote: 14 Sep 2021, 16:04
erwinign wrote::big_peace:
yohanesw wrote: 14 Sep 2021, 15:43
ban kumho yg ini memang kurang cocok banget dipasang ke santa fe om, waktu saya TD aja gaspol spinnya banyak bener, beda sama TM sebelumnya gripnya asik bener berkat ban continentalnya
Kl soal part2 gitu misal sokbreker kayanya TM masih jarang ya om?
masih jarang om, ada alternatif tapi kualitasnya kurang bagus
Alternatif gitu merk mando ya om? Saya liat itu kl di toko part spesial hyundai kia mesti keluarnya cap hyundai mobis ato ga mando terus
Don't Judge The Book By It's Cover
yohanesw
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 167
Joined: 08 May 2013, 14:45
Daily Vehicle: Santa DM 2014

Re: Review Pemakaian 3 minggu Hyundai Santa Fe 2.2D 2021

Post by yohanesw »

erwinign wrote:
yohanesw wrote: 14 Sep 2021, 16:04
erwinign wrote::big_peace: Kl soal part2 gitu misal sokbreker kayanya TM masih jarang ya om?
masih jarang om, ada alternatif tapi kualitasnya kurang bagus
Alternatif gitu merk mando ya om? Saya liat itu kl di toko part spesial hyundai kia mesti keluarnya cap hyundai mobis ato ga mando terus
iya mando/YJT buat sekarang om. kalo yg dipakai hyundai langsung biasanya mobis/ori HMI

shock TM FL ini ga tau masih sama ga bentuknya dengan yang TM
2013 - Mitsubishi Mirage
2014 - Suzuki Ertiga GX
02/2018 - Mitsubishi Xpander Sport
02/2019 - Nissan Xtrail T32 2017
08/2019 - Nissan Livina VL
10/2019 - Hyundai Santa Fe CRDi 2014
Dudd88
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 77
Joined: 26 Oct 2018, 10:08
Location: Samarinda
Daily Vehicle: Grand livina

Re: Review Pemakaian 3 minggu Hyundai Santa Fe 2.2D 2021

Post by Dudd88 »

vhar7 wrote: 13 Sep 2021, 18:00
Senargitar wrote: 13 Sep 2021, 06:23 Akhirnya ada yg review di sm juga. Om mau nanya dong karakter dual clutch nya pas lagi stop & go gimana om? Halus atau ada jerky nya?
Jerky sampe ndut2 an sih ngga, cuma memang ada kesan kayak engine brake sedikit ketika lepas gas dan itu hanya kerasa kalo di gigi 1. Mirip2 kayak mobil manual gitu om kesan nya
himaatoo wrote: 13 Sep 2021, 06:56 Mantap om, selamat untuk santa fe barunya :big_peace:

Itu yang service berkala per 15rb km dari buku manualnya atau dari buku servicenya ya om?

Kalo DM sih emang beda antara buku manual sama buku service, bukman bilang per 15 ribu tapi buku service per 10 ribu.
oo iya di buku service nya ada catatan tersendiri untuk negara selain russia, oli diganti di 10 ribu. Agak tricky ya, service berkala dan ganti oli nya tidak pas berbarengan gitu. Biasanya di mobil lain kan service berkala per 10 ribu km, oli ya ganti di 10 ribu.
McLaren wrote: 13 Sep 2021, 09:59 Mantab om, cuman bisa ngiler 😁
Servis tiap 15 rb km yaa, berarti ky di mamarika. Tiap 10 rb miles yg klo km 16,180 km.
Dibuletin 15 rb lah…
Olinya apa yaa itu dr Hyundainya?

Oya om, klo KIA kn garansi 7 th atau 200 rb km skrg.
Klo Hyundai berapa yaa?
Oli dari Hyundai nya pake Shell Rimula 10W-40 dan apa bener ini oli nya bukan Full Synth tapi Semi Synthetic? Saya sempet tanya ke langganan toko oli katanya itu bukan Full Synthetic. Warranty nya di 3 tahun or 100 ribu km mana yg tercapai lebih dahulu. Nah ada satu hal lagi yg aneh di warranty nya. Utk kaki2 dan suspensi tidak di covered di warranty, waktu itu sudah tanya ke beberapa dealer buat mastiin dan jawabannya semua sama. Apa Santa Fe sebelum2 nya jg sama warranty nya ga termasuk kaki2?
Pboyz97 wrote: 13 Sep 2021, 11:30 nice review dan congrats om buat mobil barunya

mobil ini memang cakep desainnya luar- dalam + fiturnya juga banyak, blm lg suara mesinnya yg kehitung halus buat ukuran mobil diesel. kalo ga mentingin brand dan rv, mobil ini cukup worth buat dimiliki
Nah, resale value hyundai memang ga bisa berharap banyak dah...
yohanesw wrote: 13 Sep 2021, 12:34 perihal suspensi jangan khawatir om, memang monokok ya begitu kalo dibanding ladder frame innova, kalo kena lobang dalam jauh lebih terasa dibanding ladder frame

buat sunroof uda ditanyain ke beres om?

dan dctnya pemakaian harian/macet bagaimana?

congrats buat mobilnya btw 👍🏻👍🏻
sunroof belum saya complain ke bengkel resmi. kapan hari kelupaan waktu service 1000, ntar deh kapan baru complain. DCT nya di kemacetan kalo buat saya overall ok kok ga sampe yang mengganggu gimana, cuma memang kalo dirasa rasa in tetap ada beda nya dengan matic biasa.
mr_mytplx wrote: 13 Sep 2021, 14:58 Dibandingkan CX5 keras mana om saat kena jalan keriting atau berlubang?
Buat saya agak keras Santa Fe, CX-5 memang bukan yg empuk jg bantingan nya tp somehow saya ga pernah complain kalo pas nyetir CX-5 hajar lubang. Nah di Santa Fe ini kalo buat hajar lubang, gitu kerasa agak mengganggu feel keras nya. Oh ya satu lagi: ROAD NOISE. di aspal yang kasar suara ban nya agak masuk nih mobil kayak gemuruh gitu
Yg smartstream ini oli mesinnya 5.6 l aja ya? yg DM kalau gak salah 6.7 l oli mesinnya
vhar7
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 16
Joined: 28 Dec 2016, 00:13

Re: Review Pemakaian 3 minggu Hyundai Santa Fe 2.2D 2021

Post by vhar7 »

yohanesw wrote: 14 Sep 2021, 15:43
ban kumho yg ini memang kurang cocok banget dipasang ke santa fe om, waktu saya TD aja gaspol spinnya banyak bener, beda sama TM sebelumnya gripnya asik bener berkat ban continentalnya
kalo misal ganti ban kayak michellin primacy gitu apa road noise nya bakalan ke reduced significant ngga ya om? atau harus pasang full peredam lantai gitu buat ilangin road noise? Tp sempet baca2 katanya peredam lantai jg percuma buat road noise malahan yg ada nambah beban terus resiko bunyi2 di interior gara2 bekas dibongkar pasang.
Dudd88 wrote: 14 Sep 2021, 16:11
Yg smartstream ini oli mesinnya 5.6 l aja ya? yg DM kalau gak salah 6.7 l oli mesinnya
iya 5.6 liter aja, kemarin bengkel resmi nya hampir salah mau masukin oli nya 6.5 liter ngikutin kayak R 2.2 engine Santa Fe pre FL
krniawnhdr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1057
Joined: 02 Aug 2018, 11:43
Location: Jakarta

Re: Review Pemakaian 3 minggu Hyundai Santa Fe 2.2D 2021

Post by krniawnhdr »

vhar7 wrote: 14 Sep 2021, 22:52
yohanesw wrote: 14 Sep 2021, 15:43
ban kumho yg ini memang kurang cocok banget dipasang ke santa fe om, waktu saya TD aja gaspol spinnya banyak bener, beda sama TM sebelumnya gripnya asik bener berkat ban continentalnya
kalo misal ganti ban kayak michellin primacy gitu apa road noise nya bakalan ke reduced significant ngga ya om? atau harus pasang full peredam lantai gitu buat ilangin road noise? Tp sempet baca2 katanya peredam lantai jg percuma buat road noise malahan yg ada nambah beban terus resiko bunyi2 di interior gara2 bekas dibongkar pasang.
Dudd88 wrote: 14 Sep 2021, 16:11
Yg smartstream ini oli mesinnya 5.6 l aja ya? yg DM kalau gak salah 6.7 l oli mesinnya
iya 5.6 liter aja, kemarin bengkel resmi nya hampir salah mau masukin oli nya 6.5 liter ngikutin kayak R 2.2 engine Santa Fe pre FL
bakal significant om, kalo dari kumho ke michelin atau continental sekalian..
opsi 2 pake peredam didepan full. cari yang experienced om biar ngga khawatir.
erwinign
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3405
Joined: 19 Apr 2014, 10:45
Location: SRG

Re: Review Pemakaian 3 minggu Hyundai Santa Fe 2.2D 2021

Post by erwinign »

yohanesw wrote: 14 Sep 2021, 16:07
erwinign wrote:
yohanesw wrote: 14 Sep 2021, 16:04
masih jarang om, ada alternatif tapi kualitasnya kurang bagus
Alternatif gitu merk mando ya om? Saya liat itu kl di toko part spesial hyundai kia mesti keluarnya cap hyundai mobis ato ga mando terus
iya mando/YJT buat sekarang om. kalo yg dipakai hyundai langsung biasanya mobis/ori HMI

shock TM FL ini ga tau masih sama ga bentuknya dengan yang TM
Naah soal supply chain ini om, krn hyundai mau maennya besar kan di indo pastinya kudu ada 3rd party vendor part. Dan 3rd party vendor part itu ya jatuh2nya ke merk pegangan astra otoparts lagi :big_biglaugh: ato ga macem sakura. Kl andelinnya mobis ato mando terus walaupun (mungkin) murah tapi kendala yg harus impor itu dr korea, pol2an sourcing part HMI lokal yg mungkin balik2nya ngesub ke astra otoparts bisa2
Don't Judge The Book By It's Cover
krniawnhdr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1057
Joined: 02 Aug 2018, 11:43
Location: Jakarta

Re: Review Pemakaian 3 minggu Hyundai Santa Fe 2.2D 2021

Post by krniawnhdr »

erwinign wrote: 15 Sep 2021, 08:40
yohanesw wrote: 14 Sep 2021, 16:07
erwinign wrote:
Alternatif gitu merk mando ya om? Saya liat itu kl di toko part spesial hyundai kia mesti keluarnya cap hyundai mobis ato ga mando terus
iya mando/YJT buat sekarang om. kalo yg dipakai hyundai langsung biasanya mobis/ori HMI

shock TM FL ini ga tau masih sama ga bentuknya dengan yang TM
Naah soal supply chain ini om, krn hyundai mau maennya besar kan di indo pastinya kudu ada 3rd party vendor part. Dan 3rd party vendor part itu ya jatuh2nya ke merk pegangan astra otoparts lagi :big_biglaugh: ato ga macem sakura. Kl andelinnya mobis ato mando terus walaupun (mungkin) murah tapi kendala yg harus impor itu dr korea, pol2an sourcing part HMI lokal yg mungkin balik2nya ngesub ke astra otoparts bisa2
dulu sempet kerja di hyundai heavy industries di Ulsan buat 3 tahunan, jadi saya paham bukan cara mainnya Hyundai kayak gitu. apalagi kalo udah dipegang langsung hyundai korea.
kemungkinan pakai yang opsi impor dari korea itu..atau si mando nanti bisa jadi buka disini juga. tipikalnya ngga masalah ribet/agak mahal diawal, daripada product mereka 'tercemar' oleh bukan dari subnya mereka.
tapi entah kalo mentok di alasan TKDN jadinya pakai yang dari otoparts. tapi kemungkinan sih itu bener2 jadi last choice banget.
erwinign
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3405
Joined: 19 Apr 2014, 10:45
Location: SRG

Re: Review Pemakaian 3 minggu Hyundai Santa Fe 2.2D 2021

Post by erwinign »

krniawnhdr wrote: 15 Sep 2021, 10:52
erwinign wrote: 15 Sep 2021, 08:40
yohanesw wrote: 14 Sep 2021, 16:07
iya mando/YJT buat sekarang om. kalo yg dipakai hyundai langsung biasanya mobis/ori HMI

shock TM FL ini ga tau masih sama ga bentuknya dengan yang TM
Naah soal supply chain ini om, krn hyundai mau maennya besar kan di indo pastinya kudu ada 3rd party vendor part. Dan 3rd party vendor part itu ya jatuh2nya ke merk pegangan astra otoparts lagi :big_biglaugh: ato ga macem sakura. Kl andelinnya mobis ato mando terus walaupun (mungkin) murah tapi kendala yg harus impor itu dr korea, pol2an sourcing part HMI lokal yg mungkin balik2nya ngesub ke astra otoparts bisa2
dulu sempet kerja di hyundai heavy industries di Ulsan buat 3 tahunan, jadi saya paham bukan cara mainnya Hyundai kayak gitu. apalagi kalo udah dipegang langsung hyundai korea.
kemungkinan pakai yang opsi impor dari korea itu..
tapi entah kalo mentok di alasan TKDN. tapi kemungkinan sih itu bener2 jadi last choice banget.
Wah baru tau saya om, krn bbrp waktu lalu saya liat pabriknya hyundai mobis pun di sana sempet problem gr2 covid makanya kepikiran ke yg saya bilang itu. Sama tipikal cust sini yg udah terbentuk, maunya yg KW KW dan dianggep ori. Sejauh ini saya santa fe DM baru nemu filter oli ato filter solar ada yg buatan sakura
Don't Judge The Book By It's Cover
krniawnhdr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1057
Joined: 02 Aug 2018, 11:43
Location: Jakarta

Re: Review Pemakaian 3 minggu Hyundai Santa Fe 2.2D 2021

Post by krniawnhdr »

erwinign wrote: 15 Sep 2021, 10:56
krniawnhdr wrote: 15 Sep 2021, 10:52
erwinign wrote: 15 Sep 2021, 08:40

Naah soal supply chain ini om, krn hyundai mau maennya besar kan di indo pastinya kudu ada 3rd party vendor part. Dan 3rd party vendor part itu ya jatuh2nya ke merk pegangan astra otoparts lagi :big_biglaugh: ato ga macem sakura. Kl andelinnya mobis ato mando terus walaupun (mungkin) murah tapi kendala yg harus impor itu dr korea, pol2an sourcing part HMI lokal yg mungkin balik2nya ngesub ke astra otoparts bisa2
dulu sempet kerja di hyundai heavy industries di Ulsan buat 3 tahunan, jadi saya paham bukan cara mainnya Hyundai kayak gitu. apalagi kalo udah dipegang langsung hyundai korea.
kemungkinan pakai yang opsi impor dari korea itu..
tapi entah kalo mentok di alasan TKDN. tapi kemungkinan sih itu bener2 jadi last choice banget.
Wah baru tau saya om, krn bbrp waktu lalu saya liat pabriknya hyundai mobis pun di sana sempet problem gr2 covid makanya kepikiran ke yg saya bilang itu. Sama tipikal cust sini yg udah terbentuk, maunya yg KW KW dan dianggep ori. Sejauh ini saya santa fe DM baru nemu filter oli ato filter solar ada yg buatan sakura
iya sih om, tapi bisa juga mereka jadinya ngikutin trend cara masyarakat disini kayak gimana...
secara kalo di korea sana masyarakatnya ngga pake sibuk nyari part KW-KW an-nya lagi hehehe :big_grin: :big_grin: :big_biglaugh:
vhar7
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 16
Joined: 28 Dec 2016, 00:13

Re: Review Pemakaian 3 minggu Hyundai Santa Fe 2.2D 2021

Post by vhar7 »

krniawnhdr wrote: 15 Sep 2021, 08:30
bakal significant om, kalo dari kumho ke michelin atau continental sekalian..
opsi 2 pake peredam didepan full. cari yang experienced om biar ngga khawatir.
Tapi kalo continental durable ngga? soalnya pengalaman di E class W212 ban standard nya continental gampang benjol gitu.. oh ya satu lagi, kalo Michelin Primacy gitu selain silent apa empuk jg ya? soalnya kalo silent tapi keras ya males dah haha..
erwinign
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3405
Joined: 19 Apr 2014, 10:45
Location: SRG

Re: Review Pemakaian 3 minggu Hyundai Santa Fe 2.2D 2021

Post by erwinign »

vhar7 wrote: 15 Sep 2021, 11:17
krniawnhdr wrote: 15 Sep 2021, 08:30
bakal significant om, kalo dari kumho ke michelin atau continental sekalian..
opsi 2 pake peredam didepan full. cari yang experienced om biar ngga khawatir.
Tapi kalo continental durable ngga? soalnya pengalaman di E class W212 ban standard nya continental gampang benjol gitu.. oh ya satu lagi, kalo Michelin Primacy gitu selain silent apa empuk jg ya? soalnya kalo silent tapi keras ya males dah haha..
Di sini kl 235 60 R18 conti ya CCLX2 om, pernah ada reviewnya di thread ban sama om josomba tp di xtrel T32. Yg saya inget dr reviewnya ybs itu gampang nyelip kerikil walaupun model sidewallnya apalg yg aspect ratio 60 ato 65 sih keker tampilannya.

Yg saya tau sebates ini CCLX2 barangnya susah om, ada pun buatan 2018 2019an dan saya ga pernah coba pake ini ban. Sama2 conti saya lebih suka tampilannya CSC5/6 di santafe TM sebelum FL, walaupun memang beda krn satunya ban SUV (CCLX), satunya ban SUV performance (CSC5/6) dan sizenya beda juga

Kl primacy SUV saya ga pernah coba juga om sblmnya, cm dr yang saya pelajarin dapet mfg datenya bisa lebih fresh, lebih banyak yg jual. Saya jg pernah bandingin dr looksnya di crv turbo, primacy SUV vs dueler HL bawaan crv turbo itu bentuk sidewallnya lebih kurus primacy SUV dikit drpd dueler HL 33 (ply sidewall dan materialnya saya krg tau antara 2 itu)
Don't Judge The Book By It's Cover
yohanesw
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 167
Joined: 08 May 2013, 14:45
Daily Vehicle: Santa DM 2014

Re: Review Pemakaian 3 minggu Hyundai Santa Fe 2.2D 2021

Post by yohanesw »

vhar7 wrote:
krniawnhdr wrote: 15 Sep 2021, 08:30
bakal significant om, kalo dari kumho ke michelin atau continental sekalian..
opsi 2 pake peredam didepan full. cari yang experienced om biar ngga khawatir.
Tapi kalo continental durable ngga? soalnya pengalaman di E class W212 ban standard nya continental gampang benjol gitu.. oh ya satu lagi, kalo Michelin Primacy gitu selain silent apa empuk jg ya? soalnya kalo silent tapi keras ya males dah haha..
michelin primacy problemnya cuma kalo uda berumur di jalan basah gripnya uda ga bagus om, jadi harus hati2.

continental cenderung soft compound jadi kalo sudah berumur akan lebih berisik dari biasanya, dan iya sudah pasti lebih cepat habis.
2013 - Mitsubishi Mirage
2014 - Suzuki Ertiga GX
02/2018 - Mitsubishi Xpander Sport
02/2019 - Nissan Xtrail T32 2017
08/2019 - Nissan Livina VL
10/2019 - Hyundai Santa Fe CRDi 2014
vhar7
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 16
Joined: 28 Dec 2016, 00:13

Re: Review Pemakaian 3 minggu Hyundai Santa Fe 2.2D 2021

Post by vhar7 »

yohanesw wrote: 15 Sep 2021, 15:21
vhar7 wrote:
krniawnhdr wrote: 15 Sep 2021, 08:30
bakal significant om, kalo dari kumho ke michelin atau continental sekalian..
opsi 2 pake peredam didepan full. cari yang experienced om biar ngga khawatir.
Tapi kalo continental durable ngga? soalnya pengalaman di E class W212 ban standard nya continental gampang benjol gitu.. oh ya satu lagi, kalo Michelin Primacy gitu selain silent apa empuk jg ya? soalnya kalo silent tapi keras ya males dah haha..
michelin primacy problemnya cuma kalo uda berumur di jalan basah gripnya uda ga bagus om, jadi harus hati2.

continental cenderung soft compound jadi kalo sudah berumur akan lebih berisik dari biasanya, dan iya sudah pasti lebih cepat habis.
kalo yokohama parada atau geolandar gitu silent and empuk jg ga? atau tetep mending michelin?
krniawnhdr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1057
Joined: 02 Aug 2018, 11:43
Location: Jakarta

Re: Review Pemakaian 3 minggu Hyundai Santa Fe 2.2D 2021

Post by krniawnhdr »

vhar7 wrote: 15 Sep 2021, 11:17
krniawnhdr wrote: 15 Sep 2021, 08:30
bakal significant om, kalo dari kumho ke michelin atau continental sekalian..
opsi 2 pake peredam didepan full. cari yang experienced om biar ngga khawatir.
Tapi kalo continental durable ngga? soalnya pengalaman di E class W212 ban standard nya continental gampang benjol gitu.. oh ya satu lagi, kalo Michelin Primacy gitu selain silent apa empuk jg ya? soalnya kalo silent tapi keras ya males dah haha..
untuk awet kalo bandingannya bridgestone dueller, awetan dueller.
tapi kalo silent dan empuk, menang si primacy. gripnya lebih wenaaak
yohanesw
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 167
Joined: 08 May 2013, 14:45
Daily Vehicle: Santa DM 2014

Re: Review Pemakaian 3 minggu Hyundai Santa Fe 2.2D 2021

Post by yohanesw »

krniawnhdr wrote:
vhar7 wrote: 15 Sep 2021, 11:17
krniawnhdr wrote: 15 Sep 2021, 08:30
bakal significant om, kalo dari kumho ke michelin atau continental sekalian..
opsi 2 pake peredam didepan full. cari yang experienced om biar ngga khawatir.
Tapi kalo continental durable ngga? soalnya pengalaman di E class W212 ban standard nya continental gampang benjol gitu.. oh ya satu lagi, kalo Michelin Primacy gitu selain silent apa empuk jg ya? soalnya kalo silent tapi keras ya males dah haha..
untuk awet kalo bandingannya bridgestone dueller, awetan dueller.
tapi kalo silent dan empuk, menang si primacy. gripnya lebih wenaaak
sepengalaman saya continental lebih enak untuk urusan silent dan empuk, kalau grip memang masih menang primacy
2013 - Mitsubishi Mirage
2014 - Suzuki Ertiga GX
02/2018 - Mitsubishi Xpander Sport
02/2019 - Nissan Xtrail T32 2017
08/2019 - Nissan Livina VL
10/2019 - Hyundai Santa Fe CRDi 2014
krniawnhdr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1057
Joined: 02 Aug 2018, 11:43
Location: Jakarta

Re: Review Pemakaian 3 minggu Hyundai Santa Fe 2.2D 2021

Post by krniawnhdr »

yohanesw wrote: 15 Sep 2021, 18:39
krniawnhdr wrote:
vhar7 wrote: 15 Sep 2021, 11:17

Tapi kalo continental durable ngga? soalnya pengalaman di E class W212 ban standard nya continental gampang benjol gitu.. oh ya satu lagi, kalo Michelin Primacy gitu selain silent apa empuk jg ya? soalnya kalo silent tapi keras ya males dah haha..
untuk awet kalo bandingannya bridgestone dueller, awetan dueller.
tapi kalo silent dan empuk, menang si primacy. gripnya lebih wenaaak
sepengalaman saya continental lebih enak untuk urusan silent dan empuk, kalau grip memang masih menang primacy
iya om, itu kalo dibandingnya tadi sama si dueller :big_peace:
tapi harga conti juga ngga boong sih ya..hehe
kalo awetnya, lebih awet conti atau primacy om?
yohanesw
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 167
Joined: 08 May 2013, 14:45
Daily Vehicle: Santa DM 2014

Re: Review Pemakaian 3 minggu Hyundai Santa Fe 2.2D 2021

Post by yohanesw »

krniawnhdr wrote:
yohanesw wrote: 15 Sep 2021, 18:39
krniawnhdr wrote: untuk awet kalo bandingannya bridgestone dueller, awetan dueller.
tapi kalo silent dan empuk, menang si primacy. gripnya lebih wenaaak
sepengalaman saya continental lebih enak untuk urusan silent dan empuk, kalau grip memang masih menang primacy
iya om, itu kalo dibandingnya tadi sama si dueller :big_peace:
tapi harga conti juga ngga boong sih ya..hehe
kalo awetnya, lebih awet conti atau primacy om?
awetan primacy om, soalnya conti termasuk soft compound.

cuma kalau pakai primacy uda berumur pas basah beneran harus ati2 karena gripnya berkurang banyak.
2013 - Mitsubishi Mirage
2014 - Suzuki Ertiga GX
02/2018 - Mitsubishi Xpander Sport
02/2019 - Nissan Xtrail T32 2017
08/2019 - Nissan Livina VL
10/2019 - Hyundai Santa Fe CRDi 2014
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Re: Review Pemakaian 3 minggu Hyundai Santa Fe 2.2D 2021

Post by kunaskun »

vhar7 wrote: 13 Sep 2021, 21:36 Bener ya berarti itu semi synth.. wah agak parah ya standard nya. Saya kemarin service 1000 km bawa oli sendiri akhirnya. Pake Mobil 1 Delvac 5W-30 ESP
sebetulnya si bukannya parah, tapi ya minimum requirements. ibarat kata yg penting ada daripada ga ada. :mky_04:
kalau mau dicari bener yg sesuai spek itu mesin bikin puyeng saya rasa, karena itu mesin Santa Fe lumayan canggih, kalau tidak salah spek olinya lebih tinggi dari mesin 2GD Fortuner atau innova. setara european modern. nah berapa banyak yg mau jual dan cari buyer yg mau beli oli 200 ribuan se liter :big_biglaugh: apalagi kalau udah pake oli canggih gini masih dijejelin biosolar...
erwinign wrote: 13 Sep 2021, 23:15
Saya liat fotonya tuh botol rimula ketawa aja om, tulisan ACEA jg kaga ada, buntut 40 lagi ckckkckckckcckckck. Mesin udah disel eropa smartstream kenceng wus wus kebanting sama barang begituan

Alt lain saya rasa bs bawa oli Kixx GS yg dijual di marketplace kaya standarnya di bengkel hyundai di korea sana ya.

Kesannya buat orang yg ngerti mobil maen "hajar bleh" doang ATPMnya, kaya yg mesinnya canggih diberi 15W40 itu. Udh jd berat, suhu mesin naek sampe suhu kerja aja bs 15 menit sendiri ckckckc
ya kan ATPM ngasi garansi 3 tahun sekian ratus ribu km, nah setelah itu jebol ya bukan urusan ATPM :big_biglaugh:
tapi saya rasa sejeleknya itu oli, masih lebih kejam kalau yg make kasih minum bio solar mau oli sultan juga pasti cepet degradasinya kalau kena bio solar.
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Re: Review Pemakaian 3 minggu Hyundai Santa Fe 2.2D 2021

Post by kunaskun »

erwinign wrote: 15 Sep 2021, 10:56 Wah baru tau saya om, krn bbrp waktu lalu saya liat pabriknya hyundai mobis pun di sana sempet problem gr2 covid makanya kepikiran ke yg saya bilang itu. Sama tipikal cust sini yg udah terbentuk, maunya yg KW KW dan dianggep ori. Sejauh ini saya santa fe DM baru nemu filter oli ato filter solar ada yg buatan sakura
pengalaman dulu banget melihara KIA VISTO 2002, bisa silang part ke hyundai, dan percaya ga percaya, fast moving part itu ada loh 3rd party, biarpun mereknya ga terkenal atau ga jelas, misal tie rod buat mobil jepang yg merek 555 (ini aja di palsu sama orang indo) nah si hyundai kia ini ada. malah kalau bawa contoh ke kemayoran, bisa aja ketemu yg sama entah pake mobil apa yg penting ada. filter bensin, filter oli, kampas rem, sokbreker ada semua.

yg ane paling inget itu, kabel busi umurnya pendek banget, ga tau kenapa cepet banget putus bikin brebet (tebakan saya ya gampang ga tahan cuaca indo dan namanay saja korea jaman dulu), pake ori satu set 4 biji itu seingat saya 400 ribuan, pake Hyundai punya 300 ribuan, eh bengkel deket rumah nawarin entah merek apa, 200 ribu. ya pake yg 200 ribu saja. :big_biglaugh:
yohanesw
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 167
Joined: 08 May 2013, 14:45
Daily Vehicle: Santa DM 2014

Re: Review Pemakaian 3 minggu Hyundai Santa Fe 2.2D 2021

Post by yohanesw »

kunaskun wrote:
erwinign wrote: 15 Sep 2021, 10:56 Wah baru tau saya om, krn bbrp waktu lalu saya liat pabriknya hyundai mobis pun di sana sempet problem gr2 covid makanya kepikiran ke yg saya bilang itu. Sama tipikal cust sini yg udah terbentuk, maunya yg KW KW dan dianggep ori. Sejauh ini saya santa fe DM baru nemu filter oli ato filter solar ada yg buatan sakura
pengalaman dulu banget melihara KIA VISTO 2002, bisa silang part ke hyundai, dan percaya ga percaya, fast moving part itu ada loh 3rd party, biarpun mereknya ga terkenal atau ga jelas, misal tie rod buat mobil jepang yg merek 555 (ini aja di palsu sama orang indo) nah si hyundai kia ini ada. malah kalau bawa contoh ke kemayoran, bisa aja ketemu yg sama entah pake mobil apa yg penting ada. filter bensin, filter oli, kampas rem, sokbreker ada semua.

yg ane paling inget itu, kabel busi umurnya pendek banget, ga tau kenapa cepet banget putus bikin brebet (tebakan saya ya gampang ga tahan cuaca indo dan namanay saja korea jaman dulu), pake ori satu set 4 biji itu seingat saya 400 ribuan, pake Hyundai punya 300 ribuan, eh bengkel deket rumah nawarin entah merek apa, 200 ribu. ya pake yg 200 ribu saja. :big_biglaugh:
itu mungkin di visto ya om, pengalaman miara santa fe DM ga segitu gampangnya nyari part substitusinya
2013 - Mitsubishi Mirage
2014 - Suzuki Ertiga GX
02/2018 - Mitsubishi Xpander Sport
02/2019 - Nissan Xtrail T32 2017
08/2019 - Nissan Livina VL
10/2019 - Hyundai Santa Fe CRDi 2014
vhar7
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 16
Joined: 28 Dec 2016, 00:13

Re: Review Pemakaian 3 minggu Hyundai Santa Fe 2.2D 2021

Post by vhar7 »

Problem panoramic yg bunyi "krepyek krepyek" sudah saya bawa ke bengkel resmi, dicoba dikasih pelumas di karet2 nya tapi hasilnya 0... sama aja tetep masih ada bunyi. Tp bunyi krepyek2 nya itu baru kedengeran kalo cover nya dibuka. Kalo ditutup hampir ga kedengeran.

Sambil nunggu dibenerin tuh panoramic, saya sekalian test drive Hyundai Palisade 2.2 Signature :big_peace: and ini impression yang saya dapat:

Positive Side
- Interior nya luass dan lega

- Tidak kerasa besar sekali atau susah untuk disetir

- Fitur Cooling seat nya ini membantu banget apalagi tuh mobil di jemur di parkiran panasss sekali. Meskipun pertama masuk mobil nyossss panass, ga butuh waktu lama buat kerasa adem gara2 kebantu kursi AC nya.

- Suspensi dan bantingan enakk, much better daripada Santa Fe yang cenderung keras, tapi tidak bisa seperti Land Cruiser yang baru maupun Alphard untuk kenyamanan suspensi nya. Overall naikan nya enak.

- Road noise dibandingkan Santa Fe jauhh lebih hening ini. Bahkan habis test drive Palisade saya sempet test Santa Fe pre FL mumpung ada unit test nya di sana dan road noise di Santa Fe pre FL ini jg ga separah yang FL.

- Palisade pake 2 sunroof terpisah depan dan tengah, harusnya lebih aman dari bunyi2 an.

- Surprisingly suara mesin nya lebih hening lagi dibandingkan Santa Fe FL, pdhl saya pikir di Santa Fe sudah paling halus and hening, eh ternyata di Palisade ini malah lebih hening lagi suara mesin nya kalo pas di gas. Untuk power memang Santa Fe kerasa lebih galak, tapi di Palisade sama sekali tidak kerasa under power untuk daily use. Torsi di RPM rendah juga masih kerasa powerful and I believe it's more than enough for most people.

Negative Side
- Speedometer sayang sekali belum digital

- Sound system sepertinya juga ga terlalu enak suara nya. Cenderung biasaaa saja.

- Head unit terlihat kecil. Ukuran HU Palisade dengan Santa Fe sepertinya sama. Tetapi di Palisade ini frame nya lebih besar sehingga terlihat HU nya jadi kecil.

- Beberapa fitur lain yg basic absent di mobil seharga 900 juta ini (rain sensing wiper ga ada, camera 360 ga ada)

Overall, mobil ini enak, nyaman, silent dan secara looks mempunyai karisma tersendiri (American mafia looks) :big_exellent: tapi bagi agan2 yg mau beli mobil ini mungkin ada baiknya menunggu sampe taun depan karena bakalan facelift. Info dari sales nya perkiraan di Maret bakalan launching di luar negeri. Moga2 nanti features nya yg masuk di indo lebih bagus lagi daripada yg sekarang hehe
Attachments
Screenshot_20210916-225108_Gallery.jpg
Screenshot_20210916-225108_Gallery.jpg (209.68 KiB) Viewed 395 times
Screenshot_20210916-225052_Gallery.jpg
Screenshot_20210916-225052_Gallery.jpg (278.59 KiB) Viewed 395 times
krniawnhdr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1057
Joined: 02 Aug 2018, 11:43
Location: Jakarta

Re: Review Pemakaian 3 minggu Hyundai Santa Fe 2.2D 2021

Post by krniawnhdr »

vhar7 wrote: 16 Sep 2021, 23:37 Problem panoramic yg bunyi "krepyek krepyek" sudah saya bawa ke bengkel resmi, dicoba dikasih pelumas di karet2 nya tapi hasilnya 0... sama aja tetep masih ada bunyi. Tp bunyi krepyek2 nya itu baru kedengeran kalo cover nya dibuka. Kalo ditutup hampir ga kedengeran.

Sambil nunggu dibenerin tuh panoramic, saya sekalian test drive Hyundai Palisade 2.2 Signature :big_peace: and ini impression yang saya dapat:

Positive Side
- Interior nya luass dan lega

- Tidak kerasa besar sekali atau susah untuk disetir

- Fitur Cooling seat nya ini membantu banget apalagi tuh mobil di jemur di parkiran panasss sekali. Meskipun pertama masuk mobil nyossss panass, ga butuh waktu lama buat kerasa adem gara2 kebantu kursi AC nya.

- Suspensi dan bantingan enakk, much better daripada Santa Fe yang cenderung keras, tapi tidak bisa seperti Land Cruiser yang baru maupun Alphard untuk kenyamanan suspensi nya. Overall naikan nya enak.

- Road noise dibandingkan Santa Fe jauhh lebih hening ini. Bahkan habis test drive Palisade saya sempet test Santa Fe pre FL mumpung ada unit test nya di sana dan road noise di Santa Fe pre FL ini jg ga separah yang FL.

- Palisade pake 2 sunroof terpisah depan dan tengah, harusnya lebih aman dari bunyi2 an.

- Surprisingly suara mesin nya lebih hening lagi dibandingkan Santa Fe FL, pdhl saya pikir di Santa Fe sudah paling halus and hening, eh ternyata di Palisade ini malah lebih hening lagi suara mesin nya kalo pas di gas. Untuk power memang Santa Fe kerasa lebih galak, tapi di Palisade sama sekali tidak kerasa under power untuk daily use. Torsi di RPM rendah juga masih kerasa powerful and I believe it's more than enough for most people.

Negative Side
- Speedometer sayang sekali belum digital

- Sound system sepertinya juga ga terlalu enak suara nya. Cenderung biasaaa saja.

- Head unit terlihat kecil. Ukuran HU Palisade dengan Santa Fe sepertinya sama. Tetapi di Palisade ini frame nya lebih besar sehingga terlihat HU nya jadi kecil.

- Beberapa fitur lain yg basic absent di mobil seharga 900 juta ini (rain sensing wiper ga ada, camera 360 ga ada)

Overall, mobil ini enak, nyaman, silent dan secara looks mempunyai karisma tersendiri (American mafia looks) :big_exellent: tapi bagi agan2 yg mau beli mobil ini mungkin ada baiknya menunggu sampe taun depan karena bakalan facelift. Info dari sales nya perkiraan di Maret bakalan launching di luar negeri. Moga2 nanti features nya yg masuk di indo lebih bagus lagi daripada yg sekarang hehe
dari sudut pandang buyer yang udah keluarin duit 700an juta buat beli santa fe, dan dari apa yang didapat, om rela ngga nambah >150 jutaan lagi buat upgrade ke palisade, setelah ngerasain apa yang didapat dari sebuah palisade?
cuma tanya pendapat om aja.. hehe
vhar7
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 16
Joined: 28 Dec 2016, 00:13

Re: Review Pemakaian 3 minggu Hyundai Santa Fe 2.2D 2021

Post by vhar7 »

Kalo saya pribadi engga. Bukan karena kenapa2, tapi karena mobil ini saya perlu utk kerja mondar mandir, secara image dan price agak over kalo buat mobil kerja. Jd dari awal memang tidak consider palisade sama sekali.

Tapi kalo om keperuntukan nya utk mobil keluarga atau buat disayang2, dan jarang dipake buat blusukan ke jalan yg sempit, lalu appreciate sekali terhadap aura mobil nya yg seperti american mafia looks, the answer is YES. You should buy palisade rather than santa fe. Tp again better nunggu yang facelift aja taun depan.
erwinign
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3405
Joined: 19 Apr 2014, 10:45
Location: SRG

Re: Review Pemakaian 3 minggu Hyundai Santa Fe 2.2D 2021

Post by erwinign »

vhar7 wrote: 17 Sep 2021, 12:14 Kalo saya pribadi engga. Bukan karena kenapa2, tapi karena mobil ini saya perlu utk kerja mondar mandir, secara image dan price agak over kalo buat mobil kerja. Jd dari awal memang tidak consider palisade sama sekali.

Tapi kalo om keperuntukan nya utk mobil keluarga atau buat disayang2, dan jarang dipake buat blusukan ke jalan yg sempit, lalu appreciate sekali terhadap aura mobil nya yg seperti american mafia looks, the answer is YES. You should buy palisade rather than santa fe. Tp again better nunggu yang facelift aja taun depan.
Sempet nanya salesnya ga om, palisade penjualannya gimana? Sampe selaris itu kah atau kuota unitnya terbates? Ga nyangka juga baru setaun terakhir tapi palisade, santa fe udah mayan banyak di jalan. Staria dr IG sales2 hyundai jg udah mulai handover
Don't Judge The Book By It's Cover
Post Reply