Review Singkat Dua Minggu (3700 KM) Bersama ANPS Dakar 4X2 FL 21

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: F 272, b8099ok, ginting, FRD, artoodetoo, y_anjasrana

ongisnade
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 545
Joined: 18 Apr 2013, 18:16

Re: Review Singkat Dua Minggu (3700 KM) Bersama ANPS Dakar 4X2 FL 21

Post by ongisnade »

McLaren wrote: 26 Sep 2021, 19:46
ongisnade wrote: 26 Sep 2021, 15:43 Baru dapat info kenapa ANPS FL tarikan awal lebih lemot dan lebih boros dari pre FL, ternyata beberapa yg sdh dyno yg FL stock power lebih rendah 10-15 HP dari yg pre FL. Pantesan sebelum remap injak gasnya berat banget dan boros. Campuran tol/lukot 11 km/ltr. Setelah remap baru bisa dapat 15 km/liter
Lha ini lucu.. anps diturunin, fortie dinaikkan powernya
Ya betul terakhir kata pak soleh sblm meninggal dyno stock ANF FL 170-180 HP
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4323
Joined: 05 Jun 2014, 20:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Review Singkat Dua Minggu (3700 KM) Bersama ANPS Dakar 4X2 FL 21

Post by sintoni »

ongisnade wrote: 26 Sep 2021, 19:47
Sdh lama sekali mas bro terakhir 2001
Wah, kalau ke Balikpapan lg boleh kabar2an om, nanti ane ajak makan enak. Haha
ongisnade
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 545
Joined: 18 Apr 2013, 18:16

Re: Review Singkat Dua Minggu (3700 KM) Bersama ANPS Dakar 4X2 FL 21

Post by ongisnade »

sintoni wrote: 26 Sep 2021, 20:11
ongisnade wrote: 26 Sep 2021, 19:47
Sdh lama sekali mas bro terakhir 2001
Wah, kalau ke Balikpapan lg boleh kabar2an om, nanti ane ajak makan enak. Haha
Siap mas Bro, dulu ada bakmi enak di dekat pasar Klandasan 20 tahun yang lalu bakmi Alex kalau tidak salah gak tahu sekarang masih jualan atau gak.
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4323
Joined: 05 Jun 2014, 20:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Review Singkat Dua Minggu (3700 KM) Bersama ANPS Dakar 4X2 FL 21

Post by sintoni »

ongisnade wrote: 26 Sep 2021, 21:08
sintoni wrote: 26 Sep 2021, 20:11
ongisnade wrote: 26 Sep 2021, 19:47
Sdh lama sekali mas bro terakhir 2001
Wah, kalau ke Balikpapan lg boleh kabar2an om, nanti ane ajak makan enak. Haha
Siap mas Bro, dulu ada bakmi enak di dekat pasar Klandasan 20 tahun yang lalu bakmi Alex kalau tidak salah gak tahu sekarang masih jualan atau gak.
Wah, saya ga perna denger ini om. Coba nanti saya cari tahu. Hehe.
ongisnade
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 545
Joined: 18 Apr 2013, 18:16

Re: Review Singkat Dua Minggu (3700 KM) Bersama ANPS Dakar 4X2 FL 21

Post by ongisnade »

BI TURBO ANPS



Dari video tersebut ada statement dari tuner yang bikin saya bingung:
Boost turbo semakin tinggi mesin makin dingin. Dia bilang bi turbo bisa 80 psi tapi gear box yang gak kuat di ANPS. 2 GD juga sama gear box gak kuat, yang paling kuat KD. Tapi 2 KD punya si Rambo robek cylinder gasket dengan boost hanya 40 psi dan ini ketinggian suruh turunin sama bengkel. Lha itu ANPS malah hampir 4 bar/50 psi buat harian.

Saat ditanya 2GD/KD/ANPS kalau bi turbo mana yg paling kenceng tuner bilang ANPS bisa lebih kenceng kalau gear box kuat. Saya jadi bingung itu block ANPS kan aluminium dan kata banyak orang lemah mudah meleleh. Itu ANPS boost 50 psi aman buat harian. Dengan boost turbo segitu minimal 300 HP an apa gak jebol mesin nya.
Para suhu ada yang bisa jelasin gak dari video diatas. Tertarik juga kalau ANPS bisa dapat segitu mesin adem dan aman buat harian
MSU
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1021
Joined: 06 Jan 2019, 09:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Review Singkat Dua Minggu (3700 KM) Bersama ANPS Dakar 4X2 FL 21

Post by MSU »

ongisnade wrote: 07 Oct 2021, 05:20 BI TURBO ANPS



Dari video tersebut ada statement dari tuner yang bikin saya bingung:
Boost turbo semakin tinggi mesin makin dingin. Dia bilang bi turbo bisa 80 psi tapi gear box yang gak kuat di ANPS. 2 GD juga sama gear box gak kuat, yang paling kuat KD. Tapi 2 KD punya si Rambo robek cylinder gasket dengan boost hanya 40 psi dan ini ketinggian suruh turunin sama bengkel. Lha itu ANPS malah hampir 4 bar/50 psi buat harian.

Saat ditanya 2GD/KD/ANPS kalau bi turbo mana yg paling kenceng tuner bilang ANPS bisa lebih kenceng kalau gear box kuat. Saya jadi bingung itu block ANPS kan aluminium dan kata banyak orang lemah mudah meleleh. Itu ANPS boost 50 psi aman buat harian. Dengan boost turbo segitu minimal 300 HP an apa gak jebol mesin nya.
Para suhu ada yang bisa jelasin gak dari video diatas. Tertarik juga kalau ANPS bisa dapat segitu mesin adem dan aman buat harian
bukan user anps...cuma menurut saya...50psi itu max boost ya mgkn kena angka segitu kl pas tarik2an atau dyno
tp dipake harian ya mgkn akan jarang sekali kena ke 50psi
kl si FM jebol-nya ya mgkn krn sering ngonten...
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7710
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Review Singkat Dua Minggu (3700 KM) Bersama ANPS Dakar 4X2 FL 21

Post by Omnibus »

ongisnade wrote: 07 Oct 2021, 05:20 BI TURBO ANPS



Dari video tersebut ada statement dari tuner yang bikin saya bingung:
Boost turbo semakin tinggi mesin makin dingin. Dia bilang bi turbo bisa 80 psi tapi gear box yang gak kuat di ANPS. 2 GD juga sama gear box gak kuat, yang paling kuat KD. Tapi 2 KD punya si Rambo robek cylinder gasket dengan boost hanya 40 psi dan ini ketinggian suruh turunin sama bengkel. Lha itu ANPS malah hampir 4 bar/50 psi buat harian.

Saat ditanya 2GD/KD/ANPS kalau bi turbo mana yg paling kenceng tuner bilang ANPS bisa lebih kenceng kalau gear box kuat. Saya jadi bingung itu block ANPS kan aluminium dan kata banyak orang lemah mudah meleleh. Itu ANPS boost 50 psi aman buat harian. Dengan boost turbo segitu minimal 300 HP an apa gak jebol mesin nya.
Para suhu ada yang bisa jelasin gak dari video diatas. Tertarik juga kalau ANPS bisa dapat segitu mesin adem dan aman buat harian
nubie coba jawab om

meleleh apa engga nya tergantung dr EGT exhaust gas temp om. EGT tinggi maka rentan meleleh. EGT > 700°C secara continuous dgn waktu lama itu yg bahaya. faktor apa yg bikin EGT terbang tinggi adalah kl cumi2 atau rich mixture (air-fuel ratio AFR rendah). di sisi lain, dgn pakai turbo hi boost artinya udara masuk kepadatannya tinggi. kepadatan udara tinggi artinya mass per volume (gram per liter) nya tinggi jadi ketika nyeting AFR di piggyback seorang tuner bisa memiliki lebih lebar range (more headroom). jd even boost tinggi (banyak pasokan udara) tp kl wisdom tunernya ga main hajar nambah solar gila2an pastinya berbeda dgn boost tinggi + nambah solar gila2an (cumi2 resing/AFR low/rich mixture). nah power makin besar bagi banyak orang katanya hrs masukin solar yg banyak (rich) sementara kata bengkel terkenal ostrali diesel sukanya lean mixture utk longevity nya. mungkin maksudnya ada titik dimana AFR optimum antara power dan daya tahan mesin.
*bicara AFR, satuan yg dipakai utk udara dan fuel adalah gram. misal AFR 12:1 berarti mixture nya 12 gram udara : 1 gram fuel.
dan AFR diesel beda dgn bensin dimana bensin utk pembakaran sempurna hrs stoichiometric (AFR 14.7:1) sementara di diesel tidak. di diesel udara bisa masuk sebanyak2nya dan fuel dikasih sedikit habis terbakar, dikasih banyak habis juga tp cumi. makanya di diesel ga perlu pakai throttle body dan pedal gas driver bukan mengatur besaran bukaan valve throttle body melainkan banyak/sedikitnya solar yg diinject. TB di diesel cuma berfungsi utk menghaluskan idle dan menimimalkan getaran saat mesin dimatikan.

now, mesin meleleh beda dgn mesin pecah (block crack atau cylinder head ngangkat). kl ini betul ditentukan oleh boost yg terlalu tinggi. even boost tinggi itu tetap ditentukan wisdom si tuner, ketika max boost seberapa banyak fuel yg diinject nya, balik lagi ke AFR strategy yg disetting si tuner. jd even boost tinggi menyediakan fleksibilitas dlm membuat fuel strategy tetap dlm suatu batasan tertentu yg kelebihan belum tentu bagus krn ada komponen lain yg ga kuat.
ongisnade
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 545
Joined: 18 Apr 2013, 18:16

Re: Review Singkat Dua Minggu (3700 KM) Bersama ANPS Dakar 4X2 FL 21

Post by ongisnade »

MSU wrote: 07 Oct 2021, 06:48
ongisnade wrote: 07 Oct 2021, 05:20 BI TURBO ANPS



Dari video tersebut ada statement dari tuner yang bikin saya bingung:
Boost turbo semakin tinggi mesin makin dingin. Dia bilang bi turbo bisa 80 psi tapi gear box yang gak kuat di ANPS. 2 GD juga sama gear box gak kuat, yang paling kuat KD. Tapi 2 KD punya si Rambo robek cylinder gasket dengan boost hanya 40 psi dan ini ketinggian suruh turunin sama bengkel. Lha itu ANPS malah hampir 4 bar/50 psi buat harian.

Saat ditanya 2GD/KD/ANPS kalau bi turbo mana yg paling kenceng tuner bilang ANPS bisa lebih kenceng kalau gear box kuat. Saya jadi bingung itu block ANPS kan aluminium dan kata banyak orang lemah mudah meleleh. Itu ANPS boost 50 psi aman buat harian. Dengan boost turbo segitu minimal 300 HP an apa gak jebol mesin nya.
Para suhu ada yang bisa jelasin gak dari video diatas. Tertarik juga kalau ANPS bisa dapat segitu mesin adem dan aman buat harian
bukan user anps...cuma menurut saya...50psi itu max boost ya mgkn kena angka segitu kl pas tarik2an atau dyno
tp dipake harian ya mgkn akan jarang sekali kena ke 50psi
kl si FM jebol-nya ya mgkn krn sering ngonten...
Ya betul tdk selalu 50 psi, tapi statement tuner makin tinggi boost turbo EGT makin dingin, makin ngebut boost turbo makin naik, makin dingin EGT? :big_bored:
ongisnade
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 545
Joined: 18 Apr 2013, 18:16

Re: Review Singkat Dua Minggu (3700 KM) Bersama ANPS Dakar 4X2 FL 21

Post by ongisnade »

Omnibus wrote: 07 Oct 2021, 08:29
ongisnade wrote: 07 Oct 2021, 05:20 BI TURBO ANPS



Dari video tersebut ada statement dari tuner yang bikin saya bingung:
Boost turbo semakin tinggi mesin makin dingin. Dia bilang bi turbo bisa 80 psi tapi gear box yang gak kuat di ANPS. 2 GD juga sama gear box gak kuat, yang paling kuat KD. Tapi 2 KD punya si Rambo robek cylinder gasket dengan boost hanya 40 psi dan ini ketinggian suruh turunin sama bengkel. Lha itu ANPS malah hampir 4 bar/50 psi buat harian.

Saat ditanya 2GD/KD/ANPS kalau bi turbo mana yg paling kenceng tuner bilang ANPS bisa lebih kenceng kalau gear box kuat. Saya jadi bingung itu block ANPS kan aluminium dan kata banyak orang lemah mudah meleleh. Itu ANPS boost 50 psi aman buat harian. Dengan boost turbo segitu minimal 300 HP an apa gak jebol mesin nya.
Para suhu ada yang bisa jelasin gak dari video diatas. Tertarik juga kalau ANPS bisa dapat segitu mesin adem dan aman buat harian
nubie coba jawab om

meleleh apa engga nya tergantung dr EGT exhaust gas temp om. EGT tinggi maka rentan meleleh. EGT > 700°C secara continuous dgn waktu lama itu yg bahaya. faktor apa yg bikin EGT terbang tinggi adalah kl cumi2 atau rich mixture (air-fuel ratio AFR rendah). di sisi lain, dgn pakai turbo hi boost artinya udara masuk kepadatannya tinggi. kepadatan udara tinggi artinya mass per volume (gram per liter) nya tinggi jadi ketika nyeting AFR di piggyback seorang tuner bisa memiliki lebih lebar range (more headroom). jd even boost tinggi (banyak pasokan udara) tp kl wisdom tunernya ga main hajar nambah solar gila2an pastinya berbeda dgn boost tinggi + nambah solar gila2an (cumi2 resing/AFR low/rich mixture). nah power makin besar bagi banyak orang katanya hrs masukin solar yg banyak (rich) sementara kata bengkel terkenal ostrali diesel sukanya lean mixture utk longevity nya. mungkin maksudnya ada titik dimana AFR optimum antara power dan daya tahan mesin.
*bicara AFR, satuan yg dipakai utk udara dan fuel adalah gram. misal AFR 12:1 berarti mixture nya 12 gram udara : 1 gram fuel.
dan AFR diesel beda dgn bensin dimana bensin utk pembakaran sempurna hrs stoichiometric (AFR 14.7:1) sementara di diesel tidak. di diesel udara bisa masuk sebanyak2nya dan fuel dikasih sedikit habis terbakar, dikasih banyak habis juga tp cumi. makanya di diesel ga perlu pakai throttle body dan pedal gas driver bukan mengatur besaran bukaan valve throttle body melainkan banyak/sedikitnya solar yg diinject. TB di diesel cuma berfungsi utk menghaluskan idle dan menimimalkan getaran saat mesin dimatikan.

now, mesin meleleh beda dgn mesin pecah (block crack atau cylinder head ngangkat). kl ini betul ditentukan oleh boost yg terlalu tinggi. even boost tinggi itu tetap ditentukan wisdom si tuner, ketika max boost seberapa banyak fuel yg diinject nya, balik lagi ke AFR strategy yg disetting si tuner. jd even boost tinggi menyediakan fleksibilitas dlm membuat fuel strategy tetap dlm suatu batasan tertentu yg kelebihan belum tentu bagus krn ada komponen lain yg ga kuat.
O OK mbah Terima kasih, dipahami penjelasanya sangat detail. :big_exellent:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7710
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Review Singkat Dua Minggu (3700 KM) Bersama ANPS Dakar 4X2 FL 21

Post by Omnibus »

ongisnade wrote: 07 Oct 2021, 08:52
O OK mbah Terima kasih, dipahami penjelasanya sangat detail. :big_exellent:
you're welcome mbah, monmaaf kl salah krn sama2 msh belajar :big_grin:
Venturtle
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1603
Joined: 25 Jan 2017, 16:12

Re: Review Singkat Dua Minggu (3700 KM) Bersama ANPS Dakar 4X2 FL 21

Post by Venturtle »

salah satu jok ternyaman yang pernah ane duduki itu joknya ANPS.. headrest memang tidak seempuk sandaran jok maupun dudukan jok.. tapi sudah sangat nyaman sekali.. kalau yg nyaman semuanya itu Odyssey terbaru.. rileks sekali pas tes duduk didalamnya.. :mky_02:
btw, nice review, om :mky_02:
dulu pernah pakai Grand Santa Fe diesel sebentar, ganti ANPS rasanya jok ANPS lebih nyaman dan rileks..cuma ANPS mau naik turun mobil agak repot juga karena tinggi (ladder frame).
ongisnade
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 545
Joined: 18 Apr 2013, 18:16

Re: Review Singkat Dua Minggu (3700 KM) Bersama ANPS Dakar 4X2 FL 21

Post by ongisnade »

Venturtle wrote: 09 Oct 2021, 22:58 salah satu jok ternyaman yang pernah ane duduki itu joknya ANPS.. headrest memang tidak seempuk sandaran jok maupun dudukan jok.. tapi sudah sangat nyaman sekali.. kalau yg nyaman semuanya itu Odyssey terbaru.. rileks sekali pas tes duduk didalamnya.. :mky_02:
btw, nice review, om :mky_02:
dulu pernah pakai Grand Santa Fe diesel sebentar, ganti ANPS rasanya jok ANPS lebih nyaman dan rileks..cuma ANPS mau naik turun mobil agak repot juga karena tinggi (ladder frame).
Ya betul mas bro jok ANPS empuk, lebih empuk dan lebih nyaman dari Grand Santafe. Walaupun tidak ada lumbar support tapi terasa sekali bisa menopang bagian belakang tubuh dari bawah hingga tengkuk dan kepala. Beberapa kali jalan jauh AKAP nyaman aja. Terima kasih mas bro
teppey
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 444
Joined: 07 Feb 2014, 16:46

Re: Review Singkat Dua Minggu (3700 KM) Bersama ANPS Dakar 4X2 FL 21

Post by teppey »

Pajero sport kalau idle stabil ya, ga ada idle up kaya mesin GD
ongisnade
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 545
Joined: 18 Apr 2013, 18:16

Re: Review Singkat Dua Minggu (3700 KM) Bersama ANPS Dakar 4X2 FL 21

Post by ongisnade »

teppey wrote: 13 Oct 2021, 21:08 Pajero sport kalau idle stabil ya, ga ada idle up kaya mesin GD
Ya kalau pagi hari dingin datar aja, tapi kalo kompressor AC jln naik juga
krniawnhdr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1047
Joined: 02 Aug 2018, 11:43
Location: Jakarta

Re: Review Singkat Dua Minggu (3700 KM) Bersama ANPS Dakar 4X2 FL 21

Post by krniawnhdr »

ongisnade wrote: 10 Oct 2021, 08:03
Venturtle wrote: 09 Oct 2021, 22:58 salah satu jok ternyaman yang pernah ane duduki itu joknya ANPS.. headrest memang tidak seempuk sandaran jok maupun dudukan jok.. tapi sudah sangat nyaman sekali.. kalau yg nyaman semuanya itu Odyssey terbaru.. rileks sekali pas tes duduk didalamnya.. :mky_02:
btw, nice review, om :mky_02:
dulu pernah pakai Grand Santa Fe diesel sebentar, ganti ANPS rasanya jok ANPS lebih nyaman dan rileks..cuma ANPS mau naik turun mobil agak repot juga karena tinggi (ladder frame).
Ya betul mas bro jok ANPS empuk, lebih empuk dan lebih nyaman dari Grand Santafe. Walaupun tidak ada lumbar support tapi terasa sekali bisa menopang bagian belakang tubuh dari bawah hingga tengkuk dan kepala. Beberapa kali jalan jauh AKAP nyaman aja. Terima kasih mas bro
wah baru tau om jok ANPS lebih enak dibanding grand santi...hehehe
kalo buat jalan jauh tol full, misal surabaya-jakarta, enakan yang mana om kalo bawa keluarga?
ongisnade
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 545
Joined: 18 Apr 2013, 18:16

Re: Review Singkat Dua Minggu (3700 KM) Bersama ANPS Dakar 4X2 FL 21

Post by ongisnade »

krniawnhdr wrote: 14 Oct 2021, 17:38
ongisnade wrote: 10 Oct 2021, 08:03
Venturtle wrote: 09 Oct 2021, 22:58 salah satu jok ternyaman yang pernah ane duduki itu joknya ANPS.. headrest memang tidak seempuk sandaran jok maupun dudukan jok.. tapi sudah sangat nyaman sekali.. kalau yg nyaman semuanya itu Odyssey terbaru.. rileks sekali pas tes duduk didalamnya.. :mky_02:
btw, nice review, om :mky_02:
dulu pernah pakai Grand Santa Fe diesel sebentar, ganti ANPS rasanya jok ANPS lebih nyaman dan rileks..cuma ANPS mau naik turun mobil agak repot juga karena tinggi (ladder frame).
Ya betul mas bro jok ANPS empuk, lebih empuk dan lebih nyaman dari Grand Santafe. Walaupun tidak ada lumbar support tapi terasa sekali bisa menopang bagian belakang tubuh dari bawah hingga tengkuk dan kepala. Beberapa kali jalan jauh AKAP nyaman aja. Terima kasih mas bro
wah baru tau om jok ANPS lebih enak dibanding grand santi...hehehe
kalo buat jalan jauh tol full, misal surabaya-jakarta, enakan yang mana om kalo bawa keluarga?
Dua-duanya enak Santi lebih stabil, handling lebih enak, peredaman lebih bagus. ANPS pernya juga empuk agak goyang kalo ngebut tapi kami sekeluarga malah nyaman, mudah tertidur (sebagian orang malah mual).

Nyetir dan jadi penumpang perjalanan jauh ANPS jujur saja anak-anak dan istri termasuk saya lebih tidak merasa capek di banding Santafe
Lee27
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 53
Joined: 11 Jan 2016, 11:08

Re: Review Singkat Dua Minggu (3700 KM) Bersama ANPS Dakar 4X2 FL 21

Post by Lee27 »

Mau ikutan komen om :mky_03:
Saya hbs pake ANPS FL kemarin roadtrip sby-bali selama semingguan.

Saya juga merasanya tarikan bawah agak lambat ya, pertama saya kira krn minum solbus, tapi setelah tangki agak kosong n saya isi full dex, errr ... ga beda jauh. Daily use saya ipah G 2GD, rasanya tenaga lebih oke di putaran bawah n merata.

Oh ya apakah suspensi memang lebih keras dr yg versi sebelumnya ya? Saya merasa FL ini lebih stabil untuk nikung2 n ngebut di transjawabahn.

Saya setuju, joknya enak sekali. Perjalanan sby-bali 12 jam, saya merasa biasa aja. Ngga trlalu capek. Beda pas bawa ipah yg joknya standar, tiap 3jam mesti ngurut punggung hehe.
krniawnhdr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1047
Joined: 02 Aug 2018, 11:43
Location: Jakarta

Re: Review Singkat Dua Minggu (3700 KM) Bersama ANPS Dakar 4X2 FL 21

Post by krniawnhdr »

ongisnade wrote: 15 Oct 2021, 15:05
krniawnhdr wrote: 14 Oct 2021, 17:38
ongisnade wrote: 10 Oct 2021, 08:03
Ya betul mas bro jok ANPS empuk, lebih empuk dan lebih nyaman dari Grand Santafe. Walaupun tidak ada lumbar support tapi terasa sekali bisa menopang bagian belakang tubuh dari bawah hingga tengkuk dan kepala. Beberapa kali jalan jauh AKAP nyaman aja. Terima kasih mas bro
wah baru tau om jok ANPS lebih enak dibanding grand santi...hehehe
kalo buat jalan jauh tol full, misal surabaya-jakarta, enakan yang mana om kalo bawa keluarga?
Dua-duanya enak Santi lebih stabil, handling lebih enak, peredaman lebih bagus. ANPS pernya juga empuk agak goyang kalo ngebut tapi kami sekeluarga malah nyaman, mudah tertidur (sebagian orang malah mual).

Nyetir dan jadi penumpang perjalanan jauh ANPS jujur saja anak-anak dan istri termasuk saya lebih tidak merasa capek di banding Santafe
wah noted om, thank you buat insight nya...
Post Reply