Review Pemakaian 3 minggu Hyundai Santa Fe 2.2D 2021

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: F 272, b8099ok, ginting, FRD, artoodetoo, y_anjasrana

vhar7
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 16
Joined: 28 Dec 2016, 00:13

Review Pemakaian 3 minggu Hyundai Santa Fe 2.2D 2021

Post by vhar7 »

Hi all,

Saya mau review Hyundai Santa Fe 2021 Prime yg sudah dipake kurang lebih 3 minggu an. Ini pertama kali saya pake Hyundai diesel, dimana sebelumnya tidak pernah tau gimana rasa nya nyetir Hyundai. So ini bener2 a new experience nyetir produk Hyundai yg bermesin diesel.

Selama ini saya terbiasa pakai innova 2GD dan CX-5 elite, dan sebelumnya tidak ada minat sama sekali terhadap Santa Fe diesel ini sampai suatu hari setelah liat launching dan ada unit test drive, saya iseng mencoba utk test drive. Di sini lah, saya impressed sekali bener2 ngga nyangka mesin diesel nya Santa Fe ini bener2 bedaaaa bener dengan mesin2 diesel lainnya yang pernah saya coba :emo-big_love: So, akhirnya saya beli ini mobil.

Di sini saya akan lebih bahas ke sektor mesin dan ride quality. Dari segi performance, mesin 2200 cc Smartstream nya ini bener2 halussss dan kencanggg... Ini yang membuat saya "blown away" sampe akhirnya kepikiran sekali habis test drive mobil ini. Di push sampai di RPM 3000 pun suara nya masih terdengar halus (mirip suara raungan mobil bensin). Mungkin kehalusan nya mirip2 ke diesel2 eropa kali ya. Selain halus, tenaga nya juga enak banget. Tidak butuh RPM tinggi atau gas yg sangat dalam buat mobil ini utk melaju kencang. Cukup dengan gas biasa saja, mobil sudah bisa berlari cukup kencang dan kerasa sangat effortless.

Feel ini berbeda sekali dengan innova 2GD saya yang sudah pake piggyback power nya kurang lebih di 200 HP. Entah kenapa di Santa Fe kerasa jauhhh lebih effortless ketika di gas, jauh lebih halus dan jauh lebih ngejambak. Top speed saya dapat di 209 Km/h. Di kecepatan tinggi mobil ini cukup stabil dan ada feel kalo mobil ini berat sehingga kerasa cukup mantap. Berbeda dengan CX-5 ketika di kecepatan lebih dari 150, mulai agak kerasa kurang mantap, ya mungkin karena secara size CX-5 lebih kecil dan lebih ringan ya. Tapi untuk handling CX-5 jauh lebih sharp ketimbang Santa Fe ini.

0-100 Km/h saya test dapat 8.6 detik (ada wheelspin). Sedangkan Innova 2GD piggyback only dan filter K&N (tidak ada modifikasi lainnya sama sekali, velg knalpot turbo audio semua standard) 0-100 Km/h di 9.1 detik. Semua metode test nya tidak pake rem dan gas ditahan, jadi hanya dari 0 Km/h transmisi di D, rem lepas terus langsung gas (no manually launch control) lalu saya rekam pake HP lalu playback dan di stopwatch. Stopwatch baru saya mulai ketika jarum RPM bergerak dan ketika sampai 100 stop. Memang ini tidak bisa akurat 100% ketimbang pakai alat kayak race logic, tapi at least bisa tau how fast it can sprint from 0-100.

Nah untuk sektor kenyamanan, secara ayunan suspensi Santa Fe ini sebetulnya OK, tidak goyang2 berlebihan, tapi juga ada kerasa empuk nya (secara ayunan), hanya sajaaa ketika menghantam jalan berlubang atau jalan keriting, ini kerasa keras sekali. Seperti pantat langsung dihantam sama aspal dan bunyi "dakkk" gitu. Dibandingkan innova, jauhhh sekali. Innova hanya seperti "dep.. dep.. dep" ketika melewati jalan berlubang atau jalan keriting. Feel keras nya seperti ban kelebihan angin gitu lah padahal tekanan udah di set 32 (rekomendasi 35) dan pakai nitrogen.

Kekurangan lainnya di Santa Fe ada di sound system nya yang menurut saya terlalu biasa dan cenderung tidak enak. Bass nya ga ada, suara nya agak tertahan atau bahasa jawa nya "mendem". Dibandingkan sama audio bose di CX-5 sangat jauhhhh.. Mungkin ke depan akan saya upgrade nih audio. Lalu yg agak mengganggu berikutnya adalah bunyi2 di panoramic sunroof nya. Mobil baru jalan 200 km sudah bunyi "krepyek krepyek" dan ketika salah satu ban naik di tanjakan, ban lainnya masih belum, kadang ada bunyi di panoramic nya "CETOKKK".

Kekurangan berikutnya ada di sensor TPMS (Tire Pressure Monitoring System) yang tidak bisa di reset manual ataupun di set di tekanan berapa dia akan muncul warning nya. Rekomendasi tekanan angin ban di buku manual adalah 35 psi, saya isi di 32 psi. Kenapa ga 35 psi? karena 35 terlalu kerasss sekali, bahkan di 32 psi saja masih kerasa keras. Nah ketika isi angin di 32 psi, TPMS cukup akurat menunjukkan sama di 32. Tetapi problem nya ketika mobil dibawa ke daerah yang dingin seperti di Bromo, terus besok dipakai pas keadaan ban dingin, TPMS nya membaca tekanan angin ban jadi 29 or 30, disitulah warning muncul. Pdhl ketika sudah di daerah panas dan dipake agak lama, tekanan angin nya bisa naek sampe ke 34. Saya sudah tanya ini ke bagian service, mereka bilang solusi satu2 nya ya tekanan nya di naikkan saja sampe 38 kalo mau aman, busetttt.... :mky_06:

Utk service, ada yang aneh menurut saya yaitu mulai di Santa Fe facelift dan Palisade, service interval nya per 15 ribu Km, bukan 10 ribu. Apa ga kelamaan ya itu ganti oli nya per 15 ribu Km?? :big_think:

Overall, mobil ini sangat menyenangkan dan memuaskan. Tidak menyangka Hyundai bisa bikin mobil seperti ini padahal dari dulu saya sama sekali tidak ada interest untuk coba maupun keinginan utk punya ini. Built quality nya bagus, jok kursi jg enak buat didudukin tidak keras, interior juga not bad terutama speedometer digital nya 12.3 inch. Bener2 halus resolusi nya dan bagus seperti mobil2 eropa udahan.
Attachments
20210903_085232.jpg
20210903_085232.jpg (1014.37 KiB) Viewed 2562 times
Screenshot_20210908-163217_Gallery.jpg
Screenshot_20210908-163217_Gallery.jpg (121.66 KiB) Viewed 2562 times
20210912_212731.jpg
20210912_212731.jpg (1.07 MiB) Viewed 2562 times
Senargitar
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 313
Joined: 11 Dec 2015, 19:21

Re: Review Pemakaian 3 minggu Hyundai Santa Fe 2.2D 2021

Post by Senargitar »

Akhirnya ada yg review di sm juga. Om mau nanya dong karakter dual clutch nya pas lagi stop & go gimana om? Halus atau ada jerky nya?
himaatoo
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 83
Joined: 04 Nov 2019, 05:39
Location: Indonesia
Daily Vehicle: Ford fiesta

Re: Review Pemakaian 3 minggu Hyundai Santa Fe 2.2D 2021

Post by himaatoo »

Mantap om, selamat untuk santa fe barunya :big_peace:

Itu yang service berkala per 15rb km dari buku manualnya atau dari buku servicenya ya om?

Kalo DM sih emang beda antara buku manual sama buku service, bukman bilang per 15 ribu tapi buku service per 10 ribu.
Toyota 7K 4MT ~ Nissan HR15DE 5MT ~ Honda K24 5AT ~ Ford Duratec 4AT ~ Kia Theta II 6AT ~ Toyota 2GD FTV 6AT ~ Hyundai R2.2 6AT
McLaren
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 191
Joined: 24 Nov 2019, 13:23

Re: Review Pemakaian 3 minggu Hyundai Santa Fe 2.2D 2021

Post by McLaren »

Mantab om, cuman bisa ngiler 😁
Servis tiap 15 rb km yaa, berarti ky di mamarika. Tiap 10 rb miles yg klo km 16,180 km.
Dibuletin 15 rb lah…
Olinya apa yaa itu dr Hyundainya?

Oya om, klo KIA kn garansi 7 th atau 200 rb km skrg.
Klo Hyundai berapa yaa?
black2345
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 189
Joined: 30 Sep 2015, 16:29

Re: Review Pemakaian 3 minggu Hyundai Santa Fe 2.2D 2021

Post by black2345 »

Selamat buat mobil barunya om..

Btw request dibuatin reviewnya dong tiap kelipatan 20rb/tiap tahun. Jadi biar tau updatenya seperti apa & pemakaian long term gimana. Kalau ada rejeki pengen nimang seken santa fe atau palisade..

:mky_01:
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3020
Joined: 09 Oct 2016, 22:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: CX5 Elite 2018

Re: Review Pemakaian 3 minggu Hyundai Santa Fe 2.2D 2021

Post by Pboyz97 »

nice review dan congrats om buat mobil barunya

mobil ini memang cakep desainnya luar- dalam + fiturnya juga banyak, blm lg suara mesinnya yg kehitung halus buat ukuran mobil diesel. kalo ga mentingin brand dan rv, mobil ini cukup worth buat dimiliki
Past:
1NZFE 4AT / L15A 5AT / K24Z1 5AT / 2.0 Skyactiv 6AT / 4A91 4AT / 2NRFE CVT / K3VE 5MT / 1NRVE 5MT

Now:
2.5 SKYACTIV - G 6AT (for sale) / 1.5 VTEC Turbo CVT / L15Z1 CVT / 8AR-FTS 6AT
martinnn
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2861
Joined: 17 Aug 2015, 13:32
Location: Jabodetabek
Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box

Re: Review Pemakaian 3 minggu Hyundai Santa Fe 2.2D 2021

Post by martinnn »

cakep mobilnya om :big_exellent: :big_exellent:
Morv.co.id ( Audio Visual Production )
Astha Jaya Indo ( Distributor LED Lamp and PJU Solar panel , interior and Lighting Designer )

https://api.whatsapp.com/send?phone=6281288415145
AbdulHakim
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 109
Joined: 22 Mar 2021, 06:59
Location: Indonesia
Daily Vehicle: L15Z Turbo

Re: Review Pemakaian 3 minggu Hyundai Santa Fe 2.2D 2021

Post by AbdulHakim »

justru resale value Santa Fe ini nahan banget. Populasinya sedikit padahal. Nyari sekennya Grand Santa Fe aja sulit minta ampun, boro2 bisa milih unit.
erwinign
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3288
Joined: 19 Apr 2014, 10:45
Location: SRG

Re: Review Pemakaian 3 minggu Hyundai Santa Fe 2.2D 2021

Post by erwinign »

McLaren wrote: ↑13 Sep 2021, 09:59 Mantab om, cuman bisa ngiler 😁
Servis tiap 15 rb km yaa, berarti ky di mamarika. Tiap 10 rb miles yg klo km 16,180 km.
Dibuletin 15 rb lah…
Olinya apa yaa itu dr Hyundainya?

Oya om, klo KIA kn garansi 7 th atau 200 rb km skrg.
Klo Hyundai berapa yaa?
Pake shell om kl hyundae
Don't Judge The Book By It's Cover
yohanesw
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 167
Joined: 08 May 2013, 14:45
Daily Vehicle: Santa DM 2014

Re: Review Pemakaian 3 minggu Hyundai Santa Fe 2.2D 2021

Post by yohanesw »

perihal suspensi jangan khawatir om, memang monokok ya begitu kalo dibanding ladder frame innova, kalo kena lobang dalam jauh lebih terasa dibanding ladder frame

buat sunroof uda ditanyain ke beres om?

dan dctnya pemakaian harian/macet bagaimana?

congrats buat mobilnya btw πŸ‘πŸ»πŸ‘πŸ»
2013 - Mitsubishi Mirage
2014 - Suzuki Ertiga GX
02/2018 - Mitsubishi Xpander Sport
02/2019 - Nissan Xtrail T32 2017
08/2019 - Nissan Livina VL
10/2019 - Hyundai Santa Fe CRDi 2014
mr_mytplx
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: 20 Apr 2009, 13:17

Re: Review Pemakaian 3 minggu Hyundai Santa Fe 2.2D 2021

Post by mr_mytplx »

Dibandingkan CX5 keras mana om saat kena jalan keriting atau berlubang?
whitehorse4
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 396
Joined: 02 Oct 2017, 06:00

Re: Review Pemakaian 3 minggu Hyundai Santa Fe 2.2D 2021

Post by whitehorse4 »

King of transjawabahn... lari 200 rpm belum nyentuh 4ribu
vhar7
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 16
Joined: 28 Dec 2016, 00:13

Re: Review Pemakaian 3 minggu Hyundai Santa Fe 2.2D 2021

Post by vhar7 »

Senargitar wrote: ↑13 Sep 2021, 06:23 Akhirnya ada yg review di sm juga. Om mau nanya dong karakter dual clutch nya pas lagi stop & go gimana om? Halus atau ada jerky nya?
Jerky sampe ndut2 an sih ngga, cuma memang ada kesan kayak engine brake sedikit ketika lepas gas dan itu hanya kerasa kalo di gigi 1. Mirip2 kayak mobil manual gitu om kesan nya
himaatoo wrote: ↑13 Sep 2021, 06:56 Mantap om, selamat untuk santa fe barunya :big_peace:

Itu yang service berkala per 15rb km dari buku manualnya atau dari buku servicenya ya om?

Kalo DM sih emang beda antara buku manual sama buku service, bukman bilang per 15 ribu tapi buku service per 10 ribu.
oo iya di buku service nya ada catatan tersendiri untuk negara selain russia, oli diganti di 10 ribu. Agak tricky ya, service berkala dan ganti oli nya tidak pas berbarengan gitu. Biasanya di mobil lain kan service berkala per 10 ribu km, oli ya ganti di 10 ribu.
McLaren wrote: ↑13 Sep 2021, 09:59 Mantab om, cuman bisa ngiler 😁
Servis tiap 15 rb km yaa, berarti ky di mamarika. Tiap 10 rb miles yg klo km 16,180 km.
Dibuletin 15 rb lah…
Olinya apa yaa itu dr Hyundainya?

Oya om, klo KIA kn garansi 7 th atau 200 rb km skrg.
Klo Hyundai berapa yaa?
Oli dari Hyundai nya pake Shell Rimula 10W-40 dan apa bener ini oli nya bukan Full Synth tapi Semi Synthetic? Saya sempet tanya ke langganan toko oli katanya itu bukan Full Synthetic. Warranty nya di 3 tahun or 100 ribu km mana yg tercapai lebih dahulu. Nah ada satu hal lagi yg aneh di warranty nya. Utk kaki2 dan suspensi tidak di covered di warranty, waktu itu sudah tanya ke beberapa dealer buat mastiin dan jawabannya semua sama. Apa Santa Fe sebelum2 nya jg sama warranty nya ga termasuk kaki2?
Pboyz97 wrote: ↑13 Sep 2021, 11:30 nice review dan congrats om buat mobil barunya

mobil ini memang cakep desainnya luar- dalam + fiturnya juga banyak, blm lg suara mesinnya yg kehitung halus buat ukuran mobil diesel. kalo ga mentingin brand dan rv, mobil ini cukup worth buat dimiliki
Nah, resale value hyundai memang ga bisa berharap banyak dah...
yohanesw wrote: ↑13 Sep 2021, 12:34 perihal suspensi jangan khawatir om, memang monokok ya begitu kalo dibanding ladder frame innova, kalo kena lobang dalam jauh lebih terasa dibanding ladder frame

buat sunroof uda ditanyain ke beres om?

dan dctnya pemakaian harian/macet bagaimana?

congrats buat mobilnya btw πŸ‘πŸ»πŸ‘πŸ»
sunroof belum saya complain ke bengkel resmi. kapan hari kelupaan waktu service 1000, ntar deh kapan baru complain. DCT nya di kemacetan kalo buat saya overall ok kok ga sampe yang mengganggu gimana, cuma memang kalo dirasa rasa in tetap ada beda nya dengan matic biasa.
mr_mytplx wrote: ↑13 Sep 2021, 14:58 Dibandingkan CX5 keras mana om saat kena jalan keriting atau berlubang?
Buat saya agak keras Santa Fe, CX-5 memang bukan yg empuk jg bantingan nya tp somehow saya ga pernah complain kalo pas nyetir CX-5 hajar lubang. Nah di Santa Fe ini kalo buat hajar lubang, gitu kerasa agak mengganggu feel keras nya. Oh ya satu lagi: ROAD NOISE. di aspal yang kasar suara ban nya agak masuk nih mobil kayak gemuruh gitu
Attachments
Screenshot_20210913-174203_Gallery.jpg
Screenshot_20210913-174203_Gallery.jpg (246.89 KiB) Viewed 1946 times
Screenshot_20210913-174208_Gallery.jpg
Screenshot_20210913-174208_Gallery.jpg (254.92 KiB) Viewed 1946 times
Screenshot_20210913-174216_Gallery.jpg
Screenshot_20210913-174216_Gallery.jpg (308.04 KiB) Viewed 1946 times
Screenshot_20210913-174219_Gallery.jpg
Screenshot_20210913-174219_Gallery.jpg (272.63 KiB) Viewed 1946 times
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3226
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Re: Review Pemakaian 3 minggu Hyundai Santa Fe 2.2D 2021

Post by kunaskun »

soal oli dan perawatan ya semacam "penyakit lama" semua ATPM indo. tujuannya biar kesannya perawatan "murah", padahal di kemudian hari bisa jadi bermasalah.

itu oli 10W40 saja sudah jelas pasti kelas semi synth, oli full synth 10W30 bensin saja termasuk sulit dicari, apalagi untuk diesel.

untuk perawatan saran saya, dan di buku manual juga tertera kan: penggunaan oli kelas bawah mineral masuk kategori pemakaian berat, yang asumsi saya pasti interval penggantian oli dipercepat.
lagipula enaknya mesin diesel kan disitu, pakai oli kelas murmer pun tidak masalah, asal interval dipercepat saja. paling efeknya: kurang halus dan rada berat.
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4321
Joined: 05 Jun 2014, 20:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Review Pemakaian 3 minggu Hyundai Santa Fe 2.2D 2021

Post by sintoni »

Nais ripiu om.

Wih, kok dapat oli si R5E sih, harusnya mesin diesel modern gini kasi oli yang bagusan aja.

Nah idem sama om Kunaskun, kalau mau stay di oli itu mending dipercepat ganti setiap 7500 aja om, jadi pas 2x ganti oli ketemu jadwal servis berkala kan.
vhar7
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 16
Joined: 28 Dec 2016, 00:13

Re: Review Pemakaian 3 minggu Hyundai Santa Fe 2.2D 2021

Post by vhar7 »

Bener ya berarti itu semi synth.. wah agak parah ya standard nya. Saya kemarin service 1000 km bawa oli sendiri akhirnya. Pake Mobil 1 Delvac 5W-30 ESP
fl4b1e
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 218
Joined: 27 Dec 2015, 22:18

Re: Review Pemakaian 3 minggu Hyundai Santa Fe 2.2D 2021

Post by fl4b1e »

awow. selamat atas Santa Fe barunya Om.. mobil ininselalu jadi mobil idaman saya. Setuju dengan komen diatas, saya sih ga tega mobil crdi turbo diesel modern dikasih shell rimula. mending bawa sendiri.. IMHO, oli mesin diesel modern ini darahnya CRDi berturbo..
Enjoy transjavabahn Om!
erwinign
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3288
Joined: 19 Apr 2014, 10:45
Location: SRG

Re: Review Pemakaian 3 minggu Hyundai Santa Fe 2.2D 2021

Post by erwinign »

kunaskun wrote: ↑13 Sep 2021, 21:07 soal oli dan perawatan ya semacam "penyakit lama" semua ATPM indo. tujuannya biar kesannya perawatan "murah", padahal di kemudian hari bisa jadi bermasalah.

itu oli 10W40 saja sudah jelas pasti kelas semi synth, oli full synth 10W30 bensin saja termasuk sulit dicari, apalagi untuk diesel.

untuk perawatan saran saya, dan di buku manual juga tertera kan: penggunaan oli kelas bawah mineral masuk kategori pemakaian berat, yang asumsi saya pasti interval penggantian oli dipercepat.
lagipula enaknya mesin diesel kan disitu, pakai oli kelas murmer pun tidak masalah, asal interval dipercepat saja. paling efeknya: kurang halus dan rada berat.
Saya liat fotonya tuh botol rimula ketawa aja om, tulisan ACEA jg kaga ada, buntut 40 lagi ckckkckckckcckckck. Mesin udah disel eropa smartstream kenceng wus wus kebanting sama barang begituan

Alt lain saya rasa bs bawa oli Kixx GS yg dijual di marketplace kaya standarnya di bengkel hyundai di korea sana ya.

Kesannya buat orang yg ngerti mobil maen "hajar bleh" doang ATPMnya, kaya yg mesinnya canggih diberi 15W40 itu. Udh jd berat, suhu mesin naek sampe suhu kerja aja bs 15 menit sendiri ckckckc
Don't Judge The Book By It's Cover
erwinign
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3288
Joined: 19 Apr 2014, 10:45
Location: SRG

Re: Review Pemakaian 3 minggu Hyundai Santa Fe 2.2D 2021

Post by erwinign »

vhar7 wrote: ↑12 Sep 2021, 23:02 Hi all,

Saya mau review Hyundai Santa Fe 2021 Prime yg sudah dipake kurang lebih 3 minggu an. Ini pertama kali saya pake Hyundai diesel, dimana sebelumnya tidak pernah tau gimana rasa nya nyetir Hyundai. So ini bener2 a new experience nyetir produk Hyundai yg bermesin diesel.

Selama ini saya terbiasa pakai innova 2GD dan CX-5 elite, dan sebelumnya tidak ada minat sama sekali terhadap Santa Fe diesel ini sampai suatu hari setelah liat launching dan ada unit test drive, saya iseng mencoba utk test drive. Di sini lah, saya impressed sekali bener2 ngga nyangka mesin diesel nya Santa Fe ini bener2 bedaaaa bener dengan mesin2 diesel lainnya yang pernah saya coba :emo-big_love: So, akhirnya saya beli ini mobil.

Di sini saya akan lebih bahas ke sektor mesin dan ride quality. Dari segi performance, mesin 2200 cc Smartstream nya ini bener2 halussss dan kencanggg... Ini yang membuat saya "blown away" sampe akhirnya kepikiran sekali habis test drive mobil ini. Di push sampai di RPM 3000 pun suara nya masih terdengar halus (mirip suara raungan mobil bensin). Mungkin kehalusan nya mirip2 ke diesel2 eropa kali ya. Selain halus, tenaga nya juga enak banget. Tidak butuh RPM tinggi atau gas yg sangat dalam buat mobil ini utk melaju kencang. Cukup dengan gas biasa saja, mobil sudah bisa berlari cukup kencang dan kerasa sangat effortless.

Nah untuk sektor kenyamanan, secara ayunan suspensi Santa Fe ini sebetulnya OK, tidak goyang2 berlebihan, tapi juga ada kerasa empuk nya (secara ayunan), hanya sajaaa ketika menghantam jalan berlubang atau jalan keriting, ini kerasa keras sekali. Seperti pantat langsung dihantam sama aspal dan bunyi "dakkk" gitu. Dibandingkan innova, jauhhh sekali. Innova hanya seperti "dep.. dep.. dep" ketika melewati jalan berlubang atau jalan keriting. Feel keras nya seperti ban kelebihan angin gitu lah padahal tekanan udah di set 32 (rekomendasi 35) dan pakai nitrogen.

Utk service, ada yang aneh menurut saya yaitu mulai di Santa Fe facelift dan Palisade, service interval nya per 15 ribu Km, bukan 10 ribu. Apa ga kelamaan ya itu ganti oli nya per 15 ribu Km?? :big_think:

Overall, mobil ini sangat menyenangkan dan memuaskan. Tidak menyangka Hyundai bisa bikin mobil seperti ini padahal dari dulu saya sama sekali tidak ada interest untuk coba maupun keinginan utk punya ini. Built quality nya bagus, jok kursi jg enak buat didudukin tidak keras, interior juga not bad terutama speedometer digital nya 12.3 inch. Bener2 halus resolusi nya dan bagus seperti mobil2 eropa udahan.
Soal ban kayanya dr yg udah2 kumho asli korea kurang oke ya om di sini. Switch ke mich primacy SUV ato sejelek2nya dueler HL lebih oke ya buat d endonesa. Mgkn kl pake ban bagus kaya mich itu noise, grip, bantingan bs lebih baik dan bisa handle mesin monster disel ini om.

Speedonya ini jg gile ya om, displaynya seinteraktif itu dan keliatan reliable gitu. Hi tech tapi ga terkesan deg2an kaya liat display speedo BMW sekarang :big_biglaugh:
Don't Judge The Book By It's Cover
maydhi09
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 33
Joined: 25 Jan 2016, 09:11

Re: Review Pemakaian 3 minggu Hyundai Santa Fe 2.2D 2021

Post by maydhi09 »

AbdulHakim wrote: ↑13 Sep 2021, 11:47 justru resale value Santa Fe ini nahan banget. Populasinya sedikit padahal. Nyari sekennya Grand Santa Fe aja sulit minta ampun, boro2 bisa milih unit.
Khusus santa fe diesel ini menurut saya cukup bagus koq RV nya, beli 2nd pakai 3 taun terus jual lagi, selisih 10 juta antara beli sama jual, atau 3,3jt/taun.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 11044
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Review Pemakaian 3 minggu Hyundai Santa Fe 2.2D 2021

Post by ChZ »

erwinign wrote: ↑13 Sep 2021, 23:15
kunaskun wrote: ↑13 Sep 2021, 21:07 soal oli dan perawatan ya semacam "penyakit lama" semua ATPM indo. tujuannya biar kesannya perawatan "murah", padahal di kemudian hari bisa jadi bermasalah.

itu oli 10W40 saja sudah jelas pasti kelas semi synth, oli full synth 10W30 bensin saja termasuk sulit dicari, apalagi untuk diesel.

untuk perawatan saran saya, dan di buku manual juga tertera kan: penggunaan oli kelas bawah mineral masuk kategori pemakaian berat, yang asumsi saya pasti interval penggantian oli dipercepat.
lagipula enaknya mesin diesel kan disitu, pakai oli kelas murmer pun tidak masalah, asal interval dipercepat saja. paling efeknya: kurang halus dan rada berat.
Saya liat fotonya tuh botol rimula ketawa aja om, tulisan ACEA jg kaga ada, buntut 40 lagi ckckkckckckcckckck. Mesin udah disel eropa smartstream kenceng wus wus kebanting sama barang begituan

Alt lain saya rasa bs bawa oli Kixx GS yg dijual di marketplace kaya standarnya di bengkel hyundai di korea sana ya.

Kesannya buat orang yg ngerti mobil maen "hajar bleh" doang ATPMnya, kaya yg mesinnya canggih diberi 15W40 itu. Udh jd berat, suhu mesin naek sampe suhu kerja aja bs 15 menit sendiri ckckckc
ntuh kejadian jg di merek mamarika yang baru aja cabut... makanya captiva pada K.O.

minta GM Dexos2 tapi di bengkel resmi gak ada coba :big_biglaugh:
2011 Toyota XU30 / 2016 XP170
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1
2019 Mitsubishi NC1W

https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4321
Joined: 05 Jun 2014, 20:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Review Pemakaian 3 minggu Hyundai Santa Fe 2.2D 2021

Post by sintoni »

maydhi09 wrote: ↑14 Sep 2021, 07:20
AbdulHakim wrote: ↑13 Sep 2021, 11:47 justru resale value Santa Fe ini nahan banget. Populasinya sedikit padahal. Nyari sekennya Grand Santa Fe aja sulit minta ampun, boro2 bisa milih unit.
Khusus santa fe diesel ini menurut saya cukup bagus koq RV nya, beli 2nd pakai 3 taun terus jual lagi, selisih 10 juta antara beli sama jual, atau 3,3jt/taun.
Wow, ini yg jual yg hebat sih om. Haha.
jessboy
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 205
Joined: 09 May 2017, 10:09
Location: jabodetabek
Daily Vehicle: mobil bekas
Contact:

Re: Review Pemakaian 3 minggu Hyundai Santa Fe 2.2D 2021

Post by jessboy »

vhar7 wrote: ↑12 Sep 2021, 23:02
Di sini saya akan lebih bahas ke sektor mesin dan ride quality. Dari segi performance, mesin 2200 cc Smartstream nya ini bener2 halussss dan kencanggg... Ini yang membuat saya "blown away" sampe akhirnya kepikiran sekali habis test drive mobil ini. Di push sampai di RPM 3000 pun suara nya masih terdengar halus (mirip suara raungan mobil bensin). Mungkin kehalusan nya mirip2 ke diesel2 eropa kali ya. Selain halus, tenaga nya juga enak banget. Tidak butuh RPM tinggi atau gas yg sangat dalam buat mobil ini utk melaju kencang. Cukup dengan gas biasa saja, mobil sudah bisa berlari cukup kencang dan kerasa sangat effortless.

Feel ini berbeda sekali dengan innova 2GD saya yang sudah pake piggyback power nya kurang lebih di 200 HP. Entah kenapa di Santa Fe kerasa jauhhh lebih effortless ketika di gas, jauh lebih halus dan jauh lebih ngejambak. Top speed saya dapat di 209 Km/h. Di kecepatan tinggi mobil ini cukup stabil dan ada feel kalo mobil ini berat sehingga kerasa cukup mantap. Berbeda dengan CX-5 ketika di kecepatan lebih dari 150, mulai agak kerasa kurang mantap, ya mungkin karena secara size CX-5 lebih kecil dan lebih ringan ya. Tapi untuk handling CX-5 jauh lebih sharp ketimbang Santa Fe ini.

0-100 Km/h saya test dapat 8.6 detik (ada wheelspin). Sedangkan Innova 2GD piggyback only dan filter K&N (tidak ada modifikasi lainnya sama sekali, velg knalpot turbo audio semua standard) 0-100 Km/h di 9.1 detik. Semua metode test nya tidak pake rem dan gas ditahan, jadi hanya dari 0 Km/h transmisi di D, rem lepas terus langsung gas (no manually launch control) lalu saya rekam pake HP lalu playback dan di stopwatch. Stopwatch baru saya mulai ketika jarum RPM bergerak dan ketika sampai 100 stop. Memang ini tidak bisa akurat 100% ketimbang pakai alat kayak race logic, tapi at least bisa tau how fast it can sprint from 0-100.
wah jadi kepengen test drive juga nih :big_smile]
selama bbrp tahun saya bawa innova 2GD udah terbiasa ama karakter mesinnya yg boyo dan lemot :big_cry:
begitu juga dengan suara bising mesinnya :big_slap:
model santa fe juga ganteng nih :big_love:
Mencari referensi info mobil bekas yang akurat dan terpercaya
yohanesw
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 167
Joined: 08 May 2013, 14:45
Daily Vehicle: Santa DM 2014

Re: Review Pemakaian 3 minggu Hyundai Santa Fe 2.2D 2021

Post by yohanesw »

erwinign wrote:
vhar7 wrote: ↑12 Sep 2021, 23:02 Hi all,

Saya mau review Hyundai Santa Fe 2021 Prime yg sudah dipake kurang lebih 3 minggu an. Ini pertama kali saya pake Hyundai diesel, dimana sebelumnya tidak pernah tau gimana rasa nya nyetir Hyundai. So ini bener2 a new experience nyetir produk Hyundai yg bermesin diesel.

Selama ini saya terbiasa pakai innova 2GD dan CX-5 elite, dan sebelumnya tidak ada minat sama sekali terhadap Santa Fe diesel ini sampai suatu hari setelah liat launching dan ada unit test drive, saya iseng mencoba utk test drive. Di sini lah, saya impressed sekali bener2 ngga nyangka mesin diesel nya Santa Fe ini bener2 bedaaaa bener dengan mesin2 diesel lainnya yang pernah saya coba :emo-big_love: So, akhirnya saya beli ini mobil.

Di sini saya akan lebih bahas ke sektor mesin dan ride quality. Dari segi performance, mesin 2200 cc Smartstream nya ini bener2 halussss dan kencanggg... Ini yang membuat saya "blown away" sampe akhirnya kepikiran sekali habis test drive mobil ini. Di push sampai di RPM 3000 pun suara nya masih terdengar halus (mirip suara raungan mobil bensin). Mungkin kehalusan nya mirip2 ke diesel2 eropa kali ya. Selain halus, tenaga nya juga enak banget. Tidak butuh RPM tinggi atau gas yg sangat dalam buat mobil ini utk melaju kencang. Cukup dengan gas biasa saja, mobil sudah bisa berlari cukup kencang dan kerasa sangat effortless.

Nah untuk sektor kenyamanan, secara ayunan suspensi Santa Fe ini sebetulnya OK, tidak goyang2 berlebihan, tapi juga ada kerasa empuk nya (secara ayunan), hanya sajaaa ketika menghantam jalan berlubang atau jalan keriting, ini kerasa keras sekali. Seperti pantat langsung dihantam sama aspal dan bunyi "dakkk" gitu. Dibandingkan innova, jauhhh sekali. Innova hanya seperti "dep.. dep.. dep" ketika melewati jalan berlubang atau jalan keriting. Feel keras nya seperti ban kelebihan angin gitu lah padahal tekanan udah di set 32 (rekomendasi 35) dan pakai nitrogen.

Utk service, ada yang aneh menurut saya yaitu mulai di Santa Fe facelift dan Palisade, service interval nya per 15 ribu Km, bukan 10 ribu. Apa ga kelamaan ya itu ganti oli nya per 15 ribu Km?? :big_think:

Overall, mobil ini sangat menyenangkan dan memuaskan. Tidak menyangka Hyundai bisa bikin mobil seperti ini padahal dari dulu saya sama sekali tidak ada interest untuk coba maupun keinginan utk punya ini. Built quality nya bagus, jok kursi jg enak buat didudukin tidak keras, interior juga not bad terutama speedometer digital nya 12.3 inch. Bener2 halus resolusi nya dan bagus seperti mobil2 eropa udahan.
Soal ban kayanya dr yg udah2 kumho asli korea kurang oke ya om di sini. Switch ke mich primacy SUV ato sejelek2nya dueler HL lebih oke ya buat d endonesa. Mgkn kl pake ban bagus kaya mich itu noise, grip, bantingan bs lebih baik dan bisa handle mesin monster disel ini om.

Speedonya ini jg gile ya om, displaynya seinteraktif itu dan keliatan reliable gitu. Hi tech tapi ga terkesan deg2an kaya liat display speedo BMW sekarang :big_biglaugh:
ban kumho yg ini memang kurang cocok banget dipasang ke santa fe om, waktu saya TD aja gaspol spinnya banyak bener, beda sama TM sebelumnya gripnya asik bener berkat ban continentalnya
2013 - Mitsubishi Mirage
2014 - Suzuki Ertiga GX
02/2018 - Mitsubishi Xpander Sport
02/2019 - Nissan Xtrail T32 2017
08/2019 - Nissan Livina VL
10/2019 - Hyundai Santa Fe CRDi 2014
erwinign
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3288
Joined: 19 Apr 2014, 10:45
Location: SRG

Re: Review Pemakaian 3 minggu Hyundai Santa Fe 2.2D 2021

Post by erwinign »

:big_peace:
yohanesw wrote: ↑14 Sep 2021, 15:43
erwinign wrote:
vhar7 wrote: ↑12 Sep 2021, 23:02 Hi all,

Saya mau review Hyundai Santa Fe 2021 Prime yg sudah dipake kurang lebih 3 minggu an. Ini pertama kali saya pake Hyundai diesel, dimana sebelumnya tidak pernah tau gimana rasa nya nyetir Hyundai. So ini bener2 a new experience nyetir produk Hyundai yg bermesin diesel.

Selama ini saya terbiasa pakai innova 2GD dan CX-5 elite, dan sebelumnya tidak ada minat sama sekali terhadap Santa Fe diesel ini sampai suatu hari setelah liat launching dan ada unit test drive, saya iseng mencoba utk test drive. Di sini lah, saya impressed sekali bener2 ngga nyangka mesin diesel nya Santa Fe ini bener2 bedaaaa bener dengan mesin2 diesel lainnya yang pernah saya coba :emo-big_love: So, akhirnya saya beli ini mobil.

Di sini saya akan lebih bahas ke sektor mesin dan ride quality. Dari segi performance, mesin 2200 cc Smartstream nya ini bener2 halussss dan kencanggg... Ini yang membuat saya "blown away" sampe akhirnya kepikiran sekali habis test drive mobil ini. Di push sampai di RPM 3000 pun suara nya masih terdengar halus (mirip suara raungan mobil bensin). Mungkin kehalusan nya mirip2 ke diesel2 eropa kali ya. Selain halus, tenaga nya juga enak banget. Tidak butuh RPM tinggi atau gas yg sangat dalam buat mobil ini utk melaju kencang. Cukup dengan gas biasa saja, mobil sudah bisa berlari cukup kencang dan kerasa sangat effortless.

Nah untuk sektor kenyamanan, secara ayunan suspensi Santa Fe ini sebetulnya OK, tidak goyang2 berlebihan, tapi juga ada kerasa empuk nya (secara ayunan), hanya sajaaa ketika menghantam jalan berlubang atau jalan keriting, ini kerasa keras sekali. Seperti pantat langsung dihantam sama aspal dan bunyi "dakkk" gitu. Dibandingkan innova, jauhhh sekali. Innova hanya seperti "dep.. dep.. dep" ketika melewati jalan berlubang atau jalan keriting. Feel keras nya seperti ban kelebihan angin gitu lah padahal tekanan udah di set 32 (rekomendasi 35) dan pakai nitrogen.

Utk service, ada yang aneh menurut saya yaitu mulai di Santa Fe facelift dan Palisade, service interval nya per 15 ribu Km, bukan 10 ribu. Apa ga kelamaan ya itu ganti oli nya per 15 ribu Km?? :big_think:

Overall, mobil ini sangat menyenangkan dan memuaskan. Tidak menyangka Hyundai bisa bikin mobil seperti ini padahal dari dulu saya sama sekali tidak ada interest untuk coba maupun keinginan utk punya ini. Built quality nya bagus, jok kursi jg enak buat didudukin tidak keras, interior juga not bad terutama speedometer digital nya 12.3 inch. Bener2 halus resolusi nya dan bagus seperti mobil2 eropa udahan.
Soal ban kayanya dr yg udah2 kumho asli korea kurang oke ya om di sini. Switch ke mich primacy SUV ato sejelek2nya dueler HL lebih oke ya buat d endonesa. Mgkn kl pake ban bagus kaya mich itu noise, grip, bantingan bs lebih baik dan bisa handle mesin monster disel ini om.

Speedonya ini jg gile ya om, displaynya seinteraktif itu dan keliatan reliable gitu. Hi tech tapi ga terkesan deg2an kaya liat display speedo BMW sekarang :big_biglaugh:
ban kumho yg ini memang kurang cocok banget dipasang ke santa fe om, waktu saya TD aja gaspol spinnya banyak bener, beda sama TM sebelumnya gripnya asik bener berkat ban continentalnya
Kl soal part2 gitu misal sokbreker kayanya TM masih jarang ya om?
Don't Judge The Book By It's Cover
Post Reply