Long Term Review: Ford Fiesta Trend 1.4 MT

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: F 272, b8099ok, ginting, FRD, artoodetoo, y_anjasrana

Post Reply
FR6
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 295
Joined: 26 Jul 2017, 16:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: LMPV

Long Term Review: Ford Fiesta Trend 1.4 MT

Post by FR6 »

Halo Om-om, Ncang-ncing & para sepuh, izinkan nubi mau review ex-daily workhorse ane.
Berawal dari berita Ford India cabut, ibarat merobek koreng yang baru kering, jadi kepikiran buat review mantan terindah saia sekaligus trit pertama. Mon maap kaga nemu cara masukin gambar pake dropbox, jadi pake link aja lah ya

(2013) Ford Fiesta 1.4 MT Zetec Sport Wannabe :mky_02: :mky_02: :mky_02:

Ini mobil pertama saya, cinta pertama juga, cinta pada pandangan pertama juga!! :big_love: :big_love: :big_love:
Flashback sedikit, dulu budget beli 180jt di tahun 2018. Kandidatnya: Chevrolet Aveo LT, Brio 1.3 (dulu masih CBU) & Ford Fiesta. Jazz, Yaris & Mazda 2 jelas2 di coret, krn out of budget.
Tertarik Aveo krn stance nya keren, lebar, rendah & cukup besar. Interior cukup lega, tapi mundur perlahan krn fitur kopong.
Tertarik Brio krn 1 hal sahaja, yaitu kentjank. Soal fitur, BQ bener2 ampas. jadi jelas2 coret.

Lalu Fiesta, dari SMA udah suka ini mobil, ngerasa keren bgt, fiturnya juga banyak waktu baru keluar (2010).
Apalagi ngebayangin mesinnya cukup gede (1600 cc). Sampe akhirnya ketemu di pameran salah satu mall di Jak-Bar.
BEUH ASLI MAKIN DEMEN AMA INI MOBIL!!! nanti di ceritain di first impression:

Awalnya pengen Fiesta S 1.6 MT, tapi bener2 out of budget, waktu itu mentok di 207jt include discount. (OTR 227 kalo gak salah). Nah si Fiesta Trend ini bisa dapet diskon 30jt. OTR 197, diskon jadi 167jt, sisanya langsung pasang bodykit & spoiler dari Inspi*e Tuning Kedoya dan Alhamdulillah bisa home service (dibantu salesnya, mobil belom ada plat nomor.

Saya ceritain dulu sejarahnya fiesta generasi ke 6, tapi entah kenapa sering di sebut MK7 baik di Indo atau di luar negeri. Cikal bakal Fiesta 6th gen berasal dari Ford Verve Concept di 2008, kalau gak salah filosofinya itu mobil kecil, lincah-efisien tapi fitur cukup banyak.

Ford Verve Concept, panoramic roof & frameless (konsepnya doang, aslinya kaga):
Image
interiornya, masih bisa keep up di tahun 2021 sekarang:
Image

Oh iya, Fiesta generasi ini sharing platform dengan Mazda 2 DE
Masuk ke Indonesia tahun 2010 & saya rasa cukup sensasional. Langsung banyak populasinya walaupun masih belum bisa ngalahin market leader (Jazz GE8). Tapi cukup sukses membuat Jazz GE8 & Yaris XP90 kelihatan kuno.

Saya jabarin dulu tipe Fiesta pre-fl (2010-2013):
1.4 Style MT (5 Speed) only.
1.4 Trend MT (5 Speed) & AT (TQ Planetary Gear 4 Speed + Triptonic). ini mesin purba, belum katup variabel juga. kalau ga salah mesin tahun 92-an.
1.6 Sport MT (5 Speed) & AT (6 Speed Dual Clutch: Ford Powershi*t yang penuh problematika).
1.6 Sport Limited AT only,

Fitur2:
Style: Velg Steel 15 inch (185/55R15), 4 speaker (kalau gak salah), ABS+EBD+BA, Single Airbag, Small MID, HU Single CD +USB+AUX+BT, Door Trim soft touch bahan fabric, Blade key, Remote Entry, Small MID, Follow me Home, Variable Intermittent Wiper, Underseat Storage, Windshield ticket/card holder, Sein di Spion, electric trunk opener, Rear Fog Lamp (iya rear), rear defogger, rear wiper, ISOFIX, kursi belakang 60:40.

Trend: sama dengan Style, di tambah: Velg Alloy 15inch (185/55R15, BAN NYA CONTINENTA DONG), Dual Airbags, 4 speaker + 2 Tweeter, Alarm, Rem Cakram-Tromol, Spion Auto Retract + Autofolding by lock, MID HU yang lebih besar, Sensor Parkir 3 titik,

Sport: Velg 16 inch (195/50R16 ContiSportContact, ban bawaan cukup lebar buat small hatchback di jamannya, Jazz & Yaris aja cuma 185 mm), Bucket Seat, Tuned Suspension, Sport Grille, Sport Diffuser, Dual Tip Exhaust tapi ngumpet WKWKW, foglamp, jok kulit campuran, setir kulit, Floorwell Lamp (lampu kaki), Housing Tacho & Speedo Silver Glossy (Trend/Style plastik hitam biasa), ESC khusus AT & gak bisa di non-aktif.

Sport Limited: Interior Full kulit biru, AC digital, Bodykit depan & belakang (tanpa side skirt).

Dimensi:
P x L x T = 3.950 x 1.722 x 1.481 mm
Weight: 1.106 kg (style MT & trend MT), 1.131 (trend AT), 1.153 (Sport AT & MT).
Berat yang hampir sama dengan Old Ertiga (ZE) padahal Ertiga jauh lebih besar (beda 60 kg), nanti di bawah keliatan alasannya apa :mky_02: :mky_02: :mky_02:

Skip, langsung bahas first impression:

Exterior:
Saya bahas exterior Sport, ex-gerobak saia udh di upgrade ala ala ZetecS.
ngeliat Fiesta di 2010, berasa lebih modern & fresh walaupun desain tahun 2008, one step ahead dibanding XP90 yang udah purba & GE8 brataktaktak. Fiesta Sport lebih keren dari Trend. Ada diffuser ala ala, grille lebih besar & ada chrome nya (saya prefer grille ZetecS krn full black). Khusus Sport Limited, lebih keren lagi krn ada front spoiler & rear skirt. Stance nya keren, rendah, lebar & atap merendah di belakang dengan spoiler yang desainnya menyatu bgt sama body, tapi kolong nya agak tinggi, gak se-ceper Jazz GE8. Oh iya, body nya emang lebar, tapi lebar nya gak efektif buat ruang interior. Lebar gara2 lekukan body aja, bikin keliatan semok tapi gak se semok Scirocco. Smack-queen cinta sama ini mobil!

Velg Sparco RTT524 repaint black, 195/50R16. Foto terakhir2 sebelum di jual:
https://www.dropbox.com/s/5nngnyydqc5zb ... I.jpg?dl=0
https://www.dropbox.com/s/9t5r2rdfyig09 ... I.jpg?dl=0

IMHO, desain samping masih lebih mengalir dibanding City Hatchback yg menurut saya kaku.
https://www.dropbox.com/s/e1vysh9bx1j16 ... 1.jpg?dl=0

Ban 205/50R16, agak kegedean.
https://www.dropbox.com/s/8t57muo1if88w ... 1.jpg?dl=0

Ban 205/45R16 paling pas IMHO:
https://www.dropbox.com/s/9mr8csq3iqomb ... 3.jpg?dl=0

Interior:
Masuknya agak susah, rendah & atap landai. Pintunya berat & feeling buka-tutup pintunya beda bgt sama mob-din bokap waktu itu (Innova), di tutup bunyinya bukan "bruk", tapi ada kesan "bleb" gitu, satisfying lah buat di buka-tutup :big_love: :big_love: :big_love:
Posisi duduk enak bgt, sangat ergonomis, akses tuas transmisi & rem tangan gampang, tapi tombol2 di head unit agak jauh. kalau di set paling rendah, kaki bener2 selonjor, selain itu punggung & paha tertopang jok full, gak pendek macem di GE8 atau XP90 (maklum, ukuran fisik saya sehat hahaha). Untuk tipe Sport, Jok nya semi-bucket gitu, lebih enak lagi di dudukin. Bahan setirnya masih kaya karet gitu, tapi lumayan enak & empuk. Kalo tipe Sport udh bahan kulit. Door handle juga ergonomis banget, tapi tombol power window jadi terpaksa agak terlalu mundur dan quirky nya, semua tombol ada backlight nya. NICE! (logat bacanya kaya Fransiscus Rossano ya, biar lebih sedep).
Door pocket besar, tapi cup holder agak kurang bagus, holder tapi seperti gak ada holdernya (?), gampang kegeser maju-mundur kalo botol/cup nya langsing. Visibilitas ke samping agak kurang, garis bahu tinggi & pillar A tebel jadi agak susah. Ditambah lagi, kalau spion terbuka, lebar overall 1.973 mm.

Kursi ke 2, yah apa adanya aja lah ya, cup holder gak ada, hand grip gak ada, posisi agak tegak, visibilitas buruk gara2 jok depan tinggi & garis bahu tinggi. tapi suport jok nya panjang, jadi paha ter-topang sempurna & ada ruang kaki di bawah jok depan. Oh iya, posisi duduk saya gak jongkok kaya di GE8 krn efek dari tanki di bawah jok depan.
Kata banyak orang, Fiesta sempit, masih lebih lega Yaris Bapao. Gak 100% benar menurut saya. Kalau posisi saya di duduk kursi depan Yaris XP90 disesuaikan dengan posisi duduk di Fiesta (full selonjor), legroom kursi baris ke 2 11/12 dengan Fiesta, bedanya XP90 lantainya gak ada gundukan & support jok depan XP90 gak se panjang Fiesta.

Berikut penampakannya punya saia waktu awal2 delivery ke rumah:
https://www.dropbox.com/s/fzucaek5l55wb ... 2.jpg?dl=0

Panel silver di repaint hitam:
https://www.dropbox.com/s/g5cfsha4kim05 ... h.jpg?dl=0

Re-trim kulit (awal):
https://www.dropbox.com/s/mljdbgal0k8px ... 7.jpg?dl=0
https://www.dropbox.com/s/luewpqbpv3mjr ... 6.jpg?dl=0
https://www.dropbox.com/sh/8zy6v9n5ymup ... A4wea?dl=0
https://www.dropbox.com/s/fzag434lfe0i1 ... 9.jpg?dl=0
https://www.dropbox.com/s/o359nneyzpx14 ... 8.jpg?dl=0

Re-trim kulit (setelah 5 tahun):
https://www.dropbox.com/s/fa3jhxeqajo05 ... 0.jpg?dl=0
https://www.dropbox.com/s/55ksb7vyvh7vl ... 4.jpg?dl=0
https://www.dropbox.com/s/flsithek65nkt ... 2.jpg?dl=0

Mesin & Transmissi:
1400 CC DOHC, 95 gp @5750 RPM, 128 nm @ 4200 RPM. Kecil banget tenaganya, kalah jauh dibanding Jazz GE8, lebih ringan pula. Kondisi standaran, 0-100 km/h 12,8 detikan, gak pake GPS, cuma pake stopwatch + liat speedo. Karakternya lemah banget di RPM bawah (mungkin faktor DOHC?), lumayan enak di putaran tinggi, tapi RPM juga gak se tinggi rival2nya. Redline di 6000. Mesin yang aneh :big_bored:

Tapi enaknya, RPM nya cukup rendah kalau cruising di tol. 100 km/h cuma 2800 RPM, GE8 MT & XP90 MT udh teriak di 3200-3300 RPM. Tapi biarpun RPM rendah tetep aja konsumsi bbm mesin tua & gak ada katup variabel gak bisa se-irit rivalnya, cuma dapet 1:15 an, dalkot 1:10 udah bagus banget. kalau di Tol, info temen saya yg 1600 cc malah lebih irit, average bisa 1:17an (AT sih). Oh iya, kalau Ecoboost MT malah RPM di 100 km/h lebih rendah lagi, kalau gak salah 2600 RPM sahaja. Kopling nya enak, tuas transmisi terasa "berisi". Pindah gigi gampang, gak se keras XP90 atau se hambar GE8.

Handling & kenyamanan:
Nah ini yang bener2 jawara!! Kalau Fiesta Trend, set suspensinya lebih empuk, nyaman banget sih kalau buat berdua. Apalagi ban nya gak terlalu tipis, profil 55. Empuknya gak floaty kaya suspensi belakang Avanza/ANKI. Tapi meredam getaran banget! Sasis sangat kaku, lebih kaku dibanding XP90 apalagi GE8. Steering lock to lock juga kecil, jadi setir berasa responsive banget. Pasang strut bar, biar lebih kaku + Tein S Tech buat Mazda 2 dengan Ban Toyo DRB 205/45R16, alhasil lebih "rebah" bahkan dibanding Mazda 2. Mungkin gara2 bobot Fiesta lebih berat, if i'm not mistaken, Mazda 2 DE gak sampai 1 ton. Jadi cakep banget sih stance nya, gak nangkring kaya sebelumnya. Handling meningkat jauh, tapi getaran kecil lebih berasa, tapi enak banget di tol. Pokoknya mobil kelas rakjel ter-ena handlingnya yang pernah saya coba, maklum saya nubi & gak banyak coba mobil mevvah kaya master suhu aganz di SM yang terkenal itu. Tapi berhubung mobil dipake AKAP Jakarta-Surabaya tiap libur semesteran, akhirnya di copot lah tein itu, agak sayang2 aja kalo kolong mentok gegara jalanan pantura yang jarang mulus itu. Habis pasang Tein, ganti per standar Fiesta S. Nah ini setup paling pas antara kenyamanan & handling. Handling tetep tajam, tapi gak se asik Tein, menurut butt-o-meter nubi, 90% an dari Tein lah. Tapi nyamannya, menurut saya sama saja dengan suspensi bawaan Trend. Emang lebih keras, tapi kerasnya enak. Sangat meredam, bukan glodakan kaya GE8. menurut saya mirip dengan Grand Livina L11 tapi lebih keras. Bantingan "DEWASA" kalo bahasanya Om FE jurnalis terkenal itu. :mky_08: :mky_08: :mky_08:

Soal kenyamanan, sangat nyaman untuk perjalanan jauh khusus 2 orang. apalagi kekedapan kabin nya yang sangat wow. Hmm mobil ini sangat kedap dibanding rival2nya, bahkan kembaran beda bapak lain emak (Mazda 2 DE) masih lebih kedap Fiesta. Buat yang mau coba fiesta, coba ketok atap nya, padet! nah peredam atam tebel, peredam lantai juga ada. Dan hebatnya, di dalam door trim ada plastik penutup lagi, yaa mirip2 mobil yang di pasang peredam tambahan. Road noise agak berisik waktu pake Toyo DRB, beda banget sama Conti yang kedap tapi grip nya yahud. Se berisik2nya DRB di Fiesta, gak lebih berisik dari GE8 yang pake Turanza.. Sayangnya, radius putar mobil ini biasa banget, menurut saya cenderung agak gede walaupun gak se gede Yaris Lele.

Peredam Pintu:
https://www.dropbox.com/s/444v2nabt7nm6 ... 3.jpg?dl=0
Beda banget sama City GM6 punya Bokap, di balik doortrim cuma dikasih plastik+sealant di pinggir2nya :capede:

Peredam lantai, yang di lingkari merah :big_childish: :
https://www.dropbox.com/s/yknvfqvlwvlhc ... I.jpg?dl=0

Maintenance:
Nah ini, karena MT, bener2 trouble-free.
Yang bener2 corrective/repair maintenance cuma shockbreaker di 30rb km, wajar lah ya namanya juga Fiesta AKAP Reli Pantura tiap liburan semester HEHEHEHE :big_love: :big_love: :big_love:
Sisanya maintenance biasa (ganti oli, filter dll di BeRes) + PANTAU COOLANT RADIATOR. Banyak yang lengah, coolant sampe abis akhirnya Cyl. Block retak. Saya pernah baca, kalau gak salah di SM sih, Operating Temperature Engine Fiesta itu lebih tinggi daripada mobil biasanya (aneh yak?), apalagi yang Ecoboost.
Oh iya saya selalu minumin Pertamaxxxx soalnya Fiesta 1400 itu lebih gampang ngelitik.
Aki juga agak mahal kalo di banding sekelasnya, amperenya cukup gede, kalo ga salah 55 Ah, Xpander aja cuma 35 Ah (CMIIW).
Overall mesin nya Badak kok, kaki2 juga gak se ringkih Honda.
Cocok buat daily workhorse, apalagi punya saya dulu dipake Reli Pantura, belom ada trans jawa.
Nikmat bener dah kalo kena lobang bisa ancur ban, nih dokumentasi korban pantura:
https://www.dropbox.com/s/gb7kb79ppk1q6 ... 6.jpg?dl=0 :big_cry: :big_cry: :big_cry:

Sayangnya, ini mobil harus di jual di kilometer 62.[cencored] km setelah 5,5 tahun bersama :big_cry: :big_cry: :big_cry:
Sedih banget, menyayat hati banget ngejualnya. Mana masih mulus banget... tapi apa boleh buat, kebutuhan berkata lain.

yang susah dari Fiesta ini.... SUSAH NYARI PENGGANTINYA WKWKWKW
Seriously, nyari mobil kelas jelata tapi BQ bagus, fitur banyak, nyaman, handling enak, kedap + irit-kenceng (khusus Ecoboost) itu susah.
Kalo mesin kenceng.. gak berharap sih buat mobil budget gak tinggi wkwkw anggap lah bonus..
Akhirnya muncul LMPV sensasional yang menurut saya kekedapannya & road noise yang mirip. Nanti ada ceritanya juga itu si Kalipander hahaha.

Buat yang cari mobil 100 jutaan, kondisi single/married belum ada anak/belum berencana punya anak dalam waktu dekat, Fiesta jadi pilihan bijak dengan budget yang lebih miring. Tapi hati2 sama kondisinya, kalau rawatannya jelek yang ada malah boncos..
Semoga kalo ada kesempata, bisa pelihara Fiesta Ecoboost manual
beberapa minggu lalu ada yg jual di Samarinda, eh gak lama kemudian ilang iklannya.

Foto-foto lain:

Operasi mata di Yoong Motor, terbaik banget pelayanannya! Pernah claim garansi gak pake ribet:
https://www.dropbox.com/s/z8bvjqovv7b7d ... I.jpg?dl=0

Pasang foglamp HID
https://www.dropbox.com/s/2eheevzh5jwaq ... 1.jpg?dl=0

Awali inreyen 1000 KM dengan reli pantura:
https://www.dropbox.com/s/on05hmnhx7kn4 ... I.jpg?dl=0

Sama temen2 komunitas, ke Bukit Jadih Madura:
https://www.dropbox.com/s/4cv6k8q61qnwi ... 4.jpg?dl=0
https://www.dropbox.com/s/7xrh6y3jaqs14 ... I.jpg?dl=0

Pasang diffuser custom Fiesta ST:
https://www.dropbox.com/s/x13g1aso1sazy ... 6.jpg?dl=0

ZetecS Grille:
https://www.dropbox.com/s/php4i996gsevx ... I.jpg?dl=0

Coating Chemical Guys:
https://www.dropbox.com/s/c3nyuj9w05my9 ... I.jpg?dl=0

foto kekinian pada masanya:
https://www.dropbox.com/s/3z1wdri8grzur ... 7.jpg?dl=0
https://www.dropbox.com/s/qhv6e9cgpmflq ... 0.jpg?dl=0
https://www.dropbox.com/s/r0fdg7n14b1qh ... 1.jpg?dl=0

Custom exhaust fullset ironcraft:
https://www.dropbox.com/s/3hyxgrcqrjdz4 ... 8.jpg?dl=0

Korban serempet motor di Jalan Arjuna Selatan:
https://www.dropbox.com/s/bmusba0tligff ... 1.jpg?dl=0
https://www.dropbox.com/s/l737vkdv0xitz ... 9.jpg?dl=0
https://www.dropbox.com/s/f0pzmws8q89eg ... 8.jpg?dl=0

Korban maling tas, untung isinya cuma PB + HP nokia:
https://www.dropbox.com/s/jghuwo6se29el ... 5.jpg?dl=0

Photoshoot ala ala:
https://www.dropbox.com/sh/8zy6v9n5ymup ... A4wea?dl=0
https://www.dropbox.com/s/5zqpgttdd1wpa ... 2.jpg?dl=0
martinnn
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2852
Joined: 17 Aug 2015, 13:32
Location: Jabodetabek
Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box

Re: Long Term Review: Ford Fiesta Trend 1.4 MT

Post by martinnn »

apa yang manualnya juga sebadak mazda 2 ?
Morv.co.id ( Audio Visual Production )
Astha Jaya Indo ( Distributor LED Lamp and PJU Solar panel , interior and Lighting Designer )

https://api.whatsapp.com/send?phone=6281288415145
FR6
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 295
Joined: 26 Jul 2017, 16:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: LMPV

Re: Long Term Review: Ford Fiesta Trend 1.4 MT

Post by FR6 »

martinnn wrote: 13 Sep 2021, 14:23 apa yang manualnya juga sebadak mazda 2 ?
ex punya saya sih badak banget Om, gak ada keluhan apa2, tapi ya letoy tenaganya :mky_01:
qushay20019
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 845
Joined: 06 Dec 2016, 03:50
Location: Makassar

Re: Long Term Review: Ford Fiesta Trend 1.4 MT

Post by qushay20019 »

Emang nih mobil juara sih soal kekedapan sama handling. Ane jg pengalaman miara FF. Trend MT 1.4 2011 punya ipar. Aslinya kan dapet velg R15, tp krn jalanan di deket rumah banyak yg jelek, ane gantiin pake R16 OEM seken punya FF. Sport yg palang 5 double spoke. Ban jadinya pake 205-50 hankook ventus2. Nih ban enak sih, empuk walau tampang kayak kempes mulu, hehehe.

Shock nya emang rada lemah, sama masih pake timing belt (bukan timing chain) jadi kata mekanik Ford langganan ane kudu ganti klo udah nyampe 80ribuan km.
FFT ipar ini mungkin masih 10 taun lagi baru nyampe kesitu, soalnya ini aja blum nyampe 40rb km
Oli Bagus Makassar - jual Ams. Sig. Series & oli2 bagus lainnya
Toped: https://tokopedia.link/olibagusmks
IG: www.instagram.com/olibagusmks
marvelio
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 34
Joined: 15 Feb 2021, 10:17
Daily Vehicle: SKYACTIV-G - 2GD-FTV - 2ZR-FE

Re: Long Term Review: Ford Fiesta Trend 1.4 MT

Post by marvelio »

Keren om.. Saya Maret lalu baru jual Fiesta 1.6 Sport MT 2012, gantinya ke CX-3 1.5L :big_smile]
Mobil inilah yg bikin saya illfeel kalo naik HR-V, jadi gantinya ke Mazda deh yg feelnya ga jauh beda.

Ban pake Turanza ER33, mantep bgt nyetirnya. Ban bawaannya Continental, sempet pecah 1 kena lobang kecepatan 60 km/jam (bener2 sobek total) di daerah alas roban, ban depan kanan. Empuk tp memang kayanya kurang cocok untuk jalan Indonesia.

Puas banget pake mobilnya nyampe 9 tahun. Kendalanya paling kaki-kaki setelah 5 tahun (bushing2, shock) sama cooling system (housing thermostat bocor).
Yang bikin cari gantinya susah tuh standar feeling kita udah tinggi duluan, termasuk audio standarnya Ford Fiesta yg toppp banget
Selain itu shifting transmisi manualnya alus banget, kalo lg bareng temen selalu dikira mobilnya matic, dan ga pada sadar kalo mobil tahun 2012 karena peredamannya juga bener-bener bagus bgt.

Hatchback 2012 paling canggih di masanya, handling & feeling stir jauhhh lah di atas nJezz :big_grin:

Owning experience saya yg masih takjub sih 9 tahun pemakaian nggak ada yg namanya rattle di dashboard ataupun panel-panel yg lain sedikitpun. Gila BQ nya. Trus dulu sempet spion kiri saya dilibas motor yg nyelip2 di antrean traffic light, mental tuh batok spionnya plus kaca spionnya sekitar 3 meter ke depan. Gilanya, ga ada baret di batok lampu + ga ada retak di kaca spionnya. Ajibbb bener :big_love:

Sempet juga disundul sama motor dari belakang lumayan kenceng, motornya remuk plastik depannya, body blkg Fiesta saya utuh cuma ada gores 2 cm tipis :big_biglaugh:

Saya mau jual saking sayangnya maju mundur selama 1,5 tahun sejak 2019, akhirnya 2021 baru tega ngejual meski harganya ga tembus kepala 9. Agak ga rela mobil sebagus itu harganya jatuh, tp kalo ga dijual juga gaada tempat parkir lagi di rumah :D

Sebelum jual, Februari kemarin sempet heran sama electricalnya yg ngaco. Auto power window dinaikin, kacanya turun sendiri di tengah2. Head unit pas jalan ngerestart sendiri. Kalo hampir stall dikit pas parkir mundur nanjak (maklum manual), sering muncul engine malfunction & idle rpm naik turun. Abis itu saya ganti aki Amaron langsung sembuh semua penyakitnya. Sensitif banget ECU mobil ini sama arus dari aki. Kalo lama ga keluar dari garasi, siap2 check engine nyala :big_peace:

Oh ya, di awal beli dulu tahun 2012 mobil saya sempet mogok total karena isi Premium (waktu itu belum umum pertalite spt sekarang), ternyata memang harus nenggak Pertamax, fuel pump kesumbat. Luckily, saya ga kebagian unit yg kena masalah steering rack. Masih sehat dari baru. Engine mounting aja yg sering blesek :big_bored:
Pboyz97
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2989
Joined: 09 Oct 2016, 22:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: CX5 Elite 2018

Re: Long Term Review: Ford Fiesta Trend 1.4 MT

Post by Pboyz97 »

nice review om. fiesta ini memang salah 1 hatchback yg paling fun to drive yg pernah saya coba (kebetulan dulu pernah test drive yg versi ecobosstnya) , desain interiornya juga cakep + tarikannya juga kenceng . selain itu, fiturnya lumayan lengkap + handlingnya juga salah 1 yg terbaik dikelasnya. sayang saat ini sudah discontinue penjualannya di indonesia

dan saya setuju sm yg om TS nya bilang, sulit nyari penggantinya yg seenak ini terutama dari sisi fitur, handling, tarikan dan driving feelnya, terutama dikelas hatchback under 300 jt. yg bisa ngimbangin saat ini hanya mazda 2 sky menurut saya hehehe
Past:
1NZFE 4AT / L15A 5AT / K24Z1 5AT / 2.0 Skyactiv 6AT / 4A91 4AT / 2NRFE CVT / K3VE 5MT / 1NRVE 5MT

Now:
2.5 SKYACTIV - G 6AT / 1.5 VTEC Turbo CVT / L15Z1 CVT
User avatar
Kijangers
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 99
Joined: 13 Jul 2017, 12:22
Location: Bekasi
Daily Vehicle: Bentor

Re: Long Term Review: Ford Fiesta Trend 1.4 MT

Post by Kijangers »

"yang susah dari Fiesta ini.... SUSAH NYARI PENGGANTINYA WKWKWKW"
Mewakili banget perasaan pemilik Fiesta.. wkwkwk

Ooh iya, pernah ngolong Fiesta S facelift dia ndak double muffler tip lagi. CMIIW
Pboyz97
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2989
Joined: 09 Oct 2016, 22:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: CX5 Elite 2018

Re: Long Term Review: Ford Fiesta Trend 1.4 MT

Post by Pboyz97 »

Kijangers wrote: 14 Sep 2021, 09:49 "yang susah dari Fiesta ini.... SUSAH NYARI PENGGANTINYA WKWKWKW"
Mewakili banget perasaan pemilik Fiesta.. wkwkwk

Ooh iya, pernah ngolong Fiesta S facelift dia ndak double muffler tip lagi. CMIIW
setuju om. susah nyari penggantinya yg seenak itu terutama dari sisi handling, peforma dan fun to drivenya di range under 350 jt. paling yg bisa ngimbanign fiesta saat ini cuma mazda 2 skyactiv dikelasnya menurut saya
Past:
1NZFE 4AT / L15A 5AT / K24Z1 5AT / 2.0 Skyactiv 6AT / 4A91 4AT / 2NRFE CVT / K3VE 5MT / 1NRVE 5MT

Now:
2.5 SKYACTIV - G 6AT / 1.5 VTEC Turbo CVT / L15Z1 CVT
FR6
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 295
Joined: 26 Jul 2017, 16:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: LMPV

Re: Long Term Review: Ford Fiesta Trend 1.4 MT

Post by FR6 »

qushay20019 wrote: 13 Sep 2021, 17:15 Emang nih mobil juara sih soal kekedapan sama handling. Ane jg pengalaman miara FF. Trend MT 1.4 2011 punya ipar. Aslinya kan dapet velg R15, tp krn jalanan di deket rumah banyak yg jelek, ane gantiin pake R16 OEM seken punya FF. Sport yg palang 5 double spoke. Ban jadinya pake 205-50 hankook ventus2. Nih ban enak sih, empuk walau tampang kayak kempes mulu, hehehe.

Shock nya emang rada lemah, sama masih pake timing belt (bukan timing chain) jadi kata mekanik Ford langganan ane kudu ganti klo udah nyampe 80ribuan km.
FFT ipar ini mungkin masih 10 taun lagi baru nyampe kesitu, soalnya ini aja blum nyampe 40rb km
Kaki2 kayanya masih lebih lemah Honda deh Om, City GM6 ayah saya aja udah orkestra kaki2 depannya di umur 5 tahun (60rb km), padahal shock udah ganti. Tapi Fiesta bagian depanya berat banget. saya ngerasain waktu ganti ban depan City GM6 & Grand Livina L10, tetp jauh lebih berat Fiesta. Apalagi collision bar nya juga tebel & gede, nih penampakannya
https://www.dropbox.com/s/td3d1ssryf3wd ... 6.jpg?dl=0
jessboy
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 200
Joined: 09 May 2017, 10:09
Location: jabodetabek
Daily Vehicle: mobil bekas
Contact:

Re: Long Term Review: Ford Fiesta Trend 1.4 MT

Post by jessboy »

mantap om reviewnya :big_exellent:
kayaknya banyak yang sependapat sama TS termasuk saya
cerita akan beda kalo ford gak cabut dari indo
Mencari referensi info mobil bekas yang akurat dan terpercaya
FR6
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 295
Joined: 26 Jul 2017, 16:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: LMPV

Re: Long Term Review: Ford Fiesta Trend 1.4 MT

Post by FR6 »

marvelio wrote: 13 Sep 2021, 17:43 Keren om.. Saya Maret lalu baru jual Fiesta 1.6 Sport MT 2012, gantinya ke CX-3 1.5L :big_smile]
Mobil inilah yg bikin saya illfeel kalo naik HR-V, jadi gantinya ke Mazda deh yg feelnya ga jauh beda.

Ban pake Turanza ER33, mantep bgt nyetirnya. Ban bawaannya Continental, sempet pecah 1 kena lobang kecepatan 60 km/jam (bener2 sobek total) di daerah alas roban, ban depan kanan. Empuk tp memang kayanya kurang cocok untuk jalan Indonesia.

Puas banget pake mobilnya nyampe 9 tahun. Kendalanya paling kaki-kaki setelah 5 tahun (bushing2, shock) sama cooling system (housing thermostat bocor).
Yang bikin cari gantinya susah tuh standar feeling kita udah tinggi duluan, termasuk audio standarnya Ford Fiesta yg toppp banget
Selain itu shifting transmisi manualnya alus banget, kalo lg bareng temen selalu dikira mobilnya matic, dan ga pada sadar kalo mobil tahun 2012 karena peredamannya juga bener-bener bagus bgt.

Hatchback 2012 paling canggih di masanya, handling & feeling stir jauhhh lah di atas nJezz :big_grin:

Owning experience saya yg masih takjub sih 9 tahun pemakaian nggak ada yg namanya rattle di dashboard ataupun panel-panel yg lain sedikitpun. Gila BQ nya. Trus dulu sempet spion kiri saya dilibas motor yg nyelip2 di antrean traffic light, mental tuh batok spionnya plus kaca spionnya sekitar 3 meter ke depan. Gilanya, ga ada baret di batok lampu + ga ada retak di kaca spionnya. Ajibbb bener :big_love:

Sempet juga disundul sama motor dari belakang lumayan kenceng, motornya remuk plastik depannya, body blkg Fiesta saya utuh cuma ada gores 2 cm tipis :big_biglaugh:

Saya mau jual saking sayangnya maju mundur selama 1,5 tahun sejak 2019, akhirnya 2021 baru tega ngejual meski harganya ga tembus kepala 9. Agak ga rela mobil sebagus itu harganya jatuh, tp kalo ga dijual juga gaada tempat parkir lagi di rumah :D

Sebelum jual, Februari kemarin sempet heran sama electricalnya yg ngaco. Auto power window dinaikin, kacanya turun sendiri di tengah2. Head unit pas jalan ngerestart sendiri. Kalo hampir stall dikit pas parkir mundur nanjak (maklum manual), sering muncul engine malfunction & idle rpm naik turun. Abis itu saya ganti aki Amaron langsung sembuh semua penyakitnya. Sensitif banget ECU mobil ini sama arus dari aki. Kalo lama ga keluar dari garasi, siap2 check engine nyala :big_peace:

Oh ya, di awal beli dulu tahun 2012 mobil saya sempet mogok total karena isi Premium (waktu itu belum umum pertalite spt sekarang), ternyata memang harus nenggak Pertamax, fuel pump kesumbat. Luckily, saya ga kebagian unit yg kena masalah steering rack. Masih sehat dari baru. Engine mounting aja yg sering blesek :big_bored:
Mantep bgt CX-3 tuh Om, salah satu kandidat saya juga buat gantiin Fiesta, tapi out of budget.. :mky_01: :mky_01: :mky_01:
Seandainya dulu 2018 akhir ada versi 1500 cc saya "usahain" banget deh bisa minang CX-3 :emo-big_love:
FR6
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 295
Joined: 26 Jul 2017, 16:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: LMPV

Re: Long Term Review: Ford Fiesta Trend 1.4 MT

Post by FR6 »

Kijangers wrote: 14 Sep 2021, 09:49 "yang susah dari Fiesta ini.... SUSAH NYARI PENGGANTINYA WKWKWKW"
Mewakili banget perasaan pemilik Fiesta.. wkwkwk

Ooh iya, pernah ngolong Fiesta S facelift dia ndak double muffler tip lagi. CMIIW
Mungkin flow nya jauh lebih gede yg 1600 kali Om, asik bgt itu tarikan 1600 MT nya, gampang banget spin kalo akselerasi keras dari diem.
Pboyz97 wrote: 13 Sep 2021, 19:53 nice review om. fiesta ini memang salah 1 hatchback yg paling fun to drive yg pernah saya coba (kebetulan dulu pernah test drive yg versi ecobosstnya) , desain interiornya juga cakep + tarikannya juga kenceng . selain itu, fiturnya lumayan lengkap + handlingnya juga salah 1 yg terbaik dikelasnya. sayang saat ini sudah discontinue penjualannya di indonesia

dan saya setuju sm yg om TS nya bilang, sulit nyari penggantinya yg seenak ini terutama dari sisi fitur, handling, tarikan dan driving feelnya, terutama dikelas hatchback under 300 jt. yg bisa ngimbangin saat ini hanya mazda 2 sky menurut saya hehehe
Yoii Om, Ecobost AT ya? Saia pengen banget cobain Ecoboost MT.
Manual tapi rasa AT perbandingan gigi nya :emo-big_love:
jessboy wrote: 14 Sep 2021, 14:58 mantap om reviewnya :big_exellent:
kayaknya banyak yang sependapat sama TS termasuk saya
cerita akan beda kalo ford gak cabut dari indo
hehe pernah pelihara juga kah Om? :mky_01:
erwinign
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3219
Joined: 19 Apr 2014, 10:45
Location: SRG

Re: Long Term Review: Ford Fiesta Trend 1.4 MT

Post by erwinign »

FR6 wrote: 13 Sep 2021, 14:05 Halo Om-om, Ncang-ncing & para sepuh, izinkan nubi mau review ex-daily workhorse ane.
Berawal dari berita Ford India cabut, ibarat merobek koreng yang baru kering, jadi kepikiran buat review mantan terindah saia sekaligus trit pertama. Mon maap kaga nemu cara masukin gambar pake dropbox, jadi pake link aja lah ya

(2013) Ford Fiesta 1.4 MT Zetec Sport Wannabe :mky_02: :mky_02: :mky_02:

Dimensi:
P x L x T = 3.950 x 1.722 x 1.481 mm
Weight: 1.106 kg (style MT & trend MT), 1.131 (trend AT), 1.153 (Sport AT & MT).
Berat yang hampir sama dengan Old Ertiga (ZE) padahal Ertiga jauh lebih besar (beda 60 kg), nanti di bawah keliatan alasannya apa :mky_02: :mky_02: :mky_02:

Skip, langsung bahas first impression:
Cuman pernah numpang fiesta S DCT temen, tp sekarang jg pake Mazda 2 DE. Ini mobil SUPERBBBB!!!! Apalagi yg 1.6S

Tekuk2, salip2 sana sini di tol dkt jelambar arah PIK bener2 lengket di jalan gripnya, badan tetep stay di kursi. Stl bayar tol waktu itu memang DCTnya dudul bingungan, habis itu powernya lepas semua kaya kuda lepas kandang dan lintjah.

Mazda 2 DE yg satu platform, banyak common partsnya, sokbreker satu merk juga ga bs ngunggulin naikannya sodara fordnya ini :big_okay:
Don't Judge The Book By It's Cover
himaatoo
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 78
Joined: 04 Nov 2019, 05:39
Location: Indonesia
Daily Vehicle: Ford fiesta

Re: Long Term Review: Ford Fiesta Trend 1.4 MT

Post by himaatoo »

Mantap reviewnya ommmm :big_exellent:

Ane juga ga bisa lepas euy dari fiesta ini, gatau kenapa, wkwkwkwk.

Ane pernah punya yang 1.4 AT, kalau ada yang pernah inget video BMW hanyut, di belakangnya ada fiesta sama captiva terombang-ambing, itu fiesta ane dan itu ane yang videoin :big_biglaugh:
Menghidupkan kembali itu mobil setelah banjir habis 50 juta lebih.
Tapi akhirnya skarang udah dilepas ke adek :big_cry:

Modifan yang udah ane lakuin buat fiesta ane sih cuma pasang strutbar, bypass termostat (ini efeknya mobilnya manasinnya jadi lama, tapi operating tempetarurnya jadi ga pernah di atas 100 deg celcius ), ganti exhaust jadi exhaust 4-2-1 (ini bikin tarikannya kaya mobil manual), resonator sama muffler.

Banyak banget mobil yang kepancing kalo ane gas pol di lampu merah :big_biglaugh:

Pernah camry sama audi A3 yang kepancing, ga lama ane tertinggal jauh, apalah dayaku yang hanya 1.400cc NA :big_biglaugh:

Tapi sekarang kepingin upgrade ke ecoboostnya, selain masalah DCT sama cooling systemnya, kira-kira ada yang harus lebih lebih diperhatikan gak ya om?
Toyota 7K 4MT ~ Nissan HR15DE 5MT ~ Honda K24 5AT ~ Ford Duratec 4AT ~ Kia Theta II 6AT ~ Toyota 2GD FTV 6AT ~ Hyundai R2.2 6AT
FR6
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 295
Joined: 26 Jul 2017, 16:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: LMPV

Re: Long Term Review: Ford Fiesta Trend 1.4 MT

Post by FR6 »

erwinign wrote: 14 Sep 2021, 16:56
FR6 wrote: 13 Sep 2021, 14:05 Halo Om-om, Ncang-ncing & para sepuh, izinkan nubi mau review ex-daily workhorse ane.
Berawal dari berita Ford India cabut, ibarat merobek koreng yang baru kering, jadi kepikiran buat review mantan terindah saia sekaligus trit pertama. Mon maap kaga nemu cara masukin gambar pake dropbox, jadi pake link aja lah ya

(2013) Ford Fiesta 1.4 MT Zetec Sport Wannabe :mky_02: :mky_02: :mky_02:

Dimensi:
P x L x T = 3.950 x 1.722 x 1.481 mm
Weight: 1.106 kg (style MT & trend MT), 1.131 (trend AT), 1.153 (Sport AT & MT).
Berat yang hampir sama dengan Old Ertiga (ZE) padahal Ertiga jauh lebih besar (beda 60 kg), nanti di bawah keliatan alasannya apa :mky_02: :mky_02: :mky_02:

Skip, langsung bahas first impression:
Cuman pernah numpang fiesta S DCT temen, tp sekarang jg pake Mazda 2 DE. Ini mobil SUPERBBBB!!!! Apalagi yg 1.6S

Tekuk2, salip2 sana sini di tol dkt jelambar arah PIK bener2 lengket di jalan gripnya, badan tetep stay di kursi. Stl bayar tol waktu itu memang DCTnya dudul bingungan, habis itu powernya lepas semua kaya kuda lepas kandang dan lintjah.

Mazda 2 DE yg satu platform, banyak common partsnya, sokbreker satu merk juga ga bs ngunggulin naikannya sodara fordnya ini :big_okay:
Saya juga pernah nyoba yg DCT Om, tapi 1500 cc Trend.
Pertama ngerasain DCT... ANEH!!! :mky_01:
Soalnya berasa kaya manual, gak ada selipnya, tapi gak mindahin gigi.
Pindah giginya juga halus menurut saya, mirip2 TQ lah...
Mazda 2 DE pernah bawa juga (biasalah permobilan anak kuliahan WKWKW), menurut saya sasisnya kurang kaku. Sasis Fiesta itu kaku banget, saya demen ngetes travel suspensi & stiffness sasis kalo ada ramp buat masuk parkiran ruko. :mky_01:
erwinign
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3219
Joined: 19 Apr 2014, 10:45
Location: SRG

Re: Long Term Review: Ford Fiesta Trend 1.4 MT

Post by erwinign »

FR6 wrote: 14 Sep 2021, 20:23
erwinign wrote: 14 Sep 2021, 16:56
FR6 wrote: 13 Sep 2021, 14:05 Halo Om-om, Ncang-ncing & para sepuh, izinkan nubi mau review ex-daily workhorse ane.
Berawal dari berita Ford India cabut, ibarat merobek koreng yang baru kering, jadi kepikiran buat review mantan terindah saia sekaligus trit pertama. Mon maap kaga nemu cara masukin gambar pake dropbox, jadi pake link aja lah ya

(2013) Ford Fiesta 1.4 MT Zetec Sport Wannabe :mky_02: :mky_02: :mky_02:

Dimensi:
P x L x T = 3.950 x 1.722 x 1.481 mm
Weight: 1.106 kg (style MT & trend MT), 1.131 (trend AT), 1.153 (Sport AT & MT).
Berat yang hampir sama dengan Old Ertiga (ZE) padahal Ertiga jauh lebih besar (beda 60 kg), nanti di bawah keliatan alasannya apa :mky_02: :mky_02: :mky_02:

Skip, langsung bahas first impression:
Cuman pernah numpang fiesta S DCT temen, tp sekarang jg pake Mazda 2 DE. Ini mobil SUPERBBBB!!!! Apalagi yg 1.6S

Tekuk2, salip2 sana sini di tol dkt jelambar arah PIK bener2 lengket di jalan gripnya, badan tetep stay di kursi. Stl bayar tol waktu itu memang DCTnya dudul bingungan, habis itu powernya lepas semua kaya kuda lepas kandang dan lintjah.

Mazda 2 DE yg satu platform, banyak common partsnya, sokbreker satu merk juga ga bs ngunggulin naikannya sodara fordnya ini :big_okay:
Saya juga pernah nyoba yg DCT Om, tapi 1500 cc Trend.
Pertama ngerasain DCT... ANEH!!! :mky_01:
Soalnya berasa kaya manual, gak ada selipnya, tapi gak mindahin gigi.
Pindah giginya juga halus menurut saya, mirip2 TQ lah...
Mazda 2 DE pernah bawa juga (biasalah permobilan anak kuliahan WKWKW), menurut saya sasisnya kurang kaku. Sasis Fiesta itu kaku banget, saya demen ngetes travel suspensi & stiffness sasis kalo ada ramp buat masuk parkiran ruko. :mky_01:
Oh iya ya om dulu mhs2 sempet musim pake mazda 2 sama fiesta ya. Mazda 2 DE ini saya perhatiin suara knalpotnya jg alus tp gahar ngebass, fiesta lupa2 inget.

Fiesta itu kaya eropaan om, kaku tapi tetep enak (asal ga inget2 row 2 :big_biglaugh: )
Don't Judge The Book By It's Cover
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4220
Joined: 05 Jun 2014, 20:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Long Term Review: Ford Fiesta Trend 1.4 MT

Post by sintoni »

Nais ripiu om, dulu pas keluar pengen banget punya mobil ini, tapi yang 1.6S. Haha.

Soalnya gara2 liat video Top Gear, pake mobil ini balapan di dalam mall. Haha.
Pboyz97
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2989
Joined: 09 Oct 2016, 22:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: CX5 Elite 2018

Re: Long Term Review: Ford Fiesta Trend 1.4 MT

Post by Pboyz97 »

FR6 wrote: 14 Sep 2021, 15:42

Yoii Om, Ecobost AT ya? Saia pengen banget cobain Ecoboost MT.
Manual tapi rasa AT perbandingan gigi nya :emo-big_love:

iya om , ecoboost at. rasanya enak bgt nyetirnya buat hatchback under 300jt. jauh lebih enak daripada jazz dan yaris (kebetulan saya ex user yaris bakpao 2006 dan jazz GE8 2009) . tarikannya juga ngisi terutama putaran tengah - atasnya + perpindahan giginya juga cukup sigap menurut saya dan handlingnya juga salah 1 yg terbaik dikelasnya. saya setuju sm yg om bilang. susah nyari penggantinya yg seenak ini terutama di range harga under 300 jt dalam kondisi brand new. yg bisa ngimbangin saat ini cuma m2 skyactiv menurut saya

wah. ecoboost mt sepertinya lumayan langka tu di indo. saya juga penasaran driving feelnya kaya gimana, blm pernah nyoba samsek :big_biglaugh:
Past:
1NZFE 4AT / L15A 5AT / K24Z1 5AT / 2.0 Skyactiv 6AT / 4A91 4AT / 2NRFE CVT / K3VE 5MT / 1NRVE 5MT

Now:
2.5 SKYACTIV - G 6AT / 1.5 VTEC Turbo CVT / L15Z1 CVT
Pboyz97
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2989
Joined: 09 Oct 2016, 22:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: CX5 Elite 2018

Re: Long Term Review: Ford Fiesta Trend 1.4 MT

Post by Pboyz97 »

himaatoo wrote: 14 Sep 2021, 20:11 Mantap reviewnya ommmm :big_exellent:

Ane juga ga bisa lepas euy dari fiesta ini, gatau kenapa, wkwkwkwk.

Ane pernah punya yang 1.4 AT, kalau ada yang pernah inget video BMW hanyut, di belakangnya ada fiesta sama captiva terombang-ambing, itu fiesta ane dan itu ane yang videoin :big_biglaugh:
Menghidupkan kembali itu mobil setelah banjir habis 50 juta lebih.
Tapi akhirnya skarang udah dilepas ke adek :big_cry:

Modifan yang udah ane lakuin buat fiesta ane sih cuma pasang strutbar, bypass termostat (ini efeknya mobilnya manasinnya jadi lama, tapi operating tempetarurnya jadi ga pernah di atas 100 deg celcius ), ganti exhaust jadi exhaust 4-2-1 (ini bikin tarikannya kaya mobil manual), resonator sama muffler.

Banyak banget mobil yang kepancing kalo ane gas pol di lampu merah :big_biglaugh:

Pernah camry sama audi A3 yang kepancing, ga lama ane tertinggal jauh, apalah dayaku yang hanya 1.400cc NA :big_biglaugh:

Tapi sekarang kepingin upgrade ke ecoboostnya, selain masalah DCT sama cooling systemnya, kira-kira ada yang harus lebih lebih diperhatikan gak ya om?
turut prihatin om atas musibah yg menimpa mobilnya. semoga dapet pengganti yg lebih baik ya. btw sekarang fiestanya diganti sm mobil apa om? hehehe

kalo yg mesti diperhatiin ya paling elektrikal dan sensor2 . karena mobil ini sensor + elektrikalnya termasuk canggih dibanding rival2 dikelasnya + nyarinya mesti sabar. karena nyari yg kondisinya oke agak susah. udh banyak yg pindah tangan entah yg ke berapa kali which is kita gatau perawatan dan pemakaian owner sblmnya kaya gimana. sukur2 masih dapet yg tangan pertama dari baru atau minimal buku manual, buku servis (kalo perlu bon penggantian sparepartnya di beres ataupun spesialis masih lengkap)
Past:
1NZFE 4AT / L15A 5AT / K24Z1 5AT / 2.0 Skyactiv 6AT / 4A91 4AT / 2NRFE CVT / K3VE 5MT / 1NRVE 5MT

Now:
2.5 SKYACTIV - G 6AT / 1.5 VTEC Turbo CVT / L15Z1 CVT
masaudie
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 31
Joined: 22 Nov 2020, 11:08

Re: Long Term Review: Ford Fiesta Trend 1.4 MT

Post by masaudie »

Wah reviewnya lengkap om, jadi bikin nostalgia sama FF Trend 1.4 AT yang harus pensiun dini karena kebanjiran..

Setuju sama point2 yang disampein diatas:
- Kursi sangat nyaman buat driver
- Handling tajam, lengket di jalan, handle tiptronicnya asik dan pengoperasiannya masih normal (naikin gigi tarik kebelakang, nurunin dorong ke bawah. Jaman sekarang pada kebalik kayaknya)
- Kekedapan kabin OK banget!
- Sound system standarnya oke, ada voice command, bluetooth built in
- Maintenance dan sparepart masih tergolong gampang dan terjangkau

Cuman ya itu karena partsnya kebanyakan elektrik/digital, pas kebanjiran (dan gak sempet cabut aki) rusak semua. Diitung2 kalo mau membangkitkan itu mobil dari kematiannya butuh 80 juta.. Jadi direlakan saja jual yang bisa diselamatkan. Dan bertambahnya anggota keluarga, kebutuhan kendaraannya juga jadi beda.. Sekarang mesti cari 7 seater hahaha.
himaatoo
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 78
Joined: 04 Nov 2019, 05:39
Location: Indonesia
Daily Vehicle: Ford fiesta

Re: Long Term Review: Ford Fiesta Trend 1.4 MT

Post by himaatoo »

Pboyz97 wrote: 14 Sep 2021, 23:51 turut prihatin om atas musibah yg menimpa mobilnya. semoga dapet pengganti yg lebih baik ya. btw sekarang fiestanya diganti sm mobil apa om? hehehe

kalo yg mesti diperhatiin ya paling elektrikal dan sensor2 . karena mobil ini sensor + elektrikalnya termasuk canggih dibanding rival2 dikelasnya + nyarinya mesti sabar. karena nyari yg kondisinya oke agak susah. udh banyak yg pindah tangan entah yg ke berapa kali which is kita gatau perawatan dan pemakaian owner sblmnya kaya gimana. sukur2 masih dapet yg tangan pertama dari baru atau minimal buku manual, buku servis (kalo perlu bon penggantian sparepartnya di beres ataupun spesialis masih lengkap)
Siap om, sekarang ada santa fe dm om :upss:

Siap om, thanks infonya :big_deal:
Toyota 7K 4MT ~ Nissan HR15DE 5MT ~ Honda K24 5AT ~ Ford Duratec 4AT ~ Kia Theta II 6AT ~ Toyota 2GD FTV 6AT ~ Hyundai R2.2 6AT
Post Reply